Prev Febuari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
31 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
Berita Kurs Dollar pada hari Rabu, 10 Febuari 2016
Raih Pekerjaan Impian dengan 5 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang sudah bekerja namun masih merasa belum puas dengan pekerjaan yang dimilikinya. Bagi mereka, tugas dan tanggung jawab pekerjaan hanya dipandang sebagai beban yang harus diselesaikan.

Tidak ada passion dan semangat di dalamnya. Mereka pun tidak menikmati rutinitas kerja yang mereka jalani setiap hari. Melihat fakta tersebut, tentu akan lebih mengasyikkan bila Anda bisa bekerja sesuai dengan pekerjaan impian Anda, bukan?

Namun, untuk mendapatkan pekerjaan impian itu tampaknya tidak mudah. Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan pekerjaan impian itu? Simak tipsnya berikut seperti dilansir dalam Elite Daily, Rabu (10/2/2016):

1. Buat daftar perusahaan yang Anda impikan

Tulis sebuah daftar yang memuat: perusahaan, bisnis atau organisasi yang Anda suka.

Bila Anda suka dengan komunikasi atau humas maka Anda cari perusahaan konsultan komunikasi terbesar dan terbaik. Jika Anda suka informasi teknologi maka tulis perusahaan terbaik di bidangnya.

2. Berpikir di luar kebiasaan

Jangan terpaku ke pada satu perusahaan. Coba berpikir di luar kebiasaan (think outside the box). Misalnya bila Anda kesulitan mencari lowongan pekerjaan sebagai konsultan komunikasi di sebuah agensi.

Anda bisa mencari posisi lowongan pekerjaan sebagai humas di hotel. Mungkin ini bukan impian Anda, tapi bisa jadi sebuah langkah untuk mewujudkannya.


Source: liputan6.com
Alami 6 Hal Ini? Siap-siap Ditolak Usai Wawancara Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang merasa sulit untuk mengetahui apakah proses wawancara kerja yang mereka alami benar-benar berjalan sesuai rencana. Proses wawancara yang baik akan memberikan hasil yang maksimal dan menjadikan kandidat pekerja mendapat pekerjaan yang diinginkan.

Namun ada kalanya proses wawancara tersebut tidak berjalan lancar. Akhirnya, pelamar pun harus menerima nasib pahit bahwa mereka tidak mampu mendapat pekerjaan yang diinginkan.

Untuk menghindari hal ini, kira-kira apa tanda yang dapat Anda perhatikan? Berikut ulasannya mengutip dari laman Business Insider, Rabu (10/2/2016):

1. Pewawancara tidak melakukan kontak mata

Coba perhatikan gerak gerik pewawancara saat wawancara sedang berlangsung. Apakah mereka terus memberi fokus pada Anda atau justru pandangannya malah fokus ke berbagai tempat.

Jika pandangannya tidak fokus kepada Anda, maka itu merupakan tanda bahwa pewawancara sebenarnya tidak berminat dengan apa yang sedang Anda bicarakan.

2. Memperlihatkan bahasa tubuh negatif

Bahasa tubuh negative ini seperti menyilangkan tangan di depan dada, menyenderkan tubuh jauh dari Anda, melihat pintu atau tidak fokus terhadap apa yang Anda bicarakan. Ini merupakan sinyal negatif yang harus Anda waspadai

3. Tidak fokus

Jika pewawancara malah melakukan kegiatan lain seperti melihat ponsel, membalas email atau bahkan menelusuri internet saat wawancara sedang berlangsung, maka ini merupakan pertanda jelas bahwa mereka tidak benar-benar memperhatikan Anda.


Source: liputan6.com
CEO Google Kantongi Bonus Rp 2,5 triliun

Liputan6.com, Jakarta - Bos Google Sundar Pichai tampaknya akan sumringah dalam beberapa hari belakangan. Bagaimana tidak? CEO dari salah satu perusahaan teknologi terbesar dunia ini mendapat bonus bernilai fantastis.

Melansir laman Business Insider, Rabu (10/2/2016), Pichai mendapat bonus berupa saham senilai US$ 183 juta atau setara dengan Rp 2,5 triliun yang akan diberikan dalam kurun waktu empat tahun. Bonus yang ia terima ini merupakan bonus terbesar yang pernah diterima oleh jajaran eksekutif di Google.

Pichai menduduki kursi CEO Google pada bulan Oktober setelah perusahaan tersebut merekstrukturisasi manajemen perusahaan dan menambah anak perusahaan baru bernama Alphabet Holding Company.

 

 

Alphabet merupakan anak perusahaan Google yang berfokus pada cabang bisnis lain seperti pelayanan internet berkecepatan tinggi, google fiber dan peralatan rumah tangga. Besarnya bonus yang didapat menunjukkan seberapa penting keberadaan Pichai di perusahaan tersebut.

Sesuai dengan dokumen SEC yang dikeluarkan pada Jumat lalu, Pichai dihadiahi 273.328 lembar saham yang akan diberikan selama empat tahun.

Besaran ini merupakan hadiah terbesar yang diterima oleh CEO Google. CEO google sebelumnya, Eric Schmidt mendapatkan saham senilai US$ 100 juta yang didapat pada tahun 2011 dan 2014. (Vna/Ndw)


Source: liputan6.com
Ini Negara Pilihan Wisata Miliarder Dunia

Liputan6.com, Jakarta - AFPRelaxnews, sebuah media yang mengkhususkan diri untuk meliput dan membuat berita tentang pariwisata dunia baru saja melansir daftar tempat wisata pilihan para miliarder.

Dari beberapa negara eksotis di dunia, Panama ternyata menduduki peringkat pertama sebagai negara pilihan wisata para miliarder dunia.

Panama memiliki perkembangan signifikan dalam pemesanan hotel dengan presentase 107 persen. Selain Panama, negara lain seperti Thailand dan Swiss juga mendominasi peringkat tiga besar.

Selama kurun waktu, objek pariwisata Panama memang kurang mendapat perhatian dunia. Wisatawan mancanegara lebih memilih untuk mengunjungi negara tetangga seperti Costa Rica dan Nikaragua.

Namun hal ini berubah dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan. Melansir laman Marinelink.com, Rabu (9/2/2016) setelah banyak wisatawan elit yang jatuh cinta dengan kondisi objek wisata di Negara tersebut.

Kabarnya, Panama memiliki banyak objek wisata yang dapat menawarkan pemandangan alam yang indah yang masih asri.

Penilaian ini didasarkan pada beberapa faktor yaitu nilai pembelian atau penjualan properti, banyaknya visa yang diajukan, biaya hidup, keadaan lingkungan, dan lain sebagainya. 

Berikut daftar 10 negara pilihan wisatawan elit mancanegara:

1. Panama (107 persen)
2. Thailand (92 persen)
3. Swiss (56 persen)
4. Afrika Selatan (50 persen)
5. Kenya (47 persen)
6. India (46 persen)
7. Jamaika (44 persen)
8. Vietnam (43 persen)
9. Kolombia (39 persen)
10. Spanyol (34 persen)

(Vna/Nrm)

 


Source: liputan6.com
BTN Berikan KPR dengan Bunga 6,6%

Liputan6.com, Jakarta - Kinerja Bank BTN di 2015 terbilang cemerlang lantaran mencetak laba bersih sebesar Rp 1,85 triliun, atau melonjak 62 persen dibanding perolehan 2014 sebesar Rp 1,146 triliun. Hal inilah yang membuat perseroan optimistis bisa mencetak pertumbuhan laba 30-40 persen.

“Tahun ini kami memang menurunkan target pertumbuhan jadi 30 persen hingga 40 persen untuk laba bersih. Kenapa lebih kecil, karena persaingan tahun ini sangat ketat. Apalagi MEA sudah berjalan. Makanya target pertumbuhan laba kita tidak terlalu besar dibandingkan tahun lalu,” tutur Maryono, Direktur Utama BTN, seperti dikutip dari laman Rumah.com.

Pencapaian kinerja perseroan yang cemerlang pada tahun lalu, ucap Maryono, selain diapresiasi oleh pemegang saham, respons positif juga diberikan oleh investor dengan kenaikan harga saham berkode BBTN tersebut.

“Sehari setelah pengumuman kinerja, besoknya saham BTN naik menjadi Rp 1.410. Apresiasi juga diberikan oleh Deputi Menteri BUMN bidang Jasa Gatot Trihargo yang mengatakan bahwa BTN menjadi bank BUMN berkinerja terbaik di tahun 2015,” ucapnya.

Maryono memaparkan salah satu target yang akan dicapai BTN tahun ini adalah pembiayaan perumahan, baik subsidi maupun nonsubsidi, sebesar 600 ribu-700 ribu unit.

“Target tersebut masuk dalam program pembiayaan sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah,” katanya. “Pada tahun 2015, Bank BTN telah mengkontribusi sebanyak 474.099 unit dalam program satu juta rumah ini.

Maryono optimistis target 600 ribu–700 ribu unit tahun ini akan tercapai, seiring banyaknya pengembang yang membangun rumah pada 2015 akan selesai pada tahun ini. Selain itu, perseroan juga akan meningkatkan kerja sama dengan pengembang, baik dari REI maupun APERSI.

“Tahun 2016 akan kami perluas dengan pengembang yang ada di BPJS Ketenagakerjaan dan BUMN Karya,” katanya.

Bunga murah 6,6 persen

Di samping itu, Maryono juga mengatakan promo bunga murah diyakini bisa mendongkrak pembiayaan rumah tahun ini. Rencananya perseroan akan menggelar BTN Properti Expo 2016 pada 13 Februari mendatang dengan penawaran bunga KPR spesial 6,6 persen fix selama satu tahun.

Hingga 31 Desember 2015, BTN membukukan pertumbuhan kredit sebesar Rp 138,95 triliun. Dari jumlah tersebut, porsi pembiayaan pada kredit perumahan masih mendominasi dengan komposisi 89,9 persen atau sebesar Rp 124,92 triliun.

Sementara sisanya yang sebesar 10,10 persen atau sebesar Rp 14,02 triliun disalurkan untuk pembiayaan kredit non-perumahan. Untuk segmen KPR subsidi, perseroan masih menguasai pangsa pasar 98 persen dari total penyaluran FLPP tahun 2011, 2012, 2013, dan 2014.

Pertumbuhan kredit tersebut juga ditopang dari meningkatnya Dana Pihak Ketiga (DPK) perseroan yang mencapai Rp 128 triliun pada tahun 2015. Nilai tersebut tumbuh 19,97 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 106,7 triliun. Sedangkan NPL berhasil ditekan menjadi 3,42 persen (gross) turun dari NPL periode yang sama sebesar 4,01 persen. (Anto/Gdn)


Source: liputan6.com
5 Penyanyi Wanita Ini Kaya Raya Berkat Berbisnis

Liputan6.com, Jakarta - Keinginan untuk menjadi Artis dan penyayi kerap kali menjadi obsesi bagi mereka yang ingin berkarier di dunia hiburan. Salah satu alasannya adalah karena mampu mendapat penghasilan fantastis.

Hal ini terbukti pada lima penyanyi wanita berikut. Sepanjang perjalanan kariernya, mereka mampu mencetak pundi-pundi uang berlimpah hingga mampu menduduki daftar penyanyi wanita terkaya sepanjang masa.

Siapa saja mereka? Berikut daftarnya dikutip dari gazettereview.com, Rabu (10/2/2016):

5. Dolly Parton
Total aset : US$ 500 juta atau Rp 6,84 triliun

Penyanyi terkenal ini memulai karier musiknya dari nol. Berkat kerja kerasnya menulis lagu dan menghasilkan beberapa karya mutakhir, ia mampu menjadi salah satu penyanyi yang digandrungi oleh para penggemar.

Tidak tanggung-tanggung, kekayaannya mampu menembus angka fantastis mencapai US$ 500 juta atau Rp 6,84 triliun. Hebatnya lagi, kekayaan tersebut tidak hanya ia dapat dari kariernya di bidang musik namun juga usahanya di bidang lain seperti fashion, properti dan film.

4. Gloria Estefan
Total aset: US$ 500 juta atau Rp 6,84 triliun

Penyanyi asal Kuba ini mampu mengumpulkan pundi kekayaan mencapai US$ 500 juta atau Rp 6,84 triliun. Ia mengawali karier musiknya bergabung bersama grup dan kemudian beralih menjadi penyanyi solo.

Penyanyi cantik bersuara merdu ini merupakan salah satu penyanyi paling terkenal dengan lagu-lagu berbahasa Spanyol. Selain menjadi penyanyi, ia juga sukses berbisnis membuka sebuah restoran.


Source: liputan6.com
6 Rumah Termahal Milik Miliarder Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Rumahku istanaku. Selain menjadi tempat berlindung, rumah kini juga telah menjelma sebagai penanda status sosial. Semakin mahal dan mewah fasilitas yang ditawarkan, maka semakin prestisius pula rumah tersebut.

Tidak terkecuali beberapa rumah milik miliarder dunia ini. Deretan rumah ini memiliki harga fantastis mencapai triliun rupiah. Seperti apa fasilitas yang terdapat dalam rumah semahal itu?

Berikut adalah enam rumah termahal milik para miliarder dikutip dari insidermoney.com, Selasa (9/2/2016):

6. Ellison Estate (Woodside, California)
Harga: US$ 200 juta atau Rp 2,73 triliun

Rumah mewah ini merupakan milik dari miliarder dunia Larry Ellison. Pendiri perusahaan Oracle ini mulai membangun rumah mewah ini pada 2004.

Hingga saat ini, kompleks perumahan mewah ini dilengkapi dengan 10 bangunan, ruang minum teh hingga danau buatan.

5. One Hyde Park (London, Inggris)
Harga: US$ 221 juta atau Rp 3,02 triliun

london, rise, steel, expensive, park, officially, condo, opened, one, security, england, architecture, home, glass, uk, buildout, apartments, hyde, condominium, highrise, residential, knightsbridge, 6 Most Expensive Billionaire Homes in the World

Dibanderol dengan harga US$ 221 juta atau setara dengan Rp 3,02 triliun, One Hyde mampu menjelma menjadi salah satu tempat tinggal termahal di dunia.

Apartemen ini memiliki luas 2.322 meter persegi dan dibangun dengan menggunakan kaca anti peluru. Tempat tinggal mewah ini merupakan milik dari Rinat Akhmetov.

4. Kensington Palace Gardens (London, Inggris)
Harga: US$ 222 juta atau Rp 3,04 triliun

Pada tahun 2008, daerah pemukiman elit di Kota London, Kensington Palace Gardens dijual dengan harga mencapai Rp 3,04 triliun. Lakshmi Mittal kemudian membeli dua rumah di pemukiman tersebut. Kini daerah tersebut dikenal dengan nama `Billionaire’s Row` atau pemukiman para miliarder.


Source: liputan6.com
Intip Bus Kepresidenan Obama Seharga Rp 15 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama tentu mendapat pengawalan yang sangat ketat. Mulai dari pasukan khusus hingga kendaran pribadi yang super canggih, pemimpin negara yang satu ini sangat dijamin keselamatannya ketika bepergian.

Termasuk bus kepresidenan miliknya. Diberi nama Ground Force One, bus ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mampu melindungi sang presiden dari ancaman berbahaya. Selain tak mampu ditembus peluru, bus sepanjang 13,7 meter ini juga dilengkapi dengan senjata keamanan super canggih.

Melansir laman Business Insider, Rabu (10/2/2016), badan eksterior Ground Force One didesain dengan lapisan baja lengkap dengan kaca yang gelap anti-tembus pandang. Bus berwarna hitam pekat itu pun dihiasi dengan velg roda yang perak mengkilat dan minim detil di bagian luar.

Ground Force One dibuat oleh perusahaan otomotif asal Tennese, Hemphill Brothers Coach Co. US Secret Service membeli bus tersebut dengan harga US$ 1,1 juta atau setara dengan Rp 15,06 miliar untuk masa pakai 10 tahun.

Bus itu telah menemani Presiden Obama safari ke 3 daerah pedalaman AS bagian barat, tepatnya di negara bagian Minnesota, Iowa dan Illinois.

 

Tidak hanya satu, US Secret Service membeli dua buah bus Ground Force One yang siap dipakai untuk memfasilitasi Presiden AS dalam menjalankan tugas kenegaraannya. (Vna/Ndw)


Source: liputan6.com
Angin Segar di Tengah Kabar PHK

Liputan6.com, Jakarta - Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) kembali mengungkapkan fenomena pemutusan hubungan kerja (PHK) di sejumlah sektor seperti minyak, otomotif, elektronika bahkan hingga farmasi

Tak tanggung-tanggung, KSPI yang digawangi Said Iqbal ini menyebutkan total 10.000 orang buruh bakal diberhentikan oleh perusahaan yang tak kuat lagi menahan beban ekonomi.

"Dugaan kami yang sudah ter-PHK lebih dari 10 ribu orang‎ dalam kurun waktu Januari-Maret. Kalau ini dibiarkan sampai akhir tahun, jumlahnya akan sama dengan tahun lalu. ‎Pada 2015 yang ter-PHK sudah 50 ribu orang," kata Said Iqbal pekan lalu.

Pemerintah, bukan membantah terjadi efisiensi di sektor tersebut. Namun jumlah yang disebut buruh dinilai mengada-ngada. Pemerintah memperkirakan jumlah yang di-PHK tak sampai demikian banyak.

"Tidak ada PHK massal ya, yang ada rasionalisasi yang kemudian karena perpindahan lokasi," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Ya tentu saja (ada yang di PHK), tapi jangan bilang massal,” kata Menko Perekonomian Darmin Nasution menambahkan pada kesempatan lain.

Bahkan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi juga membantah terjadi PHK. "Tidak ada itu (PHK). Mereka belum melakukan itu. Belum ada laporan ke kita soal itu," ujar Direktur Pencegahan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industri (P3HI) Kemnaker Sahat Sinurat.

Jumlah yang dikatakan Said Iqbal itu juga diragukan oleh pihak perusahaan yang disebutkannya. Perusahaan mengatakan tak ada PHK masal dalam jumlah tersebut. Sekali pun ada, mereka adalah buruh kontrak alias bukan buruh tetap, dan jumlahnya tak banyak.

Di balik kabar PHK yang sudah beredar liar ini, angin segar berhembus. Investasi baru yang masuk masih bergairah dan hal tersebut linear dengan penyerapan tenaga kerjanya. Ada investasi baru otomatis tenaga kerja baru akan terserap. Jumlahnya, jauh lebih besar dibanding total PHK yang digaungkan oleh kalangan buruh.

Ketua Staf Ahli Ekonomi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Sofjan Wanandi mengatakan hal tersebut.

"Investasi swasta yang ekspansi maupun penanaman modal baru memang besar, apalagi belanja modal pemerintah. Ini yang bisa diandalkan untuk penyerapan tenaga kerja. Sekarang saja, industri semen sedang memacu kapasitas maksimal untuk memenuhi permintaan," jelasnya.

Lebih jauh diakui Sofjan, dengan optimisme pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,3 persen-5,5 persen di tahun ini, penciptaan lapangan kerja dipastikan besar jika mengacu pada kenaikan 1 persen pertumbuhan ekonomi menyerap 250 ribu tenaga kerja.

"Penyerapan tenaga kerjanya bisa lumayan besar, karena ada investasi baru maupun ekspansi meskipun buruh yang dipakai butuh keterampilan dan skill yang berbeda. Misalnya Panasonic restrukturisasi pabrik lighting jadi produk LED, pasti butuh tenaga kerja yang sesuai dengan peralihan teknologi ini," terang Sofjan.

1,43 juta orang dapat pekerjaan

Ratusan buruh Indonesia bekerja di pabrik tembakau di pabrik rokok di Jember (13/2/2012). (AFP / ARIMAC WILANDER)


Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat, pada periode Januari hingga Desember 2015, investasi yang masuk ke Indonesia mencapai Rp 545,4 triliun. Angka tersebut juga dibarengi dengan penyerapan tenaga kerja yang mencapai 1,43 juta orang.

Kepala BKPM, Franky Sibarani mengungkapkan, realisasi investasi pada 2015 sebesar Rp 545,4 triliun meningkat 17,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Capaian realisasi investasi tersebut melampui target 2015 sebesar Rp 519,5 triliun atau sebesar 105 persen.

Komposisi realisasi investasi terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) meningkat 15 persen sebesar Rp 179,5 triliun, sementara Penanaman Modal Asing (PMA) naik 19,2 persen sebesar Rp 365,9 triliun," jelas Franky.

Realisasi investasi sepanjang Januari-Desember 2015, kata Franky dapat menyerap tenaga kerja 1.435.711 orang, naik 0,3 persen dibandingkan periode yang sama pada 2014 sebesar 1.430.846 orang.

Khusus di luar Jawa, realisasi investasi pada 2015 menyerap tenaga kerja sebesar 612.026 orang. Angka ini naik 15 persen dari posisi 2014 sebesar 529.464 tenaga kerja.

Penyerapan tenaga kerja tersebut merupakan buah dari peningkatan nilai investasi di luar Pulau Jawa yang mencapai Rp 249 triliun atau meningkat 16 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Dari sisi jumlah proyek investasi, kenaikan lebih signifikan mencapai 119 persen dari 3.421 proyek menjadi 7.506 proyek.

Penyerapan tenaga kerja di luar Jawa naik 15%

Kepala BKPM, Franky Sibarani (kiri) dan Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis memberikan keterangan pers terkait hasil pencapaian investasi 2015 di Gedung BKPM, Jakarta, Kamis (21/1/2016). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

"Komposisi realisasi investasi terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) meningkat 15 persen sebesar Rp 179,5 triliun, sementara Penanaman Modal Asing (PMA) naik 19,2 persen sebesar Rp 365,9 triliun," jelas Franky.

Realisasi investasi sepanjang Januari-Desember 2015, kata Franky dapat menyerap tenaga kerja 1.435.711 orang, naik 0,3 persen dibandingkan periode yang sama pada 2014 sebesar 1.430.846 orang.

Khusus di luar Jawa, realisasi investasi pada 2015 menyerap tenaga kerja sebesar 612.026 orang. Angka ini naik 15 persen dari posisi 2014 sebesar 529.464 tenaga kerja.

Penyerapan tenaga kerja tersebut merupakan buah dari peningkatan nilai investasi di luar Pulau Jawa yang mencapai Rp 249 triliun atau meningkat 16 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Dari sisi jumlah proyek investasi, kenaikan lebih signifikan mencapai 119 persen dari 3.421 proyek menjadi 7.506 proyek.

"Ini merupakan dampak yang positif dari pemerataan investasi yang tersebar di luar Pulau Jawa, sehingga nantinya seiring dengan berkembangnya daerah-daerah di luar Pulau Jawa, tenaga kerjanya juga akan tersebar ke daerah-daerah lokasi investasi tersebut," ujarnya.

Proporsi investasi di luar Jawa 2015 mencapai 45,6 persen, lebih tinggi dibandingkan proporsi tahun sebelumnya sebesar 43 persen. Pada 2016, BKPM menargetkan proporsi realisasi investasi luar Jawa mencapai 49 persen.

"Ini sesuai dengan konsep Indonesia-sentris yang menekankan pentingnya pemerataan tidak lagi hanya di Jawa atau bahkan di pusat (Jakarta)," kata dia.

Penyerapan tenaga kerja di luar Jawa tersebut berkontribusi sebesar 42 persen dari total penyerapan tenaga kerja 1.435.711 orang, yang diperoleh dari total investasi di 2015.

40 perusahaan padat karya serap 189 ribu orang

Sejumlah pelamar mengisi berkas lamaran saat menghadiri Job for Career di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu (30/9/2015). Tingginya angka pencari kerja menjadikan bursa kerja ramai peminat. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Perusahaan padat karya peserta program investasi menciptakan lapangan pekerjaan yang diluncurkan pemerintah juga banyak menyerap tenaga kerja. Hingga 2019 nanti, ditargetkan 40 perusahaan ini bisa menyerap 189 ribu tenaga kerja.

Di 2015 kemarin, 40 perusahaan ini bisa menyerap tenaga kerja hingga 21.383 orang atau 52,4 persen dari target yang sebesar 39.504 orang.

Dia menjelaskan, pada tahun lalu penyerapan tenaga kerja paling besar terjadi di Jawa Tengah yaitu sebesar 13.458 orang.

Kemudian ikuti Jawa Timur sebanyak 4.227 orang, Bali, 1.200 orang, Papua 786 orang, Jawa Barat 700 orang, Maluku Utara 500 orang, Nusa Tenggara Barat (NTB) 308 orang, Papua Barat 131 orang, Nusa Tenggara Timur (NTT) 100 orang, dan Maluku 73 orang.

Sedangkan pada periode 2016, dari 40 perusahaan itu, ditargetkan penyerapan tenaga kerja mencapai 65.970 orang. Kemudian pada 2017 ada penyerapan 41.325 orang, 2018 ada penyerapan 24.415 orang dan 2019 akan ada penyerapan 13.565 orang.

Sehingga secara secara total pada periode 2015-2019 ditargetkan ada penyerapan tenaga kerja sebesar 184.779 orang dari 40 perusahaan yang melakukan investasi baru.

Kereta cepat serap 39 ribu pekerja

Pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, Cikalong Wetan, Jawa Barat, Kamis (21/1/2016). (Liputan6.com/ Ilyas Praditya)

Mega proyek kereta cepat Jakarta-Bandung bisa menyerap puluhan ribu tenaga kerja. Manajemen PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) menyatakan proyek senilai US$ 5,5 miliar tersebut akan menyerap 39 ribu tenaga kerja saat proses pembangunan sekitar tiga tahun.

"Dalam perhitungan kami, walau pun kereta cepat teknologi tinggi, untuk prasarana sarana contoh pondasi kita butuh tenaga kerja konvensional. Perhitungan kami 3 tahun membutuhkan 39 ribu tenaga kerja diharapkan dari lokal," Direktur Utama PT KCIC Hanggoro Budi Wiryawan.

Dia mengatakan kereta cepat sendiri diharapkan menjadi alternatif transportasi selain jalur tol dan kereta reguler. Terlebih jalur tersebut diperkirakan semakin padat.

"Kereta cepat program untuk menatap kebutuhan sampai 50 tahun depan, meski ada jalan tol dan kereta api. Tol sudah padat. Kalau 2-3 tahun akan lebih padat apalagi 50 tahun ke depan," tambahnya.

Penyerapan tenaga kerja lebih banyak ketimbang PHK

Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/11). Rapat tersebut membahas isu-isu terkait permasalahan tenaga kerja di Indonesia.(Liputan6.com/Johan Tallo)

Meski tak menampik ada PHK, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri menyebut, data yang disebutkan buruh tidak valid. Lagipula menurutnya, penyerapan tenaga kerja lebih banyak dibanding dengan PHK yang ada. 

"Gini, prinsip PHK itu, pasti ada, kaya orang mati juga pasti ada. Tapi lapangan pekerja dan penyerapan itu lebih banyak dari PHK-nya. kalau ada yang bilang ada PHK maka sini bawa ke saya untuk diklarifikasi, by name by address," ujarnya.

Dia menyatakan, pada prinsipnya pemerintah akan mendorong agar perusahaan-perusahaan di dalam negeri menjadi PHK menjadi pilihan terakhir. Namun demikian, jika terpaksa harus melakukan PHK maka terlebih dahulu harus dirundingkan dengan serikat pekerja atau pekerja yang bersangkutan.

"Kalau kita berharap tidak ada PHK, Jangan ada PHK. Kalau karena satu dan lain hal harus ada yang PHK, maka kita minta didialogkan bipartit dengan serikat kerja setempat. Nah kalau sudah ada kesepakatan dengan serikat pekerjanya maka, kemudian PHK boleh dilakuakan. Maka haknya harus dipenuhi sesuai dengan aturan dan kesepakatan dengan serikat pekerjanya," jelasnya. (Zul/Ndw)


Source: liputan6.com
IHSG Berpeluang Naik, Cermati 8 Saham Pilihan

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan saham Rabu pekan ini. Sentimen pergerakan harga minyak masih pengaruhi IHSG.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan pergerakan harga minyak dunia masih akan mempengaruhi ke pola gerak IHSG. Akan tetapi, aliran dana investor asing masih terus berlangsung dan ekonomi dalam negeri stabil dapat mendukung pergerakan IHSG.

William menilai, gerak IHSG berkonsolidasi sehat usai melakukan reli panjang pada pekan lalu. Dengan melihat kondisi itu, ia memprediksi IHSG berada di level target resistance 4.821 untuk memperkuat pola tren jangka pendek. Level support IHSG akan terlihat di kisaran 4.710.

Sementara itu, Analis PT HD Capital Tbk Yuganur Widjanarko mengatakan aksi jual pelaku pasar yang gerah akibat pergerakan bursa saham regional tertahan oleh aksi beli di sejumlah saham pilihan kapitalisasi besar dan lapis kedua.

Baca Juga

  • Investor Lokal Jual Saham, IHSG Tersungkur di Zona Merah
  • IHSG Dibuka Melemah, Terpengaruh Sentimen Regional
  • Harga Minyak Turun 3,8%

Source: liputan6.com
Wall Street Positif Ditopang Saham Bioteknologi

Liputan6.com, Jakarta Bursa saham Amerika Serikat (AS) naik pada menit-menit akhir perdagangan Selasa waktu setempat. Kenaikan ini ditopang saham bioteknologi dan saham material.

Salah satu saham bioteknologi Gilead naik 2,7 persen di level US$ 87,6, dan Allergan juga naik 2,2 persen pada level US$ 272,1. Nasdaq Biotech Indeks naik 1,7 persen setelah berada di posisi lebih rendah pada perdagangan sebelumnya.

Delapan dari 10 sektor S&P berada di wilayah positif, termasuk sektor saham material S&P yang melompat 1,6 persen pada akhir perdagangan.

Baca Juga

  • Wall Street Tertekan Aksi Jual Investor
  • Bursa Asia Melemah Meski Wall Street Naik
  • Wall Street Menguat Jelang Laporan Tenaga Kerja AS

Source: liputan6.com
Minyak Dunia Turun Mendekati Level Terendah Dalam 12 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak turun untuk sesi keempat pada hari Selasa dan mendekati level terendah dalam 12,5 tahun seperti bulan lalu. Harga minyak turun menyusul perkiraan permintaan yang lemah dari pemerintah Amerika Serikat, dan pengawas energi. Sementara ekuitas yang lemah juga menekan harga.

"Ada kemungkinan banyak lindung nilai yang dilakukan oleh produsen saat ini dan menjual minyak pada apa pun harga rendah yang mereka bisa," kata Scott Shelton, broker dan komoditas spesialis dengan ICAP di Durham, North Carolina dilansir dari reuters, Rabu (10/2/2016).

"Ini sangat sulit bagi siapa pun untuk menjadi positif pada pasar ini dengan jenis data yang telah keluar."

 

Baca Juga

  • Harga Minyak Turun 3,8%
  • Obama Ingin Kenakan Pajak Impor Minyak US$ 10 per Barel
  • Dolar Kembali Melemah, Harga Minyak Turun Tipis

Source: liputan6.com
Minyak Dunia Turun Angkat Harga Emas Naik Tipis

Liputan6.com, Jakarta - Emas berjangka naik pada perdagangan Selasa. Turunnya harga minyak dunia dan tajamnya kerugian yang dialami cadangan AS membuat logam mulia ini punya cukup momentum untuk memperpanjang kenaikan pada 5 sesi berturut-turut.

Emas untuk pengiriman April naik 70 sen atau kurang dari 0,1 persen untuk menetap pada level US$ 1.1986 per ounce, membuat keuntungan pada 5 sesi menjadi lebih dari 6 persen. Harga tersebut adalah harga tertinggi dari kontrak yang paling aktif sejak Juni 2015.

Logam kuning ini menghabiskan banyak perdagangan sesi rendah setelah harga naik 3,5 persen pada hari Senin. Dalam perdagangan elektronik setelah Selasa, emas berjangka bergerak lebih rendah lagi.

 

Baca Juga

  • Harga Emas Melonjak Karena Pasar Saham Turun
  • Harga Emas Menguat di Akhir Pekan
  • Menanti Reli Harga Emas di Tahun Monyet Api

Source: liputan6.com
Lion Air: Kami Dilarang Melintas Wilayah Udara Taipei

Liputan6.com, Denpasar - Manajemen Lion Air menyatakan penerbangan pesawat JT-2633 tipe B-744 rute Denpasar-Harbin (China) telah memiliki izin rute tetapi tidak boleh melintas di Taipei, Taiwan.

Ini penyebab kembalinya pesawat Lion Air JT-2633 tipe B-744 dengan rute tujuan Denpasar-Harbin, China ke Bandara Ngurah Rai karena tidak mempunyai izin terbang di atas kawasan udara negara tersebut dan ditolak melintas oleh otoritas Hong Kong.

Pesawat ini lepas landas dari Bandara I Gusti Ngurah Rai pukul 03.02 WITA dan dijadwalkan sampai di Guangzhou, China, pukul 10.20 waktu setempat .

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait menjelaskan, pihaknya telah mengajukan penerbangan lintas (over flying) lewat Hong Kong. Otoritas China menyarankan rute penerbangan Denpasar-Harbin itu melewati Taipei, Taiwan.

Rute melewati Taipei tersebut dinilai lebih pendek. Namun selanjutnya otoritas Taiwan melarang maskapai tersebut untuk melewati wilayahnya.

"Kami mengajukan pertama lewat Hong Kong karena itu sudah China. Kalau itu sudah diizinkan dari China. Hong Kong tidak membutuhkan semacam over flying permit (penerbangan lintas) karena satu negara. Ketika lewat Taipei ini tidak bisa berarti. Kami harus kembali membuat flight plan baru. Itulah dia kembali sekarang lewat Hong Kong, terbang normal," jelas Edward saat ditemui wartawan di bandara I Gusti Ngurai, Denpasar, Bali seperti ditulis Rabu (10/2/2016).

Baca Juga

  • Ditolak Masuk Hong Kong, Lion Air Balik ke Bandara Ngurah Rai
  • Lion Group Gandeng Airbus Cetak Pilot Baru
  • Merokok di Pesawat, Penumpang Lion Air Masuk Daftar Pencarian

Source: liputan6.com
Lion Air: Kami Dilarang Melintasi Wilayah Udara Taipei

Liputan6.com, Denpasar - Manajemen Lion Air menyatakan penerbangan pesawat JT-2633 tipe B-744 rute Denpasar-Harbin (China) telah memiliki izin rute, tetapi tidak boleh melintasi wilayah udara Taipei, Taiwan.

Ini penyebab kembalinya pesawat Lion Air JT-2633 tipe B-744 dengan rute tujuan Denpasar-Harbin, China, ke Bandara Ngurah Rai karena tidak mempunyai izin terbang di atas kawasan udara negara tersebut dan ditolak melintas oleh otoritas Hong Kong.

Pesawat ini lepas landas dari Bandara I Gusti Ngurah Rai pukul 03.02 Wita dan dijadwalkan sampai di Guangzhou, China, pukul 10.20 waktu setempat.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait menjelaskan, pihaknya telah mengajukan penerbangan lintas (over flying) lewat Hong Kong. Otoritas China menyarankan rute penerbangan Denpasar-Harbin itu melewati Taipei, Taiwan.

Rute melewati Taipei tersebut dinilai lebih pendek. Namun selanjutnya otoritas Taiwan melarang maskapai tersebut untuk melewati wilayahnya.

"Kami mengajukan pertama lewat Hong Kong karena itu sudah China. Kalau itu sudah diizinkan dari China, Hong Kong tidak membutuhkan semacam over flying permit (penerbangan lintas) karena satu negara. Ketika lewat Taipei ini tidak bisa berarti. Kami harus kembali membuat flight plan baru. Itulah (kenapa) dia kembali sekarang lewat Hong Kong, terbang normal," kata Edward saat ditemui wartawan di Bandara I Gusti Ngurai, Denpasar, Bali seperti ditulis Rabu (10/2/2016).

Baca Juga

  • Ditolak Masuk Hong Kong, Lion Air Balik ke Bandara Ngurah Rai
  • Lion Group Gandeng Airbus Cetak Pilot Baru
  • Merokok di Pesawat, Penumpang Lion Air Masuk Daftar Pencarian

Source: liputan6.com
Lion Air Incar 500 Ribu Penumpang dari China

Liputan6.com, Denpasar - Manajemen grup Lion Air melirik potensi wisatawan China untuk berlibur ke negara Asia termasuk Indonesia. Hal itu membuat manajemen membuka penerbangan menuju China dari Denpasar dan sebaliknya.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait menuturkan, pihaknya telah melayani penerbangan internasional dengan rute Denpasar-Changsa dan Denpasar-Wuhan sejak 25 Januari 2016. Itu penerbangan reguler pertama untuk ke China.

Kota tersebut dipilih karena jumlah penduduk yang besar dan pertumbuhan ekonomi cukup baik. Adapun jadwal rute penerbangan tersebut antara lain Denpasar-Changsa dengan waktu operasional Senin, Rabu, dan Jumat.

Demikian sebaliknya. Kalau rute Denpasar-Wuhan dengan waktu operasional Sabtu dan rute Wuhan-Denpasar dengan waktu operasional Minggu.

"Kami melihat ke sana tiga kali seminggu karena ada potensi wisatawannya. Informasi dari mitra kami juga kalau wisatawan China suka ke Asia. Ini berbeda dengan di Guangzhou (penduduknya) sudah memikirkan ke Amerika Serikat dan Eropa," kata Edward di Denpasar, Rabu (10/2/2016).

Baca Juga

  • Ditolak Masuk Hong Kong, Lion Air Balik ke Bandara Ngurah Rai
  • Lion Group Gandeng Airbus Cetak Pilot Baru
  • Merokok di Pesawat, Penumpang Lion Air Masuk Daftar Pencarian

Source: liputan6.com
Penjelasan Bea Cukai soal Tingginya Bea Masuk Motor Besar

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea Cukai Kementerian Keuangan ‎angkat bicara perihal penyebab penutupan dealer PT Mabua Motor Indonesia. Manajemen Mabua Motor sebelumnya mengeluhkan tingginya tarif pajak dan bea masuk yang berdampak kepada bisnisnya.

Salah satunya terkait kenaikan pungutan bea masuk motor besar dari 30 persen menjadi 40 persen yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 132/PMK.03/2015.

Direktur Penerimaan dan Peraturan Kepabeanan dan Cukai Ditjen Bea Cukai Sugeng Aprianto mengakui, pemerintah telah merevisi atau menyesuaikan tarif bea masuk pada Juli 2015. Perubahan ditandai dengan penerbitan PMK Nomor 132 Tahun 2015.

"Salah satu yang berubah adalah bea masuk untuk motor dalam kondisi CBU (non-CKD) di atas 250 CC yang sebelumnya 30 persen menjadi 40 persen. ‎Sementara untuk motor kondisi CKD tidak mengalami perubahan dalam rangka mendukung industri perakitan," kata Sugeng saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Menurut dia, perubahan tarif bea masuk motor besar bukan tanpa alasan. Kenaikan tarif bertujuan meningkatkan investasi dan proteksi industri, termasuk industri kendaraan bermotor atau roda dua. ‎Sementara tarif bea masuk motor CKD tetap dipertahankan untuk mendukung industri perakitan.

Baca Juga

  • Dealer Harley Tutup karena Pajak Tinggi, Ini Kata Pemerintah
  • Dealer Mabua Harley Iskandarsyah Tutup
  • RI Protes Prancis Berlakukan Bea Masuk CPO

Source: liputan6.com
Pelemahan Saham Energi Bikin Bursa Asia Tersungkur

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dengan Wall Street, Bursa saham Asia melemah pada pembukaan perdagangan Rabu (10/2/2016). Penurunan ini berlanjut sejak Senin lalu.

Indeks Autralia ASX 200 anjlok 1,3 persen menuju 4.767,90. Ini sekaligus menambahkan penurunan menjadi 2,8 persen dengan perdagangan kemarin seperti dilansir dari BBC, Rabu (10/2/2016).

Saham-saham energi yang menyumbang kontribusi terbesar pada pelemahan indeks saham Asia pada hari ini.

 

Baca Juga

  • Bursa Asia Melemah Didorong Aksi Jual
  • Bursa Saham Jepang Merosot Saat Perayaan Imlek
  • Bursa Asia Melemah Meski Wall Street Naik

Source: liputan6.com
Mengekor Bursa Asia, IHSG Dibuka di Zona Merah

Liputan6.com, Jakarta Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah. Pelemahan IHSG ini mengekor bursa Asia yang juga dibuka di zona negatif.

Pada pembukaan perdagangan saham, Rabu (10/2/2016), IHSG dibuka melemah 14,59 poin atau 0,25 persen menjadi 4.755,4. Pada pukul 09.00 WIB.

Ada sebanyak 33 saham menghijau namun tak mampu mengangkat IHSG. Sedangkan 39 saham lainnya melemah sehingga mendorong IHSG ke zona merah. Terdapat 43 saham diam di tempat.

 

Baca Juga

  • IHSG Berpeluang Naik, Cermati 8 Saham Pilihan
  • Perekonomian Membaik Dorong IHSG
  • IHSG Dibuka Melemah, Terpengaruh Sentimen Regional

Source: liputan6.com
Catat, Ini 17 Situs Penyebar Info Sesat Penerimaan CPNS

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi mempolisikan 17 situs yang diduga memberikan informasi bohong terkait penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Kementerian melaporkan 17 situs tersebut ke e Bareskrim Mabes POLRI. Berikut 17 situs tersebut.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman mengatakan, pihaknya menemukan setidaknya ada 17 website yang belakangan ini mengunggah berita bohong tentang penerimaan CPNS tahun 2016, lengkap dengan jadwalnya.

“Padahal, sampai saat ini pemerintah belum memutuskan adanya program penerimaan CPNS tahun 2016,” kata Herman dalam keterangannya, Rabu (10/2/2016).

 

Baca Juga

  • Unggah Berita Bohong Tes CPNS, 17 Situs Online Dipolisikan
  • Pemerintah Klaim Angkat 1 Juta Pegawai Honorer Jadi CPNS
  • Pemda Diminta Tangkal Info Sesat di Medsos Soal Rekrutmen CPNS

Source: liputan6.com
Memahami Tiga Jenis Tanah Kavling

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian dari Anda mungkin sering melihat spanduk maupun brosur bertuliskan “jual tanah kavling murah di lokasi strategis”. Namun tahukah Anda apa arti dari tanah kavling?

Dalam kamus Bahasa Indonesia, kavling adalah bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu yang akan dijadikan bangunan atau tempat tinggal. Dalam sebuah kompleks perumahan, terdapat bermacam-macam bentuk tanah kavling, sesuai letak atau posisinya di dalam perumahan tersebut.

Masing-masing bentuk kavling memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga Anda harus memilih sesuai keinginan dan tujuan Anda membeli. Agar tak salah pilih, berikut Rumah.com rangkum tiga bentuk tanah kavling dan pengertiannya untuk Anda seperti ditulis Rabu (10/2/2016).

Cul de Sac Lot

Nama kavling ini berasal dari bahasa Prancis yang dapat diartikan sebagai tanah kosong di jalan buntu. Jenis tanah kavling ini biasanya memiliki bagian depan yang cenderung sempit, namun sisi belakang yang melebar.

Namun kondisi sempit dan terletak di ujung jalan buntu ini justru dapat memberikan keuntungan tersendiri. Segi keamanan, misalnya. Bangunan yang akan dibangun relatif menghadirkan suasana yang tenang dan jauh dari kebisingan. Nilai plus ini menjadikan tanah Cul de Sac cocok untuk lokasi tempat tinggal.

Kendati demikian, bentuk tanah ini memiliki kelemahan. Salah satunya adalah lahan untuk memarkir kendaraan. Lahan di bagian depan rumah yang terbatas, kerap membuat penghuni rumah kesulitan saat menempatkan satu atau bahkan dua mobil. Disamping tempat parkir, pintu masuk dari bangunan nantinya juga cukup sempit.

Interior Lot

Tanah kavling ini lebih dikenal dengan nama cluster atau klaster. Posisi tanah ini berada di tengah deretan kavling pada posisi satu blok. Interior lot biasanya hanya memiliki satu akses pintu gerbang masuk sehingga dapat dijaga dengan baik dan tidak bising.

Privasi yang diperoleh dengan tinggal di tipe tanah kavling ini juga cukup baik dan perawatan bangunan juga tidak begitu banyak. Hal yang harus diperhatikan dari tanah kavling ini adalah masalah pemandangan dari bangunan yang biasanya hanya satu arah saja dan juga sirkulasi udara yang biasanya kurang begitu bagus.

T-Intersection Lot

Nama familiar dari bentuk tanah kavling ini adalah tusuk sate. Bagi beberapa orang, tanah kavling ini lebih ideal dijadikan tempat usaha dibanding rumah tinggal. Alasannya, lebih mudah terlihat dari jauh yang berarti bisa menarik minat pembeli.

Bila dialokasikan untuk hunian, diperkirakan akan mengganggu ketenangan penghuni karena lampu kendaraan yang melintas pada malam hari. Kelebihannya, jika dibangun sebuah hunian tentu tampilan eksteriornya akan mudah dipandang siapapun yang melintas. (Fathia A/Ahm)


Source: liputan6.com
Cerita Pemerintah Cari Utang Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - Utang pemerintah yang sudah menembus posisi Rp 3.089 triliun hingga Desember 2015 masih dalam batas aman. Pemerintah melakukan roadshow demi menjual surat utang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara mengungkapkan, ‎pembiayaan atau utang dari dalam dan luar negeri dibutuhkan demi menambal defisit anggaran yang diupayakan tidak melebihi 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Konsep pembiayaan utang ini telah mengalami perubahan dibanding masa orde baru yang hanya mengandalkan utang luar negeri pemerintah.

 

Baca Juga

  • Utang RI Buat Bangun Jalan, Pelabuhan sampai Sekolah
  • Pemerintah Raup Rp 14 Triliun dari Lelang Surat Utang Empat Seri
  • Defisit Anggaran dan Rasio Utang RI Lebih Rendah dari Negara Lain

Source: liputan6.com
4 Lembaga Tinggi Keuangan Kebut UU Anti Krisis

Liputan6.com, Jakarta Empat lembaga keuangan tertinggi di Indonesia kembali menyelenggarakan Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK). Topik utama rapat rutin ini adalah m‎embahas kemajuan Rancangan Undang-undang Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK) yang masih terbentur soal peran Presiden dalam pengambilan keputusan tertinggi penanganan krisis.

Lembaga keuangan tertinggi ini, antara lain Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Rapat berlangsung hari ini (10/2/2016) di Gedung Kementerian Keuangan.

Gubernur BI Agus Martowardojo usai Rapat FKSSK mengungkapkan, anggota forum berkumpul untuk berkoordinasi dan mendiskusikan kemajuan pembahasan RUU JPSK. "Jadi sedang dalam kombinasi saja, dan kami sambut baik inisiatifnya untuk berkoordinasi," ujarnya singkat di Jakarta, pagi ini.

 

Baca Juga

  • RUU Anti-Krisis hingga Terorisme Masuk Prolegnas 2016
  • Jurus Anti-Krisis Jokowi
  • Intip Bocoran Isi RUU Anti Krisis

Source: liputan6.com
4 Lembaga Tinggi Keuangan Kebut UU Antikrisis

Liputan6.com, Jakarta Empat lembaga keuangan tertinggi di Indonesia kembali menyelenggarakan Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK). Topik utama rapat rutin ini adalah m‎embahas kemajuan Rancangan Undang-undang Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK) yang masih terbentur soal peran Presiden dalam pengambilan keputusan tertinggi penanganan krisis.

Lembaga keuangan tertinggi ini antara lain Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Rapat berlangsung hari ini, Rabu (10/2/2016) di gedung Kementerian Keuangan.

Gubernur BI Agus Martowardojo usai Rapat FKSSK mengungkapkan, anggota forum berkumpul untuk berkoordinasi dan mendiskusikan kemajuan pembahasan RUU JPSK. "Jadi sedang dalam kombinasi saja, dan kami sambut baik inisiatifnya untuk berkoordinasi," ujarnya singkat di Jakarta, pagi ini.

 

Baca Juga

  • RUU Anti-Krisis hingga Terorisme Masuk Prolegnas 2016
  • Jurus Anti-Krisis Jokowi
  • Intip Bocoran Isi RUU Anti Krisis

Source: liputan6.com
Merasa Bosan di Kantor? Lakukan 4 Hal Ini Agar Kembali Semangat

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua orang pernah disergap rasa bosan ketika berada di kantor. Rasanya waktu berjalan lambat sekali, sampai-sampai Anda bingung apa lagi yang harus dikerjakan. Apakah ini pertanda Anda tidak menyukai pekerjaan Anda? Belum tentu.

Mungkin Anda hanya mengalami kebosanan tingkat tinggi dengan rutinitas di kantor. Kabar baiknya, rasa bosan bisa disiasati dengan beberapa cara sederhana.

Apa saja? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Lifehack, Rabu (10/2/2016):

1. Membereskan meja kerja

Merapikan kertas kerja dan membersihkan meja dari kesemrawutan berkas dan sesuatu yang tak perlu merupakan upaya untuk membuat diri ini menjadi lebih teratur.

Sesuatu yang rapi dan bersih identik dengan keteraturan dan keharmonisan. Sesuatu yang teratur dan harmonis membantu terciptanya hasil yang optimal dalam kerja. Apabila Anda sedang merasa bosan di kantor, hal ini bisa dilakukan untuk mengatasi jenuh.

2. Cari informasi baru

Selain membereskan meja kerja Anda, hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan belajar dan menggali informasi baru. Anda bisa berselancar membaca berita di website favorit Anda ataupun menonton video yang memberikan info berguna bagi Anda.

3. Membaca buku

Selama ini kita sudah tahu bahwa membaca dapat menambah pengetahuan dan memperkaya wawasan. Tapi tahukah sobat membaca juga menyimpan manfaat yang lain? Berbagai penelitian membuktikan membaca ternyata bermanfaat pula bagi kesehatan.

4. Berolahraga

Anda tidak harus melakukan olahraga berat seperti berlari atau bersepeda. Olahraga ringan seperti meregangkan tangan dan kaki serta melakukan jalan-jalan sebentar juga bisa menjadi pilihan yang tepat. (Vna/Ndw)


Source: liputan6.com
Merasa Bosan di Kantor? Lakukan 5 Hal Ini Agar Kembali Semangat

Source: liputan6.com
Tak Ada Kereta Cepat, Jakarta-Bandung‎ Bisa 9 Jam

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah bekerja keras untuk pembangunan mega proyek kereta cepat Jakarta-Bandung‎. Adanya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung tersebut sebagai langkah awal pemerintah untuk membangun transportasi massal kereta api di Jawa Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.

Menteri PPN/Bappenas Sofyan Djalil memandang, proyek kereta cepat ini merupakan proyek yang sangat penting untuk masa depan Indonesia menjadi negara maju. "Jakarta-Bandung itu kalau tidak ada kereta cepat di 20-30 tahun lagi bisa 8-9 jam waktu tempuhnya, oleh karena itu ini penting," kata Sofyan Djalil di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Semakin lamanya waktu tempuh tersebut karena memang kapasitas jalan tol yang ada saat ini tidak akan bisa menampung jumlah kendaraan yang ada. Dengan adanya kereta cepat maka akan ada transportasi pilihan lain.

Baca Juga

  • Fakta-fakta Menarik Seputar Kereta Cepat Jakarta-Bandung
  • Jalur Diubah, Investasi‎ Kereta Cepat Pasti Lebih Murah
  • Pro dan Kontrak Kereta Cepat Karena Belum Ada Penjelasan Utuh

Source: liputan6.com
Kepala BKPM Dapat Keluhan Soal Pasokan Listrik

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mendapatkan keluhan mengenai pasokan listrik dari PT Indo-Rama Synthetics Tbk. Perusahaan tekstil tersebut mengeluhkan kendati memiliki pembangkit listrik (power plant) sendiri di kawasan Jatiluhur, tapi belum bisa memenuhi kebutuhan listrik untuk pabrik yang baru saja diresmikan di Subang, Jawa Barat. Saat ini, Indo-Rama memenuhi kebutuhan listrik pabrik Subang dari PT PLN (Persero).

Untuk mengatasi keluhan tersebut, BKPM sedang mengkaji dengan instansi terkait. "‎Kalau listrik sebenarnya masalah sudah cukup lama, kebijakan dari ‎ESDM, jadi tinggal kami akan pelajari, akan dalami titik temu di mana. Esensi listrik mereka, tapi terkendala regulasi yang dibuat dari kita sendiri. Kita lihat kenapa PLN keberatan, Permen sudah ada tetapi belum terlaksana," kata dia di Subang, Rabu (10/2/2016).

Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 1 Tahun 2015 yang mengatur kerjasama antar pemegang wilayah usaha, pemanfaatan bersama jaringan tenaga listrik (power wheeling), interkoneksi jaringan tenaga listrik serta pembelian kelebihan tenaga listrik dari pemegang izin operasi (IO).

Baca Juga

  • BKPM Ingin PLN Turunkan Biaya Penyambungan Listrik
  • BKPM Usul Biaya Penyambungan Listrik Dipangkas, Ini Kata PLN
  • Begini Cara BKPM Kurangi PHK dan Pengangguran

Source: liputan6.com
Ini Daftar 30 Proyek Prioritas Pemerintah hingga 2019

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) telah menetapkan 30 proyek prioritas yang mendapatkan pengawalan ekstra hingga 2019.

Ketua KPPIP Luky Eko Wuryanto mengungkapkan, 30 proyek itu didapatkan dari hasil penyaringan yang dilakukan oleh komite dari ratusan proyek yang masih dalam daftar. Penyaringan tersebut juga dilakukan setelah berkomunikasi dengan berbagai kementerian terkait.

Baca Juga

  • Ini Prioritas Pemerintah di Proyek 35 Ribu MW
  • Mengapa Proyek Jembatan Selat Sunda Tak Jadi Prioritas Jokowi?
  • Kesekian Kali, Indonesia Promosi Proyek Infrastruktur ke China

Source: liputan6.com
RI Telah Ekspor Komponen Kereta ke AS dan Kanada

Liputan6.com, Jakarta - ‎Komponen kereta api asal Indonesia rupanya telah mampu menembus pasar internasional. Buktinya, kerangka roda kereta atau yang biasa disebut dengan bogie sudah diekspor secara rutin ke Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

Ketua Umum Asosiasi Industri Penunjang Perkeretaapian Indonesia (AIPPI) Tony Budi Santoso‎ mengatakan, ‎tiap tahunnya Indonesia telah mengekspor bogie ke dua negara tersebut dengan nilai kontrak mencapai Rp 200 miliar. Bahkan bogie asal Indonesia dinilai mempunyai kualitas yang lebih baik jika dibandingkan komponen sejenis asal China dan India.

"Kami sudah ekspor ke AS dan Kanada untuk kereta di sana. Itu sudah sesuai dengan standar di sana. Kami ekspor rutin per tahun dengan nilai Rp 200m‎iliar. Ini kami bersaing dengan China dan India. AS dan Kanada bilang kami lebih bagus dari China dan India. Jadi kita bisa bersaing secara kualitas dan harga," ujarnya diJakarta, Rabu (10/2/2016).

Baca Juga

  • Kemenperin Resmikan Asosiasi Industri Komponen Kereta
  • Menhub Jonan Sebut Payung Hukum Kereta Cepat Sudah Cukup
  • Pro dan Kontrak Kereta Cepat Karena Belum Ada Penjelasan Utuh

Source: liputan6.com
Begini Potret Muram Industri Migas Saat Ini

Liputan6.com, Jakarta - Industri minyak nasional sedang suram. Manisnya harga minyak saat meroket ke level di atas US$ 100 per barel kini tak bisa lagi dinikmati.

Harga minyak terus tergerus. Pada pertengahan 2014, harga minyak masih bertengger US$ 110 per barel, namun sekarang harga minyak merosot hingga mendekati level terendah dalam 12,5 tahun. Pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), harga minyak mentah Brent turun US$ 2,56 atau 7,8 persen ke level US$ 30,32 per barel.

Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI)  juga jatuh US$ 1,75 atau 5,9 persen menjadi US$ 27,94 per barel.

Penurunan harga minyak  tentu saja akan menimbulkan efek sangat besar terhadap perekonomian nasional. Salah satunya ke perusahaan-perusahaan minyak yang beroperasi di Indonesia.

Bagaimana tidak dengan harga minyak US$ 30 per barel, perusahaan minyak tentu harus menanggung rugi karena biaya produksi yang lebih tinggi ketimbang harga jual.  Kalau pun masih untung, keuntungan yang direguk sangatlah tipis.

Kepala Bagian Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Elan Biantoro menyebutkan, rata-rata biaya produksi minyak dan gas (migas) nasional sekitar US$ 24-US$ 25 per barel.  Jika dipisahkan, rata-rata biaya produksi gas sekitar US$ 16 per barel setara minyak. Sedangkan minyak US$ 30 per barel.

"Kalau rata-rata US$ 30 per barel, itu berarti ada yang biaya produksinya US$ 10, US$ 20, US$ 30, US$ 40, bahkan ada yang US$ 60 per barel. Dengan harga jual US$ 30 per barel, perusahaan yang biaya produksinya di atas US$ 30 per barel ya rugi," ungkap Elan saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (10/2/2016).

Perusahaan-perusahaan tersebut harus dibantu pemerintah agar jangan sampai kegiatan operasional mereka berhenti. Sebab, jika sampai berhenti maka tentunya akan berpengaruh ke produksi migas nasional dan ujung-ujungnya berimbas ke penerimaan negara dari sektor hulu migas.

Mulai berguguran

Efek turunnya harga minyak tak terhindari. Elan mengakui perusahaan minyak satu per satu mulai berguguran. Dia menyebutkan, dari 330 kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) sekarang sudah berkurang menjadi 312 KKKS. Dari 312 KKKS yang tersisa, sekitar 232 KKKS eksplorasi, sekitar 80 KKKS mengelola blok produksi.

"Dari 232 KKKS eksplorasi, sekitar 60 KKKS kontraknya akan diterminasi," kata Elan.

Tak hanya itu, perusahaan minyak juga mulai melepas beberapa aset yang dianggap tidak menguntungkan saat harga anjlok seperti ini. Salah satunya Chevron Indonesia Company (CICO) yang memutuskan tidak memperpanjang kontrak production sharing contract (PSC)  pengelolaan Blok East Kalimantan (EKAL).

Selain itu, ConocoPhillips berencana melepas sahamnya di Blok B Laut Natuna Selatan.

Efisiensi besar-besaran

Untuk meminimalisir efek dari penurunan harga minyak, perusahaan migas kini mengencangkan ikat pinggang. Elan menyebutkan, kegiatan training berkurang drastis, perjalanan dinas juga banyak dipotong. "Dulu kalau rapat, dari Palembang, Balikpapan atau Papua datang ke Jakarta, sekarang kalau rapat teleconference," jelasnya. 

SKK Migas yang mengatur kegiatan hulu migas di Tanah Air juga ikut memutar otak untuk membantu perusahaan migas melakukan efisiensi operasi sejak awal 2015. Pada tahun ini, SKK Migas menargetkan penghematan kegiatan operasional hingga US$ 351 juta dengan melakukan pengadaan bersama.

"Misalnya ada rig yang dipakai satu perusahaan, ketika selesai daripada dikembalikan ke kandangannya itu digeser dulu ke perusahaan lain yang membutuhkan. Rig itu kan disewa dari Vietnam atau Dubai, biaya kirimnya saja US$ 1-US$ 2 juta, kalau dipakai yang lainkan bisa hemat biaya transportasinya," papar Elan.

PHK Karyawan

Meski telah melakukan sejumlah efisiensi di kegiatan operasi, efek dari turunnya harga minyak ternyata sudah tak bisa dibendung.

Elan mengakui beberapa perusahaan migas telah mengusulkan adanya pengurangan pegawai. Perusahaan yang sudah menyampaikan secara resmi ke SKK Migas adalah Chevron.

Menanggapi rencana Chevron, SKK Migas mengimbau Chevron agar lebih mengoptimalkan efisiensi dari top level hingga bawah. 

"Lakukan penghematan, seperti apa? Jangan menyerah langsung turun ke karyawan," katanya.

SKK Migas juga mengajukan sejumlah syarat jika Chevron ingin melakukan pengurangan karyawan.Pertama, karyawan yang sudah memasuki masa pensiun,tidak perlu diperpanjang. Kedua, tidak merekrut karyawan baru dan ketiga jika ada PHK, itu sebaiknya dilakukan dulu ke pekerja asing.

"Kalau itu sudah ditempuh dan tetap harus melakukan PHK, kurangi karyawan dengan sukarela. Supaya bisa sukarela tempuh persyaratan pensiun dini dipermudah. Terakhir beri tawaran pengurangan karyawan melalui mutual agreement termination, karyawan mundur tapi dapat pesangon," saran Elan.

Apa yang harus dilakukan?

Melihat kondisi industri migas nasional saat ini, SKK Migas meminta pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menyelamatkan perusahaan-perusahaan migas. Bentuknya bisa berupa kebijakan fiskal dan yang lain.

"Seperti orang sakit masuk ICU harus diinfus supaya bisa baik. Industri migas butuh infus dari pemerintah, sebab kalau tidak bisa kolaps. Padahal industri hulu migas ini menyuplai 60 persen kebutuhan energi nasional," kata Elan. (Ndw/Gdn)


Source: liputan6.com
‎Pemerintah Sepakati Panduan Pengembangan E-Commerce

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah memutuskan roadmap pengembangan E-Dagang Nasional (Roadmap E-Commerce) dalam rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, pada Rabu (10/2/2016) hari ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan, ruang lingkup e-commerce ini adalah barang pemerintah dan barang untuk publik. “Ini harus benar-benar jadi program nasional yang bukan gawe pemerintah saja, tapi mendorong private sector dan masyarakat,” kata Darmin di kantornya, Rabu (10/2/2016).

Baca Juga

  • Pasar E-Commerce RI Makin Cerah
  • Bisnis E-Commerce Fastpay Siap Hadapi Persaingan MEA
  • Menpar Minta Pengusaha Mal Waspada Perkembangan E-Commerce

Source: liputan6.com
Hingga 2019, PGN Siap Tambah 60 SPBG

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk akan menambah infrastruktur gas bumi sebagai salah satu langkah untuk subtitusi energi. Salah satu yang dilakukan oleh PGN adalah membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) sebanyak 60 unit hingga 2019.

Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso mengatakan, 60 unit SPBG yang akan dibangun PGN hingga 2019 tersebut akan berlokasi di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten,Batam, Lampung, Riau, danSumatera Utara. "Mulai 2016 hingga 2019, kami merencanakan pembangunan SPBG sebanyak 60 unit," kata Hendi di Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Baca Juga

  • RI Hemat Rp 88 Triliun dari Pasokan Gas Bumi PGN
  • PGN Klaim Punya Jaringan Gas Terpanjang di RI
  • Pertamina dan PGN Dapat Tugas Bangun Jaringan Gas Rumah Tangga

Source: liputan6.com
‎BKPM Siapkan Insentif untuk Industri Berorientasi Ekspor

Liputan6.com, Subang - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan fokus untuk mendorong ‎industri manufaktur dengan kriteria sektor hulu dan orientasi ekspor pada kuartal II 2016.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, BKPM akan memberikan insentif untuk mendorong industri tersebut. Namun, ia belum membeberkan bentuk insentif yang bakal dikeluarkan.

"Target kami tentu di triwulan satu ini kita banyak fokus ada DNI ada macem-macem. Saya kira nanti di triwulan II kita fokus bagaimana menghasilkan dukungan dengan paket ekonomi atau kebijakan yang mendukung industri berorientasi ekspor atau industri bahan baku dan barang modal," kata dia di Subang, Rabu (10/20/2016).

Baca Juga

  • Kepala BKPM Dapat Keluhan Soal Pasokan Listrik
  • BKPM: Isu PHK Karyawan Terlalu Berlebihan
  • BKPM Bakal Permudah Izin Investasi untuk Sektor Konstruksi

Source: liputan6.com
Darmin Lebih Utamakan Kilang Bontang Dibanding Freeport

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah fokus mempercepat pembangunan kilang minyak baru di Indonesia, salah satunya kilang Bontang di Kalimantan Timur.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengungkapkan, pembangunan kilang ini dinilai lebih penting jika dibandingkan memikirkan sikap Freeport ke pemerintah Indonesia.

"Kami mendahulukan apa yang kami anggap penting dulu, seperti KilangBontang yang perlu segera diproses. SoalFreeport (divestasi saham) nanti saja," kataDarmin di HotelBorobudur,Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Beri Insentif Investor Pembangun Kilang di Bontang
  • Begini Cara Pemerintah Kebut Pembangunan Kilang Minyak Bontang
  • Gubernur Kaltim Tagih Janji Jokowi untuk Bangun Kilang di Bontang

Source: liputan6.com
Listrik 3 Wilayah Masih Padam Usai Diterjang Bencana Banjir

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) terus berupaya memulihkan pasokan listrik pasca bencana banjir yang menerjang sejumlah wilayah, diantaranya Sumatera Barat (Sumbar), Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) serta Bangka Belitung (Babel).

‎Plt Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN Agung Murdifi mengatakan, ‎di Sumatera Barat, sejumlah daerah yang mengalami pemadaman listrik ketika terjadi banjir antara lain Muara Labuh, Sitiung, Kayu Aro, Sijunjung dan Lima Puluh Kota.

Pemadaman dilakukan karena banjir sudah merendam pemukiman warga. Pemadaman sementara terpaksa dilakukan demi menjaga keselamatan warga akan bahaya sengatan listrik.

"Kami mohon maaf untuk pemadaman yang kami lakukan, hal ini semata-mata kami lakukan demi menjaga keselamatan nyawa warga," kata Agung, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Baca Juga

  • Kepala BKPM Dapat Keluhan Soal Pasokan Listrik
  • PLN Lakukan Pemadaman Listrik di Bangka Setelah Badai
  • Cara PLN Jaga Pasokan Listrik Saat Imlek

Source: liputan6.com
Pemerintah Umumkan Paket Kebijakan Ekonomi 10, Ini Bocorannya

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan mengumumkan paket kebijakan Jilid 10 pada Rabu sore ini (10/2/2016) di Istana Kepresidenan. Paket kebijakan ini akan diumumkan setelah dilaksanakannya Sidang Kabinet Paripurna.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution sedikit membeberkan beberapa poin mengenai paket kebijakan 10 ini. Tak mau menyebutkan paket kebijakan 10, Darmin lebih suka menyebutkan kali ini sebagai paket kebijakan besar.

"Seluruhnya akan dibahas hari ini,DNI dalam sidang kabinet. Kita sudah selesai, apakah dalam sidang Pak Presiden akan umumkan hari ini atau dianggap masih perlu ada perbaikan ya kita lakukan. Tapi kalau putuskan diumumkan ya kita umumkan," kataDarminNasution diJakarta, Rabu (10/2/2016).

Baca Juga

  • Isi Lengkap Paket Kebijakan Ekonomi Jilid IX
  • Harga Minyak Turun Jadi Momentum Tepat Rilis Paket Ekonomi
  • Pemerintah Tetapkan 5 Cara Efisienkan Logistik di Indonesia

Source: liputan6.com
Penyelesaian Pembangunan Pabrik Indo Rama di RI Tercepat

Liputan6.com, Subang - Manajemen PT Indo-Rama Synthetics Tbk‎ menyatakan senang atas beroperasinya pabrik benang di Subang, Jawa Barat pada Rabu (10/2/2016).

Bagaimana tidak, untuk perluasan pabrik ini perseroan hanya memakan waktu selama 7 bulan. Pemimpin Perusahaan Grup Indorama Sri Prakash Lohia ‎bahkan menyebut, pembangunan pabrik ke sembilan ini salah satu yang tercepat di dunia.  

"Ya dari 40 tahun, ini paling cepat, 7 bulan selesai. Negara mana di luar negeri yang bisa bikin secepat ini," kata dia di Subang, Rabu (10/2/2016).

Pabrik benang di Subang ini menghabiskan investasi sebesar US$ 40 juta dengan 40 ribu mata pintal. Kapasitas produksi mencapai 10.800 metrik ton per tahun.

Baca Juga

  • Kepala BKPM Dapat Keluhan Soal Pasokan Listrik
  • BKPM Bakal Permudah Izin Investasi untuk Sektor Konstruksi
  • Percepat Izin Investasi, BKPM Usul Revisi Aturan Penyertaan Modal

Source: liputan6.com
Seskab: Paket Kebijakan Ekonomi 10 Diumumkan Besok

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyampaikan paket kebijakan ekonomi terbaru akan diumumkan pada Kamis 11 Februari 2016.

Pramono menjelaskan paket tersebut akan berisi kebijakan untuk memperkuat daya saing ekonomi dan memberi perlindungan pada para pelaku UMKM.

"Ya itu paket besok. Daftar negatif investasi karena pembahasan cukup panjang dan perubahan mendasar, akan diumumkan besok jam 2, di tempat ini, mengenai hal-hal yang dilakukan perubahan," kata Pramono, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Pramono menuturkan penjelasan akan diberikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution. Selain itu, Pramono menegaskan paket kebijakan ini bukanlah langkah liberalisasi.

Baca Juga

  • Pemerintah Umumkan Paket Kebijakan Ekonomi 10, Ini Bocorannya
  • Isi Lengkap Paket Kebijakan Ekonomi Jilid IX
  • Harga Minyak Turun Jadi Momentum Tepat Rilis Paket Ekonomi 

Source: liputan6.com