Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Senin, 11 Januari 2016
Rekomendasi Hunian Islami untuk Anda

Liputan6.com, Jakarta - Memilih hunian yang memberikan pilihan lingkungan yang lebih kondusif dan homogen di kota besar tentu tidak mudah.

Karena tidak selalu hunian homogen memberikan fasilitas menarik, lengkap, serta strategis terhadap fasilitas publik unggulan yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang keluarga kesayangan Anda.

Seperti hunian berbasis Islami yang setiap tahun mengalami peningkatan, baik jumlah perusahaan pengembang islami atau jumlah hunian yang berbasis islami dari pengembang umum.

Baca Juga

  • Ini 6 Klaster dengan Eksterior Tercantik
  • Ide Praktis Simpan Pakaian Tanpa Lemari
  • Inilah Rumah Ideal bagi Pensiunan

Source: liputan6.com
MEA Berlangsung, Minat Ekspatriat di Sektor Properti Menggeliat

Liputan6.com, Jakarta - Di awal 2016, era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah berjalan. Dalam era pasar bebas tersebut, barang dan jasa di negara-negara ASEAN bisa bebas keluar-masuk di sesama anggota. Perdagangan bebas di kawasan dalam rangka integrasi ekonomi ASEAN ini tentunya memberi dampak yang signifikan untuk perekonomian di Indonesia, tak terkecuali sektor properti.

Sejumlah pengamat properti turut memprediksi seberapa besar pengaruh MEA ini, salah satunya Ferry Salanto dari Colliers International Research Indonesia. Menurut Ferry, MEA bisa mempengaruhi sektor properti di Indonesia dengan beberapa syarat.

“MEA bisa saja memberikan pengaruh terhadap sektor properti, tapi harus diikuti dengan peraturan foreign ownership yang saat ini belum berjalan,” kata Ferry seperti ditulis Senin (11/1/2016) seperti dirilis Rumah.com.

“MEA itu yang saya lihat akan banyak pekerja asing yang bekerja di sini. Itu artinya potensi akomodasi akan bertambah. Namun dengan peraturan yang belum jelas tentang kepemilikan properti asing tentunya sektor sewa apartemen atau rumah masih menjadi pilihan utama,” tambahnya lagi.

Seperti diketahui, Pemerintah belum menetapkan regulasi yang tegas antara pemberlakukan pajak barang mewah PPnBM dan PPH 22. Namun untuk meningkatkan iklim investasi yang lebih baik, pada tanggal 23 Oktober 2015, Kementerian Tenaga Kerja mengubah regulasinya mengenai pekerja asing.

Mendorong investasi asing

Pada kebijakan sebelumnya para pekerja asing memiliki waktu sewa rumah minimal 2 tahun. Sedangkan kebijakan baru dengan nomor 35/2015 kini memperbolehkan mereka menyewa dalam jangka waktu yang lebih pendek, yaitu 3 atau 6 bulan.

Selain itu, dengan keadaan pasar properti yang sedang sepi, para pekerja asing bisa melakukan negosiasi harga sewa yang fleksibel terhadap pemilik properti. Beberapa pemilik juga ada yang menawarkan harga diskon mulai 5 sampai 10 persen untuk rumah standar ekspatriat. Bahkan ada juga beberapa rumah kost yang menurunkan harga sewanya hingga 30 persen.

Mengenai lokasi, meskipun Jakarta Selatan masih dianggap sebagai lokasi favorit untuk dipilih para ekspatriat untuk bermukim, kini pilihannya semakin menyebar ke kota penyangga.

Bagi mereka yang bekerja di kawasan TB Simatupang, kawasan Bumi Serpong Damai dan Bintaro dinilai lebih menarik bagi mereka. Selain itu Karawang dan Bekasi juga banyak dilirik untuk berburu apartemen dan rumah sewa karena lengkap dengan pusat industri.

Pengaruhnya tidak hanya soal lokasi yang lebih dekat dengan pusat aktivitas dan menghindari kemacetan, tapi juga harga sewa yang relatif lebih rendah.

Dikutip dari laporan Jakarta Property Market kuartal IV yang dirilis oleh Colliers International Indonesia, harga sewa rumah ekspatriat di kawasan Jakarta Selatan seperti Menteng, Kuningan, Pondok Indah dan Kemang berkisar US$ 3.600 - 4.500 per meter persegi. (Isnaini/Gdn)*


Source: liputan6.com
Mainan Kecil Ini Terjual Rp 298,6 Juta

Liputan6.com, Jakarta Mainan kecil yang diberi nama Shopkins Gemma Stone baru saja terjual dengan harga US$ 21.500 atau setara dengan Rp 298,6 juta.

Shopkins, mainan plastik kecil ini sukses menciptakan atensi besar dari masyarakat dunia. Bagaimana tidak, hanya demi mendapatkan mainan kecil ini saja seorang rela merogoh kocek hingga Rp 200 juta.

Mainan fantastis tersebut didesain dengan bentuk kristal dan dimasukkan dalam karakter terbaru mainan Shopkins. Shopkins dikenal sebagai mainan yang sering memanfaatkan bentuk objek sehari-hari sebagai desainnya. Mulai dari makanan seperti kacang hingga barang fashion seperti baju atau sepatu.

Setiap mainan diberi nama unik seperti ‘Poppy Corn’, ‘Penny Pencil’ dan ‘Cheeky Chocolate’.

Gemma stone merupakan jenis mainan Shopkins dengan desain khusus. Satu hal yang membuatnya berbeda, desainer mainan Moose Taylor juga tidak memproduksi mainan ini dalam jumlah banyak. Bahkan, ia tadinya tidak berminat untuk menjual mainan tersebut.

Gemma Stone akhirnya dijual untuk umum dalam lelang yang diselenggarakan dari tanggal 30 November hingga 7 Desember lalu. Mainan ini berhasil menarik 118 penawaran dan hanya satu diantara mereka yang berhasil memenangkan lelang dengan nilai US$ 21.500 atau Rp 298,6 juta.

Seluruh keuntungan penjualan mainan tersebut nantinya akan disumbangkan ke Toy Industry Foundation, sebuah organisasi non-profit yang memberi mainan pada anak-anak kurang mampu.

Mainan Shopkins karya Moose Taylor telah sukses terjual sebanyak 115 juta buah sejak diluncurkan pada tahun 2014. Mainan ini juga berhasil masuk ke dalam daftar mainan paling banyak dicari di Google. (Vna/Ndw)


Source: liputan6.com
Ini Tips Cepat dan Sederhana untuk Kembangkan Karir

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang berharap untuk berhasil dalam karir mereka, namun untuk mendapatkan kesuksesan itu tergantung pada tujuan dan motivasi Anda. Keberhasilan yang didapatkan mungkin akan berbeda dengan orang lain.

Seperti lansiran dari cheatseet.com, Kamis, (07/01/2016) terdapat lima cara sukses dengan cepat berikut daftarnya.

1. Melanjutkan pendidikan Anda

Ada banyak cara agar mudah meningkatkan pendidikan Anda. Untuk mendapatkan karir yang baik memang memerlukan gelar yang khusus, dengan mengikuti kursus atau melanjutkan pendidikan. Dapat meningkatkan keterampilan Anda menjadi produktif dapat meningkatkan kualifikasi dan gaji Anda.

2. Menghadirir konferensi

Dengan menghadiri konferensi Anda dapat mempelajari tentang kedisiplinan dan Anda dapat menunjukan minat di bidang Anda. Menunjukan minat yang nyata, dapat membantu kredibilitas dan kredensial Anda. Jika minat Anda menghasilkan kebaikan, itu akan menghasilkan kebanggaan bagi diri sendiri.


Source: liputan6.com
Kisah Oskouian, Wanita Iran yang Sukses Berkarir di AS

Liputan6.com, Jakarta - Nasib orang tidak ada yang tahu. Bisa jadi seseorang yang kini hidup tak berkecukupan, di kemudian hari isa jadi seseorang yang sukses dan terpandang. Kesuksesan membutuhkan keuletan dan kerja keras yang efektif. Seperti wanita Iran ini, yang sekarang menjalankan perusahaan besar di Amerika Serikat.

Adalah Anooshen Oskouian, wanita berumur 52 tahun yang mengungsi ke Amerika Serikat sejak dia beranjak remaja. Oskouian pindah lahir dan besar di Iran, hingga akhirnya dia harus pindah ke AS pada umur 14 tahun, dan menginspirasinya menjadi seorang pengusaha. Kala itu, ia dikirim orang tuanya untuk menuntut ilmu di Negeri Paman Sam.

"Saya dulu murid yang baik dan punya rasa ingin tahu. Saya selalu ingin menggali," tuturnya seperti dilansir dari CNN Money, Senin (11/10/20915).

Oskousian adalah anak paling besar di antara empat bersaudara. Dia tinggal bersama sepupunya di Denver dan menetap di sana saat kondisi Iran sangat berubah.

"Revolusi Iran sudah terjadi, dan saya tidak bisa kembali," kisahnya.

Pada akhirnya dia berkomitmen pada dirinya sendiri untuk bekerrja keras untuk menjadi sukses di Amerika. Bahkan dia memilih untuk pindah dan tinggal sendiri.

"Saya satu-satunya murid sekolah (setara SMA) yang tinggal di apartemen sendiri. Saya melakukannya karena tujuan ssaya berbeda dengan sepupu saya. Saya ingin mengejar kesuksesan," tuturnya.

Pada akhirnya di tahun 2000, Ouskouian mendirikan perusahaan Ship and Shore Enviromental. Perusahaan di Long Beach, California pembuat manufaktur sistem untuk membatasi polusi udaha. Perusahaan itu juga membantu pabrik besar untuk mengendalikan standar emisi dan mengurangi jejak karbon.

"Model kita unik dalam industri pengendalian polusi karena kita seperti one stop shop untuk klien kami," tuturnya.

Bisnisnya ini tumbuh dan berkembang dengan ribuan klien, Kini dia mempekerjakan 100 orang dan punya pendapatan tahunan 10 juta dolar. Dia juga ekspansi ke China.

Kesuksesannya ini tak terlepas dari peran keluarga. Dia terinspirasi dari sang Ayah ketika dia masih muda.

"Ayah saya bilang bahwa lebih baik bekerja untuk diri sendiri daripada untuk orang lain," ceritanya. Jadi, setelah menghabiskan beberapa tahun di perusahaan nuklir dan petrokimia di Texas, dia memutuskan unntuk mendirikan perusahaan sendiri.

Wanita ini sudah menjadi warga negara Amerika 25 tahun yang lalu dan membawa serta keluarganya ke Paman Sam pada 1990. (Zul/Ndw)

 


Source: liputan6.com
9 Kesalahan Bos yang Bikin Karyawan Resign

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin sering mendengar para manajer berkeluh-kesah soal karyawan terbaiknya yang keluar dari perusahaan atau resign.

para manajer biasanya menyalahkan semua kondisi yang terjadi dan menghiraukan masalah sebenarnya, yaitu karyawan bukan resign dari pekerjaan tapi meninggalkan bosnya.

Seperti dikutip dari Huffingtonpost, Senin (11/1/2016), sebenarnya masalah ini bisa dihindari kalau para pemimpin perusahaan mau berusaha lebih keras.

Berikut adalah sembilan hal terburuk yang para manager lakukan hingga membuat karyawan hengkang dari perusahaan:

1. Mereka memberi pekerjaan terlalu banyak.

Yang paling melelahkan bagi karyawan tentu pekerjaan yang banyak. Memang sangat menggoda untuk membuat karyawan terbaik bekerja sekeras mungkin.

Tapi para manajer cenderung terperangkap dan malah membuat karyawan tidak nyaman. Pekerjaan yang berat justru membuat karyawan merasa dihukum.

Sebuah riset menunjukkan produktivitas menurun ketika pekerja harus bekerja 50 jam dalam seminggu. Lebih dari itu produktivitas turun tajam.

2. Mereka tidak melihat kontribusi dan tidak memberi penghargaan

Sekedar menepuk bahu ketika karyawan bekerja dengan baik sudah menunjukkan bentuk penghargaan seorang manajer. Namun, para manajer sering lupa dengan hal ini.

Mereka perlu berkomunikasi dengan stafnya supaya merasa betah. Di sisi lain, para manajer juga harus memberikan penghargaan untuk pekerjaan baik yang dilakukan karyawan.

3. Mereka tidak peduli dengn karyawannya

Hampir sebagian besar karyawan memilih resign karena hubungan yang tidak baik dengan bosnya. Perusahaan yang cerdas tahu cara mengarahkan para manajer memperlakukan karyawan dengan manusiawi.

Mereka adalah para bos yang bergembira ketika stafnya sukses, berempati ketika ada yang mengalami masa sulit, dan memberi tantangan kepada karyawan.


Source: liputan6.com
Hadapi MEA, PNS Tak Boleh Malas-malasan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi‎ (PANRB) Yuddy Chrisnandi mengaku mulai masuknya era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menjadi satu momen peningkatan pelayanan dan kualitas birokrat Indonesia.

Untuk itu, Yuddy menekankan pentingnya untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas aparatur negara untuk menghadapi ketatnya persaingan MEA, di mana aparatur negara dituntut untuk dapat bersaing secara kompetitif menghadapi perkembangan yang dinamis serta tidak lagi bermalas-malasan.

"Di era kompetisi seperti saat ini, pemerintah dituntut untuk mampu merespons perkembangan zaman dengan cepat dan tepat," kata Menteri Yuddy, Senin (11/1/2016).

Menteri Yuddy juga mengungkapkan, saat ini aparatur negara harus menjadi pribadi yang tangguh dan memiliki kompetensi untuk berkompetisi agar tidak tertinggal dengan negara di ASEAN.

Baca Juga

  • Menaker: Tenaga Kerja Pariwisata Paling Siap Hadapi MEA
  • MEA Jadi Peluang Bagi Industri Komponen Otomotif Lokal
  • Dinilai Minim Ketrampilan, Pekerja RI Sulit Bersaing di MEA

Source: liputan6.com
Apa Akibatnya Jika Singapura Bangun Pembangkit Nuklir?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa negara ASEAN, seperti Malaysia dan Vietnam telah merencanakan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Namun anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Rinaldy Dalimi meyakini bahwa Singapura tidak akan ikut mengekor langkah tersebut karena satu hal.

Menurut Rinaldy, pembangunan PLTN tidak akan pernah ada di Singapura, berdasarkan penelitian dari sejumlah perguruan tinggi di negeri tersebut karena akan berakibat fatal jika terjadi bencana alam, seperti gempa.  

"Singapura tidak mungkin bangun PLTN. Karena kalau terjadi keretakan sedikit akibat bencana alam, maka seluruh Singapura harus dikosongkan. Bayangkan, bisa punah negara itu," tegasnya di Jakarta, Senin (11/1/2016).

Indonesia, diakui Rinaldy, sudah berencana membangun PLTN sejak 1960-an. Bahkan hal ini sudah diakui negara-negara di kawasan Asia Tenggara, dan saat ini mereka mulai mengekor RI untuk mendirikan pembangkit nuklir.

Baca Juga

  • Ini Masalah Pembangkit Nuklir di Luar Negeri
  • China Punya Pembangkit Nuklir Terbesar Dunia, Indonesia Kapan?
  • BUMN Rusia Ingin Bangun Industri Nuklir di RI

Source: liputan6.com
Wapres JK Bakal Luncurkan Izin Investasi 3 Jam

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bakal meluncurkan izin investasi 3 jam. Ini sesuai dengan janji pemerintah dalam penyederhanaan izin investasi di Indonesia demi mendorong masuknya modal asing.

Dikutip dari jadwal BKPM, rencananya ‎peluncuran ini akan dilakukan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kegiatan ini menandai dimulainya layanan izin investasi 3 jam, di mana investor yang mengurus melalui layanan izin investasi tersebut akan menerima delapan produk perizinan plus satu surat booking tanah (apabila diperlukan).

Kepala BKPM Franky Sibarani menyampaikan, kegiatan Grand Launching yang dilakukan di BKPM dilaksanakan sebagai upaya BKPM untuk menyebarkan informasi mengenai layanan tersebut kepada stakeholder terkait penanaman modal di Tanah Air.

“Kegiatan tersebut akan mengundang sejumlah duta besar negara sahabat, asosiasi bisnis asing dan pengusaha dalam negeri, serta kementerian-kementerian terkait,” ujarnya.

Menurut Franky, tim Pelayanan BKPM telah bekerjasama dengan seluruh LO PTSP pusat serta kementerian teknis terkait untuk menyempurnakan layanan izin investasi 3 jam tersebut.

Baca Juga

  • Ini Syarat dan Kemudahan Izin Investasi 3 Jam bagi Investor
  • PTSP Pusat Telah Terbitkan 17 Ribu Izin Investasi
  • 4 Perusahaan Sudah Manfaatkan Fasilitas Izin Investasi 3 Jam

Source: liputan6.com
Top 3: Perusahaan Asing Hengkang dari Batam

Liputan6.com, Jakarta - Masa depan suram tengah menghantui Batam sebagai ‎kawasan Free Trade Zone (FTZ) di Indonesia. Iklim investasi di kota tersebut perlahan mulai redup seiring konflik perburuhan dan dualisme kewenangan antara Badan Pengelolaan (BP) Batam serta Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Manager of Admin dan General Affair PT Batamindo Investment Cakrawala, pengelola kawasan industri Batamindo, Tjaw Hioeng mengaku, investasi di Batam pada tahun lalu kurang menggairahkan dan diproyeksikan bernasib sama pada tahun ini.

Calon penanam modal dikatakannya, masih menunggu perkembangan FTZ Batam sampai saat ini termasuk solusi pemerintah pusat (Pempus) atas `perang dingin` terkait kewenangan BP Batam dan Pemko ‎Batam.

"Tahun lalu tidak terlalu banyak investor, dan di tahun ini belum ada yang masuk (rencana investasi). Investor kelihatannya wait and see dengan perkembangan FTZ Batam," ujarnya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Minggu (10/1/2015).

Informasi mengenai banyaknya perusahaan asing yang hengkang dari Batam menjadi artikel paling diburu masyarakat. Lengkapnya, berikut tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com:

1. Banyak Demo Buruh, Perusahaan Asing Hengkang dari Batam

Bukan hanya faktor dualisme kewenangan antar otorita Batam, penyebab lain berkurangnya minat investasi di Batam karena maraknya aksi demo buruh.

Baik BP Batam maupun Pemko Batam seolah menutup mata termasuk kasus hengkangnya beberapa perusahaan asing dari Batam akibat tidak kuat lagi menghadapi situasi ini. Baca selengkapnya di sini!

2. Pekerjaan Sambilan yang Pas Buat Ibu Rumah Tangga

Banyak ibu rumah tangga yang menghabiskan waktu dengan mengurus seluruh kebutuhan rumah, suami dan anak-anak. Mereka mengatur uang yang didapatkan dari suami setiap bulannya.

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti Anda tak bisa hasilkan pundi-pundi uang. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang tambahan dengan memulai bisnis sampingan bermodal minim.

Terdapat lima pekerjaan sampingan yang dapat dikerjakan ibu rumah tangga, apa saja? Simak selengkapnya di sini!

3. Karena Ulah Mafia, RI Cuma Bisa Ekspor Tuna Sirip Biru 750 Ton

Pemerintah menyatakan, Indonesia memiliki potensi ekspor ikan tuna sirip biru (southern bluefin tuna/SBT) cukup besar ke Jepang, China, Taiwan dan negara lain.

Akan tetapi, akibat ulah mafia perdagangan SBT, Indonesia hanya kebagian jatah ekspor ikan termahal ini sebesar 750 ton per tahun. Baca sengkapnya di sini!


Source: liputan6.com
Pengusaha Minta Pemerintah Cabut Subsidi pada Solar

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar yang mulai berlaku pada 5 Januari lalu. Pemerintah memutuskan untuk menurunkan harga solar sebesar Rp 1.050 menjadi Rp 5.650 per liter.

Namun penurunan tersebut belum membuat pengusaha logistik puas. Pasalnya, harga solar saat ini masih mendapatkan subsidi dari pemerintah. Berbeda dengan premium yang telah mengikuti harga pasar.

Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita mengatakan, mengatakan seharusnya pemerintah juga mencabut subsidi pada solar, sama seperti yang dilakukan terhadap premium.

Baca Juga

  • Penurunan Harga BBM Turunkan Biaya Logistik 2%
  • Pengusaha Logistik Protes Dilarang Beroperasi Saat Libur Natal
  • Pengusaha Ingin Ada Pusat Logistik Berikat untuk Bahan Baku Mamin

Source: liputan6.com
5 Perusahaan Ini Gagal Capai Target Produksi Minyak

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat lifting minyak pada 2015 777 ribu barel per hari (bph).

Angka ini sekitar  94,2 persen dari target dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015 sekitar 825 ribu bph.

Dikutip dari bahan pemaparan kinerja SKK‎ Migas, Senin (11/1/2016), ‎terdapat 27 perusahaan migas yang produksi minyaknya di bawah target hingga total mencapai 64 ribu bph.

Baca Juga

  • Harga Merosot, Kegiatan Pencarian Cadangan Minyak Tersendat
  • Harga Anjlok, Penerimaan Hulu Migas Meleset dari Target
  • Target Lifting Minyak SKK Migas Rendah pada 2016

Source: liputan6.com
Jusuf Kalla Resmikan Layanan Izin Investasi 3 Jam BKPM

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meresmikan peluncuran layanan izin investasi 3 jam di kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Dalam layanan ini, investor akan menerima delapan produk perizinan plus satu surat booking tanah.

Kepala BKPM, Franky Sibarani mengatakan, layanan ini merupakan terobosan dari pemerintah untuk memudahkan para investor yang akan menanamkan modalnya maupun melakukan ekspansi investasinya di Indonesia.

"Ini merupakan terobosan investasi yang menyediakan 9 produk di mana satu produknya merupakan infomasi pertanahan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang," ujarnya di Jakarta, Senin (11/1/2016).

Franky mengungkapkan, untuk bisa mendapatkan pelayanan izin investasi pelayana 3 jam ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para investor, diantaranya nilai investor minimal Rp 100 miliar  atau senilai US$ 7,5 juta atau dengan penyerapan tenaga kerja dalam negeri setidaknya sebanyak 1.000 orang.

Baca Juga

  • 4 Perusahaan Sudah Manfaatkan Fasilitas Izin Investasi 3 Jam
  • PTSP Pusat Telah Terbitkan 17 Ribu Izin Investasi
  • Sulawesi Selatan Terapkan Fasilitas Izin Investasi 3 Jam

Source: liputan6.com
BKPM Potong Proses Izin Investasi dari 23 Hari Jadi Hanya 3 Jam

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meluncurkan (grand launching) layanan izin investasi 3 jam yang berlokasi di Kantor BKPM. Peluncuran layanan tersebut secara simbolis dilakukan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pada Senin (11/1/2016) pagi.

Kepala BKPM, Franky Sibarani mengatakan, dengan adanya pelayanan izin investasi 3 jam akan memangkas proses perizinan yang selama ini menbutuhkan waktu kurang lebih 23 hari menjadi hanya 3 jam.

Adapun produk-produk perizinan yang akan diberikan pada investor layanan izin investasi 3 jam adalah adalah izin investasi, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Akta Pendirian Perusahaan dan SK Pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM, Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

Selain itu, Izin Memperkerjakan Tenaga Asing (IMTA), Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), Angka Pengenal Importir Produsen (API-P), dan Nomor Induk Kepabeanan (NIK) serta surat booking tanah jika dibutuhkan oleh investor.

Baca Juga

  • Jusuf Kalla Resmikan Layanan Izin Investasi 3 Jam BKPM
  • Strategi BKPM Capai Target Investasi di 2016
  • Cara BKPM Kejar Target Investasi Rp 594 Triliun

Source: liputan6.com
Tekanan Masih Tinggi, Rupiah Bertahan di Rp 13.900 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih tertekan di awal pekan kedua Januari 2016 ini. Sentimen yang memberikan tekanan kepada rupiah adalah sentimen dari luar.

Mengutip Kurs Referensi jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) menunjukkan rupiah ada di level 13.935 per dolar AS pada perdagangan 11 Januari 2016 ini. Level tersebut melemah jika dibandingkan dengan perdagangan sebelumnya atau pada 8 Januari 2016 yang tercatat di angka 13.874 per dolar AS.

Sedangkan berdasarkan data Bloomberg, pada hari ini rupiah dibuka di level 13.955 per dolar AS, melemah jika dibanding dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.922 per dolar AS.

Namun menjelang siang atau pada pukul 11.20 WIB, rupiah mampu menguat ke level 13.907 per dolar AS. Sepanjang hari ini rupiah diperdagangan di kisaran 13.899 per dolar AS hingga 13.960 per dolar AS.

Jika dihitung sejak awal tahun, rupiah telah mengalami pelemahan hampir 1 persen atau tepatnya di angka 0,96 persen.

Baca Juga

  • Ini Penyebab Rupiah Terombang-ambing
  • Rupiah Masih Betah di Level 13.900 per Dolar AS
  • Rupiah Diprediksi Anjlok ke 14.400 per Dolar AS di Tahun Ini

Source: liputan6.com
Begini Cara JK Hadapi Situasi Ekonomi Global

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengaku sulit menebak arah perekonomian dunia. Sebab itu Indonesia dikatakan perlu mengerahkan tenaga dalam jika sewaktu-waktu terjadi badai ekonomi.

"Dapat kita lihat kalau ekonomi dunia seperti ini, maka timbul suatu hal di mana semua negara harus keluarkan kekuatan dalamnya. Dalam silat harus keluarkan kekuatan internal kita," kata JK, di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Jakarta, Senin (11/1/2016).
Source: liputan6.com
Banyak Pengembang Tak Patuh Aturan Hunian Berimbang

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengakui saat ini kebijakan hunian berimbang saat ini masih belum banyak dilaksanakan oleh para pengembang. Padahal kebijakan ini merupakan salah satu kunci yang mampu mengurangi backlog.

"Backlog saat ini sebesar 13,5 juta unit, sekitar 60 persennya itu adalah kebutuhan rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Sehingga yang lebih banyak dibutuhkan adalah rumah untuk kelas menengah ke bawah," ungkap Syarif Burhanuddin, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan seperti ditulis Senin (11/1/2016) yang dikutip dari Rumah.com.

Dia menjelaskan, menurut UU No. 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP), pengembang dalam membangun perumahan, wajib mewujudkan perumahan dengan hunian berimbang.

Baca Juga

  • Bekasi dan Bogor Tambah Pasokan Mal pada 2016-2018
  • Tren Hunian Mungil untuk Inspirasi Anda
  • MEA Berlangsung, Minat Ekspatriat di Sektor Properti Menggeliat

Source: liputan6.com
Apa Prediksi Lembaga Keuangan Internasional soal Yuan?

Liputan6.com, Jakarta - Omni Partners, salah satu hedge fund di London memperkirakan mata uang China yuan dapat melemah 15 persen pada 2016 bahkan lebih jika negara tersebut memiliki krisis.

Chris Morrison, Kepala Riset Omni Macro Fund menyatakan Yuan telah jatuh ke level terendah dalam lima tahun pada pekan lalu. Yuan berada di posisi 7 atau 7,5 per dolar AS.

Hal itu membalikkan apresiasi dan beriringan dengan penyusutan di pasar negara berkembang lainnya.  Yuan telah merosot 1,4 persen ke level 6,59 per dolar AS. Morrison melihat kalau pelemahan yuan berpotensi lebih besar dalam jangka panjang.

"Sementara pemerintah China telah melakukan intervensi besar-besar di pasar uang, tetapi akhirnya mereka tak dapat melawan fundamental ekonomi," ujar Morrison seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (11/1/2016).

Sejumlah lembaga keuangan internasional lainnya juga memprediksi kalau yuan masih melemah pada 2016.

Baca Juga

  • Bursa Asia Melemah Dipicu Kekhawatiran Ekonomi China
  • George Soros: Krisis Ekonomi Intai Dunia
  • RI Tak Takut Penurunan Ekonomi China

Source: liputan6.com
Cara Pemerintah Tekan Angka Kemiskinan di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah penduduk miskin periode September 2015 mencapai 28,51 juta jiwa, yang tersebar di perkotaan maupun pedesaan.

Angka ini naik jika dibandingkan periode September 2014, di mana angka penduduk miskin bertambah 780 ribu orang.

Saat diminta tanggapan perihal ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku belum mengetahui data yang dikeluarkan BPS tersebut.

Dia juga belum bisa memastikan apakah peningkatan angka kemiskinan tersebut terkait dengan lonjakan harga pangan sepanjang tahun lalu atau bukan.

"Saya belum lihat datanya, jadi belum bisa berkomentar, apakah itu terkait dengan persoalan harga, harga pangan nanti. Saya belum lihat," ujar dia di Jakarta, Selasa (11/1/2016).

Meski demikian, Darmin mengungkapkan ada sejumlah cara yang harus dilakukan untuk menekan peningkatan jumlah penduduk miskin ini. Salah satunya dengan mendorong pertumbuhan ekonomi lebih baik di tahun ini dan tahun-tahun mendatang.

Selain itu, juga bisa dilakukan dengan meningkatkan penerimaan para petani tanpa menyebabkan lonjakan inflasi. Hal tersebut bisa dilakukan asalkan rantai distribusi pangan lebih efisien.

Baca Juga

  • Ini Sebab Angka Kemiskinan RI Masih Tinggi
  • Harga BBM Turun Bikin Orang Miskin Berkurang 150 Ribu
  • Beras, Rokok Sampai Bensin Bikin Orang Miskin Makin Sengsara

Source: liputan6.com
China Gelontorkan Rp 162 Triliun untuk Bangun Bandara Baru

Liputan6.com, Jakarta - Perlambatan ekonomi China membuat pemerintah setempat gencar membangun infrastruktur. Dana triliunan digelontorkan demi membuat ekonomi kedua terbesar dunia tersebut kembali menggeliat.

Kini China menganggarkan ratusan triliun untuk membuat bandara baru di Negeri Tirai Bambu itu. China bakal mengguyur proyek bandara baru senilai 77 miliar yuan atau US$ 11,7 miliar yang setara Rp 162,9 triliun (kurs: 13.930/dolar), menurut Civil Aviation Administration of China.

China bakal membangun sejumlah airport baru di Beijing, Chengdu, Qingdao, Xiamen dan Dalian. 11 infrastruktur kunci dan 52 proyek pengembangan yang bakal dimulai pada tahun ini.

Disebutkan bahwa kini pembangunan, bandara internasional kedua Beijing, terbesar sepanjang sejarah kebandarudaraan China berjalan lancar.

Pembangunan terminal dan Air traffic Control (ATC) dikerjakan pada September dan diperkirakan akan rampung pada Juni 2016. Bandara ini dijadwalkan akan selesai pada Juni 2019 dan bisa beroperasi pada Desember di tahun yang sama.

Baca Juga

  • Garuda Indonesia Terbang dari Bandara Pondok Cabe Mulai 2016
  • Siapkah Bandara Pondok Cabe Jadi Komersil?
  • Garuda Terbangkan 8 Rute Penerbangan dari Bandara Pondok Cabe

Source: liputan6.com
Pembangunan Infrastruktur Jadi Incaran Pengawasan KPPU

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan mengawasi ketat proses pembangunan infrastruktur untuk menghindari praktik kolusi yang mengarah pada korupsi.

Wakil Ketua KPPU R. Kurnia Sya`ranie mengatakan‎, pengawasan terhadap proyek infrastruktur menjadi salah satu prioritas pengawasan lembaganya pada 2016.

Lantaran, saat ini pemerintah sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur. Selain itu 75 persen perkara KPPU ditemukan dalam kegiatan tender.

"Terkait dengan 75 persen perkara KPPU adalah tender,70 persen APBN untuk infrastruktur daerah," kata Kurnia, di Kantor KPPU, Jakarta, Senin (11/1/2016).

Kurnia menambahkan, pengawasan KPPU‎ betujuan untuk menghindari terjadinya praktik kolusi yang mengarah pada korupsi.

Baca Juga

  • Mendag Lembong Dukung Kelembagaan KPPU Diperkuat
  • PLN Tunggu Perpres Percepatan Infrastruktur Listrik
  • PLN Minta Dikawal Pemerintah untuk Bangun Infrastruktur Listrik

Source: liputan6.com
Mau Hemat? Hindari 6 Jebakan Ini Saat Belanja

Liputan6.com, Jakarta - Berapa kali Anda merasa terlalu banyak membeli barang yang tak diperlukan saat belanja di supermarket? Tenang, Anda tak sendiri. Sebuah penelitian terbaru mengungkap, sekitar 20 persen pembelian di supermarket memang tidak direncanakan.

Lantas, bagaimana cara berbelanja tetap hemat saat di supermarket dan tidak tergoda untuk membeli hal-hal yang tak diperlukan? Anda harus berhasil melewati beberapa jebakan yang ada di supermarket.

Dilansir oleh All Women Stalk, Senin (11/1/2015), berikut beberapa jebakan yang perlu diwaspadai ketika berbelanja:

1. Pintu masuk yang menggoda

Pernah memperhatikan pintu masuk supermarket? Di bagian depan tentunya sering dipajang benda-benda yang menarik dan dihias sedemikian rupa. Hal ini memang perlu untuk meningkatkan mood pada pembeli agar mereka lebih senang berbelanja.

Dengan mood yang baik, kebanyakan orang tak akan terlalu memikirkan barang apa yang mereka beli dan berapa banyak uang yang mereka keluarkan.

Untuk menghindari jebakan ini, lewati bagian depan supermarket yang menggoda itu dengan cepat dan jangan hiraukan.

2. Kereta dorong atau keranjang belanja besar

Keranjang belanja serta kereta dorong di supermarket biasanya berukuran besar. Hal ini mendorong pembeli untuk memenuhi keranjang mereka dengan barang-barang yang sebenarnya tak mereka butuhkan.

Jika menggunakan keranjang belanja yang kecil, Anda akan lebih mudah mengontrol barang apa yang ingin dibeli dan mana yang tidak perlu. Jebakan semacam ini bisa dihindari dengan memilih keranjang belanja yang lebih kecil atau membawa sendiri tas belanja Anda.


Source: liputan6.com
Kereta Cepat Jauh Lebih Efisien Dibanding Pesawat

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mendorong agar pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung berjalan sesuai dengan rencana. Setelah menggelar rapat pada pekan lalu, pemerintah memutuskan untuk segera melakukan groundbreaking pada 21 Januari 2016 di Walini, Bandung.

Langkah pemerintah untuk segera mewujudkan pembangunan kereta cepat tersebut diapresiasi oleh Direktur Eksekutif Infrastructure Partnership Knowledge Center (IPKC)‎ Harun Al Rasyid Lubis . Menurutnya, kereta cepat memang moda transportasi yang pantas untuk dikembangkan di Indonesia.

Sesuai dengan misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju di tahun 2035, kereta cepat menjadi satu moda transportasi yang harus ada.

Harun mengaku, kereta cepat merupakan moda transportasi orang yang cukup efektif jika dibandingkan dengan moda tra‎nsportasi lainnya seperti laut, darat dan udara.

"Kalau dikalkulasi dengan beragam moda, kereta cepat kalau dibandingkan dengan pesawat 7,5 kali efisiensi energinya daripada pesawat," kata Harun saat berdiskusi dengan wartawan di Jakarta, Senin (11/1/2016).

Baca Juga

  • Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Bisa Gunakan Dana APBN
  • Perizinan Proyek Kereta Cepat Harus Didukung Pemangku Kepentingan
  • Ini yang Jadi Kendala Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung

Source: liputan6.com
JK: Jangan Selalu Curiga Kalau Ada Tenaga Kerja Asing

Liputan6.com, Jakarta - Investasi asing pasti secara tidak langsung bakal menarik pula tenaga kerja asing (TKA). Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta masyarakat untuk tidak melihat dari sisi negatif terkait kehadiran para TKA. JK justru meminta agar mengambil sisi positif dari adanya para tenaga kerja asing tersebut. 

"‎Prinsipnya dulu, jangan selalu kita curiga kalau ada tenaga kerja asing. Tenaga kerja asing itu ada untuk mendorong investasi. Jadi tenaga kerja asing datang setelah ada investasi, bukan sebaliknya," kata JK di kantor BKPM, Jakarta, Senin (11/1/2016).

"Setelah ada investasi asing, maka secara otomatis ada pekerja asingnya, baik untuk teknologinya, baik modalnya," kata dia.

Kehadiran tenaga kerja asing tersebut dipastikan oleh JK akan membuka peluang penyerapan tenaga kerja dalam negeri. Pasalnya, para pekerja asing yang masuk mengikuti investasi asing tersebut diminta untuk membuka industri padat karya.

"Sehingga itu akan meningkatkan lapangan kerja baru. Jadi bisa saja kalau industri padat karya rata-rata 1 pekerja asing dapat memberikan pekerjaan pada 100 tenaga kerja Indonesia, tapi untuk labor intensif kadang 1 pekerja asing bisa 1.000 lapangan kerja di Indonesia," JK menegaskan.

Baca Juga

  • Alasan Gaji Ekspatriat Lebih Tinggi dari Pekerja Lokal
  • Pekerja RI Tak Siap Hadapi MEA
  • Saat MEA 2015, Buruh Tak Bisa Lagi Banyak Menuntut

Source: liputan6.com
Defisit Anggaran dan Rasio Utang RI Lebih Rendah dari Negara Lain

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menegaskan, defisit anggaran negara sebesar 2,8 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) serta posisi utang pemerintah yang menembus Rp 3.089 triliun dengan rasio 27 persen dari PDB masih relatif rendah dibanding negara maju dan negara berkembang lainnya. Utang pun diklaim digunakan untuk kegiatan produktif.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, Indonesia, khususnya penerimaan pajak dan pertumbuhan ekonomi sangat tertolong era booming komoditas di 2010-2013. Sementara berkah itu telah menjauh dari Republik ini dengan realisasi jatuhnya harga komoditas tambang dan perkebunan.

"Cara untuk menjaga pertumbuhan ekonomi adalah pengeluaran pemerintah dalam bentuk belanja modal. Belanja yang besar dengan pendapatan negara yang kurang akan meningkatkan defisit anggaran," ujarnya di Jakarta, Selasa (11/1/2016).

Baca Juga

  • Defisit Anggaran 2015 Melebar Jadi Rp 318,5 Triliun
  • Rizal Ramli Ungkap Penyebab Ekonomi RI Merosot
  • Setoran Pajak Ambisius Bikin Defisit Anggaran Membengkak

Source: liputan6.com
Orang Terkaya Dunia Kehilangan Rp 2.694 Triliun dalam Sepekan

Liputan6.com, Jakarta 400 orang terkaya di dunia kehilangan harta mereka sebanyak US$ 194 miliar atau setara dengan Rp 2.694 triliun di minggu pertama pembukaan perdagangan saham. Hal ini diakibatkan oleh melemahnya perekonomian China dan rendahnya harga minyak di pasaran.

Melansir Bloomberg, Senin (11/1/2016), sekitar 47 miliarder masing-masing kehilangan lebih dari US$ 1 miliar hartanya selama minggu terlemah perdagangan saham di Amerika Serikat (AS).

Baca Juga

  • Dalam Sehari, 5 Miliarder Ini Kehilangan Duit Rp 120 Triliun
  • Inilah Kebiasaan Orang Kaya Sebelum Tidur
  • Para Miliarder Dunia Jadi Lebih Miskin di 2015

Source: liputan6.com
China Seret Bursa Asia ke Level Terendah Sejak 2011

Liputan6.com, Shanghai - Bursa saham China melanjutkan penurunan di awal pekan ini sehingga menyeret bursa saham Asia tertekan.

Indeks saham Shanghai turun 4,47 persen. Indeks saham Shenzhen melemah 6 persen. Indeks saham Hong Kong Hang Seng merosot 2,24 persen di awal pekan ini sehingga berada di bawah level 20.000 untuk pertama kalinya sejak Juni 2013.

Tekanan bursa saham China itu dapat memicu penghentian sementara perdagangan saham. Mengingat sistem perdagangan di bursa China dirancang bila indeks saham acuan CSI 300 turun lima persen akan dihentikan sementara. Jika indeks saham acuan jatuh dan naik 7 persen maka akan dihentikan sementara selama sisa perdagangan saham.

Pelemahan bursa saham China tersebut juga menyeret bursa saham Asia mencatatkan level terendah lebih dari empat tahun seiring kekhawatiran terhadap prospek China berlanjut. Hal itu memicu aksi jual di bursa saham Asia.

Baca Juga

  • George Soros: Krisis Ekonomi Intai Dunia
  • Bursa Asia Melemah Dipicu Kekhawatiran Ekonomi China
  • Apa Prediksi Lembaga Keuangan Internasional soal Yuan?

Source: liputan6.com
Menteri Susi Minta Satgas 115 Usut Kasus Pelarian 9 Kapal Asing
Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti meminta Satgas 115 mengusut kasus  sembilan kapal eks asing asal Cina berbobot 300 GT yang dilarikan Anak Buah ‎Kapal (ABK) kewarganegaraan Cina dari Pelabuhan Pamoko, Timika, Papua pada 30 Desember 2015.
Source: liputan6.com
Intip Cara KPPU Buat Tekan Harga Obat

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menginginkan har obat bisa terjangkau semua kalangan sehingga beban masyarakat bisa lebih ringan. Keinginan dari KPPU ini untuk melaksanakan perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menciptakan biaya pengobatan yang murah.

Ketua KPPU, Syarkawi Rauf menjelaskan, Presiden Joko Widodo pernah mempertanyakan kepada KPPU mengapa harga obat di dalam negeri jauh lebih mahal jika dibanding dengan di negara lain. Jokowi mencontohkan, di Amerika harga obat Hepatitis C mencapai US$ 100 per butir. Sedangkan di Indonesia bisa berkali lipat.  "Ini bagaimana caranya agar di Indonesia juga bisa lebih murah," jelas Syarkawi, di Kantor KPPU, Jakarta, Senin (11/1/2015).

Baca Juga

  • Dorong Penurunan Harga Obat, BKPM Buka Investasi Industri Farmasi
  • Harga Obat Mahal, Pemerintah Tekan Impor Bahan Baku
  • Harga Obat RI Lebih Mahal Ketimbang Malaysia

Source: liputan6.com
Tower Darurat Berdiri, Pasokan Listrik Sumbar Segera Normal

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) telah membangun tower transmisi  darurat,‎ untuk mengatasi robohnya tower transmisi Indarung-Bungus, Padang, Sumatra Barat (Sumbar), yang terjadi pada Sabtu, 9 Januari 2016.

"Saat ini PT PLN (Persero) telah berhasil mendirikan tower emergency, sebagai pengganti tower 47 yang roboh," kata Manajer UPT Padang, Doni Rinaldi, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Senin (11/1/2016).

Doni menuturkan,‎ saat ini tim telah melakukan proses pemasangan kabel konduktor, pemasangan isolator serta pengencangan kabel dari tower darurat ke tower yang telah ada.

Baca Juga

  • PLN dan Pertamina Sepakati Harga Uap Panas Bumi, Ini Besarannya
  • PLN Gratiskan Biaya Tambah Daya ke 1.300 VA
  • Pertumbuhan Penjualan Listrik PLN di 2015 Terendah dalam 10 Tahun

Source: liputan6.com
Ini Syarat Buat Lapindo Jika Ingin Bor Sumur Lagi

Liputan6.com, Jakarta - PT‎ Lapindo Brantas Inc memberhentikan kegiatan pengeboran dua sumur di Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur. penghentian pengeboran tersebut sesuai dengan perintah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) karena belum adanya izin pengeboran.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, Lapindo memang telah mengantongi beberapa izin untuk kembali melakukan pengeboran di Sidoarjo. Namun di luar izin yang telah diurus tersebut masih ada izin lain yang harus dikantongi.

"WPNB sudah disetujui oleh SKK Migas izin dari daerah sudah ada, yang belum adalah dari Migas namanya persetujuan keselamatan kerja‎," kata Wirat di kantornya, Senin (11/1/2016).

Baca Juga

  • Tak Berizin, Pemerintah Larang Lapindo Bor Sumur Migas
  • Warga Sambut Baik Penghentian Pengeboran Lapindo Jilid II
  • Pakde Karwo Belum Izinkan Lapindo Mengebor Lagi

Source: liputan6.com
ABK Larikan Kapal, Menteri Susi Bakal Layangkan Surat ke China

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti kem‎bali geram. Lantaran sembilan kapal eks China di Timika dilarikan oleh sejumlah Anak Buah Kapal (ABK) berkewarganegaraan China.

Susi menjelaskan, informasi tersebut didapat dari perusahaan Minata Group. Berdasarkan keterangan itu, sembilan kapal itu ditumpangi oleh 39 China, yang terdiri dari 8 orang sebelumnya telah ditugasi untuk menjaga kapal tersebut.

"Yang dilakukan ABK Tiongkok ini sangat tidak pantas, Tata hukum negara kita. Kita akan surat complain China, dan panggil kembali. Saya tidak senang dan kecewa yang dilakukan oleh para kru kapal dan membawa kapal ini‎," kata dia di Jakarta, Senin (11/1/2016).

Baca Juga

  • Selama Menjabat, Menteri Susi Tenggelamkan 107 Kapal
  • Kebijakan Menteri Susi Bikin Ekspor Ikan RI ke AS Melesat
  • Pemerintah Jadikan Rusia Sebagai Negara Sasaran Ekspor Ikan

Source: liputan6.com
Sudah Waktunya BI Turunkan Suku Bunga Acuan

Liputan6.com, Jakarta - DPR RI meminta kepada Bank Indonesia (BI) untuk menurunkan suku bunga acuan (BI Rate). Penurunan BI Rate sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. 

Anggota Komisi XI DPR RI, Misbakhun mempertanyakan alasan BI selama ini terus mempertahankan suku bunga acuannya pada level 7,5 persen. Langkah BI mempertahankan BI Rate tersebut sudah lebih dari 10 bulan terakhir.

Misbakhun memahami langkah BI mempertahankan suku bunganya guna mengendalikan inflasi pada tahun lalu. Namun BI juga dinilai perlu menurunkan tingkat suku acuan. 

Menurut politisi Partai Golkar ini, BI harus menurunkan tingkat bunga acuannya guna mendorong pertumbuhan ekonomi di tahun ini. Karena dengan BI rate yang rendah, maka kegiatan bisnis di dalam negeri akan kembali bergeliat.

"BI rate tidak seharusnya ada di 7,5 persen. Karena Indonesia butuh pertumbuhan. Jangan korbankan pertumbuhan, jaga stabilitas moneter saja. Kita ini butuh investasi yang banyak, dana murah supaya menggerakan ekonomi di sektor riil," jelasnya, Senin (11/1/2016).

Baca Juga

  • Pengusaha Ingin BI Rate Turun ke 6,5% pada 2016
  • Bank Mandiri: Keputusan BI Tahan Suku Bunga Sangat Tepat
  • BI Diminta Berani Turunkan Suku Bunga

Source: liputan6.com
Menteri Susi Pulangkan 14 ABK Asing ke Myanmar

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia berencana memulangkan (repatriasi) 14 Anak Buah Kapal (ABK) Myanmar yang masih berada di Ambon besok, 12 Januari 2016. Hal ini merupakan lanjutan dari sebelumnya, di mana pada Desember 2015 telah dipulangkan 23 ABK Myanmar.

"Kloter pemulangan selanjutnya akan dilakukan besok, 12 Januari 2016 dengan jumlah ABK sebanyak 14 orang," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti saat jumpa pers di kantornya, Senin (11/1/2016).

Dalam kesempatan itu juga Susi mengatakan, di luar jumlah tersebut, ‎saat ini juga tengah berlangsung verifikasi identitas terhadap 24 ABK oleh Pemerintah Myanmar.

Baca Juga

  • Ungkap Perbudakan ABK RI, Menteri Susi Gandeng Selandia Baru
  • 50% ABK RI Bekerja Secara Ilegal di Kapal Asing
  • Data Keluarga Nihil, 3 Jasad ABK Thorco Cloud Belum Dikenali

Source: liputan6.com
Bahas Pajak Impor Minyak Mentah, Menkeu akan Temui SKK Migas
Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro berencana menemui manajemen Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) untuk membahas masalah penghapusan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) impor dalam pembelian minyak mentah dari agen penjual luar negeri (trader). 
Source: liputan6.com
Agus Marto Yakin Ekonomi RI Membaik, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo yakin kondisi ekonomi Indonesia akan kembali menggeliat. Agus menyebut, perekonomian Indonesia tahun ini akan lebih baik dibanding tahun lalu.

Dia menjelaskan, secara umum kondisi ekonomi Indonesia saat ini berada dalam konsidi yang baik. Hal ini terlihat neraca transaksi berjalan Indonesia yang masih terjaga serta tingkat inflasi yang mengalami perbaikan pada akhir tahun lalu.

"Kita paling tidak melihat kondisi transaksi berjalan kita, inflasi kita yang mengalami perbaikan. Ada perbaikan pembangunan infrastruktur kita, perbaikan inflasi. Inflasi memang harus ada catatan karena inflasi sepanjang tahun itu 3,35 persen. Tapi kan, satu bulan terakhir hanya 0,9 persen," ujanya di Jakarta, Senin (11/1/2016).

Baca Juga

  • Penyesuaian UMP Bakal Jadi Pemicu Kenaikan Inflasi di 2016
  • Pengakuan Darmin Jadi Saksi Mata Jatuh Bangunnya Ekonomi RI
  • RI Tak Takut Penurunan Ekonomi China

Source: liputan6.com
Izin Tak Kunjung Terbit, Proyek Jalan Tol Solo-Kertosono Mandek

Liputan6.com, Solo - Proyek pembangunan jalan tol Solo-Kertosono (Soker) terpaksa berhenti di tengah jalan. Hal ini karena perizinan penggalian galian C yang diajukan kontraktor kepada pemerintah daerah tak kunjung turun. Padahal material galian C tersebut sangat dibutuhkan untuk pembangunan tahap awal pengurukan jalan tol.

Anang Rachmat Soeryadi, Project Manager PT Lancar Jaya Mandiri Abadi (MLA) selaku sub kontraktor PT Waskita Karya mengatakan, pengajuan perizinan telah diajukan ke Pemda Ngawi serta ‎Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur sejak September 2015.

"Dari 20 perizinan penggalian C yang diajukan, baru satu yang keluar. Itu pun setelah dilakukan proses penggalian terus dihentikan lagi oleh pihak Pemda Ngawi," kata dia di Solo, Senin (11/1/2016).

Akibat perizinan yang tak kunjung turun itu, pengerjaan proyek jalan tol di wilayah C dan D yang meliputi daerah Mantingan, Ngawi hingga Magetan, Jawa Timur, menjadi mandek. Pasalnya material yang dibutuhkan untuk tahap proses pengurukan tanah tidak tersedia.

"Permasalahannya karena tidak ada sumber material untuk tanah uruk. Padahal jika pengurukan selesai akan dilanjutkan tahap selanjutnya meliputi pengurukan batu dan pembangunan struktur jalan meliputi jembatan serta badan jalan," tutur dia.

Dengan terhambatnya proses pengerjaan tahap awal, Anang memastikan proses pembangunan jalan tol Soker akan molor dari target awal. "Kita cuma menunggu perizinan itu turun. Seharusnya jika perizinan lancar, Januari ini tahap pengurukan tanah untuk jalan tol selesai sesuai dengan target yang telah ditentukan. Tetapi kini malah mandek," keluhnya.

Ia pun sangat menyayangkan pengurusan perizinan yang belum turun tersebut. Padahal kebutuhan tanah untuk pembangunan jalan tol tersebut mencapai 3,5 juta meter kubik. "Kami membutuhkan tanah itu untuk pembangunan jalan tol sepanjang 90 kilometer yang masuk ke paket C dan D," tutur dia.

Baca Juga

  • Ayo Berebut Proyek Jalan dan Jembatan Senilai Rp 28 Triliun
  • Bangun Tol Padang-Sicincin, Pemerintah Cari Utang ke Swasta
  • Lima Ruas Tol Ini Siap Beroperasi pada Mudik Lebaran 2016

Source: liputan6.com
JK Sepakat dengan Megawati Soal BUMN

Liputan6.com, Jakarta ‎Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan dirinya sepakat dengan pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, bahwa BUMN tidak boleh diperlakukan sebagai korporasi semata.

"Pemerintah sepakat, itu benar bahwa BUMN jangan berpikir full korporasi," tegas JK, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (11/1/2016).

JK menegaskan BUMN mempunyai misi khusus untuk pengembangan ekonomi, hal-hal perintisan, membuat pemerataan, dan mengelola kekayaan negara. Oleh karena itu, perusahaan pelat merah itu berbeda dengan korporasi biasa.

Baca Juga

  • Megawati Sindir Menteri BUMN, Tanda Rini Soemarno Direshuffle?
  • 4 BUMN Tambang Bersinergi Bakal Tak Ganggu APBN
  • Menteri BUMN Sedih Kaleng Minuman Ringan Masih Impor

Source: liputan6.com
Harga Turun, Konsumsi BBM di Balikpapan Melonjak

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina Unit Pemasaran VI Balikpapan Kalimantan Timur mencatat lonjakan peningkatan konsumsi BBM subsidi hingga mencapai 66 persen. Lonjakan konsumsi BBM subsidi terjadi pada 5 hingga 9 Januari lalu pasca kebijakan penurunan harga BBM.

“Ada lonjakan konsumsi BBM di Kalimantan,” Kepala Humas PT Pertamina Unit Pemasaran Balikpapan, Dian Hapsari, Senin (11/1/2016).

Dian mengatakan, lonjakan konsumsi terjadi di seluruh produk BBM Pertamina dengan rincian premium (18 persen), solar (66 persen), pertamax series (11 persen) dan pertalite (3 persen).

Baca Juga

  • BBM Mulai Langka, Ini Alasan Pertamina
  • Pengusaha Minta Pemerintah Cabut Subsidi pada Solar
  • Warga Manado Keluhkan Premium Sulit Diperoleh

Source: liputan6.com