Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Jumat, 22 Januari 2016
5 Cara Berkomunikasi dengan Baik di Tempat Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Kepandaian dalam berinteraksi dan memiliki sikap pribadi yang dapat mempertimbangkan suatu perilaku seseorang tercemin dalam sikap dan perbuatan seseorang.

Saat kita berbicara, orang dapat menilai kepribadian kita seperti apa. Karena pada dasarnya, etiket itu dapat dilakukan di mana saja. Tetapi berbeda dengan etiket di tempat kerja, lebih beragam sifatnya.

Seperti melansir dari Lifehack.org, Jumat (22/1/2016) terdapat banyak hal yang harus kita cermati, karena kita tahu bahwa di kantor banyak sekali peraturan. Hal itu seharusnya tidak bisa menghalangi Anda untuk berkarir. Inilah lima tips agar disukai oleh rekan kerja:

1. Jangan remehkan gairah

Pekerjaan akan mengisi sebagian besar hidup Anda. Satu-satunya cara untuk benar-benar membuat puas adalah melakukan apa yang Anda yakini. Jika Anda seseorang yang mempunyai semangat kerja, Anda akan membawa banyak energi untuk mengerjakan pekerjaan sampai sukses.

Gairah dan pekerjaan akan menjadi ciri khas dan bisa memberi energi di tempat kerja, maka dari itu jangan pernah remehkan gairah Anda.

2. Integritas

Pengusaha cinta dengan kredibilitas, reputasi Anda akan apa yang Anda lakukan. Di tempat kerja mungkin Anda bukan orang paling berbakat, tetapi ketika apa yang dilakukan sesuai dengan standar karyawan tinggi, yakin lah untuk membuat kesan atasan bahwa Anda mampu bekerja dengan sangat baik.

3. Berani

Semua kebahagiaan tergantung pada keberanian. Jika Anda bersedia mencoba hal-hal baru, keberanian akan bersedia untuk menerima tantangan baru. Anda juga dapat mengambil resiko bahkan ketika ada tingkat ketidakpastian yang tinggi kemuningkan Anda akan gagal.

4. Kompeten

Anda memiliki kepintaran, dengan begitu akan mendapatkan kepercayaan pada pekerjaan dan dapat diandalkan untuk memprioritaskan tugas-tugas.

Anda dapat memisahkan apa yang diperlukan dan menjadi fokus pada apa yang perlu dilakukan. Kehandalan seperti membuat Anda ditarik dari tanggung jawab dan harus bangga pada hal itu.

5. Menyenangkan

Orang yang memiliki kepribadian hangat selalu lebih populer dan efektif di tempat kerja. Mereka dapat berkolaborasi dengan orang lain dan dapat membuat tim kerja yang sukses.

Sikap seperti ini menunjukan bahwa mereka bersedia untuk menjadi bagian dari tim dan keluarga di kantor tersebut. Menjadi seseorang yang menyenangkan akan menciptakan suasana positif dan rasa kemudahan di tempat kerja, dan Anda akan menikmati kepuasan kerja. (Apr/Nrm)


Source: liputan6.com
6 Negara Paling Berbahaya di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Terdapat sebuah data negara-negara yang peringkat terendah di Prosperity Index Legatum dalam hal Keselamatan dan Keamanan.

Beberapa tahun terakhir terdapat tujuh negara yang paling berbahaya. Dalam tujuh tahun terakhir, telah terjadi penurunan yang dramatis dalam keselamatan dan keamanan di Afrika, Timur Tengah, dan semua daerah lain secara global kecuali Eropa.

Seperti melansir dari, wolrdaltas.com, Kamis (21/1/2016), terdapat beberapa penurunan daerah, sesuai data yang disajikan dalam artikel ini didasarkan pada The Legatum Prosperity Index 2015:

 1. Republik Demokratik Kongo

Negara paling berbahaya di dunia adalah Republik Demokratik Kongo. Warga yang tinggal dalam wilayah yang dekat Timur dan Utara perbatasan negara ini disarankan berhati-hati, atau jika tidak penting jangan pergi ke daerah tersebut karena situasi di sana yang tidak stabil.

Di negara ini sering terjadi penculikan, mutilasi, dan pemerkosaan. Kongo juga bahaya akan kejahatan di jalanan, perampokan hingga perampasan yang dilakukan anak muda di jalanan. Hal itu tak terjadi pada malam hari, tapi setiap saat. 

Hindari berjalan sendiri jika tidak ingin terjadi sesuatu. Aparat keamanan di sini juga dikenal korupsi atau bahkan kongkalikong dengan para penjahat. Tapi yang mengejutkan, tak ada isu teroris di negara ini.

2.  Afghanistan

Afghanistan juga salah satu negara yang punya tingkat keamanan terendah di dunia. Di negara ini juga terjadi insiden dengan skala besar seperti terorisme, kemudian bom bunuh diri dan serangan menggunakan bom rakitan pada kendaraan. Kejadian tersebut sering terjadi di Afghanistan.

3.  Suriah 

Banyak warga Suriah mengungsi ke negara-negara lain. Karena di Suriah, kelompok militan dan radikal ISIS tengah merajalela. Negara barat juga mengenal Suriah adalah negara yang tak aman.

Di negara ini juga sering terjadi perang saudara, yang dimulai pada awal tahun 2011. Kejadian tersebut telah menyebabkan lebih dari 76.000 korban sipil dan hampir 300.000 orang telah tewas.


Source: liputan6.com
Adaptasi Kamar Tidur Ala Hotel di Rumah Anda

Liputan6.com, Jakarta - Menjamurnya pembangunan hotel di dunia membuat para operator hotel saling berlomba menarik perhatian calon pelanggan. Beberapa hotel bintang lima biasanya sudah dilengkapi oleh restoran mewah, sementara yang lainnya ada juga yang menyediakan pemandangan menakjubkan.

Namun satu hal yang menjadi perhatian utama untuk mereka yang menginap di hotel adalah kamar tidur. Tidak cukup nyaman, namun harus meninggalkan kesan yang menyenangkan.

Bagi Anda yang hendak merenovasi kamar tidur, beberapa hotel di bawah ini menawarkan desain kamar tidur yang unik dan menawan. Mulai dari interior sederhana yang menonjolkan keindahan alam, sampai dengan kamar tidur unik dan mewah.

Beberapa detilnya mungkin bisa mengubah kamar tidur “biasa” menjadi “luar biasa”. Artikel ini dikutip dari Rumah.com dan Homedit.com.

The Seven Hotel di Paris

Hotel Seven di Paris menyediakan ragam variasi unit kamar tidur yang unik, dilengkapi oleh desain interior dengan tema seperti Alice in Wonderland, Marie Antoinette dan 007. Mereka mengusung desain arsitektur yang futuristik yang menyambut dan memberi kenyamanan tersendiri.

Kamar mewah nan futuristik ini terlihat mahal, tentu saja, karena ini adalah kamar hotel. Meski demikian, Anda bisa mengadaptasi gaya futuristik ini dengan perabotan-perabotan yang lebih mudah didapat dan dengan harga yang lebih terjangkau.

Hal yang perlu Anda lakukan pertama-tama adalah mengadaptasi warna kamar tersebut. Ada tiga warna utama yakni putih, abu-abu, dan sedikit hitam. Gunakan warna putih sebagai warna dominan dan warna abu-abu untuk menghilangkan kesan monoton. Sedikit saja warna hitam bisa diaplikasikan untuk mempertegas karakter.

Selanjutnya, untuk menghadirkan kesan futuristik, Anda butuh perabotan yang minim detail dan minim sudut. Hal ini bisa Anda terapkan di meja makan, atau meja belajar, jika Anda ingin menerapkan di kamar anak Anda. Karpet bulu sintetis berwarna abu-abu terang juga bisa Anda aplikasikan.

Anda juga bisa mengganti pegangan pintu atau tuas-tuas yang lain dengan bahan stainless-steel, untuk semakin memperkuat kesan futuristik.

Hal yang perlu ditekankan pada desain futuristik adalah meminimalisir warna, bentuk, dan detail di ruangan Anda.


The Zaya Nurai Island di Abu Dhabi

Resor privat Zaya Nurai Island terletak di lepas pantai Abu Dhabi. Penginapan ini merupakan tujuan berlibur yang sangat indah, cocok bagi Anda yang tengah mencari ketenangan dan relaksasi.

Soal desain, resor ini menggabungkan arsitektur kontemporer dan tradisional sehingga menciptakan nuansa alam yang nyaman. Pandangan dari jendela kamar tidur juga sangat memukau, membuat para tamu selalu ingin membuka jendela kamarnya.

Untuk mengadaptasi unit hotel seperti diatas, kamar tidur Anda tak perlu berada di tepi pantai. Kecuali jika Anda hendak merancang kamar tidur di sebuah vila/resor pribadi.

Pada bagian interior ruangan, Anda bisa mengadaptasi gaya kontemporer dari beberapa pilihan perabot yang mudah didapatkan. Misalnya untuk pemilihan sofa tanpa sandaran yang dilengkapi oleh beberapa bantal. Kemudian meja nakas berbentuk silinder dan lampu gantung yang disusun berundak.

Untuk sentuhan akhir, pilih karpet bertekstur dengan warna natural tone, serta seprai putih polos yang membungkus kasur Anda.

Mengenai pemilihan warna, Anda bisa fokus pada tiga skema warna, yaitu putih, cokelat, dan hitam. Ketiganya bisa menciptakan nuansa kamar tidur yang berkesan kontemporer dan praktis.

Aplikasi jendela kaca yang lebar juga memungkinkan dipilih, jika kamar tidur Anda memiliki letak privasi yang nyaman, seperti di belakang rumah. Nikmati bangun pagi yang berkualitas sembari melihat hijaunya taman dan kicauan burung peliharaan yang menenangkan.


Retreat Selous di Tanzania

Terletak di Tanzania, hotel ini menawarkan keindahan yang sederhana dari tampilan interiornya. Hotel dengan 12 unit kamar tidur ini menggabungkan material lokal dan barang antik dari Afrika asli serta pemandangan yang luar biasa. Para tamu akan menikmati waktu menginapnya sembari mengagumi keindahan di luar lingkungan.

Dengan perpaduan konsep alami yang diusungnya, Anda bisa mengadaptasi kedalam kamar tidur dengan memilih beberapa material serupa. Sebagai contoh material alam seperti kayu dan tikar anyam siap menyulap kamar tidur Anda bernuansa tradisional.

Warna cokelat wajib mendominasi ruangan, namun Anda bisa menambahkan aksen warna putih atau hijau agar kamar tidak terkesan membosakan. Jika ingin lebih maksimal, pilih lantai parquet kayu yang sempurna memberi kesan natural pada ruangan.

Untuk seprai dan kelambu Anda bisa memilih warna putih polos sebagai focal point. Anda bahkan bisa mengadaptasi keberadaan hammock di kamar tidur sebagai pojok nyaman membaca buku.


The Yotel Hotel di New York

Hanya terletak dua blok dari barat Times Square, Yotel adalah hotel kontemporer yang menawarkan kemewahan bagi para tamunya. Mulai dari empat bar, dua lounge, sebuah restoran Jepang serta beberapa unit kamar tidur minimalis dengan pemandangan langit Manhattan.

Desain interior mereka mengusung tema sederhana dan futuristik. Kasur tidurnya berbentuk bundar terlihat mewah dan didukung oleh aksen pencahayaan yang tepat.

Poin utama yang membuat kamar tidur ini menarik adalah sudut lengkung dan pencahayaan dari lampu neon.

Jika membuat set kasur tidur berbentuk bundar tidak memungkinkan untuk dilakukan, Anda bisa aplikasikan pada divan kasur saja. Begitu pula untuk pemilihan bentuk nakas atau laci yang minim akan sudut.

Terakhir, Anda tinggal menambahkan cahaya temaram dan pilih seprai warna putih polos seperti layaknya hotel bintang lima.


The Lion Sand Game Reserve

Para tamu yang berkunjung ke Lion Sand Game Reserve di Afrika akan mendapatkan kesempatan luar biasa untuk makan dan tidur di bawah temaram bintang-bintang. Satu set rumah pohon ini dilengkapi oleh akomodasi seperti kamar tidur kanopi, area makan outdoor sampai dengan dek indah dan obor sebagai pencahayaannya.

Mungkin tidur di luar ruangan bukan menjadi pilihan yang aman untuk keluarga! Tapi coba perhatikan aksen pencahayaan alami dari beberapa lampu minyak (petromak) yang bisa menghadirkan nuansa romantis di kamar tidur Anda.

Mengusung tema alam dan tradisional, Anda bisa mencuri ide hotel diatas dari beberapa perabot yang hampir semuanya terbuat dari kayu. Mulai dari sofa, nakas dampai dengan ranjang tempat tidur.

Selain menambahkan karpet dan busa sofa yang seluruhnya mengadopsi warna cokelat pupus, pemainan motif monokrom masih bisa dilakukan pada pilihan sarung bantal.

The Bambu Indah di Bali

Selain panorama alam, Bali menawarkan ragam hotel cantik dengan ragam konsep yang diusung. Salah satunya adalah Bambu Indah. Rumah antik khas Jawa ini telah direnovasi dan dilengkapi oleh beberapa perabot yang ditata diatas kolam ikan.

Malam Anda akan terasa seperti sedang berlayar dengan disediakannya kayak dan penangkap ikan. Namun Anda tak perlu khawatir jatuh karena lantainya dilapisi kaca dan kerangka kayu.

Merancang kolam ikan yang diatasnya adalah lantai kamar tidur memang membutuhkan usaha ekstra. Akan tetapi, Anda bisa mengadaptasi konsep tradisional khas Yogjakarta ini ke dalam kamar tidur Anda.

Poin utama yang bisa ditekankan adalah warna kayu cokelat yang menghiasi mulai dari pintu, dinding sampai dengan ranjang kasur. Namun semuanya bisa menjadi lebih “hidup” dengan kehadiran beberapa kerajinan tangan dari kayu yang unik.

Terakhir, pilihan warna putih dengan aksen kelambu akan memberi nuansa hangat dan nyaman untuk konsep kamar tradisional.

Selamat mencoba!


Source: liputan6.com
Hobi Bepergian? Pilih Hunian Berfasilitas Shuttle Bus

Liputan6.com, Jakarta - Ketika mencari hunian baru, Anda memiliki ruang yang luas untuk memilih dan menyeleksi sesuai dengan kebutuhan.

Karena itu, manfaatkan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya. Kebanyakan orang menentukan kriteria rumah idamannya yang dekat dengan tempat aktivitas atau yang sesuai dengan anggaran keuangannya. Namun, apakah itu sudah cukup? Sayangnya dengan anggaran terbatas, Anda harus puas menempati perumahan di kawasan pinggiran kota.

Sebagai konsekuensi, hunian Anda terletak jauh dari jalan utama. Selanjutnya, Anda pun harus berulang kali melanjutkan perjalanan dengan transportasi yang berganti-ganti. Tapi tahukah Anda bahwa beberapa developer ada yang menyediakan fasilitas transportasi yang istimewa bagi penghuninya berupa shuttle bus? Ya, bus bertrayek dari satu titik ke titik lain ini tak hanya ditemukan di kawasan terpadu saja.

Cocok bagi Anda yang hobi bepergian, berikut ini Rumah.com menyajikan kompilasi perumahan seharga Rp 600 juta yang dilengkapi fasilitas shuttle bus seperti ditulis Jumat (22/1/2016):

Green Pramuka City

Apartemen yang terletak di kawasan Cempaka Putih ini memiliki lokasi yang strategis untuk menjangkau sejumlah titik di ibukota. Selain lengkap dengan pilihan angkutan umum dari terminal dan koridor Busway, Green Pramuka City juga dilengkapi dengan Shuttle Bus DAMRI yang berangkat dari Apartemen ini menuju ke Bandar udara Soekarno Hatta.

Selain mempermudah Anda ketika hendak traveling ke luar kota, apartemen ini juga menargetkan pasar konsumen dari para petugas maskapai penerbangan yang ingin mencari apartemen kelas menengah.

 

Ayodhya Residence

Bertempat tinggal di Ayodhya Residence, Anda tidak hanya dimanjakan dengan beragam fasilitas yang telah disediakan untuk penghuni. Mulai dari kolam renang dewasa dan anak, lapangan basket, taman bermain anak, athletic playground, hingga sistem keamanan 24 jam.

Meski lokasinya berada di tepi jalan M.H Thamrin Cikokol, Tangerang, pengembang Alam Sutera tetap memberikan kemudahan transportasi umum berupa Shuttle Bus. Bus ini melayani perjalanan dari dan ke kawasan Alam Sutera, serta beberapa titik strategis lain di Tangerang dan Jakarta. Selain itu di area Alam Sutera juga terdapat Suteraloop, internal shuttle berwarna merah yang mengitari kawasan terpadu.

Sentra Timur Residence

Apartemen superblok di kawasan Pulo Gadung ini dibanderol dengan harga Rp 300 jutaan. Meski relatif terjangkau, namun pengembangnya menyediakan fasilitas lengkap bagi penghuninya. Mulai dari shuttle bus yang mengantar sampai stasiun kereta api Buaran, sampai dengan lapangan basket, children playground, dan jogging track untuk berolahraga.

 

Citra Raya Tangerang

Kota mandiri seluas 2.760 hektar ini merupakan karya terbesar milik grup Ciputra  di kawasan Tangerang. Terbilang sulit mencari kendaraan umum, pengembang memenuhi kebutuhan ini dengan menyediakan kendaraan umum seperti feeder bus Trans Citra Raya. Dengan membayar ongkos sebesar Rp 25.000 untuk sekali perjalanan, Anda bisa menjangkau sejumlah lokasi strategis ibukota.

Mulai dari Blok M, Citraland Mall, Gambir Monas, Mangga Dua –Ancol, Tanah Abang, Supermall Lippo Village Karawaci, hingga Mall Metropolis Tangerang. Untuk jadwal perjalanan Anda bisa melihat daftar lengkapnya di link berikut ini.

Untuk menemukan ragam fasilitas lengkap yang dimiliki oleh proyek perumahan baru lainnya di Indonesia, Anda bisa melihat di halaman Resensi Proyek. (Isnaini K/Ahm)


Source: liputan6.com
Pengembang Bakal Bangun 240 Ribu Rumah Subsidi

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki 2016, persatuan perusahaan Real Estat Indonesia (REI) menargetkan pembangunan 240 ribu rumah subsidi. Hal ini sebagai salah satu bentuk dukungan REI terhadap Program Sejuta Rumah yang dibesut pemerintah tahun lalu.

“Kami optimistis Program Sejuta Rumah dapat berjalan lebih efektif di tahun ini. Banyak sekali perubahan dan perbaikan yang dilakukan pemerintah. Kami akan terus mengawal di lapangan agar semua perubahan dan perbaikan ini berjalan secara efektif secara operasional,” papar Eddy Hussy, Ketua Umum DPP REI, seperti dikutip dari Rumah.com.

Eddy mengatakan, realisasi pembangunan rumah subsidi—dengan fasilitas  likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP)—selama 2015 yang mencapai 164.360 unit sudah cukup baik, mengingat Program Sejuta Rumah baru dicanangkan akhir April 2015.

“Di tahun ini, kami menargetkan pembangunan 240 ribu unit rumah subsidi lewat pembiayaan FLPP. Ini adalah target yang realistis dan kami akan melakukan evaluasi terus menerus untuk melihat perkembangan yang terjadi,” imbuhnya.

Terkait dengan kenaikan harga rumah subsidi tahun ini, Eddy mengatakan hal tersebut tak akan berpengaruh pada penyerapan rumah subsidi. Justru kenaikan harga yang cuma 5 persen per tahun itu terlalu rendah, sehingga suplai bisa habis. Karena harga lahan naik lebih tinggi dibanding harga material.

Menyoal beberapa daerah yang tak bisa menyuplai rumah subsidi, seperti Yogyakarta dan Bali—di mana harga lahan sudah terlalu tinggi untuk dibangun rumah subsidi—REI mengusulkan kepada pemerintah agar mengucurkan KPR FLPP paket kedua untuk membiayai masyarakat dengan penghasilan Rp 4 juta-Rp 7 juta per bulan.

Hal ini seiring dengan meningkatnya urbanisasi, kebutuhan perumahan banyak di perkotaan yang padat penduduk. KPR FLPP paket kedua ini diperlukan sebab warga per perkotaan memiliki penghasilan di atas Rp 4 juta per bulan, mereka tak bisa mengakses rumah subsidi dan juga tak mampu membeli rumah karena harga rumah sudah tinggi.

“Untuk itulah KPR FLPP paket kedua diperlukan,” paparnya. (Anto/Ndw)


Source: liputan6.com
Rifai, OB yang Sukses Meraup Ratusan Juta dari Bisnis Properti

Liputan6.com, Jakarta - “Bukan kemampuan yang memutuskan kesuksesan hidup seseorang, melainkan kesungguhan dan tekad dalam berusaha.”

Kutipan Mario Teguh ini nampak serasi dengan pengalaman hidup yang dijalani Rifai Slamet, mantan office boy (OB), yang kini naik jabatan menjadi agen properti yang cukup sukses.

Sebagai OB, dia tak pernah menyangka bakal memiliki penghasilan hingga Rp 100 juta dalam sebulan dari hasil menjual rumah. Kepada Rumah.com, Jumat (22/1/2016), dia menceritakan kisah sukses yang menginspirasi ini.

Karir Rifai di dunia properti dimulai pada 2013, saat bekerja sebagai OB di Oris Property. Seperti kebanyakan OB, tugas sehari-harinya adalah memastikan kebersihan kantor, membuat kopi untuk staf dan atasan sampai membeli makan siang.

Namun peruntungannya berubah pada akhir 2015 ketika tengah beristirahat di sela-sela kerja. Seorang staf Oris Property menawarkan untuk memasang listing di situs properti online Rumahdijual.com.

Karena situs ini tak mengenakan biaya keanggotaan sepeserpun. Rifai merasa tak ada salahnya untuk mencoba dan memanfaatkan kesempatan emas ini.

Namun sukses dia tak diraih begitu saja. Ia harus meluangkan waktu untuk belajar menggunakan komputer. Beruntung, orang-orang di sekelilingnya tak keberatan membantunya.

“Saya itu tidak pernah kuliah, jadi sama sekali tidak tahu soal komputer. Kalau internet, saya cuma bisa main Facebook. Itu juga lewat HP (handphone),” ujarnya sembari tertawa.

“Saya akhirnya bisa (menggunakan komputer dan memanfaatkan internet) karena saya diajari oleh rekan-rekan saya di sini. Juga oleh Pak Omar, atasan saya. Tanpa mereka, saya tidak akan tahu apa-apa. Kalau sekarang sih, saya sudah jago,” ia menambahkan, masih sambil tertawa kecil.

Contoh listing Slamet yang diunggah ke situs Rumahdijual.com

Setelah memasang iklan, dia mengaku tak terlalu memikirkannya. Ia kembali menekuni pekerjaannya sebagai OB. Sesekali, saat ada kesempatan, ia kembali memasang iklan. Sampai pada suatu ketika, saat sedang sibuk dengan pekerjaan, ponselnya berbunyi.

Suara dari seberang mengaku tertarik dengan rumah yang dijualnya. Sebagai OB, dia mengaku tak terbiasa berbicara dengan calon konsumen. Namun ia tahu bahwa ini adalah saatnya belajar. Ia pun berusaha menjawab semua pertanyaan sebisa mungkin.

“Pas menerima telepon pertama kali, saya sangat gugup. Ucapan saya terbata-bata,” Slamet menjelaskan.

Keduanya pun sepakat untuk bertemu. Lagi-lagi, ia mendapat pelajaran baru. Karena tak terbiasa bertemu dengan pembeli kelas atas, ia meminta sang atasan untuk menemaninya. Dari situlah ia mendapatkan pelajaran berbicara dengan calon pembeli dan teknik berjualan.

“Setelah melihat dan mempelajari cara atasan saya berjualan dan berbicara dengan calon pembeli, saya jadi semakin tertantang dan rasa percaya diri mulai meningkat,” terangnya.

Tak disangka, sang calon pembeli ternyata tertarik pada rumah yang ditawarkan seharga Rp 4 miliar di kawasan Cipete, Jakarta Selatan. Kesepakatan pun tercapai dan transaksi terjadi. Tak ayal, komisi pertama sebagai agen properti masuk ke kantongnya sebesar Rp 40 juta. Wow!

Melihat hasil yang menggiurkan, puluhan kali lipat dari gajinya sebagai OB, Rifai pun terpacu untuk belajar lebih banyak dan terus mendalami bidang properti. Motivasi juga datang dari bosnya yang selalu mendukung untuk terus maju.

Pundi-pundi komisi yang terkumpul, dialokasikan untuk membeli kendaraan berupa sepeda motor dan perlengkapan penunjang kegiatan broker. Padahal sebelumnya pria ini mengaku belum memiliki kendaraan pribadi.

Rencananya di tahun ini, Dia berencana membeli sebuah hunian sederhana, agar tak lagi tinggal di rumah kontrakan. Meski perekonomian meningkat perlahan, ia tetap menjaga kepribadian yang rendah hati dan terus bersyukur, serta tak lupa diri dengan orang-orang hebat yang telah mendukungnya.

Contoh listing Slamet yang diunggah ke situs Rumahdijual.com

Saat ditanya adakah jurus jitu yang digunakan saat memasarkan, dia menuturkan bahwa ia hanya perlu memahami produk apa yang akan dijualnya.

“Mengerti detail produk itu sangat wajib. Sehingga saat konsumen tanya, saya bisa menjelaskan tanpa mengada-ada,” ungkap dia.

Selain itu, pria berusia 40 tahun ini juga mendoktrin diri sendiri agar selalu datang lebih awal dan berusaha untuk tidak terlambat saat ada janji dengan pembeli.

“Sopan santun juga harus dijaga. Jangan sampai klien merasa tidak nyaman dengan sikap kita. Itu jurus yang selalu saya pakai,” jelasnya.

Strategi menjual yang dilakukan Rifai pun terbilang relatif sama seperti broker yang lain. Pasang iklan di situs online properti seperti Rumah.com, lalu ditindaklanjuti dengan menghubungi calon pembeli yang sudah meninggalkan pesan di listing saya.

“Memang tidak mudah mendapatkan pembeli langsung, karena ada banyak proses yang cukup panjang. Makanya harus banyak bersabar, terus maju dan tidak cepat menyerah. Dan yang terpenting, selalu update info terbaru ke calon pembeli yang pernah tertarik dengan produk saya,” tutupnya.

Ketekunan yang dilakukan lambat laun berbuah manis. Pada Januari 2016, dia berhasil mengantongi komisi sebesar Rp 100 jutaan.

Tak heran jika kini di dipercaya perusahaan tempatnya bekerja sebagai agen spesialis area Cipete. Produk yang dipasarkan adalah rumah tinggal seharga Rp 4 miliar.

Semoga kisah Rifai Slamet, OB yang sukses beralih profesi menjadi broker, dapat menginspirasi Anda untuk terus menekuni pekerjaan yang dijalani. Karena siapapun takkan pernah tahu,  kapan kesempatan dan rejeki datang kepada Anda.(Fathia/Nrm)

 


Source: liputan6.com
Isha Ambani, Pewaris Kekayaan Rp 1,1 Triliun di Usia 16 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Kaya, cantik, cerdas dan berbakat. Semua yang diinginkan para wanita tampaknya ada pada sosok Isha Ambani. Ia adalah puteri dari miliarder terkaya di India, Mukesh Ambani.

Nama Isha pertama kali menghentak publik saat dirinya berusia 16 tahun. Kala itu, Forbes menempatkan namanya di urutan kedua sebagai pewaris miliarder termuda di dunia.

Sang ayah memang terkenal sebagai pebisnis handal. Ia menunjukkan kemampuan dan kesuksesan bisnis di sektor jasa, ritel dan telekomunikasi.

Bisnis ritelnya menawarkan makanan, barang grosir, sepatu, perlengkapan rumah tangga, elektronik dan aksesoris.

Anaknya, Isha terkenal sangat cerdas dan mampu lulus dari dua jurusan di sebuah kampus ternama di Amerika Serikat. Tak hanya itu, bakat musiknya juga sangat menonjol.

Seperti apa sosok Isha Ambani, putri miliarder dengan segudang bakat ini? Berikut ulasan singkatnya seperti dilansir dari Economic Times, Born Rich, The Richest dan beberapa sumber lain, Kamis (21/1/2015):


Source: liputan6.com
IHSG Berpeluang Menguat, Simak Delapan Saham Pilihan

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan saham Jumat pekan ini meski dibayangi harga minyak dunia masih tertekan.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan pola pergerakan IHSG masih betah berada di fase konsolidasi. Gerak IHSG berjalan menguji level support 4.406 sedang berlangsung. Karena itu, target resistance 4.491 wajib digapai untuk mempertahankan pola kenaikan jangka pendek.

"Kondisi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat turut menopang pergerakan IHSG. Sedangkan harga minyak masih membebani bursa saham yang terlihat belum juga mereda tekanannya," ujar William dalam ulasannya, Jumat (22/1/2016).

Baca Juga

  • IHSG Susut 13 Poin Terkena Imbas Bursa Saham Asia
  • Mengekor Bursa Asia, IHSG Dibuka di Zona Hijau
  • Abaikan Wall Street, Bursa Saham Asia Menguat

Sementara itu, Analis PT HD Capital Tbk Yuganur Widjanarko menuturkan tekanan volatilitas bursa saham regional dan harga minyak masih dapat tertahan oleh aksi pembelian di saham berkapitalisasi besar dan lapis keda oleh pelaku pasar yang mulai optimistis akan perbaikan kinerja ekonomi dan emiten ke depan.

Dengan melihat kondisi itu, Ia memperkirakan, IHSG bergerak di kisaran 4.400-4.310-4.250 dan resistance 4.570-4.650-4.750-4.870 pada perdagangan saham menjelang akhir pekan ini.

Rekomendasi Saham

Yuganur memilih sejumlah saham yang dapat diperhatikan pelaku pasar. Saham-saham itu antara lain PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), dan PT PP Property Tbk (PPRO).

Sedangkan William memilih saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Astra International Tbk (ASII), dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).

Rekomendasi Teknikal

Yuganur memilih saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) untuk diperhatikan pelaku pasar pada Jumat pekan ini. Secara teknikal, ada perbaikan untuk jangka pendek dan menengah terhadap saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk ke level berikutnya Rp 3.300.

Ia merekomendasikan saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk di level pertama Rp 3.075, level kedua Rp 3.015, dan cut loss point Rp 2.975. (Ahm/Igw)


Source: liputan6.com
Pedagang Daging Tasikmalaya Mogok Jualan, Ini Tanggapan Kemendag

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) membantah bahwa kenaikan harga daging sapi di Tasikmalaya, Jawa Barat, membuat para pedagangan daging di wilayah tersebut mogok berjualan.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Srie Agustina mengatakan, saat ini harga daging sapi sebenarnya relatif stabil. Jika terjadi kenaikan pun dinilai tidak terlalu signifikan.

"Tidak naik. Jadi begini, harga daging sapi sebenarnya masih stabil, naiknya masih sedikit, 1,08 persen rata-rata. Jadi sebetulnya tidak signifikan," ujarnya diJakarta, Kamis (21/1/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Yakin Harga Daging Tak Mahal Meski Impor Sapi Kena PPN
  • Sapi Impor Kena Pajak 10% untuk Lindungi Peternak Lokal
  • Harga Daging Sapi Diprediksi Kembali Naik Jadi Rp 140 Ribu/Kg

Source: liputan6.com
Bursa AS Menguat Dipicu Kenaikan Harga Minyak

Liputan6.com, New York - Bursa Amerika Serikat (AS) menguat pada Kamis (Jumat pagi waktu Jakarta) dipicu kenaikan harga minyak ke posisi terbesar pada tahun ini dan pernyataan Presiden ECB Mario Draghi mengangkat harapan tentang kelanjutan stimulus.

Melansir laman Reuters, indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,75 persen menjadi 15.884,23 poin dan indeks S & P 500 naik 0,55 persen menjadi 1.869,6 poin. Sementara indeks Nasdaq Composite naik 0,16 persen pada posisi 4.478,87 poin.

Tercatat, tujuh dari 10 sektor besar indeks S & P 500 naik 3,3 persen, terutama pada saham energi.

Sebagai upaya mendukung saham global dan AS, Bank Sentral Eropa berencana mempertahankan tingkat suku bunga utamanya.

Bahkan Draghi mengatakan Bank Sentral kemungkinan akan meninjau kembali kebijakan moneter pada awal Maret. Banyak analis tidak mengharapkan adanya penurunan suku bunga sebelum Juni.

Baca Juga

  • Bursa Asia Tergelincir Rendahnya Harga Minyak
  • Bursa Saham Tertekan Angkat Harga Emas
  • Sentimen Global Bayangi Gerak IHSG

Source: liputan6.com
Harga Minyak Bukukan Kenaikan Terbesar Sejak Oktober 2015

Liputan6.com, New York - Harga minyak mentah dunia membukukan kenaikan terbesar dalam beberapa bulan, kembali mendekati US$ 30 per barel. Ini usai pedagang mengetahui jika pasokan minyak tak bertambah sebanyak perkiraan awal.

Melansir laman Wall Street Journal, Jumat (22/1/2016), harga minyak AS light sweet naik US$ 1,18, atau 4,2 persen menjadi US$ 29,53 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara minyak Brent, patokan global, naik US$ 1,37 atau 4,9 persen ke posisi US$ 29,25 per barel di ICE Futures Europe. Harga minyak kedua jenis ini naik, mencatat keuntungan terbesar sejak Oktober 2015.

Membaiknya harga minyak didorong, jumlah stok minyak AS dalam penyimpanan yang dilaporkan bertambah 4 juta barel pekan lalu, menurut data pemerintah AS yang dirilis Kamis pagi.

Stok minyak dalam penyimpanan mencapai 490 juta barel pada April, tertinggi dalam delapan dekade.

Produksi minyak AS juga hampir tidak beranjak pekan lalu, di kisaran sekitar 9,2 juta barel per hari meskipun harga telah jatuh 20 persen dalam dua minggu pertama di tahun ini.

Baca Juga

  • Wall Street Melemah Dipicu Lesunya Harga Minyak
  • Langkah Pertamina Hadapi Harga Minyak Dunia Merosot
  • Bursa Asia Tergelincir Rendahnya Harga Minyak

Source: liputan6.com
Bank Sentral Eropa Lanjutkan Stimulus Redupkan Harga Emas

Liputan6.com, London - Harga emas jatuh setelah membukukan kenaikan terbesar satu hari dalam dua minggu di hari sebelumnya.

Ini dipicu kebijakan bank sentral Eropa yang kemungkinan melanjutkan pemberian stimulus. Kebijakan ini akan menyakiti euro dan menahan rebound saham global yang kemudian berdampak ke harga emas.

Seperti dilansir dari laman Reuters, Jumat (22/1/2016), harga emas di pasar spot turun 0,1 persen menjadi US$ 1.099,70 per ounce, setelah jatuh 0,8 persen menjadi US$ 1.092,15 per ounce.

Sementara emas berjangka AS untuk pengiriman Februari turun 0,7 persen menetap di US$ 1.099,20 per ounce.

Presiden bank sentral Eropa Mario Draghi mengatakan gejolak di pasar keuangan dan kekhawatiran kondisi perekonomian China dan pasar negara berkembang lainnya akan membuat ECB kembali mengkaji kebijakan moneternya pada Maret. Kondisi ini mengulurkan prospek pelonggaran lebih lanjut.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Betah di Rp 545 Ribu per Gram
  • Harga Emas Terseret Pelemahan Minyak Dunia
  • Harga Emas Melemah di Awal Pekan

Source: liputan6.com
ECB Isyaratkan Perlonggar Stimulus Angkat Bursa Asia

Liputan6.com, Tokyo - Bursa Asia menguat pada Jumat (22/1/2016) dipicu kemungkinan melebarnya ruang gerak pasar saat Bank Sentral Eropa kembali mengisyaratkan untuk melonggarkan kebijakan moneter dan naiknya kembali harga minyak mentah.

Melansir laman Reuters, Indeks Nikkei Jepang melambung 3 persen, menjauh dari level terendah dalam 15 bulan dan saham Australia naik 0,9 persen.

Adapun indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,9 persen. Indeks ini sempat masuk ke posisi terendah dalam empat tahun pada Kamis.

Indeks sempat kehilangan 1,5 persen pada pekan lalu dipicu harga minyak dan kekhawatiran soal kondisi perekonomian China dan global.

ECB berhasil membuat optimisme saat ini setelah Presiden ECB Mario Draghi mengisyaratkan kuat bahwa Bank Sentral ini kemungkinan kembali memperlonggar kebijakan dalam beberapa bulan mendatang.

Baca Juga

  • IHSG Susut 13 Poin Terkena Imbas Bursa Saham Asia
  • Mengekor Bursa Asia, IHSG Dibuka di Zona Hijau
  • Murahnya Harga Minyak Bikin IHSG Bergerak Variatif

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Stagnan Rp 547 Ribu per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Menutup perdagangan pekan ini, harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) masih bertahan di level Rp 547 ribu pada perdagangan Jumat (22/1/2016).

Sementara harga pembelian kembali (buyback) emas Antam stagnan Rp 489 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 489 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.03 WIB, semua ukuran masih tersedia.

Mengingat tingginya animo masyarakat, transaksi pembelian emas batangan yang datang langsung keAntam dibatasi hingga maksimal 150 nomor antrean per hari.

Baca Juga

  • Emas Antam Naik Rp 2.000 per Gram
  • Harga Emas Antam Betah di Rp 545 Ribu per Gram
  • Harga Emas Antam Bertahan di Rp 545 Ribu per Gram

Source: liputan6.com
Uji Operasi Pembangkit Terapung Terhambat Cuaca Ekstrem

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menyatakan proses uji operasi dari kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) Zeynep Sultan berkapasitas 120 megawatt (MW) terhambat cuaca ekstrem yang melanda perairan Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

Supervisor Humas & Bina Lingkungan PLN Wilayah Sulawesi Utara-Sulawesi Tenggara-Gorontalo (Suluttenggo‎) Dermawan Amir Uloli mengatakan cuaca ekstrem terjadi pada Kamis (21/1/2016),  ditandai dengan turunnya hujan lebat dan tiupan angin kencang dengan kecepatan 20 kilometer per jam.

Cuaca ekstrem mengakibatkan fasilitas yang ada di gantry darat rusak. Kerusakan terjadi karena terangkatnya dua titik kaki tiang (stuff) di sisi tower ERS yang terlepas dan terangkat sekitar 15 sentimenter dari pondasinya.

"Gantry darat adalah salah satu komponen utama yang dibangun sebagai media untuk menyalurkan listrik yang akan dihasilkan oleh kapal pembangkit listrik ke jaringan transmisi 150 kV interkoneksi Sulawesi Utara-Gorontalo (Sulutgo)," kata Dermawan, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat (22/1/2016).

Baca Juga

  • PLTG Terapung Mulai Listriki Sulut dan Gorontalo
  • PLTG Beroperasi, Sulut dan Gorontalo akan Bebas Pemadaman Listrik
  • Ini Keunggulan dari PLTG Terapung Menurut Dirut PLN

Source: liputan6.com
Penduduk Usia Kerja Susut, China Terancam Kekurangan Pekerja

Liputan6.com, Shanghai - Penduduk usia kerja China mencatat penurunan terbesar pada 2015. Ini menjadi peringatan tentang ancaman kekurangan tenaga kerja di negara ini.

Jumlah pekerja berusia 16-59 turun 4,87 juta menjadi 911 juta pada tahun lalu. Angka ini lebih tinggi dibandingkan penurunan pada 2014 sebanyak 3,71 juta, menurut laporan Biro Statistik Nasional China.

Melansir laman Wall Street Journal, Jumat (22/1/2016), penurunan usia kerja ini bertepatan dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi China. Kondisi serupa pernah dialami Jepang pada tahun 1990-an.

Penurunan ini memicu kekhawatiran bahwa China mungkin akan mengulang sejarah negara tetangganya yang harus berjuang keras memperbaiki perekonomian.

Kondisi ini juga bertepatan dengan penurunan jumlah pekerja migran China. Orang-orang yang biasanya meninggalkan kampung halaman untuk mencari pekerjaan di kota-kota, berkurang untuk pertama kalinya dalam 30 tahun. Populasi migran susut 5,68 juta menjadi 247 juta orang pada akhir 2015.

Baca Juga

  • Ekonomi China Lesu, Menkeu Yakin RI Bisa Tumbuh Baik
  • Ekonomi China Tumbuh 6,9%, Terendah Sejak 1990
  • Pelemahan Ekonomi China Tak Bakal Pengaruhi Rupiah

Source: liputan6.com
Ekonomi Dunia Sedang dalam Masalah

Liputan6.com, Davos - World Economic Forum yang diselenggarakan di Davos, Swiss menyisakan berbagai fakta mencengangkan. Kondisi perekonomian China yang menurun ternyata bukanlah satu-satunya hal yang harus dikhawatirkan. Para pemimpin percaya bahwa perekonomian dunia memang sedang dalam masalah.

Melansir halamanCNBC, Jumat (22/1/2016), isu mengenai perekonomian China masih menjadi isu hangat yang dibicarakan. Salah satunya adalah mengenai akumulasi hutang China yang cukup besar mereka gunakan untuk merangsang pertumbuhan ekonomi di tengah krisis keuangan.

Baca Juga

  • IMF Pangkas Ramalan Pertumbuhan Ekonomi Dunia Jadi 3,4% di 2016
  • Negara Mana yang Paling Damai di Dunia?
  • George Soros: Krisis Ekonomi Intai Dunia

Source: liputan6.com
Negara yang Paling Gembira Saat Harga Minyak Jatuh

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham Eropa anjlok dipicu merosotnya harga minyak dunia yang sempat turun ke level terendah sejak 2003 pada Rabu, 20 Januari 2016. Namun sebagai negara pengimpor minyak, negara-negara Eropa ini justru menikmati untung dari anjloknya harga minyak dunia.

CEO Maersk Group Nils Andersen menuturkan harga minyak yang lebih rendah telah menjadi dorongan untuk ekonomi Eropa.

"Anda melihat perekonomian di Eropa tumbuh, meskipun negara-negara Eropa tidak melakukan banyak perubahan struktural di bidang ekonomi. Jadi, saya pikir ada banyak nilai tambah yang tersembunyi dari harga minyak yang lebih rendah ini," katanya kepada CNBC pada World Economic Forum di Davos, Swiss, Jumat (22/1/2015).

Harga minyak Amerika Serikat (AS) jenis West Texas Intermediate (WTI) turun sekitar 3,3 persen dalam perdagangan Eropa menjadi U$$ 27,5 per barel, terendah sejak 2003. Harga minyak telah merosot sejak pertengahan 2014 karena ketidakseimbangan pasokan dan permintaan.

Baca Juga

  • Penurunan Harga Minyak Bebani Kinerja Pasar Modal di Semester I
  • Harga Minyak Turun Tak Pengaruhi Kinerja PLN
  • Harga Pertamax CS Turun Lagi

Source: liputan6.com
George Soros Tuding Donald Trump Ada di Balik ISIS

Liputan6.com, Jakarta - George Soros, miliarder yang juga pelaku bisnis keuangan dan ekonomi, penanam modal saham, serta aktivis politik asal Amerika Serikat (AS) membuat pernyataan mencengangkan.

Dalam wawancaranya dengan Bloomberg pada perhelatan World Economic Forum di Davos, Swiss, Soros mengungkapkan Donald Trump memiliki andil dalam pendanaan kelompok teroris radikal, ISIS.

Dikutip dari laman Forbes, Jumat (22/1/2016), Soros menuturkan bahwa cara-cara yang dilakukan oleh Trump dalam kampanyenya menjadi Presiden Amerika Serikat justru secara tidak langsung memperlihatkan dukungannya terhadap keberadaan ISIS.

Baca Juga

  • George Soros: Krisis Ekonomi Intai Dunia
  • Intip Besaran Gaji Tentara ISIS
  • ISIS, Kelompok Teroris Terkaya yang Kini Kekurangan Uang

Source: liputan6.com
Pemerintah Raup Rp 14 Triliun dari Lelang Surat Utang Empat Seri
Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu) meraup Rp 14 triliun dari lelang empat seri surat utang pada pertengahan Januari ini. Nominal tersebut dimenangkan dari total penawaran yang masuk senilai Rp 25 triliun.
Source: liputan6.com
Citigroup: Ekonomi Dunia Berada di Tepi Jurang Resesi

Liputan6.com, Jakarta - Ekonomi dunia sedang berada di tepi jurang resesi. Hal ini diungkap oleh Citigroup dalam pengamatannya terhadap kondisi ekonomi dunia saat ini. Stimulus bank sentral yang melemah serta menurunnya ekonomi China membuat kondisi perekonomian semakin memburuk.

Melansir CNBC, Jumat (22/1/2016), Citigroup memotong ramalan pertumbuhan ekonomi globalnya menjadi 2,7 persen. Bank ini juga memangkas prospek pasar untuk beberapa negara besar seperti AS, Inggris dan Kanada, serta beberapa pasar negara berkembang termasuk Rusia, Afrika Selatan, Brasil dan Meksiko.

Citi menyediakan pertumbuhan untuk Cina pada 2016 dengan memotong 0,2 persen poin ke level 6 persen pada 2017.

Baca Juga

  • Ekonomi Dunia Sedang dalam Masalah
  • IMF Pangkas Ramalan Pertumbuhan Ekonomi Dunia Jadi 3,4% di 2016
  • Begini Cara JK Hadapi Situasi Ekonomi Global

Source: liputan6.com
Harga Naik, Omzet Pedagang Daging Anjlok Hingga 50%

Liputan6.com, Jakarta - ‎Pedagang daging sapi di pasar tradisional DKI Jakarta mengeluhkan penurunan penjualan setelah harga daging mengalami kenaikan hingga mencapai Rp 130 ribu per kilogram (kg). Kenaikan ini disebut terjadi secara bertahap sejak 5 Januari 2016 lalu.

Ahmad Fauzi (‎54), salah satu pedagang daging di PD Pasar Jaya Pasar Buncit, Jakarta Selatan, mengatakan, sejak pergantian tahun harga daging sapi terus merangka naik. Di awal tahun harga daging sapi masih di kisaran Rp 110 ribu per kg. Namun sejak awal pekan ini harga daging di pasar tersebut melonjak menjadi Rp 130 ribu per kg.

"Pertama naik itu tanggal 5 kemarin. Terus naik sampai sekarang harga sudah Rp 130 ribu per kg. Harga Rp 130 ribu ini sudah seminggu ini," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com diJakarta, Jumat (22/1/2016).

Baca Juga

  • Pedagang Daging Tasikmalaya Mogok Jualan, Ini Tanggapan Kemendag
  • Pemerintah Yakin Harga Daging Tak Mahal Meski Impor Sapi Kena PPN
  • Kemendag Sebut Pola Angkut Jadi Penyebab Harga Daging Sapi Mahal

Source: liputan6.com
Jelang Akhir Pekan, Rupiah Menguat ke 13.878 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat pada perdagangan menjelang akhir pekan ini. Penguatan rupiah karena optimisme angka belanja modal yang membaik.

Mengutip Bloomberg, Jumat (22/1/2016), rupiah dibuka di level 13.878 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sehari sebelumnya yang ada di level 13.906 per dolar AS.

Dari pagi hingga siang hari ini, rupiah berada di kisaran 13.838 per dolar AS hingga 13.887 per dolar AS. Jika dihitung sejak awal tahun, rupiah telah melemah 0,53 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs ReferensiJakarta InterbankSpot DollarRate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah ada dilevel 13.874 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan kemarin yang ada dilevel 13.899 per dolar AS.

Baca Juga

  • Pelemahan Ekonomi China Tak Bakal Pengaruhi Rupiah
  • Ekonomi China Melambat, Rupiah Diperkirakan Bakal Tertekan
  • Harga Minyak Turun, Rupiah Tertekan ke 13.974 per Dolar AS

Source: liputan6.com
Harga Minyak Jatuh, Schlumberger Pecat 10.000 Karyawan

Liputan6.com, Jakarta - Setelah didera jatuhnya harga minyak selama 18 bulan belakangan, perusahaan penyedia jasa lapangan minyak dan gas (migas) nomor satu di dunia Schlumberger Ltd kembali harus menelan pil pahit.

Melansir CNBC, Jumat (22/1/2016) perusahaan minyak tersebut harus menerima pembatalan proyek pengeboran minyak dari klien akibat anjloknya harga minyak.

Hal ini mengakibatkan kerugian besar hingga mencapai US$ 1 miliar pada kuartal IV 2015. Schlumberger juga berencana untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 10 ribu pegawai dari total 95 ribu pegawai yang bekerja.

Sejak November 2014, Schlumberger telah memotong 26 persen pegawai perusahaan atau sebanyak 34 ribu karyawan.

 

Baca Juga

  • 5 Perusahaan yang Paling Banyak Pecat Karyawan
  • Harga Minyak Turun, Halliburton PHK 6.400 Pegawai
  • Perusahaan Raksasa Dunia Ramai-ramai PHK Karyawan

Source: liputan6.com
Antam Tunggu Kepastian Pemerintah soal Divestasi Freeport

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menyatakan kesiapannya untuk mengakuisisi saham PT Freeport Indonesia. Namun begitu, untuk aksi korporasi tersebut perseroan mesti menunggu keputusan pemerintah.

Direktur Keuangan PT Aneka Tambang Tbk, Dimas Wikan Pramudhito, mengatakan saat ini sedang berlangsung proses penawaran saham Freeport ke pemerintah. Jadi, pembelian saham tersebut belum dilimpahkan ke perseroan karena mesti melewati beberapa proses.

"Sangat menarik yang bisa disampaikan sebagai BUMN mendukung langkah pemerintah. Sekarang diketahui pemerintah sudah ditawari Freeport 10,64 persen. Kami dari BUMN mensupport apa pun yang pemerintah berikan. Saat ini yang dilakukan pemerintah adalah menghitung penawarannya," kata dia di Jakarta, Jumat (22/1/2016).

 

Baca Juga

  • Pemerintah Punya Waktu 60 Hari untuk Beli Saham Freeport
  • Pemerintah Bisa Miliki 100% Saham Freeport Gratis
  • Harga yang Ditawarkan Freeport Tidak Berdasar

Source: liputan6.com
Jakarta-Bandung Cuma 35 Menit, Berapa Harga Tiket Kereta Cepat?

Liputan6.com, Jakarta - Pada 2019, warga Bandung dan Jakarta akan memiliki moda transportasi baru yaitu kereta cepat yang pembangunannya resmi dimulai pada Kamis (21/1/2016).

Berbeda dengan kereta yang ada saat ini, kereta ini mampu menempuh kecepatan 250 kilometer per jam (km/jam). Lantas berapa tarif kereta yang harus dirogoh masyarakat jika ingin naik?

Dikutip Liputan6.com, dari data PT Kereta Api Cepat Indonesia China (KCIC), menyebutkan tarif kereta api ini akan ditetapkan sebesar Rp 200 ribu per orang untuk sekali perjalanan. Harga ini sudah dihitung sesuai perkiraan ekonomi dan daya beli masyarakat pada 2019.

Kereta ini nantinya akan melewati empat stasiun yaitu Stasiun‎ Halim, Karawang, Walini dan Tegalluar.‎

Jalur kereta cepat ini membentang sepanjang 142 kilometer (km), yang sepanjang 22,5 km akan melewati jalur bawah tanah (underground).

Baca Juga

  • Warga Diberi Waktu 30 Hari Sampaikan Pendapat Proyek Kereta Cepat
  • Usai Kereta Cepat, RI-China Bangun Pabrik Bahan Baku Gerbong KA
  • Menilik Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Source: liputan6.com
Pelaku Usaha Peternakan Tuntut Ini ke Pemerintah

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha yang tergabung di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta pemerintah merevisi aturan mengenai pemberlakuan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen untuk seluruh ternak, kecuali sapi indukan.

Lantaran pungutan pajak tersebut akan berdampak besar terhadap produsen, konsumen hingga melemahkan daya saing industri peternakan nasional.

Wakil Ketua Kadin Indonesia Bidang Industri Pengolahan Makanan dan Peternakan, Juan Permata Adoe mengungkapkan, pemerintah dan pengusaha menggelar rapat koordinasi PMK 267 Tahun 2015 tentang Kriteria Dan/Atau Rincian Ternak, Bahan Pakan Untuk Pembuatan Pakan Ternak dan Pakan Ikan Yang Atas Impor Dan/Atau Penyerahannya Dibebaskan Dari Pengenaan PPN.

Aturan tersebut merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 81 Tahun 2015 tentang Impor dan atau Penyerahan Barang Kena Pajak Tertentu Yang Bersifat Strategis Yang Dibebaskan Dari Pengenaan PPN.

 

Baca Juga

  • Sapi Impor Kena Pajak 10% untuk Lindungi Peternak Lokal
  • Sentra Peternakan Rakyat Bantu Usaha Peternak
  • Pemerintah Diminta Berikan Insentif ke Peternak Sapi‎ Lokal

Source: liputan6.com
Harga Minyak Anjlok Momen Tepat Hapus Premium

Liputan6.com, Jakarta - Anjloknya harga minyak ‎dunia merupakan momen tepat untuk menghilangkan bahan bakar minyak (BBM) dengan kadar Research Octane Number (RON) 88 yaitu Premium.

Pengamat Ekonomi Faisal Basri mengatakan, penurunan harga minyak dunia berdampak pada penurunan harga BBM non subsidi jenis Pertamax 92 dan Pertamax Plus 95. Dengan begitu, harga kedua jenis BBM tersebut semakin terjangkau oleh masyarakat.

Hal tersebut dinilai sebagai momen baik untuk menghapus Premium, sesuai dengan rekomendasi Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi yang pernah dipimpinnya.

"Ini momen baik untuk membunuh Premium," kata Faisal di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Jumat (22/1/2016).

Baca Juga

  • Negara yang Paling Gembira Saat Harga Minyak Jatuh
  • Meski Murah, Harga Minyak Belum Capai Titik Terendah
  • Harga Pertamax CS Turun Lagi

Source: liputan6.com
Harga Premium Masih Terlalu Mahal

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium yang saat ini di angka Rp 7.050 per liter untuk wilayah Jakarta, Madura dan Bali dipandang tidak masuk akal. Seharusnya, harga Premium lebih rendah dari yang ditetapkan oleh pemerintah pada awal tahun ini. 

Pengamat Ekonomi Faisal Basri menjelaskan, harga Premium di Indonesia seharusnya mengikuti harga minyak dunia. Jika harga minyak dunia mengalami penurunan, seharusnya harga Premium juga ikut turun. Namun jika dilihat kenyataan saat ini, harga di tahun ini telah mengalami penurunan kurang lebih 25 persen. Namun harga Premium baru turun hampir 5 persen saja. 

Ia melanjutkan, harga premium di Indonesia juga lebih mahal jika dibanding dengan harga BBM di negara lain. Premium di Indonesia yang memiliki Research Octane Number (RON) 88 dibandrol di level Rp 7.050 per liter. Sedangkan BBM dengan RON 92 yang setara dengan Pertamax di Malaysia dijual dengan harga Rp 5.900 per liter.

Dengan kenyataan tersebut, Premium sebenarnyakualitasnya jauh lebih rendah jika dibanding denganBBM RON 92 di Malaysia. Namun dari sisi harga, Premium jauh lebih tinggi. 

Baca Juga

  • Harga Premium dan Solar Turun Pukul 00.00 WIB Nanti Malam
  • Pertamina Tahan Penurunan Harga BBM
  • Cara Pemerintah Atasi Harga BBM Mahal di Indonesia Timur

Source: liputan6.com
Wapres JK: Kena PPN, Harga Sapi Hanya Naik Sedikit

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mengenakan pajak pertambahan nilai (PPN) 10 persen pada impor ternak, salah satunya sapi bakalan dan potong.

Dengan pengenaan ini, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla meyakini tak akan mempengaruhi harga daging di pasar secara signifikan.

"Kalau 10 persen, harganya biasanya katakanlah Rp 80 ribu-Rp 90 ribu, itu kan sebenarnya hanya naik Rp 900. Jadi berarti ada yang menaikkan lebih banyak lagi," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (22/1//2016).

Mantan Ketua Umum Golkar itu menilai PPN wajar dikenakan pada barang impor. Kebijakan itu juga tidak memerlukan sosialisasi (public hearing) terhadap masyarakat lebih dulu.

"Itu peraturan umum dan tidak semua peraturan itu harus ada public hearing. Semua, karena itu UU sudah ada. Jadi semua barang impor itu ada PPN-nya," tandas JK.

Baca Juga

  • Sapi Impor Kena Pajak 10% untuk Lindungi Peternak Lokal
  • Impor Sapi Indukan Bebas Pungutan Pajak
  • Kemendag Sebut Pola Angkut Jadi Penyebab Harga Daging Sapi Mahal

Source: liputan6.com
Harga Daging Ayam Naik Jadi Rp 45 Ribu per Kg

Liputan6.com, Jakarta - Pedagang daging ayam di pasar tradisional di Jakarta mulai mengeluhkan tingginya harga ayam potong. Saat ini harga daging ayam di pasar tradisional berkisar antara Rp 40 ribu hingga Rp 45 ribu per kg.

Rosita (48) salah satu pedagang daging ayam di PD Pasar Jaya Pasar Buncit, Jakarta Selatan mengatakan, ‎sebelumnya dia menjual daging ayam antara Rp 30 ribu-Rp 35 ribu per kg. Namun sejak Natal dan tahun baru lalu, harga daging ayam mengalami kenaikan menjadi Rp 40 ribu-Rp 45 ribu per kg.

"Kalau dulu paling cuma Rp 30 ribu, Rp 32 ribu, atau Rp 35 ribu, tapi sekarang sudah di atas Rp 40 ribu," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com diJakarta, Jumat (22/1/2016).

Baca Juga

  • Cabai Hingga Ayam Sumbang Inflasi 0,75% di Pekan Kedua Januari
  • Mendag Yakin Harga Pangan Kembali Normal Akhir Bulan Ini
  • Harga Kentang, Tomat dan Bawang Putih Naik

Source: liputan6.com
Pengenaan PPN 10% untuk Ternak Sangat Rugikan Pengusaha

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha menilai pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen bagi seluruh ternak dan pakan ternak, kecuali sapi indukan merupakan kesalahan fatal pemerintah. Kebijakan tersebut mengandaskan perjuangan pengusaha agar bahan pangan bebas PPN.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan Ternak, Sudirman mengungkapkan, tidak terlalu mengkhawatirkan pungutan PPN bagi pakan ternak karena dampaknya tidak signifikan. Namun imbasnya besar apabila pajak dikenakan untuk semua ternak, kecuali sapi indukan.

"(Pungutan PPN) untuk ternak itu fatal ya, karena sudah belasan tahun kita berjuang supaya bahan pangan pokok bebas PPN, seperti daging yang tidak dikenakan PPN, itu untuk meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap daging yang masih rendah," keluhnya di kantorKemenko Bidang Perekonomian,Jakarta, Jumat (22/1/2016).

Baca Juga

  • Pengusaha Ritel Keberatan dengan Pengenaan PPN Sapi Impor
  • Pemerintah Yakin Harga Daging Tak Mahal Meski Impor Sapi Kena PPN
  • Gara-gara Pajak Impor, Harga Daging Tembus Rp 130 per Kg

Source: liputan6.com
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Punya Pembangkit Sendiri

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan mengoperasikan 11 set‎ EMU (Electical Multiple Unit)‎. Dalam satu set EMU tersebut terdiri dari 8 rangkaian kereta. Untuk menghidupkan EMU tersebut, perusahaan akan membangun pembangkit listrik.

Direktur Utama KCIC, Hanggoro Budi Wirjawan mengungkapkan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan, perusahaan akan membangun pembangkit listrik sendiri. "Untuk jangka panjang, kami akan bangun pembangkit sendiri, untuk itu kami akan mencoba bekerja sama dengan PT PLN," kata Hanggoro saat berbincang dengan wartawan yang ditulis, Jumat (22/1/2016).

Dilihat dari dataKCIC, 11 setEMU ininantinya akan dioperasikan 18 jam dalam satu hari.Sednagkan 6 jam sisanya akan digunakan untuk perawatan. Dengan total pengoperasian itunantinyaKCIC membutuhkan pasokan listrik 75-100 Megawatt (MW) per hari.

Baca Juga

  • Jakarta-Bandung Cuma 35 Menit, Berapa Harga Tiket Kereta Cepat?
  • Usai Kereta Cepat, RI-China Bangun Pabrik Bahan Baku Gerbong KA
  • Tak Hadir di Acara Kereta Cepat, Ini Alasan Menteri Jonan

Source: liputan6.com
Kena PPN 10%, Harga Daging Sapi Dijamin Naik Tajam

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Produsen Daging dan Feedlot Indonesia (APFINDO) memastikan pungutan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen akan mengerek tinggi harga daging sapi di pasaran. Kebijakan tersebut kontradiktif dengan upaya pemerintah melakukan stabilisasi harga daging di pasaran.

Direktur Eksekutif APFINDO, Joni Liano mengungkapkan, pemerintah telah menerbitkan aturan di luar sapi indukan, seperti sapi bakalan, sapi potong, sapi perah, kerbau, domba, unggas dan kelinci dikenakan PPN. Padahal ternak merupakan barang strategis yang seharusnya dibebaskan dari pungutan pajak.

"Harga daging sekarang ini stabil, kondusif, lalu ada PPN 10 persen. Itu beban konsumen, karena harga daging sapi naik juga 10 persen. Kontradiktif sekali dengan apa yangdimau pemerintah menstabilkan harga daging sapi," ujarnya di kantorKemenko Bidang Perekonomian,Jakarta, Jumat (22/1/2016).

Baca Juga

  • Pengusaha Ritel Keberatan dengan Pengenaan PPN Sapi Impor
  • Pemerintah Yakin Harga Daging Tak Mahal Meski Impor Sapi Kena PPN
  • Gara-gara Pajak Impor, Harga Daging Tembus Rp 130 per Kg

Source: liputan6.com
Tak Dapat Warisan, Putri Miliarder Ini Tetap Sukses dan Terkenal

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu miliarder terkaya di dunia, Michael Bloomberg telah berikrar tak akan menjatuhkan seluruh kekayaan pada kedua buah hatinya setelah kepergiannya nanti.

Bloomberg telah berjanji untuk mendedikasikan dirinya pada sejumlah kegiatan sosial dan aktif mendonasikan hartanya bagi yang membutuhkan.

Sepanjang hidupnya, pria lulusan Harvard Business School ini memang tercatat telah menyumbangkan uang hingga senilai US$ 3,3 miliar termasuk US$ 100 juta pada Gates Foundation untuk mengurangi penyebaran polio. Selain itu, Bloomberg ingin kedua anaknya berusaha mencari uang sendiri.

Bagi Bloomberg, penting bagi anak-anak untuk belajar bekerja keras meraih apapun yang diinginkannya. Didikan sang ayah ternyata berhasil, dan hal itu dapat dilihat dari betapa suksesnya karir sang putri, Georgina Bloomberg.

Meski tak memiliki minat di bidang bisnis, tapi putri Bloomberg justru sangat sukses di bidang lain. Dirinya merupakan seorang penunggang kuda profesional yang telah beberapa kali memenangkan kompetisi berkuda hingga ke kancah internasional.

Seperti apa kesuksesan yang berhasil diraih Georgina? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Bloomberg, New York Times, Forbes, dan sejumlah sumber lain, Jumat (22/1/2015):


Source: liputan6.com
Bank Mandiri Tantang 800 Programmer Kembangkan e-Cash

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk menggelar acara bertajuk Mandiri e-cash Hackaton 2016 yang digelar pada 26-27 Februari 2016 mendatang. Acara yang digelar oleh Mandiri ini merupakan kompetisi yang bakal dihadiri sebanyak 800 developer teknologi informasi (TI) atau progammer untuk mengembangkan produk Mandiri e-cash.

Untuk diketahui, Mandiri e-cash merupakan aplikasi uang elektronik berbasis server yang bisa diunduh melalui akses *141*6# atau Google Play, APP Store, BlackBerry World dan Nokia Store.

Senior EVP Transaction Banking Bank Mandiri, Rico Usthavia Frans mengatakan, acara ini bertujuan mendorong penerapan teknologi pada industri perbankan. Pada acara tersebut para programer ditantang beradu ide dalam mengembangkan secara teknis maupun bisnis.

"Sejalan dengan keinginan untuk menciptakan produk perbankan yang semakin mudah diakses, kami ingin terus mengembangkan produk Mandiri e-cash agar semakin dapat diterima dan semakin banyak digunakan," katanya,Jakarta, Jumat (22/1/2016).

Baca Juga

  • Diminta Turunkan Suku Bunga Kredit, Ini Tanggapan Bank Mandiri
  • Bank Mandiri Bidik Bisnis E-Commerce
  • Bank Mandiri Pertemukan Investor Lokal dan Asing di Satu Forum

Source: liputan6.com
Ahok Kebingungan Tekan Harga Daging di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat dan pedagang kini mulai resah dengan tingginya harga daging sapi yang tinggi, yakni Rp 140 ribu per kilogram (Kg). Hal ini membuat sebagian pedagang memilih tidak berjualan sampai kondisi berangsur normal.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) masih bingung mencari cara untuk mengendalikan harga daging di Jakarta. Hanya saja, ketersediaan sapi sangat terbatas.

Hal ini disebabkan, penyertaan modal pemerintah (PMP) untuk BUMD PD Dharmajaya tidak disetujui pada APBD 2016. Sehingga, segala upaya untuk meningkatkan stok sapi jadi sulit.

"Itu makanya yang kita lagi bilang sama Dharmajaya, kalau Dharmajaya tidak dapat PMP ya begitu," kata Ahok di Balaikota, Jakarta, Jumat (22/1/2016).

 

Baca Juga

  • Harga Naik, Omzet Pedagang Daging Anjlok Hingga 50%
  • Kena PPN 10%, Harga Daging Sapi Dijamin Naik Tajam
  • Harga Daging Ayam Naik Jadi Rp 45 Ribu per Kg

Source: liputan6.com
Bank Mandiri Bidik Pengguna e-Cash Capai 50 Juta di 2020

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Mandiri Tbk menargetkan pengguna Mandiri e-cash sebanyak 50 juta pengguna sampai tahun 2020. Target tersebut terhitung tinggi mengingat sampai Desember 2015 baru mencapai 1,7 juta dengan nilai transaksi Rp 1,7 triliun.

Senior EVP Transaction Bank Mandiri Rico Usthavia Frans mengatakan Mandiri e-cash bakal melesat seiring dengan kemajuan teknologi serta berkembangnya jaringan di masyarakat.

"Kita harapannya 50 juta. Proyeksi kita tak bisa linear kalau tahun ini satu juta, tahun 2020 sebanyak 50 juta. Karena fungsi network, bayangkan telepon satu nggak sendiri harus ada lawannya. Ini mirip," kata dia di Jakarta, Jumat (22/1/2016).

 

Baca Juga

  • Pengguna Mandiri e-Cash Capai 1,5 Juta Nasabah
  • Tiga Perusahaan Sepakat Gunakan Mandiri e-cash
  • Tingkatkan Pengguna e-cash, Bos Mandiri Blusukan ke Pasar Johar

Source: liputan6.com
Pemerintah Bakal Patok Harga Jagung Buat Pakan Ternak

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan menertibkan impor jagung untuk pakan ternak dengan kuota 600 ribu ton di kuartal I 2016. Pemerintah pun membentuk tim guna menetapkan harga jual jagung bagi pengusaha sehingga lebih terkendali.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, pemerintah sudah menetapkan jatah impor jagung pakan ternak sebanyak 600 ribu ton di tiga bulan pertama tahun ini. Impor dilakukan oleh Perum Bulog.

"Tapi ada yang mengatakan, aturan belum dikeluarkan. Itu sudah berlaku, jagung yang sudah masuk sekarang silakan dijual," tegasDarmin saat ditemui dikantornya,Jakarta, Jumat (22/1/2016).

Baca Juga

  • Bulog Impor 600 Ribu Ton Jagung hingga Maret 2016
  • Kebutuhan Jagung Nasional Capai 13,8 Juta Ton di 2016
  • Stop Impor Jagung, Ini yang Harus Dibenahi Pemerintah

Source: liputan6.com