Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Senin, 25 Januari 2016
Ini Perbedaan Kekayaan Bill Gates dan Steve Jobs

Liputan6.com, Jakarta - Steve Jobs dan Bill Gates lahir di tahun yang sama, mereka berdua memiliki sejarah pendidikan yang sama yaitu putus kuliah. Mereka berdua juga memulai berbisnis perusahaan dengan berbisnis dengan teman baiknya. Dari keduanya, Bill Gates adalah yang paling kaya. Kenapa?

Seperti lansiran dari Fool.com, Rabu, (25/01/2016) Gates mendirikan Microsoft dengan bekerjasama dengan Paul Allen di April 1975. Sedangkan Jobs mendirikan Appple bekerjasama dengan Steve Wozniak tepat satu tahun kemudian.

Saat ini Jobs dan Gates menjadi sangat kaya raya, tetapi Jobs meninggal di 2011. Ia memiliki kekayaan bersih sebanyak US$ 11 miliar atau Rp 153,2 triliun (kurs dolar AS : Rp 13,930). Hanya sebagian kecil dari kekayaan Gates yang mencapai US$ 66 miliar atau sekitar Rp 919,5 triliun kala itu.

Jika Anda mengetahui cerita tentang Steve Jobs, maka Anda tahu jawabannya. Dia menjual semua saham kecuali saham Apple asli pada tahun 1985. 11 persen saham Jobs pada saat itu sekitar US$ 130 juta atau Rp 1,8 triliun.

Jika dalan perhitungan sekarang, saham tersebut bisa mencapai nilai sekitar lebih dari US$ 69 miliar dan US$ 162 miliar. Dengan kata lain, dia tidak menjual sahamnya semuPada tahun 2015, saham Jobs melonjak senilai US$ 69 miliar atau Rp 961 triliun dan senilai US$ 162 miliar atau Rp 2,256 triliun. Dengan kata lain, jika dia tidak menjual saham Jobs bisa menjadi orang terkaya dunia karena mengalahkan Gates dengan kekayaan sebesar US$ 79 miliar atau Rp 1,100 triliun.

Jobs pada awalnya tidak terlalu optimistis terhadap APple di 1985. Termasuk juga fakta bahwa Apple hanya akan menjadi burung tanpa Jobs.

Lebih jauh lagi, ada beberapa alasan untuk percaya hal tersebut. Jka Jobs tidak melakukan apa-apa, kita tidak akan punya Pixar yang dia beli dari Lucasfilm di 1986 senilai US$ 10 juta. Dia merombaknya dengan uang dan teknologi, dan menjualnya ke Disney di 2005 seharga US$ 7,4 miliar.


Source: liputan6.com
Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Pindah Kerja di Bidang Lain

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti mendambakan sukses dalam hidupnya. Untuk itu terkadang mereka pun terus mencari kesempatan agar dapat berkarir dan bekerja di bidang yang lebih baik.

Akan tetapi berpindah haluan kerja ternyata tidak semudah yang Anda bayangkan, jika pekerjaan tersebut berasal dari bidang yang berbeda dengan apa yang Anda lakukan sekarang.

Lalu bagaimana mensiasatinya? Berikut 5 langkah yang dapat Anda tempuh untuk berpindah haluan kerja seperti dilansir dari cheatsheet.com, Senin (25/1/2016):

1. Menjadi Sukarelawan

Jika Anda harus segera bekerja di posisi Anda yang baru, Anda mungkin tidak memiliki waktu yang tepat untuk merasakan kerja menjadi sukarelawan. Namun, jika Anda memiliki waktu yang cukup maka kegiatan sukarela ini dapat sangat bermanfaat bagi kemajuan karier Anda nanti.

Kegiatan sukarelawan dapat memperlihatkan bahwa Anda benar-benar tertarik bekerja di bidang tersebut. Anda pun dapat menambah pengalaman baru dengan kegiatan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

2. Membangun koneksi

Selain kegiatan sukarela, satu hal yang harus Anda lakukan adalah membangun koneksi dengan banyak orang baru. Anda dapat mengikuti berbagai seminar dan konferensi yang digelar demi dapat memperluas jaringan yang Anda miliki.

Koneksi ini sangat penting dikarenakan dapat membantu Anda untuk mengenal dan mengetahui lebih lanjut tentang bidang yang baru ingin Anda geluti. Siapa tahu kalau orang-orang baru ini juga dapat berdampak sangat besar pada kesuksesan karir Anda nanti.

3. Dapatkan sertifikat

Jika pekerjaan yang Anda inginkan ini memerlukan sertifikasi khusus, maka mulailah membangun rencana untuk mengambil sertifikasi yang diperlukan. Setifikasi pekerjaan ini sangat penting bagi Anda agar kemampuan Anda benar-benar diakui perusahaan.

4. Memperbaiki resume

CV atau resume merupakan hal yang penting bagi seseorang dalam melamar kerja. Namun, karena Anda melamar di suatu pekerjaan yang berbeda dengan bidang yang pernah Anda geluti sebelumnya, maka Anda harus benar-benar bisa ‘menjual’ diri melalui CV yang dimiliki.

Saat melamar pada pekerjaan di bidang yang baru maka sangat penting Anda memperlihatkan dengan khusus keahlian Anda yang dapat membantu mengembangkan potensi di bidang tersebut.

5. Buktikan diri saat wawancara

Anda pasti ditanya mengenai kemampuan yang Anda miliki. Namun satu hal yang lebih penting adalah Anda pun pasti akan ditanya mengenai alasan mengapa ingin berpindah haluan kerja ke bidang lain.

Pastikan bahwa Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan baik dan dapat memberi pembuktian bahwa Anda mampu dan berkapabilitas untuk mengisi posisi tersebut. (Vna/Gdn)


Source: liputan6.com
10 Negara dengan Penghasilan Terendah di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Tingkat penghasilan negara atau Gross National Income (GNI) merupakan hasil pengukuran dari seluruh pendapatan negara yang dihasilkan dari penjualan produk serta jasa yang dihasilkan.

Tingkat kemakmuran dan kesehatan di sebuah negara merupakan faktor yang sangat penting karena kondisi ekonomi dan status kemakmuran warganya sangat ditentukan oleh banyaknya uang yang mereka dapat dan kelengkapan infrastruktur yang ada di sekelilingnya.

Melansir halaman worldatlas.com, Senin (25/1/2016), tingkat kemakmuran suatu negara dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor internal seperti kesenjangan sosial yang tinggi atau rawannya terjadi konflik di suatu negara mengambil porsi yang cukup besar bagi penilaian GNI suatu negara.

Menurut data yang dikeluarkan oleh World Bank, negara yang memiliki nilai GNI terendah adalah Malawi. Negara di benua afrika ini hanya mampu mencetak nilai GNI sebesar US$ 250 per kepala. Walaupun malawi memiliki sistem pemerintahan yang baik, perekonomian negara ini masih jauh dari kata stabil. Hampir setengah dari warga negara Malawi dikategorikan warga miskin.

Selain malawi, Burundi dan Afrika Tengah juga merupakan negara dengan tingkat kemakmuran sangat rendah di dunia. Burundi memiliki nilai GNI sebesar 270 US$ sementara Afrika Tengah mampu mencetak nilai US$ 330 per kepala keluarga. Hantaman keras akibat konflik yang terjadi di negara ini mengakibatkan kondisi perekonomian yang tidak stabil. Walaupun Burundi sekarang telah mencoba untuk bertransformasi ke arah yang lebih baik, kondisi perekonomiannya dinilai masih sangat lemah.

Berikut adalah daftar negara dengan tingkat kemakmuran terendah menurut nilai GNI.

1 Malawi US$ 250
2 Burundi US$ 270
3 Afrika Tengah US$ 320
4 Liberia US$ 370
5 Congo US$ 380
6 Nigeria US$ 410
7 Madagascar US$ 440
8 Guinea US$ 470
9 Ethiopia US$ 550
10 Guinea-Bissau US$ 550

(vna/Zul)


Source: liputan6.com
Siapkan 6 Hal Ini Agar Sukses Wawancara Kerja

Liputan6.com, Jakarta Wawancara kerja seringkali sering membuat stress akibat banyaknya faktor yang dapat terjadi di luar kemampuan kita. Namun ada satu hal yang tetap bisa Anda kontrol, yaitu persiapan Anda menghadapi wawancara tersebut.

Ahli karir dan manajer HRD terkenal mengungkap bahwa persiapan merupakan faktor terpenting yang menentukan kesuksesan wawancara kerja. Lalu apa saja yang harus Anda persiapkan?

Berikut ulasannya seperti dilansir dari Business Insider, Senin (25/1/2016):

1. Alamat kantor

Seringkali lokasi wawancara kerja merupakan tempat yang belum pernah Anda datangi sebelumnya. Untuk mengantisipasi hal ini janganlah hanya bergantung pada teknologi GPS untuk mencari alamat.

Liz Ryan, CEO dari Human Workplace menyarankan untuk menuliskan arah alamat yang dapat Anda ikuti dengan mudah.

Sebagai tambahan, Ryan juga menyarankan untuk melakukan survei ke alamat tersebut satu hari sebelumnya, agar Anda lebih siap.

2. Fotokopi CV/resume

Walaupun banyak HRD yang sudah beralih untuk melihar resume calon karyawan lewat website profesional seperti Linkedin, fotokopi CV saat wawancara kerja tentu masih dibutuhkan.

3. Pulpen dan buku catatan

Pulpen dan buku catatan ini ternyata sangat penting Anda bawa ketika wawancara. Hal ini dapat dipakai ketika Anda perlu untuk mencatatat sesuatu.

Pulpen dan buku catatan ini juga sangat berguna bagi Anda yang melamar di bidang konsultan atau keuangan. Anda mungkin saja diberikan pertanyaan menyangkut kemampuan Anda. Pulpen dan buku catatan ini sangat dapat membantu Anda menyelesaikan pertanyaan yang ada.


Source: liputan6.com
Ini Cara Jadi Orang Kaya dalam 5 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Mampu hidup kaya bergelimang harta memang impian banyak orang. Namun jalan menuju sana tidaklah mudah. Selain perlu usaha yang keras, Anda pun harus mampu menyiasatinya dengan melakukan beberapa hal.

DanielAlly, seorang pengusaha sukses yang juga penulis buku terkenal menuturkan beberapa cara yang sukses ia terapkan untuk menjadi jutawan dalam waktu lima tahun.

Seperti dilansir dalam Entrepreneur.com, Senin (25/1/2016) berikut beberapa langkahnya:

1. Berkomunikasi dengan orang

Satu hal terpenting yang harus Anda mampu lakukan adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Tidak ada orang yang mampu untuk menjadi miliarder tanpa bisa menerapkan seni berkomunikasi yang baik dengan orang lain. Selain itu Anda juga harus bisa memaafkan orang dan belajar dari kesalahan.

Baca Juga

  • 4 Cara Instan Jadi Kaya
  • 5 Kebiasaan yang Bisa Bantu Anda Jadi Kaya
  • Mau Sukses dan Kaya Seperti Warren Buffet, Jalankan Hobi Ini

Source: liputan6.com
UANGPEDIA: Kapan Sebaiknya Punya Asuransi Jiwa?

Liputan6.com, Jakarta - Kesadaran berasuransi masih rendah di masyarakat Indonesia. Padahal memiliki asuransi menjadi salah satu cara untuk melindungi aset yang dimiliki. Tak hanya itu, asuransi juga sebagai salah satu bentuk rasa sayang kepada keluarga dan orang terdekat.

Salah satu produk yang dapat menjadi pilihan untuk melindungi Anda dan keluarga  yaitu asuransi jiwa. Untuk asuransi ini tak hanya dapat dimiliki ketika sudah berkeluarga tetapi juga saat muda dan sudah bekerja.

Dengan memiliki asuransi sejak muda maka premi asuransi lebih murah dan hasilnya pun dapat lebih besar ketika jatuh tempo.

Ingin tahu apa saja manfaat dari asuransi jiwa? Bagaimana memilih asuransi jiwa? Berikut wawancara Liputan6.com dengan Direktur Alternative Distribution Channels Commonwealth Life Pieter Wattimena. (Ahm/Ndw)


Source: liputan6.com
Bermodalkan Rp 550 Ribu, Pria Ini Sukses Cetak Duit Rp 82 Triliun

Liputan6.com, New York - Daymond John terkenal sebagai seorang investor dalam serial realitas di televisi ABC berjudul Shark Tank. Ia seorang anak tunggal yang tumbuh besar hanya bersama ibunya di Queens, New York.

Ketika kecil ia sering memandang langit kota Manhattan sambil melihat simbol kesuksesan di sana, yaitu Empire State Building.

Saat ini, perusahaannya berhasil menguasai lantai 66 sebuah gedung perkantoran terkenal di New York, Amerika Serikat. "Saya adalah produk dari kota menakjubkan ini," katanya. "Ia mengeraskan saya sehingga menjadi pribadi yang tahan uji."

Sebelum Shark Tank membuatnya terkenal, John menghasilkan kekayaan sebagai pendiri dan pemimpin perusahaan FUBU. Perusahaan ini memproduksi pakaian siap pakai untuk para artis hip hop. Semua bermula dari mesin jahit milik ibunya yang hanya bernilai US$ 40 atau setara Rp 552.400 (Kurs: Rp 13.810 per dolar AS).


Pada akhir 1980an, John sudah merasa musik hip hop akan mendunia. Suara dari komunitas kulit hitam mulai terdengar dan John ingin bergabung dalam gerakan tersebut.

"Mereka (artis hip hop) mulai berkomunikasi soal impian, harapan, aspirasi, dan perjuangannya di dalam komunitas. Mereka berbicara melalui musik," ujar John.

Ia memulai bisnis ini dengan mendesain kaos yang menurutnya sesuai dengan selera kaum urban yang muda. Ia menjahit pakaian tersebut malam hari dan meminta penyanyi rap untuk memakainya dalam video klip musik atau film. Pada siang hari, John mencari uang sebagai pramusaji di Red Lobster.

"Malam hari saya menjahit. Paginya mengatar jahitan, lalu bekerja di Red Lobster karena saya harus membayar tagihan," katanya. "Tapi saya harus mengejar impian ini. Karena itu saya tidak pernah menyerah."

Dari pekerjaan malam hari itu akhirnya John bersama tiga temannya bekerja penuh untuk perusahaan yang dinamakan FUBU, kepanjangan dari For Us By Us. Sekarang nilai perusahaan ini telah mencapai US$ 6 miliar atau setara Rp 82,86 triliun.

Pada 2015, Presiden Barack Obama menunjuknya sebagai Presidential Ambassador of Global Entrepreneurship. Tidak seperti teori bisnis pada umumnya, butuh uang untuk membuat uang, John malah merasa dari keterbatasan dana justru melahirkan kreativitas.

Filosofi John adalah menerima kegagalan sebagai bagian dari proses belajar. "Orang yang tahu soal berwirausaha pasti mengerti kalau jadi pengusaha bukan sekedar "sukses, sukses, sukses", tapi "sukses, sukses, gagal, sukses"," katanya. (Elsa/Ndw)


Source: liputan6.com
3 Langkah Atasi Utang Kartu Kredit Usai Berlibur

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda seperti kebanyakan orang Amerika, maka tahun baru ini berarti tagihan kartu kredit hasil berlibur berada di level yang melebihi ekpektasi Anda.

Tidak ada cara lain untuk mengatasinya kecuali segera membayar utang tersebut. Sekarang saatnya mengencangkan ikat pinggang dan membuat rencana pelunasan utang. Satu yang harus Anda ingat, tidak semua utang bisa diperlakukan dengan cara yang sama.

Baca Juga

  • Manfaat Kartu Kredit Ini Wajib Anda Ketahui
  • Punya Kartu Kredit? Hindari 6 Hal Ini
  • UANGPEDIA: Perlukah Ajukan Kartu Kredit di Tahun Baru?

Source: liputan6.com
IHSG Berpeluang Lanjutkan Penguatan di Awal Pekan

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat di awal pekan ini didorong sentimen global terutama penguatan indeks saham Dow Jones.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya menuturkan, penutupan bursa saham Amerika Serikat positif pada akhir pekan lalu dapat memberikan angin segar ke pergerakan IHSG. Ia menilai, level support di 4.406 sedang terus diuji. Target resistance berada di level 4.491.

"Level resistance itu perlu digapai untuk mempertahankan pola pergerakan IHSG. Hari ini IHSG berpotensi melanjutkan penguatan," ujar William dalam ulasannya, Senin (25/1/2016).

Baca Juga

  • Bursa Saham Asia Angkat IHSG 42 Poin
  • IHSG Dibuka Naik 37,36 Poin ke Level 4.451,16
  • Mengakhiri Pekan yang Bergelombang, Wall Street Menguat

Source: liputan6.com
Kebijakan Pemerintah Dorong Laju IHSG Sepekan

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi bergerak menguat pada perdagangan saham sepekan. Indeks saham mendapat dorongan dari paket kebijakan ekonomi pemerintah yang mendapat respons positif dari pelaku pasar.

Analis LBP Enterprises Lucky Bayu Purnomo menilai, kebijakan pemerintah di bidang ekonomi nampak positif apalagi pemerintah serius dalam melakukan pembangunan infrastruktur.

"Sentimen dari infrastruktur bahwa aroma kebijakan pemerintah positif sudah mulai kita lihat. Pemerintah mewujudkan hal tersebut melalui pembangunan untuk menjelaskan bahwa kebijakan itu serius," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (25/1/2016).

Sentimen positif lain, didorong dengan turunnya suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). Lucky mengatakan penurunan suku menggerakan sektor lain seperti sektor properti.

Baca Juga

  • Bursa Saham Asia Angkat IHSG 42 Poin
  • IHSG Dibuka Naik 37,36 Poin ke Level 4.451,16
  • Mengakhiri Pekan yang Bergelombang, Wall Street Menguat

Source: liputan6.com
Perusahaan Minyak Asing PHK 250 Ribu Karyawan, RI Berapa?

Liputan6.com, Jakarta - Gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kembali menghantui Indonesia. Setelah industri padat karya di tahun lalu, kini nasib serupa menimpa perusahaan minyak di dunia maupun di Indonesia akibat anjloknya harga minyak dunia hingga menembus di bawah US$ 30 per barel.

Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS), Marwan Batubara mengungkapkan, saat ini perusahaan minyak di seluruh dunia sedang melakukan efisiensi. Mulai dari penghematan biaya operasional sampat terpaksa memecat karyawannya karena alasan harga minyak turun.

"Perusahaan minyak maupun industri yang berhubungannya, seperti kontraktor, industri pendukung di seluruh dunia tercatat sudah mem-PHK sekitar 250 ribu orang," tegasnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (25/1/2016).

Kebijakan pengurangan karyawan, kata Marwan, tidak bisa lagi terhindarkan meskipun beberapa perusahaan minyak maupun negara produsen minyak mentah mempunyai dana cadangan hingga ratusan miliar dolar Amerika Serikat (AS). Misalnya Arab Saudi, dan lainnya.

Baca Juga

  • Harga Minyak Jatuh, Schlumberger Pecat 10.000 Karyawan
  • Seramnya Bila Harga Minyak Amblas ke US$ 20 per Barel
  • Negara yang Paling Gembira Saat Harga Minyak Jatuh

Source: liputan6.com
Harga Daging Meroket, Pemerintah Didesak Lakukan Impor

Liputan6.com, Jakarta Harga daging sapi di pasar tradisional di Jakarta mengalami lonjakan dalam sepekan terakhir. Saat ini harga daging tersebut berkisar antara Rp 130 ribu hingga Rp 140 ribu per kilogram (kg).

Ketua Komite Daging Sapi Jakarta Raya, Sarman Simanjorang mengatakan, masih tingginya harga daging sapi di pasar tradisional dinilai sebagai tanda bahwa hingga saat ini pasokan daging sapi dari dalam negeri belum mampu mencukupi meski pun pemerintah telah melakukan sejumlah upaya untuk menjaga pasokannya.

"Harga daging sapi yang sampai saat ini masih mahal itu menandakan bahwa suplai dan ketersediaan daging belum lancar. Hukum pasar selalu akan melihat sejauh mana suplai dan ketersediaan akan sangat mempengaruhi fluktuasi harga," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Dia menjelaskan, upaya pemerintah dan pemerintah daerah (pemda) DKI Jakarta yang menyediakan kapal khusus pengangkut sapi dari daerah produksi seperti di Nusa Tenggara Timur (NTT) ke Jakarta sejauh ini belum efektif menurunkan harga daging sapi di ibu kota. Menurutnya, hal ini harus segera disikapi oleh Kementerian pertanian dan Kementerian Perdagangan.

Baca Juga

  • Daging Sapi Termahal di Dunia, Berapa Harganya?
  • Bulog: Harga Daging Mahal karena Kaget Ada Pajak Impor
  • Gara-gara Pajak Impor, Harga Daging Tembus Rp 130 Ribu per Kg

Source: liputan6.com
Beli 1 Tiket Pesawat Bisa Terbang 2 Orang, Mau?

Liputan6.com, Jakarta - AirAsia Indonesia, afiliasi dari Grup AirAsia kembali menawarkan promo bagi para pelanggan setianya. Promo tersebut dinamakan `Beli 2 Bayar 1` khusus tiket penerbangan destinasi internasional.

Promo ini tersedia bagi pelanggan yang melakukan pemesanan dua tiket dewasa khusus destinasi internasional dengan tanggal pembelian mulai hari ini hingga 31 Januari 2016 untuk tanggal keberangkatan mulai 27 Januari-30 Juni 2016.

Direktur Niaga AirAsia Indonesia Andy Adrian Febryanto mengatakan, promo ini merupakan salah satu upaya AirAsia Indonesia dalam memenuhi permintaan masyarakat yang ingin berlibur ke luar negeri bersama orang-orang terdekat seperti teman, sahabat, kekasih, atau kerabat, dengan hemat dan merasakan penerbangan berkualitas.

"Di sisi lain, kami juga ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk mendapatkan inspirasi dari pengalaman berlibur di berbagai destinasi wisata populer seperti Bangkok, Singapura, Perth, Darwin, Kuala Lumpur, Johor Bahru, hingga Penang dan Kota Kinabalu," kata Andy, Senin (25/1/2016).

Baca Juga

  • AirAsia Jual Tiket ke Luar Negeri Hanya Rp 14.500, Mau?
  • AirAsia Sebar 3 Juta Tiket Murah, Berminat?
  • Izin Operasi AirAsia Indonesia Terancam Dibekukan

Source: liputan6.com
Pasokan Listrik Bertambah 274 MW dari Panas Bumi

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat akan ada tambahan pasokan listrik sebesar 274 Mega Watt (MW) dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Dengan begitu total listrik yang dihasilkan PLTP sebesar 1.712 MW.

Seperti yang dikutip Liputan6.com dari data Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE), di Jakarta, Senin (25/1/2016), 274 MW listrik  tersebut berasal dari PLTP Lumut Balai 55 MW, Karaha 30 MW, Sarulla 114 MW, Lahendong 20 MW dan Ulubelu  55 MW.

Hingga 2015, sumber energi panas bumi yang disulap jadi listrik baru mencapai 1.438,5 MW sedangkan potensinya diperkirakan mencapai 29.452 MW.

Baca Juga

  • RI- Malaysia Saling Tukar Pasokan Listrik
  • PLTG Terapung Mulai Listriki Sulut dan Gorontalo
  • Pembangkit Pertama Program 35.000 MW Mulai Pasok Listrik

Source: liputan6.com
Awal Pekan, Rupiah Menguat ke 13.844 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) mampu menguat pada perdagangan Senin pekan ini. Penguatan rupiah karena ada dorongan sentimen positif dari dalam negeri.

Mengutip Bloomberg, Senin (25/1/2016), rupiah dibuka di level 13.860 per dolar AS. Level pada pembukaan tersebut melemah jika dibandingkan dengan penutupan pada pekan kemarin yang ada di level 13.845 per dolar AS. Namun menjelang siang atau pada pukul 10.50 WIB, rupiah mampu menguat ke level 13.849 per dolar AS.

Dalam perdagangan dari pagi hingga siang hari ini, rupiah sempat menguat di level 13.832 per dolar AS namun juga sempat melemah dan menyentuh level 13.870 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah mengalami pelemahan 0,44 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah menguat ke 13.844 per dolar AS dari perdagangan sebelumnya yang ada di level 13.874 per dolar AS.

Baca Juga

  • Jelang Akhir Pekan, Rupiah Menguat ke 13.878 per Dolar AS
  • Pelemahan Ekonomi China Tak Bakal Pengaruhi Rupiah
  • Ekonomi China Melambat, Rupiah Diperkirakan Bakal Tertekan

Source: liputan6.com
Curah Hujan Tinggi, Terganggukah Jaringan Kelistrikan di Jakarta?

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (PLN Disjaya) terus melakukan pengawasan terhadap sarana dan prasarana milik perseroan di tengah tingginya curah hujan saat ini. Curah hujan yang tinggi ini diharapkan tidak akan mengganggu jaringan kelistrikan di Jakarta dan sekitarnya.  

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Disjaya, Mambang Hertadi, mengatakan meskipun intensitas hujan belakangan ini mulai meningkat, belum ada infrastruktur milik PLN yang terendam banjir. Oleh karena itu, PLN pun belum melakukan pemadaman listrik. "Belum ada pemadaman, sejauh ini masih normal," kata Mambang, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Mambang mengungkapkan kondisi yang memungkinkan PLN melakukan pemadaman aliran listrik antara lain jika fasilitas PLN seperti gardu dan wilayah sekitarnya sudah terendam air. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari korsleting listrik dan menjaga masyarakat supaya aman dari sengatan listrik.

Baca Juga

  • Ini Wilayah yang Masih Mengalami Pemadaman Listrik Akibat Banjir
  • PLN: Pemadaman Listrik Saat Banjir untuk Selamatkan Warga
  • Ini Kronologi Pemadaman Listrik Pemicu Terendamnya Istana Negara

Source: liputan6.com
Bos BRI: UMKM Jadi Pelampung Ekonomi RI Saat Krisis

Liputan6.com, Jakarta - Sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia diakui sebagai salah satu sektor yang memberikan pengaruh besar terhadap perekonomian di Indonesia. Selain ini, sektor ini juga mampu menyerap banyak tenaga kerja di dalam negeri.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia‎  Tbk (BRI) Asmawi Syam mengatakan, saat terjadi krisis ekonomi pada 1998 lalu, sektor ini mampu bertahan dan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi pada tahun tersebut.

"UMKM punya banyak keunggulan. Pada 1998, UMKM dikenal sebagai sektor yang tahan krisis, yang menjadi pelampung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kemudian juga pada 2015 di mana terjadi perlambatan, sektor ini juga jadi pelampung pertumbuhan ekonomi kita," ujar dia di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Baca Juga

  • Program KUR Berlanjut Jadi Asa BRI
  • Bos BRI Berharap Keputusan BI Soal Bunga Acuan Tepat
  • Dalam 3 Bulan, BRI Mampu Salurkan KUR Rp 8 Triliun

Source: liputan6.com
Jusuf Kalla: Dunia Memasuki Revolusi Industri ke-4

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla melihat saat ini terjadi fenomena baru di dunia. Menurut dia, dalam waktu dekat akan terjadi revolusi industri yang keempat. Perkembangan industri robot dan drone akan menjadi fenomena besar.

"Sebentar lagi akan terjadi revolusi industri keempat. Revolusi yang pertama seperti kita tahu itu mesin uap, kemudian industri motor, lalu IT, dan sekarang akan bergeser ke robot atau drone," kata JK, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (25/1/2016).

JK optimistis Indonesia mampu beradaptasi dan mengikuti pola yang baru ketika memasuki industri robotik. Meski demikian, ia menegaskan pentingnya menguasai 2 industri yang sebelumnya.

Baca Juga

  • Laba BUMN Tambang dan Industri Ditargetkan Rp 33 Triliun
  • Pengusaha Minta Industri Otomotif Bantu Dorong Harga CPO
  • Industri Padat karya Lesu, Menko Darmin Salahkan Ekonomi Dunia

Source: liputan6.com
Gejolak Ekonomi Mulai Reda, BI Ramal Rupiah Stabil di 2016

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pergerakan nilai rupiah bakal cenderung stabil dan berpeluang menguat sepanjang 2016. Alasannya, tekanan dari eksternal, seperti China dan Amerika Serikat (AS), mulai mereda dan kondisi dalam negeri seperti data ekonomi makro juga membaik. 

Deputi Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengungkapkan fundamental nilai tukar rupiah akan bergerak tergantung pada laju inflasi dan defisit neraca transaksi berjalan atau current account deficit (CAD).

BI meramalkan posisi CAD akan mengarah pada 2,6 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang dinilai masih aman meski terjadi kenaikan 2 persen dari PDB dibanding dari tahun lalu. Sementara inflasi diproyeksikan rendah di level 4,3 persen pada 2016, sedangkan realisasinya 3,3 persen di 2015.

"Dari sisi fundamental, rupiah masih rendah, bahkan stabil tergantung assessment faktor eksternal. Semula diperkirakan kenaikan Fed Fund Rate tahun ini 4 kali, total 1 persen, tapi pasar membacanya 2 kali di Maret dan Juni sebesar 50 basis poin," ucap Perry usai menghadiri Seminar Global Research Briefing 2016 di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Faktor eksternal lain, katanya, China akan melakukan stabilisasi di pasar uang, sehingga pemerintah maupun bank sentral tidak akan membiarkan mata uang Yuan terdepresiasi secara signifikan, melainkan bertahap.

BI mengklaim 4 stimulus hasil kerja sama dengan pemerintah sudah jalan, yakni stimulus fiskal, reformasi struktural, stimulus makroprudensial, dan saat ini ada pelonggaran moneter. Menurut Perry, stimulus tersebut akan membawa pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih baik dan memberi sentimen positif terhadap harga saham. Kondisi ini dapat mendorong aliran modal masuk melalui pasar saham.

"Makanya eksternal sektornya jauh lebih rendah dari tahun lalu, sehingga kita perkirakan rupiah akan tetap stabil di kuartal I dan II 2016. Tapi di kuartal III dan IV, rupiah akan menguat karena faktor domestik dan eksternal yang membaik," Perry menjelaskan.

Pada hari ini, mengutip Bloomberg, rupiah dibuka di level 13.860 per dolar AS. Level pada pembukaan tersebut melemah jika dibandingkan dengan penutupan pada pekan kemarin yang ada di level 13.845 per dolar AS. Namun menjelang siang atau pada pukul 10.50 WIB, rupiah mampu menguat ke level 13.849 per dolar AS.

Dalam perdagangan dari pagi hingga siang hari ini, rupiah sempat menguat di level 13.832 per dolar AS namun juga sempat melemah dan menyentuh level 13.870 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah mengalami pelemahan 0,44 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah menguat ke 13.844 per dolar AS dari perdagangan sebelumnya yang ada di level 13.874 per dolar AS. (Fik/Gdn)

X


Source: liputan6.com
Minyak Dunia Tertekan, Pemerintah Bakal Turunkan Harga BBM?

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memberi sinyal tidak akan menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan solar, meski harga minyak dunia terus merosot.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengakui harga minyak dunia saat ini terus menurun. Akan tetapi pemerintah sudah memiliki aturan perubahan harga BBM yang akan ditinjau setiap tiga bulan.

"Harga BBM, benar harga minyak dunia terus turun harga makin dalam, kita punya aturan tinjauan setiap 3 bulan sekali," kata Sudirman, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (25/1/2016).

Sudirman menuturkan, perubahan harga BBM dilakukan setiap tiga bulan‎ bertujuan menjaga kestabilan yang menjadi parameter pembentukan harga produk lain.

Itu karena harga BBM merupakan komponen terbesar dalam pembentukan harga. Selain itu, pemerintah juga baru melakukan penyesuaian harga BBM pada awal tahun.

Baca Juga

  • Harga Minyak Melonjak 9% ke US$ 32 per Barel
  • BI: Penurunan Harga Minyak Berdampak Positif Bagi Ekonomi RI
  • Perusahaan Minyak Asing PHK 250 Ribu Karyawan, RI Berapa?

Source: liputan6.com
Harga Meroket, Industri Ayam Olahan Rem Produksi

Liputan6.com, Jakarta - Harga daging ayam ditingkat pedagang di dalam negeri mengalami lonjakan tajam dalam beberapa hari terakhir.‎ Saat ini harga ayam dibenderol lebih dari Rp 40 ribu per kilogram (kg). Selain berdampak pada konsumen rumah tangga, kenaikan harga ini juga memberikan pengaruh pada industri pengolahan daging ayam di dalam negeri.

Ketua Umum Asosiasi Industri Pengolahan Daging Indonesia, Ishana Mahisa mengatakan, saat ini industri pengolahan harus membeli daging ayam sebesar Rp 48 ribu per kg. Padahal biasanya harga daging ayam yang dibeli industri maksimal hanya Rp 34 ribu per kg.

"Harga ayam ini kenaikannya tidak wajar. Kan kalau industri butuh ayam boneless (tanpa tulang), itu harga normal sekitar Rp 29 ribu-Rp 34 ribu per kg. Tapi sekarang industri harus beli dari pasar sekitar Rp 48 ribu-Rp 50 ribu per kg. Jadi naiknya sekitar Rp 16 ribu atau hampir 50 persen," ujarnya di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Baca Juga

  • Harga Daging Ayam Naik Jadi Rp 45 Ribu per Kg
  • Cabai Hingga Ayam Sumbang Inflasi 0,75% di Pekan Kedua Januari
  • KPPU Sidak ke Peternakan Ayam, Cek Potensi Kartel

Source: liputan6.com
Pemerintah Tak Bisa Turut Campur Urusi PHK Kontraktor Migas

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tidak bisa ikut campur tangan atau mencegah perusahaan kontraktor penyedia barang dan jasa hulu minyak dan gas bumi melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Para perusahaan tersebut melakukan PHK  untuk menghadapi anjloknya harga minyak dunia.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), I Gusti Nyoman Wiratmaja mengata‎kan, dalam urutan kewenangan, para kontraktor penyedia barang dan jasa hanya terikat dengan perusahaan Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) atau perusahaan yang mencari minyak dan gas. ‎Selanjutnya, KKKS menjalin kerja sama dengan pemerintah. 

Dengan urutan tersebut, Wirat mengatakan bahwa pemerintah tidak bisa menembus kewenangan langsung ke para kontraktor karena hubungan pemerintah hanya dengan KKKS. "Jadi yang berkontrak dengan kami melalui SKK Migas itu KKKS,‎" kata Wirat, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (25/1/2016).

Karena pemerintah tidak bisa campur tangan, ‎maka hal yang dilakukan oleh pemerintah selama ini untuk mencegah terjadinya PHK di kontraktor penyedia barang dan jasa adalah melakukan imbauan. "Kalau industri penunjang kami hanya bisa mengimbau, tidak bisa memaksa,‎" ujar Wirat.

Wirat mengakui, saat ini telah terjadi pemutusan hubungan kerja pada perusahaan penyedia jasa penunjang ‎hulu minyak dan gas bumi dan hal tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi di seluruh dunia, salah satunya adalah Schlumberger. "Kalau Schulemberger, itu kan perusahaan penunjang, dan itu seluruh dunia," tutup Wirat.

Baca Juga

  • Minyak Dunia Tertekan, Pemerintah Bakal Turunkan Harga BBM?
  • BI: Penurunan Harga Minyak Berdampak Positif bagi Ekonomi RI
  • Perusahaan Minyak Asing PHK 250 Ribu Karyawan, RI Berapa?

Source: liputan6.com
Pemda Diminta Alokasikan APBD untuk Program Bedah Rumah

Liputan6.com, Jakarta Selain melaksanakan program sejuta rumah, yaitu menyediakan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah, pemerintah juga melakukan program bedah rumah. Pemerintah daerah diminta pro aktif untuk melancarkan program ini.

Program bedah rumah atau rumah swadaya ini dilakukan untuk rumah-rumah tak layak huni di pedesaan. Adanya alokasi dana APBD untuk program bedah rumah diharapkan dapat meningkatkan jumlah bantuan bedah rumah untuk masyarakat.

“Salah satu yang kami inginkan dalam pelaksanaan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah adalah adanya alokasi dana APBD untuk program perumahan masyarakat,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Eko Heripoerwanto dalam keterangannya, Senin (25/1/2016).

Baca Juga

  • Realisasi Program Sejuta Rumah Capai 667.668 Unit di 2015
  • Pengembang Bakal Bangun 240 Ribu Rumah Subsidi
  • Ini Usulan Pengembang untuk Program Sejuta Rumah

Source: liputan6.com
Standard Chartered: Premium Bisa Turun Jadi Rp 6.300 per Liter

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom Senior Standard Chartered Bank, Aldian Taloputra mengusulkan kepada pemerintah untuk menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium sebesar Rp 650 per liter dari Rp 6.950 per liter menjadi Rp 6.300 per liter. Permintaan tersebut dikemukakan karena harga keekonomian dari Premium sudah jauh lebih rendah dari harga jual Premium saat ini seiring pelemahan harga minyak dunia.

"Masih ada ruang yang cukup besar bagi pemerintah untuk menurunkan harga BBM sehingga dapat menurunkan angka inflasi yang diperkirakan 4,6 persen di 2016," ujar Aldian usai acara Standard Chartered Global Research Briefing 2016 di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Ia menghitung, peluang penyesuaian harga BBM jenis Premium ada di angka Rp 6.300 per liter. Perhitungannya berdasarkan asumsi harga rata-rata minyak sebesar US$ 40 per barel dan kurs rupiah di level Rp 14.300 per dolar Amerika Serikat (AS).

"Harga BBM bisa turun lebih jauh menjadi Rp 6.300 per dolar AS. Dari cara perhitungan Pertamina pun sudah meliputi marjin, biaya distribusi dan lainnya, harganya sudah di bawah. Jadi sebenarnya penurunan BBM bisa lebih besar," terang Aldian.

Baca Juga

  • Harga Premium Diusulkan Turun Jadi Rp 5.600 per Liter
  • Harga Minyak Anjlok Momen Tepat Hapus Premium
  • Harga Premium Diusulkan Turun Jadi Rp 5.600 per Liter

Source: liputan6.com
Penyaluran Kredit BNI Tumbuh 17,5%

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk berhasil mencatatkan laba bersih setelah dipotong biaya pencadangan sebesar Rp 9,1 triliun pada 2015 lalu. Angka itu menurun jika dibandingkan pencapaian tahun sebelumnya yang tercatat Rp 10, 8 triliun. Meski laba turun, sebenarnya kinerja penyaluran kredit BNI tetap menanjak.

Direktur BNI, Rico Rizal Budidarmo mengungkapkan‎, sepanjang 2015 penyaluran kredit perseroan tumbuh sebesar 17,5 persen menjadi Rp 326,1 triliun dari tahun 2014 yang tercatat Rp 277,6 triliun.

"Pada tahun 2015 BNI berhasil mengoptimalkan fungsi intermediasi ke berbagai segmen usaha di Indonesia ditengah kondisi ekonomi yang kurang kondusif," kata dia di kantornya, Senin (25/1/2016).

Baca Juga

  • Ekonomi Lesu, Laba BNI Turun Jadi Rp 9,1 Triliun
  • BNI Targetkan Pertumbuhan Kredit 17%
  • BNI Angkat Komisaris Utama Baru

Source: liputan6.com
BEI Usul 5 Kelompok Fraksi Saham, Ini Rinciannya

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berharap perubahan fraksi harga saham diluluskan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada kuartal I tahun ini.

Otoritas bursa menilai, perubahan fraksi harga mesti dilakukan karena nilai transaksi untuk ‎fraksi tertentu merosot tajam. Perubahan fraksi tersebut juga menimbang permintaan dari para investor.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Alpino Kianjaya mengatakan, pihaknya akan mengubah fraksi harga saham menjadi lima kelompok. Pertama, untuk harga saham Rp 50-200 memiliki fraksi Rp 1. Kedua, ‎harga saham Rp 200-500 menjadi Rp 2 dari sebelumnya Rp 1.

Ketiga, harga saham Rp 500-2.000 tetap pada Rp 5. Keempat,‎ harga saham Rp 2.000-5.000 dinaikkan menjadi Rp 10. Kelima, harga saham di atas Rp 5.000 diusulkan tetap Rp 25.

"Kita sudah lakukan studi banyak investor mengurungkan melakukan transaksi, yang membuat jumlah tertahan yang aktif trading. Juga nilai transaksi ‎di range tersebut mengalami penurunan yang signifikan lebih 40 persen di range yang saya sebutkan tadi. Dua-duanya sama lebih 40 persen," kata dia di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Baca Juga

  • BEI akan Kembali Ubah Fraksi Harga Saham
  • BEI akan Ubah Fraksi Harga Jadi 5 Kelompok
  • BEI Undang 120 Emiten Kaji Perubahan Fraksi Harga Saham

Source: liputan6.com
Perum Perhutani Gandeng PT Pos Manfaatkan Jasa Logistik

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Perum Perhutani Mustoha Iskandar dan Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Gilarsi Wahdju Setidjono tanda tangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang Pemanfaatan Potensi masing-masing BUMN.

Naskah Nota Kesepahaman tersebut untuk menetapkan kerja sama potensi para pihak dalam pengembangan dan pemenuhan kebutuhan masing-masing. Tujuannya adalah  bersinergi memberikan pelayanan terbaik dengan prinsip manfaat yang saling menguntungkan.

Ruang lingkup kerja sama ini meliputi pelayanan jasa pos, giro, logistik dan properti, pelestarian hutan dan/atau lingkungan, serta pemberdayaan masyarakat khususnya masyarakat desa sekitar hutan.

Direktur Utama Perum Perhutani, Mustoha Iskandar mengharapkan dalam kerja sama ini PT Pos Indonesia (Persero) dapat berperan dalam kegiatan yang terkait jasa logistik, termasuk yang ada di wilayah distrik Kais Sorong Selatan Papua Barat.

"Perhutani tidak mungkin sendirian di Papua Barat, pabrik Sagu kami butuh dukungan dari BUMN lain termasuk kerjasama dengan PT Pos Indonesia ini untuk mempercepat pembangunan wilayah perbatasan atau pinggiran. Sebagaimana diamanatkan oleh Negara kepada BUMN," kata Mustoha dalam keterangannya, Senin (25/1/2016).

Baca Juga

  • Menteri BUMN Tunjuk Dirut Baru Pos Indonesia
  • Kini Emas Antam Bisa Dibeli Lewat PT Pos
  • Pasarkan Gula Kristal Putih, PT PPI Gandeng Pos Indonesia

Source: liputan6.com
Aksi Beli Investor Asing Picu IHSG Naik 49 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu bergerak positif pada perdagangan saham Senin pekan ini. Penguatan IHSG ditopang dari bursa saham regional dan harga minyak.

Pada penutupan perdagangan saham, Senin (25/1/2016), IHSG naik 49,04 poin atau 1,1 persen ke level 4.505,78. Indeks saham LQ45 menguat 0,87 persen ke level 786,07. Sebagian besar indeks saham acuan menghijau kecuali indeks saham DBX turun 0,38 persen ke level 653,54 dan indeks saham Pefindo25 tergelincir 0,06 persen ke level 324,86.

Ada sebanyak 165 saham menguat sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. Sedangkan 104 saham melemah sehingga menahan penguatan IHSG. 90 saham lainnya diam di tempat.

Transaksi perdagangan saham pada hari ini tidak terlalu ramai. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 224.802 kali dengan volume perdagangan saham 4,4 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 4,5 triliun. Nilai tukar rupiah berada di posisi 13.869 per dolar Amerika Serikat (AS) pada Senin sore ini.

Berdasarkan data RTI, investor asing melakukan aksi beli bersih sekitar Rp 400 miliar. Sedangkan pemodal lokal melakukan aksi jual bersih sekitar Rp 400 miliar.

Baca Juga

  • Bursa Regional Angkat IHSG 27 Poin di Awal Pekan
  • IHSG Berpeluang Lanjutkan Penguatan di Awal Pekan
  • Gejolak Ekonomi Mulai Reda, BI Ramal Rupiah Stabil di 2016

Source: liputan6.com
BI Rate Bakal Dipangkas 50 Bps pada 2016

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom Senior Standard Chartered Bank, Aldian Taloputra meramalkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sepanjang tahun ini akan melemah terbatas karena faktor eksternal dan internal. Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) pun diprediksi turun lagi 50 basis poin (bps) di 2016.

"Terjadi pelemahan terbatas, dengan rentang Rp 14.300 per dolar AS di tengah tahun ini dan akhir tahun ini 14.500 per dolar AS," ujar dia saat ditemui di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Aldian menjelaskan, faktor yang mendorong pelemahan terbatas pada kurs Rupiah karena melihat ekspektasi pasar terhadap kebijakan penyesuaian suku bunga acuan The Fed yang tidak terlalu besar di 2016.   

Ia memperkirakan kenaikan Fed Fund Rate hanya sekali sebesar 25 basis poin (Bps) di Maret 2016. Proyeksi ini mempertimbangkan ekonomi AS yang diramalkan lebih memburuk di tahun ini. Indikatornya pasar tenaga kerja dan pertumbuhan kredit tinggi.

Baca Juga

  • Pengusaha Minta BI Rate Turun Jadi 6,75%
  • Pemerintah Harus Pilih Jaga Ekonomi Tumbuh atau Stabilkan Rupiah
  • Pengembang Ingin Bunga KPR Ikut Penurunan BI Rate

Source: liputan6.com
Menggapai Mimpi Penerimaan Pajak

Liputan6.com, Jakarta - "Teman2 sekalian yg saya cintai, saya telah memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai Dirjen Pajak. Pengunduran ini semata-mata sebagai bentuk tanggung jawab saya yg tidak berhasil memimpin DJP dlm mencapai target penerimaan pajak yg dapat ditolelir (diatas 85%). Perhitungan saya hanya akan mencapai 80-82% di akhir tahun 2015. Saya mengucapkan terimakasih atas dukungan dan bantuan teman2 sekalian, mohon maaf bila ada hal2 yang tidak berkenan selama ini. Semoga Dirjen Pajak y.a.d akan membawa DJP semakin Jaya, kredibel, akuntabel dan dapat dibanggakan."

Rangkaian kata-kata perpisahan tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Sigit Priadi Pramudito kepada para jajarannya melalui pesan singkat tepat di awal Desember 2015.

Sebagai orang nomor satu di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak yang dipilih melalui lelang jabatan, Sigit memiliki tugas berat yaitu menggenjot penerimaan pajak sesuai yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015 hingga Rp 1.294,25 triliun, atau naik kurang lebih 43 persen dari target sebelumnya yang tercatat Rp 900 triliun.

Sigit dilantik sebagai orang nomor satu di Ditjen Pajak Kemenkeu pada 6 Februari 2015. Terhitung 9 bulan bekerja, Sigit mengundurkan diri karena merasa tak bisa mencapai target untuk meraup penerimaan pajak di tengah pelemahan ekonomi Indonesia.

Data Ditjen Pajak memang membuktikannya. Realisasi penerimaan pajak dari awal tahun sampai dengan awal November 2015 atau sebelum Sigit mengundurkan diri baru mencapai Rp 774,48 triliun. Pencapaian ini masih jauh dari target atau baru mencapai 59,84 persen dari target dalam APBN-P 2015. Kinerja penerimaan pajak tersebut sebenarnya hanya turun tipis dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat Rp 776,2 triliun.

Untuk menggantikan Sigit, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro langsung menunjuk Ken Dwijugiastadi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pajak. Ken merupakan Staf Ahli Dirjen Pajak Kemenkeu. "Sudah dilantik Pak Ken sebagai Plt sampai ditunjuk yang definitif atau yang baru. Berlaku per 2 Desember 2015," ucap Bambang.

Ken Dwijugiastadi sendiri cukup yakin bisa menggenjot realisasi penerimaan pajak dalam sisa waktu satu bulan. Ia mengungkapkan memiliki trik khusus untuk mencapai realiasi penerimaan pajak tersebut. Ia menegaskan besar kemungkinan target tercapai. "Itu kan masih bisa (penerimaan pajak), mudah-mudahan bisa. Kalau meramal saya tidak bisa‎," tuturnya.

Tantangan Mencapai Target Pajak
Dua orang petugas memberikan penjelasan mengenai proses pembayaran pajak, di Gerai Pajak, Tanah Abang, Jakarta, Selasa (1/9/2015). Gerai layanan terpadu merupakan kerjasama antara Dirjen Pajak KPP dan Pemprov DKI Jakarta. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri Bambang sebenarnya mengakui bahwa sulit untuk mencapai penerimaan pajak di kisaran Rp 1.300 triliun sesuai target dalam APBNP 2015. "Masalahnya sejak 2012, kinerja penerimaan pajak Indonesia jelek sekali. Bukan karena perekonomian jelek, tapi karena tax administration atau pengumpulan pajak yang lemah," keluh dia saat berbincang dengan Liputan6.com.

Bambang menyebutkan, ada tiga penyebab buruknya pengumpulan pajak tersebut. Pertama, kepatuhan WP sangat rendah yaitu hanya sekitar 50 persen. Kedua, adanya kebocoran penerimaan pajak terutama dari restitusi atau pengembalian pajak, khususnya dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Ketiga, basis WP yang kecil.

"Meski jumlah penduduk 250 juta orang, yang punya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) hanya 28 juta orang atau sedikit di atas 10 persen. Yang menyampaikan SPT rutin hanya 10 juta WP dan yang membayar penuh sesuai ketentuan cuma 900 ribu orang. Itu WP Orang Pribadi," jelasnya.

Sementara kondisi serupa juga dialami Direktorat Jenderal Pajak di sisi WP Badan Usaha. "Jadi kita mau perbaiki kepatuhan bukan menaikkan tarif pajak," pungkas Bambang.

Pengamat Ekonomi dari Universitas Indonesia, Firmanzah berpendapat lain. Menurutnya, siapapun orang yang menjabat sebagai Dirjen Pajak tidak akan sanggup memenuhi target tersebut. Lantaran, target yang ditetapkan dalam APBNP 2015 tersebut tidak realistis. "Saya rasa siapa pun dirjen pajaknya akan kesulitan ya untuk memenuhi target. Karena memang menurut saya targetnya tidak realistis," ujar dia.

Firmanzah menjelaskan, dengan kondisi ekonomi seperti sekarang, dunia usaha akan mengalami perlambatan. Sedangkan sumber penerimaan pajak terbesar salah satunya berasal dari sektor usaha. "Ya kalau dengan kondisi perekonomi yang melambat tentunya dunia usaha juga akan melambat. Kalau dunia usaha melambat maka akan ikut mempengaruhi juga terhadap penghasilan, pendapatan pajak juga akan melambat. Dan benar bahwa realisasinya masih Rp 800 triliun," jelas Firmanzah.

Firmanzah menuturkan, pemerintah ke depannya tidak perlu lagi menetapkan penerimaan pajak yang terlalu ambisius. Pemerintah lebih baik fokus pada perbaikan ekonomi dalam negeri untuk mendorong pertumbuhan sektor usaha.

Realisasi pajak 2015
Menkeu, Bambang Brodjonegoro memberikan keterangan resmi terkait penerimaan pajak tahun 2015 di Direktorat Pajak, Jakarta Senin, (11/1). Total penerimaan pajak adalah 7.15% angka tersebut lebih meningkat di tahun 2014. (Liputan6.com/Faisal R Syam)
Ternyata, realisasi penerimaan pajak pada 2015 kemarin tak terlalu jelek meskipun memang masih jauh dari target. Ditjen Pajak telah mengumpulkan penerimaan pajak lebih dari Rp 1.000 triliun hingga 25 Desember 2015. Pencapaian tersebut merupakan prestasi bagi Ditjen Pajak karena berhasil mencetak rekor pertama kali dalam sejarah Indonesia. "Iya sudah melampaui Rp 1.000 triliun. Yang pasti sudah melewati tahun lalu. Itu (pencapaian) rekor," tegas Bambang. 

Kata Bambang, penerimaan pajak yang tembus lebih dari Rp 1.000 triliun berasal seluruh sumber pungutan baik Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Penjualan (PPn), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan lainnya. "Porsi terbesar setoran pajak disumbang dari PPh," paparnya.

Berdasarkan perhitungan sementara, realisasi pendapatan negara mencapai Rp 1.491,5 triliun atau 84,7 persen dari target yang tercatat Rp 1.761,6 triliun. Penerimaan tersebut merupakan penjumlahan dari penerimaan pajak, bea cukai serta penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Khusus untuk realisasi penerimaan pajak mencapai Rp 1.235,8 triliun atau sekitar 83 persen dari target Rp 1.489,3 triliun. Namun jika memperhitungkan kas yang dialokasikan untuk restitusi pajak, maka realisasi pajak netto mencapai Rp 1.055 triliun. Sedangkan targetnya sendiri adalah Rp 1.294,25 triliun.


Source: liputan6.com
Menperin Bakal Percepat Patenkan Merek TV Buatan Kusrin

Liputan6.com, Jakarta Perakit televisi asal Karanganyar, Jawa Tengah, Muhammad Kusrin mencuri perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi bangga bercampur kaget atas apa yang dilakukan Kusrin. Jokowi meminta Kementerian Perindustrian untuk membantu mematenkan merek televisi `buatan` Kusrin.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, Kusrin akan dibantu oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah agar dapat segera mematenkan merek produknya. 3 merek yang kini dimiliki Kusrin adalah Maxreen, Veloz, dan Zener

"Kami akan membantu agar ini bisa cepat dipatenkan," ujar Saleh saat dihubungi Liputan6.com, Senin (25/1/2016).

Baca Juga

  • Presiden Ingin Perbankan Suntik Modal untuk Kusrin Perakit TV
  • TV Rakitan dari Tabung Bekas Milik Kusrin Raih Sertifikat SNI
  • Diundang Jokowi, Kusrin Perakit TV Diminta Patenkan Mereknya

Source: liputan6.com
Setelah 50 Tahun, Kereta Cepat Harus Diserahkan ke Pemerintah

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jendral Perkeretaapian saat ini tengah menunggu rincian finansial untuk menentukan durasi konsesi dari PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Dirjen Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko‎ mengungkapkan sesuai dengan Peraturan Menteri No 66 Tahun 2013 tentang Perizinan Penyelenggaraan Prasarana Perkeretaapian izin konsesi oleh swasta maksimal 50 tahun.

"Jadi maksimal 50 tahun, itu harus diserahkan ke pemerintah, bukan kita yang minta, mereka (KCIC) bilangnya 40 tahun sudah BEP," ‎kata Hermanto saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Senin (25/1/2016).

Baca Juga

  • Masyarakat Butuh Kereta Cepat Jarak Jauh
  • Komentar Faisal Basri Soal Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung
  • Seharusnya Rute Kereta Cepat Sampai Surabaya

Source: liputan6.com