Prev Febuari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
31 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
Berita Kurs Dollar pada hari Selasa, 02 Febuari 2016
Ingin Sukses? Coba Baca 5 Buku Ini

Liputan6.com, Jakarta - Seseorang dapat menentukan sendiri berbagai manfaat yang dapat dirasakan ketika membaca buku.

Hal paling umum dari manfaat membaca buku adalah dapat belajar dari pengalaman orang lain. Atau, dengan membaca buku, kita dapat menambah pengetahuan.

Orang yang rajin membaca buku dapat terhindar dari kerusakan jaringan otak di masa tua. Ini menurut riset mutakhir tentang otak.

Bahkan, secara tegas, penelitian ini menyatakan jika membaca buku dapat membantu seseorang untuk menumbuhkan saraf-saraf baru di otak yang nantinya sangat berpengaruh dalam menciptakan tindakan produktif di setiap harinya.

Berikut lima buku yang dapat membuat Anda makin sukses dilansir dari laman Lifehack.org, Selasa (2/2/2016):

1. Boundaries: When to Say Yes, How to Say No to Take Control of Your Life (Henry Cloud dan John Townsend)

Boundaries

Jika Anda memiliki masalah yang sering dihadapi dalam mencapai target yang diinginkan dalam hidup, buku ini memiliki segudang solusi bagi Anda.

Penulis Henry Cloud dan John Townsend akan memberikan Anda gambaran jelas di berbagai aspek kehidupan.

2. The $100 Startup (Chris Guillebeau)

100Startup

Sudah dua tahun sejak buku "The $ 100 Startup" karangan Chris Guillebeau dijual dan meraih gelar bestseller dari New York Times dan Wall Street Journal.

Meski sudah dua tahun, tidak berarti buku ini kurang berlaku untuk saat ini. Secara singkat, "The $ 100 Startup" merupakan sebuah kitab ”how-to” bagi siapa pun yang mempunyai aspirasi tinggi, kantong tipis, laptop, dan tidak begitu suka otoritas.

Sesuai dengan judulnya, Chris ingin menyampaikan bahwa setiap orang dapat memulai bisnis dengan modal hanya US$ 100 (Rp 1 jutaan).


Source: liputan6.com
Ini 15 Jembatan Tertinggi di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Jembatan adalah salah satu proyek infrastruktur yang penting. Fungsi dari jenis infrastruktur ini adalah untuk menyeberangi medan yang sulit dilewati jalan biasa, seperti sungai, laut dan sebagainya.

Kini, pembangunan jembatan terus berkembang dengan teknologi dan sistemnya masing-masing. Sejumlah negara membangun jembatan dengan tinggi menjulang dan panjang yang membentang.

Menarik untuk dicatat, bahwa 12 jembatan tertinggi di dunia, 6 di antaranya ada di China.

Ternyata alasan mengapa China memegang porsi terbayak sebagai pembagun jembatan tertinggi karena sebagian besar tanah di Cina didistribusikan pada ketinggian dan di badan air yang berbeda, sehingga lebih penting untuk memiliki cara menyeberang dengan berbagai cara.

Salah satu jembatan yang fenomenal yang dimiliki China adalah The Sutong Yangtze Bridge yang membentang sepanjang 306 meter dan menerima dua penghargaan sebagai Outstanding Civil Engineeering Achievement, atau kurang lebih berarti Pekerjaan Sipil yang Menakjubkan. Penghargaan tersebut diberikan Society of America Civil Engineers.

Jembatan ini memperpendek jarak antara Shanghai dan Nantong yang sebelumnya harus ditempuh 4 jam menggunakan kapal Ferry.

Meski China punya paling banyak jembatan di 15 besar jembatan di dunia, tapi yang paling tinggi bukan berada di Negeri Tirai Bambu ini. Adalah Perancis yang mempunyai jembatan Millau atau yang dikenal dengan nama Millau Viaduct setinggi 343 meter.

Berikut daftar 15 jembatan tertinggi di dunia yang dilansir dari World Atlas, Senin (2/1/2016).


1. Milau Viaduct (Perancis) - 343 meter
2. Russky Bridge (Rusia) - 321 meter
3. Sutong Bridge (China) - 306 meter
4. Akashi - Kaikyo (Jepang) - 298 meter
5. Stonecutters Bridge (Hong Kong) - 298 meter
6. Yi Sun-sin Bridge (Korea Selatan) - 270 meter
7. Jingyue Bridge (China) - 265 meter
8. Great Belt East Bridge (Denmark) - 254 meter
9. Zhongxian Huyu Expressway Bridge (China) - 248 meter
10. Zhongjianhe Bridge (China) 245 meter
11. Jiujian Fuyin Expressway (China) 244 meter
12. Eodong Bridge (China) - 243 meter
13. Mezcala Bridge (Meksiko) - 242 meter
14. Incehon Bridge (Korea Selatan) - 231 meter
15. Golden Gate (Amerika Serikat) - 227 meter. (Zul/Nrm)


Source: liputan6.com
Kapal Pesiar Miliarder Pendiri Microsoft Tabrak Terumbu Karang

Liputan6.com, Jakarta Miliarder yang juga merupakan co-founder dari Micrsoft, Paul Allen, baru-baru ini terlibat masalah. Kapal pesiar miliknya merusak penangkaran terumbu karang di Cayman Island. Menurut laporan dari Department of Environment (DoE) Cayman Island, diperkirakan luas penangkaran terumbu karang yang rusak akibat terkena jangkar kapal pesiar itu mencapai 1.300 meter persegi

Seperti dikutip dari CNBC, Senin (1/2/2016), hampir lebih dari 80% terumbu karang di area tersebut rusak parah. Penyelam setempat sedang melakukan pemeriksaan terhadap kerusakan karang. Hasil pemeriksaan tersebut dijadwalkan akan baru diberitahukan publik pada pekan depan.

“Penemuan awal memperlihatkan gejala bahwa karang tersebut telah rusak berat. Namun saat ini pemeriksaan masih sedang dilakukan,” Lapor petugas dari DoE.

Saat kejadian berlangsung, Allen sedang tidak berada di kapal pesiar sepanjang 303 feet tersebut. Awak kapal menuturkan bahwa kapal pesiar bernama Tatoosh telah diletakkan di tempat sebagaimana yang telah diinstruksikan. Namun, kabarnya kapal tersebut berubah haluan akibat angin kencang hingga masuk ke daerah penangkaran.

Sementara itu, denda yang bakal diterima oleh Allen bukan main-main. Melansir laman nzhearld.co.nz, apabila miliarder satu ini terbukti bersalah, ia mampu dijerat hukuman penjara maksimal 4 tahun atau denda mencapai US$ 600,000.

Paul Allen merupakan co-founder perusahaan teknologi raksasa, Microsoft. Bersama Bill Gates, ia pun telah mendedikasikan sejumlah hartanya untuk keperluan amal dibawah perusaahan filantropi miliknya bernama Vulcan.

Menanggapi kejadian ini, Vulcan siap untuk bertanggung jawab dan menanggung seluruh kerugian yang terjadi. (vna)


Source: liputan6.com
Data Ekonomi Jadi Motor Penggerak IHSG

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan saham hari ini. Data makro ekonomi RI menjadi pendorong indeks saham.

Analis PT ‎Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya mengatakan, inflasi 0,51 persen pada Januari 2016 merupakan hal yang positif.

"Masih akan positif, karena inflasi stabil terus harga minyak di atas US$ 30 per barel seharusnya positif," kata dia kepada Liputan6.com diJakarta, Selasa (2/2/2016).

Hal tersebut juga didorong stabilnya nilai tukar rupiah dan investor asing yang terus mencatatkan aksi beli.

Namun demikian, pihaknya mengaku indeks saham masih fluktuatif karena dibayangi sentimen harga minyak dunia. "Masih dengan harga komoditas minyak," ungkapnya.

Dia mengatakan IHSG bakal berada di rentang support 4.521 dan resistance pada level 4.639.

Baca Juga

  • Aksi Beli Investor Asing Angkat IHSG ke Zona Hijau
  • Inflasi Januari 0,51%, IHSG Merosot 26 Poin
  • BPS: Inflasi Januari Mencapai 0,51%

Source: liputan6.com
Konstruksi TreePark Serpong Rampung Tepat Waktu

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan properti, PT Pohon Artha Makmur, anak usaha Pohon Group, hampir merampungkan pengerjaan konstruksi apartemen TreePark Serpong, dengan melakukan penutupan atap (topping off) pada akhir Januari 2016.

"Topping off ini menandakan hampir rampungnya  pekerjaan konstruksi apartemen TreePark Serpong. Ini sekaligus bukti komitmen kami untuk melakukan hand over kepada pembeli sesuai waktu, bahkan bisa lebih cepat dari target," kata Direktur Marketing  TreePark Serpong,
Norman Eka Saputra, yang ditulis Liputan6.com, Selasa (2/2/2016).

Diluncurkan pada awal Juni 2014, sesuai janji TreePark Serpong ditargetkan dapat  diserahterimakan pada Maret 2017.

Dia menambahkan, TreePark Serpong dirancang untuk masyarakat modern yang menyukai gaya hidup dinamis, dengan lokasi strategis dan konsep "everything is just a step away". Di mana semua kebutuhan hidup penghuni dapat diperoleh cukup hanya dengan berjalan kaki.

"Semua tersedia di sini dari mulai pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah, hingga pusat niaga dan perbankan," ungkap Marketing Manager TreePark Serpong, Yoga Lim.

Baca Juga

  • Properti Daerah Penyangga Jakarta Bakal Jadi Buruan Warga Asing
  • Jokowi Resmi Izinkan Orang Asing Miliki Rumah di Indonesia
  • MEA Berlangsung, Minat Ekspatriat di Sektor Properti Menggeliat

Source: liputan6.com
Pemerintah Siapkan 5.000 Beasiswa ke Luar Negeri Gratis, Mau?

Liputan6.com, Jakarta ‎Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyediakan 5.000 beasiswa gratis di dalam maupun luar negeri pada periode 2016. Jumlah ini naik sekitar 1.000 beasiswa dari tahun-tahun sebelumnya yang sebanyak 4.000 orang.

Direktur Utama LPDP, Eko Prasetyo dalam acara Welcoming Alumni LPDP 2016 mengungkapkan, LPDP akan merekrut 5.000 penerima beasiswa gratis untuk studi di perguruan tinggi nasional maupun internasional di luar negeri pada tahun ini. Jenjang pendidikannya mulai dari Strata 1 (S1) sampai S3.

 

Baca Juga

  • Meski Ekonomi Lesu, Pemerintah Pastikan Beasiswa LPDP Jalan Terus
  • JK: Penerima Beasiswa LPDP Berutang pada Negara
  • Siap-siap, Ada Beasiswa ke AS Bagi 100 Siswa Sulawesi Utara

Source: liputan6.com
Laju Wall Street Bervariasi di Awal Pekan

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) mampu berbalik arah ke zona hijau menjelang akhir perdagangan saham di awal pekan ini. Penguatan indeks saham acuan didorong saham Facebook dan Alphabet.

Hasil kinerja keuangan dan rencana aksi korporasi mendorong pergerakan sejumlah saham. Saham Alphabet naik 1,5 persen ke level US$ 772,98. Saham Twitter menguat 6,1 persen menjadi US$ 17,82. Sedangkan saham produsen mainan Mattel turun 2,3 persen menjadi US$ 26,94.

Di awal perdagangan, indeks saham acuan sempat melemah didorong data ekonomi China merosot. Ini menambah kekhawatiran dampaknya terhadap harga minyak dunia.

Baca Juga

  • The Fed Pertahankan Suku Bunga Picu Wall Street Melemah
  • Wall Street Positif, Saham Asia Bergerak Variatif
  • Wall Street Menguat Dipicu Keputusan Bank Sentral Jepang

Source: liputan6.com
Data Ekonomi China Bikin Harga Minyak Tertekan

Liputan6.com, New York - Harga minyak dunia melemah tajam di awal pekan ini seiring data ekonomi China merosot. Hal itu meningkatkan kekhawatiran atas prospek permintaan energi.

Sentimen itu mendorong harga minyak merosot untuk pertama kali dalam lima sesi. Harga minyak mentah dunia West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret turun US$ atau enam persen menjadi US$ 31,62 per barel di New York Mercantile Exchange. Penurunan harga minyak terjadi setelah mencatatkan kenaikan skeitar 10,8 persen dalam empat sesi.

Sementara itu, harga minyak Brent melemah US$ 1,75 atau 4,9 persen ke level US$ 34,24 per barel. Analis Forex.com, Fawad Razaqzada menuturkan, penurunan harga minyak dipicu aksi ambil untung.

Baca Juga

  • Perusahaan Ini Kena Dampak Harga Minyak Anjlok Paling Besar
  • Harga Minyak Jatuh, Pengusaha Migas Tak Perlu Insentif
  • Ditopang Saham Teknologi dan Harga Minyak, Wall Street Positif

Source: liputan6.com
Harga Emas Sentuh Level Tertinggi dalam 3 Bulan

Liputan6.com, Chicago - Harga emas berjangka menguat di awal pekan ini bahkan mencatatkan level tertinggi dalam tiga bulan. Hal itu seiring harga minyak dan bursa saham Amerika Serika melemah sehingga mendorong aksi beli emas sebagai investasi relatif aman.

Harga emas untuk pengiriman April naik 1 persen atau US$ 11,60 menjadi US$ 1.128 per ounce. Harga emas tersebut tertinggi sejak 2 November 2015. Sepanjang Januari, harga emas sudah naik 5,3 persen pada Januari 2016.

"Kekuatas emas didasarkan dari kebijakan moneter bank sentral untuk mencetak uang," ujar Pendiri Altavest Michael Armbruster seperti dikutip dari laman Marketwatch, Selasa (2/2/2016).

Baca Juga

  • Awal Pekan, Harga Emas Antam Turun Rp 2.000 per Gram
  • Akhir Pekan Harga Emas Naik 5,3%
  • Harga Emas Antam Turun Rp 3.000 per Gram

Source: liputan6.com
Top 3: BJ Habibie, Satu-satunya Orang Asia Dapat Penghargaan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mengaku kagum atas prestasi yang ditorehkan Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie. Bukan tanpa alasan, mantan orang nomor 1 di Indonesia tersebut diakui kehebatannya di dunia penerbangan.

Dalam kunjungannya ke kantor International Civil Aviation Organization (ICAO) Montreal, Kanada, Indroyono mendapat bukti kehebatan dari Habibie. Pembangun pesawat N-250 ini ternyata pernah menerima penghargaan Edward Warner Award. Hebatnya, dari 39 orang yang menerima penghargaan tersebut, hanya Habibie yang merupakan orang Asia.

Artikel BJ Habibie, satu-satunya orang Asia yang dapat penghargaan tersebut telah menyita perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com di awal pekan.

Selain artikel tersebut, tarif listrik kembali turun mulai 1 Februari juga menyedot perhatian pembaca. Ingin tahu artikel mana lainnya yang membuat penasaran pembaca di kanal bisnis? Berikut tiga artikel terpopuler yang dirangkum pada Selasa pagi (2/2/2016).

1. BJ Habibie, Satu-satunya Orang Asia yang Dapat Penghargaan Ini

 BJ Habibie memberikan sambutan saat pembukaan Rapimnas Partai Golkar 2016 di Jakarta, Sabtu (23/1/2016). Rapimnas digelar setelah Mahkamah Partai merekomendasikan penyelesaian konflik lewat Munas. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mengaku kagum atas prestasi yang ditorehkan Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie. Bukan tanpa alasan, mantan orang nomor 1 di Indonesia tersebut diakui kehebatannya di dunia penerbangan.

Dalam kunjungannya ke kantor International Civil Aviation Organization (ICAO) Montreal, Kanada, Indroyono mendapat bukti kehebatan dari Habibie. Pembangun pesawat N-250 ini ternyata pernah menerima penghargaan Edward Warner Award. Hebatnya, dari 39 orang yang menerima penghargaan tersebut, hanya Habibie yang merupakan orang Asia. Selengkapnya baca di sini

2. Tarif Listrik Turun Lagi per 1 Februari, Cek di Sini Daftarnya!

Petugas melakukan pengecekan meteran listrik di ruang panel listrik di Kawasan Pejompongan, Jakarta, Senin (2/1). Februari, PT PLN (Persero) kembali menurunkan tarif dasar listrik (TDL) untuk 12 golongan pelanggan nonsubsidi. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

PT PLN (Persero) menurunkan tarif tenaga listrik untuk 12 golongan pelanggan yang sudah tidak disubsidi mulai 1 Februari 2016.

Menurut Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun, faktor kuat yang mempengaruhi penurunan tarif listrik Februari 2016 adalah penurunan harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) pada Desember 2015 menjadi US$ 39 per barel dari sebelumnya US$ 41,44 per barel.

Sedangkan parameter lain pembentuk tarif listrik, yaitu kurs dolar Amerika Serikat (AS), mengalami kenaikan dari Rp 13.767 per US$ menjadi Rp 13.796 per US$ dan inflasi naik dari 0,21 persen ke 0,‎21 ke 0,96 persen. Selengkapnya baca di sini

3. Kapal Pesiar Miliarder Pendiri Microsoft Tabrak Terumbu Karang

 hampir lebih dari 80% terumbu karang di Cayman Island tersebut rusak parah

Miliarder yang juga merupakan co-founder dari Micrsoft, Paul Allen, baru-baru ini terlibat masalah. Kapal pesiar miliknya merusak penangkaran terumbu karang di Cayman Island. Menurut laporan dari Department of Environment (DoE) Cayman Island, diperkirakan luas penangkaran terumbu karang yang rusak akibat terkena jangkar kapal pesiar itu mencapai 1.300 meter persegi

Seperti dikutip dari CNBC, Senin 1 Februari 2016, hampir lebih dari 80% terumbu karang di area tersebut rusak parah. Penyelam setempat sedang melakukan pemeriksaan terhadap kerusakan karang. Hasil pemeriksaan tersebut dijadwalkan akan baru diberitahukan publik pada pekan depan. Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
Ini Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan RI Supaya Seperti Korea

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro menyebut dua jurusan studi yang akan menjadi tulang punggung dan masa depan Indonesia. Jurusan tersebut adalah engineering (insinyur) dan science (ilmu pasti)‎. Kedua bidang ini dapat mengantarkan Indonesia sebagai negara maju.

"‎Bidang yang harus diperbanyak jumlahnya adalah engineering dan science. Ini masa depan kita," ucap Bambang saat acara Welcoming Alumni LPDP di Jakarta, Selasa (2/2/2016).

‎Indonesia, Bambang menuturkan, perlu jumlah insinyur dan alumnus dari ilmu pasti yang lebih banyak agar negara ini dapat menjadi negara industri mandiri dan kompetitif. Tujuannya, kata Bambang, agar Indonesia dapat berhasil melakukan transformasi dari negara yang mengandalkan komoditas ke pengembangan industri manufaktur.

 

Baca Juga

  • Hadapi Tantangan Global, Pemerintah Investasi Pendidikan
  • Anggaran Pendidikan di APBN 2016 Cetak Sejarah
  • SDM Berpendidikan Tinggi Dorong Daya Saing RI

Source: liputan6.com
Harga Minyak Tertekan Seret Bursa Asia ke Zona Merah

Liputan6.com, Tokyo - Bursa saham Asia tergelincir pada perdagangan saham Selasa pekan ini seiring harga minyak dunia kembali melemah. Hal itu menghidupkan kembali kekhawatiran terhadap pasokan minyak dan data manufaktur melemah.

Indeks saham MSCI Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,2 persen. Sementara itu, indeks saham Jepang Nikkei tergelincir 0,7 persen. Indeks saham melemah tersebut didorong harga minyak dunia kembali tertekan.

Harga minyak mentah AS turun sekitar 1 persen menjadi US$ 39,30 per barel setelahh sempat merosot tujuh persen didorong data ekonomi China yang melemah. Harga minyak Brentur merosot 4,9 persen. Harga minyak tetap berada di posisi terendah dalam 12 tahun pada Januari. Selain itu, data manufaktur China juga menunjukkan laju tercepat kontraksi sejak 2012.

Baca Juga

  • Laju Wall Street Bervariasi di Awal Pekan
  • Wall Street Menguat Dipicu Keputusan Bank Sentral Jepang
  • Kebijakan Bank Sentral Jepang Bikin Bursa Saham Asia Cerah

Source: liputan6.com
Wika Pastikan Modal Negara Tak Dipakai Bangun Kereta Cepat

Liputan6.com, Jakarta - PT Wijaya Karya (Persero)/WIKA‎ sampai saat ini menjadi salah satu perusahaan plat merah yang masuk dalam jajaran perusahaan yang akan mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) di 2016.

Sementara di sisi lain, Wika merupakan perusahaan BUMN yang ditunjuk sebagai leader dalam konsorsium perusahaan pembangun kereta cepat Jakarta-Bandung. Dalam proyek tersebut, Presiden Jokowi menyatakan jelas proyek tersebut tidak akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) atau jaminan pemerintah lainnya.

Sekretaris Perusahaan Wika, Suradi mengatakan PMN tersebut sudah dialokasikan untuk mengerjakan beberapa proyek infrastruktur lainnya‎, tidak untuk kereta cepat.

"Kami sudah punya beberapa proyek prioritas dan sudah punya alokasinya, dan itu tidak untuk kereta cepat, dan ini bisa kami pertanggung jawabkan," kata Suradi saat berbincang dengan Liputan6.com yang ditulis, Selasa (2/2/2016).

 

Baca Juga

  • Wijaya Karya Targetkan Kontrak Baru Senilai 52,30 Triliun di 2016
  • Menteri Rini: Tak Ada Jaminan Uang Pemerintah di Kereta Cepat
  • Alasan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Penting

Source: liputan6.com
Penurunan Harga Minyak Tekan IHSG ke Level 4.600,33

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali melemah pada perdagangan saham selasa pekan ini. Laju IHSG tertahan mengikuti bursa saham Asia yang tertekan karena penurunan harga minyak.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Selasa (2/2/2016), IHSG turun 25,69 poin atau 0,56 persen ke level 4.598,94. Sedangkan pada pembukaan perdagangan saham pukul 09.00 WIB, IHSG masih melemah 23,99 poin ke level 4.600,33. Indeks saham LQ45 turun 0,78 persen ke level 797,17. Sebagian indeks saham acuan kompak melemah. Hanya Indeks DBX yang mampu menguat pada perdagangan hari ini.

Ada sebanyak 40 saham menghijau namun tak mampu mengangkat IHSG. 48 saham lainnya melemah sehingga mendorong IHSG ke zona merah. Sedangkan 50 saham diam di tempat. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 4.540 kali dengan volume perdagangan saham 79,1 juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 161,2 miliar.

Nilai tukar rupiah pun menguat kelevel 13.601 per dolar Amerika Serikat (AS) pada pagi ini. Investor asing mencatatkan aksi jual sekitar Rp 2 miliar. Sedangkan pemodal lokal melakukan aksi beli sekitar Rp 2 miliar. Pada pagi ini,IHSG sempat sentuhlevel tertinggi 4.602,82 dan terendah 4.591,32.

Baca Juga

  • IHSG akan Rawan Koreksi, Simak Tujuh Saham Pilihan
  • Data Ekonomi Jadi Motor Penggerak IHSG
  • Aksi Beli Investor Asing Angkat IHSG ke Zona Hijau

Source: liputan6.com
3 Hunian untuk Investasi Bali di Bawah Rp 1 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak tergoda untuk memiliki tempat tinggal di Bali? Keindahan alam dan kebudayaannya berhasil memikat para pelancong dari dalam hingga luar negeri untuk berkunjung berulang kali ke pulau ini. Ditambah, belakangan ini infrastruktur di Pulau Dewata semakin membaik.

Jika Anda relatif sering berlibur atau bepergian ke Bali, mengapa tidak mulai berencana mulai investasi hunian sebagai aset yang menjanjikan? Bayangkan biaya yang harus Anda keluarkan untuk akomodasi, terlebih di musim liburan. Nah, dengan memiliki hunian pribadi di kawasan liburan, Anda bisa menabung sekaligus berhemat bujet.

Menurut laporan The Wealth Report 2015 yang dirilis konsultan properti Knight Frank, Bali menduduki peringkat ketiga sebagai lokasi dengan kenaikan harga rumah mewah tertinggi di dunia. Dalam setahun terakhir, rata-rata kenaikan harga hunian mewah di Pulau Dewata mencapai 15 persen. Ini artinya, potensi Bali tidak bisa dipandang sebelah mata dibandingkan dengan kota besar lainnya, seperti Jakarta atau Surabaya.

Namun jangan dulu mengerutkan dahi ketika mendengar kata investasi. Sebab, Rumah.com telah merekomendasikan beberapa hunian di Bali dengan anggaran di bawah Rp 1 miliar seperti ditulis Selasa (2/2/2106)

The Ocean Views

Foto bagian kiri, show unit villa, foto kanan ilustrasi tiga dimensi apartemen.

Proyek garapan Bali1Stop ini terdiri dari 85 unit apartemen dan 16 unit vila di kawasan Ungasan, Denpasar. The Ocean Views dikembangkan di atas tanah seluas 7.400 meter persegi dengan dilengkapi fasilitas lengkap mulai dari kolam renang pribadi dan berperabot penuh. Pembangunannya dilaksanakan dalam tiga tahap.

Dari apartemen ini Anda bisa menjangkau Dreamland Pecatu hanya dalam waktu lima menit menggunakan mobil. Soal harga, apartemen ini dibanderol harga mulai Rp 800 juta sampai Rp 5 miliar. Sementara untuk villa dibanderol mulai dari Rp 3,4 miliar sampai Rp 5,9 miliar.

 

Griya Kencana Tosca

Bagian eksterior dan interior rumah

Menyasar kawasan Banjar Serongga Tengah yang dekat dengan Taman Nusa dan Taman Safari Gianyar, Anda bisa memilih Griya Kencana Tosca sebagai pilihan tempat tinggal. Selain memiliki spesifikasi bangunan yang mumpuni, perumahan ini juga dilengkapi oleh peralatan kitchen set Modena dan aksesoris lampu downlight ketika serah terima kunci.

Griya Kencana Tosca ditawarkan dalam 3 (tiga) tipe pilihan yaitu 45 , 60 & 70 dengan total 36 (tiga puluh enam) unit. Dengan desain bangunan yang minimalis modern, harganya ditawarkan mulai dari Rp 733 juta-Rp 1,27 miliar.

 

Sawangan Residence

Rumah tipe Nakula di Sawangan Residence

Terletak di Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Bali, Sawangan Residence bisa menjadi hunian atau private getaway yang ideal. Mengusung konsep hunian modern, nyaman dan asri, tiap unitnya didesain dengan konsep minimalis dan elegan serta konsep lingkungan yang hijau.

Sawangan Residence memiliki lokasi yang strategis seperti lima menit dari Pantai Geger, 10 menit dari Kawasan BTDC Nusa Dua, 15 menit dari wisata watersport Tanjung Benoa, 15 menit dari TOL Bali Mandara, serta 20 menit dari Bandara Ngurah Rai. Tersedia dua tipe rumah, yaitu Nakula (45) dan Sahadewa (36) dengan harga jual mulai Rp 680 jutaan.

Soal pembiayaan, sejumlah developer menawarkan proses pembayaran via KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dengan jangka waktu hingga 20 tahun.

Bagaimana, apakah Anda tertarik?  (Isnaini K/Ahm)


Source: liputan6.com
Ini 3 Maskapai Paling Tepat Waktu di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Batik Air menjadi maskapai penerbangan nasional dengan tingkat ketepatan waktu atau on time performance (OTP) terbaik jika dibandingkan dengan 14 maskapai nasional dengan penerbangan berjadwal lainnya. Tingkat ketepatan waktu Batik Air mencapai 91,21 persen.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata menjelaskan, Kementerian Perhubungan telah mengevaluasi ketepatan waktu maskapai dalam negeri selama 6 bulan atau untuk periode Juli 2015 sampai dengan Desember 2015. Evaluasi dilakukan kepada 15 maskapai berjadwal.

"Dari periode tersebut, terdapat 356.621 penerbangan dan persentase yang tepat waktu mencapai 77,16 persen atau sebanyak 275.172 penerbangan," ucapnya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (2/1/2016).

Baca Juga

  • Maskapai Delay 20‎ menit, Kemenhub Anggap Biasa
  • Daftar Lengkap Ketepatan Waktu Terbang Maskapai di Indonesia
  • 9 Maskapai RI dengan Tingkat Keselamatan Terburuk di Dunia

Source: liputan6.com
3 Maskapai Paling Sering Delay di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan telah mengevaluasi ketepatan waktu atau On Time Performance (OTP) Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri periode Juli-Desember 2015 terhadap 15 maskapai berjadwal dalam negeri.

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan terhadap 15 maskapai itu, terdapat 356.621 penerbangan pada periode tersebut. Dari hasil evaluasi tercatat persentase penerbangan yang mengalami keterlambatan atau delay sebesar 20,74 persen atau 73.950 penerbangan.

Lalu dari hasil evaluasi kepada 15 maskapai berjadwal dalam negeri tersebut, maskapai mana yang sering mengalami keterlambatan?

Ada tiga maskapai dengan persentase keterlambatan tertinggi. Maskapai itu antara lain Trigana Air dengan persentase 45,74 persen atau sebanyak 2.384 penerbangan mengalami delay, dari total 5.212 penerbangan.

Kedua, Susi Air dengan persentase 34,96 persen atau sebanyak 7.271 penerbangan delay dari total 20.801 penerbangan. Ketiga, Travel Express dengan persentase 33,28 persen atau sebanyak 1.717 penerbangan delay dari total 5.159 penerbangan.

Baca Juga

  • Ini Maskapai Penerbangan Paling On Time di Indonesia
  • Ini 5 Maskapai Paling Sering Delay di Indonesia
  • Daftar Lengkap Ketepatan Waktu Terbang Maskapai di Indonesia

Source: liputan6.com
Begini Cara XL Axiata Beri Insentif kepada Karyawan

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (EXCL) akan memberikan sejumlah insentif dengan memberikan saham secara cuma-cuma tanpa hak opsi kepada karyawan. Karena itu, perseroan akan melakukan penerbitan saham tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).

Aksi korporasi itu merupakan bagian dari program insentif jangka panjang periode 2016-2020. Program tersebut LTI 2016-2020.
Program LTI tersebut program berbasis kinerja dengan perseroan akan memberikan insentif kepada karyawan dalam bentuk antara lain saham perseroan tanpa hak opsi melalui penerbitan saham tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) yang diberikan kepada karyawan perseroan dengan level general manager. Selain itu memberikan uang tunai yang akan diberikan kepada karyawan dengan level staf hingga manager.

Program LTI bertujuan untuk meningkatkan performa jangka panjang perseroan, mempertahankan karyawan berprestasi baik dan memberikan penghargaan kepada karyawan, meningkatkan loyalitas karyawan, memotivasi karyawan dan memberikan nilai lebih bagi perseroan untuk menarik calon karyawan dengan keahliaan yang dibutuhkan perseroan.

Baca Juga

  • XL Axiata Rights Issue untuk Bayar Utang
  • XL Axiata Percepat Pelunasan Utang ke Dua Bank
  • XL Lunasi Utang US$ 100 Juta

Source: liputan6.com
Indonesia Jadi Negara Paling Baik untuk Pensiun di Asia

Liputan6.com, Jakarta - Survei yang digelar DBS-Manulife mengungkap sebuah fakta yang cukup menarik. Dari seluruh Negara Asia, Indonesia merupakan negara paling baik untuk pensiun.

Para calon pensiun di Indonesia dapat menikmati waktu lebih santai. Apabila dibandingkan dengan pegawai pra-pensiun di Singapura, di mana mereka harus bekerja lebih keras untuk menyiapkan kebutuhan dana pensiun.

Studi bertajuk Retirement Wellness Study, mendasarkan penilaian dalam beberapa faktor seperti proteksi kesehatan, kemampuan mengumpulkan kekayaan, serta kemampuan untuk mendapat hidup yang makmur setelah pensiun.

Faktor-faktor tersebut dinilai dari skor 0 hingga 100 dan melibatkan lebih dari 6.000 responden berumur 40-60 tahun di berbagai negara di Asia.

Mengutip CNBC, Selasa (2/2/2016), Indonesia memiliki skor paling tinggi dengan 72 poin.Diikuti Cina dan Taiwan yang berbeda 3 poin di level 65. Penelitian tersebut juga mengungkap bahwa orang Indonesia dan China sangat optimis terhadap kondisi kesehatan yang mereka miliki hingga usia pensiun nanti.

Baca Juga

  • Pensiun Dini Jadi Wacana Pengurangan Jumlah PNS
  • 5 Alasan Anda Sulit Pensiun Meski Sudah Tua
  • Inilah Rumah Ideal bagi Pensiunan

Source: liputan6.com
Menkeu Bambang Iri dengan Penerima Beasiswa LPDP

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro berbagi pengalaman kepada para alumni penerima beasiswa studi Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Ada beberapa hal yang membuatnya iri dengan peraih beasiswa dari pemerintah seiring perkembangan zaman.

Bambang Brodjonegoro mengaku dapat mengecap studi di Universitas Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat (AS) berkat beasiswa dari pemerintah.

Di Negeri Paman Sam itu, mantan Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal itu melaksanakan pendidikan formal tingkat magister 1991-1993 dan melanjutkan program doktoral di Universitas yang sama hinggaa 1995. Sementara jenjang strata satunya, ia selesaikan di Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi.

Baca Juga

  • Pemerintah Siapkan 5.000 Beasiswa ke Luar Negeri Gratis, Mau?
  • JK: Penerima Beasiswa LPDP Berutang pada Negara
  • Meski Ekonomi Lesu, Pemerintah Pastikan Beasiswa LPDP Jalan Terus

Source: liputan6.com
UU Tapera Jadi Solusi Penyediaan Rumah Bagi Masyarakat Miskin

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terus menggenjot pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Dengan adanya UU Tapera nantinya diharapkan mampu menjadi solusi dan payung hukum bagi penyediaan rumah murah bagi masyarakat miskin dan berpenghasilan rendah.

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Maurin Sitorus mengatakan, ketersediaan perumahan merupakan masalah yang serius di Indonesia. ‎Pasalnya, kebutuhan rumah saat ini mencapai 15 juta unit.

"Masalah perumahan ini masalah serius. Masalah besar karena sebagian besar masyarakat berpenghasilan rendah dan miskin kesulitan untuk mendapatkan rumah. Saat ini backlock perumahan mencapai 15 juta unit dan rumah tidak layak huni mencapai 7,6juta‎ unit," ujarnya diJakarta, Selasa (2/2/2016).

Baca Juga

  • RUU Tapera Diminta Akomodir Pekerja Informal
  • Pemerintah Proaktif Percepat Pembahasan RUU Tapera
  • REI Tunjuk Konsultan untuk Kaji RUU Tapera

Source: liputan6.com
Kisah Sukses Bos IKEA, Sang Miliarder yang Rendah Hati

Liputan6.com, Jakarta - IngvarKamprad, pria berumur 89 tahun asal Swedia ini merupakan salah satu miliarder pemilik perusahaan ritel furnitur terbesar, IKEA.

Walaupun kini ia menjabat sebagai dewan penasehat di perusahaan yang ia dirikan tersebut, kisah perjalanan kesuksesannya cukup bisa membuat kita berdecak kagum.

Kampard telah mendedikasikan hidupnya untuk membangun perusahaan ritel furnitur ini selama lebih dari 70 tahun.

Hingga saat ini ia mampu memiliki nilai kekayaan fantastis mencapai US$ 39,3 miliar dan menempati posisi orang terkaya dunia ke-10 dalam daftar miliarder milik Forbes.

Mengutip Business Insider, Selasa (2/1/2016), Kampard mampu mencapai kesuksesan dengan terus menetapkan etos kerja pribadi dan profesional dalam setiap inovasi yang ia keluarkan.

Pria yang lahir di Swedia pada 1926 ini memang memiliki bakat bisnis sejak kecil. Saat usianya masih menginjak 5 tahun, ia sudah berjualan tiket pertandingan untuk mendapat pemasukan pribadi.

Menginjak usia 10 tahun, Kampard kecil memulai berjualan pernak-pernik musim libur kepada tetangga dekat rumahnya.

Di usia 17 tahun, Kampard mendapatkan uang dari Ayahnya sebagai hadiah karena mampu mendapat nilai bagus di sekolah. Ia pun menggunakan uang tersebut untuk mendirikan IKEA di tahun 1943. Ia tidak memperkenalkan bisnis yang ia jalani tersebut hingga usahanya menginjak usia 5 tahun.

Pada awalnya, Kampard hanya berjualan furnitur sederhana, seperti bingkai foto. Namun semakin lama, bisnisnya pun berkembang sangat signifikan. Nama IKEA sendiri ia ambil dari akronim namanya, Ingvar (I) Kampard (K) serta nama desa dan keluarga tempat ia dilahirkan, Elmtaryd (E) dan Agunnaryd (A).


Source: liputan6.com
Pembahasan RUU Tapera Ditargetkan Selesai Bulan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui Panitia Khusus (Pansus) terus menggenjot penyelesaian pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Jika telah disahkan nantinya, UU Tapera diharapkan jadi solusi bagi kebutuhan perumahan layak huni yang berjumlah 15 juta unit.

Wakil Ketua Pansus Tapera Mukhamad Misbakhun mengatakan, pihaknya menargetkan pembahasan RUU tersebut selesai pada bulan ini sesuai dengan jadwal. Saat ini, ‎pembahasan tersebut telah mencapai 85 persen.

‎"RUU Tapera pembahasan 85 persen selesai. Tinggal tim perumus menyisir permasalahan yang ada kemudian sinkronisasi dan redaksional supaya tidak terjadi duplikasi atau ada kata-kata yang salah. Paling lama Februari ini sudah selesai," ujarnya di Jakarta, Selasa (2/2/2016).

‎Dia menjelaskan, sebenarnya RUU ini telah ada sejak lama. Bahkan pada 2009, RUU tersebut sebenarnya hampir rampung.

Dia berharap, jika RUU tersebut telah disahkan menjadi UU pada tahun ini, maka akan memberikan kepastian soal penyediaan rumah layak huni bagi masyarakat.

Baca Juga

  • RUU Tapera Diminta Akomodir Pekerja Informal
  • Pemerintah Proaktif Percepat Pembahasan RUU Tapera
  • REI Tunjuk Konsultan untuk Kaji RUU Tapera

Source: liputan6.com
Rupiah Terus Menguat Dekati Level 13.500 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) mampu terus menguat pada perdagangan Selasa pekan ini. Ekspektasi bahwa Bank Indonesia (BI) akan menurunkan suku bunga acuan dan juga angka inflasi bisa lebih rendah karena pelemahan harga minyak menjadi pendorong penguatan rupiah.

Mengutip Bloomberg, Selasa (2/2/106), rupiah diperdagangkan di angka 13.639 per dolar AS pada pukul 11.10 WIB. Level tersebut menguat jika dibandingkan dengan pembukaan yang ada di level 13.650 per dolar AS.

Dari pagi hingga siang hari ini, rupiah sempat menyentuh level terkuat di 13.601 per dolar AS namun juga sempat melemah ke 13.661 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah telah menguat 1,08 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) bank Indonesia (BI), rupiah mampu menguat di 13.621 per dolar AS dari perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.699 per dolar AS.

Baca Juga

  • Rupiah Menguat ke 13.657 per Dolar AS di Awal Februari Ini
  • Rupiah Menguat ke 13.674 per Dolar AS, IHSG Naik Terbatas
  • Jelang Akhir Januari, Rupiah Terus Menguat ke 13.811 per Dolar AS

Source: liputan6.com
Harga Tertekan, Miliarder Ini Tambah Saham di Perusahaan Minyak

Liputan6.com, Jakarta - Warren Buffett tampaknya mengendus kesempatan di sektor saham minyak seiring harga minyak tertekan. Hal itu dengan langkah Buffet menambah saham di perusahaan penyulingan minyak.

Berdasarkan informasi yang disampaikan kepada regulator pada Jumat pekan lalu, perusahaan investasi milik Warren Buffett Berkshire Hathaway membeli 2,54 juta saham Philips 66. Perseroan mengeluarkan dana US$ 198 juta untuk membeli saham tersebut. Data regulator itu menunjukkan kalau Buffet sibuk membeli saham perusahaan yang tercatat sebagai penyuling independen terbesar di dunia.

Berkshire mengumumkan, kalau kepemilikan saham di Philips66 naik 10 persen. Berdasarkan data ValueWalk, pembelian saham Berkshire pada Januari membawa kepemilikan sahamnya di Philips66 naik 13,6 persen dengan nilai US$ 5,8 miliar.

Total pembelian saham Philips 66 mencapai US$ 800 juta pada bulan ini. Pembelian itu antara lain senilai US$ 625 juta pada awal Januari dan US$ 200 juta pada akhir Januari 2016. Demikian mengutip Marketwatch, Selasa (2/2/2016)

Baca Juga

  • 10 Tips Investasi dari Tangan Kanan Warren Buffett
  • Mau Sukses dan Kaya Seperti Warren Buffet, Jalankan Hobi Ini
  • Simak Cara Warren Buffett Berinvestasi

Source: liputan6.com
12 Ribu Peserta Banjiri Pameran Beasiswa LPDP

Liputan6.com, Jakarta - Pameran beasiswa studi yang diselenggarakan ‎Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sukses menarik perhatian publik dengan jumlah peserta mencapai 12 ribu orang. Para calon penerima beasiswa ini siap memperebutkan 5.000 beasiswa studi di dalam maupun luar negeri pada 2016.

Direktur Perencanaan Usaha dan Pengembangan Dana LPDP, Muhammad Mahdum mengungkapkan, pendaftaran peserta edufair LPDP baru dibuka sekitar dua jam dari pukul 08.00-10.00 WIB telah menembus 12 ribu pengunjung.

"Per detik ini ditutup dengan yang mendaftar 12 ribu orang," ucapnya saat membuka Edufair LPDP 2016 di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (2/1/2016).

Berlangsung sehari penuh, pameran beasiswa penuh dengan booth dari perwakilan kedutaan besar dari luar negeri yang ada di Indonesia. Ada sebanyak 74 booth, 59 booth diantaranya diikuti pihak-pihak perguruan tinggi di luar negeri, 10 perwakilan kedutaan besar, 10 dari perguruan tinggi dalam negeri dan lainnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto mengatakan,‎LPDP saat ini mengelola dana sekitar Rp 20,6 triliun yang akan digunakan untuk beasiswa ribuan penerima. "Pemerintah berkomitmen investasi di sumber daya manusia. Karena kita sedang menikmati bonus demografi sampai 2035, di mana penduduk Indonesia kebanyakan usia produktif," terangnya.

Baca Juga

  • Menkeu Bambang Iri dengan Penerima Beasiswa LPDP
  • Pemerintah Siapkan 5.000 Beasiswa ke Luar Negeri Gratis, Mau?
  • Oeang Republik Indonesia, Alat Pembayaran Pemersatu Bangsa

Source: liputan6.com
Koin Kuno Berumur 122 Tahun Ini Laku Rp 27 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Apa jadinya jika satu koin uang kuno dijual US$ 2 juta atau sekitar Rp 27,2 miliar (Kurs: Rp 13.625/dolar AS). Siapa yang rela mengeluarkan uang sebanyak itu untuk mendapatkan satu koin kuno?

Uang sebesar itu tak seberapa bagi seorang kolektor uang antik. Baru-baru ini, seorang kolektor merogoh kocek hingga Rp 27,2 miliar untuk mendapatkan koin kuno tahun 1894 dalam sebuah pelelangan. Berarti koin tersebut berumur 122 tahun.

Dilansir dari CNN Money, Selasa (2/2/2016), koin ini bukanlah koin biasa. Selain berusia tua, koin yang juga disebut BarberDime ini juga adalah salah satu yang paling langka di dunia. Koin tersebut laku dalam sebuah pelelangan yang dilangsungkan di Tampa,Florida, Amerika Serikat pekan lalu.

Baca Juga

  • 6 Mainan Termahal di Dunia
  • Ini Permen Cokelat Termahal di Dunia
  • 7 Mobil Kepala Negara Paling Mahal di Dunia

Source: liputan6.com
Produk Tak Laku Lagi, 2 Perusahaan Elektronik Tutup Pabrik di RI

Liputan6.com, Jakarta - Awal tahun ini, masyarakat Indonesia kembali dikejutkan dengan penutupan dua perusahaan elektronik raksasa asal Jepang, yakni Panasonic dan Toshiba. Penyebabnya, karena daya beli masyarakat Indonesia tergerus dan berdampak pada penjualan produk elektronik.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Said Iqbal mengungkapkan, Toshiba telah menutup pabrik televisi di Kawasan Industri Cikarang, Jawa Barat. Padahal satu pabrik ini yang tersisa dari enam perusahaan Toshiba lain yang sudah tutup sebelumnya dalam 10 tahun terakhir.

"Jadi tidak ada lagi pabrik Toshiba. Yang ada Toshiba memproduksi printer di Batam tapi skalanya kecil. Nah yang tutup ini adalah pabrik televisi Toshiba terbesar di Indonesia, selain di Jepang," tegas dia saat Konferensi Pers di Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Baca Juga

  • BPS: Kekhawatiran PHK Massal Berlebihan
  • Serikat Pekerja Laporkan Ribuan Buruh Terancam PHK
  • Kementerian ESDM: KKKS Pastikan Belum Ada PHK

Source: liputan6.com
UU Tapera Bakal Jadi Sejarah Baru Bagi Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dan DPR akan membuat sejarah baru usai menyelesaikan rancangan undang-undang (RUU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) menjadi UU. Jika mulai diberlakukan, UU itu akan memudahkan masyarakat terutama berpenghasilan rendah dan miskin untuk memiliki rumah layak huni.

Wakil Ketua Pansus RUU Tapera, Mukhamad Misbakhun mengatakan, keberadaan  UU Tapera akan menjamin peningkatan akses masyarakat dalam pemilikan rumah. Pasalnya, UU itu akan memberikan landasan hukum bagi upaya menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang untuk pembiayaan perumahan bagi masyarakat.

Menurut dia, hal ini jelas sejalan dengan visi Nawacita pemerintahan Jokowi-JK, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Di poin Nawacita menegaskan jika  program itu akan dilaksanakan dengan program rumah kampung deret atau rumah susun murah yang disubsidi, serta jaminan sosial untuk rakyat pada 2019.

"Apa yang menjadi cita-cita rakyat Indonesia untuk bisa mendapatkan rumah murah, sebentar lagi terwujud. Dan ini akan menjadi sejarah baru bangsa Indonesia," ujarnya di Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Baca Juga

  • RUU Tapera Diminta Akomodir Pekerja Informal
  • Pemerintah Proaktif Percepat Pembahasan RUU Tapera
  • REI Tunjuk Konsultan untuk Kaji RUU Tapera

Source: liputan6.com
Serikat Pekerja Sebut Ada 6.000 Buruh Terancam PHK

Liputan6.com, Jakarta - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyebut sekitar 6.000 orang tercatat menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di industri elektronik dan komponen motor atau mobil sepanjang Januari-Maret 2016.

Sementara potensi PHK di industri minyak dan gas (migas) diperkirakan mencapai 5.000 orang. "Sebanyak enam perusahaan telah dipastikan menutup pabriknya di Indonesia di kuartal I 2016. Jumlah total karyawan yang kena PHK sekitar 6.000 orang di industri elektronik, komponen motor dan mobil," jelas Presiden KSPI, Said Iqbal di Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Ia merinci, enam perusahaan itu, antara lain Toshiba dan Panasonic dengan kepastian PHK terhadap lebih dari 2.500 buruh. PT Samoin yang memproduksi suku cadang dengan PHK 1.200 orang.

Ada pula PT Starling Elektronik dengan catatan PHK sebanyak 500-600 orang dan dua perusahaan Jepang yang masing-masing memutuskan PHK sekitar 200 dan 300 orang. Sementara tahun lalu ada industri padat karya, PT Jabar Gamindo yang sudah mem-PHK 4.200 buruh.

Baca Juga

  • BPS: Kekhawatiran PHK Massal Berlebihan
  • Serikat Pekerja Laporkan Ribuan Buruh Terancam PHK
  • Harga Minyak Anjlok, PHK jadi Langkah Terakhir Pertamina

Source: liputan6.com
Minat Investasi Jepang ke RI Capai Rp 60,5 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan untuk menarik investasi ke Indonesia yang dilakukan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani ke Jepang pada pekan lalu, mampu menarik para investor di Negara Sakura tersebut. Tercatat, beberapa pengusaha Jepang menyatakan minatnya untuk berinvestasi di Indonesia dengan nilai US$ 4,48 miliar  atau kurang lebih Rp 60,5 triliun (estimasi kurs: Rp 13.500 per dolar AS). 

Kepala BKPM, Franky Sibarani mengungkapkan, nilai tersebut terdiri atas minat untuk melakukan perluasan investasi sebesar US$ 40 juta, minat investasi baru sebesar US$ 1,725 miliar dan komitmen investasi ditandai dengan telah memiliki izin prinsip (IP) sebesar US$ 2,719 miliar.

Dalam kegiatan roadshow pemasaran investasi di Jepang yang dilaksanakan 25-28 Januari tersebut, Kepala BKPM secara berturut-turut telah melakukan promosi investasi ke empat prefektur yaitu Aichi (Nagoya), Okayama, Tokyo dan Saitama.

“Kunjungan yang dilakukan bertujuan untuk meyakinkan calon investor potensial serta bertemu dengan investor yang telah menanamkan modalnya di Indonesia. Selain itu, kami juga menyelesaikan beberapa persoalan yang mereka hadapi,” ujarFranky dalam keterangan resminya, Selasa (2/2/2016).

Baca Juga

  • BKPM Rayu Jepang Investasi Industri Bahan Baku di RI
  • BKPM Tawarkan Jepang Investasi di Sektor Pariwisata
  • ‎Ford Hengkang dari RI, Ini Kata Kepala BKPM

Source: liputan6.com
Mendag Kisahkan Produk Asli RI yang Dijiplak di Dubai

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya produk asal negara lain yang banyak ditiru di Indonesia. Ternyata ada juga produk ciptaan anak bangsa yang melejit, sehingga dijiplak di negara lain.

Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong mengatakan, salah satu produk asal Indonesia yang namanya mulai dikenal masyarakat di negara lain kemudian ditiru adalah J.CO Donuts. Produk ini rupanya sempat ditiru pengusaha di Dubai, sehingga sempat menimbulkan masalah.

"Di Dubai ada yang meniru J.CO Donuts dan menimbulkan masalah," ujar dia di Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Thomas menjelaskan permasalahan ini sempat dibawa ke pengadilan di Dubai lantaran dianggap menyontek merek dagang.

Namun kini permasalahan tersebut telah selesai dan dimenangkan J.CO Indonesia.‎ Sedangkan pihak yang meniru‎ merek ini di Dubai terpaksa mengganti logonya.

Baca Juga

  • Soal Perdagangan, Mendag Lembong Paling Takut pada Vietnam
  • Mendag Lembong: Sudah Rahasia Publik Data Pangan RI Berantakan
  • Mendag Lembong Pede RI Siap Hadapi MEA, Ini Alasannya

Source: liputan6.com
10 Wanita Terkaya Sepanjang Sejarah Dunia, Siapa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Daftar orang terkaya dunia tak hanya diisi oleh mereka yang punya bisnis sukses seperti sekarang ini. Orang kaya dunia juga tak melulu diisi oleh kaum laki-laki.

Sejak zaman dahulu, wanita pun ikut andil dalam daftar orang-orang kaya dunia. Dari dulu hingga sekarang, ada beberapa nama yang menjadi wanita terkaya dunia sepanjang masa. Meski beberapa dari mereka sudah wafat, bahkan sejak zaman kerajaan, namanya tetap dikenang sebagai wanita terkaya sepanjang masa.

Dilansir dari laman Time, Selasa (2/2/2016), zaman dahulu ada aturan yang mencegah wanita untuk memegang kendali harta kekayaan. hal itu membuat jumlah wanita kaya di dunia pada zaman dahulu terbatas.

Hanya sedikit dari mereka yang mendapatkan harta yang melimpah, yang kebanyakan adalah warisan dari laki-laki di keluarga mereka.

Baca Juga

  • Perempuan Ini Sempat Tak Nyaman Jadi Jutawan
  • 4 Wanita Paling Kaya Sedunia di 2016
  • 5 Orang Terkaya Dunia di 2016

Source: liputan6.com
5 Negara Paling Disukai Ekspatriat untuk Bekerja

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja di luar negeri merupakan impian banyak orang. Bagaimana tidak, selain gaji yang dihasilkan cukup besar, Anda pun berkesempatan untuk berkenalan dengan rekan kerja yang berasal dari berbagai negara yang berbeda.

Survei yang dilakukan HSBC mengemukakan bahwa beberapa negara di Eropa mampu mendapat predikat sebagai negara terbaik untuk para ekspatriat bekerja.

Mengutip CNBC, Selasa (2/2/2016), survei tersebut melibatkan 21.950 responden dan meminta mereka untuk mengisi kuesioner online tentang negara mana yang paling baik untuk keberlangsungan karir mereka.

Berikut 5 negara terbaik untuk bekerja sebagai ekspatriat:

5. Singapura


Singapura berhasil menjadi Negara Asia terbaik untuk tempat bekerja para ekspatriat. Survei menunjukkan bahwa 62 persen ekspatriat yang tinggal dan bekerja di Singapura mampu mendapat pendapatan yang lebih baik dibanding mereka yang bekerja di negara asal. 59 persen lainnya mengemukakan bahwa Singapura juga merupakan tempat yang tepat untuk menanjaki tangga karir mereka.

4. Rusia


Rusia merupakan negara yang tepat bagi mereka yang mencari pengalaman serta kemampuan baru yang ingin dimasukkan ke dalam dunia kerja. Hal ini disampaikan oleh 62 persen ekspatriat yang bekerja di negara tersebut.

3. Jerman


Kultur kerja di Jerman mendapat tanggapan positif dari 56 persen ekspatriat yang bekerja di negara tersebut. Mereka menuturkan bahwa mampu mengantongi pendapatan rata-rata US$ 90.400 atau Rp 1,23 miliar per tahun.


Source: liputan6.com
Sewa Lahan Hotel Indonesia Berpotensi Rugikan Negara

Liputan6.com, Jakarta - Negara berpotensi dirugikan triliunan rupiah akibat murahnya sewa dan pelanggaran kontrak yang dilakukan oleh pengelola Hotel Indonesia dan pusat perbelanjaan Grand Indonesia yaitu PT Grand Indonesia, anak usaha PT Cipta Karya Bumi Indah.

PT Cipta Karya Bumi ditunjuk sebagai pengelola Hotel Indonesia sejak memenangi tender Build, Operate, Transfer (BOT) Hotel Indonesia pada 2002.

Kerja sama operasi pengelolaan Hotel Indonesia diteken BUMN PT Hotel Indonesia Natour (HIN), sebagai perwakilan pemerintah, dengan PT Cipta Karya Bumi Indah (CKBI) dan PT Grand Indonesia pada 13 Mei 2004.  PT Grand Indonesia dibentuk PT Cipta Karya Bumi untuk mengelola bisnis bersama Hotel Indonesia.

Komisaris PT Hotel Indonesia Natour, Michael Umbas mengaku ada ada beberapa fakta janggal yang didapatinya semenjak duduk sebagai komisaris PT HIN pada November 2015.

Dalam kontrak BOT yang diteken PT Hotel Indonesia Natour dengan PT Cipta Karya Bersama Indonesia (CKBI)/PT Grand Indonesia (GI), disepakati 4 objek fisik bangunan di atas tanah negara HGB yang diterbitkan atas nama PT GI yakni:

1. Hotel Bintang 5 (42.815 m2)

2. Pusat perbelanjaan I (80.000 m2)

3. Pusat perbelanjaan II (90.000 m2)

4. Fasilitas parkir (175.000m2)

Namun dalam berita acara penyelesaian pekerjaan tertanggal 11 Maret 2009 ternyata ada tambahan bangunan yakni gedung perkantoran Menara BCA dan apartemen Kempinski, di mana kedua bangunan ini tidak tercantum dalam perjanjian BOT dan belum diperhitungkan besaran kompensasi ke PT HIN.

Kondisi ini menyebabkan PT HIN kehilangan memperoleh kompensasi yang lebih besar dari penambahan dua bangunan yang dikomersilkan tersebut.

"Yang pasti ada dua gedung dibangun di luar kontrak. Itu disewakan itu tidak pernah diperhitungkan. Harusnya, PT HIN dapat kompensasi dari tambahan dua gedung itu. Kami masih menghitung kerugian kompensasi dari 2 gedung," ungkapnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (2/2/2016).

Menurut dia, pembangunan 2 gedung ini memiliki nilai ekonomis yang cukup besar sehingga setara dengan rencana objek BOT lainnya yang disepakati yakni Hotel bintang 5, Pusat Perbelanjaan I dan II, dan fasilitas Parkir.

Menurut dia, penambahan dua gedung ini mestinya diajukan sejak awal perencanaan dan tercantum dalam objek BOT. Hal ini jelas tidak sesuai TOR dan perencanaan awal yang disetujui kementerian BUMN.

"PT HIN tidak mendapat kompensasi apa-apa dari pemanfaatan lahan ini," paparnya.

Selain itu, lanjut Michael, PT GI juga tidak kooperatif dan transparan dalam menyampaikan  laporan pemeliharaan, tidak memberi rincian nilai biaya pemeliharaan.

Seharusnya alokasi biaya pemeliharaan sebesar 4 persen dari nilai pendapatan pengelolaan obyek BOT, namun PT GI tidak pernah transparan terkait nilai keuntungannya dan ini berpotensi kerugian bagi PT HIN yang akan menerima objek BOT di kemudian hari.

Tak hanya itu, ada sejumlah hal  lain yang juga jadi temuan dan sedang dalami seperti besaran nilai kompensasi, pengalihan sepihak penerima BOT dari PT CKBI ke PT GI, terjadi pengagunan HGB ke Bank.

"Kami tidak punya data berapa jumlah tenant di Grand Indonesia, keuntungan secara pasti besarannya berapa. PT HIN hanya dapat kompensasi Rp 10 miliar per tahun, lalu pada lima tahun kedua naik Rp 1 miliar jadi Rp 11 miliar sehingga tiap bulannya tidak sampai Rp 1 miliar," jelas dia.

Satu yang cukup serius yaitu terkait opsi perpanjangan BOT 20 tahun pada tahun 2010 dengan kompensasi tidak maksimal dan dilakukan jauh sebelum masa kontrak 30 tahun berakhir. Sebelumnya, temuan terbaru BPK menyebutkan ada potensi kerugian negara Rp 1,29 triliun akibat pemanfaatan lahan yang tidak sesuai perjanjian.

"Temuan BPK itu dengan asumsi perpanjangan 20 tahun itu nilainya Rp 400 miliar dibayarkan ke direksi yang lama. Kompensasi Rp 400 miliar itu terlalu murah, perpanjangan itu 25 persen kali dari nilai jual obyek pajak (NJOP), harusnya NJOP 2014 total bangunan Rp 6 triliun itu sekitar Rp 1,5 triliun dengan asumsi 2014. Tapi NJOP-kan naik terus, jadi ini akan lebih rugi lagi," ungkapnya.

Merujuk pada fakta-fakta, tindakan-tindakan yang dilakukan PT GI telah memberi dampak kerugian yang besar bagi PT HIN selaku korporasi.

"Sebagai komisaris yang baru ditugaskan di PT HIN (November 2015) kami menilai harus ada langkah-langkah penyelamatan aset negara sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Kami, direksi dan komisaris baru masih mempelajari dokumen tersebut. Kenapa selama ini tidak ada yang pertanyaan? Kalau didiamkan, nanti saya sebagai komisaris bisa masuk pasal pembiaran. Itu tidak boleh terjadi," tegasnya.

Michael juga mengaku telah melaporkan masalah ini ke Menteri BUMN Rini Soemarno. Menurutnya, perseroan tengah menyiapkan langkah hukum untuk menuntut hak-hak tersebut.

"Masalah ini sudah dilaporkan ke Bu Menteri. Ibu Menteri sangat mendukung karena sesuai ketentuan kita harus menuntut hak itu," jelas Michael.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Anggota VII BPK, Achsanul Qosasi membenarkan adanya temuan potensi kerugian tersebut. Namun dia enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

"Saya tidak mau banyak komentar karena hal ini belum dilaporkan ke DPR," kata dia. (Ndw/Gdn)


Source: liputan6.com
BI Musnahkan Rp 160,2 Triliun Uang Tak Layak Edar di 2015

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menemukan jumlah uang yang tak layak edar pada 2015 atau lebih tinggi jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Departemen‎ Pengelolaan Uang Bank Indonesia Suhaedi ‎mengungkapkan, peningkatan jumlah uang beredar tersebut menjadi bentuk dari peningkatan standar kelayakan uang yang dilakukan Bank Indonesia.

"Dalam PBI, disebutkan bahwa nominal uang yang dimusnahkan pada tahun 2015 sejumlah Rp 160,25 triliun yang terdiri dari 5,92 miliar bilyet dan 19,47 juta keping," kata Suhaedi‎ saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Dia menuturkan, berdasarkan jumlah bilyet, terdapat peningkatan 13,89 persen dari pemusnahan uang tahun 2014, yaitu 5,20 miliar bilyet.

Uang yang dimusnahkan Bank Indonesia merupakan uang yang tidak layak edar, baik berupa uang lusuh, uang rusak, maupun uang rupiah yang masih layak edar. Ini dengan pertimbangan tertentu, antara lain tidak lagi mempunyai manfaat ekonomis dan/atau kurang diminati oleh masyarakat.

Baca Juga

  • Yuk, Tukar Uang Lusuh dan Rusak ke Bank Indonesia!
  • 11 Fakta Unik dan Lucu Tentang Uang
  • Di Wilayah Ini Uang Palsu Paling Banyak Beredar

Source: liputan6.com
Mau PHK 1.500 Pegawai, Menaker Panggil Chevron

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah mencari solusi atas langkah perusahaan energi asal Amerika Serikat (AS) Chevron yang berencana melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sekitar 1.500 pegawainya akibat terimbas penurunan harga minyak dunia. Koordinasi ini ditempuh agar menghindari PHK terjadi.  

Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri mengungkapkan pemerintah sedang memeriksa dan mengonsolidasikan kebenaran data-data PHK yang ada. Caranya dengan pemanggilan manajemen perusahaan yang bersangkutan hingga berkoordinasi dengan kementerian terkait.

Baca Juga

  • Chevron Tak Teruskan Kontrak di Blok East Kalimantan
  • Dikabarkan PHK Ribuan Karyawan, Ini Penjelasan Chevron Indonesia
  • Begini Tanggapan SKK Migas soal PHK Pekerja Chevron

Source: liputan6.com
Gelombang PHK Hantui Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) kembali menghantui Indonesia. Lambatnya laju perekonomian berdampak serius pada banyak sektor.

Daya beli turun, harga komoditas lemah menyebabkan banyak perusahaan terpukul. Mereka memutar otak, mencari strategi untuk melakukan efisiensi. Efisiensi dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai dari biaya operasional dipangkas, hingga yang paling parah adalah pemutusan hubungan kerja. Alhasil, banyak orang kehilangan pekerjaan.

Fenomena itu kini tengah menghantui sejumlah perusahaan di Indonesia. Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan ribuan buruh bakal kehilangan pekerjaannya terhitung mulai Januari-Maret 2016. Buruh-buruh tersebut berasal dari berbagai sektor seperti tekstil, otomotif sampai tambang.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, beberapa perusahaan akan melakukan PHK dengan tidak memperpanjang kontrak ribuan karyawannya.

Adapun perusahaan tersebut antara lain PT Panasonic, PT Toshiba, PT Shamoin, PT Starlink, PT Jaba Garmindo, PT Ford Indonesia. Kemudian PT Yamaha, PT Astra Honda Motor, PT Hino, PT AWP, PT Aishin,PT Mushashi, PT Sunstar.

"Ke semua pabrik tersebut berlokasi di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Pasuruan, Medan, bahkan anggota KSPI yang kena PHK di industri pertambangan dan perminyakan (KKKS) sudah mulai melaporkan ancaman PHK terhadap puluhan ribu buruh," kata dia.

Dia menuturkan, banyak jumlah karyawan yang kehilangan pekerjaan karena pemerintah tak memberikan informasi mengenai hal tersebut. Kemudian, karena formula upah dianggap tak bisa menaikkan daya beli masyarakat.

"Kebijakan upah murah pemerintah melalui PP No 78/2015 tentang pengupahan, faktanya semua harga barang, ongkos transportasi tetap mahal, dan sewa rumah mahal walaupun harga BBM sudah diturunkan tidak ada efek," jelas dia.

Oleh karena itu, pihaknya meminta untuk membatalkan formula upah tersebut. Dia bilang akan menggelar aksi turun ke jalan pada 6 Februari 2016.

"20 ribu buruh akan kembali aksi turun ke jalan menolak PHK dan menolak upah murah pada 6 Februari di istana dan MA serta aksi serempak puluhan ribu buruh di Surabaya, Batam, Bandung, Medan, Aceh, Makassar, pada tanggal tersebut," tandas dia.

PHK ChevronSalah satu perusahaan yakniChevron dikabarkan telah melakukan PHK sebanyak 1.500 orang karyawannya. Menteri Tenaga KerjaHanifDhakiri memanggil perusahaan minyak tersebut.

Jika memang Chevron benar telah melakukan PHK karyawannya, sedikit tak mengejutkan. Pasalnya harga minyak tak juga berada di level yang dinilai aman. Harganya terus turun lantaran kelebihan pasokan. Bahkan beberapa pengamat meramal harga minyak bisa sentuh US$ 20 per barel.

Vice President Policy Government and Public Affairs Chevron Pacific Indonesia,‎ Yanto Sianipar membenarkan perusahaannya sedang melakukan efisiensi. Namun dirinya enggan menyebut langkah yang dilakukan ini merupakan pemutusan hubungan kerja.

"Sebenarnya lebih bagus efisisensi," kata Yanto, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Kamis pekan lalu.

Yanto tak mau memberikan informasi lebih lanjut mengenai kabar ribuan karyawan Chevron bakal di-PHK. Dia juga enggan menyebut Chevron telah melakukan perampingan jumlah karyawan.

"Dalam perubahan model bisnis terkait perubahan struktur dan ukuruan organisasi saya tidak bisa menyebut perampingan, ini sedang berjalan prosesnya, kami tidak bisa jauh memberi informasi," terang Yanto.

Kondisi sulit di sektor minyak juga terjadi tak hanya di Indonesia. Negara luar terutama penghasil minyak pun berteriak karena kejadian ini. Banyak yang menyebut mereka pun telah memberhentikan banyak karyawannya.

Sektor migas teriak, karyawan diberhentikan

Di dalam rumah bangsa Indonesia Sektor Hulu Migas ibarat sebuah `dapur` negara.

Seperti yang dibilang tadi, harga minyak yang anjlok jadi mimpi buruk bagi para pekerja yang kerja di sektor ini. Bagi yang masih bekerja, ada yang mengatakan istilahnya mereka hanya tinggal menunggu waktu saja. Sejumlah karyawan pun sudah terlebih dahulu di-PHK.

Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS), Marwan Batubara pernah mengungkapkan, di dunia, perusahaan minyak ditaksir sudah mem-PHK ratusan ribu karyawannya.

"Perusahaan minyak maupun industri yang berhubungannya, seperti kontraktor, industri pendukung di seluruh dunia tercatat sudah mem-PHK sekitar 250 ribu orang," katanya Senin pekan lalu.

Kebijakan pengurangan karyawan, kata Marwan, tidak bisa lagi terhindarkan meskipun beberapa perusahaan minyak maupun negara produsen minyak mentah mempunyai dana cadangan hingga ratusan miliar dolar Amerika Serikat (AS). Misalnya Arab Saudi, dan lainnya.

"Tapi tabungan (dana cadangan) itu untuk berapa lama sih mempertahankan operasional dan karyawannya, kan juga ada batasnya. Sedangkan perusahaan minyak maupun kontraktor di Indonesia tidak punya dana cadangan, sehingga jalan satu-satunya PHK," terang Marwan.

Pemerintah turun tangan

Aksi solidaritas itu terkait dengan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap para pekerja tambang di Indonesia. Tampak salah satu simpatisan tampak memegangi salah satu makam sebagai simbol kesedihan terhadap nasib pekerja tambang (Liputan6.com/Andrian M T

Pemerintah menawarkan sejumlah insentif bagi perusahaan pencari migas. Penawaran tersebut diberikan sebagai salah satu usaha untuk mencegah terjadinya PH para pekerja di perusahaan pencari migas akibat adanya penurunan harga minyak dunia.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), ‎I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, pemerintah saat ini sedang fokus untuk menghindari terjadinya PHK besar-besaran di sektor hulu migas di Indonesia.

PHK tersebut terjadi karena penurunan harga minyak yang mengakibatkan beberapa perusahaan pencari migas atau Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) harus melakukan efisiensi.

"Kami sangat konsen dengan keadaan di sektor migas saat ini. KKKS seperti Chevron dan sebagainya tersebut kami minta untuk tidak melakukan PHK besar-besaran," kata Wiratmaja.

Pemerintah akan menawarkan insentif untuk menghindari PHK ke KKKS. Insentif tersebut diharapkan akan mengurangi beban perusahaan dalam menghadapi anjloknya harga minyak ‎dunia.

"Dari situlah mereka butuh apa, sekarang lagi diskusi ada yang minta tax holiday, ada yang minta moratorium eksplorasi dan sebagainya ini sedang kami bahas, supaya industri hulu tetap jalan," tutur Wirat.

Menurut Wirat, jika perusahaan terpaksa melakukan PHK, dilakukan secara natural, seperti habisnya masa bakti pekerja. Bukan karena penurunan harga minyak dunia.‎ Pemerintah bisa campur tangan untuk urusan PHK tersebut, karena perwakilan pemerintah Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) telah berkontrak dengan KKKS.

"Kalaupun ada pengurangan itu natural aja, artinya yang pensiun atau yang pindah kerja, jadi tidak ada pemberhentian besar-besaran," terangnya.

Sektor otomotif juga kena dampak perlambatan ekonomi

Suasana di salah satu dealer mobil Ford di Jakarta, Selasa (26/1). Ford memastikan para konsumen dapat tetap mengunjungi dealer Ford untuk layanan penjualan, servis, dan garansi hingga beberapa waktu ke depan di tahun ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jika PHK di sektor minyak terjadi karena harga minyak yang terus anjlok, lain halnya di sektor otomotif dan elektronik.

Di sektor otomotif, sebanyak 2.200 karyawan terancam kena PHK karena Ford, perusahaan produsen mobil asal Amerika Serikat angkat kaki dari Indonesia.

Ford sejatinya tak punya pabrik produksi atau perakitan mobil di sini. Tapi mereka membuka 44 dealer resmi di Indonesia yang menurut Kementerian Tenaga Kerja menyerap 2.200 karyawan.

"Pihak Kemnaker telah mengirimkan tim untuk berkoordinasi langsung dengan manajemen FMI yang menutup kegiatan operasi di Indonesia. Kita ingin memastikan para pekerjanya mendapatkan hak-hak dasarnya bila terjadi proses PHK," kata Direktur Pencegahan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (P3HI) Kemnaker, Sahat Sinurat.

Penjualan mobil Ford terus menurun seiring berjalannya waktu, apalagi diperparah dengan perlambatan ekonomi. Pengamat juga menghubungkan penurunan penjualan mobil Ford dengan turunnya harga komoditas tambang.

Sektor pertambangan juga termasuk yang tengah kesulitan. Harga komoditas yang rendah membuat para produsen mengerem produksinya. Nah jika dikaitkan, produk kendaraan Ford banyak dipakai untuk aktivitas tambang.

Jika aktivitas tambang tak lagi ramai, otomatis penjualan mobil Ford pun menurun. Namun itu hanya salah satu asumsi dari alasan kenapa pabrikan mobil ciptaan Henry Ford itu hengkang dari Indonesia.

2 perusahaan elektronik dikabarkan tutup

Sebagian besar yang dipecat bekerja di divisi lifestyle, dan diketahui memang bergerak memproduksi produk elektronik untuk konsumen.

Yang terbaru, ada kabar menyebutkan bahwa dua perusahaan elektronik yakni Toshiba dan Panasonic mulai menutup pabriknya di Indonesia. Jika benar itu jelas menyebabkan banyak orang bakal kehilangan pekerjaan.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, Toshiba telah menutup pabrik televisi di Kawasan Industri Cikarang, Jawa Barat. Padahal satu pabrik ini yang tersisa dari enam perusahaan Toshiba lain yang sudah tutup sebelumnya dalam 10 tahun terakhir.

"Yang tutup ini adalah pabrik televisi Toshiba terbesar di Indonesia, selain di Jepang. Karyawan yang di PHK lebih dari 900 orang," katanya.

Saat ini, sedang terjadi proses negosiasi pesangon antara manajemen perusahaan dengan serikat pekerja pabrik tersebut.

Perusahaan lainnya, kata Said yang ikut terhantam pemburukan ekonomi adalah Panasonic lighting. Sebanyak dua pabriknya resmi ditutup, seperti Panasonic Lighting Indonesia (PLI) di Pasuruan, Jawa Timur di awal Januari ini dan satu pabrik lainnya di Kawasan Industri Bekasi pada Februari 2016.

"Pabrik di Pasuruan mempekerjakan lebih dari 600 orang dan sudah di PHK. Sedangkan pabrik yang di Bekasi PHK hampir 1.000 lebih karyawan," ucap Said.

Dengan demikian, Said menyebut, total karyawan atau buruh yang terkena PHK lebih dari 2.500 orang. "Ini jadi sinyal negatif bagi investasi di Indonesia," paparnya.

Namun belum ada konfirmasi dari pihak kedua perusahaan tersebut. Baik pemerintah hingga kalangan asosiasi pengusaha pun mengatakan baru mendengar kabar tersebut. (Zul/Ndw)


Source: liputan6.com
Mendag: Sistem Zonasi dalam Impor Sapi Tak Langgar UU

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi jilid IX untuk menjaga kestabilan dan menurunkan harga daging sapi. Salah satu isi dalam paket tersebut yaitu soal impor sapi yang tidak lagi memakai basis negara, melainkan zonasi.

Namun, pemberlakuan sistem zonasi ini berpeluang melanggar Undang-undang (UU) Nomor 18/2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan di mana didalamnya sistem impor hewan berdasarkan negara yang dinyatakan bebas penyakit, bukan berdasarkan zonasi.

Menanggapi hal ini, Menteri PerdaganganThomasLembong memastikan kebijakanzonasi yang tertuang dalam paket tersebut tidak akanmelangga‎r UU. Dia mengatakan, kebijakan ini telah melalui kajian yang mendalam sebelum diumumkan. Terlebih lagi impor ini dilakukan dengan tujuan baik, yaitu memenuhi kebutuhan di dalam negeri dan menekan harga daging.

Baca Juga

  • Pemerintah Diimbau Hati-hati Lakukan Impor Daging
  • Mampukah Paket Ekonomi Jilid IX Turunkan Harga Daging?
  • Turunkan Harga, Pemerintah Perluas Negara Pengimpor Daging

Source: liputan6.com
RI Protes Prancis Berlakukan Bea Masuk CPO

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memprotes langkah pemerintah Prancis yang akan memberlakukan bea masuk atau pajak impor tambahan terhadap produk-produk minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) dan turunannya asal negara lain, termasuk dari Indonesia. Rencananya, Prancis akan menerapkan tambahan bea masuk bagi CPO sebesar 300 euro per ton.

Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Sawit, Bayu Krisnamurthi mengatakan, pengenaan bea masuk bagi produk ‎CPO tersebut merupakan bentuk diskriminasi. Sebab, selama ini CPO mendapat kampanye negatif di Uni Eropa dan harus bersaing dengan produk minyak nabati lain seperti minyak kedelai dan minyak biji bunga matahari.

"Kita anggap ini tidak tepat soal tambahan pajak. Bagi Indonesia, yang lebih prinsip ini soal diskriminasi terhadap produk sawit Indonesia dibanding minyak nabati lain. Dan ini menyalahi kesepakatan internasional (DeklarasiAmsterdam) di mana Prancis dan Indonesia menandatanganinya," ujarnya di Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Diminta Hapuskan Pungutan Ekspor CPO
  • Meski Harga Anjlok, Ekspor CPO RI Naik 21% Jadi 26,4 Juta Ton
  • Mentan Amran Sebut RI Seharusnya Dapat Atur Harga CPO

Source: liputan6.com
Ini Alasan Harga Pangan Naik Versi Mendag

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah harga pangan naik pada awal tahun ini. Kenaikan harga tersebut adalah akibat dari sejumlah penutupan keran impor oleh pemerintah.

Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengatakan, seperti harga daging sapi yang mengalami lonjakan akibat ditutupnya keran impor sapi pada kuartal III 2015. Demikian pula kenaikan harga beras yang naik setelah adanya larangan impor kebutuhan pokok tersebut.

"Kita tutup keran impor sapi di kuartal III, jadi saya ingat waktu dilantik sudah krisis sapi. Kemudian kita mendadak tutup keran impor beras, larang impor beras, harga langsung naik. Jagung juga ditutup keran impornya. Jagung ini merupakan bahan baku pakan ternak ayam, tentu telur dan ayam harganya melonjak," ujarnya di Jakarta, Selasa (2/2/2016).

 

Baca Juga

  • Mendag: Sistem Zonasi dalam Impor Sapi Tak Langgar UU
  • Pemerintah Diimbau Hati-hati Lakukan Impor Daging
  • Bulog Siap Beli 445.500 Ton Jagung Impor untuk Pakan Ternak

Source: liputan6.com