Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Rabu, 20 Januari 2016
Pilih Mana, Beli Rumah atau Nikah Dulu?

Liputan6.com, Jakarta - Kemelut yang mungkin dihadapi sebagian pria di usia 24 tahun ke atas adalah persoalan menikah dan kemapanan. Mapan dalam artian di sini adalah pekerjaan yang terbilang ideal untuk membiayai segala hal mengenai rumah tangga, hingga sudah memiliki rumah untuk tinggal bersama pasangan kelak.

Saat tim Rumah.com bertanya kepada tiga orang pria dari sebuah perusahaan swasta, jawaban yang diterima pun bervariatif. Si A dan C mengungkapkan jika dirinya lebih memilih untuk menikah terlebih dahulu baru membeli sebuah rumah. Berbeda dengan tanggapan pria B yang berpikir rumah itu harus ada sebelum ia menikah.

Financial & Business Planner (CFP) sekaligus Founder Zap Finance, Prita Ghozie menuturkan menikah adalah suatu keputusan yang sebaiknya tidak dipertentangkan dengan pembelian rumah.

Sebabnya, biaya menikah bisa dilakukan dengan cara sederhana, dan yang terpenting tercatat secara hukum dan agama. Setelah itu, barulah pasangan suami-istri dapat mulai menabung untuk membeli rumah tinggal.

Namun jika Anda belum merasa siap untuk menikah, maka sebaiknya penghasilan per bulan dialokasikan untuk membeli hunian.

Entah itu rumah tapak atau apartemen. Untuk harga hunian, tergantung dari kemampuan finansial yang Anda miliki. Jika hanya sanggup mencicil hunian seharga kurang dari Rp 500 juta, maka beberapa pilihan Rumah.com berikut ini sangat pas untuk Anda seperti ditulis Rabu(20/1/2016).

Tamansari Urbano

Hunian vertikal yang berlokasi di Jalan Pintu Air, Bekasi Barat, ini dikembangkan oleh PT Wika Realty, anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Wijaya Karya, Tbk.

Unit studio dengan luas bangunan 21,52m2 ditawarkan mulai Rp 250 juta. Cocok untuk Anda yang berencana membeli hunian terjangkau sebelum menikah.

Karena membidik konsumen kaum urban yang muda dan aktif, Tamansari Urbano menyediakan beberapa fasilitas untuk memanjakan para penghuninya. Gaya hidup sehat pun menjadi nilai utama yang ditawarkan.

Apartemen ini tidak hanya dilengkapi oleh kolam renang, namun juga trek bersepeda dan pusat kebugaran untuk menggerakkan badan Anda di tengah waktu yang terbatas.

Jarak yang dekat menuju stasiun kereta commuter line Bekasi, gelora olahraga, sampai dengan supermal Summarecon Bekasi, membuat Anda dan pasangan kelak bisa bepergian hanya dengan mengayuh sepeda. Selain menghemat biaya, pastinya kebugaran tubuh selepas beraktivitas sehari penuh akan tetap terjaga.

D’Green Village

Seluruh hunian di D’green Village, Mustikajaya, Bekasi, memiliki tipe yang sama yakni tipe 38 dengan luas tanah 72 m2 dan luas bangunan 28m2 dengan harga Rp 350 juta. Seluruh hunian di klaster ini hanya memiliki satu lantai, di sinilah terdapat dua kamar tidur, kamar mandi, dan dapur.

Jika melihat tampilan interiornya, nuansa cokelat muda yang diusung oleh dinding dan lantai akan membuat Anda rileks, dan memberikan kesan hangat di dalamnya. Jendela besar yang berada di kamar utama akan memberi pasokan udara dan sinar matahari yang cukup ke dalam kamar. Untuk fasilitas, pengembang telah menyiapkan taman bermain anak dan keamanan 24 jam.

Apartemen Menara Cibinong

Semua harga tipe unit yang ditawarkan high-rise building ini relatif terjangkau bagi Anda yang sepemikiran dengan si B. Tipe Studio dihargai Rp198 juta, tipe Standart Rp 297 juta, Standart + Rp 396 juta, dan Deluxe Rp 405 juta. Selain harga, sisi menarik lain yang dihadirkan Apartemen Menara Cibinong adalah letaknya yang strategis.

Tak heran, moto smart investment in sunrise location sangat menggambarkan apartemen ini. Jika Anda membeli unit di lantai-lantai teratas, Anda bisa menikmati Gunung Salak dan hutan pinus di Gunung Pancar.

Akan tetapi, jika Anda lebih suka melihat suasana perkotaan, ada juga unit-unit yang memberikan view kota Depok dan Jakarta. (Fathia A/Ahm)

Foto: Pixabay


Source: liputan6.com
Siap-siap Gagal Menabung Jika Masih Percaya 4 Mitos Ini

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini masih banyak orang yang belum melek keuangan dan masih belum lepas dari mitos yang sering beredar.

Kurangnya pengetahuan dan salah memahami soal keuangan adalah alasan mengapa mitos-mitos keuangan sedemikian dipercaya.

Apalagi kebanyakan pendidikan keuangan diperoleh dari keluarga, yang runyamnya, turut mempercayai mitos-mitos tersebut. Akibatnya, kesalahan berlangsung selama bertahun-tahun, bahkan dari generasi ke generasi.

Apa saja mitos keuangan yang sering dipercayai? Simak ini ulasannya seperti dilansir dari moneycrashers.com, Rabu (20/1/2016):

1. Bank adalah tempat terbaik untuk menyimpan uang

Bagi mereka yang memiliki akses perbankan, bank dipercayai sebagai satu-satunya tempat untuk menyimpan uang. Alasannya, bank adalah tempat yang aman untuk menyimpan uang.

Dibanding menyimpan uang di bawah kasur tempat tidur Anda, tentu bank lebih aman secara fisik. Setidaknya, kalau kena banjir atau kebakaran, uang Anda lebih aman dari kalau disimpan di bawah kasur di rumah.

Tetapi, bila dipandang dari nilainya, ternyata sama saja, entah Anda menyimpan uang di bank atau di bawah kasur. Pasalnya, menabung di bank membuat Anda kehilangan uang sedikit demi sedikit karena suku bunga yang sedemikian rendah, sehingga tidak bisa mengimbangi laju inflasi.

Belum lagi aturan bahwa tabungan terkena pemotongan pajak. Hal ini berbeda pada zaman orang tua di era 70-80an, di mana suku bunga perbankan, terutama untuk deposito, masih mampu melawan laju inflasi. Tapi tidak demikian halnya sekarang.

2. Uang yang ditabung adalah uang yang kelak dinikmati

Banyak orang percaya bahwa menabung dan mengumpulkan uang akan membuat mereka kaya. Namun menurut Steve Siebold, penulis buku `How Rich People Think`, hal itu tidak benar. “Kunci menuju kekayaan adalah pendapatan,” ujar Steve.

“Orang lebih banyak memerhatikan porsi pengeluaran di bujeting mereka. Padahal, kurangnya pendapatan yang justru membuat banyak orang dalam masalah keuangan.”

Jadi kuncinya bukan hanya mengurangi kunjungan ke kafe, tapi dengan mencari pekerjaan yang memberikan pendapatan besar, atau mencari pekerjaan sampingan, atau mengusahakan anggota keluarga agar dapat turut memiliki penghasilan. 

Gabungan dari berbagai penghasilan tersebut yang kelak baru bisa Anda nikmati. Lagipula, menurut Steve, dikutip dari Bankrate, kekayaan adalah proses non linear dan datang dari mengembangkan ide untuk menyelesaikan masalah.


Source: liputan6.com
4 Hotel Termahal dan Terpopuler di India

Liputan6.com, Jakarta - India kini menjadi destinasi perjalanan wajib turis mancanegara. Negara ini menawarkan keunikan budaya dan keeksotisan khas Asia. Bahkan, selebritas sekelas Tom Cruise pun kerap mengunjungi India dalam beberapa waktu untuk berlibur.

Selain dikenal karena film-filmnya, India juga memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Dirangkum dari worldofwanderlust.com dalam ’10 Reason Why You Need Travel to India’, faktor terpenting yang menjadi daya tarik terbesar adalah arsitektur yang tercermin di setiap bangunan. Ini yang membuat setiap bangunan di India unik dan bernilai tinggi.

Tidak hanya bangunan yang tampak di lokasi peribadatan, India juga membuat rancangan arsitektur kota yang ditunjukkan dengan banyaknya hotel yang bercirikhas klasik.

Maka tidak heran jika banyak selebritas mancanegara yang menginap di hotel-hotel berikut, yang merupakan hotel termahal dan terpopuler di India, seperti dilansir dari www.rumah.com:

1. The Leela Palace

Hotel The Leela Palace yang berada di New Delhi ini menjadi hotel termahal di India. Sebab, harga yang ditawarkan Rs550 ribu atau setara dengan Rp 113 juta (asumsi kurs 1 RS sebesar Rp 205,5) per malam.

Dengan harga yang bombastis itu, The Leela Palace menjadi hotel paling mahal di jantung kota India. Hotel ini dibangun menggunakan gaya arsitektur Lutyens Delhi yang cukup terkenal.

Lutyens Delhi adalah nama area di New Delhi. Nama ini digunakan pemerintah setempat untuk menghormati Edwin Lutyens, yang banyak merancang bangunan di India sebagai bagian Persemakmuran Inggris di tahun 1920-1930.

Hotel The Leela Palace ini juga berdekatan dengan Istana Kepresidenan India dan Kantor Perdana Menteri India. Jadi, hotel ini kerap dijadikan tempat menginap tamu-tamu diplomatik. Selain Tom Cruise, tokoh yang pernah menginap di hotel ini, antara lain Akon, Raja Spanyol Juan Carlos I, dan Vladimir Putin.


Interior hotel yang elegan 

Hal lain yang menambah nilai prestisius dari Hotel The Leela Palace ini adalah fasilitasnya yang menggunakan sentuhan desainer seperti seperti toilet bergaya Bvlgari, jacuzzi yang indah, dan beberapa ruangan bersifat ekslusif.

2. Taj Palace Hotel


Taj Palace Hotel New Delhi 

Masih di New Delhi, hotel lainnya yang merupakan hotel paling mahal adalah Taj Palace Hotel. Tarif untuk menginap di hotel mewah ini sebesar Rs 800 ribu atau setara dengan Rp 164,4 juta. Salah satu ruangan eksklusif di hotel ini bergaya dekorasi Mughal.

Ini adalah salah satu dekorasi interior bernuansa Islam di India. Coraknya identik dengan alam seperti, motif bunga, burung dan hewan lainnya. Selain itu, desain ini menitikberatkan pada kesukaan manusia pada musik dan tarian.


Taj Palace Hotel New Delhi 

Kemewahan hotel ini juga ditunjukkan dengan penggunaan karpet pada ruang pertemuan. Karpet ini merupakan edisi terbatas bergaya ‘Mughal Jail Collection’ yang harganya sangat mahal.

Selain itu, desain interior pada kamar mandi yang bergaya Bvlgari, ruangan lobi yang bergaya formal terlihat indah karena dilengkapi dengan kristal yang didatangkan langsung dari Jerman.


Taj Palace Hotel New Delhi

Adapun selebriti dan tokoh internasional yang pernah menginap di hotel ini adalah mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, Perdana Menteri Rusia Dimitry Medvedev, dan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton.

3. The Taj Falaknuma Palace


The Taj Falaknuma Palace 

Hotel paling mahal di India selanjutnya adalah The Taj Falaknuma Palace di Hyderabad. Harga untuk menginap di hotel ini sebesar Rs 500 ribu atau setara dengan Rp102., juta. Keunikan dari hotel ini adalah presidential suite berukuran besar menawarkan jacuzzi, taman kolam renang dan spa eksklusif.

Ruang makan di ruangan hotel ini dilengkapi dengan rancangan khusus dari ‘Versace’ dan desain untuk sendok dan garpu bergaya Robbie dan Berking. Sedangkan ruangan lainnya, duplex suite memiliki area pribadi yang dapat menghibur pengunjung.


The Taj Falaknuma Palace

Adapun selebritis yang kerap menginap di hotel ini adalah hampir seluruh selebriti bollywood, atlet olahraga, dan pebisnis mancanegara.

4. Taj Lake Palace


Taj Lake Palace Hotel

Terakhir adalah hotel Taj Lake Palace yang ada di Udaipur. Harga untuk menginap di hotel ini sebesar Rs 600 ribu atau setara dengan Rp 123,7 juta per malam. Keunikan dari hotel ini adalah bangunan kuno yang dibangun pada 1740. Ini awalnya adalah tempat peristirahatan di musim panas. Udara yang sejuk dan pemandangan yang menghadap ke arah Danau Pichola, menjadikan kian asri dan nyaman.


Taj Lake Palace

Jika Anda menginap di hotel ini, Anda akan dijemput dari bandara di Ramping menggunakan mobil Jaguar atau mobil vintage yang juga diarak dengan prosesi penari rakyat tradisional. Ini menakjubkan karena Anda akan merasakan sensasi seperti di film Bollywood.

Hal menarik lainnya adalah Anda juga mendapatkan pelayan pribadi untuk mengadakan pesta. Menu dipesan lebih dahulu, kemudian dirancang oleh koki pribadi. Ini kian romantis sebab Anda akan menikmati pemandangan danau yang diterangi cahaya bulan Pichola. (Kantri/Ndw)


Source: liputan6.com
5 Cara Mengetahui Ide Bisnis Anda Cemerlang

Liputan6.com, Jakarta - Untuk membuat bisnis yang bagus harus berawal dari ide yang baik. Tapi ide ini bukan sekedar hal yang membuat Anda jadi girang dan bersemangat.

Namun, Anda harus memastikan semua dapat berjalan menjadi sebuah bisnis yang sukses. Dilansir dari Business News Daily, Kamis (14/01/2016), berikut 5 pertanyaan yang harus Anda jawab sebelum berbisnis:

1. Apakah bisnis Anda menyelesaikan masalah?

Pengusaha desain situs The Starter League Mike McGee mengatakan, ide bisnis yang baik adalah yang bisa menyelesaikan masalah.

"Kalau bisa membantu Anda, teman, keluarga, dan orang terdekat, maka kemungkinan berdampak ke orang lain sangat tinggi," katanya.

2. Apakah orang akan membayarnya?

"Ide hanyalah ide sampai Anda mendapat konsumen yang mau membayarnya," kata CEO Fundable, Wil Schroter. "Setiap orang bisa menyepelekan ide sederhana, tapi tidak kepada konsumen yang mau membayar."

3. Apakah ada pangsa pasar yang khas?

Pastikan pangsa pasar ini cukup besar. Menurut CEO Hourglass Angel, Ruben Soto, bisnis Anda harus masuk ke pangsa pasar yang khas atau niche. Perusahaan yang besar tidak akan masuk ke pasar ini, jadi Anda punya kesempatan untuk berkompetisi dan menggapai ekspektasi konsumen.

4. Apakah Anda terbuka dengan saran?

Kalau Anda tidak terbuka dengan perubahan atau beradaptasi sesuai dengan keinginan konsumen, maka ide bisnis Anda mungkin tidak perlu diwujudkan.

"Sukses datang ketika orang yang mau mendengarkan," kata CEO YaZo Marketing and Business Development Strategies. "Jadi orang yang berpikiran sempit hanya akan membunuh peluang bisnis Anda."

5. Bisakah Anda jelaskan ide bisnis ini dengan cara sederhana?

Bisnis Anda mungkin memecahkan masalah yang sulit. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa menjelaskannya dengan cara sederhana. CEO BetterWorks, Kris Duggan, menyarankan Anda untuk melakukan tes ala nenek-nenek ini.

"Maksudnya, apakah ide Anda bisa dimengerti oleh nenek Anda?" katanya. Banyak calon pengusaha menjelaskan ide bisnisnya secara bertele-tele dan pada akhirnya tidak masuk akal. (Elsa/Ndw)


Source: liputan6.com
7 Cara Agar Lebih Percaya Diri Saat di Kantor

Liputan6.com, Jakarta - Ketika berada dalam situasi dengan taruhan yang tinggi di tempat kerja, misalnya akan melakukan wawancara kerja atau presentasi penting, Anda menjadi mudah merasa terintimidasi. Tapi sebaiknya Anda tidak mudah merasa tak berdaya.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kepercayaan diri supaya penampilan Anda pun terlihat baik. Dikutip dari Business Insider, Kamis (21/1/2016), ada tujuh cara mencapai hal itu:

1. Berpose yang kuat

Sebuah riset menunjukkan, mengadopsi bahasa tubuh orang-orang hebat bisa membuat Anda merasa lebih bertenaga.

Misalnya, beberapa menit sebelum wawancara kerja, cobalah berpose seperti Wonder Woman yang khas dengan gaya tangan di pinggangnya dan mulut yang mengatup kencang.

2. Dengarkan musik dengan suara bas yang kencang

Saatnya Anda membuat daftar musik yang membangkitkan semangat di gawai yang biasa digunakan.

Sebuah studi mengatakan, para murid yang mendengarkan lagu "We Will Rock You" merasa lebih percaya diri ketimbang lagu "Who Let the Dogs Out?". Hal ini terjadi karena lagu yang pertama memiliki suara bas lebih keras.

3. Berpakaian yang rapi

Tren pakaian kerja semakin lama terlihat semakin kasual. Tapi tak ada salahnya mencoba berpakaian lebih formal.

Ada sebuah studi yang menunjukkan, pencari kerja akan merasa lebih bisa berpikir terbuka dalam wawancara kerja ketika memakai baju formal ketimbang kasual.

4. Berbicara dalam nada rendah

Merendahkan nada suara dapat membuat Anda merasa lebih berkuasa dan percaya diri.

Murid di kelas yang membaca buku dalam suara rendah lebih terdengar dominan dan aktif ketimbang yang suaranya keras, normal, atau tidak bersuara sama sekali.

5. Pakailah parfum

Sebuah studi menunjukkan, pria yang memakai deodoran wangi sebelum bekerja merasa lebih percaya diri ketimbang yang menggunakan deodoran tidak berbau atau tidak memakainya sama sekali.

Hal ini seperti iklan para wanita yang terhipnotis seorang pria karena memakai deodoran yang harum.

6. Lakukan ritual personal

Sebuah ritual, misalnya meditasi atau olahraga pagi, dapat menurunkan kelelahan dan meningkatkan kepercayaan diri sebelum menghadapi tekanan tingkat tinggi di kantor.

7. Tulis kapan Anda merasa percaya diri dan punya kendali

Tulislah kapan Anda merasa ada perubahan positif dalam hidup Anda. Sebuah studi menunjukkan, murid yang menuliskan kapan ia merasa percaya diri memiliki status lebih tinggi dan berpengaruh di sekolah ketimbang yang menulis soal kesedihan dan ketidakberdayaannya. (Elsa/Ndw)


Source: liputan6.com
Ekonomi China Lesu, Menkeu Yakin RI Bisa Tumbuh Baik

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah optimistis Indonesia akan mengecap pertumbuhan ekonomi lebih baik pada tahun lalu di tengah perlambatan ekonomi dunia, termasuk China yang menjadi negara tujuan utama ekspor Indonesia. Ekonomi China hanya mampu bertumbuh 6,9 persen di 2015.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro tidak merasa khawatir dengan perlambatan ekonomi China tahun lalu. Keyakinan itu diprediksi akan terlihat pada realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2015.

"Kita masih bisa bertumbuh (ekonomi) dengan baik di kisaran 4,7 persen sampai 4,8 persen," kata Bambang saat ditemui di kantor Ditjen Pajak Pusat, Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Baca Juga

  • Pelemahan Ekonomi China Tak Bakal Pengaruhi Rupiah
  • Ekonomi China Tumbuh 6,9%, Terendah Sejak 1990
  • Ini Hikmah Perlambatan Ekonomi China bagi Indonesia

Source: liputan6.com
Komentar Wapres JK Soal Pengunduran Diri Bos Freeport

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin mundur dari posisinya di perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu. Maroef mengundurkan diri seiring dengan habis masa jabatannya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan mundur dari jabatan merupakan hak pribadi seseorang. Ia pun tidak tahu alasan mundurnya Maroef.

‎"Ya itu hak pribadi Pak Maroef. Saya sendiri tidak mengetahui alasannya," kata Pria yang akrab disapa JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Robert C Schroeder untuk sementara akan menjabat sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia menggantikan Maroef Sjamsoeddin yang mengundurkan diri.

Baca Juga

  • Bos Freeport Mundur karena Kasus `Papa Minta Saham`?
  • Ganti Pemimpin, Freeport Tetap Harus Penuhi Kewajiban
  • Sementara, Bos Freeport Indonesia Dijabat oleh Robert Schroeder

Source: liputan6.com
Wall Street Kembali Melemah Akibat Penurunan Harga Minyak

Liputan6.com, Jakarta - Aksi jual kembali melanda bursa saham Amerika Serikat (AS) atau Wall Street menjelang penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta). Penyebab pelemahan Wall Street adalah penurunan harga minyak dan juga pertumbuhan ekonomi China yang melambat.

Mengutip Reuters, Rabu (20/1/2016), pada pukul 02.55 waktu setempat, Dow Jones Industrial Averange turun 0,29 persen menjadi 15.941,38. Standard & Poor 500 juga melemah 0,61 persen ke level 1.868,95. Sedangkan Nasdaq Composite turun 1,03 persen ke level 4.442,15.

Penurunan saham Exxon Mobile yang sebesar 1,03 persen menjadi pendorong utama pelemahan Indeks S&P 500. Sedangkan untuk saham Chevron mengalami penurunan 2,78 persen.

Turunnya harga minyak hingga ke level terendah dalam 12 tahun terakhir memicu kekhawatiran dari pelaku pasar di bursa AS akan kerugian yang mendalam bagi perusahaan-perusahaan di sektor minyak. Hal tersebut menjadi mendorong aksi jual.

Selain itu, penurunan harga minyak tersebut juga menimbulkan kekhawatiran akan adanya potensi gagal bayar pembayaran utang bagi perusahaan-perusahaan minyak tersebut.

Baca Juga

  • Harga Minyak Picu Wall Street Jatuh ke Level Terendah
  • Wall Street Rebound Ditopang Saham Energi
  • Bursa Asia Tumbang Mengikuti Wall Street

Source: liputan6.com
Harga Emas Terseret Pelemahan Minyak Dunia

Liputan6.com, New York - Harga emas kembali melemah pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta) karena investor melepas aset safe haven. Pelemahan harga emas tersebut mengikuti penurunan harga minyak yang sempat menyentuh level terendah dalam 12 tahun terakhir.

Mengutip Wall Street Journal, Rabu (20/1/2016), kontrak emas yang paling aktif diperdagangkan untuk pengiriman Februari, turun US$ 1,60 per ounce atau 0,2 persen sehingga ditutup di level US$ 1.089,10 per ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Investor sebenarnya telah menimbun emas sejak awal 2016 ini karena kecurigaan akan adanya penurunan yang curam di bursa Amerika Serikat (AS). Penurunan harga saham tersebut mendorong pelaku pasar untuk mengoleksi aset safe haven.

Emas memang digunakan oleh investor sebagai aset pelindung di saat terjadi ketidakpastian di pasar saham dan pasar keuangan karena nilainya lebih baik jika dibandingkan dengan saham maupun obligasi.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Bertahan di Rp 545 Ribu per Gram
  • Harga Emas Melemah di Awal Pekan
  • Pemerintah Diminta Evaluasi Cadangan Emas Tambang Freeport

Source: liputan6.com
Dana Buat Beli Saham Freeport Bisa dari Utang

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah sedang mengkaji tawaran 10,64 persen saham milik Freeport Indonesia yang nilainya mencapai US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 23 triliun. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan agar pengambilalihan saham melalui beberapa opsi, di mana pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa mengakuisisi saham itu.

"Saham itu harus dibeli, baik oleh BUMN, pihak swasta maupun (divestasi) lewat pasar modal. Tentu pemerintah yang akan menentukannya karena ini bukan sistem bagi hasil seperti Blok Mahakam," ujar Ketua Tim Ahli Wakil Presiden (Wapres), Sofjan Wanandi saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Ia mengatakan, pencaplokan saham perusahaan tambang emas raksasa itu tidak akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Apabila lewat BUMN, maka opsi pendanaannya memungkinkan berasal dari utang.

"Tidak boleh pakai anggaran negara, karena APBN harus digunakan untuk kebutuhan yang lebih penting. Tapi kalau BUMN mengambilalih saham pakai utang, harus didiskusikan dengan Menteri BUMN," jelas Sofjan.

Menurutnya, pemerintah dapat kembali bernegosiasi dengan Freeport Indonesia apabila harga penawaran dianggap terlalu mahal. Namun untuk menentukan harga terbaik, lanjut Sofjan, pemerintah perlu melakukan evaluasi dan kalkulasi, seperti aset kekayaan, untung rugi, investasi Freeport Indonesia dan sebagainya.

"Kalau memang tidak punya masa depan lagi (Freeport), ya ngapain beli dengan harga tinggi. Lebih baik buat investasi di tempat lain," tegas Mantan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) itu.

Baca Juga

  • Komentar Wapres JK Soal Pengunduran Diri Bos Freeport
  • Menteri BUMN: Harga Divestasi Saham Freeport Terlalu Mahal
  • BPK: Harga Divestasi Saham Freeport Tidak Wajar

Source: liputan6.com
Ini Respons Para Pengusaha yang Diangkat Jadi Angota KEIN

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa nama pengusaha kelas kakap dan juga ekonom ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN). Pelantikan KEIN akan dilakukan di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (20/1/2016) pukul 09.30 WIB.

Johnny Darmawan yang saat menjabat sebagai Ketua III Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) mengaku, dirinya mendapat kabar dari Istana bahwa namanya masuk dalam daftar anggota KEIN pada Selasa (19/1/2016) sore.

"Dari banyak orang yang masuk dalam daftar, disaring menjadi 17 orang, itu hasil seleksi presiden," jelasnya kepada Liputan6.com, Rabu (20/1/2016).

Johnny mengaku belum begitu jelas mengetahui tugas-tugas dari KEIN. Menurutnya, rincian tugas akan diutarakan di setelah pelantikan.

Sebagai mantan Presiden Direktur Toyota Astra Motor ini Johnny sebenarnya ingin pensiun. Namun karena tugas yang diampunya ini merupakan tugas negara maka ia akan menjalankan dengan penuh tanggug jawab.

Baca Juga

  • Daftar Nama Anggota KEIN yang Bakal Dilantik Jokowi
  • Jokowi Lantik Soetrisno Bachir Jadi Ketua KEIN Pagi Ini
  • Jokowi Pilih Soetrisno Bachir Masuk Lembaga KEIN

Source: liputan6.com
Ini Tugas yang Bakal Dijalankan KEIN

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) pada Rabu (20/1/2016). Tugas dari KEIN adalah memberikan pendapat dan masukan soal ekonomi kepada Presiden.

Direktur Eksekutif Core, Hendri Saparini, yang akan dilantik menjadi salah anggota KEIN membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan pelantikan akan dilaksanakan di Istana Negara sekitar pukul 09.30 WIB.

"Akan dilantik nanti jam 09.30. Ketuanya Pak Soetrisno Bachir, yang dulu dari PAN," ujarnya di Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Dia menjelaskan, KEIN nantinya akan bertugas memberikan pendapat dan masukan kepada Presiden yang fokusnya pada pengembangan ekonomi sektor riil.

Baca Juga

  • Ini Respons Para Pengusaha yang Diangkat Jadi Angota KEIN
  • Daftar Nama Anggota KEIN yang Bakal Dilantik Jokowi
  • Jokowi Lantik Soetrisno Bachir Jadi Ketua KEIN Pagi Ini

Source: liputan6.com
5 Perumahan di Pinggir Jakarta yang Dekat dengan Taman Kota

Liputan6.com, Jakarta - Alangkah senangnya jika memiliki rumah yang dekat dengan taman kota. Selain menjadi tempat rekreasi yang murah meriah, taman kota juga bisa Anda jadikan sebagai tempat berolahraga dan tempat bermain bagi anak-anak.

Rekreasi seperti menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya, di mana kesehariannya bergelut dengan kemacetan saat berangkat dan pulang kerja dan setumpuk pekerjaan dengan tenggat waktu yang rapat.

Untuk berekreasi di akhir pekan pun terkadang sulit. Untuk ke tempat-tempat wisata yang relatif dekat seperti Kota Bogor, kawasan Puncak, ataupun Kota Bandung, masyarakat Jakarta kembali harus bergelut dengan kemacetan yang bisa berlangsung hingga berjam-jam. Niat awal untuk menghilangkan stres justru memperparah stres itu sendiri.

Untungnya, baik pemerintah maupun swasta sudah semakin menyadari kebutuhan akan rekreasi yang murah meriah. Taman-taman kota yang mudah dijangkau dan murah tiketnya, bahkan gratis, mulai bermunculan.

Sekedar berjalan-jalan di taman bersama keluarga bisa menyegarkan pikiran dan membuat rumah tangga Anda lebih hangat. Selain itu, di tengah kepungan asap kendaraan asap bermotor, taman kota menyediakan udara yang lebih segar yang sangat mendukung kegiatan olahraga Anda.

Jika Anda sedang mencari rumah baru, ada baiknya Anda mempertimbangkan keberadaan taman kota di sekitar hunian. Berikut lima rumah yang dekat dengan taman kota di pinggir Jakarta.

1. Linea Haus


Perumahan Linea Haus

Linea Haus memiliki konsep arsitektur kontemporer dengan bentuk-bentuk fasad asimetris. Huinan yang didesain oleh Atelier Riri ini berjarak sekitar 4,8km dari Taman Spathodea Kebagusan. Anda bisa mencapai taman ini dalam waktu sekitar 15 menit.


Taman Spathodea Kebagusan 

Selain itu, Anda bisa menggunakan angkutan umum dengan rute Ciganjur-Pasar Minggu (M20), dengan tarif Rp 3000 dan di sambung dengan angkutan M36 rute Pasar Minggu-Jagakarsa dengan tarif Rp 4000. Terakhir, Anda lanjut dengan angkutan umum M17 yang hanya berjarak 3,4 kilometer. Traif angkutan ini hanya Rp 2000.

Selain dekat dengan Taman Kota Spathodea, perumahan ini juga dekat dengan Taman Tabebuia Herman Susilo. Taman ini berada dekat dengan turunan Jalan Herman Susilo Ciganjur. Dilansir dari www.rumah.com taman ini dibangun pada dua tahap, pada 2010 dan 2012.

Menariknya, sejumlah warga menghibahkan empat ekor angsa pada 2012, yang bertambah menjadi sembilan ekor pada 2014. Selain itu terdapat juga kolam ikan berisi aneka ragam ikan seperti mujair, mas, patin, lele, dan gabus. Anda bisa memberi makan ikan-ikan tersebut tetapi tidak boleh memancingnya.

Taman ini juga kerap digunakan untuk foto-foto prewedding. Jarak antara perumahan ini dengan taman yang juga dikenal dengan nama Taman Angsa Herman Ciganjur ini hanya 4,8km.

2. Akasha Jagakarsa


Perumahan Akasha Jagakarsa

Cluster Akasha merupakan persembahan dari Dalea yang mengangkat konsep modern living. Karakter dan jiwa dari desain Akasha berfokus kepada Lingkungan. Representasi lingkungan menjadi dasar penciptaan cluster ini dalam menikmati keindahan di setiap sudut mata serta nyamannya fungsi di setiap bagian dari rumah anda.


Taman Tabebuia yang ada di dekat turunan Jalan Herman Susilo 

Produk yang dihasilkan oleh Dalea tidak sedekar produk yang indah dilihat. Tujuan Dalea adalah untuk memberikan manfaat yang nyata bagi seluruh konsumen kami. Terletak di lokasi yang strategis, Anda akan terinspirasi oleh konsep Akasha yang berfokus pada tumbuhan dan air.

Terlebih lagi, terdapat taman atap pada setiap unit Akasha untuk menghidupkan suasana hijau. Hal ini akan menciptakan keselarasan antara tubuh, pikiran, dan jiwa anda. Selain itu, jika Anda ingin mendapatkan suasana berbeda dekat hunian, berjarak 5,2 kilometer Anda dapat menemukan Taman Angsa Herman Ciganjur. Hanya dengan menggunakan angkot M.20 Anda bisa langsung tiba di tama tersebut.

3. Villa Kanaya


Perumahan Villa Kanaya

Taman di daerah Ciganjur memang memiliki keunikan tersendiri. Lokasi yang masih asri dan berada di pinggir Jakarta ini memang menjadi pilihan lain sebagai tempat rekreasi di tengah padatnya kota. Vila Kanaya yang berada di Jalan Batu Belah Jagakarsa, Jakarta Selatan ini juga memiliki akses dekat dengan Taman Kota Angsa Herman.


Taman Tabebaya di Jalan Herman Susilo

Lokasinya berjarak 3,9 kilometer dengan waktu tempuh 12 menit, dari perumahan. Anda bisa menggunakan angkutan umum M.20 atau juga bisa menggunakan kendaraan pribadi. Namun, apabila Anda ingin mencoba bersepeda menuju taman ini, juga bisa. Hanya saja, jalan utama terbilang sempit dan padat oleh kendaraan. Untuk itu Anda harus menggunakan alternatif jalan dari Gang Timbul-Warung Sila-Jalan Herman Susilo. Kira-kira waktu tempuh 50 menit.

4. Griya Torina Keranji


Perumahan Griya Torina Keranji

Masih di Ciganjur Griya Torina Keranji yang berada dekat dengan Jalan Brigif Ciganjur ini sangat dekat dengan Taman Angsa Herman Susilo. Berjarak 3.5 kilometer Anda bisa menemukan taman ini.

Perumahan Griya Torina Keranji memiliki banyak akses jalan menuju pusat perkotaan. Selain jalan utama di sana juga terdapat jalan alternatif seperti jalan menuju Cinere, Pondok Labu, dan Lenteng Agung. Fasilitas perumahan yang terdiri 12 unit rumah ini memiliki ekslusif seperi kolam renang, akses keamanan 24 jam, dan one gate sysytem.

5. Kebagusan Terrace


Perumahan Kebagusan Terrace

Perumahan Kebagusan Terrace yang berlokasi sangat strategis area Kebagusan, Jakarta Selatan ini di design oleh seorang Arsitek muda berprestasi Zenin Adrian. Dengan dengan nuansa hijau dan berkonsep modern kontemporer, Kebagusan Terrace mempunyai konsep bangunan rumah dengan privasi tinggi serta system keamanan “one gate system”.


Taman Spathodea di Kebagusan

Berada di jantung area pemukiman Kebagusan, Jakarta Selatan, Perumahan Kebagusan Terrace merupakan property rumah yang cocok sebagai pilihan keluarga, karena dekat dengan sarana pendidikan, pusat perbelanjaan, dan rumah sakit, serta sangat dekat dengan akses TB Simatupang.

Berita terbaiknya adalah, perumahan ini juga sangat dekat dengan Taman Spathodea yang juga ada di daerah Kebagusan. Hanya berjarak 850 meter, Anda tidak perlu mengeluarkan kendaraan beroda empat, Anda bisa menggunakan sepeda menuju taman dengan estimasi waktu perjalanan 5 menit saja. Bahkan berjalan kaki menuju taman pun bisa ditempuh dengan waktu 10 menit. (Kantri Maharani/Gdn)


Source: liputan6.com
Banyak Permintaan, KAI Operasikan KA Pangrango Kelas Eksekutif

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai Kamis (21/1/2016), kembali menyediakan satu kereta atau gerbong kelas eksekutif pada rangkaian KA Pangrango relasi Bogor-Sukabumi (PP). Ini untuk mengakomodir permintaan di masyarakat.

Susunan kereta ini terdiri dari rangkaian 1K1(1 kereta/gerbong eksekutif), 4K3 (4 kereta/gerbong kelas Ekonomi AC) dan 1 Kereta Pembangkit.

SM Humas Daop 1 Jakarta, Bambang S Prayitno menuturkan, sebenarnya KA Pangrango relasi Bogor-Sukabumi masih beroperasi. Hanya saja sesuai kontrak subsidi 2016, KA ini tidak lagi beroperasi dengan menggunakan gerbong eksekutif (K1).

Subsidi kereta ini dialihkan untuk perjalanan KA‎ Siliwangi relasi Sukabumi-Cianjur. Dengan subsidi, harga tiket KA Siliwangi lebih murah dari Rp 10 ribu menjadi Rp 3.000‎.

Baca Juga

  • Kereta Cepat Jauh Lebih Efisien Dibanding Pesawat
  • Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Bisa Gunakan Dana APBN
  • Tak Hanya Kereta Cepat, Bandung Bakal Punya LRT Layaknya Jakarta

Source: liputan6.com
PHE ONWJ Jajaki Penjualan Gas ke PLN

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Offshore North Java (ONWJ) sedang melakukan negosiasi dengan PLN terkait harga jual gas yang diproduksi di kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Jika negosiasi berhasil, fasilitas produksi kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, menjadi lebih maksimal.

West Operation Manager PHE ONWJ, I Nyoman Hartanu mengatakan, gas yang diproses di fasilitas produksi darat atau onshore production facility (OPF) Balongan berasal dari lapangan migas GG Blok ONWJ yang letaknya tidak jauh dari fasilitas produksi tersebut.

Baca Juga

  • Harga Minyak Anjlok, PHE ONWJ Andalkan Gas
  • Kontrak Pertamina di Blok ONWJ Resmi Diperpanjang
  • Produksi Gas PHE ONWJ Lampaui Target

Source: liputan6.com
Presiden Resmi Lantik Soetrisno Bachir Sebagai Ketua KEIN

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Soetrisno Bachir sebagai Ketua Komisi Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/1/2016). ‎

Pantauan Liputan6.com, setibanya di lokasi pelantikan, Jokowi yang datang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla ‎langsung mengambil tempat di depan Ketua KEIN dan para anggota yang akan diambil sumpahnya.

Sebelum acara pengambilan sumpah, terlebih dahulu dibacakan Surat Keputusan Presiden Tahun 2016 Nomor 12 tanggal 19 Januari 2016 tentang Pengangkatan Ketua dan Angota KEIN oleh Deputi Kementerian Aparatur Kementerian Sekretaris Negara. ‎

‎Setelah Keppres dibacakan, Jokowi kemudian mengambil sumpah Ketua dan Anggota KEIN. "Apakah sudah bersedia untuk diambil sumpahnya?" tanya Jokowi.

"Bersedia..," jawab Soetrisno beserta Anggota KEIN. ‎

Dalam sumpahnya, Soetrisno m‎enyatakan siap menjalankan tugas sebagai Ketua KEIN dengan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, sebagai pejabat tinggi negara, dia bersumpah akan menolak berbagai macam pemberian.

"Demi Allah/demi Tuhan saya bersumpah bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja, dari siapa pun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa dia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya," ucap Soetrisno mengikuti sumpah yang disampaikan Jokowi.

Setelah prosesi pembacaan sumpah dan pelantikan selesai dilakukan, selanjutnya Jokowi dan politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menandatangani berita acara yang disaksikan oleh para menteri Kabinet Kerja dan peserta lainnya.

Dalam upacara pelantikan yang dimulai pukul 09.45 WIB, hadir para menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK, Panglima TNI, para pimpinan DPR, DPD, dan MPR serta para perwira tinggi di jajaran TNI maupun Polri.

Setelah proses pelantikan usai, Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla, para pejabat, dan tamu yang hadir selanjutnya secara bergantian memberikan ucapan selamat kepada Soetrisno. ‎

‎Berikut susunan Komite Ekonomi dan Industri Nasional yang dilantik:

Ketua: Soetrisno Bachir
Wakil Ketua: Arif Budimanta
Sekretaris: Putri Wardani

Anggota:
1. Hendri Saparini
2. Hariyadi Sukamdani
3. Eddy Sariaatmadja
4. Sudhamek
5. Johnny Darmawan
6. Benny Soetrisno
7. Mohamad Fadhil Hasan
8. Benny Pasaribu
9. Sonny Budi Harsono
10. Aries Muftie
11. Muhammad Syafii Antonio
12. M Najikh
13. Andri BS Sudibyo
14. Zulnahar Usman
15. Irfan Wahid
16. Donny Oskaria
17. Sugiarto Alim

Pelantikan Anggota Komisi Ekonomi dan Industri Nasional


Source: liputan6.com
Baru Dilantik, KEIN Langsung Rapat dengan Presiden

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah mengambil sumpah jabatan Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Rabu (20/1/2016) pagi. Usa‎i pelantikan, para anggota KEIN langsung diminta Presiden Jokowi untuk berdiskusi di Istana Merdeka.

Dari informasi yang diterima Liputan6.com, diskusi yang dilakukan Presiden dengan KEIN masih seputar sektor yang menjadi konsen KEIN, yaitu mengenai perkembangan ekonomi dan bagaimana membangun serta meningkatkan daya saing industri nasional.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, KEIN kini menjadi dewan penasehat presiden di bidang ekonomi dan industri yang bertanggung jawab langsung terhadap presiden. ‎‎

Baca Juga

  • Presiden Resmi Lantik Soetrisno Bachir Sebagai Ketua KEIN
  • Ini Tugas yang Bakal Dijalankan KEIN
  • Ini Respons Para Pengusaha yang Diangkat Jadi Angota KEIN

Source: liputan6.com
8 Tips Investasi untuk Investor Pemula

Liputan6.com, Jakarta - Investasi merupakan sebuah jalan yang akan membawa kita pada kemapanan dan kesuksesan di bidang finansial.

Meski banyak orang yang menganggap investasi adalah sebuah hal yang sangat berisiko dan memiliki peluang untuk mengurangi kekayaan, namun pada kenyataannya para pebisnis sukses mengatakan investasi yang dilakukan dengan tepat akan menciptakan peluang bagi kita untuk memiliki nilai tambah kekayaan kita.

Tapi penting untuk selalu diingat investasi bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Ketika kita melakukan investasi dan salah memilih jenis investasi yang tepat, maka peluang untuk kehilangan seluruh investasi dan mengalami kerugian akan sangat besar.

Untuk itu, cermati beberapa langkah di bawah ini yang dapat anda terapkan saat akan melakukan investasi dilansir dari halaman www.cermati.com, Rabu (20/1/2016):

1. Menentukan Tujuan Investasi

Ini adalah langkah pertama yang harus kita lakukan sebagai seorang pemula, tentukan dan pilih jenis investasi yang kita inginkan. Tujuan investasi akan sangat menentukan dalam pencapaian yang akan didapatkan, karena itu tentukan dengan jelas dan terperinci mengenai tujuan investasi, seperti: membeli rumah pribadi, membeli kendaraan yang baru, melanjutkan pendidikan ke luar negeri, dan yang lainnya.

2. Lakukan dan Jangan Menunda

Saat telah memiliki sebuah tujuan investasi, maka yang tak kalah penting adalah segera lakukan dan mulai investasi tersebut sedini mungkin.

Dalam berinvestasi, tidak pernah ada kata terlambat dan terlalu tua. Segera lakukan investasi dan selalu berpegangan pada prinsip: semakin cepat melakukan investasi, maka akan semakin besar hasil yang akan didapatkan.

3. Pasang Target yang Jelas

Sebagai seorang investor, kita harus memiliki target dan nilai yang jelas mengenai pencapaian waktu dan tujuan investasi yang telah kita tetapkan.

Hal ini harus dibuat dengan sangat jelas dan terperinci, seperti: akan membeli rumah tiga tahun yang akan datang, mengganti kendaraan baru lima bulan yang akan datang, dan yang lainnya.

Dengan memiliki target yang sangat jelas, maka kita akan lebih mudah untuk melakukan kontrol terhadap investasi yang akan kita pilih nantinya.

4. Tentukan Profil Sebagai Seorang Investor

Kenali diri kita sendiri dengan cara mengukur kemampuan kita dalam menangani sebuah instrumen investasi yang akan kita pilih, jangan sampai kita melakukan sebuah investasi pada bidang yang sama sekali asing dan berada di luar kemampuan kita sebagai seorang investor karena hal ini akan sangat berisiko membuat kerugian di hari yang akan datang.

Contoh: Seseorang mungkin lebih berani dalam mengambil risiko untuk berinvestasi di saham karena memiliki keyakinan dan skill yang mumpuni di bidang tersebut.

Namun bila kita tidak memiliki kemampuan seperti orang tersebut, ada baiknya kita mengambil investasi di bidang lain yang lebih minim resiko, seperti: deposito atau reksa dana.


Source: liputan6.com
Mandiri Biayai Tagihan Fasilitas Kesehatan Mitra BPJS Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk menyiapkan skema pembiayaan untuk pembayaran tagihan oleh penyedia fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan. Diharapkan, skema ini dapat membantu pengelolaan cash flow mitra BPJS Kesehatan serta mendukung penyediaan layanan kesehatan yang komprehensif bagi masyarakat, terutama peserta BPJS Kesehatan.

Saat ini, tercatat ada 24.631 lembaga penyedia layanan kesehatan yang menjadi mitra BPJS Kesehatan, seperti rumah sakit, klinik, dokter keluarga, apotik dan lain-lain. Adapun jumlah peserta BPJS Kesehatan sebanyak 158.669.787 orang.

Perjanjian MoU kerjasama pembiayaan tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris dan Direktur Corporate Banking Bank Mandiri, Royke Tumilaar di Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Baca Juga

  • Bank Mandiri Siapkan Rp 17,5 Triliun Buat Natal dan Tahun Baru
  • Bank Mandiri Belum Berencana Naikkan Tingkat Bunga
  • 2 Strategi Bank Mandiri Genjot Bisnis dan Layanan

Source: liputan6.com
Intip Besaran Gaji Tentara ISIS

Liputan6.com, New York - ISIS yang dikenal dengan organisasi teroris terkaya di dunia bukan hanya sebuah organisasi semata. Mereka terbentuk layaknya sebuah negara yang menguasai sebagian Irak dan Suriah.

Karena itu pula, tentara-tentara ISIS yang rela mati berperang demi kejayaannya diberi gaji. Berapa besarannya?

Menurut Congressional Ressearch Service, Tentara ISIS mendapatkan bayaran US$ 400 dan US$ 1.200 per bulan. Jika dirupiahkan sekitar Rp 5,5 juta dan Rp 16,6 juta (kurs: Rp 13.910 per dolar AS). Tak hanya itu, istri dan anak-anak mereka pun mendapatkan upah, yaitu US$ 50 untuk istri dan anak masing-masing US$ 25.

Namun, menjalankan sebuah negara saat perang ternyata mahal harganya, sehingga ISIS kini menggaji tentaranya tidak sebanyak biasanya. Dilansir dari CNN Money, Rabu (20/1/2016), gaji tentara ISIS dipangkas hingga separuhnya.

Baca Juga

  • `Hancurkan ISIS Mulai dari Pundi-pundi Hartanya`
  • Perusahaan Ini Ganti Nama Gara-gara ISIS
  • Penemu Senior ISIS Bakal Dapat Imbalan Rp 138 Miliar

Source: liputan6.com
Malaysia Pesaing Terberat Properti RI Saat MEA

Liputan6.com, Batam - Pengusaha menilai investasi properti di Indonesia, salah satunya Batam akan tertinggal jauh dibandingkan negara tetangga. Ini terkait dengan regulasi kepemilikan terutama bagi orang asing.

"Dengan kebijakan pemerintah yang selalu  berubah-ubah membuat orang asing yang menginvestasikan properti was-was. Kita akan kalah dengan negara tetangga," ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Rel Estate Indonesia Batam Djaja Roeslim di Batam, Rabu (20/1/2016).

Menurut dia, perkembangan bisnis properti di Indonesia masih jauh ketinggalan dibanding negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Salah satunya terkait kepemilikan properti.

"Di Malaysia contohnya, warga negara asing bisa bebas memiliki properti seperti apartemen, rumah toko dan rumah," jelas Djaja.

Bahkan di Malaysia, warga asing bisa memiliki properti dengan status hak milik. Investor yang membeli properti itu memiliki waktu kepemilikan selama 10 tahun dan bisa diperpanjang.

Baca Juga

  • Properti Daerah Penyangga Jakarta Bakal Jadi Buruan Warga Asing
  • Jokowi Resmi Izinkan Orang Asing Miliki Rumah di Indonesia
  • MEA Berlangsung, Minat Ekspatriat di Sektor Properti Menggeliat

Source: liputan6.com
Kemenkop UKM Luncurkan Layanan Izin Koperasi Online

Liputan6.com, Jakarta - Upaya mendorong pertumbuhan koperasi di Indonesia, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan meluncurkan Sistem Administrasi Layanan Badan Hukum Koperasi (Sisminbhkop) secara online.

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Choirul Djamhari mengatakan, Sisminbhkop ini akan melayani pengesahan badan hukum koperasi secara online yang diharapkan akan mempermudah dan mempercepat pendirian koperasi.

"Sebelumnya pengesahan badan hukum koperasi itu makan waktu 90 hari. Dengan sistem ini pengesahaan dilakukan dalam waktu kurang lebih 5 hari kerja," ujarnya di Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Selain lebih cepat dalam pengesahan pendirian badan hukum koperasi, proses pengecekan duplikasi nama koperasi, penolakan dan perbaikan yang sebelumnya memerlukan waktu karena dilakukan secara manual juga berlangsung lebih cepat karena pengecekan nama koperasi bisa dilakukan via notaris.

Baca Juga

  • Kementerian Koperasi Siap Cetak 44 Ribu Wirausaha Baru di 2016
  • Koperasi Bisa Bantu Petani Buah Lokal Bersaing
  • Korea Selatan akan Bantu 500 Koperasi di Indonesia

Source: liputan6.com
Bappebti Ingin Perdagangan Berjangka Komoditi‎ Jadi Unggulan

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) berharap perdagangan berjangka komoditi ‎ menjadi andalan pada pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Itu karena Indonesia merupakan salah satu penghasil komoditi terbesar yang dibutuhkan banyak negara.

Sekretaris Bappebti Marthin Simanungkalit‎ menuturkan beberapa komoditi unggulan Indonesia seperti kopi, sawit, kakao dan karet.

"Kopi Indonesia menempati nomor tiga, sawit kita menempati produksi teratas 26 juta metrik ton per tahun," ujarnya di Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Baca Juga

  • Kontrak Kopi Aktif Diperdagangkan di Bursa Berjangka
  • Tanggapi OJK, Bappebti Lansir 23 Pialang Komoditi Terdaftar

Source: liputan6.com
Dari Gelandangan, 5 Selebriti Ini Sukses Raup Kekayaan

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang terlintas di benak Anda saat melihat sosok selebriti dunia? Ya bayangan Anda pasti tertuju pada gaya hidup glamor dengan segala kemudahan dan harta berlimpah yang mereka miliki.

Sebagian besar dari kita pasti memiliki keinginan untuk dapat hidup layaknya para selebriti dunia tersebut. Namun, siapa sangka ternyata banyak dari mereka yang harus merangkak dari bawah demi menanjak tangga karir kesuksesan.

Sebelum terkenal seperti sekarang, mereka bahkan harus rela untuk hidup menjadi gelandangan agar mampu bertahan hidup. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya seperti dilansir dari TheRichest.com, Rabu (20/1/2016):

1. Jennifer Lopez

Wanita kelahiran 24 Juli 1969 ini dikenal sebagai artis menawan yang sukses mencapai tangga kesuksesan Hollywood. Jennifer Lopez adalah seorang penari, penyanyi dan bintang film sukses.

Sepanjang karirnya, ia telah membintangi beberapa film terkenal antara lain Out of Sight, Maid in Manhattan, Monster-in-Law, Selena, The Wedding Planner, dan lain sebagainya.

Namun siapa sangka, di balik kehidupan selebriti yang dinikmatinya sekarang, Jennifer Lopez ternyata pernah menjadi gelandangan di usia muda.

Pada usia 18 tahun, Jennifer Lopez pernah kabur dari rumahnya karena memiliki berbeda pendapat dengan ibunya. Ia tidak setuju dengan keputusan J-Lo untuk total berkarier dalam dunia hiburan.

Di awal-awal meniti karir, Jennifer Lopez bahkan harus rela tidur di sebuah studio tari karena tidak memiliki tempat tinggal.


Source: liputan6.com
Ini Perbedaan KEIN dengan KEN

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo telah mengambil sumpah jabatan Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) di Istana Kepresidenan, Jakarta.

KEIN dalam hal ini memiliki tugas sebagai komite pertimbangan Presiden mengenai ekonomi dan industri di Indonesia. Sebenarnya saat Indonesia dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat itu ada Komite Ekonomi Nasional (KEN) yang dipimpin oleh Chairul Tanjung.

Lalu, apa bedanya KEIN dengan KEN?‎ Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan KEIN akan lebih fokus pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan daya saing industri di Indonesia.

Baca Juga

  • Baru Dilantik, KEIN Langsung Rapat dengan Presiden
  • Ini Tugas yang Bakal Dijalankan KEIN
  • Presiden Resmi Lantik Soetrisno Bachir Sebagai Ketua KEIN

Source: liputan6.com
PLTG Beroperasi, Sulut dan Gorontalo akan Bebas Pemadaman Listrik

Liputan6.com, Jakarta - PLN menjanjikan wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo) tidak akan terjadi pemadaman listrik. Hal itu lantaran pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) Gorontalo yang merupakan proyek pertama pembangkit listrik 35 ribu Megawatt (Mw) telah beroperasi.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi & Nusa Tenggara PLN, Machnizon Masri mengungkapkan, perseroan telah mengoperasikan sebagian kapasitas atau 50 Mw dari PLTG Gorontalo 4x25 Mw pada pekan lalu. Pengoperasian itu untuk dua unit dari empat unit pembangkit listrik.

"Ini adalah proyek pertama dari pembangkit listrik 35 ribu Mw yang sudah beroperasi," ujar dia saat Konferensi Pers di kantor pusat PLN, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Machnizon menjelaskan, keberhasilan tersebut tidak terlepas dari peran serta kontraktor maupun Pemerintah Daerah yang bekerja keras selama 24 jam penuh setiap harinya. Sehingga PLTG tersebut sudah dioperasikan dengan masa pembangunan lebih cepat dari target.

Baca Juga

  • PLTG Menambah Pasokan Listrik di Gorontalo
  • PLTG Terapung Mulai Listriki Sulut dan Gorontalo
  • Ini Wilayah yang Dipasok Listrik PLTG Terapung

Source: liputan6.com
14 Negara Produsen Emas Terbesar, Indonesia Urutan Berapa?

Liputan6.com, Jakarta - Komoditas emas adalah salah satu sumber daya alam yang paling banyak dicari. Tap tak semua negara punya tambang emas. Indonesia punya beberapa tambang emas tapi yang paling besar adalah tambang emas Grasberg di Papua yang dikelola PT Freeport Indonesia.

Kenapa produksi komoditas ini penting? Jawaban yang paling sederhana adalah karena permintaan akan emas selalu ada. Emas yang kerap dijadikan material perhiasan kadang jadi identitas kekayaan.

Kembali ke produsen emas, China adalah negara produsen emas terbesar di dunia menurut situs world atlas yang dilansir Liputan6.com, Rabu (20/1/2016).

China menguasai 15 persen produksi di dunia, sementara Asia berkontribusi 22 persen. Amerika Selatan dan Tengah berkontribusi 17 persen dan Amerika utara 15 persen, Afrika menghasilkan 20 persen dan kawasan Soviet 14 persen.

Baca Juga

  • Pemerintah Diminta Evaluasi Cadangan Emas Tambang Freeport
  • Peringkat Tambang Emas Terbesar Dunia, Freeport ke Berapa?
  • Freeport Bakal Cari Presdir yang Bisa Kembalikan Kepercayaan

Source: liputan6.com
Bursa Berjangka Jakarta Targetkan Transaksi 1,5 Juta Lot
Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) menargetkan volume transaksi multilateral mencapai 1,5 juta lot pada tahun ini. Angka tersebut meningkat dari realisasi 2015 sekitar 700 ribu lot.

Direktur Utama BBJ Stephan‎us Paulus Lumintang mengatakan, pada tahun lalu transaksi multilateral ditargetkan 600 ribu lot. Dengan raihan 700 ribu lot maka target terlampaui.

Dia mengaku BBJ akan fokus di tiga sektor yakni kopi, kakao dan emas.‎ "Masih bisa, karena futures tidak related sepenuhnya dengan fisik," kata dia di Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Dia mengatakan, porsi paling besar terdiri dari kopi hampir 45 persen.
Source: liputan6.com
Bursa Saham Tertekan Angkat Harga Emas

Liputan6.com, Manila - Harga emas menguat pada perdagangan Rabu pekan di tengah permintaan fisik melambat di Asia. Penguatan harga emas didukung dari bursa saham melemah dan harga minyak.

Di pasar spot, harga emas naik 0,4 persen menjadi US$ 1.091,36 per ounce. Harga emas Amerika Serikat (AS) untuk pengiriman Februari naik 0,2 persen menjadi US$ 1.091,70 per ounce. Harga perak cenderung mendatar di kisaran US$ 14.015 per ounce.

Bursa saham Asia mengalami tekanan ke level terendah dalam empat tahun dipicu harga minyak dunia merosot hingga ke level terendah sejak 2003. Hal itu menambah kekhawatiran pelaku pasar terhadap ekonomi global.

Sementara itu, Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global untuk ketiga kalinya dalam kurun waktu kurang dari setahun setelah pertumbuhan ekonomi China cenderung melambat pada 2015.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Betah di Rp 545 Ribu per Gram
  • Harga Emas Terseret Pelemahan Minyak Dunia
  • Harga Emas Melemah di Awal Pekan

Source: liputan6.com
Ini Perkembangan Terakhir Proyek Pembangkit Listrik 35 Ribu Mw

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) terus mengejar pembangunan proyek pembangkit listrik 35 ribu Megawatt (Mw) hingga 2019.

Selama setahun berjalan, PT PLN (Persero) mengklaim menyelesaikan kontrak Independent Power Producer (IPP) dan Engineering, Procurement and Construction (EPC) sebesar 17.331 Mw.

"Total jumlah kontrak IPP dan EPC yang sudah diselesaikan tahun lalu 17.331 Mw," kata Direktur Perencanaan Korporat PLN, Nicke Widyawati di kantornya, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Dari jumlah tersebut, investor atau perusahaan dari China mendominasi kontrak IPP dan EPC pembangkit listrik 35 ribu Mw di Indonesia dengan porsi 46 persen.

Baca Juga

  • PLN Rampungkan Pembangkit Listrik Pertama Proyek 35 Ribu MW
  • PLN Pasok Listrik 60 MW untuk KEK Sei Mangkei Februari 2016
  • PLN Gratiskan Biaya Tambah Daya ke 1.300 VA

Source: liputan6.com
IMF Pangkas Ramalan Pertumbuhan Ekonomi Dunia Jadi 3,4% di 2016

Liputan6.com, Jakarta - Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global.

Langkah ini dipicu beberapa faktor seperti anjloknya harga komoditas, Brazil yang terpaksa masuk ke dalam resesi karena kebuntuan politik, turunnya harga minyak dunia dan kenaikan kurs mata uang dolar.

IMF memperkirakan ekonomi global hanya akan tumbuh 3,4 persen tahun ini. Angka itu turun dari proyeksi sebelumnya 3,6 persen yang dinyatakan pada Oktober 2015.

Lembaga ini juga memangkas proyeksi untuk 2017 menjadi 3,6 persen dari ramalan 3,8 persen.

Proyeksi IMF memberikan sedikit angin segar di tengah awal yang suram bagi pasar keuangan di 2016. Indeks S&P 500 menyentuh level awal tahun terburuk sepanjang rekor, karena harga minyak dunia yang terjun bebas dan pengetatan kebijakan moneter AS.

"Tahun ini akan menjadi tahun yang penuh tantangan dan pembuat keputusan harus memikirkan ketahanan jangka pendek, juga cara mereka meningkatkan itu. Begitu juga mengenai langkah jangka panjangnya," ujar Kepala Ekonom IMF, Maurice Obstfeld dilansir dari CNN Money, Rabu (20/1/2016).

IMF memperkirakan ekonomi global tumbuh 3,1 persen tahun lalu. Level paling rendah sejak resesi 2009. Terjadi perlambatan pertumbuhan dari pasar negara maju dan berkembang sejak 5 tahun terakhir.

Baca Juga

  • Respons IMF Terhadap Kebijakan Ekonomi RI
  • Wapres JK: IMF Bikin Teori Ekonomi Salah ke RI
  • Datang ke Indonesia, IMF Justru Cari Utangan

Source: liputan6.com
Pemda Diminta Segera Terbitkan Aturan Izin Usaha Mikro Kecil

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) meminta pemerintah kabupaten dan kota segera mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) atau Peraturan Walikota (Perwali) terkait Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK). Aturan ini sangat diperlukan untuk mempermuda‎h pengusaha mendapatkan kredit dari perbankan.

Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Sutyowati mengatakan, ‎ dari 540 kabupaten dan kota di Indonesia, baru 181 kabupaten/kota yang telah mengeluarkan Perbup dan Perwali, atau sekitar 33 persen.

Sementara jumlah IUMK yang sudah mendapatkan legalitas dari camat sebanyak 134.329 UMK dan 2.716 UMK telah mendapatkan kartu IUMK dari Bank BRI.

"Program IUMK ini kita jadikan program bersama antara Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, serta Kementerian Dalam Negeri. Untuk tahun ini kita akan melakukan terobosan untuk meningkatkan respons pemerintah daerah terkait IUMK," ujarnya di Jakarta, Rabu (20/1/2016).

‎Menurut Yuana, langkah percepatan penerbitan aturan soal IUMK oleh pemerintah kabupaten/kota diharapkan akan membuat UKM yang telah memiliki legalitas melalui IUMK ini akan mendapatkan prioritas akses pembiayaan dari perbankan.

"Kami juga akan mengajak Bank BRI agar pemegang IUMK bisa dijadikan prioritas untuk mendapatkan kredit usaha rakyat (KUR)," jelas dia.

Baca Juga

  • Kementerian Koperasi Siap Cetak 44 Ribu Wirausaha Baru di 2016
  • Koperasi Bisa Bantu Petani Buah Lokal Bersaing
  • Kemenkop UKM Luncurkan Layanan Izin Koperasi Online

Source: liputan6.com
Langkah Pertamina Hadapi Harga Minyak Dunia Merosot

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak dunia terus merosot bahkan menyentuh level US$ 27 dolar per barel. Hal tersebut berpengaruh pada kegiatan bisnis perusahaan yang bergerak pada sektor hulu perminyakan.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto mengatakan, ‎Pertamina mengkaji ulang kegiatan usahanya, untuk menutupi kerugian atas harga minyak dunia merosot.

"Kami review semua. Kami berharap di down stream juga dimaksimalkan untuk tutup kerugian di up stream ini," kata Dwi, di Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Dwi menuturkan, Pertamina juga membenahi tata kelola penyaluran, transportasi migas‎ dan menegosiasi ulang harga dengan kontraktor jasa selain mengkaji rencana perusahaan.

"Yang di down stream dengan efisiensi di tata kelola, distribusi, transportasi. Renegosiasi dari beberapa kontrak jasa kita dengan yang lain serta kontrak persediaan minyak dengan yang lain," ujar dia.

Baca Juga

  • Harga Minyak AS Kembali Jatuh ke Level US$ 28,46 per Barel
  • Harga Minyak Anjlok, Menaker Belum Terima Laporan PHK
  • Harga Minyak Anjlok, PHE ONWJ Andalkan Gas

Source: liputan6.com
ISIS, Kelompok Teroris Terkaya yang Kini Kekurangan Uang

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS)? ISIS dikenal sebagai kelompok miliatan yang berbasis di Suriah dan Irak. Kelompok ini juga dianggap sebagai organisasi teroris terkaya di dunia. Namun kini ISIS tengah mengalami kesulitan finansial.

Dilansir dari CNN Money, Rabu (20/1/2015), keuangan ISIS tengah tertekan. Salah satu sumber pendapatan ISIS terus menerus diserang oleh serangan udara yang dilakukan Amerika Serikat (AS) dan koalisinya.

Suriah dan Irak dikenal juga sebagai penghasil minyak dunia. Hasil dari sumber daya alam inilah yang juga jadi pemasukan organisasi ini.

Amerika Serikat dan koalisinya terus melakukan serangan udara ke wilayah kekuasaan ISIS, termasuk bisnis minyaknya. Sasaran dari serangan udara tersebut belakangan ini adalah truk pengangkut minyak, depo penyimpanan, kilang mobile dan perlangkapan perminyakan lainnya.

Baca Juga

  • Perusahaan Ini Ganti Nama Gara-gara ISIS
  • Intip Besaran Gaji Tentara ISIS
  • Penemu Senior ISIS Bakal Dapat Imbalan Rp 138 Miliar

Source: liputan6.com
David Ellison, Putra Miliarder yang Jadi Bos di Hollywood
Memilih jalan yang berbeda dari bisnis orangtua yang kaya raya ternyata dapat mendatangkan keuntungan tersendiri bagi sang anak. Itulah yang dilakukan David Ferris Ellison, putera dari salah satu miliarder terkaya di dunia, Larry Ellison.
Source: liputan6.com
Perlambatan Ekonomi China Jadi Berkah Buat PLN

Liputan6.com, Jakarta Perlambatan ekonomi China akan menguntungkan PT PLN (Persero), khususnya untuk pembangunan proyek pembangkit listrik 35 ribu Megawatt (Mw) sampai lima tahun ke depan. Kondisi ini diyakini semakin menggeliatkan investasi perusahaan China di sektor pembangkit di Tanah Air.

Direktur Perencanaan Korporat PLN, Nicke Widyawati mengungkapkan, pasar China yang mengalami kelesuan, mendorong pemilik modal di China berbondong-bondong keluar mencari pasar potensial di negara berkembang, termasuk di Indonesia untuk berinvestasi.

"Tentu dampaknya bagus dong, investor asal China banyak masuk ke luar pasar China, termasuk Indonesia. Jadi makin agresif," kata Nicke di kantornya, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Baca Juga

  • Ini Perkembangan Terakhir Proyek Pembangkit Listrik 35 Ribu Mw
  • PLN Rampungkan Pembangkit Listrik Pertama Proyek 35 Ribu MW
  • Siemens Ingin Terlibat di Proyek Listrik 35 Ribu MW

Source: liputan6.com
Pakistan Lebih Pilih Sawit RI daripada Malaysia

Liputan6.com, Jakarta - Ekspor crude palm oil (CPO) Indonesia ke Pakistan diperkirakan terus mengalami peningkatan. Pasalnya negara tersebut mulai mengalihkan permintaan CPO-nya dari Malaysia ke Indonesia.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Joko Supriyono mengatakan, pada 2015, ekspor CPO Indonesia ke Pakistan mencapai 2,19 juta ton ‎atau mengalami kenaikan 32 persen jika dibandingkan 2014 yang sebesar 1,66 juta ton. Ekspor ini diperkirakan akan terus meningkat ke depannya.

"Ekspor CPO pada tahun lalu sudah bagus, sekitar 2,1 juta ton. Ini pasar masa depan, karena dalam 2-3 tahun mendatang pasar CPO Pakistan bisa 3 juta ton-3,5 juta ton karena peningkatan pendapatan dan lain-lain," ujarnya diJakarta, Rabu (20/1/2016).

Baca Juga

  • Harga CPO Diprediksi Tembus US$ 600 per Ton di 2016
  • Mentan Amran Sebut RI Seharusnya Dapat Atur Harga CPO
  • Pengusaha Sawit Keluhkan Anjloknya Harga CPO

Source: liputan6.com
Freeport Klaim Harga Saham yang Ditawarkan Sesuai Pasar

Liputan6.com, Jakarta - PT Freeport Indonesia mengklaim jika harga saham yang tawarkan kepada pemerintah wajar. Perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) ini menawarkan 10,64 persen saham dengan  harga US$ 1,7 miliar atau Rp 23 triliun.

‎Juru Bicara PT Freeport Indonesia Riza Pratama mengatakan, harga saham yang ditawarkan kepada pemerintah Indonesia sudah mengacu pada perhitungan pasar, yang menghasilkan batas kewajaran.

"Berdasarkan evaluasi yang wajar.‎ Iya kita ada analisa dan kita sudah berikan harga yang wajar," kata Riza di Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Menurut Riza, Freeport saat ini sedang menunggu jawaban atas tawaran tersebut dari Pemerintah Indonesia.

"Iya memang, itu harga kita, kan nanti pemerintah sedang mengevaluasi. Jadi bagaimana wajarnya. Jadi nantikan pemerintah akan bilang biar saja, kita tinggal tunggu saja," tutur Riza.

Baca Juga

  • Pemerintah Cari Harga Terbaik Beli Saham Freeport
  • BPK: Harga Divestasi Saham Freeport Tidak Wajar
  • Ganti Pemimpin, Freeport Tetap Harus Penuhi Kewajiban

Source: liputan6.com
Badan Restorasi Gambut Dibentuk, Ini Kata Pengusaha Sawit

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ‎secara resmi melantik Nazir Foead sebagai Kepala Badan Restorasi Gambut. Salah satu tugas badan ini yaitu memperbaiki lahan gambut yang rusak akibat kebakaran.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Joko Supriyono mengatakan pihaknya menyambut baik pembentukan badan ini.

Namun ada beberapa hal yang perlu dikritisi dari pembentukan badan ini. Salah satunya karena porsi lahan gambut yang mengalami kebakaran dinilai lebih kecil dibandingkan hutan terbuka.
‎‎
"Problem gambut ini kan terkait kebakaran. Pada 2015 sebenarnya kebakaran bukan semua di gambut karena cuma sekitar 40 persen dari total lahan yang terbakar. Dan kebakaran gambut kalau lihat datanya terjadi sebagian besar di luar lahan konsesi baik sawit maupun pulp and paper," ujarnya di Jakarta, Rabu (20/1/2016).

 

Baca Juga

  • Tanggap Kebakaran, Dana Rp 33 Miliar Disiapkan untuk Desa Sawit
  • RI Diminta Belajar ke Malaysia Soal Lahan Gambut
  • Jokowi Hentikan Izin Konsesi Lahan Gambut, Ini Langkah Pengusaha

Source: liputan6.com
Top 3: 5 Stasiun Paling Keren Sedunia

Liputan6.com, Jakarta Kereta api, subway, mass rapid transit atau moda berbasis rel lainnya di sejumlah negara menjadi primadona transportasi. Tak heran, stasiun kereta pun dibuat sangat cantik, bagus dan terlebih lagi nyaman meski harus menunggu kereta berjam-jam.

Beberapa negara punya stasiun kereta yang paling bagus di dunia. Ada yang masih orisini, dalam artian tidak banyak berubah dari sejak pertama stasiun itu dibangun.

Situs traveltop menulis 5 stasiun kereta paling menakjubkan di dunia.

Artikel tersebut menjadi artikel paling menarik di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu (20/1/2016) sore. Selain itu, ada beberapa artikel lain yang mencuri perhatian. Berikut daftarnya seperti dirangkum dalam Top 3 Bisnis


1. Stasiun Paling Keren di Dunia

Terkenal karena bangunannya yang bersejarah yang merupakan gabungan arsitektur dari Victorian Gothic Revival dan gaya tradisional dari India sendiri.

Gedung ini didesain oleh arsitek Britania, F W Stevens, dan menjadi simbol dari Bombay, sebagai `Kota Gothic`. Stasiun yang dibangun selama 10 tahun, dimulai di 1878 ini berlokasi di jantung kota Mumbai. Karena ikonik, stasiun ini juga dijadikan sebagai situs peninggalan dunia oleh UNESCO di 2004.

Selengkapnya baca di sini

2. Buku Termahal Milik Bill Gates, Harganya Rp 400 Miliar

uku bernama “Codex Leicester” yang menjadi buku termahal di dunia setelah dibeli Gates itu sebenarnya bukan “buku” hasil cetakan, melainkan sebuah jurnal berisi gambar dan tulisan tangan dari Leonardo da Vinci.

Codex Leicester dianggap sebagai bagian terpenting dari rangkaian 30 jurnal ilmiah yang pernah ditulis oleh Da Vinci semasa hidup. Di dalamnya, Da Vinci merinci hal-hal yang terkait dengan air serta hubungan planet bumi, bulan, dan matahari.

Selengkapnya baca di sini

3. Marta Ortega, Puteri Miliarder Zara yang Pernah Jadi Pelayan

Saat melihat wajah dan caranya berjalan, Anda pasti langsung mengiranya seorang super model. Tapi siapa sangka, dia adalah calon pewaris kuat Zara, salah satu industri fashion ternama di dunia.

Meski begitu, tak seperti kebanyakan anak orang kaya di mana dirinya langsung menempati jabatan tinggi di perusahaan, Marta justru memulai karir dari bawah. Dia belajar bagaimana mengatur barang-barang di toko ke rak, membantu para konsumen mencoba pakaian, mengisi kembali rak yang sudah kosong, hingga bertemu langsung dengan klien perusahaan.

Seperti apa sepak terjang Marta Ortega-Perez, wanita yang disebut-sebut sebagai salah satu anak miliarder tersukses di dunia?

Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
Ini Skenario Jika BUMN Caplok Saham Freeport Rp 23 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menyiapkan skenario pencaplokan 10,64 persen saham PT Freeport Indonesia dengan harga jual US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 23 triliun. Akuisisi ini akan dieksekusi oleh perusahaan (Special Purpose Vehicle/SPV) yang dibentuk empat BUMN tersebut.

Empat perusahaan pelat merah itu, antara lain, PT Aneka Tambang Tbk (Persero), PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk (Persero) dan PT Bukit Asam Tbk (Persero).

Direktur Utama Aneka Tambang (ANTAM), Tedy Badrujaman dalam Rapat Dengar Pendapat antara Komisi VII dengan Dirjen Minerba Kementerian ESDM, mengungkapkan, keempat BUMN tersebut akan membentuk konsorsium apabila BUMN ditunjuk pemerintah membeli saham Freeport Indonesia.

"ANTAM dan BUMN lain akan membentuk SPV. Perusahaan dengan tujuan tertentu. SPV ini yang akan memiliki 10,64 persen saham Freeport Indonesia," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (20/1/2016) malam.

 

Baca Juga

  • Freeport Klaim Harga Saham yang Ditawarkan Sesuai Pasar
  • Dana Buat Beli Saham Freeport Bisa dari Utang
  • Menteri BUMN: Harga Divestasi Saham Freeport Terlalu Mahal

Source: liputan6.com