Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Kamis, 21 Januari 2016
Begini Enaknya Berbisnis Properti

Liputan6.com, Jakarta - Tingginya pertumbuhan penduduk di Indonesia membuat bisnis properti tak pernah mati. Pertumbuhan penduduk akan mendorong kegiatan ekonomi yang pada akhirnya mendorong pembangunan properti baik hunian, perkantoran, dan komersial.

Mengutip dari buku ’77 Rahasia Cepat Untung Bisnis Properti’ karya Hermawan Wijaya, dijelaskan setidaknya ada tiga keuntungan bila Anda menjalankan bisnis properti, Kamis (21/1/2016), mengutip artikel Rumah.com. Apa saja?

1. Waktu Kerja Fleksibel

Menjalankan bisnis properti akan menarik bagi Anda yang memiliki rutinitas rumah tangga seperti mengurusi anak-anak atau anggota keluarga yang lain. Kegiatan ini tidak terikat waktu. Anda hanya perlu memiliki kemampuan mengatur jadwal dan jeli melihat peluang.

Bisnis properti tidak seperti jenis pekerjaan office hour lainnya, di mana Anda harus pergi ke kantor pagi hari dan pulang pada sore hari.

Jika profesi kantor biasanya menjalankan pekerjaan di belakang meja dan menunggu perintah, dunia bisnis properti, Anda bisa menentukan sendiri produktivitas dalam hal mencari prospek properti dan pembeli.

Saat senggang, Anda bisa menggali informasi seputar properti baik dalam forum-forum di internet atau mengikuti seminar-seminar bertajuk properti.

Baca Juga

  • Ini Proyeksi Properti Indonesia di 2016
  • Jenis Pajak Properti yang Harus Diketahui
  • Malaysia Pesaing Terberat Properti RI Saat MEA

Source: liputan6.com
Pelajari 4 Budaya Kerja Ini Kalau Mau Sukses di Kantor Baru

Liputan6.com, Jakarta - Budaya kerja merupakan suatu sistem nilai, persepsi, perilaku dan keyakinan yang dianut oleh tiap individu karyawan dalam kegiatan mencapai tujuan organisasi dan individual.

Budaya kerja memang sangat penting untuk dikembangkan karena memberikan dampak yang positif terhadap sebuah pencapaian perubahan yang tentunya berkelanjutan di tempat kerja. Selain itu juga meningkatkan produktivitas kerja.

Sebagai karyawan baru tentunya diwajibkan untuk mempelajari budaya perusahaan. Namun banyak yang merasa kebingungan mengenai hal apa saja yang harus di pelajari karena mereka tergolong orang yang baru terjun di dunia kerja sehingga kurangnya pengetahuan dan pengalaman.

Sebenarnya apa saja yang harus Anda perhatikan? Melansir laman cheatsheet.net, Kamis (21/1/2016) berikut tipsnya:

1. Pakaian kerja

Jika Anda hanya memiliki dua pasang celana panjang dan cardigan di lemari dan sekarang Anda mendapatkan tawaran pekerjaan di sebuah perusahaan yang memiliki budaya berpakaian rapi dan formal. Itu tandanya Anda harus segera menambah isi lemari dengan cepat.

Manfaatkan jika ada diskon besar-besaran di toko, belilah beberapa potong pakaian kerja. Jadi Anda tidak khawatir lagi dengan apa yang harus Anda kenakan ke kantor esok

2. Mengatur jam tidur

Mulailah disiplin untuk mengatur jam tidur malam karena jika tidak pagi Abna pun akan menjadi kacau. Kurang tidur bisa menyebabkan kantuk dan kurangnya kosentrasi, akibatnya semua pekerjaan akan berantakan.

Dapatkan tidur malam yang efektif, dengan istirahat yang cukup, Anda akan mendapatkan pagi yang segar dan siap menghadapi hari.


Source: liputan6.com
4 Perumahan Dekat Klub Golf di Jabodetabek

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga golf identik dengan olahraga ‘mahal’ nan elit, yang hanya dilakukan oleh para pebisnis. Selain sebagai kegiatan olahraga, golf juga dijadikan ajang lobi yang kerap berujung pada kesepakatan bernilai besar.

Kendati berpengaruhi terhadap kegiatan bisnis, berolahraga golf, juga dapat menyehatkan tubuh. Suatu penelitian kesehatan dari Rumah Sakit Universitas Airlangga mengatakan bahwa golf dapat melatih kekuatan tangan, kaki, konsentrasi, membakar kalori hingga 500 kalori, dan juga menjadi terapi stress.

Jika Anda seorang pebisnis yang kerap melakukan lobi-lobi di lapangan golf, ada baiknya Anda mempertimbangkan hunian yang dekat dengan fasilitas golf terbaik di Jabodetabek.

Berikut empat referensi rumah terbaik yang dilansir dari www.rumah.com seperti ditulis Kamis (21/1/2016) yang bisa menyalurkan hobi Anda.

1. The Green Residence Serpong

The Green Residence merupakan proyek properti dari PT Tombak Intan yang memiliki konsep perumahan cluster dan berlokasi di kawasan Legok, Tangerang.

Rumah ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang memiliki hobi bermain golf. Jaraknya hanya 9,1km dari Damai Indah Golf Bumi Serpong. Estimasi waktu hanya 21 menit, Anda sudah bisa tiba di tempat lokasi.


Peta lokasi perumahan The Green Residence Serpong dengan Damai Indah Golf Bumi Serpong (source: google.com)

Damai Indah Golf Bumi Serpong merupakan satu klub golf yang bertaraf internasional di Indonesia. Klub Golf yang dibangun oleh Ir. Ciputra ini pernah meraih The Best Golf Course in Indonesia tahun 1999, Host Venue of The Year 1996 dan Best five of Asia Pasific Course of the year pada 2000.


Damai Indah Golf Bumi Serpong Damai BSD City (source: google.com)

Lokasi perumahan ini sangat strategis karena diapit oleh kawasan BSD, Gading Serpong dan Karawaci. Bahkan jika Anda ingin menuju Bandara Soekarno Hatta, hanya membutuhkan waktu selama 30 menit.


The Green Residence Serpong

Kelebihan dari perumahan ini antara lain, memiliki kualitas air bersih menggunakan teknologi hydro, fasilitas lengkap 24 jam, dan jaringan internet, tv cable, dan telepn sudah tersambung.

Rumah ini bisa Anda miliki hanya dengan memberikan jaminan uang sejumlah Rp 10 juta, dan tidak memberlakukan biaya administrasi, sehingga rumah ini sudah siap dihuni. Harga yang ditawarkan untuk setiap unit berkisar Rp 600 juta – Rp 1,5 miliar.

2. Amarillo Village


Perumahan Amarillo Village

Perumahan Amarillo Village yang berada ada di Jalan Raya Serpong ini cukup dekat dengan lokasi golf Damai Indah Golf Bumi Serpong Damai BSD City. Jarak antara perumahan dengan Damai Indah Golf Bumi Serpong adalah 6.5 kilometer, dan Anda bisa menempuh waktu 13 menit.


Peta lokasi Perumahan Amarillo dengan Damai Indah Golf BSD (source: google.com)

Kelebihan dari perumahan ini adalah memiliki desain arsitektur dan interior yang mewah, carport pribadi, one get security system, dan Anda juga bisa membuat desain rumah sendiri yang akan dibantu oleh pihak pengembang. Harga kisaran rumah Amarillo Village sebesar Rp 600 juta – Rp 800 juta.

3. Palm Garden


Emerald Golf Club (source: golfwonderfulindonesia.com)

Emerald Golf Club yang ada di kawasan Cimanggis ini juga merupakan satu klub golf terbaik di Indonesia. Salah satu penghargaan yang pernah diraih adalah Asia’s Best Golf Club. Fasilitas yang ditawarkan pun sangat lengkap. Selain lapangan golf yang hijau, di sana juga terdapat spa dan sauna massage, dan juga terdapat fasilitas ruangan yang dapat disewakan seperti, meeting room, dan weeding room.

Dekat dengan klub, radius 5.5 kilometer terdapat perumahan yang bisa menjadi pilihan Anda untuk dihuni. Perumahan Palm Garden yang berlokasi di Jalan Dongkal Depok, Jawa Barat ini menawarkan perumahan minimalis modern yang hemat energi.

 


Perumahan Palm Garden

Perumahan ini memaksimalkan cahaya alam dan rumah tanpa pagar yang akan menambah kesan luas ruang terbuka. Sehingga penghuni akan merasakan hunian yang sehat, nyaman, aman, teratur, dan bebas dari masalah lingkungan. Pengembang menawarkan harga untuk setiap unitnya berkisar Rp 900 juta – Rp 1 miliar.

4. Akasha Jagakarsa


Matoa Golf Ciganjur (source: google.com)

Terakhir, perumahan dekat dengan klub golf di Jabodetabek adalah Perumahan Akasha Jagakarsa yang ada di Jalan Aselih, Moh. Kahfi 1, Jakarta Selatan. Radius 2.4 kilometer dari perumahan ini, terdapat Matoa Nasional Golf Course. Lokasinya sangat dekat, hanya membutuhkan waktu 7 menit Anda bisa langsung sampai nyaris tanpa macet.


Peta lokasi Perumahan Akasha Jagakra dengan Matoa National Golf

Matoa Nasional Golf Course ini dibangun oleh Bob Hasan dan B. Santoso dengan luas lahan sebesar 60 hektar. Selain terdapat hamparan padang golf yang hijau, di sana juga terdapat Arboretum yang dijadikan sebagai area konservasi tanaman.

Selain itu juga terdapat fasilita mewah yang kerap disewakan untuk acara pernikahan dan acara perusahaan.


Perumahan Akasha Jagakarsa

Perumahan Akasha Jagakarsa adalah perumahan yang menerapkan konsep modern living yang menyajikan hunian dengan unsur tanaman hijau dan air. Sehingga kedua konsep ini akan menciptakan keselarasan antara tubuh, pikiran dan jiwa Anda. Ada pun kisaran harga untuk setiap unit adalah Rp 1,4 miliar – Rp 1,7 miliar. (Kantri M/Ahm)


Source: liputan6.com
6 Cara untuk Membeli Rumah Idaman

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak ingin memiliki rumah idaman? Semua orang pasti menginginkannya. Namun, agaknya memiliki rumah idaman tak mudah untuk diwujudkan di tengah-tengah ekonomi sulit seperti saat ini.

Bagaimana tidak? Harga kebutuhan pokok melonjak tajam tanpa diimbangi dengan peningkatan penghasilan. Kondisi ini tentu menyita sebagian besar pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menabung dengan menyisihkan sebagian gaji meski dilakukan bertahun-tahun seakan tak pernah cukup untuk membeli sebuah rumah idaman. Harga rumah yang membumbung tinggi dari tahun ke tahun makin susah untuk dijangkau.

Jangan putus harapan dulu. Anda harus berani melangkah untuk mewujudkan impian memiliki rumah idaman. Jika tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi? Berikut 6 cara yang bisa dilakukan untuk bisa memiliki rumah yang diidamkan dikutip dari Cermati.com, Rabu (21/1/2015):

1. Manfaatkan fasilitas KPR

Saat ini banyak bank yang menawarkan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Mengapa Anda tidak memanfaatkan fasilitas tersebut? Dengan gaji pas-pasan tentu akan sulit menyisihkan uang untuk ditabung guna membeli rumah secara tunai.

Fasilitas KPR bisa membantu Anda mewujudkan impian memiliki rumah idaman. Anda hanya perlu menyediakan uang muka antara 10-30 persen dari harga rumah, tergantung kebijakan bank.

Jika setelah dianalisis, finansial Anda dinilai memenuhi syarat, maka rumah idaman segera bisa didapatkan. Konsekuensinya, Anda harus membayar angsuran selama masa KPR berlangsung.

2. Beli rumah di daerah pinggiran

Perlahan namun pasti, harga properti terutama rumah akan terus merangkak naik. Itulah sebabnya properti menjadi salah satu objek investasi masa depan yang menjanjikan.

Seiring dengan perkembangan, rumah yang berlokasi strategis berada di tengah kota dan dekat fasilitas umum cenderung dibanderol dengan harga selangit. Jika dana yang Anda miliki tidak mencukupi untuk membeli rumah di perkotaan, Anda bisa memilih rumah di daerah pinggiran.

Umumnya rumah di daerah pinggir kota lebih murah dibandingkan dengan harga rumah di tengah kota. Keuntungan lainnya, bisa jadi rumah di pinggir kota justru lebih luas, asri, dan tenang, jauh dari kemacetan dan polusi udara.

3. Beli rumah bersubsidi

Saat ini tengah dikembangkan perumahan rakyat bersubsidi oleh pemerintah. Dibandingkan dengan rumah yang dikembangkan oleh developer swasta, rumah bersubsidi tentu jauh lebih murah.

Namun untuk mendapatkan rumah bersubsidi diberlakukan syarat khusus, misalnya belum pernah punya rumah dan gaji maksimum Rp 5 juta. Jika Anda merasa memenuhi persyaratan tersebut, maka Anda bisa segera memiliki rumah idaman.


Source: liputan6.com
4 Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Investasi pada 2016

Liputan6.com, Jakarta - Anda harus berinvestasi sekarang juga! Tidak peduli berapa tua umurmu sekarang, berapa banyak uang yang Anda miliki atau seberapa dalam pengetahuanmu tentang investasi.

Jika tidak dilakukan sekarang juga, akan banyak kerugian yang akan Anda dapatkan di kemudian hari.

Tidak percaya? Artikel ini akan menjabarkan 4 alasan mengapa Anda harus memulai investasi sekarang juga seperti dikutip dari www.cekaja.com, Kamis (21/1/2016):

1. Kebebasanmu bisa dalam bahaya

Investasi itu bukan hanya urusan menjadi kaya. Lebih jauh dari itu, berinvestasi adalah cara agar suatu hari Anda memperoleh kebebasan finansial untuk mendukung tujuan hidupmu tanpa terbebani persoalan uang.

Suatu hari, Anda pasti akan berhenti bekerja dan pertanyaannya apakah Anda akan terpaksa berhenti sebelum keuanganmu siap atau Anda bisa memilih untuk berhenti? Jika keuanganmu tidak siap, sudah pasti kebebasan untuk memilih tidak ada pada dirimu.

2. Mulai lebih cepat, untung lebih banyak

Kebanyakan orang tidak pernah memulai untuk berinvestasi karena mereka khawatir akan melakukan kesalahan. Padahal, dengan seperti itu, potensi keuntungan yang akan Anda peroleh akan semakin berkurang.

Dalam investasi, jika Anda memulai lebih awal, maka Anda akan memperoleh hasil lebih banyak di akhir. Ingat kata-kata Benjamin Franklin, pendiri Amerika Serikat: “Money makes money. And the money that money makes, makes more money”.  Jadi, jangan tunda lagi rencanamu untuk berinvestasi.

3. Memulai investasi itu murah

Berinvestasi itu tidak rumit dan memakan waktu. Selain itu, Anda tidak harus menjadi kaya terlebih dahulu sebelum melakukan investasi.

Banyak sekali cara yang mudah untuk memulai investasi tanpa memerlukan uang dalam jumlah banyak. Salah satu caranya adalah melalui tabungan pensiun. Nilai yang disetor bisa sangat kecil yakni Rp 50 ribu hingga Rp 250 ribu.

Selain itu, Anda juga bisa berinvestasi di reksa dana. Sejumlah produk bahkan bisa dimulai dengan nilai Rp 100 ribu.

4. Tidak ada waktu sebaik sekarang

Sebuah peribahasa Tiongkok mengatakan: waktu terbaik untuk menanam pohon adalah 20 tahun lalu. Waktu terbaik kedua adalah saat ini juga. Jika saat ini Anda yang berusia 30 tahun atau 40 tahun merasa sudah terlalu tua untuk memulai investasi, jawabannya tidak.

Anda memang tidak bisa mengubah apa yang sudah terjadi, tapi Anda bisa memulai untuk melakukan hal yang berbeda mulai dari sekarang. (Ahm/Igw)


Source: liputan6.com
Wall Street Melemah Dipicu Lesunya Harga Minyak

Liputan6.com, Jakarta Bursa saham Amerika Serikat kembali melemah setelah harga minyak juga menurun. Harga minyak turun ke level paling rendah sejak 2003..

Indeks S&P 500 ditutup ke level terendah dalam setahun lebih karena harga minyak yang turun.

Indeks Dow Jones Industrial Average anjlok 248,87 poin atau 1,55 persen ke level 15.767,15. Sementara S&P kehilangan 21,92 poin atau 1,17 persen ke level 1.859,41. Sementara Nasdaq Compposite tergelincir 5,26 poin atau 0,12 persen ke level 4.471,69.

"Semua reli mulai bergerak kasar ke atas," ucap Art Hogan, Chief Market Strategist di Wunderlich Sekuritas dilansir dari CNBC, Kamis (21/1/12016).

Sekitar 11 saham turun dari 4 saham yang diperdagangkan di New York Stock Exchange alias bursa saham New York. Sebanyak 1,5 miliar saham diperdagangkan dengan volume 6,4 miliar. Awalnya, 30 saham turun bagi setiap advancer.

Harga minyak Amerika Serikat untuk pengiriman Februari turun US$ 1,91 atau 6,71 persen ke level US$ 26,55 per barel. TErendah sejak 2003. Kontrak Ferbruari jatuh tempo pada Rabu kemarin waktu setempat, di mana pedagang memperkirakan akan berkontribusi pada beberapa volatilitas di pasar minyak.

Minyak untuk kontrak Maret juga menurun 4,1 persen ke level US$ 28,35 barel.

"Minyak tentu membebani jiwa investor," ujar manajer Portfolio di US Bank Private Client Reserve, Eric Wiegand.


Source: liputan6.com
Top 3: Besaran Gaji Tentara ISIS

Liputan6.com, Jakarta - ISIS yang dikenal dengan organisasi teroris terkaya di dunia bukan hanya sebuah organisasi semata. Mereka terbentuk layaknya sebuah negara yang menguasai sebagian Irak dan Suriah.

Karena itu pula, tentara-tentara ISIS yang rela mati berperang demi kejayaannya diberi gaji. Berapa besarannya?

Artikel mengenai gaji tentara ISIS tersebut menjadi artikel paling menarik di kanal bisnis Liputan6.com pada Kamis (21/1/2016) pagi. Selain itu ada juga artikel lain yang mencuri perhatian. Berikut daftarnya seperti dirangkum dalam Top 3 kanal bisnis


1. Intip Besaran Gaji tentara ISIS

ISIS yang dikenal dengan organisasi teroris terkaya di dunia bukan hanya sebuah organisasi semata. Mereka terbentuk layaknya sebuah negara yang menguasai sebagian Irak dan Suriah.

Karena itu pula, tentara-tentara ISIS yang rela mati berperang demi kejayaannya diberi gaji. Berapa besarannya?

Berita selengkapnya di sini


2. Dari Gelandangan, 5 Seleb Ini Sukses Raup Kekayaan

Apa yang terlintas di benak Anda saat melihat sosok selebriti dunia? Ya bayangan Anda pasti tertuju pada gaya hidup glamor dengan segala kemudahan dan harta berlimpah yang mereka miliki.

Sebagian besar dari kita pasti memiliki keinginan untuk dapat hidup layaknya para selebriti dunia tersebut. Namun, siapa sangka ternyata banyak dari mereka yang harus merangkak dari bawah demi menanjak tangga karir kesuksesan.

Sebelum terkenal seperti sekarang, mereka bahkan harus rela untuk hidup menjadi gelandangan agar mampu bertahan hidup. Siapa saja mereka?

Berita selengkapnya di sini


3. ISIS Kelompok Teroris Terkaya yang Kini Kekurangan Uang

Keuangan ISIS tengah tertekan. Salah satu sumber pendapatan ISIS terus menerus diserang oleh serangan udara yang dilakukan Amerika Serikat (AS) dan koalisinya.

Suriah dan Irak dikenal juga sebagai penghasil minyak dunia. Hasil dari sumber daya alam inilah yang juga jadi pemasukan organisasi ini.

Berita selengkapnya di sini


Source: liputan6.com
Tembus di Atas US$ 1.100 per Ounce, Harga Emas Kian Mengkilap

Liputan6.com, Jakarta Harga emas berjangka kembali merangkak naik di atas US$ 1.100 per ounce pada perdagangan Rabu. Harga ini merupakan yang tertinggi sejak dua pekan terakhir, karena harga miyak kembali menunjukkan kemerosotannya diikuti pasar saham. Ini mengangkat investasi logam mulia.

Emas untuk kontrak Februari naik US$ 17,1 atau 1,6 persen mendekati level US$ 1.106,2 per ounce di bursa Comex. Ini adalah harga yang paling tinggi sejak 7 Januari 2015 menurut Factset seperti dilansir dari Marketwatch, Kamis (21/1/2016).

Emas berjangka naik kembali di atas US$ 1.100 per ounce pada hari Rabu untuk menetap pada tingkat tertinggi dalam hampir dua minggu, karena harga minyak baru kemerosotan mereka dan menyeret pasar saham global bersama dengan untuk naik, mengangkat daya tarik investasi logam.

Februari GCG6 emas, + 1,09% naik US$ 17,10, atau 1,6%, menjadi ditutup pada US$ 1.106.20 per ounce di Comex-penyelesaian tertinggi sejak 7 Januari, menurut FactSet.

Meningkatnya permintaan untuk aset ini dianggap sebagai investasi yang lebih aman, sementara investor tampak untuk menghindari sesuatu yang dipandang berisiko seperti ekuitas, membantu mengangkat emas dan surat berharga haven lainnya.

"Orang -orang berlari ke sesuatu yang aman. Emas bisa berakhir menjadi satu aset untuk lindung nilai terhadap penurunan saham," ujar Presiden Libertas Wealth Management Group, Adam Koos.

Sebagai aset keras dan bernilai, mereka khwatir jika suatu saat ada gejolak di bursa saham maka larinya akan ke emas, instrumen tunai, dan semua investasi yang pasti lainnya," imbuhnya.

Sementara harga logam lain yaitu perak naik 0,3 persen ke level US$ 14,16 per ounce setelah mendaki 1,6 persen hari sebelumnya. Sementara tembaga kelas tinggi untuk pengiriman Maret turun 1,8 sen atau 0,9 persen ke level US$ 1,96 per pound.

Platinum pada pengiriman April juga tergelincir 1,3 persen ke level US$ 819,2 sementara paladium untuk bulan Maret juga mengalami penurunan ke level US$ 489 per ounce.

 


Source: liputan6.com
Ini Proyeksi Properti Indonesia di 2016

Liputan6.com, Jakarta Konsultan properti dunia, Jones Lang LaSalle (JLL) meramal bakal ada peningkatan permintaan pada pasar perkantoran dan residensial di 2016. Sementara untuk sektor ritel diperkirakan akan tetap stabil

Perbedaan kondisi tersebut didasari atas pengamatan evaluasi pertumbuhan properti Indonesia di 2015.  Hasilnya cukup memberikan tantangan yang signifikan. Setidaknya terdapat tiga faktor utama penyebab kondisi itu, antara lain; pertumbuhan ekonomi yang relatif lambat, pelemahan rupiah terhadap dolar AS, dan rendahnya harga komoditas turut menimbulkan kekhawatiran.

Berikut evaluasi properti 2015 dan proyeksi di 2016 berdasarkan riset JLL yang didapat rumah.com, Kamis (21/1/2016).

Evaluasi Properti Indonesia 2015

1. Evaluasi kondisi properti sektor perkantoran di 2015 menunjukkan bahwa tingkat hunian gedung perkantoran di CBD (central business district) berada di sekitar angka 89 persen dengan perkantoran kelas A sendiri, berada di angka 85 persen. Tingkat hunian ini dipengaruhi oleh menurunnya permintaan perkantoran dari sektor minyak, gas, dan pertambangan (minerba), yang mana sempat mengalami keterpurukan harga komoditas dunia di 2015.

Akan tetapi meski tidak menyerap dari kebutuhan properti sektor minerba, JLL menilai bahwa ada substitusi berkelanjutan dari perusahaan e-commerce, yang mana memiliki potensi untuk berkembang di Jakarta.

Selain itu, pada triwulan keempat tahun 2015, banyak pemilik gedung perkantoran yang menerapkan harga sewa lebih fleksibel. Sehingga rata-rata harga sewa turun sebesar 1.9 persen dibandingkan triwulan sebelumnya pada kelas Premium.

2. Penjualan kondominium mewah juga dikatakan mengalami perlambatan sejak pertengahan 2015. Luke Rowe, Head of Residential JLL menjelaskan, kondisi tersebut diakibatkan dari pemberlakukan pajak penghasilan atas barang sangat mewah oleh pemerintah pada triwulan kedua tahun 2015.

“Pada triwulan keempat tahun 2015, permintaan tertinggi tetap terjadi pada kelas menengah ke bawah dengan harga yang lebih terjangkau dan pengenaan pajak lebih rendah. Meski Rata-rata tingkat penjualan turun tipis di angka 77%, kami menilai angka tersebut berada pada tingkatan penjualan yang cukup baik,” tambah Rowe.

3. Kondisi ritel pada triwulan terakhir 2015 juga mengalamii keterbatasan pembangunan. Hal ini memang merupakan dampak berkelanjutan dari moratorium terkait pembangunan mal sejak tahun 2011. Riset JLL menunjukan tingkat hunian yang tinggi masih dipengaruhi oleh permintaan di mal-mal berkelas di Jakarta, sebagai contoh tingkat hunian di Lippo St. Moritz.

 

Proyeksi Properti Indonesia 2016

1. Kondisi perkantoran akan mengalami peningkatan permintaan di tahun 2016. Asalkan, tidak terjadi pelemahan rupiah yang bisa berdampak besar terhadap sentiment pasar. JLL juga memperkirakan akan terjadi penurunan harga sewa pada tahun 2016 dan 2017, dan akan mengalami peningkatan kembali pada akhir proyeksi 5 tahun ke depan.

2. Seiring dengan pertumbuhan populasi yang besar dan peningkatan jumlah kelas menengah di Indonesia, JLL memprediksikan permintaan residensial mengalami peningkatan permintaan secara fundamental. Asalkan, pertumbuhan ekonomi serta nilai tukar rupiah jauh lebih stabil dari 2015.

3. Kondisi ritel di Indonesia akan tetapi stabil, asalahkan pemilik mal-mal papan atas masih menjadi posisi penguat untuk menentukan keberlangsungan tren ritel di Indonesia.

 


Source: liputan6.com
Pemerintah Batasi Penerimaan PNS

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, menegaskan bahwa seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2016 tetap akan dilaksanakan. Namun seleks akan dibatasi dan hanya untuk beberapa posisi.

Yuddy menambahkan keterbatasan pelaksanaan seleksi CPNS ini sebagai langkah lanjutan dari kebijakan moratorium CPNS yang dicanangkan Yuddy sejak tahun lalu.

"Moratorium ini tetap dikecualikan untuk tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, penegak hukum dan sekolah kedinasan. Fokus kita tahun ini lebih kepada penerimaan untuk guru-guru, untuk tenaga-tenaga medis, dan aparat penegakhukum," kata Yuddy, Kamis (21/1/2016).

Baca Juga

  • Menhub Jonan Usul Pegawai Terminal Jadi PNS
  • Ini Bedanya PNS di Singapura dengan di Indonesia
  • Menko Darmin Minta ‎PNS Punya Ambisi

Source: liputan6.com
Mengekor Bursa Asia, IHSG Dibuka di Zona Hijau

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau pada pembukaan perdagangan Kamis pekan ini.

Pada pembukaan perdagangan saham, Kamis (21/1/2016), IHSG naik 30,6 poin atau 0,71 persen menjadi 4.459,89. Indeks saham LQ45 juga menguat 0,97 persen ke level 776,40. Seluruh indeks saham acuan kompak berada di zona hijau pada pagi ini.

Di awal sesi, IHSG sempat berada di level tertinggi 4.463,02 dan terendah 4.447,75. Ada sebanyak 76 saham berada di zona positif sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. Sedangkan 27 saham meelemah dan 36 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 7.349 kali dengan volume perdagangan saham 144,4 juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 224 miliar.

Baca Juga

  • IHSG Kembali Melemah ke Level 4.484,71
  • IHSG Berpeluang Variasi, Amati Delapan Saham Pilihan
  • Murahnya Harga Minyak Bikin IHSG Bergerak Variatif

Source: liputan6.com
Pindad Bidik Ekspor Panser Badak ke Timur Tengah

Liputan6.com, Jakarta - PT Pindad (Persero), salah satu industri pertahanan dan persenjataan dalam negeri, tengah membidik Timur Tengah sebagai langkah untuk memperluas pasar ekspornya. Salah sat‪u produknya yang akan digenjot adalah Panser Badak.

‪Direktur Utama Pindad, Silmy Karim, mengatakan Panser Badak merupakan panser varian terbaru buatan PT Pindad (Persero) yang saat ini tengah memasuki tahap sertifikasi dari Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Darat.

Bila lolos sertifikasi, Panser Badak akan mulai diproduksi massal pada triwulan I-2016.‬ Panser Badak yang menggunakan Cannon 90 mm ini diberi nama oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam perhelatan Indo Defence 2014 lalu.

"Kami membidik penjualan ekspor yang potensinya mencapai US$ 300 juta dalam dua tahun ke depan. Pasar yang bagus adalah Timur Tengah dan kami siap membuat prototipenya," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (21/1/2016).

 

Baca Juga

  • TNI Siap Pesan Panser Badak Buatan Pindad
  • Dirilis 2016, Pindad Siap Produksi 30 Panser Badak Tiap Tahun
  • Pindad Sukses Uji Tembak Produk Panser Teranyar

Source: liputan6.com
Dinilai Kemahalan, Bisakah Freeport Turunkan Harga Jual Saham?

Liputan6.com, Jakarta Saham sebanyak 10,64 persen yang dilepas PT Freeport Indonesia dengan nilai US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 23 triliun masih menjadi polemik. Penawaran harga saham yang diajukan perusahaan tambang emas raksasa asal Amerika Serikat (AS) itu dianggap tidak wajar.

Dalam tenggat waktu 60 hari, pemerintah sedang mengevaluasi kelayakan harga saham tersebut. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral juga (ESDM) akan menawar harga jual tersebut apabila dalam perhitungannya terbukti kemahalan.

Apakah pihak Freeport Indonesia mau menurunkan harga saham itu?

Baca Juga

  • Pemerintah Pastikan Bakal Beli Saham Freeport
  • Syarat Izin Ekspor Konsentrat Freeport Makin Berat
  • Freeport Masih Proses Pengganti Maroef Sjamsoeddin

Source: liputan6.com
Warga di Desa Ini Bayar Listrik Pakai Singkong hingga Bebek

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 600 kepala keluarga di empat desa di Ponoroggo, Jawa Timur, setiap bulan bayar tagihan listrik hanya dengan singkong atau pisang, bebek, ayam dan lainnya.

Hal ini berlangsung sejak 2011, ketika pertama kali warga di Desa Andung Biru, Desa Tiril, Desa Sumber Duren, dan Desa Roto Probolinggo menikmati listrik di rumahnya.

Aliran listrik ini berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) kapasitas 40 kiloWatt (kW) yang disediakan oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN).

Baca Juga

  • PGN Klaim Punya Jaringan Gas Terpanjang di RI
  • Pertamina dan PGN Dapat Tugas Bangun Jaringan Gas Rumah Tangga
  • PLN: Siapa Bilang Tarif Listrik RI Paling Mahal se-ASEAN?

Source: liputan6.com
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 2019

Liputan6.com, Bandung Barat - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), hadir pada acara groundbreaking proyek kereta cepat (high speed railway/HSR) kerja sama Indonesia-Tiongkok serta pengembangan Sentra Ekonomi Koridor Jakarta-Bandung di Perkebunan Mandalawangi Maswati, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (21/1/2015)

Turut hadir dalam acara ini antara lain Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, para menteri Kabinet Kerja, Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok, Gubernur Provinsi Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Muspida Provinsi Jawa Barat.

Tak hanya itu, para direksi BUMN, yaitu PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI), PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JMSE), PTPN VIII, serta direksi dan anggota Konsorsium Kereta Cepat Indonesia (KCIC) juga ikut hadir dalam acara ini.

Direktur Utama WIKA Bintang Perbowo menjelaskan proyek kereta cepat (high speed railway/HSR) kerja sama Indonesia-Tiongkok serta pengembangan Sentra Ekonomi Koridor Jakarta-Bandung ini merupakan tindak lanjut dari dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) No. 107/2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Api Cepat antara Jakarta dan Bandung pada 6 Oktober 2015.

 

Baca Juga

  • Jokowi Resmikan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Pagi Ini
  • Ini Lokasi Groundbreaking Kereta Cepat Jakarta Bandung
  • Menhub Jonan Akhirnya Keluarkan Izin Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Source: liputan6.com
Bank Mandiri Pertemukan Investor Lokal dan Asing di Satu Forum

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk bersama Mandiri Sekuritas akan menggelar perhelatan Mandiri Investment Forum  (MIF) 2016. Forum itu bertujuan mempertemukan investor dalam dan luar negeri guna mendorong peningkatan investasi di tanah air.

Forum yang akan diikuti sekitar 600 investor dan pelaku bisnis itu rencananya digelar di Hotel Fairmont Jakarta pada 26-29 Januari 2016.‎

Direktur Finance & Strategy Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, forum ini sangat penting untuk menciptakan sinergi antara investor dan pemangku kepentingan, agar mampu menangkap peluang investasi yang dapat mendukung upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Untuk mengakselerasi investasi, perlu sinergi seluruh pihak. Untuk itu, Bank Mandiri berkomitmen membantu memfasilitasi kebutuhan tersebut agar pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik dan berkelanjutan dapat dicapai," ujar dia di Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Baca Juga

  • Bank Mandiri Siapkan Rp 17,5 Triliun Buat Natal dan Tahun Baru
  • Bank Mandiri Belum Berencana Naikkan Tingkat Bunga
  • 2 Strategi Bank Mandiri Genjot Bisnis dan Layanan

Source: liputan6.com
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Lewati 4 Stasiun, Mana Saja?

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menargetkan kereta cepat Jakarta-Bandung beroperasi pada 2019. Peresmian kontruksi proyek prestisius ini disaksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Perkebunan Mandalawangi Maswati, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (21/1/2015)

"Proyek ini rencananya berlangsung selama 36 bulan kalender kerja untuk pekerjaan kontruksi hingga akhir 2018 dan diharapkan dapat beroperasi pada 2019," kata Direktur Utama PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) Bintang Perbowo dalam keterangan tertulisnya.

Rencananya kereta cepat Jakarta-Bandung akan menghubungkan empat stasiun yaitu, Halim, Karawang, Walini dan Tegalluar (tidak jauh dari kawasan Gedebage) yang nantinya akan menjadi pusat pemerintahan Kota Bandung sepanjang 140,9 kilometer (km).

Pada setiap stasiun yang dilewati kereta cepat akan dibangun Transit Oriented Development (TOD) untuk mendorong lahirnya sentra ekonomi baru di koridor Jakarta-Bandung.

Baca Juga

  • Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 2019
  • Ini Lokasi Groundbreaking Kereta Cepat Jakarta Bandung
  • Menhub Jonan Akhirnya Keluarkan Izin Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Source: liputan6.com
Presiden Jokowi: Kereta Cepat Kerjasama Besar RI-China

Liputan6.com, Bandung - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pemancangan tiang pertama (groundbreaking) Proyek Kereta Cepat (High Speed Railway/HSR) Kerjasama Indonesia-China serta Pengembangan Sentra Ekonomi Koridor Jakarta – Bandung di Perkebunan Mandalawangi Maswati, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (21/1/2016) ini .

Turut hadir dalam acara, antara lain Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, para menteri Kabinet Kerja, Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok, Gubernur Provinsi Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Muspida Provinsi Jawa Barat.

Selain itu para Direksi BUMN seperti PT Wijaya Karya, PT Kereta Api Indonesia, PT Jasa Marga, PTPN VIII, Direksi dan anggota Konsorsium Kereta Cepat Indonesia (KCIC) serta para undangan utama lainnya.

‎"Ini adalah kerjasama besar antara pemerintah Indonesia dan pemerintah China yang akhir 2014 terus menerus dibicarakan tapi hampir 1 tahun naik turun, akhirnya Alhamdulillah bisa dimulai hari ini, peletakan batu pertama pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung," kata Jokowi saat peresmian.

Baca Juga

  • Proyek Kereta Cepat `Sulap` Kota Walini bak Washington di AS
  • Pengembangan Kota Walini Bakal Menarik Investor
  • Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 2019

Source: liputan6.com
Dana FLPP Idealnya Rp 60 Triliun per Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Meski meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya, namun dana untuk Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) di 2016 ini yang senilai Rp 9,2 triliun dinilai belum ideal. Oleh karena itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) didesak untuk berjuang meningkatkan dana FLPP guna memenuhi target Program Sejuta Rumah (PSR).

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum DPP Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi), Eddy Ganefo, yang ditulis Liputan6.com, Kamis (21/1/2016).

Eddy menyebutkan, idealnya dana FLPP setiap tahun bisa mencapai Rp 60 triliun. Dana tersebut bisa memenuhi kebutuhan subsidi bagi 500 ribu masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin memiliki rumah layak huni. Dana sebesar itu akan mendorong realisasi PSR menjadi lebih kencang.

Baca Juga

  • Tiga Fokus Pemerintah Percepat Pembangunan Sejuta Rumah
  • 10 Perumahan Ini Paling Diminati pada 2015
  • Pemerintah Klaim Bisa Bangun 800 Ribu Unit Rumah Sepanjang 2015

Source: liputan6.com
Bank Mandiri Bidik Bisnis E-Commerce

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan signifikan di sektor perdagangan online (e-commerce) di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, mulai dilirik perbankan dalam negeri. E-commerce dinilai menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan ke depannya.

Direktur Finance and Strategy PT Bank Mandiri Tbk Kartika Wirjoatmodjo mengaku pihaknya membidik pembiayaan untuk sektor e-commerce.

Bahkan dalam waktu dekat, Bank Mandiri akan membentuk anak usaha di bidang modal ventura bernama Mandiri Capital.

"Dengan perkembangan ini, akan muncul pemain-pemain yang menjadi intermediary. Bank Mandiri ingin menjadi intermediary di pembayaran, makanya fokus ke digital banking, ingin di depan untuk sistem pembayaran," ujarnya di Jakarta, Kamis (21/1/2016).‬

Baca Juga

  • Bank Mandiri Siapkan Rp 17,5 Triliun Buat Natal dan Tahun Baru
  • Bank Mandiri Belum Berencana Naikkan Tingkat Bunga
  • 2 Strategi Bank Mandiri Genjot Bisnis dan Layanan

Source: liputan6.com
Jokowi Ungkap Alasan Kereta Cepat Tak Dibiayai APBN

Liputan6.com, Bandung - Pembangunan mega proyek kereta cepat Jakarta-Bandung‎ resmi dimulai pada Kamis (21/1/2016) ini. Proyek ini realisasi dari kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan China.

Peresmian dilakukan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi beberapa menteri, direksi BUMN serta pejabat daerah terkait di Walini Bandung, Jawa Barat.

Dalam sambutannya, di depan para kontraktor asal China, Jokowi menjelaskan alasan tak mau melibatkan APBN dalam konstruksi proyek senilai lebih dari Rp 70 triliun.

"Kenapa saya tidak mau kereta cepat pakai APBN, dan tanpa jaminan pemerintah. Karena APBN akan kita titikberatkan kepada pembangunan infrastruktur di luar Jawa," papar Jokowi di Walini.

Baca Juga

  • Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 2019
  • Presiden Jokowi: Kereta Cepat Kerjasama Besar RI-China
  • Tak Hanya Kereta Cepat, Bandung Bakal Punya LRT Layaknya Jakarta

Source: liputan6.com
Pertamina Pesan 8 Kapal dari Perusahaan Galangan Nasional

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) telah memesan delapan unit kapal general purpose (GP) dengan bobot mati 17.500 deadweight tonnage (DWT). Pertamina memesan delapan unit kapal tersebut kepada tiga galangan kapal nasional.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan, ‎total investasi yang dikeluarkan oleh perseroan untuk membeli delapan unit kapal tersebut mencapai US$ 200 juta atau kurang lebih Rp 2,7 triliun estimasi kurs: 13.900 per dolar AS).

Ketiga galangan kapal nasional yang mendapat pesanan tersebut adalah PT Anggrek Hitam Shipyard, PT Daya Radar Utama, dan PT Multi Ocean Shipyard.

"Kapal tersebut rencananya bakal diterima Pertamina secara bertahap antara 2016 hingga 2017," jelas Wianda, di Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Baca Juga

  • Pertamina Tahan Penurunan Harga BBM
  • Langkah Pertamina Hadapi Harga Minyak Dunia Merosot
  • Tingkatkan Pendapatan, Pertamina Sinergikan Anak Usaha

Source: liputan6.com
Harga Pangan Tinggi, Ini Gebrakan Rizal Ramli

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mencari jalan keluar atas mahalnya biaya impor bahan pangan melalui beberapa langkah. Dengan koordinasi antar Kementerian terkait diharapkan mampu menurunkan harga bahan pangan di Indonesia dan membantu daya beli masyarakat.  

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli saat Konferensi Pers mengungkapkan, pemerintah perlu bekerja keras agar harga bahan pangan di Indonesia turun.

Dampaknya tentu akan menekan laju inflasi, sehingga merembet pada penurunan tingkat bunga acuan (BI Rate) sebagai motor penggerak perekonomian nasional.

"Salah satunya membenahi pengaturan mekanisme impor. Yang pakai istilah kuota eksplisit lah, semi kuota lah sehingga mengakibatkan harga impor pangan di Indonesia lebih tinggi di dunia internasional," tegas Rizal di kantornya, Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Ia mencontohkan, harga rata-rata daging secara internasional hanya berkisar Rp 45 ribu per kilogram (kg), dan Malaysia membanderol daging sapi Rp 60 ribu setiap kilonya.

Baca Juga

  • Mendag Yakin Harga Pangan Kembali Normal Akhir Bulan Ini
  • Ini Alasan Harga Pangan Sulit Turun Versi Pedagang Pasar
  • Jaga Stabilitas Pangan, Bulog Minta Kucuran Modal dari Pemerintah

Source: liputan6.com
Diminta Turunkan Suku Bunga Kredit, Ini Tanggapan Bank Mandiri

Liputan6.com, Jakarta - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) yang baru dibentuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan mendorong perbankan nasional untuk menurunkan tingkat suku bunga hingga di bawah 10 persen. Hal ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan industri di dalam negeri.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Finance and Strategy Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, ‎dalam penentuan suku bunga bergantung pada dinamika likuiditas dan deposito.

Namun pada beberapa tahun terakhir, pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) perbankan dalam negeri kurang begitu baik sehingga likuiditas dan deposito cenderung tidak menguntungkan sektor perbankan.

"Suku bunga sanga‎t tergantung dari dinamika likuiditas dan deposito. Jadi memang tahun-tahun ini pertumbuhan DPK agak melambat, apalagi pada kuartal I," ujarnya di Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Baca Juga

  • BI Rate Turun 25 Basis Poin Jadi 7,25%
  • BI Rate Diramal Bakal Turun 25 Basis Poin
  • Dirut Bank Permata Yakin BI Pangkas Suku Bunga Acuan

Source: liputan6.com
Sapi Impor Kena Pajak 10% untuk Lindungi Peternak Lokal

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengeluarkan aturan pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen untuk impor ternak, termasuk sapi. Pungutan PPN mulai berlaku 8 Januari 2016.

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 267/PMK.010/2015 tentang Kriteria Dan/Atau Rincian Ternak, Bahan Pakan Untuk Pembuatan Pakan Ternak dan Pakan Ikan Yang Atas Impor Dan/Atau Penyerahannya Dibebaskan Dari Pengenaan PPN.

Aturan tersebut merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 81 Tahun 2015 tentang Impor dan atau Penyerahan Barang Kena Pajak Tertentu Yang Bersifat Strategis Yang Dibebaskan Dari Pengenaan PPN.

Baca Juga

  • Impor Sapi Indukan Bebas Pungutan Pajak
  • Informasi Pasokan Bikin Pedagang Ragu Naikkan Harga Daging Sapi
  • Pemerintah Diminta Berikan Insentif ke Peternak Sapi‎ Lokal

Source: liputan6.com
Harga Pertamax CS Turun Lagi

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) kembali menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi. Penurunan ini dilakukan oleh perseroan untuk mengikuti harga indeks pasar BBM.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan, harga BBM non subsidi jenis Pertamax 92 dan Pertamax Plus 95 mengalami penurunan Rp 150 per liter. 

Dengan penurunan tersebut, untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya Pertamax 92‎ akan dibandrol di harga Rp 8.350 per liter dari sebelumnya Rp 8.500 per liter. Sedangkan untuk Pertamax Plus 95 menjadi Rp 9.250 per liter dari sebelumnya yang ada di harga Rp 9.400 per liter.

Wianda menambahkan, untuk Pertamina Dex penurunannya lebih tinggi yaitu mencapai Rp 300 per liter. Harga Pertamina Dex akan menjadi Rp 9.300 per liter dari harga sebelumnya yang ada di level Rp 9.600 per liter.

Sedangkan untuk Pertalite yang merupakan BBM dengan kadar RON 90 mengalami penurunan Rp 100 per liter dari Rp 7.900 per liter menjadi Rp 7.800 per liter.

"Pertalite juga turun Rp 100 per liter, Please cek ke website milik Pertamina ya," kata Wianda, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Baca Juga

  • Pertamina Turunkan Harga BBM, Bagaimana Shell dan Total?
  • Harga BBM Resmi Turun Hari Ini
  • Alasan Pertamina Turunkan Harga BBM Non Subsidi

Source: liputan6.com
Menilik Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri groundbreaking proyek kereta cepat (high speed railway/HSR) kerjasama Indonesia-China serta pengembangan Sentra Ekonomi Koridor Jakarta-Bandung di Perkebunan Mandalawangi Maswati, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (21/1/2015)

Turut hadir dalam acara ini antara lain Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, para menteri Kabinet Kerja, Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok, Gubernur Provinsi Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Muspida Provinsi Jawa Barat.

Tak hanya itu, para direksi BUMN, yaitu PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI), PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JMSE), PTPN VIII, serta direksi dan anggota Konsorsium Kereta Cepat Indonesia (KCIC) juga ikut hadir dalam acara ini.

"Ini adalah kerjasama besar antara pemerintah Indonesia dan pemerintah China yang akhir 2014 terus menerus dibicarakan tapi hampir setahun naik turun. Akhirnya Alhamdulillah bisa dimulai hari ini, peletakan batu pertama pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung," kata Jokowi saat peresmian.

Menurut Jokowi, saat ini adalah era kompetisi. Negara yang mampu mempercepat pembangunan infrastruktur dan konektifitasnya bisa meningkatkan daya saing negara tersebut.

‎"Oleh sebab itu, kereta cepat adalah salah satunya untuk menuju pada kecepatan yang saya sampaikan. Kecepatan mobilitas barang dan orang nantinya akan mendorong memenangkan persaingan antar negara," tegas Jokowi.

Direktur Utama WIKA Bintang Perbowo menjelaskan proyek kereta cepat kerjasama Indonesia-China serta pengembangan Sentra Ekonomi Koridor Jakarta-Bandung ini merupakan tindak lanjut dari dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) No. 107/2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Api Cepat antara Jakarta dan Bandung pada 6 Oktober 2015.

Adalah PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), konsorsium gabungan antara PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia dan China Railway International Co. Ltd., yang mendapat mandat untuk membangun dan melaksanakan proyek penyelenggaraan jasa kereta cepat trase Jakarta-Bandung.

Kepemilikan saham KCIC dapat dirinci, yaitu 40 persen dimiliki oleh China Railway International Co. Ltd., sementara 60 persen dimiliki PSBI yang merupakan gabungan dari WIKA dengan komposisi penyertaan saham 38 persen, KAI 25 persen, PTPN VIII 25 persen, dan JSMR 12 persen.

Beroperasi 2019

PT Kereta Cepat Indonesia China menargetkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan beroperasi pada 2019. "Proyek ini rencananya berlangsung selama 36 bulan kalender kerja untuk pekerjaan kontruksi hingga akhir 2018 dan diharapkan dapat beroperasi pada 2019," kata Bintang.

Adapun lingkup pekerjaan WIKA dalam konsorsium adalah pekerjaan struktur, arsitektur, mekanikal & elektrikal serta lanskap.

Kereta cepat Jakarta-Bandung akan menghubungkan empat stasiun, yaitu Halim, Karawang, Walini dan Tegalluar (tidak jauh dari kawasan Gedebage) yang nantinya akan menjadi pusat Pemerintahan Kota Bandung sepanjang 140,9 kilometer (km).

Kereta cepat akan beroperasi selama 18 jam setiap harinya," tutur dia.

Pasokan listrik yang akan dibutuhkan untuk mengoperasikan kereta cepat tersebut adalah sekitar 75-100 megawatt (MW). Oleh karena itu, PT Kereta Cepat Indonesia China akan bekerjasama dengan PT PLN (Persero).

"Direncanakan dalam jangka panjang akan membangun pembangkit sendiri untuk memastikan tidak ada gangguan pasokan listrik saat kereta beroperasi," ungkapnya.

Kawasan bisnis internasional

Megaproyek kereta cepat Jakarta-Bandung bakal menggerakkan ekonomi daerah sekitar, terutama yang dilewati jalur kereta ini. Salah satunya kota Walini yang bakal dikembangkan kawasan kota baru dan sentra bisnis.

Walini yang terletak di kawasan Bandung Barat dilewati jalur kereta yang beroperasi di 2019 ini. Rencananya, di wilayah ini bakal dibangun kawasan bisnis internasional.

Kota baru Walini tersebut bakal dibangun MICE, kawasan kesehatan, pusat penelitian dan pengembangan yang mengikutsertakan UKM.

Kereta ini akan melaju dari Jakarta hingga Bandung atau sebaliknya dengan melintasi 4 stasiun. Salah satu stasiunnya adalah di kota baru Walini.

Kereta yang dibangun oelh Konsorsium BUMN dan China ini memang direncanakan bakal terintegrasi dengan pengembangan kawasan pada lokasi persinggahan (transit oriented development/TOD) sepanjang koridor rute kereta cepat tersebut.

"Melalui TOD, pemda dalam hal ini provinsi, kabupaten dan kota di Jawa Barat uang dilewati jalur kereta dapat mengembangkan wilayah pertumbuhan dengan infrastruktur yang memadai," ujar Bintang.

Pembangunan infrastruktur ini dijelaskan Bintang akan menjadi peluang bisnis juga bagi BUMN, khususnya anggota konsorsium untuk mengembangkan berbagai proyek yang akan berdampak positif bagi perusahaan.

"Ini adalah kesempatan emas bagi BUMN," jelasnya.

Dana APBN

Pembangunan mega proyek kereta cepat Jakarta-Bandung‎ resmi dimulai pada hari ini. Proyek ini realisasi dari kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan China.

Dalam sambutannya, di depan para kontraktor asal China, Jokowi menjelaskan alasan tak mau melibatkan APBN dalam konstruksi proyek senilai lebih dari Rp 70 triliun.

"Kenapa saya tidak mau kereta cepat pakai APBN, dan tanpa jaminan pemerintah. Karena APBN akan kita titikberatkan kepada pembangunan infrastruktur di luar Jawa," papar Jokowi.

Jokowi mengakui, saat ini pola pembangunan di Indonesia masih bersifat Jawa Sentris, di mana pusat pembangunan dan pusat perekonomian selalu dilakukan di Pulau Jawa.

Tidak ingin meneruskan budaya itu, Jokowi mengatakan kepada para kontraktor ingin mengubah dari Jawa Sentris menjadi Indonesia Sentris.

"Anggarannya akan kita dorong untuk pembangunan infrastruktur di luar Jawa, baik berupa jalan tol, kereta api, kereta api cepat, ini yang akan terus kita dorong," tegas dia.

Model pendanaan dalam pembangunan kereta cepat ini dikatakan Jokowi sebagai bukti bahwa proyek skala besar bisa menggunakan skema business to business. Diharapkan skema yang sama dapat diterapkan di sebagian besar proyek yang ada di Pulau Jawa.

"Untuk daerah yang lebih maju nantinya akan dipecayakan kepada pola investasi BUMN. Saya juga mendorong BUMN yang saat ini memiliki aset lebih dari Rp 5.000 triliun untuk saling bekerjasama, saling sinergi mempercepat pembangunan baik di jawa atau luar jawa," paparnya.

Kerjasama lain

Selain pembangunan kereta cepat, ternyata Indonesia dan China juga tengah bekerjasama dalam pembangunan pabrik alumunium grade alumina di Mempawah, Kalimantan Barat.

"Yang saat ini sedang dalam proses pembangunan proses aluminium grade alumina di Mentawah, karena itu salah satu bahan baku yang nanti akan dipakai untuk gerbong kereta," kata Menteri BUMN Rini Soemarno.

Rini menambahkan pabrik ini nantinya tidak hanya bisa memproduksi bahan kereta cepat, melainkan juga bisa digunakan untuk bahan baku gerbong kereta ringan yang saat ini dibangun oleh PT INKA (Persero).

Dengan adanya pabrik ini, nantinya akan meningkatkan kemandirian bangsa dan peningkatan penggunaan lokal content dalam pembangunan‎ proyek kereta api di berbagai pulau di Indonesia.

"Kalau grade alumina itu investasinya sekitar US$ 1,6 miliar, itu juga melibatkan Antam," tegas Rini. (Ndw/Ahm)


Source: liputan6.com
Naikan Peringkat RI, Pemerintah Permudah Penyambungan Listrik
Pemerintah berambisi meningkatkan peringkat kemudahan berusaha di Indonesia, salah satunya dengan mempercepat sambungan listrik.
Source: liputan6.com
Pasar Tradisional Ini Disebut Sudah Berkelas Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Jika menyebut kondisi pasar tradisional di Indonesia, pasti apa yang dibayangkan tidak akan jauh dari kesan kumuh dan bau. Padahal tidak semua kondisi pasar tradisional di Indonesia dalam kondisi kumuh dan bau.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Sandiaga Uno mengakui, mayoritas pasar ‎tradisional di Indonesia tidak memiliki infrastruktur pendukung yang baik sehingga turut berpengaruh terhadap kondisi pasar tersebut.

"Memang selama ini infrastruktur pasar kita jauh tertinggal di banding negara lain," ujar Sandiaga, di Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Meski demikian, ada sejumlah pasar yang patut menjadi contoh bahkan mampu bersaing dengan pasar tradisional di negara maju seperti Singapura. ‎

Baca Juga

  • Harga Sayur di Pasar Tradisional Masih Terpantau Tinggi
  • Pasar Tradisional di Yogyakarta Ini Sediakan Spot Khusus Selfie
  • 2.000 Pasar Tradisional Lenyap dari Peredaran

Source: liputan6.com
Ini Alasan Kopi RI Layak Mejeng di Ajang Internasional

Liputan6.com, Jakarta - Keharuman nama dan ragam jenis kopi Indonesia sudah tersohor ke penjuru dunia. Kopi asli dalam negeri mampu menyedot perhatian pengunjung di berbagai pameran berskala internasional, salah satunya di Davos dalam penyelenggaraan Indonesia Night, Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF).

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak mengatakan, Indonesia Night 2016 diselenggarakan menggunakan konsep pasar malam untuk menampilkan berbagai kreasi kegiatan.

Aneka makanan khas dan hiburan tradisional Indonesia akan disajikan kepada ratusan pengunjung mulai dari pimpinan pemerintahan sampai CEO perusahaan multinasional di dunia. Ajang ini juga dimanfaatkan untuk memperkuat merek nasional (national branding), seperti produk kopi.

"Produk kopi kita memang sudah dikenal masyarakat dunia, karena punya daya saing yang bagus. Harga kopi kita naik terus, sekarang saja sudah US$ 300 per ton," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Baca Juga

  • 7 Kopi Termahal di Dunia, Nomor 1 dari Indonesia
  • Indonesia Punya Kopi Termahal di Dunia
  • Kopi Luwak Termahal Kini Dijual di Harrods

Source: liputan6.com
Usai Kereta Cepat, RI-China Bangun Pabrik Bahan Baku Gerbong KA

Liputan6.com, Bandung - Mega proyek kereta cepat Jakarta-Bandung telah mulai dibangun. Pembangunannya ditargetkan akan selesai pada 2018, di mana pada 2019 kereta cepat tersebut sudah mulai beroperasi.

Proyek ini merupakan kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan China. Adapun nilai investasi kereta cepat tersebut mencapai Rp 70 triliun.

Selain pembangunan kereta cepat, ternyata Indonesia dan China juga tengah bekerjasama dalam pembangunan pabrik alumunium grade alumina di Mempawah, Kalimantan Barat.

"Yang saat ini sedang dalam proses pembangunan proses aluminium grade alumina di Mentawah, karena itu salah satu bahan baku yang nanti akan dipakai untuk gerbong kereta," kata Menteri BUMN Rini Soemarno di Walini, Bandung Barat, Kamis (21/1/2016).

Baca Juga

  • 3 Penjelasan JK Atas Pembelian Gerbong Kereta Bekas Jepang
  • Jokowi Resmikan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Pagi Ini
  • Jokowi Ungkap Alasan Kereta Cepat Tak Dibiayai APBN

Source: liputan6.com
Pengusaha Ritel Keberatan dengan Pengenaan PPN Sapi Impor

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha ritel keberatan dengan keputusan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang mengeluarkan aturan baru mengenai pengenaan pajak pertambahan nilai (PPN) impor sapi bakalan dan sapi siap potong.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey mengatakan, pengenaan PPN pada sapi impor ini akan berdampak pada kenaikan harga jual sapi yang dijual di ritel modern.

"Yang mengagetkan, sapi impor katanya dikenakan PPN. Nah ini perlu dijelaskan lagi. Kami sebagai pelaku usaha perlu juga menjelaskan kepada masyarakat. Kalau dikenakan PPN, kan pasti harganya akan naik. Apakah ini harapan dari kenaikan pajak. Target pajak baru ini menjadi suatu hal yang dijelaskan dan pemaparan dari kementerian terkait untuk bisa dijelaskan kepada masyarakat," ujar dia di Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Baca Juga

  • Sapi Impor Kena Pajak 10% untuk Lindungi Peternak Lokal
  • Impor Sapi Indukan Bebas Pungutan Pajak
  • Kemendag Sebut Pola Angkut Jadi Penyebab Harga Daging Sapi Mahal

Source: liputan6.com
Lahan dan Tenaga Kerja Bikin Industri Padat Karya Tersendat

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal/BKPM menyatakan, realisasi industri untuk sektor padat karya kurang begitu baik pada 2015.

Untuk ‎industri makanan turun 18,4 persen dari Rp 53,4 triliun tahun 2014 menjadi Rp 43,5 triliun pada 2015. Kemudian industri barang kulit dan sepatu turun 14,6 persen dari Rp 2,4 triliun menjadi Rp 2 triliun.

Kepala BKPM Franky Sibarani  mengatakan, hal tersebut karena disebabkan oleh masalah lahan. Lantaran investor menjumpai harga lahan yang relatif tinggi.

"‎Pertama menyangkut lahan beberapa industri padat karya  terkendala lahan. Bukan tidak ada, industri butuh harga miring artinya sebagian tidak masuk kawasan industri," kata dia Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Kemudian, investor kesulitan mencari tenaga kerja. Hal ini disebabkan investor melirik daerah di kawasan tengah Indonesia.

"Kedua menyangkut tenaga kerja dalam 2015 ternyata karena pergeseran dari barat ke tengah. Beberapa investor sulit mendapat tenaga kerja, jadi ini dua pekerjaan rumah kami harus selesaikan 2016, tenaga kerja dan lahan," jelas dia.

Meski begitu, dia bilang‎ minat investasi untuk sektor padat karya relatif tinggi. Dia mencatat izin prinsip yang masuk mencapai Rp 214 triliun.

Franky mengatakan, hal itu disebabkan karena kebijakan mengenai formula pengupahan. Itu memberikan kepastian kepada investor untuk merencanakan bisnisnya.

"Jaminan keamanan kami monitor Oktober-Desember biasanya peningkatan  angka demo sejak Agustus atau September dan November paling tinggi soalnya penentuan upah. Tahun 2015 relatif terkendali biasanya Batam panjang," tandas dia. (Amd/Ahm)


Source: liputan6.com
Singapura Negara Penanam Modal Nomor Satu di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan Singapura masih menempati posisi pertama dalam realisasi Penanaman Modal Asing (PMA). Realisasi investasi Singapura sepanjang 2015 mencapai US$ 5,9 miliar.

Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis mengatakan, posisi Singapura ini berdasarkan negara asal. "Baik selama triwulan IV maupun sepanjang 2015 Singapura pertama," kata dia di Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Posisi kedua, disusul Malaysia dengan nilai investasi US$ 3,1 miliar. Lalu Jepang US$ 2,9 miliar, Belanda US$ 1,3 miliar dan Korea Selatan mencapai US$ 1,2 miliar.

Baca Juga

  • Realisasi Investasi Capai Rp 545,4 Triliun pada 2015
  • China Siap Investasi Rp 29,1 Triliun di Sektor Energi Terbarukan
  • Teror Jakarta Tak Pengaruhi Minat Investasi China

Source: liputan6.com
RI- Malaysia Saling Tukar Pasokan Listrik

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia bersama Malaysia melalui perusahaan listrik negaranya masing-masing, PT PLN (Persero) dan SESCO melakukan kerjasama pertukaran pasokan listrik untuk memenuhi kebutuhan di wilayah perbatasan.

Manajer Senior Public Relation PT PLN Agung Murdifi mengatakan, k‎erjasama ini diwujudkan dalam penyambungan interkoneksi jaringan listrik Kalimantan barat–Serawak.

Interkoneksi listrik dua negara ini terjadi pada 20 Januari pukul 14.26 WIB, melalui Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 275 kilo Volt (kV) sirkit 1 antara Gardu Induk tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Bengkayang dan GITET Mambong (SESCO Malaysia) setelah melalui beberapa rangkaian pengujian.

"Interkoneksi ini merujuk kepada perjanjian di dalam Power Exchange Agreement (PEA) di mana PLN Indonesia dan Sesco Malaysia sepakat untuk melakukan jual beli (ekspor-impor) tenaga listrik selama 25 tahun," kata Agung di Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Dia menjelaskan, untuk 5 tahun pertama, Indonesia akan membeli listrik dari Malaysia sebesar 50 Mega Watt (Mw) saat Lewat Waktu Beban Puncak (LWBP) dan 230 Mw saat Waktu Beban Puncak (WBP). Sedangkan untuk 5 tahun berikutnya, PLN memungkinkan untuk menjual listrik ke Malaysia.

Pada tahap awal interkoneksi ini, SESCO Malaysia akan menyalurkan daya listrik sebesar 10 Mw dan secara bertahap akan naik menjadi 50 Mw sampai periode akhir Maret 2016. Untuk selanjutnya, Malaysia akan memasok 50 Mw saat LWBP dan 230 Mw saat WBP.

"Selain itu di dalam perjanjian PEA ini, PLN membangun SUTET 275 kV , serta 2 sirkit sepanjang 82 km dari GITET Bengkayang ke perbatasan di daerah serikin sehingga total panjang SUTET adalah 127 km," ungkap dia.

Baca Juga

  • Layanan Satu Pintu untuk Sambungan Listrik Baru Diluncurkan
  • Sambungan Listrik Baru Harus Punya Sertifikat Layak Operasi
  • Ini Perkembangan Terakhir Proyek Pembangkit Listrik 35 Ribu Mw

Source: liputan6.com