Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Rabu, 13 Januari 2016
Sudah Tepatkah Profesi Anda? Cek Pakai 5 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua orang beruntung bisa dapat langsung menemukan pekerjaan yang tepat. Sebagian karyawan bahkan mencoba berbagai jenis karier sebelum menemukan di mana kemampuannya bisa dimaksimalkan.

Bagi Anda yang baru lulus kuliah atau baru pertama kali bekerja, mungkin sering berpikir karier seperti apa yang tepat.

Untuk menganalisa kembali jalan seperti apa yang sesuai untuk masa depan Anda, inilah lima hal yang bisa dilakukan seperti dilansir dari Dailyworth, Rabu (13/1/2016):

1. Buat rencana

Beberapa tahun lalu mungkin Anda mengimpikan profesi sebagai seorang dokter. Namun seiring berjalannya waktu, cita-cita seseorang bisa berubah, bukan?

Untuk memeriksa apakah pekerjaan sekarang atau yang akan Anda lamar masih relevan dengan kebutuhan atau keinginan Anda saat ini, cobalah tuliskan rencana-rencana kerja. Misalnya dengan menuliskan hal apa saja yang ingin dicapai satu tahun ke depan.

Jika rencana-rencana tersebut sepertinya tidak bisa diraih dengan jalan karier yang akan dipilih atau sedang dijalani, kemungkinan pekerjaan tersebut memang kurang cocok.

2. Analisa visi misi

Banyak pekerja yang tidak tahu apakah karier yang sedang dijalankan memang sesuai dengan dirinya. Kemungkinan hal tersebut terjadi karena mereka sendiri kurang mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan dari sebuah pekerjaan. Untuk melihat kerja seperti apa yang benar-benar cocok untuk Anda, cobalah lakukan analisa.

Penasehat karier Amber Rosenberg menyarankan agar para karyawan menuliskan hal-hal apa saja menjadi visi misi mereka dalam bekerja. Misalnya, apa yang membuat pekerjaan membahagiakan atau ingin memberi pengaruh apa pada perusahaan.

Jika selama menuliskan hal-hal tersebut Anda merasa pekerjaan saat ini ternyata tak sesuai harapan, mungkin itu waktunya untuk memikirkan pindah kerja. Namun jika pekerjaan saat ini sudah memenuhi kriteria karier impian, tetaplah simpan daftar tersebut agar Anda bisa melakukan cek kembali setelah enam atau 12 bulan kemudian.


Source: liputan6.com
5 Bangunan Terpopuler di Jantung Kota Maroko

Liputan6.com, Jakarta - Selain dikenal sebagai Ibu Kota Maroko, Rabat juga merupakan ‘Tujuh Kota Besar’ yang dihuni oleh kaum pendatang.

Berdasarkan data statistik kependudukan di Maroko, pendatang (urban) yang ada di Rabat sejumlah 580 ribu dan penduduk metropolitan di kawasan tersebut mencapai lebih dari 1,2 juta jiwa.

Selain menjadi pusat perdagangan, Rabat juga memiliki bangunan indah yang menyimpan nilai sejarah. Sehingga memiliki daya tarik tersendiri ‘di mata’ wisatawan mancanegara untuk mengunjungi bangunan-bangunan ini.

Berikut lima bangunan yang indah dan sering dikunjungi oleh wisatawan ke Rabat, yang sudah dirangkum oleh Rumah.com seperti ditulis Selasa (12/1/2016)

Mausoleum of Mohamed V

Tampilan depan bangunan yang sekilas sangat mirip dengan Bangunan Masjid

Hal lazim yang melintas di benak banyak orang saat mendengar kata ‘makam’ adalah sebuah tempat dengan kesan mistis dan menakutkan.

Namun tidak demikian dengan makam di Rabat. Makam Raja Mohamed V ini dikenal sebagai makam yang berkilau. Pada malam hari, kilauannya seperti kotak kristal yang menyala.

Makam mewah ini adalah sebuah karya desain tradisional Maroko, yang dibuat dari marmer besar dan dinding ditutupi ubin zellige, ubin dari potongan-potongan porselen yang disusun hingga membentuk motif tertentu.

Oudaias Museum and the Andalusian Garden

Didirikan oleh Moulay Islami pada awal abad ke-20, museum ini dikenal sebagai museum mewah dengan Taman Andalusian yang sangat indah.

Semula bangunan ini merupakan rumah pertama yang dimiliki Moulay Islami di Rabat, namun sang pemilik pun tiada, dan dijadikan sebagai museum untuk pameran kuno, pembacaan Qur’an, alat musik, dan perhiasan.

Pada ujung ruangan terlihat interior Maroko kuno dengan bantal brokat, sutra, dan emas yang menutupi dipan di sekitar ruangan.

Royal Palace

Istana kerajaan Maroko satu ini juga menjadi destinasi para pengunjung mancanegara. Dibangun pada 1864, istana ini masih sangat kokoh dan indah.

Meski menjadi destinasi yang menarik pengunjung, ternyata pengunjung tidak diperkenankan untuk memasuki bangunan karena banguan ini masih dijadikan sebagai istana Sang Raja Maroko sampai saat ini. Pengunjung diperbolehkan untuk mengambil foto di dekat Masjid Sunna yang berada di sebelah istana.

Abul Hassan Madersa

Madrasah atau tempat belajar satu ini menjadi daya tarik wisatawan. Pasalnya, selain memiliki nilai sejarah yang kental, bangunan ini memiliki interior menarik. Dibangun pada abad ke 14, Abul Hassan Medersa memiliki interior indah dengan dekorasi keagaamaan tradisional, termasuk atap zellige dan kayu berukir.

Jika Anda naik ke atap Anda bisa mendapatkan pemandangan yang luar biasa menghadap pantai.

Hassan Tower

Dibangun oleh Almohad, karya penguasa Yacoub al-Mansour, ini semula akan menjadi menara untuk masjid. Namun setelah kematiannya pada 1150, pembangunannya pun terhenti. Kendati belum selesai, motif-motif indah dan rumit dan desain fasad atau bagian muka pada menara masih menunjukkan kemewahan al-Mansour itu sendiri. (Kantri M/Ahm)

Foto: planetware.com


Source: liputan6.com
Mau Sukses? Jangan Percaya 4 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Seringkali kita terjebak dalam persepsi umum soal karier yang telah berkembang di masyarakat. Padahal ternyata, persepsi tersebut pun tidak sepenuhnya benar. Tak jarang pula, banyak pegawai yang justru terjebak dan terlanjur mengambil keputusan yang salah dalam hal karier.

Untuk itu, cobalah perhatikan beberapa hal berikut sebelum Anda menyesal di kemudian hari. Seperti dilansir oleh Ask Men, Rabu (13/1/2016), berikut beberapa persepsi salah yang sering dipercayai orang dalam berkarier:

1. "Gaji lebih besar bisa buat Anda lebih bahagia"

Salah satu penyesalan terbesar adalah ketika seseorang lebih tergiur pada gaji besar ketimbang kepuasan dan pengembangan dirinya dalam sebuah karier. Memilih antara karier yang menantang dan memuaskan dengan karier yang memberikan kenyamanan dengan uang cukup memang tak muda.

Beberapa pria seringkali menyesali keputusan mereka dan berharap bisa memilih karier lain yang meski tak memiliki gaji besar tetapi bisa memuaskan dan meningkatkan keterampilan mereka. Namun sekali lagi, terkadang hal ini tak mudah bagi pria yang memiliki komitmen terhadap keluarga dan lainnya.

2. "Coba jalani dulu pekerjaan yang ada"

Banyak orang yang bekerja di bidang yang tak sesuai dengan passion yang dimilikinya. Bisa jadi, passion yang dimilikinya belum terlihat menghasilkan uang, sementara pekerjaan yang ada saat ini bisa memenuhi kebutuhannya.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa 80 persen orang yang tak puas dengan pekerjaan mereka lebih memilih untuk tidak berhenti dari pekerjaan. Padahal hal tersebut bisa sangat merugikan Anda.

Akan lebih baik apabila waktu yang digunakan untuk bekerja digunakan untuk mulai merintis hal sesuai minat, karena waktu tak akan bisa diulang kembali.


Source: liputan6.com
Rahasia Sukses Jadi Miliarder dari Bos Yahoo

Liputan6.com, Jakarta - Di era yang sangat maju seperti sekarang ini, sudah banyak wanita yang berkompetisi di bidang kerja yang dulunya dikuasai oleh pria. Anda pasti sudah tidak asing mendengar nama-nama hebat CEO atau manajer perempuan seperti Marissa Meyer dari Yahoo ataupun Sheryl Sandberg dari Facebook.

Apa sebetulnya rahasia mereka hingga bisa sampai di titik tertinggi karier mereka saat ini? Berikut ini 6 di antaranya yang mereka ungkap pada Women`s Health, Rabu (13/1/2016):

1. Berdandan profesional dan tunjukkan sisi lembut perempuan

Sebuah penelitian yang dilansir Women`s Health pada tahun 2011 menunjukkan bahwa wanita yang memakai make-up dalam bekerja sehari-hari dianggap lebih memiliki kompetensi.

Yang harus diperhatikan adalah bahwa meskipun berdandan, penampilan profesional harus tetap dijaga. Jangan sampai Anda terlalu berfokus pada make-up lalu malah mengesampingkan misi kerja hari ini.

2. Berani hadapi kesalahan

Coba introspeksi diri, berapa kali Anda menyalahkan diri sendiri secara berlebihan atas suatu kesalahan kerja yang pernah Anda lakukan? Hal ini ternyata hanya akan menghalangi diri Anda untuk berbuat lebih baik lagi.

Kata-kata "Aku payah!" yang Anda ucapkan pada diri sendiri malah akan mengendurkan semangat kerja Anda. Bersikaplah dewasa dan pelajari kesalahan Anda sendiri. Lalu, temukan cara untuk memperbaiki dan tidak mengulangnya lagi.

3. Jangan ragu tunjukkan pencapaian diri

Ketika mencapai sebuah prestasi di dunia kerja, Anda harus memberikan apresiasi yang cukup untuk Anda sendiri. Ajari diri Anda sendiri untuk bisa meng-handle rasa bangga dengan bijaksana sehingga sikap sombong tetap dapat dihindari.


Source: liputan6.com
Orang Terkaya Ini Sumbangkan Seluruh Hartanya

Liputan6.com, Jakarta - Allan Gray, orang terkaya ketujuh di Afrika Selatan membuat keputusan besar untuk mendonasikan seluruh asset kekayaannya yang terdiri dari perusahaan Allan Gray Investment dan perusahaan mitranya, Orbis.

Melansir laman afkinsider.com, Rabu (13/1/2016), terobosannya tersebut dinilai sangat berani. Gray pun sukses untuk masuk ke dalam daftar filantropis dunia bersama dengan miliarder dunia lainnya seperti Warren Buffet dan Bill Gates.

Hasil sumbangan Gray akan dimanfaatkan untuk membangun sebuah organisasi sosial. Organisasi ini ini nantinya akan mengurus seluruh urusan yang berhubungan dengan kegiatan amal.

Gray merupakan miliarder berumur 78 tahun. Ia berhasil mengumpulkan pundi-pundi kekayaannya berkat investai bisnis yang ia lakukan. Pada tahun 1973 ia mendirikan sebuah perusahaan manajemen asset di Cape Town.

Perusahaan tersebut kemudian sukses menjadi perusahaan aset terbesar se-Afrika Selatan dengan total aset mencapai US$ 40 miliar. Pria ini pun berhasil menembus daftar miliarder Forbes dan bertengger di posisi ke tujuh di daftar miliarder terkaya di Afrika Selatan.

Selain Gray, miliarder terkaya asal afrika lainnya Patrice Motsepe juga melakukan hal yang sama. CEO dari African Rainbow Minerals Ltd ini menyumbang sebagian besar hartanya untuk amal pada 2013. (Vna/Ndw)


Source: liputan6.com
Ini Dia Kawasan Hunian Favorit di Jabodetabek

Liputan6.com, Jakarta - Kendati sejumlah kalangan menyebut 2015 sebagai tahun sulit bagi sektor properti, namun hal tersebut tak menyurutkan minat konsumen untuk mencari properti impian mereka.

Data yang dilansir Real Estat Indonesia (REI) menunjukkan, transaksi rumah komersial mengalami penurunan hingga 40 persen. Akan tetapi, untuk rumah menengah dengan harga di bawah Rp 500 juta, penjualannya tetap stabil—bahkan di sebagian wilayah mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan rumah-rumah dengan kisaran harga tersebut dibeli oleh pengguna (end-user).

Selama 2015 lalu, Rumah.com mengidentifikasi sepuluh kawasan hunian favorit konsumen di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Data ini didapat dari kata kunci pencarian properti yang dilakukan konsumen selama 2015 lalu di Rumah.com.

Berikut ini adalah 10 kawasan hunian favorit versi Rumah.com:

1. Bintaro

2. Serpong

3. Bekasi

4. BSD

5. Depok

6. Bogor

7. Tangerang

8. Kalibata

9. Kelapa Gading

10. Cinere

Bekasi Naik Daun, Cibubur Dinafikan

Selama empat tahun belakangan, Bintaro tetap menjadi kawasan favorit konsumen properti. Perkembangan Bintaro tak terlepas dari perkembangan Bintaro Jaya yang memiliki akses prima dan fasilitas lengkap.

Selain itu, Bintaro Jaya juga menjadi benchmark harga rumah di kawasan sekitarnya. Bahkan, harga rumah di luar Bintaro Jaya dipatok berdasarkan kedekatannya dengan kompleks perumahan ini.

Sebagai ilustrasi, rumah baru di dekat Bintaro Jaya berkisar 70 persen–80 persen dari harga rumah di Bintaro Jaya dengan tipe yang sama. Makin jauh dari Bintaro Jaya, harganya makin murah.

Bekasi, di lain pihak, mencuat menjadi lokasi favorit para pencari properti selama 2015. Di tahun sebelumnya, nama Bekasi bahkan tidak masuk dalam sepuluh besar kawasan incaran konsumen.

Ranumnya pasar properti di Bekasi antara lain disebabkan proyek infrastruktur yang tengah dikembangkan. Sebut saja light rail transit (LRT), tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu), dan rencana high speed train Jakarta – Bandung.

Jaraknya yang tak jauh dari Jakarta dan kawasan industri Cikarang juga membuat Bekasi sangat strategis. Apalagi harga properti di Timur Jakarta ini belum semahal Jakarta atau Serpong.

Sebaliknya, kawasan yang terlempar dari 10 besar adalah Cibubur. Kemacetan yang luar biasa di jalur Jalan Transyogi agaknya membuat konsumen enggan memilih lokasi ini.

Meski demikian, para stake holder properti di wilayah ini optimistis Cibubur bakal bangkit seiring dengan rampungnya LRT Cibubur-Cawang serta dibukanya pintu tol Cimanggis yang terhubung dengan Bogor dan JORR (Jakarta Outer Ring Road) 2. (Anto/Ndw)


Source: liputan6.com
Program Sejuta Rumah Masih Hadapi Kendala Izin dan Tanah

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Maurin Sitorus menyatakan, peraturan penyederhanaan perizinan merupakan salah satu regulasi yang sangat krusial dalam menyukseskan Program Sejuta Rumah.

"Peraturan penyederhanaan perizinan banyak terdapat di pemerintah daerah (pemda). Kami dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sudah berupaya untuk mendorong Pemda agar mereka dapat menyederhanakan perizinan permbangunan perumahan dengan cara mengirimkan surat melalui Sekretariat Negara," tutur Maurin seperti dilansir dari laman Rumah.com, Rabu (13/1/2016).

Peraturan penyederhanan perizinan, Ia menuturkan, dapat menyederhanakan perizinan dari 42 jenis menjadi 8 jenis perizinan.

"Apabila masalah penyederhanaan perizinan ini dapat diselesaikan, maka hal ini menjadi suatu pencapaian yang luar biasa dan tentunya dapat mendorong kesuksesan Program Sejuta Rumah, karena hal ini dapat membantu mempermudah pengembang membangun rumah," jelas dia.

Baca Juga

  • Tips Jitu Memulai Bisnis Properti
  • Rumah Bertenaga Surya Ini Bikin Hemat
  • Gedung di China ini Jadi yang Tertinggi Kedua di Dunia

Source: liputan6.com
QUIZ: Apakah Anda Pengusaha Ulung?

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang bisa memulai usaha dan kemudian menjalankannya. Namun, tak semua bisa mempertahankan usaha tersebut dan kemudian menimbun pundi-pundi uang dari usaha tersebut. 

Nah, untuk mengetahui apakah Anda berbakat menjadi seorang pengusaha atau tidak, ikuti kuis berikut ini:

 
Source: liputan6.com
Gaji PNS Sedot Uang Negara Rp 289,9 Triliun Selama Setahun

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi belanja pegawai, khususnya untuk gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) sepanjang 2015 sebesar Rp 289,9 triliun. Jumlah tersebut hampir 100 persen mencapai target yang dianggarkan dalam APBN-P 2015 sebesar Rp 299,3 triliun.

Dari data Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Rabu (13/1/2016), pencapaian Rp 289,9 triliun hingga 31 Desember 2015 merupakan total belanja pegawai Kementerian/Lembaga (K/L) dan non K/L termasuk untuk gaji pensiunan PNS dan kontribusi pemerintah terhadap Tunjangan Hari Tua (THT) PNS.

Realisasi ini mencapai 96,85 persen dari target APBN-P 2015 yang pagunya dialokasikan Rp 299,3 triliun. Sementara anggaran belanja pegawai khusus K/L pada tahun lalu terserap Rp 188,5 triliun.

Baca Juga

  • Takut Tak Bisa Gaji PNS, APBN 2016 Bakal Direvisi
  • Pemberian THR Diharapkan Sesuai Kinerja PNS
  • Beri THR ke PNS, Pemerintah Siapkan Rp 7,5 Triliun

Source: liputan6.com
Dirilis 2017, Ini Penampakan Senjata Bawah Air Buatan Pindad

Liputan6.com, Jakarta - PT Pindad kembali meningkatkan inovasi produknya untuk jenis senapan. Setelah dikenalkan akan ada SSX yang bakal diluncurkan di tahun ini, kini masih ada senapan lain yang sedang dikembangkan.

Senapan Serbu Bawah Air (SSBA) menjadi nama senapan ini. Sesuai dengan namanya, senapan yang dikembangkan atas kerja sama Dislitbang TNI AL‎ ini merupakan senjata yang bisa digunakan di bawah air.

‎Senapan ini dibuat demi mendukung pasukan khusus TNI, di mana TNI AL dengan Prajurit Komando Pasukan Katak (Kopaska), Detasemen Jala Mangkara (Denjaka), dan Pasukan Intai Amfibi (Taifib)‎.

Baca Juga

  • Produk Baru Pindad Bisa Kalahkan Senapan Legendaris Ini
  • Kaleidoskop Bisnis April: Sniper Buatan RI Gegerkan DuniaPMN Cair, Pindad Siap Produksi Kendaraan Tempur Lebih Banyak

Source: liputan6.com
Pemerintah Anggarkan Gaji PNS Rp 347 Triliun Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengalokasikan pagu anggaran belanja pegawai, termasuk gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebesar Rp 347,5 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016. Anggaran tersebut naik dari belanja pegawai di APBN-P 2015 yang dipatok Rp 299,3 triliun.

Dari data APBN 2016 yang dirilis Kemenkeu, Jakarta, Rabu (13/1/2016), menurut jenisnya, belanja pemerintah pusat yang dipatok Rp 1.325,6 triliun, salah satunya akan dialokasikan sebesar 26 persen untuk belanja pegawai di tahun ini dengan nilai Rp 347,5 triliun.

Pagu anggaran tersebut termasuk untuk membayar kewajiban pemerintah untuk pensiunan PNS dan kontribusi jaminan kesehatan PNS.

Baca Juga

  • Takut Tak Bisa Gaji PNS, APBN 2016 Bakal Direvisi
  • Pemberian THR Diharapkan Sesuai Kinerja PNS
  • Beri THR ke PNS, Pemerintah Siapkan Rp 7,5 Triliun

Source: liputan6.com
Saham Energi dan Teknologi Jadi Pendorong Penguatan Wall Street

Liputan6.com, New York - Wall Street akhirnya mampu parkir di zona positif pada perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta) Setelah sebelumnya terus berayun di dua sisi. Saham energi dan saham teknologi menjadi pendorong penguatan Wall Street.

Mengutip Reuters, Rabu (13/1/2016), Dow Jones Industrial Averange (DJIA) menguat 117,65 poin atau 0,72 persen ke level 16.516,22. S&P 500 naik 15,54 poin atau 0,81 persen ke level 1.939,21 dan Nasdaq menguat 47,93 poin atau 1,03 persen ke level 4.685,92.

Pendorong penguatan indeks acuan di Amerika Serikat (AS) tersebut adalah saham-saham di sektor energi dan juga teknologi. Saham Exxon Mobile naik 1,6 persen menjadi US$ 74,88 dan saham Chevron naik 1 persen ke US$ 81,61.

Baca Juga

  • Harga Minyak Jatuh Bikin Wall Street Tertekan
  • Wall Street Berguguran di Akhir Pekan
  • Wall Street Masih Dibayang-bayangi Perlambatan Ekonomi China

Source: liputan6.com
Bursa Saham Eropa dan AS Pulih, Harga Emas Kembali Jatuh

Liputan6.com, New York - Harga emas kembali jatuh pada perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta) karena pulihnya bursa saham di Amerika dan Eropa dan juga penguatan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS). Daya tarik logam mulia yang menjadi tempat berlindung dari risiko investasi menjadi berkurang karena penguatan dolar AS terhadap beberapa mata uang utama lainnya.

Mengutip Reuters, Rabu (13/1/2016), harga emas di pasar spot turun 0,3 persen menjadi US$ 1.090,30 per ounce. Sementara harga emas berjangka untuk pengiriman Februari turun 1 persen ke level US$ 1.085,20 per ounce.

Harga logam mulia ini melemah setelah bursa saham AS dan Eropa mampu kembali menguat setelah sebelumnya sempat mengalami tekanan.

Dow Jones Industrial Averange (DJIA) menguat 117,65 poin atau 0,72 persen ke level 16.516,22. S&P 500 naik 15,54 poin atau 0,81 persen ke level 1.939,21 dan Nasdaq menguat 47,93 poin atau 1,03 persen ke level 4.685,92.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Kembali Turun Rp 1.000 per Gram
  • Harga Emas Melonjak Usai Permintaan Naik
  • Harga Emas Kembali Turun di Bawah Level US$ 1.100 per Ounce

Source: liputan6.com
JK: Indonesia Pernah Lebih Miskin dari Somalia dan Kamboja

Liputan6.com, Jakarta - W‎akil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menghadiri Dies Natalis ke-18 Universitas Paramadina, Jakarta. Dalam kesempatan ini, JK berkesempatan memberikan orasi ilmiah di hadapan mahasiswa dan dosen kampus tersebut.

Pada orasinya, JK menuturkan, Indonesia ‎telah berkembang dengan pesat bila dibandingkan dulu. Pada 1960, negara ini termasuk salah satu negara termiskin di dunia.

"PDB per kapita hanya US$ 85 pada akhir 1960-an, dan tergolong sebagai salah satu negara termiskin di dunia. Bahkan lebih miskin dari Somalia dan Kamboja," kata JK di Jakarta, Rabu (13/1/2016).

JK menuturkan pada masa itu hanya 15 persen penduduk yang mampu menulis dan membaca dan mengenyam pendidikan. Sementara lebih dari dua pertiga penduduknya, hidup di bawah garis kemiskinan.

"Selama 4 dekade, Indonesia berhasil mentranformasi diri menjadi ekonomi terbesar ke-16," ujar dia.

Baca Juga

  • Begini Cara JK Hadapi Situasi Ekonomi Global
  • 3 Kemarahan JK Selama Jadi Wapres
  • JK Ingin RI Jadi Negara Penghasil Kakao Terbesar di Dunia

Source: liputan6.com
Ikuti Bursa Asia dan Wall Street, IHSG Dibuka Menguat ke 4.546,34

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau pada perdagangan Rabu pekan ini. Penguatan IHSG seiring dengan bursa Asia dan Wall Street.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Rabu (13/1/2016), IHSG naik 23,35 poin atau 0,52 persen ke level 4.535,87. Indeks saham LQ45 juga menguat 0,84 persen ke level 793,55.

Penguatan ini berlanjut ke pembukaan pukul 09.00 WIB. IHSG naik 32,67 poin atau 0,75 persen ke 4.546,34. Indeks LQ45 juga naik 1,12 persen ke level 795,73. Seluruh indeks acuan menguat pada perdagangan hari ini.

Ada sebanyak 89 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Sedangkan 10 saham melemah dan 37 saham lainnya diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 5.865 kali dengan volume perdagangan saham 96,6 juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 182,8 miliar. Di awal sesi, IHSG sempat berada di level tertinggi 4.552,62 dan terendah 4.535,87.

Secara sektoral, 10 sektor saham menguat. Sektor saham infrastruktur menguat 1,99 persen, dan membukukan penguatan terbesar. Sektor saham konstruksi naik 1,01 persen dan sektor saham industri dasar naik 0,86 persen juga.

Baca Juga

  • IHSG Berpeluang Menghijau, Cermati 7 Saham Pilihan
  • IHSG Bakal Variatif Mengekor Bursa Global
  • Investor Asing Dorong IHSG ke Level 4.512,52

Source: liputan6.com
Menhub Jonan Akhirnya Keluarkan Izin Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan telah menandatangani izin trase kereta api cepat Jakarta-Bandung. Dengan keluarnya izin tersebut, pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung bisa segera dilaksanakan.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, JA Barata menjelaskan, izin trase tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP. 25 Tahun 2016 tentang Penetapan Trase Jalur Kereta Api Cepat Antara Jakarta dan Bandung Lintas Halim-Tegalluar.

Izin trase tersebut diajukan oleh PT Kereta Api Cepat Indonesia China (PT KCIC). "Menhub menetapkan izin trase setelah semua syarat dipenuhi, termasuk rekomendasi dari pemerintah provinsi, kota, dan kabupaten yang dilintasi jalur KA cepat Jakarta-Bandung," kata Barata, Rabu (13/1/2016).

Penetapan trase merupakan tonggak penting dalam pelaksanaan Peraturan Presiden No 107 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Api Cepat antara Jakarta dan Bandung.

Trase jalur KA Cepat Jakarta-Bandung memiliki panjang 142,3 kilometer (km), dengan 4 stasiun dan 1 dipo. Empat stasiun adalah Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar. Fasilitas operasi berupa dipo berada di Tegalluar.

Baca Juga

  • Kereta Cepat Jauh Lebih Efisien Dibanding Pesawat
  • Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Bisa Gunakan Dana APBN
  • Tak Hanya Kereta Cepat, Bandung Bakal Punya LRT Layaknya Jakarta

Source: liputan6.com
Pemerintah Segera Luncurkan Paket Kebijakan Ekonomi IX

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana kembali meluncurkan paket kebijakan ekonomi sebagai upaya memenuhi janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan kemudahan berusaha di Indonesia.

Setelah beberapa waktu lalu mengumumkan peluncuran Paket Kebijakan Jilid VIII, dalam waktu dekat pemerintah akan meluncurkan Paket Kebijakan Jilid IX.

Mengenai paket kebijakannya apa, menurut Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, sekarang sedang difinalisasi.

“Mudah-mudahan apakah dalam minggu ini atau awal minggu depan, Menko Perekonomian Darmin Nasution akan mengumumkan kepada masyarakat,” kata Pramono mengutip laman Sekretariat Kabinet di Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Umumkan Paket Kebijakan Ekonomi Jilid VIII
  • Industri Penerbangan Sambut Baik Paket Ekonomi Jilid VIII
  • 286 Pelanggan Listrik Telah Nikmati Insentif Paket Kebijakan


Source: liputan6.com
Harga Minyak Anjlok, Program Mandatori BBM Tetap Berjalan

Liputan6.com, Jakarta - Program mandatori campuran biodiesel pada bahan bakar minyak (BBM) jenis solar akan tetap berjalan meski harga minyak dunia terus turun. Itu karena pemerintah memiliki dana untuk menutup selisih antara harga BBM dan biodiesel sebagai bentuk subsidi.

"Walau harga crude terus turun, mandatori biodiesel jalan terus,” ‎kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana, seperti dikutip dari situs resmi Ditjen EBTKE di Jakarta, Rabu (13/1/2016).

‎Rida mengungkapkan, pihaknya bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) telah menggelar simulasi pemberian dana penutup ini. Simulasi yang dilakukan dengan menghitung kebutuhan dana subsidi biodiesel sebagai dampak fluktuasi harga minyak mentah dan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO).

"Selama selisih harga minyak mentah dan CPO tidak terlampau jauh BPDPKS masih bisa menyubsidi," tutur dia.

Baca Juga

  • Pemerintah Gelontorkan Subsidi Biodiesel Rp 113 Miliar
  • Mandatori Biodiesel Dongkrak Rupiah Hingga Pendapatan Petani
  • Mandatori Biodiesel Tak Ganggu Pasokan CPO Produk Pangan

Source: liputan6.com
2 Investor China Telah Manfaatkan Layanan Investasi 3 Jam

Liputan6.com, Jakarta - Langkah pemerintah Indonesia yang gencar menawarkan kemudahan berinvestasi benar-benar dimanfaatkan oleh investor, termasuk investor asal China. BKPM mencatat ada dua investor asal China yang telah memanfaatkan layanan izin investasi 3 jam.

Dua perusahaan China tersebut bergerak di bidang usaha industri penggilingan baja dan perusahaan aktivitas pelayanan pelabuhan laut. Masing-masing nilai investasi yang dicatatkan oleh investor China tersebut adalah US$ 460 juta  atau sekitar Rp 6,21 triliun (estimasi kurs Rp 13.500 per dolar AS) dan US$ 81,5 juta atau setara dengan Rp 1,1 triliun.

Kepala BKPM, Franky Sibarani menjelaskan, secara prosentase nilai investasi dari dua perusahaan China tersebut berkontribusi sebesar 40 persen dari total nilai investasi 7 perusahaan yang memanfaatkan layanan investasi 3 jam. Menurut Franky, dari dua perusahaan China tersebut terjadi penyerapan tenaga kerja sebesar 2.856 tenaga kerja.

“Kami akan terus mengkomunikasikan keberadaan layanan izin investasi 3 jam kepada investor, termasuk dari China sebagai salah satu negara yang menjadi prioritas pemasaran investasi,” ujarnya dalam keterangan resmi kepada pers, Rabu (13/1/2016).

Baca Juga

  • Strategi BKPM Capai Target Investasi di 2016
  • BKPM Potong Proses Izin Investasi dari 23 Hari Jadi Hanya 3 Jam
  • Jusuf Kalla Resmikan Layanan Izin Investasi 3 Jam BKPM

Source: liputan6.com
Kesenjangan Tak Dibenahi, Arab Spring Bisa Terjadi di RI

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan disparitas antara si kaya dan si miskin di Indonesia telah masuk ke kategori lampu kuning. Bila hal ini dibiarkan, Indonesia bisa saja mengalami pemberontakan seperti di wilayah Arab atau lebih dikenal dengan fenomena Arab Spring.

"‎‎Di Timur Tengah bermula dari ketimpangan. Arab Spring dimulai karena gini ratio 0,45. Kita sekarang 0,41 dan 0,43 di perkotaan. Sekarang sudah lampu kuning," kata JK, dalam acara Dies Natalis ke 18 Universitas Paramadina, di Jakarta, Rabu (13/1/2016).

"‎Mudah-mudahan bisa jadi lampu hijau, kalau tidak bahaya untuk keutuhan bangsa ke depan," tambah dia.

Jusuf Kalla juga mengutip laporan World Bank berjudul `Indonesia`s Rising Divide`, yang mengungkapkan selama 1 dekade terakhir, 20 persen penduduk terkaya Indonesia menikmati pertumbuhan ekonomi yang tidak proporsional.

Ketimpangan ini, lanjut JK, bahkan membuat hanya terdapat 1 persen kelompok orang kaya di Indonesia menguasai 50,3 persen kekayaan, dan 10 persen terkaya di Indonesia mengusasi 77 persen kekayaan. Data itu merupakan hasil survei pada 2014.

Baca Juga

  • Jurus Pemerintah Kurangi Jurang Antara Si Kaya dan Si Miskin
  • Intip Dinding Kesenjangan Peru, Pemisah Si Kaya dan Si Miskin
  • `Si Anak Singkong`, Orang Terkaya RI Berharta Rp 67 Triliun

Source: liputan6.com
Hadiah Lotre AS Tembus Rp 20 Triliun, Terbesar Sepanjang Sejarah

Liputan6.com, Jakarta - Warga Amerika Serikat tengah gandrung dengan permainan lotre. Sebagian besar orang AS membeli berbondong-bondong membeli tiket lotre dan menguji keberuntungannya saat permainan tersebut diundi, dalam lotre powerball. Saking banyaknya yang ikut, hadiah lotre ini adalah terbesar sepanjang sejarah.

Hadiah undian lotre Powerball merangkak ke nilai US$ 1,5 miliar pada Selasa waktu setempat. Nilai itu setara Rp 20,7 triliun jika dihitung dengan kurs yang barlaku sekarang (Rp 13.860/dolar). Menurut panitia resmi dari undian ini, hadiah pada lotre kali ini adalah yang oaling besar sepanjang sejarah selama lotre ini digelar di AS. uang Rp 20,7 triliun sangat besar untuk satu orang pemenang lotre.

Dilansir dari Reuters, Rabu (13/1/2016),Juru Bicara Texas LOttery Commission Kelly Cripe mengatakan, hadiah tersebut terus menggunung seiring dengan semakin banyaknya peserta yang ikut, terutama di hari Senin lalu.

Hadiah jackpot sendiri diberikan pada pemenang senilai US$ 930 juta, jika si pemenang tersebut ingin dibayarkan tunai langsung. Tapi jika si pemenang ingin total US$ 1,5 miliar, uang tersebut dibayarkan secara tahunan hingga 29 tahun mendatang, menurut Multi State Lottery Association.

Pengundian Powerball ini akan dilakukan pada Rabu waktu setempat. Permainan ini dilakukan di 44 negara bagian, Washington DC dan dua teritori AS.

Nilai US$ 1,5 miliar adalah yang paling besar sepanjang sejarah lotre. Pernah ada lotre yang digelar di Spanyol yakni El Gordo atau biasa disebut the Fat One yang hadiahnya mencapai US$ 2,45 miliar di tahun lalu. Tahun sebelumnya lebih besar lagi yaitu US$ 2,7 miliar.

Namun El Gordo membayarkan uang sebesar itu ke ribuan orang pemegang tiket lotre. Sementara hadiah powerball senilai US$ 1,5 miliar atau Rp 20,7 triliun, hanya untuk satu orang saja.

Kini di AS memang sedang gandrung akan undian lotre ini. Orang bisa kaya mendadak jika tiket lotre yang dibelinya menang. Namun tak sedikit juga menang lotre yang malah menghancurkan hidupnya. Beberapa pengalaman, orang bisa kaya mendadak karena menang lotre hingga kemudian hidupnya kacau juga karena undian tersebut.

 


Source: liputan6.com
‎Dirut Bank Permata Yakin BI Pangkas Suku Bunga Acuan

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menggelar Rapat Dewan Gubernur (RDG) selama dua hari, dimulai pada hari ini (13/1/2016). Rapat tersebut akan menentukan nasib tingkat suku bunga (BI Rate) yang saat ini ada di level 7,5 persen. Para Bankir pun optimistis, BI akan menurunkan suku bunga acuannya.

Salah satu bankir yang yakin bahwa BI akan menurunkan suku bunga adalah Direktur Utama PT Bank Permata Tbk, Roy Arman Arfandy. Dengan penuh percaya diri Roy memperkirakan BI akan memangkas BI Rate pada hasil RDG kali ini. 

"Saya melihat memang indikasi untuk penurunan ada karena tanda-tanda turun ada. Tapi saya tidak mau mendahului BI," ujarnya saat ditemui di Shangrila Hotel, Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Menurut Roy, tanda-tanda ‎penurunan BI Rate terlihat jelas dengan merujuk pada data indikator makro maupun industri jasa keuangan perbankan, seperti inflasi dan likuiditas perbankan.

"Inflasi kita cukup rendah dan likuiditas di perbankan cukup baik. Ini merupakan beberapa indikator mendorong penurunan suku bunga," terangnya.

Meskipun demikian, Roy enggan memprediksi penurunan tingkat suku bunga ‎BI Rate. Namun ia meyakini, pemangkasan bakal terjadi secara bertahap. "Mungkin turunnya (BI Rate) tidak akan banyak dan dilakukan bertahap," ucapnya.

Baca Juga

  • Sudah Waktunya BI Turunkan Suku Bunga Acuan
  • BI Diminta Berani Turunkan Suku Bunga
  • Penurunan BI Rate Tinggal Menunggu Waktu

Source: liputan6.com
Pujian Wapres JK untuk Ojek Online

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla meminta generasi muda Indonesia melahirkan inovasi-inovasi baru untuk memajukan perekonomian bangsa.

JK menilai inovasi di masa depan lebih banyak dari bidang e-commerce. Salah satu bentuk inovasi yang sukses lahir di Indonesia adalah ojek online, yakni Gojek.

"Salah satunya adalah Gojek yang telah berhasil mentransformasi ojek menjadi jasa layanan transportasi yang nyaman dan tepercaya. Gojek melakukan inovasi business model," kata JK dalam acara Dies Natalis ke-18 Universitas Paramadina di Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Dalam acara tersebut, hadir pula CEO Gojek Nadiem Makarim. JK menjelaskan Gojek hadir sebagai penghubung antara produksi dan permintaan. Aplikasi itu juga berusaha mengurangi informasi asimetris antara pengguna dan para tukang ojek dengan mengenalkan teknologi informasi.

Baca Juga

  • Cegah Isu Kebocoran Seperti di Gojek, Kominfo Siapkan Regulasi
  • Tak Sendiri, Jokowi Bakal Ajak Bos GoJek Cs ke Silicon ValleyAhok: GoJek Mangkal di Trotoar Kita Tangkap

Source: liputan6.com
Tantangan Perbankan Nasional Makin Berat di 2016

Liputan6.com, Jakarta - Perbankan Indonesia masih dihadapkan ketidakpastian pasar keuangan dunia di tahun ini. Berbagai tantangan akan menghadang perjalanan bisnis bank-bank nasional, terutama pertumbuhan dana bukan kredit macet (Non Performing Loan/NPL).

"Pertumbuhan dana jadi tantangan besar perbankan tahun ini, bukan NPL," tegas Deputi Komisioner Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Irwan Lubis ‎saat ditemui di acara Seminar Konglomerasi ‎Jasa Keuangan di Indonesia, Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Dijelaskannya, dengan rasio kredit terhadap Dana Pihak Ketiga (DPK) atau Loan to Deposit Ratio (LDR) hampir menyentuh level 90 persen, sangat sulit bagi perbankan mencapai pertumbuhan kredit.

Baca Juga

  • Presiden Ingin Kontribusi Perbankan Syariah ke Ekonomi Meningkat
  • Perbankan Tak Luput dari Dampak Kenaikan Suku Bunga AS
  • Perbankan BUMN Resmi Luncurkan ATM Himbara

Source: liputan6.com
Produksi Gula Nasional 2015 Meleset dari Target

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Gula Indonesia (AGI) menyebutkan produksi gula nasional pada 2015 tercatat hanya mencapai 2,49 ton. Capaian ini lebih rendah jika dibandingkan target produksi gula nasional yang ditetapkan Kementerian Pertanian (Kementan) sebesar 2,7 juta ton.

Senior Advisor AGI Yudi Yusriadi mengatakan, produksi gula ini diperoleh dari areal pengusahaan seluas 446.060 hektar (ha) yang menghasilkan tebu panen sebanyak 30,1 juta ton, dengan produksi hablur mencapai 5,60 ton per ha, bobot tebu 67,6 ton per ha dan tingkat rendemen 8,28 persen.

"Perkiraan kami yang disampaikan pada Januari 2015 yang sebesar 2,55 juta ton. Kemudian direvisi pada Juni menjadi 2,5 juta ton. Tapi tipis dari 2,49 juta ton," ujarnya di Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Dia menjelaskan, pada musim giling 2015, produksi gula dari semua perusahaan gula di Jawa mencapai 1,5 juta ton dengan luas areal 276 ribu ha dan menghasilkan tebu tergiling sebesar 18,9 juta ton, serta produktivitas hablur 5,55 ton per ha.

"Sedangkan di luar Jawa, tercatat menghasilkan produksi gula sebesar 961 ribu ton dengan dukungan areal 169 ribu ton yang menghasilkan terbu tergiling 11,2 juta ton dengan produksi hablur 5,68 ton per ha," kata dia.

Baca Juga

  • RI Impor 3,1 Juta Ton Gula untuk Industri
  • Komisi VI DPR Gulirkan Wacana Pembentukan Panja Gula
  • Eks Bos RNI Ungkap Peran Gita Wirjawan di Balik Impor Gula

Source: liputan6.com
Rupiah Mampu Bertahan di 13.895 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Gerak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih liar seperti gerak mata uang Asia lainnya. Hal ini terjadi karena belum adanya kepastian di China dan juga mengenai penurunan harga minyak dunia.

Mengutip Bloomberg, Rabu (13/1/2016), rupiah dibuka pada level 13.895 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di level 13.909 per dolar AS. Pada pukul 12.05 WIB, rupiah berada di level 13.844 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang, rupiah berada di kisaran 13.814 per dolar AS hingga 13.895 per dolar AS. Sejak awal tahunh, rupiah melemah 0,40 per dolar AS.

Baca Juga

  • Ini Penyebab Rupiah Terombang-ambing
  • Rupiah Masih Betah di Level 13.900 per Dolar AS
  • Meski Tertekan, Rupiah Mampu Bertahan di 13.875 per Dolar AS

Source: liputan6.com
Pemerintah Perlu Antisipasi Penurunan Harga Minyak

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) mengingatkan pemerintah untuk berhati-hati dalam menyikapi penurunan harga minyak dunia yang terjadi sejak tahun lalu.

Dewan Pakar IATMI Benny Lubiantara mengatakan, penurunan harga minyak dunia menjadi musibah bagi negara eksportir minyak dan menjadi berkah bagi negara importir minyak seperti Indonesia. Hal ini lantaran penurunan tersebut membuat pembentukan biaya yang dipengaruhi harga minyak ikut turun.

"Harga minyak rendah bagi negara eksportir musibah, bagi kita bagus karena subsidi turun," kata Benny, dalam Indonesian Oil and Gas Industry-The Challenges Ahead, di City Plaza, Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Benny berharap, pemerintah tidak terbuai dengan penurunan harga tersebut, tetapi harus menyikapinya dengan hati-hati. Menurut dia, turunnya harga minyak akan meningkatkan konsumsi, bahkan konsumsi yang tidak efisien pun meningkat.

Baca Juga

  • Harga Minyak Dunia Ambruk, Pendapatan Negara Terancam
  • Harga Minyak Sentuh US$ 31 per Barel Terendah dalam 12 Tahun
  • Harga Minyak Tembus di Bawah US$ 30 per Barel

Source: liputan6.com
Menperin Minta Jepang Buka Lebar Impor Barang dari RI

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian Saleh Husin meminta kepada Jepang untuk lebih membuka pasar bagi produk-produk asal Indonesia. Selama ini, menurut Saleh, produk Indonesia masih sulit masuk pasar di Jepang.

Usai rapat koordinasi di kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Saleh mengaku pembukaan pasar ini dilakukan sesuai dengan kerja sama ekonomi Indonesia-Jepang (IJEPA) yang disepakati sejak 2008‎.

"Selama ini Jepang saja yang untung, mereka masuk ke pasar Indonesia‎, sementara kita susah sekali masuk ke Jepang," tegas Saleh, Rabu (13/1/2016).

Baca Juga

  • Kerjasama IJEPA Belum Bisa Tingkatkan Ekspor RI ke Jepang
  • MEA Berlangsung, Minat Ekspatriat di Sektor Properti Menggeliat
  • Dinilai Minim Ketrampilan, Pekerja RI Sulit Bersaing di MEA

Source: liputan6.com
RI Terancam Krisis Cadangan Minyak

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) menyatakan Indonesia terancam krisis cadangan minyak jika pemerintah tidak segera mengambil langkah untuk menyikapi anjloknya harga minyak dunia.

‎Dewan Pakar IATMI Benny Lubiantara mengatakan, tingkat keekonomian proyek migas menurun signifikan sejalan dengan anjloknya harga minyak dunia.

Sebagian pekerjaan pengeboran sumur, ekspansi kapasitas produksi, dan lainnya terpaksa dibatalkan karena alasan tidak ekonomis.

Baca Juga

  • Penurunan Harga Minyak Harus Jadi Peluang Bagi Produsen
  • Harga Minyak Masih Belum Membaik di 2016
  • Produksi Migas Pertamina dari Luar Negeri Lampaui Target

Source: liputan6.com
Ingin Tambah Modal Buat Usaha Anda? Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - PT Mitrausaha Indonesia Grup meluncurkan produk pinjam-meminjam dana secara online untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan nama Modalku. ‎ Dengan produk tersebut, pelaku UKM yang membutukan tambahan modal bisa langsung bertemu dengan pemberi pinjaman. Lantas, bagaimana cara mengakses pinjaman tersebut?

Chief Operating Officer (COO) Modalku, Iwan Kurniawan mengatakan, ada lima langkah bagi pelaku UKM agar bisa mengakses pinjaman melalui Modalku. Pertama, pelaku UKM mesti melakukan registrasi secara online di modalku.com.

Kedua, UKM akan melewati pengecekan profile usaha‎ (screening profile). Langkah ini untuk memberikan gambaran usaha dari UKM.

"‎Profile screening perusahaan harus operasi minimal 2 tahun, industri tidak memiliki risiko dan bisnis sedang berkembang," katanya, Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Baca Juga

  • UKM yang Masuk Pasar Modal Harus Berstatus PT
  • Otoritas Bursa Ingin Sekuritas Aktif Gandeng UKM
  • Pemerintah Ingin UKM Dapat Perhatian Lebih Saat Pasar Bebas ASEAN

Source: liputan6.com
Bursa Saham Pulih, Harga Emas Merosot

Liputan6.com, Singapura - Harga emas melemah pada perdagangan Rabu pekan ini dipicu kenaikan bursa saham. Hal itu mengurangi bobot investasi di logam mulia dan ditambah dolar Amerika Serikat (AS) yang menguat.

Di pasar spot, harga emas turun 0,2 persen menjadi US$ 1.084 per ounce. Sedangkan emas berjangka AS merosot 0,2 persen menjadi US$ 1.083,20.

Harga perak juga ikut menguat. Harga perak naik 0,2 persen menjadi US$ 13,82 per ounce. Sementara itu, platinum naik 0,6 persen menjadi US$ 837,53 per ounce.

Baca Juga

  • Harga Jual dan Buyback Emas Antam Turun
  • Bursa Saham Eropa dan AS Pulih, Harga Emas Kembali Jatuh
  • Harga Emas Kembali Turun di Bawah Level US$ 1.100 per Ounce

Source: liputan6.com
Anjlok karena Pasokan, Harga Minyak Sulit Membaik

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak mentah terus terjun ke level terendah sejak 2003 atau 12 tahun. Ikatan Ahli Teknis Perminyakan Indonesia (IATMI) menyatakan penurunan harga minyak dunia akan berlangsung lama. Ini disebabkan oleh melimpahnya pasokan.

Dewan Pakar IATMI ‎ Benny Lubiantara mengungkapkan, pembentukan harga minyak dunia dipengaruhi oleh dua faktor dominan, yaitu pasokan dan kebutuhan. Saat ini, penurunan harga minyak menyentuh level di bawah US$ 30 per barel. Banjirnya pasokan shale oil Amerika Serikat menekan harga minyak ke level terndah.

"Harga minyak naik turun, pemicu utamanya kan dua, supply dan demand (pasokan dan permintaan)," kata Benny, dalam acara diskusi bertajuk Indonesian Oil and Gas Industry - The Challenges Ahead di City Plaza, Jakarta, Rabu (13/1/2015).

 

Baca Juga

  • Harga Minyak Tembus di Bawah US$ 30 per Barel
  • Harga Minyak Anjlok, Program Mandatori BBM Tetap Berjalan
  • Harga Minyak Dunia Ambruk, Pendapatan Negara Terancam

Source: liputan6.com
Mendagri Segera Terbitkan Aturan Izin Pendirian Bank Banten

Liputan6.com, Banten - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) segera menerbitkan aturan berisi pemberian izin pendirian Bank Banten untuk mempercepat pendirian bank tersebut.

Ini menjadi hasil rapat antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten bersama Mendagri Tjahyo Kumolo dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membahas perkembangan proses pendirian Bank Banten.

"Sekarang kita sepakat mempercepat dan mudah-mudahan  paling lambat Senin depan ada Permendagri (yang mengatur tentang pembentukan Bank Banten)," kata Mendagri Tjahyo Kumolo, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/1/2016).

Tjahyo mengaku Kemendagri telah mengevaluasi APBD Pemprov Banten di 2016. Intinya, keputusan evaluasi Kepmendagri tidak melarang atau menghambat pembentukan Bank Banten. Pemerintah hanya menunda agar rencana ini benar-benar digodok matang.

Kemendagri pun meminta Pemprov Banten serius dan secepatnya melanjutkan pembangunan bank daerah sesuai amanah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Banten 2012-2017.

Baca Juga

  • Rano Karno Sebut DPRD Minta Rp 10 M untuk Pembentukan Bank Banten
  • Siap Datangi KPK, Rano Karno Akan Ungkap Suap Izin Bank Banten
  • KPK Segera Periksa Rano Karno Soal Suap Pembentukan Bank Banten

Source: liputan6.com
Kasus Meninggalnya Mirna Tak Pengaruhi Bisnis Kopi di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Kasus meninggalnya Wayan Mirna Salihin sesaat setelah menyeruput racikan es kopi Vietnam di sebuah restoran di Jakarta Pusat tidak akan berpengaruh banyak kepada bisnis kopi secara nasional. 

Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia, Leman Pahlevi menjelaskan, peristiwa yang menimpa Mirna bukan karena salah kopi maupun salah racikan namun lebih kepada faktor di luar itu. 

"Saya rasa tidak akan berdampak ke penjualan dan citra kopi.  Proses semua sama di manapun. Kopi bubuk dari kopi biji yang disangrai, sementara proses menjadi air kopi, tinggal diseduh dengan teknik beragam. Mungkin kasus ini kafein di kopi terlalu berat, sehingga jantungnya tidak tahan," tegas Leman saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Baca Juga

  • Rumah Digeledah, Barang Milik Jessica Teman Ngopi Mirna Disita
  • Fakta Baru: Jessica Datang Lebih Awal dan Ajak Mirna Seruput Kopi
  • Polisi: Pembuktian Fakta Kasus Kopi Mirna Hampir Selesai

Source: liputan6.com
Pemerintah Bentuk Tim Khusus Kerja Sama Ekonomi Internasional
Pemerintah sepakat membentuk tim khusus demi meningkatkan kerja sama ekonomi internasional. Kesepakatan itu dibentuk seusai digelarnya rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Rabu (13/1/2016) ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan ada beberapa kerja sama ekonomi internasional yang menjadi target, seperti Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA), Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), dan European Unity-Comprehensive Economic Partnership (EU-CEPA).

‎"Kita juga bicarakan bahwa tim yang dibentuk antarkementerian ini membahas lebih dalam mengenai TPP‎ (Trans Pasific Partnership)," kata Darmin di kantornya.

Sementara itu, Dirjen Kerja Sama Perdagangan Internasional Bachrul Chairi menambahkan dalam tahap awal tim tersebut akan melakukan pengkajian mengenai IJEPA. Hal ini menjadi yang utama mengingat seharusnya kerja sama ekonomi Indonesia-Jepang ini dikaji kembali pada 2013.
Source: liputan6.com
Untung Rugi Harga Minyak Ambruk Bagi RI

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak sempat menyentuh level di bawah US$ 30 per barel pada perdagangan intraday, meskipun akhirnya mampu ditutup kembali di atas level US$ 30 per barel pada perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB).

Pelemahan terus-menerus harga minyak tersebut terjadi karena kekhawatiran akan permintaan yang melemah di samping produksi yang terus dipompa.

Mengutip Reuters, Rabu (13/1/2015), harga minyak mentah AS jenis West Texas Intermediate (WTI) turun US$ 1,19 per barel atau 3,7 persen menjadi US$ 30,22 per barel pada penutupan perdagangan. Dalam perdagang intraday, harga minyak WTI sempat menyentuh level US$ 29,93 per barel. Level tersebut pernah dicetak pada Desember 2003.

Sedangkan harga minyak Brent yang menjadi patokan harga global, turun US$ 97 sen menjadi US$ 30,58 per barel. Penurunan tersebut mencapai 3,1 persen. Dalam perdagangan intraday, minyak Brent sempat menyentuh level US$ 30,34 per barel.

Pemicu pelemahan harga minyak ini masih sama dengan hari-hari sebelumnya. Pelaku pasar merasa khawatir dengan apa yang terjadi di China. Penurunan pertumbuhan ekonomi China akan sangat berdampak kepada permintaan energi terutama minyak mentah.

Selain itu, tidak adanya langkah-langkah untuk menahan produksi dari para negara-negara produsen minyak juga menjadi penyebab penurunan harga minyak. Produksi yang tidak terkontrol membuat pasokan berlimpah sehingga menekan harga.

Penurunan harga minyak sepanjang Selasa yang hampir menyentuh angka 4 persen tersebut menambah penurunan yang terjadi sepanjang tahun ini. Jika dihitung sejak awal tahun, harga minyak telah melemah hampir 20 persen.

Belum bangkit

Harga minyak mengalami penurunan yang cukup tajam dalam dua tahun terakhir. Pada pertengahan 2014, harga minyak sempat di atas US$ 100 per barel. Namun harga tersebut terus merosot sepanjang 2015 hingga sempat menyentuh level US$ 37 per barel.

Kondisi ini berlanjut pada tahun ini. Harga minyak diperkirakan belum bangkit di awal 2016. Beberapa analis memperkirakan harga minyak bisa menyentuh level US$ 20 per barel di tahun ini.

Bahkan analis dari Standard Chartered mengatakan harga minyak bisa menyentuh level US$ 10 per barel. Tekanan terhadap harga minyak terjadi lantaran pasokan minyak mentah tak seimbang dengan permintaan global.

Mengutip laman CNN Money,  permintaan minyak terus melambat di China menyebabkan harga tertekan. Selain itu, OPEC adalah salah satu pemain minyak terbesar, menolak untuk memangkas produksi miyak untuk mengangkat harga.

Ruginya harga minyak turun

Harga minyak dunia terus jatuh hingga ke level terendah US$ 31 per barel sejak 12 tahun terakhir. Kondisi ini memicu penurunan harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro, mengaku, pemerintah akan segera mengajukan APBN-Perubahan (APBN-P) tahun ini.

Dipastikannya, salah satu poin yang masuk dalam revisi adalah ICP dari proyeksi sebelumnya US$ 50 per barel. Rencana revisi tersebut seiring dengan pelemahan harga minyak mentah dunia. "Harga minyak (ICP masuk revisi)," kata Bambang.

Dampak dari revisi harga minyak, diakui Bambang, membuat pendapatan negara yang berasal dari Pajak Penghasilan (PPh) minyak dan gas (migas) serta Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ikut mengalami perubahan. Dengan demikian, pemerintah membidik penerimaan dari sektor pajak sebagai andalan pendapatan negara di tahun ini.

"Penerimaan minyak sebenarnya sudah mulai kecil. PNBP dari migas di tahun lalu saja sudah tinggal berapa, sehingga kita akan menekankan sumber penerimaan dari pajak," ucap Bambang.

Seperti diketahui, dari data Kementerian Keuangan, setiap perubahan atau penurunan ICP 1 dolar AS, maka berpengaruh terhadap pendapatan negara berkurang Rp 3,5 triliun sampai Rp 3,9 triliun. Sementara imbasnya ke PNBP terjadi koreksi Rp 2,7 triliun sampai Rp 3,1 triliun.

Pada tahun lalu, pendapatan negara dari sektor migas tidak tercapai. Menurut Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi menjelaskan, hal itu terjadi karena karena penurunan harga minyak‎ dunia dalam satu tahun terakhir. 

SKK Migas mencatat realisasi pendapatan negara dari sektor hulu migas sepanjang 2015 mencapai US$ 12,86 miliar. Angka ini sekitar 85,8 persen dari target yang ditetapkan dalam APBN-P 2015 sebesar US$ 14,99 miliar.

Tak hanya itu, anjloknya harga minyak dunia juga telah membuat investasi sektor hulu migas khususnya kegiatan eksplorasi tersendat. Aksi pemutusan hubungan kerja pun tak terhindari.

"Dampak penurunan harga minyak mentah ini ke penurunan investasi hulu migas‎," kata  Amien

Amien mengungkapkan, ‎penurunan investasi sektor hulu migas terjadi hampir seluruh dunia. Perusahaan migas baik nasional dan internasional melakukan efisiensi hampir 20,3 persen untuk menghadapi penurunan harga tersebut.

‎"Dampak ini bisa terlihat adanya penurunan belanja investasi di hulu migas hampir seluruh perusahaan minyak internasional maupun nasional mengalami penurunan investasi dan penurunan biaya‎," jelas Amien.


Source: liputan6.com
Ikuti Bursa Global, IHSG Menguat 24 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona hijau pada perdagangan saham Rabu pekan ini. Pergerakan IHSG ini mengikuti bursa saham global yang menguat.

Pada penutupan perdagangan saham, Rabu (13/1/2016), IHSG susut 24,65 poin atau 0,55 persen ke level 4.537,17. Indeks saham LQ45 naik 0,81 persen ke level 793,30. Sebagian besar indeks saham acuan menguat kecuali indeks saham DBX susut 0,51 persen ke level 664,75.

Penguatan IHSG juga didukung dari 123 saham menguat. Akan tetapi penguatan IHSG terbatas lantaran 149 saham melemah dan 83 saham lainnya diam di tempat.

Baca Juga

  • China Seret Bursa Asia ke Level Terendah Sejak 2011
  • Ini Efek Perlambatan Ekonomi China ke Indonesia
  • Bursa Asia Kembali Menguat dari Titik terendah Sejak 2012

Source: liputan6.com
KUR Rp 120 Triliun Dikucurkan, OJK Wanti-wanti Kredit Macet

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) akan menggenjot penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) ‎hingga Rp 120 triliun sepanjang tahun ini. Namun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan perbankan yang ditugaskan mendistribusikan KUR atas risiko kredit macet (non performing loan/NPL).

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Irwan Lubis saat Seminar Konglomerasi Sektor Jasa Keuangan di Indonesia mengungkapkan, OJK bakal berkoordinasi dengan bank-bank nasional agar proses penyaluran KUR dapat dilakukan dengan prinsip kehati-hatian (prudent) dan pengendalian risiko yang baik.

"Kami lihat dengan KUR yang plafonnya Rp 100 triliun-Rp 120 triliun, bank harus prudent dalam menyalurkan kredit tersebut. Jangan sampai KUR mendorong NPL perbankan naik," ujarnya di Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Baca Juga

  • Lembaga Penyalur KUR Bakal Ditambah di 2016
  • Pemerintah Siapkan Rp 100 Triliun untuk KUR 2016
  • Bunga KUR 9% Sudah Dapat Dinikmati Masyarakat

Source: liputan6.com
PGN Klaim Punya Jaringan Gas Terpanjang di RI

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) sudah membangun dan mengoperasikan lebih dari 6.470 kilometer (km) pipa gas bumi hingga akhir tahun lalu.

Head of Corporate Communication PGN, Irwan Andri Atmantoor mengungkapkan, sebagian besar pipa yang dibangun statusnya open access alias dapat dimanfaatkan bersama.

"Dari 6.470 km pipa gas yang dibangun dan dioperasikan PGN, sekitar 2.400 km merupakan pipa open access yang bisa dimanfaatkan bersama," kata Irwan, Rabu (13/1/2016).

Irwan menambahkan, sisanya lebih dari 4.000 km merupakan pipa distribusi yang memasok gas bumi langsung ke konsumen, seperti ke rumah tangga, industri, komersial (pusat belanja, hotel, rumah sakit), Usaha Kecil Menengah (UKM), hingga pembangkit listrik.

Baca Juga

  • Pertamina dan PGN Dapat Tugas Bangun Jaringan Gas Rumah Tangga
  • Pemerintah Tunjuk PGN Kelola Jaringan Gas di Kota Tarakan
  • Wajib Bangun Jaringan Pipa Sendiri, Penjual Gas Swasta Mengeluh

Source: liputan6.com
Pertama Kalinya, Pemerintah Hadiri di Rapat Dewan Gubernur

Liputan6.com, Jakarta - Pertama kalinya, pemerintah ikut dalam Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI). Pada rapat hari pertama ini (13/1/2016), kehadiran pemerintah diwakili Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Apa saja yang dibahas saat rapat tersebut?

Darmin saat ditemui usai mengikuti RDG BI mengaku, rapat di hari pertama ini mendiskusikan banyak hal. Ada tiga kelompok presentasi yang dipaparkan.

"Setiap RDG, pasti ada tiga kelompok yang dipresentasikan, yakni moneter, stabilitas sistem keuangan dan sistem pembayaran," kata Darmin di kantornya, Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Ketiga bahasan ini dipaparkan secara gamblang menurut versi BI. Gambaran Bank Sentral, diakui Mantan Gubernur BI itu, menunjukkan situasi moneter yang relatif longgar, termasuk inflasi namun likuiditas cenderung tertekan.

Baca Juga

  • BI Tambah Jadwal Rapat Dewan Gubernur di 2016
  • Menko Darmin Bakal Hadiri Rapat Dewan Gubernur BI
  • Dirut Bank Permata Yakin BI Pangkas Suku Bunga Acuan

Source: liputan6.com
Top 3: Dua Perusahaan Ini Dijual Rp 20.000 Bikin Penasaran

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan asuransi asal Inggris, Watchstone yang dulunya dikenal dengan nama Quindell melego sejumlah asetnya. Itu dilakukan karena perusahaan ingin meninggalkan masa lalunya yang terlibat skandal.

Perusahaan ini menjual dua perusahaan hanya seharga 1 poundsterling atau US$ 1,5. Jika dirupiahkan, nilai kedua perusahaan tersebut hanya dihargai Rp 20.895 (Kurs: Rp 13.930).

Firma ini menjual dua perusahaan yakni BE Insulated, bisnis isolasi properti, dan Carbon Reduction Company yang juga bergerak di bidang properti. Kedua perusahaan tersebut dibeli oleh BE Smart Group.

Artikel dua perusahaan ini dijual Rp 20.000 masih menyita perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu sore (13/1/2016).
Tak hanya itu, kutukan menang lotre dan tips agar anak Anda tak boros juga menyedot perhatian pembaca. Penasaran dengan artikel apa saja yang paling terpopuler? Berikut rangkumannya:

1. 2 Perusahaan Ini Dijual Rp 20.000, Anda Berminat?

Petugas menghitung uang pecahan US$100 di Jakarta, Jumat (9/10/2015). Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (9/10/2015) mengalami penguatan, bahkan bergerak ke level Rp 13.400. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Perusahaan asuransi asal Inggris, Watchstone yang dulunya dikenal dengan nama Quindell melego sejumlah asetnya. Itu dilakukan karena perusahaan ingin meninggalkan masa lalunya yang terlibat skandal.

Perusahaan ini menjual dua perusahaan hanya seharga 1 poundsterling atau US$ 1,5. Jika dirupiahkan, nilai kedua perusahaan tersebut hanya dihargai Rp 20.895 (Kurs: Rp 13.930).

Firma ini menjual dua perusahaan yakni BE Insulated, bisnis isolasi properti, dan Carbon Reduction Company yang juga bergerak di bidang properti. Kedua perusahaan tersebut dibeli oleh BE Smart Group. Selengkapnya baca di sini

2. Hindari Hal Ini Jika Tak Ingin Anak Jadi Boros

Sekecil apapun rumah yang Anda miliki ituadalah istana Anda.
Banyak orang tua sering menasihati anaknya tentang bagaimana cara mengelola keuangan dengan benar. Namun ternyata, anak seringkali mengambil pelajaran tak hanya dari ucapan, tetapi juga perilaku orang tua.

Penasehat Keuangan Jeff Rose mengungkapkan bahwa anak lebih bisa merekam tindakan ketimbang perkataan orang tua.

"Jika kita mengatakan satu hal, namun sikap kita menunjukkan hal lain, anak-anak akan belajar dari sikap bukan perkataan kita," kata pengarang buku Soldier of finance tersebut. Selengkapnya baca di sini

3. Kutukan Menang Lotre, Hidup Rusak Usai Kaya Mendadak

Sejumlah lembaran kertas lotre para peserta El Gordo  di Spanyol, Selasa (22/12). Panitia menyediakan sekitar Ratusan Miliar rupiah untuk bursa lotre terbesar di Spanyol ini.(REUTERS/Andrea Comas)

Menjadi pemenang lotre dengan hadiah selangit mungkin telah menjadi impian banyak orang. Ya, siapa yang tidak ingin jadi orang kaya mendadak dan mendapat hadiah dengan nominal yang sangat besar?

Layaknya mendapatkan durian runtuh, uang tersebut bisa dimanfaatkan untuk membeli barang yang selama ini Anda inginkan atau merasakan gaya hidup serba glamour bak selebriti dunia.

Namun ternyata, hidup menjadi pemenang lotre tidaklah seindah yang dibayangkan. Faktanya, banyak pemenang lotre yang justru harus rela menanggung nasib nahas setelah mampu memenangkan hadiah dengan nominal sangat besar. Selengkapnya baca di sini (Ahm/Ndw)


Source: liputan6.com
Harga Gula Internasional Diprediksi Stagnan

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Gula Indonesia (AGI) memprediksi harga gula di pasar internasional pada 2016 tidak mengalami perubahan jika dibandingkan tahun lalu. Harga gula tahun ini diprediksi yaitu berada di bawah US$ 450 per ton FOB.

Direktur Eksekutif AGI Tito Pranoloh mengatakan, indikasi belum bergeraknya harga gula pada tahun ini terlihat dari transaksi di Bursa Berjangka London pada dua pekan pertama 2016 yang hanya mencapai kisaran US$ 402-US$ 428 per ton FOB.

Demikian juga dengan harga gula kristal mentah (raw sugar) di Bursa Berjangka New York yang masih berada di kisaran 25,5 cent-25,9 cent per pound.

Baca Juga

  • Produksi Gula Nasional 2015 Meleset dari Target
  • RI Impor 3,1 Juta Ton Gula untuk Industri
  • Komisi VI DPR Gulirkan Wacana Pembentukan Panja Gula

Source: liputan6.com
Korea Selatan Promosikan Bawang Goreng Buatan Palu

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) terus mendorong kerjasama antara UKM lokal dengan perusahaan besar asing. Salah satu negara yang perusahaannya banyak bekerjasama dengan UKM Indonesia yaitu Korea Selatan melalui program One Village One Product (OVOP).

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta mengatakan,‎ selama ini telah ada 7 perusahaan besar asal negeri ginseng yang memberikan pelatihan kualitas sekaligus kerjasama dagang dengan UKM lokal. Salah satunya Samsung yang memberikan pelatihan kerajinan kain tenun.

"‎OVOP itu tidak banyak yang kita biayai, karena kita kerjasama dengan negara lain. Seperti dengan Korea, mereka komitmen ada 500 produk (yang dikembangkan) sampai (tahun) 2020. Mereka komitmennya konkrit. Mereka akan lihat mana yang akan mereka kawal," ujarnya di Jakarta, Rabu (13/1/2015).

Baca Juga

  • Modalku Berikan Pinjaman Cepat Buat UKM
  • Program KUR Berlanjut Jadi Asa BRI
  • Lembaga Penyalur KUR Bakal Ditambah di 2016

Source: liputan6.com