Prev Febuari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
31 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
Berita Kurs Dollar pada hari Kamis, 18 Febuari 2016
6 Profesi dengan Tingkat Stres Paling Tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Setiap profesi memiliki kualifikasi serta tantangannya tersendiri ketika bekerja. Tak jarang demi menjalani sebuah profesi tertentu, seseorang harus rela untuk melewati bahaya yang kadang bisa berakibat fatal bagi dirinya.

Melansir laman The Richest, Kamis (18/2/2016) berikut enam profesi dengan tingkat stres paling tinggi:

6. Dokter Bedah

Via shutterstock.com

Menjadi dokter bedah berarti Anda harus siap dengan resiko tinggi yang harus ditanggung. Alih-alih menyembuhkan pasien, langkah yang salah justru dapat membuat nyawa pasien Anda melayang.

Ketelitian yang tinggi harus dimiliki oleh para dokter bedah. Inilah mengapa profesi ini merupakan salah satu profesi dengan tingkat stres tertinggi.

5. Pembawa Berita

Walaupun selalu terlihat rapi di layar kaca, profesi ini ternyata memiliki tingkat stres yang cukup tinggi. Seorang pembawa berita bukan hanya harus piawai dalam menyampaikan materi berita, mereka juga harus senantiasa siap dalam menerima perubahan yang terjadi.

Dunia jurnalistik yang dinamis memaksa mereka harus siap dengan pemberitaan yang dapat selalu berubah-ubah.


Source: liputan6.com
BUMN Go Public, Ini Untungnya Buat Masyarakat

Liputan6.com, Jakarta - Melepas saham perusahaan yang bernaung di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke publik melalui mekanisme initial public offering (IPO) dinilai memberikan manfaat yang besar. Selain memperkuat permodalan, langkah IPO dari perusahaan BUMN juga bisa menciptakan pemerataan pendapatan melalui kepemilikan saham.

Direktur Penilaian Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Samsul Hidayat menuturkan, ada dua keuntungan yang bisa diperoleh masyarakat saat memiliki saham dari perusahaan BUMN menjalankan mekanisme IPO. 

Keuntungan pertama adalah bisa memperoleh imbal hasil. Semisal sebuah perusahaan BUMN menjual saham dilevel Rp 1.000 per saham. Seiring berjalannya waktu harga saham tersebut naik menjadi Rp 1.100 per saham. Maka jika masyarakat menjual saham kepemilikannya akan memperoleh imbal hasil Rp 100 per saham. 

Baca Juga

  • Ini Plus Minus BUMN Melantai di Bursa
  • BUMN Mesti Sehat untuk Tawarkan Saham
  • IPO BUMN Bantu Gairahkan Pasar Modal RI

Source: liputan6.com
Cerita Mark Zuckerberg yang Punya 16 Pengawal

Liputan6.com, Jakarta - Jadi publik figur dan punya kekayaan banyak bisa punya resiko yang tinggi. Tak terkecuali untuk seorang Mark Zuckerberg, pendiri Facebook yang menyewa bodyguard atau pengawal pribadi hingga 16 orang.

Keamanan boleh jadi nomer satu bagi Mark. 16 orang pengawalnya tersebut ditugaskan untuk menjaga rumah senilai 7 juta pound sterling di San Fransisco dan rumah 5 juta pound sterling di Palo Alto milik Mark.

Para pengawal itu menjaga kedua rumah tersebut siang dan malam, bekerja bergiliran untuk menjaga keamanan Zuckerberg, istrinya Priscilla Chan dan putrinya Maxima.

Seorang sumber di Sillicon Valley memberikan informasi mengenai pengawal tersebut Menurutnya, untuk seorang seperti Zuckerberg, pengawal cukup dibutuhkan.

"Dia berhubungan dengan jutaan otang. Semua CEO mendapatkan ancaman, dan mereka menganggap itu hal yang serius," ujar sumber itu seperti dilansir dari The Sun, Rabu (17/2/2016).

Dengan lebih dari 1,56 miliar pengguna Facebook, Zuckerberg dinilai mungkin mendapatkan ancaman.

Namun, pengawal tersebut membuat lingkungan tetangga Zuckerberg sedikit kesal.

Bulan lalu, warga setempat mengatakan, kendaraan dari personel pengawal Zuckerberg parkir di tempat terlarang.

"Kita sudah bicara dengan anggota keamanan itum dan mereka dengan ramah mengatakan bahawa mereka tidak diizinkan oleh supervisor mereka untuk memindahkan kendaraan dalam keadaan apapun," tulis sebuah surat. (Zul/Ndw)


Source: liputan6.com
RUU Tapera Segera Menjadi Undang-undang

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya bersama Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-undang (RUU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sepakat membawa RUU Tapera ke Sidang Paripurna DPR RI untuk disahkan menjadi undang-undang pada Kamis 18 Februari 2016.

Dikutip dari Rumah.com, Basuki mengatakan, pemerintah sependapat dengan pandangan dari Pansus RUU Tapera, terutama soal mekanisme pemilihan komisioner Tapera yang tercantum dalam Pasal 75.

"Khusus pada pasal 75, kami selaku pemerintah sepakat dengan pandangan mayoritas fraksi yaitu kembali kepada alternatif pertama sesuai draft awal," kata Basuki.

Dengan telah adanya kesamaan pandangan antara pemerintah dan Pansus RUU Tapera, maka langkah selanjutnya adalah membawa RUU Tapera ke Sidang Paripurna untuk disetujui menjadi undang-undang.

Ketua Pansus RUU Tapera sekaligus Anggota Komisi V dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Yoseph Umar Hadi mengatakan, bila nanti RUU Tapera disahkan menjadi undang-undang, maka UU Tapera adalah undang-undang pertama yang dibuat DPR RI periode 2014-2019.

Dengan adanya UU Tapera ini, maka setiap warga negara wajib berkontribusi menghimpun dana untuk menyediakan perumahan khusus bagi masyarakat yang kurang mampu.

"Ini artinya bukan sekadar ‘pecah telor’ dalam menciptakan undang-undang baru, melainkan juga menjadi kebanggaan kita semua, karena undang-undang ini sudah ditunggu masyarakat khususnya bagi yang kurang mampu," kata Yoseph.

Sementara itu, Ketua Panitia Kerja (Panja), Syaiful Rasyid menyampaikan selama proses pembahasan, banyak terjadi perubahan dan penyempurnaan. Pembahasan di Panja pun menghasilkan 12 bab dengan 82 pasal dari yang sebelumnya hanya terdiri dari 78 pasal.

Rapat kerja tersebut dihadiri oleh 13 anggota Pansus RUU Tapera dari delapan fraksi serta sejumlah pejabat Kementerian PUPR. Meski dua fraksi tidak hadir, yaitu Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), namun melalui surat kepada pimpinan rapat menyatakan mendukung agar RUU Tapera yang dibahas dilanjutkan ke Sidang Paripurna. (Anto E/Ahm)


Source: liputan6.com
Harga Hunian Melonjak di Sydney

Liputan6.com, Jakarta Sydney, Australia, dinilai masih menjadi primadona utama untuk investasi properti. Keyakinan tersebut diperkuat dengan analisa perusahaan konsultan properti dunia, Knight Frank, yang merilis Laporan Prakiraan kinerja pasar hunian di 10 Kota Utama di Dunia 2016.

Hasil riset tersebut memperlihatkan, harga hunian di Sydney tumbuh tertinggi di 2016 jika dibandingkan kota-kota lain di dunia.

Tiga kota diprediksi mengalami penurunan harga properti, yaitu Hong Kong (-5 persen), Singapura (-3,3 persen), dan Paris (-3 persen). Hong Kong menyalip Singapura sebagai kota pasar hunian mewah dengan kinerja terlemah pada 2016.

Kelompok Ekonom Eksekutif Bisnis Australia, sebuah komite yang terdiri dari 20 ekonom bisnis terkemuka di Australia—termasuk perwakilan dari Westpac, Deutsche Bank, JP Morgan, Citigroup dan National Australia Nasional dan  ANZ—merilis perkiraan mereka pada pertemuan umum tahunan di Sydney pada November 2015 lalu. Pertumbuhan ekonomi individu diperkirakan tumbuh dikisaran 2,5 persen – 3,9 persen pada 2016 dan 2,7persen – 3,2 persen pada 2017.

Reserve Bank of Australia juga diperkirakan akan menahan tingkat suku bunga tahun ini, menurut pengamat pasar keuangan terkemuka di Australia.

Sementara itu, pertumbuhan lapangan kerja diperkirakan terus berlanjut sekitar 1,8 persen untuk dua tahun ke depan, yang akan menekan tingkat pengangguran menjadi sebesar 6,2 persen pada 2016 dan 5,8 persen pada 2017.

Dolar Australia diharapkan untuk berada di bawah 70 sen setelah keputusan The Federal Reserve atau bank sentral Amerika Serikat menaikan suku bunga federal pada Desember lalu dan AUD diprediksi akan bertahan di kisaran 68 sen selama dua tahun ke depan.

"Posisi Sydney saat ini diperkuat oleh peningkatan daya saing Dolar Australia terhadap US Dolar, dan Dollar Australia sekarang di paritas dengan Dolar Singapura. Devaluasi Dolar Australia juga telah mendorong minat yang kuat dari pembeli Asia," jelas Iwan Sunito, CEO & Founder Crown Group, pengembang properti yang berpusat di Sydney, seperti dikutip dari laman Rumah.com seperti ditulis Rabu (17/2/2016).

Kebijakan tingkat suku bunga rendah oleh Reserve Bank of Australia (RBA), Iwan menuturkan juga memiliki efek positif pada pasar properti.

Iwan menuturkan, kelebihan lain Sydney antara lain infrastrukturnya yang akan dikembangkan secara masif.

"Pemerintah Negara Bagian menginvestasikan miliaran dolar untuk infrastruktur baru di Sydney termasuk empat stasiun kereta metro baru, link rel selatan-barat dan pengembangan delapan stasiun baru di utara-barat untuk mempercepat koneksi antara pinggiran kota Sydney dan CBD," kata Iwan. (Anto E/Ahm)


Source: liputan6.com
4 Cara Gunakan Kartu Kredit Bebas Bunga

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit memang memudahkan kita dalam setiap transaksi pembayaran. Namun ingat, ada bunga di setiap tagihan yang tidak bisa dibayarkan.

Jangan karena terlena karena kemudahannya, pada akhirnya membuat tagihan Anda membengkak, tidak bisa membayar secara penuh, dan bunga pun menghampiri.

Lalu, bagaimana cara menggunakan kartu kredit yang tepat dan bebas bunga? Berikut adalah caranya seperti dikutip dari www.cekaja.com, Kamis (18/2/2016):

1. Membayar = Meminjam

Saat Anda menggunakan kartu kredit, penerbit kartu kredit atau bank sebenarnya memberikan Anda pinjaman sejumlah nilai pembelanjaan Anda. Pastinya, pinjaman itu harus dibayar.

Sebab, banyak orang pada praktiknya menggunakan kartu kredit hingga melebihi kemampuan membayarnya. Kemudian, saat datang tagihan yang besar mereka pun bingung untuk mengatur keuangan untuk membayarnya.

2. Bukan Uang Tambahan

Senada dengan poin sebelumnya, Anda pun harus selalu ingat akan hal ini. Kartu kredit adalah alat bantu pembayaran agar setiap transaksi Anda mudah dilakukan tanpa membawa uang tunai.

Jadi, cobalah untuk tidak menganggap kartu kredit yang Anda miliki adalah sejumlah uang tambahan yang bisa Anda pakai, tanpa adanya tagihan di bulan selanjutnya.

3. Lunasi Sebelum Jatuh Tempo

Tanggal jatuh tempo itu penting dalam sebuah kartu kredit. Mengapa? Karena tanggal tersebut merupakan batas akhir waktu pembayaran yang wajib Anda lakukan bila tidak ingin terkena biaya keterlambatan yang akan dikenakan pada tagihan selanjutnya.

Yang harus dipastikan adalah, selalu lunasi tagihan kartu kredit Anda sesuai jumlah yang tertagih. Sebab, bagian yang tidak terbayar akan mulai dikenakan bunga per bulan yang berlaku pada jatuh tempo setelahnya.

Keterlambatan pembayaran juga dapat mempengaruhi kredibilitas dan bisa mempersulit Anda mendapatkan pinjaman di masa yang akan datang.

4. Manfaatkan Promo dan Cicilan

Demi memanjakan kosumennya, saat ini banyak penawaran promo kartu kredit. Mulai dari potongan harga (diskon), poin rewardcash back, sampai cicilan dengan bunga 0 persen.

Untuk potongan harga, manfaatkan promo tersebut selama harga yang ditawarkan menurut Anda sesuai, menguntungkan, dan terjangkau dengan kemampuan membayar Anda nantinya.

Misalnya promo potongan harga untuk makan sampai dengan 50 persen. Promo itu malah bisa membuat Anda menghemat bila bisa digunakan sesuai dengan porsinya.

Apalagi promo cicilan pembelian sampai dengan 12 bulan dengan bunga 0 persen. Promo itu akan membantu Anda ketika ingin membeli sebuah barang yang cukup tinggi harganya, namun tidak harus Anda bayar dengan tunai secara penuh.

Yang paling menguntungkan, karena 0 persen artinya cicilan yang Anda lakukan adalah bebas bunga. Namun, walau cicilan yang ditawarkan 0 persen, hitung berapa jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulan. Sesuaikan cicilan tersebut dengan kemampuan membayar dan ditambah kewajiban lain yang Anda miliki. (Ahm/)
 


Source: liputan6.com
BI Rate Turun Bakal Dongkrak IHSG

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Pergerakan  indeks saham dipengaruhi oleh penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia/BI Rate.

Analis PT Investa Saran Mandiri Kiswoyo A. Joe mengatakan, penurunan suku bunga acuan mempercepat IHSG untuk kembali menempuh level 5.000.

"BI rate kayaknya tetap, tapi kalau turun surprise," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Sebenarnya, kata Kiswoyo saat ini masih sepi sentimen. Data-data perekonomian yang telah rilis menunjukan hal yang positif dan telah direspons pasar.

Dia mengatakan, saat ini pelaku pasar masih menunggu penyelesaian laporan keuangan tahun 2015."Kebetulan memang semua bagus nggak ada yang jelek. Memang laporan tahunan dulu baru laporan kuartal I 2016," ujar dia.

Baca Juga

  • Menko Darmin: Bank Jangan Perang Suku Bunga
  • BI Beri Sinyal Kembali Turunkan Suku Bunga Acuan
  • BI Rate Bakal Dipangkas 50 Bps pada 2016

Source: liputan6.com
Dibayangi BI Rate, Dua Sektor Saham Ini Jadi Pilihan

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melanjutkan penguatan pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Penguatan IHSG dapat terjadi bila Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan suku bunga acuan/BI Rate.

Analis PT First Asia Capital David Sutyanto menuturkan pelaku pasar mengharapkan BI Rate turun. Bila BI Rate turun maka IHSG dapat melaju signifikan. Sebaliknya bila BI Rate tetap di kisaran 7,25 persen, David memperkirakan IHSG cenderung mendatar. Melihat itu, IHSG akan bergerak di kisaran 4.710-4.820 pada Kamis pekan ini.

"Sentimen utama dari BI Rate. Harga minyak juga masih mempengaruhi. Ditambah sentimen bursa saham global," kata David saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (18/2/2016).

Baca Juga

  • Aksi Beli Investor Asing Angkat IHSG 20 Poin
  • IHSG Mampu Menguat Tipis di Awal Perdagangan
  • BI Beri Sinyal Kembali Turunkan Suku Bunga Acuan

Source: liputan6.com
Bursa AS Menguat Dipicu Lonjakan Harga Minyak

Liputan6.com, New York - Pasar saham Amerika Serikat (AS) menguat pada penutupan perdagangan Rabu (Kamis pagi waktu Jakarta), dipimpin saham energi yang naik seiring lonjakan harga minyak dunia.

Kenaikan juga didorong data ekonomi yang dirilis lebih baik dari perkiraan membantu meredakan kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi negara ini.

Melansir laman Associated Press, indeks Dow Jones Industrial Average naik 251 poin atau 1,7 persen menjadi 16.458. Sementara indeks Standard & Poor 500 naik 31 poin atau 1,6 persen ke posisi 1.926. Indeks komposit Nasdaq menambahkan 91 poin atau 2,1 persen ke level 4.527.

Indeks S&P 500 ditutup pada level terendah tahun ini, turun lebih dari 10 persen pada 2016. Namun dalam tiga hari terakhir, indeks ini telah pulih sekitar setengah dari kerugian tersebut.

Pasar saham AS melompat dipicu kenaikan tajam harga minyak. Harga minyak kembali pulih karena adanya harapan investor tentang kesepakatan internasional yang akan membatasi atau memotong produksi minyak.

Baca Juga

  • Wall Street Positif Ditopang Saham Bioteknologi
  • Bursa Asia Melemah Didorong Aksi Jual
  • Wall Street Tertekan Aksi Jual Investor

Source: liputan6.com
Dukungan Iran Angkat Harga Minyak Dunia

Liputan6.com, New York - Harga minyak mentah dunia naik 7 persen setelah Iran menyuarakan dukungan kepada negara-negara yang dipimpin Rusia-Arab untuk membekukan produksi guna mengatasi membanjirnya pasokan di pasar yang telah menekan harga minyak mentah ke level terendah dalam belasan tahun.

Melansir laman Reuters, Kamis (18/2/2016), harga minyak mentah Brent ditutup naik US$ 2,32 atau 7,2 persen menjadi US$ 34,50 per barel. Sementara harga patokan minyak mentah AS ditutup naik US$ 1,62 atau 5,6 persen menjadi US$ 30,66 per barel.

Menteri Perminyakan Iran Bijan Zanganeh bertemu dengan perwakilan produsen minyak lain, antara lain Venezuela, Irak dan Qatar di Teheran pada Rabu kemarin. Pada pertemuan ini, dia mengatakan usulan mengurangi produksi harus menjadi langkah pertama untuk menstabilkan pasar.

Meski Zanganeh, dilaporkan tidak secara eksplisit mengatakan jika negaranya akan ikut menjaga produksi, sejalan dengan usulan produsen utama minyak seperti Rusia dan Arab Saudi yang bersedia membatasi produksi.

Baca Juga

  • Harga Minyak Anjlok, Bagaimana Nasib Energi Terbarukan?
  • Harga Anjlok, Perusahaan Minyak Mulai Berguguran
  • Cara Menkeu Tolong Kontraktor Migas Akibat Harga Minyak Anjlok

Source: liputan6.com
Baju Dinas Baru PNS Dibiayai Uang Negara
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) memastikan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia akan mengenakan pakaian dinas baru. Seperangkat baju dinas anyar ini telah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 
 
Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Naik Jadi Rp 563 Ribu per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) naik pada perdagangan Kamis (18/2/2016). Harga jual emas Antam bertambah Rp 3.000 per gram menjadi Rp 563 ribu per gram jika dibandingkan dengan harga sehari sebelumnya yang ada di angka Rp 560 ribu per gram.

Sementara itu, harga pembelian kembali (buyback) emas Antam melonjak Rp 7.000 menjadi Rp 508 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 508 ribu per gram.

"Pembayaran buyback dengan volume di atas 1 kg akan dilakukan maksimal 2 hari setelah transaksi dengan mengacu kepada harga buyback hari transaksi," tulis manajemen Antam.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.13 WIB, seluruh ukuran emas Antam masih tersedia.

Mengingat tingginya animo masyarakat, transaksi pembelian emas batangan yang datang langsung ke Antam dibatasi hingga maksimal 150 nomor antrean per hari.

Harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram tercatat Rp 5.740.000 per batang atau Rp 574.000 per gram. Sedangkan untuk ukuran 20 gram tercatat Rp 11.085.000 per batang atau Rp 554.250 per gram.

Selain itu, Antam juga mengeluarkan emas batangan edisi Natal dengan ukuran 2 gram dan 5 gram. Untuk ukuran 2 gram Antam menjualnya di harga Rp 1.111.000 sedangkan untuk 5 gram dijual di harga Rp 2.695.000.

Berikut daftar harga emas yang dijual Antam:

* Pecahan 1 gram Rp 563.000
* Pecahan 5 gram Rp 2.670.000
* Pecahan 10 gram Rp 5.290.000
* Pecahan 25 gram Rp 13.150.000
* Pecahan 50 gram Rp 26.250.000
* Pecahan 100 gram Rp 52.450.000
* Pecahan 250 gram Rp 131.000.000
* Pecahan 500 gram Rp 261.800.000.(Nrm/zul)


Source: liputan6.com
Harga Minyak Angkat Bursa Asia ke Zona Positif

Liputan6.com, Tokyo - Bursa saham Asia dibuka naik pada perdagangan Kamis (18/2/2016). Naiknya harga saham sebagai imbas dari mulai merangkaknya harga minyak dunia dan memberikan harapan pada produsen besar.

Minyak mentah masih memberikan pengaruh besar pada pasar. Harga minyak naik 3 persen pada perdagangan Asia di sesi awal, setelah sebelumnya juga naik 7 persen. Iran menyatakan akan mendukung langkah Rusia dan Arab Saudi untuk membekukan produksi berkaitan dengan melimpahnya pasokan dunia yang menekan harga selama ini.

Harga minyak dunia berjangka lompat US$ 1,06 sesaat setelah bursa Asia dibuka, dan naik 57 sen ke level US$ 31,23 persen.

"Sementara itu, ada kebingungan terkait apakah dukungan sama dengan tindakan. Pedagang minyak lega karena produsen terbesar keeempat dunia mau kerja sama," kata Kathy Lien Direktur FX Strategy BK sset Management dilansir dari The Star.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,6 persen, menarik diri lebih jauh dari level rendah selama tiga minggu.

Saham Australia naik 1,6 persen dan Korea Selatan KOSPI naik 1,3 persen.

Nikkei Jepang naik 1,9 persen, mengangkat bahu dari penurunan lebih besar dari perkiraan ekspor dan impor pada bulan Januari.

Sentimen juga didukung oleh kenaikan di Wall Street, di mana saham AS menguat untuk hari ketiga berturut-turut sebagai lonjakan harga minyak mendorong saham energi. Dow naik 1,6 persen dan S & P 500 naik 1,7 persen.

Saham juga reli di Eropa semalam, di mana pan-Eropa FTSEurofirst 300 naik 2,7 persen. (Zul/Nrm)


Source: liputan6.com
Berapa Batas Maksimal BUMN Bisa Lepas Saham di Bursa?

Liputan6.com, Jakarta - Sampai saat ini belum banyak Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMN) yang menawarkan saham ke publik melalui Bursa Efek Indonesia (BEI).

Upaya mendorongnya, Kementerian BUMN tengah menyusun roadmap perihal penawaran saham perdana (initial public offering/IPO)‎ ini. Roadmap akan menjadi acuan BUMN yang dianggap mampu dan memiliki pengembangan bisnis yang cukup pesat untuk bisa melakukan IPO.

Lantas, berapa batasan besar saham yang bisa ditawarkan perusahaan plat merah‎ ke publik demi mendapatkan pendanaan baru?

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro‎ menyatakan, tidak ada batasan untuk hal itu.

"Tidak ada batasan seperti itu, lebih banyak melihat kebutuhan BUMN sendiri," kata Aloy saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Menurut Aloy, besaran penawaran saham yang dilakukan BUMN tergantung dari prospek bisnis dan kebutuhan permodalan yang diperlukan. Hanya saja, mengingat BUMN adalah milik pemerintah, ada beberapa poin yang menurut dia harus diperhatikan.

Baca Juga

  • BEI: Asing Tak Pernah Bisa Kuasai Saham Emiten BUMN
  • IPO Cegah BUMN Terlibat Korupsi
  • Ini Plus Minus BUMN Melantai di Bursa

Source: liputan6.com
IHSG Dibuka Naik Jelang Pengumuman BI Rate

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak menguat tipis pada perdagangan saham Rabu pekan ini. Investor menanti hasil dari Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia.

Pada pembukaan perdagangan saham, Kamis(18/2/2016), IHSG menguat 33,4 poin atau 0,70 persen ke level 4798,71. Seluruh saham acuan menguat pada pagi ini. Begitu juga saham LQ45 menguat 0,91 persen ke level 843,20.

Ada 103 saham menguat 10 mendorong IHSG ke zona hijau. Sementara itu, 32 saham melemah dan 42 saham lainnya diam di tempat.

 

Baca Juga

  • BI Rate Turun Bakal Dongkrak IHSG
  • Aksi Beli Investor Asing Angkat IHSG 20 Poin
  • IHSG Mampu Menguat Tipis di Awal Perdagangan

Source: liputan6.com
BI Rate Diprediksi Turun Kembali

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) kembali menggelar Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulanan pada Kamis (18/2/2016) ini. Salah satunya membahas besaran suku bunga acuan (BI Rate).

Para pengamat ekonomi memperkirakan Agus Marto Wardoyo selaku Gubernur BI bakal menurunkan kembali suku bunga acuan menjadi 7 persen. RDG bulan lalu, BI juga telah menurunkan BI Rate sebesar 25 basis poin (bps).

Chief Economist and Director for Investor Relation Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat menilai, dengan kondisi ekonomi Indonesia yang stabil saat ini, tidak ada alasan bagi BI untuk tidak menurunkan suku bunga acuannya.

"‎Inflasi saat ini sudah cukup melambat, jadi terkendali. Selain itu kredit juga melambat, bank butuh likuiditas," kata Budi saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (18/2/2016).

Baca Juga

  • Dibayangi BI Rate, Dua Sektor Saham Ini Jadi Pilihan
  • BI Rate Turun Bakal Dongkrak IHSGMenko Darmin: Bank Jangan Perang Suku Bunga

Source: liputan6.com
Beredar di Medsos, BI Bantah Keluarkan Uang Pecahan Rp 200 Ribu

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat dihebohkan dengan informasi peredaran uang pecahan Rp 200 ribu yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI). Keberadaan uang ini diketahui lewat media sosial (medsos). Benarkah BI telah mengeluarkan uang kertas tersebut?

Ternyata, keberadaan uang pecahan Rp 200 ribu ini dibantah BI. Bank Sentral ini langsung memberikan klarifikasi perihal informasi di media sosial yang menyatakan pihaknya telah menerbitkan uang rupiah pecahan Rp 200 ribu.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara menegaskan, sampai saat ini BI hanya mengeluarkan dan mengatur pecahan rupiah paling besar yaitu Rp 100 ribu‎.

"Terkait informasi yang beredar di medsos mengenai uang pecahan Rp 200 ribu, Bank Indonesia menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar," kataTirta dalam keterangannya, Kamis (18/2/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Rilis Kebijakan, Rupiah Kian Membaik
  • Rupiah Bakal Menguat ke Level 13.000 per Dolar AS
  • Ekonom Ini Sebut Rupiah Menguat karena RI Diserbu Hot Money

Source: liputan6.com
Menperin: Perusahaan Jasa Perawatan Pesawat Siap Ekspansi

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung ekspansi perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang perawatan dan perbaikan pesawat (maintenance, repair and overhaul/MRO).

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, langkah tersebut efektif dalam membuka lapangan kerja, transfer pengetahuan dan teknologi serta membuka peluang bagi berkembangnya industri komponen pesawat udara.

"Ekspansi seperti itu merupakan langkah cerdas dan strategis. Karena selain menguntungkan bagi perusahaan terkait, juga menciptakan pasar bagi komponen pesawat Indonesia untuk masuk memasok kebutuhan suku cadang," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (18/2/2016).

 

Baca Juga

  • RI Masih Pilihan Rolls Royce untuk Bangun Pabrik Mesin Pesawat
  • Pemerintah Kaji Pembangunan Kawasan Industri Pesawat Terbang
  • Bea Masuk Komponen 0% Diharap Turunkan Harga Tiket Pesawat

Source: liputan6.com
Begini Akibatnya Jika BI Tahan Suku Bunga Acuan

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Valas Farial Anwar meminta Bank Indonesia (BI) kembali menggunting suku bunga acuan (BI rate) pada pertemuan Rapat Dewan Gubernur (RDG) hari ini (18/2/2016). Ia menilai tak ada alasan lagi bagi Otoritas Moneter ini untuk menahan tingkat suku bunga di level 7,25 persen.

"Inflasi kita sudah rendah 3,35 persen tahun lalu, masa BI Rate masih 7,25 persen. Gap-nya sampai separuh kan," kata Farial saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Menurutnya, BI rate harus turun secara bertahap karena rupiah saat ini bergerak menguat. Alasan inilah yang sebelumnya menjadi tameng BI kekeuh mempertahankan suku bunga acuan.

"Rupiah sudah menguat, jadi tidak ada alasan yang mengganggu lagi supaya BI Rate turun. Kalau masih pakai alasan itu, tidak laku lagi," terangnya.

Ia memperkirakan, ruang pelonggaran moneter melalui pemangkasan tingkat suku bunga terbuka sampai kelevel 6,75 persen. Eksekusi penurunan BIrate ini bisa dilakukan secara bertahap sebanyak 25 basis poin hingga menyentuh 6,75 persen.

Baca Juga

  • BI Rate Diprediksi Turun Kembali
  • BI Rate Turun Bakal Dongkrak IHSG
  • BI Rate Turun, Penjualan Properti 2016 Diramal Naik 5-10 Persen

Source: liputan6.com
Kereta Pelabuhan Pangkas Dwelling Time Jadi 2 Hari

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli melakukan kunjungan kerja ke Tanjung Priok pada Kamis (18/2/2016). Kunjungan ini untuk memantau ‎uji coba pengoperasian kereta pelabuhan.

Rizal mengatakan, pengoperasian kereta pelabuhan merupakan sebuah kemajuan. Dia berharap, dengan kereta pelabuhan maka akan mengurangi waktu tunggu di pelabuhan atau dwelling time yang saat ini sekitar 3,5 hari menjadi 2 hari.

"Jadi hari ini kunjungan kami setelah berapa lama ingin melihat kemajuan Tanjung Priok.‎ Terutama soal dwelling time seperti diketahui, sebelumnya dwelling 7-8 hari sekarang 3,5 hari. Nanti kalau keretanya jalan, perbaikan single windows jalan kita harapkan kurang 2 hari," kata dia, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Baca Juga

  • Salip Malaysia, Pemerintah Targetkan Dwelling Time Hanya 1,5 Hari
  • Pemerintah Klaim Bongkar Muat di Pelabuhan Kini Hanya 4,3 hari
  • Presiden Jokowi: Kita Tidak Boleh Main-main dengan Dwelling Time

Source: liputan6.com
Pengurangan Jumlah PNS Incar Pegawai Tak Kompeten

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi mengatakan, kebijakan rasionalisasi pegawai yang akan diterapkan tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, hal itu hanya akan diperuntukkan bagi PNS yang tidak kompeten, kualifikasi tidak sesuai, dan tidak berkinerja.

“Sebelum dilakukan rasionalisasi pegawai harus dilakukan dengan audit organisasi. Selanjutnya para pejabat pembina kepegawaian wajib melakukan pemetaan kualifikasi dan kompetensi ASN di masing-masing instansi,” ujarnya dikutip dari laman KemenPANRB, Kamis (18/2/2016).

Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja menjelaskan ada empat kelompok pegawai negeri sipil (PNS). Ada pegawai yang kompeten dan kualifikasinya sesuai.

Baca Juga

  • Alasan di Balik Rencana Pengurangan Jumlah PNS
  • Jumlah PNS Akan Dipangkas 1 Juta Orang di 2019
  • Pensiun Dini Jadi Wacana Pengurangan Jumlah PNS

Source: liputan6.com
AS Kalahkan China Soal Realisasi Komitmen Investasi di RI

Liputan6.com, Jakarta - Investor Amerika Serikat (AS) merealisasikan separuh dari komitmen investasi yang dimilikinya dalam periode 2010-2015.

Angka ini lebih tinggi bila dibandingkan dengan rasio investasi China yang kurang dari 10 persen, namun sedikit lebih rendah apabila dibandingkan dengan rasio realisasi Korea Selatan dan Jepang yang berada di kisaran 60-70 persen.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyampaikan komitmen investasi yang ditunjukkan melalui izin prinsip sejak 2010-2015 tercatat mencapai angka US$ 16,4 miliar.

Dari jumlah komitmen tersebut, Franky menambahkan investor AS merealisasikan US$ 8,2 miliar atau setara dengan 50 persen dari total komitmen.

Baca Juga

  • Kepala BKPM akan Promosikan Perubahan DNI ke Investor AS
  • BKPM Siapkan Insentif untuk Industri Berorientasi Ekspor
  • Kepala BKPM Dapat Keluhan Soal Pasokan Listrik

Source: liputan6.com
PLN Khawatir Penjualan Listrik Bakal Turun Akibat Banjir

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) khawatir intensitas hujan yang mulai tinggi dalam beberapa hari belakangan ini akan mengganggu penyaluran listrik perusahaan. Hujan yang tinggi berpotensi membuat banjir dan membuat PLN harus mematikan sambungan.

Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun mengatakan, banjir menjadi salah satu hal yang ditakutkan oleh PLN. Alasannya, jika bandir melanda di wilayah konsumen maupun infrastruktur kelistrikan, otomatis PLN akan menghentikan aliran listrik.

"Kalau banjir ini dampaknya besar sekali di operasional PLN," kataBenny, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Baca Juga

  • PLN Mulai Alirkan Pasokan Listrik ke KEK Sei Mangkei
  • Terungkap Pencurian Listrik Terbesar, Rugikan PLN Rp 167 Miliar
  • Pemecahan PLN Bikin Harga Listrik di Indonesia Timur Jadi Mahal

Source: liputan6.com
Kemendag: Mayoritas Toko Online di Indonesia Tak Penuhi Aturan

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan kembali menggelar sosialisasi kepada para pelaku e-commerce. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan persaingan usaha yang sehat dan sesuai aturan.

Dirjen Pelindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Widodo mengatakan, dari sekian banyak toko online di internet, terutama yang berasal dari Indonesia, hanya sebagian kecil yang konsep bisnisnya legal.

"Kita setiap hari itu mantau, ternyata tidak semua toko online itu memenuhi aturan, ini yang menjadi dasar mengapa kita terus sosialisasikan mengenai industri ini," kata Widodo di kantornya, Kamis (18/2/2016).

 

Baca Juga

  • Ada Razia Produk SNI, Kemendag Beri Penjelasan
  • 9 Tips Belanja Online dan Hemat
  • `Toko Online Bantu Pertumbuhan UKM`

Source: liputan6.com
Kereta Pelabuhan Bakal Resmi Operasi Maret 2016

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Logistik, anak usaha PT KAI (Persero) menyatakan bakal mengoperasi kereta api pelabuhan Priok pada pekan Maret 2016. Perusahaan melaporkan kini pembangunan proyek tersebut mencapai 95 persen.

Direktur Operasi, PT Kereta Api Logistik Sugeng Priyono mengatakan, saat ini perusahaan sedang merapikan pembangunan kereta tersebut.

"Hari ini uji coba pemanfaatan bongkar muat di sini. Uji coba. Secara keseluruhan infrastruktur pendukung, kira-kira  95 persen. Kurang kecil-kecilah kayak lampu, kantor. Rencananya nama stasiunnya Stasiun JICT," kata dia Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Perusahaan akan mengoperasikan 2 unit kereta api. Jadi, untuk pergi pulang menjadi 4 kereta api. Untuk muatannya (pergi pulang) mencapai 60 gerbong datar (GD) atau setara dengan 120 kontainer per hari. "1 gerbong datar isinya 2 Teus (kontainer)," ungkap dia.

Dia mengatakan, rute kereta tersebut menuju terminal Cikarang Dry Port. Dia juga bilang, rute kereta juga dimungkinkan bertambah dengan mempertimbangkan potensi logistik.

"‎Cikarang Dry Port, bisa dimungkinkan juga dari Gedebage. Bisa dikembangkan juga di beberapa daerah, di titik yang berpotensi untuk angkutan logistik di daerah Cibungur itu yang sebelahnya Cikampek. Nanti dimungkinkan di barat itu daerah Serang yang dekat pusat industri Cilegon itu," ungkapnya.

‎Pihaknya mengatakan, kereta pelabuhan memiliki beberapa manfaat yakni memiliki akses yang dekat dengan pelabuhan. Kemudian, mengurangi kepadatan di jalan. Meski begitu, pihaknya mengatakan masih enggan membeberkan tarif kereta pelabuhan.

"‎Kita belum bicara tarif.  Saya berharap pemerintah mendorong angkutan logistik dengan kereta api.  Tarif kereta api agar bisa bersaing dengan truk. Kalau para logister ya masih menggunakan truk, mungkin dia lebih murah, lebih simpel. Yang pasti tidak bisa lah kita angkut semuanya pakai kereta api, tidak mungkin," pungkas Sugeng. (Amd/Ndw)
    


Source: liputan6.com
5 Fakta Tentang Orang Kaya yang Belum Banyak Diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Usaha dan kerja keras bisa menghantarkan orang menjadi orang kaya dengan harta yang berlimpah. Kalau sudah begini, biasanya orang akan memilih hidup mewah serta tidak ragu untuk mengeluarkan uang banyak untuk membeli barang-barang mahal.

Namun ternyata orang kaya di dunia justru lebih memilih untuk menyimpan dan memanfaatkan dengan benar harta yang mereka miliki. Selain itu, mereka pun memiliki banyak kebiasaan yang berbeda dengan orang kebanyakan.

Apa saja? Melansir Business Insider, Kamis (18/2/2016) berikut ulasannya:

1. Senang dihadapkan pada persoalan

Banyak orang yang justru merasa tidak nyaman apabila terlibat dalam sebuah masalah. Akan tetapi hal tersebut justru berkebalikan dengan apa yang dilakukan oleh orang kaya.

Mereka mengerti betul bahwa jalan menuju sukses bukanlah perkara yang mudah. Untuk itu, mereka pun terbiasa untuk berada dalam kondisi tidak mengenakkan yang mengharuskan mereka untuk berkembang menjadi lebih baik.

2. Selalu memiliki visi akan masa depan

Sebagian besar orang lebih memilih membangga-banggakan prestasi yang mampu mereka cetak di masa lalu. Hal ini ternyata tidak sama dengan apa yang dilakukan oleh orang kaya.

Daripada mengingat-ingat terus prestasinya di masa lampau, mereka justru lebih memilih untuk memikirkan visi besar mereka di masa depan.

Selain itu mereka pun menghabiskan waktu untuk membuat rencana jangka panjang yang dapat dikerjakan untuk mewujudkan visi yang dimiliki.


Source: liputan6.com
BI Kembali Turunkan Bunga Acuan Jadi 7%

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang berlangsung pada 18 Februari 2016 memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan (BI Rate). Penurunan dilakukan karena ruang untuk pelonggaran kebijakan moneter semakin terbuka lebar.

Gubernur BI Agus Martowardojo menjelaskan, RDG BI memutuskan untuk menurunkan BI Rate sebesar 25 basis poin menjadi 7 persen dari sebelumnya 7,25 persen. "Sedangkan untuk suku bunga Deposit Facility juta turun jadi 5 persen dan Lending Facility pada level 7,5 persen," jelas dia, di Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Selain itu, BI juga menurunkan Giro Wajib Minimum (GWM) primer untuk mata rupiah turun 1 persen dari 7,5 persen ke 6,5 persen. Penurunan GWM Primer ini mulai berlaku pada 16 Maret 2016.

Agus melanjutkan, keputusan BI tersebut sejalan dengan pernyataan sebelumnya bahwa ruang pelonggaran kebijakan moneter semakin terbuka dengan terjaganya stabilitas makroekonomi, serta mempertimbangkan pula dengan meredanya ketidakpastian pasar keuangan global pasca kenaikan Fed-Fund Rate (FFR).

Baca Juga

  • Begini Akibatnya Jika BI Tahan Suku Bunga Acuan
  • Menko Darmin: Bank Jangan Perang Suku Bunga
  • BI Rate Diprediksi Turun Kembali

Source: liputan6.com
Pemerintah Bakal Bentuk Tim Khusus untuk Turunkan Bunga Perbankan

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan membentuk tim khusus yang akan mengurus penurunan suku bunga perbankan, khususnya di ranah policy rate atau BI Rate. Tim ini berkoordinasi dengan Bank Indonesia, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Kita akan membentuk tim untuk follow up ini, soal berapa bunganya nantilah kita bilang, tapi arahnya ini akan bisa cepat turun," kata Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Keputusan membentuk tim diambil setelah Darmin mengikuti rapat yang dipimpin Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dalam rapat itu, hadir pula Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dan Ketua OJK Muliaman Hadad.

 

Baca Juga

  • 3 Faktor Ini Jadi Penentu Suku Bunga Kredit
  • Begini Akibatnya Jika BI Tahan Suku Bunga Acuan
  • BI Rate Diprediksi Turun Kembali

Source: liputan6.com
Cari Rumah Dekat Stasiun KRL? Cek di Sini Lokasinya

Liputan6.com, Jakarta - Apa kriteria khusus yang Anda cari dari sebuah hunian? Terlepas dari konsep, desain, fasilitas serta harganya, beberapa orang cenderung memilih hunian yang memiliki akses mudah ke berbagai sarana transportasi. Entah itu berupa halte busway, bandar udara, terminal bus, atau stasiun kereta commuter line.

Jika pencariannya jatuh pada kategori terakhir, yakni stasiun KRL, Rumah.com punya beberapa daftar hunian baik tapak maupun vertikal, yang jaraknya hanya berkisar 5 menit saja. Tetapi perlu diingat, jarak sesingkat ini ada yang bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki maupun berkendara. Simak ulasannya berikut ini:

Stasiun Jurangmangu, Tangerang Selatan

Berada di kecamatan Ciputat, Provinsi Banten, stasiun ini merupakan stasiun yang hanya melayani KRL Commuter Jabodetabek.

Diresmikan oleh Menteri Perhubungan RI saat itu Jusman Syafii Djamal pada tanggal 16 September 2009, stasiun ini diapit oleh Stasiun Pondok Ranji (sebelumnya) dan Stasiun Sudimara (berikutnya).

Klaster yang radiusnya hanya 1,2 km dari Stasiun Jurangmangu adalah Harvest Bintaro. Dibutuhkan waktu selama 4 menit berkendara saat lalu lintas lancar, baik dari arah stasiun maupun perumahan.

Bila enggan berkendara sendiri, penghuni bisa memanfaatkan kendaraan umum yang terhubung dengan stasiun seperti D10 jurusan Ciputat-Pondok Aren.

Stasiun Duren Kalibata, Jakarta Selatan

Letak Woodlandpark Residence bisa dikaim hanya selemparan batu dengan Stasiun Duren Kalibata (180 meter). Tak menutup kemungkinan, Anda hanya perlu berjalan kaki kurang dari 5 menit untuk tiba di sana.

Dari stasiun ini, Anda akan dengan mudah menuju Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan kawasan lainnya di Jakarta.

Sedikit informasi soal tarif kereta commuter line, untuk jarak 1-25 km pertama dikenakan ongkos sebesar Rp 2.000, sementara untuk tambahan setiap 10 kilometer berikutnya adalah Rp 1.000.

Selain membayar harga tiket, Anda juga harus membayar jaminan kartu Tiket Harian Berjaminan (THB) senilai Rp10 ribu. Uang jaminan ini bisa Anda ambil kembali di loket setelah keluar dari pintu peron stasiun tujuan.

Stasiun Pondok Ranji, Tangsel

Hunian terdekat dari Stasiun KRL Pondok Ranji adalah Apartemen Bintaro Plaza Residences. Jarak antar keduanya hanya 290 meter saja. Itu tandanya penghuni bisa menjangkau stasiun ini dengan berjalan kaki sekitar empat menit, serupa dengan Woodlandpark Residence dan Stasiun Duren Kalibata.

Menurut Wikipedia, Stasiun Pondok Ranji mempunyai 2 jalur kereta api. Posisinya berada di paling timur Kota Tangerang Selatan, dan paling tenggara di provinsi Banten.

Perlu diketahui, stasiun KRL ini memiliki area parkir terbatas, karena hanya dapat menampung 100 motor dan sekitar 40 mobil. Jika ingin mendapatkan slot parkir, pekerja disarankan untuk tiba di sini sebelum jam 07.30 pagi.

Stasiun Pasar Minggu Baru, Jakarta Selatan

Stasiun Pasar Minggu Baru merupakan stasiun kereta api commuter line yang terletak di perbatasan antara Kecamatan Pancoran dan Pasar Minggu, tepatnya di Kelurahan Pancoran dengan Pejaten Timur.

Stasiun ini terletak di antara Stasiun Duren Kalibata dan Stasiun Pasar Minggu. Tujuan dibangunnya stasiun ini adalah untuk mengurangi keramaian di Stasiun Pasar Minggu.

Apartemen yang jaraknya hanya 1,1km dari stasiun ini yaitu Nifarro Park. Penghuni apartemen bisa menjangkau stasiun ini dengan waktu sekitar 5 menit berkendara saat kondisi jalanan lancar. Atau, penghuni bisa menggunakan angkutan kota (angkot) berwarna merah jurusan Pasar Minggu-Rawajati warna merah.

Stasiun Cibinong

Letak Apartemen Menara Cibinong dengan Stasiun KRL Cibinong pun hanya berjarak kurang dari 1km. Dengan radius 450 meter saja, itu berarti penghuni apartemen bisa mencapai stasiun dengan berjalan kaki selama lima menit atau berkendara sejauh dua menit.

Berdasarkan perjalanannya, stasiun ini awalnya dibuat untuk melayani kereta api batubara dari Stasiun Cigading, namun akhirnya mengalami kegagalan uji coba akibat dari Krisis sekitar tahun 1997.

Untuk menjaga aset, stasiun ini, stasiun ini sempat melayani KRD tujuan Stasiun Manggarai dan Stasiun Nambo, namun itu tak berlangsung lama karena okupansi penumpang yang minim.

Setelah non-aktif selama berapa tahun, PT KAI memutuskan untuk mengaktifkan kembali stasiun jalur ini. Jalur ini juga dipasang kabel LAA (listrik aliran atas), supaya jika aktif kembali jalur ini bisa dilayani oleh KRL Commuter Jabodetabek.

Sejak 1 April 2015 lalu, stasiun ini melayani KRL Commuter Line dengan rute Stasiun Nambo – Stasiun Duri, dengan jadwal keberangkatan 10 kali dalam sehari. (


Source: liputan6.com
BI Rate Turun Jadi 7%, IHSG Naik 13 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu bertahan di zona hijau pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Akan tetapi, penguatan tidak terlalu signifikan mengingat pelaku pasar sudah mengantisipasi penurunan suku bunga acuan atau BI Rate.

Pada penutupan perdagangan saham, Kamis (18/2/2016), IHSG naik 0,28 persen atau 13,28 poin ke level 4.778,79.Indeks saham LQ45 naik 0,39 persen ke level 838,79. Sebagian besar indeks saham acuan menghijau kecuali indeks saham Pefindo25 turun 0,56 persen ke level 342,01.

Pada hari ini, ada sekitar 148 saham menghijau sehingga mampu membuat IHSG bertahan di zona hijau. Akan tetapi, 123 saham melemah sehingga menahan penguatannya. 100 saham diam di tempat.

Transaksi perdagangan saham pada hari ini cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 307.074 kali dengan volume perdagangan saham 5,7 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 6,8 triliun.

Baca Juga

  • BI Rate Turun Bakal Dongkrak IHSG
  • IHSG Dibuka Naik Jelang Pengumuman BI Rate
  • BI Kembali Turunkan Bunga Acuan Jadi 7%

Source: liputan6.com
Venezuela Naikkan Harga BBM hingga 6.000 %

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak super murah sepertinya hanya tinggal kenangan bagi warga Venezuela. Presiden Venezuela, Nicolas Maduro memutuskan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) hingga 6.000 persen. Ini adalah kenaikan harga BBM untuk pertama kali dalam 20 tahun terakhir.

Dilansir dari Guardian, Kamis (18/2/2016), keputusan ini diambil karena anjloknya harga minyak telah memukul ekonomi negara tersebut. Pasalnya, 95 persen pendapatan negara tersebut ditopang dari minyak.

Harga BBM beroktan 95 atau setara Pertamax Plus di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) melompat hingga 6.086 persen menjadi 6 bolivar atau setara Rp 12.755 per liter (kurs Rp 2.125 per bolivar) dari sebelumnya 0,097 bolivar atau setara Rp 206 per liter. Sementara BBM beroktan 91 naik 1.300 persen.

Baca Juga

  • Venezuela Berdarah-darah, Terigu Lebih Mahal dari Minyak
  • Begini Potret Muram Industri Migas Saat Ini
  • Sepertiga Perusahaan Minyak Dunia Bakal Bangkrut Tahun Ini

Source: liputan6.com
GWM Primer Turun, Likuiditas Perbankan Bertambah Rp 34 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) telah menurunkan tingkat suku bunga acuan (BI rate) ke level 7 persen dari sebelumnya 7,25 persen. Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, BI juga melonggarkan kebijakan Giro Wajib Minumum (GWM) primer untuk mata uang rupiah sebesar 1 persen, menjadi 6,5 persen.

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo mengungkapkan, dengan pelonggaran GWM Primer tersebut akan menambah likuiditas di industri perbankan, sehingga meningkatkan pendanaan untuk kredit.

"Terkait denganGWM primer yang kami turunkan, paling tidak berdasarkan kajian kami menambahliquiditas sebesar Rp 34 triliun ke pasar," kata Agus di Gedung Bank Indonesia, Kamis (18/2/2016).

Baca Juga

  • GWM Primer Turun Bikin Kredit Bank Lebih Terkucur
  • BI Resmi Turunkan Kewajiban GWM Primer
  • Rem Kucuran Kredit, BI Pangkas Batas Atas GWM-LDR

Source: liputan6.com
PLN Siap Bangun Pembangkit 10 Ribu MW

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) siap menggarap pembangkit listrik berkapasitas 10 ribu Mega Watt (MW). Pembangkit tersebut masuk dalam program kelistrikan 35 ribu MW.

Pelaksana Tugas Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, Agung Murdifi mengatakan,‎hal tersebut sedang dinegosiasikan dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) yang akan diterbitkan Maret 2016. "Iya bulan Maret, saat ini masih pembahasan," kata Agung, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Baca Juga

  • PLN Raup Rp 17,6 Triliun dari Penjualan Listrik
  • PLN Khawatir Penjualan Listrik Bakal Turun Akibat Banjir
  • Amankan Listrik Jakarta, PLN Dongkrak Kapasitas Gardu Induk

Source: liputan6.com
BI Revisi Target Pertumbuhan Ekonomi Jadi 5,4%

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mulai lebih optimistis memandang pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2016. Hal itu dibuktikan dengan kembali direvisinya target atau perkiraan pertumbuhan ekonomi menjadi lebih tinggi.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengungkapkan, BI sebelumnya memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2016 sebesar 5,3 persen, kini lebih optimistis menjadi di 5,4 persen.

DijelaskanPerry, meningkatnya optimisme BI terhadap pertumbuhan ekonomi RI ini dikarenakan berbagai faktor fundamental yang semakin baik dan gejolak ekonomi global yang mulai mereda.

Baca Juga

  • Harga Minyak Jatuh, Menkeu Siap Revisi APBN 2016
  • Menko Darmin: Industri Pilar Ekonomi Tak Tergantikan
  • Ini yang Bikin Ekonomi Indonesia Lebih Baik dari Negara Lain

Source: liputan6.com
Menanti Dampak Penurunan BI Rate

Liputan6.com, Jakarta - Kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS) telah menjadi sorotan sejak 2015. Dengan langkah bank sentral AS atau the Federal Reserve menaikkan suku bunga sekitar 0,25 persen-0,50 persen pada Desember 2015 telah memberikan kepastian pelaku pasar keuangan global dan bank sentral negara lainnya.

Berbeda dengan the Federal Reserve menaikkan suku bunga, bank sentral di negara lain justru menempatkan suku bunga hingga negatif. Bank sentral Eropa telah menempatkan suku bunga negatif. Langkah tersebut juga diikuti dengan Jepang yang menetapkan -0,1 persen untuk pertama kalinya. Kebijakan bank sentral itu untuk menjaga ekonominya.

Lain lagi dengan India. Bank sentral India telah menurunkan suku bunga sejak September 2015. Suku bunga bank sentral India turun menjadi 6,75 persen. Langkah ini dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Lalu bagaimana dengan Bank Indonesia (BI)? Setelah suku bunga acuan/BI Rate berada di level 7,5 persen sejak 17 Februari 2015, akhirnya BI menurunkan BI Rate 25 basis poin menjadi 7,25 persen pada 14 Januari 2016. Penurunan tersebut dilakukan BI seiring ekonomi dan inflasi terkendali di awal 2016.

BI pun memberikan sinyal BI Rate dapat kembali turun pada Februari 2016. Hal itu pun terbukti. BI kembali turunkan BI Rate menjadi 7 persen dari hasil Rapat Dewan Gubernur pada 17-18 Februari 2016.

Lalu apa yang mendorong BI kembali menurunkan suku bunga? Apa harapan pemerintah terhadap BI Rate pada 2016? Bagaimana BI memandang pertumbuhan ekonomi pada tahun ini? Berikut ulasannya.

Alasan BI Rate Kembali Turun

Mda ruang bagi BI untuk kembali menurunkan suku bunga acuannya.

Gubernur BI Agus Martowardojo memutuskan menurunkan BI Rate sebesar 25 basis poin menjadi 7 persen dari sebelumnya 7,25 persen. Suku bunga deposit facility juga turun jadi lima persen dan lending facility pada level 7,5 persen.

BI juga menurunkan Giro Wajib Minimum (GWM) primer untuk mata uang rupiah sekitar 1 persen dari 7,5 persen ke 6,5 persen. GWM primer turun mulai berlaku pada 16 Maret 2016.

Agus mengatakan, keputusan BI tersebut melihat ruang pelonggaran kebijakan moneter semakin terbuka dengan terjaganya stabilitas makro ekonomi. BI juga mempertimbangkan meredanya ketidakpastian pasar keuangan global setelah kenaikan Fed-Fund Rate (FFR) atau suku bunga the Federal Reserve.

BI Rate turun tersebut sesuai prediksi ekonom. Hal itu mengingat inflasi relatif stabil. Laju inflasi sebesar 0,51 persen pada Januari 2016 atau lebih rendah dibandingkan Desember 2015 yang sebesar 0,96 persen dengan inflasi tahun kalender mencapai 0,51 persen. Tingkat inflasi tahun ke tahun (Januari 2016 terhadap Januari 2015) sebesar 4,14 persen.

Director for Investor Relation Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat mengatakan, saat ini inflasi sudah cukup melambat jadi terkendali. "Selain itu, kredit juga melambat sehingga bank butuh likuiditas," kata Budi.

Ia mengatakan, kestabilan rupiah bahkan cenderung menguat juga menjadi faktor utama untuk menurunkan suku bunga. Dengan BI Rate turun diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Suku Bunga Diminta Kembali Turun

Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengharapkan BI Rate dapat kembali turun ke level yang lebih rendah. Ia mengharapkan suku bunga acuan di Indonesia sama dengan negara lain di Asia.

"Harus sama dengan rata-rata kredit yang diberikan bank-bank di Asia yaitu lima hingga enam persen. Kita ketinggian, kita harus turunkan lagi," ujar JK, di kantor Wakil Presiden, Kamis 18 Februari 2016.

JK juga menampik ada campur tangan dirinya untuk menurunkan BI Rate pada Kamis pekan ini. Keputusan menurunkan BI Rate tersebut membuktikan BI mendengarkan dan menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah.

"Kita tidak mencampuri urusan kapan turunnya. Jangan lupa Undang-undang BI berbunyi kalau BI harus mendengarkan kebijakan umum perekonomian pemerintah, tidak berarti independen mau-maunya saja," kata JK.

Optimistis Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Pengunjung melintas dengan latar belakang gedung dan bangunan kota Jakarta, Sabtu (9/1/2016). Pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2016 diprediksi akan berada di angka 5%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

BI melonggarkan kebijakan GWM primer untuk mata uang rupiah sebesar 1 persen menjadi 6,5 persen untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, kelonggaran GWM primer dapat menambah likuiditas di industri perbankan sehingga mendongkrak pendanaan untuk kredit.

"Terkait dengan GWM primer yang kita turunkan, paling tidak berdasarkan kajian kita menambah likuiditas sebesar 34 triliun ke pasar," kata Agus.

Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo menambahkan, ada kelonggaran GWM primer itu diharapkan dapat mempercepat dampaknya terhadap upaya peningkatan ekonomi Indonesia.

"Kalau penurunan bunga saja akan perlu waktu, dengan penambahan likuiditas GWM primer ini maka transmisi kebijakan moneter akan lebih cepat," tutur Perry.

Dengan melihat kondisi itu, BI kembali merevisi target peningkatan penyaluran kredit dari 12,5 persen menjadi 14 persen sepanjang 2016.

Tak hanya BI berupaya menggenjot penyaluran kredit. Pemerintah pun akan membentuk tim khusus yang mengurus soal suku bunga bank. Tim ini akan berkoordinasi dengan BI, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Kita akan membentuk tim untuk follow up ini, soal berapa bunganya nanti kita bilang, tapi arahnya ini akan bisa cepat turun," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution.

Darmin menuturkan, suku bunga bank yang diturunkan tidak akan jauh di bawah angka inflasi.

"Sekarang tingkat bunga deposito secara umum 7-8 persen. Nah itu biasa mereka ada minta di atas itu. Tak berarti korupsi. Ini urusan sah-sah saja," kata Darmin.

Ada kelonggaran kebijakan moneter itu diharapkan dapat membantu mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Perry memperkirakan pertumbuhan ekonomi menjadi 5,4 persen pada 2016 dari target sebelumnya 5,3 persen.

Sejumlah faktor membuat BI optimistis terhadap pertumbuhan ekonomi. Faktor fundamental dan gejolak ekonomi global yang mulai mereda dapat membantu pertumbuhan ekonomi.

"Respons kebijakan fiskal dan makro prudensial ditambah dengan diperlonggarnya GWM primer akan turut memperbaiki prospek pertumbuhan ekonomi kita," kata Perry.

Meski demikian, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga tak lepas dari pengaruh eksternal terdiri atas ekonomi China melambat, kelanjutan dana murah di Eropa dan Jepang menerapkan suku bunga negatif. (Ahm/Gdn)


Source: liputan6.com
Jaring Tenaga Kerja Unggul, 63 Perusahaan Ikuti Bursa Kerja UI

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dengan perusahaan, dan memberikan informasi pendidikan pascasarjana bagi para lulusan UI maupun perguruan tinggi lainnya, Universitas Indonesia (UI) kembali menggelar UI Career & Scholarship Expo. Acara yang telah digelar ke-21 kalinya ini akan berlangsung pada 18 – 20 Februari 2016 di Balairung UI, Kampus Depok.

Kepala Humas dan KIP UI Rifelly Dewi Astuti menjelaskan, sebanyak 63 perusahaan nasional maupun multinasional serta 12 lembaga pendonor beasiswa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Lebih dari 9 ribu pengunjung yang terdiri atas fresh graduate (wisudawan/lulusan Februari 2016), alumni, mahasiswa tingkat akhir UI serta masyarakat umum diproyeksikan mengunjungi bursa kerja dan beasiswa ini.

"Rangkaian kegiatan diantaranya eksibisi, presentasi perusahaan maupun lembaga pendonor beasiswa, tes seleksi dan wawancara serta seminar persiapan melanjutkan studi dan seminar karir. Sedangkan pada pelaksanaan UICareer &ScholarshipExpo XX pada Oktober 2015 diikuti tidak kurang dari 12.000 peserta," jelasnya seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis (18/2/2016). 

Baca Juga

  • Luar Biasa, Doktor UI Temukan Bahan Semen dari Sabut Kelapa
  • Segera Pensiun, Wali Kota Depok `Melamar` Jadi Dosen UI
  • Dodo, Anak Jalanan Berhasil Jadi Mahasiswa UI

Source: liputan6.com
BI Rate Turun, BCA Juga Siap Pangkas Bunga Kredit?

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) telah memangkas suku bunga acuan (BI Rate) sebesar 25 basis poin menjadi 7 persen. Para bankir sumringah atas keputusan tersebut karena dapat menjadi bahan pertimbangan perbankan untuk menurunkan tingkat bunga kredit maupun simpanan.

Menurut Direktur Korporasi PT Bank Central Asia (BCA) Tbk Dahlia Ariotedjo usai Penerbitan Sukuk Ritel Negara Seri 008, penurunan suku bunga acuan BI akan membantu pertumbuhan perbankan. "Baru juga turun (BI Rate), nanti saja lah. Tapi itu akan membantu kita," ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Dalam kesempatan yang sama, Head of Treasury BCA Branko Windoe mengatakan, penurunan BI Rate sejalan dengan harapan perbankan dan pemerintah untuk menggerakkan perekonomian nasional. "Ini menjadi faktor positif bagi pembangunan ekonomi Indonesia," katanya.

Dirinya mengaku, perusahaan pasti akan mengkaji pemangkasan BI Rate terhadap tingkat bunga simpanan dan kredit. Sebelum memutuskan, sambung Branko, perlu ada rapat untuk mendiskusikan langkah yang akan diambil perusahaan merespons penurunan suku bunga acuan ini. 

Baca Juga

  • GWM Primer Turun, Likuiditas Perbankan Bertambah Rp 34 Triliun
  • Wapres JK Minta BI Rate Turun Jadi 5%
  • BI Rate Turun Jadi 7%, IHSG Naik 13 Poin

Source: liputan6.com
Produksi Nikel Vale Naik 3% pada 2015

Liputan6.com, Jakarta - PT Vale Indonesia Tbk (INCO) mencatatkan volume produksi tahunan tertinggi dalam sejarahnya pada 2015.

Mengutip keterangan yang diterbitkan, Kamis (18/2/2016), volume produksi perseroan naik tiga persen menjadi 81.177 metrik ton dibandingkan volume produksi yang dicapai tahun sebelumnya di kisaran 78.726 metrik ton.

Ada pun volume produksi pada kuartal IV 2015 naik sekitar 8 persen dibandingkan volume produksi pada kuartal IV 2014. Selain itu, ada kenaikan sekitar 1 persen dari kuartal III 2015.

"Volume produksi pada kuartal IV 2015 sekitar 22.302 metrik ton juga merupakan produksi kuartal tertinggi dalam sejarah perseroan. Kami menargetkan volume produksi tahunan tetap sekitar 80 ribu metrik ton nikel pada 2016," ujar Nico Kanter, Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk.

Baca Juga

  • Harga Nikel Turun, Laba Vale Indonesia Merosot 38%
  • Vale Indonesia Sebar Dividen Rp 1,3 Triliun
  • Harga Nikel Rendah, Laba Bersih Vale Indonesia Turun 60%

Source: liputan6.com
Tarif Tol Suramadu Turun 50% per 1 Maret 2016

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap memberlakukan penurunan tarif tol jembatan Surabaya Madura (Suramadu) per 1 Maret 2016. Tarif tol Suramadu akan dipangkas hingga 50 persen bagi semua jenis kendaraan.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono usai Rakor Doing Business mengungkapkan, Surat Keputusan (SK) terkait penurunan tarif tol sudah terbit. Saat ini, SK tersebut ada di tangan Sekretaris Jenderal PUPR.

"SK-nya sudah ada, masih di Pak Sekjen. Beliau sedang keluar kota," ujarnya saat ditemui di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Menurut Basuki, pemerintah menurunkan tarif tol Suramadu bagi seluruh jenis kendaraan sebesar 50 persen. Keputusan tersebut lebih rendah dibanding usulan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo yang meminta 90 persen.

"Penurunan tarifnya 50 persen dan kita akan berlakukan pada 1 Maret 2016. Payung hukumnya pakai Peraturan Menteri (Permen) saja," terangnya.

Seperti diketahui, Kementerian PUPR memastikan penurunan tarif tol yang membentang antara Surabaya-Madura (Suramadu) bakal dinikmati seluruh jenis kendaraan. Minimal penurunan tarif tol Suramadu tersebut mencapai 50 persen.

"Penurunan tarif tol Suramadu berlaku untuk semua kendaraan, seperti truk, mobil pribadi, dan lainnya. Kalau motor kan memang sudah gratis," ujar Basuki.

Baca Juga

  • Penurunan 50% Tarif Jembatan Suramadu Ancam Dermaga Ujung-Kamal
  • Penurunan Tarif Tol Suramadu Berlaku untuk Semua Kendaraan
  • Mustahil Gratis, Tarif Tol Suramadu Turun Minimal 50%

Source: liputan6.com