Prev Febuari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
31 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
Berita Kurs Dollar pada hari Selasa, 16 Febuari 2016
9 Tips Belanja Online dan Hemat

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi yang semakin canggih agaknya berpengaruh pada gaya belanja masyarakat.

Jika dulu untuk berbelanja harus mendatangi toko dan bertatap muka dengan penjual, kini tak perlu lagi. Belanja dapat dilakukan secara online.

Tak perlu terjebak macet dan antre di kasir, hanya dengan sekali klik, barang yang diinginkan sudah bisa diterima dalam beberapa hari.

Di balik kemudahan berbelanja online, ada pula ancaman yang harus diwaspadai. Mulai dari aksi penipuan hingga belanja berlebihan. Berikut 9 tips belanja online secara hemat sekaligus aman yang bisa Anda terapkan seperti dikutip dari www.cermati.com, Selasa (16/2/2016).

1. Lakukan riset toko online

Sebelum memutuskan untuk membeli produk, sebaiknya Anda melakukan riset toko online terlebih dulu. Riset ini bisa memberikan informasi mengenai harga produk yang sama di beberapa toko online, sehingga Anda bisa membandingkannya.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui track record dari toko online di mana Anda akan membeli produk serta bisa mengetahui kebijakan toko online terkait dengan cara pembayaran dan pengiriman, termasuk juga return barang jika tidak sesuai dengan pesanan atau cacat.

2. Kenali pemilik toko online

Asyiknya belanja online, kita tak perlu bertatap muka dengan sang penjual. Namun, untuk keamanan bertransaksi sangat disarankan agar Anda mengenali pemilik toko online itu.

Biasanya setiap toko online mencantumkan nomor telepon atau live chat sebagai fasilitas bagi konsumen untuk memesan atau menanyakan informasi lebih detail tentang produk yang akan dibeli. Cobalah hubungi untuk mengetahui apakah nomor telepon tersebut nyata atau fiktif.


Source: liputan6.com
5 Langkah Agar Rencana Keuangan Berhasil

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang mungkin sadar perubahan kecil dalam pengelolaan uang bisa membawa perubahan besar pada kesehatan finansial.

Namun, tidak sedikit pula yang bingung langkah apa yang harus dilakukan untuk mengawali sebuah perubahan.

Untuk membantu Anda meraih masa depan finansial yang cerah, berikut ini lima hal yang tidak pernah telat untuk dilakukan seperti dikutip dari www.cekaja.com, :

1. Ubah prioritas belanja

Sebagai bangsa timur yang menomorsatukan keluarga, orang Indonesia lebih senang membelanjakan uang untuk bersenang-senang dengan keluarga. Contohnya seperti berlibur bersama keluarga atau sekadar makan bersama di restoran. Tapi, banyak yang kesulitan mengalokasikan uang untuk membiayainya.

Padahal, solusinya sangat sederhana. Ubah prioritas belanja dengan mengecilkan pengeluaran di satu sisi dan mengalokasikannya untuk sisi lain contohnya liburan keluarga.

Kurangi alokasi belanja yang masih mungkin diperkecil seperti belanja sepatu, pakaian atau aksesoris. Agar Anda tetap patuh pada anggaran, buatlah daftar rencana liburan bersama keluarga dan pasang di tempat yang mudah terlihat.

(Baca juga: Patut Ditiru, Ini Dia Kebiasaan Finansial Masyarakat Tionghoa yang Bisa Datangkan Kekayaan)

2. Bayar utang kartu kredit

Bagi mereka yang tertib membayar tagihan kartu kreditnya, utang kartu kredit mungkin bukan persoalan besar. Tapi, bagi mereka yang kurang bijak menggunakan kartu kredit, utang yang semula kecil bisa menumpuk, berbunga tinggi dan akhirnya menjerat.

Anda yang mengalami kondisi ini bisa manfaatkan layanan transfer balance untuk mengurangi bunga kartu kredit. Dengan bunga utang yang makin berkurang, kesempatan untuk melunasi cicilan kartu kredit makin besar.

3. Lakukan investasi

Salah satu syarat menjadi kaya adalah memulai investasi sedini mungkin. Ada berbagai jenis investasi yang bisa kita miliki mulai dari deposito, reksa dana, saham atau properti. Bagi yang baru memulai, deposito dan reksa dana adalah pilihan yang tepat.

Jangan tunggu dana terkumpul untuk memulai investasi. Sebab, beberapa produk reksa dana dan deposito menawarkan nominal investasi awal dengan jumlah yang sangat terjangkau.

4. Buat tabungan pensiun

Tabungan pensiun adalah salah satu perencanaan keuangan yang sangat penting. Semua orang tentu ingin masa pensiunnya dihabiskan tanpa terbebani masalah uang.

Untuk itu, lakukanlah perencanaan pensiun sejak sekarang. tetapkan standar hidup seperti apa yang ingin Anda jalankan saat pensiun. Perkirakan berapa biaya yang Anda butuhkan untuk menjalankan standar hidup tersebut. Lalu, pilih tabungan pensiun yang bisa mendukung rencana tersebut.

(Baca juga: Ini Alasan Mengapa Orang yang Bahagia Bisa Cepat Kaya)

5. Daftar asuransi kesehatan

Asuransi adalah produk yang dibuat untuk melindungi pemiliknya dari berbagai macam risiko. Asuransi kesehatan, misalnya, dibuat untuk melindungi pemiliknya dari berbagai risiko kesehatan yang mengancam kehidupan manusia.

Asuransi juga termasuk bagian dari perencanaan keuangan. Dengan memiliki asuransi, orang bsia terhindar dari berbagai macam biaya yang mencekik leher. (Ahm/Zul)









Source: liputan6.com
10 Perusahaan dengan Gaji dan Fasilitas Fantastis

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 57 persen pekerja saat ini menerima pekerjaan tidak hanya berdasarkan gaji, tapi juga bonus dan fasilitas.

Menurut survey yang dibuat oleh Glassdoor, Selasa (016/02/2016), di Amerika Serikat para pekerja ini tidak hanya menikmati makan siang gratis dan tempat gym atau pusat kebugaran di kantor.

Mereka juga mencari perusahaan yang memberikan fasilitas unik, seperti cuti panjang untuk para orang tua yang baru punya anak, tiket masuk wahana hiburan gratis, dan lainnya.

Berikut 10 perusahaan yang memberikan bonus dan fasilitas terbaik untuk karyawannya:

1. Netflix

Perusahaan ini memberikan satu tahun cuti dalam tanggungan untuk karyawan dan karyawatinya yang baru memiliki anak. Netflix juga memberikan kesempatan pada orang tua baru ini untuk bekerja sementara atau penuh sepanjang setahun itu.

2. REI

Produsen peralatan olah raga outdoor ini mendorong karyawannya untuk berlibur menikmati alam. Perusahaan bahkan membayar biaya liburan itu yang disebut "Yay Days".

3. Salesforce

Karyawan perusahaan ini mendapat enam hari libur untuk bekerja sukarela. Bahkan kalau karyawan memakai semua hari itu, maka perusahaan memberikan seribu dolar AS sebagai sumbangan untuk yayasan yang mereka tuju.

4. Spotify

Untuk para ayah baru, Spotify memberikan cuti dalam tanggungan sebanyak enam bulan. Plus, satu bulan bekerja fleksibel setelah kembali ke kantor. Perusahaan bahkan menyediakan dana bagi karyawati yang ingin membekukan sel telurnya atau karyawan lain yang membutuhkan bantuan soal kesuburan.

5. World Wildlife Fund

Karyawan yayasan nirlaba ini mendapat libur setiap Jum`at, yang disebut "Panda Fridays".


Source: liputan6.com
Nominasi Piala Oscar Bakal Dapat Bingkisan Rp 5 Miliar

Liputan6.com, Jakarta Pada ajang penganugerahan pelaku perfilman Hollywood, Oscar, tahun ini bukan hanya bakal dihadiri para aktris dan aktor dengan penampilan gemerlap, tapi juga goodie bag alias bingkisan yang fantastis.

Ini bukan sekedar barang cinderamata setelah menghadiri acara ulang tahun. Beberapa item yang khusus diberikan kepada nominasi penghargaan itu harganya terbilang `wow`.

Dilansir dari NZ Herald, Selasa (15/2/2016), perkiraan seluruh isi goodie bag itu mencapai US$ 380 ribu atau sekitar Rp 5,08 miliar (kurs: Rp 13.370/dolar). Ada barang yang berisi sex toy khusus perempuan dari Nuelle Fiera Arouser seharga US$ 370.

Lalu, ada juga voucher menaikkan payudara ala vampir seharga US$ 2.800. Dengan voucher ini para aktris bisa memperbaiki bentuk payu daranya dengan memakai darahnya sendiri. Teknik tersebut sedang menjadi tren di Los Angeles, AS.

Yang paling mahal adalah tiket first class dan tur keliling Israel seharga US$ 68 ribu. Ada pula voucher gratis menyewa mobil dan tur 15 hari di Jepang senilai US$ 65 ribu.

Barang-barang lainnya yang diberikan, antara lain tisu toilet terlembut, perawatan kulit paling canggih, paket spa, sesi fitness bersama pelatih pribadi, coklat M&Ms yang dibuat khusus seharga US$ 500, perhiasan, wine, dan vodka premium.

Semua barang itu diatur dan dibagikan oleh perusahaan asal Los Angeles, Distinctive Assets. Perusahaan ini mengatakan, pihaknya sering mendapat pertanyaan untuk apa selebriti miliarder mendapatkan barang-barang tersebut.

"Pertanyaan mendasar ini adalah gabungan antara kebutuhan dan rasa terima kasih. Kami sekedar mengucapkan terima kasih kepada orang-orang itu," kata pernyataan tertulis Distinctive Assets, seperti ditulis NZ Herald.


Source: liputan6.com
Nominator Piala Oscar Bakal Dapat Bingkisan Rp 5 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Pada ajang penganugerahan pelaku perfilman Hollywood, Oscar, tahun ini bukan hanya bakal dihadiri para aktris dan aktor dengan penampilan gemerlap, tapi juga goodie bag alias bingkisan yang fantastis.

Ini bukan sekedar barang cinderamata setelah menghadiri acara ulang tahun. Beberapa item yang khusus diberikan kepada nominasi penghargaan itu harganya terbilang `wow`.

Dilansir dari NZ Herald, Selasa (15/2/2016), perkiraan seluruh isi goodie bag itu mencapai US$ 380 ribu atau sekitar Rp 5,08 miliar (kurs: Rp 13.370/dolar). Ada barang yang berisi sex toy khusus perempuan dari Nuelle Fiera Arouser seharga US$ 370.

Lalu, ada juga voucher menaikkan payudara ala vampir seharga US$ 2.800. Dengan voucher ini para aktris bisa memperbaiki bentuk payu daranya dengan memakai darahnya sendiri. Teknik tersebut sedang menjadi tren di Los Angeles, AS.

Yang paling mahal adalah tiket first class dan tur keliling Israel seharga US$ 68 ribu. Ada pula voucher gratis menyewa mobil dan tur 15 hari di Jepang senilai US$ 65 ribu.

Barang-barang lainnya yang diberikan, antara lain tisu toilet terlembut, perawatan kulit paling canggih, paket spa, sesi fitness bersama pelatih pribadi, coklat M&Ms yang dibuat khusus seharga US$ 500, perhiasan, wine, dan vodka premium.

Semua barang itu diatur dan dibagikan oleh perusahaan asal Los Angeles, Distinctive Assets. Perusahaan ini mengatakan, pihaknya sering mendapat pertanyaan untuk apa selebriti miliarder mendapatkan barang-barang tersebut.

"Pertanyaan mendasar ini adalah gabungan antara kebutuhan dan rasa terima kasih. Kami sekedar mengucapkan terima kasih kepada orang-orang itu," kata pernyataan tertulis Distinctive Assets, seperti ditulis NZ Herald.


Source: liputan6.com
Gerak IHSG Diproyeksi Variatif

Liputan6.com, Jakarta Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi bergerak variatif dengan kecenderungan menguat pada perdagangan saham Selasa pekan ini.

Analis PT Reliance Securities Lanjar Nafi menerangkan, pada perdagangan saham kemarin ‎mayorits Bursa Asia berbalik arah menguat karena pelaku pasar menilai pelemahan ekuitas telah cukup berlebihan. Sementara, otoritas Bursa moneter Eropa dan Jepang memberi isyarat untuk memberi stimulus tambahan untuk menopang ekonomi global.

"Bank Sentral China pun kembali meningkatkan upaya untuk memulihkan stabilitas mata uang dan perekonomian bangsa. (Itu) sebagai pemecah pernyataan depresiasi yuan yang tanpa batas meskipun depresiasi yuan belum menunjukan hasil dikarenakan tingkat ekspor China bulan Januari masih menurun di level minus 11,2 persen dari minus 1,4 persen di periode yang sama tahun lalu," kata dia dalam ulasannya, di Jakarta, Selasa (15/2/2016).

 

Baca Juga

  • Pemodal Lokal Beli Saham, IHSG Naik 26 Poin
  • RI Cetak Surplus US$ 50 Juta, IHSG Naik 23 Poin
  • Bursa Saham Asia Angkat IHSG 35 Poin

Source: liputan6.com
IPO BUMN Bantu Gairahkan Pasar Modal RI

Liputan6.com, Jakarta - Penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mendongkrak pasar modal Indonesia baik dari sisi pertambahan investor dan dari sisi peningkatan kapitalisasi pasar saham.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio menuturkan, perusahaan BUMN memiliki bisnis yang bagus dan sehat. Apalagi juga dimiliki oleh pemerintah. Ini dapat menjadi modal bagi investor dan calon investor yang ingin berinvestasi di pasar modal.

"Kepercayaan itu besar apalagi milik pemerintah. Dengan privatisasi juga membantu pasar modal Indonesia. Investor lama senang dan menjaring investor baru. Karena bila saham BUMN dilepas ke publik maka investor baru juga ingin masuk," ujar Tito saat dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Selasa (16/2/2016).

Karena itu, ia mengharapkan pemerintah dapat mendorong BUMN melepas saham ke publik setiap tahun. Selain itu, ada juga diberikan insentif kepada BUMN yang ingin melepas sahamnya ke publik.

"Kalau di luar negeri BUMN yang melepas saham ke publik maka ada program khusus untuk dana pensiun dengan diberikan voucher atau diskon," kata Tito.

Baca Juga

  • Regulasi Jadi Tantangan bagi Emiten BUMN
  • Melantai di Bursa, BUMN Jadi Milik Asing?
  • Melantai di Bursa, Ini Untungnya Buat BUMN

Source: liputan6.com
Yuan Stabil Picu Bursa Saham Global Menguat

Liputan6.com, New York - Bursa saham global melonjak pada perdagangan saham di awal pekan ini setelah bank sentral China menguatkan yuan dan harga minyak kembali naik. Hal itu meredakan kekhawatiran terhadap deflasi global.

Reli bursa saham terjadi di tengah rilis data ekonomi China dan Jepang yang kurang begitu bagus. Hal itu terjadi lantaran permintaan aset investasi relatif aman juga memudar. Akan tetapi, pelaku pasar tetap waspada terutama pertumbuhan dan kesehatan di sektor keuangan.

Bursa saham Eropa pun naik tiga persen setelah hampir 10 persen merosot dalam dua pekan ini. Pergerakan bursa saham Eropa ini mengikuti bursa Asia yang menguat di awal pekan.

Indeks saham MSCI Asia Pasifik di luar Jepang naik 2,3 persen. Indeks saham Jepang Nikkei melonjak tujuh persen di awal pekan ini meski ekonomi alami kontraksi sekitar 1,4 persen.

Baca Juga

  • Bursa Saham Asia Bangkit di Awal Pekan
  • Bursa Saham Asia Angkat IHSG 35 Poin
  • Pemodal Lokal Beli Saham, IHSG Naik 26 Poin

Source: liputan6.com
Rencana OPEC Bikin Harga Minyak Melonjak

Liputan6.com, New York - Harga minyak dunia menguat pada perdagangan awal pekan ini setelah mendapatkan harapan pemotongan produksi minyak. Langkah tersebut untuk membantu menyeimbangkan kelebihan pasokan di pasar.

Di New York Mercantile Exchange, harga minyak mentah light sweet untuk pengiriman Maret naik 39 sen atau 1,4 persen ke level US$ 29,83 per barel. Harga minyak mentah Brent untuk pengiriman April naik 0,9 persen atau 31 sen menjadi US$ 33,67 per barel.

Kenaikan harga minyak terjadi di tengah pembicaraan lanjutan antara anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC). Pembicaraan itu menjadi harapan di tengah OPEC akan menyetujui pemotongan pasokan.

Harga minyak mentah berjangka naik 12 persen pada Jumat pekan lalu. Kenaikan itu terbesar sejak 2009 setelah Menteri Energi Uni Emirat menyatakan negara-negara OPEC siap untuk bekerja sama tentang kemungkinan pengurangan produksi.

Baca Juga

  • Harga Minyak Turun Jadi Momen Tingkatkan Ketahanan Energi
  • Peninjauan Kembali Harga BBM Bakal Dilakukan pada Maret
  • Harga Minyak Dunia Meroket Sambut Rencana OPEC

Source: liputan6.com
Aksi Ambil Untung Tekan Harga Emas

Liputan6.com, Chicago - Harga emas berjangka turun pada awal pekan ini dipicu aksi ambil untung dan bursa saham Jepang melonjak tujuh persen.

Harga emas untuk pengiriman April turun US$ 28,20 atau 2,3 persen menjadi US$ 1.211,10 per ounce. Harga emas naik sekitar 7,1 persen pada pekan lalu. Harga perak merosot 48 sen atau tiga persen menjadi US$ 15,30. Pada pekan lalu harga perak naik hampir 6,9 persen. Demikian mengutip laman Marketwatch, Selasa (16/2/2016).

Pada pekan lalu, ada aksi beli untuk logam mulia seiring bursa saham melemah dan harapan bank sentral Amerika Serikat menunda kenaikan suku bunga. Analis Commerzbank pun menilai, investor pun akhirnya memanfaatkan aksi ambil untung setelah reli besar pada pekan lalu.

Baca Juga

  • Awal Pekan, Harga Emas Antam Naik Rp 1.000 per Gram
  • Harga Emas Turun Dipicu Aksi Ambil Untung
  • Harga Emas Antam Melonjak Rp 12 Ribu per Gram

Source: liputan6.com
Ekspor Kendaraan Tempur Buatan RI Laris Manis di Eropa

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingginya peminat kendaraan tempur buatan Indonesia oleh negara lain. Terbukti dengan kenaikan ekspor kendaraan tempur yang naik signifikan sepanjang 2015 dibanding 2014.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Sasmito Hadi Wibowo menyatakan, nilai ekspor kendaraan tempur Indonesia mencapai US$ 401,98 juta pada 2015. Realisasi ini melonjak drastis dari pencapaian pada periode tahun sebelumnya senilai US$ 143,70 juta.

"Khusus di Januari 2016, ekspor kendaraan tempur kita ke luar negeri mencapai US$ 41,45 juta," kata Sasmito saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Baca Juga

  • PMN Cair, Pindad Siap Produksi Kendaraan Tempur Lebih Banyak
  • Pindad Gandeng 3 Perusahaan Alat Tempur Internasional
  • Impor Gandum Melonjak pada 2016

Source: liputan6.com
Kendaraan Tempur Buatan RI Laris Manis ke Eropa

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingginya peminat kendaraan tempur buatan Indonesia oleh negara lain. Terbukti dengan kenaikan ekspor kendaraan tempur yang naik signifikan sepanjang 2015 dibanding 2014.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Sasmito Hadi Wibowo menyatakan, nilai ekspor kendaraan tempur Indonesia mencapai US$ 401,98 juta pada 2015. Realisasi ini melonjak drastis dari pencapaian pada periode tahun sebelumnya senilai US$ 143,70 juta.

"Khusus di Januari 2016, ekspor kendaraan tempur kita ke luar negeri mencapai US$ 41,45 juta," kata Sasmito saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Baca Juga

  • PMN Cair, Pindad Siap Produksi Kendaraan Tempur Lebih Banyak
  • Pindad Gandeng 3 Perusahaan Alat Tempur Internasional
  • Impor Gandum Melonjak pada 2016

Source: liputan6.com
Jokowi Harap Perdagangan RI dan Vietnam Meningkat

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan Indonesia dan Vietnam dapat meningkatkan kerja sama untuk mewujudkan target perdagangan mencapai US$ 10 miliar pada 2018. Hingga 2015, perdagangan Indonesia dan Vietnam telah mencapai US$ 5,3 miliar.

Jokowi menyampaikan hal itu saat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Tan Dung di ruang pertemuan Miramonte, Indian Wells, California pada Senin 15 Februari 2016 sebelum menghadiri KTT ASEAN-AS.

Dalam pertemuan itu membahas kerja sama perdagangan dan investasi, hasil delimitasi batas maritim Indonesia dan Vietnam serta rencana kunjungan kenegaraan ke Vietnam.

Baca Juga

  • Jokowi: TPP Tidak Akan Dibahas dalam US-ASEAN Summit
  • PM Nguyen Tan Undang Presiden Jokowi Berkunjung ke Vietnam
  • Soal Perdagangan, Mendag Lembong Paling Takut pada Vietnam

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Merosot Rp 8.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga jual emas PT Aneka Tambang Tbk/Antam (ANTM) merosot pada perdagangan saham Selasa pekan ini. Hal ini mengikuti harga emas global yang tertekan.

Harga jual emas PT Aneka Tambang Tbk turun Rp 8.000 menjadi Rp 566 ribu per gram pada Selasa (16/2/2016). Sementara itu, harga pembelian kembali (buyback) emas Antam turun Rp 9.000 menjadi Rp 505 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 505 ribu per gram.

"Pembayaran buyback dengan volume di atas 1 kg akan dilakukan maksimal 2 hari setelah transaksi dengan mengacu kepada harga buyback hari transaksi," tulis manajemen Antam.

Baca Juga

  • Awal Pekan, Harga Emas Antam Naik Rp 1.000 per Gram
  • Aksi Ambil Untung Tekan Harga Emas
  • Harga Emas Antam Melonjak Rp 12 Ribu per Gram

Source: liputan6.com
Gelar Rakor, Menteri Jonan Satukan Pandangan Pusat dan Daerah

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengundang para gubernur untuk terlibat dalam rapat koordinasi. Dalam rapat ini Menteri Jonan ingin menyatukan pandangan sehingga kebijakan pemerintah pusat dengan kebutuhan masyarakat di daerah dapat tepat sasaran.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, pertemuan dengan para gubernur yang berlangsung pada 11-12 Februari 2016 tersebut dimaksudkan untuk mensinkronkan program transportasi antara pemerintah pusat dengan daerah. Selain itu, rapat tersebut juga untuk mendapatkan masukan dari pemerintah daerah dalam penyusunan RAPBN 2017.

Pada pertemuan tersebut, Menteri Perhubungan memaparkan pelaksanaan program transportasi di seluruh provinsi yang tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2016. Menteri Perhubungan juga mempersilahkan para Direktur Jenderal dan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) untuk menyampaikan secara rinci lokasi pembangunan Sub Sektor Perhubungan Darat, Laut, Udara, Perkeretaapian dan sekolah-sekolah di masing-masing provinsi beserta dengan besaran anggarannya.

Baca Juga

  • Menhub Jonan: Kemenhub Tak Hambat Proyek Kereta Cepat
  • Menhub Jonan Tegaskan Tak Ada Jaminan Finansial Buat Kereta Cepat
  • Bangun Moda Transportasi, Menhub Jonan Kumpulkan Seluruh Gubernur

Source: liputan6.com
BUMN Mesti Sehat untuk Tawarkan Saham

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) ‎mendorong perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk melantai Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan begitu, BUMN akan mendapatkan modal lebih mudah, lalu dari segi transparansi lebih baik.

Ekonom Lana Soelistyaningsih mengatakan, untuk melepas saham kondisi BUMN mesti sehat. Hal tersebut diperlukan untuk mengangkat pasar.

"‎Mesti BUMN menarik, karena terakhir BUMN belum bisa mengangkat, Garuda dan Krakatau Steel," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Lana mengatakan, pelaku pasar sedang kekurangan pilihan saham. Dia juga mengatakan, sebagian besar harga saham juga terlampau mahal.

Lana menuturkan, penawaran saham BUMN akan menjadi alternatif pelaku pasar untuk memenuhi kebutuhan saham tersebut.‎

Baca Juga

  • IPO BUMN Bantu Gairahkan Pasar Modal RI
  • Regulasi Jadi Tantangan bagi Emiten BUMN
  • Melantai di Bursa, BUMN Jadi Milik Asing?

Source: liputan6.com
Cari Apartemen Harga Rp 200 Juta di Bekasi? Yuk, Simak Ini

Liputan6.com, Jakarta - Tinggal di apartemen kini tak hanya menjadi monopoli warga Jakarta saja. Lantaran, belakangan ini pembangunan hunian vertikal sudah menyebar ke kota-kota lain, terutama kota penyangga Ibukota.

Salah satu kota yang sedang getol membangun apartemen adalah Bekasi. Riset yang dilakukan Cushman & Wakefield membuktikan, ada sebanyak 16.327 unit pasokan baru yang berasal dari 22 proyek diluncurkan ke pasar memasuki 2015. Bekasi menjadi kontributor utama dengan 5.010 unit atau sekitar 30,7 persen.

Pembangunan proyek apartemen memang lebih populer ketimbang perumahan. Menurut Kepala Dinas Tata Kota Bekasi, A. Koswara, pemerintah kota (Pemkot) Bekasi membuat regulasi bangunan high rise lantaran kawasan hunian makin menyusut.

Dari 9.500 hektar lahan yang diperuntukkan sebagai kawasan hunian, kini tinggal 1.700 hektar saja. Kehadiran ekspatriat dari level manajer ke atas juga mendorong peningkatan permintaan apartemen.

Untuk Anda yang mencari apartemen dengan harga relatif terjangkau dan akses transportasi mudah, Anda bisa memburu tiga apartemen rekomendasi Rumah.com, seperti ditulis Selasa (16/2/2016):

1. Tamansari Urbano

Lokasinya yang hanya berjarak 150 meter dari stasiun KRL Bekasi menjadi keunggulan bagi apartemen ini. Apartemen ini membidik konsumen kaum urban yang muda dan aktif.

Tamansari Urbano menyediakan beberapa fasilitas untuk memanjakan para penghuninya. Gaya hidup sehat pun menjadi nilai utama yang ditawarkan.

Apartemen ini tidak hanya dilengkapi oleh kolam renang, namun juga trek bersepeda dan pusat kebugaran untuk menggerakkan badan Anda di tengah waktu yang terbatas.

Tak hanya itu, jika Anda ingin mengadakan pesta barbekiu atau sekadar membeli bahan baku untuk memasak bersama keluarga, tersedia supermarket segar dan barbecue pit untuk mengakomodir kebutuhan Anda.

Soal harga, apartemen ini masih menawarkan kisaran yang setingkat dengan beberapa hunian vertikal di area Bekasi Kota. Untuk unit studio dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 250 jutaan untuk studio, sedangkan itu Rp 400 jutaan untuk unit dua bedroom.

2. Kota Swarnabumi Cikunir

Selain kereta listrik, Light Rail Transit atau LRT juga tengah menjadi proyek transportasi alternatif yang dinanti masyarakat commuter. Bagi Anda yang ingin memiliki hunian dekat pemberhentian LRT, Apartemen Kota Swarnabumi membidik lokasi terdekat di daerah Cikunir. Selain itu, hunian vertikal ini juga relatif dekat dari gerbang tol Jati Asih 1.

Apartemen ini menawarkan promosi seperti DP 0 persen, angsuran ringan mulai Rp 2 jutaan sampai dengan masa pinjaman maksimal 20 tahun. Soal fasilitas, mereka menawarkan fasilitas penitipan anak, children playground, laundry serta outlet makanan dan minuman.

Untuk para pekerja, Kota Swarnabhumi melengkapi towernya dengan ruang bisnis yang dilengkapi oleh akses internet cepat. Harganya Rp 200 jutaan, yang terdiri dari unit studio dan dua kamar tidur.

3. Riverview Residence Tahap 2

PT Jababeka Tbk dan PT PP Properti Tbk bekerja sama untuk mengembangkan apartemen sederhana milik (anami) Riverview Residence di kawasan Jababeka.

Hunian vertikal ini berdiri di area seluas 5.600 ha di Cikarang, Jawa Barat. Menurut GM Marketing Jababeka Gary Juwono, Riverview Residence telah sukses memasarkan tahap pertama sebanyak 264 unit.

Berharap mendulang kesuksesan serupa, Riverview Residence tahap dua diluncurkan dengan harga mulai dari Rp 205 juta untuk unit studio. Apartemen ini dilengkapi dengan fitness center, kamera CCTV di setiap lantai, commercial area dan public service area. Jika mulai beroperasi, exit tol KM29 akan mempermudah akses transportasi dari apartemen ke daerah lain di Ibukota. (Isnaini K/Ahm)


Source: liputan6.com
IHSG Naik Terbatas di Awal Sesi

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau pada perdagangan saham Selasa pekan ini. Akan tetapi, penguatan IHSG terbatas.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Selasa (16/2/2016), IHSG naik tipis 5,2 poin atau 0,11 persen ke level 4.745,99. Penguatan IHSG berlanjut pada pukul 09.00 WIB. IHSG naik 12,99 poin ke level 4.753,71. Indeks saham LQ45 naik 0,40 persen ke level 834,42. Seluruh indeks saham acuan kompak menghijau pada pagi ini.

Ada sebanyak 76 saham menguat sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. Sedangkan 15 saham melemah dan 46 saham lainnya diam di tempat.

IHSG sempat berada di level tertinggi 4.757,12 dan terendah 4.745,72 pada Selasa pagi ini. Transaksi perdagangan saham cukup ramai di awal sesi.

Baca Juga

  • IHSG Berpeluang Menguat, Amati Delapan Saham Ini
  • Gerak IHSG Diproyeksi Variatif
  • Usai Reli, Bursa Saham Asia Konsolidasi

Source: liputan6.com
Ini yang Bikin Ekonomi Indonesia Lebih Baik dari Negara Lain

Liputan6.com, Jakarta - Aliran dana asing terus masuk ke Indonesia di awal tahun ini. Tak heran, jika hal tersebut berdampak pada penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Ekonom Universitas Gadjah Mada (UGM) Tony Prasetiantono ‎ ‎mengatakan, masuknya aliran dana asing ke Indonesia tersebut terdorong oleh faktor dari dalam dan eksternal. Dari internal, dipengaruhi rilis data-data ekonomi yang cenderung positif.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV 2015 mencapai 5 persen. Angka tersebut di atas level psikologis di mana pa‎da kuartal sebelumnya hanya berkisar 4,7 persen. "Menurut saya 5 persen itu angka psikologis karena memberikan harapan ke pasar," kata dia di Jakarta, Senin malam (15/2/2016).

Sedangkan Dari eksternal, lanjut Tony, karena kurang menariknya investasi di negara berkembang selain Indonesia. Sebut saja China yang sekarang kurang kompetitif akibat upah buruh yang terus naik.

Baca Juga

  • Rupiah Mampu Bertahan di Kisaran 13.475 per Dolar AS
  • OJK: Ekonomi RI Menunjukkan Tren Positif
  • BI Yakin Pertumbuhan Ekonomi Sesuai Target

Source: liputan6.com
Presiden Jokowi: Ekonomi Digital Dukung Pengembangan UMKM

Liputan6.com, Jakarta - Special ASEAN-US Summit merupakan kesempatan baik guna memperkokoh hubungan ASEAN dengan Amerika Serikat (AS) terutama di bidang ekonomi.‎ Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam gelaran ASEAN-US Summit Reatreat I yang dilaksanakan di Interactive Gallery, Sunnylands Center & Gardens, California, AS pada Senin, 15 Februari 2016 kemarin.

Dalam sesi yang mengusung tema ‘Promoting an Innovative, Entrepreneurial ASEAN Economic Community’, Presiden menekankan dua prioritas yang perlu mendapatkan perhatian ASEAN dan AS. Dua prioritas utama itu adalah kerjasama UMKM serta teknologi dan ekonomi digital.

Jokowi melanjutkan, Kerjasama UMKM perlu diutamakan karena UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dan ASEAN. Sekitar 88,8 persen hingga 99,9 persen bentuk usaha di ASEAN adalah UMKM, dan menyerap 51,7 persen hingga 97,2 persen tenaga kerja di ASEAN.

“UMKM yang memiliki daya tahan tinggi mampu menopang perekonomian negara, bahkan saat terjadi krisis global”. jelas Jokowi seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa (16/2/2016).

Baca Juga

  • Tiba di California, Jokowi Bermalam di Indian Wells
  • Hadiri US-ASEAN Summit, Jokowi Terbang ke Amerika Pagi Ini
  • ASEAN-US Akan Kerja Sama Lawan Terorisme

Source: liputan6.com
Tantangan Terbesar Ekonomi RI pada 2016

Liputan6.com, Jakarta - Ekonomi Indonesia masih belum seutuhnya terlepas dari tantangan pada 2016. Lantaran, harga minyak dunia belum bisa diprediksi.

Ekonom Universitas Gadjah Mada (UGM) Tony Prasetiantono ‎ mengatakan, harga minyak dunia tertekan berdampak pada kelesuan investasi di sektor minyak dan gas (migas). Hal tersebut memberikan dampak berkelanjutan pada sektor lain.

"Kalau minyak turun 20 persen positif karena mengurangi inflasi, logistik cost.  Kalau turunnya 75 persen negatif. Semua ekonom juga bingung," kata dia di Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Dia menerangkan, ‎sejumlah lembaga bahkan mengatakan harga minyak dunia saat ini belum pada titik terendahnya. Hal tersebut menjadi suatu yang mengkhawatirkan.

Baca Juga

  • Paket Kebijakan 10 Tarik Minat Uni Eropa Berinvestasi di RI
  • OJK: Ekonomi RI Menunjukkan Tren Positif
  • Terdorong Belanja Negara, Ekonomi RI Mampu Tumbuh 4,7% di 2015

Source: liputan6.com
Ini Isi Tanda Mata Peserta Grammy Award yang Bernilai US$ 22 Ribu

Liputan6.com, Jakarta - Pada perhelatan tahunan Grammy Awards, Senin (15/02/2016) malam waktu setempat, banyak penyanyi yang membawa patung gramafon emas. Selain itu, ada lebih dari 150 pembawa acara dan penghibur yang bakal menyukseskan acara tersebut.

Menariknya, dalam acara ini juga memberikan suvenir alias tanda mata bagi para tamu. Dalam kalkulasi Fortune, nilai dari tanda mata tersebut mencapai lebih dari US$ 22 ribu. 

Baca Juga

  • Bermain Api di Grammy 2016, Kendrick Lamar Bikin Penonton Berdiri
  • Lagu Michael Jackson Bergema di Grammy Awards 2016
  • Ini Busana Terburuk di Red Carpet Grammy Awards 2016

Source: liputan6.com
PBOC: Ekonomi China Akan Segera Pulih

Liputan6.com, Beijing - Bank Sentral Cina telah mengeluarkan segenap kemampuannya agar stabilitas ekonomi dan nilai mata uang yuan dapat kembali pulih. Gubernur Bank Sentral China atau the People`s Bank of China Zhou Xiaochuan mengemukakan depresiasi yuan akan tidak akan berlangsung lama.

Melansir laman Bloomberg, Selasa (16/2/2016) Zhou menjelaskan kondisi perekonomian negaranya kini berangsur membaik. Keseimbangan pembayaran baik, arus keluar modal yang normal dan nilai tukar pada umunya kembali stabil terhadap nilai mata uang.

Zhou juga membantah spekulasi China berencana untuk memperketat kontrol modal. Ia mengatakan tidak perlu khawatir tentang penurunan jangka pendek dalam cadangan devisa.

"Negara ini memiliki kepemilikan yang cukup untuk pembayaran dan untuk mempertahankan stabilitas," ujar dia.

Dia menyatakan, keseimbangan neraca pembayaran internasional dan daya kompetisi internasional China cukup bagus saat ini. Dana bergulir lintas negara berada dalam ruang fluktuasi yang rasional, nilai tukar yuan dengan mata uang keranjang cukup stabil malahan naik sedikit, maka tidak terdapat dasar bagi yuan untuk terus mengalami devaluasi.

Baca Juga

  • Tantangan Terbesar Ekonomi RI pada 2016
  • BI Waspadai Pertumbuhan Ekonomi China
  • RI Harus Tarik Lebih Banyak Investasi dari China

Source: liputan6.com
Kelas Menengah Jadi Pendorong Properti 2016

Liputan6.com, Jakarta - Kalangan pengembang optimistis pasar properti tahun ini akan lebih baik dibanding 2015 karena didukung sejumlah indikator positif. Salah satunya pertumbuhan kencang kelas menengah di Indonesia yang diikuti oleh kenaikan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) setiap tahunnya.

Ketua Kehormatan DPP Real Estat Indonesia (REI) Setyo Maharso mengungkapkan, PDB per kapita atau pendapatan rata-rata penduduk kelas menengah Indonesia setiap tahun meningkat drastis dari Rp 35 juta per tahun pada 2010 menjadi Rp 59 juta pada 2015. Kondisi itu otomatis meningkatkan pengeluaran dan daya beli masyarakat termasuk untuk membeli properti.

“Artinya, kalau daya beli masyarakat naik karena pendapatan perkapitanya terangkat, maka ekonomi akan berjalan. Pertumbuhan positif kelas menengah inilah yang menjadi kekuatan besar bagi industri properti nasional,” ungkap Setyo Maharso yang ditulis Liputan6.com, Selasa (16/2/2016).

Gencarnya pembangunan infrastruktur juga menjadi pendorong geliat pasar properti. Hal itu karena banyak daerah pengembangan baru akan muncul mengikuti proyek infrastruktur yang dibangun pemerintah tersebut. NamunSetyo mengingatkan pembangunan infrastruktur juga bisa menjadi penghambat pembangunan properti di segmen menengah bawah terlebih jika tidak ada upaya pengendalian harga tanah.

Baca Juga

  • Daftar Rumah Rp 100 Jutaan di Indonesia Properti Expo 2016
  • Cari Rumah Rp 100 Jutaan? Yuk ke Indonesia Properti Expo 2016
  • Puluhan Warga Yogyakarta Tertipu Perusahaan Properti

Source: liputan6.com
Perbankan Tak Wajib Hilangkan Agunan dalam Penyaluran KUR

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) telah menjamin tidak ada agunan dalam program kredit usaha rakyat (KUR) dengan plafon pinjaman di bawah Rp 25 juta. Namun dalam praktik di lapangan masih ada bank penyalur KUR yang tetap meminta agunan.

Menanggapi hal ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, sebenarnya pemerintah tidak mengeluarkan aturan tersebut kepada bank penyalur KUR. "Kami tidak wajibkan tanpa agunan. Itu benar," ujarnya di Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Baca Juga

  • Industri E-Commerce Minta Fasilitas KUR
  • Alasan Menkop UKM Siapkan Koperasi Jadi Penyalur KUR
  • Penyaluran KUR Bertambah Jadi Rp 103,2 Triliun di 2016

Source: liputan6.com
Garuda Indonesia Cetak Untung US$ 70,02 Juta

Liputan6.com, Jakarta - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) membukukan kinerja positif pada 2015. Hal itu dilihat dari laba bersih yang diperoleh perseroan.

PT Garuda Indonesia Tbk mencatatkan laba yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk sebesar US$ 70,02 juta pada 2015. Padahal pada 2014, perseroan membukukan rugi sekitar US$ 338,43 juta. Demikian seperti dikutip dari keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/2/2016).

Akan tetapi, pendapatan perseroan turun tipis. PT Garuda Indonesia Tbk mencatatkan pendapatan turun 3,01 persen menjadi US$ 3,81 miliar pada 2015 dari periode sama tahun sebelumnya US$ 3,93 miliar.

Penerbangan berjadwal masih membukukan kontribusi terbesar ke pendapatan perseroan. Tercatat kontribusi pendapatan dari penerbangan berjadwal mencapai US$ 3,20 miliar pada 2015 dari periode sama tahun sebelumnya US$ 3,38 miliar.

Baca Juga

  • Di Singapore Air Show, Garuda Indonesia Incar Beberapa Kontrak
  • IPO Anak Usaha Jadi Program Jangka Pendek Garuda Indonesia
  • Penurunan Tarif Batas Bisa Diterima Garuda Indonesia

Source: liputan6.com
Ini Alasan Pemerintah Buka Lebar Investasi Hotel Bagi Asing

Liputan6.com, Jakarta - Keluhan pengusaha perhotelan lokal soal keterbukaan investasi asing di sektor ini, yang tertuang dalam Paket Kebijakan Ekonomi Jilid 10 menuai perhatian Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Dia mengakui, adanya keluhan salah satunya dari pengusaha perhotelan, khususnya bintang 1, 2 dan 3. Namun pemerintah dikatakan memiliki pandangan soal ini.

Ini terkait komitmen pemerintah yang tengah menggenjot pengembangan sektor pariwisata di dalam negeri. Untuk itu dibutuhkan dukungan infrastruktur penunjang seperti hotel.

"Mungkin ada yang bilang, masa hotel bintang 2 dan bintang 3 dibuka, nanti bagaimana?. Kita mau kembangkan pusat pariwisata banyak. Kalau andalkan modal dalam negeri tidak bisa, tidak cukup," ujar Darmin di Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Dia menjelaskan, banyak objek pariwisata di Indonesia yang punya potensi luar biasa. Namun sayang belum bisa berkembang dengan baik karena minimnya investasi sarana dan prasarana pendukung. Dengan dibuka investasi asing bagi perhotelan ini, diharapkan bisa menggenjot pertumbuhan pariwisata nasional.

Baca Juga

  • BKPM Tawarkan Jepang Investasi di Sektor Pariwisata
  • Ingin Investasi Apartemen dan Kondotel? Yuk Simak Ulasan Ini
  • Pengusaha Keberatan Restoran Dibuka 100% untuk Asing

Source: liputan6.com
Menko Darmin: Bank Jangan Perang Suku Bunga

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) bulanan akan kembali digelar pada 17-18 Februari 2016. Sejumlah pihak, baik pemerintah maupun kalangan pengusaha berharap otoritas moneter ini bakal menurunkan lagi tingkat suku bunga acuan (BI Rate) yang saat ini 7,25 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution masih merahasiakan apakah pemerintah akan hadir dalam RDG seperti pada rapat sebelumnya. Mantan Gubernur BI ini pun bungkam ketika ditanya mengenai kemungkinan BI memangkas kembali suku bunga acuannya.

"Tidak tahu tuh, belum. Aku belum mau komentar," tegas Darmin saat ditemui dikantornya,Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Baca Juga

  • LPS Perkirakan BI Rate di Level 7,5%
  • BI Beri Sinyal Kembali Turunkan Suku Bunga Acuan
  • BI Rate Bakal Dipangkas 50 Bps pada 2016

Source: liputan6.com
Ini Rincian Pendapatan Presiden AS

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang bertanya-tanya, berapa besaran gaji Presiden Amerika Serikat sebagai negara adidaya. Meski banyak miliarder AS yang mendapatkan bayaran tinggi di perusahaan, gaji presiden nyatanya tak sebanding.

Presiden AS mendapatkan gaji US$ 400 ribu atau sekitar Rp 5,3 miliar (kurs Rp 13.365 per dolar AS). Presiden juga mendapatkan tunjangan tambahan US$ 50 ribu per tahun atau sekitar Rp 668,2 juta. Angka tersebut meningkat dari waktu ke waktu.

Dilansir dari Business Insider, Selasa (16/2/2016), Presiden pertama AS George Washington mendapatkan, bayaran US$ 25 ribu per tahun kala dia menjabat di tahun 1789.

Besaran tersebut terdengar tidak besar, tapi jika dikonversikan berdasarkan inflasi, angka US$ 25 ribu tersebut bernilai hingga US$ 600 ribu saat ini, sekitar Rp 8 miliar.

 

Baca Juga

  • Intip Bus Kepresidenan Obama Seharga Rp 15 Miliar
  • 8 Kemewahan yang Dinikmati Obama Saat Jadi Presiden AS
  • 10 Pemimpin Negara Paling Tajir di Dunia

Source: liputan6.com
Menko Darmin: Industri Pilar Ekonomi Tak Tergantikan

Liputan6.com, Jakarta - Sektor industri di dalam negeri berperan penting bagi perekonomian nasional. Sektor ini bahkan dinilai menjadi motor dan pilar pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perindustrian bertema `Hilirisasi Pembangunan Industri Berbasis Sumber Daya Alam` di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

"Dibutuhkannya pertumbuhan sektor perindustrian karena sektor ini melahirkan devisa dari aktivitas ekspor dan kemampuannya menyerap angkatan kerja," ujar dia di Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Dia menyatakan, peranan sektor industri bahkan tidak dapat tergantikan sebagai pilar ekonomi lain. Menurutnya, ada tiga karakteristik penting industri yang tidak bisa digantikan pilar pendorong pertumbuhan ekonomi yang lain.

Pertama, menyerap tenaga kerja dari jenis industri padat karya, padat modal hingga industri yang membutuhkan pengetahuan dan berbasis teknologi tinggi.

Baca Juga

  • Menperin: Kawasan Industri Mampu Tarik Investasi
  • Kawasan Industri JIIPE Ditargetkan Beroperasi pada 2017
  • BKPM Bakal Permudah Izin Investasi untuk Sektor Konstruksi

Source: liputan6.com
Daftar DNI Diubah, Rupiah Melaju ke 13.325 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus melanjutkan penguatan pada perdagangan Selasa pekan ini. Perubahan Daftar Negatif Investasi (DNI) memberikan dampak positif terhadap rupiah. 

Mengutip Bloomberg, (16/2/2016), rupiah dibuka pada level 13.325 per dolar AS. Rupiah menguat jika dibandingkan penutupan pada perdagangan sebelumnya yang ada di level 13.378 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah berada di kisaran 13.294 - 13.399 per dolar AS. Jika dilihat dari awal tahun, rupiah telah menguat 2,90 per dolar AS.

Berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di level 13.333 per dolar AS. Level tersebut menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 13.476 per dolar AS.

Rupiah terus melaju kencang dalam empat bulan ini karena adanya optimisme akan ekonomi nasional. Keyakinan bahwa ekonomi bakal tumbuh positif tersebut membuat aliran dana asing masuk ke Indonesia.

Baca Juga

  • Rupiah Mampu Bertahan di Kisaran 13.475 per Dolar AS
  • Rupiah Masih Mampu Bertahan di 13.500 per Dolar AS
  • OJK: Penguatan Rupiah Dorong Minat Investasi

Source: liputan6.com
Belanja di Luar Negeri, Warga China Habiskan Rp 2.449 Triliun

Liputan6.com, Beijing - Sebagai salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia, daya beli orang China sangat tinggi. Konsumen China menghabiskan US$ 183 miliar tahun lalu untuk belanja di luar negeri. Besaran itu setara dengan Rp 2.449,4 triliun (kurs: 13.385 per dolar AS).

Dilansir dari Chinadaily, Selasa (16/2/2016), tahun lalu, orang China berbelanja 1,2 triliun yuan atau setara Rp 2.449 triliun di luar negeri tahun lalu. Uang sebanyak itu mereka belanjakan untuk barang mewah hingga kebutuhan sehari-hari.

Berdasarkan catatan dari konsultan pasar barang mewah, Fortune Character Group, lebih dari 60 persen konsumen itu membeli barang mewah, seperti tas tangan, kosmetik, dan gawai alias gadget.

Totalnya sekitar US$ 116,8 miliar setara dengan lebih dari Rp 1.552 triliun. Besaran itu juga setara dengan 46 persen total penjualan barang mewah di dunia.

Baca Juga

  • 4 Anak Muda Ini Jadi Orang Terkaya Berkat Sosial Media
  • Punya Banyak Harta, 6 Miliarder Ini Tetap Pilih Hidup Sederhana
  • Perjalanan Orang-orang Terkaya Dunia dari Jutawan Jadi Miliarder

Source: liputan6.com
7 Negara dengan Proyek Infrastruktur Terbesar di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Besarnya dana yang digelontorkan dalam pembangunan infrasruktur menjadi indikator bahwa suatu negara sangat berdedikasi dalam memberikan fasillitas terbaik bagi warganya.

Selain memiliki manfaat yang besar, infrastruktur juga menjadi faktor penentu keberhasilan perekonomian suatu negara. Pembangunan infrastruktur yang pesat dapat mendorong pemasukan negara dan menjadi suntikan positif pada perekonomian di negara tersebut.

Mengutip insidermoney, Selasa (16/2/2016) berikut 7 negara dengan pembangunan infrastruktur terbesar di dunia:

7. Jerman

Nilai investasi infrastruktur: US$ 20,2 miliar

Setelah penggabungan kekuasaan pada tahun 1871, pemerintah jerman memiliki tanggung jawab besar untuk memperbaiki infrastruktur di kawasan Jerman timur.

Namun dengan tekad yang besar dan kegigihan yang tinggi mereka mampu menggenjot pembangunan infrastruktur negaranya hingga kini.

6. Rusia

Nilai investasi infrastruktur: US$ 21,7 miliar

 

Menjadi negara dengan luas wilayah terbesar di dunia menjadi tantangan sendiri bagi pemerintah Rusia untuk melakukan pembangunan infrastruktur secara merata.

Untuk itu pemerintah Rusia membagi pembangunan infrastrukturnya ke dalam beberapa bagian berbeda.

5. Australia

Nilai investasi infrastruktur: US$ 23,69 miliar

Dengan wilayah yang luas, Australia mungkin dikenal sebagai salah satu negara yang sebagian besar wilayahnya merupakan dataran yang tidak terpakai.

Namun pemerintahnya terus mengerahkan cara agar pembangunan infrastruktur di negara tersebut dapat maksimal. Terbukti, Australia merupakan negara dengan investasi terbesar di pembangunan infrastruktur jalan.

 


Source: liputan6.com
Harga Jatuh, Pertamina Bor Minyak di Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI), perusahaan jasa pengeboran minyak dan gas bumi serta panas bumi ‎berekspansi ke luar negeri untuk mencari peluang saat kondisi harga minyak dunia yang merosot.

"Dengan harga minyak dunia yang terus melorot, tantangan yang harus dihadapi sangat besar, sehingga synergy and alignment harus terus dilaksanakan di antara seluruh pekerja PDSI," kata‎ Direktur Utama PDSI Lelin Eprianto, di Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Lelin menuturkan, PDSI akan melakukan ekspansi pengeboran (rig) ke luar negeri, yaitu Aljazair, Brunei Darussalam, dan Filipina pada 2016.

PDSI akan mengirim satu rig untuk dioperasikan di ladang migas di Aljazair sekitar Agustus mendatang. Rig tersebut digunakan pada ladang migas yang hak partisipasinya dimiliki oleh Pertamina.

"Sekitar Agustus rig PDSI mulai bekerja di Aljazair. Saat ini rig tersebut berada di Indramayu (Jawa Barat) untuk kegiatan sumur eksplorasi. Untuk ekspansi di Filipina, PDSI akan menyasar rig untuk pengembangan panas bumi," ujar Lelin.

Lelin menuturkan, harga minyak dunia merosot, PDSI harus mencari sumber-sumber pendapatan baru kendati harga sewa rig sudah turun lebih dari 50 persen.

Baca Juga

  • Rencana OPEC Bikin Harga Minyak Melonjak
  • Cegah Rugi, Pertamina Lakukan Efisiensi
  • Efisiensi Pertamina EP di Sumur Bekasi Capai Rp 70,1 Miliar

Source: liputan6.com
Gaikindo Optimistis Pasar Otomotif di RI Masih Menggiurkan

Liputan6.com, Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memproyeksi pasar Indonesia otomotif masih cukup menjanjikan pada tahun ini. Hal tersebut sekaligus menepis anggapan yang menyatakan perginya sejumlah merek otomotif seperti Ford dan General Motor (GM) dari Indonesia karena lesunya pasar dalam negeri.

Ketua Pengembangan Industri Otomotif Gaikindo I Made Dana Tangkas mengatakan, perginya sejumlah merek produk otomotif dari Indonesia karena telah memiliki strategi bisnis sendiri. Salah satunya yaitu dengan menghentikan penjualan.

"Kalau dilihat beberapa perusahaan otomotif punya pertimbangan-pertimbangan jangka pendek, menengah, dan panjang. Ini melibatkan global dan domestik, dan bagaimana mereka kembangkan otomotif di Indonesia. Ini bisa digalakkan oleh pelaku otomotif di Indonesia. Gaikindo bisa penuhi pasar domestik," ujarnya di Jakarta, Selasa (16/2/2016).

 

Baca Juga

  • KSPI Nilai Akan Ada Potensi PHK di Sektor Otomotif
  • Soal Pameran Otomotif, Indonesia Menang Lawan Amerika
  • Menperin Minta Jepang Bangun Industri Komponen Otomotif di RI

Source: liputan6.com
Ini Plus Minus BUMN Melantai di Bursa

Liputan6.com, Jakarta - Setiap perusahaan selalu membutuhkan tambahan modal demi mengembangkan dan meningkatkan kapasitas bisnisnya, termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Salah satu caranya untuk mendapatkan suntikan modal yaitu melalui penawaran saham ke publik atau dikenal dengan initial public offering (IPO). Tak hanya itu, emiten BUMN juga‎ memperoleh nilai lebih di mata perbankan usai menggelar IPO.

Itu hanyalah segelintir keuntungan yang diraup perusahaan yang sahamnya tercatat dan ditransaksikan secara bebas di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ternyata masih ada sejumlah keuntungan yang didapatkan perusahaan jika‎ melepas sahamnya ke publik.

 

Baca Juga

  • IPO BUMN Bantu Gairahkan Pasar Modal RI
  • Regulasi Jadi Tantangan bagi Emiten BUMN
  • Melantai di Bursa, BUMN Jadi Milik Asing?

Source: liputan6.com
Rupiah Bakal Menguat ke Level 13.000 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat valuta asing (valas) Farial Anwar memperkirakan tren penguatan rupiah bakal berlanjut seiring meredanya sentimen negatif yang datang dari negara lain. Nilai tukar rupiah diramalkan berpeluang menguat hingga ke bawah level 13.000 per dolar Amerika Serikat (AS).

"Penguatan Rupiah sangat terbuka sampai ke bawah 13.000 per dolar AS sepanjang tidak ditahan oleh Bank Indonesia (BI)," ujarnya saat dihubungi Liputan6.com,Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Baca Juga

  • Ekonom Ini Sebut Rupiah Menguat karena RI Diserbu Hot Money
  • Daftar DNI Diubah, Rupiah Melaju ke 13.325 per Dolar AS
  • Rupiah Mampu Bertahan di Kisaran 13.475 per Dolar AS

Source: liputan6.com
Schroder Indonesia Luncurkan Reksa Dana Saham Syariah Global

Liputan6.com, Jakarta - PT Schroder Investment Management Indonesia (Schroders Indonesia) meluncurkan produk reksadana global dengan nama Schroders Global Sharia Equity Fund (USD) pada Selasa (16/2/2016). Reksadana ini berbasis saham-saham syariah. 

Anggota Dewan Pengawas Syariah PT Schroder In‎vestment Indonesia Mohammad B Teguh Perwira mengatakan, produk Schroders Global Sharia Equity Fund memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya, saham pilihan yang terdapat dalam produk tersebut memenuhi prinsip syariah Islam di pasar modal.

"Masyarakat tidak perlu ragu dengan pilihan saham-saham di dalam produk ini karena telah memenuhi prinsip-prinsip syariah Islam di pasar modal. Produk ini telah melalui proses penyaringan sesuai ketentuan yang berlaku," kata dia dalam keterangan tertulis,Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Baca Juga

  • 5 Langkah Agar Rencana Keuangan Berhasil
  • Mau Untung Investasi Reksa Dana? Ini Caranya
  • BEI Bidik Tambahan 2.000 Investor dari Pesta Reksa Dana 2016

Source: liputan6.com
Produsen Pesawat Dunia Unjuk Gigi di Singapore Airshow 2016

Liputan6.com, Singapura - Singapore Airshow 2016 telah dibuka mulai hari ini di Changi Exhibition Centre, Singapura. Dijadwalkan gelaran tahunan ini akan dilaksanakan hingga 21 Februari‎.

Dari pantauan Liputan6.com di lokasi Singapore Airshow 2016, sebagian besar pelaku industri penerbangan di seluruh dunia unjuk kebolehan produk-produk terbarunya. Airbus, Boeing, Rolls Royce, hingga pembuat pesawat Sukhoi United Aircraft Corporation (UAC) ikut meramaikan Air Show ini.

"Kita coba tampilkan produk terbaru Airbus, baik untuk pesawat jenis sipil hingga militer," kata Errick, salah satu teknisi Airbus saat berbincang dengan Liputan6.com di bandara Changi, Singapura, Selasa (16/2/2016).

Menurutnya, acara ini menjadi salah satu Airshow bergengsi di dunia selain Paris Airshow. Airbus merupakan salah satu stand yang paling ramai dikunjungi para tamu.

Singapore Air Show (Ilyas P/Liputan6.com)

Sementara di Stand UAC, nampak jajaran pesawat tempur andalannya berbaris di depan stand. Salah satu yang dipasarkan adalah Sukhoi (SU) 35 yang dibeli TNI-AU, yang diklaim menjadi pesawat tempur tercanggih yang dimiliki Indonesia.

‎Untuk pabrikan jenis Helikopter, Russian Helicopter juga tak kalah ramai dikunjungi para penikmat industri penerbangan. Russian Helicopter memperkenalkan jenis helikopternya, baik jenis sipil ataupun untuk siaga bencana alam.

Tak kalah menarik, perusahaan produsen pesawat tanpa awak (drone) Elbit System juga memamerkan ‎drone tercanggihnya yang bisa diterbangkan melintasi benua. "Industri pertahanan sudah semakin maju, ini salah satu bentuk solusi untuk para pasukan militer di dunia," kata Steve, salah satu staff Elbit System.

Singapore Air Show (Ilyas P/Liputan6.com)

Pada hari pertama ini, masyarakat hanya bisa menyaksikan berbagai pameran yang disajikan di Singapore Airshow‎. Pertunjukan berbagai jenis pesawat baru akan dilaksanakan pada 20-21 Februari 2016.

Seperti diketahui, turut hadir dalam acara Singapore Airshow 2016 ini mewakili Indonesia untuk unjuk gigi di antaranya Lion Group, Garuda Indonesia, AirAsia ‎dan TNI-AU. (Ilyas/Zul)


Source: liputan6.com
Premi Terlalu Mahal, Asuransi Pertanian Kurang Diminati Petani

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menyatakan produk asuransi pertanian belum banyak diminati para petani di Indonesia. Premi sebesar Rp 30 ribu yang harus dibayarkan dianggap terlalu mahal oleh petani.

Ketua Umum AAUI Yasril Y Rasyid mengakui, PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) sebagai pengelola program asuransi pertanian sudah mulai mengimplementasikan program ini ke petani.

Sayangnya, para petani masih enggan membeli produk tersebut meskipun punya segudang manfaat terutama sebagai ganti rugi ketika gagal panen.

"Petaninya masih susah. Padahal sudah diberikan subsidi premi 80 persen dari pemerintah dari Rp 180 ribu per hektare (ha)," ujar Yasril saat dihubungi Liputan6.com diJakarta, Selasa (16/2/2016).

Baca Juga

  • Pemain Lama Industri Asuransi Punya Keuntungan Saat MEA
  • Pemerintah Tanggung Asuransi 1 Juta Nelayan Tanah Air
  • Lakukan Hal Ini, Untuk Mengurus Klaim Asuransi Anda

Source: liputan6.com