Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Sabtu, 23 Januari 2016
5 Tips Beristirahat dari Tugas Kantor yang Berat

Liputan6.com, Jakarta - Sekeras apapun pekerjaan Anda, pastikan Anda memiliki waktu untuk istirahat yang cukup. Banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk mempunyai waktu 2 hari dalam seminggu, untuk melakukan istirahat. 

Dengan begitu, Anda akan merasakan tubuh kembali berenergi. Seperti dilansir dari AOL.com, Sabtu (22/1/2016) terdapat lima tips untuk beristirahat :

1. Memahami pentingnya istirahat

Ketika Anda harus memiliki kekuatan otak dan fokus mental yang penuh, Anda harus mempunyai solusi mudah untuk beristirahat.

Anda dapat mengambil beberapa waktu untuk istirahat dan menjaga kesehatan, lakukan hal tersebut secara teratur. Karena dapat membuat Anda lebih bahagia dan sehat juga.

2. Ingat apa yang paling penting

Anda harus tahu bagian mana saja yang paling penting untuk hidup Anda, apakah pekerjaan atau kehidupan. Anda harus benar-benar perhatian kepada hidup dan harus tetap fokus, prioritas Anda harus selalu dilakukan di awal. Hal itu akan membantu dalam beristirahat.

3. Jangan membawa pulang kerjaan

Hal ini memang sangat penting, kalau bisa jangan membawa tugas kantor ke rumah. Jika memang harus dibawa pulang, pastikan Anda sudah merapikan tugasnya dan bisa meyelesaikan lebih sedikit di rumah.

4. Merekam cara kerja Anda

Akan sangat menyenangkan jika Anda merekam cara kerja di kantor. Karena hal tersebut akan membuat Anda menjadi tahu prioritas dalam pekerjaan dan dapat mengetahui prioritas dari tugas yang harus di selesaikan.

5. Praktik

Kita pasti memiliki kebiasaan. Semakin kita banyak melakukan sesuatu, hal tersebut menjadi bagian dari rutinitas dan pola pikir kita yang mudah dilakukan. Anda akan menemukan cara untuk mengalami beberapa manfaat dari praktik, yang akan mendorong Anda untuk menjaga kebiasaan positif. (Apr/Ahm)


Source: liputan6.com
Ingin Cepat Punya Anak? Tinggal di Perumahan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki keturunan tentu menjadi dambaan setiap pasangan. Oleh karena itu, jangan asal mencari tempat tinggal.

Baru-baru ini penelitian di Amerika Serikat (AS) menyebutkan polusi dan kemacetan lalu-lintas ternyata berpengaruh terhadap masalah kesuburan wanita, seperti ditulis Sabtu (23/1/2016) yang dikutip dari Reuters.com dan Rumah.com.

Riset ini mengambil responden lebih dari 36.000 wanita dari 1993-2003 dan menganalisa pengaruh polusi udara dan kemacetan dekat rumah mereka dan pengaruhnya terhadap masalah kesuburan. Hasilnya, terdapat 2.500 kasus yang terindikasi memiliki masalah kesuburan. Rata-rata mereka adalah yang tinggal dekat jalan utama, dengan jarak 0 sampai 199 meter.

Meskipun pengaruhnya relatif kecil, sekitar lima persen, namun polusi udara tetap berdampak besar terhadap kesehatan lingkungan, termasuk bayi dan balita, seperti yang disebutkan oleh Mark Nieuwenhuijsen, peneliti dari Center for Research in Environmental Epidemiology and the Barcelona Institute for Global Health.

Solusinya? Dr. Sajal Gupta, peneliti dari Cleveland Clinic di Ohio menyarankan pasangan yang sulit mendapat keturunan agar mulai mempertimbangkan hunian baru yang lebih sehat dan memiliki kualitas udara bersih.

Berikut ini Rumah.com memberi sejumlah referensi beberapa perumahan yang lokasinya cenderung jauh dari jalan utama.

1. Alam Sutera

Kawasan perumahan di Alam Sutera (Foto: Alam Sutera)

Bagi calon konsumen yang saat ini tinggal di Jakarta dan sekitarnya, nama Alam Sutera sudah demikian terkenal. Sebagai kawasan yang memiliki komitmen tinggi terhadap lingkungan, pengembangan kawasan terpadu ini merupakan implementasi dari ecological planning method.

Dalam setiap pengembangannya Alam Sutera selalu mengedepankan kondisi alam sekitar, meliputi faktor topografi, hidrologi, akses, hingga demografi.

Tinggal di sini, Anda akan dikelilingi oleh lingkungan hijau dengan kualitas udara yang segar serta jauh dari kebisingan. Namun Anda tak akan kesulitan menjangkau Jakarta, karena pintu tol Jakarta-Tangerang berada sekitar 3 km dekat perumahan.

Anda tinggal memilih, mau rumah tapak seperti New Alba dan Sutera Victoria, atau bisa juga di gedung apartemen seperti Paddington Heights.

2. Palm Garden

Palm Garden merupakan salah satu dari belasan perumahan baru yang ada di kawasan Tapos, Depok, tepatnya di Jalan Raya Dongkal (sekitar 2 km dari jalan utama Gas Alam). Konsep yang dihadirkan perumahan adalah minimalis tropis, dengan nuansa yang nyaman dan tenang.

Dengan banderol harga mulai dari Rp 1 miliar-Rp 1,77 miliar, perumahan ini menawarkan banyak fasilitas bagi penghuninya. Mulai dari taman yang diisi oleh berbagai tamanan dan pohon palem, musala dan sport club.

Bagi Anda yang sangat mengutamakan kesehatan, klub olah raga tentu bisa menjadi sarana terbaik yang memungkinkan Anda tak perlu mencari klub fitness di luar perumahan. Nantinya, klub olah raga ini akan diisi oleh beragam alat-alat fitness seperti treadmill, home gym, sepeda stastis, hingga stationary bike.

3. Citra Raya Tangerang


Ilustrasi hunian di kawasan CitraRaya

Garden Ville merupakan salah satu supercluster milik Citra Raya (Ciputra Group) yang memiliki tema hijau dan ramah lingkungan. Jaraknya dari jalan utama (Jalan Raya Serang) sekitar 5 km sehingga udaranya relatif bersih dari polusi.

Tinggal di kota mandiri Citra Raya, Anda tidak perlu khawatir kesulitan menjangkau fasilitas-fasilitas umum mulai dari sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan tempat hiburan.

Pada intinya, lingkungan hunian yang sehat akan memberi dampak yang positif terhadap kualitas hidup penghuninya. Selayaknya hal ini menjadi pertimbangan penting bagi Anda yang hendak mencari perumahan baru. (Isnaini K/Ahm)


Source: liputan6.com
Ingin Sukses Capai Tujuan? Yuk Simak Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki 2016, mungkin Anda memiliki resolusi. Resolusi itu dapat meliputi kepribadian dan bisnis. Sekitar 25 persen kebanyakan orang tidak berkomitmen menjalankan resolusinya dalam sepakan.

Mengapa? Mungkin saja itu karena resolusi yang dibuat ternyata sulit. Bahkan Anda tidak memiliki waktu untuk menjalankannya, dan melakukannya lain waktu.

Mengutip laman entrepreneur.com, Sabtu (23/1/2016) terdapat beberapa hal dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda:

1. Tuliskan tujuan Anda

Ketika Anda dapat menulis tujuan dari bisnis atau kepribadian, Anda tidak boleh terobsesi untuk merealisasikannya dalam waktu  cepat. Karena jika Anda terus-menerus terobsesi tentang sesuatu, Anda tidak akan memiliki pilihan selain bekerja keras sampai merealisasikan hal tersebut.

2. Buat jadwal

Anda harus tahu aset yang paling berharga bagi seorang pengusaha adalah waktu. Untuk mengambil keuntungan penuh dari waktu mereka yang hasil. Anda dapat mempertimbangkan beberapa kegiatan yang sudah Anda jadwalkan agar memungkinkan untuk mempertahankan jadwal yang sangat rinci.

3. Berhubungan dengan orang-orang yang mendukung Anda

Hidup dengan orang yang mempunyai keinginan atau mendukung yang kita mau adalah hal yang sangat menyenangkan. Karena, hal tersebut dapat membuat diri kita termotivasi, sama dengan dukungan keluarga mendukung dan teman-teman.

Meskipun mereka mungkin tidak mengerti apa yang Anda lalui, tetapi mereka akan menawarkan dukungan dan dorongan ketika Anda membutuhkannya.

4. Imbalan untuk diri sendiri

Jika Anda berhasil mencapai tujuan, berilah imbalan untuk memberikan motivasi kepada hidup Anda. Karena hal tersebut dapat membantu Anda ketika memiliki tujuan di jalan yang sulit. (Apr/Ahm)

 


Source: liputan6.com
8 Restoran Mungil di Dunia Menginspirasi Usaha Kuliner

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis kuliner bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memulai usaha. Bagaimana tidak? Aneka olahan makanan dengan tema unik terus bergantian menjadi tren di tengah anak muda. Mereka rela menyicipi kuliner terbaru dengan merogoh kocek yang tidak sedikit. Bisnis prospektif ini pun tidak selalu membutuhkan modal yang besar.

Sebagai contoh, Anda bisa menyewa tanah di lokasi strategis dan mulai bangun restoran kecil dengan tema yang unik. Lebih sederhana lagi, Anda juga punya opsi untuk mengontrak ruko kecil dan dekorasi ruangan semenarik mungkin.

Butuh ide restoran mungil yang bisa menarik banyak pengunjung? Berikut ini Rumah.com, seperti ditulis Jumat (22/1/2016) mengutip dari laman Countryliving.com menampilkan delapan restoran kecil dengan desain unik dari seluruh dunia.

Burro Cheese Kitchen di Austin Texas

Rumah makan ini memiliki desain eksterior dari kontainer dengan warna cat kuning dan setengah kaca bening. Menjual daging panggang olahan berkualitas seperti sandwich keju, rumah makan ini dilengkapi oleh beberapa pasang set meja di bagian depannya. Meski nampak seperti jajanan street food, lokasi Burro Cheese Kitchen tidak berpindah tempat dan di buka sepanjang hari.

Story Coffee Company di Colorado Springs, Colorado.

Kedai kopi yang cantik ini didirikan setelah pemiliknya melakukan perjalanan tur kopi ke 45 negara bagian di Amerika. Setelah mendapat racikan cita rasa yang pas, akhirnya mereka berencana menyajikan kopi di sebuah kedai berukuran mungil.

Story Coffe Company memiliki luas 6 meter x 20 meter persegi dan dipenuhi oleh perabotan yang memenuhi ruang seluas 1,8 meter persegi.

Dengan begitu, sisa ruang untuk menampung para tamu hanya bersisa 4,2 meter persegi. Mereka mendesain kedai ini dengan dominasi material kayu dan banyak jendela kaca untuk memberi pencahayaan maksimal di dalam ruangan.

Central Hotel & Café di Copenhagen, Denmark

Ruko imut bernama Central Hotel & Café ini tidak hanya disebut sebagai kafe termungil, tapi juga hotel termungil yang hanya menyediakan satu ruang saja! Kafe yang fasadnya menyontek gaya klasik ini berbentuk seperti rumah mungil dua tingkat yang dilengkapi jendela pada atapnya.

Beberapa menu yang disajikan antara lain roti tangkap sandwich, es krim organik, jus segar, sampai juga biji kopi yang diproduksi dari perusahaan kopi lokal Denmark.

Cooperstown Diner di Cooperstown, New York

Restoran imut ini terkenal karena menjual burger besar dengan berat daging sekitar 225 gram. Selain itu mereka juga menjual menu sarapan sepanjang hari. Ukuran bangunan Copperstown Diner yang kecil membuat mereka hanya memiliki setengah alamat: 136 ½ Main Street.

Sangat menarik untuk dikunjungi, dengan fasad batu bata dan ornamen colorful vintage yang membuatnya terlihat ceria.

Distributrice, Montreal, QC

Kedai makan ini merupakan spot foto yang popular di Instagram. Anda bisa mencontek ide bangunan yang memanfaatkan ruang di bawah anak tangga ini. Dengan fasad berwarna hitam dan batu bata, La Distriburice memiliki desain animasi hitam putih yang unik di depannya.

Selain kopi, Distributrice menawarkan menu makanan sederhana seperti kopi, cokelat panas, dan makanan cepat saji lainnya. Namun karena lokasi tempat duduk yang sangat terbatas, banyak orang yang memilih es Lattenya dibawa pulang dengan pengemasan yang cantik.

Texas Tavern di Roanoke, Virginia

Restoran ini tetap menjaga kesan vintage dari pilihan warna dan tempelan poster yang menyelimuti dindingnya. Buka 24 jam dalam seminggu, The Texas Tavern sudah berdiri dalam kurun waktu 85 tahun dan belakangan menjadi sangat terkenal (diduga) karena resep rahasia cabai mereka. Selain harga relatif murah, restoran ini juga memajang slogan yang cukup jenaka: Can Seat 1000 people, 10 at a time (Menampung 1.000 orang, 10 orang sekali giliran).

 

Cafe Nookie di Surry Hills, Australia

Kafe ini tidak hanya mungil namun didesain sangat imut untuk menyambut pelanggannya. Di bagian fasad bangunan terpajang sebuah papan tulis kapur yang gambarnya sering diubah-ubah. Di bagian depan terdapat bilik loket tempat Anda bertemu pramusaji dan memesan makanan yang diinginkan.

Kafe Nookie menyajikan pilihan kopi lezat, sandwich dan kue-kue. Di hari cerah, mereka sering menambahkan tempat duduk tambahan di trotoar jalan.

Chuckle Park Bar & Café di Melbourne, Australia

Restoran yang satu ini memanfaatkan ruang luar yang nyaman untuk menjadi tempat nongkrong terkenal di kawasan Melbourne.

Tidak hanya menu makanan lezat dari daging olahan dan minuman seperti bir dan koktail, dekorasi Chuckle Park Bar & Café juga terbilang unik mulai dari bunga imitasi dan gantungan toples Mason yang terpajang di atas, sampai dengan lantai rumput sintetis dan beberapa tanaman hijau di bawahnya.


Source: liputan6.com
Ini Pemain NBA dengan Bayaran Tertinggi di 2016

Liputan6.com, Jakarta - Para pemain liga basket profesional Amerika Serikat atau NBA sedang bersiap-siap melakukan pertempuran negosiasi gaji dengan para pemilik klub. Mereka berpendapat gaji yang mereka terima selama ini tidak beranjak, sementara keuntungan tim terus melonjak.

Manajemen tim melihat gaji para pemain yang rata-rata sudah lebih dari US$ 5 juta per tahun sudah yang tertinggi dibanding atlet olahraga lain. Gaji ini pun bakal beranjak ke angka US$ 8 juta seiring kesepakatan baru dengan stasiun televisi TNT dan ABC/ESPN.

Sebanyak 10 pemain dengan bayaran tertinggi di NBA tahun ini bakal mendapat gaji US$ 391 juta. Selama dua tahun berturut-turut pemain basket yang memenangkan most valuable player sebanyak empat kali, LeBron James, menduduki posisi puncak atlet NBA dengan bayaran tertinggi.



James baru saja mendapat kontrak baru untuk masa dua tahun dari timnya Cleveland Cavaliers. Gajinya bakal mencapai US$ 23 juta per tahun. Ia punya keuntungan untuk menaikkan kembali gajinya di tahun pertama kontrak.

James membuat penghasilannya dua kali lebih banyak di luar lapangan. Seperti dilansir dari Forbes, Sabtu (23/1/2016), pendapatannya dari iklan bisa mencapai US$ 48 juta. Ia punya kontrak dengan produsen sepatu Nike sejak masuk ke NBA di 2003.

Ia juga memperluas kerjaan bisnisnya di luar NBA. James punya perusahaan perfiliman, SpringHill Entertainment. Perusahaan ini punya kontrak baru dengan Warner Bros Entertainment di 2015.

Pada 2011, James bergabung dengan Fenway Sports Management yang memhasilkan tujuh digit pendapatan dan saham di klub sepak bola Liverpool.

Kontrak seumur hidupnya dengan Nike dan bisnis-bisnis tersebut membuat James mampu masuk ke dalam jajaran miliarder dalam waktu dekat. Total kekayaannya mencapai US$ 600 juta, termasuk dari produk-produk yang ia iklankan. (Elsa/Ndw)


Source: liputan6.com
71% Penduduk Dunia Berada di Garis Kemiskinan

Liputan6.com, Jakarta - Selama lima tahun terakhir, orang-orang kaya dunia berhasil meningkatkan hartanya. Sebanyak 62 orang terkaya saat ini punya harta sama dengan kekayaan setengah penduduk dunia.

Menurut laporan lembaga nirlaba Oxfam, seperti ditulis CNN Money, Sabtu (23/0/2016), pada 2010 jumlah orang kaya yang menguasai kekayaan tersebut mencapai 388 orang.

Studi yang dilaporkan Oxfam pada World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss tersebut mengacu pada laporan daftar kekayaan versi majalah Forbes dan hasil riset Global Wealth Databook Credit Suisse.

Baca Juga

  • 4 Cara Instan Jadi Kaya
  • 5 Kebiasaan yang Bisa Bantu Anda Jadi Kaya
  • Orang Terkaya Ini Sumbangkan Seluruh Hartanya

Source: liputan6.com
7 Hal Berbeda yang Dilakukan Orang Sukses

Liputan6.com, Jakarta- Setiap orang pasti ingin meraih sukses dalam hidupnya. Namun, jalan yang ditempuh tidaklah mudah.

Kevin Kruse, seorang penulis buku terkenal “We: How to Increase Performance and Profits Through Full Engagement” menuturkan beberapa hal berbeda yang dilakukan oleh orang sukses setiap harinya yang bisa menuntun mereka ke tangga kesuksesan.

Apa saja hal tersebut? Dilansir Forbes, Sabtu (23/1/2016) berikut daftarnya:

1. Fokus atur kegiatan

Orang-orang pada umumnya hanya mampu mengatur kegiatan hingga pada batas jam, sementara orang sukses mampu memaksimalkan waktu yang mereka miliki hingga hitungan menit. Kruse mengungkapkan bahwa uang yang hilang dapat dicari kembali, namun waktu yang hilang tidak akan mampu dikembalikan lai.

2. Hanya fokus pada satu hal

Orang-orang sukses tahu betul pekerjaan apa yang paling penting untuk mereka dan berusaha sekeras mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada. Tom Ziglar, CEO dari Ziglar Inc mengungkap bahwa Anda harus menyisihkan waktu satu hingga dua jam di awal hari untuk mengerjakan pekerjaan yang benar-benar penting bagi Anda.

3. Tidak menggunakan to-do-list

Buang semua to-do-list Anda karena ternyata hal tersebut tidak dapat mengantar Anda pada kesuksesan yang ingin dicapai. Faktanya 41 persen hal yang Anda harus lakukan dalam to-do-list tidak pernah Anda selesaikan.

Parahnya, hal ini juga dapat berdampak pada munculnya Zeigarnik effect yang dapat membuat munculnya stres berkepanjangan.


Source: liputan6.com
25 Negara dengan Pemerintahan Terburuk Sedunia

Liputan6.com, Jakarta - Sulit untuk menentukan bagaimana baik buruknya sebuah pemerintahan. Lembaga riset Legatum Proseprity Index melakukan sebuah studi yang menentukan negara mana saja yang punya pemerintahan paling buruk di dunia.

Indikator dari penilaiannya mencakup beberapa hal. Pertama adalah apa yang disebut `governance`, untuk menentukan kualitas hidup dan kinerja ekonomi sebuah negara.

Governance mengukur kinerja negara berdasarkan tiga area krusial yakni pemerintahan yang efektif dan transparan, pemilihan yang adil dan partisipasi politik, dan aturan hukum.

Baca Juga

  • Negara yang Paling Gembira Saat Harga Minyak Jatuh
  • Negara Mana Saja Paling Rajin Curi Ikan di Laut RI?
  • Negara Paling Miskin di Asia, Mana Saja?

Source: liputan6.com
Kisah Miliarder yang Pekerjakan Ratusan Pengungsi

Liputan6.com, Jakarta - Pengungsi dari daerah konflik di Suriah menyebar ke negara-negara lain di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat (AS). Di AS, para pengungsi Suriah banyak dikirim ke Idaho. Di negara bagian AS tersebut, mereka banyak diangkat menjadi pekerja di sebuah perusahaan besar produsen yogurt.

Dikutip dari wnd.com, Sabtu (23/1/2016), Twin Falls, daerah di Idaho sepakat untuk menerima 300 pengungsi tahun ini. Kebanyakan dari mereka adalah Muslim dari Suriah. Idaho, dikenal sebagai tujuan para pengungsi berlabuh.

Departemen Negara Bagian AS telah mengirimkan lebih dari 11.000 orang pengungsi langsung ke Idaho sejak 11 September 2001, saat terjadi peristiwa tragis World Trade Centre. Tahun lalu, 989 pengungsi telah tiba di Idaho, kebanyakan mereka datang ke Boise atau Twin Falls.

Hampir separuh dari mereka datang dari negara-negara konflik, termasuk 95 orang dari Irak, 94 dari Somalia, 47 orang dari Sudan, 39 dari Afganistan, 31 orang dari Iran, 28 dari Suriah dan 11 dari Pakistan, berdasarkan data dari Federal Refugee Database.

Alih-alih mendapatkan penolakan dari penduduk lokal, Twin Falls bisa dibilang area favorit untuk para pengungsi. Semua itu berkat bisnis seorang miliarder di kota itu.

Dia adalah Hamdi Ulukaya, pria Muslim Kurdi, imigran asal Turki yang kini menjalankan perusahaan yogurt senilai miliaran dolar bernama Chobani.

Ulukaya membuka pabrik yogurt terbesar di dunia itu 2 tahun lalu. Perusahaan itu sekarang mempekerjakan 600 orang pengungsi, setara 30 persen dari total pekerja diisi oleh para pengungsi yang dikirim ke AS oleh PBB dari Timur Tengah dan Afrika itu.


Source: liputan6.com
Jokowi: Bila Izin Investasi Lebih dari 3 jam, Telepon Saya

Liputan6.com, Wonogiri - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)‎ memerintahkan Badan Koordinasi Penanaman Modal untuk menjalankan layanan investasi 3 jam dengan sebaik-baiknya. Jokowi pun mengancam akan mengganti Kepala BKPM Franky Sibarani jika layanan investasi masih bertele-tele.

Saat ini para investor sudah bisa memanfaatkan layanan izin investasi 3 jam di BKPM. Sebelumnya, izin investasi ini masih dinilai lama, yaitu 20 hari.

"Dulu di BKPM urus izin bisa bertahun-tahun, kalau pintar ya bisa enam bulan, saya sampaikan tidak mau tahu, saya ingin urusan itu bisa dalam jam. Silahkan dicoba, kalau lebih dari tiga jam, telepon saya, saya pastikan akan ganti Kepala BKPM-nya," papar Jokowi di Wonogiri, Jumat (22/1/2016).

 

Baca Juga

  • Setelah Bom Thamrin, Investor Tetap Antre Urus Perizinan
  • Timur Tengah Mulai Manfaatkan Izin Investasi 3 Jam
  • 2 Investor China Telah Manfaatkan Layanan Investasi 3 Jam

Source: liputan6.com
Pemda Harus Dilibatkan dalam Aturan Properti untuk Asing

Liputan6.com, Jakarta - Ketua The Housing and Urban Development (HUD) Institute, Zulfi Syarif Koto menanggapi pro-kontra pemberlakukan PP Nomor 103 tahun 2015 tentang Pemilikan Rumah Tempat Tinggal atau Hunian oleh Orang Asing yang Berkedudukan di Indonesia. Pakar kebijakan perumahan rakyat itu melihat bahwa aturan baru yang efektif berlaku sejak 28 Desember 2015 itu sangat berpihak kepada Warga Negara Asing (WNA).

Dia beralasan, di mata hukum Hak Pakai (HP) yang diberikan kepada WNA itu sama dengan Hak Guna Bangunan (HGB) untuk Warga Negara Indonesia (WNI). "Sehingga aneh kalau Hak Pakai WNA menurut PP 103/2015 diberi kepastian hukum sampai 80 tahun, sedangkan HGB untuk warga Indonesia berdasarkan aturan sebelumnya (PP No 41/1996) hanya diberi kepastian selama 50 tahun," jelas Zulfi kepada Liputan6.com, Sabtu (23/1/2016).

Menurut PP baru ini, rumah tinggal yang diberikan di atas tanah Hak Pakai yang dapat dimiliki orang asing diberikan untuk jangka waktu 30 tahun, dan dapat diperpanjang untuk jangka waktu 20 tahun. Dalam hal jangka waktu perpanjangan sebagaimana dimaksud berakhir, maka Hak Pakai dapat diperbaharui untuk jangka waktu 30 tahun.

Baca Juga

  • Malaysia Pesaing Terberat Properti RI Saat MEA
  • Aturan Properti Asing Bakal Kerek Penjualan Apartemen Mewah
  • Aturan Kepemilikan Properti Buat Asing Dinilai Kurang Menarik

Source: liputan6.com
BPK Serahkan Hasil Perhitungan Kerugian Kasus PT TPPI

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan Laporan hasil Pemeriksaan (LHP) atas pemeriksaan investigasi dalam rangka perhitungan kerugian negara atas penunjukkan PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) sebagai penjual kondensat bagian negara.

TPPI ditunjuk oleh Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (sekarang SKK Migas) tahun 2008-2012 pada Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (eks BP Migas) dan instansi terkait lainnya.

Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK, R Yudi Ramdan Budiman dalam keterangan resminya mengatakan, pemeriksaan tersebut merupakan tindak lanjut atas permintaan Bareskrim Polri melalui Surat tanggal 16 Juni 2015 perihal Perhitungan Kerugian Negara.

Baca Juga

  • Bareskrim Periksa Lagi Eks Bos PT TPPI Soal Penjualan Kondensat
  • JK: PT TPPI Salah karena Tak Jual Kondensat ke Pertamina
  • Kuak Kasus SKK Migas, Bareskrim Periksa Eks Dirut Pertamina

Source: liputan6.com
Ekonomi China akan Bebani Pasar Saham

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder yang juga investor George Soros menuturkan, ekonomi China menuju hard landing atau alami hentakan keras untuk ekonominya sehingga menambah tekanan terhadap deflasi global. Hal itu membebani pasar saham dan meningkatkan obligasi pemerintah Amerika Serikat (AS).

"Sebuah hentakan keras praktis tidak dapat dihindari. Saya tidak mengharapkan hal itu, tetapi mengamatinya," ujar Soros seperti dikutip dari laman Bloomberg, Jumat (22/1/2016).

Ia mengatakan, ekonomi China merosot akan berdampak ke seluruh dunia. Meski pembuat kebijakan memiliki sumber daya untuk mengelola dampak domestiknya.

Baca Juga

  • George Soros Tuding Donald Trump Ada di Balik ISIS
  • George Soros: Krisis Ekonomi Intai Dunia
  • Berhasil Lewati Masa Kelam, Mereka Kini Jadi Orang Sukses

Source: liputan6.com
Antam Akhiri Kegiatan Tambang Emas di Cikotok

Liputan6.com, Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menyatakan kegiatan penambangan emas di Cikotok, kabupaten Lebak, Banten telah berakhir.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Sabtu (23/1/2016), Direktur Umum dan CSR PT Aneka Tambang I Made Surata menuturkan pertambangan emas Cikotok telah menjadi salah satu bagian dalam sejarah bangsa Indonesia saat dikuasai penjajah pada 1936 hingga akhirnya menjadi perusahaan negara pada 1960, dan menjadi bagian dari Antam pada 1968.

"Setelah lebih dari 40 tahun, PT Aneka Tambang Tbk melaksanakan proses pengakhiran tambang Cikotok sebagai bagian dari implementasi praktik penambangan yang baik," ujar Surata.

Baca Juga

  • Antam Tunggu Kepastian Pemerintah Soal Divestasi Freeport
  • Antam Luncurkan Emas Batangan Motif Batik
  • Antam Targetkan Penjualan Emas 10 Ton pada 2016

Source: liputan6.com
Mengakhiri Pekan yang Bergelombang, Wall Street Menguat

Liputan6.com, New York - Wall Street melonjak pada akhir perdagangan Jumat pekan ini (Sabtu pagi waktu Jakarta) dan berada di jalur positif untuk pertama kalinya di 2016 dalam hitungan mingguan. Penguatan Wall Street terjadi setelah harga minyak melonjak cukup tajam.

Mengutip Reuters, Sabtu (23/1/2016), Dow Jones Industrial Averange (DJIA) naik 210,83 poin atau 1,33 persen ke 16.093. S&P 500 juga menguat 37,91 poin atau 2,03 persen ke 1.906,90 dan NAsdaq melinjak 119,12 poin atau 2,66 persen ke level 4.591,18.

Semua sektor atau 10 sektor pembentuk Indeks S&P 500 berada di zona hijau dan dipimpin oleh lonjakan di sektor energi yang mencapai 3,5 persen. Saham-saham di sektor energi mampu berbalik arah karena terjadi kenaikan harga minyak yang sebelumnya sempat menyentuh angka US$ 27 per barel. 

Baca Juga

  • Wall Street Melemah Dipicu Lesunya Harga Minyak
  • Wall Street Kembali Melemah Akibat Penurunan Harga Minyak
  • Harga Minyak Picu Wall Street Jatuh ke Level Terendah

Source: liputan6.com
Harga Minyak Melonjak 9% ke US$ 32 per Barel

Liputan6.com, New York - Harga minyak mencatatkan rekor reli pada perdagangan Jumat pekan ini. Jika dihitung, harga minyak mengalami lonjakan terbesar dalam 7 tahun terakhir setelah merosot ke level terendah dalam 12 tahun terakhir.

Mengutip Bloomberg, Sabtu (23/1/2016), harga minyak untuk West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret naik US$ 2,66 atau 9 persen menuju US$ 32,19 per barel di New York Mercantile Exchange.

Harga minyak jenis ini membukukan kenaikan 21 persen dalam dua hari terakhir yang merupakan keuntungan terbesar yang pernah dicetak sejak September 2008 lalu. Volume perdagangan minyak berjangka ini mencapai 36 persen di atas rata-rata dalam 100 hari terakhir.

Sedangkan untuk harga minyak Brent yang menjadi patokan harga dunia, untuk pengiriman Maret, naik US$ 2,93 per barel atau 10 persen ke lebel US$ 32,18 per barel di London Berbasis ICE Futures Europe Exchange.

Baca Juga

  • Harga Minyak Dunia Terjun Bebas
  • Harga Premium Masih Terlalu Mahal
  • Harga Minyak Jatuh, Schlumberger Pecat 10.000 Karyawan

Source: liputan6.com
Harga Emas Tertekan Reli Saham dan Penguatan Dolar AS

Liputan6.com, New York - Harga emas tertekan pada penutupan perdagangan Jumat (Sabtu pagi waktu Jakarta). Penyebab pelemahan harga emas adalah penguatan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) dan juga reli yang dibukukan oleh Wall Street.

Mengutip Wall Street Journal, Sabtu (23/1/2016), harga emas berjangka untuk pengiriman Februari, merupakan kontrak yang paling aktif diperdagangkan, turun US$ 1,90 atau 0,2 persen dan menetap di level US$ 1.096,90 per ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Harga emas sempat melonjak cukup tinggi pada perdagangan awal 2016 karena banyak investor ingin melindungi investasinya di tengah gejolak di perekonomian dunia sehingga berdampak kepada pasar saham global.

Para pelaku pasar khawatir dengan pelemahan ekonomi China akan menyeret aktivitas bisnis global dan menggagalkan pemulihan ekonomi Amerika Serikat (AS) yang sebenarnya memang masih rapuh.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Stagnan Rp 547 Ribu per Gram
  • Bank Sentral Eropa Lanjutkan Stimulus Redupkan Harga Emas
  • Tembus di Atas US$ 1.100 per Ounce, Harga Emas Kian Mengkilap

Source: liputan6.com
Top 3: Daftar Negara Paling Berbahaya di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah negara membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi agar bisnis dan industri di sektor riil bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, keamanan tersebut juga memberikan warga jaminan untuk menjalankan aktivitasnya. Namun ternyata, tak semua negara di dunia ini bisa memberikan keamanan kepada warganya. Ada beberapa negara yang memiliki tingkat keamanan yang rendah.

Dalam data Prosperity Index Legatum mengenai tingkat Keselamatan dan Keamanan, terdapat enam negara yang paling berbahaya di dunia ini. Dalam tujuh tahun terakhir, telah terjadi penurunan yang dramatis tingkat keselamatan dan keamanan pada beberapa negara di daerah Afrika, Timur Tengah, dan beberapa lainnya. 

Artikel mengenai negara-negara yang berbahaya tersebut menjadi artikel yang banyak dibaca. Selain itu ada juga beberapa artikel lain yang menarik untuk disimak.

Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Sabtu, 23 Januari 2016:

1. 6 Negara Paling Berbahaya di Dunia
Kongo (Via: ultrahd4kwallpaper.in)
Negara paling berbahaya di dunia adalah Republik Demokratik Kongo. Warga yang tinggal dalam wilayah yang dekat Timur dan Utara perbatasan negara ini disarankan berhati-hati, atau jika tidak penting jangan pergi ke daerah tersebut karena situasi di sana yang tidak stabil.

Di negara ini sering terjadi penculikan, mutilasi, dan pemerkosaan. Kongo juga bahaya akan kejahatan di jalanan, perampokan hingga perampasan yang dilakukan anak muda di jalanan. Hal itu tak terjadi pada malam hari, tapi setiap saat.

Baca selengkapnya di sini.

2. Jakarta-Bandung Cuma 35 Menit, Berapa Harga Tiket Kereta Cepat?
Groundbreaking Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Foto: Ilyas Liputan6.com)
Pada 2019, warga Bandung dan Jakarta akan memiliki moda transportasi baru yaitu kereta cepat yang pembangunannya resmi dimulai pada Kamis (21/1/2016).

Berbeda dengan kereta yang ada saat ini, kereta ini mampu menempuh kecepatan 250 kilometer per jam (km/jam). Lantas berapa tarif kereta yang harus dirogoh masyarakat jika ingin naik?

Dikutip Liputan6.com, dari data PT Kereta Api Cepat Indonesia China (KCIC), menyebutkan tarif kereta api ini akan ditetapkan sebesar Rp 200 ribu per orang untuk sekali perjalanan. Harga ini sudah dihitung sesuai perkiraan ekonomi dan daya beli masyarakat pada 2019.

Baca selengkapnya di sini.

3. Tak Dapat Warisan, Putri Miliarder Ini Tetap Sukses dan Terkenal
Georgina Bloomberg 1
Sebagai salah satu miliarder terkaya di dunia, Michael Bloomberg telah berikrar tak akan menjatuhkan seluruh kekayaan pada kedua buah hatinya setelah kepergiannya nanti.

Bloomberg telah berjanji untuk mendedikasikan dirinya pada sejumlah kegiatan sosial dan aktif mendonasikan hartanya bagi yang membutuhkan.

Sepanjang hidupnya, pria lulusan Harvard Business School ini memang tercatat telah menyumbangkan uang hingga senilai US$ 3,3 miliar termasuk US$ 100 juta pada Gates Foundation untuk mengurangi penyebaran polio. Selain itu, Bloomberg ingin kedua anaknya berusaha mencari uang sendiri.

Baca selengkapnya di sini.


Source: liputan6.com
Pemerintah Diminta Agresif‎ Kelola Sumber Daya Air

Liputan6.com, Jakarta - Air limbah dari kawasan industri merupakan salah satu sumber pencemaran air tetapi juga bisa menjadi salah satu solusi dari krisis air bersih di sejumlah kawasan di Indonesia. Untuk memutus salah satu mata rantai krisis air bersih, sejumlah kalangan memandang perlu peran agresif negara dalam pengelolaan limbah cair kawasan industri sebagai bagian dari upaya penyediaan air bersih bagi masyarakat yang menjadi tanggungj awab Negara.

Manajer Kampanye Wahana Lingkungan Hidup (WALHI), Edo Rakhman mengatakan, pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan hak penguasaan pengelolaan air bersih oleh perusahan atau swasta, menjadikan Negara bertanggungjawab penuh atas usaha penyediaan air bersih untuk masyarakat.

Dalam kaitannya dengan air limbah industri sebagai sumber air bersih, Edo menyatakan, jika hal itu hendak diserahkan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tentu pemerintah tidak dapat membebankan seluruh tanggungjawab semata kepada BUMN.

“Akan baik jika BUMN mau menjadi pelopor, memberikan contoh yang baik kepada perusahaan mengenai bagaimana mengelola air limbah secara baik, meskipun kemudian skema kerjasama dilakukan," terang Edo dalam keterangannya, Sabtu (23/1/2016).

Baca Juga

  • BUMN Ini Usulkan Solusi Penanganan Krisis Air Bersih
  • JK: Tidak Penting Aturan, Asal Rakyat Dapat Air Bersih
  • Pemerintah Bangun 10 Juta Sambungan Air Bersih hingga 2019

Source: liputan6.com
‎Jalur Kereta Terminal Peti Kemas Tanjung Priok Hampir Rampung

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui anak usahanya, PT Kereta Api Properti Manajemen, hampir menyelesaikan pembangunan jalur kereta api menuju terminal peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Humas KAPM, Riesta Junianti‎, mengungkapkan sampai saat ini pengerjaan jalur tersebut sudah mencapai 90 persen. Dengan kemajuan tersebut, KAPM tinggal membangun fasilitas pendukung di jalur rel kereta api.

"Jalur dari Pasoso ke JICT sudah selesai dan sudah dapat dilalui oleh lokomotif sejak 6 Januari lalu pada uji coba pertama. Penyelesaian Container Yard (CY) saat ini masih berlangsung dalam tahap penyelesaian," kata Riesta kepada Liputan6.com, Sabtu (23/1/2016).

Riesta menambahkan untuk pengamanan jalur ini, Kementerian Perhubungan melalui satuan kerjanya sedang melaksanakan pemagaran sepanjang jalur kereta api dan pemasangan dua pintu perlintasan pada Jalan Sulawesi dan Jalan Jampea Tanjung Priok.

"Diharapkan pengoperasiannya dapat dilaksanakan pada akhir Februari 2016," dia menegaskan.

Baca Juga

  • Proyek Kereta Pelabuhan Rampung Februari 2016
  • JK Dukung Rizal Ramli Aktifkan Kereta Api di Tanjung Priok
  • 2 BUMN Sepakat Kembali Hidupkan Jalur Kereta Tanjung Priok

Source: liputan6.com
Era Jumbo Jet Bakal Berakhir

Liputan6.com, New York - Era pesawat jumbo jet kemungkinan besar bakal segera berakhir. Hal tersebut terjadi karena Boeing telah mengumumkan untuk memangkas separuh produksi dari pesawat berbadan lebar tersebut.

Pemangkasan produksi pesawat tersebut dimulai pada September dengan hanya memproduksi enam pesawat 747 Jumbo Jet dalam setahun dari sebelumnya 12 pesawat.

Boeing telah menyiapkan dana kurang lebih US$ 569 juta dari laba setelah pajak pada kuartal IV 2015 untuk menutupi biaya perubahan.

747 sebenarnya merupakan salah satu pesawat yang sukses dalam sejarah. Boeing mampu memproduksi lebih dari 1.500 jumbo jet sejak produksi pertamanya pada 1969.

Namun masa kejayaan Jumbo Jet yang merupakan pesawat dengan empat mesin tersebut mulai memudar dengan hadirnya jet bermesin ganda yang ternyata juga mampu digunakan untuk penerbangan jarak jauh.

Baca Juga

  • Garuda Indonesia Datangkan Pesawat Baru Boeing 777
  • Interior Shinkansen dan Boeing Ternyata Buatan Perusahaan RI
  • Saham Wal-Mart dan Boeing Tekan Wall Street

Source: liputan6.com
Percepat Izin Investasi, BKPM Usul Revisi Aturan Penyertaan Modal

Liputan6.com, Wonogiri - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mendapatkan pekerjaan rumah berat dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Pekerjaan tersebut adalah meningkatkan peringkat kemudahan usaha (easy doing business) Indonesia‎ menjadi bawah 40 dari posisi saat ini yang ada di angka 109.

Kepala BKPM, Franky Sibarani mengungkapkan, ada beberapa hal yang bakal dilakukan oleh BKPM untuk bisa mengejar tugas yang diberikan oleh Presiden Jokowi Tersebut. Salah satu diantaranya adalah melakukan koordinasi dengan Kementerian atau Lembaga dan pemerintah daerah, terutama Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta dan Pemda Surabaya.

Dari berbagai perizinan yang sudah ada saat ini, ada satu peraturan yang dinilai cukup menghambat percepatan investasi, terutama bagi Usaha Kecil Menengah (UKM). "‎Ada yang terkait dengan Undang-Undang, yaitu mengenai penyertaan modal. Dalam Undang-Undang tersebut penyertaan modal untuk mendirikan PT minimal Rp 50 juta," kata Franky saat berbincang dengan wartawan di Wonogiri yang ditulis, Sabtu (23/1/2016).

Baca Juga

  • Menko Darmin Keluhkan Kemudahan Berbisnis RI Masih Rendah
  • ‎Pengusaha AS Apresiasi Perbaikan Iklim Investasi RI
  • Jokowi Ingin Peringkat Kemudahan Investasi RI Masuk 40 Dunia

Source: liputan6.com
Seharusnya Rute Kereta Cepat Sampai Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun sudah groundbreaking, proyek kereta cepat Bandung-Jakarta masih menuai pro dan kontra. Ada beberapa pihak yang masing mempertanyaan manfaat dari kereta cepat yang diperkirakan mulai bisa dipergunakan oleh masyarakat pada 2019 nanti.

Anggota Komisi VI DPR RI, Refrizal menjadi salah satu pihak yang mempertanyaan manfaat dari kereta cepat Jakarta bandung tersebut. Menurutnya, proyek kereta cepat tersebut tidak layak untuk dilanjutkan karena belum dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia terutama untuk warga Jakarta dan Bandung. 

Oleh sebab itu, dirinya pernah mengirimkan surat terbuka untuk Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). "Saya telah membuat surat terbuka untuk Pak Jokowi yang isinya kereta cepat ini belum layak, apalagi untuk Jakarta-Bandung. Kalau mau ke Jakarta atau ke Bandung masih ada tol, kereta api biasa,"ucap Refrizal di Jakarta, Sabtu, (23/01/2016).

Baca Juga

  • Menilik Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung
  • Bos Kereta Cepat Jamin Mayoritas Pekerja dari Warga Lokal
  • Jokowi Ungkap Alasan Kereta Cepat Tak Dibiayai APBN

Source: liputan6.com
‎Kalimantan Dominasi Realisasi Investasi di Luar Jawa

Liputan6.com, Jakarta - Upaya pemerintah mendorong investasi di luar pulau Jawa mulai membuahkan hasil. Hal ini ditandai dengan tumbuhnya provinsi-provinsi di luar Pulau Jawa sebagai sentra investasi baru. Salah satu yang menonjol adalah provinsi-provinsi di Pulau Kalimantan yang berhasil masuk dalam daftar 10 besar peringkat lokasi investasi asing di Indonesia.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani menyampaikan bahwa pemerintah akan terus memprioritaskan investasi-investasi di luar Pulau Jawa untuk mendorong pemerataan pembangunan di Indonesia.

“Empat provinsi di Kalimantan masuk 10 besar lokasi investasi. Ini tentu positif untuk mendorong pertumbuhan pembangunan di luar Jawa,” ujarnya, Sabtu (23/1/2016).

Menurut Franky, empat provinsi tersebut adalah Kalimantan Timur yang menduduki peringkat 5 dengan nilai investasi US$ 1,3 miliar, Kalimantan Barat yang menduduki peringkat 6 dengan nilai US$ 1,2 miliar, kemudian Kalimantan Selatan di peringkat ke-9 dengan nilai investasi US$ 961 juta dan Kalimantan Tengah di peringkat ke-10 dengan nilai US$ 933 juta.

“Selain provinsi di Kalimantan, dua provinsi lain yang masuk 10 besar adalah Sumatera Barat dan Sulawesi Tengah di peringkat ke-7 dan ke-8,” lanjutnya.

Baca Juga

  • Realisasi Investasi Capai Rp 545,4 Triliun pada 2015
  • Strategi BKPM Capai Target Investasi di 2016
  • Ini Target BKPM di Tahun Monyet Api, Investasi RI Rp 594 Triliun

Source: liputan6.com
BP2TKI Beri Perhatian Khusus ke Provinsi Lampung

Liputan6.com, Jakarta - Provinsi Lampung sangat strategis karena menjadi lintasan pengiriman barang dan jasa dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera dan sebaliknya. Bukan hanya itu, menurut data BNP2TKI, sampai dengan Desember tahun lalu, provinsi ini berada pada urutan kelima dalam penempatan tenaga kerja ke luar negeri, yakni mencapai 16.109 TKI. 

Menurut data tersebut, TKI terbanyak dari Provinsi Lampung berasal dari Kabupaten Lampung Timur dengan jumlah 6692 TKI. Dalam hal pengaduan TKI, terdapat 206 pengaduan asal Provinsi Lampung dengan 59 di antaranya berasal dari Lampung Timur. 

Tingginya jumlah TKI yang berasal dari Lampung ini menjadi perhatian khusus bagi BNP2TKI. Apalagi ke depan diperkirakan jumlah pengiriman TKI ke luar negeri asal Provinsi Lampung terus bertambah.

Baca Juga

  • Menaker Hanif Ingin TKI Bisa Pilih Negara Tujuan Kerja
  • Kemenaker Tegaskan Masih Larang TKI Informal Ke Timur Tengah
  • Jadi TKI Semakin Gampang dengan Aplikasi Online

Source: liputan6.com
PT KAI DAOP 8 Surabaya Hadirkan Promo Tiket Gong Xi Fa Chai

Liputan6.com, Surabaya - Untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2567 yang jatuh pada 8 Februari 2016, PT KAI kembali menghadirkan promo Gong Xi Fa Chai untuk beberapa KA di Jawa dan Sumatera. Program ini berlaku untuk pemesanan dan keberangkatan tanggal 8 hingga 29 Februari 2016. 

Manager Daop 8 Surabaya, Suprapto menjelaskan, dalam program promo tersebut, pengguna jasa kereta api akan mendapatkan diskon hingga 20 persen dari tarif batas bawah tiket.

Khusus untuk PT KAI Daop 8 Surabaya, terdapat 15 rangkaian kereta komersil atau non PSO dengan beragam rute yang bakal masuk ke dalam promo Gong Xi Fa Chai.

Rangkaian kereta komersil yang masuk ke dalam promo tersebut adalah Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasar Turi – Jakarta Gambir (PP), dengan tarif bawahnya harga Rp 300 ribu dan tarif atas Rp 700 ribu. "Dengan adanya promo tersebut maka harga tiket akan menjadi Rp 270 ribu," kata Suprapto seperti ditulis Liputan6.com, Sabtu (23/1/2016).

Baca Juga

  • Banyak Permintaan, KAI Operasikan KA Pangrango Kelas Eksekutif
  • 5 Rute Kereta Paling Berbahaya Sejagat, Salah Satunya Ada di RI
  • Warga Palembang dan Prabumulih Segera Nikmati Jalur Ganda Kereta

Source: liputan6.com
Top 3: Hal yang Dilakukan Orang Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti ingin meraih sukses dalam hidupnya. Namun, jalan yang ditempuh tidaklah mudah.

Kevin Kruse, seorang penulis buku terkenal “We: How to Increase Performance and Profits Through Full Engagement” menuturkan, ada jalan berbeda yang dilalui oleh orang sukses setiap harinya.

Hal yang berbeda ini bisa menuntun mereka ke tangga kesuksesan.

Cerita mengenai hal berbeda yang dilakukan oleh urang sukses tersebut menjadi artikel yang banyak dibaca. Selain itu ada beberapa berita lain yang cukup banyak menarik perhatian.

Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Sabtu, 23 Januari 2016:

1. 7 Hal Berbeda yang Dilakukan Orang Sukses
Kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki orang-orang sukses dan kaya raya.
Orang-orang pada umumnya hanya mampu mengatur kegiatan hingga pada batas jam, sementara orang sukses mampu memaksimalkan waktu yang mereka miliki hingga hitungan menit.

Kevin Kruse, seorang penulis buku terkenal “We: How to Increase Performance and Profits Through Full Engagement” menuturkan bahwa uang yang hilang dapat dicari kembali, namun waktu yang hilang tidak akan mampu dikembalikan lagi.

Selengkapnya baca di sini.

2. Jokowi: Bila Izin Investasi Lebih dari 3 jam, Telepon Saya
Presiden Jokowi berbincang selama Wawancara khusus di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (16/10/2015). Wawancara berhubungan dengan Pemerintahan Jokowi-JK genap berusia satu tahun pada 20 Oktober 2015 nanti. (Liputan6.com/Immanuel Antonius))
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)‎ memerintahkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk menjalankan layanan investasi 3 jam dengan sebaik-baiknya. Jokowi pun mengancam akan mengganti Kepala BKPM Franky Sibarani jika layanan investasi masih bertele-tele.

Saat ini para investor sudah bisa memanfaatkan layanan izin investasi 3 jam di BKPM. Sebelumnya, izin investasi ini masih dinilai lama, yaitu 20 hari.

Selengkapnya baca di sini.

3. 8 Restoran Mungil di Dunia Menginspirasi Usaha Kuliner
Tren rumah mungil kini mulai merambah ke restoran. Tertarik mengadaptasinya?
Bisnis kuliner bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memulai usaha. Bagaimana tidak? Aneka olahan makanan dengan tema unik terus bergantian menjadi tren di tengah anak muda. Mereka rela menyicipi kuliner terbaru dengan merogoh kocek yang tidak sedikit. Bisnis prospektif ini pun tidak selalu membutuhkan modal yang besar.

Sebagai contoh, Anda bisa menyewa tanah di lokasi strategis dan mulai bangun restoran kecil dengan tema yang unik. Lebih sederhana lagi, Anda juga punya opsi untuk mengontrak ruko kecil dan dekorasi ruangan semenarik mungkin.

Selengkapnya baca di sini.


Source: liputan6.com
Hadapi MEA, BEI Fokus Perkuat Pasar Modal Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), otoritas pasar modal Indonesia akan fokus terhadap pengembangan internal terlebih dahulu. Serangkaian program pengembangan telah disiapkan dan dijalankan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama dengan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) agar pasar modal Indonesia dapat bersaing dengan pasar modal di negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Direktur Utama BEI, Tito Sulistio mengatakan, prinsip dasar MEA yang merupakan pasar bebas mengharuskan seluruh stakeholders siap demi memenangkan persaingan dengan negara lain. Menurutnya BEI belum akan ikut serta dalam integrasi bursa-bursa di kawasan Asia Tenggara karena akan fokus terlebih dahulu dengan program-program pengembangan seperti meningkatkan jumlah emiten maupun jumlah investor di pasar modal Indonesia.

"Kami ingin agar pasar modal Indonesia setara terlebih dahulu dengan pasar modal di kawasan Asia Tenggara yang telah maju. Jika pasar modal Indonesia sudah besar, baru kami ikut (dalam integrasi bursa ASEAN)," ujar Tito dalam acara seleksi calon tenaga profesional pasar di pasar modal, di Gedung BEI, Sabtu (23/1/2016).

Baca Juga

  • Ini Komentar Dirut BEI Soal Harga Saham Freeport
  • BEI Pastikan Teror Thamrin Tak Berdampak Panjang pada Pasar Saham
  • Respon BEI Usai BI Turunkan Suku Bunga Acuan

Source: liputan6.com
Cek Daftar Tarif Baru Tiket Kereta Jarak Jauh di 2016

Liputan6.com, Jakarta - Pada akhir Desember 2015, tepatnya hari Selasa (22/12/2016) lalu, bertempat di Gedung Karsa Kementrian Perhubungan RI, telah dilakukan penandatanganan Kontrak Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik atau Public Service Obligation (PSO) Perkeretaapian Tahun Anggaran 2016 antara Pemerintah yang diwakili oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian (Dirjenka), Hermanto Dwiatmoko dan PT KAI oleh Dirut PT KAI Edi Sukmoro.

Penandatanganan kontrak ini dilakukan berdasarkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Satuan Kerja Direktorat Jenderal Perkeretaapian Tahun Anggaran 2016 yang tertuang dalam kontrak No. PL.102/A.682/DJKA/12/15 dan No. HK.221/XII/53/KA-2015 tanggal 22 Desember 2015.

Dalam kontrak tersebut disebutkan bahwa Pemerintah memberikan dana PSO kepada penumpang kereta api ekonomi sebesar Rp 1,83 triliun, meningkat 20 persen dari 2015 lalu yang tercatat Rp 1,52 triliun. Kontrak ini berlaku mulai 1 Januari hingga 31 Desember 2016.

Dikutip Liputan6.com dari data PT KAI, berdasarkan kontrak penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik (PSO) bidang angkutan KA pelayanan kelas ekonomi tahun anggaran 2016 ini, ada beberapa KA di wilayah Daop 1 yang tahun ini mulai mendapatkan subsidi sehingga statusnya berubah dari KA Komersial menjadi KA Non Komersial (PSO).

Relasi kereta api yang mendapat PSO tersebut yakni:

1. Tegal Ekspress, relasi Tegal - Pasar Senen
Sebelumnya Rp 60 ribu sampai dengan RP 75 ribu
Menjadi Rp 50 ribu
Berlaku mulai 1 April 2016

2. Rangkas Jaya, relasi Rangkasbitung - Tanahabang
Sebelumnya Rp 15 ribu
Menjadi Rp 5.000
Berlaku mulai 1 Januari 2016

Bagi penumpang yang telah membeli tiket KA-KA tersebut di atas dengan tarif yang masih mengacu pada kontrak PSO 2015, maka PT KAI akan mengembalikan selisih tarif kepada penumpang dengan ketentuan sebagai berikut:

- Bagi calon penumpang yang memesan tiket dengan tarif lebih mahal dari harga setelah adanya perubahan tarif, uang selisih akan dikembalikan kepada penumpang tersebut di stasiun pemberhentian dengan cara menunjukkan tiket KA tersebut.

- Jika harga tiket saat pemesanan lebih murah dari harga tiket pasca perubahan tarif ini, calon penumpang tidak dikenakan biaya tambahan.

Selain itu, terdapat pula beberapa KA yang per 1 April 2016 berdasarkan kontrak PSO 2016, tidak lagi menerima subsidi dari pemerintah.

Kereta yang tidak mendapat subsidi tersebut yakni:

1. Kertajaya, relasi Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi (PP)

Sebelumnya Rp 90 ribu
Menjadi Rp 60 ribu – Rp 165 ribu. 

2. Tawang Jaya, relasi Pasar Senen – Semarang Poncol (PP)
Sebelumnya Rp 65 ribu
Menjadi Rp 50 ribu - Rp 140 ribu 

Sedangkan KA-KA yang mengalami penyesuaian tarif per 1 Januari 2016:

1. Kutojaya Utara, relasi Pasar Senen – Kutoarjo (PP)

Sebelumnya Rp 80 ribu
Menjadi Rp 50 ribu - Rp 125 ribu. 

2. Progo, relasi Pasar Senen – Lempuyangan (PP)
Sebelumnya Rp 75 ribu
Menjadi Rp 60 ribu - Rp 140 ribu 

3. Tegal Arum, relasi Pasar Senen – Tegal (PP)
Sebelumnya Rp 50 ribu
Menjadi Rp 45 ribu - Rp 75 ribu. 

KA-KA di atas berubah statusnya dari KA Non Komersial (PSO) menjadi KA Komersial, serta memiliki besaran tarif yang bervariasi, tergantung jarak tujuannya.‎ (Yas/Gdn)


Source: liputan6.com