Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Jumat, 29 Januari 2016
Masih Kecil, 6 Anak Ini Sudah Mampu Jadi Miliarder

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi kaya raya dan mampu memiliki harta yang berlimpah biasanya harus mampu diraih orang dalam kurun waktu yang panjang. Akan tetapi berbeda ceritanya dengan anak-anak ini.

Di usia yang masih sangat muda, mereka mampu memiliki harta mencapai jutaan hingga miliaran rupiah. Ada yang mereka dapatkan dari hasil membintangi sejumlah film dan acara televisi, namun sebagian dari mereka pun ada yang mampu mendapatkan jumlah harta melimpah berkat warisan dari orang tuanya.

Siapa sajakah anak-anak terkaya di dunia tersebut. Melansir laman myfirstclasslife.com, Kamis (28/1/2016), berikut daftarnya:

6. Abigail Breslin (US$ 12 juta atau Rp 166 miliar)

Abigail Breslin merupakan seorang aktris remaja. Namun usia yang masih muda ia mampu memiliki karier akting yang lebih lama dari kebanyakan aktor Hollywood.

Breslin mulai jadi bintang iklan dan mendaratkan peran utamanya di film Signs bersama Mel Gibson. Breslin telah muncul di film hit seperti Little Miss Sunshine dan Zombieland. Bakatnya di Little Miss Sunshine mengantarkannya sebagai nominator di Academy Award.

5. Valentina Paloma Pinault (US$ 12 juta atau Rp 166 miliar)

Valentina Paloma Pinault adalah putri dari aktris terkenal, Salma Hayek, dan eksekutif perusahaan, Francois Henri Pinault. Kekayaan bersihnya saat ini mencapai US$ 12 juta atau sekitar Rp 166 miliar. Saat ini gadis kecil ini masih berusia tujuh tahun.

4. Nick D`Aloisio (US$ 30 juta atau Rp 416 miliar)

Nick D`Aloisio adalah salah satu jutawan termuda sepanjang masa. Pada tahun 2012 ia membuat aplikasi bernama Summly yang mampu mempersingkat bacaan seperti berita dan artikel menjadi lebih mudah dibaca.

Dia kemudian menjual aplikasi tersebut untuk Yahoo! sebesar US$ 30 juta untuk membiayai menyelesaikan sekolahnya. 

3. Dannielynn Hope Marshall Birkhead (US$ 59 juta atau Rp 819 miliar)

Dannielynn Hope Marshall Birkhead adalah putri dari mendiang Anna Nicole Smith, yang mewarisi kekayaan lebih dari US$ 10 juta ketika ibunya meninggal. Dannielynn juga mendapatkan US$  49 juta lainnya dari hasil royalti ibunya.

Ketika masih hidup, ibu Dannielynn Anna Nicole Smith menikah dengan J Howard Marshall, seorang miliarder di industri minyak.

2. Knox dan Vivienne Jolie Pitt (US$ 67,5 juta atau Rp 882 miliar)

Diantara semua anak yang dimiliki oleh pasangan selebriti terkenal Angelina Jolie dan Brad Pitt, Knox dan Vivienne diperkirakan merupakan anak dengan harta terbesar. Si kembar ini mampu mewarisi kekayaan orang tuanya mencapai US$ 67,5 juta atau setara dengan Rp 882 miliar.

1. Pangeran George Alexander Louis (US$ 1 miliar atau Rp 13 triliun)

Pangeran George Alexander Louis sudah menjadi miliarder di usianya yang masih dua tahun. Hal ini dikarenakan George adalah putra dari Pangeran William dan Kate Middleton. Pangeran George berada diurutan ketiga pewaris tahta Inggris.

The Crown Estate memberikan Pangeran George aset properti hingga US$ 5 miliar. Dia juga menerima US$ 400 juta untuk keperluan hidupnya. (Vna/Ndw)


Source: liputan6.com
Mengenal Empat Syarat Rumah Ideal

Liputan6.com, Jakarta - Memilih rumah yang berkualitas bagi pemula mungkin gampang-gampang susah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Dikutip dari www.rumah.com , seperti ditulis Jumat (29/1/2016),  Benny Puspantoro membeberkan beberapa hal yang wajib Anda perhatikan saat hendak membeli rumah.

Beberapa syarat rumah yang ideal harus dilihat secara teknis dan matematis. Namun ada baiknya Anda memahami secara umum apa saja hal-hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai rumah yang baru Anda huni mengalami kebocoran, dinding retak, lembab, atau kusen lapuk.

Sebuah rumah juga harus mencakup pedoman dan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah seperti: Peraturan Bangunan Nasional, Peraturan Pembebeasan Indonesia untuk Rumah dan Gedung, Perencanaan Bangunan Tahan Gempa, dan Standar Arsitektur di Bidang perumahan.


Skema Ilustrasi Bangunan

Menurut Benny Puspantoro, baik bangunan rumah maupun gedung mempunyai struktur pendukung utama yang sama yaitu terdiri dari: fondasi, rangka bangunan, dan atap. Ketiga pendukung utama tersebut harus memiliki empat syarat di bawah ini.

Syarat pertama, pendukung utama bangunan harus kuat. Suatu bangunan harus mempunyai konstruksi yang kuat, untuk melindungi penghuni dari bahaya keruntuhan dan juga agar penghuni dapat merasa tentram tinggal di dalamnya.

Untuk memperoleh dan menjamin konstruksi yang kuat, dapat dilakukan hitung-hitungan mekanika dan perencanaan struktur yang benar dan teliti dengan angka keamanan yang cukup.

Syarat kedua adalah tahan lama. Suatu bangunan harus direncanakan mempunyai umur yang panjang. Bila rumah mempunyai umur yang panjang (awet) tentu akan membuat penghuni merasa senang.

Untuk mendapatkan rumah yang tahan lama, harus diperhatikan dalam hal pemakaian bahan-bahan bangunannya yang bermutu dan berkualitas baik, serta cara melaksanakan pekerjaan yang betul sesuai prosedur yang benar.

Untuk dua syarat ini, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan pihak ahli.

Syarat ketiga adalah keindahan. Keindahan pada konstruksi bangunan rumah bertujuan memberikan kebangan kepada penghuninya dan juga menambah nilai bangunan tersebut.

Terakhir adalah syarat kesehatan. Anda akan tinggal di rumah dalam waktu lama bukan? Untuk itu, syarat keempat yakni faktor kesehatan harus diperhatikan oleh setiap calon pembeli.

Caranya, dengan memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan, seperti: bagaimana pembuangan air kotor (sanitasi), sampah, dan juga mempertimbangkan iklim, arah angin, sinar matahari, keadaan lingkungan. (Kantri/Ahm)

 

foto: pixabay.com


Source: liputan6.com
Hanya Bikin Status Twitter. Oprah Winfrey Raup Rp 165 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak mengenal Oprah Winfrey? Selebriti dan pengusaha Amerika Serikat ini mampu melambungkan namanya setelah membawakan sebuah acara bincang-bincang yang sangat populer, The Oprah Winfrey Show.

Pamor dan pesona yang dimiliki oleh selebriti ini memang tidak ada dua. Pasalnya, ia mampu untuk mempengaruhi orang yang selama ini menjadi penggemar setianya.

Mengutip laman Business Insider, (28/1/2016), sang ‘Ratu Talk Show’ itu baru saja meraup US$ 13 juta pada Rabu siang waktu Amerika Serikat, hanya dengan menulis sebuah tweet tunggal, tentang bagaimana dia senang makan roti sehari-hari dan mampu menurunkan berat badan.

Oprah yang juga merupakan pemegang saham terbesar di Weight Watchers mengunggah pesan singkat di twitter bersama dengan video yang mengumumkan bahwa ia telah kehilangan 11,7 kilogram karena makan roti setiap hari.

Setelah tweet Oprah tersebut, harga saham Weight Watchers` melonjak ke lebih dari US$ 2 per lembar saham selama satu jam berikutnya,.

Oprah memiliki sekitar 6 juta saham, artinya, jika harga saham langsung naik US$ 2, harga saham yang ia miliki menjadi US$ 12 juta atau setara dengan Rp 165,1 miliar. Hal itu mampu ia dapat hanya dengan satu unggahan status.

Oprah sendiri tergolong baru bergabung dengan Weight Watchers. Pada Oktober lalu, ia baru mengumumkan dirinya resmi menjadi juru bicara Weight Watchers setelah membeli 10 persen saham perusahaan yang bersangkutan.

Nama-nama terkenal lain juga banyak yang didapuk sebagai juru bicara Weight Watchers. Di antaranya adalah selebriti Jessica Simpson, Jennifer Hudson, Sarah Ferguson, Jenny McCarthy, dan Lynn Redgrave. (vna/Zul))


Source: liputan6.com
4 Percakapan Soal Kantor yang Tak Boleh Disampaikan via SMS

Liputan6.com, Jakarta - Email dan layanan pesan pendek (SMS) selama ini telah membuat komunikasi mengenai tempat kerja menjadi lebih mudah dan cepat.

Meski demikian, SMS atau email ternyata dapat menjadi biang masalah atau membuat situasi di kantor semakin buruk.

Memang benar, percakapan melalui gawai atau perangkat elektronik lain terasa nyaman dan cepat. Tapi terdapat beberapa topik dan situasi yang mengharuskan pembicaraan melalui telepon atau obrolan tatap muka.

Dengan begitu, sebaiknya Anda mengenali berbagai percakapan yang harus dilakukan secara langsung. Berikut empat percakapan yang berkaitan dengan tempat kerja dan tidak boleh dilakukan melalui pesan pendek atau email seperti dilansir dari Career Advice, Jumat (29/1/2016):

1. Memberikan kritik pada rekan kerja

Jika Anda memiliki masalah dengan rekan kerja lain, maka bicarakan langsung dengan yang bersangkutan. Itu satu-satunya cara terbaik untuk membuat rekan kerja paham dan mengubah sikapnya segera.

Memberi kritik tanpa salah paham sebaiknya dilakukan sercara tatap muka. Bahkan memberikan pujian atau ucapan selamat juga harus dilakukan secara langsung tanpa menggunakan bantuan media elektronik.
 
2. Masalah dengan rekan kerja

Saat memiliki masalah dengan rekan kerja, Anda harus membicarakan secara langsung pada yang bersangkutan atau dengan atasan. Mengirim email atau pesan pendek soal masalah yang Anda alami hanya akan menciptakan gosip di antara yang lain.
 
Selain itu, jangan pernah mengirim email atau pesan pendek saat Anda berada dalam konflik dengan rekan kerja dan sedang merasa emosi. Akan sangat sulit menyampaikan persoalan secara jernih melalui tulisan tanpa menunjukkan emosi.
 
3. Pemecatan atau pengunduran diri

Pemecatan, pengunduran diri, dan berbagai pengumuman pergantian pegawai harus dilakukan secara langsung dengan media tatap muka pada orang yang terlibat. Jika Anda seorang pegawai, jangan pernah mengundurkan diri melalui email atau SMS sebelum membicarakannya langsung dengan atasan.
 
Sementara para atasan dituntut untuk tidak memecat atau berkomunikasi secara negatif melalui pesan pendek atau email.
 
4. Minta naik jabatan

Diskusi mengenai kinerja khususnya dalam konteks meminta kenaikan jabatan sebaiknya dilakukan secara tatap muka. Bahkan dalam topik ini, Anda dianjurkan untuk tidak bercakap-cakap melalui sambungan telepon.

Anda juga disarankan untuk membahas terlebih dulu pencapaian dan jenjang karir Anda pada atasan. Setelah melakukan kontak personal dengan atasan, barulah percakapan selanjutnya mengenai posisi yang diinginkan dapat dilakukan melalui pesan pendek atau email.(Sis/Nrm)


Source: liputan6.com
Top 3 Bisnis: 10 Negara Paling Korup

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahunnya, koalisi anti korupsi gobal, Transparency International melansir daftar Corruption Perception Index. Sebuah hasil survey mengenai Negara terkorup menurut persepsi warga dunia.

Studi tersebut dilakukan terhadap 168 negara dan memberi rentang nilai 0 hingga 100 pada tiap Negara tergantung tingkat korupsi yang pernah dilakukan.

Demikian kutipan artikel 10 negara paling korup di dunia yang menjadi artikel paling banyak dibaca di kanal bisnis Liputan6.com, pada Jumat (29/1/2016) pagi ini. Selain itu ada juga beberapa artikel menarik lain yang mencuri perhatian pembaca. Berikut daftarnya seperti dirangkum dalam Top 3 Bisnis.

1. 10 Negara Paling Korup di Dunia, Mana Saja?

Slovenia adalah salah satu negara paling korup di dunia, meskipun negara ini kaya. Terdapat beberapa skandal korupsi besar yang telah terjadi di Negara ini. Pada tahun 2013 dan 2014, protes besar-besaran terjadi untuk menuntut Perdana Menteri Janez Janza dan pemimpin oposisi Zoran Janković karena mereka dituduh menyembunyikan asset pribadi mereka sebenarnya

Selain itu, terdapat juga Israel yang masuk di dalam daftar. Negara ini mencetak nilai 61 dari 100 poin survei. Skandal korupsi terbesar Israel terjadi pada tahun 2015 saat mantan Perdana Menteri Ehud Olmert terbukti bersalah saat mendapatkan uang sebesar US$ 150.000 dari perusahaan properti asal Amerika.

Baca berita selengkapnya di sini


2. Buang Mimpi Jadi Orang suksses Jika Masih Lakukan 5 Hal Ini

Setiap orang memiliki target dalam meraih kesuksesan atau berkarier. Namun, sudahkan Anda berhasil mencapai target tersebut setelah berusaha dalam waktu lama?

Banyak orang menyerah sebelum mencapai mimpi karier mereka. Hal tersebut dikarenakan perjalanan karier mereka memakan waktu terlalu lama dan menghabiskan tenaga.

Selain itu, ternyata ada beberapa hal lagi yang dapat menghambat seseorang menuju tangga kesuksesan. Apa saja?

Baca berita selengkapnya di sini


3. Ini 19 Proyek Kereta Baru yang Bakal Dibangun di RI

Salah satu infrastruktur yang menjadi proyek strategis pemerintah adalah perkeretaapian. Ada 19 proyek kereta api yang menjadi proyek strategis nasional dibangun pemerintah.

Semua proyek tersebut tertuang dalam laman Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan proyek Strategis Nasional, yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 8 Januari 2016, seperti dilansir dari laman Setkab, Kamis (28/1/2016).

Proyek-proyek kereta api cepat tersebut tersebar di Sulawesi, Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Beberapa proyek sudah berjalan, sementara sejumlah lainnya belum. Salah satu proyek kereta yang masuk adalah kereta cepat Jakarta-Bandung.

Baca berita selengkapnya di sini


Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Turun Rp 3.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga jual emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 3.000 menjadi Rp 550 ribu per gram pada perdagangan Jumat (29/1/2016).

Begitu pula harga pembelian kembali (buyback) emas Antam turun Rp 3.000 menjadi Rp 494 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 494 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.20 WIB, seluruh ukuran emas Antam masih tersedia.

Mengingat tingginya animo masyarakat, transaksi pembelian emas batangan yang datang langsung ke Antam dibatasi hingga maksimal 150 nomor antrean per hari.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Naik Rp 9.000 per Gram dalam 3 Hari
  • Harga Jual dan Buyback Emas Antam Naik Rp 5.000 per Gram
  • Harga Emas Antam Naik Rp 3.000 per Gram

Source: liputan6.com
Wall Street Positif, Saham-saham Asia Bergerak Variatif

Liputan6.com, Jakarta Saham-saham Asia bergerak variatif pada pembukaan perdagangan Jumat, meski Wall Street ditutup positif karena imbas penguatan harga minyak dunia.

Dilansir dari CNBC, Jumat (29/1/2015), Indeks Nikkei Jepang 225, naik 0,07 persen setelah bergerak keluar masuk dari area negatif. Pasar bisa jadi tetap bergerak tak berarah karena investor menunggu kebijakan moneter Jepang yang bakal ditentukan tengah hari ini.

Sementara indeks Korea, Kospi jatuh 0,62 persen, ASX 200 bergerak datar dengan keuntungan saham di sektor energi 3,05 persen, sementara sektor emas turun 5,01 persen.

Baca Juga

  • Ikuti Bursa Asia, IHSG Naik 73 Poin
  • IHSG Mampu Menguat Menyusul Wall Street dan Bursa Asia
  • Kompak dengan Wall Street, Bursa Asia Melemah

Source: liputan6.com
Tangkal Krisis dengan Rajin Belanja

Liputan6.com, Jakarta - Getolnya pemerintah dalam memacu penyerapan anggaran negara, salah satunya untuk pembangunan infrastruktur, membawa harapan besar terhadap nasib perekonomian Indonesia yang tengah terpasung dampak ekonomi global.

Aliran uang ratusan bahkan ribuan triliun rupiah untuk kegiatan produktif diyakini sanggup menangkal krisis yang sewaktu-waktu menghampiri Negara ini. 

Pengamat ekonomi, Agustar Radjali mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh Kementerian/Lembaga (K/L), khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang memperoleh pagu anggaran terbesar dalam APBN sejak tahun lalu hingga kini.
Source: liputan6.com
Harga Meroket, Penjual Daging Mulai Tutup Lapak

Liputan6.com, Jakarta - Harga daging sapi terus meroket ke level Rp 120 ribu-Rp 130 ribu per kilogram (kg). Hal ini membuat para pedagang mulai menurunkan jumlah penjualannya demi mencegah kerugian.

Rahmat (35), salah satu penjual daging di Pasar Tegal Parang, Jakarta Selatan ini mengaku dari yang biasa sehari mampu menjual dua ekor sapi, kini hanya menjual satu ekor sapi.

"Itu pun setiap hari tidak pernah habis, selalu saya bawa pulang sisanya," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (29/1/2016).

Baca Juga

  • Mampukah Paket Ekonomi Jilid IX Turunkan Harga Daging?
  • DPR Minta Pemerintah Harus Bersatu Basmi Mafia Daging
  • Turunkan Harga, Pemerintah Perluas Negara Pengimpor Daging

Source: liputan6.com
Harga Minyak Dunia Anjlok, Ribuan Buruh Migas Terancam PHK

Liputan6.com, Jakarta - Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) menyebut anjloknya harga minyak dunia hingga ke kisaran US$ 30 per barel, yang merupakan level terendah sejak 2004, akan membuat perusahaan-perusahaan minyak di dunia merugi dan mengancam Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) para pekerja di sektor migas secara besar-besaran.

Menurut Presiden KSBSI Mudhofir Khamid, penyebab anjloknya harga minyak dunia antara lain karena kebijakan ekonomi Amerika yang menjaga harga minyak rendah akibat politik luar negeri Amerika di Timur Tengah sehingga membuat produksi minyak dunia berlebih.

"Hal lain adalah akibat perlambatan perekonomian di China yang membuat minyak semakin over suplai dan harga minyak semakin tertekan mengingat negara tersebut merupakan salah satu konsumen minyak terbesar dunia," ungkap Mudhofir dalam keterangannya, Jumat (29/1/2016).

Lebih lanjut, Mudhofir mengemukakan meskipun saat ini Indonesia tidak lagi menggantungkan pendapatan pada sektor migas sebagai pendapatan utama, akan tetapi anjloknya harga minyak dunia tersebut akan berpengaruh pada industri migas nasional.

Menurut hasil survei yang terbitkan DNV GL, salah satu perusahaan konsultan migas, menyebutkan penurunan harga minyak dunia secara drastis membuat pendapatan dari perusahaan minyak turun drastis.

Baca Juga

  • Dikabarkan PHK Ribuan Karyawan, Ini Penjelasan Chevron Indonesia
  • Waspadai Gelombang PHK di Sektor Industri Ini
  • Ford Hengkang dari RI, 2.200 Karyawan Terancam PHK

Source: liputan6.com
Ekspor Bawang Merah Naik Tajam

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) mengklaim mampu meningkatkan volume ekspor bawang merah dengan jumlah yang cukup besar. Adanya ekspor tersebut secara otomatis menurunkan volume impor bawang merah yang selama ini membuat petani menderita.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebutkan, ekspor bawang merah Indonesia pada 2014 hanya 4.439 ton, sedangkan pada 2015 naik tajam mencapai 14.149 ton. Kenaikan volume ekspor bawang merah tersebut mencapai 219 persen.

Sementara impor bawang merah turun dari 87.526 ton pada 2014 menjadi 15.769 ton pada 2015. "Artinya impor bawang merah turun drastis 82 persen," kata Mentan, Jumat (29/1/2016).

Baca Juga

  • Ekspor Bawang Merah Naik, RI Hemat Devisa Rp 299 Miliar
  • Menko Darmin Heran Harga Cabai Meroket saat Musim Libur
  • Cara Kementan Jaga Pasokan dan Harga Cabai di 2016

Source: liputan6.com
Subsidi untuk 18 Juta Pelanggan PLN Bakal Dicabut Juli 2016

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) bakal mencabut subsidi listrik yang selama ini diterima oleh sekitar 18 juta pelanggan listrik golongan 900 Volt Amper (VA). Pencabutan tersebut akan dilakukan pada Juli 2016 nanti.

‎Direktur Utama PLN, Sofyan Basir mengatakan, ada 28 juta pelanggan 900 VA yang dapat subsidi listrik. Dari jumlah tersebut, 18 juta pelanggan akan dicabut subsidinya sehingga perhitungan tarif pelanggan tersebut akan berdasarkan harga keekoomiannya. Perhitungan harga keekonomiannya tersebut berdasarkan Harga Minyak Indonesia  atau Indonesian Crude Price (ICP), kurs dolar AS dan inflasi.

"Jadi dengan pencabutan tersebut ada 18 juta pelanggan PLN yang harus bayar normal," kata Sofyan, di Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Penerapan pencabutan subsidi tersebut akan dilakukan Juli 2016, setelah PLN melakukan pendataan bagi golongan pelanggan ‎900 VA. Setelah mendapat data yang lengkap dan benar, PLN akan mengajukan ke Kementerian ESDM untuk menerapkan pencabutan tersebut. 

Menurut Sofyan, sebelum kebijakan tersebut diterapkan sudah ada pelanggan golongan 900 VA yang dengan kesadaran sendiri menaikan daya listriknya. "Itu berarti sudah naik VA nya, menteran diganti jadi 1.300 VA. Karena harusnya belum," tutup Sofyan.

Baca Juga

  • Pembangkit Terapung Beroperasi, PLN Janjikan Bebas Pemadaman
  • PLN Mulai Data Pelanggan Miskin untuk Salurkan Subsidi Listrik
  • 286 Pelanggan Listrik Telah Nikmati Insentif Paket Kebijakan

Source: liputan6.com
Korea Selatan Minat Investasi di Industri Galangan Kapal RI

Liputan6.com, Jakarta - Korea Selatan (Korsel) menyatakan minatnya untuk mengembangkan industri galangan kapal di Indonesia. Kebutuhan kapal yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi nasional menjadi magnet bagi para investor negeri gingseng tersebut.

Menteri Perindustrian Saleh Husin menyambut baik keinginan Korsel tersebut lantaran dinilai sejalan dengan visi misi pemerintah yang tengah membangun program tol laut.

"Saya sampaikan ke mereka, kita menyambut baik rencana ekspansi mereka. Secara khusus saya katakan kepada pengusaha Korsel bahwa program tol laut Presiden Jokowi membutuhkan banyak kapal dan ini peluang bagi investor galangan kapal. Jadi ini saat yang tepat," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Baca Juga

  • Pertamina Pesan 8 Kapal dari Perusahaan Galangan Nasional
  • Investor Australia Jajaki Investasi Kapal Rp 164 Miliar
  • Jokowi Kunjungi Galangan Kapal di Lampung

Source: liputan6.com
5 Hal yang Mesti Diperhatikan dalam Memilih Bisnis Baru

Liputan6.com, Jakarta - Ingin bisnis, tapi apa ya? Pertanyaan itu sering kali terlontar dari orang-orang yang merasa bosan menjadi pegawai, ingin menekuni bisnis, tetapi tidak memiliki ide bisnis yang akan dijalani. Apakah Anda juga demikian?

Menjadi bos bagi diri sendiri bahkan mungkin orang lain tentu sangat menyenangkan. Hal tersebut bisa Anda wujudkan dengan menjalankan suatu bisnis yang menjanjikan dan memiliki prospek bagus ke depannya.

Entah disadari atau tidak, sebenarnya banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan. Namun, memilih peluang bisnis yang tepat tidaklah mudah, banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Berikut lima hal yang perlu menjadi pertimbangan utama ketika memilih bisnis baru seperti dikutip dari www.cermati.com, Jumat (29/1/2016):

1. Pastikan Sesuai dengan Passion

Menjalani bisnis tentunya tidak hanya dalam jangka waktu tertentu, jika bisa untuk selamanya bahkan menurun pada anak cucu. Oleh sebab itu, sebelum memilih bisnis yang akan dijalani, kenali diri Anda sendiri. Apa kemampuan dan passion Anda?

Pastikan bisnis yang akan dijalankan sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat, terutama passion Anda. Faktor-faktor tersebut merupakan fondasi kekuatan bagi para wirausaha agar senantiasa terpacu untuk menjalankan dan mengembangkan bisnisnya.

Tak sedikit pengusaha yang sukses karena mereka menyukai dan mencintai bisnisnya. Ketika bisnis yang dipilih sesuai dengan passion, maka Anda dapat menjalankannya dengan senang hati. Tak hanya itu, Anda akan memelihara dan mengembangkannya tanpa dihinggapi rasa bosan.

2. Ciptakan Visi, Misi, dan Tujuan yang Jelas

Setiap perjalanan pastilah memiliki tujuan. Demikian pula dengan bisnis. Tujuan yang jelas penting agar Anda bisa tetap fokus dan melangkah dengan pasti. Nah, untuk mencapai tujuan, Anda juga perlu menciptakan visi dan misi agar bisnis semakin terarah dan terstruktur dengan baik.

Jika bisnis Anda telah berada di jalan yang tepat, maka akan lebih mudah untuk mengembangkannya. Selain itu, Anda juga bisa menentukan langkah antisipasi terhadap kemungkinan adanya rintangan yang menghadang perjalanan bisnis Anda mencapai tujuan.

3. Punya Mimpi yang Besar

Setiap entrepreneur yang sukses tentunya memiliki mimpi besar yang ingin diwujudkan. Sah-sah saja bagi siapa pun termasuk Anda untuk memiliki mimpi dan angan-angan yang tinggi terhadap kehidupan di masa mendatang.

Bermimpilah dan wujudkanlah mimpi itu. Jangan biarkan mimpi-mimpi besar Anda tercuri dengan pikiran-pikiran negatif dan keraguan yang senantiasa merasuk dalam benak Anda.

Contohnya saja adanya keraguan yang masih menggelayut berupa pertanyaan-pertanyaan bagaimana jika tak bisa balik modal, bagaimana jika mengalami kerugian, bagaimana jika gagal di tengah jalan, dan masih banyak lagi keraguan yang ada. Hilangkan semua keraguan tersebut dan mulailah untuk selalu berpikir positif, sehingga bisa mewujudkan mimpi-mimpi besar Anda.


Source: liputan6.com
Ketiban Rezeki dari Revaluasi, Profesi Ini Pasang Harga Tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu poin kebijakan pemerintah jilid V, berupa revaluasi aset telah mendatangkan pundi-pundi uang bagi seseorang yang berprofesi sebagai penilai aset.

Rezeki nomplok ini dirasakan profesi penilai yang tergabung dalam Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI).

Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, geliat perkembangan bisnis saat ini dan ke depan ikut menggerakkan perekonomian sebuah negara. Dampaknya, terjadi penciptaan lapangan kerja, menurunkan angka pengangguran, dan meningkatkan lapangan kerja.

"Pengambilan keputusan yang tepat menjadi bagian dari mitigasi krisis. Salah satu yang berperan adalah profesi penilai. Penilai Indonesia telah memberi sumbangsih nyata di beberapa sektor, seperti pajak bumi dan bangunan, pengadaan lahan dan lainnya," kata Bambang saat membuka Munas MAPPI di Hotel Bidakara, Jumat (29/1/2016).

Baca Juga

  • Revaluasi Aset Picu Aset BNI Naik Jadi Rp 12 Triliun
  • Revaluasi Aset Bantu Dongkrak Penerimaan Pajak
  • Jokowi Dorong Perusahaan Nasional untuk Revaluasi Aset

Source: liputan6.com
Jelang Akhir Januari, Rupiah Terus Menguat ke 13.811 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bertahan di kisaran Rp 13.850 per dolar AS. Dibandingkan dengan mata uang lainnya, penguatan rupiah cukup tinggi.

Mengutip Bloomberg, Jumat (29/1/2016), rupiah berada di level 13.838 per dolar AS pada pukul 12.00 WIB. Level tersebut melemah jika dibandingkan dengan pembukaan yang ada di level 13.825 per dolar AS. Namun menguat jika dibandingkan dengan penutupan kemarin yang ada di level 13.873 per dolar AS. Dari pagi hingga siang hari ini, rupiah berada di kisaran 13.811 per dolar AS hingga 13.858 per dolar AS.

Sedangkan berdasarkan Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) rupiah dipatok di level 13.846 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan posisi sehari sebelumnya yang ada di level 13.889 per dolar AS.

Baca Juga

  • Rupiah Kembali Melemah Akibat Penurunan Harga Minyak
  • The Fed Tahan Suku Bunga, Rupiah Stabil di 13.871 per Dolar AS
  • Rupiah Masih Naik Turun, Ini Penjelasan BI

Source: liputan6.com
Segera Beroperasi, Bandara Harun Thohir akan Jadi Akses ke Bawean

Liputan6.com, Jakarta - Akses menuju Pulau Bawean yang terletak di Laut Jawa, sekitar 120 kilometer (km) sebelah utara Kabupaten Gresik akan semakin mudah.

Ini dilakukan setelah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan operasional Bandara Harun Thohir di Pulau Bawean, Jawa Timur.

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan dijadwalkan meresmikan bandara ini pada Sabtu (30/1/2016).

Dengan beroperasinya bandara ini, masyarakat dapat memanfaatkan penerbangan perintis rute Surabaya-Bawean (PP) yang dilayani PT Airfast Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenhub JA Barata mengungkapkan, Bandara Harun Thohir memiliki landasan pacu (runway) sepanjang 930 meter dan mampu didarati pesawat jenis twin otter.

Baca Juga

  • Beroperasi 30 Januari, Ini Tarif Penerbangan di Bandara Bawean
  • Bandara Bawean Resmi Beroperasi Akhir Januari
  • 7 Pantai Cantik di Pulau Bawean

Source: liputan6.com
Moody`s Kembali Beri Peringkat RI Layak Investasi

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga pemeringkat Moody`s Investors Service kembali mengafirmasi peringkat Indonesia pada level layak investasi (invesment grade) pada Kamis 28 Januari 2016.

Moody`s memberikan afirmasi sovereign credit rating Republik Indonesia pada Baa3/stable outlook. Sejumlah faktor kunci yang mendukungnya antara lain pengelolaan keuangan pemerintah yang kuat di tengah peningkatan defisit fiskal.

Selain itu, respons kebijakan otoritas yang efektif dalam mengelola risiko penurunan harga komoditas dan pelemahan pertumbuhan ekonomi untuk memastikan sektor eksternal yang berkelanjutan.

Baca Juga

  • Jokowi Ingin Peringkat Kemudahan Investasi RI Masuk 40 Dunia
  • Timur Tengah Mulai Manfaatkan Izin Investasi 3 Jam
  • 5 Negara yang Paling Banyak Investasi di RI

Source: liputan6.com
Mentan Tawarkan 4 Negara Investasi di 3 Komoditas

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menerima kunjungan Duta Besar dari Jepang, Vietnam, Korea Selatan, dan Thailand di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Amran mengajak para duta besar agar negaranya menanamkan investasi di bidang pangan di Indonesia.

Rencananya, pemerintah akan membuka investasi pada tiga sektor pangan, yakni peternakan sapi, pertanian jagung dan gula.‎

"Ada empat duta besar, kami undang mereka. Kami ajak investasi di Indonesia, khususnya sapi, jagung, dan gula," ujar dia di Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Baca Juga

  • Mentan, Masuk 7 Pejabat Fenomenal di Setahun Pemerintah Jokowi-JK
  • Kini RI Jadi Pengekspor Bawang Merah hingga Kacang Hijau
  • Negara Ini Masih Jadi Eksportir Beras Terbesar Dunia

Source: liputan6.com
Ini Permen Cokelat Termahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Kalau Anda punya uang lebih mungkin sulit menolak yang satu ini. Apalagi bagi penggila coklat, maka tidak akan keberatan dengan harganya.

Beratnya hanya 1,5 ounce, tapi permen coklat dari To`ak merupakan yang termahal di dunia. Bahannya sederhana sekali, hanya biji kakao dan gula tebu.

Seperti ditulis Huffingtonpost, Jumat (29/1/2016), yang membuat permen ini mahal karena berasal dari biji coklat pohon kakao yang berumur 100 tahun dan merupakan spesies terakhir dari tanaman tersebut.



To`ak saat ini menanam biji kakao yang paling mahal dan langka di dunia. Versi terbaru coklat ini adalah 81 persen coklat hitam yang diolah dengan memakai biji kakao Ekuador.

Proses manufakturnya mirip dengan pembuatan bir dan minuman keras lainnya. Biji kakao difermentasi. Selama dua tahun yang panjang, produksi coklat ini hanya menghasilkan 574 batang coklat.

Ini bukan usaha yang sepele. Produksi dan fermentasinya butuh proses panjang. Semuanya dilakukan secara manual, tanpa mesin. Jadi, tidak heran kalau harga satu batang coklat ini sekitar US$ 260 atau setara Rp 3,575 juta. (Elsa/Ndw)


Source: liputan6.com
Menkeu Beberkan Alasan Moody`s Kukuhkan Peringkat Investasi RI

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga pemeringkat internasional, Moody’s Investors Service mengafirmasi atau menegaskan status Indonesia pada level layak investasi (investment grade). Peringkat rating atau sovereign credit rating di posisi Baa3.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro usai menghadiri Munas MAPPI mengatakan, pencapaian tersebut merupakan berita baik bagi Indonesia. Alasannya, karena stabilitas politik dan ekonomi Negara ini cukup baik di mata investor.

"Kami mendapatkan masukan dari investor luar negeri, pertama, Indonesia dianggap menjadi salah satu safe haven negara emerging ekonomi. Itu good news. Kedua, Indonesia termasuk emerging ekonomi yang istilahkan tidak membuat investor khawatir," jelasnya di Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Baca Juga

  • Moody`s Kembali Beri Peringkat RI Layak Investasi
  • Harga Minyak Kian Murah Imbas Peringatan Moody`s
  • Tarif Listrik Naik, Moody’s Angkat Peringkat Utang PLN

Source: liputan6.com
BCA Turunkan Bunga Kredit UKM Mulai 1 Februari

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) ‎berencana menurunkan bunga kredit sektor kecil menengah sebesar 0,25 persen terhitung 1 Februari 2016. Langkah tersebut diambil menimbang turunnya suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) menjadi 7,25 persen.

"Bunga kredit small medium enterprise (SME) kami pertimbangkan turun 0,25 persen mulai 1 Februari 2016," jelas Direktur Utama Bank BCA Jahja Setiaatmadja di Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Jahja menuturkan saat ini perusahaan tengah melirik Kredit Usaha Rakyat (KUR) karena dinilai memiliki potensi yang besar.

"Ke depan tergantung kebutuhan, kan ada kebutuhan untuk KUR Rp 100 triliun ada kebutuhan infrastruktur nggak tahu kita ada juga financing untuk modal kerja perbankan karena kalau perekonomian kita membaik pastinya kebutuhan produksi meningkat, daya beli meningkat produksi banyak, kan buruh modal kerja lebih banyak, kalau itu terjadi likuiditas lumayan," tutur dia.

Baca Juga

  • OJK: Tak Benar Ada Pemberhentian Karyawan Bank
  • Ini Hasil Rapat Pemerintah dan BI Soal kepemilikan Asing di Bank
  • BI Beri Sinyal Kembali Turunkan Suku Bunga Acuan

Source: liputan6.com
Pertamina Bidik 80% Pasar Pelumas di Kalimantan

Liputan6.com, Balikpapan - PT Pertamina Unit Pemasaran VI Balikpapan meluncurkan beroperasinya mobile oil service bagi pelanggan di wilayahnya.

Pengoperasian layanan antar jasa pelumas diharapkan mampu mendongkrak kualitas layanan penjualan produk Pertamina pada berbagai sektor industri di Kalimantan.

"Kami setidaknya sudah menjalin 15 perusahaan pengisian pelumas di Kalimantan," kata Manager Umum PT Pertamina Unit Pemasaran Balikpapan, M Irvan, Jumat (29/1/2016).

Irvan mengatakan, pangsa pasar produk Pertamina termasuk di antaranya pelumas telah mendominasi pangsa pasar industri Kalimantan hingga 60 persen. Masyarakat sudah percaya pada kualitas seluruh produk Pertamina yang telah memperoleh sertifikasi dunia internasional.

"Kami punya banyak keunggulan, selain kualitas tinggi juga adanya kepastian pasokan dengan jual yang bersaing," ujar dia.

Baca Juga

  • Pertamina Perkuat Eksistensi di Pasar Lubricants Indochina
  • Sektor Otomotif Lesu, Penjualan BBM dan Pelumas Pertamina Lambat
  • Pertamina Direkomendasikan Kelola Blok East Kalimantan

Source: liputan6.com
Rumah Tangga Baru Bertambah, Konsumsi Elpiji 3 Kg Naik

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat peningkatan konsumsi elpiji ‎bersubsidi 3 Kilo gram (Kg) setiap tahunnya. Salah satu faktor peningkatan tersebut adalah bertambahnya rumah tangga baru.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas‎ Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan, konsumsi elpiji 3 Kg 1,77 juta Metrik Ton (MT) dari 2009 terus meningkat hingga mencapai 5,57 juta MT pada 2015. Dengan total  kapasitas mencapai 27,1 juta MT dari 2009-2015.‎ Sedangkan konsumsi elpiji diperkirakan 6,6 juta MT pada 2016.

‎"Kalau melihat dalam bentuk angka, volume bagaima pertumbuhannya?. Pertumbuhan elpiji dan berapa minyak tanah yang ditarik angkanya seperti ini, elpiji naik terus," kata Wiratmaja, di Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Baca Juga

  • Subsidi Elpiji 3 Kg Tak Akan Dicabut
  • Uji Coba Penyaluran Subsidi Tertutup Ditunda Hingga 2016
  • Uji Coba Pemberian Subsidi Tertutup Elpiji 3 Kg Usai Pilkada

Source: liputan6.com
‎Kereta Cepat RI Lebih Mahal dari Iran, Ini Penjelasan China

Liputan6.com, Jakarta - China men‎dapat kepercayaan untuk menjadi mitra Indonesia dalam pembangunan mega proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Proyek yang dijadwalkan selesai 2019 ini menelan investasi sekitar Rp 70 triliun.

Nilai investasi tersebut dinilai beberapa kalangan termasuk salah satunya Wakil Presiden RI Jusuf Kalla terlalu mahal. Pasalnya, biaya pembangunan kereta cepat di Iran dengan jarak yang lebih jauh justru lebih murah. 

Kedutaan besar China mengaku ada beberapa alasan Kereta Cepat Indonesia lebih mahal jika dibandingkan dengan kereta cepat Iran.

Dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, pihak Iran merencanakan lebih dahulu melaksanakan pembangunan salah satu bagian dari Kereta Cepat Teheran-Isfahan. Nilai investasi yang diumumkan sekarang bukan investasi total dari pembangunan obove-rail, dan juga bukan investasi total proyeknya.

"Kami mendapat informasi dari staf China Railway Group Limited (CREC) China bahwa pihak China belum menandatangani kontrak senilai US$ 2,7 miliar dengan Iran," tulis keterangan itu.

Baca Juga

  • Alat Berat di Lokasi, Warga 9 Daerah Tak Tahu Proyek Kereta Cepat
  • Tak Bisa Bangun, Ini Izin yang Belum Dilengkapi PT Kereta Cepat
  • Anggota DPR Minta Jokowi Hentikan Bangun Kereta Cepat, Ada Apa?

Source: liputan6.com
5 Orang Terkaya Dunia di 2016

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal Bill Gates, Mark Zuckerberg, Warren Buffet, Amancio Ortega hingga jajaran miliarder-miliarder terkaya dunia lainnya. Jumlah kekayaan mereka sangat besar.

Situs Wealth X dan Business Insider merilis 50 orang daftar orang terkaya baru terbaru di 2016. Daftar tersebut sementara, karena jumlah kekayaan mereka bisa berubah dalam hitungan detik, setiap saat. Apalagi untuk mereka yang sumber kekayaannya dari saham.

Namun tetap, kekayaan mereka sangat besar. 50 orang terkaya dunia tersebut jika dijumlahkan hartanya mencapai US$ 1,45 triliun. Nilai itu setara GDP Australia.

Baca Juga

  • 3 Pria Ini Jadi Kaya Raya dari Mengemis
  • Jago Bisnis, Anak Miliarder Ini Terkenal Sebagai Pemain Poker
  • Ingin Sukses, Tiru Kebiasaan Sebagian Besar Miliarder Dunia Ini

Source: liputan6.com
Mengejar Izin Proyek Kereta Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Mimpi Indonesia memiliki alat transportasi yang mumpuni seperti negara-negara maju lain segera terwujud. Setelah mengalami tarik ulur tentang negara yang akan membangun proyek, antara Jepang dan China, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Kamis (21/1/2016).

Proyek tersebut jatuh ke tangan China selaku pemberi dana dan turut serta dalam konsorsium proyek. Tiang pancang dan keriuhan pengerjaan proyek kereta cepat mulai berlangsung di momen peresmian.

Sayang, proyek berdana triliunan rupiah ini kini sedikit dipermasalahkan terkait pemberian izin. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) diketahui belum mengantongi izin usaha dan izin pembangunan prasarana perkeretaapian umum dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dengan demikian, KCIC masih belum bisa melakukan konstruksi apapun di lokasi groundbreaking, tepatnya di Walini, Bandung Barat. Meski izin trase sudah keluar pada 12 Januari 2016.

Belum Kantongi Izin

Seusai groundbreaking yang diresmikan langsung Presiden Jokowi, terkuak jika pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum mengeluarkan dua izin penting yang bisa menjadi dasar pembangunan kereta cepat.

Menteri Perhubungan (Menhub), Ignasius Jonan pada Kamis (28/1/2016) mengungkapkan, sebelum memulai pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) harus mengantongi dua izin. Pertama, perjanjian konsensi dan kedua, izin pembangunan. 

"Kekurangan mereka belum melengkapi perjanjian konsesi, ini lagi diproses, sedang negosiasi. Kalau negosiasi kan banyak detailnya," ujar Jonan.

Kedua, terkait izin pembangunan. Izin ini dikatakan bukanlah bersifat administratif karena harus ada analisa teknis mengenai pembangunan kereta cepat.

"Paling penting adalah laporan analisa hidrologi dan hidrolika harus ada, termasuk juga mekanika tanah. Ini semua belum ada, harus dilengkapi," tegas Jonan. 

Ia berjanji akan mengeluarkan izin tersebut kepada KCIC apabila  seluruh dokumen yang disyaratkan terpenuhi. Sehingga tak ada batasan waktu atau target untuk memenuhinya. 

Izin yang Belum Dipenuhi

 
Source: liputan6.com
8 Cara Sederhana Tingkatkan Kekayaan

Liputan6.com, Jakarta - Bagi orang yang bergelut di bidang keuangan, tentu familiar dengan istilah kekayaan bersih. Sebab, istilah satu ini sering tertera di dalam neraca keuangan baik perusahaan maupun perorangan.

Secara sederhana, kekayaan bersih adalah indikator kesehatan finansial seseorang. Untuk mengetahui jumlah kekayaan bersih, kita harus menghitung total aset seperti rumah, tanah, kendaraan bermotor, tabungan, investasi atau perhiasan untuk kemudian dikurangi total kewajiban seperti cicilan KPR, kredit kendaraan hingga utang kartu kredit.

Memupuk kekayaan adalah jalan menuju kebebasan finansial sejati. Untuk mencapainya, kamu harus menerapkan formula yakni meningkatkan pendapatan dan kekayaan bersih sembari mengurangi utang.

Dalam arti lain menabung lebih banyak dan kurangi utang. Untuk membantu kamu, berikut ini 8 langkah sederhana yang bisa kamu coba untuk membangun kekayaan bersih di tahun 2016 seperti dikutip dari www.cekaja.com, Jumat (29/1/2016):

1. Minta kenaikan gaji

Salah satu cara mudah meningkatkan kekayaan bersih adalah dengan meningkatkan penghasilan. Jika kamu adalah karyawan yang berprestasi, tidak ada salahnya mencoba meminta kenaikan gaji pada atasan.

Minta kenaikan gaji secara rasional dan profesional. Jelaskan pada atasan mengapa kamu layak memperoleh kenaikan gaji. Bila perlu ingatkan kembali kontribusi apa saja yang sudah kamu berikan untuk perusahaan.

2. Cari penghasilan sampingan

Uang tidak cuma datang dari gaji bulanan. Kamu bisa kok menciptakan penghasilan dengan mencari pekerjaan sampingan. Conothnya bisa menjalankan bisnis online hingga menjadi pekerja freelance. Kesempatan itu ada di mana-mana.

Pikirkan dari sekarang apa yang bisa kamu lakukan dari beberapa juta rupiah atau beberapa ratus ribu rupiah di rekening tabungan.

(Baca juga: 10 Penyebab Kenapa Kamu Tidak Pernah Jadi Pengusaha Sukses)

3. Beli rumah

Menyewa rumah tidak akan membantu meningkatkan kekayaan bersih seseorang. Dengan membeli rumah, baik itu kredit maupun tunai, kekayaan bersih akan bertambah seiring meningkatnya nilai jual rumah.

Seperti umum diketahui, properti atau tanah adalah salah satu investasi berisiko rendah yang menghasilkan keuntungan tinggi.


Source: liputan6.com
China Tidak Minta Jaminan RI Atas Proyek Kereta Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menepis kabar yang menyebut China meminta jaminan pemerintah Indonesia apabila proyek pembangunan kereta cepat atau High Speed Train (HST) Jakarta-Bandung gagal total. Pemerintah menegaskan tidak akan memberikan jaminan sepeserpun kepada China untuk proyek senilai US$ 5,5 miliar itu.

"Saya belum pernah mendengar permintaan jaminan itu," tegas Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Bambang secara tegas menyebut, pemerintah tetap akan menjalankan kesepakatan bahwa proyek kereta cepat tersebut tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), termasuk tanpa jaminan pemerintah, misalnya diambilalih atau dibeli pemerintah Indonesia jika proyek gagal.

Baca Juga

  • Alat Berat di Lokasi, Warga 9 Daerah Tak Tahu Proyek Kereta Cepat
  • Tak Bisa Bangun, Ini Izin yang Belum Dilengkapi PT Kereta Cepat
  • Belum Kantongi Izin, Proyek Kereta Cepat Terancam Batal?

Source: liputan6.com
Pelindo II Mulai Uji Coba Operasi Terminal Petikemas Kalibaru

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelindo II (Persero) melakukan uji coba pengoperasian Terminal Petikemas 1 Kalibaru.‎ Uji coba operasi ini merupakan tahap awal dari rangkaian beberapa tahapan yang akan dilakukan.

Corporate Secretary & GA PT Pelindo II Hambar Wiyadi menjelaskan, uji coba ini bertujuan mempersiapkan dengan sebaik-baiknya pengoperasian secara komersial terminal peti kemas 1 yang rencananya berlangsung pertengahan tahun ini.

"Berkat dukungan dan kerjasama dari semua pihak, uji coba operasi terminal 1 Kalibaru telah terlaksana dengan baik," kata Hambar Wiyadi di Jakarta, Jumat (‎29/1/2016).

Dalam proses uji coba yang dberlangsung Rabu (27/1/2016) turut disaksikan otoritas pelabuhan utama tanjung priok, syahbandar utama pelabuhan tanjung priok, distrik navigasi kelas 1 Tanjung Priok beserta instansi pemerintah lainnya di lingkungan pelabuhan Tanjung Priok guna mendapatkan masukan terkait hasil uji coba agar segera dapat dilakukan upaya penyempurnaan sebelum dioperasikan secara komersial.

Baca Juga

  • 2 BUMN Sepakat Kembali Hidupkan Jalur Kereta Tanjung Priok
  • Proyek Kereta Pelabuhan Rampung Februari 2016
  • JK Dukung Rizal Ramli Aktifkan Kereta Api di Tanjung Priok

Source: liputan6.com
Gandeng BPN, Peruri Ingin Tekan Pemalsuan Sertifikat Tanah

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan Umum (Perum) Peruri bersama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) menandatangani kerjasama pelatihan sistem pengamanan sertifikat pertanahan. Kerjasama ini diharapkan mampu menekan angka pemalsuan sertifikat tanah.

Direktur Utama Peruri Prasetio mengatakan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 2006 tentang Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia, selain melakukan pencetakan uang, Peruri juga mendapatkan tugas untuk mencetak document security seperti sertifikat tanah.

Dan untuk meningkatkan keamanan terhadap sertifikat tanah ini, Peruri akan memberikan pelatihan kepada petugas dari Kementerian ATR‎ dan juga dinas terkait yang berada di daerah.

"Kita punya hubungan kerjasama berdasarkan PP 32, Peruri punya tugas selain cetak uang, juga document security, di dalamnya termasuk mengerjakan dokumen pertanahan BPN jadi landasan kita sudah ada. Nah ke depan kita akan kembangkan lagi pelatihan sistem pengamanan sertifikat, yang sekarang kan buku saja dicetak, tetapi nanti ada unsur pengamanan, personalisasi, sehingga bisa dikontrol sertifikat ini asli atau palsu," ujarnya di Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Baca Juga

  • Langkah Peruri Lebarkan Sayap
  • Peruri Cetak 8,5 Miliar Bilyet Uang di 2016
  • Peruri Siap Bersaing di Era MEA

Source: liputan6.com
Ini Alasan Generasi Muda Enggan Terjun Ke Sektor Pertanian

Liputan6.com, Jakarta - Ketersediaan sumber daya manusia (SDM) Indonesia di sektor pertanian terus mengalami penurunan. Padahal Indonesia merupakan negara agraria dengan kebutuhan pasokan pangan yang cukup besar mengingat jumlah penduduk mencapai 250 juta orang.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan, generasi muda di Indonesia lebih memilih untuk berkarya di sektor industri jika dibandingkan dengan mengembangkan sektor pertanian. Salah satu alasan yang mendasarinya adalah rendahnya pendapatan di sektor pertanian.

Menurut dia, rata-rata pendapatan para petani per bulan hanya sebesar Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu. "Pendapatan petani itu hanya Rp 200 ribu-Rp 400 ribu per orang per bulan. Kalau harga jagung jatuh ke Rp 1.500 per kg, petani di daerah-daerah menangis. Ini makanya anak-anaknya tidak mau kembali ke pertanian," ujarnya di Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Hal berbeda dialami pada petani di sektor perkebunan. Sebut saja perkebunan kelapa sawit, di mana para petaninya punya kesejahteraan yang lebih baik.‎ "Di sawit, pendapatannya bisa Rp 3 juta-Rp 4 juta per orang per bulan‎," lanjutnya.

Baca Juga

  • Jokowi Sebut Kebijakan Pangan Harus yang Menyeimbangkan
  • Mendag Lembong: Sudah Rahasia Publik Data Pangan RI Berantakan
  • Rantai Pasokan yang Panjang Bikin Harga Pangan Naik

Source: liputan6.com
Takut Diprotes, Subsidi Elpiji Tak Bisa Langsung Dicabut

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengakui terjadi pembengkakkan subsidi elpiji 3 Kilo gram (Kg), meski begitu subsidi elpiji tidak bisa langsung dicabut.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, pemerintah menjalankan program konversi minyak tanah ke elpiji 3 Kg untuk mengurangi subsidi pada Bahan Bakar Minyak (BBM).

Hal tersebut telah berhasil mengamankan uang untuk subsidi sebanyak Rp 189,8 triliun hingga 2015. Namun di sisi lain, subsidi untuk elpiji tersebut terus membengkak sampai Rp 176,2 triliun.

"Kalau dihitung kita tidak melakukan ini (program konversi), maka subsidi yang dihemat Rp 189,8 triliun. Ini subsidinya berkurang cukup banyak, tetapi kita lihat ini terus naik juga. Jadi kapan kita harus lakukan (penyaluran subsidi tepat sasaran)," kata Wiratmaja, di Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Baca Juga

  • ESDM Minta Masukan Cara Penyaluran Elpiji 3 Kg Tepat Sasaran
  • Pemerintah Perluas Penyaluran Elpiji 3 Kg
  • Rumah Tangga Baru Bertambah, Konsumsi Elpiji 3 Kg Naik

Source: liputan6.com
Ekonomi RI Turun, Pengangguran Diprediksi Naik

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah meramalkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun lalu sebesar 4,74 persen. Prediksi ini turun 1 persen dari asumsi makro di APBN-P 2015 yang sebesar 5,7 persen. Perlambatan ekonomi tersebut akan berdampak terhadap jumlah pengangguran dan orang miskin di Tanah Air.

Deputy Country Director Asian Development Bank di Indonesia, Edimon Ginting memperkirakan, angka kemiskinan dan angka pengangguran di Indonesia akan mengalami kenaikan pada 2015 karena pertumbuhan ekonomi yang meleset dari target.

"Karena pertumbuhan ekonomi pelan, pengangguran dan kemiskinan tidak bisa dihindari," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, seperti ditulis Jumat (29/1/2016).

Ia berpendapat, peningkatan jumlah pengangguran dan orang miskin bisa mencapai sekitar 250 ribu jiwa. Perkiraan ini didapat dari asumsi kenaikan 1 persen pertumbuhan akan menciptakan dan menyerap 250 ribu tenaga kerja. Dengan demikian, dengan penurunan 1 persen pertumbuhan ekonomi, jumlah kenaikan orang yang menganggur dan miskin sama.

Namun Edimon mengatakan, kondisi ini hanya bersifat sementara. Pasalnya, dijelaskan Edimon, pemerintah telah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi untuk menggairahkan sektor industri padat karya, industri jasa, pariwisata dan manufakturing yang mampu menyerap lebih banyak tenaga kerja.

Baca Juga

  • BI Waspadai Pertumbuhan Ekonomi China
  • Pertumbuhan Ekonomi 2015 Meleset, Picu Warga Miskin Bertambah?
  • JK: Tangan Pak Harto Bawa Pertumbuhan Ekonomi RI Tembus 7%

Source: liputan6.com
Pertama Kali, Bank Sentral Jepang Tetapkan Suku Bunga Negatif

Liputan6.com, Jakarta - Bank sentral Jepang mendorong suku bunga di bawah nol atau negatif untuk pertama kalinya pada Jumat pekan ini. Bank sentral Jepang telah menjaga suku bunga rendah selama bertahun-tahun.

Gubernur bank sentral Jepang Haruhiko Kuroda menuturkan, perubahan suku bunga tersebut akan menyebabkan suku bunga riil jatuh. Ini dilakukan untuk merangsang konsumsi dan investasi Jepang. Langkah bank sentral Jepang ini mengikuti bank sentral Eropa yang juga telah melakukan hal sama menempatkan suku bunga negatif.

"Kebijakan baru ini akan menekan suku bunga untuk pinjaman meski pun tidak akan berdampak negatif bagi bank," ujar Kuroda, Jumat (29/1/2016).

Bank sentral Jepang melihat ekonomi Jepang telah pulih secara moderat terlihat dari inflasi. Ini diikuti pengeluaran perusahaan dan rumah tangga. Akan tetapi, kondisi ekonomi global juga masih menjadi perhatian bank sentral terutama harga minyak merosot.

Baca Juga

  • BKPM Rayu Jepang Investasi Industri Bahan Baku di RI
  • BKPM Tawarkan Jepang Investasi di Sektor Pariwisata
  • Penurunan BI Rate Tinggal Menunggu Waktu

Source: liputan6.com