Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Kamis, 28 Januari 2016
5 Langkah untuk Meniti Karier Saat Usia 20 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Usia 20 tahun adalah waktu pas untuk memulai karier karena itu banyak lulusan baru memiliki pemikiran mereka membutuhkan pekerjaan.

Penulis buku Manager 3.0: A Millenial`s Guide to Rewriting the Rules of Management Courtney Templin menuturkan, para pekerja muda juga perlu untuk mulai menciptakan dasar kuat dan mengasah keahliaan profesional.

"Pada tahap pertama dari karier Anda dengan membangun keterampilan yang luas. Keterampilan itu mulai dari soft skill, kemampuan komunikasi, keterampilan interpersonal. Semakin cepat Anda mengembangkan ini, semakin cepat Anda dapat meningkatkan karier," ujar Templin.

Seperti dilansir dari time.com, Kamis (28/1/2016) terdapat lima langkah menjadi karyawan junior yang sukses.

1. Tujuan yang jelas

Ketika Anda memulai pekerjaan, Anda harus mempunyai tujuan dalam bekerja. Anda juga harus mempunyai strategi dalam berkarier Anda. Buatlah daftar yang mencakup pekerjaan yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas.

2. Pelajari klien Anda

Jika dalam pekerjaan Anda, lebih banyak berkomunikasi dengan pelanggan. Anda harus memiliki kemampuan untuk mengetahui kebutuhan mereka, Anda juga harus mempunyai nilai positif sebagai karyawan. Karena jika Anda memiliki sikap dan sifat yang baik, banyak pelanggan dan atasan yang suka kinerja Anda.

3. Membangun hubungan internal

Pelajari bagaimana seluruh rekan kerja Anda bekerja. Anda dapat meniru kinerja baik dari rekan kerja. Setelah itu, tunjukkan minat yang tulus dalam bekerja. Ajak rekan kerja Anda untuk makan siang bersama, karena Anda harus pintar membina hubungan dengan rekan kerja.

4. Cari konsultan

Jika Anda ditawarkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahlian, Anda dapat mencari seorang konsultan untuk membantu Anda memperluas jaringan dan mengembangkan keterampilan baru. Namun, Anda juga harus waspada untuk membatasi diri.

5. Bergabung dan berkumpul

Sebagai anak baru Anda harus mau bergabung dengan rekan kerja Anda, karena akan ada banyak kesempatan untuk masuk ke dalam jaringan. Bergabung dengan banyak rekan kerja juga akan meningkatkan informasi yang didapatkan untuk Anda. (Apr/Ahm)

 

 


Source: liputan6.com
Menonton Opera di Gedung Bernuansa Fiksi Ilmiah Ini

Liputan6.com, Jakarta - Pertunjukan opera menjadi salah satu karya seni yang banyak digemari orang asing, tak terkecuali di Harbin, sebuah kota di timur laut Tiongkok.

Meskipun Harbin adalah kota kecil, namun kehadiran Opera House yang ada di kotanya sejak lima tahun lalu banyak menarik minat khalayak luas karena bentuk arsitekturnya yang memukau.

Yang membuat Harbin Opera House menarik adalah bentuk arsitekturnya yang begitu unik. Terlihat dari fasad kaca mengesankan berbalut bata logam spiral. Dari jauh kita mungkin mengira tempat ini seperti luar angkasa dibanding tempat konser musik.

Penasaran? Lihatlah dari dekat struktur futuristik pada foto di bawah ini, seperti ditulis Rabu (27/1/2016) dinukil dari laman Elledecor.com dan Rumah.com

Menurut arsitek MAD, yang sebelumnya pernah memenangkan kompetisi membangun gedung opera dan bangunan pusat budaya, pihaknya selalu berupaya untuk mendirikan bangunan yang unik.

Tidak hanya bersifat ramah lingkungan, tetapi juga terlihat berbeda dengan bangunan lain yang ada di sekitar kota. Ruang ultramodern yang ada di Harbin Opera House telah berhasil mewakili gaya tersebut.

Bangunan ini didirikan di atas lahan seluas 850.000 meter persegi dan diisi oleh teater dengan total jumlah kursi mencapai 1.600. Dinding teater ini dibalut oleh kayu Machurian Ash.

Atap observasi berada di ketinggian sekitar 184 kaki. Anda bisa menjangkau titik tersebut sembari menikmati pemandangan indah yang di sekeliling Harbin Opera House.

Nikmati sensasi menonton pertunjukan seni musik di sebuah studio semegah ini.

Rumah opera ini juga memiliki gedung tambahan yang memiliki restoran, hotel dan ruang pameran. Setelah sistem transit kota selesai dirilis, para pengunjung bisa terhubung langsung dengan akses menuju stasiun bawah tanah.

Dari sini mereka bisa menuju ragam obyek wisata lainnya dengan cepat dan mudah. Di bagian tengah proyek rencananya akan dibangun danau buatan.

Sisi unik lain yang bisa ditemukan dari bangunan ini adalah adanya bentuk atap yang memiliki kemiringan hingga meyentuh tanah. Sementara itu, taman seluas 1,8 kilometer persegi yang mengelilingi gedung opera ini dimanfaatkan pengunjung sebagai tempat jalan-jalan, bersantai sambil piknik, serta menerbangkan layang-layang.


Source: liputan6.com
Begini Cara Agar Rumah Aman Saat Liburan

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak suka berlibur? Entah hanya sekadar ke tempat wisata yang hanya berjarak beberapa jam dari rumah, ataupun hingga luar negeri, semua pasti menyukai kegiatan ini. Namun sebelum berlibur, banyak hal yang harus dipersiapkan.

Persiapan berlibur tidak hanya berkutat pada akomodasi dan perlengkapan yang akan dibawa saja, melainkan urusan keamanan yang ada di dalam rumah.

Berdasarkan penelitian, sekitar 80 persen pencurian terjadi ketika rumah kosong. Jadi, cobalah untuk membuat rumah terlihat berpenghuni ketika Anda pergi berlibur.

Seperti misalnya memasang lampu otomatis yang menyala sepanjang malam dan redup di siang hari.

Baca Juga

  • Punya Kocek Rp 500 Juta Bisa Miliki Rumah di Surabaya
  • Wisata Keluarga Murah, Intip 5 Perumahan Dekat Danau
  • 5 Rumah Dekat dengan Kelenteng Bersejarah di Indonesia

Source: liputan6.com
Buang Mimpi Jadi Orang Sukses Jika Masih Lakukan 5 Hal ini

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki target dalam meraih kesuksesan atau berkarier. Namun, sudahkan Anda berhasil mencapai target tersebut setelah berusaha dalam waktu lama?

Banyak orang menyerah sebelum mencapai mimpi karier mereka. Hal tersebut dikarenakan perjalanan karier mereka memakan waktu terlalu lama dan menghabiskan tenaga.

Selain itu, ternyata ada beberapa hal lagi yang dapat menghambat seseorang menuju tangga kesuksesan. Apa saja? Berikut lima hal yang menjadi penyebab utama seseorang sulit mencapai target kesuksesan seperti dilansir dalam Entrepreneur.com, Kamis (28/1/2016):

1. Gagal merencanakan

Sebagai orang yang hidup di masa kini dan memiliki masa depan, adalah sebuah keharusan bagi kita untuk membuat perencanaan dalam berbagai aspek kehidupan. Apabila Anda gagal merencanakan sesuatu berarti Anda pun gagal merencanakan masa depan.

Rencana yang Anda buat pun harus spesifik sehingga dapat merangkum dan memberikan gambaran jelas akan langkah yang dapat Anda ambil nantinya.

2. Takut mencoba

Salah Kunci sukses adalah tidak mudah menyerah dan Jangan takut untuk gagal. Dengan kegagalan, Anda bisa belajar agar bisa berkembang lebih baik lagi. Takut mencoba sesuatu yang baru justru akan membuat Anda jauh dari kesuksesan.

3. Cepat menyerah

Sukses bukanlah sesuatu yang bisa Anda dapatkan dalam waktu singkat.Untuk itu Anda harus memiliki keinginan teguh serta semangat pantang menyerah dalam menjalani hidup.

Dalam kehidupan, kita sering diombang-ambingkan oleh pendapat orang lain sehingga sering mengubah apa yang kita jalani dan yakini. Padahal semua hasil kesuksesan membutuhkan kepercayaan diri dalam proses perjuangan.

Maka sangat dibutuhkan keyakinan, kepercayaan diri dan berprinsip dalam menjalankan apa yang sudah kita kerjakan.

4. Tidak percaya tujuan

Hal ini juga dapat menjauhkan Anda dari tangga kesuksesan. Tujuan sukses yang selama ini Anda inginkan haruslah Anda pegang teguh dan sematkan dalam setiap tindakan sehari-hari.

5. Selalu membuat alasan

Akan ada waktu di mana banyak orang yang terus menerus membuat alasan dan bercerita mengapa mereka tidak bisa melakukan dan menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Tahukah Anda, ternyata hal ini dapat membuat Anda semakin jauh dari tujuan sukses yang selama ini diinginkan. Buanglah keinginan Anda untuk selalu mengeluh dan cobalah untuk mengerjakan sebisa mungkin tugas yang ada. (Vna/Ndw)


Source: liputan6.com
Ingin Kaya di Usia 25 Tahun? Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Bermimpi menjadi kaya dalam usia yang muda adalah hal lumrah yang biasa orang bayangkan. Ya, bagaimana tidak. Siapa yang tidak menginginkan untuk dapat sukses dan memiliki harta yang berlimpah.

Namun, perjalanan menuju kesuksesan bukanlah hal yang mudah. Perlu perjuangan serta konsistensi tinggi yang perlu dilakukan. Lalu kira-kira apa hal lain yang harus Anda lakukan agar dapat sukses di usia muda?

Berikut langkahnya seperti dilansir dalam Entrepreneur.com, Kamis (28/1/2016):

1. Jangan terpatok umur

Banyak orang yang seringkali memandang sebelah mata orang-orang yang memiliki keinginan untuk sukses di usia muda. Padahal, faktor umur bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan.

Banyak miliarder sukses dunia yang mampu sukses di usia yang tergolong muda. Hal ini menunjukkan bahwa banyak faktor penentu kesuksesan yang lebih besar selain usia.

2. Investasi diri sendiri

Satu investasi yang dapat Anda lakukan pada diri Anda adalah dengan terus menerus menambah pengetahuan dan banyak membaca buku.

Konsistensi Anda dalam melakukan hal ini dapat berbuah manis dengan kemampuan Anda yang nantinya dapat terus bertambah.


Source: liputan6.com
Bantu Pengungsi, Google Sumbang 25.000 Laptop

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan teknologi raksasa, Google setuju untuk menyumbang US$ 5,2 juta atau setara dengan Rp 72,2 miliar untuk membantu para pengungsi di Jerman.

Pengungsi memang telah menjadi permasalahan cukup besar yang dihadapi oleh banyak Negara-negara di eropa. Demi mampu menanggulangi permasalahan ini, Google berniat untuk menyumbang uang tersebut dalam bentuk pemberian bantuan laptop sebanyak 25.000 buah.

Laptop yang diberi nama Chromebooks tersebut merupakan laptop produksi Google yang menjalankan perangkat system Chrome OS. Seperti dilansir dari laman Business Insider, Rabu (27/1/2015) laptop itu nantinya dapat digunakan sebagai fasilitas belajar khususnya bagi anak-anak pengungsi.

Pada bulan Oktober 2015 lalu, Google juga telah meluncurkan aplikasi ‘Crisis Info hub’ yang dapat dimanfaatkan sebagai portal informasi ketika kondisi krisis.

Crisis info hub dapat membantu pengungsi untuk bertukar informasi mengenai transportsi, tempat untuk tidur hingga kabar penting lainnya. Portal ini juga tersedia dalam berbagai bahasa seperti Inggris, Arab dan Perancis sehingga dapat memudahkan dalam pemakaiannya.

Problematika pengungsi masih menjadi salah satu isu yang cukup besar sejak era perang dunia ke II. Hampir lebih dari 100 pengungsi telah sampai di benua eropa dengan harapan mampu mendapat pertolongan kemanusiaan. (Vna/Ndw)


Source: liputan6.com
Bersaing dengan Ekspatriat? Siapa Takut!

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2016, saatnya seluruh masyarakat Asia Tenggara menjadi satu-kesatuan dalam MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Yup, pasar bebas Asia Tenggara akan segera diwujudkan dalam waktu dekat.

Di masa ini, persaingan pekerja di negara ASEAN akan semakin ketat, tidak terkecuali dengan persaingan di Indonesia. Untuk itu, perlu langkah yang tepat dalam bersaing dengan ekspatriat atau tenaga kerja asing.

Memahami MEA

CEO Karir.com Dino Martin menjelaskan, “MEA bisa diartikan sebagai bentuk integrasi ekonomi ASEAN; semua negara yang berada di kawasan Asia Tenggara menerapkan sistem perdagangan bebas. Kurang lebih dua dekade lalu, tepatnya Desember 1997 saat diselenggarakannya KTT ASEAN di Kuala Lumpur, disepakati adanya ASEAN Vision 2020 yang intinya menitikberatkan pada pembentukan kawasan ASEAN yang stabil, makmur dan kompetitif dengan pertumbuhan ekonomi yang adil dan merata serta dapat mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial.” 

“Hal tersebut sesuai dengan Deklarasi Cebu yang merupakan salah satu hasil KTT ASEAN ke-12 Januari 2007. Pada KTT tersebut para pemimpin ASEAN sepakat untuk mengubah ASEAN menjadi wilayah perdagangan bebas baik barang maupun jasa, investasi, tenaga kerja profesional, juga aliran modal atau dana,” tambah Dino.

Apa Dampak Positif MEA?

Dino memaparkan bahwa MEA akan mendorong arus investasi dari luar ke dalam negeri yang akan menciptakan multiplier effect dalam berbagai sektor khususnya dalam bidang pembangunan ekonomi. Potensi pasar MEA besar, yakni kurang lebih 600 juta jiwa populasi negara-negara ASEAN, dan secara demografis, Indonesia mencakup 53% wilayah tersebut.

MEA memberikan peluang kepada negara-negara anggota ASEAN dalam hal meningkatkan kecepatan perpindahan sumber daya manusia dan modal yang merupakan dua faktor produksi yang sangat penting.

Apa Tantangan bagi Tenaga Kerja Indonesia?

“Sesuai dengan pilar MEA 2015, pembatasan transfer atau keluar-masuk tenaga kerja profesional akan dihapuskan. Hal tersebut memberikan kesempatan tenaga kerja asing memasuki lapangan kerja Indonesia. Artinya, tenaga kerja profesional di Indonesia kini harus siap menghadapi persaingan mendapatkan karir dengan saudara-saudara kita dari negara ASEAN,” kata Dino.

“Berdasarkan Mutual Recognition Agreement, ada delapan profesi yang telah ditetapkan standar dan kompetensinya oleh negara partisipan MEA. Artinya, delapan profesi ini akan memiliki akses mencari karir lintas negara. Profesi tersebut adalah, Insinyur, Arsitek, Tenaga Pariwisata, Akuntan, Dokter Gigi, Tenaga Survei, Praktisi Medis dan Perawat,” tambahnya.


Source: liputan6.com
Broker Ini Optimistis Pasar Properti di 2016 Bakal Moncer

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan broker properti (property agent) optimistis pasar properti tahun ini akan lebih baik dari 2015, ditopang beberapa faktor pendukung termasuk gencarnya pembangunan proyek infrastruktur pemerintah yang diharapkan mendorong bergeraknya ekonomi masyarakat.

Chief Executive Officer (CEO) RE/MAX Indonesia, Monica Nardi mengatakan pasar properti di dalam negeri pada 2016 akan lebih baik dibandingkan tahun lalu walaupun tantangannya juga masih cukup besar. Oleh karena itu, RE/MAX Indonesia mematok target omzet transaksi naik 20% pada 2016 dibandingkan tahun lalu.

”Meski tantangan masih cukup besar terutama menghadapi persaingan pasca diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), kami siap untuk meriah peluang di 2016,” ungkap Monica saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (28/1/2016).

Baca Juga

  • Investasi Properti China dan Hong Kong Masih Menjanjikan di 2016
  • Ini Cara Menghitung Keuntungan Investasi Properti Anda
  • Pemda Harus Dilibatkan dalam Aturan Properti untuk Asing

Source: liputan6.com
Peluang Investasi Properti di 4 Negara Terkemuka Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Singapura masih menjadi incaran investasi paling menjanjikan di Asia, karena fundamental negara tersebut yang sangat kuat. Adanya kebijakan Pemerintah Singapura dalam meredam kepemilikan hunian bagi warga asing justru membuka peluang investasi properti di segmen komersial.

Hal ini terungkap dalam International Property Seminar dengan Tema “How to Buy/Sell International Properties” yang digelar perusahaan agen real estat asal Amerika Serikat, RE/MAX.

Dalam seminar tersebut, Allen Jordan dari RE/MAX Goshen yang berbasis di Singapura dan Indonesia memaparkan bagaimana meraih peluang investasi serta bagaimana bertransaksi di Negeri Singa tersebut.

“Untuk segmen komersial, pemerintah Singapura belum secara detail menerapkan kebijakan yang mempersulit warga asing memiliki properti komersial di Singapura,” urainya seperti dikutip dari laman Rumah.com.

Saat ini, pajak pembelian properti komersial di Singapura jauh lebih rendah ketimbang pajak hunian. Sementara, harga sewa komersial di Singapura mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Posisi Singapura yang dikenal sebagai salah satu negara ternyaman di Asia, sangat berkomitmen dalam menata masterplan pengembangan kotanya. Dalam menarik minat investor asing, kata Alllen, pemerintah Singapura juga tengah mengembangkan kawasan kota mandiri yaitu Tanjong Pagar. Lokasi tersebut kini dikenal sebagai Hot Spot Investment.

Sejumlah pengembang ternama kini sudah mempersiapkan untuk mengembangkan kawasan tersebut. Bukan hanya Tanjong Pagar, pemerintah Singapura juga mempersiapkan kota mandiri lainnya yaitu Jarong.

"Pengembangan tersebut diyakini bakal menjadi Central Business District kedua yang bakal mendatangkan investor asing,” kata Allen.

Korea Selatan, Australia, dan Amerika Serikat

Sementara itu, Justine Yu dari RE/MAX Korea memaparkan bagaimana ranumnya investasi di Korea Selatan. Tingginya minat investor asing melirik pasar properti Korea, ujar Justine, salah satunya lantaran Korea merupakan destinasi wisata yang menawan, bukan hanya keindahan alam, tetapi juga entertaiment menarik.

Saat ini, Korea tidak hanya semata-mata mengembangkan kawasan wisatanya saja tapi juga mengintegrasinya dengan memadukan budaya serta sejumlah hiburan. Korea juga tengah mengembangkan kawasan mandiri di kota Busan.

"Rencananya, di kota tersebut akan bermunculan superblok serta kawasan hiburan. Justin mengatakan, hal terpenting dalam menarik minat investor asing, Korea menetapkan pajak yang lebih rendah,” terang Justine.

Di sisi lain, peluang investasi yang jauh lebih menarik juga ditawarkan di Australia. Negara satu ini juga menawarkan kemudahan bagi investor Asing. Bahkan, pemerintah Australia juga berperan sebagai lembaga penjamin bagi warga asing yang hendak memiliki properti di Australia.

“Salah satu daya tarik dalam hal kepemilikan properti di Australia, calon pembeli cukup menyiapkan dana 10 persen dari harga jual properti. Harganya jauh lebih murah ketimbang di Singapura,” ungkap Wigan Sugandi dari Capital Value International Group.

Tak heran, beberapa kota di Australia dikenal sebagai negara destinasi bagi pendatang asing. Karenanya, pertumbuhan properti di negara ini juga peluang investasi yang menjanjikan. Poin terpenting adalah capital value di Negeri Kanguru ini jauh lebih tinggi dari beberapa negara lain, termasuk Indonesia.

Bagaimana dengan Amerika Serikat? Negeri Paman Sam ini ternyata juga menawarkan capital value yang baik, sehingga dapat menjadi pilihan investasi yang menarik.

Nathan Brekken, Director Global Development RE/MAX LLC menguraikan, bagi investor asing, Amerika memiliki daya tarik tersendiri. Selain menerapkan kebijakan transparan bagi pelaku bisnis, Amerika juga merupakan kiblat bagi pertumbuhan bisnis di dunia.

“Meski mengalami dampak krisis ekonomi paling dahsyat, namun Amerika dapat kembali pulih dan bergairah di sektor properti. Tak heran bahwa, semua penjuru dunia memimpikan warganya untuk dapat memiliki properti di Amerika,” pungkasnya. (Anto/Ndw)


Source: liputan6.com
Ada Kereta Cepat, Bandung Mimpi Samai Dubai dan Paris

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah meresmikan dimulainya proyek kereta cepat Jakart-Bandung dengan trase jalur sepanjang 142,3 kilometer (km). Peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek pembangunan kereta ini dilakukan pada Kamis (21/1/2016) lalu dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, dengan adanya kereta cepat Jakarta-Bandung, dipastikan akan mempersingkat jarak tempuh perjalanan antar kedua kota. Jika sebelumnya dengan melewati jalan tol waktu tempuh Jakarta-Bandung selama 3 jam, kini hanya butuh waktu 45 menit.

"Orang Jakarta ke Bandung pakai mobil 3 jam, kalau weekend 5 jam. Dengan kereta cepat hanya 45 menit," ujarnya di Jakarta, Rabu (27/1/2016).

 

Baca Juga

  • Proyek Kereta Cepat Bikin Ekonomi Bandung Melesat
  • Jakarta-Bandung Cuma 35 Menit, Berapa Harga Tiket Kereta Cepat?
  • Menilik Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Source: liputan6.com
YLKI Protes Menkeu Beri Penghargaan ke Perusahaan Rokok

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) merasa kecewa dengan apresiasi dari Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro kepada empat perusahaan rokok. Perusahaan rokok tersebut merupakan penyumbang penerimaan cukai terbesar sepanjang 2015.

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi ‎menganggap penghargaan itu sebagai tindakan tidak etis seorang menteri karena beberapa alasan. Pertama, sambungnya, peningkatan cukai rokok dinilai sama dengan kenaikan jumlah perokok di Indonesia.

"Itu artinya Menkeu memang menghendaki masyarakat Indonesia jadi perokok aktif dan mendukung mereka saaakit akibat konsumsi rokok. Menkeu juga artinya mendukung kemiskinan karena konsumsi rokok memicu kemiskinan," ujar Tulus dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Ia menganggap, tindakan Menkeu sangat ironis mengingat dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan dari konsumsi rokok cukup besar. Dari data YLKI, sambungnya, nilai cukai yang diterima tidak sebanding dengan dampak sosial ekonomi dari konsumsi rokok yang rata-rata mencapai empat kali lipat.

Baca Juga

  • Menkeu Beri Penghargaan 4 Perusahaan Penyumbang Cukai Terbesar
  • 4 Perusahaan Rokok Bayar Cukai Rp 125 Triliun ke Negara
  • Realisasi Cukai Rokok Tembus Rp 139,5 Triliun

Source: liputan6.com
Sepak Terjang Ryan Filbert yang Beli Apartemen dari Saham

Liputan6.com, Jakarta - Praktisi sekaligus inspirator investasi Ryan Filbert berbagi kisah mengenai kesuksesannya bergelut dengan pasar modal.

Ryan sapaannya, masuk dunia pasar modal pada 2004. ‎Sejak investasi di saham pada 2004, kini dia memperoleh keuntungan dengan imbal hasil rata-rata 8-12 persen per tahun. Dia mengatakan, dari saham pula mampu mendapatkan apartemen dan ruko.

"Yang jelas punya saham itu bisa ambil dua apartemen di Tanjung Duren, di Karawaci. Saya bisa ambil ruko," ujar dia, Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Ryan mengakui, masuk ke pasar modal tak semulus yang dibayangkan orang. Bahkan, pihaknya mengakui sempat mengalami kerugian ketika komoditas jatuh sekitar tahun 2008.

"‎Tahun 2008 saya rugi di Amerika, saya menjalankan option market, aset saya hilang 60 persen," tutur dia.

Baca Juga

  • Ibu Rumah Tangga Jadi Target Investor dalam Pesta Reksa Dana 2016
  • 8 Tips Investasi untuk Investor Pemula
  • Cerita Giring Nidji Investasi di Reksa Dana

Source: liputan6.com
Freeport Minta Keringanan Pembayaran Tambahan Jaminan Smelter

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan PT Freeport Indonesia meminta keringanan atas tambahan uang jaminan kesungguhan pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter).

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, pihak Freeport telah memberi tanggapan atas penambahan jaminan kesungguhan yang diminta pemerintah sebesar US$ 530 juta.

Namun, karena ‎perekonomian dunia sedang bergejolak dengan penurunan harga komoditas, perusahaan tambang asal Amerika Serikat tersebut ingin pemerintah memberikan keringanan.

"Saya sudah dapat update dari Pak Dirjen, intinya mereka akan berusaha memenuhi requirement itu. Tapi mereka minta dipertimbangkan situasi komoditi dunia, keuangan mereka," kata Sudirman, di Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Baca Juga

  • Freeport Terdepak dari Daftar Pembayar Pajak Terbesar di RI
  • Pemerintah Tak Perlu Bayar Mahal Buat Beli Saham Freeport
  • Freeport Bersedia Tambah Uang Jaminan US$ 530 Juta

Source: liputan6.com
Menkeu: Kementan Tak Bisa Bedakan PPN Impor dan Bea Masuk

Liputan6.com, Jakarta - Meski Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 267 Tahun 2015 tentang Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen bagi seluruh ternak, kecuali sapi indukan atau sapi betina produktif sudah direvisi, namun faktanya di lapangan masih menimbulkan polemik.

Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro merasa kesal dengan pernyataan yang menyebutkan sebelumnya bahwa Kementerian Pertanian (Kementan) meminta bea masuk impor sapi indukan, bukan PPN impor. Sehingga aturan tersebut diprotes kalangan pengusaha, termasuk Kementerian terkait.

"Ya tidak tahu, tapi mereka waktu itu mintanya PPN impor. Yang tidak tahu apakah mereka mengerti atau tidak PPN impor dan bea masuk," tegas Bambang usai Konferensi Pers di Jakarta, Rabu (26/1/2016).

Ia memastikan, Kemenkeu telah merevisi PMK Nomor 267 Tahun 2015. Itu artinya seluruh ternak dibebaskan dari pungutan pajak, seperti sapi bakalan, sapi indukan, sapi potong, kerbau, kelinci, dan ternak lainnya. Revisi tersebut berlaku mulai 8 Januari 2016.

"Sudah direvisi dan berlakunya mulai 8 Januari 2016. Praktiknya tidak pernah berlaku yang PPN impor itu," paparnya.

Aturan pengenaan PPN impor atas ternak sapi, kecuali sapi indukan telah memicu lonjakan harga daging sapi di pasar. Bahkan harga daging sapi menembus Rp 130 ribu per kilogram (kg).

Melambungnya harga juga terjadi pada bahan pangan dan kebutuhan pokok lain sehingga pemerintah menerbitkan paket kebijakan ekonomi jilid IX untuk mengatasi kenaikan harga tersebut.

"Harga-harga pada naik, jadi Presiden ingin ada strategi untuk bisa mengurangi kenaikan harga secara permanen. Kebijakannya mengenai kuota, strategi impor, penguasaan beberapa perusahaan dalam importasi dan lainnya," jelas Bambang.

Wakil Ketua Kadin Indonesia Bidang Industri Pengolahan Makanan dan Peternakan, Juan Permata Adoe sebelumnya mengungkapkan, pemerintah dan pengusaha menggelar rapat koordinasi PMK 267 Tahun 2015 tentang Kriteria Dan/Atau Rincian Ternak, Bahan Pakan Untuk Pembuatan Pakan Ternak dan Pakan Ikan Yang Atas Impor Dan/Atau Penyerahannya Dibebaskan Dari Pengenaan PPN.

Aturan tersebut merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 81 Tahun 2015 tentang Impor dan atau Penyerahan Barang Kena Pajak Tertentu Yang Bersifat Strategis Yang Dibebaskan Dari Pengenaan PPN.

Juan menuturkan, Kementerian Pertanian sebenarnya meminta kepada Kementerian Keuangan untuk membebaskan bea masuk sapi indukan atau sapi betina produktif, bukan PPN. Tujuannya apabila Bea Masuk dinolkan, maka penjualan sapi jenis ini akan meningkat.

"Kementan itu inginnya dibebaskan Bea Masuk untuk sapi betina produktif. Tapi dengan alasan tertentu kenapa larinya ke (bebas) PPN, jadi miss interpretasi antara keinginan dan eksekusinya. Untuk ternak lainnya kena PPN 10 persen, otomatis turunannya juga kena," kata Juan. (Fik/Ndw)


Source: liputan6.com
Kebijakan The Fed Bayangi Laju IHSG

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak menguat pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Sentimen global akan mempengaruhi laju IHSG terutama kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS)/The Federal Reserve.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan potensi pergerakan IHSG terlihat menuju level resistance 4.608. Level itu perlu digapai untuk memperkuat pola kenaikan jangka pendek IHSG. Sedangkan level support IHSG di kisaran 4.474.

"Namun tetap perlu dicermati pergerakan harga komoditas jika menganut pola investasi jangka pendek. Sedangkan bagi investor jangka panjang merupakan momen untuk akumulasi beli," ujar William dalam ulasannya, Kamis (28/1/2016).

Sementara itu, Analis PT Reliance Securities Lanjar Nafi menerangkan, pada perdagangan saham kemarin bursa Asia cenderung menguat. Dia mengatakan, hal tersebut karena Bank Sentral Amerika Serikat (AS) akan menentukan kebijakan pertama tahun ini.

Baca Juga

  • Ikuti Bursa Asia, IHSG Naik 73 Poin
  • IHSG Mampu Menguat Menyusul Wall Street dan Bursa Asia
  • Ketidakpastian Suku Bunga The Fed Jadi Penekan Pasar Modal RI

Source: liputan6.com
The Fed Pertahankan Suku Bunga Picu Wall Street Melemah

Liputan6.com, New York - Keputusan Bank Sentral (Federal Reserve/The Fed) mempertahankan tingkat suku bunga membuat pasar saham Amerika Serikat (AS) melemah pada penutupan perdagangan Rabu (Kamis pagi waktu Jakarta).

Tingkat suku bunga yang tetap menunjukan jika perekonomian AS belum menguat karena gejolak keuangan dan ekonomi baru-baru ini. Hal ini membuat investor kembali khawatir sehingga membuat pasar turun.

Melansir laman Reuters, indeks saham utama bergerak lebih rendah, membalikkan keuntungan sebelumnya yang didorong lonjakan harga minyak mentah setelah Rusia mengaku sedang membahas kemungkinan kerjasama dengan OPEC dan AS terkait peningkatan permintaan minyak untuk jangka pendek.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 222,77 poin atau 1,38 persen ke posisi 15.944,46. Sementara indeks S & P 500 kehilangan 20,66 poin atau 1,09 persen menjadi 1.882,97 dan indeks Nasdaq Composite turun 99,51 poin atau 2,18 persen ke posisi 4.468,17.

Baca Juga

  • Harga Minyak Tekan Wall Street di Awal Pekan
  • Penguatan Wall Street Beri Imbas Positif ke Bursa Asia
  • Mengakhiri Pekan yang Bergelombang, Wall Street Menguat

Source: liputan6.com
Harga Minyak Naik di Tengah Spekulasi Pemotongan Produksi

Liputan6.com, New York - Harga minyak mentah dunia naik di tengah spekulasi kemungkinan penurunan produksi dari negara-negara eksportir terkemuka di dunia.

Melemahnya dolar ikut mendorong harga minyak setelah Federal Reserve mengisyaratkan keprihatinan tentang gejolak ekonomi global melalui pernyataannya.

Pelemahan mata uang AS membuat minyak yang dihargakan dalam dolar lebih murah bagi pembeli asing.

Melansir laman Wall Street Journal, Kamis (28/1/2016), harga minyak mentah light sweet untuk pengiriman Maret ditutup naik 85 sen atau 2,7 persen menjadi US$ 32,30 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara Brent, patokan minyak global, naik $ 1,30 atau 4,1 persen menjadi US$ 33,10 per barel di ICE Futures Europe.

Harga minyak telah jatuh selama 19 bulan terakhir karena tingginya produksi sementara tidak demikian untuk permintaan. Kenaikan produksi mendorong stok minyak mentah dan produk jadinya berlebih di kilang penyimpanan.

Baca Juga

  • Harga Minyak Dunia Bakal Naik ke US$ 60 per Barel
  • Harga Minyak Dunia Seret Bursa Asia ke Zona Merah
  • Arab Saudi Tolak Bantu Dongkrak Harga Minyak

Source: liputan6.com
JK: Tangan Pak Harto Bawa Pertumbuhan Ekonomi RI Tembus 7%

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengagumi cara almarhum Presiden Soeharto yang mampu membawa pertumbuhan ekonomi Indonesia melejit di zamannya. Saat itu, pertumbuhan ekonomi tercatat mencapai di atas 7 persen.

"Beliau memulai dari bawah, dari daerah kemudian dari pertanian ke industri. Dan Indonesia sempat tumbuh 7-8 persen," tegas JK, seperti dikutip Kamis (28/1/2016).

JK menuturkan, Soeharto berhasil membangun Indonesia, sesuai julukannya sebagai Bapak Pembangunan. Dalam krisis yang dihadapi, pembangunan masih bisa terjadi.

"Gelar Pak Harto kan Bapak Pembangunan, karena itu selalu diingat orang bagaimana beliau meningkatkan Indonesia dalam krisis menuju pertumbuhan," ujar dia.

Baca Juga

  • BI: Penurunan Harga Minyak Berdampak Positif bagi Ekonomi RI
  • Citigroup: Ekonomi Dunia Berada di Tepi Jurang Resesi
  • Ekonomi Dunia Sedang dalam Masalah

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Naik Rp 9.000 per Gram dalam 3 Hari

Liputan6.com, Jakarta - Harga jual emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) kembali naik Rp 1.000 menjadi Rp 553 ribu per gram pada perdagangan Kamis (28/1/2016). Tercatat, harga emas Antam naik Rp 9.000 per gram dalam tiga hari berturut-turut.

Begitu pula harga pembelian kembali (buyback) emas Antam naik Rp 1.000 menjadi Rp 497 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 497 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.08 WIB, seluruh ukuran emas Antam masih tersedia.

Mengingat tingginya animo masyarakat, transaksi pembelian emas batangan yang datang langsung ke Antam dibatasi hingga maksimal 150 nomor antrean per hari.

Antam juga menjual emas batangan dengan corak batik dengan ukuran 10 gram dan 20 gram. Harga emas bercorak batik ini berbeda dengan emas batangan biasa.

Harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram tercatat Rp 5.640.000 per batang atau Rp 564.000 per gram. Sedangkan untuk ukuran 20 gram tercatat Rp 10.885.000 per batang atau Rp 544.250 per gram.

Selain itu, Antam juga mengeluarkan emas batangan edisi Natal dengan ukuran 2 gram dan 5 gram. Untuk ukuran 2 gram Antam menjualnya di harga Rp 1.091.000 sedangkan untuk 5 gram dijual di harga Rp 2.645.000.

Berikut daftar harga emas yang dijual Antam:

* Pecahan 1 gram Rp 553.000
* Pecahan 5 gram Rp 2.620.000
* Pecahan 10 gram Rp 5.190.000
* Pecahan 25 gram Rp 12.900.000
* Pecahan 50 gram Rp 25.750.000
* Pecahan 100 gram Rp 51.450.000
* Pecahan 250 gram Rp 128.500.000
* Pecahan 500 gram Rp 256.800.000

(Ndw/Ahm)


Source: liputan6.com
IHSG Menguat di Awal Sesi

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dengan pelemahan di Wall Street dan bursa saham Asia, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada perdagangan saham Kamis pekan ini.

Pada saat prapembukaan, Kamis (28/1/2016), IHSG tercatat melemah tipis 0,911 poin atau 0,02 persen menjadi 4582,71. Sementara indeks LQ45 dibuka turun 0,259 poin atau 0,03 persen ke 793,7.

Tak lama, pada pukul 09.00 WIB, IHSG melejit naik 3,745 poin atau naik 0,08 persen menjadi 4.587,37 dan terus menguat hingga menyentuh level tertinggi 4.603,2.

Sebanyak 73 saham menguat sehingga mendorong IHSG. Sementara 52 saham melemah dan 42 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 13.723 kali dengan volume perdagangan saham 395,9 juta saham. Nilai transaksi perdagangan saham sekitar Rp 335,2 miliar.

Baca Juga

  • Kompak dengan Wall Street, Bursa Asia Melemah
  • Kebijakan The Fed Bayangi Laju IHSG
  • IHSG Rawan Koreksi, Cermati Tujuh Saham Pilihan Ini

Source: liputan6.com
Ford Hengkang dari RI, 2.200 Karyawan Terancam PHK

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mendorong agar proses pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 35 pekerja PT Ford Motor Indonesia (FMI) dapat berjalan dengan baik. Pihak manajemen FMI diminta memberikan hak-hak dasar lainnya para pekerja, termasuk memberikan pesangon sesuai ketentuan.

Direktur Pencegahan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (P3HI) Kemnaker, Sahat Sinurat mengatakan, Kemenaker telah berkoordinasi dengan Dinas-Dinas Tenaga Kerja untuk memantau perkembangan rencana PHK dan proses penyelesaiannya terhadap sekitar 2.200 karyawan dari 44 dealer resmi Ford yang tersebar di seluruh Indonesia

"Pihak Kemnaker telah mengirimkan tim untuk berkoordinasi langsung dengan manajemen FMI  yang menutup kegiatan operasi di Indonesia. Kita ingin memastikan para pekerjanya mendapatkan hak-hak dasarnya  bila terjadi proses PHK," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Sahat mengungkapkan, dalam hasil pertemuan dengan manajemen FMI diperoleh informasi bahwa Ford akan keluar dari Indonesia dengan menutup dealer serta menghentikan kegiatan penjualan dan impor di Indonesia yang bisa berdampak kepada para pekerjanya.

Baca Juga

  • Menperin: Meski Ford Tutup, Investasi Otomotif RI Masih Tinggi
  • Ford Hengkang dari RI, Ini Kata Kepala BKPM
  • Ford Tutup Buku di Indonesia

Source: liputan6.com
Embargo Dicabut, Iran dan RI Jajaki Kerja Sama Energi

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia sedang bersiap menjalin kerja sama di bidang energi dengan Iran. Ini dilakukan untuk mengantisipasi dibukanya embargo Amerika Serikat.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan,‎ peluang yang bisa didapat adalah kerja sama pembangunan infastruktur minyak dan gas bumi (migas) seperti fasilitas pengolahan minyak (kilang).

"Ada sejumlah opportunity yang sedang kita jajaki terus. Ini termasuk Pertamina dan perusahaan Iran sudah menjajaki elpiji dan kondensat. Mereka juga tertarik masuk ke kilang, petrokimia," kata Sudirman, di Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Sudirman melanjutkan, kerja sama lain terdapat pada sektor kelistrikan dan pengembangan energi baru terbarukan. Menurut Sudirman, Indonesia akan mengambil kesempatan pencabutan embargo Iran tersebut.

Baca Juga

  • Sanksi Nuklir Dicabut, Pabrikan Mobil Mewah Niat Jualan di Iran
  • Sanksi Iran Dicabut Bikin Harga Minyak Tertekan
  • Berhasil Batasi Program Nuklir, Sanksi Iran Segera Dicabut

Source: liputan6.com
Jambi Bidik Produksi 11,2 Juta Ton Batu Bara di 2016

Liputan6.com, Jambi - Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi menyatakan, target produksi batu bara mencapai 11,2 juta ton sepanjang 2016. Target itu sudah dibahas bersama perusahaan tambang dan telah dilaporkan ke pemerintah pusat.

Menurut Kepala Bidang Pertambangan Umum, Dinas ESDM Provinsi Jambi, Abdul Salam, Pemprov Jambi optimistis target tersebut bisa terpenuhi. Mengingat, harga batu bara saat ini tengah membaik dan dengan kondisi tersebut, perusahaan bisa kembali operasi dan produksi.

"Dari 118 perusahaan batu bara pemegang izin usaha pertambangan yang telah beroperasi dan produksi itu, setidaknya ada 17 perusahaan tambang batu bara yang berencana akan memproduksi sebanyak 11,2 juta metrik ton," jelas Abdul Salam di Jambi, Kamis (28/1/2016).

Ke-17 perusahaan yang masih berproduksi itu dinilai memiliki pasar batu bara yang jelas, seperti untuk bahan bakar pembangkit listrik.

Baca Juga

  • Target Produksi Batu Bara akan Diubah
  • Biar Tak Rugi, Emiten Tambang Harus Diversifikasi Bisnis
  • Harga Komoditas Diprediksi Membaik pada 2017

Source: liputan6.com
Waspadai Gelombang PHK di Sektor Industri Ini

Liputan6.com, Jakarta Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) mengungkapkan, Indonesia perlu mewaspadai gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di beberapa sektor industri yang berkaitan dengan pelemahan komoditas. Salah satunya menimpa PT Ford Motor Indonesia (FMI) dan perusahaan di industri minyak.

Country Director ADB Indonesia, Steven R. Tabor memperkirakan prospek harga komoditas, seperti hasil pertambangan, perkebunan kurang menarik hingga dua tahun mendatang. Dampaknya tentu akan mengenai industri yang mengandalkan komoditas tersebut.

"Harga minyak dan komoditas tidak terlalu baik prospeknya, termasuk ke industri tertentu satu sampai dua tahun mendatang. Suplai minyak kan terlalu over, jadi berpengaruh ke harga minyak dunia dan imbasnya ke harga komoditas," jelasnya saat ditemui di Crowne Hotel, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Baca Juga

  • Ford Hengkang dari RI, 2.200 Karyawan Terancam PHK
  • [OPINI] Tegar Menghadapi PHK
  • Perusahaan Minyak Asing PHK 250 Ribu Karyawan, RI Berapa?

Source: liputan6.com
The Fed Tahan Suku Bunga, Rupiah Stabil di 13.871 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah tak banyak bergerak pada perdagangan Kamis pekan ini. Pelaku pasar masih terus memantau pergerakan harga minyak dunia.

Mengutip Bloomberg, Kamis (28/1/2016), rupiah berada di level 13.871 per dolar AS pada pukul 12.15 WIB. Level tersebut menguat jika dibandingkan dengan pembukaan yang ada di level 13.890 per dolar AS maupun jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di level 13.876 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah berada di kisaran 13.869 per dolar AS hingga 13.915 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 0,62 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) rupiah di patok di angka 13.889 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan hari sebelumnya yang ada di angka 13.871 per dolar AS.

Baca Juga

  • Rupiah Masih Naik Turun, Ini Penjelasan BI
  • Rupiah Kembali Melemah Akibat Penurunan Harga Minyak
  • Gejolak Ekonomi Mulai Reda, BI Ramal Rupiah Stabil di 2016

Source: liputan6.com
Tengok Cara HSBC Bantu Wujudkan Cita-cita Nasabah

Liputan6.com, Jakarta - HSBC Indonesia meluncurkan kampanya bertajuk #StarSekarang pada Kamis (28/1/2016) ini. Kampanye ini untuk mendorong nasabah dan calon nasabah untuk mewujudkan cita-citanya sedini mungkin dengan perencanaan yang baik.

#StarSekarang merupakan adaptasi dari kampanye global HSBC bertajuk #StarsToday yang tujuannya untuk mendorong orang mengambil keputusan yang cerdas dalam mewujudkan cita-cita mereka.

Head of Retail Bank & Wealth Management HSBC Indonesia, Blake Hellam mengatakan, pada dasarnya setiap orang memiliki mimpi untuk diwujudkan. Maka dari itu, kampanye ini diadakan supaya nasabah dan calon mengambil pilihan yang cerdas.

"Apapun aspirasi Anda, besar ataupun kecil, dukungan finansial merupakan salah satu penunjang utama," katanya, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

HSBC sendiri memiliki banyak produk untuk mewujudkan hal tersebut. Adapun yang ditawarkan antara lain wealth management serta produk pinjaman sampai kartu kredit. 

Baca Juga

  • Cara HSBC Bantu Orangtua Siapkan Pendidikan Anak
  • HSBC Gelar Konferensi Pendidikan Buat Perencanaan Masa Depan Anak
  • HSBC dan Sampoerna University Dukung Program Pendidikan Perbankan

Source: liputan6.com
BKPM Tawarkan Jepang Investasi di Sektor Pariwisata

Liputan6.com, Jakarta - Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang dipromosikan kepada investor Jepang. Sektor ini sebagai upaya melakukan diversifikasi investasinya.

Terutama hotel dan restoran yang memiliki pasar tersendiri yakni wisatawan yang berasal dari Jepang. Apalagi pemerintah berencana untuk membuka batasan kepemilikan asing di sektor pariwisata tersebut.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyampaikan sektor pariwisata termasuk sektor prospektif ditandai dengan kenaikan realisasi investasi mencapai 48,9 persen senilai Rp 49,6 triliun.

"Untuk bidang usaha hotel dan restoran tercatat kenaikannya mencapai 69,9 persen dari posisi Rp 7,3 triliun pada 2014 menjadi Rp 12,1 triliun pada 2015," ujar dia dalam keterangan resmi kepada pers, Kamis (28/1/2016).

Baca Juga

  • Percepat Izin Investasi, BKPM Usul Revisi Aturan Penyertaan Modal
  • 95% Investasi Jepang Terpusat di Jawa
    Source: liputan6.com
Jokowi: Kereta Cepat Termasuk Proyek Strategis Nasional

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo menegaskan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung masuk ke dalam proyek infrastruktur strategis nasional. Proyek ini juga tertuang dalam Lampiran Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional yang telah ditandatanganinya pada 8 Januari 2016.

Jokowi mengatakan hal tersebut dalam akun Twitter pribadinya pada pagi ini. Menurut dia, ini adalah salah satu program strategis pemerintah dalam rencana menghubungkan kota-kota besar di Jawa dan luar Jawa.

“Kereta cepat Jakarta-Bandung adalah bagian dari rencana besar kita menghubungkan kota-kota besar di Jawa dan luar Jawa,” tulis Presiden Jokowi melalui akun Twitternya @jokowi, yang diunggahnya beberapa saat lalu, seperti dilansir dari Setkab, Kamis (28/1/2016).

Baca Juga

  • Ada Kereta Cepat, Bandung Mimpi Samai Dubai dan Paris
  • Proyek Kereta Cepat Bikin Ekonomi Bandung Melesat
  • Walhi Sebut Ada Agenda Tersembunyi di Balik Proyek Kereta Cepat

Source: liputan6.com
Semua Pihak Harus Awasi Proyek Kereta Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah meresmikan dimulainya pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dengan trase jalur sepanjang 142,3 kilometer (km). Peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek pembangunan kereta ini dilakukan pada Kamis 21 Januari 2016 lalu dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan mengatakan, DPR telah menyetujui pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung. "Apapun situasi yang terkait dengan percepatan pengembangan infrastruktur, DPR sudah mendukung. Apakah itu pengembangan fasilitas infrastruktur baik dari darat, laut, dan udara, kita dukung," ungkap Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di Gedung DPR Senayan Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Taufik melanjutkan, jika di dalam perjalanan pembangunan infrastruktur tersebut ada masalah yang mengganjal, seperti belum adanya soal kajian teknis, maka DPR menyerahkan seluruhnya kepada kontraktor. Alasannya, pembangunan kereta cepat tersebut adalah Bussiness to Bussiness. "Ya sudah, itu (kereta cepat) sudah menjadi keputusan dari masing-masing pihak yang sudah sepakat untuk melaksanakan B to B jalur Jakarta-Bandung," ucap Taufik.

Baca Juga

  • Ada Kereta Cepat, Bandung Mimpi Samai Dubai dan Paris
  • Proyek Kereta Cepat Bikin Ekonomi Bandung Melesat
  • Walhi Sebut Ada Agenda Tersembunyi di Balik Proyek Kereta Cepat

Source: liputan6.com
Bahas Penjualan Merpati, Para Menteri Merapat ke Kantor Darmin

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) telah memasukkan PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) dalam program privatisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 2016. Skemanya melepas saham kepada investor strategis atau menutup maskapai penerbangan yang berusia lebih dari separuh abad itu.

Privatisasi Merpati ini dibahas dalam rapat koordinasi antara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro. Rakor digelar di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

"Rapatnya membahas soal privatisasi Merpati," tegas Jonan yang datang ke kantor Kemenko Bidang Perekonomian sekitar pukul 13.45 WIB.

Baca Juga

  • Investor Asing Tertarik Hidupkan Kembali Merpati Nusantara
  • Menanti Kejelasan Nasib Merpati Airlines
  • Pemerintah Putar Otak Lunasi Utang Merpati

Source: liputan6.com
Ini Hasil Rapat Pemerintah dan BI Soal kepemilikan Asing di Bank

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah sedang mengejar penyelesaian revisi Daftar Negatif Investasi (DNI) yang rencananya akan masuk dalam paket kebijakan ekonomi. Salah satunya bidang usaha yang perlu dievaluasi di sektor keuangan dalam kaitannya dengan porsi kepemilikan asing.

Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara mengungkapkan, pemerintah sedang melanjutkan pembahasan rapat DNI sebelumnya guna memperbaiki dan melonggarkan porsi asing dan domestik supaya minat investasi kian meningkat.

Dalam rapat DNI kali ini, pemerintah mengundang Bank Indonesia (BI) yang diwakili Deputi Gubernur Senior Mirza Adityaswara dan pihak dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Kamis (28/1/2016).

"Kita akan review kepemilikan asing di sektor keuangan karena sekarang ini sektor keuangan kita sudah sangat mengundang untuk asing. Ada BI terkait pengawasan dan izin sistem pembayaran, perdagangan valas, sedangkan OJK pengawasan sektor keuangan perbankan," ucapnya.

Menurut Suahasil, sektor keuangan perbankan dan non keuangan asuransi di Indonesia sudah sangat terbuka untuk kepemilikan asing. "Kami undang asing untuk investasi di perbankan. Nanti diumumkan oleh Pak Menteri Koordinator Bidang Perekonomian jadi satu paket (kebijakan)," terangnya.

Baca Juga

  • Panduan Investasi Pembangkit Skala Kecil Diusulkan Terbuka
  • BKPM Matangkan Panduan Investasi E-Commerce
  • ‎BKPM Terima Usulan Panduan Investasi Sektor Ekonomi Digital

Source: liputan6.com
Peruri Incar Pencetakan Uang untuk Negara Afrika

Liputan6.com, Karawang - Perusahaan Umum (Perum) Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri)‎ tengah mengembangkan bisnisnya ke luar negeri. Perusahaan plat merah ini akan menyasar pencetakan mata uang dari beberapa negara di benua Afrika.

Direktur Utama Peruri Prasetio mengatakan, sejumlah negara telah menyatakan ketertarikannya untuk mencetak mata uangnya di Indonesia. Alasannya, biaya produksi uang di Indonesia lebih murah jika dibandingkan negara lain.

"Para pemodal sudah mulai pada datang, banyak yang ingin berpartner dengan peruri karena ini perusahaan BUMN yang strategis, kenapa kita tidak bikin kertas di lokal, banyak yang ngajak dari pada dia di sana cost-nya mahal dia siap untuk memasukan modal," ujar Prasetio di Karawang, Jawa Barat Kamis (28/1/2016).

Prasetio menjelaskan, saat ini tawaran untuk mencetak mata uang negara lain memang belum begitu banyak, namun adanya tawaran ini dianggap sebagai langkah awal bagi Peruri untuk mengembangkan bisnisnya ke luar negeri.

Baca Juga

  • Peruri Siapkan Modal Usaha Rp 600 Miliar di 2016
  • Perum Peruri Luncurkan Logo Baru
  • Peruri Bakal Cetak 200 Juta Keping Uang Koin Filipina

Source: liputan6.com
‎Presiden Jokowi Diminta Berikan Jaminan Sosial ke PRT

Liputan6.com, Jakarta - Pekerja Rumah Tangga (PRT) dalam negeri saat ini sedang berjuang keras untuk diakui sebagai bagian dari pekerja dan perlindungan atas hak-hak dan situasi kerja layaknya.

Koordinator Jaringan Nasional Advokasi Nasional Pekerjaan Rumah Tangga (JALA PRT), Lita Anggraini mengatakan, pekerja PRT memiliki kesamaan hak normatif sebagai pekerja, seperti saudara saudaranya yang bekerja disektor industri maupun jasa lainnya.

Hak tersebut di antaranya perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) yang meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM). “Pemerintah mestinya peduli terhadap nasib dan hak perlindungan PRT yg jumlahnya saat ini lebih kurang 10,7 juta orang,” ujar dia dalam keterangannya, Kamis (28/1/2016).

Baca Juga

  • Ibu Rumah Tangga Jadi Target Investor dalam Pesta Reksa Dana 2016
  • Salary Benchmark: Rahasia Sukses Para Supermom
  • Tenaga Kerja RI Pengirim Remitansi Terbesar Keempat di Dunia

Source: liputan6.com
Hati-hati! 60% Rekan Kerja Berbohong pada Anda

Liputan6.com, Jakarta - Berapa banyak orang yang Anda ajak bicara hari ini? Kemungkinannya, sebagian besar dari mereka berbohong kepada Anda, bahkan lebih dari sekali. Ini mungkin hal yang sulit diterima, tapi rekan kerja bahkan teman terbaik Anda sering berbohong.

Psikolog dari University of Massachusets, Robert Feldman, telah meneliti tentang kebohongan lebih dari satu dekade. Salah satu hasil risetnya menyimpulkan bahwa 60 persen orang berbohong dalam 10 menit pembicaraan. Dalam rentang waktu itu kebohongannya bisa mencapai tiga kali.

Seperti ditulis Forbes, Kamis (28/1/2016), orang-orang yang menjadi obyek penelitian Feldman ini tidak menyadari kebohongan yang mereka katakan sampai melihatnya langsung dalam rekaman video.

Banyak orang berbohong dalam percakapan sehari-hari supaya dirinya tampak lebih kompeten dan disukai. Pria dan wanita berbohong dalam jumlah yang sama tapi untuk tujuan berbeda.

"Perempuan berbohong supaya lawan bicaranya nyaman, sementar pria berbohong supaya terlihat lebih baik," kata Feldman.

Ini tanda lawan bicara Anda sedang berbohong:

1. Menutup mulut

Banyak orang menutup mulut ketika berbohong. Tangan di mulut bahkan sedikit saja jari menyentuh mulut merupakan tanda orang itu berbohong. Semua gerakan itu merupakan bahasa tubuh yang tidak disadari sebagai tanda untuk menutup pembicaraan.

Saat berbohong, manusia secara insting menutup bagian tubuhnya yang rentan, seperti kepala, leher, dan dada, karena tindakan ini membuat ia merasa terekspos, lemah, dan mudah diserang.

2. Mengulangi kalimat dan memberikan terlalu banyak detail

Pembohong tidak menyukai kesunyian, jadi ia akan mengisinya dengan lebih banyak suara. Ia memberikan lebih banyak informasi daripada yang dibutuhkan atau ditanyakan.

Terkadang semakin lama Anda berdiam diri akan semakin banyak detail dari lawan bicara yang berbohong untuk meyakinkan Anda. Pembohong juga mengulang-ulang kalimatnyanya karena ia berjuang untuk mengulur waktu supaya bisa mengumpulkan pikiran.

3. Bersiap untuk kabur

Secara tidak sadar orang yang berbohong sambil duduk mengarahkan tubuhnya ke pintu. Kalau ia berdiri, posisi tubuhnya akan semakin dekat dengan pintu. Ia juga mengganti postur tubuh dari rileks ke tegang karena bersiap-siap untuk melarikan diri.  (Elsa/Ndw)


Source: liputan6.com
Bank Mandiri Salurkan Kredit Mikro Rp 42,4 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk terus mendorong penguatan sektor riil di Tanah Air melalui pembiayaan ke sektor usaha mikro. Hingga Desember 2015, kredit mikro Bank Mandiri meningkat sebesar 22,9 persen menjadi Rp 42,4 triliun dengan rasio NPL netto yang terus terjaga di level yang baik.

Kredit dengan plafon maksimal senilai Rp 200 juta tersebut disalurkan kepada hampir 1,1 juta debitur, dimana sebagian besar merupakan pelaku Usaha Mikro di sektor perdagangan.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas menjelaskan, di samping Kredit Mikro, komitmen perseroan untuk menjadi sahabat pelaku usaha mikro juga direalisasikan melalui dukungan kepada program pemerintah melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Baca Juga

  • Pemerintah Kaji Kemungkinan Koperasi Jadi Penyalur KUR
  • Mandiri Operasikan Anak Usaha Baru
  • Produk UKM RI Siap Gempur Pasar ASEAN

Source: liputan6.com
Tiga Investor Tertarik Beli Merpati, Salah Satunya dari Asia

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah memperjuangkan kehidupan dari empat perusahaan pelat merah, salah satunya PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) yang bangkrut dengan lilitan utang sekitar Rp 15 triliun. Upaya penyelamatan Merpati melalui pencarian investor strategis dalam program privatisasi BUMN 2016.

Deputi Kementerian BUMN Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha BUMN, Aloysius K Ro mengungkapkan, sudah ada tiga investor yang tertarik menyuntikkan modal atau membeli Merpati. Salah satunya merupakan investor asing yang masih dirahasiakan identitasnya.

"Investor dari dalam negeri dua, dan satu investor asing, yang asing berasal dari negara di Asia," katanya usai Rakor Privatisasi BUMN di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Lebih jauh diakui Aloysius, pemerintah tidak mungkin menjalankan opsi penjualan atau pelepasan saham melalui pasar modal Indonesia baik untuk Merpati maupun tiga BUMN lain, seperti PT Kertas Leces (Persero), PT Iglas (Persero) dan PT Kertas Kraft (Persero).

"Dalam rangka penyelamatan BUMN, jadi harus dihidupkan dengan mengundang investor strategis. Itu pun harus diselesaikan di sini (kantor Kemenko Bidang Perekonomian), approve dari regulator, Kementerian Keuangan dan dikomandani Menko Bidang Perekonomian," jelasnya.

Baca Juga

  • Bahas Penjualan Merpati, Para Menteri Merapat ke Kantor Darmin
  • Investor Asing Tertarik Hidupkan Kembali Merpati Nusantara
  • Menanti Kejelasan Nasib Merpati Airlines

Source: liputan6.com
Langkah Peruri Lebarkan Sayap

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia atau lebih dikenal dengan sebutan Perum Peruri terus mengembangkan sayap bisnisnya. Langkah itu dilakukan agar dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan memperluas usaha hingga ke luar negeri.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berdiri pada 15 September 1971 ini tak hanya dikenal untuk mencetak uang kertas dan logam saja. Perum Peruri juga bertugas untuk mencetak produk seperti paspor, pita cukai, dan meterai.

Untuk mendukung usahanya ke depan, Perum Peruri pun meluncurkan logo baru berupa retina atau iris. Logo berbentuk retina ini merupakan simbol dari smart security dan sistem digital yang mengandung makna smart integration security system.

Identitas baru ini diharapkan dapat menunjang upaya perseroan untuk memenuhi kebutuhan yang makin berkembang dan menancapkan eksistensi Peruri di dunia internasional.

Peruri pun telah melebarkan sayap bisnisnya ke luar negeri. Peruri telah menjalin kerja sama dengan Philippines Postal Corporation untuk mencetak perangko. Tak hanya itu, Filipina juga akan memesan 200 juta uang logam dari Peruri pada 2015. Tahun ini, Peruri pun mengincar mencetak uang bagi negara di Afrika.

Ingin tahu bagaimana manajemen Perum Peruri untuk mengembangkan usahanya? Bagaimana dengan dampak perkembangan uang elektronik terhadap usaha Peruri? Berikut ulasannya:

Meluncurkan Logo Baru

Logo baru Peruri (Liputan6.com/Septian Deny)

Perum Peruri telah resmi mengenalkan logo baru berbentuk retina pada Kamis 28 Januari 2016. Retina merupakan simbol dari smart security serta sistem digital yang mengandung makna smart integration security system.

Direktur Utama Peruri Prasetio menuturkan logo baru itu menjembatani komitmen perusahaan dalam printing dan digital security. Identitas baru ini menjadi wujud dari upaya perusahaan untuk mampu beradaptasi dengan kebutuhan pesat yang selalu berkembang dan mengukuhkan eksistensi Peruri di dunia internasional.

Prasetio menuturkan, perubahan identitas perusahaan ini seiring dengan penyempurnaan nilai-nilai korporasi yang telah diterapkan yaitu tata nilai "INSTINK" yang merupakan kepanjangan dari integrity, security, teamwork, innovation, dan quality.

Ekspansi ke Luar Negeri

(Foto: Peruri)
Perum Peruri semakin gencar mengembangkan usaha hingga ke luar negeri. Kini perseroan berencana mengembangkan usaha ke beberapa negara di Afrika. Sejumlah negara tertarik masuk ke Indonesia karena biaya produksi pembuatan uang lebih murah ketimbang negara lain.

Prasetio mengatakan, tawaran mencetak uang negara lain memang belum terlalu besar. Akan tetapi sejumlah tawaran dari negara-negara di Afrika mulai berdatangan. Dengan ada peluang kerja sama dengan negara lain dapat membuka kesempatan bisnis lebih besar untuk memanfaatkan kemampuan dan teknologi.

Manajemen Peruri juga siap bersaing dengan perusahaan percetakan sejenis di negara lain pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Direktur Pemasaran dan Pengembangan Usaha Peruri, Atje Muhammad Darjan optimistis kalau pihaknya mampu bersaing karena didukung bonus demografi.

Untuk mengembangkan bisnis dan bersaing dengan negara lain memang tidak mudah. Karena itu, Atje menuturkan pihaknya juga harus mampu membangun cerita baik terutama ketika sudah masuk ke Filipina untuk membuat perangko. Dengan ekspansi di Filipina dapat menjadi modal untuk mengembangkan usaha ke negara lain.

Sebelumnya sejumlah negara yang resmi mengajukan kerja sama dengan Peruri antara lain Nepal dan Filipina. Pada 2015, Peruri telah menjalin kerja sama dengan Philipines Postal Corporation untuk mencetak perangko sesuai pesanan. Pencetakan perangko edisi Philippine Fruits itu sebanyak 32,80 juta keping dengan kontrak kerja selama 90 hari kalender. Selain itu, Peruri juga akan mencetak uang logam bagi Filipina.

Perkembangan Uang Digital Tak Pengaruhi Bisnis Peruri

 E-ticketing atau e-money ini adalah mempermudah transaksi pembelian tiket KRL tanpa harus mengantri saat membeli tiket KRL. Jakarta, Senin (16/6/14) (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peruri menargetkan mencetak uang sekitar 8,5 miliar bilyet pada 2016. Target itu menurun dari pencetakan uang pada 2015 sebesar 8,5 miliar bilyet. Fokus utama Peruri masih mencetak uang yang dipesan oleh Bank Indonesia (BI). Langkah itu dilakukan untuk menjaga ketersediaan uang sesuai dengan permintaan dari BI. "Kami harus juga siap tidak hanya menunggu karena dengan BI harus diutamakan agar dapat menjaga stabilitas dan kualitas yang baik," tutur dia.

Selain itu, di tengah perkembangan uang elektronik dan e-paymenet di Indonesia belum berdampak pada bisnis percetakan uang di perusahaan pelat merah. Hal itu karena keberadaan uang kartal masih akan sangat diperlukan karena dominan digunakan oleh masyarakat dalam transaksi jual beli sehari-hari.

"Saya rasa uang kartal masih. Kami baru saja menyepakati dengan Bank Indonesia (BI) untuk kontrak selama dua tahun. Saya rasa masih belum pengaruh," kata Prasetio.

Akan tetapi, Peruri tidak akan menutup diri untuk mengembangkan bisnisnya ke arah digital payment dan digital money dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi yang ada.

"Walau pun kita tidak menutup diri untuk mengembangkan digital payment, digital money di mana Kementerian BUMN pun melalui FGD di Kapal Kelud juga mendukung. Salah satunya sebagai perusahana BUMN harus mengembangkan uang digital," kata dia.

Prasetio pun menilai membutuhkan persiapan matang dan sinergi dengan perusahaan lain yang terlebih dahulu terjun pada bisnis digital payment dan digital money. Hal itu agar dapat mengembangkan bisnis digital payment dan digital money dengan baik ke depan.

Jika sudah pasti masuk ke bisnis uang elektronik tersebut, manajemen Peruri juga mengharapkan dukungan dari berbagai pihak termasuk Bank Indonesia. (Ahm/Gdn)


Source: liputan6.com
Jonan Luncurkan Pengoperasian Kapal Perintis Kepulauan Seribu

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meluncurkan beroperasinya kapal perintis untuk rute pelayaran Jakarta-Kepulauan Seribu. Kapal ini merupakan wujud permintaan dari Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama sejak September 2015.

Dalam sambutannya, Jonan mengaku untuk sementara, pihaknya baru bisa memberikan satu buah kapal mengingat masih terbatasnya kapal-kapal yang dimiliki oleh pemerintah.

‎"Karena kami baru bisa sediakan 1 kapal, nanti ini satu hari hanya bisa satu kali pulang pergi (PP), nanti untuk jadwalnya terserah Pak Gubernur dan Pak Bupati (Kepri) yang tentukan," kata Jonan di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Jonan menambahkan pihaknya berjanji untuk melakukan penambahan kapal lagi pada November 2016. Tak jauh beda dengan kapal yang sudah ada saat ini, kapal itu nantinya akan berkapasitas 114 orang dalam sekali berlayar ditambah berat barang maksimal 100 ton.

Dengan adanya penambahan kapal pada bulan November nantinya, maka akan mempermudah warga kepulauan seribu untuk berkunjung ke Jakarat, begitu juga dengan sebaliknya. Kapal ini memiliki kecepatan rata-rata 12 knot dimana waktu tempuh sekali perjalanan sekitar 4 jam.

Baca Juga

  • Kapal Asing Masih Diizinkan Beroperasi di Lepas Pantai
  • Seberangi Pulau, Menteri Jonan Ingin Kapal Hanya Angkut Barang
  • Ekspor Pertama Kali, Ini Kehebatan Kapal Perang Buatan PT PAL

Source: liputan6.com
Naik Kapal Penjelajah Kepulauan Seribu Hanya Bayar Rp 15.000

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan telah meluncurkan Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 46 untuk melayani rute pelayaran ke Kepulauan Seribu. Tiket sekali jalan menumpang kapal ini dibanderol Rp 15.000.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengungkapkan, kapal ini telah disubsidi oleh pemerintah dengan total anggaran mencapai Rp 5,9 miliar.

"Untuk harga tiketnya, penumpang hanya bayar Rp 12 ribu ditambah biaya asuransi sekitar Rp 3 ribu, jadi total hanya Rp 15 ribu," kata Jonan di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Baca Juga

  • Jonan Luncurkan Pengoperasian Kapal Perintis Kepulauan Seribu
  • Kemlu: 3 Korban Tewas Kapal Tenggelam Malaysia Adalah WNI
  • 10 Korban Kapal Tenggelam di Malaysia Perempuan

Source: liputan6.com
Belum Kantongi Izin, Proyek Kereta Cepat Terancam Batal?

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan tidak akan memberikan jaminan terhadap proyek kereta cepat (High Speed Train/HST) Jakarta-Bandung karena ada perizinan yang belum dilengkapi PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Karena terganjal izin ini, perusahaan belum diperbolehkan membangun kereta cepat.  "China tidak minta penjaminan dan kita tidak akan memberinya," ujar Menteri Perhubungan (Menhub), Ignasius Jonan saat ditemui di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (28/1/2016).  

Sebelum memulai pembangunan atau tahap konstruksi kereta cepat Jakarta-Bandung, KCIC harus mengantongi dua izin. Pertama, perjanjian konsensi dan kedua, izin pembangunan.

Baca Juga

  • Terlalu Mahal, JK Minta Klarifikasi China Soal Kereta Cepat
  • Terganjal Izin, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Belum Bisa Dibangun
  • Semua Pihak Harus Awasi Proyek Kereta Cepat

Source: liputan6.com
PLN Yakin Proyek Listrik 35 Ribu MW Berjalan Baik

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menyatakan proyek kelistrikan 35 ribu Mega Watt (MW) berjalan dengan baik, sehingga diperkirakan dapat selesai tepat waktu pada 2019.

Direktur PLN Sofyan Basyir mengatakan, ‎PLN sudah melakukan perjanjian jual beli tenaga listrik (Power Purchase Agreement/PPA)‎ untuk total kapasitas pembangkit 17 ribu Mega Watt (MW) pada 2015.

Kapasitas pembangkit itu terdiri dari 13 ribu MW pembangkit baru dan 4 ribu MW pembangkit dari program kelistrikan sebelumnya yaitu Fast Track Program (FTP) I dan II. dengan masing-masing kapasitas pembangkit sekitar 600 hinga 1000 MW, diperkirakan dapat selesai 48-50 bulan.

"Perkembangan perjalanan program 35 Ribu MW, berjalan dengan baik. Sampai akhir 2015 kami tandatangani PPA 17 ribu MW," kata Sofyan, saat rapat dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Baca Juga

  • RI- Malaysia Saling Tukar Pasokan Listrik
  • Ini Perkembangan Terakhir Proyek Pembangkit Listrik 35 Ribu Mw
  • PLN: Siapa Bilang Tarif Listrik RI Paling Mahal se-ASEAN?

Source: liputan6.com
BI Waspadai Pertumbuhan Ekonomi China

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mewaspadai perekonomian China yang dipastikan akan berpengaruh cukup besar kepada Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan adalah mendorong pertumbuhan sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Gubernur BI, Agus Dermawan Wintarto Martowardojo menjelaskan, ekonomi Indonesia sangat dipengaruhi oleh kondisi global. Saat ini, kondisi global belum menunjukkan perbaikan. Dua hal yang menjadi perhatian BI adalah rencana kenaikan suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat (AS) dan juga menurunan pertumbuhan ekonomi China.

"Kalau kenaikan bunga The Fed kemarin sudah dilakukan, dan pada tiga tahun ke depan masih ada rencana akan naik secara gradual," jelasnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Baca Juga

  • Ini Hasil Rapat Pemerintah dan BI Soal kepemilikan Asing di Bank
  • BI Waspada Adanya Fenomena Super Dolar
  • Rupiah Masih Naik Turun, Ini Penjelasan BI

Source: liputan6.com
Baru Sebulan, Realisasi Penyaluran KUR Tembus Rp 7 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menurunkan bunga dalam prorgam Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi 9 persen pada tahun ini. Di tahun lalu, bunga yang dibebankan kepada debitur dalam program KUR sebesar 12 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengungkapkan, penyaluran KUR dengan bunga rendah tersebut cukup lancar. terhitung di bulan pertama tahun ini, realisasi KUR telah sesuai dengan target. 

"Target kita kan Rp 100 triliun dalam satu tahun, berarti sebulan seharusnya Rp 8 triliun, sekarang sebulan sudah Rp 6,5 ke Rp 7 triliun, sudah tercapai bagus," kata Darmin di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Kaji Kemungkinan Koperasi Jadi Penyalur KUR
  • Petani Kelapa Sawit Bisa Manfaatkan KUR
  • Ini Target Penyaluran KUR BRI di 2016

Source: liputan6.com
Kementerian BUMN Bentuk Komite Industri Pertahanan dan Perkapalan

Liputan6.com, Jakarta - ‎Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan pencanangan Komite Konsolidasi BUMN Pertahanan Strategis serta Komite Konsolidasi BUMN Industri Berat dan Perkapalan. Melalui konsolidasi ini, BUMN-BUMN pada ketiga sektor tersebut bisa membentuk perusahaan holding.

Deputi Menteri BUMN Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media, Fajar Harry Sampurno mengatakanan, ‎untuk Komite Konsolidasi Industri Pertahanan Strategis terdiri dari enam BUMN, antara lain, PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia (DI), PT Dahana, PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI), PT LEN dan PT Industri Nuklir Indonesia (Inuki).

Baca Juga

  • Jurus Pemerintah Bentuk Holding BUMN Tambang
  • Holding BUMN Pelabuhan Mulai Jalan 2016
  • Inalum Berpeluang Jadi Induk Holding BUMN Tambang

Source: liputan6.com
Tarif Listrik Februari Turun, Ini Daftar Lengkapnya

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menyatakan Tarif Tenaga Listrik (TTL) 12 golongan yang sudah tidak disubsidi dan mengikuti skema penyesuaian (adjustment) mengalami penurunan untuk periode Februari 2016.

Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun mengatakan, penurunan tarif tersebut beragam pada kisaran belasan rupiah per Kilo Watt hour (KWh). "Tarif listrik untuk 12 golongan mengalami penurunan," kata Benny, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Benny menyebutkan golongan pelanggan yang mengalami penurunan tarif adalah:

Golongan tegangan rendah turun Rp 17per Kilo Watt hour (KWh), yaitu:

‎Rumah Tangga R-1 daya 1.300 
‎Rumah Tangga R-1/TR daya 2.200 
‎Rumah Tangga R-2/TR daya 3.500 VAs.d5.500 V‎
‎Rumah Tangga R-3/TR daya 6.600 VAke atas
‎Bisnis B-2/TR daya 6.600VA s.d 200 kVA
‎Kantor Pemerintah P-1/TR daya 6.600 VAs.d 200 kVA
‎Penerangan Jalan Umum P-3/TR.

Golongan menengah turun Rp 13 per KWh, yaitu:

Bisnis B-3/Tegangan Menengah (TM) daya diatas 200 kVA
‎Industri I-3/TM daya diatas 200 kVA
Kantor Pemerintah P-2/TM daya diatas 200 kVA.

Golongan pelanggan tegangan tinggi turun Rp 11 per KWH, yaitu:

‎‎Industri I-4/Tegangan Tinggi (TT) daya 30.000 kVA ke atas.

Menurut Benny, faktor kuat yang mempengaruhi penurunan TTL Februari 2016 adalah penurunan harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) pada Desember 2015, dari US$ 41,44 per barel menjadi US$ 39 per barel.

Sedangkan parameter lain pembentuk tarif listrik yaitu kurs dolar Amerika Serikat mengalami kenaikan dari Rp 13.7673 per US$ menjadi Rp 13.796 per US$ dan infilasi naik dari 0,21 persen ke 0,‎21 ke 0,96 persen. "Lebih besar dampak penurunan harga minyaknya," tutup Benny. (Pew/Gdn)


Source: liputan6.com