Prev Febuari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
31 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
Berita Kurs Dollar pada hari Rabu, 03 Febuari 2016
4 Tips Tingkatkan Produktivitas Agar Hidup Berubah

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kunci kesuksesan adalah mampu memanfaatkan waktu dan kesempatan yang datang sebaik mungkin.

Namun seringkali kita terlalu terlena dengan banyaknya waktu yang kita miliki sehingga mengesampingkan pekerjaan yang ada. Pada akhirnya, tingkat produktivitas yang kita miliki pun akhirnya tidak optimal.

Lalu bagaimana caranya agar mampu mengatasi hal ini? Berikut tipsnya, melansir Entrepreneur.com, Rabu (3/2/2016):

1. Pakai metode time blocking

Banyak orang yang lebih memilih untuk membuat to-do-list agar mampu mengetahui pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan pada hari itu. Namun seringkali to-do-list itu pun akhirnya tidak pernah terselesaikan dengan baik. Mengapa?

Hal ini karena Anda tidak memberikan batasan waktu terhadap pekerjaan apa saja yang harus Anda selesaikan. Inilah mengapa to-do-list tersebut akhirnya diam bertengger di sudut ruangan meja kerja Anda.

Cobalah untuk menetapkan batas waktu dari masing-masing pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Cara ini dikenal dengan nama time blocking. Menerapkan cara ini akan mampu membuat Anda lebih produktif.

2. Lakukan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu

Coba lihat kembali seluruh daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Pastilah Anda memiliki beberapa pekerjaan yang memiliki tingkat urgensi lebih besar dibandingkan pekerjaan yang lain.

Jika Anda sudah mengetahui hal ini, cobalah untuk melakukan pekerjaan tersebut terlebih dahulu. Hal ini berguna agar Anda bisa memanfaatkan level energi besar yang Anda miliki untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Menunda untuk mengerjakan tugas paling penting hanya akan membuat jatah pekerjaan Anda menjadi tambah banyak.


Source: liputan6.com
Penampakan Mewah 6 Ponsel Termahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Era digital yang berkembang pesat seperti sekarang ini menjadikan kita lekat sekali dengan penggunaan ponsel. Entah untuk berhubungan dengan teman, kerabat atau keluarga, ponsel kini juga bisa dijadikan sumber informasi.

Sebagian besar orang kini memilih untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan lewat ponsel pintar yang mereka miliki.

Akan tetapi, ponsel ternyata juga sering dijadikan sebagai barang mewah penunjang gaya hidup. Ada beberapa ponsel yang didesain sangat mewah sehingga mampu memiliki harga yang sangat mahal. Ponsel apa sajakah itu?

Melansir myfirstclass.com, Rabu (3/2/2016) berikut ulasannya:

Gresso Luxor Las Vegas Jackpot (Rp 13,6 miliar)

Gresso-Luxor-Las-Vegas-Jackpot

Ponsel mewah ini di di buat pada tahun 2015 silam oleh produsen ponsel mahal, Gresso. Ide namanya diambil dari nama sebuah hotel di Las Vegas.

Ponsel ini memiliki desain yang sangat apik. Bagian belakang ponsel ini dilapisi oleh kayu hitam dari Afrika berusia 200 tahun yang merupakan kayu termahal di dunia.

Sementara bagian depan dan samping merupakan lapisan emas murni seberat 180 gram. Bagian keypad dihiasi dengan emas safir serta berlian hitam 45,5 karat.

Selain berbahan dasar super mewah, ponsel ini juga hanya di buat 3 unit saja di seluruh dunia yang menjadikan harganya semakin mahal. Harga resso Luxor Las Vegas Jackpot adalah US$ 1 juta atau Rp 13,6 miliar.

Diamond Crypto Smartphone (Rp 17,8 miliar)

Diamond-Crypto-Smartphone

Diamond Crypto di desain oleh JSC Acort yang berkolaborasi dengan perancang perhiasan austria, Peter Aloisson. Ponsel ini dihiasi dengan 50 berlian dengan 10 di antaranya adalah berlian warna biru yang sangat langka.

Bagian luar dan tombolnya terbuat dari bahan platinum. Sementara Logo Ancort yang terdapat pada tombol navigasinya terbuat dari rose gold 18 karat. Ponsel ini memilki harga US$ 1,3 juta atau Rp 17,8 miliar untuk satu unitnya. Harga ini melebihi harga dari sebuah unit mobil Ferrari Enzo.

GoldVish Le Million (17,8 miliar )

GoldVish-Le-Million

Pada tahun 2006, handphone ini berhasil memecahkan Guinnes Book Record sebagai ponsel termahal di dunia dengan harga US$ 1.3 juta atau Rp 17,8 miliar pada sebuah lelang di Millionaire Fair di Cannes, Prancis.

Ponsel ini didesain unik dengan seluruh bodinya bertabur 1.800 berlian 120 karat dan juga lapisan emas putih 18 karat pada bagian keypad-nya. Ponsel ini dirancang oleh Emmanuel Gueit.


Source: liputan6.com
Dipanggil Wawancara Kerja? Jangan Lupa Tanyakan 5 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Wawancara kerja merupakan saat Anda dapat bertatap muka dengan calon perusahaan tempat Anda bekerja nantinya. Banyak orang yang terlalu takut membuat kesalahan pada saat wawancara ini hingga akhirnya cenderung pasif saat proses berlangsung.

Satu hal yang perlu diingat, wawancara kerja merupakan proses komunikasi dua arah. Untuk itu, bukan hanya pewawancara yang berhak menanyakan Anda berbagai pertanyaan. Anda pun memiliki hak yang sama untuk mengajukan pertanyaan apabila ada beberapa hal yang kurang Anda mengerti.

Selain itu, pertanyaan ini juga dapat memberikan sinyal baik bagi perusahaan bahwa Anda sebenarnya memiliki minat yang tinggi pada jabatan tersebut.

Pertanyaan apa sajakah yang harus Anda tanyakan saat wawancara? Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Business Insider, Rabu (3/2/2016)

1. Bagaimana kesempatan karir yang ditawarkan dalam jabatan ini?

Pertanyaan ini dapat memberitahu Anda bagaimana prospek jabatan tersebut dalam beberapa waktu ke depan. Apakah nantinya Anda mampu untuk menapaki tangga karier yang baik atau hanya mandek di posisi itu-itu saja.

2. Selain hard skill, soft skill apa yang harus saya miliki agar mampu memberikan kontribusi besar bagi perusahaan?

Mengetahui soft kill apa yang harus Anda miliki terlebih dahulu merupakan nilai plus tersendiri. Dengan mengetahui hal ini, Anda pun nantinya dapat mengira-ngira bagaimana sifat pegawai yang ada di tempat kerja tersebut dan apakah Anda mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ditawarkan.


Source: liputan6.com
Hunian di Bogor Masih Jadi Buruan

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai kawasan penyangga Ibukota, Bogor dinilai masih cukup ideal sebagai lokasi hunian pekerja komuter, yaitu mereka yang bekerja di Jakarta namun tinggal di luar kota, khususnya perbatasan Jakarta.

Sisi menarik dimiliki Bogor adalah harga rumah yang belum terlampau tinggi, udara sejuk, penataan kota serta drainase yang terencana, serta pusat rekreasi beragam. Bogor juga disokong oleh sektor transportasi yang baik, seperti misalnya kereta komuter KRL Jabotabek jurusan Bogor-Jakarta Kota guna mengangkut warga Bogor yang bekerja di Jakarta.

Menurut Direktur PT Inti Innovaco, Michael Prawira, Bogor digemari karena kebutuhan akan rekreasi warga Jakarta dan sekitarnya terus meningkat seiring dengan standar hidup mereka.

“Bogor adalah jawaban dari kebutuhan warga Jakarta yang menginginkan suasana tinggal berbeda, yang sulit ditemui di kawasan penyangga lainnya. Faktor inilah yang kemudian mendorong mereka untuk selangkah lebih dekat dengan kebutuhan tersebut namun tak mau terlalu jauh dengan Jakarta,” ungkapnya kepada Rumah.com, Selasa (2/2/2016).

Faktor lain yang mungkin menjadi pertimbangan adalah bebas banjir. Sebagai daerah dataran tinggi, hampir tidak mungkin Kota Hujan ini mengalami banjir.

“Ya rasanya semua orang tahu, sebagian besar wilayah Bogor adalah dataran tinggi sehingga bisa terbebas dari masalah banjir. Faktor lainnya yakni masih banyaknya area resapan air dan pohon-pohon yang rindang,” jelasnya.

Tak ayal jika hingga saat ini kalangan first time buyer masih mengincar kompleks perumahan di Bogor, yang lambat laun akan berdampak pada tingginya angka kenaikan penduduk. Tentu kenaikan penduduk membutuhkan berbagai pengembangan terutama di bidang perumahan.

“Dikarenakan pergeseran penduduk dari Jakarta ke Bogor tidaklah organik alias merambat, maka ada kesan bahwa Bogor adalah kota yang terpisah jauh dari Jakarta. Namun seiring waktu, akses jalan yang memadai membuat Bogor dan Jakarta terasa hanya selangkah. Apalagi semenjak Tol Bogor Outer Ring Road sampai dengan tahap dua sudah beroperasi,” ujar Michael.

Ketika ditanya perihal tips mencari lokasi hunian di Bogor, Michael menyarankan untuk mempertimbangkan segi kebutuhan utama.

“Jika tertarik tinggal di kawasan yang sudah matang terbangun seperti Bogor, tentunya dapat mencari hunian yang sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin dekat dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), maka Anda bisa mencari rumah di sekitar Dramaga,” tandasnya.

Seperti halnya kawasan lain, Bogor terus berkembang menjadi kawasan investasi properti yang prospektif di Jabodetabek. Hal ini tercermin dari pertumbuhan hunian—baik tapak maupun vertikal—yang dikembangkan, selain pusat perbelanjaan dan hiburan. Hal ini tentu mendukung kenaikan nilai investasi (capital gain) di Kota Bogor. (Fathia/Ndw)


Source: liputan6.com
Upah Buruh RI Terendah ke-2 di ASEAN

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal menepis tudingan bahwa upah buruh di Tanah Air lebih tinggi dibanding negara lain. Buktinya, upah buruh di Indonesia kalah di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) kecuali Kamboja.

"Tidak benar dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN ini upah buruh di Indonesia lebih tinggi," tegas Said saat berbincang di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Lebih jauh katanya, berdasarkan data Organisasi Buruh Internasional (InternationalLaborOrganization/ILO), upah minimum buruh di Indonesia hanya sebesar US$ 171 per bulan atau sekitar Rp 2,30 juta (kurs Rp 13.500 per dolar AS).

Baca Juga

  • Produktivitas Rendah, Buruh Salahkan Upah Murah
  • Kaleidoskop Bisnis November: Buruh Meradang, UMP 2016 Diteken
  • Buruh: Upah Murah Tak Lagi Jadi Daya Tarik Investor

Source: liputan6.com
Wall Street Kembali Terjatuh Akibat Penurunan Harga Minyak

Liputan6.com, New York - Wall Street yang merupakan sebutan untuk Bursa saham Amerika Serikat (AS) terjatuh dengan indeks acuan Dow Jones Industrial Averange (DJIA) tenggelam lebih dari 300 poin setelah harga minyak kembali melemah ke level US$ 30 per barel. Penurunan harga minyak tersebut menghidupkan kembali kekhawatiran akan perlambatan pertumbuhan ekonomi global.

Mengutip Bloomberg, Rabu (3/2/2016), DJIA melemah 295,64 poin atau 1,8 persen ke level 16.153,54. S&P 500 juga turun 36,35 poin atau 1,87 persen ke level 1.903. Sedangkan Nasdaq melemah lebih dalam yaitu 103,42 poin atau 2,24 persen ke level 4.516,95.

Pelemahan Dow Jones terpicu karena jatuhnya saham dari Exxon mobil Corp. Saham perusahaan minyak dan gas tersebut turun karena laba yang dicetak lada 2015 kemarin merupakan yang terendah dalam satu dekade.

Baca Juga

  • Laju Wall Street Bervariasi di Awal Pekan
  • Wall Street Menguat Dipicu Keputusan Bank Sentral Jepang
  • Ditopang Saham Teknologi dan Harga Minyak, Wall Street Positif

Source: liputan6.com
Harga Minyak Kembali Tertekan Dipicu Pasokan yang Berlimpah

Liputan6.com, New York - Harga minyak berjangka di Amerika Serikat (AS) kembali mengalami tekanan yang cukup dalam setelah data persediaan di negara tersebut menunjukkan pertambahan sebesar 3,8 juta barel.

Mengutip CNBC, Rabu (3/2/2016), harga minyak jenis Brent untuk pengiriman April ditutup turun US$ 1,50 per barel atau 4,3 persen ke level US$ 32,75 per barel. Harga minyak berjangka ini sempat menyentuh level US$ 32,23 per barel atau tertekan hingga 5,9 persen dalam sesi perdagangan.

Sedangkan harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Maret mengalami penurunan US$ 1,74 per barel atau 5,5 persen ke level US$ 29,88 per barel.

Baca Juga

  • Gelombang PHK Hantui Indonesia
  • Mau PHK 1.500 Pegawai, Menaker Panggil Chevron
  • Harga Tertekan, Miliarder Ini Tambah Saham di Perusahaan Minyak

Source: liputan6.com
Harga Emas Kembali Turun Setelah Sempat Menguat di Awal Pekan

Liputan6.com, New York - Harga emas kembali tertekan pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta) meskipun terjadi penurunan tajam di bursa Saham Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Mengutip Wall Street Journal, Rabu (3/2/2016), harga emas berjangka berakhir turun 0,1 persen pada US$ 1.127,20 per ounce di New York Mercantile Exchange setelah pada senin kemarin sempat melonjak 1 persen.

Selama ini harga emas selalu menjadi pilihan dari investor sebagai instrumen investasi safe haven di tengah ketidakpastian di sektor lain.

Baca Juga

  • Harga Emas Sentuh Level Tertinggi dalam 3 Bulan
  • Akhir Pekan Harga Emas Naik 5,3%
  • Harga Emas Antam Turun Rp 1.000 per Gram

Source: liputan6.com
Top 3: Drama Penutupan Pabrik Panasonic dan Toshiba

Liputan6.com, Jakarta - Awal tahun ini, masyarakat Indonesia kembali dikejutkan dengan penutupan dua perusahaan elektronik raksasa asal Jepang, yakni Panasonic dan Toshiba. Penyebabnya, karena daya beli masyarakat Indonesia tergerus dan berdampak pada penjualan produk elektronik.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Said Iqbal mengungkapkan, Toshiba telah menutup pabrik televisi di Kawasan Industri Cikarang, Jawa Barat. Padahal satu pabrik ini yang tersisa dari enam perusahaan Toshiba lain yang sudah tutup sebelumnya dalam 10 tahun terakhir.

Perusahaan lainnya yang ikut terhantam pemburukan ekonomi adalah Panasonic lighting. Sebanyak dua pabriknya resmi ditutup, seperti Panasonic Lighting Indonesia (PLI) di Pasuruan, Jawa Timur di awal Januari ini dan satu pabrik lainnya di Kawasan Industri Bekasi pada Februari 2016.

Artikel mengenai penutupan dua perusahaan elektronik raksasa asal Jepang tersebut menarik perhatian pembaca. Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu (3/2/106):

1. Produk Tak Laku Lagi, 2 Perusahaan Elektronik Tutup Pabrik di RI
Presiden FSPMI/KSPI, Said Iqbal (kedua kanan) memberikan keterangan terkait tutupnya dua perusahaan raksasa elektronik asal Jepang, PT Panasonic dan PT Toshiba di Indonesia, Jakarta, Selasa (2/2/2016). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Said Iqbal mengungkapkan, dua perusahaan elektronik raksasa gulung tikar dengan menutup tiga pabrik di Indonesia karena dihantam pelemahan daya beli masyarakat di Tanah Air.

"Diakui manajemen Toshiba misalnya, produk televisi Toshiba tidak laku lagi dalam lima tahun terakhir. Sebelumnya banyak yang beli. Itu karena daya beli masyarakat melemah akibat upah murah pemerintah," ujar Said.

Baca selengkapnya di sini.

2. Pabrik Toshiba dan Panasonic Tutup, 2.500 Buruh Kena PHK
Ratusan buruh tampak berkumpul di sekitar kawasan Patung Kuda, Jakarta, Selasa (1/8/2015). Mereka menuntut pemerintah menghentikan gelombang PHK yang mengancam akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar. (Liputan6.com/Gempur M Surya)
Penutupan tiga pabrik Toshiba dan Panasonic di Indonesia membawa dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebanyak lebih dari 2.500 karyawan. Hal ini terimbas dari lesunya penjualan produk elektronik dua perusahaan raksasa asal Jepang itu akibat penurunan daya beli masyarakat.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja (KSPI), Said Iqbal mengungkapkan, Toshiba telah menutup pabrik televisi di Kawasan Industri Cikarang, Jawa Barat. Padahal satu pabrik ini yang tersisa dari enam perusahaan Toshiba lain yang sudah tutup sebelumnya dalam 10 tahun terakhir.

Baca selengkapnya di sini.

3. Toshiba dan Panasonic Tutup, Ini Jawaban Pemerintah
Sebagian besar yang dipecat bekerja di divisi lifestyle, dan diketahui memang bergerak memproduksi produk elektronik untuk konsumen.
Dua perusahaan elektronik raksasa asal Jepang, Panasonic dan Toshiba menutup tiga pabriknya di Indonesia dalam kurun waktu Januari-Maret 2016. Lebih dari 2.500 karyawan dipastikan menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Pemerintah kompak bungkam dengan adanya gelombang PHK besar-besaran yang terjadi di industri manufaktur tersebut. Gelombang PHK di industri manufaktur ini mengusul gelombang PHK yang terjadi di industri minyak dan gas (migas). Pemerintah secara tegas mengaku bahwa sampai saat ini belum mengetahui berita penutupan pabrik Panasonic dan Toshiba.

Baca selengkapnya di sini.


Source: liputan6.com
Kemenperin Tunggu Laporan Resmi Toshiba dan Panasonic Soal PHK

Liputan6.com, Jakarta - Dua perusahaan elektronik terkemuka asal Jepang, Toshiba dan Panasonic dikabarkan melakukan penutupan tiga pabrik di Indonesia. Penutupan ini pun disebut disertai juga dengan pemutusan hubungan kerja (PHK)‎ sebanyak lebih dari 2.500 karyawan.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, sampai saat ini Kementerian perindustrian belum mendapatkan laporan resmi dari Toshiba dan Panasonic terkait dengan kabar penutupan ketiga pabrik tersebut.

Dia mengatakan,Kemenperin masih akan menunggu laporan resmi dari kedua raksasa elekotronik asal Negeri Sakura tersebut untuk kemudian bisa memberikan penjelasan apa yang sebenarnya terjadi pada kinerja industri keduanya di Indonesia.

Baca Juga

  • Pabrik Toshiba dan Panasonic Tutup, 2.500 Buruh Kena PHK
  • Gelombang PHK Hantui Indonesia
  • Toshiba dan Panasonic Tutup, Ini Jawaban Pemerintah

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Lebih Murah Rp 1.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga jual emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 1.000 menjadi Rp 546 ribu per gram pada perdagangan Rabu (3/2/2016).

Namun harga pembelian kembali (buyback) emas Antam naik Rp 1.000 menjadi Rp 492 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 492 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.12 WIB, ukuran emas Antam masih tersedia.

Mengingat tingginya animo masyarakat, transaksi pembelian emas batangan yang datang langsung ke Antam dibatasi hingga maksimal 150 nomor antrean per hari.

Baca Juga

  • Awal Pekan, Harga Emas Antam Turun Rp 2.000 per Gram
  • Harga Emas Sentuh Level Tertinggi dalam 3 Bulan
  • Harga Emas Antam Turun Rp 3.000 per Gram

Source: liputan6.com
Terkena Sentimen Regional, IHSG Dibuka Turun 36 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali melemah pada perdagangan saham Rabu pekan ini. Laju IHSG tertahan mengikuti bursa saham Asia dan juga Wall Street yang tertekan karena penurunan harga minyak.

Pada pembukaan perdagangan saham, Rabu (3/2/2016), IHSG turun 36,41 poin atau 0,80 persen ke level 4.550,67. Indeks saham LQ45 turun 1,14 persen ke level 784,11.

Ada sebanyak 26 saham menghijau namun tak mampu mengangkat IHSG. Sedangkan 2013 saham lainnya melemah sehingga mendorong IHSG ke zona merah. Di luar itu, terdapat 47 saham diam di tempat. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 8.311 kali dengan volume perdagangan saham 149,7 juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 191,5 miliar.

Baca Juga

  • IHSG Berpeluang Naik, Cermati Tujuh Saham Pilihan
  • Menanti Laporan Keuangan, IHSG Diprediksi Mendatar
  • Harga Minyak Masih Jadi Faktor Penekan IHSG

Source: liputan6.com
Jadi Andalan, 3 Menteri Bakal Diskusi dengan Industri Kertas

Liputan6.com, Jakarta - Tiga menteri yaitu Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husen Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Perdagangan Thomas Lembong berencana untuk bertemu dengan asosiasi industri kertas dan kelapa sawit guna membahas langkah yang akan dilakukan oleh pemerintah dan sektor riil untuk meningkatkan industri kertas dan kelapa sawit.

Pertemuan tersebut akan dilakukan menyusul banyaknya masukan yang disampaikan dalam pertemuan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dan Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI), serta Asosiasi Pengusaha Hutan Industri (APHI) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Karena ini merupakan industri yang menjadi andalan kita dan merupakan industri strategis yang seluruhnya kita lokal,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin Seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Rabu (3/2/2016).

Saleh mengatakan, industri pulp dan kertas merupakan andalan ekonomi, dimana produknya dari hutan dan produk hasil dari hulu ke hilir ada di Indonesia.

Baca Juga

  • RI Incar China Jadi Konsumen Minyak Sawit
  • Produksi Kertas Terancam Turun pada 2016
  • Penghentian Izin HTI Bikin Pasokan Bahan Baku Kertas Turun 48%

Source: liputan6.com
Situs Ini Pertemukan Penjual dan Pembeli Bunga di 30 Kota

Liputan6.com, Jakarta - Masa depan perdagangan kini tak lagi dikuasai bentuk fisik dalam bentuk toko. Jual beli secara online mulai marak dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya.

Peluang ini yang disadari pasangan suami istri Hero Wijayadi dan Mariani (Meme). Keduanya kemudian meluncurkan platform jual beli bunga secara online berjuluk Memeforist. Situs bertujuan menjembatani antara penjual (florist) dengan konsumen. 

Mereka memutuskan berbisnis jual beli bunga secara online karena mengikuti hobi sang istri Meme, yang gemar merawat bunga. Apalagi pekerjaan tersebut juga tidak menguras banyak waktu.

Hingga awal berdiri pada 2012, situs ini berhasil membantu transaksi penjual bunga di lebih 30 kota di Indonesia.

‎"Kami tertarik online. Kami melihat potensi growth, next hebat, next luar biasa," kata Hero Wijayadi, Head of Marketing Memeflorist di Semarang, seperti dikutip Rabu (3/2/2016).

Dia menuturkan, awal bisnis dirintis dengan menawarkan kerjasama dari segi pemasaran
kepada salah seorang penjual bunga di Kalisari, Semarang.

Langkah tersebut kemudian membuahkan hasil. Kini banyak wilayah di Indonesia terkoneksi dengan Memeflorist. "Paling jauh Medan, Palembang, Kalimantan, Pontianak, Sulawesi, Gorontalo, Aceh," tutur dia.

‎Strategi Pemasaran

‎Hero membeberkan cara kerja platform miliknya. Yakni menjaring konsumen dengan memanfaatkan layanan adwords pada Google. Dengan alat itu, konsumen menemukan pilihan bunga yang langsung terhubung dengan Memeforist ketika melakukan pencarian.

Tak sekadar itu, pihaknya juga memanfaatkan Google Bisnisku yang terintegrasi dengan map (peta). Sehingga pelanggan bisa menemukan produsen bunga di sekitar wilayahnya.

Pihaknya juga menyiapkan aplikasi khusus untuk para konsumen yang berlangganan. "Kita juga pakai Google Bisnisku terintegrasi bisnis map, kita nggak perlu bayar, sangat mudah, akan tampil di map," ungkap dia.

Pihaknya mengaku, saat ini pasar terbesar berada di kota-kota besar seperti Semarang, Jakarta, Bogor, Solo. Sementara, untuk harga bunga seperti bouquet, hand bouquet dan papan bunga tergantung dari kebijakan masing-masing penjual bunga.

Sebagai perusahaan pemula, Hero mengaku mampu mengumpulkan rata-rata belasan sampai dua puluh transaksi jual beli bunga per hari.

Namun untuk pendapatan dia enggan menjelaskan lebih rinci. "10-25 persen kira-kira komisinya," tandas dia.(Amd/Nrm)


Source: liputan6.com
Menteri Hungaria Berkisah Cara Negaranya Bangkit dari Krisis

Liputan6.com, Yogyakarta - Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban menggelar kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Turut serta beberapa menteri, salah satunya Menteri Ekonomi Nasional Mihaly Varga.

Di sela kunjungannya, Varga menyempatkan diri mengunjungi Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Selasa (2/2/2016).

Menteri Ekonomi itu kemudian disambut langsung Rektor UGM Dwikorita Karnawati. Di depan mahasiswa, dosen dan profesor, Mihaly Varga memberikan pidato bertajuk Public Lecture The Concept of National Sovereignty in the Light of Global Challenge.

Pada kesempatan ini, Mihaly mengatakan pemerintah Hungaria akan terus memperkuat hubungan kerja sama dengan Indonesia yang sudah terjalin lebih dari 60 tahun. Hubungan itu akan ditingkatkan khususnya di bidang ekonomi.

Hungaria memberi perhatian khusus pada Indonesia karena di masa datang dinilai memiliki peran dan posisi strategis dalam percaturan politik dan ekonomi global. Salah satunya, Indonesia saat ini masuk dalam negara anggota G-20.

Baca Juga

  • Bertemu Jokowi, PM Hungaria Boyong Hampir Seluruh Menterinya
  • PM Hungaria Kagumi Aksi Polri Tumpas Teroris Jakarta
  • Jokowi Sambut PM Hungaria di Istana Kepresidenan

Source: liputan6.com
Ini Penjelasan Rachmat Gobel Soal Penutupan Pabrik Panasonic

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu produsen elektronik Panasonic Gibel Indonesia dikabarkan akan melakukan penutupan salah satu pabriknya. Pabrik tersebut memproduksi lampu bohlam yaitu Panasonic Lighting Indonesia (PLI) yang berlokasi di Pasuruan, Jawa Timur. 

Menanggapi hal ini, Chairman Panasonic Gobel Group, Rachmat Gobel menegaskan pihaknya tengah melakukan rasionalisasi. Panasonic, lanjut Gobel akan merestrukturisasi tiga pabrik lampu yang dimilikinya di Indonesia.

"Panasonic nggak tutup pabriknya, kita itu melakukan rasionalisasi pabrik lighting," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

 

Baca Juga

  • Pabrik Toshiba dan Panasonic Tutup, 2.500 Buruh Kena PHK
  • Produk Tak Laku Lagi, 2 Perusahaan Elektronik Tutup Pabrik di RI
  • Kemenperin Tunggu Laporan Resmi Toshiba dan Panasonic Soal PHK

Source: liputan6.com
Rachmat Gobel Akui Ada PHK Ribuan Karyawan Panasonic

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan elektronik di Indonesia, Panasonic Gobel Indonesia akan melakukan rasionalisasi dan restrukturisasi pabrik lampu dengan menggabungkan dua dari tiga pabriknya di Indonesia. Dampaknya, perusahaan terpaksa melakukan pengurangan pekerja di pabrik yang dilebur tersebut.

Chairman Panasonic Gobel Group, Rachmat Gobel mengatakan, saat ini Panasonic memiliki sekitar 20 ribu pekerja. Lantaran adanya rencana rasionalisasi ini, perusahaan terpaksa melakukan pengurangan tenaga kerja sekitar 1.000 orang.

"Itu otomatis karena kita lakukan rasionalisasi mesin dan added value kan teknologinya lebih advance, pasti terjadi (pengurangan tenaga kerja) tidak bisa tidak. Panasonic punya karyawan mencapai lebih dari 20 ribu orang, ‎ini cuma sekitar 1.500 atau 1.000 orang sekian lah," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

 

Baca Juga

  • Kemenperin Tunggu Laporan Resmi Toshiba dan Panasonic Soal PHK
  • Pabrik Toshiba dan Panasonic Tutup, 2.500 Buruh Kena PHK
  • Ini Penjelasan Rachmat Gobel Soal Penutupan Pabrik Panasonic

Source: liputan6.com
Prospek Ekonomi RI Diprediksi Cerah di Tengah Krisis Global

Liputan6.com, Jakarta - Prospek perekonomian Indonesia dinilai masih cerah di tengah gejolak ekonomi global. Hal ini karena beberapa langkah pembangunan yang dilakukan Indonesia berefek positif terhadap perekonomian dalam negeri.

Demikian hasil analisis QNBEconomics melansir laman Gulf-times.com, Rabu (3/2/2016). Sebagai salah satu negara dengan perekonomian yang besar, Indonesia dinilai seharusnya sudah terpapar gejolak ekonomi global yang terjadi sejak tahun lalu.

Kenyataannya, Indonesia mampu menunjukkan performa baik apabila dibandingkan dengan negara berkembang lainnya.

Alasan pelemahan ekonomi ini memang belum diketahui secara jelas. Salah satunya penyebab adalah aktivitas neraca perdagangan yang defisit.

Namun begitu, respons positif dari pasar justru diterima Indonesia. Hal ini dikarenakan pengeluaran pemerintah yang tinggi di bidang investasi dan kebijakan moneter yang mudah serta langkah bank sentral yang tepat dalam mendukung nilai mata uang.

Indonesia bahkan telah menjadi contoh bagi pasar berkembang lainnya.

Baca Juga

  • BI Waspadai Pertumbuhan Ekonomi China
  • Pertumbuhan Ekonomi 2015 Meleset, Picu Warga Miskin Bertambah?
  • JK: Tangan Pak Harto Bawa Pertumbuhan Ekonomi RI Tembus 7%

Source: liputan6.com
Kena PHK, Ini Besaran Pesangon yang Diminta Buruh
Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI)/Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menuntut uang pesangon sebagai kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Langkah PHK seperti yang dilakukan dua perusahaan yakni Panasonic dan Toshiba.
Source: liputan6.com
5 Tiket Kereta Termahal di Dunia, Berapa Harganya?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu moda transportasi yang sering digunakan orang dalam bepergian adalah kereta api. Selain mampu untuk mengantar orang bepergian dengan mudah, kereta api pun mampu memberikan kesan tersendiri dalam perjalanannya.

Namun bagaimana jika kereta api yang Anda naiki tersebut dilengkapi dengan fasilitas super mewah layaknya hotel berbintang? Pasti mampu membuat Anda terperangah bukan.

Berikut lima tiket kereta api termahal dunia mengutip beforeitsnews.com, Rabu (3/2/2016):

1. Maharaja Express

Maharaja Express

Maharaja Express sukses didapuk sebagai The World’s Leading Luxury Trains pada perhelatan World Travel Awards tahun 2012.

Kereta ini merupakan kereta termewah yang bisa Anda naiki apabila Anda ingin berjalan-jalan keliling India dan menikmati budaya yang diinginkan. Tiket kereta Maharaja Express dijual dengan harga US$ 3.850 atau Rp 52,7 juta per orang

2. Venice Simplon Orient Express

Venice Simplon Orient Express


Venice Simplon Orient Express merupakan kereta api otentik yang dilengkapi dengan bergaya retro layaknya mobil tua. Kereta api tersebut melayani rute Paris menuju Istanbul dan berhenti di Budapest dan Bucharest.

Selain dekorasinya yang sangat cantik, kualitas servis dan makanan yang disajikan pun mampu membuat Anda kembali kea bad 20. Satu tiket kereta ini akan merogoh kocek Anda sebesar 3.080 pound sterling atau Rp 60,7 juta per orang.


Source: liputan6.com
Kredit Sindikasi Bank Mandiri Capai Rp 37,33 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk terus memperkuat sinergi perbankan melalui penyaluran kredit sindikasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Sepanjang 2015, Bank Mandiri telah menyalurkan pembiayaan sindikasi hingga Rp 37,33 triliun.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar mengatakan, dari jumlah tersebut, sebesar 28 persen disalurkan untuk membiayai sektor kelistrikan, kemudian 10 persen dialokasikan untuk membiayai sektor jalan tol, selebihnya untuk membiayai sektor usaha di bidang pertambangan dan industri lain.

Baca Juga

  • Inikah Sosok yang Bakal Gantikan Budi Gunadi Jadi Dirut Mandiri?
  • Bank Mandiri Salurkan Kredit Mikro Rp 42,4 Triliun
  • Mandiri Operasikan Anak Usaha Baru

Source: liputan6.com
Bandara Soekarno Hatta Resmi Jadi Milik Pemda Banten

Liputan6.com, Jakarta - Jika selama ini banyak orang beranggapan Bandara Internasional Soekarna Hatta (Soetta) berada di wilayah DKI Jakarta, ternyata hal itu tidak tepat. Sebab, sebenarnya bandara internasional itu masuk ke wilayah Tangerang, Banten.

Untuk meluruskan hal itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengaku telah mengeluarkan surat edaran ke semua maskapai penerbangan pada Desember tahun lalu.

Dalam surat edarannya, semua maskapai yang akan mendarat di Bandara Soekarno Hatta harus mengubah kalimat pengumuman dari "Selamat Datang di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Jakarta" menjadi "Selamat Datang di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten".

"Suratnya kita sudah kirimkan dari Desember ke seluruh maskapai," kata Budi Karya saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (3/2/2016).

Baca Juga

  • AP II Bakal Gratiskan Monorel Bandara Soetta
  • Beroperasi 30 Januari, Ini Tarif Penerbangan di Bandara Bawean
  • Bandara Soetta Ditargetkan Layani 120 Pergerakan Pesawat per Jam

Source: liputan6.com
Izin Jadi 3 Jam, RI Banjir Komitmen Investasi Rp 206 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengumumkan kenaikan nilai komitmen investasi 119 persen atau Rp 206 triliun sepanjang Januari 2016. Aliran deras komitmen investasi dari dalam dan luar negeri ini berkat layanan izin 3 jam mulai 11 Januari 2016.

Kepala BKPM, Franky Sibarani dalam Konferensi Pers Realisasi Komitmen Investasi Januari 2016 mengungkapkan, iklim investasi di Indonesia secara keseluruhan terjaga sangat baik. BKPM menggunakan ukuran komitmen investasi berupa izin prinsip.

"Izin prinsip pada Januari ini meningkat 119 persen menjadi Rp 206 triliun dibanding periode yang sama 2014 yang hanya Rp 94 triliun," ujar Franky di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Kenaikan komitmen investasi dari izin prinsip ini, sambung Franky, berasal dari investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp 38 triliun atau naik 261 persen dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 168 triliun yang juga naik 101 persen dibanding periode sebelumnya.

Baca Juga

  • BKPM Rayu Jepang Investasi Industri Bahan Baku di RI
  • Percepat Izin Investasi, BKPM Usul Revisi Aturan Penyertaan Modal
  • Cara BKPM Agar RI Masuk 40 Besar Negara Ramah Investor

Source: liputan6.com
BKPM Yakin Panasonic dan Toshiba Pasti Lapor jika Tutup Pabrik

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) membantah bila Panasonic dan Toshiba terkesan diam-diam dengan rencana pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat restrukturisasi usaha. Lembaga ini yakin kedua perusahaan elektronik raksasa tersebut akan segera melaporkan mengenai rencana ini.

"Mereka pasti lapor kok, cuma mungkin setelah selesai semuanya atau supaya tidak ada ribut-ribut. Jadi pasti akan lapor karena mereka menutup usaha berarti ada izin yang harus dicabut sama kita," ujar Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis di kantornya, Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Menurutnya, perusahaan saat ini harus melakukan efisiensi agar memiliki daya saing dengan produk negara lain, baik itu perusahaan swasta maupun badan usaha milik negara (BUMN). Meskipun konsekuensi yang harus dijalankan adalah dengan melakukan PHK.

Baca Juga

  • Kena PHK, Ini Besaran Pesangon yang Diminta Buruh
  • Rachmat Gobel Akui Ada PHK Ribuan Karyawan Panasonic
  • KSPI: 2.145 Pekerja Toshiba dan Panasonic Kena PHK Hari Ini

Source: liputan6.com
Pemerintah Resmikan Rumah Susun bagi Polisi

Liputan6.com, Yogyakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-Pera) meresmikan empat lokasi pembangunan rumah susun dan rumah khusus Polri. Pembangunan rumah susun dan khusus ini menggunakan anggaran 2015.

Dirjen Penyediaan Rumah KemenPU-Pera Syarif Burhanudin mengatakan, program pembangunan rumah susun dan khusus TNI dan Polri sudah dilaksanakan sejak 2009. Program ini untuk menyediakan hunian layak bagi anggota TNI Polri.

Pihaknya membangun 42 menara rumah susun sebanyak 1.761 unit dan rumah khusus Polri sebanyak 1.044 unit. Syarif pun meresmikan rumah susun di Satbrimobda DI Yogyakarta sebanyak satu tower.

"Kami tetap melaksanakan program pembangunan rusun dan rusus di RI. Seperti kebijakan pemerintah sekarang diutamakan petugas Polri dan TNI. Dengan dana terbatas kami optimalkan," ujar Syarif di Brimob Polda DIY Rabu (3/2/2016).

Baca Juga

  • UU Tapera Bakal Jadi Sejarah Baru Bagi Indonesia
  • Tiga Fokus Pemerintah Percepat Pembangunan Sejuta Rumah
  • Pemerintah Siap Persingkat Izin Bangun Rumah Rakyat

Source: liputan6.com
Kena PHK, Ini Cara Ajukan JHT BPJS Ketenagakerjaan

Liputan6.com, Jakarta - BPJS Ketenagakerjaan menyatakan akan mempermudah masyarakat untuk mencairkan Jaminan Hari Tua (JHT) terutama bagi pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Direktur Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan Junaedi mengatakan, proses tersebut saat ini sudah sederhana.

Dia bilang, masyarakat cukup mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa kartu peserta, kartu identitas dan surat PHK. Dia juga mengatakan, untuk pengajuan JHT juga bisa mengakses melalui layanan e-Klaim.

"Itu bawa kartunya saja, KTP, surat PHK langsung diajukan ke kantor, sederhana. Bida lewat elektronik, ada di website e-Klaim tinggal ke kantor," kata Junaedi kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Baca Juga

  • Produk Tak Laku Lagi, 2 Perusahaan Elektronik Tutup Pabrik di RI
  • Daftar Perusahaan yang Dikabarkan Bakal PHK Karyawan
  • 20 Ribu Buruh Siap Serbu Istana dan MA pada 6 Februari

Source: liputan6.com
Punya Harta Berlimpah, Miliarder Ini Tak Pernah Kerja di Kantor

Liputan6.com, Jakarta - Siapa tak kenal Richard Branson? Pria asal Inggris yang memiliki gelar "Sir" ini adalah pimpinan 400 perusahaan di seluruh dunia di bawah grup Virgin.

Ketika berumur 20 tahunan Branson mendirikan Virgin Records dan menjual perusahaan tersebut sebesar US$ 1 miliar pada 1992.

Sebelum menjual perusahaan tersebut ia telah menghasilkan ikon legendaris seperti Sex Pistols dan The Rolling Stones, yang menjadikan Virgin Records sebagai salah satu perusahaan rekaman terkemuka di dunia.

Richard Branson merupakan satu-satunya miliarder yang berhasil membangun delapan grup perusahaan besar di delapan industri berbeda. Memiliki kekayaan lebih dari US$ 5,2 miliar atau Rp 72,2 triliun membuatnya masuk dalam jajaran miliader dunia.

Baca Juga

  • Kisah Sukses Bos IKEA, Sang Miliarder yang Rendah Hati
  • 10 Wanita Terkaya Sepanjang Sejarah Dunia, Siapa Saja?
  • Catat, Ini Industri dengan Gaji Karyawan Terbesar

Source: liputan6.com
Kesepian, Orang Kaya Ini Sewakan Kamar dengan Harga Murah

Liputan6.com, Jakarta - Ini bukan cerita di sinetron. Tapi ada orang kaya di London yang saking kesepiannya rela membagi kamar di rumahnya untuk ditempati siapa saja dengan biaya yang murah.

Harga rumahnya mencapai 3 juta pound sterling dan terdiri dari lima lantai. Lokasinya di kawasan elite London, yaitu Spitalfields. Rumah ini bergaya klasik dan sudah berumur 300 tahun.

Lingkungan sekitarnya pun bergaya sama sehingga sering dipakai sebagai lokasi pembuatan film, seperti Great Expectations dan TheWoman inBlack.

Baca Juga

  • Kisah Sukses Bos IKEA, Sang Miliarder yang Rendah Hati
  • 10 Wanita Terkaya Sepanjang Sejarah Dunia, Siapa Saja?
  • 5 Orang Terkaya Dunia di 2016

Source: liputan6.com
Toshiba Akui Ada Pengurangan Tenaga Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu perusahaan elektronik asal Jepang, Toshiba, dikabarkan melakukan pengurangan tenaga kerjanya. Kabarnya pengurangan tenaga kerja ini sebagai dampak dari penutupan pabrik di Indonesia.

Manager HRD PT Toshiba Consumer Products Indonesia, Uis Al-Qarni membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan soal pengurangan tenaga kerja ini sebenarnya sudah diumumkan sejak akhir tahun lalu.

"Iya benar, sudah dari Desember, sudah ada pengumumannya. Itu sekitar 40 persen dari 900 pekerja (hasil sementara), dari lini televisi dan mesin cuci," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Baca Juga

  • KSPI: 2.145 Pekerja Toshiba dan Panasonic Kena PHK Hari Ini
  • Kena PHK, Ini Besaran Pesangon yang Diminta Buruh
  • BKPM: Panasonic dan Toshiba Tutup karena Kalah Saing dengan China

Source: liputan6.com
Proyek LRT Pacu Pembangunan Apartemen di Pinggiran Kota

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan infrastruktur transportasi seperti light rapid transit (LRT) dan kereta api cepat yang sedang dikerjakan pemerintah akan meningkatkan kelas daerah-daerah pinggiran kota (sub urban) sebagai lokasi pengembangan hunian vertikal (apartemen).

Kondisi itu sudah terjadi di banyak kota besar di dunia. Pekerja kelas menengah memilih tinggal di sub-urban yang sudah bagus infrastruktur transportasinya.

Pakar Properti Panangian Simanungkalit mengungkapkan hal itu seperti  ditulis Liputan6.com, Rabu (3/2/2016).

Dia menyebutkan, saat ini kondisi di tempat daerah penyangga utama Ibukota Jakarta yakni Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek) hampir sama dengan China 15 tahun lalu.

Lokasi-lokasi di pinggir kota mulai dibangun infrastruktur termasuk transportasi massal sehingga banyak penduduk kelas pekerja memilih tinggal di kawasan-kawasan baru di pinggiran tadi.

Baca Juga

  • Hunian di Bogor Masih Jadi Buruan
  • Paramount Land Patok Pendapatan Rutin Tumbuh 5% di 2016
  • Mengupas Rekam Jejak Properti di Karawang

Source: liputan6.com
Wika Ingin Garap Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk/Wika saat ini menjadi leader dalam perusahaan konsorsium pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang memiliki investasi lebih dari Rp 70 triliun.

Sekretaris Perusahaan PT Wijaya Karya Tbk Suradi mengungkapkan, proyek kereta cepat yang ditargetkan selesai di 2019 ini dijadikannya sebagai langkah awal untuk menggarap kereta cepat Jakarta-Surabaya.

"Pemerintah merencanakan bangun sampai Surabaya, walaupun memang sampai saat ini belum ada barangnya, kalau ditanya ingin atau tidak kita pengen garap hingga ke Surabaya," kata Suradi saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (3/2/2016).

Baca Juga

  • Wika Pastikan Modal Negara Tak Dipakai Bangun Kereta Cepat
  • Wika Ditugaskan Bangun Jembatan ke Pulau Buatan di Pluit
  • WIKA Targetkan Himpun Dana Rp 2,8 Triliun dari Aksi Rights Issue

Source: liputan6.com
Perbankan Didesak Beri Bunga Kredit Rendah ke Pengembang

Liputan6.com, Jakarta - Program Sejuta Rumah (PSR) yang gencar dilakukan pemerintah perlu mendapat dukungan semua pihak. Ini guna menjamin pasokan dan daya beli konsumen tetap terjaga. Salah satunya sokongan modal kerja untuk pengembang.

Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) Eddy Hussy mengungkapkan, perlu ada terobosan dari perbankan untuk memberikan bantuan kredit dengan bunga khusus kepada pengembang yang menjalankan PSR.

Langkah ini penting karena pengembang-pengembang tadi sudah ikut membantu tanggung jawab pemerintah untuk menyediakan rumah sehat layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

"Kepada pengembang yang sudah teruji prestasinya memasok rumah murah, kami kira pantas untuk mendapat bantuan kredit modal kerja dengan bunga khusus ini. Polanya mungkin dapat merujuk pada rekomendasi REI," ungkap Eddy kepada Liputan6.com, Rabu (3/2/2016).

Baca Juga

  • BCA Turunkan Bunga Kredit UKM Mulai 1 Februari
  • Diminta Turunkan Suku Bunga Kredit, Ini Tanggapan Bank Mandiri
  • BI Beri Sinyal Kembali Turunkan Suku Bunga Acuan

Source: liputan6.com
Ini Fasilitas yang Bakal Dibangun di Area Stasiun Kereta Cepat

Liputan6.com, Jakarta - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk tengah fokus menyusun masterplan pembangunan Transit Oriented Development (TOD) atau stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung.

Corporate Secretary Wika, Suradi menjelaskan pihaknya akan membuat kota baru di setiap stasiun kereta cepat tersebut. Hal ini dinilai penting untuk meningkatkan pembangunan ekonomi daerah yang selama ini belum maksimal. Salah satunya di TOD Walini.

"Yang namanya kota tidak hanya buat perumahan, magnet tidak hanya itu, kalau cuma rumah dan kereta aja pasti tidak mau. Kita akan buat fasilitas kesehatan untuk rumah sakit, segala macam, itu tidak bisa nawar‎," kata Suradi saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (3/2/2016).

 

Baca Juga

  • Saling Bersinggungan, Kereta Cepat akan Gusur Jalur LRT
  • Ketua Komisi VI DPR Minta Proyek Kereta Cepat Dikaji Ulang
  • Walhi Cemas Proyek Kereta Api Cepat Ancam Sumber Air Bandung

Source: liputan6.com
Izin Kereta Cepat Baru Keluar Bila KCIC Penuhi Dokumen Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tak kunjung menerbitkan izin usaha dan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung sepanjang 148 kilometer (km).

Padahal pemancangan tiang pertama (groundbreaking) proyek tersebut berlangsung pada 21 Januari 2016 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko mengungkapkan, alasan pihaknya belum menerbitkan kedua izin ini lantaran ada sejumlah dokumen yang belum dilengkapi PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

"Masih ada kelengkapan atau persyaratan dokumen terkait perizinan yang belum dilengkapi oleh KCIC, sehingga Kementerian Perhubungan belum bisa menerbitkan izin usaha dan izin pembangunan," jelas dia di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Dia menjelaskan, untuk mendapatkan izin usaha, ada sembilan persyaratan konsesi yang tengah dalam pembahasan dan harus dipenuhi KCIC.‎ Persyaratan konsesi tersebut antara lain:

Baca Juga

  • Saling Bersinggungan, Kereta Cepat akan Gusur Jalur LRT
  • Ketua Komisi VI DPR Minta Proyek Kereta Cepat Dikaji Ulang
  • Walhi Cemas Proyek Kereta Api Cepat Ancam Sumber Air Bandung

Source: liputan6.com
Baru 5 Km Jalur Kereta Cepat yang Sudah Dapat Izin

Liputan6.com, Jakarta - Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sepanjang 148 kilometer (km) masih menyisakan sejumlah permasalahan terkait perizinan. Dari 148 km panjang kereta cepat tersebut, baru sebagian kecil yang sudah mendapatkan izin.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hermanto Dwiatmoko mengatakan, hingga saat ini PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) selaku badan usaha penyelenggara prasarana kereta api cepat baru menyerahkan dokumen teknis.

Dokumen teknis tersebut untuk lintasan di km 95 hingga km 100 dari total panjang lintasan kereta cepat yang mencapai 142 km. Ini berarti baru 5 km panjang lintasan yang dokumennya sudah diajukan ke Kemenhub.

"Dokumen teknis yang kami terima adalah untuk km 95+00 sampai dengan km 100+00," ujarnya di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

 

Baca Juga

  • Wika Pastikan Modal Negara Tak Dipakai Bangun Kereta Cepat
  • Saling Bersinggungan, Kereta Cepat akan Gusur Jalur LRT
  • Walhi Cemas Proyek Kereta Api Cepat Ancam Sumber Air Bandung

Source: liputan6.com
10 Negara Guyur Investasi Besar di RI pada Januari

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melaporkan kenaikan nilai komitmen investasi 119 persen atau Rp 206 triliun sepanjang Januari 2016. Nilai investasi tertinggi ditempati Singapura mencapai US$ 7,5 miliar dan Kalimantan Barat sebagai lokasi utama tujuan investasi.

Kepala BKPM, Franky Sibarani mengungkapkan, iklim investasi di Indonesia secara keseluruhan terjaga sangat baik. BKPM menggunakan ukuran komitmen investasi berupa izin prinsip.

"Izin prinsip pada Januari ini meningkat 119 persen menjadi Rp 206 triliun dibanding periode yang sama 2014 yang hanya Rp 94 triliun," ujar dia dalam Konferensi Pers Realisasi Komitmen Investasi Januari 2016  di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Kenaikan komitmen investasi dari izin prinsip ini, sambung Franky, berasal dari investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp 38 triliun atau naik 261 persen dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 168 triliun yang juga naik 101 persen dibanding periode sebelumnya.

Dari asal negara PMA, Singapura menduduki peringkat teratas komitmen investasi yang masuk dengan nilai US$ 7,57 miliar atau naik 413 persen. Kemudian di urutan kedua, China dengan kenaikan komitmen investasi 1.564 persen senilai US$ 2,81 miliar.

Baca Juga

  • Begini Cara BKPM Kurangi PHK dan Pengangguran
  • BKPM Rayu Jepang Investasi Industri Bahan Baku di RI
  • Percepat Izin Investasi, BKPM Usul Revisi Aturan Penyertaan Modal

Source: liputan6.com
Top 3: Daftar Perusahaan yang Dikabarkan Bakal PHK Karyawan

Liputan6.com, Jakarta - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesa (KSPI) bakal menggelar aksi besar-besaran di depan Istana Negara dan Mahkamah Agung (MA) pada 6 Februari 2016. Setidaknya, 20 ribu buruh merapat dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) dan Kongres Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Presiden KSPI/FSPMI Said Iqbal mengatakan, aksi tersebut tidak hanya dilakukan 20 ribu di Jabodetabek, tetapi juga serentak dilakukan di 12 kota besar di Indonesia.

Adapun tuntutan kali ini untuk meminta untuk menghentikan pemutusan hubungan kerja (PHK) jilid II. Sebab, tercatat ada 13 perusahaan yang akan segera melakukan PHK pada Januari sampai Maret 2016.

Artikel daftar perusahaan yang dikabarkan bakal PHK karyawan paling menyita perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu sore (3/2/2016). Tak hanya itu, besaran pesangon yang diinginkan buruh saat kena PHK juga menyita perhatian pembaca. Ingin tahu apa saja artikel di kanal bisnis yang menyedot perhatian pembaca? Berikut tiga artikel terpopuler di kanal bisnis pada Rabu sore ini:

1. Daftar Perusahaan yang Dikabarkan Bakal PHK Karyawan

Ratusan pekerja menyebrangi rel kereta di stasiun Tanah Abang, Jakarta, Selasa (29/9/2015). Kemenaker mencatat PHK per Agustus 2015 meningkat 62% yaitu sekitar 26.506 orang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Konfederesi Serikat Pekerja Indonesa (KSPI) bakal menggelar aksi besar-besaran di depan Istana Negara dan Mahkamah Agung (MA) pada 6 Februari 2016. Setidaknya, 20 ribu buruh merapat dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) dan Kongres Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Presiden KSPI/FSPMI Said Iqbal mengatakan, aksi tersebut tidak hanya dilakukan 20 ribu di Jabodetabek, tetapi juga serentak dilakukan di 12 kota besar di Indonesia.

Adapun tuntutan kali ini untuk meminta untuk menghentikan pemutusan hubungan kerja (PHK) jilid II. Sebab, tercatat ada 13 perusahaan yang akan segera melakukan PHK pada Januari sampai Maret 2016. Selengkapnya baca di sini

2. Dipanggil Wawancara Kerja? Jangan Lupa Tanyakan 5 Hal Ini

Hati-hati saat wawancara kerja, Anda harus bisa menjawab pertanyaan dari HRD dengan baik.

Wawancara kerja merupakan saat Anda dapat bertatap muka dengan calon perusahaan tempat Anda bekerja nantinya. Banyak orang yang terlalu takut membuat kesalahan pada saat wawancara ini hingga akhirnya cenderung pasif saat proses berlangsung.

Satu hal yang perlu diingat, wawancara kerja merupakan proses komunikasi dua arah. Untuk itu, bukan hanya pewawancara yang berhak menanyakan Anda berbagai pertanyaan. Anda pun memiliki hak yang sama untuk mengajukan pertanyaan apabila ada beberapa hal yang kurang Anda mengerti.

Selain itu, pertanyaan ini juga dapat memberikan sinyal baik bagi perusahaan bahwa Anda sebenarnya memiliki minat yang tinggi pada jabatan tersebut. Selengkapnya baca di sini

3. Kena PHK, Ini Besaran Pesangon yang Diminta Buruh

Ribuan buruh di dua perusahaan elektronik terkena PHK.

Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI)/Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menuntut uang pesangon sebagai kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Diketahui, Panasonic dan Toshiba akan mem-PHK ribuan karyawannya.

Kedua perusahaan elektronik raksasa asal Jepang itu dikabarkan menutup tiga pabriknya di Indonesia dengan alasan produknya tak lagi laku.

Presiden KSPI/FSPMI Said Iqbal mengatakan, berdasarkan aturan Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, para pekerja dengan masa kerja 8 tahun ke atas berhak menerima uang pesangon 9 bulan kali upah terakhir. Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
Bos Panasonic Blak-blakan Soal Penutupan Pabrik dan Nasib Pekerja

Liputan6.com, Jakarta - Panasonic Indonesia melakukan penggabungan dua unit usaha (merger) yang terdiri dari tiga pabrik yang berada di Pasuruan Jawa Timur, Cileungsi Jawa Barat, dan Cikarang Jawa Barat. Sebagai antisipasi dampak penggabungan tersebut terhadap para pekerjanya, Panasonic juga telah menawarkan sejumlah opsi.

Presiden Direktur Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) Itchiro Suganuma mengatakan, penggabungan ini merupakan strategi perusahaan dalam rangka mengantisipasi perkembangan kemajuan teknologi dan situasi pasar di kawasan Asia Pasifik.

"Penggabungan pabrik ini merupakan strategi Panasonic dalam mengantisipasi kemajuan teknologi dan perkembangan pasar terhadap produk lampu LED (Light Emitting Diode), sehingga lebih fokus pada produksi yang memberikan nilai tambah bagi industri," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

 

Baca Juga

  • Rachmat Gobel Akui Ada PHK Ribuan Karyawan Panasonic
  • Kemenperin Tunggu Laporan Resmi Toshiba dan Panasonic Soal PHK
  • Pabrik Toshiba dan Panasonic Tutup, 2.500 Buruh Kena PHK

Source: liputan6.com
Jokowi Turunkan Tarif Tol Jembatan Suramadu 50%

Liputan6.com, Jakarta - ‎Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas mengenai ‎Pengembangan Wilayah di Kaki Jembatan Suramadu di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. ‎Dalam rapat tersebut pemerintah ‎memutuskan untuk menurunkan tdalam rapat sempat ada opsi menggratiskan tarif jalan tol Jembatan Suramadu, Jawa Timur, sebesar 50 persen dari tarif sebelumnya.


Sekretaris Kabinet Pramono Anung, usai rapat terbatas, mengatakan . Namun pemerintah akhirnya memutuskan untuk menurunkan tarif demi membantu lalu lintas barang dan orang di Pulau Jawa dan Madura.

"Yang‎ diputuskan presiden hari ini, pertama, untuk angkutan dari Surabaya ke Madura atau sebaliknya, kendaraan roda empat yang sebelumnya tarifnya 90 ribu untuk truk besar, dan truk sedang 60 ribu, dan sedan 30 ribu. Presiden minta ini diturunkan, kalau bisa lebih rendah dari 50 persen," ujar Pramono Anung, Rabu, (3/2/2016).

 

Baca Juga

  • Indahnya Jembatan Suramadu di Malam Hari
  • Jembatan Merah Putih di Ambon Beroperasi Februari 2016
  • Wika Ditugaskan Bangun Jembatan ke Pulau Buatan di Pluit

Source: liputan6.com