Prev Febuari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
31 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
Berita Kurs Dollar pada hari Sabtu, 20 Febuari 2016
5 Tips Hemat Pengeluaran Makan di Restoran

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada salahnya sekali-kali makan di restoran. Meski identik dengan harga mahal, namun tidak ada salahnya Anda mencoba makan di sana.

Kalau bisa mengaturnya dengan baik, maka Anda bisa mendapatkan masakan yang enak, namun dengan harga yang miring.

Enaknya lagi, hal ini bisa dilakukan kapan saja Anda mau. Bahkan, meski saat ini sedang berhemat, Anda tetap bisa merasakan masakan di restoran. Namun, ada syaratnya lho! Mau tahu apa saja? Yuk simak tips di bawah ini seperti dikutip dari www.cermati.com, seperti ditulis Sabtu (20/2/2016):

1. Makan Hidangan Pembuka Gratis

Nah, namanya gratis berarti tidak perlu keluar uang. Ini merupakan salah satu tips yang sepatutnya Anda coba. Tidak usah malu, saat ini sudah banyak restoran yang menawarkan hidangan pembuka gratis. Tak lain tak bukan, bagi pihak restoran, ini merupakan salah satu strategi bisnis mereka.

Sayangnya, masih sedikit konsumen yang memanfaatkannya. Makanan pembuka, biasanya memang tidak akan ditawarkan sebelum Anda memesan. Apabila ingin mencobanya, lebih baik bila Anda memesan dalam jumlah sedikit terlebih dahulu.

Modal makanan pembuka gratis seperti ini bisa berimbas pada makanan utama nanti. Anda tidak lagi perlu memesan makanan utama dalam jumlah banyak.

2. Minum Air Putih Saja

Memang air putih tidak seenak jus, lemon tea, dan es teh manis. Namun, apa mau dikata. Harga minuman di restoran hampir sama harganya dengan makanannya. Ini yang terkadang membuat Anda serasa ingin membawa bekal minum sendiri.

Sayangnya, keinginan itu tidak bisa direalisasikan. Kebanyakan restoran memang melarang pengunjungnya membawa bekal dari rumah.

Oleh sebab itu, apabila ingin makan di restoran, namun dengan biaya yang super ngirit, maka lebih baik putuskan untuk memesan air putih. Kalaupun tidak ada akibat pihak restoran menggantinya dengan air mineral botolan, pesan saja teh tawar hangat yang biasanya selalu menjadi produk paling murah di restoran.

3. Manfaatkan Promo Khusus

Jangan gengsi untuk memanfaatkan promo. Karena sekarang ada banyak restoran yang menawarkan diskon. Namun, diskon seperti itu selalu memiliki batasan hari tertentu dalam seminggu atau bahkan jam tertentu dalam sehari.

Sebelum Anda menyambangi restoran yang menawarkan promo, lebih baik bila Anda mempelajarinya secara seksama.

Hal ini bertujuan agar Anda tidak malu ketika sudah datang ke sana, namun ternyata promo yang diinginkan sudah tidak berlaku. Apabila ingin makan di restoran mewah langganan Anda, maka ada baiknya Anda memeriksa diskon spesial harian atau mingguan yang ditawarkan.

Jangan lupa, jangan cuma dilihat saja. Silahkan Anda catat. Apalagi bila anda menemui tawaran-tawaran menarik, catat semua promonya sehingga Anda bisa memanfaatkan semua promo itu.


Source: liputan6.com
6 Aplikasi Ponsel yang Bisa Bikin Tambah Kaya

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar miliarder dunia tidak mendapat kekayaannya secara instan. Mereka rela menyisihkan segenap usaha dan waktunya untuk bekerja keras mendapatkan apa yang mereka inginkan. Perilaku mereka pun menjadi kebiasaan baik yang hasil akhirnya signifikan.

Anda dapat membangun kebiasaan baik tersebut dengan memanfaatkan teknologi yang terdapat pada ponsel yang dimiliki.

Seperti melansir laman Business Insider, Jumat (19/2/2016), kehadiran beberapa aplikasi di ponsel ini dapat membuat Anda lebih mudah membangun rutinitas produktif yang pada akhirnya akan memberi dampak positif pada kesuksesan Anda.

1. Hapus Hutang dengan ReadyforZero

Aplikasi ini dapat membantu untuk melacak hutang apa saja yang ada dalam keuangan Anda. Selain itu, ReadyforZero pun dapat terhubung dengan akun kartu kredit sehingga dapat memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran.

2. Lacak pengeluaran dengan Mint

Dibungkus dengan desain yang apik, aplikasi ini dapat membantu Anda menyesuaikan pengeluaran dengan anggaran keuangan yang sudah Anda buat.

Hal ini sangatlah perlu Anda lakukan karena salah satu kebiasaan orang kaya adalah selalu melacak dan mengecek pengeluaran apa saja yang sudah mereka lakukan.

3. Tulis Tujuan Hidup dengan Sociidot

Menurut penelitian dari penulis buku terkenal Thomas C. Corley, 62 persen orang kaya selalu fokus terhadap tujuan hidup yang ingin mereka raih. Secara berkala mereka terus fokus pada tujuan hidup jangka panjang dan memperbarui langkah sederhana apa yang dapat mereka lakukan tiap harinya.

Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk melakukan hal tersebut. Dalam Sociidot Anda dapat membuat tujuan visual akan apa yang ingin Anda lakukan dalam jangka waktu tertentu.


Source: liputan6.com
Ingin Liburan Tenang, Gunakan Asuransi Perjalanan

Liputan6.com, Jakarta - Kasus pembobolan tas atau koper penumpang pesawat di bandara seakan tidak ada habisnya.

Baru-baru ini, masyarakat kembali dihebohkan dengan rekaman yang memperlihatkan oknum petugas bandara saat membobol tas penumpang.

Hal ini membuat kita yang kerap menggunakan transportasi udara menjadi semakin tidak nyaman. Maklum, kehilangan barang berharga bisa saja membuat seluruh rencana perjalanan menjadi berantakan.

Tapi jangan khawatir, ada kok sejumlah tips yang dapat mencegah koper kamu menjadi sasaran ‘tikus tikus bandara’. Mau tahu caranya? Yuk simak ulasannya di www.cekaja.com seperti ditulis Sabtu (20/2/2016).

1. Gunakan gembok berstandar TSA

Gembok memiliki peran penting untuk mencegah seseorang membobol kopermu di bandara. Untuk itu, jangan sekali-kali menggunakan gembok mainan yang terkadang memang cocok dengan kopermu.

Percayalah, gembok seperti itu akan sangat mudah dibongkar. Investasikan sedikit uangmu untuk membeli gembok khusus berstandar TSA (Transportation Security Administration). Pilih gembok dengan ukuran yang sesuai dengan resleting koper kamu.

Untuk mencegah lupa nomor kombinasi gembok, simpan kunci beserta catatan nomornya di dompet atau tempat aman lainnya. Nah, khusus untuk koper berjenis hard case, gunakan tali pengikat koper yang juga berstandar TSA.

2. Koper berkualitas

Meski pun gembok yang kamu pakai sudah berstandar TSA namun tidak didukung dengan kualitas koper, pencuri akan tetap mudah membongkarnya. Ada dua jenis koper yang berkualitas baik yakni hard case dan berbahan ballistic nylon.

Tidak perlu membeli yang terlalu mahal namun pastikan kopermu berstandar TSA. Cari juga tas dengan bentuk resleting yang besar dan kuat.

Selain susah dibobol menggunakan benda kecil tajam seperti pulpen atau pisau, resleting seperti ini juga akan memudahkan kamu saat membeli gembok. Kalau mau lebih aman, beli koper dengan model tanpa resleting.

(Baca juga: Tips Liburan Akhir Tahun ke Luar Negeri Tanpa Kuras Kantong)

3. Gunakan plastic wrapping

Jika lupa membawa gembok, fasilitas plastic wrapping bisa kamu manfaatkan untuk mencegah pembobolan tas oleh ‘tikus-tikus bandara’.

Harganya murah kok berkisar antara Rp 35 ribu-Rp 50 ribu. Selain itu, plastik ini juga bisa mengamankan koper berbahan hard case dari benturan atau gesekan yang bisa membuat tas rusak atau lecet.

4. Cover pengaman

Fungsi alat ini sama seperti plastic wrap. Meski harganya lebih mahal, namun menggunakan cover seperti ini justru lebih ekonomis karena dapat digunakan berulang kali.

5. Jangan simpan barang berharga di koper

Meskipun semua alat di atas dapat mencegah pembobolan koper saat di bandara, namun tetap tidak menjamin tas kamu aman 100 persen.

Lebih baik jika kamu melakukan pencegahan dengan tidak menyimpan barang berharga di dalam koper. Sebaiknya, gunakan tas kecil yang dapat kamu tenteng untuk menyimpan barang berharga.

6. Pakai asuransi perjalanan

Banyak orang malas membeli asuransi perjalanan karena dianggap boros dan tidak penting. Padahal, produk asuransi satu ini punya segudang manfaat.

Bayangkan, asuransi ini tidak hanya akan mengcover kerugian yang kamu derita jika menjadi korban pembobolan tas, melainkan semua risiko finansial yang muncul selama liburan seperti pesawat delay, sakit dalam perjalanan hingga bencana alam sekalipun.

(Baca juga: 5 Alasan Kenapa Klaim Asuransi Perjalanan Ditolak)

7. Lapor pada petugas

Jika menemukan tanda-tanda perusakan koper atau barang dalam koper sudah hilang, jangan ragu untuk langsung melapor pada petugas.

Jika kamu bertindak cepat, pihak keamanan bandara bisa langsung memeriksa rekaman CCTV untuk melakukan penindakan. Kamu juga akan menerima bukti surat laporan kehilangan yang akan dibutuhkan untuk melakukan klaim asuransi perjalanan. (Ahm/Igw)



Source: liputan6.com
Langkah Mudah Atasi Peralatan Rumah Saat Tersumbat

Liputan6.com, Jakarta - Kotoran dan sisa makanan dapat membuat saluran air di rumah Anda tersumbat. Saat hal ini terjadi, banyak kerugian yang akan Anda hadapi, salah satunya banjir di dalam rumah.

Dilansir dari laman Rumah.com, seperti ditulis Sabtu (20/2/2016), inilah beberapa cara mengatasinya. 

Saluran air

Untuk mengatasi saluran air yang mampat, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Antara lain bubuk soda api, cuka, dan air mendidih. Caranya, tuang satu cangkir bubuk soda kue ke dalam lubang saluran pipa yang mampat.

Selanjutnya siramkan dua cangkir air mendidih untuk mendorong bubuk soda kue agar benar-benar mencapai pusat sumbatan. Diamkan beberapa menit. Terakhir, tuang kembali dua cangkir bubuk soda kue disusul dengan dua cangkir cuka.

Jika sudah, tutup lubang pembuangan yang tersumbat. Biasanya akan timbul buih disertai dengan suara gemuruh dari dalam lubang pipa yang tersumbat. Tidak perlu khawatir karena ini reaksi yang wajar.

Tunggulah hingga buih hilang dengan sendirinya, lalu siramkan kembali dua cangkir air panas untuk menuntaskan proses membersihkan saluran air yang mampat.

Wastafel

Jika wastafel mampat, buat adonan dari satu sendok makan soda api dan satu cangkir cuka. Tuang adonan ke dalam wastafel.

Sisa-sisa makanan yang menyumbat wastafel pun akan hancur. Cara kedua, masukkan garam dan bikarbonat soda ke dalam mulut saluran wastafel, kemudian siram dengan air mendidih.

Toilet

Jika toilet mampat, ambil satu kilogram garam dapur yang dilarutkan ke dalam satu ember air. Tuangkan larutan ke dalam toilet, dan jangan gunakan dulu selama lima jam. Setelah lima jam, siram air sebanyak-banyaknya ke toilet dengan hentakan kuat, dan toilet pun akan kembali lancar.

Untuk sumbatan akibat tisu atau kertas, Anda bisa menuang sabun cuci piring cair ke dalam toilet, lalu beri air panas.

Diamkan selama beberapa menit sebelum menyiramnya seperti biasa. Sabun akan membantu melonggarkan salurannya dan mendorong sumbatannya melewati bagian pipa yang berkelok pada saat toilet disiram.

Shower

Shower yang tersumbat dapat terjadi karena sumbatan zat besi yang terkandung dalam air atau lumut yang berasal dari saluran pipa atau bak penampungan.

Cara pertama yang paling sederhana untuk memperbaikinya, sikat ujung atau bagian nosel (lubang-lubang air), sambil dipijat dengan ujung jari. Tetapi, cara ini belum tentu berhasil jika kerak mengandung kaporit dan melekat kuat pada nosel.

Agar lebih optimal, rebus kepala shower dari logam dengan larutan satu liter air dan satu cangkir cuka selama 15 menit. Untuk kepala shower dari plastik, cukup direndam dalam air panas dan cuka dengan perbandingan yang sama.

Keran air

Jika keran air mampat, buka kepala keran kemudian rendam filter keran di dalam cairan cuka selama setengah hari. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih, lalu pasang kembali. (Fathia A/Ahm)

Foto: Wikipedia


Source: liputan6.com
Inilah Daftar Rumah Subsidi Terbaru

Liputan6.com, Jakarta - Program Sejuta Rumah yang dibesut pemerintah sejak akhir April 2015 disambut antusias oleh pengembang.

Hal ini terlihat dari maraknya produk rumah subsidi yang dipasarkan pengembang dalam ajang Indonesia Properti Expo (IPE) 2016.

Dari hasil pemantauan Rumah.com di lokasi, booth rumah subsidi yang dapat dibeli dengan KPR FLPP berada Hall B Jakarta Convention Center (JCC), berdekatan dengan booth Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) dan Perumnas.

Di sini, pengembang umumnya menawarkan rumah subsidi dengan harga Rp 100 jutaan. Namun, lokasinya sebagian besar berada Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Banten, dan Karawang.

Digelar 13 – 21 Februari 2016, event IPE menampilkan 660 proyek yang dikembangkan 209 peserta pameran. Lokasi proyek properti yang dipasarkan  tersebar di seluruh Tanah Air, mulai Jabodetabek, Bandung, Medan, Balikpapan, Semarang, Surabaya, Manado, hingga Papua.

Berikut ini daftar rumah subsidi di Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Banten, dan Karawang yang dihimpun Rumah.com seperti ditulis Sabtu (20/2/2016). Perlu dicatat, harga yang tertera di dalam tabel adalah harga selama pameran.

Semoga bermanfaat!

 

(Anto E/Ahm)


Source: liputan6.com
Harga Minyak Bebani Wall Street di Akhir Pekan

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) merosot pada perdagangan saham Jumat pekan ini seiring harga minyak dunia tertekan dan rilis pendapatan mengecewakan dari Nordstrom.

Selain itu, investor juga mencerna data inflasi yang dapat meningkatkan prospek kenaikan suku bunga pada 2016.

Harga minyak sangat terkait dengan kinerja bursa saham. Harga minyak susut empat persen dipicu stok minyak mentah AS yang tinggi sehingga mendorong kekhawatiran pasokan. Sektor saham energi di indeks saham S&P pun membukukan kinerja terburuk dengan merosot 1,3 persen.

Dari tiga indeks saham acuan, indeks saham Nasdaq cenderung menguat didorong kenaikan harga saham Applied Materials sebesar 7,9 persen.

Selain harga minyak, rilis pendapatan operator departemen store tak sesuai harapan membuat saham Nordstrom melemah 6,4 persen.

Baca Juga

  • Arab, Venezuela dan Rusia Akur, Harga Minyak Dunia Bisa Bangkit
  • Harga Minyak Tertekan Kenaikan Stok di AS
  • Wall Street Melemah Dipicu Anjloknya Harga Minyak

Source: liputan6.com
Banjir Pasokan Masih Tekan Harga Minyak

Liputan6.com, New York - Harga minyak dunia turun pada perdagangan saham Jumat pekan ini seiring investor kembali fokus terhadap pasokan global yang berlebih.

Harga minyak Brent turun 3,7 persen atau US$ 1,27 ke level US$ 33,01 per barel di bursa London. Secara mingguan, harga minyak Brent susut 1,1 persen.

Sementara itu, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) di New York Mercantile Exchange melemah 3,7 persen atau US$ 1,13 ke level US$ 29,64 per barel. Harga minyak Amerika Serikat (AS) tersebut membukukan kenaikan 0,7 persen secara mingguan.

Ada pun harga minyak dapat sedikit berubah setelah perusahaan minyak Baker Hughes menyatakan rig AS jatuh untuk minggu kesembilan.

Akan tetapi, pada sepekan ini, investor menimbang usulan kesepakatan produsen utama minyak untuk pembekuan produksi.

Baca Juga

  • Harga Minyak Bebani Wall Street di Akhir Pekan
  • Harapan Harga Minyak Kembali Naik
  • Arab, Venezuela dan Rusia Akur, Harga Minyak Dunia Bisa Bangkit

Source: liputan6.com
Rilis Data Ekonomi Angkat Harga Emas

Liputan6.com, New York - Harga emas menguat pada perdagangan Jumat pekan ini, seiring bursa saham Amerika Serikat (AS) bervariasi. Namun, harga emas cenderung melemah secara mingguan.

Harga emas untuk pengiriman April mendaki 0,4 persen atau US$ 4,50 ke level US$ 1.230,80 per ounce. Akan tetapi harga emas mencatatkan penurunan mingguan sebesar 0,7 persen.

Sejumlah sentimen mempengaruhi laju harga emas. Laporan data inflasi dapat diperkirakan dapat mempengaruhi kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS) soal suku bunga.

Indeks inflasi inti yang tidak termasuk harga pangan dan energi telah naik 0,3 persen, terbesar sejak Agustus 2011. Laporan inflasi dapat sebagai gambaran soal kenaikan suku bunga bank sentral AS.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Naik Rp 10.000 per Gram
  • Harga Emas Berkilau Sambut Akhir Pekan
  • Harga Emas Antam Naik Jadi Rp 563 Ribu per Gram

Source: liputan6.com
Top 3: Tanda Gaya Hidup Tak Sesuai Gaji Bikin Penasaran

Liputan6.com, Jakarta - Berkeinginan mampu hidup lebih baik dari kondisi sekarang merupakan hal lumrah. Untuk alasan itulah orang-orang rela bekerja keras setiap harinya.

Akan tetapi banyak di antara orang-orang tersebut yang justru terlalu terlena dengan hidup serba glamor. Parahnya lagi, gaya hidup itu pun akhirnya melebihi kemampuan finansial yang dimiliki.

Mengutip Business Insider, Jumat 19 Februari 2016, ada sejumlah tanda-tanda yang harus dicermati apa bila gaya hidup Anda sudah melampaui kemampuan yang ada. Artikel lima tanda gaya hidup tak sesuai gaji telah menyita perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com menjelang akhir pekan ini.

Penasaran dengan artikel lain di kanal bisnis yang menyita perhatian pembaca? Berikut tiga artikel terpopuler yang dirangkum pada Sabtu (20/2/2016):

1. 5 Tanda Gaya Hidup Tak Sesuai Gaji

Berkeinginan mampu hidup lebih baik dari kondisi sekarang merupakan hal lumrah. Untuk alasan itulah orang-orang rela bekerja keras setiap harinya.

Akan tetapi banyak di antara orang-orang tersebut yang justru terlalu terlena dengan hidup serba glamor. Parahnya lagi, gaya hidup itu pun akhirnya melebihi kemampuan finansial yang dimiliki.
Mengutip Business Insider, Jumat 19 Februari 2016 berikut tanda-tanda yang harus dicermati apabila gaya hidup Anda sudah melampaui kemampuan yang ada. Selengkapnya baca di sini

2. Kembangkan Bandara Soetta, AP II Dapat Pinjaman Rp 2,1 Triliun

PT Angkasa Pura II (Persero) menandatangani ‎fasilitas sindikasi dari tiga bank BUMN yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Nasional Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Direktur Utama PT AP II Budi Karya menjelaskan, pinjaman itu dilakukan untuk memfasilitasi pengembangan Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Cengkareng Banten. Adapun fasilitas sindikasi ini senilai Rp 2,1 triliun.

"Penggunaannya diantaranya untuk terminal 3, ini pokoknya konsentrasi untuk Jakarta (Soetta)," kata Budi Karya di Bandung‎, Jumat 19 Februari 2016.

Dikatakan Budi, dalam pengembangan beberapa bandara, AP II selama ini memang masih mengandalkan fasilitas pinjaman dari dalam negeri. Mulai dari perbankan, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), kredit sindikasi dan obligasi. Selengkapnya baca di sini

3. Perjuangan RI Gagalkan Prancis Terapkan Pajak Tinggi Sawit

Ekspor kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) Indonesia kerap terganjal aturan pajak tinggi dari negara lain. Salah satunya pemerintah Prancis yang berencana menerapkan pajak super bagi produk sawit mulai 2017.

Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit Bayu Krisnamurthi mengatakan, Indonesia sedang terbelit masalah pajak progresif dari pemerintah Prancis. Itu karena ekspor CPO yang selama ini menjadi andalan Indonesia bakal terganggu dengan kebijakan pajak tersebut.  Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
Menperin Dorong Smelter Kembangkan Industri Pemasok Otomotif

Liputan6.com, Naoshima - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong industri pengolahan dan pemurnian hasil tambang/smelter memperluas produksi dan investasi sehingga menciptakan nilai tambah lebih tinggi.

Langkah itu diharapkan memperkuat struktur industri karena memasok kebutuhan bagi industri lainnya.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan hal itu saat mengunjungi smelter tembaga milik Mitsubishi Materials di Naoshima, Jepang pada Jumat 19 Februari 2016.

Di Indonesia, Mitsubishi Materials telah membangun dan mengoperasikan PT Smelting di Gresik, Jawa Timur.

Menggenggam saham mayoritas, Mitsubishi Materials bermitra dengan pemegang saham lainnya yaitu PT Freeport Indonesia, Mitsubishi Corporation dan Nippon Mining and Metals Co Ltd.

Baca Juga

  • Menperin Minta Jepang Bangun Industri Komponen Otomotif di RI
  • Menperin: Kawasan Industri Mampu Tarik Investasi
  • Kemenperin Pastikan Roadmap IHT Dibahas Lintas Instansi

Source: liputan6.com
Jamkrindo Jamin KUR Rp 8 Triliun Hingga Februari

Liputan6.com, Jakarta - Perum Jamkrindo merupakan salah satu lembaga pembiayaan non perbankan yang ditugaskan pemerintah untuk menyalurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Tahun ini, pemerintah menargetkan mampu menyalurkan KUR sebesar Rp 102 triliun.

Direktur Utama Perum Jamkrindo Diding S Anwar mengatakan, pihaknya menargetkan mampu melakukan penjaminan KUR sebesar Rp 50 triliun dalam Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) dengan adanya target KUR pemerintah.

"Kita mau ngejar target volume penjaminan KUR tahun ini Rp 115 triliun, untuk program KUR Rp 50 triliun, yang non program Rp 65 triliun," kata Diding saat berbincang dengan wartawan, Sabtu (20/2/2016).

Diding menuturkan, realisasi penjaminan KUR sampai pertengahan Februari ini sudah mencapai Rp 8 triliun. Ada pun dana tersebut mayoritas masih untuk penjaminan ke sektor perdagangan dan jasa.

Baca Juga

  • Perbankan Tak Wajib Hilangkan Agunan dalam Penyaluran KUR
  • Alasan Menkop UKM Siapkan Koperasi Jadi Penyalur KUR
  • Penyaluran KUR Bertambah Jadi Rp 103,2 Triliun di 2016

Source: liputan6.com
Bulog Bakal Jamin 3 Komoditas Pangan

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dalam rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi telah memastikan Perum Bulog hanya akan menjamin tiga komoditas pangan.

Deputi Bidang Industri Agro dan Farmasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Wahyu Kuncoro mengungkapkan perluasan kewenangan Bulog tersebut akan didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres).

"Jadi pastinya nanti mungkin hanya tiga komoditas pangan saja, yaitu beras, jagung dan kedelai. Sebelumnya pangan pokok itu ada 11 komoditas, itu jadinya hanya tiga," kata Wahyu saat berbincang dengan wartawan, Sabtu (20/2/2016).

Wahyu menuturkan, salah satu yang akan diputuskan untuk menguatkan peran Bulog tersebut akan ada Instruksi Presiden (inpres) yang menetapkan pengadaan harga gabah kering panen‎.

Baca Juga

  • Bulog Siap Beli 445.500 Ton Jagung Impor untuk Pakan Ternak
  • Jaga Harga Daging Sapi, Ini Pesan Mendag untuk Bulog
  • Ini Strategi Pemerintah Wujudkan Ketahanan Pangan

Source: liputan6.com
BI Rate Turun, BNI Masih Pertimbangkan Pangkas Bunga Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) telah memutuskan menurunkan suku bunga acuannya/BI Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 7 persen pada Kamis 18 Februari 2016.

Menanggapi hal itu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, mengaku masih mau melakukan perhitungan terlebih dahulu untuk menyelaraskan penurunan bunga kreditnya.

"‎Nanti kita lihat dan hitung lagi, bagaimana tingkat likuiditas di pasar kalau memang masih bagus mungkin kita akan menurunkan suku bunganya," kata Direktur Utama BNI, Achmad Baiquini saat berbincang dengan wartawan yang ditulis, Sabtu (20/2/2016).

Baiquni menambahkan, penghitungan ulang yang dilakukannya karena pada penurunan BI rate sebelumnya, BNI juga sudah melakukan penyesuaian bunga kredit sebesar 25 bps. Penurunan bunga tersebut untuk kredit yang jumlahnya tidak terlalu besar.

Baca Juga

  • BI Kembali Turunkan Bunga Acuan Jadi 7%
  • BI Rate Turun, BCA Juga Siap Pangkas Bunga Kredit?
  • BI Rate Turun Positif untuk Pasar Modal

Source: liputan6.com
Pemerintah Dukung Pembangunan Kilang Mini

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan kilang mini dinilai menjadi alternatif pembangunan kilang yang lebih murah. Kementerian Koordinator Maritim dan Sumber Daya mendukung rencana pembangunan kilang mini.

Menko Maritim Rizal Ramli menegaskan, pembangunan kilang mini dapat memangkas ongkos biaya produksi sebesar 50 persen. Dengan demikian, Ia menilai lebih efisien karena tidak melewati jalur distribusi yang cukup panjang mengingat posisi kilang minyak yang berdekatan dengan mulut sumur.

"Pemerintah mendorong adanya kilang mini di Indonesia karena ini akan menekan harga hingga 50 persen dengan rincian hemat biaya tanker 20 persen, margin keuntungan 10 persen tax 10 persen dan asuransi 10 persen," kata Rizal Ramli, di Jakarta ditulis Sabtu (20/2/2016).

Kilang jenis ini cukup dengan biaya pembangunan sebesar US$ 50 – US$ 150 juta untuk kapasitas 6.000 sampai dengan 18.000 barel per hari. Dengan membangun 10 kilang mini misalnya, bisa mendapatkan kapasitas hampir 100.000 – 200.000 barel per hari dengan biaya investasi yang jauh lebih rendah, jika dihitung secara proporsional per barelnya.

Baca Juga

  • Tanpa Bangun Kilang Baru, RI Bisa Jadi Pengimpor BBM Terbesar
  • Begini Cara Pemerintah Penuhi BBM di Daerah Terpencil
  • Pembangunan Kilang Mini Bisa Bantu RI Tekan Impor BBM

Source: liputan6.com
Koridor MRT Masuk Tahap Konstruksi Pemasangan Gelagar

Liputan6.com, Jakarta - Proyek MRT Jakarta telah memasuki tahapan pada pekerjaan konstruksi struktur layang MRT berupa pemasangan gelagar (box girder) di jalan Fatmawati pada Kamis malam 18 Februari 2016. Pekerjaannya itu tepat di depan jalan Madrasah.

Pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan konstruksi untuk pembangunan koridor jalur layang MRT. Untuk tiap satu bentangan antar tiang/kolom jalur layang MRT sepanjang 40 meter akan dipasang sejumlah 16 buah gelagar.

Target pemasangan gelagar per hari yaitu sejumlah 3-5 buah gelagar, dengan waktu pelaksanaan pekerjaan di malam hari mulai pukul 22.00-04.00 WIB. Demikian mengutip dari keterangan tertulis Sabtu (20/2/2016).

Terdapat dua buah alat launching gantry untuk pekerjaan pemasangan gelagar ini. Launching gantry pertama beroperasi mulai dari area perbatasan stasiun MRT Haji Nawi (depan Jalan Madrasah) menuju arah selatan hingga area konstruksi special bridge MRT di atas JORR, Jalan TB Simatupang.

Baca Juga

  • Setahun Jokowi-JK, Proyek Kereta Cepat hingga MRT Dikebut
  • Ini Manfaat Kehadiran MRT di Jakarta
  • Kota Mana yang Punya MRT Terpanjang di Dunia?

Source: liputan6.com
Investor AS Siap Kembangkan Pembangkit Listrik di RI

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan kelistrikan ternama Amerika Serikat (AS) menyampaikan minatnya untuk membangun software monitoring center di Indonesia.

Software monitoring center ini akan berfungsi dalam melakukan digitalisasi pembangkit listrik hingga 10 GW.

Minat tersebut disampaikan dalam kunjungan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani ke San Fransisco, Amerika Serikat saat mendampingi Presiden Joko Widodo.
Franky mengemukakan, digital power plant akan membutuhkan banyak engineers dan akan menjadi salah satu pusat digital center yang terbesar di luar AS.

"Ini proyek yang sangat strategis dan sejalan dengan pernyataan Presiden untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat perekonomian digital di ASEAN," ujar dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/02/2016).

Presiden Jokowi dalam lawatannya ke San Fransisco menghadiri KTT ASEAN serta mengunjungi beberapa perusahaan teknologi informasi. Ia menargetkan, Indonesia dapat menjadi pusat ekonomi digital pada 2020.

Baca Juga

  • Kepala BKPM akan Promosikan Perubahan DNI ke Investor AS
  • Kepala BKPM Apresiasi Peningkatan Investasi Jepang di Banten
  • BKPM Siapkan Insentif untuk Industri Berorientasi Ekspor

Source: liputan6.com
China Kucurkan US$ 30 Miliar di Pasar Properti

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah goncangan ekonomi yang melanda, China mampu meneguhkan industri propertinya di tengah pasar barat.

Melansir laman Forbes, Sabtu (20/2/2016) volume transaksi mampu mencapai level US$ 30 miliar atau sekitar Rp 403,85 triliun (asumsi kurs Rp 13.461 per dolar Amerika Serikat) pada 2015. Besaran ini dua kali lebih besar dibanding 2014.

Laporan menunjukkan nilai transaksi yang besar tersebut disumbang dari sebagian besar dari kesepakatan yang dibuat oleh pembeli asal China.

Dua pemain terbesar adalah developer dan perusahaan asuransi. Data menunjukkan dari 20 pemain yang membuat kesepakatan investasi di 2015, 14 diantaranya merupakan developer sementara 6 di antaranya merupakan perusahaan asuransi.

Baca Juga

  • Kelas Menengah Jadi Pendorong Properti 2016
  • Investasi Properti China dan Hong Kong Masih Menjanjikan di 2016
  • MEA Berlangsung, Minat Ekspatriat di Sektor Properti Menggeliat

Source: liputan6.com
Ingin Daging Sapi Murah? Yuk Datangi Bazar Ini

Liputan6.com, Jakarta - Ingin mendapatkan harga daging sapi murah sambil membantu peternak sapi Indonesia? Yuk datang ke bazar daging sapi lokal murah pada Minggu 21 Februari 2016 yang diselenggarakan oleh. Pasar Organik Jakarta.

Acara tersebut akan digelar di car free day Thamrin di Jalan Sunda. Pelaksana Pasar Organik Jakarta Netta menuturkan, gelar bazar daging sapi lokal murah ini untuk membantu masyarakat mendapatkan harga daging murah. Selain itu juga agar harga daging sapi dapat kembali stabil.

"Harga daging sapi sekarang sekitar Rp 130 ribu per Kilogram. Jadi bazar daging sapi lokal murah ini dapat membantu masyarakat, sehingga lama-lama nanti harga daging sapi murah. Lalu membantu peternak lokal. Karena peternak lokal kalah dengan impor," ujar Netta saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (20/2/2016).

Baca Juga

  • Harga Kebutuhan Pangan Masih Tinggi
  • Jabodetabek Dapat Tambahan 300 Ekor Sapi dari NTT
  • Harga Daging Ras Dongkrak Angka Inflasi pada Januari 2016

Source: liputan6.com
Top 3: 5 Tanda Sudah Jago Atur Uang

Liputan6.com, Jakarta - Mengoptimalkan jumlah uang yang didapat bukanlah hal mudah. Namun bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya.

Kebutuhan hidup semakin meningkat berdampak pada kondisi keuangan yang harus diperhatikan. Hal ini dapat dilakukan dengan memprioritaskan kebutuhan utama terlebih dahulu dari pada kebutuhan lain yang bersifat sementara dalam jangka pendek.

Artikel 5 tanda Anda sudah jago atur uang telah menyita perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com pada Sabtu sore (20/2/2016). Ingin tahu artikel mana lainnya yang menyita perhatian di kanal bisnis? Berikut tiga artikel terpopuler yang dirangkum pada Sabtu pekan ini:

1. 5 Tanda Anda Sudah Jago Atur Uang

Mengoptimalkan jumlah uang yang didapat bukanlah hal mudah. Namun bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya.

Kebutuhan hidup yang semakin meningkat berdampak pada kondisi keuangan yang harus diperhatikan. Hal ini dapat dilakukan dengan memprioritaskan kebutuhan utama terlebih dahulu daripada kebutuhan lain yang bersifat sementara dalam jangka pendek. Selengkapnya baca di sini

2. Perbedaan Proposal Proyek Kereta Cepat China dan Jepang

Pemerintah memutuskan bermitra dengan China untuk membangun mega proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Terpilihnya China sebagai mitra pembangunan proyek kereta cepat bukanlah mudah. China telah mengalahkan Jepang dalam sayembara yang dilakukan oleh pemerintah. Setelah itu, China harus membentuk anak usaha baru dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam menggarap proyek senilai Rp 77 triliun ini.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Liputan6.com, seperti ditulis Sabtu 20 Februari 2016‎ ada banyak perbedaan dalam proposal yang ditawarkan antara China dengan Jepang. Selengkapnya baca di sini


3. Cari Hunian? Ini Daftar Rumah Subsidi Terbaru

Program Sejuta Rumah yang dibesut pemerintah sejak akhir April 2015 disambut antusias oleh pengembang.

Hal ini terlihat dari maraknya produk rumah subsidi yang dipasarkan pengembang dalam ajang Indonesia Properti Expo (IPE) 2016.

Dari hasil pemantauan Rumah.com di lokasi, booth rumah subsidi yang dapat dibeli dengan KPR FLPP berada Hall B Jakarta Convention Center (JCC), berdekatan dengan booth Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) dan Perumnas.

Di sini, pengembang umumnya menawarkan rumah subsidi dengan harga Rp 100 jutaan. Namun, lokasinya sebagian besar berada Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Banten, dan Karawang.

Digelar 13 – 21 Februari 2016, event IPE menampilkan 660 proyek yang dikembangkan 209 peserta pameran. Lokasi proyek properti yang dipasarkan  tersebar di seluruh Tanah Air, mulai Jabodetabek, Bandung, Medan, Balikpapan, Semarang, Surabaya, Manado, hingga Papua. Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
BKPM Siap Terapkan Langsung Konstruksi di Kawasan Industri

Source: liputan6.com