Prev Febuari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
31 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
Berita Kurs Dollar pada hari Jumat, 12 Febuari 2016
UANGPEDIA: Merencanakan Keuangan bagi Pasangan Sebelum Menikah

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki jenjang pernikahan jadi awal kehidupan baru. Pasangan akan menuju suatu hubungan yang erat. Untuk memasuki kehidupan baru tersebut, ada sejumlah faktor yang perlu diperhatikan termasuk soal keuangan.

Untuk menyiapkan pernikahan ternyata tak hanya  fokus soal untuk mempersiapkan biaya pernikahannya. Akan tetapi, biaya kehidupan selanjutnya usai menikah juga perlu diperhatikan pasangan.

Direktur PT Manulife Asset Management Putut Andanawarih mengatakan, hal utama untuk menempuh pernikahan yaitu keterbukaan dan transparansi.

Hal ini termasuk mengenai keuangan. Putut menilai, keterbukaan dan transparansi itu perlu dilakukan sejak awal untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan masing-masing pasangan.

Ingin tahu apa saja yang perlu diperhatikan untuk tujuan keuangan dalam pernikahan? Apa saja biaya yang perlu dipikirkan sejak awal untuk biaya pernikahan? Berikut wawancara Liputan6.com dengan Direktur PT Manulife Asset Management Putut Andanawarih:

Perlukah Tahu Kondisi Keuangan Pasangan Sebelum Menikah?


Source: liputan6.com
Ini Rumah Rp 500 Juta yang Dekat Terapis Anak

Liputan6.com, Jakarta Masih sedikitnya sekolah untuk anak berkebutuhan khusus terkadang membuat orangtua kesulitan memenuhi pendidikan anak-anaknya.

Bagi Anda yang mencari hunian yang dekat dengan fasilitas pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus, Rumah.com memberikan beberapa saran seperti ditulis Jumat (12/2/2016).

Seperti yang dialami oleh Ade Ratna (39 tahun), warga Kalisuren, Parung-Bogor yang pada akhirnya memutuskan menjual rumah mereka. Ade lebih memilih rumah baru dengan lokasi yang berdekatan dengan terapi dan sekolah berkebutuhan khusus.

"Awalnya, saya dan suami juga tidak kepikiran bahwa anak saya berkebutuhan khusus. Seiring waktu, akhirnya saya tidak bisa membiarkan anak saya tidak sekolah hingga besar. Mau tidak mau lebih baik saya jual rumah saya dan mencari rumah baru," ujar Ade kepada Rumah.com.

Apa yang dialami oleh Ade bisa jadi dialami juga oleh Anda yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan sangat sulit menjangkau tempat terapi dan sekolah yang layak untuk masa depan.

Akan tetapi mencari rumah dengan harga yang terjangkau ternyata gampang-gampang susah. Selain harga, faktor akses transportasi yang bisa memudahkan Anda untuk bekerja di ibu kota juga menjadi pertimbangan penting dalam memilih rumah.

Berikut daftar rumah yang bisa menjadi referensi Anda yang berdekatan dengan tempat terapis anak berkebutuhan khusus di pinggir Jakarta:

1. Bogor

Kota hujan satu ini, memiliki keistimewaan tersendiri untuk dijadikan lokasi hunian idaman. Udara yang masih asri dan air yang berkualitas baik, akan mendukung keberlangsungan hidup Anda dan keluarga.

Di Bogor terdapat tempat terapis anak berkebutuhan khusus yang cukup terkenal.  Salah satunya Bina Anak Mandiri (Binari) yang berada di Jalan Graha Bogor Indah Blok G. Nomor 7 Bondongan-Bogor. Sekolah ini merupakan pusat terapi bagi anak autis dan anak special need lainnya.


Kondisi belajar mengajak anak berkebutuhan khusus Bina Anak Mandiri.

Binari bertujuan membantu membina anak-anak istimewa ini sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih optimal dan dapat hidup lebih mandiri, tidak tergantung orang lain serta siap menyongsong masa depan dengan lebih cerah.

Binari memiliki spesifikasi terapi untuk menangani kesulitan pada anak dalam hal keterlambatan bicara, meracau, menarik tangan jika ingin sesuatu, cuek atau tidak peduli dengan sekitarnya, hiperaktif atau hipoaktif, agresif dan masih banyak lagi.

Apabila Anda sedang mencari rumah di kawasan Bogor yang berdekatan dengan lokasi terapis Binari, Green View Residence bisa menjadi pilihan untuk rumah idaman terbaik Anda.

Green View Residence yang berada di Jalan Raya Chifor, Bubulak-Bogor ini memiliki jarak lokasi sejauh 10,7 kilometer dari Binari. Waktu tempuh untuk sampai pada lokasi, sekitar 36 menit dengan kondisi jalan tidak macet.


Perumahan Green View Residence-Bogor

Kelebihan dari perumahan Green View Residence, terletak pada lokasi yang strategis dan masih memiliki kondisi hunian yang cukup asri. Selain itu, akses transportasi umum dari lokasi perumahan juga cukup beragam, antara lain dekat dengan pintu keluar Tol Sentul Selatan, Terminal Bubulak, dan juga stasiun kereta api.

Terdapat empat tipe rumah yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yakni Tipe 36/105, Tipe 45/120, Tipe 60/105, dan Tipe 69/120. Kisaran harga yang ditawarkan mulai Rp400 juta. Fasilitas di dalam perumahan seperti sport center, area comersial, pacuan kuda, dan masjid juga dapat Anda gunakan tanpa harus keluar perumahan.

2. Tangerang Selatan

Wilayah pinggir Ibukota yang juga diminati oleh pencari rumah baru adalah kawasan Tangerang Selatan. Harga tanah yang mengalami peningkatan tiap tahunnya ini juga menjadi sebab para investor melirik hunian, yang tidak hanya digunakan untuk tempat tinggal tetapi juga untuk meraup keuntungan.

Di kawasan ini, terdapat terapi anak berkebutuhan khusus yang direkomendasikan oleh organisasi autismandiri.org sebagai tempat terapis yang tidak hanya digunakan sebagai terapi anak autis, tetapi juga digunakan untuk tempat penitipan anak (daycare).

Talenta Centre berada di Jalan Villa Bintaro Regency Jl. Sumatra Blok. C-1 No. 2 Pondok Aren. Ini suatu lembaga pendidikan khusus bagi penyandang autisme, hiperaktif, down syndrome dan anak kebutuhan khusus lainnya.

Institusi ini berkomitmen menyiapkan anak-anak dengan kebutuhan khusus, yang tidak semata mengejar prestasi akademis, tetapi secara integral membekali anak didik dengan nilai-nilai keutamaan dan keterampilan untuk menghadapi kehidupan nyata secara mandiri.

Selain itu, mendukung anak didik menjadi diri sendiri dan mengoptimalkan kemampuan, potensi atau talenta yang dimiliki setiap pribadi. Hal unik yang dimiliki pusat pendidikan ini adalah menyusun serangkaian program edukasi dan kegiatan ekstrakulikuler seperti musik, melukis, komputer, berenang, tata boga menyablon, dan lain-lain.

Apabila Anda sedang mencari rumah di kawasan Tangerang Selatan yang berdekatan dengan lokasi terapis Talenta Centre, Bintaro Mutiara bisa menjadi pilihan untuk rumah idaman terbaik Anda.


Perumahan Bintaro Mutiara-Tangerang Selatan.

Bintaro Mutiara yang berada di Jalan Panti Asuhan, Pondok Aren memiliki jarak lokasi sejauh 5,2 kilometer dari Talenta Centre. Waktu tempuh untuk sampai pada lokasi, sekitar 16 menit dengan kondisi jalan tidak macet.


Peta Jarak Lokasi Perumahan Bintaro Mutiara dengan Talenta Centre

Kelebihan dari perumahan Bintaro Mutiara, terletak pada lokasi yang strategis dan masih memiliki kondisi hunian yang cukup asri. Selain itu, akses transportasi umum dari lokasi perumahan juga memberikan prestis yang bisa Anda gunakan, yaitu akses jalan Tol Jalur Lingkar Luar Jakarta (JORR).

Terdapat lima tipe rumah yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yakni Tipe Permai, Tipe Pesona, Tipe Penina, Tipe Townhouse, dan Tipe Palma. Kisaran harga yang ditawarkan mulai Rp 560 juta.

3. Bekasi

Di wilayah pinggir Ibukota lainnya juga diminati oleh pencari rumah baru adalah kawasan Bekasi. Pembangunan infrastruktur yang berkembang membuat harga tanah di kawasan ini menjadi primadona para investor.


Kondisi belajar dalam rangka terapi anak berkebutuhan khusus di Hompipa Center. 

Di kawasan ini juga terdapat terapi khusus anak berkebutuhan khusus, berupa klinik komprehensif dengan pelayanan rehabilitasi. Salah satunya Hompipa Center yang ada di Jalan Citra Asih Raya Blok A No. 25, Bekasi.

Hompipa Center memiliki beberapa pelayanan untuk anak berkebutuhan khusus antara lain Okupasi Terapi, Sensori Integrasi, dan Terapi Wicara. Seluruh tenaga ahli (Terapis) di Hompimpa Center memiliki ijazah dan telah memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) dari Dinas Kesehatan.

Seluruh terapis adalah lulusan dari Program Avokasi Okupasi Terapi DIII Universitas Indonesia, Jurusan Okupasi Terapi Poltekkes Kemenkes Surakarta dan Akademi Terapi Wicara.

Apabila Anda sedang mencari rumah di kawasan Bekasi yang berdekatan dengan lokasi terapis Hompipa Center, terdapat dua rumah rekomendasi terbaik dari Rumah.com yang memiliki jarak lokasi dan harga terjangkau.


Perumahan Mutiara Asgo Residence-Bekasi.

Mutiara Asgo Residence berada di Jalan Swatantra V Jati Asih, Kota Bekasi merupakan rumah rekomendasi terbaik yang bisa Anda pilih untuk hunian masa depan. Jarak tempuh dari perumahan menuju Hompipa Center terpaut 3,1 kilometer dengan estimasi waktu tempuh selama 11 menit dengan kondisi jalan tidak macet.

Kelebihan lain yang dimiliki Mutiara Asgo Residence terletak pada akses jalan menuju perumahan yang cukup mudah. Jalan besar terintegrasi dengan Jalan Pondok Gede. Selain itu, lokasi perumahan ini hanya lima menit ke pintu Tol Jati Asih dan 19 menit ke pintu Tol Bekasi Barat.

Perumahan ini memiliki fasilitas lengkap seperti kolam renang anak, taman berman anak, taman lingkungan luas, dan mushola. Harga yang ditawarkan untuk memiliki rumah ini mulai dari Rp 400 juta.

Rekomendasi kedua adalah Perumahan Costaville Residence yang ada di Jalan Perjuangan Raya Jatisari, Jatiasih-Bekasi. Perumahan ini hanya berjarak 3,1 kilometer dari Hompipa Center, dengan estimasi waktu tempuh selama 11 menit dengan kondisi jalan tidak macet.


Perumahan Costville Residence-Bekasi

Kelebihan lain yang dimiliki Costville Residence ada bangunan yang minimalis dan memiliki suasana sekitar yang kondusif dan aman, sehingga sangat baik untuk tumbuh kembang buah hati. Tipe rumah yang disediakan hanya tipe 40. Harga yang ditawarkan untuk perumahan ini adalah Rp 400 juta-500 juta. (Kantri/Ahm)

Feature picture: pixabay.com


Source: liputan6.com
6 Tips Biar Cepat Naik Jabatan

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan sebuah jabatan yang tinggi sudah tentu menjadi impian banyak pegawai. Namun dalam pernyataannya, hal ini tidak semudah kelihatannya. Selain harus menunjukkan performa yang baik, Anda pun harus bersaing dengan banyak pegawai untuk mendapatkan jabatan yang tinggi. Akan tetapi hal ini juga tidak terlalu sulit jika anda melakukan dengan sungguh-sungguh.

Apa saja yang dapat Anda lakukan agar mampu naik jabatan dengan mudah? Berikut ulasannya seperti dilansir dari themuse.com, Kamis (11/2/2016):

1. Mengemukakan pendapat

Banyak bos yang senang apabila pegawai yang dipimpinnya mampu memberikan masukan bagus demi keberlangsungan sebuah perusahaan. Banyak pegawai yang terlalu takut mengemukakan saran yang mereka miliki dengan alasan saran tersebut tidak terlalu baik.

Mulai sekarang, cobalah untuk menyampaikan hasil pemikiran Anda pada atasan. Siapa tahu pendapat Anda tersebut bisa dijadikan strategi yang baik untuk mendukung kesuksesan sebuah perusahaan.

2. Bersifat kritis

Sebuah perusahaan pasti memiliki permasalahannya tersendiri. Jika Anda mampu untuk melihat problematika ini dan memiliki gagasan yang bagus sebagai solusinya, jangan ragu untuk menyampaikan pendapat tersebut pada bos Anda.

Bersikap kritis dan selalu jeli terhadap perubahan akan membuat Anda semakin menonjol diantara banyak pegawai lain.

3. Jauhi drama

Seringkali Anda akan dihadapkan terhadap beberapa isu yang terjadi di tempat kerja. Beberapa situasi tersebut pun dapat membuat Anda tidak bergairah dalam bekerja.

Untuk itu cobalah untuk menjauhi segala jenis isu dan `drama` yang dapat terjadi di kantor. Ikut-ikutan mengurusi hal ini justru bisa saja menjadi bumerang yang buruk bagi Anda.


Source: liputan6.com
Daftar Miliarder Wanita Paling Dermawan di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Menyandang predikat sebagai miliarder sudah pasti akan diasosiasikan dengan harta banyak dan berlimpah. Dengan harta tersebut, kesempatan pun semakin terbuka lebar untuk membeli berbagai barang yang Anda inginkan.

Namun berbeda ceritanya dengan empat miliarder wanita ini. Menyandang predikat sebagai salah satu wanita terkaya di dunia ternyata tidak justru membuat mereka senang menghambur-hamburkan hartanya. Mereka justru lebih memilih untuk menyumbangkan hartanya untuk donasi.

Siapa sajakah sosok miliarder wanita paling dermawan di dunia? Melansir laman Business Insider, Rabu (11/2/2016) berikut ulasannya:

1. Laurene Powell Jobs

Total Aset US$ 14,4 miliar atau Rp 192 triliun

Istri dari Steve Jobs ini merupakan salah satu wanita yang memiliki kekayaan dengan nilai fantastis. Setelah mendiang suaminya wafat, ia mendonasikan asset kekayaannya berupa 5,5 juta saham Apple dan 7,3 persen bagian saham The Walt Disney Co.

Walaupun ia lebih dikenal sebagai istri dari salah satu inovator ulung dunia, Jobs juga memiliki jalur karir yang sukses. Ia bekerja di bursa saham Wall Street di bawah bendera Merill Lynch sebelum mendapatkan gelar MBA nya dari Stanford University pada tahun 1991.

Wanita berusia 52 tahun ini juga sangat senang ikut dalam kegiatan kemanusiaan. Pada tahun 1997 ia mendirikan College Track, sebuah program kemanusiaan yang berfokus di bidang edukasi. College Track membantu para murid yang memiliki keterbatasan finansial untuk mampu menempuh pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi.

 


Source: liputan6.com
Freeport Dapat Izin Ekspor Tanpa Setor Jaminan Smelter

Liputan6.com, Bali - Pemerintah telah mengeluarkan izin ekspor konsentrat kepada PT Freeport Indonesia untuk 6 bulan ke depan. Izin tersebut keluar tanpa harus menyetor uang kesungguhan smelter senilai US$ 530 juta, melainkan hanya membayar bea keluar sebesar 5 persen.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengaku, ‎Kementerian Perdagangan telah menerbitkan izin ekspor konsentrat bagi Freeport Indonesia setelah mendapatkan izin rekomendasi dari Kementerian ESDM.

"Yang diwajibkan kalau smelter belum selesai adalah bea keluar. Itu yang paling wajib," tegas Sudirman usai Pembukaan Bali Clean Energy Forum di Nusa Dua Convention Center, Bali, Kamis (11/2/2016) malam.

 

Baca Juga

  • Darmin Lebih Utamakan Kilang Bontang Dibanding Freeport
  • Pemda Papua Ingin Dapat Jatah Saham Freeport
  • Kuota Ekspor Konsentrat Freeport Meningkat

Source: liputan6.com
IHSG Bakal Naik, Simak Delapan Saham Pilihan

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang menguat pada perdagangan saham Jumat pekan ini. Penguatan IHSG akan ditopang dari pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan ekonomi stabil.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan IHSG sedang berusaha keluar dari fase konsolidasi, dan melanjutkan pola kenaikan dalam jangka pendek. Level support terlihat kuat bertahan di 4.710 dan resistance di 4.821.

"Target level resistance itu memiliki potensi untuk dicapai jika melihat dari kondisi ekonomi stabil dan nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar AS," ujar William dalam ulasannya, Jumat (12/2/2016).

Baca Juga

  • IHSG Bergerak di Dua Zona pada Awal Sesi
  • IHSG Berpotensi Menguat, Amati Delapan Saham Ini
  • Saham Walt Disney Bebani Wall Street

Source: liputan6.com
Saham Perbankan Tekan Bursa AS

Liputan6.com, New York - Penurunan saham perbankan membawa Bursa Amerika Serikat (AS) jatuh pada penutupan perdagangan Kamis (Jumat pagi waktu Jakarta), di tengah kekhawatiran jika pelambatan ekonomi global akan menekan suku bunga turun.

Sedangkan saham energi sedikit memberikan dorongan di pasar, dipicu laporan tentang kemungkinan kesediaan OPEC untuk memotong produksi minyaknya. 

Melansir laman Reuters, indeks Dow Jones industrial average turun 185,05 poin atau 1,16 persen menjadi 15.729,69 poin.

Sementara indeks S&P 500 kehilangan 13,9 poin atau 0,75 persen ke posisi 1.837,96 poin dan Nasdaq Composite bertambah 6,43 poin atau 0,15 persen menjadi 4.290,02 poin.

Indeks S&P 500 sempat menyentuh level terendah dalam dua tahun sebelum memantul kembali. Ini setelah adanya laporan jika OPEC siap bekerja sama untuk mengurangi produksi minyak.

Selama sesi perdagangan, saham keuangan terus mendekati posisi terendah dan berada di jalur membukukan kerugian harian terbesar dalam lima bulan.

"Ada ketakutan besar dari sektor perbankan," kata Kepala Investasi Wells Capital Management Jim Paulsen di Minneapolis.

Baca Juga

  • Wall Street Positif Ditopang Saham Bioteknologi
  • Bursa Asia Melemah Didorong Aksi Jual
  • Wall Street Tertekan Aksi Jual Investor

Source: liputan6.com
Harga Minyak Bervariasi Didorong Spekulasi OPEC

Liputan6.com, New York - Harga minyak dunia bervariasi dipicu laporan tentang kemungkinan kesediaan negara anggota OPEC untuk mengurangi pasokan minyaknya.

Melansir laman CNBC, Jumat (12/2/2016), harga acuan minyak mentah Amerika Serikat West Texas Intermediate (WTI) terakhir diperdagangkan turun 0,91 persen atau 25 sen menjadi US$ 27,20 per barel.

Sementara minyak mentah berjangka Brent naik 17 sen menjadi US$ 31,01 per barel, setelah diperdagangkan antara US$ 30,01 dan US$ 31,14 per barel.

Baca Juga

  • Minyak Dunia Turun Mendekati Level Terendah Dalam 12 Tahun
  • Harga Minyak Turun 3,8%
  • Begini Potret Muram Industri Migas Saat Ini

Source: liputan6.com
Harga Emas Melambung ke Posisi Tertinggi dalam Setahun

Liputan6.com, New York - Harga emas melonjak lebih dari 4 persen atau ke posisi tertinggi dalam satu tahun. Hal ini dipicu kekhawatiran tentang ketidakpastian kondisi keuangan, pelemahan dolar dan imbal hasil treasury yang kurang menarik.

Saat ini investor lebih memilih untuk mencari perlindungan pada logam mulia.

Para pedagang mengatakan kekhawatiran ketidakstabilan keuangan dipicu merosotnya saham perbankan Eropa ke posisi terendah dalam beberapa tahun, dengan memuncaknya kekhawatiran tentang pertumbuhan profitabilitas bank dan tingkat suku bunga yang rendah.

Harga emas tercatat melonjak ke posisi US$ 1.247,98 per ounce. Ini angka tertinggi sejak Februari 2015. Harga kemudian naik 4,1 persen menjadi US$ 1.246,6 per ounce atau mencatat kenaikan harian terbesar sejak September 2013.

"Pencari logam mulia bergerak kembali. Kami merekomendasikan klien untuk menambahkan emas dalam portofolio mereka sebagai asuransi, jika kondisi benar-benar berubah buruk," kata Analis Julius Baer Carsten Menke.

Baca Juga

  • Emas Antam Turun Rp 2.000/Gram, Buyback Tak Berubah
  • Minyak Dunia Turun Angkat Harga Emas Naik Tipis
  • Harga Emas Melonjak Karena Pasar Saham Turun

Source: liputan6.com
Top 3: Ini Negara-negara yang Paling Dibenci

Liputan6.com, Jakarta - Setiap negara berlomba-lomba menampilkan apa yang terbaik darinya. Hal ini dengan tujuan yang berbeda-beda.

Mulai dari menggaet wisatawan maupun menambah pundi pendapatan negaranya. Atau menjalin hubungan yang baik dengan negara lain.

Namun sebaik apapun meramu gambaran tentang negaranya, masih ada pandangan jelek tentang satu negara. Bahkan ada yang masuk sebagai negara paling dibenci.

Negara tersebut dibenci karena pimpinannya dianggap sok berkuasa atau otoriter. Ada juga negara yang dibenci karena didalamnya penuh dengan kekerasan, kriminal, korupsi atau terorisme.

Artikel ini menuai perhatian pembaca Liputan6.com dan masuk Top 3 berita paling dicari. Apa saja?

1. Ini Negara-negara yang Paling Dibenci

Setiap negara selalu menjalin hubungan baik dengan negara lain. Alasannya, sebuah negara pasti membutuhkan negara lain untuk memenuhi kebutuhannya.

Namun memang, di luar itu ada negara yang para pemimpinnya tak mampu berkomunikasi dengan baik sehingga membuat negara tersebut dibenci.

Negara tersebut dibenci karena dianggap sok berkuasa atau otoriter. Ada juga negara yang dibenci karena didalamnya penuh dengan kekerasan, kriminal, korupsi atau terorisme.

Dalam artikel ABC News Point, menyebutkan ada 10 negara paling dibenci di dunia. Lengkapnya, berikut daftar 10 negara yang paling dibenci seperti yang dikutip Liputan6.com. Baca berita lengkapnya di sini.

2.Mau Kerja di Facebook? Anda Harus Punya 5 Sifat Ini

Sejak diluncurkan oleh MarkZuckerberg pada tahun 2004, Facebook telah menjelma menjadi media sosial terbesar dengan total satu miliar pengguna. Tak heran bahwa kesuksesan perusahaan raksasa ini dapat menjadi magnet tersendiri bagi para pencari kerja.

Seleksi penerimaan pegawai di Facebook pun tergolong sangat ketat. Lalu apa saja sebenarnya tipe pegawai yang dicari oleh Facebook?

Vice President Facebook bagian Sumber Daya Manusia Lori Goler menuturkan beberapa sifat yang harus dimiliki oleh pegawai Facebook seperti dilansir dalam Business Insider. Baca berita lengkapnya di sini.

3. Begini Jadinya Jika RI Hanya Bergantung pada Minyak Bumi

Sumber energi fosil atau minyak bumi makin menipis, Indonesia mau tidak mau harus mengelola dan mengembangkan energi baru dan terbarukan.  Alasannya karena potensi sumber energi bersih ini melimpah di Indonesia, namun miskin implementasinya.

Tenaga Ahli Menteri atau Ketua Satgas Percepatan Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan, William Sabandar menceritakan kondisi Negara ini yang harus mengimpor bahan bakar minyak 800 ribu barel per hari. Harga minyak dunia amblas, padahal Indonesia merupakan salah satu eksportir minyak. Baca berita lengkapnya di sini.


Source: liputan6.com
RI Bakal Impor Gas dari Papua Nugini

Liputan6.com, Nusa Dua - Pemerintah memperkirakan Indonesia akan menjadi negara pengimpor gas bumi pada 2020. Sebagai ancang-ancang, pemerintah Indonesia sudah membuka pintu kerjasama dengan Papua Nugini dalam rangka importasi sumber energi terbarukan ini.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengungkapkan, Menteri ESDM RI Sudirman Said dan Menteri Energi Papua Nugini telah menggelar pertemuan bilateral di sela acara Bali Clean Energy Forum 2016.

Kedua negara menandatangani perjanjian kerjasama (Memorandum of Understanding/MoU) di bidang energi. Teken nota kesepahaman ini berlangsung di Nusa Dua Convention Center, Bali, Kamis (11/2/2016) malam.

"Mereka (Papua Nugini) punya gas cukup banyak, sedangkan Indonesia akan mengimpor gas pada 2020. Papua Nugini adalah partner yang baik," ucap Wiratmaja saat berbincang dengan wartawan.

Menurutnya, Papua Nugini sudah menemukan lapangan gas untuk dieksplorasi dan eksploitasi. Tinggal kesiapan dari pemerintah Indonesia mengenai negosiasi harga dan kebutuhan gas di dalam negeri.

Baca Juga

  • Ini yang Harus Diatur dalam UU Migas Baru
  • Pelaku Usaha Minta Dilibatkan dalam Revisi UU Migas
  • Revisi UU Migas Harus Bebas dari Eksperimen

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Melonjak Rp 12 Ribu per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga jual emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) melonjak Rp 12 ribu per gram pada Jumat (12/2/2016) menjadi Rp 573 ribu per gram.

Sementara harga pembelian kembali (buyback) emas Antam hanya naik Rp 5.000 menjadi Rp 510 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 510 ribu per gram.

 Antam menjual emas dengan ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.05 WIB. Semua ukuran emas Antam masih tersedia.

Mengingat tingginya animo masyarakat, transaksi pembelian emas batangan yang datang langsung ke Antam dibatasi hingga maksimal 150 nomor antrean per hari.

Antam juga menjual emas batangan dengan corak batik dengan ukuran 10 gram dan 20 gram. Harga emas bercorak batik ini berbeda dengan emas batangan biasa.

Harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram tercatat Rp 5.840.000 per batang atau Rp 572.000 per gram. Sedangkan untuk ukuran 20 gram tercatat Rp 11.285.000 per batang atau Rp 552.250 per gram.

Selain itu, Antam juga mengeluarkan emas batangan edisi Natal dengan ukuran 2 gram dan 5 gram. Untuk ukuran 2 gram Antam menjualnya di harga Rp 1.131.000 sedangkan untuk 5 gram dijual di harga Rp 2.745.000.

Berikut daftar harga emas yang dijual Antam:

* Pecahan 1 gram Rp 573.000
* Pecahan 5 gram Rp 2.720.000
* Pecahan 10 gram Rp 5.390.000
* Pecahan 25 gram Rp 13.400.000
* Pecahan 50 gram Rp 26.750.000
* Pecahan 100 gram Rp 53.450.000
* Pecahan 250 gram Rp 133.500.000
* Pecahan 500 gram Rp 266.800.000

(Nrm/Zul)


Source: liputan6.com
IHSG Bergerak ke Zona Merah di Awal Sesi

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah. Pelemahan IHSG ini mengekor bursa Asia yang juga dibuka di zona negatif.

Pada pembukaan perdagangan saham, Jumat (12/2/2016), IHSG dibuka melemah 18,55 poin atau 0,40 persen menjadi 4.754,7. Pada pukul 09.00 WIB.

Ada sebanyak 45 saham menghijau namun tak mampu mengangkat IHSG. Sedangkan 41 saham lainnya melemah sehingga mendorong IHSG ke zona merah. Terdapat 48 saham diam di tempat. Saham LQ45 juga melemah 0,56 persen ke level 833,80

 

Baca Juga

  • Data Ekonomi Bawa IHSG ke Zona Hijau
  • Paket Kebijakan Ekonomi Jilid 10 Diprediksi Dorong IHSG
  • IHSG Bakal Naik, Simak Delapan Saham Pilihan

Source: liputan6.com
17 Negara Teken Deklarasi Bali Clean Energy Forum

Liputan6.com, Jakarta Bali Clean Energy Forum yang diselenggarakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan International Energy Agency (IEA) telah melahirkan deklarasi komitmen pengembangan energi terbarukan. Dari 26 negara partisipan, hanya 17 negara yang meneken deklarasi tersebut usai Ministerial Meeting.

Menteri ESDM Sudirman Said mengungkapkan, pejabat dari 26 negara yang hadir dalam Ministerial Meeting di Kompleks Nusa Dua Convention Center, Bali pada Kamis (11/2/2016), terdiri dari Amerika Serikat (AS), Australia, Uni Eropa, Sri Lanka, Papua Nugini, Timor Leste, Arab Saudi dan negara lainnya.

"Lewat forum ini Indonesia ingin memploklamirkan diri mengambil posisi pemimpin menjadi pendorong revolusi bahan bakar fosil ke energi terbarukan. Walaupun harga minyak dunia sedang rendah, pasti hanya temporer. Akan ada titik baliknya, dan kita mesti membangun energi terbarukan," jelas Sudirman.

 

Baca Juga

  • Hampir Separuh Cadangan Energi Panas Bumi‎ Dunia Ada di RI
  • Menteri ESDM Sebut RI Bisa Terperangkap Energi Murah
  • Kurangi Peran Energi Fosil, Pemerintah Ubah Sampah Jadi Premium

Source: liputan6.com
Ingin Investasi Apartemen dan Kondotel? Yuk Simak Ulasan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Apartemen kini menjadi obyek investasi yang populer di Indonesia. Ini tak lepas dari melambungnya harga rumah di tengah kota. Menyusul apartemen, kini muncul kondotel, yang memiliki prospek invetasi yang tak kalah cerahnya.

Apartemen dan kondotel (kondominium hotel) sekilas tampak sama. Sama-sama gedung bertingkat dengan hak guna bangunan (HGB) strata title. Bedanya, tujuan utama apartemen adalah untuk dihuni walau dapat juga disewakan untuk jangka panjang, sementara tujuan utama kondotel sebenarnya adalah untuk hotel, yakni untuk disewakan secara harian.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi di sektor hunian vertikal ini, coba lirik kawasan di luar Jakarta. Beberapa di antaranya ada yang menawarkan harga jual yang relatif terjangkau. Tertarik untuk menyimak? Berikut ini beberapa rekomendasi dari Rumah.com seperti ditulis Jumat (12/2/2016)

Kondotel

Kondotel terbilang lebih praktis bagi Anda yang total ingin berinvestasi properti. Karena pengelolaan unit kondotel sepenuhnya ‘diserahkan’ kepada operator hotel untuk disewakan. Dengan begitu, pembeli akan mendapatkan revenue sharing dari hasil penyewaan unit. Beberapa operator kondotel juga ada yang menawarkan garansi balik modal (return of investment) dalam beberapa tahun pertama.

  • Springhill Condotel Lampung

Ditawarkan dengan harga mulai Rp 690 juta, Springhill Condotel Lampung terletak di pusat kota Sumur Putri TelukBetung Selatan. Hunian ini menyediakan konsep ramah lingkungan dengan konsep 3 in 1, yaitu menggabungkan kondotel dengan apartemen dan mal. Didesain oleh arsitek terkenal Ridwan Kamil, kondotel ini terdiri atas 17 lantai, 266 unit dengan setiap unit kondotel sudah terisi dengan furnitur yang mewah dan modern.

  • Tamansari Mahogany

Taman sari Mahogany terletak di kawasan Teluk Jambe Karawang Barat. Selain apartemen, Mahogany juga menawarkan unit kondotel dengan harga mulai dari R p500 jutaan. Untuk kondotel, Wika Gedung bekerjasama dengan Fave Hotel by Aston untuk pengelolaan. Sebagai gimmick, pengembang menjamin 16 persen investor bisa mendapatkan ROI (Return of investment) pada dua tahun pertama.

Setiap unitnya telah dilengkapi oleh perabot lengkap. Para pemilik kondotel juga berhak mendapatkan stay points atau hak menginap di kondotel selama beberapa hari dalam setahun, sesuai kesepakatan.

Apartemen

Investasi apartemen juga tak kalah menarik. Hak tinggal di unit apartemen lebih fleksibel karena tidak diatur oleh pengelola. Prospek investasi selain dari capital gain (kenaikan harga unit) adalah menyewakannya dengan jangka panjang, biasanya per tahun.

  • Breeze Tower Bintaro Plaza Residence

Untuk Anda yang mendambakan investasi strategis di tengah kawasan berkembang, Bintaro Plaza Residence bisa menjadi pilihan. Sebagai kawasan mixed use di atas lahan seluas 11 hektar di jantung kota Bintaro Jaya, kondominium ini dikelilingi oleh mal, perkantoran, hotel, serta fasilitas umum lengkap.

Untuk tower pertama Altiz telah terjual habis dan menghasilkan ROI sebesar 40 persen dalam waktu 20 bulan. Untuk tower terbarunya Breeze, dijual mulai dari harga Rp 600 jutaan. Sebagai promo, BPR menawarkan fasilitas cicilan bertahap selama 36 kali.

  • Jaya Condo Silktown

Jaya Condo Silktown memanjakan para penghuninya dengan fasilitas kolam renang, club house sampai dengan sky garden untuk tempat bersosialisasi dengan para kolega.

Dengan harga jual mulai dari Rp 424 juta, tower Alexandria sudah mengalami kenaikan harga hingga 5 persen pada enam bulan setelah peluncuran. Untuk investasi, pemilik bisa menyewakan unit apartemen rata-rata seharga Rp 3 juta per bulan untuk unit Studio. Target konsumennya adalah para pekerja di kawasan segitiga emas Serpong serta mahasiswa di Bina Nusantara, UMN, dan UPH.

  • Ayodhya Residence

Ayodhya Residence terletak di jalan protokol M.H. Thamrin, Tangerang. Jaraknya hanya 2,5 km dari tol Jakarta-Tangerang. Target konsumen hunian ini adalah pekerja di kawasan bisnis Cikokol, mahasiswa dari universitas di sekitar seperti Binus University di Alam Sutera atau Universitas Multimedia Nusantara di Gading Serpong, serta pekerja maskapai penerbangan. Letak Ayodhya Residence sendiri hanya sekitar 30 menit dari Bandara.

Prospek investasi hunian ini cukup baik. Persentase capital gain-nya adalah 10 persen dalam setahun. Sementara jika disewakan, harganya bisa dipatok sekitar Rp 2 juta-Rp 2,5 juta.

Berbicara soal menghitung keuntungan apartemen dan kondotel, keduanya memiliki pasarnya sendiri. Anda harus jeli mengamati lokasinya dan karakter calon konsumennya.

 


Source: liputan6.com
Roadshow Jawa-Bali, Sudirman Said Lepas 14 Kendaraan Biodiesel

Liputan6.com, Jakarta - Dalam gelaran Bali Clean Energy Forum, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said melepas 14 mobil tim sosialisasi pemanfaatan biodiesel atau bahan bakar solar bercampur minyak sawit 20 persen. Kendaraan roda empat dari berbagai jenis dan merek ini akan kembali menuju Jakarta setelah menggelar roadshow lintas Jawa-Bali dengan titik 12 kota.

Pelepasan ini berlangsung di halaman Nusa Dua Convention Center, Bali, Jumat (12/2/2016). Acara tersebut dihadiri Menteri ESDM, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana, Dirjen Minyak dan Gas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja, Dirjen Kelistrikan Jarman, dan beberapa pejabat Kementerian ESDM lainnya.

Menurut Rida, Kementerian ESDM kembali meluncurkan roadshow sosialisasi program biodiesel 20 persen sebagai kelanjutan dari roadshow sebelumnya di wilayah Sumatera. Perjalanan kali ini menyisir 12 kota lintas Jawa Bali, yaitu Jakarta, Tegal, Semarang, Surabaya, Jember, Malang, Solo, Yogyakarta, Dieng, Bandung, Serang, Merak, Bali, Jakarta.

 

Baca Juga

  • Pemerintah Gelontorkan Subsidi Biodiesel Rp 113 Miliar
  • Sosialisasi Mandatori B-20, Pemerintah Gelar Roadshow
  • Mangkir Mencampur Biodiesel dengan Solar, Siap Kena Denda

Source: liputan6.com
Soal Energi Terbarukan, RI Kalah Jauh dari Sri Lanka

Liputan6.com, Jakarta - Pengembangan energi terbarukan di Indonesia masih tersendat masalah regulasi, harga, teknologi, dan permasalahan lain. Bahkan soal energi terbarukan, Indonesia tertinggal dari Sri Lanka yang telah mencapai kemajuan signifikan dalam pengembangan energi bersih.

"Kita malu dengan negara lain yang tidak punya sumber energi terbarukan sebesar Indonesia, tapi semangatnya luar biasa untuk mengembangkan energi ini," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said dalam acara Bali Clean Energy Forum, Bali, Jumat (12/2/2016).

Sri Lanka, katanya, merupakan sebuah negara kecil yang mempunyai kegigihan besar membangun dan mengembangkan energi terbarukan. Menurut Sudirman, Sri Lanka sukses mengaliri listrik ke pulau-pulau terpencil. "Porsi penggunaan energi terbarukan di Sri Lanka sudah 50 persen. Kita ingin belajar dan bekerja bersama," ucap Sudirman.

Baca Juga

  • Wapres JK Berkisah Antara Batik dan Hemat Energi
  • Harga Minyak Amblas, Energi Terbarukan Tidak Laku?
  • Wapres JK: RI Beruntung Kaya Sumber Energi, Cuma Butuh Teknologi

Source: liputan6.com
RI Rawan Bencana, Kajian Proyek Kereta Cepat Harus Sempurna

Liputan6.com, Jakarta - Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung harus disiapkan dengan sempurna. Alasannya, kereta cepat merupakan moda transportasi massal sehingga jika tidak diperhitungkan dengan baik maka keselamatan ratusan penumpang dipertaruhkan.

Pengamat transportasi Djoko Stijowarno menjelaskan, salah satu yang perlu dicermati oleh kontraktor proyek adalah soal studi analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal). Dalam studi ini harus melibatkan para ahli di bidang kebencanaan, mengingat wilayah yang dilintasi termasuk rawan bencana alam.

"Kelengkapan mitigasi bencana sangat penting. Jepang lebih rawan bencana namun dapat membangun kereta cepat dengan selamat," kata Djoko, di Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Menurut Djoko, transportasi wajib memperhatikan keselamatan penumpang. Rancang bangun jalur harus sesuai standar keselamatan pembangunan jalur dan operasi kereta cepat.

"Biasanya untuk membuat studi Amdal butuh waktu setahun. Meski sekarang sudah menerbitkan Surat Kelayakan Lingkungan dan Izin Lingkungan. Namun, jika melibatkan banyak ahli dan masukan dari masyarakat pasti akan mendapatkan hasil yang lebih baik," terangnya.

Baca Juga

  • Kereta Cepat Jauh Lebih Efisien Dibanding Pesawat
  • Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Bisa Gunakan Dana APBN
  • Wika Ingin Garap Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Source: liputan6.com
Terungkap Pencurian Listrik Terbesar, Rugikan PLN Rp 167 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan kasus pencurian listrik yang merugikan PT PLN (Persero) senilai Rp 167 miliar merupakan yang terbesar selama ini. Maling listrik ini melibatkan PT Wirajaya Packindo, perusahaan yang bergerak di bidang industri kertas.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kelistrikan Kementerian ESDM, Jarman saat acara Bali Clean Energy Forum mengungkapkan, selama ini sebagian besar kasus pencurian listrik telah merugikan PLN sekitar Rp 30 miliar. Namun kali ini berbeda, nilainya cukup fantastis.

"Yang sekarang kasus pencurian listrik terbesar Rp 167 miliar kerugiannya. Selama ini hanya Rp 30 miliar," ungkap Jarman di Nusa Dua Convention Center, Bali, Jumat (12/2/2016).

 

Baca Juga

  • Curi Listrik untuk Rumah Tangga, Mantan Pegawai PLN Dibekuk
  • Pencuri Spesialis Alat Listrik Dibekuk di PLTU Celukan Bawang
  • Industri Komponen Lokal Ingin Terlibat dalam Proyek Kereta Cepat

Source: liputan6.com
Menteri ESDM akan Perjuangkan Pengembangan Energi Terbarukan

Liputan6.com, Nusa Dua - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan akan tetap membangun dan mengembangkan energi terbarukan sebagai masa depan ketahanan energi nasional.

Ini demi demi mengurangi impor bahan bakar minyak (BBM) yang mencapai 700 ribu-800 ribu barel per hari.

Menteri ESDM Sudirman Said mengungkapkan, pemerintah konsisten membangun transportasi massal guna menghemat energi. Pemerintah pun mereformasi subsidi energi untuk mengejar pembangunan infrastruktur yang sudah tertinggal.

"Di bidang energi, impor BBM kita 700 ribu-800 ribu barel per hari. Bukan rakyat yang menikmati tapi importir. Padahal kedaulatan energi kita ada di energi terbarukan yang selama ini kita abaikan," jelas dia di Nusa Dua Convention Center, Bali, Jumat (12/2/2016).

Baca Juga

  • Soal Energi Terbarukan, RI Kalah Jauh dari Sri Lanka
  • Ini Alasan Konsumsi Biodiesel untuk Kendaraan Masih Minim
  • 17 Negara Teken Deklarasi Bali Clean Energy Forum

Source: liputan6.com
Daftar Negara Paling Baik untuk Wanita Karier

Liputan6.com, Jakarta Menjelang hari wanita se-dunia, TheEconomist mengeluarkan daftar hasil survei terhadap beberapa negara yang memiliki kesempatan kerja paling baik bagi wanita untuk menjalankan kariernya.

Melansir laman Norwaypost.no, Jumat (12/2/2016), penilaian survei tersebut didasarkan pada beberapa faktor seperti tingkat pendidikan wanita, partisipasi wanita dalam lapangan pekerjaan hingga perbedaan upah dalam segi gender.

Daftar yang diberi nama The glass-ceiling index, tersebut menempatkan negara Nordic seperti Norwegia, Swedia dan Finlandia sebagai negara yang memiliki kesempatan kerja paling baik bagi wanita.

Norwegia menempati urutan pertama dengan nilai 78,7 di skala nilai 1 hingga 100. Survei tersebut menilai perusahaan asal Norwegia sangat baik dalam merekrut wanita sebagai pegawai.

Di peringkat kedua adalah Swedia dengan nilai 78,1 sementara Finlandia menempati posisi tiga dengan 77,1 poin. Sementara posisi terendah ditempati oleh Korea Selatan dan Jepang yang hanya mampu mencetak nilai 15,5 dan 20 poin.

Berikut adalah daftar 15 besar negara terbaik bagi wanita karier:

1. Norwegia

2. Swedia

3. Finlandia

4. Polandia

5. New Zealand

6. Prancis

7. Denmark

8. Hungaria

9. Kanada

10. Spanyol

11. Israel

12. Belgia

13. Portugal

14. Slovakia

15. Belanda

(Vna/Ndw)

 


Source: liputan6.com
Pemanfaatan Bandara Pondok Cabe Optimalkan Aset BUMN

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) mengungkapkan masih berpeluang untuk terbang dari B‎andara Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Arif Wibowo mengatakan telah mendapat dukungan dari Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Arif mengatakan, mantan Direktur Utama PT KAI (Persero) tersebut juga memberikan arahan terkait dengan cara pengelolaannya.

"Kami sudah sempat diberikan arahan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), bahwasanya Pondok Cabe juga diberikan kemungkinan dioperasikan karena Pak Menhub memberikan dukungan ‎penuh terutama bagaimana cara mengelolanya," kata dia di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Dia mengatakan, dalam pengelolaan Pondok Cabe ini juga memungkinkan melibatkan PT Angkasa Pura II (Persero). Hal itu sedang dalam pembahasan BUMN.

Baca Juga

  • Operator Pondok Cabe Harus Punya Modal Minimal Rp 500 Miliar
  • Pertamina Raup Rp 50 Miliar dari Bandara Pondok Cabe
  • Garuda Terbangkan 8 Rute Penerbangan dari Bandara Pondok Cabe

Source: liputan6.com
Menhub Jonan Tegaskan Tak Ada Jaminan Finansial Buat Kereta Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menegaskan pemerintah tidak memberikan jaminan finansial apapun kepada PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dalam pembangunan proyek kereta Cepat Jakarta-Bandung. Hal ini menepis semua anggapan yang menyatakan, jika dalam proses pembangunan dan operasional mengalami kerugian, maka biayanya akan ditanggung oleh pemerintah.

Menurut Jonan, proyek kereta cepat ini bukan proyek pemerintah, melainkan proyek bisnis antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia dengan China. Sedangkan pemerintah hanya bertindak sebagai pemberi izin dan pengawas jalannya moda transportasi tersebut.

"Proyek ini bukan proyek pemerintah dan pemerintah tidak ada jaminan apapun," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis Jumat (2/12/2016).

Namun lanjut Jonan, pemerintah hanya akan memberikan jaminan terkait dengan masa konsesi. Hal ini dianggap penting untuk menjamin pengoperasian kereta cepat tersebut dilakukan bersama antara Indonesia dan China melalui KCIC dalam jangka waktu 50 tahun. Terlebih lagi, investasi kereta cepat ini murni bersifat business to business dan tidak memakai anggaran negara.

Baca Juga

  • RI Rawan Bencana, Kajian Proyek Kereta Cepat Harus Sempurna
  • Menhub Jonan: Keamanan Jadi Prioritas di Proyek Kereta Cepat
  • Bos LEN Yakin Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tetap Operasi 2019

Source: liputan6.com
Kerugian Akibat Maling Listrik Capai Rp 1,5 Triliun per Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat pencurian listrik di Indonesia selama ini telah merugikan negara hingga Rp 1,5 triliun setiap tahun. Jumlah ini berusaha ditekan pemerintah dengan melakukan berbagai cara.

"Jumlah dari pencurian listrik diperkirakan Rp 1,5 triliun per tahun (kerugian). Itu yang harus dikurangi dan upaya ini sudah dilakukan sejak 2012," ujar Direktur Jenderal Kelistrikan Kementerian ESDM, Jarman saat ditemui di Nusa Dua Convention Center, Bali, Jumat (12/2/2016).

Kejahatan pencurian listrik ada yang mengandung unsur kesengajaan maupun ketidaksengajaan. Pencurian listrik secara sengaja dan besar, lanjut Jarman, kerap terjadi di pabrik, hotel dan sebagainya.

"Kalau laporan yang masuk ada ketidaksengajaan diproses PLN untuk kasus perdata. Tapi begitu ada masalah yang terkait pidana, dilaporkan ke kita. Kita akan tindaklanjuti, diperiksa, apakah ada unsur kesengajaan atau ketidaksengajaan," jelasnya.

Sikat Maling Listrik

Diakuinya, saat ini terdapat 25 Penyidik PNS (PPNS) di Direktorat Jenderal Kelistrikan Kementerian ESDM dan jumlahnya akan terus bertambah seiring kehadiran PPNS baru yang sudah mendapat pendidikan dan pelatihan, serta rekomendasi dari Kejaksaan Agung. Sedangkan pengajuan pengangkatannya melalui Kementerian Hukum dan HAM untuk diangkat menjadi PPNS.

Baca Juga

  • Terungkap Pencurian Listrik Terbesar, Rugikan PLN Rp 167 Miliar
  • Ini Modus Pencurian Listrik di Jakarta
  • Pencuri Listrik Dijerat Denda Rp 2,5 Miliar

Source: liputan6.com
Menteri Susi Bangun Kapal Markas Rp 600 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana membangun kapal markas atau induk pada 2016. Kapal ini menghabiskan biaya sekitar Rp 600 miliar dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti mengatakan kapal tersebut merupakan program tahun jamak (multiyears) 2 tahun.

"Targetnya satu sampai satu setengah tahun. Kalau program 2 tahun multiyears, kami masih tahap finalisasi spesifikasi apa yang dibutuhkan," kata Susi, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Baca Juga

  • Pengusaha Usul Kapal Pencuri Ikan Diberikan ke Nelayan
  • Menteri Susi: Semua Kapal Pencuri Ikan Ditenggelamkan Tahun Ini
  • Diberantas di Indonesia, Pencuri Ikan Beraksi di Negara Lain

Source: liputan6.com
Musim Hujan Tiba, Harga Bawang dan Cabai Melejit

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai, bawang putih, dan bawang merah melejit dalam dua hari terakhir. Kenaikan harga komoditas pangan tersebut disebabkan oleh berkurangnya pasokan dan turunnya kualitas akibat musim hujan.

Seora‎ng penjual sayur di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, Muriah (42), mengungkapkan harga bawang putih jenis cutting atau bawang putih yang belum dikupas mengalami kenaikan Rp 4.000 per kilogram (kg) dari Rp 28 ribu per kg menjadi Rp 32 ribu per kg.

"Kalau harga bawang putih naik. Jenis lokal naik Rp 5.000 per kg dari Rp 25 ribu per kg menjadi Rp 30 ribu per kg. Katanya saat berbincang dengan Liputan6.com, di Pasar Mampang, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Baca Juga

  • Mentan Sebut Ini Biang Kerok Harga Bawang Merah Melonjak
  • Ini Penyebab Harga Bahan Pangan di RI Mahal
  • RI Tak Impor Bikin Thailand Bingung Jual Bawang Merah

Source: liputan6.com
10 Kereta Paling Cepat di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kini tengah mengembangkan proyek kereta cepat Jakarta-bandung. Kereta ini mampu melesat hingga 250 kilometer (km) per jam. Dengan kereta cepat ini, waktu tempuh Jakarta-Bandung bisa dihemat menjadi hanya 35 menit.

Di dunia, negara-negara lain sudah banyak yang mengembangkan kereta jenis ini. Kecepatannya beragam. Jenis dan sebutan mereka pun bermacam-macam.

Jepang punya Shinkansen, China punya Maglev dan nehgara lainnya. Kebanyakan menyebutnya bullet train, karena bentuknya bentuknya menyerupai peluru, atau bisa bergerak secepat peluru.

Lalu, kereta mana yang mampu melaju paling cepat? Berikut daftar kereta paling cepat dilansir dari ABC News Point, Jumat (12/2/2016).

10. THSR 700T

THSR 700T adalah kereta dari Taiwan dan paling cepat di negara tersebut. Moda ini dibuat di Jepang pada 2007. Proyek ini dibuat untuk melayani perjalanan dari Kosyung ke Taipei dan bisa menempun kecepatan hingga 300 km per jam. Karena ada moda ini, waktu tempuh keduanya bisa dihemat hingga 90 menit saja.

9. ETR 500 Frecciarossa

Kereta yang menghubungkan Roma dan Milan di Italia ini punya kecepatan 300 km per jam. Dengan jarak Roma ke Milan sekitar 460 km bisa ditempuh dengan waktu 2 jam 40 menit. Kereta ini punya 4 kabin spesial yaitu eksekutif, bisnis, platinum, dan standar.


Source: liputan6.com
Mau Renovasi Rumah Tapi Tak Ada Biaya? Ini Solusinya

Liputan6.com, Jakarta - Seperti halnya barang-barang lainnya, rumah juga tidak selamanya akan terus memiliki ketahanan. Maka suatu waktu rumah juga perlu perawatan dan renovasi. Tapi untuk melakukan renovasi, seseorang akan membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Akan tetapi, bila Anda benar-benar ingin melakukan renovasi rumah, ada beberapa cara yang saat ini bisa Anda lakukan mesti kekurangan biaya atau bahkan tak ada biaya. Lalu bagaimanakah caranya tersebut? Berikut ulasannya seperti dikutip dari www.cermati.com, Jumat (12/2/2016):

1. Ajukan Kredit Agunan Rumah

Teknik ini dilakukan dengan meminjam uang kepada bank dengan menjaminkan rumah Anda. Dari teknik ini, Anda akan mendapatkan pinjaman dari bank hingga 80 persen dari harga taksiran rumah.

Penaksiran harga sendiri akan dilakukan oleh pihak bank dari rumah yang Anda miliki. Jadi bila kemudian bank menaksir harga rumah Anda adalah Rp 400 juta, maka bank akan memberikan kredit maksimal Rp 320 juta.

Keuntungan bila Anda meminjam kredit dari bank ini adalah bunga yang terbilang rendah jika dibandingkan pinjaman lainnya. Bunga dan cara perhitungannya dari cara peminjaman ini sendiri hampir menyerupai bunga KPR.

Namun bila Anda memiliki rumah yang masih dalam proses pembiayan KPR, maka Anda tak bisa mengajukan kredit refinancing. Sebab dalam kredit ini mensyaratkan pelampiran Sertifikat Hak Milik (SHM) bangunan dan tanah. Sedangkan Anda yang masih dalam penyelesaian cicilan KPR tentu belum memiliki SHM dari pihak bank.

2. Ajukan Kredit Tanpa Agunan

Bagaimana bila kita tidak memiliki agunan atau jaminan untuk pengajuan kredit renovasi rumah? Caranya Anda memilih Kredit Tanpa Agunan (KTA). Dengan pinjaman ini Anda akan bisa mendapatkan dana hingga Rp200 juta untuk renovasi rumah.

Dalam pinjaman KTA sendiri Anda tidak perlu menunggu lama untuk pencairan dana seperti pada kredit dengan agunan. Sebab dengan pinjaman KTA Anda hanya membutuhkan waktu antara 1-2 minggu untuk pencairan dana, bahkan ada yang lebih cepat.

Pilihan pinjaman KTA ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan renovasi kecil dan waktu pengerjaan yang singkat. Dan bagi Anda yang sedang mengambil KPR dan masih belum memiliki SHM, maka Anda masih bisa mengajukan KTA. Meski banyak menyimpan keunggulan, pinjaman KTA ini juga punya kelemahan yaitu suku bunganya yang tergolong tinggi.


Source: liputan6.com
Ini Cerita Awal Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Liputan6.com, Jakarta - Sejak kembali diwacanakan pada tahun lalu, proyek pembangunan kereta cepat banyak menimbulkan pro dan kontra. Saat ini, meskipun telah groudbreaking pada 21 januari 2016, kelanjutan proyek tersebut masih harus menunggu terbitnya izin konsesi dan izin pembangunan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Direktur Transportasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Bambang Prihartono mengatakan, ‎sebenarnya kereta cepat ini bukan proyek baru. Rencana pembangunan proyek ini telah ada sejak 2008, namun dengan rute Jakarta-Surabaya. Proyek tersebut digagas oleh Bappenas bersama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Kereta cepat sudah disiapkan sejak 2008, tetapi rute Jakarta-Surabaya. Ini dirancang Bappenas dan Kemenhub. Tapi karena pertimbangan politis dan dana yang dibutuhkan besar, sementara pemerintah saat itu membutuhkan dana untuk kegiatan-kegiatan lain, jadi proyek belum diimplementasikan," ujarnya di Jakarta, Jumat (12/6/2016).

Baca Juga

  • Menhub Jonan Tegaskan Tak Ada Jaminan Finansial Buat Kereta Cepat
  • RI Rawan Bencana, Kajian Proyek Kereta Cepat Harus Sempurna
  • Bos LEN Yakin Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tetap Operasi 2019

Source: liputan6.com
Pertamina Kurangi Impor Elpiji di 2016

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mampu menekan impor Elpiji 1.656 Metrik Ton (MT) per hari atau sebesar 12 persen pada 2016. Penurunan impor Elpiji tersebut karena Pertamina mampu meningkatkan kapasitas pengolahan gas.

Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, Pertamina memperkirakan konsumsi Elpiji tahun ini mencapai 7,8 juta MT. Konsumsi tersebut rencananya berasal dari dalam negeri sebanyak 3 juta MT dan impor atau dari luar negeri sebanyak 4,8 juta MT.

Namun rencana tersebut akan diubah. Impor elpiji Pertamina tidak akan mencapai 4,8 juta MT atau 13.150 MT per hari lagi. Alasannya, Pertamina mendapat tambahan pasokan elpiji dari dalam negeri.

"Kami mendapat tambahan produksi 1.650 MT per hari atau bisa mengurangi impor 12 persen per hari," ungkap Wianda, di Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Baca Juga

  • Ini Keuntungan Konversi Elpiji bagi Nelayan
  • Takut Diprotes, Subsidi Elpiji Tak Bisa Langsung Dicabut
  • ESDM Minta Masukan Cara Penyaluran Elpiji 3 Kg Tepat Sasaran

Source: liputan6.com
Tak Hanya di RI, Pencurian Listrik Juga Marak di India

Liputan6.com, Nusa Dua - Selain di Indonesia, pencurian listrik juga terjadi di luar negeri. Paling banyak kasusnya menimpa negara-negara berkembang, salah satunya India.

Modusnya mulai dari sambungan listrik liar sampai menghilangkan kelengkapan alat pengukur listrik yang didalangi kongkalikong dengan petugas di lapangan. 

"Di luar negeri ada pencurian listrik, seperti di India. Di mana-mana ada atau terjadi, biasanya di negara yang sedang berkembang," kata Direktur Jenderal Kelistrikan ESDM, Jarman di acara Bali Clean Energy Forum, di Nusa Dua Convention Center, Bali, Jumat (12/2/2016).

‎Di Indonesia, lanjut dia, ada puluhan kasus pencurian listrik yang sudah ingkrah di Pengadilan. Hanya saja nilai kerugian akibat tindak pidana ini hanya puluhan miliar rupiah atau paling tinggi selama ini Rp 30 miliar.

 

Baca Juga

  • Kementerian ESDM Minta PLN Berantas Pencuri Listrik
  • Terungkap Pencurian Listrik Terbesar, Rugikan PLN Rp 167 Miliar
  • Kerugian Akibat Maling Listrik Capai Rp 1,5 Triliun per Tahun

Source: liputan6.com
Menteri Susi Sesalkan Harta Karun Laut Pernah Terbuka Bagi Asing

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti mengatakan, Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) merupakan benda yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Oleh sebab itu, pengangkatan BMKT seharusnya tertutup bagi investor asing.

"Banyak yang tergiur, perusahaan asing banyak. Sekarang ada moratorium daripada batas waktu kita masukan negative list," kata dia, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Dia mengatakan, sebelumnya pengangkatan BMKT masih diperbolehkan. ‎Susi sendiri mengaku heran padahal BMKT atau harta karun merupakan sejarah yang dapat digunakan sebagai sarana edukasi bagi anak cucu masyarakat Indonesia.

"Saya juga tidak mengerti kenapa bisa masuk daftar investasi dulunya, sama artefak dibisniskan kita membolehkan untuk dijualbelikan, mana mungkin sejarah jual beli. Tidak boleh. Kalau angkat untuk museum dan pemerintah,"tuturnya.

Baca Juga

  • 35 Bidang Usaha Dibuka Bebas 100% untuk Asing
  • Menteri Susi Bangun Kapal Markas Rp 600 Miliar
  • Perdana di 2016, Menteri Susi Tenggelamkan 23 Kapal Maling Ikan

Source: liputan6.com
Konversi Elpiji, Pertamina Selamatkan Uang Negara Rp 197 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) dapat menyelamatkan uang negara sekitar Rp 197,05 triliun ‎atas program konversi minyak tanah ke elpiji 3 Kilo gram (Kg) yang berlangsung sejak 2007.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, PT Pertamina telah mendistribusikan 57,19 juta paket hanya dalam waktu sembilan tahun program berjalan. Pihaknya juga mengubah pola konsumsi energi masyarakat secara masif dari semula minyak tanah ke Elpiji 3 kg.

"Program konversi minyak tanah ke Elpiji 3 kg tergolong sukses dalam waktu cepat. Bahkan, program tersebut telah menjadi contoh bagi negara-negara lainnya," kata Wianda, di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Wianda mengungkapkan, sukses utama dari program tersebut adalah menekan subsidi BBM terutama dari minyak tanah. Secara akumulatif, penghematan subsidi mencapai Rp 197 triliun sejak program konversi minyak tanah pertama kali digulirkan.

Baca Juga

  • Ini Keuntungan Konversi Elpiji bagi Nelayan
  • Pembagian Paket Perdana Elpiji Bakal Sesuai Target
  • Nelayan Bakal Dapat Paket Konversi Elpiji Gratis

Source: liputan6.com