Prev Febuari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
31 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
Berita Kurs Dollar pada hari Minggu, 21 Febuari 2016
3 Perumahan Menarik di Indonesia Property Expo 2016

Liputan6.com, Jakarta - Anda sedang mencari rumah baru dengan promosi menarik dan berburu "uang muka" hingga 0 persen?.

BTN Indonesia Property Expo 2016 yang berlangsung hingga 21 Februari 2016 di Jakarta Convention Centre (JCC) Hall A dan B adalah tempat yang tepat bagi Anda.

Ratusan pengembang properti seperti perumahan, hotel, apartemen, dan kondotel membuka stan dan siap memberikan berbagai promosi untuk Anda.

Ada pengembang yang siap memberikan motor secara langsung bila Anda bersedia membayar secara cash keras. Atau, bahkan ada yang memberikan uang muka hingga 0 persen.

Lalu, daftar rumah mana sajakah yang memberikan promosi di Indonesia Property Expo 2016? Berikut tiga perumahan yang memberikan penawaran menarik dan menggiurkan untuk Anda sambangi.

1. Costaville Residence, Bekasi


Perumahan Costaville Residence yang ada di kawasan Jati Sari, Bekasi. Perumahan ini memiliki desain mediteranian.

Rumah yang ditawarkan pertama adalah rumah bergaya mediteranian yang berada di lokasi Jatisari, Bekasi-Jawa Barat. Costaville Residence, selain memiliki desain rumah yang berbeda, juga memiliki lokasi yang strategis, dekat dengan Jakarta.

Akses jalan utama yang bisa Anda lalui bila berawal dari rute Jakarta adalah Tol JORR Jati Asih. Lama waktu tempuh dari Tol JORR Jati Asih menuju Perumahan Costaville Residence adalah 15 menit, dengan kondisi normal.

Bagi Anda KRL mania, tidak perlu khawatir. Karena untuk menuju perumahan ini, juga bisa menggunakan commuter line rute Manggarai-Bekasi.

Selain tepat untuk dijadikan hunian, Costaville Residence juga bisa dijadikan investasi. Hal ini disebabkan lokasi Jatisari yang kian berkembang, baik sebagai kawasan hunian maupun kegiatan bisnis.

Tak sampai 10 km dari lokasi akan dibangun Trans Studio Bekasi. Ini adalah taman hiburan berskala besar.

Perumahan ini menawarkan 18 unit rumah dengan tipe 40, dengan luas tanah 67m2. Untuk memiliki rumah dengan desain mediteranian dan lingkungan yang asri ini, ditawarkan seharga Rp 400 juta-500 juta.

Pada Indonesia Property Expo 2016, PT Murni Kreasi Makmur menawarkan kemudahan berupa pemberian fasilitas uang muka sebesar 10 persen yang dapat diangsur tiga kali. Selain uang muka yang rendah, Anda juga sudah bebas Pajak Pertambahan Nilai (PPN), bebas biaya administrasi, pengurusan surat BPHTB, dan surat-surat lainnya.

2. Jayana Villas, Cibinong


Tampak lingkungan dalam Perumahan Jayana Villas yang memiliki dua akses jalan untuk keluar dan masuk perumahan.

Perumahan Jayanan Villas yang berada di kawasan Cibinong, Bogor ini juga memberikan promosi yang menggiurkan. Anda bisa mendapatkan rumah Jayana Villas itu bisa dengan uang muka 0 persen. Kemudahan bisa Anda gunakan bila sedang benar-benar mencari rumah secepatnya.

Selain itu, promosi yang bisa Anda raih adalah subsidi paket interior rumah sebesar Rp 15 juta plus voucher elektronik dari toko elektronik terkemuka seharga Rp 5 juta.

Lokasi perumahan Jayana Villas ini juga cukup strategis. Akses menuju lokasi selain bisa menggunakan kendaraan pribadi juga dapat menggunakan commuter line. Dekat dengan perumahan terdapat Stasiun Cibinong. Estimasi waktu tempuh menuju stasiun selama 12 menit.

Penawaran interior dari Jayana Villas ini diperuntukan untuk ruang tamu, ruang makan, kamar anak, dan kamar utama. Hal ini juga berlaku untuk taman dan desain interior.

Jayan Villas menyediakan 57 unit dengan tiga tipe yaitu tipe 45, tipe 53, dan tipe 80. Ketiga tipe tersebut memiliki desain minimalis modern. Lingkungan yang asri menjadi daya tarik dari perumahan ini.

Lokasi perumahan ini juga dekat dengan fasilitas umum seperti Mal Cibinong, taman bermain, pusat pemerintah dan juga pendidikan. Harga yang ditawarkan untuk perumahan ini adalah Rp 453 juta-800 juta.

3. Harvest Bintaro, Tangerang Selatan.


Perumahan Harvest Bintaro Residence ini mengusung tema minimalis modern yang sudah siap huni.

Apakah Anda mencari rumah di kawasan Tangerang Selatan? Harvest Bintaro, Tangerang Selatan, ini bisa menjadi pilihan hunian yang memberikan promosi menarik.

Perumahan Harvest Bintaro berlokasi di Jalan Merpati Raya, Ciputat-Bintaro.Jaraknya hanya 3km dari kawasan terpadu Bintaro Jaya. Ini artinya, lingkungan perumahan Anda sudah cukup mapan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya, seperti kebutuhan pendidikan, kesehatan, perbelanjaan, hingga hiburan.

Hunian ini juga dekat dengan infrastruktur transportasi, seperti stasiun Jurangmangu (1,2km) dan stasiun Sudimara (3,5km), serta pintu tol JORR ke arah Serpong (2km) dan ke arah Jakarta (4km).

Lokasi yang menjadi salah satu incaran para pencari rumah dan investor itu, menunjukkan perkembangan infrastruktur yang menjanjikan. Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) yang menghubungkan Lebak Bulus – Bunderan HI ini menjadi salah satu nilai yang dimiliki kawasan Ciputat-Bintaro secara umum.

Rumah dengan lokasi emas ini, bisa Anda miliki dengan tawaran harga mulai dari Rp 1 miliar. Harga tersebut saat bisa Anda bayar lewat sistem cicilan dengan uang muka sebesar 30 persen, yang dapat dicicil enam kali.

Selain itu, promosi ini juga akan memberikan fasilitas instalasi kabel telepon dan internet, pemasangan canopy rumah, dan juga Air Conditioner (AC).

Selain perumahan-perumahan di atas, masih banyak perumahan lain yang menawarkan promosi. BTN sendiri menawarkan KPR rendah mulai dari 6,6 persen dan 5,5 persen untuk rumah subsidi. (Kantri/Ahm)

sumber: www.rumah.com

Feature picture: kantrimaharani@rumah.com


Source: liputan6.com
Kalahkan 6 Rasa Takut Ini Kalau Mau Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Sukses merupakan impian dari semua orang. Namun, hanya segelintir orang yang mampu mewujudkannya.

Satu hal yang membedakan orang sukses dengan orang-orang kebanyakan adalah kemampuan mereka untuk mengatasi berbagai tantangan. Termasuk di antaranya adalah rasa cemas dan takut yang terjadi dalam dirinya.

Berikut enam rasa takut yang perlu Anda lawan apabila ingin sukses meraih tujuan seperti dikutip dalam entrepreneur.com, Minggu (21/2/2016):

1. Takut gagal

Rasa takut gagal mungkin merupakan hal terkuat yang membuat seseorang selalu berada di bawah potensi dan kemampuan mereka yang sesungguhnya.

Jika Anda tidak pernah berani untuk gagal, Anda pun akan berada di level yang biasa-biasa saja. Banyak orang meremehkan prestasi dan kemampuan yang dimiliki untuk bangkit dari kegagalan. Padahal sesungguhnya, kegagalan seringkali membawa seseorang untuk menjadi sukses.

2. Takut ambil risiko

Banyak orang sering takut mengambil peluang karena takut akan risiko besar. Padahal, menghindari risiko justru hanya akan mempertaruhkan apa yang terpenting dalam kehidupan yaitu potensi besar dalam meraih tujuan.

3. Takut untuk hadapi ketakutan

Setiap harinya banyak orang yang menyerah pada impian karena keraguan dan ketakutan yang terlampau besar. Namun hal ini tidak harus terjadi pada Anda.

Anda tidak harus menghindari rasa takut, tapi bagaimana membuat keputusan positif yang dapat meningkatkan kepercayaan diri saat ketakutan datang


Source: liputan6.com
Ini yang Dilakukan Orang Sukses Saat Gagal

Liputan6.com, Jakarta - Kegagalan merupakan sesuatu yang lumrah terjadi. Hampir semua orang sukses harus melewati fase kegagalan yang dapat membuatnya lebih baik dalam menjalani hidup.

Anda harus menyadari bahwa kesalahan adalah bagian yang penting dalam pengembangan diri. Jangan termenung terus dengan rasa bersalah dan penyesalan. Pelajari bagaimana Anda dapat belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut.

Melansir Entrepreneur.com, Minggu (21/2/2016), berikut beberapa langkah orang sukses yang dapat Anda contoh saat mereka menghadapi kegagalan.

1. Tetap Tenang

Hal pertama yang dapat Anda lakukan sekiranya telah melakukan kesalahan adalah dengan tetap tenang dalam menjalaninya. Mereka yang cenderung tenang dapat lebih mudah berpikir mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada.

Panik dan bertindak gegabah hanya akan membuat kesalahan tersebut semakin terlihat.

2. Beri Penjelasan

Banyak orang yang cenderung mengelak atau menghindar apabila tersangkut masalah. Hal ini justru berkebalikan dengan apa yang orang sukses biasa lakukan. Daripada menghindar dan menyalahkan situasi yang ada, mereka justru dengan berani mengakui kesalahan yang dibuat. Setelah itu mereka pun mencoba memberi penjelasan terhadap apa yang telah terjadi.

3. Punya Solusi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kesalahan merupakan hal wajar yang biasa terjadi. Sebagai orang yang bertanggung jawab, Anda pun harus memiliki solusi pemecahan masalah yang dapat dilakukan. Ini merupakan nilai plus tersendiri bagi diri Anda.

4. Punya Rencana Pencegahan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Dibanding harus menunggu akan adanya masalah dan memperbaiki kondisi yang terjadi, orang sukses memilih untuk melakukan pencegahan. Hal yang dilakukan pun bermacam-macam tergantung dari kondisi yang ada.

5. Tetap Semangat

Satu hal yang harus dilakukan adalah dengan tidak membiarkan kesalahan menghambat kegiatan Anda sehari-hari. Selepas kejadian, tetaplah bersemangat untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Jadikanlah kesalahan tersebut sebagai pelajaran yang dapat Anda petik pelajarannya nanti. (vna/nrm)


Source: liputan6.com
Daftar Perusahaan Paling Dikagumi di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Reputasi perusahaan bukan kontes popularitas. Ada sejumlah faktor yang mengkombinasikan untuk menciptakan reputasi perusahaan tersebut, mungkin hal itu merujuk pada keringat, air mata dan kerja keras yang berujung pada kesuksesan.

Untuk menentukan daftar tahunan perusahaan paling dikagumi pada 2016, Fortune telah menjaring 4.000 analis, direktur, eksekutif yang berhubungan perusahaan terbesar di dunia setiap hari.

Selain itu ada investor, konsumen dan orang yang mengawasi pasar untuk menilai perusahaan tersebut. Demikian mengutip dari Fortune, Sabtu (20/2/2016).

Fortune telah meminta mereka untuk mengevaluasi dan menilai perusahaan dan masing-masing industri dengan sembilan kunci utama yang mendorong perusahaan dapat sukses dan dikagumi.

Baca Juga

  • Ini Dia Perusahaan Paling Ramah Lingkungan di Dunia
  • 5 Perusahaan Paling Dikagumi di Muka Bumi
  • 6 CEO Paling Murah Hati di 2015

Source: liputan6.com
Koperasi Terbesar RI Diminta Aktif Kurangi Kemiskinan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga meminta koperasi  simpan pinjam syariah (KSPS) BMT UGT Sidogiri Pasuruan, Jawa Timur untuk terlibat dalam pengentasan kemiskinan.

Hal itu mengingat koperasi yang telah menyelesaikan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ini mampu membukukan aset sebesar Rp 1,8 triliun pada 2015. Aset itu termasuk terbesar di Indonesia.

Bahkan karyawan koperasi BMT UGT Sidogiri mencapai 1.422 orang dan kantor layanan 273 yang tersebar diseluruh Indonesia. Karena itu,  Puspayoga menuturkan, apa yang sudah dilakukan selama ini dengan berbagai program di koperasi syariah  perlu ditingkatkan lagi.

Apalagi apa yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri bena-benar implementasi dari amanah konstitusi UUD 1945.

Baca Juga

  • Membawa Koperasi RI Kembali Jadi Soko Guru Ekonomi
  • Menteri Koperasi dan UKM Usul Subsidi Pupuk Dihapus
  • RI Punya Koperasi Berkelas Dunia

Source: liputan6.com
Mulai Hari Ini, Belanja Pakai Kantong Plastik Bayar Rp 200

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mulai menguji coba penerapan kantong plastik berbayar di ritel modern di Indonesia pada Minggu ini, 21 Februari 2016.

Ujicoba tersebut serempak dilakukan di 17 kota seluruh Indonesia, termasuk DKI Jakarta. Nantinya saat berbelanja, konsumen akan dikenakan pembayaran sebesar Rp 200 per kantong plastik.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) Roy N Mande mengungkapkan, peluncuran penerapan kantong plastik berbayar ini diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Car Free Day (CFD) di Bundaran Hotel Indonesia, pagi ini.

"Pak Jokowi yang me-launching ujicoba kantong plastik berbayar dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2016," ujarnya saat dihubungi‎ Liputan6.com di Jakarta.

Para pelaku usaha ritel, kata Roy, sangat mendukung ujicoba penggunaan kantong plastik berbayar ini hingga Juni 2016. Ia menyebut, jumlah ritel modern di Indonesia mencapai 35 ribu ritel.

Baca Juga

  • Berapa Harga Plastik yang Membuat Anda Enggan Membelinya?
  • Kantong Plastik Berbayar, Konsumen Disarankan Bawa dari Rumah
  • Mulai 21 Februari, Belanja Pakai Kantong Plastik Bayar

Source: liputan6.com
Kantong Plastik Belanja Bakal Dikenakan Harga Rp 200

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2016, pemerintah melakukan uji coba kantong plastik berbayar. Program itu mulai berlaku pada Minggu 21 Februari 2016.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Mandey mengatakan, sebagian besar anggotanya siap turut melaksanakan uji coba kantong plastik berbayar pada 21 Februari 2016.

Pihaknya mengharapkan uji coba ini dapat berjalan lancar mengingat masyarakat sudah terbiasa dengan kantong plastik gratis saat berbelanja. Karena itu, lewat uji coba penerapan kantong plastik berbayar ini sebagai awal sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Ia menambahkan, tujuan penerapan kantong plastik berbayar ini agar  masyarakat membawa kantong sendiri. Langkah dilakukan untuk mengurangi penggunaan plastik.

Baca Juga

  • Berapa Harga Plastik yang Membuat Anda Enggan Membelinya?
  • Plastik Akan Berbayar, Yuk Bawa Kantong Sendiri
  • Kantong Plastik Berbayar, Konsumen Disarankan Bawa dari Rumah

Source: liputan6.com
Ekonomi Dunia Lesu, Begini Kondisi Industri Perbankan RI

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat memberikan gambaran tentang kondisi perbankan di seluruh dunia saat ini. Krisis kecil pada perekonomian global telah mengguncang bisnis perbankan hingga memicu kerugian besar.

Ini diungkapkan Pengamat Valas Farial Anwar saat dihubungi Liputan6.com, menanggapi paparan miliarder Swiss Felix Zulauf yang mengingatkan potensi terjadinya krisis besar yang melanda bank-bank di Singapura. Tiga bank raksasa di Negeri Singa ini dikabarkan kehilangan modal akibat perlambatan ekonomi China.

"Bukan saja Singapura, tapi hampir semua bank di dunia sekarang ini sedang bermasalah. Perlambatan ekonomi menyebabkan bisnis bank merosot, kredit macet meningkat, penyaluran kredit turun sehingga dampaknya ke profit, bahkan ada yang sampai rugi," jelas Farial di Jakarta, Minggu (21/2/2016).

Imbasnya, sambung Farial, perbankan terpaksa mengambil langkah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) para karyawannya. Kondisi tersebut bukan saja terjadi di Indonesia, tapi juga di Amerika Serikat (AS), Eropa, dan negara lainnya.

"Itu wajar saja, karena terkena dampak dari krisis ekonomi global. Kalau ekonomi bermasalah, bank-bank yang menyalurkan kredit ikut bermasalah," dia menjelaskan.

Baca Juga

  • Begini Kata Darmin Nasution soal Ancaman Krisis Bank di Singapura
  • Tanggapan BI Soal Holding Bank BUMN
  • BI Ingin Bank Efisien Agar Bunga Turun

Source: liputan6.com
5 Kata Ini Sangat Dipahami Para Miliarder

Liputan6.com, Jakarta - Jika ada satu hal yang menjadi kesamaan para miliarder dunia pada saat ini, itu adalah bahwa mereka tahu bagaimana caranya menjadi sukses.

Meski, keberhasilan yang mereka raih mungkin berasal dari tempat maupun dengan cara yang berbeda. Di mana, salah satu kesamaan mereka mendapatkan kekayaan antara lain dari saham.

Menjadi pengusaha sukses dengan kekuatan sendiri merupakan tantangan tersendiri. Dibutuhkan banyak kerja keras, dan itu bukan sesuatu yang semua orang bisa melakukannya.

Selain para miliarder tahu tentang arti kerja keras. Mereka juga ternyata memiliki kosakata yang lebih luas yang membawanya sukses.

Mereka benar-benar tahu definisi dari beberapa istilah penting dan apa arti istilah tersebut. Ini yang membawa mereka bisa meraih kesuksesan.

Melansir laman Enterpreneur.com, Minggu (21/2/2016), berikut lima kata yang para miliarder pahami lebih baik daripada yang lain dan membawa mereka mencapai sukses. Apa saja?

1. Batasan

Para miliarder yang bekerja keras dan sukses mencetak kekayaan dengan usaha sendiri tahu bahwa tidak ada hal-hal seperti keterbatasan. Mereka benar-benar memahami kata keterbatasan ini.

Miliarder memahami tidak ada batasan terkait pada ambisi, potensi atau tujuannya. Mereka tahu bahwa orang lain yang cara berpikirnya tertahan, tidak dapat menerobos hambatan yang ada.

Sesungguhnya orang sukses tahu hambatan itu ada, tapi tidak ada batasan bagi mereka untuk meraih keberhasilan itu. Dan bahwa jika dengan bekerja cukup keras, mereka bisa menembus apa pun yang ada di depannya.

Jadi Agar tidak takut tentang keterbatasan, Anda harus benar-benar memahami apa artinya istilah ini.

2. Takut

Agar bisa sukses, Anda harus benar-benar tidak takut. Ada berbagai jenis ketakutan yang dapat menghambat untuk mencapai tujuan. Nah,  miliarder tahu bahwa rasa takut ini adalah salah satu kendala terbesar yang mereka butuhkan untuk sukses.

Ada berbagai jenis ketakutan di luar sana. Mulai dari takut gagal, takut bangkrut, takut malu, takut kehilangan teman atau kehormatan.

Tapi ingat. Tidak peduli apa pun ketakutan itu, jika Anda benar-benar telah hidup dalam ketakutan, Anda tidak akan pernah dapat mencapai kesuksesan dan kekayaan.


Source: liputan6.com
Top 3: Kantong Plastik Belanja Bakal Dikenakan Harga Rp 200

Liputan6.com, Jakarta- Pemerintah melakukan uji coba kantong plastik berbayar. Program itu mulai berlaku pada Minggu 21 Februari 2016 ini dan merupakan upaya mengurangi sampah plastik di Indonesia.

Pengusaha retail mengaku siap menerapkan kebijakan pemerintah ini. Artinya, masyarakat akan dikenakan biaya Rp 200 untuk setiap pembelian satu kantong belanja.

Artikel ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis. Berikut 3 berita paling disukai pembaca, selain perihal kantong plastik belanja berbayar, Minggu (21/2/2016):

1. Kantong Plastik Belanja Bakal Dikenakan Harga Rp 200

Untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2016, pemerintah melakukan uji coba kantong plastik berbayar. Program itu mulai berlaku pada Minggu 21 Februari 2016.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Mandey mengatakan, sebagian besar anggotanya siap turut melaksanakan uji coba kantong plastik berbayar pada 21 Februari 2016.

Pihaknya mengharapkan uji coba ini dapat berjalan lancar mengingat masyarakat sudah terbiasa dengan kantong plastik gratis saat berbelanja. Karena itu, lewat uji coba penerapan kantong plastik berbayar ini sebagai awal sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Simak berita selengkapnya di sini!

2. Daftar Perusahaan Paling Dikagumi di Dunia

Reputasi perusahaan bukan kontes popularitas. Ada sejumlah faktor yang mengkombinasikan untuk menciptakan reputasi perusahaan tersebut, mungkin hal itu merujuk pada keringat, air mata dan kerja keras yang berujung pada kesuksesan.

Untuk menentukan daftar tahunan perusahaan paling dikagumi pada 2016, Fortune telah menjaring 4.000 analis, direktur, eksekutif yang berhubungan perusahaan terbesar di dunia setiap hari.

Selain itu ada investor, konsumen dan orang yang mengawasi pasar untuk menilai perusahaan tersebut. Demikian mengutip dari Fortune, Sabtu (20/2/2016).

Fortune telah meminta mereka untuk mengevaluasi dan menilai perusahaan dan masing-masing industri dengan sembilan kunci utama yang mendorong perusahaan dapat sukses dan dikagumi. Baca berita selengkapnya di sini!

3. 5 Tanda Anda Sudah Jago Atur Uang

Mengoptimalkan jumlah uang yang didapat bukanlah hal mudah. Namun bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya.

Kebutuhan hidup yang semakin meningkat berdampak pada kondisi keuangan yang harus diperhatikan.

Hal ini dapat dilakukan dengan memprioritaskan kebutuhan utama terlebih dahulu daripada kebutuhan lain yang bersifat sementara dalam jangka pendek. Simak berita selengkapnya di sini! (Nrm/Ndw)


Source: liputan6.com
Lebih Mahal, Harga Kantong Berbayar di Kalimantan Rp 1.500

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menetapkan harga kantong plastik berbayar Rp 200 per buah. Tapi faktanya di luar DKI Jakarta, konsumen harus membayar lebih besar jika berbelanja dengan menggunakan kantong plastik di ritel modern.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) Roy Mande mengungkapkan harga satu kantong plastik dihargai Rp 200. Harga tersebut dinilai masih terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat. Harga ini merupakan usulan dari para pengusaha ritel kepada Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

"Kenapa Rp 200? Biar terjangkau dulu lah. Masyarakat tidak terasa dengan harga ini dan bisa diterima semua kalangan dan lapisan masyarakat," ucapnya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Minggu (21/2/2016).

Walaupun sudah ditetapkan Rp 200 per lembar, namun pemerintah daerah mematok harga lebih tinggi untuk setiap lembar kantong plastik. Itu terjadi karena APRINDO tidak mengatur harga kantong plastik, sehingga setiap daerah bisa saja berbeda.

Contohnya saja Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bogor menyebut, plastik kini tidak lagi diberikan secara gratis, tapi akan dipungut biaya Rp 500 per lembar.

"Di Kalimantan bahkan harga kantong plastik Rp 1.500 per lembar. Memang ada harga berbeda, seperti di Jakarta dan Jayapura, jadi seperti harga barang saja antara daerah satu dengan lainnya beda. Tapi dalam satu kota, harga plastik harus sama," jelas Roy.

Baca Juga

  • Berapa Harga Plastik yang Membuat Anda Enggan Membelinya?
  • Kantong Plastik Berbayar, Konsumen Disarankan Bawa dari Rumah
  • Mulai 21 Februari, Belanja Pakai Kantong Plastik Bayar

Source: liputan6.com
Utang Luar Negeri RI Capai US$ 310,7 Miliar di Kuartal IV 2015

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan, posisi utang luar negeri (ULN) Indonesia pada akhir kuartal IV 2015 tercatat sebesar US$ 310,7 miliar. Angka ini naik 2,8 persen dibandingkan kuartal III 2015 sebesar US$ 302,3 miliar.

Dalam keterangan BI, seperti dikutip Minggu (21/2/2016), menyebutkan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, posisi total ULN meningkat US$ 17 miliar atau tumbuh 5,8 persen dari posisi akhir 2014 sebesar US$ 293,8 miliar.

"Dengan perkembangan tersebut, rasio ULN terhadap produk domestik bruto (PDB) pada akhir kuartal IV 2015 tercatat sebesar 36,1 persen, lebih tinggi dibandingkan dengan 34,8 persen pada akhir kuartal III 2015 dan 33,0 persen pada akhir tahun 2014," menurut penjelasan BI.

Berdasarkan jangka waktu asal, kenaikan tersebut dipengaruhi ULN jangka panjang yang meningkat. Sementara ULN jangka pendek menurun.

Posisi ULN Indonesia didominasi ULN berjangka panjang mencapai 86,7 persen dari total ULN. ULN berjangka panjang pada akhir kuartal IV 2015 mencapai US$ 269,4 miliar, naik 3,6 persen dibandingkan dengan posisi akhir kuartal III 2015 yang tercatat sebesar US$ 260 miliar.

Baca Juga

  • Percepat Infrastruktur, Pemerintah Tambah Utang Luar Negeri
  • Cerita Pemerintah Cari Utang Luar Negeri
  • Utang RI Buat Bangun Jalan, Pelabuhan sampai Sekolah

Source: liputan6.com
Dikeluhkan Masyarakat Soal Harga Daging Sapi, Ini Kata Mentan

Liputan6.com, Jakarta - Operasi pasar daging sapi Rp 85 ribu per kilogram (kg) yang digelar pemerintah dan BUMN Peternakan PT Berdikari (Persero) disambut antusias masyarakat. Maklum, konsumen selama ini mengeluhkan mahalnya harga daging sapi di pasar sehingga memunculkan tudingan terjadi permainan harga di tingkat pedagang besar.

Salah seorang pembeli daging di operasi pasar Jalan Sunda Thamrin, Tanti (40) mengapresiasi langkah pemerintah dan BUMN untuk menekan harga jual daging sapi dengan menggelar operasi pasar seharga Rp 85 ribu per kg.

"Biarpun desak-desakan tapi acara ini bagus sekali. Masa harga daging kita lebih mahal dari Singapura. Padahal daya beli kita tidak ada sepertiganya dari Singapura," jelas dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu (21/2/2016).

Pembeli lainnya, Meri (35) mengakui bahwa harga daging sapi di pasar sudah menyentuh Rp 150 ribu per kg. Harga ini dikatakan pegawai lembaga pemerintahan itu sangat tidak wajar.

Baca Juga

  • Ingin Daging Sapi Murah? Yuk Datangi Bazar Ini
  • Jabodetabek Dapat Tambahan 300 Ekor Sapi dari NTT
  • Harga Daging Ras Dongkrak Angka Inflasi pada Januari 2016

Source: liputan6.com
PGE Unit Kamojang Pasok Uap ke Pembangkit BPPT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Unit Kamojang menjalin kesepakatan dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk ujicoba pembangunan pembangkit listrik dengan kapasitas 3 megawatt (MW).

Dalam kerja sama ini, PGE Kamojang akan memasok uap ke pembangkit yang sedang dibangun dan akan dioperasikan BPPT.
 
General Manager PGE Unit Kamojang Wawan Darmawan mengatakan, uap yang akan dialokasikan untuk pembangkit BPPT berasal dari sumur panas bumi yang dikelola PGE di Kamojang, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Menurut Wawan, uap tersebut sebenarnya bukan uap yang terbuang karena PGE  menyediakan pasokan uap demi mendukung program BPPT dalam penelitian energi listrik dari energi terbarukan.
 
“Nanti akan ada semacam titik serah di salah satu tempat seperti yang kami lakukan dengan pihak PT Indonesia Power (anak usaha PLN). Bedanya, kami tidak menjual uap. Ini sebagai satu studi penerapan teknologi pemanfaatan panas bumi untuk pembangkit skala kecil,” ujar dia dalam keterangannya, Minggu (21/2/2016).
 
Menurut dia, pembangkit yang dibangun BPPT masih di dalam wilayah kerja pembangkit listrik panas bumi (PLTP) Kamojang.  BPPT nantinya mengoperasikan pembangkit tersebut. “Karena kapasitasnya masih terbatas dan masih terus dilakukan uji coba, belum ada pembicaraan dengan penjualan listriknya,” dia menjelaskan.

Baca Juga

  • 3 Pihak Ini Harus Selesaikan Masalah Harga Gas Kamojang
  • Tak Dapat Suplai Uap Kamojang, PLN Jamin Pasokan Listrik Aman
  • Presiden Jokowi Akan Resmikan Pembangkit Panas Bumi Kamojang V

Source: liputan6.com
BUMN Ini Jajakan Daging Sapi Rp 85 Ribu per Kg di Car Free Day

Liputan6.com, Jakarta - BUMN Peternakan PT Berdikari (Persero) menggelar operasi pasar penjualan daging sapi lokal seharga Rp 85 ribu per kilogram (kg). Kegiatan ini bertujuan membantu pemerintah menekan harga jual daging sapi yang saat ini menembus Rp 100 ribu-Rp 110 ribu setiap kilonya.

Dari pantauan Liputan6.com, penjualan paket daging sapi berlangsung di Jalan Sunda, samping Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta, Minggu pagi, 21 Februari 2016.

Acara ini digelar bertepatan dengan Car Free Day (CFD) dan dihadiri Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, Direktur Utama (Dirut) Berdikari Librato El Arif dan jajaran pejabat Kementerian Pertanian serta direksi Berdikari.

Berlangsung sejak pukul 07.00 WIB, stand Berdikari sudah diserbu masyarakat. Antrean konsumen mengular untuk mendapatkan daging sapi beku seharga Rp 85 ribu. Sayangnya, setiap orang hanya dijatah membeli daging sebanyak 2 kg.

Mentan Amran mengungkapkan, dalam operasi pasar ini, Berdikari menggelontorkan 4 ton daging sapi lokal murah. Daging sapi ini langsung disembelih di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) milik perusahaan sehingga langsung memotong mata rantai pasokan.

"Harganya Rp 85 ribu per kg atau lebih murah dari harga daging sapi di pasar Rp 100 ribu-Rp 110 ribu per Kg. Pada tingkat harga ini merupakan harga yang ditargetkan pemerintah bagi konsumen di Jakarta, kini terlah terbukti," jelasnya saat ditemui di acara Operasi Pasar Daging, Jalan Sunda Thamrin, Jakarta.

Baca Juga

  • Ingin Daging Sapi Murah? Yuk Datangi Bazar Ini
  • Jabodetabek Dapat Tambahan 300 Ekor Sapi dari NTT
  • Harga Daging Ras Dongkrak Angka Inflasi pada Januari 2016

Source: liputan6.com
Pengusaha Lakukan Ini dari Uang Kantong Plastik Berbayar

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) membantah tudingan mencari untung dengan kebijakan kantong plastik berbayar Rp 200 per lembar.

Pengusaha ritel memastikan akan mengembalikan uang konsumen tersebut melalui program tanggungjawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR).

"Harga kantong plastik Rp 200 adalah batas minimum untuk ujicoba. Artinya kalau ada pemasukan dari itu, bukan berarti ritel menjadi untung atau mencari untung," tegas Ketua Umum Aprindo Roy N Mande saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Minggu (21/2/2016).

Dia menjelaskan, pengenaan biaya kantong plastik sebesar Rp 200 per lembar belum mengkompensasi biaya produksi. Hanya saja, pengusaha atau perusahaan ritel dapat terbantu dengan penggunaan kantong plastik berbayar saat perusahaan harus melakukan efisiensi.

Baca Juga

  • Lebih Mahal, Harga Kantong Berbayar di Kalimantan Rp 1.500
  • Mulai Hari Ini, Belanja Pakai Kantong Plastik Bayar Rp 200 
  • Mulai 21 Februari, Belanja Pakai Kantong Plastik Bayar

Source: liputan6.com
Gagal di Proyek Kereta Cepat, Jokowi Diminta Tetap Rangkul Jepang

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali merangkul Jepang untuk tetap terlibat pada proyek infrastruktur dan transportasi di Indonesia.

Ini seusai Jepang gagal meraih proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung yang akhirnya dimenangkan China.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) Bahlil Lahadalia mengatakan, pihaknya menangkap kekecewaan yang berat dari Jepang terkait kegagalan menggarap proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung. Baru-baru ini, Bahlil menggelar kunjung kerja ke Jepang selama sepekan.

“Ada kekecewaan yang berat dari Jepang, termasuk pemerintahnya. Itu yang kita tangkap. Makanya kita usul agar Bapak Presiden memulihkan kepercayaan Jepang kepada kita dengan merangkul dalam berbagai proyek pembangunan lainnya,” ujar Bahlil dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/2/2016).

Dia mengatakan kekecewaan tersebut lantaran Jepang yakin sekali bahwa Indonesia akan memilih negaranya menjadi mitra strategis dalam pembangunan transportasi kereta cepat Jakarta Bandung. Ini karena Jepang telah menjadi mitra strategis Indonesia dalam membantu pembangunan Indonesia sejak 1970-an.

“Ini bukan soal hanya persaingan kedua negara, atau persaingan bisnis. Tapi Jepang kan sudah terbukti menjadi mitra strategis kita dalam membangun infrastruktur sejak lama. Bukan ujuk-ujuk datang bawa proposal. Dia yakin kita teman sejatinya,” papar Bahlil.

Baca Juga

  • Perbedaan Proposal Proyek Kereta Cepat China dan Jepang
  • Menteri Rini Ceritakan Proyek Kereta Cepat ke Warga Bandung
  • Menteri Rini Ingin RI Dapat Bangun Kereta Cepat di Negara ASEAN

Source: liputan6.com
BTN Gelontorkan Dana untuk Rusun Cipinang Besar

Liputan6.com, Jakarta - Bank Tabungan Negara (BTN) menggelontorkan dana corporate social responsibility (CSR) sebesar Rp 2 miliar kepada Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta. Dana itu ditujukan untuk perbaikan Rusun Cipinang Besar Selatan.

"Kita memberikan bantuan dari dana CSR Rp 2 miliar, atas kepedulian Bank BTN untuk merehabilitasi rusunawa yang ada di Cipinang Besar Selatan ini," kata Direktur Utama Bank BTN Maryono di Plaza Barat Senayan, Jakarta, Minggu (21/2/2016).

Pemberian dana ini pun disambut baik Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau kerap disapa Ahok.

Dia berterima kasih atas pemberian dana tersebut dan mengakui jika rusun yang ada saat ini berada dalam kondisi buruk dan butuh perbaikan. "Kami sadar, rusun yang lama tidak layak huni, jelek, begitu kecil," tutur dia.
 

Baca Juga

  • Ahok Heran Ada Warga Mau Tinggal di Rusun 5 Turunan
  • BTN Berikan KPR dengan Bunga 6,6%
  • BTN Pangkas Pertumbuhan Laba

Source: liputan6.com
Premi Asuransi Petani Rp 30 Ribu Disebut Mahal, Ini Respon Mentan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman angkat bicara mengenai pernyataan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) soal kurangnya minat petani membeli produk asuransi pertanian karena alasan premi yang mahal. Padahal pemerintah sudah jor-joran memberikan subsidi kepada para petani, termasuk premi asuransi pertanian.

"Premi Rp 30 ribu kok mahal? Cuma seberapa sih. Pemerintah kan sudah subsidi Rp 150 ribu. Mau diapain lagi? Mau gratis semua?," kata Amran saat berbincang santai dengan wartawan di Jakarta, Minggu (21/2/2016).

Pada asuransi pertanian ini, pemerintah memberikan subsidi premi sebesar Rp 150 ribu dari total premi Rp 180 ribu per hektare (ha). Sedangkan petani hanya membayar sisanya sebesar 20 persen atau Rp 30 ribu. sementara plafon penjaminan dari asuransi pertanian sebesar Rp 6 juta. 

"Kami sudah gratiskan traktor, irigasi, benih 3 juta ha. Kurang apa coba? Anggaran pertanian sudah dua kali lipat. Semua itu diberikan agar petani merasa saling memiliki, masa Rp 30 ribu masih dianggap mahal kan untuk jangka panjang," dia menegaskan.   

Amran menargetkan, asuransi pertanian dapat menjangkau satu juta ha lahan pertanian. Namun target tersebut diharapkan tidak terserap semua, yang artinya pemerintah berkeinginan semua lahan sawah aman, tanpa harus rusak akibat banjir, hama, dan masalah lainnya.

Baca Juga

  • Premi Terlalu Mahal, Asuransi Pertanian Kurang Diminati Petani
  • Pemain Lama Industri Asuransi Punya Keuntungan Saat MEA
  • Pemerintah Tanggung Asuransi 1 Juta Nelayan Tanah Air

Source: liputan6.com
Wagub Sebut Rp 5.000, Pengusaha Tetap Jual Kantong Plastik Rp 200

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha retail yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyatakan saat ini akan tetap berpegang dan melaksanakan surat edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan perihal pengenaan harga kantong plastik minimum sebesar Rp 200 per lembar.

Langkah ini diambil, terkait pernyataan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, saat merilis Kantong Plastik Berbayar. Djarot menegaskan penggunaan kantong plastik atau biasa dikenal sebagai tas kresek, tidak lagi gratis. Tiap penggunaan dikenakan biaya Rp 5.000.

Penetapan harga ini yang membuat pengusaha bingung. Wakil Ketua Aprindo Tutum Rahanta menegaskan, pengusaha ritel belum pernah membahas dan menerima surat resmi perihal biaya kantong plastik sebesar Rp 5.000, dari sebelumnya minimum Rp 200, meskipun hanya di DKI Jakarta.

Selama ini, Tutum mengaku pihaknya selalu mendiskusikan biaya tersebut dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Ini yang aneh ujuk-ujuk Rp 5.000 per lembar. Kami bukan lagi bingung, tapi gemas. Pak Djarot (Wakil Gubernur DKI) bicara pada tataran DKI, tapi Bu Dirjen KLHK untuk seluruh Indonesia," jelas dia saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Minggu (21/2/2016).

Baca Juga

  • Wagub Djarot: Kantong Plastik Tidak Lagi Gratis, Bayar Rp 5.000
  • Lebih Mahal, Harga Kantong Berbayar di Kalimantan Rp 1.500
  • Mulai Hari Ini, Belanja Pakai Kantong Plastik Bayar Rp 200

Source: liputan6.com
Pemerintah Akan Permudah Layanan Investasi Proyek Infrastruktur

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan mempermudah pelayanan izin investasi proyek infrastruktur. Nantinya pelayanan izin sektor ini hanya akan dibuat selama 3 jam. Hal ini untuk mendorong realisasi investasi proyek-proyek di bidang infrastruktur.

Rencananya hal ini akan dituangkan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman antara Kepala BKPM Franky Sibarani dengan menteri-menteri terkait untuk penerapan layanan tersebut.  Penandatanganan berlangsung pada Senin, 22 Februari 2016, di Istana Negara.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengemukakan, langkah tersebut merupakan upaya mendukung   program pemerintah untuk mendorong percepatan realisasi proyek infrastruktur. Infrastruktur dikatakan sebagai salah satu sektor prioritas layak untuk mendapatkan prioritas dalam optimalisasi penggunaan layanan.

“Saat ini BKPM telah melaksanakan kegiatan layanan izin investasi 3 jam. Ini yang coba diimplementasikan ke dalam proyek-proyek infrastruktur," jelas Franky dalam keterangan resminya, Minggu (21/2/2016).

Baca Juga

  • 5 Provinsi Dapat Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi
  • BKPM Bakal Permudah Izin Investasi untuk Sektor Konstruksi
  • Cara BKPM Kejar Target Investasi Rp 594 Triliun

Source: liputan6.com
500 Ekor Sapi Tiba Besok, Mentan Yakin Harga Daging Rp 85 Ribu

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan sebanyak 500 ekor sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT) tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Senin (22/2/2016). Dengan pasokan sapi hidup ini diharapkan harga daging sapi bisa turun di kisaran Rp 85 ribu-90 ribu per kilogram (kg).

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan, kapal ternak Camara Nusantara I akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok dengan membawa 500 ekor sapi. Pengangkutan ini merupakan tahap ketiga sesuai Estimate Time of Arrival (ETA).

"Besok Senin, kapal ternak bersandar dengan mengangkut 400 ekor sapi dari NTT, setelah sebelumnya unloading 100 ekor sapi di Pelabuhan Cirebon," kata dia di Jakarta, Minggu (21/2/2016).

Pelaku usaha pengadaan sapi di NTT kali ini, antara lain PT Berdikari, PD Dharma Jaya selaku pembeli di Jakarta bekerjasama dengan perusahaan lokal di Kupang, PT SMD pembeli di Cirebon menggandeng perusahaan lokal di Waingapu dan tiga perusahaan lokal di Kupang. Sapi dari Kupang diterima di Jakarta oleh PT Glory, PT Hade dan lainnya.

Menurut Amran, sapi-sapi yang diangkut dengan kapal ternak berasal dari NTT, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Selatan, dan Lampung. NTT bahkan siap mengirimkan 50 ribu-60 ribu ekor sapi setiap tahun.

Baca Juga

  • Ingin Daging Sapi Murah? Yuk Datangi Bazar Ini
  • Jabodetabek Dapat Tambahan 300 Ekor Sapi dari NTT
  • Harga Daging Ras Dongkrak Angka Inflasi pada Januari 2016

Source: liputan6.com
Terkait RUU Minol, Asosiasi Usul Pengaturan Kadar Batas Alkohol

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Importir dan Distributor Minuman Impor (APIDMI) mendesak Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Larangan Minuman Beralkohol (Pansus RUU Minol) memasukkan aturan tentang batas kadar alkohol dalam darah (Blood Alcohol Content/BAC).

Aturan ini diperlukan untuk mengetahui apakah seseorang mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan atau tidak.

“Aturan ini penting karena akan menjadi acuan bagi penegak hukum dalam hal ini kepolisian untuk menindak pengemudi yang berkendara sambil mabuk,” kata Ketua Umum APIDMI Agus Silaban di Jakarta, Minggu (21/2/2016).

Menurut Agus, aturan tentang pengukuran kadar alkohol dalam darah ini umum dimiliki banyak negara di dunia, seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, Turki, Lithuania, dan lainnya.

Bahkan, Organisasi Kesehatan dunia (WHO) juga merekomendasikan kebijakan tentang kadar alkohol dalam darah untuk menekan tingkat kecelakaan akibat berkendara sambil mabuk.

Baca Juga

  • Pengusaha Khawatir Larangan Jual Minol Picu Oplosan Kian Marak
  • Larangan Minuman Beralkohol Bisa Matikan Bisnis Pariwisata
  • Minuman Soda Diusulkan Jadi Objek Kena Cukai

Source: liputan6.com
Pesan Mantan Menteri Lingkungan Hidup Soal Kantong Berbayar

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Lingkungan Hidup Emil Salim memiliki pandangan sendiri perihal program pengurangan pemakaian plastik melalui penerapan kebijakan kantong plastik berbayar.

Menurut dia, Jakarta sebagai Ibukota negara Indonesia wajib memberikan contoh baik kepada kota lainnya seperti dalam pelaksanaan kantong plastik berbayar ini. Sebab, keteladanan dalam implementasi kebijakan tersebut diyakini akan menular pada seluruh kota di Tanah Air.

"Ketika proklamasi dulu dikumandangkan di Jakarta, seluruh Indonesia mendengar. Kalau sekarang masyarakat mendengar seruan bebas plastik, maka seluruh Indonesia akan ikut menjalankannya," ujar dia saat Peluncuran Kantong Plastik Berbayar di Jakarta, Minggu (21/2/2016).
 
Hanya saja Emil mengingatkan agar pelaksanaan penggunaan kantong plastik berbayar ini untuk jangka panjang, bukan hanya menggebu-gebu di awalnya saja. Ia pun meminta kepada seluruh masyarakat tidak berpikir negatif terhadap pungutan biaya kantong kresek ini.
 
Dia yakin penerapan kantong plastik berbayar seharga Rp 5.000diDKIJakarta dan sekitarnya tidak akan mengalir ke kantong pengusaha ritel. Namun sebaliknya, akan digunakan untuk kegiatan yang berdampak positif bagi lingkungan maupun kesejahteraan masyarakat.
 
"Hasil dari penjualan kantong plastik Rp 5.000, tidak akan masuk kantong pengusaha. Tapi kembali ke rakyat miskin yang masih banyak di Jakarta. Kemudian, bebaskan plastik untuk masyarakat miskin," tegas dia.
 
Anggota DPR RI Satya Wira Yudha secara lugas menyebut, orang yang membuang sampah sembarangan merupakan koruptor lingkungan. Artinya tindakan tersebut dikategorikan sebagai sebuah kejahatan lingkungan.

Baca Juga

  • Lebih Mahal, Harga Kantong Berbayar di Kalimantan Rp 1.500
  • Mulai Hari Ini, Belanja Pakai Kantong Plastik Bayar Rp 200 
  • Mulai 21 Februari, Belanja Pakai Kantong Plastik Bayar

Source: liputan6.com
Bursa Saham RI Mampu Positif di Awal 2016

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu mencatatkan penguatan di antara bursa saham negara lainnya pada awal 2016.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) per Jumat 19 Februari 2016, bursa saham Thailand naik 2,30 persen, dan mencatatkan posisi tertinggi di antara bursa saham lainnya.  

IHSG berada di posisi kedua untuk mencatatkan kinerja saham terbaik di antara bursa saham global. IHSG naik 2,28 persen secara year to date (Ytd) ke level 4.697,56.

Penguatan IHSG tersebut didorong sejumlah sektor saham antara lain sektor saham barang konsumsi naik 11,63 persen, disusul sektor saham aneka industri mendaki 10,15 persen, dan sektor saham manufaktur menguat 9,47 persen.

Laju IHSG sempat mencatatkan performa terbaik di awal tahun ini pada 17 Februari 2016. IHSG naik 3,76 persen secara Ytd ke level 4.765. Bahkan total aksi beli investor asing mencapai Rp 2,37 triliun.

Baca Juga

  • Saham Bank Seret IHSG Turun 81 Poin
  • BEI Klaim Pertumbuhan Bursa Saham RI Terbaik di Dunia
  • Aksi Beli Investor Asing Angkat IHSG 20 Poin

Source: liputan6.com