Prev Febuari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
31 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
Berita Kurs Dollar pada hari Jumat, 19 Febuari 2016
UANGPEDIA: Trik Atur Keuangan Buat Pengantin Baru

Liputan6.com, Jakarta - Usai menyiapkan pesta pernikahan, kehidupan baru pun mulai dijalani oleh pengantin baru. Bila dulu ketika masih single untuk memutuskan dan merencanakan sesuatu termasuk keuangan dilakukan sendiri maka sekarang sudah ada pasangan yang diajak berdiskusi.

Direktur PT Manulife Asset Management Putut Andanawarih menuturkan, keterbukaan untuk merencanakan tujuan keuangan bersama pasangan perlu dilakukan. Hal itu juga termasuk biaya-biaya yang perlu diperhatikan ketika mulai berumah tangga.

Jangan sampai pengelolaan keuangan tidak benar ketika berumah tangga yang dapat membuat hutang besar. Putut mengingatkan kalau berutang juga dapat menimbulkan biaya mahal.

Ingin tahu apa saja biaya-biaya yang perlu diperhatikan ketika baru saja menikah? Tips agar hemat dan cermat kelola keuangan saat mulai berumah tangga? Berikut wawancara Liputan6.com dengan Direktur PT Manulife Asset Management Putut Andanawarih:

 


Source: liputan6.com
[OPINI] Kereta Api Cepat yang Memang Perlu Cepat-cepat

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2003, lima tahun setelah pemerintah membentuk Kementerian BUMN, keluarlah Undang-undang (UU) Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Presidennya adalah Ibu Megawati Soekarno Putri, Menteri Perindustrian Rini Soemarno, Menteri hukumnya (saat itu bernama Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia) Prof. Yusril Izha Mahendra, dan Menteri BUMN kala itu Ir. Laksamana Sukardi.

Yang menarik perhatian saya adalah suasana saat itu di kalangan pejabat-pejabat kementerian teknis (Kemenhub, PU, Kehutanan, Pertanian dll) yang `marah besar`. “Kalau begini undang-undangnya, berarti negara berbisnis,“ begitu umpat mereka.

Harap maklum, berkat UU itu BUMN sudah sepenuhnya lepas dari kendali birokrat. BUMN yang tadinya  `alat` bagi birokrat, kini sepenuhnya berada di bawah kementerian BUMN. Sebaliknya, wajah pendiri Kementerian BUMN, Tantri Abeng Sumringah. Ia sudah lama merindukan BUMN yang mandiri, yang mampu memberi kontribusi besar bagi negara sebagai  value creator.

Apa yang baru dalam UU itu?

Pertama, jelas disebut dalam pasal 1 (10), modal negara yang dipakai dalam BUMN adalah kekayaan Negara yang dipisahkan. Kedua, dalam pasal 2, tujuan pendirian BUMN adalah (a) Memberikan sumbangan bagi perkembangan perekonomian nasional dan penerimaan Negara, (b) Mengejar Keuntungan.

Baca Juga

  • [OPINI] Seperti Ini Dampak Serius Penurunan Harga Minyak Dunia
  • [OPINI] Divestasi Saham Freeport Indonesia, Dibeli atau Tidak?
  • [OPINI] Tak Perlu Gentar Menyongsong MEA

Source: liputan6.com
Mau Kaya Setelah Menikah? Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Memutuskan untuk menikah dan hidup berpasangan ternyata tidak seindah yang dibayangkan. Selain harus menanggung beban kebutuhan yang lebih besar, banyak pasangan suami istri yang kesulitan untuk mengatur urusan finansial yang mereka miliki.

Seringkali, banyak pasangan yang tidak memiliki rencana keuangan jangka panjang dan akhirnya berdampak besar pada kehidupan yang mereka jalani. Akhirnya, impian untuk mapan dan mampu sukses dengan harta berlimpah pun harus rela terkubur percuma.

Lalu bagaimana caranya agar Anda dapat menanggulangi hal tersebut? Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan seperti dilansir dari Business Insider, Jumat (19/2/2016):

1. Selalu komunikasikan masalah keuangan

Walaupun terasa tidak nyaman untuk dibicarakan, masalah finansial merupakan faktor krusial yang harus selalu dikomunikasikan bersama pasangan.

Faktanya, apabila tidak dikomunikasikan dengan baik, argumen akan finansial ini dapat berdampak besar bagi keberlangsungan rumah tangga.

Cobalah untuk mengkomunikasikan urusan keuangan rumah tangga pada pasangan. Jika Anda mampu saling bekerja sama untuk mengurus masalah ini bersama sama, maka Anda pun akan menuai manfaat yang besar.

2. Tulis tujuan yang jelas

Satu hal yang harus dilakukan apabila ingin berhasil mewujudkan apa yang diinginkan adalah dengan menulis dengan jelas tujuan yang ingin diraih. Coba diskusikan dengan pasangan berapa besaran spesifik aset yang ingin Anda berdua kumpulkan dalam hidup.

3. Buat rencana

Langkah selanjutnya adalah membuat rencana yang dapat dilakukan bersama-sama. Sebelumnya, coba tulis kembali daftar aset, investasi serta jumlah finansial yang Anda dan pasangan miliki. Setelah itu, Anda pun dapat lebih mudah untuk menyusun rencana jangka panjang.


Source: liputan6.com
Properti Komersial RI Bakal Berkembang pada 2017

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan IV 2015 belum menunjukkan perbaikan secara signifikan.

Meski pun Pemerintah telah memberikan beberapa kebijakan sebagai stimulus pertumbuhan. Mulai dari konsumsi belanja Pemerintah hingga implementasi proyek infrastruktur. Demikian laporan dari Coldwell Banker Commercial Indonesia yang dinukil dari Rumah.com seperti ditulis Jumat (19/2/2016)

Meski pun ada penambahan pasokan komersial baru namun jumlahnya masih terbatas, terutama di kota-kota di luar kawasan Jabodetabek. Selain itu tingkat penyerapan serta harga jual juga terbilang masih rendah, meliputi perkantoran, apartemen, retail, dan hotel.

"Pasar komersial di tahun 2016 masih terbilang stagnan, tapi nantinya akan rebound pada tahun 2017. Faktornya bisa dilihat dari ekonomi global yang beranjak membaik sampai dengan kehadiran investor yang datang. Mereka tentunya akan membutuhkan akomodasi untuk tempat tinggal. Perkiraannya akan bergerak positif tahun 2017, kalau tahun 2016 masih dalam recovery," papar Tommy H. Bastami, Director of Coldwell Banker Commercial Strategic Advisory, dalam konferensi pers, di Jakarta.

Klasifikasi Kota-Kota di Indonesia

Untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai hirarki perkembangan properti komersialnya, Coldwell Banker Commercial Indonesia membagi beberapa kota di Indonesia dalam tiga kategori.

Established City

Memiliki karakteristik sebagai kota yang sudah berkembang mulai dari tahun 90an, kota-kota ini terdiri dari Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung. Jakarta mendominasi jumlah bangunan komersial lebih dari 70 persen di bandingkan kota-kota lainnya.

Kategori Established City ini menyumbang kontribusi pasokan baru hingga 75 persen yang terbagi dalam perkantoran, ritel, apartemen dan hotel. Karena lebih dulu menjadi kota modern, target segmen pasarnya menengah hingga premium dengan jenis permintaan jasa dan industri.

Emerging City

Mulai berkembang sejak 5-10 tahun yang lalu, kota yang tergolong dalam kategori emerging city memiliki pasar properti berkembang di sektor bisnis, industri dan pariwisata. Diantaranya adalah Makassar, Balikpapan, Bali, Semarang, Yogyakarta, Bodetabek dan Solo.

Dengan menyumbang kontribusi bangunan komersial sebanyak 20 persen, sektor pengembangannya terbagi dalam perkantoran, ritel, apartemen dan hotel. Walaupun jumlahnya begitu sedikit, namun sumber permintaan dari sektor pertambangan dan pariwisata membuat properti komersial terus bergeliat.

Promising City

Sebagai kota yang baru saja berkembang sekitar 5 tahun lalu, promising city baru mengembangkan sektor ritel dan hotel setelah lebih dulu digempur oleh proyek perumahan. Beberapa contohnya adalah Pontianak, Banjarmasin, Kendari, Palembang, Cirebon dan lainnya.

Dengan jumlah pasokan sekitar 5 persen dari total properti komersial di Indonesia, Promising City hanya mencakup sektor ritel dan hotel. Hotel menjadi sektor paling berkembang di kota-kota kategori ini.

Umumnya kota-kota ini memiliki sumber permintaan di sektor produksi dan pengolahan komoditas, serta pariwisata. (Isnaini K/Ahm)


Source: liputan6.com
Apa yang Harus Disiapkan Setelah Membeli Rumah Subsidi?

Liputan6.com, Jakarta - Memperoleh pembiayaan rumah melalui subsidi, pasti tak ada yang menolak. Selain banderol harga yang miring, promosi yang ditawarkan program kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi ini juga begitu menggiurkan. Berbeda dengan membeli rumah dengan fasilitas KPR normal, bunga yang dibayarkan sampai lunas untuk KPR subsidi bisa hanya 0 persen.

Jenis KPR rumah bersubsidi merupakan program yang disiapkan pemerintah bekerja sama dengan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera). KPR rumah ini juga disebut KPR sejahtera FLPP (fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan). Program ini diberikan untuk keluarga yang benar-benar berasal dari keluarga menengah ke bawah. Selain itu dikhususkan bagi Anda yang belum pernah memiliki rumah.

Sebagai informasi, di tahun 2016, banderol harga rumah subsidi maksimal Rp133.500.000 (Untuk kawasan Jabodetabek). Dengan harga yang murah tersebut, maka tak heran jika kualitas bangunannya terbatas. Oleh karena itu, setelah proses pembiayaan KPR rumah subsidi selesai, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan, dikutip dari Rumah.com.

1. Rumah subsidi rata-rata hanya menawarkan tipe rumah yang mungil. Untuk luas bangunan, mulai dari 21 sampai 36 meter persegi. Sementara luas tanahnya sekitar 60 sampai 72 meter persegi. Rata-rata rumah subsidi hanya mencakup dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Dengan kapasitas ini, rumah subsidi hanya cukup untuk keluarga kecil dengan dua anak.

2. Usahakan membeli rumah subsidi yang masih dalam tahap pembangunan. Dengan begitu Anda bisa melakukan kustomisasi sesuai dengan selera. Mulai dari tata ruang, sampai dengan material pilihan. Soal waktu pembuatan, Anda tak perlu khawatir karena pembangunan rumah subsidi relatif cepat, rata-rata selesai dalam jangka waktu setahun.

3. Umumnya rumah subsidi memang dirancang sedemikian rupa agar mudah di renovasi, maka dari itu jangan heran kalau bangunannya terkesan ringkih. Persiapkan biaya ekstra untuk renovasi, mulai dari membangun dapur, melebarkan luas bangunan, sampai dengan membayar tukang. Kustomisasi ini terbilang penting, ketimbang harus merenovasi di kemudian hari yang akan menyita waktu dan biaya lebih banyak.

4. Ketika membeli rumah subsidi, jangan ragu menanyakan kepada pengembang mengenai fasilitas pendukung seperti air dan listrik. Pada umumnya klaster rumah subsidi sengaja dibuat berdiri dahulu sebelum dilengkapi oleh fasilitas pendukung. Pastikan pengembang sudah menyiapkan jaringan listrik dan air.

4. Perhatikan kualitas bahan pendukung seperti pipa dan septitank. Pada umumnya rumah subsidi akan memakan bahan borongan dengan kualitas standar untuk material pendukung. Berbeda halnya dengan rumah non subsidi.

5. Anda memiliki garansi dari pengembang yang berlaku selama 100 hari semenjak Anda resmi akad kredit. Manfaatkan rentang waktu tersebut untuk mengecek secara seksama kondisi rumah subsidi. Misalnya ada genting yang pecah, keramik yang retak, atau saluran air mampet, Anda bisa mengisi formulir dan akan diperbaiki langsung oleh pengembang.

5. Biaya total yang Anda bayar ketika selesai akad kredit sudah termasuk dengan biaya asuransi. Jadi, jika di tengah jalan menyicil Anda meninggal dunia, maka rumah tersebut langsung lunas dan menjadi kepemilikan ahli waris.

Semoga bermanfaat.


Source: liputan6.com
3 Tips Sukses Berbisnis Bareng Pasangan

Liputan6.com, Jakarta - Berbisnis bukanlah pekerjaan mudah. Banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi, apalagi jika Anda memulainya bersama pasangan.

Namun, banyak pasangan yang berhasil memulainya dan bisa bekerja secara profesional bersama-sama. Seperti ditulis Entrepreneur, Jumat (19/02/2016), berikut tiga tips sukses berbisnis bersama pasangan:

1. Pisahkan rekening bank

Pasangan yang telah memiliki rekening bersama, sebaiknya memisahkannya untuk urusan bisnis. Rekening bisnis yang terpisah akan memudahkan proses pengecekan dan akuntansi sehingga perusahaan terlihat lebih terorganisir.

2. Buat rencana bisnis

Jabarkan soal tanggung jawab dan perang masing-masing dalam rencana bisnis Anda. Langkah pertama menulis rencana bisnis ini adalah menetukan siapa pemilik perusahaan, bagaimana struktur dan manajemennya.

Setiap tanggung jawab dan peran harus sesuai dengan keunggulan masing-masing. Sebuah rencana bisnis yang rinci bisa membuat pemiliknya fokus dengan tujuan perusahaan.

3. Buat pula rencana strategi keluar dari perusahaan

Hal ini penting ketika Anda dan pasangan memutuskan untuk berpisah atau bisnis tidak berjalan sesuai rencana. Misalnya, salah satu ingin keluar dari perusahaan, maka yang lain harus siap dengan proses transisi dan menentukan penerus berikutnya. (Elsa/Ndw)


Source: liputan6.com
Aksi Ambil Untung Bayangi IHSG

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi berbalik arah atau melemah pada perdagangan saham menuju akhir pekan ini. Lantaran, pelaku pasar memanfaatkan kenaikan IHSG beberapa hari terakhir untuk aksi ambil untung (profit taking).

Analis PT First Asia Capital David Sutyanto mengatakan, perdagangan saham kemarin terdorong oleh penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). BI menurunkan suku bunga acuan dari 7,25 persen menjadi 7 persen.

"Akan ada aksi profit taking karena naik terus," kata dia saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Dia menuturkan, dari regional sendiri belum ada sentimen berarti. Saat ini pelaku pasar sedang menanti kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed untuk menurunkan suku bunga acuan.

Baca Juga

  • BI Rate Turun Jadi 7%, IHSG Naik 13 Poin
  • IHSG Dibuka Naik Jelang Pengumuman BI Rate
  • BI Kembali Turunkan Bunga Acuan Jadi 7%

Source: liputan6.com
IHSG Bakal Lanjutkan Penguatan, Awasi Delapan Saham Ini

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan saham Jumat pekan ini. Aliran dana investor asing masih masuk ke pasar modal Indonesia dan BI Rate turun menjadi 7 persen akan mengangkat IHSG.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan IHSG terlihat mulai akan beranjak dari fase konsolidasi. Hal ini tercermin dari level kuat support 4.710 yang lolos uji dalam rentang beberapa waktu.

Level support saat ini berada di level 4.733 dan target resistance berada di level 4.821 yang wajib ditembus untuk kembali memperkuat pola uptren jangka pendek.

"Potensi kenaikan masih terlihat cukup kuat, terlihat dari mulai stabilnya gejolak harga minyak dan masih berlangsungnya aliran dana hingga kini. BI Rate turun 0,25 persen juga menunjukkan kondisi ekonomi masih cukup terjaga," jelas William dalam ulasannya, Jumat (19/2/2016).

Baca Juga

  • BI Rate Turun Jadi 7%, IHSG Naik 13 Poin
  • BI Kembali Turunkan Bunga Acuan Jadi 7%
  • Begini Akibatnya Jika BI Tahan Suku Bunga Acuan

Source: liputan6.com
Diskon Tarif Listrik dalam Paket Kebijakan III Telah Berjalan

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menyatakan ada 500 perusahaan yang telah menikmati insentif atau keringanan pembayaran tarif listrik. Hal ini menepis pernyataan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bahwa insentif kebijakan tersebut belum berjalan di lapangan.

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir mengungkapkan, sebanyak 500 perusahaan tersebut termasuk pelanggan golongan industri I3 dan I4. Sebagian besar merupakan perusahaan tekstil yang tersebar di daerah Jawa Barat dan Jawa Timur.

"Ada sekitar 250 perusahaan atau pabrik yang mengambil fasilitas diskon tarif dan 250 perusahaan yang meminta penundaan pembayaran. Jadi insentif ini sangat positif membantu," ujarnya saat ditemui di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Dalam paket kebijakan ekonomi jilid III, yakni kebijakan diskon pembayaran listrik untuk industri 30 persen pada jam 23.00-08.00 dan keringanan mencicil tagihan pembayaran listrik.

"Tadinya mereka pakai 10 ribu watt, lalu pakai lagi malam hari karena murah. Mereka menambah karyawan 4 ribu watt untuk kerja lembur, nah itu yang kita diskon. Kalau yang siang sudah dibayar normal, diskon di malam saja," kata Sofyan.

Baca Juga

  • Apa Kabar Diskon Listrik 30% Buat Industri?
  • Ada Diskon Tarif Dongkrak Penjualan Listrik
  • Pengusaha Tekstil Girang Dapat Diskon Listrik

Source: liputan6.com
Wall Street Melemah Dipicu Anjloknya Harga Minyak

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) terpeleset usai menguat dalam tiga hari berturut-turut, diikuti penguatan obligasi, emas dan yen karena investor kembali ke aset safe haven.

Harga minyak ditutup di bawah US$ 31 per barel menyusul laporan tentang persediaan minyak mentah Amerika. Harga minyak merosot merespons laporan yang menunjukkan menunjukkan persediaan minyak mentah AS naik ke level tertinggi 86 tahun.

Sementara turbulensi di pasar keuangan telah mereda sejak pekan lalu, investor masih memantau kekenyangan stok minyak global dan perlambatan ekonomi China.

Dilansir dari Bloomberg, Jumat (19/2/2016), Indeks Dow Jones turun 41,36 poin atau 0,25 persen menjadi 16.412,47, indeks  S&P 500 kehilangan 9,05 poin atau 0,47 persen ke 1.917,77 dan indeks Nasdaq Composite merosot 46,53 poin atau 1,03 persen menjadi 4.487,5.

 

Baca Juga

  • Ikuti Bursa China, Wall Street Menguat
  • Bursa AS Menguat Dipicu Lonjakan Harga Minyak
  • Wall Street Bangkit Ditopang Saham Bank dan Energi

Source: liputan6.com
Harga Minyak Tertekan Kenaikan Stok di AS

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak jenis Brent anjlok pada penutupan perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB) usai stok minyak Amerika Serikat (AS) naik ke rekor tertinggi.

Kenaikan stok tersebut dibayangi rencana pembekuan produksi oleh negara-negara produsen minyak terbesar yang telah mendongkrak pasar pada pekan ini.

Dilansir dari Bloomberg, Jumat (19/2/2016), Energy Information Administration (EIA) mencatat stok minyak mentah naik 2,1 juta barel pekan lalu menjadi 504,1 juta barel, mencapai rekor tertinggi di bulan lalu.

Baca Juga

  • Venezuela Naikkan Harga BBM hingga 6.000 %
  • Sepertiga Perusahaan Minyak Dunia Bakal Bangkrut Tahun Ini
  • Dukungan Iran Angkat Harga Minyak Dunia 

Source: liputan6.com
Bursa Asia Rontok Gara-gara Harga Minyak

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham Asia merosot usai mencetak kenaikan mingguan terbesar sejak Desember 2011. Pelemahan ini ditopang penguatan yen dan penumpukan pasokan menekan harga minyak dan saham produsen energi.

Dilansir dari Bloomberg, Jumat (19/2/2016), indeks MSCI Asia Pasifik turun 0,5 persen menjadi 119,70 pada pukul 09:07 waktu Tokyo. Indeks naik 6,5 persen selama empat hari pekan ini setelah tenggelam ke 3,5 tahun pada pekan lalu di tengah kekhawatiran tentang prospek pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia.

"Sentimen pasar minyak telah menjadi pendorong utama pasar saham baru-baru ini," kata Kepala Analis Pasar dari CMC Markets Ric Spooner.

Bahkan setelah kenaikan pekan ini, indeks MSCI Asia Pasifik tetap 9,2 persen lebih rendah tahun ini. Sejak awal Januari, kombinasi penurunan harga minyak, kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi terbesar di Asia dan aksi jual saham-saham perbankan membuat pasar saham global suram untuk pertama kalinya dalam lima tahun.

Indeks Topix turun 1,2 persen setelah yen menguat 0,8 persen Kamis. Penguatan mata uang menekan prospek pendapatan bagi eksportir. Indeks acuan naik 8,3 persen untuk minggu ini, terbesar sejak 2009. Indeks saham menguat dipicu optimisme Bank of Japan akan melangkah dengan stimulus lebih moneter dan spekulasi aksi jual global sudah terlalu jauh.

Indeks Kospi Korea Selatan melemah 0,2 persen dan Bursa Saham Australia turun 0,4 persen.  Indeks FTSE Chinaturun 0,6 persen, sementara indeks Hang Seng naik 0,2 persen.

Harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) turun 0,9 persen, memangkas keuntungan minggu ini menjadi 3,7 persen. Penurunan harga dipicu adanya stok minyak mentah AS yang naik 2,15 juta barel menjadi 504,1 juta  barel pekan lalu. (Ndw/Gdn)


Source: liputan6.com
Pemerintah Diskon Biaya IMB bagi UMKM hingga 50%

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menyederhanakan proses Izin Mendirikan Bangunan (IMB), termasuk untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pelaku UMKM ini juga akan memperoleh diskon biaya IMB sampai dengan 50 persen.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan salah satu indikator yang dapat mendongkrak peringkat kemudahan berbisnis (doing business) di Indonesia adalah persoalan IMB. Saat ini, pelaku usaha yang ingin membuka usaha di Tanah Air harus melalui proses panjang dan lama. Biayanya pun mahal.

Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Indonesia naik peringkat doing business dari posisi sekarang 109 menjadi 40 pada tahun ini. Satu hal yang perlu dibenahi dari Kementerian PUPR adalah proses mendapatkan IMB.

Baca Juga

  • Presiden Jokowi: Ekonomi Digital Dukung Pengembangan UMKM
  • DNI Baru demi Lindungi Pelaku UMKM
  • 3 BUMN Ini Sinergi Dorong Pertumbuhan UMKM

Source: liputan6.com
Subsidi Tetap Bikin Konsumsi Solar Turun

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mencatat penurunan konsumsi Solar subsidi sepanjang 2015 lalu. Salah satu faktor yang mendorong penurunan konsumsi Solar karena sudah dipangkasnya subsidi untuk Solar menjadi hanya Rp 1.000 per liter saja.

‎Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina Iskandar mengatakan, total penjualan Solar subsidi sepanjang 2015 mencapai 13,98 juta kilo liter (KL) jauh. Jumlah tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya atau pada 2014 yang mencapai 15,95 juta KL

‎"Konsumsi Solar subsidi pada 2015 mengalami penurunan 13 persen jika dibandingkan dengan konsumsi di 2014," kataIskandar, diJakarta, Jumat (19/2/2016).

Baca Juga

  • Pertamina Belum akan Turunkan Harga Premium dan Solar
  • RI Negara Pertama yang Campurkan 20% Minyak Sawit dengan Solar
  • Subsidi Program Campuran Minyak Sawit ke Solar Membengkak

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Naik Rp 10.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) kembali menguat Rp 10 ribu menjadi Rp 573 ribu per gram pada perdagangan Jumat (19/2/2016).

Begitu pula, harga pembelian kembali (buyback) emas Antam melonjak Rp 7.000 menjadi Rp 515 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 515 ribu per gram.

"Pembayaran buyback dengan volume di atas 1 kg akan dilakukan maksimal 2 hari setelah transaksi dengan mengacu kepada harga buyback hari transaksi," tulis manajemen Antam.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.27 WIB, hampir seluruh ukuran emas Antam masih tersedia. Hanya ukuran 10 gram dan 25 gram yang ludes terjual

Mengingat tingginya animo masyarakat, transaksi pembelian emas batangan yang datang langsung ke Antam dibatasi hingga maksimal 150 nomor antrean per hari.

Harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram tercatat Rp 5.840.000 per batang atau Rp 584.000 per gram. Sedangkan untuk ukuran 20 gram tercatat Rp 11.285.000 per batang atau Rp 564.250 per gram.

Selain itu, Antam juga mengeluarkan emas batangan edisi Natal dengan ukuran 2 gram dan 5 gram. Untuk ukuran 2 gram Antam menjualnya di harga Rp 1.131.000 sedangkan untuk 5 gram dijual di harga Rp 2.745.000.

Berikut daftar harga emas yang dijual Antam:

* Pecahan 1 gram Rp 573.000
* Pecahan 5 gram Rp 2.720.000
* Pecahan 10 gram Rp 5.390.000
* Pecahan 25 gram Rp 13.400.000
* Pecahan 50 gram Rp 26.750.000
* Pecahan 100 gram Rp 53.450.000
* Pecahan 250 gram Rp 133.500.000
* Pecahan 500 gram Rp 266.800.000.


Source: liputan6.com
BERANI BEDA: Edy Fajar, Berbisnis Kreatif Lewat Sampah Plastik

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang ada di benak Anda saat mendengar kata sampah?. Pastinya bayangan kotor, bau serta menjijikkan. Namun siapa sangka bagi Edy Fajar Prasetyo, sampah justru bisa menjadi berkah.

Di tangan kreatifnya, pemuda berusia 22 tahun ini berhasil menyulap sampah plastik menjadi barang bernilai jual tinggi yang diberi nama Ebi Bag.

Modal awal yang dikeluarkan ternyata tidak begitu besar. Hanya dengan Rp 1 juta, dia berhasil membawa Ebi Bag sukses bahkan hingga dikenal dunia internasional. Simak ulasan lengkapnya dalam video Berani Beda:


Source: liputan6.com
IHSG Melemah Ikuti Bursa Asia

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak melemah pada pembukaan perdagangan Jumat pekan ini. Pelemahan IHSG ini mengikuti anjloknya bursa saham Asia yang terpengaruh penurunan harga minyak.

Pada pembukaan perdagangan saham, Jumat (19/2/2016), IHSG melemah 40,50 poin atau 0,84 persen ke level 4.738,17. Seluruh saham acuan melemah pada pagi ini. Begitu juga saham LQ45 yang turun 1,12 persen ke level 829,77.

Terdapat 81 saham yang melemah sehingga menekan IHSG. Sementara itu, 56 saham menguat dan 51 saham lainnya diam di tempat.

IHSG sempat berada di level tertinggi 4.744,24 dan terendah 4.732,20 pada perdagangan Jumat pagi ini. Transaksi perdagangan saham cukup ramai di awal sesi.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 19.861 kali dengan volume perdagangan saham 333,2 juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 783,2 miliar.

Berdasarkan dataRTI, investor asing melakukan aksi jual bersih sekitar Rp 195 miliar. Sementara pemodal lokal melakukan aksi beli sekitar Rp 195 miliar.

Baca Juga

  • IHSG Bakal Lanjutkan Penguatan, Awasi Delapan Saham Ini
  • Aksi Ambil Untung Bayangi IHSG
  • BI Rate Turun Jadi 7%, IHSG Naik 13 Poin

Source: liputan6.com
BPJS Ketenagakerjaan Bidik Dana Kelola Rp 246 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - BPJS Ketenagakerjaan menargetkan pencapaian dana kelolaan  mencapai Rp 246,52 triliun di tahun 2016. Angka ini tumbuh sekitar 20 persen dibanding tahun lalu Rp 206,06 triliun.

Dengan raihan itu, BPJS Ketenagakerjaan berharap akan memperoleh ‎hasil investasi sebesar Rp 21,2 triliun atau naik 24 persen dari tahun lalu  sebesar Rp 17,7 triliun.

Kepala Urusan Komunikasi Eksternal BPJS Ketenagakerjaan Irvansyah Utoh Banja mengatakan, hal itu didorong oleh ekspektasi kondisi perekonomian yang lebih baik.‎‎

“Kami optimistis tahun ini kinerja akan lebih baik. Apalagi perekonomian sudah mulai pulih dibandingkan tahun lalu yang masih terkena dampak akibat perlambatan ekonomi," kata dia dalam keterangan pers,Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Baca Juga

  • Mau Cek Saldo Iuran BPJS? Ini Caranya
  • Kena PHK, Ini Cara Ajukan JHT BPJS Ketenagakerjaan
  • Pekerja Konstruksi Wajib Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

Source: liputan6.com
Indonesia Jadi Tuan Rumah Pameran Logistik Terbesar di ASEAN

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dipilih menjadi lokasi penyelenggaraan pameran‎ logistik terbesar di ASEAN. Pameran ini diselenggarakan oleh Deutsche Messe, salah satu perusahaan penyelenggara pameran ‎terbesar di dunia.

Tidak tanggung-tanggung, untuk dapat menampilkan cakupan komprehensif solusi intralogistik dan eksternal logistik di satu atap, perusahaan penyelenggara pameran asal Jerman itu menggandeng ITE Group Plc dari Inggris melalui PT Debindo-ITE untuk menyelenggarakan pameran yang dinamakan `CeMAT Southeast/TransAsia Jakarta/ColdChain Indonesia dari 28 Februari sampai 3 Maret 2017 di ICE BSD City‎.

Indonesia menjadi pilihan untuk penyelenggaraan CeMAT kawasan Asia Tenggara bertepatan dengan momentum integrasi pasar tunggal Masyarakat Ekonomi ASEAN yang tengah berkembang pesat menjadi salah satu logistic hub terpenting di dunia. Tidak heran jika Deutsche Messe dan ITE Group tertarik menghadirkan CeMAT.

 

Baca Juga

  • Pemerintah Diminta Bangun Pusat Logistik Berikat Bahan Baku
  • AP I Bangun Gudang Logistik Bertaraf Internasional
  • Pemerintah Tetapkan 5 Cara Efisienkan Logistik di Indonesia

Source: liputan6.com
Saham BUMN Jadi Incaran Investor Pasar Modal

Liputan6.com, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mendorong perusahaan-perusahaan yang menjalankan bisnisnya di Indonesia untuk mencari pendanaan di pasar modal melalui mekanisme penjualan saham atau initial public offering (IPO). Dorongan yang dilakukan oleh BUMN tersebut juga dilakukan kepada perusahaan yang bernaung di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat mengatakan, selain bisa meningkatkan kapitalisasi pasar, dengan semakin banyaknya perusahaan BUMN yang IPO bisa memberikan sinyal kepada industri keuangan dunia bahwa pasar modal Indonesia dijalankan dengan baik dan adil. 

"BUMN memberikan keyakinan bahwa pasar modal Indonesia merupakan pasar yang berjalan sesuai dengan kaidah-kaidah fairness independent," dia kepada Liputan6.com, diJakarta, Jumat (19/2/2016).

Baca Juga

  • BUMN Sektor Ini Diminta Tak Lepas Saham ke Publik
  • Menengok Kinerja Saham BUMN di 2016
  • BUMN Go Public, Ini Untungnya Buat Masyarakat

Source: liputan6.com
Ingin IPO, BUMN Harus Pilih Waktu yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih belum menawarkan saham ke masyarakat melalui Bursa Efek Indonesia atau yang biasa dikenal dengan initial public offering (IPO). Padahal hal ini juga diperlukan sebagai upaya BUMN meningkatkan kapasitas modal usahanya.

Pengamat BUMN Arief Puyuono menyatakan, sebenarnya tidak ada aturan yang melarang perusahaan plat merah untuk melantai ke bursa saham. Setiap BUMN bisa saja melakukan IPO sepanjang memenuhi ketentuan dan syarat yang berlaku.

"Ya melantai di bursa saham bagi BUMN sah-sah saja. Sepanjang proses IPO-nya harus transparan dan akutanbel," ujarnya diJakarta, Jumat (19/2/2016).

Baca Juga

  • BUMN Sektor Ini Diminta Tak Lepas Saham ke Publik
  • Menengok Kinerja Saham BUMN di 2016
  • BUMN Go Public, Ini Untungnya Buat Masyarakat

Source: liputan6.com
Menperin: Toyota Siap Investasi Rp 5,4 Triliun di RI

Liputan6.com, Jakarta - Grup Toyota Motor Corporation terus meningkatkan realisasi investasi di Indonesia. Tahun ini, mereka berencana menanamkan modal sebesar Rp 5,4 triliun.

Langkah itu dinilai menunjukkan kepercayaan investor global terhadap iklim investasi dan prospek industri otomotif di Indonesia.

Demikian ditegaskan Menteri Perindustrian Saleh Husin usai bertemu dengan Executive Vice President Toyota Motor Corporation (TMC), Seiichi Sudo di Nagoya, Jepang, 18 Februari 2016.

"Toyota serius berbisnis di Indonesia, tahun ini saja akan berinvestasi Rp 5,4 triliun, setelah tahun 2015 menanam modal Rp 5 triliun," kata Saleh. Dalam kurun waktu lima tahun, sejak 2015 hingga 2019, total rencana investasi Toyota sebesar Rp 20 triliun.

Sedangkan hingga 2014, prinsipal asal Negeri Sakura itu telah merealisasikan penanaman modal di Indonesia sebesar Rp 40 triliun. Saat ini, perusahaan tengah merampungkan pabrik mesin (engine plant) di Karawang.

Menteri Saleh juga mengapresiasi kepercayaan Toyota yang terus menerus berinvestasi di Indonesia dan telah menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan investasi dan basis produksi mobil Toyota hingga saat ini.

"Saya juga mengajak TMC agar tidak tanggung-tanggung di Indonesia," ungkapnya.

Untuk itu, Saleh minta Toyota dan mitranya di Jepang untuk terus meningkatkan investasi di sektor otomotif terutama bahan baku dan komponen, dan mulai secara bertahap melakukan kegiatan R&D di Indonesia untuk lebih memperkuat struktur industri otomotif Jepang yang ada di Indonesia saat ini.

Kemenperin mencatat, merek Toyota di Indonesia menguasai sekitar 31-32 persen pasar domestik.  Dia  juga mendesak Toyota turut mendongkrak produksi mobil di Indonesia serta membangun fasilitas penelitian dan pengembangan (research and development/R&D).

Pasalnya, dibandingkan dengan Thailand yang jumlah penduduk 67,2 juta jiwa, telah memproduksi sekitar 2,5 juta unit mobil per tahun atau 50 persen untuk pasar domestik dan selebihnya ekspor. 

Sementara Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 250 Juta orang dengan jumlah penduduk berpenghasilan menengah sebesar 74 juta orang,  seharusnya sudah mampu memproduksi lebih dari apa yang sudah dicapai saat ini.

Industri komponen juga didorong untuk dikembangkan oleh pabrikan Jepang. Hal ini demi meningkatkan kandungan lokal produk otomotif.

Realisasi produk komponen juga didukung oleh pengembangan industri pendukung. Antara lain, pembangunan pabrik karet sintetik patungan antara Chandra Asri dan Michelin, pengembangan produksi baja untuk kendaraan bermotor yang dilakukan oleh Krakatau Steel, Nippon Steel, JFE Steel (Jepang) dan Posco (Korea Selatan) serta produksi resin oleh Adi Wira Plastic.
Seiichi Sudo mengatakan Toyota menempatkan Indonesia sebagai negara yang penting.

"Ke depan, kami akan menjadikan Indonesia sebagai basis industri berorientasi ekspor dan Toyota ingin berkontribusi bagi penguatan industri otomotif yang memberikan nilai tambah," ujarnya.

Saat ini, pasar terbesar Toyota adalah AS, disusul Jepang, China, Indonesia, Timur Tengah, dan yang keenam adalah Thailand.

Wakil Presdir Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono mengatakan, pihaknya tengah mengembangkan studi produksi bio-ethanol dari rumput gajah.

Inovasi ini dilakukan Toyota Motor yang bekerja sama dengan Pertamina dan RNI. Lokasi kebun di Lampung seluas hingga 20 hektare dan juga dikembangkan di sekitar lokasi pabrik Toyota di Karawang.

"Pengembangan bahan bakar bio ethanol dari rumput gajah merupakan inovasi cerdas di saat pengembangan bahan bakar alternatif di dunia bertumpu pada tanaman tebu, sawit, kedelai dan lain-lain," kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra pada kesempatan yang sama.

Mitsubishi

Di Nagoya, Menperin juga menyambangi pabrik Mitsubishi (Okazaki plant) dan pusat pengembangan (Development Group Headquarters). Delegasi Kemenperin diterima langsung oleh Presiden dan Chief Operating Officer Mitsubishi Motor Corporation/MMC Tetsuro Aikawa.

Secara khusus, Saleh Husin mengunjungi 78 karyawan Mitsubishi asal Indonesia yang tengah mengikuti pendidikan dan pelatihan di Jepang. Jumlah tersebut merupakan bagian dari total 102 orang yang akan menjalani pelatihan serupa.

Puluhan karyawan itu disiapkan untuk bekerja di pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia yang tengah  dibangun di Karawang dengan investasi Rp 6 triliun.

"Semoga rekan-rekan semua menjadi patriot-patriot bagi kemajuan industri di Indonesia. Teruslah belajar, bekerja dan senantiasa membanggakan bagi bangsa," pesannya.

Bersama Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan, Menperin menjajal beberapa kendaraan lansiran Mitsubishi seperti seri Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle), All New Pajero Sport dan mobil listrik i-MiEV di lintasan uji produk milik Mitsubishi. (Nrm/Ndw)


Source: liputan6.com
Kementerian ESDM Rombak Jajaran Pejabat Eselon I dan II

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said melakukan penyegaran jajaran pejabat di Kementerian ESDM. Dalam penyegaran ini 21 pejabat estelon I dan estelon II dirotasi.

Sudirman menjelaskan, terdapat 4 pejabat eselon I yang dirotasi untuk menyesuaikan nomenklatur baru.  Penyesuaian tersebut untuk mendorong kinerja Kementerian ESDM agar bisa menjadi lebih baik.

"Rotasi semacam ini akan terus dilakukan tergantung keperluannya. Jadi disamping nomenklatur, kami juga fokus pada sumber daya manusia," kata Sudirman, saat melantik 21 pejabat eselon I dan II‎, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Menurut Sudirman, proses perombakan jabatan tersebut dilakukan secara terbuka melalui proses yang telah ditetapkan dan baru pertama kali proses perombakan dilakukan secara terbuka.

"Malah Pak Sekjen mengatakan tidak pernah dalam sejarah ESDM melakukan rotasi pejabat secara transparan seperti ini. Dibuka rekrutmen, dipersilakan daftar, diwawancara. Saya tidak ikut-ikutan satu pun," tuturnya.

Sudirman pun berpesan, agar para pejabat yang baru dilantik mengemban tugasnya dengan penuh tanggung jawab, menyampingkan berbagai kepentingan dan hanya fokus untuk mengabdi ke negara dan masyarakat.

"S‎aya ingatkan kalau jabatan yang diemban harus ke arah mana harus jelas," tutup Sudirman.

Berikut daftar pejabat eselon I dan II yang mengalami perombakan jabatan:

1. Djadjang Sukarna dilantik menjadi Kepala Badan Pengembangan‎ Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Mineral Kementerian ESDM.
2. Ronggo Kuncahyo (Staf Ahli Bidang Perencanaan Strategis Kementerian ESDM).
3. Agus Budi Wahjono (Staf Ahli Bidang Investasi dan Pengembangan Infrastruktur Kementerian ESDM).
4. Yun Yunus Kusumabrata (Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang Kementerian ESDM).
5. Albertus Susetyo Edi Prabowo (Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian ESDM).
6. Sujatmiko (Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM).
7. Bambang Utoro (Inspektur I Itjen Kementerian ESDM).
8. Johnson Pakpahan (Inspektur II Itjen Kementerian ESDM).
9. Murdo Gantoro (Inspektur V Itjen Kementerian ESDM).
10. Agoes Triboesono (Sesditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM).
11. Iwan Prasetya Adhi (Sesditjen Minerba‎ Kementerian ESDM).
12. Agung Pribadi (Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Kementerian ESDM).
13. Sudjoko Harsono Adhi (Direktur Bioenergi Kementerian ESDM).
14. Kasbani (Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM).
15. Muhammad Hafid (Kepala Pusat Survei Geologi Kementerian ESDM).
16. Wawan Supriatna (Sekretaris Balitbang Kementerian ESDM).
17. Adhi Wibowo (Kepala Pusat Litbang Ketenagalistrikan, EBTKE, Kementerian ESDM)
18. R. Edi Prasodjo (Kepala Pusdiklat Migas Kementerian ESDM).
19. Tisnaldi (Kepala Pusdiklat Ketenagalistrikan, EBTKE, Kementerian ESDM).
20. Bambang Susigit (Kepala Pusdiklat Minerba Kementerian ESDM).
21. Agus Salim (Kepala Pudiklat Geologi Kementerian ESDM). 

(Pew/Gdn)


Source: liputan6.com
Menteri Rini Ceritakan Proyek Kereta Cepat ke Warga Bandung

Liputan6.com, Bandung - Menteri BUMN Rini Soemarno terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai penting dan manfaatnya pembangunan kereta cepat, khususnya untuk rute Jakarta-Bandung.

Kali ini Rini mengajak seluruh Eselon I Kementerian BUMN dan beberapa Direktur Utama BUMN untuk berdialog dengam warga Bandung mengenai arti penting kereta cepat. Acara dialog diadakan di Hotel Grand Royal Panghegar, Bandung.

"Beberapa lama ini mengenai kereta cepat ramai dibicarakan dan ini kesempatan kita dapat berdialog terbuka, jadi semua yang ingin ditanyakan mengenai proyek ini, tanyakan saja, kita terbuka," kata Rini di Bandung, Jumat (19/2/2016).

Rini menambahkan dengan adanya kereta cepat ini akan meningkatkan ekonomi koridor Jakarta-Bandung, terutama di Transit Oriented Development (TOD) ataustasiunnya, yaitu di Halim,Karawang,Walini danTegalluar.

Baca Juga

  • [OPINI] Kereta Api Cepat yang Memang Perlu Cepat-cepat
  • Menhub Jonan: Kemenhub Tak Hambat Proyek Kereta Cepat
  • Plus Minus Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Source: liputan6.com
Jawa Barat Bakal Jadi Pusat Kereta Modern

Liputan6.com, Bandung - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC)‎ terus melakukan sosialisasi arti penting pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Kali ini, sosialisasi dilakukan di Bandung, Jawa Barat.

Dalam sosialisasinya, Menteri Rini menjelaskan bahwa kerja sama dengan China untuk membangun kereta cepat ini akan lebih banyak menguntungkan Indonesia. Dalam kerja sama ini, China berjanji untuk melakukan transfer teknologi dengan Indonesia.

"Jadi jangan khawatir, 60 persen nanti pengerjaan dan komponen berasal dari Indonesia, dengan adanya transfer teknologi kami harap ke depan bisa bangun sendiri kereta cepat," kata Rini di Bandung, Jumat‎ (19/2/2016).

Untuk mendukung kemandirian tersebut, Rini mengungkapkan saat ini tengah melakukan Feasibilty Study (Uji Kelayakan) mengenai pembangunan pabrik gerbong kereta modern di Jawa Barat. Kereta modern tersebut salah satunya kereta cepat.

Di Jawa Barat, Rini mengungkapkan kemungkinan pabrik gerbong kereta modern tersebut akan ditempatkan di Purwakarta. Untuk tahap awal, pabrik gerbong kereta tersebut akan membangun gerbong Mass Rapid Transit (MRT).

Baca Juga

  • Adhi Karya Tak Masalah Jalur LRT Tergusur Demi Kereta Cepat
  • Proyek Kereta Cepat Bakal Dorong Pembangunan Hotel
  • Begini Tanggapan Ekonom Soal Proyek Kereta Cepat

Source: liputan6.com
Saham Bank Jatuh Jelang Akhir Pekan

Liputan6.com, Jakarta - Langkah Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan/BI Rate menjadi tujuh persen belum dapat mengangkat sektor saham keuangan pada perdagangan saham Jumat (19/2/2016).

Sektor saham keuangan mencatatkan penurunan terbesar pada hari ini. Sektor saham keuangan turun 2,9 persen, disusul sektor saham infrastruktur merosot 2,42 persen, dan sektor saham aneka industri susut 1,81 persen. Investor asing pun banyak menjual saham perbankan pada hari ini. Berdasarkan data RTI, investor asing melakukan aksi jual sekitar Rp 495,5 miliar dari total transaksi Rp 1,9 triliun.

Harga saham-saham bank pun berjatuhan menjelang akhir pekan ini. Saham PT Bank Dinar Indonesia Tbk (DNAR) turun 6,67 persen ke level Rp 98 per saham, saham PT Bank Artos Indonesia Tbk (ARTO) susut 5,93 persen ke level Rp 111 per saham.

Selain itu, saham-saham Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ikut terseret ke zona merah. Saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) susut 4,59 persen ke level Rp 5.200 per saham, saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) tergelincir 4,17 persen ke level Rp 11.500 per saham, saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) melemah 3,6 persen ke level Rp 9.375 per saham.

Baca Juga

  • OJK Sebut Bunga Kredit Turun Tak Bakal Ganggu Kinerja Bank
  • Kemenkeu, BI dan OJK Dorong Penurunan Suku Bunga Deposito
  • GWM Primer Turun, Likuiditas Perbankan Bertambah Rp 34 Triliun

Source: liputan6.com
Industri Penerbangan Masih Takut Gunakan Bioavtur

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya begitu menggebu mengembangkan bahan bakar pesawat (jet fuel) berbasis minyak kelapa sawit mentah atau crude palm oil (CPO). Namun faktanya, maskapai penerbangan masih enggan menggunakan bahan bakar campuran avtur dan CPO demi keselamatan penumpang.

Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit Bayu Krisnamurthi mengatakan, riset dan penelitian pengembangan bioavtur masih terus berjalan sampai saat ini. Kesimpulan dari penelitian tersebut, bahan bakar tersebut terbukti bisa digunakan pesawat terbang.

"Risetnya sudah jadi, dan terbukti bisa dipakai. Ini sedang terus dikaji untuk pada waktunya bisa dipakai, karena sangat terbuka menggunakan jet fuel berbasis sawit," tegas Bayu saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Meski sudah terbukti dapat dikonsumsi pesawat terbang, diakuinya, belum ada maskapai penerbangan di Indonesia yang menggunakan bahan bakar berbasis sawit ini. Bahan bakar bioavtur harus memenuhi syarat keamanan yang tinggi saat digunakan moda transportasi udara.

Baca Juga

  • Harga Avtur Turun Rp 143 per Liter
  • Pertamina Ambil Alih Pasar Avtur Milik Anak Usaha Freeport
  • Rizal Ramli: Harga Avtur Bisa Turun Hingga 12%

Source: liputan6.com
BI Rate Turun Positif untuk Pasar Modal

Liputan6.com, Jakarta - Penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI)/BI Rate disambut positif oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI). BI menurunkan suku bunga acuan 7,25 persen menjadi 7 persen pada Kamis 18 Februari 2016.

Direktur ‎Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Alpino Kianjaya mengatakan, suku bunga saat ini memang terlampau tinggi. Hal itu membuat banyak perusahaan sulit berekspansi karena bunga pinjaman tinggi.

"Ternyata sudah dilakukan dan itu positif memang industri kita. Dengan penurunan bunga, bunga pinjaman diturunkan, artinya dari perusahaan, utang perusahaan dengan bunga turun mereka lebih leluasa untuk mengembangkan bisnisnya‎," kata dia di Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Dia mengatakan, penurunan suku bunga sudah sewajarnya diturunkan. Ia mengatakan, jarak antara suku bunga acuan dan inflasi harus tipis.

Baca Juga

  • BI Kembali Turunkan Bunga Acuan Jadi 7%
  • GWM Primer Turun, Likuiditas Perbankan Bertambah Rp 34 Triliun
  • OJK Sebut Bunga Kredit Turun Tak Bakal Ganggu Kinerja Bank

Source: liputan6.com
Pungutan Dana Ketahanan Energi Tetap Berlaku

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meminta kepada pemerintah untuk tetap memberlakukan Pungutan Dana Ketahanan Energi (DKE). Namun, Sudirman meminta agar pungutan tersebut tidak dibebankan kepada masyarakat.

Sudirman menjelaskan, DKE diwacanakan akan diambil dari setiap transaksi pembelian bahan bakar minyak (BBM). Ternyata wacana tersebut ditolak oleh masyarakat. Menurutnya, pemerintah harus mendengarkan aspirasi dari masyarakat tersebut dengan menarik DKE dari sumber lain. 

"PungutanDKE kepada masyarakat itu tidak akan dilakukan karena reaksi dari masyarakat negatif. Seluruh kebijakan publik harus memperhatikan pandangan masyarakat," kata Sudirman, di kantor KementerianESDM,Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Baca Juga

  • Dana Ketahanan Energi Akan Diusulkan Masuk APBNP 2016
  • Mandatori B20 Kurangi Emisi Karbon 10 Juta Ton
  • Badan Usaha Khusus EBT Jembatani Keterbatasan PLN

Source: liputan6.com
Relaksasi Margin Dorong Transaksi Pasar Modal

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan sedang mengkaji penambahan saham yang bisa ditransaksikan melalui fasilitas margin. Langkah tersebut ditempuh untuk meningkatkan nilai transaksi saham.

Direktur ‎Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Alpino Kianjaya  mengatakan, dengan memperbanyak transaksi saham margin maka pasar akan menjadi semakin agresif. Lantaran, `kue` yang bisa ditransaksikan semakin banyak.

"‎Salah satunya akan memperlonggar beberapa kriteria margin, dan itu tugas kami Self Regulatory Organization (SRO) dan juga ada permintaan pelaku. Kita lihat memang insentif adalah jumlah saham yang difasilitasi margin lebih banyak. Kita lihat juga perusahaan yang tercatat layak ditransaksi secara margin‎," kata dia di Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Alpino menerangkan, saat ini tercatat 109 anggota bursa (AB) yang aktif melakukan transaksi saham. Dari situ, terdapat 40 AB dengan Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) antara Rp 25 miliar sampai Rp 50 miliar. Kemudian 45 AB dengan MKBD Rp 50 miliar sampai Rp 250 miliar. Sisanya, 24 AB dengan MKBD di atas Rp 250 miliar.

Baca Juga

  • BEI Klaim Pertumbuhan Bursa Saham RI Terbaik di Dunia
  • BEI Ingin Anggota Bursa Aktif Tawarkan ‎LQ45 Futures
  • Ingin Beli Saham Anggota Bursa, BEI Koordinasi dengan OJK

Source: liputan6.com
5 Tanda Gaya Hidup Tak Sesuai Gaji

Liputan6.com, Jakarta - Berkeinginan mampu hidup lebih baik dari kondisi sekarang merupakan hal lumrah. Untuk alasan itulah orang-orang rela bekerja keras setiap harinya.

Akan tetapi banyak di antara orang-orang tersebut yang justru terlalu terlena dengan hidup serba glamor. Parahnya lagi, gaya hidup itu pun akhirnya melebihi kemampuan finansial yang dimiliki.

Mengutip Business Insider, Jumat (19/2/2016) berikut tanda-tanda yang harus dicermati apabila gaya hidup Anda sudah melampaui kemampuan yang ada:

1. Hutang kartu kredit berlebihan

Menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari merupakan cara yang sering dilakukan.

Namun hal ini perlu menjadi perhatian besar apabila Anda sudah sangat sering menggunakannya untuk membeli barang kebutuhan. Saking seringnya, tagihan kartu kredit pun makin besar dan membuat Anda semakin kesulitan membayar.

2. Tidak mengatur uang

Banyak orang yang malas untuk mengatur keuangan dan membuat anggaran dari pemasukan finansial yang di dapat. Ada dari mereka pun yang terlampau tidak peduli akan kondisi manajemen keuangan yang seharusnya ia perlukan.

Ini merupakan hal buruk yang dapat menjadi tanda kalau orang tersebut telah memiliki gaya hidup yang terlampau berlebihan.

3. Terlalu sering mengeluarkan uang

Saking seringnya, mereka justru harus menunggu pemasukan sebelum dapat melunasi tagihan yang ada. Sebelum hal ini terjadi, Anda dapat menanggulanginya dengan menekan pengeluaran dan memperbaiki pola hidup yang selama ini dijalani.

4. Gaya hidup berbeda

Coba perhatikan lingkungan sekitar Anda. Apakah orang-orang yang memiliki pemasukan yang sama menjalani gaya hidup yang sama dengan Anda? Jika jawabannya tidak, maka ini tanda Anda perlu berhati-hati.

Orang yang memiliki gaya hidup terlampau mewah biasanya sangat mudah dikenali dari perilaku sehari-harinya.

5. Tidak betah di rumah

Gaya hidup yang mewah seringkali memaksa mereka untuk selalu bepergian ke tempat tertentu. Akhirnya, mereka pun tidak lagi merasa betah untuk berada di rumah dalam waktu yang lama. (Vna/Ahm)


Source: liputan6.com
5 Pertanyaan Wawancara Unik Ala CEO Sukses Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Proses wawancara kerja merupakan salah satu tahap yang biasanya paling ditakuti para pelamar. Rasa gugup dan cemas kerap menghantui. Hal ini bisa bertambah parah apabila nantinya pelamar juga harus berhadapan dengan bos besar atau CEO di perusahaan tersebut.

Beberapa CEO sukses dari berbagai perusahaan besar dunia ternyata memiliki caranya sendiri dalam memilih kandidat yang pas.  Mereka sering mengajukan sejumlah pertanyaan yang bisa dibilang unik. Apa saja?

Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Business Insider, Jumat (19/2/2016). Apa saja?

Richard Branson:

"Hal menarik apa yang tidak dapat Anda masukan dalam CV?"

Bos besar dari Virgin Group ini bukanlah sosok yang senang akan proses wawancara kerja pada umumnya. Ia lebih senang menggali kemampuan kandidat tidak hanya dari CV yang dimiliki.

Itulah mengapa ia sering mengajukan pertanyaan tersebut agar mengetahui nilai tambah apa yang dimiliki oleh kandidat tersebut.

Tony Hsieh:

"Dalam skala 1 – 10, seberapa aneh diri Anda?"

Tony Hsieh merupakan CEO dari perusahaan lini pakaian dan sepatu besar yang bermarkas di Las Vegas. Ia mengungkap bahwa pertanyaan tersebut sebenarnya ditujukan untuk melihat bagaimana potensi unik yang ada di diri pelamar.

Ia tidak terlalu mempermasalahkan jawaban dari kandidat, yang benar-benar dinilai adalah bagaimana caranya menjawab pertanyaan tersebut.


Source: liputan6.com
Menteri Rini Ingin RI Dapat Bangun Kereta Cepat di Negara ASEAN

Liputan6.com, Bandung - Menteri BUMN Rini Soemarno mengungkapkan pemilihan China sebagai mitra pembangunan kereta cepat tidaklah salah.

Dalam pembangunan proyek kereta cepat, China menjanjikan alih teknologi mencapai 100 persen. Dengan terbukanya China terhadap teknologi pembangunan kereta cepat ini, Rini menuturkan mampu meningkatkan kemandirian Indonesia, terutama kemandirian dalam hal transportasi berbasis kereta.

Berawal dari proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, Rini berharap dalam jangka panjang Indonesia menjadi negara‎ yang memiliki industri kereta api paling maju di Asean.

"Jadi putra putri bangsa kita giliran yang akan bangun kereta cepat di negara-negara Asean," kata‎ Rini di Bandung, Jumat (19/2/2016).

Baca Juga

  • Jawa Barat Bakal Jadi Pusat Kereta Modern
  • Menteri Rini Ceritakan Proyek Kereta Cepat ke Warga Bandung
  • [OPINI] Kereta Api Cepat yang Memang Perlu Cepat-cepat

Source: liputan6.com
Menteri BUMN Wacanakan Pembentukan BUMN Khusus Minerba

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mewacanakan pembentukan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) khusus yang mengurusi sektor mineral dan batu bara (minerba).

Sudirman mengaku wacana pembentukan BUMN tersebut sedang didiskusikan dan sudah masuk naskah akademis dalam revisi Undang-undang (UU) Mineral dan Batu Bara.

"Saya dapat laporan bahwa itu masuk ke dalam naskah kita, dan sebagai pemikiran kita himpun surat-suratnya," kata Sudirman di Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Dia menjelaskan, BUMN KhususMinerba tersebut akan mengelola izin perusahaan tambang ke negara, yang selama ini  diterbitkan pemerintah pusat dan daerah. Hal tersebut serupa dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Baca Juga

  • BUMN Go Public, Ini Untungnya Buat Masyarakat
  • BUMN Sektor Ini Diminta Tak Lepas Saham ke Publik
  • Menengok Kinerja Saham BUMN di 2016

Source: liputan6.com
Baju Dinas Baru Diperlukan PNS dengan Profesi Tertentu

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menganggarkan pemberian baju dinas baru bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang masuk pada pos belanja operasional setiap Kementerian/Lembaga. Pemakaian seragam dinas ini dinilai perlu bagi PNS dengan profesi tertentu.

Direktur Anggaran II Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan Purwanto mengungkapkan, anggaran seragam dinas PNS dikelompokkan ke dalam belanja operasional masing-masing Kementerian/Lembaga.

"Di dalam belanja itu termasuk untuk langganan daya atau jasa, seperti listrik, air, telepon, peralatan kantor dan seragam. Jadi besarannya untuk anggaran seragam, kami tidak tahu persisnya," ucap Purwanto saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (19/2/2016).     

Baca Juga

  • Pengurangan Jumlah PNS Incar Pegawai Tak Kompeten
  • Begini Gambaran Baju Dinas Teranyar PNS
  • Seragam Baru PNS, DPR Dorong Pemerintah Tinjau Kembali

Source: liputan6.com
Pemerintah Bakal Longgarkan Larangan Ekspor Mineral

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana memberi kelonggaran pelarangan ekspor mineral mentah dengan menghapus larangan eskpor. Hal tersebut sedang dibahas dalam revisi Undang-undang (UU) Mineral dan Batu bara.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, ekspor mineral mentah akan dibuka kembali jika dalam Undang-undang (UU) Mineral dan Batu bara yang baru telah memperbolehkan.

"Relaksasi dimungkinkan apabila di UU yang barunya membolehkan. Dan ini menjadi pokok pembahasan karena realistis itu tadi," kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Baca Juga

  • Jurus Pemerintah Dorong Pembangunan Smelter
  • Izin Ekspor Freeport Tak Keluar, Penerimaan Negara Berkurang
  • RI Perlu Dongkrak Industri Pengolahan Bahan Mineral Mentah

Source: liputan6.com
Pertamina Perlu Hati-hati untuk Ubah Pembelian BBM

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) diingatkan untuk berhati-hati dalam menerapkan perubahan mekanisme pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Direktur Eksekutif Refomainer Institute Komaidi Notonegoro mengatakan, Pertamina perlu mempertimbangkan risiko arus kas perusahaan sebelum menerapkan perubahan sistem pembelian BBM.

"Saya kira Pertamina perlu lebih hati-hati dengan pola atau kebijakan yang baru," kata Komaidi, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Komaidi mengungkapkan, karena tidak ada uang tebusan dari pengusaha SPBU untuk BBM yang dikirim, akan berpengaruh pada arus kas perusahaan. Jadi risiko tersebut berupa keterlambatan arus kas.

Baca Juga

  • Harga Jatuh, Pertamina Bor Minyak di Luar Negeri
  • Tabungan Stabilitas Harga BBM akan Menolong Masyarakat
  • Mekanisme Pembelian BBM Bakal Diubah

Source: liputan6.com
Saham Bank Seret IHSG Turun 81 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah pada perdagangan saham Jumat pekan ini. Sektor saham keuangan tertekan telah membebani laju IHSG.

Pada penutupan perdagangan saham, Jumat (19/2/2016), IHSG merosot 81,23 poin atau 1,7 persen ke level 4.697,56. Indeks saham LQ45 tergelincir 2,19 persen ke level 820,39. Seluruh indeks saham acuan kompak melemah pada hari ini.

Ada sebanyak 194 saham tertekan sehingga menyeret IHSG ke zona merah. Sementara itu, 81 saham menghijau dan 87 saham lainnya diam di tempat. Transaksi perdagangan saham cukup ramai pada hari ini. Total frekuensi perdagangan saham mencapai 294.896 kali dengan volume perdagangan 5,5 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 7,8 triliun.

Menjelang akhir pekan ini, IHSG sempat berada di level tertinggi 4.759,17 dan terendah 4.680,14. Secara sektoral, sebagian besar sektor saham melemah kecuali sektor saham barang konsumsi naik 0,18 persen.

Baca Juga

  • IHSG Melemah Ikuti Bursa Asia
  • Saham Bank Jatuh Jelang Akhir Pekan
  • Bursa Asia Rontok Gara-gara Harga Minyak

Source: liputan6.com
Ini Kota dengan Kenaikan Harga Hunian Tertinggi

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan harga properti residensial pada kuartal IV 2015 terpantau melambat. Indeks Harga Properti Residensial pada kuartal IV-2015 berada pada level 190,02 atau tumbuh 0,73 persen (qtq), melambat dibandingkan 0,99 persen pada kuartal sebelumnya.

Demikian hasil Survei Harga Properti Residensial yang dilakukan Bank Indonesia selama kuartal IV 2015 seperti dikutip dari laman Rumah.com pada Jumat (19/2/2016).

Riset tersebut memperlihatkan, kenaikan harga bahan bangunan sebesar 31,76 persen dan upah pekerja 23,79 persen merupakan faktor utama penyebab kenaikan harga properti residensial dalam periode laporan.

Kota dengan Kenaikan Harga Tertinggi

Secara kuartalan (qtq), perlambatan harga umumnya terjadi pada rumah tipe besar. Hasil survei mengindikasikan kenaikan harga terjadi pada semua tipe rumah dengan kenaikan harga terendah pada rumah tipe besar (0,38 persen). Sementara itu, rumah tipe kecil justru mengalami kenaikan harga, yakni 1,04 persen (qtq).

Berdasarkan wilayah, Medan mengalami peningkatan harga tertinggi secara kuartalan, yaitu sebesar 3,21 persen (qtq), diikuti Bandar Lampung (2,38 persen).

Kedua kota tersebut mengalami kenaikan harga tertinggi untuk rumah tipe kecil, masing-masing sebesar 4,23 persen (qtq) dan 6,55 persen (qtq). Sementara itu kenaikan harga rumah terendah terjadi di Pontianak, yakni 0,21 persen (qtq).

Secara tahunan (yoy), kenaikan harga properti residensial juga terlihat melambat. Pertumbuhan harga properti residensial secara tahunan tercatat sebesar 4,62 persen (yoy), atau melambat dibandingkan kuartal III 2015 (5,46 persen untuk yoy) dan pada kuartal IV 2014 (6,29 persen, yoy).

Batam dan Makassar

Di sisi lain, dilihat berdasarkan tipe rumah, kenaikan harga rumah terendah terjadi pada rumah tipe besar (3,10 persen, yoy), sementara rumah tipe kecil mengalami kenaikan harga paling tinggi (6,80 persen, yoy).

Berdasarkan wilayah, kenaikan harga rumah terendah terjadi di Denpasar (1,38 persen, yoy), sementara kenaikan harga rumah tertinggi terjadi di Batam (17,77 persen, yoy) dan Makassar (13,12 persen, yoy).

Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) mengindikasikan pergerakan yang agak berbeda dengan perubahan indeks harga sub kelompok biaya tempat tinggal dalam IHK-BPS. Indeks harga sub kelompok biaya tempat tinggal IHK-BPS pada kuartal IV 2015 (Oktober – Desember 2015) tercatat meningkat sebesar 0,60 persen karena harga sewa rumah mengalami kenaikan.

Sementara itu, kenaikan IHPR cenderung mengalami perlambatan pada dua kuartal terakhir. Hal ini mengindikasikan kenaikan harga rumah tidak setinggi kenaikan biaya sewa rumah di Indonesia.

 

 


Source: liputan6.com
Pemerintah Yakin Target Lifting Migas Tercapai

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan tidak akan mengajukan perubahan target lifting minyak dan gas bumi dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, Pemerintah masih optimistis target lifting migas bisa tercapai. Kalau pun tidak tercapai, realisasinya tidak jauh dari target.

"Sampai saat ini kita tidak akan koreksi lifting. Karena tahun lalu juga melesetnya hanya sedikit . Untuk pertama kali melesetnya sedikit, kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Baca Juga

  • 5 Perusahaan Ini Gagal Capai Target Produksi Minyak
  • [OPINI] Seperti Ini Dampak Serius Penurunan Harga Minyak Dunia
  • RI Keruk Migas 1,98 Juta Barel per Hari di 2016

Source: liputan6.com
Ini Strategi Pemerintah Wujudkan Ketahanan Pangan

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan memperbaiki saluran irigasi yang rusak di seluruh daerah di Indonesia guna memperkuat program ketahanan pangan. Pemerintah menggelontorkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari pos Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dana desa.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengakui, manfaat jaringan irigasi utama yang telah terbangun memerlukan pembangunan jaringan primer, sekunder, tersier untuk mencetak sawah. Revitalisasi irigasi berorientasi pada pemenuhan tingkat layanan irigasi yang efektif dan efisien.

"Teknologi tanam sudah lebih maju, tapi masalahnya airnya pas-pasan jadi bikin tanamnya satu-satu. Karena kondisi begitu, di tengahnya dibuat selokan buat pelihara ikan. Jadi revitalisasi irigasi segera dilakukan," ucap Darmin di kantornya, Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Dalam pembangunan jaringan primer, sekunder dan tersier lintas Kementerian, perlu sinergi pemerintah pusat, pemerintah propinsi, dan pemerintah kabupaten dan kota dalam pengelolaan revitalisasi irigasi.

Baca Juga

  • Ini Kunci Sukses Singapura Jadi Negara Food Security Terbaik
  • Pemerintah Segera Bentuk Tim Khusus Buat Badan Ketahanan Pangan
  • Lewat Gas, Pertamina Dorong Ketahanan Pangan

Source: liputan6.com
BI Ingin Bank Efisien Agar Bunga Turun

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) berharap perbankan mengatur keuangannya dengan baik terutama untuk kelebihan biaya (over head cost) seperti biaya karyawan dan infrastruktur. Hal tersebut dilakukan supaya bunga turun lantaran inflasi yang ada saat ini relatif rendah.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, over head cost perbankan relatif tinggi jika dibanding dengan negara lain.  

"Komponen over head  perbankan Indonesia, jauh lebih tinggi dibanding negara tetangga itulah kenapa over head cost tidak efisien. Kalau pakai ukuran BOPO di level 70-80 persen, negara lain 40 persenan setengahnya," kata dia, Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Mirza menerangkan, ‎biaya dana perbankan Indonesia relatif tinggi karena sebelum tahun 2015 inflasi Indonesia mencapai 8,3 persen- 8,4 persen. Hal itu membuat deposan atau penyimpan uang di bank meminta bunga dana lebih tinggi dari inflasi.

Baca Juga

  • BI Kembali Turunkan Bunga Acuan Jadi 7%
  • BI Rate Turun, BCA Juga Siap Pangkas Bunga Kredit?
  • BI Rate Turun Positif untuk Pasar Modal

Source: liputan6.com
Harapan Harga Minyak Kembali Naik

Liputan6.com, Jakarta - Ada sedikit harapan akan kenaikan harga minyak mentah. Harapan tersebut datang setelah adanya kesepakatan yang dilakukan oleh tiga negara produsen minyak terbesar yaitu Arab Saudi, Rusia, dan Venezuela.

Ketiga negara yang selama ini selalu jor-joran dalam memproduksi minyak mentah akhirnya bersepakat untuk mengontrol produksinya. Arab Saudi, Rusia dan Venezuela menyepakati untuk mengurangi produksi minyak atau setidaknya tidak akan meningkatkan produksi di tahun ini jika dibandingkan dengan tahun lalu.

"Mereka bertiga sepakat untuk menjaga produksi, tidak nambah lagi," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Kesepakatan tersebut tentu saja berdampak positif terhadap harga minyak dunia. Dengan kesepakatan tersebut harga minyak dunia akan bangkit dari saat ini yang berada di kisaran US$ 30 per barel.

Namun memang, kenaikan harga minyak tidak akan terlalu tinggi atau mencapai titik puncak seperti yang terjadi pada pertengahan 2014 lalu. Pada kisaran Juni 2014, harga minyak di atas level US$ 100 per barel. Bahkan beberapa bulan sebelumnya harga minyak sempat menyentuh US$ 110 per barel.

"Saya membayangkan mungkin setahun ke depan, akan ada rebound meskipun tidak akan terlalu tinggi. Banyak prediksi tahun 2017 ketika mereka sudah capek berantem, banting-membanting, mungkin akan ketemu keseimbangan," terang Sudirman.

Alasan bersepakat
Ilustrasi Tambang Minyak 2 (Liputan6.com/M.Iqbal)
Para produsen minyak memang harus bersepakat. Alasannya, jika produksi tidak dikontrol, maka banjir minyak terus akan terjadi di tahun ini. Akibatnya, harga minyak akan terus tertekan.

Dalam laporan berjudul "Lower for Even Longer" yang dibuat pada Jumat 11 September 2015 lalu, Goldman Sachs memangkas proyeksi harga minyak menjadi rata-rata US$ 45 per barel pada 2016 dari sebelumnya US$ 57 per barel. Bahkan, lembaga keuangan tersebut menyebutkan bahwa ada potensi harga minyak dapat menyentuh level US$ 20 per barel.

Tentu saja, rendahnya harga minyak tersebut sangat berdampak kepada negara-negara yang selama ini menggantungkan diri kepada penjualan minyak. Salah satu contohnya adalah Venezuela, yang merupakan salah satu negara yang membuat kesepakatan kontrol produksi.

Sebagai negara sumber minyak, Venezuela selama ini mematok harga bahan bakar minyak (BBM) di level rendah. Namun dengan harga minyak yang terus berada di level bawah ini hal tersebut tak bisa lagi dilakukan. Venezuela harus menaikkan harga BBM untuk mencari tambahan pendapatan bagi negara karena pendapatan dari ekspor terus berkurang.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro memutuskan untuk menaikkan harga BBM hingga 6.000 persen. Ini adalah kenaikan harga BBM untuk pertama kali dalam 20 tahun terakhir.

Keputusan ini diambil karena anjloknya harga minyak telah memukul ekonomi negara tersebut. Pasalnya, 95 persen pendapatan negara tersebut ditopang dari minyak.
Presiden Venezuela, Nicolas Maduro berbicara di majelis nasional di Caracas, (6/7/2015). Maduro juga memerintahkan kementerian luar negeri melakukan review penuh hubungan bilateral Venezuela dan Guyana. (REUTERS/Jorge Dan Lopez)
Harga BBM beroktan 95 atau setara Pertamax Plus di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) melompat hingga 6.086 persen menjadi 6 bolivar atau setara Rp 12.755 per liter (kurs Rp 2.125 per bolivar) dari sebelumnya 0,097 bolivar atau setara Rp 206 per liter. Sementara BBM beroktan 91 naik 1.300 persen.

Tak hanya menaikkan harga BBM, pemerintah Venezuela juga melakukan devaluasi mata uang dari 10 bolivar per dolar AS menjadi 6,3 bolivar per dolar AS. Langkah ini diharapkan bisa menekan biaya impor untuk makanan dan obat-obatan.

"Ini adalah keputusan penting yang perlu dilakukan sebagai penyeimbang. Saya bertanggung jawab pada keputusan ini," kata Maduro dalam pidatonya yang disiarkan televisi lokal.

Oleh karena itu, agar keuangan Venezuela tak semakin berantakan, negara tersebut memilih untuk membuat kesepakatan dengan negara produsen minyak lainnya.

Dampak ke Indonesia
Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro saat memberikan keterengan pers di Gedung Pajak, Jakarta, Selasa (3/11/2015). Dalam keterangan tersebut Menkeu menjelaskan perincian APBN 2016 yang telah disahkan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Kesepakatan ketiga negara tersebut tentu saja memberikan dampak positif kepada Indonesia. Alasannya, Indonesia juga salah satu negara pengekspor minyak.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, harga minyak dunia terus tertekan karena saat ini bergerak di kisaran US$ 30-35 barel sehingga pemerintah perlu menyodorkan asumsi baru untuk harga minyak.

"Jadi perkiraan rata-rata per tahun US$ 30-40 per barel (asumsi ICP APBN-P 2016). Sementara target di APBN 2016 sebesar US$ 50 per barel," ujar dia.

Dengan penurunan asumsi ini, kata Bambang, berpengaruh pada penerimaan negara dari Pajak Penghasilan (PPh) Migas dan anjloknya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) royalti tambang karena harga komoditas yang rendah. Kondisi tersebut akan membuat struktur penerimaan berubah.

"Yang paling kritis adalah harga minyak untuk dimasukkan dalam APBN-P 2016. Jadi membuat penurunan dari penerimaan PNBP dan PPh Migas, karena kalau harga minyak jatuh, dampaknya ke harga komoditas turun," jelasnya.

Bambang memperkirakan, penerimaan negara anjlok sampai Rp 90 triliun dengan asumsi penurunan ICP dari US$ 50 menjadi US$ 30 per barel. Proyeksi tersebut juga mempertimbangkan penurunan produksi (lifting) minyak. (Gdn/Nrm)


Source: liputan6.com
Tanggapan BI Soal Holding Bank BUMN

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI)‎ berharap ada sinergi dari rencana pemerintah membentuk holding bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Holding bank BUMN sendiri ditargetkan rampung pada  2018.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara menginginkan supaya terdapat sinergi baik dalam pencarian dana maupun dalam hal pembiayaan. Pihaknya mengingatkan, supaya tak ada saling rebut pendanaan yang membuat bunga deposito akhirnya melambung.

"Harapannya dengan holding maka sinergi holding BUMN sinerginya menjadi lebih baik apakah untuk sinergi pembiayaan maupun pendanaan. Agar jangan sesama BUMN jor-joran rebutan dana, malah membuat bunga deposito tinggi‎," kata dia, Jakarta, Jumat (19/2/2019).

Dia juga berharap adanya sinergi dalam hal pembiayaan. Keberadaan holding membuat BUMN bisa menyediakan dana besar. Meski begitu, dia menuturkan pengaturan bank ada di tangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga

  • Pemerintah Batal Gabungkan Bank Syariah BUMN
  • Pemerintah Bentuk Holding Bank BUMN pada 2018
  • Urai Masalah Migas, Kadin Sarankan Pemerintah Bentuk Holding

Source: liputan6.com
Ingin Penghasilan Tinggi? Yuk Cermat Pilih Jurusan Kuliah

Liputan6.com, Jakarta - Menimba ilmu pengetahuan di perguruan tinggi sering kali membutuhkan biaya sangat tinggi. Karena itu, Anda harus memilih jurusan kuliah yang tepat agar pekerjaan yang diperoleh dapat membayar seluruh biaya kuliah.

Bagi Anda yang ingin memiliki penghasilan besar di masa mendatang maka perlu jurusan kuliah yang pekerjaannya dibutuhkan masyarakat.

Namun kadang jurusan kuliah yang Anda inginkan tak selamanya dapat memberi penghasilan tinggi dari pekerjaan yang dijalani.

Sebaliknya ada juga beberapa jurusan kuliah yang dapat membuat Anda pada profesi dengan penghasilan rendah dan membuat miskin.

Perhitungan menjadi miskin didasarkan pada akumulasi gaji rendah per tahun dari kemungkinan profesi yang diambil sesuai jurusan kuliah.

Ingin tahu jurusan kuliah yang dapat membuat Anda memperoleh pekerjaan berpenghasilan rendah dan membuat Anda miskin seperti dikutip dari The Richest, Jumat (19/2/2016).

1. Konseling dan Psikologi

Jurusan kuliah yang memungkinkan Anda memperoleh pekerjaan berpenghasilan rendah adalah konseling dan psikologi. Tak hanya lulusan dari jurusan ini memperoleh gaji rendah, tapi banyak juga yang akhirnya hanya menjadi pengganguran.

2. Pendidikan Guru TK

Kesukaan bekerja dengan anak-anak biasanya muncul sejak usia Anda masih muda. Banyak yang akhirnya mengambil jurusan PGTK agar dapat menjadi guru.

Namun gaji guru ternyata sangat rendah sekarang. Bahkan banyak orang anggap gaji guru TK tak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama sebulan.
Padahal beban kerjanya cukup berat karena harus membekali banyak anak kecil dengan pelajaran moral berharga.


Source: liputan6.com