Prev Febuari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
31 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
Berita Kurs Dollar pada hari Kamis, 04 Febuari 2016
UANGPEDIA: Tips Sukses Investasi Reksa Dana Saham

Liputan6.com, Jakarta - Reksa dana saham merupakan salah satu produk investasi yang dapat menjadi pilihan terutama bagi Anda yang masih muda dan produktif. Apalagi bagi Anda yang memiliki tujuan keuangan jangka panjang.

Presiden Direktur PT Aberdeen Asset Management Sigit Pratama Wiryadi menuturkan berinvestasi terutama reksa dana saham sebaiknya jangka panjang misalkan 3-5 tahun. Dengan berinvestasi reksa dana saham yang dilakukan berkala seperti konsep menabung maka dapat dilihat hasil investasi tersebut.

Ingin tahu bagaimana tips berinvestasi di reksa dana saham? Kapan sebaiknya mulai investasi reksa dana saham? Berikut wawancara Liputan6.com dengan Presiden Direktur PT Aberdeen Asset Management Sigit Pratama Wiryadi (Ahm/ Ndw)


Source: liputan6.com
Intip Mewahnya Pesawat Miliarder, Tarif Rp 205 Juta per Jam

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda ingin berpergian ke berbagai daerah, pesawat terbang bisa menjadi pilihan transportasi yang menguntungkan. Selain mampu menjangkau ke berbagai tempat yang memiliki jarak yang jauh, pesawat terbang pun mampu menghemat waktu Anda dalam perjalanan.

Namun bagaimana jika pesawat terbang yang Anda naiki tidak hanya mengantar Anda pada destinasi tujuan, tetapi juga mampu memberikan servis luar biasa sekelas hotel bintang lima? Anda mungkin ketagihan untuk menaikinya.

Maskapai tersebut bernamaZetta Jet. Melansir lamanscmp.com, Senin (1/2/2016), Zetta Jet merupakan maskapai penerbangan yang dikhususkan untuk melayani perjalanan para miliarder.

Baca Juga

  • Penampakan Mewah 6 Ponsel Termahal di Dunia
  • 5 Tiket Kereta Termahal di Dunia, Berapa Harganya?
  • 6 Mainan Termahal di Dunia

Source: liputan6.com
Mengintip Kemewahan Pesawat Miliarder, Tarif Rp 205 Juta per Jam

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda ingin berpergian ke berbagai daerah, pesawat terbang bisa menjadi pilihan transportasi yang menguntungkan. Selain mampu menjangkau ke berbagai tempat yang memiliki jarak yang jauh, pesawat terbang pun mampu menghemat waktu Anda dalam perjalanan.

Namun bagaimana jika pesawat terbang yang Anda naiki tidak hanya mengantar Anda pada destinasi tujuan, tetapi juga mampu memberikan servis luar biasa sekelas hotel bintang lima? Anda mungkin ketagihan untuk menaikinya.

Maskapai tersebut bernamaZetta Jet. Melansir lamanscmp.com, Senin (1/2/2016), Zetta Jet merupakan maskapai penerbangan yang dikhususkan untuk melayani perjalanan para miliarder.

Baca Juga

  • Penampakan Mewah 6 Ponsel Termahal di Dunia
  • 5 Tiket Kereta Termahal di Dunia, Berapa Harganya?
  • 6 Mainan Termahal di Dunia

Source: liputan6.com
Mau Cepat Dapat Kerja? Cantumkan 7 Hal Ini di CV Anda

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang bilang bahwa CV merupakan gerbang awal pencitraan diri Anda terhadap calon perusahaan. Banyak kandidat pencari kerja yang tidak juga mendapat pekerjaan yang mereka inginkan dikarenakan CV mereka tidak sesuai dengan apa yang perusahaan tersebut inginkan.

Hal apa sajakah yang seharusnya harus ada dalam sebuah CV lamaran kerja? Berikut ulasannya dari laman Business Insider, Kamis (4/2/2016):

Informasi kontak

Hal ini memang terdengar sederhana, namun seringkali ada beberapa kandidat pelamar yang lupa untuk mencantumkan hal ini pada CV yang mereka miliki.

Pastikan Anda memasukkan informasi dasar mengenai diri Anda di bagian awal CV. Informasi dasar ini seperti nama, nomor telefon yang bisa dihubungi, alamat email serta alamat website referensi lain yang dapat dijadikan acuan HRD untuk mengetahui Anda lebih jauh.

Jabatan professional

Menyertakan jabatan professional seperti ‘Senior Marketing Manager’ atau ‘Sales Executive’ dibawah nama Anda akan dapat mempermudah HRD mengenali Anda.

Selain itu, jabatan professional juga dapat berguna untuk memperlihatkan posisi apa yang sebenarnya Anda cari dalam perusahaan tersebut.

Deskripsi kerja

Sangat penting bagi Anda untuk menuliskan deskripsi pekerjaan Anda sebelumnya dalam CV. Hal ini dimaksudkan agar pihak HRD mengerti betul mengenai seluk beluk pekerjaan yang sudah pernah Anda lakukan sebelumnya


Source: liputan6.com
Keunikan Arsitektur yang Tiru Bentuk Hewan

Liputan6.com, Jakarta - Keindahan alam kerap menjadi inspirasi bagi arsitektur dalam mendesain bangunan. Baik untuk memilih bahan bangunan yang ramah lingkungan untuk pembangunan, sampai dengan bentuk lanskap yang menyerupai flora dan fauna.

Hal ini disebut sebagai biomimicry, yang menggambarkan sebuah fauna ke dalam bentuk arsitektur. Dinukil dari inhabitat.com dan Rumah.com, berikut ini enam proyek arsitektur yang dibangun menyerupai hewan seperti ditulis Kamis (4/2/2016).

Rumah Kerang Milik Javier Senosiain

Cangkang kerang telah menjadi inspirasi pembangunan beberapa gedung di Monte Carlo, Jepang dan Meksiko. Namun bentuk ini masih jarang diadaptasi untuk rumah. Inilah yang membuat seorang arsitek bernama Javier Senosiain mendesain rumahnya mirip kerang.

Rumah ini dilengkapi oleh pintu kaca, anak tangga berbentuk spiral yang dibangun di atas ruang tamu. Hasilnya, sebuah rumah cantik yang menarik untuk ditempati.

 

Paviliun Universitas Stuttfart

Institute Computational Design (ICD) dan Institute of Building Structures and Structural Design (ITKE) di Universitas Stuttgart telah menciptakan paviliun yang mengeksplor biomimikri.

Pada 2014, kampus ini memiliki struktur yang terbuat dari serat karbon dan kaca terinspirasi dari bentuk kumbang. Geometri bangunan ini dibalut oleh cangkang dua lapis yang dibangun dengan tujuan efisiensi pembangunan.

 

Menara Observasi RMJM Zhuhai

Di pusat perbelanjaan dan restoran area Zhuhai, China, desainer RMJM membangun menara setinggi 330 kaki yang bentuknya mirip seperti ikan raksasa melompat keluar dari delta sungai Pearl. Bangunan ini dilengkapi oleh panel alumunium berlubang untuk melindungi struktur dari matahari.

Bentuk ikan melompat ini berusaha melambangkan pertumbuhan yang cepat serta kemakmuran Zhuhai. Pengunjung dapat melihat secara jelas bentuk bangunan ini dari lantai teras atas observasi.

 

Taman Mengapung Berbentuk Ikan Paus

Desainer visioner Vincent Callebaut memiliki imajinasi yang fantantis dalam membangunan sebuah bangunan. Setelah membangun konsep taman vertikal berbentuk capung di New York, kini ia merencanakan sebuah taman berbentuk ikan paus yang mengapung melalui sungai di dunia, serta bisa membersihkan air selagi berenang.

Ekosistem mandiri ini dibantu oleh kekuatan panel surya dan turbin hidro yang dibangun untuk taman biofiltrasi.

 

Museum prasejarah Jeongkok dari Korea

Ternyata museum prasejarah bisa terinspirasi dari bentuk mahluk merayap kuno seperti ular. Namun daya tarik dari bangunan ini juga semakin bertambah dengan adanya lapisan krom yang futuristik. Dilengkapi dengan dinding ganda untuk mengatur suhu interior, Pada malam harinya, cahaya bersinar keluar melalui pori-pori logam ular.

 

Jembatan Naga di atas Sungai Han Vietnam

Model arsitektur tak biasa lainnya juga bisa kita lihat dari jembatan Vietnam Han berikut ini. Tidak hanya dilengkapi oleh jembatan baja berbentuk naga terpanjang di dunia (545 kaki), bangunan ini juga memiliki 2.500 lampu LED, sehingga ada mahluk fiksi bersinar yang sesekali menyemburkan air dan bernapas api. (Isnaini K/Ahm)


Source: liputan6.com
BUSINESS TALK: Nasib Industri Kertas di Era Digital

Liputan6.com, Jakarta - Industri pulp dan kertas masih menjadi industri yang menjanjikan. Semakin bertambahnya jumlah populasi dunia mengakibatkan semakin terbuka lebar pula kesempatan industri ini untuk melebarkan sayap bisnisnya.

Dalam wawancara khusus dengan Liputan6.com, Presiden Direktur PT Riau Andalan Pulp and Paper Tbk (RAPP) dan Managing Director APRIL Group Indonesia Operations, Tony Wenas yakin betul Industri kertas memiliki masa depan yang cerah.

"Dengan bertambahnya orang maka bertambah pula orang yang akan menggunakan kertas terutama mereka yang masuk sekolah karena orang yang pertama kali masuk sekolah akan pakai kertas dan pulpen untuk belajar," ungkapnya saat ditemui di Jakarta, Rabu 20 Januari 2016.

Dengan pertumbuhan ekonomi dunia sekitar 2,5-3 persen dan pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,4 persen pada tahun ini, Tony memprediksi industri pulp dan keratas dapat tumbuh sekitar 3 persen.

Persoalan kebakaran yang kemarin sempat menjadi perhatian masyarakat pun dikabarkan tidak berpengaruh terlalu signifikan terhadap industri pulp dan kertas milik RAPP. Pengaruh hanya datang dari asap yang diakibatkan dari kebakaran hutan tersebut.

"Kalau di Riau sendiri presentase kebakaran hutan cenderung kecil, tapi asapnya datang ke Riau sehingga itu yang mengganggu kita," tuturnya.

Mau tahu bagaimana nasib industri kertas di era digital, simak wawancara lengkap Liputan6.com dengan Presiden Direktur PT Riau Andalan Pulp and Paper Tbk dan Managing Director APRIL Group Indonesia Operations, Tony Wenas:

 

 


Source: liputan6.com
7 Cara Jitu Menghemat Uang Jajan

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai manusia kita pastinya akan memerlukan sebuah kebutuhan yang bernama jajan. Apalagi dengan segudang aktivitas yang ada, tentu memenuhi kebutuhan pokok saja seperti sarapan, makan siang, dan makan malam belum cukup.

Mereka membutuhkan asupan makanan lain sebagai energi tambahan disaat waktu luang atau waktu diantara tiga jadwal makan tersebut. Nah, disinilah kemudian muncul kebutuhan akan jajan. Jajanan yang berupa makanan ringan sendiri bisa berwujud aneka jenis camilan atau minuman.

Namun meskipun hanya berupa jajanan, kita sebagai penikmatnya haruslah tetap bisa berhemat. Lalu bagaimana cara jitu untuk bisa menghemat uang jajan ini dengan baik? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Cermati.com, Kamis (4/2/2016):

1.  Jangan lupa sarapan

Kenapa harus sarapan? Sebab dengan sarapan kita akan menjadi kenyang dan saat telah kenyang maka keinginan untuk jajan pun akan berkurang.

Salah satu keinginan dan hasrat untuk jajan memang bisa diawali karena rasa lapar. Maka ketika lapar kita akan lebih mudah untuk tertarik pada jajanan yang melintas di depan mata atau juga mendatangi tempat orang menjual jajanan.

Untuk Anda yang sedang merencanakan program penghematan uang jajan, Anda bisa membuat perut Anda kenyang dulu sebelum beraktivitas dengan cara sarapan.

2. Jangan malu membawa bekal

Dengan adanya bekal makanan ini maka Anda akan sulit berpaling ke menu jajanan di sekitar Anda. Dari sini maka pengeluaran Anda untuk jajan akan berkurang dan Anda pun bisa berhemat dengan baik.

Namun sayangnya kebiasaan membawa bekal ke tempat aktivitas ini sulit dilakukan oleh kebanyakan orang Indonesia sebab rasa gengsi dan malu mereka masih sangat besar.

Dari sini pengeluaran jajan pun masih tetap saja menjadi besar. Ingat juga bahwa bekal makanan ini bukan harus berupa makanan berat seperti nasi dan lauk pauknya, Anda juga bisa membawa bekal berupa makanan ringan yag bergizi seperti roti sandwich plus air minum.

3. Hindari membawa uang tunai

Kebanyakan orang akan membeli uang jajan secara langsung saat ia menginginkannya  ketika ia memiliki uang tunai di dompetnya.

Dengan adanya uang tunai ini maka kebanyakan orang memang akan sangat mudah untuk membelanjakan apa saja termasuk jajanan. Lalu bagaimana jika kita membutuhkan sesuatu yang penting dengan biaya uang? Anda bisa mengandalkan mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) untuk mengambil uang.


Source: liputan6.com
Cerita di Balik Penutupan Pabrik Panasonic dan Toshiba

Liputan6.com, Jakarta - Penutupan tiga pabrik Toshiba dan Panasonic di Indonesia membawa dampak pemutusan hubungan kerja (PHK) sebanyak lebih dari 2.500 karyawan. Hal ini terimbas dari lesunya penjualan produk elektronik dua perusahaan raksasa asal Jepang itu akibat penurunan daya beli masyarakat.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja (KSPI) Said Iqbal mengungkapkan, Toshiba telah menutup pabrik televisi di Kawasan Industri Cikarang, Jawa Barat. Padahal satu pabrik ini yang tersisa dari enam perusahaan Toshiba lain yang sudah tutup sebelumnya dalam 10 tahun terakhir.

"Yang tutup ini adalah pabrik  televisi Toshiba terbesar di Indonesia, selain di Jepang. Karyawan yang di PHK lebih dari 900 orang," tegasnya saat Konferensi Pers di Jakarta, Selasa, 2 Februari 2016.

Said mengatakan, penutupan pabrik bakal dieksekusi pada April 2016. Saat ini, sedang terjadi proses negosiasi pesangon antara manajemen perusahaan dengan serikat pekerja pabrik tersebut.



Perusahaan lainnya, kata Said yang ikut terhantam pemburukan ekonomi adalah Panasonic lighting. Sebanyak dua pabriknya resmi ditutup, seperti Panasonic Lighting Indonesia (PLI) di Pasuruan, Jawa Timur di awal Januari ini dan satu pabrik lainnya di Kawasan Industri Bekasi pada Februari 2016.

"Pabrik di Pasuruan mempekerjakan lebih dari 600 orang dan sudah di PHK. Sedangkan pabrik yang di Bekasi PHK hampir 1.000 lebih karyawan," ucap Said.

Dari data yang diterima, sampai Rabu ini tercatat buruh yang terkena PHK mencapai 2.145 orang dari dua perusahaan elektronik ternama itu.

Berikut data rinci jumlah PHK di Toshiba dan Panasonic versi KSPI, yaitu:

1. Sebanyak 865 orang terkena PHK di PT Toshiba Consumer products Indonesia. Pabrik ini beralamat di Jalan Citanduy Raya Park Plot 5G di kawasan EJIP Industrial Cikarang Selatan.

Perusahaan memulai perundingan pesangon dengan serikat pekerja pada 5 Januari 2016. Pengusaha menyatakan penutupan perusahaan bukan karena persoalan kenaikan upah, tapi karena daya beli masyarakat menurun secara domestik dan global. Perusahaan ini memproduksi televisi dan mesin cuci untuk pasar domestik dan dunia.

2. Sekitar 2. 480 buruh terkena PHK di PT Panasonic Gobel Eco Solutions Manufacturing Indonesia (PT PESGMFID) yang berlokasi di kawasan Industri Ejip Industrial Park Plot 3d Cikarang, Bekasi. Perusahaan ini memproduksi alat-alat listrik dan lampu yang dipasarkan mayoritas ke pasar domestik.

Rencananya perundingan nilai pesangon akan selesai di akhir Februari. Penutupan dikatakan bukan karena persoalan kenaikan upah.

3. Sebanyak 3. 800 buruh kena PHK di pabrik PT Panasonic Lighting Indonesia (PT PLI) yang berlokasi di kawasan Industri PIER Jalan Rembang Industri Raya 47 di Pasuruan.

Perusahaan ini memproduksi lighting yang ditujukan ke pasar domestik dan global. Proses perundingan pesangon sudah selesai pada September 2015 dan serikat pekerja secara resmi melaporkan proses PHK selesai pada Januari 2016 ini.

Alasan di balik tutupnya pabrik Panasonic

Menanggapi hal ini, Chairman Panasonic Gobel Group, Rachmat Gobel menegaskan pihaknya tengah melakukan rasionalisasi. Panasonic, lanjut Gobel akan merestrukturisasi tiga pabrik lampu yang dimilikinya di Indonesia.

"Panasonic enggak tutup pabriknya, kita itu melakukan rasionalisasi pabrik lighting," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta.

 ‎Sebagai gambaran, lanjut Rachmat, saat ini Panasonic mempunyai sejumlah pabrik dengan berbagai macam produk. Antara lain pabrik alat rumah tangga, produk energi seperti baterai, produk alat kesehatan, produk alat kelistrikan seperti lampu, bohlam, dan lighting feature, serta pabrik komponen yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau.

"Pabrik lighting yang ada bohlam lampu, tadinya ada tiga di Indonesia, yaitu Panasonic, Philips dan Osram. Nah setahu saya sekarang mereka sudah tidak ada, satu-satunya tinggal Panasonic," kata dia.

Menurut Rachmat, ‎sesuai dengan perkembangan zaman, produk lampu bohlam mulai digantikan dengan produk lampu light emitting diode (LED), maka Panasonic memutuskan untuk mengalihkan produksinya ke lampu LED. Tiga pabrik lampu Panasonic yang ada yaitu di Cikarang, Cileungsi dan Pasuruan akan dilebur menjadi dua pabrik yang bakal memproduksi lampu LED.

"Kita lakukan rasionalisasi dan restrukturisasi dan dua pabrik dijadikan satu menjadikan pabrik yang punya teknologi dan added value (nilai tambah). Karena trennya teknologinya mulai ke LED, kita mulai masuk ke sana," kata dia.

Rachmat mengungkapkan, rencananya Panasonic akan menutup pabrik lampu yang ada di Cikarang, Jawa Barat. Sedangkan yang akan dipertahankan yaitu pabrik yang berlokasi di Pasuruan dan Cileungsi.

"Pabriknya memang ada tiga lokasi, itu kita jadikan satu. Salah satu tempat ditutup, karena kan efisien, yang biasanya dilakukan di tiga pabrik kini gabung. Yang dihentikan di Cikarang. Di Pasuruan belum, satu lagi di Cileungsi. Itu biasa dalam manajemen, Panasonic kan punya komitmen di Indonesia jadi produk yang kita ciptakan mengikuti perkembangan zaman," kata Mantan Menteri Perdagangan ini.

PHK Karyawan

Rachmat mengakui adanya dampaknya dari restrukturisasi tersebut. Perusahaan terpaksa melakukan pengurangan pekerja di pabrik yang dilebur tersebut.

Saat ini Panasonic memiliki sekitar 20 ribu pekerja. Lantaran adanya rencana rasionalisasi ini, perusahaan terpaksa melakukan pengurangan tenaga kerja sekitar 1.000 orang.

"Itu otomatis karena kita lakukan rasionalisasi mesin dan added value kan teknologinya lebih advance, pasti terjadi (pengurangan tenaga kerja) tidak bisa tidak. Panasonic punya karyawan mencapai lebih dari 20 ribu orang, ‎ini cuma sekitar 1.500 atau 1.000 orang sekian lah," ujarnya.

Namun demikian, jika program restrukturisasi pabrik ini telah berjalan dengan baik dan kembali terjadi peningkatan produksi, maka bukan tidak mungkin akan ada penyerapan tenaga kerja yang lebih besar.

"Bahkan dengan adanya peningkatan produksi dari produk baru nanti, nanti mungkin ada penambahan tenaga kerja kembali," kata dia.

Rachmat berpesan, serikat pekerja agar tidak selalu melakukan tuntutan tanpa peningkatan produktivitas dan memikirkan keberlangsungan perusahaan.

‎"Tapi yang penting industrinya jalan, serikat pekerja hanya menuntut tidak perduli industrinya jalan atau tidak. Yang kita perlukan bangun industrinya dulu, karena kan ada industrinya dulu baru ada serikat pekerja. Sekarang saya turunkan (jumlah pekerja), tapi kalau ada peningkatan produksinya nanti akan saya tambah lagi. Tapi kan industrinya harus dikembangkan dulu," tandasnya.

Toshiba PHK karyawan

Salah satu perusahaan elektronik asal Jepang, Toshiba, dikabarkan melakukan pengurangan tenaga kerjanya. Kabarnya pengurangan tenaga kerja ini sebagai dampak dari penutupan pabrik di Indonesia.

Manager HRD PT Toshiba Consumer Products Indonesia, Uis Al-Qarni membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan soal pengurangan tenaga kerja ini sebenarnya sudah diumumkan sejak akhir tahun lalu.

"Iya benar, sudah dari Desember, sudah ada pengumumannya. Itu sekitar 40 persen dari 900 pekerja (hasil sementara), dari lini televisi dan mesin cuci," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Namun demikian, Uis mengatakan pabrik televisi dan mesin cuci akan tetap ada. Lantaran, pabrik tersebut akan diakuisisi oleh perusahaan asal Hongkong, Skywards. Sehingga kepemilikannya akan beralih dari Toshiba ke Skywards. Namun menurut Uis tidak semua pekerja akan diberhentikan.

"Ini sahamnya diakuisisi oleh perusahaan lain Skywards. Pengurangan tenaga kerja hanya sebentar, mungkin akan ditambah lagi oleh Skywards karena mereka akan ada lagi produk baru yang akan ‎diproduksi di sini," kata dia.

Uis menyatakan, proses pengurangan tenaga kerja saat ini masih berlangsung. Kini tengah ada perundingan antara pihak manajemen dan pekerja. Namun dia memastikan ‎saat ini semua karyawan masih bekerja secara normal.

"Sejauh ini proses PHK lancar, sedang ada perundingan untuk penyelesaian, dan biasanya itu wajar. Ada pemintaan karyawan seperti apa dan kemampuan perusahaan seperti apa, lancar tidaknya kamilihat dari waktu, ini prosesnya baru sebulan. Masih pembicaraan dasar saja. Sampai sekarang masih 100 persen, kalau 900 pekerja mungkin ini nanti akan ditentukan di akhir Maret," tutur dia.

Kalah saing dari China

Bos Panasonic Gobel Indonesia, Rachmat Gobel mengakui salah satu pabriknya tutup dan sejumlah karyawan di PHK. Salah satu alasannya adalah produk yang kalah bersaing dengan produk impor China.

Pabrik yang ditutup adalah Panasonic Lighting Indonesia yang memproduksi bohlam lampu. Pabrik tersebut akan ditutup karena produknyan tak lagi memiliki daya saing. Panasonic akan mengubah tren dengan membuat lampu light emitting diode (LED).

"Sekarang Panasonic sudah tidak bisa lagi membuat karena memang produk itu tidak ada daya saing lagi, karena kita tidak mampu menghadapi barang impor dari China," ungkap dia.

Rachmat menjelaskan, dengan melakukan rasionalisasi dan restrukturisasi pabrik-pabrik yang dioperasikan oleh Panasonic ini, maka perusahaan akan bisa fokus kepada produksi produk yang sesuai dengan perkembangan jaman dan permintaan pasar.

"Kita lakukan rasionalisasi dan restrukturisasi dan dua pabrik dijadikan satu menjadikan pabrik yang punya teknologi dan adedd value. Karena trennya teknologinya mulai ke LED, kita mulai masuk ke sana," kata dia.



Sementara itu Kepala BKPM Franky Sibarani mengaku telah memperoleh informasi bahwa Panasonic dan Toshiba melakukan restrukturisasi sebagai upaya efisiensi di tengah persaingan industri elektronik yang ketat di Tanah Air.
 
"Dari informasi yang diterima, ada yang menyampaikan memang ada restrukturisasi," ujarnya saat ditemui dalam konferensi pers Realisasi Komitmen Investasi Januari 2016 di Gedung BKPM, Jakarta.

Dia menjelaskan, restrukturisasi perusahaan terpaksa dilakukan Panasonic dan Toshiba karena kalah bersaing dengan produk elektronik dari China. Akhirnya, perusahaan tersebut berencana memproduksi barang elektronik jenis lain.
 
"Dari sisi kompetisi, produk mereka kalah dengan China, tapi bukan berarti mati. Mereka switch (pindah) ke produk lain," ia menerangkan.
 
 Meski Panasonic dan Toshiba melakukan efisiensi, Franky tetap yakin industri elektronik di Indonesia masih bertumbuh dengan baik. Buktinya, kata Franky, izin prinsip komitmen investasi di sektor mesin dan elektronik meningkat 106 persen pada periode Januari 2016.(Ndw/Ahm)


Source: liputan6.com
8 Pantangan Saat Pakai Kartu Kredit yang Wajib Diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini pengguna kartu kredit semakin banyak. Tak heran, karena hampir semua bank menjual produk dan layanan kartu ini. Dengan persyaratan yang mudah, tak ayal kartu ini gampang diperoleh.

Secara fungsional, kartu kredit dianggap sakti karena praktis dan mudah digunakan, tinggal gesek, barang yang diinginkan sudah bisa dimiliki. Selain itu, beragam fasilitas dan promo diskon yang menyertai, menjadikan kartu kredit semakin diminati oleh masyarakat.

Namun di balik kepraktisan, tanpa disadari terdapat jebakan utang yang siap menanti Anda terjerumus di dalamnya. Jika Anda salah seorang penggunanya, maka Anda harus memiliki perisai diri agar tidak mudah terlena dengan fasilitas elok yang melekat pada produk perbankan ini.

Baca Juga

  • Jangan Lakukan Ini Jika Tak Mau Tagihan Kartu Kredit Membengkak
  • 3 Langkah Atasi Utang Kartu Kredit Usai Berlibur
  • Manfaat Kartu Kredit Ini Wajib Anda Ketahui

Source: liputan6.com
Virus Zika Ancam Industri Pariwisata Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran luas virus Zika ternyata tidak hanya menebar kecemasan bagi kesehatan warga dunia. Virus yang pertama kali ditemukan di Brasil ini juga mempengaruhi pemasukan dari industri penerbangan internasional.

Melansir laman Foxnews, Kamis (4/2/2016), banyak turis yang akhirnya membatalkan rencana kunjungan ke beberapa negara Amerika Latin.

Mereka membatalkan perjalanan tersebut di menit-menit terakhir keberangkatan sehingga menimbulkan kerugian cukup besar bagi agen wisata dan industri penerbangan.

Selain perjalanan liburan pribadi, berbagai perusahaan juga banyak yang membatalkan perjalanan bisnisnya. Hal ini berimbas pada kerugian industri perhotelan.

Baca Juga

  • Masyarakat Indonesia Disarankan Tak Khawatir dengan Virus Zika
  • Waspada Zika, Kementerian Kesehatan Keluarkan Travel Advisory
  • 104 Pasien di Semarang, DBD atau Zika?

Source: liputan6.com
Baru Pindah Kerja? Pakai 5 Cara Ini Biar Cepat Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Sejak pertama kali merintis karir, Anda mungkin sudah mendengar berbagai nasehat yang dapat digunakan untuk memepermulus jalan Anda menuju kesuksesan. Salah satunya adalah, jangan takut untuk mencari kesempatan baru apabila pekerjaan sekarang tidak memberikan bonafit yang menguntungkan.

Banyak pegawai yang memutuskan untuk berpindah pekerjaan dengan harapan mampu mendapat kesempatan lebih baik di tempat baru. Namun seringkali mereka malah terjebak dalam karir yang mandek.

Lalu apa yang dapat dilakukan untuk menghindari hal ini terjadi? Melansir fastcompany.com, Kamis (4/2/2016) berikut ulasannya:

1. Segera cari kesempatan baru

Setelah Anda mendapat pekerjaan di tempat baru, ini merupakan kesempatan besar Anda untuk menemukan kesempatan kenaikan karir yang selalu Anda inginkan. Anda dapat langsung mencari kesempatan ini dihari pertama Anda bekerja.

Anda dapat mencoba untuk membangun hubungan baik dengan rekan kerja Anda yang baru. Jangan lupa juga untuk mempelajari kultur perusahaan tempat Anda bekerja

2. Buat perencanaan jangka panjang

Apa yang akan Anda lakukan dalam 10 tahun mendatang? Kalau Anda belum memikirkannya, ini merupakan waktu yang tepat untuk mulai merencanakannya.

Mulailah dengan membuat daftar kegiatan apa saja yang Anda ingin lakukan. Setelah itu, cobalah untuk memikirkan langkah apa sebaiknya Anda ambil untuk meraih tujuan tersebut.


Source: liputan6.com
Potensi Properti di Semarang Selatan Menggiurkan

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan masyarakat menengah dan menengah atas menjadi sasaran pengembang perumahan premium di Semarang, Jawa Tengah. Meski kenaikannya tidak terlalu pesat, pengembang cukup optimistis untuk mengembangkan perumahan premium.

Giwang Kencana, Koordinator Promosi dan Marketing dari Perumahan Citra Grand Semarang mengasumsikan banyaknya masyarakat menengah atas di Semarang menjadi pendorong adanya pembangunan properti kelas premium.

"Meski pertumbuhan ekonomi di Semarang terbilang lamban, kami melihat jumlah masyarakat menengah dan menengah ke atas di Semarang masih menjadi potensi terbesar dari target pembangunan proyek perumahan bertaraf premium," kata Giwang kepada Rumah.com, Kamis (4/2/2016).

Baca Juga

  • 3 Hunian untuk Investasi Bali di Bawah Rp 1 Miliar
  • Trik Cermat Renovasi Rumah Sesuai Anggaran
  • Hunian di Bogor Masih Jadi Buruan

Source: liputan6.com
Dubes Inggris Harap RI Dapat Tingkatkan Kemudahan Berbisnis

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik mengklaim investasi perusahaan-perusahaan Inggris di Tanah Air selama ini telah menciptakan 1 juta lapangan kerja ‎bagi masyarakat Indonesia.

Ia meyakini, investasi ini akan semakin besar apabila pemerintah Joko Widodo (Jokowi) memperbaiki iklim investasi di Republik Indonesia.

"Inggris masuk salah satu negara terbesar yang menanamkan modalnya di Indonesia, tepatnya ada di urutan ke-5. Investasi ini telah menyerap lebih dari 1 juta lapangan kerja di Indonesia," tegas Malik saat Konferensi Pers Joint European Business Confidence Index 2015 di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Perusahaan Inggris dan Eropa pada umumnya, kata  Malik terus berkomitmen memperbesar investasinya di Indonesia mengingat masih ada harapan atau optimisme terhadap masa depan ekonomi Indonesia.

Baca Juga

  • Dubes Inggris Apresiasi Penyederhanaan Izin Investasi RI
  • Ini Kelebihan Indonesia di Mata Investor Inggris
  • Komentar Dubes Inggris soal Pernyataan Anti-Muslim Donald Trump

Source: liputan6.com
Demi Keselamatan, Kemenhub Minta Desain Rel Kereta Cepat Diubah

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) tampaknya masih harus melakukan perubahan terhadap sejumlah desain rancang pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Salah satu yang menjadi perhatian Kementerian Perhubungan selaku regulator yaitu terkait dengan umur pakai kereta tersebut.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hermanto Dwiatmoko mengatakan, dalam dokumen yang disampaikan oleh KCIC, umur dari kereta cepat tersebut hanya mencapai 60 tahun, sedangkan masa konsesi pengoperasi Indonesia bersama China yaitu 50 tahun.

Dengan demikian, jika masakonsensi telah berakhir dan kereta cepat jatuh ke tangan Indonesia, maka hanya memiliki waktu pengoperasian sekitar 10 tahun. Oleh sebab itu,Hermanto minta umur kereta cepat itu menjadi 100 tahun.

Baca Juga

  • Baru 5 Km Jalur Kereta Cepat yang Sudah Dapat Izin
  • Ini Fasilitas yang Bakal Dibangun di Area Stasiun Kereta Cepat
  • Izin Kereta Cepat Baru Keluar Bila KCIC Penuhi Dokumen Ini

Source: liputan6.com
RI Masih Pilihan Rolls Royce untuk Bangun Pabrik Mesin Pesawat

Liputan6.com, Jakarta - Dua tahun lalu, perusahaan mobil mewah dan pembuat mesin pesawat Rolls-Royce Plc berencana membangun pabrik mesin dan suku cadang mesin pesawat di Indonesia. Kini, apakah perusahaan asal Inggris itu akan mewujudkan rencana tersebut?

Presiden Direktur Rolls Royce Indonesia Adrian Short saat ditemui usai acara Joint European Business Confidence Index 2015 mengungkapkan, Rolls-Royce merupakan pemasok komponen pesawat terbang di dunia yang tengah melirik peluang bisnis di Indonesia.

"Pasar yang lagi kami lihat sekarang adalah Indonesia karena pasar yang besar dan dari sisi tenaga kerja. Tapi kami melihat itu (pabrik mesin pesawat) bukanlah investasi yang bisa dilakukan dalam jangka pendek," kata Short di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Alasannya, Chairman of BritCham ini mengaku, produksi komponen maupun mesin pesawat terbang membutuhkan waktu jangka panjang dan tentunya modal yang besar. "Jadi tidak semudah bikin komponen otomotif dalam jangka pendek," ujar Short.

Baca Juga

  • RI Siap Buka Pintu Buat Rolls Royce Bangun Pabrik Mesin Pesawat
  • Sedan Super Mewah Dunia Dipakai Drifting
  • Mobil Super Mewah Rolls-Royce Makin Ringan di Masa Depan

Source: liputan6.com
Laju IHSG Masih Mendatar, Cermati Tujuh Saham Ini

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih bergerak mendatar pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Hal itu lantaran minim sentimen di domestik.

Kepala Riset PT Universal Broker Securities, Satrio Utomo menuturkan laju IHSG bergantung pada perkembangan regional. IHSG ada potensi penguatan namun terbatas.

Satrio menilai bursa saham global yang dipengaruhi perkembangan harga minyak dunia berimbas ke IHSG. Laju IHSG akan berada di kisaran 4.550-4.650.

"Kalau dari internal minim sentimen. Pelaku pasar menunggu rilis data pertumbuhan ekonomi sepanjang 2015. Sedangkan dari regional tergantung perkembangan harga minyak dunia," kata Satrio saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (4/2/2016).

Baca Juga

  • Bursa Asia Tertekan, IHSG Menghijau
  • Terkena Sentimen Regional, IHSG Dibuka Turun 36 Poin
  • Harga Minyak Kembali Tertekan Dipicu Pasokan yang Berlimpah

Source: liputan6.com
Semen Baturaja Bangun Pabrik Berkapasitas 1,8 Juta Ton

Liputan6.com, Jakarta - PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) melanjutkan kontrak konstruksi lanjutan pabrik Baturaja II di Baturaja. Penandatangan kontrak kontruksi lanjutan II itu dilakukan dengan CBMI-Waskita Joint Operation pada Selasa 2 Februari 2016.

Sekretaris Perusahaan PT Semen Baturaja Tbk Zulkifli Sibli menuturkan kontrak kontruksi lanjutan tersebut berupa construction civil work, erection and installation mechanical and electrical untuk pabrik Baturaja II.

Kontrak konstruksi lanjutan itu senilai US$ 49,69 juta atau sekitar Rp 675,78 miliar (asumsi kurs Rp 13.600 per dolar Amerika Serikat) dari total nilai pekerjaan pembangunan konstruksi US$ 69,45 juta.

Baca Juga

  • Semen Baturaja Bagi Dividen Rp 78 Miliar
  • Banyak Proyek Infrastruktur Antre Dibiayai AIIB
  • Pembangunan Infrastruktur Dorong Kenaikan Impor

Source: liputan6.com
Rupiah Dorong Penguatan IHSG

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bakal menguat pada perdagangan saham Kamis pekan ini.

Analis PT Asjaya Indo‎surya Securities Willam Suryawijaya mengatakan kembali turunnya harga komoditas minyak menjadi penahan laju indeks saham.

Di sisi lain, stabilitasnya perekonomian terlihat dari nilai tukar rupiah menjadi penopang indeks saham. "Hal ini tentunya cukup memberi kekuatan pada IHSG untuk kembali meniti perjalanan naik," kata dia dalam ulasannya, Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Dia menuturkan, koreksi yang terjadi pada indeks saham beberapa waktu ini adalah hal yang wajar. Menurut William, itu kesempatan untuk investor jangka panjang akumulasi saham.

Baca Juga

  • Terkena Sentimen Regional, IHSG Dibuka Turun 36 Poin
  • Bursa Asia Tertekan, IHSG Menghijau
  • Harga Minyak Kembali Tertekan Dipicu Pasokan yang Berlimpah

Source: liputan6.com
Prancis Bakal Kenakan Pajak Impor CPO, Ini Tanggapan Rizal Ramli

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli menyatakan rencana pengenaan pajak progresif untuk semua produk berbasis minyak kelapa sawit oleh Prancis sebagai kebijakan anti crude palm oil (CPO) yang tidak masuk akal.

"Rencana kebijakan itu menunjukkan kecongkakan luar biasa dan sangat tidak reasonable. Kalau Prancis tetap memaksa akan menerapkan pajak progresif terhadap impor CPO tersebut, bisa membahayakan hubungan kedua negara yang telah terjalin sangat baik dan bersahabat sejak kemerdekaan Indonesia," ujar Rizal dalam keterangan tertulis yang ditulis Kamis (4/2/2016).

Rencana penetapan pajak tersebut terdapat dalam rancangan amandemen Undang-undang Nomor 367 tentang Keanekaragaman Hayati yang diputuskan senat Prancis pada 21 Januari. Dalam RUU tersebut, ditempelkan pajak progresif untuk produksi sawit yang mulai berlaku pada 2017.

Baca Juga

  • RI Protes Prancis Berlakukan Bea Masuk CPO
  • Mentan Amran Sebut RI Seharusnya Dapat Atur Harga CPO
  • Pemerintah Diminta Hapuskan Pungutan Ekspor CPO

Source: liputan6.com
Bursa AS Menguat Dipicu Kenaikan Saham Energi

Liputan6.com, New York - Indeks Dow dan S & P 500 berbalik arah menjadi lebih kuat pada penutupan perdagangan di bursa Amerika Serikat (AS) pada Rabu (Kamis pagi waktu Jakarta).

Melansir laman Reuters, indeks Dow menguat 1 persen dipicu lonjakan saham energi yang diakibatkan kenaikan harga minyak.

Indeks saham keuangan pada S & P turun 0,01 persen saat indeks energi naik 3 persen. Indeks berubah setelah harga minyak mentah naik 8 persen pada hari ini.

Indeks Dow Jones industrial naik 180,76 poin atau 1,12 persen menjadi 16.334,3 poin. Sedangkan indeks Standard & Poor 500 bertambah 9,49 poin atau 0,5 persen ke posisi 1.912,52 poin dan indeks Nasdaq Composite susut 8.70 poin atau 0,19 persen menjadi 4.508,25 poin.

Baca Juga

  • Laju Wall Street Bervariasi di Awal Pekan
  • Wall Street Menguat Dipicu Keputusan Bank Sentral Jepang
  • Ditopang Saham Teknologi dan Harga Minyak, Wall Street Positif

Source: liputan6.com
Pelemahan Dolar AS Angkat Harga Minyak Dunia

Liputan6.com, New York - Harga minyak mentah dunia melonjak 8 persen setelah investor mengambil keuntungan dari pelemahan dolar Amerika Serikat (AS) dan mengabaikan data yang menunjukkan terjadinya lonjakan tak terduga pada persediaan minyak mentah AS yang mencapai rekor tertinggi.

Penyebab lain komentar Menteri Luar Negeri Rusia yang mengulangi kesediaan produsen utama minyak dunia untuk memenuhi jika ada konsensus di antara OPEC dan non-anggota OPEC, menghidupkan kembali harapan tentang kesepakatan untuk memangkas output dan membantu untuk meningkatkan harga.

Melansir laman Reuters, Kamis (4/2/2016), harga minyak AS ditutup naik ke posisi terbesar dalam lima bulan. Harga naik US$ 2,40 atau 8 persen menjadi US$ 32,28 per barel .

Sementara harga minyak berjangka Brent ditutup naik US$ 2,32 atau 7,1 persen menjadi US$ 35,04 per barel, setelah sempat naik ke posisi US$ 35,11 per barel.

Baca Juga

  • Gelombang PHK Hantui Indonesia
  • Mau PHK 1.500 Pegawai, Menaker Panggil Chevron
  • Harga Tertekan, Miliarder Ini Tambah Saham di Perusahaan Minyak

Source: liputan6.com
Top 3: Bos Panasonic Blakblakan Soal Penutupan Pabrik

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi perekonomian yang sulit mendorong beberapa perusahaan melakukan efisiensi. Dampak dari ini, perusahaan harus mengurangi jumlah pekerjanya. Ini yang terjadi pada dua perusahaan elektronik besar, yakni Toshiba dan Panasonic.

Pimpinan perusahaan, salah satunya Panasonic, membeberkan alasan langkah restrukturisasi yang diambilnya. Presiden Direktur Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) Itchiro Suganuma mengatakan, penggabungan ini merupakan strategi perusahaan dalam rangka mengantisipasi perkembangan kemajuan teknologi dan situasi pasar di kawasan Asia Pasifik.

Artikel ini menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis. Berikut top 3 berita paling dibaca, Kamis (4/2/2016):

1. Bos Panasonic Blakblakan Soal Penutupan Pabrik dan Nasib Pekerja

Panasonic Indonesia melakukan penggabungan dua unit usaha (merger) yang terdiri atas tiga pabrik yang berada di Pasuruan, Jawa Timur; Cileungsi, Jawa Barat; dan Cikarang, Jawa Barat. Sebagai antisipasi dampak penggabungan tersebut terhadap para pekerjanya, Panasonic juga telah menawarkan sejumlah opsi.

Presiden Direktur Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) Itchiro Suganuma mengatakan, penggabungan ini merupakan strategi perusahaan dalam rangka mengantisipasi perkembangan kemajuan teknologi dan situasi pasar di kawasan Asia Pasifik.

"Penggabungan pabrik ini merupakan strategi Panasonic dalam mengantisipasi kemajuan teknologi dan perkembangan pasar terhadap produk lampu LED (Light Emitting Diode), sehingga lebih fokus pada produksi yang memberikan nilai tambah bagi industri," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

2. Daftar Perusahaan yang Dikabarkan Bakal PHK Karyawan

Konfederesi Serikat Pekerja Indonesa (KSPI) bakal menggelar aksi besar-besaran di depan Istana Negara dan Mahkamah Agung (MA) pada 6 Februari 2016. Setidaknya 20 ribu buruh bakal merapat dalam rangka hari ulang tahun (HUT) dan Kongres Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Presiden KSPI/FSPMI Said Iqbal mengatakan, aksi tersebut tidak hanya dilakukan 20 ribu buruh di Jabodetabek, tetapi juga serentak dilakukan di 12 kota besar di Indonesia.

Adapun tuntutan kali ini untuk meminta untuk menghentikan pemutusan hubungan kerja (PHK) jilid II. Sebab, tercatat ada 13 perusahaan yang akan segera melakukan PHK pada Januari sampai Maret 2016.

3. Berhenti Belanja 6 Hal Ini Jika Mau Cepat Kaya

Pernahkah Anda merasa menyesal ketika selesai membeli sesuatu?. Telah menghabiskan cukup banyak uang padahal pada akhirnya barang tersebut tidak sepenuhnya dipergunakan?.

Kalau pernah merasakan hal ini, jangan khawatir, Anda tidak sendiri. Sebagian besar masyarakat sering merasa menyesal setelah mereka menghabiskan cukup banyak uang pada sesuatu yang sebenarnya tidak mereka manfaatkan dengan baik. Padahal, sebaiknya uang tersebut bisa disimpan dengan baik dalam tabungan.(Nrm/Zul)



Source: liputan6.com
Tutup Pabrik, Karyawan Toshiba Minta Pensiun Dini

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu perusahaan elektronik asal Jepang, Toshiba melakukan pengurangan tenaga kerjanya. Pengurangan tenaga kerja ini disebut sebagai dampak dari penutupan pabrik di Indonesia.

Manager HRD PT Toshiba Consumer Products Indonesia, Uis Al-Qarni membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan bahkan soal pengurangan tenaga kerja ini sebenarnya sudah diumumkan sejak akhir tahun lalu.

"Iya benar, sudah dari Desember, sudah ada pengumumannya. Itu sekitar 40 persen dari 900 pekerja (hasil sementara), dari lini televisi dan mesin cuci," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis Kamis (4/2/2016).

 

Baca Juga

  • Cerita di Balik Penutupan Pabrik Panasonic dan Toshiba
  • JK Angkat Bicara Soal Penutupan Pabrik Panasonic dan Toshiba
  • Toshiba Akui Ada Pengurangan Tenaga Kerja

Source: liputan6.com
IHSG Menguat Ikuti Wall Street dan Bursa Asia

Liputan6.com, Jakarta Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Penguatan IHSG mengikuti bursa saham Asia dan juga Wall Street dipicu langkah The Fed yang mengisyaratkan untuk menunda kenaikan suku bunga.

Pada pembukaan perdagangan saham, Kamis (4/2/2016), IHSG naik 15,6 poin atau 0,28 persen ke level 4.610,16. Indeks saham LQ45 turun 0,43 persen ke level 800,83.

Ada sebanyak 90 saham menghijau yang mengangkat IHSG. Sedangkan 12 saham lainnya melemah. Di luar itu, terdapat 41 saham diam di tempat. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 6.731 kali dengan volume perdagangan saham 145,3 juta juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 188,5 miliar.

 

Baca Juga

  • Laju IHSG Masih Mendatar, Cermati Tujuh Saham Ini
  • Rupiah Dorong Penguatan IHSG
  • Terkena Sentimen Regional, IHSG Dibuka Turun 36 Poin

Source: liputan6.com
Mulai 21 Februari, Belanja Pakai Kantong Plastik Bayar

Liputan6.com, Jakarta - Menanggapi kebijakan pemerintah dalam penerapan kantong plastik berbayar di ritel  modern, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) sepakat melakukan uji coba per 21 Februari hingga Juni mendatang.

Ketua Umum Aprindo, Roy Mandey mengatakan, 21 Februari dipilih karena bertepatan dengan dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Nomor S.71/Men LHK – II/ 2015 oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun lalu sekaligus bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional.

“Usulan dari para  pengusaha  ritel, konsumen yang membutuhkan kantong  plastik  akan  dikenai biaya Rp  200 per lembar,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (4/2/2016).

Saat ini, kata dia, anggota Aprindo telah mengirimkan usulan secara tertulis ke Kantor Kementerian Lingkungan  Hidup dan Kehutanan.

“Kami ingin kebijakan ini dapat dilakukan di seluruh daerah dengan mekanisme yang sesederhana mungkin agar bisa dijalankan dengan baik dan terkontrol,” lanjutnya.

Baca Juga

  • Pemkot Bogor Terapkan Kantong Plastik Berbayar Mulai Februari
  • Penerapan Kantong Plastik Berbayar di Jakarta Tunggu Pergub
  • Bandung Terapkan Kantong Plastik Berbayar Februari

Source: liputan6.com
Desa Bakal Kecipratan Dana Sampai Rp 2,4 Miliar per Tahun

Liputan6.com, Jakarta Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) makin agresif menyalurkan dana ke puluhan ribu desa di seluruh Indonesia. Targetnya pemerintah akan mencairkan dana desa hingga senilai Rp 111 triliun pada 2018 dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) demi kemajuan desa.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pemerintah telah mengucurkan dana desa sebesar Rp 21 triliun pada tahun lalu. Sementara pagu anggaran dana desa dalam APBN 2015 senilai Rp 47 triliun.

"Di 2017, ditargetkan dana desa mencapai Rp 81 triliun dan Rp 111 triliun pada tahun berikutnya. Dengan demikian, puluhan ribu desa di seluruh Indonesia akan menikmatinya," kata Luhut saat Forum 2016: The Year of Investment, di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Kamis (4/2/2016).

 

Baca Juga

  • Anggaran Dana Desa Naik Jadi Rp 47 Triliun di 2016
  • Dana Desa Sumbangkan 0,5 Persen Pertumbuhan Ekonomi Nasional
  • Bentengi Penyaluran Dana Desa, Menteri Marwan Bentuk Satgas

Source: liputan6.com
Cerita Menko Luhut Panjaitan Soal Terorisme di Depan Investor

Liputan6.com, Jakarta Terorisme merupakan salah satu isu penting seluruh negara di dunia. Para teroris yang tergabung dalam kelompok ISIS mulai mengincar dan masuk ke Indonesia untuk melancarkan aksinya, termasuk merekrut personel dengan cara mencuci otak (brainwash) lewat pendekatan agama.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan dalam Forum CIMB Niaga 2016: The Year of Investment mengungkapkan, jaringan kelompok ISIS memanfaatkan sosial media untuk mengkampanyekan aksinya dan melakukan rekrutmen sesuai dengan target yang diincar.

"Sosial media perlu diwaspadai karena mereka mengatasnamakan Indonesia dan Islam sebagai kedok terorisme. Kita harus melawannya karena ISIS berhasil mem-brainwash masyarakat kita yang tingkat pendidikan dan kemiskinannya rendah melalui pendekatan agama," katanya di Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Baca Juga

  • Luhut: UU Anti-Terorisme Tak Direvisi, Mau Kayak Suriah?
  • Jokowi Harapkan Revisi UU Anti-Terorisme Rampung Bulan Depan
  • Pencabutan Kewarganegaraan Masuk Revisi UU Anti-Terorisme

Source: liputan6.com
Daftar Terbaru Orang Paling Kaya di Asia

Liputan6.com, Jakarta- Sebagai benua dengan luas terbesar dan memiliki populasi paling banyak, Asia juga telah menjelma sebagai rumah bagi para miliarder dunia. Sepuluh dari 50 orang terkaya di dunia berasal dari Asia. Lebih mencengangkannya lagi, kekayaan gabungan mereka bisa mencapai nilai hingga US$ 205 miliar atau setara Rp 2.780 triliun.

Setiap tahunnya lembaga riset Wealth-X melansir data tentang beberapa orang terkaya dunia. Melansir laman Business Insider, Kamis (4/2/2016), survei tersebut didasarkan dari berbagai faktor dan asset yang mereka miliki sepanjang hidup.

Lalu siapa saja miliarder yang mampu masuk ke dalam daftar orang terkaya di Asia? Berikut ulasannya:

10. Lei Jun

Total aset: US$ 14,4 miliar atau Rp 197,2 triliun

Pria berusia 45 tahun ini merupakan otak jenius dibalik inovasi teknologi perusahaan Xiaomi. Di tangan handalnya, Xiaomi mampu menjadi perusahaan ponsel pintar terbesar ke empat di dunia hanya dalam kurun waktu tiga tahun.

Lei pertama kali terjun ke dunia teknologi setelah bekerja untuk Kingsoft, perusahaan perangkat lunak asal China yang hampir sama dengan Microsoft.

Ia pun mampu menanjak tangga karir dengan mulus hingga menjadi CEO dan membuka perusahaan tersebut ke public pada tahun 2007. Pada tahun 2010, ia kemudian mendirikan perusahaan teknologi barunya, Xiaomi.

9. Dilip Shaghvi

Total aset: US 16,4 miliar atau Rp 224,6 triliun

Miliarder asal India ini mampu meraup kekayaannya dari bidang farmasi. Setelah lulus dari University of Calcutta pada tahun 1982, Dilip Shangvi mulai bekerja untuk membantu ayahnya di bisnis farmasi.

Ia pun melihat kesempatan bagus untuk membuat obat bernama Lithosun. Obat tersebut mampu untuk mengobati kelainan depresi yang saat itu belum banyak dijual di India. Itulah titik balik dimana ia memulai membangun Sun Pharmaceutical.

Hanya dalam waktu satu tahun, Sun Pharmaceutical mampu mencetak keuntungan penjualan lebih dari US$ 100 ribu. Kini Sun Pharmaceutical merupakan salah satu perusahaan terbesar di India.

8. Azim Premji

Total aset: US$ 16,5 miliar atau Rp 226 triliun

Pada tahun 1966, Azim Prenji memutuskan untuk keluar dari bangku kuliahnya di Stanford untuk menjadi tulang punggung keluarga akibat ayahnya meninggal. Ia pun mengambil alih usaha peoduk sayuran ayahnya dan menamainyaWipro.

Di bawah tangan handalnya, Wipro kemudia berganti memproduksi beberapa produk toilet, kamar mandi dan juga IT. Kini perusahaannya berhasil menduduki perusahaan terbesar ketiga di India dengan keuntungan mencapai US$ 7,6 miliar.


Source: liputan6.com
Ada Kereta Cepat, Pemerintah Mimpi Bangun Disneyland di Walini

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menjadikan Walini, Bandung Barat sebagai salah satu transit oriented development (TOD) yang akan dikembangkan sebagai kota baru.

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sahala Lumban Gaol mengungkapkan Kementerian BUMN bersama konsorsium penggarap proyek kereta cepat tengah melakukan perencanaan pembangunan model kota di Walini tersebut.

‎"Kita sedang susun masterplan-nya, di Walini, bisa jadi nanti kita bangun Disneyland di sana, Legoland di sana. Ini yang orang belum terpikirkan di sana," kata Sahala di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Selain itu, dalam pengembanganWalininantinya tetap mengutamakan konsep hijau. Dari total wilayah perkebunan yang ada saat in,i nanti hanya 30 persen wilayah yang akan dikembangkan menjadi kota baru.

Baca Juga

  • Ini Fasilitas yang Bakal Dibangun di Area Stasiun Kereta Cepat
  • Wika Pastikan Modal Negara Tak Dipakai Bangun Kereta Cepat
  • Wika Ingin Garap Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Source: liputan6.com
Bupati Ini Sukses Sulap WC Terpanjang di Dunia Jadi Daerah Wisata

Liputan6.com, Jakarta - Nurdin Abdullah adalah sosok penting yang berhasil mengubah wajah daerah kecil Bantaeng di Sulawesi Selatan menjadi kawasan industri strategis dengan potensi investasi menggiurkan. Kini, Kota Bantaeng hidup dan memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat di sekitarnya.   

"Saya diwariskan Kabupaten/Kota Bantaeng yang punya masalah banjir, produksi di sektor pertanian rendah, bak kota mati dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sangat kecil hanya Rp 281 miliar pada 2008," kata Nurdin mengisahkan Bantaeng dalam acara Forum CIMB Niaga 2016: The Year of Investment di Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Nurdin bergerak cepat hingga berhasil membangun desa mandiri yang menerapkan program satu desa satu perencanaan. Setiap desa harus menyusun desain kas daerahnya, sehingga dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat dapat langsung diserap.

Kondisi tersebut, sambungnya, berbeda dengan periode 2008. Di mana meskipun aliran dana desa sudah mencapai Rp 1 miliar per desa, namun sulit terserap karena keterbatasan sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga

  • Bupati Bantaeng Hadiri Diskusi Panel Awal Tahun
  • Bupati Bantaeng Ingin Kartu Sakti Jokowi Segera Masuk Daerahnya
  • Destinasi: Geliat Wisata Tanah Tua Bantaeng

Source: liputan6.com
Mustahil Gratis, Tarif Tol Suramadu Turun Minimal 50%

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar tarif Tol Surabaya-Madura (Suramadu) turun sebesar-besarnya untuk mengurangi biaya logistik. Namun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) tidak mungkin menggratiskan tol tersebut.

"Arahan Beliau (Presiden) supaya tarif Tol Suramadu turun sebesar-besarnya," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat ditemui usai menghadiri CIMB Niaga 2016: The Year of Investment, Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Saat ini, katanya, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR sedang menghitung besaran penurunan tarif tol untuk dapat menekan ongkos logistik setinggi-tingginya. Menurut Basuki, minimal pemerintah dapat memangkas tarif tol 50 persen.

"Besarannya lagi dihitung oleh teman-teman di BPJT. Paling kecil turunnya tarif tol 50 persen agar tetap bisa membiayai pemeliharaan ringan jalan tol tersebut," kata Basuki.

Ia mengaku pemerintah tidah dapat mengakomodir permintaan masyarakat yang ingin membebaskan sepenuhnya tarif Tol Suramadu. Pasalnya, ujar Basuki, pemerintah harus memikirkan nasib bisnis penyeberangan di wilayah tersebut.

"Tidak mungkin bisa gratis walaupun aspirasinya minta digratiskan. Karena dulu membangun Suramadu sempat ada penolakan karena mematikan penyeberangan. Nanti kalau gratis, bisnis penyeberangan bisa mati, jadi penurunan tarif tol ini harus memperhatikan bisnis penyeberangan," kata Basuki .
 
Ketika ditanya kapan penurunan tarif Tol Suramadu mulai berlaku, Basuki belum dapat memastikannya. Ia menyatakan penurunan tarif tol ini tidak akan merugikan pihak mana pun, termasuk operator jalan ol Suramadu, PT Jasa Marga Tbk mengingat tol tersebut milik pemerintah dan dibangun dengan APBN.  

"Tunggu perhitungannya. Nanti kita tetapkan pakai Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR)," katanya. (Fik/Ndw)


Source: liputan6.com
Gelombang PHK Bakal Sasar Sektor Otomotif

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) akan terus menghajar industri nasional. Setelah sebelumnya, terjadi gelombang PHK di sektor pertambangan dan elektronik, maka gelombang PHK selanjutnya akan menyasar sektor otomotif, termasuk industri komponennya.

‎Said menjelaskan gelombang PHK ini terjadi lantaran adanya penurunan penjualan otomotif seperti sepeda motor dan mobil. Penurunan penjualan ini turut mempengaruhi industri komponen di dalam negeri.

Sebagai contoh, penjualan sepeda motor pada periode Januari-Juli 2015 hanya sebesar 3,59 juta unit. Padahal pada periode yang sama di 2014, penjualannya mencapai 4,73 juta unit. Ini berarti terjadi penurunan sekitar 24 persen.

"Potensi PHK akan terjadi di industri komponen otomotif dan sepeda motor. Penjualan sepeda motor contohnya, makin menurun,"‎ ujarnya di Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Baca Juga

  • Ini Komentar Menaker Hanif Terkait Gelombang PHK di Indonesia
  • Pekerja Korban PHK Bisa Langsung Cairkan Jaminan Hari Tua
  • Begini Cara BKPM Kurangi PHK dan Pengangguran

Source: liputan6.com
Penurunan Tarif Tol Suramadu Berlaku untuk Semua Kendaraan

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan penurunan tarif tol yang membentang antara Surabaya-Madura (Suramadu) bakal dinikmati seluruh jenis kendaraan. Minimal penurunan tarif tol Suramadu tersebut mencapai 50 persen.

"Penurunan tarif tol Suramadu berlaku untuk semua kendaraan, seperti truk, mobil pribadi dan lainnya. Kalau motor kan memang sudah gratis," ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono di Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) masih menghitung besaran penurunan tarif yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Basuki, paling kecil penurunan tarif sebesar 50 persen dari tarif sebelumnya.

"Besarannya lagi dihitung oleh teman-teman di BPJT. Paling kecil turunnya tarif tol 50 persen agar tetap bisa membiayai pemeliharaan ringan jalan tol tersebut," terang Basuki. 

Basuki melanjutkan, pemerintah tidak dapat mengakomodir permintaan masyarakat yang ingin membebaskan sepenuhnya tarif tol Suramadu. Pasalnya,Basuki bilang, pemerintah harus memikirkan nasib bisnis penyeberangan di wilayah tersebut.

Baca Juga

  • Pemerintah Segera Revitalisasi Fungsi Badan Pengembangan Suramadu
  • Kenaikan Tol Hambat Laju Pertumbuhan Ekonomi
  • Jokowi Turunkan Tarif Tol Jembatan Suramadu 50%

Source: liputan6.com
Kantong Plastik Kena Biaya, Minat Belanja Masyarakat Tak Turun

Liputan6.com, Jakarta - Belanja di pertokoan retail menggunakan kantong plastik diusulkan akan kena biaya. Biaya per kantong plastik Rp 200. Pengusaha yakin ini tak berpengaruh pada minat belanja masyarakat.

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengaku tak khawatir pengenaan kantong plastik berbayar di ritel modern akal berdampak negatif pada penjualan. Wakil Ketua Umum Aprindo Tutum Rahanta kendati ditambahi beban plastik masyarakat tetap berupaya mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

"Tidak ada kaitan langsung yang dikurangi produk-produk yang di supermarket dan kebutuhan tinggi," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (4/2/2016).

 

Baca Juga

  • Pengusaha Ritel Keberatan dengan Pengenaan PPN Sapi Impor
  • Daftar 22 Kota yang Siap Terapkan Kantong Plastik Berbayar
  • Mulai 21 Februari, Belanja Pakai Kantong Plastik Bayar

Source: liputan6.com
Ini Bedanya Investor China dan Jepang di Mata Buruh

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan-perusahaan asal China kini mulai gencar menanamkan investasi di Indonesia. Sebut saja produsen otomotif SAIC-GM-Wuling (SGMW) yang membangun pabrik mobil di Bekasi, Jawa Barat dengan nilai investasi sebesar Rp 9,7 triliun.

Sementara di lain pihak, perusahaan-perusahaan asal Jepang dan Amerika Serikat (AS) perlahan mulai menghentikan penjualan produknya. Bahkan ada beberapa perusahaan yang terpaksa angkat kaki dari Indonesia.

Presiden Konfederasi ‎Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, ada sejumlah perbedaan mendasar antara perusahaan China dengan perusahaan Jepang dan Amerika, terutama dalam hal tenaga kerja.

Dia menjelaskan, pertama dari sisi penyerapan tenaga kerja, perusahaan Jepang dan AS tidak menyertakan unskill worker bekerja di mana investasi mereka ditanamkan. Sedangkan perusahaan China turut menyertakan unskill worker.

"Ini mengancam tenaga kerja lokal dan berarti investasi tidak membuka lapangan kerja baru. Misalnya perusahaan baja diPulogadung, jumlah tenaga kerjanya 300 orang, 100 orang diantaranya pekerja asal China, seperti tukang masak, tukang batu, sopir forklift‎, dan itu ilegal. Makanya mereka ngumpet kalau ada pemeriksaan," ujarnya di Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Baca Juga

  • Ini Hasil Rapat Pemerintah dan BI Soal kepemilikan Asing di Bank
  • Beda Pendapat BKPM dan Kemendag soal Modal Asing di Ritel
  • JK: Jangan Selalu Curiga Kalau Ada Tenaga Kerja Asing

Source: liputan6.com
Mau Cek Saldo Iuran BPJS? Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memberikan kemudahan bagi para peserta dalam mengakses informasi terkait segala hal mengenai saldo iuran dan layanan yang diberikan, BPJS Ketenagakerjaan terus melakukan sosialisasi layanan aplikasi ponsel (mobile app) dengan nama BPJSTK Mobile. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play, App Store dan Blackberry App World.

Kepala Divisi Pengembangan Teknologi Informasi (TI) BPJS Ketenagakerjaan Romie Erfianto mengatakan, aplikasi tersebut menampilkan sejumlah fitur yang akan memberikan kemudahan bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan, antara lain fitur Cek Saldo Jaminan Hari Tua (JHT), Layanan Esaldo JHT Tahunan, Simulasi Perhitungan Saldo JHT, informasi program JHT, informasi program JKK, informasi program JKM, informasi lokasi kantor cabang, contact center, sosial media link.

"Sebenarnya aplikasi ini sudah ada sekitar 1 tahun terakhir. Tapi mungkin karena selama ini masih kurangsosialisasinya sehingga banyak yang belum tahu. Tapi akan terus sosialisasikan," ujarnya diJakarta, Kamis (4/2/2016).

Baca Juga

  • Kena PHK, Ini Cara Ajukan JHT BPJS Ketenagakerjaan
  • Harapan Pegawai BPJS Ketenagakerjaan kepada Direksi Baru
  • BPJS Kerjasama 4 Bank Untuk Percepat Pembayaran Klaim

Source: liputan6.com