Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Minggu, 31 Januari 2016
5 Kebiasaan yang Buat Bisnis Kian Berkembang

Liputan6.com, Jakarta - Setiap manusia pasti memiliki potensi, meskipun potensi yang mereka punya berbeda-beda. Namun banyak orang mengalami kesulitan untuk mengasah potensi tersebut.

Seperti dalam berkarier, mungkin Anda dituntut untuk bisa menggali potensi. Mungkin dengan mengubah kebiasaan bisa mencapai keberhasilan.

Seperti melansir dari entrepreneur.com, Minggu (31/1/2016) terdapat empat kebiasaan yang akan menghasilkan keberhasilan dan keunggulan dalam berkarir :

1. Mempunyai tujuan

Pola pikir yang diperlukan seseorang untuk mencapai keberhasilannya adalah dengan mempunyai tujuan. Anda harus mampu berjuang untuk mencapai keberhasilan tersebut, dengan berjuang dan berusaha Anda akan menjadi trendsetter yang mendorong diri Anda ke tempat yang lebih baik.

2. Kebiasaan

Ada kebiasaan yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan, seperti Anda harus tahu alasan lebih dalam untuk membangun bisnis. Kebiasaan itu adalah emosional yang ada di dalam diri Anda, bahkan lebih dalam lagi. Kebiasaan juga akan menemukan ketekunan dan kemauan untuk berjuang.

3. Kebesaran

Untuk membuka kebesaran hidup, diri Anda harus menjadi motivator untuk membentuk masa depan. Kebasaran juga akan mendorong tindakan dan perilaku Anda, dalam berbisnis Anda juga harus memiliki misi dan visi dalam berbisnis. Siapapun yang telah mencapai kebesaran akan mendapatkan sebuah keberhasilan di akhir.

4. Keyakinan

Keyakinan Anda akan mengembangkan aturan dasar, tentang bagaimana Anda memainkan keberhasilan. Anda dapat membedakan antara keyakinan yang membatasi diri dan berpikir kecil. Keyakinan yang teguh akan menjalankan visi dan akan menghasilkan keberhasilan.

5. Nikmati proses

Anda harus menikmati proses untuk mendapatkan keberhasilan, berkomitmen untuk menentang kemungkinan, mengatasi tantangan yang besar dan mengambil jalan yang jarang dilalui orang. Anda harus menikmati setiap prosesnya, contoh Walt Disney dari seorang visioner yang selalu mengalami kemunduran dan bencana bisnis keuangan, namun mereka bertahan dengan keyakinan dalam visinya.

 


Source: liputan6.com
Mengupas Rekam Jejak Properti di Karawang

Liputan6.com, Jakarta - Karawang, dari tahun ke tahun kabupaten yang terletak di Jawa Barat ini terus menampilkan parasnya di industri properti. Berawal dari 2008 saat krisis ekonomi menimpa Indonesia, banyak masyarakat kota yang beralih mencari hunian lebih murah di pinggir Jakarta, salah satunya Karawang.

Sejak tahun itulah Karawang mulai membenahi diri guna menyuplai kebutuhan masyarakat akan hunian yang layak, berikut sarana dan prasarana umumnya. Sektor properti pun terangkat oleh beberapa pengembang lokal yang rela merogoh kocek mereka untuk membangun sebuah kawasan perumahan. Saat itu, levelnya masih di kelas menengah bawah.

Regulasinya Jelas dan Ketat

Pembangunan properti yang marak di Karawang, seiring berkembangnya kawasan industri, dikhawatirkan akan menggerus lahan pertanian. Untuk mengantisipasi hal ini, Pemda Karawang terus mengawasi secara ketat proses penerbitan izin investasi dan tak segan-segan memberikan sanksi kepada pengembang yang melanggar.

"Jika ingin membangun pabrik di Karawang itu, tidak boleh di luar kawasan industri yang sudah ditetapkan. Perumahan juga sama, tidak boleh dikembangkan di atas lahan pertanian atau sawah karena ada plotnya masing-masing. Tak hanya itu, pembangunan properti di interchange Karawang Barat juga tidak boleh melebihi batas 200 meter ke belakang dari tepi jalan," ungkap Principal LJ Hooker Karawang, Vivi Oktova Saputra, BBA, kepada Rumah.com, Minggu (31/1/2016)

Dari MBR Jadi Kelas Menengah

Pada 2013 silam, Karawang masih menjadi kawasan primadona untuk membangun hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Akan tetapi menurut Vivi, pelan-pelan masyarakat lokal di Karawang mengalami perubahan dalam taraf hidup mereka. Bila dulunya dikenal sebagai MBR, kini status itu sudah berganti.

"Semakin majunya suatu kawasan tentu berdampak pada gaya hidup masyarakat di sekitarnya, begitu pun yang terjadi di Karawang. Semenjak ada hotel mewah, perumahan kelas menengah, department store, bahkan mal level atas, kehidupan masyarakat lokal di sana meningkat secara perlahan. Apalagi jika melihat standar penetapan UMP yang dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka," tutur Vivi.

Untuk itu, saat ini masyarakat Karawang sudah mampu membeli hunian non-subsidi, dengan harga kisaran Rp 300 juta hingga Rp 500 juta.

"Rata-rata masyarakat di sana itu kerja di pabrik-pabrik besar yang ada di Karawang. Tak heran jika mereka jadi percaya diri untuk beli rumah, mengingat penghasilan per bulan yang mumpuni dan pekerjaan tetap yang dimiliki," kata Vivi.

Karawang merupakan lokasi dari beberapa kawasan industri, antara lain Karawang International Industry City KIIC, Kawasan Surya Cipta, Kawasan Bukit Indah City atau BIC di jalur Cikampek (Karawang).

Salah satu industri strategis milik negara juga memiliki fasilitasnya di deretan kawasan industri tersebut, yaitu Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia yang mencetak uang kertas, uang logam, maupun dokumen-dokumen berharga seperti paspor, pita cukai, materai dan lain sebagainya.

Masih Dominan Masyarakat Lokal

Vivi mengemukakan bahwa konsumen perumahan di Karawang masih didominasi oleh masyarakat lokal.

"Warga lokal di sana pasti tidak mau terus-terusan ngontrak di wilayah sendiri. Akhirnya mereka mengumpulkan dana untuk beli rumah meski kebanyakan di tipe-tipe sederhana, sesuai dengan kemampuannya," jelas Vivi saat ditemui di kediamannya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Menurut catatan resmi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat, masyarakat urban yang menyerbu Karawang mencapai 80 orang per hari atau 2000 orang lebih per bulan. Namun di mata Vivi, kaum urban ini belum membawa dampak signifikan terhadap sektor properti.

“Biasanya kaum urban itu menetap karena menikah dengan orang Karawang asli, lalu mereka beli rumah deh. Ada juga yang jadi warga Karawang terus sewa atau beli rumah, karena tempat bekerjanya pindah ke sini. Ini karena pabrik industri di Karawang kan ada cukup banyak,” tuturnya.

Adapun bagi kaum urban yang berada di level manajerial, tak jarang juga mereka lebih menyukai menginap di hotel. Maka dari itu tak heran jika hotel-hotel bintang tiga maupun empat di Karawang selalu dipadati pengunjung pada weekday dan sepi saat weekend.

Namun Karawang tak melulu menyediakan rumah kelas menengah ke bawah. Sejumlah industri di Karawang mempekerjakan kaum ekspatriat di level eksekutif. Karena itu, ada sejumlah perumahan kelas menengah ke atas yang dibangun untuk memenuhi pasar ini.

Namun, karena warga negara asing tidak diizinkan memiliki properti di Indonesia, maka hunian kelas menengah ke atas ini menjadi buruan investor lokal untuk disewakan kembali.

"Kalau ekspat  lebih ke sewa, pilihannya ya rumah dengan tipe menengah-atas. Pas dengan anggaran yang diberi perusahaan untuk mereka, sekitar Rp 30 juta per tahun untuk sewa rumah," tandas dia. (Fathia A/Ahm)


Source: liputan6.com
AS Negara Paling Banyak Cetak Orang Terkaya Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Orang-orang terkaya dunia tersebar di semua benua di dunia. Setiap negara pasti punya orang paling kayanya masing-masing. Namun hanya beberapa negara yang menghasilkan orang paling kaya di dunia.

Amerika Serikat adalah `rumah` bagi orang-orang terkaya dunia. Kenapa dikatakan demikian, karena kebanyakan orang-orang terkaya di dunia berasal dari Negeri Paman Sam itu.

Situs Business Insider dan Wealth X merilis 50 orang terkaya dunia di 2016. Daftar tersebut bersifat sementara kekayaan mereka bergerak dengan cepat, naik dan turun.

Nah, dari 50 orang terkaya di dunia tersebut, lebih dari separuhnya berasal dari Amerika Serikat. Daftar tersebut memuat 29 dari 50 orang terkaya di dunia tahun 2016 adalah mereka yang berasal dari AS.

Dari 29 orang tersebut memiliki sumber kekyaan yang beragam. 25 persen dari jumlah tersebut menghasilkan kekayaannya dari sektor teknologi, Karena memang diketahui Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang maju di sektor teknologi. Buktinya AS punya Silicon Valley, pusat industri teknologi.

Dilansir dari Business Insider, Sabtu (30/1/2016), beberapa contoh orang terkaya dunia yang bergerak di industri teknologi dan datang dari Amerika Serikat Bill Gates. Orang terkaya di dunia berharta lebih dari Rp 1.200 triliun ini bergerak di bidang teknologi.

Pendiri perusahaan raksasa Microsoft, Bill Gates (Kevork Djansezian/Getty Images for Masters Grand Slam Indoor/AFP)

Gates adalah pendiri dan pencipta Microsoft, sistem kendali komputer. Dia bahkan tak lulus kuliah saat hingga berhasil menciptakan Microsoft.

Orang terkaya lain adakah Mark Zuckerberg, yang juga kaya berkat teknologi. Pendiri Facebook ini juga merupakan salah satu orang kaya termuda di dunia. Zuck, yang baru dikarunia anak baru-baru ini punya kekayaan US$ 42,8 miliar atau hampir Rp 600 triliun.

Nama-nama orang terkaya lain yang berasal dari AS adalah Jeff Bezos, CEO Amazon yang juga bergerak di bidang teknologi, kemudian Warren Buffet, pemilik perusahaan investasi Berkshrie Hathaway, dan lainnya. (Zul/Ndw)


Source: liputan6.com
Otoritas Bursa Tak Campuri Emiten yang Terapkan Efisiensi

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan akan menyerahkan keputusan operasional kepada emiten. Termasuk di dalamnya pemutusan hubungan kerja/PHK karyawan.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat mengatakan, pihak otoritas bursa tak bisa mencampuri urusan tersebut.

"Bursa tidak dapat dapat mencampuri masalah operasional perusahaan," kata dia saat dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis di Jakarta, Minggu (31/1/2016).

Samsul menuturkan, pemutusan hubungan kerja merupakan masalah yang dihadapi internal emiten. Jadi, BEI tak bisa mencampuri urusan tersebut.

Baca Juga

  • Cita-Cita BEI Jadi Pasar Modal Terbesar se-ASEAN
  • Cara United Tractors Hadapi Harga Batu Bara Merosot
  • Waspadai Gelombang PHK di Sektor Industri Ini

Source: liputan6.com
6 Mainan Termahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang tua tidak membelanjakan lebih dari US$ 100 untuk membeli mainan anak-anak. Alasan paling umum karena anak cenderung lupa dan bosen dengan mainannya sehingga tidak perlu membeli yang mahal.

Tapi hal itu tidak berlaku untuk para orang terkaya dunia. Mereka bisa membeli mainan dengan harga fantastis untuk anak-anaknya. Seperti ditulis situs The Richest beberapa waktu lalu berikut enam mainan termahal di dunia seperti ditulis Minggu (31/1/2016):

1. Boneka Madame Alexander Eloise - US$ 5 juta

Kalau Anda pikir boneka Barbie sangat mahal, maka yang satu ini bisa membuat Anda lebih kaget. Boneka ini begitu trendi karena memakai baju dari Christian Dior, jaket bulu Oscar de la Renta dan aksesoris dengan kristal Svarowski plus berlian sembilan karat dari Bauman. Ada lima versi dari boneka ini dengan aksesoris dan binatang peliharaan yang berbeda-beda.

2. Mobil-mobilan Lamborghini Aventador LP - US$ 4,8 juta

Harga mobil-mobilan ini 12 kali lipat lebih mahal dari yang asli. Butuh waktu 500 jam untuk membuat model mobil tersebut, yang ukurannya hanya seperdelapan dari versi original. Ada emas, platinum, dan berlian pada setiap bagian mobil.

3. Bola sepak bola Shimansky - US$ 2,59 juta

Jangan berharap bisa menendang bola yang satu ini. Harganya selangit karena terdiri dari 2.640 berlian hitam, 6.620 berlian putih, dan 3.500 berlian Afrika. Butuh tiga bulan bagi perusahaan perhiasaan asal Afrika Selatan, Shimansky, untuk membuatnya. Bola ini tercipta dalam rangka Piala Dunia 2010 di negara tersebut.

4. Boneka beruang Louis Vuitton - US$ 2,1 juta

Ini adalah boneka beruang atau teddy bear paling trendi di dunia. Ia memakai jaket dan topi dari rumah mode Louis Vuitton. Boneka tersebut terjual pada 2000 lalu di Monako dan sekarang berada di Museum Teddy Bear, Jeju, Korea Selatan.

5. Kubus Rubik - US$ 1,5 juta

Mainan ini adalah sebuah masterpiece. Bentuknya sangat indah karena terbuat dari emas 18 karat dan ditutup dengan 185 karat batuan mulia. Produsennya, Diamond Cutters Interational, membuatnya di 1995. Berbeda dengan versi aslinya yang terbuat dari plastik, rubrik ini terdiri dari 22,5 karat amethyst, 34 karat zamrud, dan 34 karat rubi.

6. Kuda-kudaan dari emas - US$ 1,28 juta

Tidak peduli anaknya akan suka atau tidak, orang tua yang membeli mainan ini sudah pasti penggila emas. Pembuatnya, Ginza Tanaka, mengukir emas 24 karat untuk sebuah mainan kuda-kudaan bergoyang ini. Beratnya mencapai 80 pound. Penyayi Jay-Z dan Beyonze membeli versi mereka sendiri untuk anaknya, Blue Ivy, seharga US$ 600 ribu. (Elsa A/Ahm)


Source: liputan6.com
Ini Keuntungan Konversi Elpiji bagi Nelayan

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menjalankan program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke elpiji untuk nelayan. Dengan menggunakan elpiji ‎maka nelayan bisa mendapat tambahan penghasilan Rp 1,5 juta per bulan.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, program konversi BBM ke elpiji akan menyasar nelayan kecil. Hal itu lantaran menggunakan elpiji bersubsidi ukuran 3 Kilo gram (Kg).

"Kami juga akan sebarkan untuk melaut bagi nelayan kecil," kata Wiratmaja, di Jakarta, seperti yang dikutip Minggu (31/1/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Perluas Penyaluran Elpiji 3 Kg
  • Rumah Tangga Baru Bertambah, Konsumsi Elpiji 3 Kg Naik
  • Nelayan Bakal Dapat Paket Konversi Elpiji Gratis

Source: liputan6.com
Begini Tanggapan SKK Migas soal PHK Pekerja Chevron

Liputan6.com, Jakarta - Kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) membuat Chevron Indonesia menjadi sorotan pada pekan ini. PHK itu dilakukan mengingat dampak harga minyak dunia yang terus merosot.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas‎) membantah hal tersebut sebagai langkah efisiensi Chevron Indonesia dengan menawarkan pensiun dini bagi pekerjanya.

"Tidak benar (PHK pekerja). Kalau PHK 1.700 pekerja itu masih rumor‎," kata Kepala Hubungan Masyarakat SKK Migas Elan Bintoro, saat berbincang dengan Liputan6.com, seperti dikutip di Jakarta, Minggu (31/1/2016).

Elan melanjutkan, yang sedang didiskusikan SKK Migas dengan perusahaan minyak asal Amerika Serikat tersebut adalah‎ program pensiun dini bagi pekerja, dengan memberi imbalan bagi yang melakukannya.

"Kalau kami diskusi dengan Chevron bukan PHK. Kalau PHK memberhentikan, yang ada program pensiun dini,kalau ditawarkan mau dengan imbal. Itu sedang kami bahas," ungkap Elan.

Baca Juga

  • Dikabarkan PHK Ribuan Karyawan, Ini Penjelasan Chevron Indonesia
  • Chevron Tak Teruskan Kontrak di Blok East Kalimantan
  • Pemerintah Angkat Tangan Soal Pemecatan Pekerja Chevron

Source: liputan6.com
Top 3: 7 Tips Agar Gaji Cukup Hingga Akhir Bulan

Liputan6.com, Jakarta - Gaji 10 koma kok tidak mencukupi kebutuhan. Jangan salah, itu merupakan seloroh yang maksudnya setelah tanggal 10 sudah koma isi dompetnya.

Tak sedikit yang mengeluhkan gaji sudah menipis bahkan tak bersisa jauh sebelum waktu gajian berikutnya tiba. Sebenarnya besaran gaji yang memang tidak mencukupi biaya hidup selama satu bulan atau manajemen pengelolaannya yang kurang baik?

Sifat dasar manusia yang tak pernah puas agaknya ikut mengambil peran, karena berapa pun besaran gaji yang diterima seakan tidak akan pernah cukup. Artikel tujuh tips agar gaji cukup sampai akhir bulan telah menarik perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com pada akhir pekan ini.

Tak hanya itu saja, artikel mengenai wanita terkaya di dunia dan harga minyak dunia kembali menguat juga menarik perhatian pembaca di kanal bisnis. Berikut tiga artikel terpopuler di kanal bisnis yang dirangkum pada Minggu (31/1/2016):

1. 7 Tips agar Gaji Cukup sampai Akhir Bulan

Gaji 10 koma kok tidak mencukupi kebutuhan. Jangan salah, itu merupakan seloroh yang maksudnya setelah tanggal 10 sudah koma isi dompetnya.

Tak sedikit yang mengeluhkan gaji sudah menipis bahkan tak bersisa jauh sebelum waktu gajian berikutnya tiba. Sebenarnya besaran gaji yang memang tidak mencukupi biaya hidup selama satu bulan atau manajemen pengelolaannya yang kurang baik?

Sifat dasar manusia yang tak pernah puas agaknya ikut mengambil peran, karena berapa pun besaran gaji yang diterima seakan tidak akan pernah cukup.

Semakin besar gaji, semakin besar pula pengeluaran. Lantas, bagaimana menyiasati agar pengalokasian gaji tidak mengakibatkan defisit anggaran? Selengkapnya baca di sini

2. Harga Minyak Dunia Naik, Tertinggi dalam 3 Pekan Terakhir

Harga minyak dunia kembali naik ke level tertinggi sejak tiga pekan. Pasalnya pada pedaang masih memperdebatkan potensi penurunan produksi dan stimulus ekonomi yang menyebabkan harga minyak terus anjlok.

Harga saat ini mengalami reli dari 6 dari 7 sesi perdagangan, dengan dua harga acuan AS dan global meraup 25 persen dari kenaikan tersebut. Keuntungan dua harga minyak acuan tersebut adalah keuntungan yang terbaik dalam beberapa bulan.

Spekulasi pada peningkatan stimulus ekonomi, dan kerja sama untuk menurunkan produksinya antara Rusia dan OPEC telah berulang kali mendorong harga lebih tinggi pada waktu itu. 

Bank of Japan memperkenalkan suku bunga negatif dan Menteri Energi Rusia mengatakan negaranya bisa mendiskusikan 5 persen penurunan produksi pada pertemuan di bulan Februari dengan Organisasi Negara Pengekspor Minyak. Selengkapnya baca di sini

3. 4 Wanita Paling Kaya Sedunia di 2016

Jajaran orang terkaya dunia tak hanya diisi oleh kaum pria. Meski jumlahnya sedikit, beberapa wanita berkontribusi di daftar 50 orang terkaya dunia versi Wealth X dan Business Insider yang dilansir Liputan6.com, Sabtu 30 Januari 2016.

Kedua situs tersebut mengobservasi dan membuat daftar 50 orang terkaya di dunia tahun ini. Namun daftar tersebut bersifat sementara karena kekayaan 50 orang ini bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Yang menarik, tak hanya pria ada di daftar ini. Ada 4 wanita di dalam daftar. Salah satunya adalah konglomerat pemilik L`Oreal, Liliane Bettencourt. Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
Pelindo III Kembali Buka Dermaga Baru di Gresik

Liputan6.com, Gresik - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), kembali membuka dermaga baru, Terminal Pelabuhan Manyar di kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur.

Uji coba diawali dengan pengapalan 9 ribu ton pupuk produksi Gresik, tujuan Pelabuhan Teluk Bayur dengan kapal MV Isa Winter.

Terminal ini dikelola PT Berlian Manyar Sejahtera (BMS), pembangunannya dimulai  2013 dan selesai 2015.‎ Selanjutnya, digunakan untuk melayani bongkar dan muat semua jenis kapal.

Pemuatan barang perdana ini menjadi bukti, dermaga pelabuhan bagian dari JIIPE siap digunakan ‎membawa bahan baku juga barang hasil industri yang dihasilkan daerah setempat.

 "Ini bukti, kalau pelabuhan di Gresik ini siap digunakan untuk melayani kapal dan kegiatan bongkar muatnya. Ini bisa menarik calon investor untuk menanamkan investasinya di JIIPE," kata ‎ Direktur Utama PT Pelindo III, Djarwo Surjanto, seperti ditulis Minggu (31/1/2016).

Baca Juga

  • Aktivitas Bongkar Muat di Pelabuhan Tanjung Emas Dihentikan
  • Pelindo III Tambah 2 STS Senilai Rp 175 Miliar di Tanjung Perak
  • Pelindo III Bangun Pelabuhan ‎Kapal Pesiar di Banyuwangi

Source: liputan6.com
Alasan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Penting

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyatakan pengadaan kereta Jakarta-Bandung merupakan hal krusial. Hal tersebut menimbang kebutuhan alat transportasi untuk wilayah tersebut.

Direktur Utama PT KCIC Hanggoro Budi Wiryawan mengatakan, kereta cepat bakal menjadi alternatif karena padatnya rute jalan tol serta kereta reguler. Kereta ini untuk memenuhi kebutuhan kereta jangka panjang.

"Kereta cepat program untuk menangkap kebutuhan sampai 50 tahun ke depan. Meski ada jalan tol dan kereta api. Tol sudah padat, kalau 2-3 tahun akan lebih padat, apalagi 50 tahun ke depan," ujar dia saat berkunjung ke redaksi Liputan6 di SCTV Tower, Jakarta, Minggu (31/1/2016).

Baca Juga

  • Kritikan Para Pekerja BUMN untuk Proyek Kereta Cepat
  • Mengejar Izin Proyek Kereta Cepat
  • Alat Berat di Lokasi, Warga 9 Daerah Tak Tahu Proyek Kereta Cepat

Source: liputan6.com
Pengusaha Ungkap Harga Daging Sapi Melambung

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) menyatakan harga daging sapi yang melambung baru-baru ini disebabkan oleh pasokan dan kebutuhan yang tidak seimbang. Untuk mengatasi hal tersebut seharusnya pemerintah memiliki strategi yang efektif.

Ketua Komite Daging Sapi Jakarta Raya dan Wakil Ketua Umum DPP Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI)‎ Sarman Simanjorang mengatakan,‎ saat ini harga daging sapi seharusnya normal karena permintaan dari konsumen tidak ada yang menonjol karena tidak sedang memasuki hari besar keagamaan.

Akan tetapi setelah tenang beberapa saat,harga daging sapi naik melampaui daya beli masyarakat yang mencapai di kisaran Rp 120 ribu – 140 ribu per Kilo gram (Kg).

"Tadinya ada dugaan kenaikan tersebut karena kebijakan pemerintah yang membebankan PPN 10 persen terhadap sapi potong. Namun kebijakan tersebut hanya seumur jagung sebab Menko Perekonomian membatalkan keputusan menteri Keuangan tersebut,dengan demikian kenaikan harga daging saat ini tidak ada kaitannya lagi dengan PPN tersebut," kata Sarman, di Jakarta, Minggu (31/1/2016).

Sarman menilai, penyebab kenaikan harga daging saat ini adalah hukum pasar melihat pasokan dan kebutuhan. Pasar melihat ketersediaan dan pasokan daging sapi saat ini sangat mengkhawatirkan dan tidak akan mencukupi dalam beberapa bulan ke depan.

Baca Juga

  • Harga Daging Sapi Tinggi, Masyarakat Mulai Beralih Konsumsi Tempe
  • Harga Meroket, Penjual Daging Mulai Tutup Lapak
  • DPR Minta Pemerintah Harus Bersatu Basmi Mafia Daging

Source: liputan6.com
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Didesain Tahan Gempa

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) menyatakan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung telah memperhitungkan kondisi tanah jalur tersebut.

Direktur Utama PT KCIC Hanggoro Budi Wiryawan menuturkan, kereta cepat Jakarta-Bandung melewati lima jalur patahan. Jalur patahan tersebut rawan akan gempa dan longsor.

"Kami memiliki peta, memang daerah Jawa dan Sumatera daerah gempa. Ini maping yang terjadi. Memang ada lima jalur patahan yang harus diwaspadai. Kami tahu Cipularang KM 92 ada patahan. Kereta cepat jalurnya dihindari jalur patahan tersebut. Dari lima patahan, tiga tidak aktif, dua aktif dan kami hindari itu," jelas dia ketika berada di kantor Liputan6, SCTV Tower, Jakarta, Minggu (31/1/2016).

Baca Juga

  • Alasan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Penting
  • Kata Menteri Rini soal Kereta Cepat RI Lebih Mahal dari Iran
  • Kritikan Para Pekerja BUMN untuk Proyek Kereta Cepat

Source: liputan6.com
Pemerintah Diimbau Hati-hati Lakukan Impor Daging

Liputan6.com, Jakarta - Komite Daging Sapi ‎Jakarta Raya mengingatkan pemerintah yang telah membuat kebijakan membuka peluang impor sapi dan daging dengan system zona base dalam suatu negara untuk menekan harga daging sapi.

Ketua Komite Daging Sapi Jakarta Raya yang juga menjabat sebagai‎ Wakil Ketua Umum DPP Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI)‎ Sarman Simanjorang mengatakan,‎ salah satu poin yang diatur dalam paket kebijakan ekonomi jilid IX mendorong harga daging sapi turun di pasar.

"Pemerintah akan membuka peluang impor sapi dan daging dengan system zona base dalam suatu negara," kata Sarman, di Jakarta, Minggu (31/1/2016).

Baca Juga

  • Mampukah Paket Ekonomi Jilid IX Turunkan Harga Daging?
  • Turunkan Harga, Pemerintah Perluas Negara Pengimpor Daging
  • DPR Sebut RI Bisa Jadi Negara Pengekspor Sapi

Source: liputan6.com
Proyek Kereta Cepat RI Serap 39 Ribu Tenaga Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Mega proyek kereta cepat Jakarta-Bandung diperkirakan menyerap puluhan ribu tenaga kerja. Manajemen PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) menyatakan proyek senilai US$ 5,5 miliar tersebut akan menyerap 39 ribu tenaga kerja saat proses pembangunan sekitar tiga tahun.

"Dalam perhitungan kami, walau pun kereta cepat teknologi tinggi, untuk prasarana sarana contoh pondasi kita butuh tenaga kerja konvensional. Perhitungan kami 3 tahun membutuhkan 39 ribu tenaga kerja diharapkan dari lokal," Direktur Utama PT KCIC Hanggoro Budi Wiryawan saat berada di SCTV Tower, Jakarta, Minggu (31/1/2016).

Baca Juga

  • Kereta Cepat RI Lebih Mahal dari Iran, Ini Tanggapan Bos KCIC
  • Alasan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Penting
  • Proyek Kereta Cepat Dituding Bisa Korbankan Rakyat

Source: liputan6.com
SDM Berpendidikan Tinggi Dorong Daya Saing RI

Liputan6.com, Jakarta - Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) ‎dapat meningkatkan daya saing sebuah negara. Kualitas tersebut salah satunya berasal dari tingginya jenjang pendidikan.

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Eko Prasetyo, sebagai lembaga yang memfasilitasi dana pendidikan, LPDP mendorong masyarakat meningkatkan jenjang pendidikannya. Lantaran jenjang pendidikan ‎yang tinggi dapat meningkatkan kekuatan daya saing.

"Ke depan Indonesia masih membutuhkan banyak doktor, untuk peningkatan daya saing bangsa untuk lebih baik,"‎ kata Eko, dalam acara welcoming alumni 2016 dengan tema Indonesia Leadership Forum di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (31/1/2016).

Baca Juga

  • Bersaing dengan Ekspatriat? Siapa Takut!
  • Produk UKM RI Siap Gempur Pasar ASEAN
  • Koruptor Merajalela, Daya Saing RI Sulit Naik

Source: liputan6.com
85 Ribu Jaringan Gas Kota Bakal Dibangun pada 2016

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana membangun 85 ribu sambungan pipa jaringan gas bumi pada 2016. Hal tersebut dapat mengurangi penggunaan elpiji bersubsidi.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, jaringan gas kota akan dibangun pada lima wilayah. Di antaranya adalah Prabumuli sebanyak 32 ribu jaringan.

"Jaringan gasnya 85 ribu sambungan ya. Tahun ini untuk lima kota, lima daerah yang dapat sambungan. Paling banyak di Prabumulih," kata Wiratmaja, seperti dikutip di Jakarta, Minggu (31/1/2016).

Baca Juga

  • Pertamina dan PGN Dapat Tugas Bangun Jaringan Gas Rumah Tangga
  • Pertamina Beli Gas dari Anak Usaha Sendiri
  • PGN Klaim Punya Jaringan Gas Terpanjang di RI

Source: liputan6.com
Hadapi Tantangan Global, Pemerintah Investasi Pendidikan

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla serius meningkatkan investasi, baik dalam infrastruktur maupun dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan.

Sekretaris J‎enderal Kementerian Keuangan Hadiyanto mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan 20 persen anggaran pendidikan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara/APBN 2016, di samping meningkatkan anggaran infrastruktur.

"Anggaran pendidikan itu 20 persen dari total anggaran belanja dalam APBN," kata Hadiyanto, dalam acara welcoming alumni 2016 dengan tema Indonesia Leadership Forum di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (31/1/2016).

Hadiyanto melanjutkan, anggaran pendidikan 20 persen dari APBN tersebut disalurkan untuk meng‎embangkan SDM salah satunya adalah beasiswa pendidikan yang difasilitasi Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan infrastruktur pendidikan.

Baca Juga

  • Anggaran Pendidikan di APBN 2016 Cetak Sejarah
  • Malala: Investasi ke Buku, Bukan Peluru
  • Kemenkeu Gandeng 4 Bank BUMN Salurkan Dana APBN

Source: liputan6.com
Garap Kereta Cepat, KCIC Minta Jaminan Kepastian Hukum

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) meminta jaminan kepastian hukum dalam perjanjian konsesi proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung. Manajemen meminta ada konsekuensi jika terdapat perubahan regulasi dari pemerintah.

"Itu yang diajukan adanya kepastian hukum, jaminan hukum kalau peraturan berubah yang memberatkan konsorsium swasta ini ada konsekuensinya ini dua pihak jangan dikembalikan tidak ada jaminan dari pemerintah," ujar Direktur Utama PT KCIC Hanggoro Budi W, kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (31/1/2016).

Baca Juga

  • Proyek Kereta Cepat RI Serap 39 Ribu Tenaga Kerja
  • Kereta Cepat RI Lebih Mahal dari Iran, Ini Tanggapan Bos KCIC
  • Alasan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Penting

Source: liputan6.com
Harga Minyak Anjlok, Bagaimana Nasib Energi Terbarukan?

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak dunia makin merosot di awal 2016 membuat biaya pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) menjadi lebih mahal. Namun, hal tersebut tetap harus ber‎jalan untuk ketahanan energi masa depan.

Anggota Unit Percepatan Pembangunan Pengendalian Ketenagalistrikan Nasional (UPK3N) Agung Wicaksono mengatakan, harga minyak dunia yang menurun membuat, pengembangan EBT tidak bisa dipertimbangkan pada sisi ekonominya saja.

"Jangan pertimbangan ekonomi atau bisnis semata, saya bisa memahami," kata Agung, dalam sebuah diskusi di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (31/1/2016).

Pemerintah telah menargetkan  porsi EBT dalam ‎bauran energi 2025 mencapai 25 persen. Karena itu, pengembangan EBT harus tetap berjalan untuk mencapai target tersebut dan ketahanan energi ke depan. "Dari segi kepentingan negara juga harus kita jalankan," tutur Agung.

Baca Juga

  • Harga Minyak Dunia Naik, Tertinggi dalam 3 Pekan Terakhir
  • Bos Pertamina: Banyak Perusahaan Kolaps Imbas Harga Minyak Jeblok
  • Pengembangan Energi Terbarukan Belum Optimal

Source: liputan6.com
Ini Risiko yang Harus Dihadapi Ekonomi RI versi LPS

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memperkirakan tantangan perekonomian di 2006 masih sebesar di tahun sebelumnya. Oleh sebab itu, pengambil kebijakan moneter dan fiskal harus bisa menyiapkan buffer kebijakan.

Kepala Ekonom LPS Doddy Arifianto menjelaskan, risiko yang menjadi tantangan perekonomian Indonesia berasal dari dalam negeri maupun dari luar.

Risiko dari luar antara lain risiko pelemahan harga komoditas. Dalam 14 bulan terakhir harga minyak dunia telah turun dari kisaran US$ 110 per barel menjadi di bawah US$ 30 per barel.

"Ada beberapa teori yang mendasarinya, namun kami lihat dalam waktu dekat ini belum akan di atas US$ 50 per barel," tutur dia, Minggu (31/1/2016).

Harga minyak tersebut berpengaruh kepada seluruh komoditas. Bagi Indonesia yang selama ini cukup bergantung dengan komoditas, penurunan harga minyak tersebut sudah pasti akan berpengaruh kepada perekonomian.

Baca Juga

  • Harga Minyak Dunia Naik, Tertinggi dalam 3 Pekan Terakhir
  • Menkeu Beberkan Alasan Moody`s Kukuhkan Peringkat Investasi RI
  • BI Waspadai Pertumbuhan Ekonomi China

Source: liputan6.com
Top 3: 5 Kebiasaan yang Buat Bisnis Kian Berkembang

Liputan6.com, Jakarta - Setiap manusia pasti memiliki potensi, meskipun potensi yang mereka punya berbeda-beda. Namun banyak orang mengalami kesulitan untuk mengasah potensi tersebut.

Seperti dalam berkarier, mungkin Anda dituntut untuk bisa menggali potensi. Mungkin dengan mengubah kebiasaan bisa mencapai keberhasilan. Artikel lima kebiasaan yang buat bisnis kian berkembang telah menyedot perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com pada Minggu (31/1/2016).

Tak hanya soal kebiasaan yang buat bisnis kian berkembang, soal proyek kereta cepat Jakarta-Bandung juga menyita perhatian pembaca di kanal bisnis. Penasaran artikel apa saja yang menyedot perhatian pembaca, berikut rangkumannya:

1. 5 Kebiasaan yang Buat Bisnis Kian Berkembang

Bagaimana tips agar karir Anda sukses di tahun 2015? Berikut ulasannya.

Setiap manusia pasti memiliki potensi, meskipun potensi yang mereka punya berbeda-beda. Namun banyak orang mengalami kesulitan untuk mengasah potensi tersebut.

Seperti dalam berkarier, mungkin Anda dituntut untuk bisa menggali potensi. Mungkin dengan mengubah kebiasaan bisa mencapai keberhasilan. Seperti melansir dari entrepreneur.com, Minggu 31 Januari 2016 terdapat empat kebiasaan yang akan menghasilkan keberhasilan dan keunggulan dalam berkarir. Selengkapnya baca di sini

2. Alasan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Penting

Gambaran kereta cepat Jakarta-Bandung (Liputan6.com/ Ilyas Praditya)

Manajemen PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyatakan pengadaan kereta Jakarta-Bandung merupakan hal krusial. Hal tersebut menimbang kebutuhan alat transportasi untuk wilayah tersebut.

Direktur Utama PT KCIC Hanggoro Budi Wiryawan mengatakan, kereta cepat bakal menjadi alternatif karena padatnya rute jalan tol serta kereta reguler. Kereta ini untuk memenuhi kebutuhan kereta jangka panjang. Selengkapnya baca di sini

3. AS Negara Paling Banyak Cetak Orang Terkaya Dunia

Ilustrasi Orang Kaya

Orang-orang terkaya dunia tersebar di semua benua di dunia. Setiap negara pasti punya orang paling kayanya masing-masing. Namun hanya beberapa negara yang menghasilkan orang paling kaya di dunia.

Amerika Serikat adalah `rumah` bagi orang-orang terkaya dunia. Kenapa dikatakan demikian, karena kebanyakan orang-orang terkaya di dunia berasal dari Negeri Paman Sam itu.

Situs Business Insider dan Wealth X merilis 50 orang terkaya dunia di 2016. Daftar tersebut bersifat sementara kekayaan mereka bergerak dengan cepat, naik dan turun. Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
LPS Perkirakan BI Rate di Level 7,5%

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memperkirakan Bank Indonesia (BI) kembali menaikkan suku bunga acuan (BI Rate) pada tahun ini.Alasan yang mendasarinya adalah risiko likuiditas yang kemungkinan bisa dialami oleh industri perbankan.

Kepala Ekonom LPS Doddy Arifianto menjelaskan, Bank Indonesia (BI) kemungkinan besar kembali menaikkan suku bunga acuan dalam beberapa bulan ke depan. Meskipun di awal tahun telah menurunkan sebesar 25 persen menjadi 7,25 persen.

"Kami perkirakan BI Rate di tahun ini di angka 7,5 persen. Ada risiko yang menjadi pertimbangan bagi BI, " jelas dia, seperti ditulis Minggu (31/1/2016).

Risiko tersebut adalah ketatnya likuiditas di sektor perbankan. Doddy menjelaskan, Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) memiliki target pembangunan infrastruktur. Untuk merealisasikan tersebut tentu saja pemerintah membutuhkan dana.

Baca Juga

  • BI Beri Sinyal Kembali Turunkan Suku Bunga Acuan
  • BI Rate Bakal Dipangkas 50 Bps pada 2016
  • Pengusaha Minta BI Rate Turun Jadi 6,75%

Source: liputan6.com