Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Kamis, 14 Januari 2016
5 Kebiasaan yang Bisa Bantu Anda Jadi Kaya

Liputan6.com, Jakarta - Hanya ada segelintir orang kaya yang mendapat kekayaannya dari harta warisan. Sebagian besar orang memiliki hartanya dari usaha atau keringat sendiri. 

Memang, untuk bisa menjadi kaya, memerlukan pemikiran, sikap dan perbuatan yang seirama dengan tujuan hidupnya. Alhasil, apa yang mereka perjuangkan membuahkan hasil. 

Dikutip dari entrepreneur.com, Kamis (14/1/2016), terdapat 5 kebiasaan orang kaya yang dapat Anda tiru untuk menjadi kaya :

1. Berani ambil risiko

Orang kaya bekerja dengan rutin, mencoba banyak hal yang berbeda karena mengetahui akan banyak kegagalan. Mereka mengambil risiko karena mereka tahu bahwa kegagalan hanyalah bagian dari proses. Orang kaya juga tahu apa yang benar akan mereka kerjakan untuk membangun lebih banyak kekayaan.

2. Berinvestasi dalam diri

Orang kaya tidak melihat berapa banyak uang yang dimilikinya dan berapa uang yang akan mereka habiskan. Mereka lebih melihat bagaimana cara mendapatkan uang itu. Mereka juga memahami bahwa strategi dalam investasi adalah berinvestasi dalam diri sendiri. Alasannya, investasi diri akan lebih menghasilkan dari pada investasi saham atau bisnis lainnya.

3. Bergaul

Mereka memiliki pergaulan untuk mendapatkan informasi lebih. Selain itu terdapat sebuah proses biologis yang disebut dengan homeostasis. Homeostasis adalah proses biologi yang dikenal untuk menemukan berbagai aspek kehidupan dan fakta kehidupan, yang mengatur setiap aspek dari keberadaan Anda. Orang kaya menggunakan proses biologis ini untuk membangun kekayaan mereka.

4. Memiliki ritual pagi

Orang kaya memiliki kegiatan di pagi hari untuk meningkatkan prudktivitasnya, seperti olah raga, membaca buku atau bersemedi. Mereka akan menjadikuat untuk mencapai hari-hari mereka dengan keras.

5. Konsisten

Mereka membuat umpan balik untuk membuat perubahan dan mengembangkan startegi untuk memenuhi tujuan tersebut. Proses umpan balik untuk membuat perubahan dan menjaga dunia yang cepat berubah. (Apr/Gdn)


Source: liputan6.com
Riset: Dering Ponsel Bisa Picu Kesalahan Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Ponsel, terutama smartphone seperti sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Terlebih dengan segala kecanggihannya, ponsel kerap dibawa ke segala tempat. Tak heran jika ponsel tidak pernah dimatikan bahkan di saat-saat yang butuh konsentrasi, seperti bekerja.

Perusahaan memang tidak pernah melarang karyawannya untuk menyalakan atau menggunakan ponsel di kantor. Namun karyawan tentu perlu mengetahui batas penggunaannya.

Sejumlah ahli karier menganggap bahwa ponsel bisa mengganggu kerja para karyawan. Pesan yang masuk dan keinginan untuk membuka media sosial atau chatting online dapat membuat penyelesaian tugas mereka tertunda.

Tapi bukan itu saja. Dilansir Time, Kamis (14/1/2016) penelitian terbaru mengungkap risiko yang lebih buruk dari pemakaian ponsel saat kerja. Yakni memicu terjadinya banyak kesalahan.

Riset tersebut diterbitkan oleh Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performance. Studi itu mengungkapkan bahwa dering notifikasi dari ponsel bisa mengganggu pikiran dan konsentrasi kerja. Hanya dengan mendengar bunyinya saja, pekerja jadi rentan melakukan kesalahan.

"Walaupun notifikasi-notifikasi ini berdurasi singkat, mereka bisa memunculkan pikiran yang tidak relevan dengan tugas atau membuat pikiran kemana-mana. Ponsel bisa mengganggu atensi walaupun orang itu tidak berinteraksi dengan alat," ungkap peneliti.

Studi ini melibatkan sejumlah responden yang diberi beberapa soal. Pengujian itu dilakukan menggunakan ponsel mereka sendiri tanpa diberitahu maksud dan tujuan dari penelitian tersebut.

Hasil penelitian pun mengungkap, para responden banyak memberi jawaban yang salah ketika notifikasi di ponsel atau smartphone berdering. Bunyi pemberitahuan SMS, email, atau chatting terbukti memecahkan konsentrasi yang menyebabkan mereka salah memberi jawaban pada kuis.

Risiko yang lebih tinggi datang dari bunyi telepon masuk. Suara tersebut dapat memicu kesalahan kerja sebanyak tiga kali lipat. Alasan dari hasil-hasil ini pun cukup masuk akal. Menurut peneliti, walaupun manusia terutama wanita bisa multitasking, otak bekerja lebih baik jika kita fokus pada satu tugas.

Terlalu banyak pikiran akan membuat konsentrasi terbagi lalu pecah. Meski singkat, notifikasi terbukti mengganggu dalam waktu yang lama dan membuat Anda sulit kembali fokus.

Mematikan ponsel ketika berada di kantor memang sulit dilakukan. Terlebih untuk Anda yang aktif berhubungan dengan klien atau keluarga. Namun Anda bisa menjadikan penemuan ini sebagai bahan pertimbangan untuk mematikan ponsel atau mengaturnya ke mode `silent` saat sedang fokus menyelesaikan tugas penting.

"Temuan ini menyoroti kebutuhan untuk memiliki pandangan yang lebih luas terkait gangguan dari ponsel," tulis peneliti dalam jurnal. (Vna/Ndw)


Source: liputan6.com
Melihat 5 Perumahan Dekat Lokasi Kuliner Pedas

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki hobi makan bercita rasa pedas memang bikin ketagihan. Lantaran keinginan untuk menyicip sensasi pedas bisa datang kapan saja. ‘lidah yang terbakar’ serta keringat bercucuran ditepis jauh-jauh demi menyantap makanan nikmat yang memuaskan.

Penggemar pecinta makanan pedas ini beragam. Tidak memandang usia, jenis kelamin, dan profesi. Mulai dari anak-anak, pejabat, hingga artis menyukai makanan yang membakar lidah ini. Memang kumpulan cabai merah pada makanan pedas memiliki fungsi baik untuk kesehatan.

Dengan rasa pedas dapat melancarkan pernapasan, menjaga mood, anti kanker, memperbaiki fungsi pencernaan, menghilangkan gejala flu, menyehatkan jantung dan menurunkan berat badan. Namun hati-hati jika makan berlebihan bisa-bisa perut sakit dan menghambat rutinitas Anda.

Baca Juga

  • Grand Tjokro Berencana Bangun 30 Hotel dalam 2 Tahun
  • Tips Jitu Memulai Bisnis Properti
  • Banyak Pengembang Tak Patuh Aturan Hunian Berimbang

Source: liputan6.com
Dongkrak Produktivitas Kerja dengan 5 Hobi Ini

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang mengira bahwa hobi merupaakan kegiatan yang biasa dilakukan sebagai selingan. Padahal, tidak sepenuhnya demikian.

Selain dapat mengisi waktu luang, beberapa hobi berikut ternyata dapat meningkatkan produktivitas kerja. Apa saja? Dilansir dari laman Lifehack.org, Kamis (14/1/2016) berikut daftarnya:

 

1. Mendaki

Mendaki ternyata bisa meningkatkan mood dan membuat seseorang lebih produktif. Hobi ini juga dapat mengurangi stres dan menyalurkan energi seseorang agar lebih bisa fokus.

Mendaki gunung dapat membuat seseorang dapat terhindar dari gangguan dan mendapatkan energi positif yang diberikan oleh alam.

Menurut studi yang pernah dilakukan, orang yang memiliki hobi mendaki memiliki tingkat kreativitas 50 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang jarang mendaki. Penelitian ini membuktikan bahwa produktivitas dapat ditingkatkan dengan cara mendekatkan diri pada alam.

2. Membuat to-do-list

Banyak yang menganggap bahwa hal ini tidak bisa dijadikan sebagai hobi. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk melakukan hal ini dengan rutin. To do list merupakan daftar yang biasanya dibuat agar kita dapat lebih mudah untuk mengatur berbagai hal yang akan dilakukan.

Dengan membuat to do list, seseorang dapat mengeluarkan segala rencana yang ada di pikirannya dan menuangkannya dala sebuah daftar sederhana. Hal ini dapat membantu seseorang agar lebih terorganisir dalam bertindak.

Perlu diketahui bahwa banyak orang sukses seperti Richard Branson, Heidi Klum, dan Sandra Bullock yang mampu mencapai tingkat kesuksesan mereka berkat membuat to-do-list dengan rutin. 


Source: liputan6.com
Sebelum Beli Rumah, Cermati 4 Peluang Ini

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang bilang jika mencari rumah sama sulitnya dengan mencari jodoh. Apalagi saat mencari rumah pertama, biasanya calon pembeli akan banyak melakukan pertimbangan.

Seperti misalnya mengumpulkan selengkap mungkin informasi rumah yang akan dibeli, mulai dari status tanah dan bangunan, kepemilikan, serta harga yang ditawarkan.

Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan secara teliti kondisi bangunan, tata letak, dan interior rumah. Bila perlu, jelajahi setiap ruangan dan tanyakan semua secara detail kepada pemilik atau pengembang.

Namun di balik pertimbangan itu semua, ada satu hal lagi yang tak kalah pentingnya. Yakni, kapankah waktu yang pas untuk membelinya? Simak ulasan selengkapnya seperti tertulis Rumah.com berikut ini. 

Buyer’s time

Dikutip dari buku 77 Rahasia Cepat Untung Bisnis Properti yang ditulis oleh Hermawan Wijaya, momen pas beli rumah adalah saat harga properti berada di titik rendah.

Contohnya tahun lalu, ketika terjadinya penurunan sektor properti karena pelemahan ekonomi dalam negeri dan peraturan baru dari pemerintah yang dinilai kurang jelas. Di samping itu, melemahnya nilai tukar rupiah hingga tembus Rp 14.000 per dolar Amerika Serikat (AS) membuat industri properti semakin terguncang.

Bagi Anda yang mempunyai dana besar, titik rendah ini sangat bisa dijadikan celah untuk membeli rumah. Dan inilah waktu di mana pembeli berada di atas angin (buyer’s time). Pada kondisi demikian, harga akan tertekan secara absolut meskipun secara nominal tetap.

Misalnya. harga sebuah rumah pada 2014 adalah Rp 3 miliar dan tak mengalami kenaikan sama sekali di tahun 2015, maka bisa dikatakan bahwa harga rumah tersebut telah turun. Nah, masa-masa seperti ini cocok untuk membeli properti sebelum mengalami kenaikan harga kembali.

Properti yang terkendala masalah

Prinsip yang selama ini diemban oleh para pelaku bisnis properti adalah “mendapatkan properti terjelek di lokasi terbaik”. Properti yang dimaksud adalah rumah yang tidak terawat lagi atau ada permasalahan dari sisi konstruksi.

Oleh karena itu, tak masalah jika Anda harus membeli properti yang sudah lama tak dihuni bahkan menjadi sarang hewan liar, asalkan berada di lokasi strategis dan mempunyai potensi untuk berkembang. Sehingga tak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan harga rumah yang murah di lokasi emas.

Cermati pengembangan kawasan di masa depan

Rencana Tata Ruang Kota (RTRK) sangat mempengaruhi harga jual tanah dan bangunan di wilayah bersangkutan. Dari sini, Anda akan menemukan wilayah mana saja yang akan dikembangkan menjadi daerah industri, permukiman, pendidikan, ataupun perdagangan dalam beberapa tahun ke depan. Sumber informasi RTRK juga bisa dimanfaatkan untuk menentukan lokasi mana yang akan Anda bidik.

Jangan sepelekan suatu wilayah pertanian yang tidak produktif, karena siapa tahu dalam RTRK kawasan tersebut nantinya akan dipergunakan sebagai area terpadu seperti perkantoran atau perumahan.

Jika hal ini benar terealisasi, sudah pasti harga properti di sekitar kawasan ini akan merangkak naik, termasuk nilai jual rumah yang Anda miliki.

Cari penjual ‘butuh uang’

Hampir setiap saat, selalu ada orang yang menjual rumah dengan harga rendah karena membutuhkan uang tunai secara cepat.

Biasanya kondisi ini muncul karena si penjual mengalami masalah finansial dan lain sebagainya. Bila Anda memiliki sejumlah uang yang diminta, tak ada salahnya menjadi penolong bagi orang tersebut.

Untuk mendapatkan situasi semacam ini, Anda bisa memanfaatkan dan mencarinya di situs online properti seperti Rumah.com. Namun jangan lupa, Anda tetap harus mengecek lebih detil mengenai spesifikasi rumah yang dilego tersebut. Apabila sudah merasa sreg, Anda bisa langsung menghubungi pihak penjual untuk melakukan pertemuan selanjutnya. (Fathia/Ndw)


Source: liputan6.com
6 Kebiasaan Buruk yang Kerap Dilakukan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Tinggal di rumah pribadi menjadi sesuatu yang yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Anda bisa melakukan apapun yang Anda sukai dan menentukan pola kebiasaan yang sesuai dengan keinginan.

Anda bisa menonton film DVD marathon di akhir pekan, mengundang sahabat terdekat untuk menghabiskan waktu bercengkrama, sampai dengan memesan makanan lewat fasilitas pesan antar ketika sedang malas memasak. Semuanya bisa Anda lakukan tanpa khawatir dengan kritik atau komentar dari orang lain.

Namun, ada kalanya Anda perlu mengulas dan mulai bertanggung jawab atas segala kekacauan yang terjadi di rumah Anda. Mulai dari handuk dan seprai yang bau apek, lemari yang dipenuhi oleh barang-barang yang lama tak terpakai, sampai dengan noda jamur yang timbul di beberapa perabotan Anda.

Akibatnya Anda jadi merasa tidak betah untuk tinggal di rumah, padahal yang sebenarnya dibutuhkan bukanlah renovasi rumah, tapi merenovasi kebiasaan Anda.

Dikutip dari domain.com.au dan Rumah.com, mereka telah menyusun enam daftar kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan orang dan berpengaruh besar terdapat kebersihan rumah mereka. Meski sifatnya subjektif, namun Anda bisa mengkaitkan dengan realitas yang terjadi dan menyocokan yang terbaik untuk Anda.

1. Tidak mencuci seprai/handuk sesering mungkin

Dengan mengganti seprai setidaknya seminggu sekali atau maksimal sekali dalam dua minggu akan membuat tubuh lebih sehat dan sirkulasi udara menjadi lebih segar. Sama halnya dengan handuk yang harus dicuci setiap tiga atau empat hari.

2. Mengabaikan kebersihan alat penyaring

Alat penyaring yang dimaksud disini tidak hanya yang terpasang di alat elektronik udara seperti kipas angin, air purifier dan pendingin udara. Namun juga penyaring ampas minuman di teko teh dan french press.

Kotoran yang menumpuk tidak hanya merusak estetika namun juga sulit dibersihkan dan bisa membahayakan kesehatan karena timbulnya jamur.

3. Tidak menggantung pakaian ketika selesai digunakan

Kebiasaan ini kerap terjadi setelah Anda pulang dari bekerja atau beraktivitas dan hanya meninggalkan pakaian di lantai begitu saja. Padahal, tumpukan pakaian kotor tersebut akan menimbulkan bau yang kurap sedap.

Kombinasi dari parfum yang bercampur keringat, bekas kuah atau sambal yang tumpah ketika makan siang, asap kendaraan, dan lain sebagainya.


Source: liputan6.com
Ini Kehebatan Senapan Peluru Jarum Karya Anak Bangsa

Liputan6.com, Jakarta - PT Pindad (Persero) yang bekerjasama dengan Dislitbang TNI AL tengah mengembangkan senapan khusus bawah air yang dinamakan Senapan Serbu Bawah Air (SSBA). Kerjasama pengembangan ini sudah dilakukan sejak 2013.

Berfungsi untuk menembak di bawah air,‎ menjadikan senapan ini memerlukan spesifikasi khusus. Selain bentuknya yang tidak terlalu besar, SSBA ini menggunakan peluru khusus. Untuk meningkatkan akurasi dan jarak tembak, SSBA menggunakan peluru berbentuk runcing memanjang layaknya jarum.

‎"Untuk senjata bawah air, pelurunya pun khusus. Konsep bawah air itu beda dengan tahan air," kata Direktur Utama PT Pindad Silmy Karim saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (14/1/2016).

 

Baca Juga

  • Dirilis 2017, Ini Penampakan Senjata Bawah Air Buatan Pindad
  • Produk Baru Pindad Bisa Kalahkan Senapan Legendaris Ini
  • Kaleidoskop Bisnis April: Sniper Buatan RI Gegerkan Dunia

Source: liputan6.com
Laju IHSG akan Bervariasi Menanti BI Rate

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bakal bergerak variasi pada Kamis pekan ini. Pergerakan IHSG dipengaruhi sentimen global terutama harga minyak.

Analis KDB Daewoo Securities Maxi Liesyaputra mengatakan, IHSG mendapat dorongan dari bursa global. Namun, di sisi lain indeks saham dibayangi oleh anjloknya harga minyak dunia.

"Kayaknya masih mix, karena yang terjadi kemarin seiring bursa regional naik semua. Sentimen harga minyak diawasi investor‎," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Dia mengatakan, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI)/BI Rate juga menjadi pertimbangan investor pada perdagangan saham kali ini. Dia bilang, jika suku bunga turun akan disambut positif oleh pelaku pasar. Saat ini level BI Rate berada di kisaran 7,5 persen.

 

Baca Juga

  • Ikuti Bursa Global, IHSG Menguat 24 Poin
  • Ikuti Bursa Asia dan Wall Street, IHSG Dibuka Menguat ke 4.546,34
  • China Seret Bursa Asia ke Level Terendah Sejak 2011

Source: liputan6.com
Harga Beras Suriah Rp 3,5 Juta per Kg, Ini Reaksi Bulog

Liputan6.com, Jakarta - Warga di Kota Madaya di Suriah menderita kelaparan sejak berbulan-bulan akibat harga beras melonjak tinggi US$ 250 atau sekitar Rp 3,5 juta per Kilogram (Kg).

Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) memandang, bukan saja akibat konflik, tingginya harga beras juga disebabkan karena kurangnya pasokan beras di Negara tersebut.

"Saya belum pernah ke Suriah. Tapi penyebab harga beras mahal karena pasokan (beras). Semakin sulit masuk, semakin tinggi harganya," kata Direktur Pengadaan Bulog, Wahyu di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Sementara itu, Wahyu mengaku, kenaikan harga beras di Indonesia masih dalam kategori wajar. Seperti diketahui, harga beras medium di pasar sekitar Rp 9.000 sampai Rp 10.000 per Kg. Harga tersebut mengalami kenaikan sekitar Rp 500 beberapa waktu lalu.

Baca Juga

  • KPPU Duga Ada Permainan di Pedagang Pasar Induk Cipinang
  • JK: Impor Beras dari Pakistan dan India Cegah Kemiskinan
  • Harga Beras di Jakarta Terus Naik

Source: liputan6.com
Kejati Ungkap Manipulasi Pajak di KPP Dumai

Liputan6.com, Pekanbaru - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau mengusut manipulasi pajak yang terjadi Kantor Pajak Pratama (KPP) Dumai terhadap CV PA. Dugaan sementara, terdapat kerugian negara Rp 800 juta atas perbuatan tersebut.

Bukti telah tejadinya tindak pidana sudah ditemukan penyidik Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Kejati. Melalui  surat perintah Nomor Prin-01/N.s/Fd.1/01/2016, kasus ini naik dari penyelidikan ke penyidikan.

"Untuk orang yang paling bertanggungjawab atau akan dijadikan tersangka, tengah didalami penyidik," sebut Kasi Penkum dan Umas Kejati Riau Mukhzan, Rabu (13/1/2016).

Baca Juga

  • Menteri Susi Minta Ekspor Mutiara Kena Pajak, Ini Kata Menkeu
  • Ada Pengampunan Pajak, RI Bakal Kebanjiran Dana Rp 1.350 Triliun
  • Penuhi Syarat Ini, Rusunami Rp 250 Juta Bebas Pajak

Source: liputan6.com
Pengampunan Pajak Bikin Pusing Ketua Tim Ahli Wapres

Liputan6.com, Jakarta - Rapat tingkat menteri atau pemerintah bersama pengusaha terkait finalisasi draft Rancangan Undang-undang (RUU) Pengampunan Pajak atau tax amnesty masih menemui jalan buntu. Pemerintah masih berjibaku untuk menyelesaikan satu poin mengenai basis pengurangan harta bersih.

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden (Wapres), Sofjan Wanandi usai Rakor Tax Amnesty mengungkapkan, pembahasan pengampunan pajak saat ini sedang mengarah pada teknis pelaksanaan, salah satunya basis pengurang harta bersih atau SPT yang dipakai dalam kebijakan tersebut.

"Itu yang sedang dibicarakan, pusing kepala awak. Salah satu poin yang belum ketemu, teori semua puyeng," tegas Sofjan saat ditemui di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Baca Juga

  • Ada Pengampunan Pajak, RI Bakal Kebanjiran Dana Rp 1.350 Triliun
  • Pengamat Pesimistis Tax Amnesty Mampu Dorong Penerimaan Pajak
  • Pengampunan Pajak Bakal Molor Akibat Kasus Papa Minta Saham

Source: liputan6.com
Salary Benchmark: Rahasia Sukses Para Supermom

Liputan6.com, Jakarta Menjadi sosok ‘supermom’ yang pintar di rumah sekaligus berprestasi di kantor memang tak mudah. Bagi sebagian perempuan, harapan untuk menyeimbangkan kedua peran tersebut menjadi hal yang penting, terutama untuk mendukung peran pasangan baik di dunia profesional maupun sosial.

Penelitian membuktikan bahwa perempuan-perempuan yang mampu memberi makna atau arti atas perannya di lingkungan profesional dan sosial ternyata memiliki dorongan yang lebih untuk juga memaknai perannya di rumah.

Salah satu peran perempuan di rumah yang penting adalah mengatur cashflow rumah tangga. Jika pasangan lebih berfokus pada alternatif pemasukan, sebagian besar perempuan Indonesia dituntut bijak dalam mengatur pengeluaran.

Pastinya tanggung jawab ini membutuhkan cara yang pintar. Sebagai ibu dan istri tentunya Anda ingin yang terbaik untuk keluarga Anda; bagaimana caranya tetap mampu memberikan yang berkualitas namun dengan budget seminim mungkin, baik itu barang-barang keperluan rumah tangga hingga makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Sebagai seorang supermom, Anda pun perlu membekali diri dengan berbagai macam pengetahuan untuk memperkaya diri dan keluarga. Selain menyelesaikan tugas-tugas di kantor dan mencari ide-ide baru untuk mengembangkan diri dan organisasi, Anda pun perlu memperkaya diri dengan bacaan-bacaan seputar parenting, cara mengelola keuangan yang baik, ekonomi, bisnis, teknologi, dan lain-lain.

Tentunya, semua ibu tidak ingin merasa gagal dalam mendidik buah hatinya, terlebih di era internet seperti sekarang yang menyajikan beragam informasi dalam waktu yang instan. Pengetahuan ekonomi dan bisnis pun mungkin perlu Anda ketahui untuk sekedar membekali diri jika misalnya terjadi krisis ekonomi dan terdapat peluang-peluang bisnis baru dan menarik di dekat Anda.

Untuk pengelolaan keuangan rumah tangga yang bijak, Karir.com bekerja sama dengan Kelly Services Indonesia dan Fokus Finansial menciptakan sebuah fitur untuk mengetahui berapa seharusnya gaji ideal Anda di pasaran. Tak hanya itu, untuk mendukung peran Anda sebagai supermom, fitur yang dinamai Salary Benchmark ini memberi tips keuangan yang sesuai dengan besarnya gaji Anda.

Dengan Salary Benchmark, Anda akan mampu membuat perencanaan yang lebih baik, baik itu karir maupun gaji. Pasalnya, tips keuangan dan tips karir dalam Salary Benchmark digarap oleh para pakar keuangan dan rekrutmen Kelly Services dan Fokus Finansial.

Kelly Services adalah perusahaan headhunter dan rekrutmen asal Amerika yang sudah berkarya lebih dari 26 tahun di Indonesia, berperan dalam membuka peluang kerja bagi lebih dari satu juta profesional di seluruh dunia dengan menempatkan lebih dari 550.000 karyawan setiap tahunnya di setiap negara.

Fokus Finansial adalah konsultan perencanaan keuangan independen yang terpercaya di Indonesia yang bergerak dalam bidang jasa konsultasi manajemen seperti investment planning, perencanaan keuangan, serta pendidikan dan pelatihan keuangan yang membantu masyarakat dalam mewujudkan target-target keuangan pribadi maupun keluarga.

Sejak online Oktober 2015, Salary Benchmark telah digunakan oleh lebih dari 9.000 profesional Indonesia (data Desember 2015). “Berbagai inovasi fitur yang kami hadirkan menjadi bukti nyata komitmen Karir.com dalam mendampingi para tenaga kerja Indonesia di sepanjang perjalanan karirnya,” ungkap CEO Karir.com Dino Martin.

Bernadette Themas, Managing Director Kelly Services Indonesia mengungkapkan, “Informasi panduan gaji ini diharapkan dapat membantu memberikan gambaran akan nilai profesi yang ada di pasaran, sehingga tenaga kerja Indonesia bisa memiliki perencanaan keuangan dan penyusunan strategi pengembangan karir yang terus meningkat.”

Lalu apa saja langkah yang perlu dilakukan agar Anda bisa menjadi sosok supermom yang gemilang tak hanya di rumah tapi juga di kantor? Simak ulasannya!


Source: liputan6.com
Bursa AS Turun Tajam Dipicu Anjloknya Harga Minyak

Liputan6.com, New York - Pasar saham Amerika Serikat (AS) ditutup turun tajam pada Rabu (Kamis pagi waktu Jakarta) dipicu anjloknya harga minyak dunia, seusai rilis data menambah kekhawatiran tentang membanjirnya pasokan energi di pasar.

Melansir laman Reuters, sebagian besar indeks saham AS turun setidaknya 2 persen, dengan indeks Nasdaq mengalami penurunan terbesar hingga lebih dari 3 persen.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 338,85 poin atau 2,05 persen, ke posisi 16.77,37 poin. Sedangkan indeks S & P 500 turun 45,81 poin atau 2,36 persen menjadi 1.892,87 poin dan Nasdaq Composite kehilangan 152,86 poin atau 3,26 persen ke level 4.533,06.

Penurunan pasar saham AS terjadi usai harga patokan minyak mentah Brent tergelincir di bawah US$ 30 per barel, sehari setelah harga minyak sempat berada di atas level harga itu.

Volatilitas harga minyak dibayangi membaiknya data perdagangan China yang sebelumnya dikhawatirkan para investor dan awalnya mengangkat sentimen di pasar saham dan komoditas.

Penurunan harga minyak dan kekhawatiran tentang ekonomi China telah mengguncang pasar ekuitas, yang telah gagal mempertahankan kenaikan yang signifikan di awal 2016.

"Ada ketakutan bahwa ekonomi global dan ekonomi AS juga bisa terjerumus ke dalam resesi mengingat penurunan harga energi dan pelemahan ekonomi yang lebih besar di luar negeri," kata Tim Ghriskey, Kepala Investasi Solaris Asset Management di New York.

Kekhawatiran tentang kelebihan pasokan telah menarik turun harga minyak ke posisi terendah dalam 12 tahun.

Harga minyak mentah AS ditutup naik 0,1 persen menjadi US$ 30,48 per barel, mengupas keuntungan sebelumnya. Sementara harga minyak Brent menetap 1,8 persen di posisi US$ 30,31 per barel, setelah jatuh ke posisi US$ 29,96 per barel.

Data menunjukkan persediaan minyak mentah naik 234.000 barel pekan lalu, jauh lebih sedikit dari harapan, dibayangi rilis laporan adanya stok 8,4 juta barel bensin dan lebih dari 6 juta dalam penyulingan, termasuk diesel.

Baca Juga

  • Saham Energi dan Teknologi Jadi Pendorong Penguatan Wall Street
  • Ini Hikmah Perlambatan Ekonomi China bagi Indonesia
  • China Seret Bursa Asia ke Level Terendah Sejak 2011

Source: liputan6.com
Harga Minyak Brent Anjlok di Bawah US$ 30 per Barel

Liputan6.com, New York - Harga patokan minyak mentah Brent turun di bawah US$ 30 per barel, untuk pertama kalinya dalam lebih dari 10 tahun, sehari setelah harga minyak Amerika Serikat (AS) juga mengalami hal serupa.

Melansir laman Wall Street Journal, Kamis (14/1/2016), minyak Brent diperdagangkan hingga ke level US$ 29,96 per barel, turun 55 sen atau 1,8 persen menjadi US$ 30,31 per barel di ICE Futures Europe. Ini merupakan penutupan terendah sejak April 2004.

Harga minyak Brent jatuh selama delapan sesi perdagangan, penurunan terpanjang sejak Juli 2014.

Sedangkan harga minyak patokan AS ditutup naik 4 sen menjadi US$ 30,48 per barel di New York Mercantile Exchange. Harga kontrak turun di bawah US$ 30 per barel untuk pertama kalinya sejak tahun 2003 pada Selasa kemarin.

Harga minyak sempat naik pada awal perdagangan, di tengah rilis data permintaan dari China akan tetap tinggi. Namun harga berbalik arah usai data persediaan AS menunjukkan membanjirnya stok dan produk olahan baru minyak mentah.

Lembaga Administrasi Informasi Energi (EIA) AS mengatakan pasokan minyak mentah dan produk olahan seperti bensin naik sebesar 10 juta barel dalam pekan yang berakhir 8 Januari menjadi 1,3 miliar barel. Dikatakan EIA ini merupakan rekor.

Permintaan untuk produk olahan, terutama bensin, meningkat tajam pada 2015 karena konsumen mengambil keuntungan di tengah rendahnya harga, dan beberapa investor menunjukkan konsumsi yang kuat sebagai alasan utama mereka berharap harga minyak mulai naik pada akhir tahun ini.

Namun konsumsi menyusut dalam beberapa pekan terakhir karena faktor cuaca telah membatasi permintaan, menurut data EIA.

Baca Juga

  • Harga Minyak Tembus di Bawah US$ 30 per Barel
  • Harga Minyak Anjlok, Program Mandatori BBM Tetap Berjalan
  • Harga Minyak Dunia Ambruk, Pendapatan Negara Terancam

Source: liputan6.com
Dolar Melemah Angkat Harga Emas

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas meningkat didorong melemahnya dolar Amerika Serikat (AS) dan anjloknya pasar saham, yang memberikan lebih banyak peluang kenaikan permintaan untuk logam mulia.

Harga emas berjangka untuk Januari naik US$ 1,90 atau 0,2 persen menjadi US$ 1.087,50 per troy ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange, melansir laman Wall Street Journal. Kamis (14/1/2016).

Investor kembali memborong emas karena mereka yakin nilai logam mulia lebih baik dibandingkan aset lain selama periode inflasi tinggi.

Banyak pedagang merasa murahnya harga minyak dan gas alam bisa menyebabkan inflasi, dan sekali nilai tukar dolar memudar akan menjadi batu loncatan harga emas batu.

"Namun ini kebanyakan semua tentang dolar," jelas George Gero, Wakil Presiden Senior RBC Capital Markets Futures Global.

Baca Juga

  • Harga Jual dan Buyback Emas Antam Turun
  • Bursa Saham Eropa dan AS Pulih, Harga Emas Kembali Jatuh
  • Harga Emas Kembali Turun di Bawah Level US$ 1.100 per Ounce

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Naik Jadi Rp 546 Ribu per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) kembali naik Rp 1.000 menjadi Rp 546 ribu per gram pada Kamis (14/1/2016). Pada perdagangan sehari sebelumnya, satu gram emas antam dihargai Rp 545 ribu per gram.

Demikian pula harga pembelian kembali (buyback) emas Antam bertambah Rp 1.000 per gram menjadi Rp 486 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, maka Antam akan membelinya di harga Rp 486 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.14, hanya ukuran  10 gram dan 5 gram yang ludes terjual.

Mengingat tingginya animo masyarakat, transaksi pembelian emas batangan yang datang langsung ke Antam dibatasi hingga maksimal 150 nomor antrean per hari.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Turun Rp 1.000 per Gram
  • Harga Emas Antam Naik Rp 2.000 per Gram
  • Harga Emas Antam Bertahan di Rp 546 Ribu per Gram

Source: liputan6.com
Jawa Barat Jadi Provinsi Paling Diminati Investor

Liputan6.com, Jakarta - Provinsi Jawa Barat terus dipacu sebagai salah satu pusat industri hulu hingga hilir yang strategis. Pembangunan infrastruktur berupa jalan tol, jaringan rel kereta api, pelabuhan dan bandara di sisi timur provinsi ini dinilai mempercepat pertumbuhan industri dan mampu menarik investasi.

Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin meyakini, dukungan infrastruktur-infrastruktur tersebut akan memperlancar lalu lintas logistik, barang modal dan menjadi pintu ekspor bagi produk industri di Jawa Barat.

"Dari beberapa kali bertemu dengan para investor, mereka punya minat kuat untuk membangun pabrik dan ekspansi ke sana. Jika sebelumnya industri Jabar terkonsentrasi di sebelah barat, seperti Bekasi-Karawang atau dekat-dekat Jakarta, ke depan mereka pasti akan mengarah ke timur karena infrastruktur sangat mendukung seperti jalan tol, pelabuhan dan bandara Kalijati di Majalengka," ujarnya di Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Beberapa penambahan sarana prasarana itu, kata Saleh, bisa menjadi magnet bagi masuknya investasi asing dan dalam negeri untuk mengembangkan industri hulu maupun hilir.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat dari 74 kawasan industri di Indonesia, 24 kawasan di antaranya berada di Jawa Barat.

Hasil survei Kemenperin pada 2013 itu juga menunjukkan kawasan industri di Jawa Barat paling banyak dibanding provinsi lainnya, seperti Kepulauan Riau dengan 11 kawasan industri, Banten dengan 10 kawasan industri, dan Jawa Tengah dengan 8 kawasan industri.

Dari sisi luas area, total kawasan industri Jawa Barat mencapai 14,3 ribu hektare (ha) atau 39,4 persen dari seluruh kawasan industri di Indonesia seluas 36,3 ribu ha.

Baca Juga

  • BBM Turun, Menperin Minta Pengusaha Pangkas Harga Barang
  • Roadmap Soal Rokok Diprotes, Ini Tanggapan Menperin
  • Menperin Minta Jepang Buka Lebar Impor Barang dari RI

Source: liputan6.com
Pembobolan Rekening Nasabah di RI Dinilai Belum Berbahaya
Maraknya kasus pembobolan rekening nasabah perbankan lewat berbagai modus di Indonesia diyakini belum pada tingkat yang membahayakan. Padahal peristiwa yang menimpa nasabah bank-bank besar itu sempat meresahkan masyarakat. 
Source: liputan6.com
BI Rate Diramal Bakal Turun 25 Basis Poin

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia untuk pertama kalinya mengadakan Rapat Dewan Gubernur (RDG) selama dua hari yang telah berlangsung sejak kemarin hingga hari ini. Rapat bakal menghasilkan pengumuman besaran suku bunga acuan, BI Rate.

Sejumlah pengamat ekonomi memperkirakan BI akan memutu‎skan menurunkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 7,25 persen.

"Saya perkirakan turun ke 7,25 persen," kata pengamat ekonomoi dari Universitas Gadjah Mada, Toni Prasetyantono kepada Liputan6.com, Kamis (14/1/2016).

Baca Juga

  • Dirut Bank Permata Yakin BI Pangkas Suku Bunga Acuan
  • Sudah Waktunya BI Turunkan Suku Bunga Acuan
  • Pengusaha Ingin BI Rate Turun ke 6,5% pada 2016

Source: liputan6.com
Masyarakat Diminta Tak Percayai Isu Soal Reshuffle Menteri

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat diminta untuk tidak percaya akan pesan berantai yang beredar baik melalui pesan singkat atau media sosial terkait dengan isu pergantian menteri (reshuffle) jilid II yang hangat diperbincangkan belakangan ini.

Staf Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi mengatakan, nama-nama menteri yang akan diganti dan nama pengganti yang beredar luas melaui pesan singkat maupun di media sosial dinilai hanya spekulasi sebagian orang. Kebenarannya mengenai nama-nama tersebut pun tidak bisa dipertanggungjawabkan.

"Tidak perlu itu dipercaya, nanti kita terkecoh. Saya tidak percaya. Ini kan menjadi spekulasi karena reshuffle kan selalu menjadi hot issue," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (14/1/2016).‎

Dia menjelaskan, di lingkungan istana sendiri belum ada pembahasan secara detail mengenai pergantian menteri ini. Jika pun ada, proses evaluasi dari menteri yang akan diganti dan penilai terhadap nama pengantinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pasti akan meminta masukan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Baca Juga

  • Investor Tak Peduli Isu Perombakan Kabinet
  • JK: Yang Lakukan Reshuffle Kabinet Bukan Bu Mega, Tapi Jokowi
  • Isu Reshuffle Kabinet Bergulir, Jokowi-JK Dinilai Sejalan

Source: liputan6.com
Ada Ledakan Bom, Rupiah Nyaris Tembus 14 Ribu per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Ada peristiwa ledakan terjadi di pusat kota Jakarta dinilai juga turut mempengaruhi pergerakan rupiah.

Mengutip data Bloomberg, Kamis (14/1/2016), rupiah dibuka melemah 22 poin ke level 13.857 per dolar AS dari penutupan perdagangan Rabu 13 Januari 2016 di level 13.835 per dolar AS.

Pada pukul 10.50, rupiah langsung tertekan ke level 13.914 per dolar AS. Padahal sebelumnya pukul 10.35, rupiah masih bergerak di kisaran 13.837 per dolar AS. Sepanjang Kamis siang ini di level 13.829-13.910 per dolar AS.

Sementara itu, kurs rerefensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah melemah ke level 13.877 per dolar AS dari posisi 13 Januari 2016 di level 13.861.

Analis PT Bank Woori Saudara Indonesia Tbk, Rully Nova menuturkan sentimen internal mendominasi pelemahan nilai tukar rupiah pada siang ini.

Ada ledakan bom terjadi di pusat kota Jakarta, Rully menilai hal itu dapat mempengaruhi persepsi pelaku pasar terhadap situasi politik dan keamanan di Indonesia.

"Faktor politik dan keamanan langsung mempengaruhi pergerakan rupiah. Ini mengkhawatirkan investor terhadap mata uang negara berkembang termasuk rupiah," ujar Rully, saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (14/1/2016).

Ia menambahkan, rupiah masih akan tertekan hingga sore ini lantaran peristiwa tersebut. Rupiah kemungkinan masih berpeluang menguat asalkan pemerintah dapat bereaksi dengan tepat.

"Rupiah ini tergantung respons pemerintah untuk membantu penguatan rupiah," kata Rully.

Sementara itu, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga melemah 1,17 persen ke level 4.485,77. Seperti diketahui, dua ledakan keras terjadi di perempatan Sarinah sekitar pukul 10.40 WIB dan pukul 10.55 WIB. (Ahm/Ndw)


Source: liputan6.com
Ada Ledakan Sarinah, Rupiah Nyaris Tembus 14 Ribu per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Ada peristiwa ledakan terjadi di pusat kota Jakarta dinilai juga turut mempengaruhi pergerakan rupiah.

Mengutip data Bloomberg, Kamis (14/1/2016), rupiah dibuka melemah 22 poin ke level 13.857 per dolar AS dari penutupan perdagangan Rabu 13 Januari 2016 di level 13.835 per dolar AS.

Pada pukul 10.50, rupiah langsung tertekan ke level 13.910 per dolar AS. Padahal sebelumnya pukul 10.35, rupiah masih bergerak di kisaran 13.837 per dolar AS. Sepanjang Kamis siang ini di level 13.829-13.910 per dolar AS.

Baca Juga

  • Rupiah Mampu Bertahan di 13.895 per Dolar AS
  • Ini Penyebab Rupiah Terombang-ambing
  • Rupiah Anjlok, Penjualan Lahan Industri Kurang Laku

Source: liputan6.com
Ini Penilaian Pengusaha Muda Terkait Kinerja Jokowi-JK

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menilai pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla sukses merealisasikan tiga aspirasi dunia usaha meski terjadi perlambatan laju pertumbuhan ekonomi.

Ini tertuang dalam evaluasi Hipmi terkait kinerja pemerintahan Jokowi-JK selama 2015 utamanya terkait dunia usaha, usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM),dan kewirausahaan.

"Tahun 2015, ekonomi kita melambat. Permintaan melambat. Konsumsi melambat, perdagangan melambat dan berdampak pada melambatnya kinerja di sektor UKM dan kewirausahaan. Sebab, UKM dan kewirausahaan dan UKM ini rata-rata mainnya di hilir,” ujar Ketua Umum BPP Hipmi Bahlil Lahadaliadi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Dia mengatakan, BPP Hipmi mengapresiasi sejumlah kebijakan dan terobosan pemerintah terkait dengan UMKM, kewirausahaan, dan peningkatan peran pengusaha lokal atau daerah.

Dia memastikan meski kerap memberi masukan atas berbagai kebijakan pemerintah, namun pihaknya terus berupaya untuk bersikap obyektif.

“Bila ada prestasi pemerintah ya kita musti obyektif mengapresiasi. Hipmi akan terus proporsional dan konstruktif dalam memberi masukan kepada pemerintah. Demi kepentingan dunia usaha dan perekonomian nasional,” ujar dia.

Baca Juga

  • Hipmi Dorong UMKM RI Go Internasional
  • Pengusaha Muda Harus Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi
  • Pengusaha Muda Indonesia Ini Sukses Buka Kursus di Vietnam

Source: liputan6.com
Ada Ledakan Bom Sarinah, IHSG Sentuh Level 4.491

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Ledakan bom terjadi di pusat kota Jakarta juga mempengaruhi laju IHSG.

Pada pukul 11.30 WIB, IHSG melemah 45,70 poin atau 1,03 persen ke level 4.491. Indeks saham LQ45 susut 1,32 persen ke level 782,79. Seluruh indeks saham acuan kompak melemah pada Kamis siang ini.

Pada pukul 10.50 saat ledakan terjadi, IHSG sempat berada di kisaran 4.492,64. IHSG bergerak di kisaran 4.477,67-4.526,51 pada Kamis pekan ini.

Baca Juga

  • Mengekor Bursa Asia, IHSG Dibuka Melemah
  • Ada Ledakan Bom, 2 Helikopter Siaga di Atas Sarinah
  • Ada Ledakan Bom, Rupiah Nyaris Tembus 14 Ribu per Dolar AS

Source: liputan6.com
Ada Ledakan di Sarinah, IHSG Sentuh Level 4.491

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Ledakan bom terjadi di pusat kota Jakarta juga mempengaruhi laju IHSG.

Pada pukul 11.30 WIB, IHSG melemah 45,70 poin atau 1,03 persen ke level 4.491. Indeks saham LQ45 susut 1,32 persen ke level 782,79. Seluruh indeks saham acuan kompak melemah pada Kamis siang ini.

Pada pukul 10.50 saat ledakan terjadi, IHSG sempat berada di kisaran 4.492,64. IHSG bergerak di kisaran 4.477,67-4.526,51 pada Kamis pekan ini.

Baca Juga

  • Mengekor Bursa Asia, IHSG Dibuka Melemah
  • Ada Ledakan Bom, 2 Helikopter Siaga di Atas Sarinah
  • Ada Ledakan Bom, Rupiah Nyaris Tembus 14 Ribu per Dolar AS

Source: liputan6.com
Ledakan Sarinah Picu IHSG Sentuh Level 4.491

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Ledakan bom terjadi di pusat kota Jakarta juga mempengaruhi laju IHSG.

Pada pukul 11.30 WIB, IHSG melemah 45,70 poin atau 1,03 persen ke level 4.491. Indeks saham LQ45 susut 1,32 persen ke level 782,79. Seluruh indeks saham acuan kompak melemah pada Kamis siang ini.

Pada pukul 10.50 saat ledakan terjadi, IHSG sempat berada di kisaran 4.492,64. IHSG bergerak di kisaran 4.477,67-4.526,51 pada Kamis pekan ini.

Baca Juga

  • Mengekor Bursa Asia, IHSG Dibuka Melemah
  • Ada Ledakan Bom, 2 Helikopter Siaga di Atas Sarinah
  • Ada Ledakan Bom, Rupiah Nyaris Tembus 14 Ribu per Dolar AS

Source: liputan6.com
Ledakan Bom Sarinah Bikin Orang Takut ke Mal

Liputan6.com, Jakarta - Ledakan bom terjadi pos polisi Jl MH Thamrin Jakarta Pusat dekat pusat perbelanjaan Sarinah. Semua orang tampak khawatir dan was-was, tar terkecuali kalangan pebisnis dan investor.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengharapkan, ledakan yang terjadi tak menggoyahkan minat investasi pada penanaman modal di Indonesia. Karena menurut Hariyadi, Indonesia bukan negara sasaran terorisme.

"Mudah-mudahan nggak ada pengaruh. Gelombang serangan ini tak terjadi di kita saja. Kita ini negara yang di luar konflik. Jadi kalau dibilang akan berpengaruh pada investasi, saya rasa enggak," kata Hariyadi kepada Liputan6.com, Kamis (14/1/2016).

Hariyadi pede Indonesia masih menarik bagi investor meski terjadi ledakan. Dia berharap aparat keamanan cepat sigap mengambil langkah pengamanan akan hal ini.

"Mudah-mudahan tidak banyak berpengaruh. Ini sekarang tinggal pengamanannya," tuturnya.

Dia mengatakan, yang akan sangat terpukul dari ledakan yang terjadi dekat pusat pertokoan Sarinah adalah bisnis ritel.

"Orang akan takut ke mal. Jadi ritel yang kena, tapi investasi secara keseluruhan enggak ada," jelasnya. (Zul/Ndw)


Source: liputan6.com
Bom Meledak di Sarinah, Pusat Perbelanjaan Siaga Satu

Liputan6.com, Jakarta - Terjadinya ledakan bom di depan Gedung Sarinah membuat sejumlah pusat perbelanjaan (mal) di ibukota meningkatkan keamanannya ke level siaga 1. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan ‎para pengunjung mal.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja ‎Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan semua mal di Jakarta untuk meningkatkan keamanan menyusul insiden ini.

"Saya sudah minta ke semua anggota (mal) untuk siaga 1, memperketat semua keamanan. Untuk mal besar, sudah ada perangkat keamanan dengan boom check dan lain-lain," ujarnya di Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Selain menyiagakan petugas keamanan berseragam, lanjut Ellen, mal juga langsung menerjunkan petugas keamanan berpakaian biasa. Petugas ini ditugaskan untuk memantau konsidi di sekitar mal.

Baca Juga

  • Ada Ledakan Bom, Rupiah Nyaris Tembus 14 Ribu per Dolar AS
  • Ledakan Bom di Sarinah, Jalan Thamrin Ditutup
  • Foto-foto Mengerikan Bom Sarinah dari Warga

Source: liputan6.com
Bunga Deposito dalam Dolar AS Tak Lagi Kena Pajak Penghasilan

Liputan6.com, Jakarta - Dengan pertimbangan dalam rangka menjaga stabilitas nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan mendukung penguatan perekonomian nasional, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 28 Desember 2015 telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 123 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 131 Tahun 2000 tentang Pajak Penghasilan Atas Bunga Deposito dan Tabungan, serta Diskonto Sertifikan Bank Indonesia (SBI).

Dikutip dari laman Sektretariat Kabinet, Kamis (14/1/2016), dalam Pasal 2 PP Nomor 123 Tahun 2015 itu menyebutkan, pengenaan Pajak Penghasilan atas bunga dari deposito dan tabungan serta diskonto Sertifikat Bank Indonesia.

Baca Juga

  • Pengusaha Minta Bank Turunkan Bunga Kredit
  • Pemerintah Turunkan Pajak Deposito Bagi Eksportir
  • Aturan Ditjen Pajak Soal Pelaporan Bunga Deposito Dicabut

Source: liputan6.com
Bom Sarinah Bikin Pelaku Pasar Khawatir

Liputan6.com, Jakarta - Teror bom yang terjadi di Jakarta pada Kamis pekan ini langsung menekan kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di zona merah pada sesi I hari ini.

Analis PT Investa Saran Mandiri Hans Kwee mengatakan, pelaku pasar khawatir dengan kondisi tersebut. Hal i‎tu tersebut menunjukan kondisi RI yang tidak kondusif. "Kelihatannya pasar khawatir sehingga merah mendalam," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (14/1/2016).

Sementara itu, Analis PT First Asia Capital David Sutyanto menuturkan, ledakan bom terjadi di pusat kota Jakarta membuat potensi kepanikan di pasar modal Indonesia. David menilai, saham-saham unggulan dinilai dapat terkena aksi jual akibat ledakan bom tersebut.

"Ada kemungkinan panic selling. Apalagi ini di ring satu dan pos polisi. Ini akan menimbulkan kepanikan saja," ujar David.

 

Baca Juga

  • Ada Ledakan Bom, 2 Helikopter Siaga di Atas Sarinah
  • Ada Ledakan Bom, Rupiah Nyaris Tembus 14 Ribu per Dolar AS
  • Teror Bom Bikin IHSG Jatuh 77 Poin

Source: liputan6.com
Geger Bom Sarinah Ancam Investasi RI

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa ledakan ‎bom di Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat, diyakini akan berdampak terhadap iklim investasi di Indonesia, khususnya Ibu Kota. Namun pemerintah tetap optimistis kejadian tersebut tidak akan merusak kepercayaan investor baik domestik maupun asing terhadap Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli‎ mengatakan, tragedi ledakan bom, bahkan baku tembak antara pelaku teroris dengan aparat keamanan dapat mempengaruhi investasi di Tanah Air. Dampaknya bakal terasa dalam jangka pendek, tapi akan berangsur-angsur membaik di jangka menengah.

"Dalam jangka pendek tentu akan ada dampaknya, tapi dengan berjalannya waktu akan berkurang dalam jangka menengah. Kita pernah mengalami tragedi yang sama di Marriot. Mula-mula terasa sekali dampaknya, apalagi waktu itu ada korban jiwa warga negara asing. Tapi setelah berapa lama, dampaknya berkurang," ucap Rizal saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Baca Juga

  • Bom Meledak di Sarinah, Pusat Perbelanjaan Siaga Satu
  • Panik ada Bom, Warga Tinggalkan Motor, Gerobak hingga Warung
  • Rizal Ramli Prihatin Ada Ledakan Bom Sarinah

Source: liputan6.com
BI Rate Turun 25 Basis Poin Jadi 7,25%

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 14 Januari 2016 memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan (BI Rate) sebesar 25 basis poin menjadi 7,25 persen dari sebelumnya yang ada di angka 7,5 persen. Penurunan ini untuk oertama kalinya setelah BI menahan suku bunga selama 11 bulan berturut-turut. 

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara mengatakan, penurunan tersebut dilakukan oleh BI karena memang ada peluang untuk melakukannya. "Ada ruang penurunan seiring terkendalinya inflasi dan ekonomi Indonesia di awal 2016," jelasnya di Jakarta, Kamis (14/1/2016). 

Sedangkan untuk suku bunga Deposit Facility dan Lending Facility, BI memilih untuk tidak mengubahnya. Saat ini, suku bunga Deposit Facility masih ada di angka 5,50 persen dan Lending Facility pada level 8 persen.

Bank Indonesia memandang bahwa ruang bagi pelonggaran kebijakan moneter semakin terbuka dengan terjaganya stabilitas makroekonomi, khususnya inflasi akhir tahun 2015 yang akan berada di bawah 3 persen dan defisit transaksi berjalan yang akan berada pada kisaran 2 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Baca Juga

  • BI Rate Diramal Bakal Turun 25 Basis Poin
  • ‎Dirut Bank Permata Yakin BI Pangkas Suku Bunga Acuan
  • Pengusaha Ingin BI Rate Turun ke 6,5% pada 2016

Source: liputan6.com
Efek Ledakan Bom Sarinah, 4 Mal Tutup Sementara

Liputan6.com, Jakarta - Ledakan bom terjadi pos polisi Jl MH Thamrin Jakarta Pusat dekat pusat perbelanjaan Sarinah. Peristiwa ini membuat masyarakat khawatir, termasuk para pelaku bisnis.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja ‎Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengaku, pengusaha pusat perbelanjaan di Jakarta telah meningkatkan keamanannya ke level siaga 1 usai ledakan Bom Sarinah.

Bahkan dari 78 mal yang ada di Jakarta, setidaknya ada 4 mal yang menutup sementara kegiatan operasionalnya. Keempat mal tersebut adalah Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Senayan City, dan Arion.

"Tutup untuk saat ini karena lokasi mereka berdekatan. Keputusan ini diambil demi keamanan, sedangkan yang lain tetap buka." kata Ellen saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (14/1/2016).

Dia menuturkan, penutupan kegiatan operasional tersebut tentunya akan merugikan pengelola mal dan tenant-tenant di keempat mal tersebut.

"Omzet per hari hilang, jadi akan ada kerugian ekonomi," tuturnya.

Elsi Adianti, PR dan CR Assistant Manager Senayan City saat dikonfirmasi membenarkan bahwa manajemen telah menutup akses keluar masuk Senayan City sejak pukul 12.30 WIB. Tak hanya itu, pengamanan di Senayan City juga diperketat.

"Ditutup sampai situasi kondusif. Keputusan ini kami ambil demi keamanan bersama," paparnya. (Ndw/Igw)*


Source: liputan6.com
BI Rate Turun Jadi 7,25% Beri Tenaga ke IHSG

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak melemah terbatas meski di tengah ada sentimen ledakan di pusat kota Jakarta pada Kamis siang (14/1/2016). Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate mampu mendorong laju IHSG sehingag melemah terbatas.

Pada sesi pertama perdagangan saham Kamis pekan ini, IHSG sempat tertekan dipicu ada ledakan di Sarinah.

Pada pukul 11.30 WIB, IHSG melemah 45,70 poin atau 1,03 persen ke level 4.491. Indeks saham LQ45 susut 1,32 persen ke level 782,79. Seluruh indeks saham acuan kompak melemah pada Kamis siang ini.

Baca Juga

  • Teror Bom Bikin IHSG Jatuh 77 Poin
  • BI Rate Turun 25 Basis Poin Jadi 7,25%
  • Ledakan Bom Sarinah Bikin Orang Takut ke Mal

Source: liputan6.com
BI Rate Turun Jadi 7,25% Beri Tenaga ke IHSG dan Rupiah

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak melemah terbatas meski di tengah ada sentimen ledakan di pusat kota Jakarta pada Kamis siang (14/1/2016). Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate mampu mendorong laju IHSG sehingag melemah terbatas.

Pada sesi pertama perdagangan saham Kamis pekan ini, IHSG sempat tertekan dipicu ada ledakan di Sarinah.

Pada pukul 11.30 WIB, IHSG melemah 45,70 poin atau 1,03 persen ke level 4.491. Indeks saham LQ45 susut 1,32 persen ke level 782,79. Seluruh indeks saham acuan kompak melemah pada Kamis siang ini.

Baca Juga

  • Teror Bom Bikin IHSG Jatuh 77 Poin
  • BI Rate Turun 25 Basis Poin Jadi 7,25%
  • Ledakan Bom Sarinah Bikin Orang Takut ke Mal

Source: liputan6.com
Pariwisata Rusak Akibat Teror Bom, ‎RI Harus Contoh Thailand

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa ledakan bom di kawasan Sarinah Thamrin diprediksi akan merusak industri pariwisata di Indonesia. Hal ini terkait dengan situasi keamanan di dalam negeri yang tidak kondusif sehingga menimbulkan ketakutan dari para wisatawan mancanegara (wisman).

Menteri Pariwisata Arief Yahya saat ditemui mengakui pariwisata merupakan industri yang paling berkaitan erat dengan faktor keamanan. Dampak lainnya tentu ke sektor perdagangan Indonesia, sementara ke sisi investasi tidak akan berimbas signifikan.

"Pariwisata itu hubungannya linear dengan isu keamanan. Kalau isu keamanan aman dengan indeks kenaikan 10 persen, sektor pariwisata tumbuhnya juga 10 persen. Tapi kalau turun 10 persen juga bernasib sama. Yang paling tidak sensitif ke investasi, jika naik 10 persen keamanan, dia akan naik 10 persen. Tapi kalau turun, investasinya cuma turun 1 persen. Jadi yang paling sensitif pariwisata‎," kata Arief di Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Meski belum mengetahui seberapa besar penurunan jumlah kunjungan turis ke Indonesia, khususnya Jakarta paska ledakan bom ini, namun kata Arief, pemerintah harus segera melakukan pemulihan (recovery)‎ dengan belajar dari pemerintah Thailand. Di mana Bangkok, pernah menjadi sasaran terorisme hingga merenggut banyak korban jiwa.

Baca Juga

  • Bom Meledak di Sarinah, Pusat Perbelanjaan Siaga Satu
  • Ledakan Bom Sarinah Bikin Orang Takut ke Mal
  • Rizal Ramli Prihatin Ada Ledakan Bom Sarinah

Source: liputan6.com
IHSG Jebol Paska Bom Sarinah, Menkeu Minta Investor Tenang

Liputan6.com, Jakarta - Pasar saham dan pasar uang di Indonesia kembali bergejolak paska ledakan bom di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat. Kondisi ini tercermin dari data Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ‎dan kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang runtuh akibat sentimen negatif dari peristiwa memilukan itu.

Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, pemerintah khususnya Kementerian Keuangan akan berupaya menjaga pasar tetap tenang paska ledakan bom yang menewaskan beberapa orang tersebut. Meskipun diakuinya, tidak ada upaya khusus.

"Kami upayakan nanti agar market jangan terlalu nervous setelah kejadian ini. Tentunya kami tetap memperhatikan hal yang terjadi walaupun tidak ada upaya khusus. Ini kan sesuatu di luar kontrol," papar Bambang di kantornya, Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Baca Juga

  • Efek Ledakan Bom Sarinah, 4 Mal Tutup Sementara
  • Bom Sarinah Bikin Pelaku Pasar Khawatir
  • Bom Meledak di Sarinah, Pusat Perbelanjaan Siaga Satu

Source: liputan6.com
Bandara Soetta Tak Terpengaruh Insiden Teror Bom Sarinah

Liputan6.com, Jakarta - Insiden teror bom yang terjadi di wilayah Thamrin Jakarta Pusat, tidak mempengaruhi situasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta‎, Tangerang, Banten. Dari pantauan Liputan6.com di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta tidak tampak penjagaan yang ketat dari petugas keamanan bandara maupun pihak kepolisian.

Salah satu pemilik tenant makanan di Terminal 1 bernama Acun (65) tahun mengatakan, sejak terjadinya insiden di Jakarta, kondisi Terminal 1 tergolong normal. Menurutnya hal ini lantaran para pekerja dan pemilik usaha di lingkungan bandara sudah terbiasa dengan situasi ancaman teror sehingga menganggap situasi yang terjadi di Jakarta sebagai hal biasa.

"Kami di sini biasa saja, normal-normal saja. pengunjungnya juga tidak terpengaruh, bisa dibilang sudah terbiasa, orang udah jenuh dengan ancaman-ancaman. Saya sudah 10 tahun di sini, mungkin sudah lebih dari 5 kali ada acamana teror di sini," ujarnya di Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Baca Juga

  • Bom Sarinah Bikin Pelaku Pasar Khawatir
  • Efek Ledakan Bom Sarinah, 4 Mal Tutup Sementara
  • Bom Meledak di Sarinah, Pusat Perbelanjaan Siaga Satu

Source: liputan6.com
Pengusaha Ritel Perkirakan Transaksi bakal Turun Akibat Teror Bom

Liputan6.com, Jakarta - ‎Pengusaha ritel di dalam negeri berharap ledakan bom dan aksi serangan bersenjata yang terjadi di sejumlah titik di Jakarta tidak menganggu aktivitas perdagangan di ibukota.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Tutum Rahanta menyatakan, para pengusaha ritel telah meningkatkan pengamanan pada setiap toko yang‎ ada di Jakarta, khususnya yang lokasinya berdekatan dengan tempat kejadian pengeboman.

"Ada reaksi spontan sesuai SOP kita, karena ini kan lokasinya di dekat Sarinah, dan beberapa pusat perbelanjaan lain seperti di sekitar HI (Hotel Indonesia)," ujarnya di Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Tutum juga memperkirakan pada hari ini akan ada penurunan transaksi dan jumlah pengunjung toko ritel dibandingkan hari normal. Hal ini merupakan dampak dari adanya insiden teror tersebut. Namun dia belum bisa memastikan berapa besar penurunannya.

"Masyarakat akan mempercepat jam kunjungan mereka atau menghindari areal-areal sekitarnya," kata dia.

Baca Juga

  • Efek Ledakan Bom Sarinah, 4 Mal Tutup Sementara
  • Bom Sarinah Bikin Pelaku Pasar Khawatir
  • Ahok: Pelaku Bom Sarinah Pengecut

Source: liputan6.com
Ada Bom Sarinah, BI Jamin Kondisi Pasar keuangan Tetap Stabil

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memastikan kondisi pasar keuangan di Indonesia tetap stabil meski di jantung ibukota negara DKI Jakarta tengah dilanda teror bom.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, Juda Agung mengungkapkan, tidak ada alasan bagi pasar keuangan Indonesia terus melemah hanya karena masalah bom.

"Memang kalau di lihat di pasar valas sedikit bergejolak, tapi itu sifatnya hanya temporer saja," kata Juda di Gedung Bank Indonesia, Kamis (14/1/2016).

Demi menjaga stabilitas pasar keuangan, terutama megenai rupiah, BI siap dan selalu ada di pasar. "Tidak ada alasan pelemahan itu berlanjut, karena kondisi makro ekonomi, fundamental kita sangat bagus," paparnya.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Ada peristiwa ledakan terjadi di pusat kota Jakarta dinilai juga turut mempengaruhi pergerakan rupiah.

Baca Juga

  • Geger Bom Sarinah Ancam Investasi RI
  • Efek Ledakan Bom Sarinah, 4 Mal Tutup Sementara
  • Bom Sarinah Bikin Pelaku Pasar Khawatir

Source: liputan6.com
BI Rate 7,25%, IHSG Melemah 23 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona merah pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Sentimen eksternal dan internal mempengaruhi laju IHSG.

Pada penutupan perdagangan saham, Kamis (14/1/2016), IHSG susut 0,53 persen atau 23,99 poin ke level 4.513,18. Indeks saham LQ45 melemah 0,87 persen ke level 786,41. Sebagian besar indeks saham acuan kompak melemah pada hari ini.

IHSG sempat berada di level tertinggi 4.526,51 dan terendah 4.456,46 pada hari ini. Ada sebanyak 184 saham melemah sehingga menyeret IHSG ke zona merah. Sedangkan 82 saham menguat dan 78 saham lainnya diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 241.383 kali dengan volume perdagangan 4,3 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 5,9 triliun. Berdasarkan data RTI, investor asing melakukan aksi jual bersih sekitar Rp 300 miliar. Sedangkan pemodal lokal melakukan aksi beli bersih sekitar Rp 400 miliar.

Baca Juga

  • Bom Sarinah Bikin Pelaku Pasar Khawatir
  • Ledakan Sarinah Picu IHSG Sentuh Level 4.491
  • Ada Ledakan Sarinah, Rupiah Nyaris Tembus 14 Ribu per Dolar AS

Source: liputan6.com
BI Rate 7,25%, IHSG Melemah 23 Poin ke 4.513

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona merah pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Sentimen eksternal dan internal mempengaruhi laju IHSG.

Pada penutupan perdagangan saham, Kamis (14/1/2016), IHSG susut 0,53 persen atau 23,99 poin ke level 4.513,18. Indeks saham LQ45 melemah 0,87 persen ke level 786,41. Sebagian besar indeks saham acuan kompak melemah pada hari ini.

IHSG sempat berada di level tertinggi 4.526,51 dan terendah 4.456,46 pada hari ini. Ada sebanyak 184 saham melemah sehingga menyeret IHSG ke zona merah. Sedangkan 82 saham menguat dan 78 saham lainnya diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 241.383 kali dengan volume perdagangan 4,3 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 5,9 triliun. Berdasarkan data RTI, investor asing melakukan aksi jual bersih sekitar Rp 300 miliar. Sedangkan pemodal lokal melakukan aksi beli bersih sekitar Rp 400 miliar.

Baca Juga

  • Bom Sarinah Bikin Pelaku Pasar Khawatir
  • Ledakan Sarinah Picu IHSG Sentuh Level 4.491
  • Ada Ledakan Sarinah, Rupiah Nyaris Tembus 14 Ribu per Dolar AS

Source: liputan6.com
Bos Maspion Tak Takut dengan Teror Bom

Liputan6.com, Jakarta - Ledakan bom oleh pelaku terorisme sangat meresahkan pelaku usaha karena akan mengancam kelangsungan bisnisnya di Indonesia, terutama yang beroperasi di Jakarta. Namun tidak bagi Presiden Direktur Grup Maspion, Alim Markus.

Ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Alim merasa prihatin dengan kejadian ledakan bom di Sarinah Thamrin, pagi tadi (14/1/2016). "Saya kira sesama manusia kok tega ya, membunuh orang mana boleh," katanya, sore ini.

Pengusaha yang terkenal dengan slogan "Cintailah Produk-produk Indonesia" itu tampaknya tidak khawatir ataupun takut dengan tragedi maupun teror bom yang mengancam Indonesia. "Di mana-mana sudah banyak teroris ya, jadi dianggap itu sudah biasa," ucap Ali.

Sekitar pukul 15.30 WIB, Ali menyambangi kantor Kemenko Bidang Perekonomian. Ia mengaku akan berdiskusi banyak dengan pemerintah terkait paket-paket kebijakan ekonomi. Sementara konsen dari pengusaha adalah kebijakan untuk menunjang ekspor.

"Kan banyak paket, seorang businessman harus sigap menangkap peluang. Peluang kalau ditangkap harus jelas untuk apa. Bagi kami kebijakan yang penting bagaimana menunjang ekspor," tandas Alim.

Baca Juga

  • Geger Bom Sarinah Ancam Investasi RI
  • Pariwisata Rusak Akibat Teror Bom, ‎RI Harus Contoh Thailand
  • Belum Ada Laporan Kerusakan Jaringan Gas Akibat Bom Sarinah

Source: liputan6.com
Dampak Ledakan di Sarinah Terhadap Ekonomi

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pelaku pasar keuangan menantikan pengumuman suku bunga acuan/BI Rate pada Kamis 14 Januari 2016, masyarakat Jakarta dikejutkan dengan ledakan yang terjadi di Sarinah, Jakarta Pusat.

Ada enam ledakan yang terjadi di depan Starbucks, dekat pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat. Berdasarkan surat edaran dari Polda Metro Jaya, kejadian ledakan tersebut terjadi pada pukul 10.00 WIB yang berasal dari bom rakitan.

Akibat ledakan itu membuat kondisi Jakarta dinyatakan berstatus siaga I. Status tersebut diberlakukan sejak pukul 11.00 WIB tadi. Kondisi tersebut berlangsung hingga waktu yang belum ditentukan. Hal ini tentu berdampak terhadap kegiatan ekonomi dan pasar keuangan.

Sejumlah pusat perbelanjaan pun harus ditutup untuk mengantisipasi kejadian ledakan bom yang terjadi di Jakarta. Bahkan pusat perbelanjaan seperti Tangerang pun harus dijaga ketat.

Tak hanya itu, efek dari ledakan di Sarinah sempat membuat nilai tukar rupiah semakin tertekan ke level 13.900 per dolar Amerika Serikat (AS). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun sempat melemah 1,72 persen.

Mal Tutup Akibat Bom Sarinah

Suasana di pusat perbelanjaan Smart Club di Tangerang, Banten, (16/12). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat menuturkan, pihaknya telah menginstruksikan semua mal di Jakarta untuk meningkatkan keamanan menyusul ledakan di Sarinah.

Ellen mengatakan, pihaknya sudah meminta semua anggota untuk siaga satu. Para petugas keamanan berpakaian biasa pun diminta untuk diterjunkan untuk memberi keamanan dan kenyamanan.

Akibat peristiwa tersebut, dari 78 mal yang di Jakarta, setidaknya ada empat mal yang menutup sementara kegiatan operasionalnya. Keempat mal itu antara lain Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Senayan City dan Arion. Keputusan tersebut diambil untuk keamanan.

Ellen mengatakan, penutupan kegiatan operasional tersebut akan merugikan pengelola mal dan tenant-tenant atau penyewa di keempat mal itu. "Omzet per hari hilang, jadi akan ada kerugian ekonomi," ujar dia.

IHSG dan Rupiah Sempat Tertekan

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat, Jakarta, Kamis (23/10/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kejadian ledakan di Sarinah pun berimbas terhadap pasar modal dan keuangan Indonesia. Nilai tukar rupiah dibuka melemah 22 poin ke level 13.857 per dolar Amerika Serikat (AS) pada Kamis pagi ini dari penutupan perdagangan Rabu 13 Januari 2016 di level 13.835 per dolar AS.

Rupiah pun semakin tertekan terhadap dolar AS pada pukul 10.50. Nilai tukar rupiah sempat berada di level 13.910 per dolar AS padahal sebelumnya pukul 10.35, rupiah masih bergerak di kisaran 13.837 per dolar AS.  Dolar AS pun makin perkasa terhadap rupiah ke level 13.981. Sepanjang hari ini, rupiah berada di kisaran 13.821-13.981.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, pihaknya akan berupaya menjaga pasar tetap tenang usai ledakan bom di Sarinah tersebut.

Pelemahan rupiah dan IHSG yang terjadi, Bambang menilai hanya sementara. Pemerintah akan tetap menjaga fundamental ekonomi.

"Saya pikir pelemahan ini temporer. Yang paling penting kita tetap punya fundamental makro yang kuat untuk dapat mengembalikan kondisi temporer ini ke kondisi yang normal," ujar Bambang.

Hal senada dikatakan Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Juda Agung. Ia menilai tidak ada alasan untuk pasar keuangan Indonesia terus tertekan karena ledakan bom.

Pengunjung memfoto pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia, Jakarta,  Jumat (27/11). Bursa saham Indonesia kembali melemah pada penutupan perdagangan hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga terkena sentimen negatif ledakan tersebut meski sesaat. IHSG memang cenderung tertekan sejak awal perdagangan saham.

IHSG dibuka merosot 51,66 poin atau 1,14 persen ke level 4.484 terkena sengatan negatif bursa saham global. Tekanan IHSG pun berlanjut hingga terjadinya ledakan di Sarinah. IHSG melemah 1,72 persen ke level 4.459 pada penutupan sesi pertama perdagangan saham.

Akan tetapi, pelemahan IHSG menjadi terbatas lantaran ada dorongan dari suku bunga acuan turun 25 basis poin menjadi 7,25 persen. IHSG pun melemah 23,99 poin ke level 4.513.

Diharapkan Tak Pengaruhi Investasi

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengharapkan ledakan terjadi tak menggoyahkan minat investasi pada penanaman modal di Indonesia. Hal itu mengingat Indonesia bukan negara sasaran terorisme.

"Mudah-mudahan tidak ada pengaruh. Gelombang serangan ini tak terjadi di kita saja. Kita ini negara yang di luar konflik. Jadi kalau dibilang akan berpengaruhu pada investasi saya rasa tidak," ujar Hariyadi.

Hariyadi yakin Indonesia masih menarik bagi investor walau terjadi ledakan. Ia mengharapkan aparat keamanan sigap mengambil langkah pengamanan.

Hariyadi menilai, kejadian ledakan tersebut akan berdampak ke bisnis ritel. Masyarakat khawatir datang ke mal. "Orang yang akan takut ke mal. Jadi ritel yang kena, tapi investasi secara keseluruhan tidak ada," kata Hariyadi. (Ahm/Gdn)


Source: liputan6.com
Pengembang Ingin Bunga KPR Ikut Penurunan BI Rate

Liputan6.com, Jakarta - Pengembang tergabung dalam Realestat Indonesia (REI) menyambut positif penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). Saat ini, suku bunga BI dipatok 7,25 persen. Namun mereka berharap penurunan ini diikuti oleh penurunan kredit bank.

Ketua DPD REI DKI Jakarta Amran Nukman berharap, diharapkan penurunan suku bunga tersebut dapat mendorong sektor properti yang saat ini tengah lesu karena menurutnya bisa menggairahkan penjualan properti.

"Yang jelas setiap penurunan bunga bagus buat konsumen, developer senang-senang saja," kata dia saat dihubungi wartawan Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Baca Juga

  • BI Rate Turun 25 Basis Poin Jadi 7,25%
  • BI Rate Diramal Bakal Turun 25 Basis Poin
  • Dirut Bank Permata Yakin BI Pangkas Suku Bunga Acuan

Source: liputan6.com
Top 3: Freeport Tawarkan Saham Senilai Rp 23 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - PT Freeport Indonesia telah menawarkan saham ke pemerintah Indonesia. Saham yang ditawarkan sebesar 10,64 persen dengan nilai US$ 1,7 miliar.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Bambang Gatot mengatakan, Freeport telah melayangkan surat penawaran sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2014. Penawaran tersebut dilakukan sehari sebelum batas waktu penawaran habis, yang jatuh Kamis (14/1/2016) ini.

Artikel mengenai divestasi saham Freeport tersebut menarik perhatian pembaca. Selain itu ada pula beberapa artikel lain yang layak untuk disimak. Lengkapnya, berikut artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Kamis (14/1/2016):

1. Freeport Tawarkan Saham ke Pemerintah Senilai Rp 23 Triliun
Ilustrasi Pertambangan (Foto:Antara)

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Bambang Gatot mengatakan, Freeport mangajukan harga US$ 1,7 miliar atau senilai Rp 23,83 triliun (estimasi kurs: Rp 14.016 per dolar AS) untuk 10,64 persen saham. Sedangkan harga untuk saham Freeport seluruhnya mencapai US$ 16,2 miliar.

"Tentunya di dalam penawaran tersebut juga disampaikan besarannya yang 100 persen adalah US$ 16,2 miliar. Kemudian yang 10,64 persen menjadi US$ 1,7 miliar," ungkap Bambang.

Selengkapnya baca di sini.

2. Orang Ini Pegang Rekor Punya Kartu Kredit Terbanyak di Dunia
Walter Cavanagh punya ribuan kartu kredit yang dikumpulkannya sejak tahun 70-an. Ia menjadi pemegang rekor dunia kartu kredit terbanyak.
Walter Cavanagh termasuk salah satu pemilik kartu kredit terbanyak di dunia. Hal itu membuat ia masuk Guinness Book sejak 1971. Ia memiliki 1.497 kartu kredit dengan nilai mencapai Rp 27,2 miliar (asumsi kurs Rp 14.016 per dolar Amerika Serikat).

Seperti dilansir dari news.xinhuanet.com, Rabu, (13/1/2016) Cavanagh sudah memegang rekor sebagai Mr Plastik Fantastic sejak 1971. Dengan rekor itu, ia memiliki kartu kredit paling banyak dan paling tua di dunia. Ia memulai koleksi kartu kredit sejak akhir 1960. Namun, Cavanagh juga mempunyai pesaing dalam koleksi kartu kredit.

Selengkapnya baca di sini.

3. Rizal Ramli Prihatin Ada Ledakan Bom Sarinah
Polisi berjaga didekat lokasi ledakan di Jakarta, Indonesia, (14/1/2016). Beberapa ledakan dan suara senjata api terjadi di pusat ibukota Indonesia, Polisi mencurigai seorang melakukan aksi bom bunuh diri. (REUTERS/Beawiharta)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli prihatin dengan adanya tragedi teror bom di kawasan Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat, yang menelan beberapa korban jiwa. Lokasi ledakan bom tersebut terjadi di kawasan tempat Rizal berkantor yaitu di Gedung BPPT.

"Saya prihatin sekali di depan kantor saya ada ledakan tiga kali. Teroris pakai motor, korbannya lumayan," ungkap Rizal di acara Rangkaian Kegiatan Kongres Nasional IX IA-ITB di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis, (14/1/2016) ini.

Selengkapnya baca di sini.


Source: liputan6.com
Pasca Ledakan di Sarinah, Starbucks Tutup Semua Kedai di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Ledakan yang terjadi di pusat perbelanjaan Sarinah salah satunya terjadi di dekat kedai kopiu Starbucks. Kondisi dari kedai kopi asal Amerika Serikat tersebut rusak dan berantakan.

Dalam keterangan resminya, pihak Starbucks mengungkapkan belasungkawa dan menyayangkan peristiwa yang terjadi siang ini.

"Kami sangat sedih akan aksi yang tidak masuk akal yang terjadi di Jakarta hari ini. Hati kami bersama masyarakat Indonesia," tulis Starbucks dalam situs resminya, Kamis (14/1/2015)

Starbucks juga menyebut, ledakan terjadi di dekat salah satu gerainya di Gedung Skyline, Sarinah. Mereka memastikan semua karyawan aman hanya saja satu pelanggan terluka dan dirawawt di tempat kejadian.

Starbucks juga menutup gerai-gerainya di Jakarta hari ini,

"Toko ini (Sarinah) dan semua toko Starbucks lain akan tetap tutup sampai pemberitahuan selanjutnya," tulisnya.


Source: liputan6.com
Ini Kalung Berlian Penuh Skandal, Harga Dibayar Nyawa

Liputan6.com, Jakarta -  

Kalung, gelang, anting-anting, dan berbagai jenis perhiasan lain selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wanita pencintanya. Namun ternayata, perhiasan tak hanya menjadi sumber kesenangan tapi bisa membawa petaka bagi pemiliknya.

Bahkan ratu Prancis yang terakhir, Marie Antoinette harus membayar kalungnya dengan nyawa. Kalung yang tercatat sempat menjadi miliknya itu memang terdiri dari berbagai batu permata dan berlian yang mewah.

Tentu saja, kala itu, kalung itu mampu menarik perhatian Antoinette yang dikabarkan sangat gila akan kemewahan dan gemar berpesta. Sayangnya, kalung itu pula yang menyeretnya pada hukuman mati.

Pada 2007, kalung yang sempat menjadi barang curian itu dikabarkan terjual seharga US$ 3,7 juta atau Rp 51,5 miliar (kurs: Rp 13.912/US$) di suatu acara lelang. Penasaran dengan kisah lengkap dibalik kalung mahal milik kerajaan tersebut?

Berikut ulasan singkatnya seperti dilansir dari Daily Mail, The Telegraph, britannica.com, dan berbagai sumber lain, Kamis (14/1/2015):

Profil singkat Maria Antoinette

Maria Antoinette lahir dari pasangan Maria Theresa, Emoress of Austria dan Holy Roman Emperor Francis I pada 2 November 1755. Sejak kecil, dirinya banyak menerima pendidikan religius dan berbagai prinsip moral.

Maria menikah di usia sangat muda yakni 15 tahun. Dia dijodohkan dengan Raja Louis XVI yang terkenal sangat pendiam, cerdas, dan pekerja keras. Butuh waktu delapan tahun sejak pernikahannya hingga keduanya memiliki puteri pertama.

Berbeda dengan sang suami yang sangat teliti melakoni pekerjaannya sebagai raja, Maria yang terbilang sangat muda lebih senang berpesta, menari di pesta mewah dan mengenakan pakaian serta perhiasan glamor. Keduanya nyaris jarang bertemu mengingat saat raja selesai bekerja, Maria mulai berpesta, dan saat raja mulai bekerja, Maria masih tertidur setelah kelelahan berpesta.


Source: liputan6.com
Pemerintah Punya Waktu 60 Hari untuk Beli Saham Freeport

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memilik waktu 60 hari untuk membeli 10,64 persen saham PT Freeport Indonesia senilai US$ 1,7 miliar atau kurang lebih Rp 23,83 triliun (estimasi kurs: Rp 14.000 per dolarAS). Untuk menentukan kelayakan harga yang ditawarkan, pemeirntah akan membentuk tim valuasi.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bambang Gatot mengatakan, rentang waktu tersebut sudah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2014. "Untuk valuasi aset, Peraturan Pemerintah Nomor 77 sudah mengatur. Kalau tidak salah harus dilakukan dalam 60 hari," kata Bambang, di Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Menurut Bambang, Pemerintah tidak ingin lama dalam mengambil keputusan pembelian saham, setelah Freeport menawarkan sahamnya sehari sebelum batas waktu penawaran yang jatuh pada, Kamis (14/1/2015) ini. "Tentunya kami tidak mau berlama-lama juga, kami harus cepat juga," ungkap Bambang.

Kementerian ESDM tidak akan berjalan sendiri dalam menentukan pembelian saham, tetapi melibatkan instansi lain diantaranya Kementerian Keuangan dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). "Tentunya, kami melibatkan para pihak, Kementerian Keuangan, kementerian BUMN dan mereka yang expert." tuturnya.

Baca Juga

  • Freeport Tawarkan Saham ke Pemerintah Senilai Rp 23 Triliun
  • Pemerintah Bentuk Tim untuk Evaluasi Harga Saham Freeport
  • Pemerintah Diminta Tak Perpanjang Operasi Freeport Usai 2021

Source: liputan6.com
RI Siap Jadi Pusat Perawatan Pesawat Terbesar Kedua di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli kembali membuat gebrakan dengan ambisinya menjadikan Indonesia sebagai pusat perawatan pesawat berbodi besar (maintenance centre) terbesar kedua. Untuk mewujudkannya, Rizal bakal bernegosiasi dengan dua produsen pesawat raksasa.

"Kita mau bikin the second maintenance centre. Bukan di Cengkareng, karena tanahnya sudah mahal, tapi di Batam atau Bintan," katanya saat ditemui di Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Dengan keberadaan pusat perawatan pesawat dengan kapasitas besar, diakui Rizal, Indonesia akan kebanjiran pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan pesawat yang biasa digarap Singapura.

"Pesawat yang tadinya maintenance di Singapura bisa pindah ke Batam dan Bintan. Dan dalam waktu 5 tahun ke depan, pekerjaan maintenance kita bisa naik jadi 60 persen," tegasnya.

Baca Juga

  • Paket VIII Keluar, Pemerintah Ingin Harga Tiket Pesawat Turun
  • Hal Ini Bikin PT Dirgantara Indonesia Makin Kuat
  • Punya 4 Hanggar, Pendapatan Anak Usaha Garuda Naik 150%

Source: liputan6.com
Fasilitas Pengolahan Blok Masela Masih Dikaji

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) masih mengkaji penetapan pembangunan fasilitas pengolahan gas, sumur gas abadi Masela Maluku. Pasalnya, fasilitas yang dibangun harus memberikan manfaat bagi perekonomian sekitar proyek tersebut.

"Kalau mendengar dari perjalanan ke timur kemarin. Sebetulnya yang paling utama bagaimana project itu memberi manfaat kepada pengembangan ekonomi regional," kata Sudirman, di Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Terbatas, pihaknya masih mengkaji pembangunan falitas pengolahan gas. Saat ini ada dua pilihan yaitu dibangun di tengah laut (offshore) dan di darat (onshore).

"Jadi seperti pesan setelah Rapat Terbatas. Presiden sudah bilang kaji dulu baik-baik. Sekarang kita tidak bisa menyimpulkan opsi mana yang paling baik sampai mendetailkan planning," tutur Sudirman.

Menurut Sudirman, dalam waktu dekat jajarannya yang terdiri dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Direktorat Jenderal Migas, lembaga penelitian dan beberapa perguruan tinggi akan duduk bersama, guna mengkaji manfaat yang didapat atas pembangunan fasilitas pengolahan gas Masela.

"Bagaimana pemanfaatan ekonomi regional. Tapi dalam waktu dekat SKK Migas, Ditjen Migas akan duduk bersama Unpati, lembaga LPMUI termasuk ITB. Apa yg dibutuhkan masyarakat, baru kita bikin," tuturnya.

Baca Juga

  • Kemenperin Ingin Gas Blok Masela untuk Industri Hilir
  • Fasilitas Pengolahan Blok Masela Harus Segera Diputuskan
  • Hal Ini Bikin Pengembangan Blok Masela Tersendat

Source: liputan6.com
Bulog Jamin Teror Sarinah Tak Ganggu Distribusi dan Harga Beras

Liputan6.com, Jakarta - Perum Bulog ikut angkat bicara mengenai peristiwa ledakan bom di kawasan Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menjanjikan kelancaran distribusi beras dengan harga terkendali.

"Jangan sampai harga beras naik. Kasihan negara ini. Saya berharap tidak ada perubahan signifikan karena distribusi beras aman-aman saja," ucap Direktur Utama Bulog, Djarot Kusumayakti usai Rakor Pangan di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Kata Djarot, sejak awal Januari sampai sekarang ini, harga beras relatif stagnan atau tetap. Kenaikan yang terjadi di tahun lalu, lanjutnya, berhenti. Kondisi tersebut berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Kenaikan harganya dari awal Januari hingga saat ini relatif stagnan. Dulu-dulu kan naik, saya berusaha menahan berhenti terus," tuturnya.

Baca Juga

  • Harga Beras Suriah Rp 3,5 Juta per Kg, Ini Reaksi Bulog
  • Mentan Amran Pamer ‎Indonesia Sudah Ekspor Beras ke Italia
  • RI Tak Ingin Impor Beras Bergantung dari Thailand dan Vietnam

Source: liputan6.com