Prev Febuari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
31 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
Berita Kurs Dollar pada hari Sabtu, 06 Febuari 2016
7 Perusahaan Pemberi Fasilitas Enak kepada Pekerja

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kantor Anda menawarkan berbagai makanan gratis yang bisa dinikmati setiap waktu? Atau sering memberikan bonus di akhir bulan?.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan perusahaan ini memang dapat membuat para pegawai betah dalam bekerja. Akan tetapi fasilitas tersebut mungkin masih kalah dengan apa yang ditawarkan 7 perusahaan ini.

Apa saja keuntungan yang dapat didapat pegawai dari perusahaan tersebut? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Entrepreneur.com, Jumat (5/2/2016):

7. PwC


Setiap tahunnya, pegawai fresh graduate di perusahaan ini mendapat bonus US$ 1200 atau Rp 16,4 juta yang dapat digunakan untuk membayar pinjaman pendidikan yang mereka miliki selama di bangku kuliah.

6. Airbnb


Pegawai mampu mendapat bonus US$ 2000 atau Rp 27,3 juta untuk liburan dan menetap di hotel yang menjadi mitra Airbnb.

5. World Wildlife Fund (WWF)


Perusahaan ini memberlakukan hari libur untuk pegawainya setiap hari jumat.

4. Spotify


Pegawai yang baru memiliki anak mendapat jatah cuti berbayar selama 6 bulan. Spotify juga membayar biaya kelahiran dan kesehatan yang diperlukan.


Source: liputan6.com
Jurus Siasati Agar Pekerjaan Tak Ganggu Urusan Percintaan

Liputan6.com, Jakarta - Waktu yang padat ketika bekerja membuat banyak pegawai harus berkonsentrasi dengan penuh untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

Seringkali hal ini juga berefek negatif pada hubungan dengan pasangan. Sulitnya waktu bertemu membuat banyak hubungan percintaan sulit untuk dipertahankan

Lalu apa yang dapat dilakukan untuk menanggulangi hal ini? Melansir laman Entrepreneur.com, Sabtu (6/2/2016) berikut ulasannya:

1. Memiliki visi yang sama

Agar mampu memiliki hubungan yang bertahan lama, Anda berdua harus memiliki visi yang sama. Coba saling mengerti mengenai pekerjaan dan kewajiban pasangan yang harus di penuhi.

2. Menetapkan ekspektasi yang nyata

Duduk bersama pasangan Anda dan coba bicarakan mengenai ekspektasi dan tujuan pekerjaan yang sama-sama dimiliki.

Dengan pekerjaan yang Anda geluti sekarang, apakah artinya akan memiliki waktu lebih banyak bersama pasangan atau justru waktu libur banyak terpakai untuk bekerja?

Apapun konsekuensi yang harus Anda lakukan, pastikan pasangan Anda mengerti betul keadaannya.


Source: liputan6.com
Inilah Rumah Sewa Langganan Selebriti Hollywood

Liputan6.com, Jakarta - Bila artis Indonesia menyerbu Bali dan Lombok saat liburan panjang, para selebriti hollywood memilih Hawaii sebagai destinasi wisata favorit.

Sebut saja Julia Roberts, Chris Martin dan Gwyneth Paltrow, Lindsay Lohan, Paris Hilton, Britney Spears, hingga Oprah Winfrey pernah menghabiskan liburannya dengan surfing dan berenang di pulau yang dijuluki ‘Best Pacific Island’ ini.

Birunya lautan di pulau-pulau Hawaii berbaur dengan pasir putih dan hijaunya pohon kelapa menjadi lukisan alam yang tak tertandingi. Alhasil, lelah dan penat akibat padatnya jadwal manggung dan syuting seketika hilang dari ingatan.

Sementara untuk tempat istirahat sekaligus menginap selama liburan, selebriti ternama seperti pasangan Beyonce dan Jay Z hingga Jessica Simpson ternyata punya rumah sewa langganan. Bahkan Eddie Vedder dari Pearl Jam pernah melangsungkan pesta pernikahannya di rumah ini.

Wow, seperti apa keistimewaan dan interior rumah ini? Berikut rangkuman foto yang dilansir dari laman Rumah.com seperti dirangkum pada Jumat (5/2/2016)

Kolam. Terletak di lebih dari 6.038 meter persegi lahan tropis, mansion spektakuler di Kailua ini memiliki tiga bangunan terpisah yang mengelilingi sebuah oase. Kolam yang juga bergaya tropis ini bisa dinikmati untuk berenang di sepanjang hari.

Jalan masuk. Batu kali yang pipih digunakan untuk jalan setapak menuju pintu utama rumah. Dua pohon kelapa besar yang mengapit seolah menjadi gerbangnya.

Anda bisa meniru cara ini untuk mendapatkan nuansa tropis pada rumah baru. Pohon kelapa bisa diganti dengan tumbuhan tropis lainnya seperti pohon kamboja.

Pintu masuk. Pusat perhatian dari sebuah properti dapat diciptakan dari berbagai unsur seperti pintu utama di mansion glamor ini. Pola anyaman dari kayu terlihat begitu eye-catching, ditambah dua buah pot tanaman yang semakin memperkuat gaya tropis.

Suguhan alam pun tak hanya bisa dinikmati dari luar rumah, melainkan dari dalam, berkat pemakaian batu alam pada dinding dan lantai.

Ruang keluarga. Untuk menampilkan ruang keluarga yang luas dan terkesan akrab, penggunaan pintu kaca yang selama ini selalu ada kini dikesampingkan. Tanpa adanya pembatas, ruang keluarga pun seolah melebur bersama taman belakang rumah.

Dapur. Bahkan dari area dapur di dalam mansion mewah ini, Anda dapat melihat pirus perairan Samudera Pasifik dari setengah dinding yang dibiarkan terbuka.

Dapurnya telah dilengkapi beragam fasilitas modern termasuk dua oven, stainless steel appliances, kulkas untuk menyimpan anggur dan lemari kayu bernuansa hangat.

Breakfast Nook. Di sebelah dapur terdapat area sarapan yang masih didominasi unsur kayu. Sambil menikmati setangkap roti dan susu, penyewa bisa menikmati suara deburan ombak dan desir angin laut.

Dengan segala kemewahan dan kenyamanan yang ditawarkan, tak heran jika Beyonce dan keluarga serta beberapa selebriti hollywood lainnya sangat senang menginap di sini.

Kamar tidur. Menuju salah satu kamar tidur di dalam mansion ini, lagi-lagi tamu akan disuguhkan pemandangan berupa pantai dan laut lepas, lantai kayu parket, linen putih lembut dan dekorasi tropis yang lebih halus.

Kamar mandi. Salah satu yang menjadi pertimbangan selebriti hollywood betah bisa jadi karena desain kamar mandi yang berkelas. Sambil memanjakan tubuh dalam bathup, pengunjung bisa menonton acara favorit melalui tv layar datar. Sesekali menengok keluar untuk melihat lansekap hijau yang cantik lewat jendela besar di sisi kiri.

Teater. Fasilitas ‘wah’ lain yang dihadirkan mansion mewah ini adalah teater pribadi dengan kursi kulit empuk nan elegan bergaya stadion. Penggunaan pintu geser memungkinkan tamu untuk mengakses teater dengan mudah. (Fathia A/Ahm)

Foto: Hilton & Hyland, a member of Luxury Portfolio International


Source: liputan6.com
Tips Kembali Dapatkan Pekerjaan Usai Kena PHK

Liputan6.com, Jakarta - Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bukan merupakan barang baru dalam industri ketenagakerjaan di Indonesia. Terlebih ketika krisis moneter berlangsung pada 1997, gelombang PHK besar-besaran melanda negeri.

Alasan perusahaan memberhentukan karyawan pun beragam. Mulai dari untuk mengurangi pengeluaran kantor atau karena adanya perubahan manajemen perusahaan.

Apapun alasannya, kabar PHK merupakan pukulan yang sangat mengejutkan bagi yang mendengarnya.

Mencari pekerjaan setelah mengalami PHK memang bukan perkara mudah, namun bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan apabila terkena imbas pemutusan hubungan kerja dari perusahaan tempat Anda bekerja, Sabtu (6/2/2016):

1. Tetap Positif

Tidak ada gunanya untuk merasa malu dan bersalah. Langkah PHK tersebut memang harus diambil perusahaan demi menyelamatkan bisnis. Walaupun keadaan sedang panik dan suasana hati sedang gundah, jangan sampai melakukan tindakan gegabah dan usahakan untuk tetap berpikir tenang.

Dengarkan baik-baik apa yang dijelaskan bos Anda ataupun HRD perusahaan sehingga tidak ada informasi yang terlewatkan.

Perwakilan perusahaan akan menjelaskan situasi yang terjadi sebenarnya. Tanyakan beberapa pertanyaan perihal asuransi kesehatan atau beberapa kompensasi yang belum Anda gunakan.

2. Buat Rencana

Apabila Anda berencana untuk mencari kerja kembali setelah di PHK, maka Anda membutuhkan sebuah rencana. Rencana ini termasuk berapa banyak dana yang dibutuhkan agar tetap mampu mendukung kehidupan Anda sekarang. Sembari mengisi waktu Anda dapat mencoba untuk melakukan pekerjaan lepas.


Source: liputan6.com
Liburan ke Luar Negeri? Ini 4 Cara Cerdas Tukar Uang

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak orang yang memilih untuk menghabiskan masa liburan dengan melakukan perjalanan liburan ke luar negeri, salah satu yang menjadi alasannya adalah karena masa liburan yang dimiliki cukup lama dan cukup panjang untuk melakukan perjalanan tersebut.

Kemudahan mengakses sistem informasi juga menjadi salah satu hal yang berperan penting dalam peningkatan jumlah wisatawan lokal yang bepergian ke luar negeri.

Saat ini orang dengan sangat mudah dapat mencari informasi mengenai destinasi wisata maupun beragam fasilitas dan akomodasi yang dapat ditemui di sana nantinya.

Berbagai jenis sosial media juga memegang peran penting terhadap peningkatan tersebut. Dengan sangat mudah orang akan mengunggah dan memamerkan foto-foto dan membagi pengalaman traveling mereka kepada khalayak ramai, dan hal ini tentu saja menjadi sebuah godaan tersendiri yang mungkin akan membuat seseorang akan berniat mendatangi tempat-tempat tersebut.

Bila Anda adalah salah satu orang yang berniat untuk melakukan perjalanan ke luar negeri dalam waktu-waktu dekat ini, maka tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat matang dan terencana.

Salah satu hal yang tidak boleh luput dari perhatian adalah mempertimbangkan masalah penukaran uang yang akan dipakai di negara tujuan wisata.

Poin utama yang menjadi pertimbangan dalam urusan menukar uang adalah memastikan bisa mendapatkan kurs atau nilai tukar terbaik dan hal ini akan sangat tergantung dengan pertimbangan kapan harus menukarkan uang tersebut.

Anda dapat mencari tahu up date terbaru tentang nilai rupiah di negara tujuan wisata. Simak beberapa poin yang wajib Anda perhatikan saat akan melakukan penukaran uang seperti dikutip dari www.cermati.com, Sabtu (6/2/2016):

1. Melakukan Penukaran di Hotel atau Bandara

Menukar uang di hotel atau bandara memang lebih mudah dan praktis untuk dilakukan.Namun perlu diketahui nilai tukar yang ditawarkan oleh pihak hotel maupun bandara cenderung tidak stabil atau bahkan cenderung tinggi. Hal itu terjadi karena imbas dari biaya transaksi yang cukup tinggi juga.

Ada baiknya anda menhindari untuk menukarkan uang di hotel ataupun bandara, karena Anda akan mengalami kerugian, terutama bila melakukan penukaran dalam jumlah yang lumayan besar.

Bila Anda benar-benar sangat membutuhkan sejumlah dana dengan mendesak, maka tidak ada salahnya anda melakukan penukaran di hotel atau bandara, dengan catatan anda menukarkan uang anda dalam jumlah seperlunya saja.

2. Menukarkan Lewat Kartu Kredit

Melakukan penukaran melalui kartu kredit akan memberi anda keuntungan karena bank penerbit kartu kredit pada umumnya memiliki akses nilai tukar yang lebih baik bila dibandingkan dengan perorangan.

Namun tetap hindari menggunakan kartu kredit saat nilai mata uang negara sedang melemah karena pada umumnya transaksi tidak bisa dikonversikan seketika dan ada kemungkinan mendapatkan nilai tukar yang kurang bagus beberapa hari kemudian.


Source: liputan6.com
Ingin Tahu Peruntungan Rumah di Tahun Kera Api, Simak di Sini

Liputan6.com, Jakarta - Tahun baru Imlek jatuh pada 8 Februari 2016. Akan tetapi, sebenarnya sejak 4 Februari 2016 jam 17:46 kita telah memasuki tahun Bing Shen atau yang populer disebut Tahun Monyet Api.

Artinya, bayi yang lahir pada 5 Februari 2016 telah memiliki Shio Monyet, meski perayaan tahun baru imlek jatuh pada 8 Februari. Demikian penuturan pakar Feng Shui, Sidhi Wiguna Teh.

"Hal ini terjadi karena perayaan tahun baru imlek berdasarkan perhitungan kalender bulan, sedangkan untuk shio berdasarkan perhitungan kalender matahari," jelasnya kepada Rumah.com, seperti dikutip Sabtu (6/2/2016).

Pada artikel kali ini, imbuhnya, akan membahas tentang Feng Shui tahun 2016, bukan membahas tentang bisnis maupun zodiak shio. Itu karena ilmu Feng Shui sejatinya adalah ilmu yang terkait dengan properti atau bangunan.

Menurut Sidhi, pada gambar di atas terlihat beberapa notasi dan angka-angka, berikut ini penjelasannya:

Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa secara Feng Shui, umumnya kita menaruh arah selatan pada sisi atas dan utara pada sisi bawah.

Ini kebalikan dari cara arsitek menggambar yang biasanya meletakkan utara pada sisi atas. Gambar ini meletakkan selatan pada sisi atas sesuai kaidah Feng Shui.

Angka yang berkuasa pada tahun ini adalah nomor 2 yang melambangkan ibu, kelembutan, rendah hati, tetapi juga melambangkan energi berpenyakit.

Oleh karena itu, jalanilah pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang cukup serat, minum air putih yang benar secara cukup, olah raga teratur, dan cukup beristirahat.


Source: liputan6.com
Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Pinjam Uang

Liputan6.com, Jakarta - Perencanaan keuangan bisa saja tidak berjalan sesuai rencana. Meski berbagai cara penghematan dan menabung dilakukan, masih ada saja hal-hal yang sering terjadi seperti pengeluaran tak terduga.

Meminjam uang pun kerap menjadi pilihan untuk menyelesaikan masalah keuangan itu. Sebelum memutuskan memimjam uang, pertimbangan yang harus dipikirkan masak-masak adalah apakah Anda bisa melunasinya.

Selain kemampuan melunasi, mengutip laman GulfNews,Sabtu (6/2/2016), berikut adalah tiga pertimbangan sebelum memutuskan untuk meminjam uang:

1. Jumlah yang dipinjam

Saat kita mengajukan pinjaman tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Pihak bank atau yang memberi pinjaman akan memeriksa kondisi keuangan kita, mulai dari status pekerjaan dan lamanya kita bekerja, pendapatan bulanan dan pinjaman lain yang mungkin kita miliki.

Untuk itu Anda harus bisa mengukur kemampuan apakah bisa mengembalikan sejumlah uang yang kita pinjam dalam waktu yang sudah ditentukan atau tidak. Jika kebutuhan sedikit tetapi ditawari jumlah yang lebih, sebaiknya jangan mengambil semuanya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

2. Bunga pinjaman

Bunga pinjaman bervariasi, tergantung dari kreditor dan jenis pinjamannya, selain faktor-faktor yang terkait dengan kredibilitas kita sendiri. Jadi sangat penting bahwa secara pribadi mengetahui tingkat suku bunga dari pinjaman yang diajukan.

Ingat tingkat suku bunga ini akan berdampak pada cicilan per bulan. Sebagai tambahan, kita juga harus memahami bagaimana bunga dihitung.

Sebelum menandatangani kesepakatan, minta penjelasan rinci tentang perhitungan suku bunga, berapa banyak jumlah uang yang didapat, dan bagaimana keduanya berubah jika kita mengubah pembayaran dan pinjaman jangka bulanan.

Singkatnya, jangan menerima semuanya apa adanya. Umumnya, meminjam uang dari bank bisa sangat mahal.

3. Biaya lainnya

Bukan hanya bunga saja yang membuat pinjaman bisa menjadi mahal, tapi terkadang bank mengenakan biaya-biaya lainnya. Mulai dari administrasi, penalti, potongan dan sebagainya. Anda harus tahu secara detail tentang semua biaya-biaya yang muncul saat meminjam uang dari bank.

Biaya lain yang mungkin tidak dijabarkan di awal tetapi akan muncul saat keadaan menjadi kacau adalah denda dan konsekuensi karena tidak mampu melunasi atau default.

Meski kita tak berharap itu terjadi, tetapi kita harus tahu prosedur yang benar jika benar-benar tidak bisa melunasi pinjaman, termasuk biaya dan konsekuensi lainnya yang mungkin belum tercantum dalam perjanjian.

Jika memakai sistem auto-debet dalam membayar cicilan, usahakan jatuh tempo pembayaran beberapa hari setelah menerima gaji. Hal ini mencegah jika satu saat gaji terlambat dibayarkan oleh tempat kita bekerja.(Vna/Nrm)


Source: liputan6.com
Keputusan Keuangan yang Mesti Dilakukan Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Membuat keputusan, apalagi berkaitan dengan uang, bukan perkara yang mudah. Jika pilihan yang diambil salah, tentu akan membuat runyam bahkan menimbulkan bencana finansial.

Nah, bagi kamu yang sedang menyusun rencana keuangan, berikut ini  keputusan finansial yang tidak akan membuatmu menyesal jika melakukannya. Berikut daftarnya seperti dikutip dari www.cekaja.com, Sabtu (6/2/2016):

1. Simpan lebih banyak untuk pensiun

Berapa banyak uang yang kamu butuhkan untuk menikmati masa pensiun yang sehat dan menyenangkan? Tentunya ini tergantung pada kehidupan seperti apa yang mau kamu lakukan setelah meninggalkan dunia kerja.

Kalau kamu ingin berkeliling dunia, tentu uang yang disiapkan lebih banyak dibandingkan mereka yang ingin pensiun dengan bersantai di rumah menonton tv, membaca koran atau bermain bersama cucu.

Misalnya kamu berusia 25-30 tahun, dengan biaya hidup Rp 5 juta per bulan, memasuki masa pensiun 25 tahun lagi, dengan inflasi 10-12 persen, maka dibutuhkan dana pensiun Rp 115 juta per bulan atau Rp 1,5 miliar per tahun. Itu uang yang cukup banyak.

Untuk mencapainya kamu hanya perlu melakukan satu hal, yakni menyisihkan uang sebanyak mungkin untuk pensiun.

(Baca juga: Kota-Kota Besar di Indonesia Ini Bisa Memberikan Keuntungan Finansial di Tahun 2016)

2. Siapkan dana darurat

Apa yang kamu lakukan jika mobilmu butuh pergantian suku cadang atau rumah butuh renovasi mendadak? Kebanyakan orang akan menggunakan kartu kredit sebagai solusi meskipun hal ini akan menambah utang. Opsi yang lebih sebenarnya adalah menyiapkan dana darurat.

Perencana keuangan menyarankan agar tiap orang memiliki dana darurat dengan besaran yang bisa membiayai 6 bulan biaya hidupmu.

3. Lunasi kartu kredit

Selalu lunasi tagihan. Cara paling benar dalam membayar tagihan kartu kredit adalah selalu melunasi jumlah utang. Dengan cara ini kamu akan terhindar dari biaya keterlambatan dan bunga-bunga yang mencekik. Jika perlu, jual aset yang ada untuk melunasi tagihan.

Hidup akan terasa lebih baik jika kamu tidak memiliki utang. Dahulukan bayar tagihan dengan bunga paling besar.

Jika kamu memiliki lebih dari satu kartu kredit, sementara dana yang kamu punya untuk membayar terbatasi, sebaiknya buat skala prioritas. Bayar tagihan dengan bunga paling besar.

Hal ini bisa menghindarkan kamu dari kemiskinan karena utang yang kian besar. Setelah tagihan dengan bunga paling besar beres, kamu bisa fokus melunasi tagihan selanjutnya.

4. Kredit rumah yang tidak akan sanggup kamu bayar

Bagi orang yang akan membeli rumah, sangat menggoda untuk memiliki rumah yang lebih besar, terletak di kawasan yang lebih strategis tapi harganya jauh lebih mahal.  Membeli rumah yang tidak sesuai dengan anggaran akan menjadi bencana finansial di kemudian hari.

Dibandingkan harus menghadapi kekacauan di kemudian hari, lebih baik sesuaikan kebutuhan dengan bujet meskipun itu bukan rumah idamanmu.

5. Buat anggaran  pengeluaran rutin

Setiap tujuan keuangan, baik jangka pendek, menengah, maupun panjang, harus mendapatkan alokasinya sendiri-sendiri. Dengan begitu kamu dapat terhindar dari belanja berlebihan.

Contohnya, ketika kamu dan teman-teman sedang berjalan-jalan di sebuah pusat perbelanjaan, kemudian ada sebuah barang yang sangat menarik perhatian, kamu tidak menjadi mudah membeli barang tersebut karena barang itu tidak ada dalam anggaran bulanan.

Untuk membuat anggaran caranya mudah. Pertama, tuliskan semua penghasilanmu selama sebulan. Kemudian tuliskan seluruh pengeluaran rutin yang tidak pernah berubah ini akan mencakup belanja makanan, transportasi, tagihan kartu kredit, asuransi dan alokasi investasi.

(Baca juga: Ciri Pasangan yang Harus Kamu Cari Agar Urusan Finansial Selalu Bahagia)

6. Lacak pengeluaranmu

Bagi kamu yang merasa sering mengalami kesulitan keuangan, inilah saatnya untuk menyelidiki diri sendiri. Maksudnya adalah mencari tahu seperti apa kebiasaan belanja selama sebulan.

Cobalah bandingkan jumlah pemasukan dan pengeluaran dalam sebulan terakhir. Hitunglah dalam persentase pengeluaran-pengeluaran rutin dan nonrutin yang dikeluarkan sebulan terakhir. Dengan begitu, kamu akan mampu mengenali alokasi pengeluaran mana yang berlebihan. (Ahm/Ndw)







Source: liputan6.com
Terdorong Belanja Negara, Ekonomi RI Mampu Tumbuh 4,7% di 2015

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk periode 2015 di level 4,79 persen. Realisasi tersebut meleset dari target pemerintah. Dalam APBN Perubahan 2015, pemerintah menetapkan pertumbuhan ekonomi di angka 5,7 persen.

Namun, realisasi pertumbuhan ekonomi Ri di 2015 ini sesuai dengan prediksi dari beberapa lembaga keuangan dunia. Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir 2015 di level 4,7 persen.

Sedangkan Bank Pembangunan Asia (ADB) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia berkisar 4,8 persen hingga 5,2 persen.

Kepala BPS Suryamin menjelaskan, jika dibandingkan dengan 2014, angka pertumbuhan tersebut mengalami perlambatan. Dua tahun lalu ekonomi Indonesia mampu tumbuh 5,02 persen.

Perlambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia ini tak lepas dari pertumbuhan ekonomi global. Tercatat, ekonomi Inggris melemah dari 2,1 persen menjadi 1,9 persen. Ekonomi China melambat dari 6,9 persen menjadi 6,8 persen.

“Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) juga turun dari 2,1 persen menjadi 1,8 persen,” jelas dia, Jumat (5/2/2016).

Sedangkan jika dihitung secara kuartalan, pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal IV 2015 tercatat 5,04 persen secara year on year (YoY). Angka pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV 2015 ini memang lebih tinggi dari kuartal IV 2014 sebesar 5,01 persen.

Suryamin mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada akhir 2015 tersebut didukung situasi makro ekonomi yang membaik. Inflasi Desember 2015 tercatat 3,35 persen secara YoY.

Nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar AS sekitar 5,88 persen pada akhir kuartal IV 2015 dibanding posisi kuartal II 2015.

Prediksi Ekonom
Pengunjung beraktivitas di dalam gedung di Jakarta, Sabtu (9/1/2016). Pendorong pertumbuhan tersebut utamanya masih didominasi sektor konsumsi disertai dengan peningkatan kontribusi peran investasi dan pengeluaran pemerintah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Realisasi  pertumbuhan ekonomi RI yang diumumkan oleh BPS sesuai dengan perkiraan pada ekonom.

Kepala Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih, mengatakan ekonomi Indonesia pada 2015 akan tumbuh 4,72 persen.

"Dorongan utama dari konsumsi rumah tangga dan pengeluaran pemerintah di akhir tahun fiskal 2015," ujar Lana.

Sementara itu, Kepala Ekonom CIMB Niaga Winang Budoyo memproyeksikan pertumbuhan ekonomi secara di angka 4,78 persen.

"Pengeluaran pemerintah lebih kencang karena proyek infrastruktur dan bertambah baiknya neraca dagang akibat penurunan impor lebih banyak dibanding ekspor," ucap Winang.

Pengamat Ekonomi Agustar Radjali mengaku konsumsi domestik masih menjadi sumber utama pertumbuhan ekonomi di 2015 ketika ekspor sulit diandalkan karena anjloknya harga komoditas dan penurunan permintaan dari negara lain, termasuk China.

"Ekspor kita kebanyakan usaha kecil dan menengah (UKM), bukan industri besar, jadi nilai tambah tidak besar. Beruntungnya ada pengeluaran pemerintah yang membaik di kuartal terakhir 2015 sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lebih baik," kata Agustar.

Indonesia mempunyai harapan besar meningkatkan pertumbuhan ekonomi karena pemerintah saat ini semakin mengejar ketertinggalan membangun proyek infrastruktur, membenahi aturan, dan meningkatkan pelayanan supaya investor tertarik menanamkan modalnya di Indonesia.

Belanja Negara Jadi Pendorong
Siluet tiang konstruksi pembangunan gedung bertingkat terlihat di Jakarta Pusat, Senin (19/10/2015). Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2015 sebesar 4,85 persen. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Suryamin mengungkapkan, ‎sumber utama penopang pertumbuhan ekonomi RI di tahun lalu berasal dari pengeluaran pemerintah yang tumbuh signifikan, seperti belanja barang, gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan belanja modal.

Dari sisi pengeluaran konsumsi pemerintah bertumbuh 7,31 persen. Realisasinya melonjak drastis dari periode kuartal IV 2014 yang hanya bertumbuh 0,87 persen. Pengeluaran konsumsi pemerintah, sambungnya, dari belanja barang, bantuan sosial (bansos), gaji ke-13 PNS, tunjangan kinerja Kementerian/Lembaga yang meningkat.

"Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) atau investasi pengeluaran pemerintah untuk barang modal jalan tol, jembatan, dan lainnya. Pertumbuhan PMTB 6,90 persen atau lebih tinggi dibanding kuartal IV 2014 sebesar 4,59 persen sebagai dampak kenaikan anggaran belanja modal," jelas dia.

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS, Suhariyanto menambahkan, pertumbuhan ekonomi kuartal IV 2015 melonjak menjadi 5,04 persen dari kuartal sebelumnya 4,74 persen karena peran investasi dan konsumsi pemerintah sangat besar.

"Investasi belanja modal pemerintah naik 101 persen, konsumsi pemerintah dari belanja barang tumbuh 83 persen, belanja pegawai 16,5 persen. Setidaknya ini menyelamatkan pertumbuhan ekonomi kita," tegasnya.

Suhariyanto berharap, pemerintah dapat memacu anggaran negara tidak hanya di kuartal terakhir, tapi mempercepat penyerapan mulai dari awal tahun sehingga pertumbuhan ekonomi dapat lebih merata setiap kuartal.

Target 2016
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi
Dalam APBN 2016, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi bisa di angka 5,3 persen. "Asumsi pertumbuhan ekonomi 5,3 persen di 2016 Ini realistis tapi tanpa meninggalkan optimisme," ujar Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) lebih optimistis dari pemerintah. Organisasi para pengusaha ini memperkirakan ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,5 persen.

Ketua Umum Apindo Haryadi Sukamdani mengatakan, proyeksi tersebut berdasarkan pertimbangan atas perkembangan ekonomi global maupun reformasi ekonomi dalam negeri yang telah menunjukan tanda-tanda perbaikan.

Perkembangan ekonomi global yang berpengaruh terhadap ekonomi nasional pada 2016 antara lain pemulihan perekonomian Amerika Serikat dan kawasan Eropa, tumbuhnya perekonomian negara berkembang dan emerging country. "Serta masih rendahnya harga minyak dunia yang menguntungkan bagi negara pengimpor minyak," ujar dia. (Gdn/Nrm)


Source: liputan6.com
Menaker Minta Pengusaha Tahan Diri dari Kebijakan PHK Buruh

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri memastikan pemerintah terus memantau kabar langkah pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan perusahaan-perusahaan asing.

"Kalau soal isu PHK kita terus kita cek, periksa, dan klarifikasi untuk mendapatkan kepastian soal itu. Karena banyak juga isu-isu PHK yang beredar di sosmed itu isu PHK lama yang didaur ulang," jelas dia di sela Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas), Jakarta, Jumat (5/2/2016).

Hanif mengaku pihaknya tengah meminta klarifikasi kepada 4 perusahaan asing yang dikabarkan merumahkan pekerjanya. Perusahaan dimaksud yakni Chevron Indonesia, Panasonic, Toshiba, dan Ford Motor Indonesia.

"Yang 4 ini juga lagi kita klarifikasikan semua. Yang lain masih kita cek‎," ujar politikus PKB ini.

Baca Juga

  • Ini Kata Bos CIMB Niaga Soal PHK Karyawan
  • Ini 2 Perusahaan Otomotif Besar yang PHK Karyawan
  • Istana Bantah Ada PHK Massal di RI

Source: liputan6.com
Perusahaan China Akuisisi Bursa Efek Chicago

Liputan6.com, Chicago - Investor asal China Chongqing Casin Enterprise Group, atau  yang dikenal dengan Casin Group melebarkan sayap bisnisnya dengan mengakuisisi Bursa Efek Chicago (Chicago Stock Exchange Inc/CHX). Transaksi pembelian ditargetkan kelar pada paruh kedua tahun ini.

"Dengan mitra investasi baru, kami akan memiliki sumber daya tambahan yang signifikan untuk mengejar berbagai bisnis baru kami," kata CEO dan Presiden Chicago Stock Exchange John Kerin seperti melansir laman Business Insider, Jumat (5/2/2016).

Dalam keterangannya, perusahaan menyebutkan Dewan Direksi CHX dengan suara bulat menyetujui transaksi ini, dengan tetap tunduk pada persetujuan regulator.

Tanpa menyebut syarat dari transaksi ini, kedua perusahaan menargetkan aksi korporasi akan selesai pada paruh kedua 2016.

Menurut Kerin, pihaknya mempercayai akuisisi adalah hal terbaik bagi klien, pemegang saham dan masyarakat. Terutama dalam mendukung inisiatif bisnis baru.

Baca Juga

  • Peringatan Risiko Resesi Tekan Bursa Saham
  • BEI Klaim Pertumbuhan Bursa Saham RI Terbaik di Dunia
  • BEI Tawarkan Beli Saham Anggota Bursa

Source: liputan6.com
Bursa AS Jatuh Dipicu Laporan Data Pekerjaan

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) jatuh di akhir pekan dipicu rilis data pekerjaan AS yang menggambarkan kondisi mixed di pasar tenaga kerja. Ini membuat investor kembali ragu tentang kemungkinan rencana kenaikan suku bunga kembali terjadi.

Di sisi lain, harga minyak kembali merosot, membawa harga komoditas ini ke posisi terendah dalam sepekan setelah mengalami kenaikan dalam dua pekan.

Melansir laman Reuters, indeks Dow Jones industrial average turun 222,84 poin atau 1,36 persen, ke posisi 16.193,74 poin. Sedangkan indeks S & P 500 kehilangan 33,49 poin atau 1,75 persen menjadi 1,881.96 dan Nasdaq Composite turun 133,94 poin atau 2,97 persen, ke 4,375.62.

Data non-farm payrolls AS dilaporkan hanya meningkat 151 ribu pada bulan lalu. Angka ini jauh di bawah perkiraan sebesar 190 ribu. Dengan tingkat pengangguran turun menjadi 4,9 persen, terendah sejak Februari 2008.

Baca Juga

  • Laju Wall Street Bervariasi di Awal Pekan
  • Wall Street Menguat Dipicu Keputusan Bank Sentral Jepang
  • Ditopang Saham Teknologi dan Harga Minyak, Wall Street Positif

Source: liputan6.com
Harga Emas Menguat di Akhir Pekan

Liputan6.com, New York - Harga emas dunia naik ke level tertinggi dalam tiga bulan di akhir pekan ini. Kenaikan didorong laporan pekerjaan AS yang bergerak mixed, mendorong investor kembali mengkaji prospek kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS di tahun ini.

Kondisi ini juga menempatkan mata uang dolar kembali menguat selama sepekan dalam lebih dari satu tahun.

Melansir laman Reuters, harga emas berjangka AS untuk April ditutup naik 20 sen menjadi US$ 1,157.70 per ounce. 

"Dengan data (pekerjaan) menunjukkan kenaikan suku bunga pada Maret kemungkinan tidak benar-benar terjadi. Mungkin peluangnya 50-50," kata Robin Bhar, Analis Societe Generale.

Data pekerjaan AS pada Januari dilaporkan melambat lebih dari harapan. Namun kenaikan upah dan tingkat pengangguran di level terendah dalam delapan tahun diprediksi akan membuat pemulihan pasar tenaga kerja tetap terjadi.

Baca Juga

  • Harga Jual Emas Antam Naik Rp 4.000, Buyback Rp 6.000 per Gram
  • Harga Emas Naik ke Posisi Tertinggi dalam 3 Bulan
  • Harga Emas Antam Lebih Murah Rp 1.000 per Gram

Source: liputan6.com
Libur Imlek, Pelni Beri Diskon Tiket hingga 40%

Liputan6.com, Jakarta - Menghadapi perayaan Imlek PT Pelni memberikan diskon hingga 40 persen pada beberapa rute perjalanan kapal laut.

Diskon ini antara lain berlaku untuk kapal multyclass. Kapal yang dimaksud seperti Kelud dengan rute Jakarta-Medan. Kemudian kapal Sinabung dengan rute Jakarta-Surabaya-Makasar-Baubau-Namle-Ambon-Ternate-Bitung.

Selain itu, kapal Kelimutu dengan rute Surabaya-Benoa-Bima-Labuanbajo-Baubau-Wanci-Ambon-Banda-Samulaki-Tual-Timika-Agats-Merauke.

"Namun diskon tidak berlaku untuk kapal single class yang khusus memberikan pelayanan kelas ekonomi," ujar Akhmad Sujadi, Manajer Komunikasi PT Pelni, dalam keterangannya, Sabtu (6/2/2016).

Baca Juga

  • Menteri Susi: Kapal Pelni Dilarang Buang Sampah di Laut
  • Pemerintah Tunjuk Pelni Layani Angkutan Barang ke Daerah Terluar

Source: liputan6.com
Buruh Berencana Gelar Aksi di Depan Istana dan MA Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 20 ribu massa buruh berencana turun ke jalan menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara dan Mahkamah Agung (MA) pada Sabtu, 6 Februari 2016  ini. Dalam aksi tersebut, buruh akan menyuarakan sejumlah tuntutan, salah satunya soal pemutusan isu hubungan kerja (PHK) yang marak belakangan ini.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, 20 ribu massa buruh tersebut berasal dari berbagai serikat pekerja yang ada di wilayah Jabodetabek. Aksi akan diawali di depan Istana Negara.

"Aksi ini besar-besaran, sekitar 20 ribu buruh se-Jabodetabek. Titik kumpulnya di Patung Kuda (Jalan MH Thamrin) depan Gedung Indosat jam 10.00 WIB," ujarnya di Jakarta.

Baca Juga

  • Buruh Kembali Demo Tolak PP Pengupahan
  • Ribuan Buruh Akan Bergerak dari Patung Kuda Menuju Istana
  • Di Bawah Guyuran Hujan, Ratusan Buruh Geruduk Gedung DPR

Source: liputan6.com
Kemenperin Yakin Ford Belum Tinggalkan Pasar Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Ford memutuskan untuk menghentikan penjualan kendaraan roda empatnya di Indonesia. Produsen otomotif asal Amerika Serikat itu pun menutup seluruh dealer di Indonesia.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, meskipun memutuskan untuk menutup seluruh dealer, namun penjualan Ford di Indonesia terbilang bagus.

Ford dikatakan mampu menjual sekitar 6.000-7.000 unit mobil per tahun. "Ford bisa jual 6.000-7.000 unit. BMW saja yang punya pabrik perakitannya di Indonesia penjualannya tidak sampai 1.000 unit. Mercedes yang sudah lama di Indonesia tidak sampai 2.000 unit," ujarnya di Jakarta, seperti ditulis Sabtu (6/2/2016).

Terlepas dari penutupan dealer, lanjut Putu, Ford bisa saja tengah mempersiapkan strategi untuk kembali menanamkan investasinya di Indonesia. Hal ini dilakukan General Motor (GM) yang menghentikan penjualannya di Indonesia namun kembali berinvestasi dengan menggandeng produsen otomotif China, SAIC dan Wuling. Bahkan, kini tengah melakukan pembangunan pabrik dengan nilai investasi mencapai Rp 9,7 triliun.

"Jadi, pasar Indonesia sebenarnya masih menggiurkan. Ford tidak mungkin tinggalkan Indonesia begitu saja, pasti ada strategi di balik itu. Di sini masih menarik untuk investasi, keamanan masih bagus, soal bisnis juga masih menarik," kata dia.

Seperti diketahui, PT Ford Motor Indonesia (FMI) resmi mengumumkan akan berhenti beroperasi di Indonesia mulai paruh kedua tahun ini.

Baca Juga

  • Ford Ternyata Untung Besar di 2015
  • Terungkap, Ini Penyebab Ford `Ompong` di Indonesia
  • Pengacara Minta Ford Lapor ke Pemerintah Demi Ketenangan Konsumen

Source: liputan6.com
HK Realtindo Tanamkan Rp 440 Miliar pada Proyek Cendana Regency

Liputan6.com, Jakarta - HK Realtindo (HKR), anak usaha PT Hutama Karya (Persero) terus mengembangkan bisnisnya. Kali ini dengan menyasar kalangan menengah, perseroan meluncurkan Cendana Regency at H City yang berlokasi di Sawangan Parung Bogor.

Untuk merealisasikan proyek ini perusahaan menanamkan investasi senilai Rp 440 miliar. Proyek dibangun di atas lahan seluas 17 hektare dan menawarkan 3 tipe rumah.

"Sebagai BUMN kami ingin mendukung masyarakat untuk memenuhi kebutuhan papan. Ini juga untuk mendukung program 1 juta rumah pemerintah," jelas Direktur Komersial HK Realtindo Pagar Alam saat peletakan batu pertama (groundbreaking) Cendana Regency, Sabtu (6/2/2016).

Proyek hunian ini menawarkan tiga tipe rumah, masing-masing tipe 45/81, 51/105, dan 72/120. Dengan jumlah rumah yang tersedia sebanyak 731 unit.

Baca Juga

  • Anak Usaha BUMN Ini Kembangkan Properti di Pinggir Tol Sumatera
  • HK Realtindo Targetkan Penjualan Rp 55 Miliar di REI Expo 2015
  • Anak Usaha Hutama Karya Terbitkan Surat Utang Rp 550 Miliar

Source: liputan6.com
Pengusaha dan Buruh Diminta Perbaiki Komunikasi

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menilai maraknya aksi unjuk rasa dan mogok yang digelar buruh selama ini karena kurangnya komunikasi antar perusahaan dengan buruh.

Direktur Pencegahan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industri (P3HI) Kemnaker Sahat Sinurat mengatakan ‎jika komunikasi ini bisa ditingkatkan, aksi mogok dan unjuk rasa ini bisa terhindarkan.

Menurut dia, masalah hak-hak yang belum dipenuhi perusahaan seharusnya bisa diselesaikan secara bipartit jika ada komunikasi yang baik antara perusahaan dan buruh.

‎"Mogok karena komunikasi kurang maksimal. Ini kita sepakati. Mogok dan demo ini kan karena ada hak-hak pekerja yang tidak terpenuhi, kemudian ditambah lagi komunikasinya tidak ada‎," ujar dia di Jakarta, Sabtu (6/2/2016).

Menurut dia, sudah saatnya perusahaan-perusahaan yang ada di dalam negeri mulai membangun komunikasi yang baik secara bipartit.

Dengan demikian, keinginan baik dari perusahaan maupun buruh bisa dirundingkan dengan baik tanpa harus ada aksi-aksi unjuk rasa.

"Ini sekarang kan (antara perusahaan dan pekerja) kurang dialog, kurang kepercayaan, dan kurang kejujuran. Selain industrinya, peran pekerja juga sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan industri kita,"‎ katanya.

‎Pada hari ini sekitar 20 ribu massa buruh berencana turun ke jalan melakukan aksi unjuk rasa di depan Istana Negara dan Mahkamah Agung (MA).

Dalam aksi tersebut, buruh akan menyuarakan sejumlah tuntutan. Salah satunya soal pemutusan isu hubungan kerja (PHK) yang marak belakangan ini.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan 20 ribu massa buruh tersebut berasal dari berbagai serikat pekerja yang ada di wilayah Jabodetabek. Aksi akan diawali di depan Istana Negara.

Baca Juga

  • Menaker Minta Pengusaha Tahan Diri dari Kebijakan PHK Buruh
  • Banyak PHK, RI Jadi Korban Persaingan Bisnis Jepang dengan China?
  • Banyak PHK, Ini Reaksi Menko Darmin dan Menkeu Bambang

Source: liputan6.com
Buruh Klaim 6.700 Pekerja Terkena PHK, Ini Rinciannya

Liputan6.com, Jakarta - Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) kembali merilis daftar perusahaan dan jumlah tenaga kerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) di Indonesia. Dalam daftar tersebut, setidaknya sekitar 6.754 orang terkena PHK.

Presiden KSPI Said Iqbal menduga Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan asosiasi pengusaha seperti Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) tidak mengumumkan ribuan PHK buruh ini karena dua faktor.

Pertama, pemerintah ingin menutupi angka PHK tersebut karena khawatir dianggap gagal dalam menjalankan paket kebijakan ekonominya,

"Sekarang sudah ramai di media tentang PHK ini tetapi pemerintah belum juga mengumumkan angka PHK sedikit demi sedikit," ujar dia di Jakarta, Sabtu (6/2/2016).

Namun, jika nantinya Kemnaker sebagai perwakilan pemerintah mengumumkan angka PHK ini,  Apindo dan Kadin akan membenarkan dan pada ujungnya meminta insentif kepada pemerintah untuk menghentikan gelombang PHK ini.

Baca Juga

  • Menaker Minta Pengusaha Tahan Diri dari Kebijakan PHK Buruh
  • Banyak PHK, RI Jadi Korban Persaingan Bisnis Jepang dengan China?
  • Banyak PHK, Ini Reaksi Menko Darmin dan Menkeu Bambang

Source: liputan6.com
Penyerapan Tenaga Kerja di Luar Jawa Naik 15%

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi di luar Pulau Jawa pada 2015 menyerap tenaga kerja sebesar 612.026 orang. Angka ini naik 15 persen dari posisi 2014 sebesar 529.464 tenaga kerja.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan, penyerapan tenaga kerja tersebut merupakan buah dari peningkatan nilai investasi di luar Pulau Jawa yang mencapai Rp 249 triliun atau meningkat 16 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Dari sisi jumlah proyek investasi, kenaikan lebih signifikan mencapai 119 persen dari 3.421 proyek menjadi 7.506 proyek.
 
Menurut dia, kenaikan penyerapan tenaga kerja investasi di luar Pulau Jawa yang mencapai 15 persen  menunjukkan, masuknya investasi berkontribusi positif terhadap upaya penciptaan lapangan kerja.

"Ini merupakan dampak yang positif dari pemerataan investasi yang tersebar di luar Pulau Jawa, sehingga nantinya seiring dengan berkembangnya daerah-daerah di luar Pulau Jawa, tenaga kerjanya juga akan tersebar ke daerah-daerah lokasi investasi tersebut," ujar dia di Jakarta, Sabtu (6/2/2016).

Baca Juga

  • Begini Cara BKPM Kurangi PHK dan Pengangguran
  • BKPM Tawarkan Jepang Investasi di Sektor Pariwisata
  • Cara BKPM Agar RI Masuk 40 Besar Negara Ramah Investor

Source: liputan6.com
Wapres JK: Buruh Boleh Demo Asal Tak Timbulkan Masalah

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan buruh menggelar aksi di depan Istana Negara menuntut beberapa hal kepada pemerintah.

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyatakan pemerintah memang tidak akan melarang aksi demo para buruh. Namun, ia mengingatkan agar aksi demo tidak dilakukan dengan melanggar hukum.

"Demo ya silakan, ini negara demokratis, asal jangan langgar hukum. Jangan merusak keamanan, jangan keluar daripada jalur, harus sesuai aturan. Kalau tidak, akan ditindak," tegas JK di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (6/2/2016).

Aksi demo buruh berlangsung terkait maraknya langkah PHK yang dilakukan beberapa perusahaan. Seperti 2 perusahaan Jepang, Panasonic dan Toshiba yang melakukan restrukturisasi sehingga menyebabkan 2.500 pekerja dirumahkan.

Baca Juga

  • Pengusaha dan Buruh Diminta Perbaiki Komunikasi
  • Ini Penyebab Produk Jepang Kian Tergusur China
  • Buruh Berencana Gelar Aksi di Depan Istana dan MA Hari Ini

Source: liputan6.com
Cadangan Devisa RI Turun Jadi US$ 102,1 Miliar di Januari

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia akhir Januari 2016 sebesar US$ 102,1 miliar. Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan posisi akhir Desember 2015 sebesar US$ 105,9 miliar.

"Perkembangan tersebut dipengaruhi oleh kebutuhan devisa, antara lain untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah, termasuk pembayaran pokok dan bunga global bond yang jatuh tempo," Direktur Komunikasi BI Arbonas Hutabarat melalui keterangannya, Sabtu (6/2/2016).

Posisi cadangan devisa per akhir Januari 2016 tersebut dikatakan masih cukup membiayai 7,5 bulan impor atau 7,2 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Baca Juga

  • Cadangan Devisa RI Naik Jadi US$ 105,9 Miliar pada Akhir Desember
  • Cadangan Devisa Tergerus, Rupiah Turun ke 13.853 per Dolar AS
  • Cadev Menyusut, Menkeu Yakin RI Siap Hadapi Gejolak Ekonomi Dunia

Source: liputan6.com
Kemnaker Bantah Ada 10 Ribu Pekerja Bakal Terkena PHK

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) membantah akan terjadi langkah pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 10 ribu orang pada periode Januari-Maret 2016.

Prediksi ini sebelumnya disampaikan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal.

Direktur Pencegahan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industri (P3HI) Kemnaker Sahat Sinurat mengaku, hingga saat ini belum menerima laporan secara resmi dari sejumlah perusahaan yang selama ini disebut-sebut akan melakukan PHK.

‎"Tidak ada itu (PHK). Mereka belum melakukan itu. Belum ada laporan ke kita soal itu," ujarnya di Jakarta, Sabtu (6/2/2016).

Dia mencontohkan, Chevron yang selama ini gencar dikabarkan akan melakukan PHK, sejauh ini masih melakukan perundingan dengan pekerjanya.

Baca Juga

  • Menaker Minta Pengusaha Tahan Diri dari Kebijakan PHK Buruh
  • Banyak PHK, RI Jadi Korban Persaingan Bisnis Jepang dengan China?
  • Banyak PHK, Ini Reaksi Menko Darmin dan Menkeu Bambang

Source: liputan6.com
Industri Tak Khawatir Soal Kebijakan Kantong Plastik Berbayar

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengeluarkan kebijakan kantong plastik berbayar jika masyarakat berbelanja di ritel modern.

Melalui kebijakan ini diharapkan mampu menekan tingkat penggunaan plastik di Indonesia sekaligus dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Asosiasi Industri Plastik Hilir Indonesia (Aphindo) Tjokro Gunawan mengatakan sebenarnya kebijakan seperti ini bukan pertama kali diterapkan di dunia. Sejumlah negara telah menerapkan kebijakan tersebut dan terbukti mampu menurunkan jumlah konsumsi plastik.

"Ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru‎. Beberapa negara sudah melakukan itu, seperti di Hong Kong. Tetapi ini memang baru di Indonesia, dengan ada bayar maka diharapkan plastik-plastik yang dipakai itu bisa dipakai beberapa kali," ‎ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (6/2/2016).

Dia mengungkapkan, jika dilihat secara teori pengenaan biaya tambahan pada plastik yang digunakan saat berbelanja akan membuat oran‎g semakin berhemat dalam penggunaan plastik. Itu karena semakin banyak menggunakan plastik, maka biaya yang dikeluarkan akan semakin besar.

 

Baca Juga

  • Aprindo Usul Harga Kantong Plastik Berbayar Rp 200 per Lembar
  • Daftar 22 Kota yang Siap Terapkan Kantong Plastik Berbayar
  • Mulai 21 Februari, Belanja Pakai Kantong Plastik Bayar

Source: liputan6.com