Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Selasa, 12 Januari 2016
5 Hal yang Dipercaya Meningkatkan Kesuksesan Bisnis

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi orang sukses dan menjadi orang kaya memang sangat menyenangkan. Namun, untuk menjadi orang yang sukses itu tidak mudah. Banyak hal yang harus dilakukan untuk meraih kesuksesan. 

Salah satu cara untuk meraih kesuksesan adalah konsisten dalam keuangan. Selain konsisten terhadap finansial, Anda juga harus bisa berpikir untuk terus meningkatkan kekayaan dan mendapatkan kesuksesan.

Seperti melansir halaman Entrepreneur.com, Selasa (12/1/2016) terdapat lima hal yang dipercaya bisa meningkatkan kekayaan dan kesuksesan. Apa saja?

1. Kuasai branding

Banyak orang yang memiliki bisnis tapi tidak mengetahui branding. Anda harus tahu cara memasarkan barang atau jasa dari usaha Anda. Anda juga harus tahu harga dan segala sesuatu secara detail yang akan ditawarkan klien.

Sebab, bila memiliki keahlian soal branding ini, dipastikan Anda memiliki pengetahuan lebih tentang industri yang digeluti.

2. Punya Alat

Banyak dari pebisnis memiliki alat untuk usahanya. Namun yang patut diingat adalah, Anda harus mempelajari keunggulannya seperti cara memproduksi barang, menyuplai barang dan memasarkan barang. Agar bisnis dan usaha menjadi lancar dan sukses.

3. Waktu

Pebisnis juga harus bisa mengatur waktu, agar bisa mengontrol jadwal mereka. Jika Anda selalu terlambat, itu bisa menjadi penghambat untuk meningkatkan kinerja bisnis.

Sebaiknya, Anda harus bisa menguasai waktu. Dengan begitu Anda akan memiliki banyak kekuatan untuk mencapai kesuksesan.

4. Bekerja Cerdas

Jangan terlalu bekerja keras, sebab bekerja keras tidak akan bisa mengalahkan bekerja dengan cerdas. Anda harus dapat menjaga energi pada tubuh agar dapat melancarkan pikiran, dengan begitu pekerjaan akan cepat terselesaikan.

5. Uang

Ketika Anda mengetahui cara memperoleh, menghabiskan dan menyimpannya, Anda akan tahu berapa uang yang akan diperoleh. Jika Anda mengetahuinya, keuntungan Anda akan meningkat. Itu adalah cara yang paling menyenangkan untuk menjadi kaya.(Apr/Nrm)


Source: liputan6.com
Konsultasi Pajak: Pindah Kota, NPWP Harus Ganti?

Liputan6.com, Jakarta - Saya sekarang tinggal di kota Batam dan sudah bekerja. Ketika saya ingin mendaftarkan Nomor Pokok Wajib Pajak, pihak perpajakan mengatakan bahwa saya sudah terdaftar sebagai pemilik NPWP Jakarta.

Anjuran dari pihak KPP Pratama Batam adalah jika saya ingin mengaktifkan kembali nomor NPWP Jakarta saya, maka saya diharuskan mengisi dan mengirim formulir pengaktifan, ormulir cetak ulang kartu NPWP, fotokopi KTP sekarang,surat keterangan kerja dari perusahaan.

Saya kirimkan ke alamat KPP Pratama Kembangan via pos. Saya juga sudah telepon ke nomor 021-56964391 tapi tidak ada jawaban. Sekitar satu bulan yang lalu saya kirimkan, tetapi kenapa sampai sekarang belum ada kejelasan?

Pengirim: Fajar Y <panotoXXXX@yahoo.co.id>

Jawaban:

Pada saat Saudara pindah tempat tinggal dari Jakarta ke Batam itu berarti tempat tinggal Saudara pindah ke wilayah kerja KPP Pratama Batam, bukan lagi di KPP Pratama Kembangan. Sehubungan dengan perpindahan tersebut Saudara harus mengajukan permohonan pemindahan untuk mendapatkan NPWP baru di KPP Pratama Batam.

Saudara dapat menggunakan Formulir Pemindahan Wajib Pajak yang dapat diminta di KPP terdekat atau dilakukan secara elektronik dengan mengisi Formulir Pemindahan Wajib Pajak pada aplikasi e-Registration yang tersedia pada laman Direktorat Jenderal Pajak di www.pajak.go.id.

Apabila Saudara telah mengisi formulir tersebut maka Saudara harus mengirimkannya beserta dokumen yang disyaratkan berupa fotocopi KTP yang menunjukkan bahwa tempat tinggal Saudara menurut keadaaan yang sebenarnya memang telah pindah ke wilayah kerja KPP Pratama Batam, bukan lagi di KPP Pratama Kembangan.

Setelah menerima Formulir Pemindahan Wajib Pajak tersebut KPP Pratama Kembangan dalam jangka waktu paling lama lima hari kerja setelah Bukti Penerimaan Surat diterbitkan sudah harus memberikan keputusan sesuai dengan pasal 35 ayat (1) Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-20/PJ/2013.

Surat keputusan tersebut kemudian akan ditembuskan ke KPP Pratama Batam oleh KPP Pratama Kemabangan. Berdasarkan tembusan surat keputusan dari KPP Pratama Kemabangan tersebut, KPP Pratama Batam akan menerbitkan Kartu NPWP Saudara paling lambat satu hari kerja setelah tembusan Surat Pindah diterima oleh mereka.

Praktiknya sering kali waktu yang dibutuhkan oleh KPP untuk memproses permohonan pemindahan tersebut melebihi waktu yang ditetapkan di dalam peraturan sehingga memang Wajib Pajak yang harus lebih aktif untuk bertanya ke KPP.

Jika memang tidak ditanggapi dengan baik melalui telepon atau surat sebaiknya Saudara datang langsung ke KPP Pratama Kemabangan atau memberikan Surat Kuasa kepada keluarga yang masih ada di Jakarta untuk menanyakan hal tersebut mengingat Saudara tidak lagi berada di Jakarta.

Demikian penjelasan kami. Semoga membantu.

Salam,

Fitrah Purnama Megawati, S.Sos

Citas Konsultan Global


 

www.citasco.com

Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

* Untuk pertanyaan konsultasi pajak, silakan kirim pertanyaan Anda ke redaksi bisnis liputan6.com di alamat ekbisliputan6@gmail.com


Source: liputan6.com
Gedung di China ini Jadi yang Tertinggi Kedua di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Dengan selesainya Shanghai Tower di akhir 2015 lalu, Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) menyatakan gedung di China ini sebagai yang tertinggi kedua di dunia—setelah The Burj Khalifa di Dubai.

Menara setinggi 632 meter ini juga menjadi gedung ketiga di dunia yang masuk dalam kategori gedung “megatall” atau memiliki ketinggian di atas 600 meter.

Sebagai pencakar langit ketiga di Shanghai setelah Lujiazui Finance dan Trade Zone Shanghai, Shanghai Tower mewujudkan prototipe baru untuk gedung-gedung tinggi.

Berada di dekat Jin Mao Tower dan Shanghai World Financial Center, menara baru ini merupakan yang tertinggi dengan fasad melengkung berbentuk spiral yang melambangkan kebangkitan China modern yang dinamis.

Baca Juga

  • Bekasi dan Bogor Tambah Pasokan Mal pada 2016-2018
  • Tren Hunian Mungil untuk Inspirasi Anda
  • MEA Berlangsung, Minat Ekspatriat di Sektor Properti Menggeliat

Source: liputan6.com
Perhatikan 4 Hal Ini untuk Beli Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Membeli rumah memerlukan pertimbangan yang masak. Salah memilih, bisa-bisa Anda merasa tak nyaman tinggal di dalamnya, atau bahkan menderita kerugian materi.

Dilansir dari Rumah.com,seperti ditulis Senin (11/1/2016) ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam hal memilih rumah.

Namun secara umum, yang perlu diperhatikan adalah lokasi, lingkungan, kualitas rumah, dan aspek legalitasnya:

Lokasi

Lokasi rumah harus strategis dan memiliki aksesiblitas yang baik. Selain itu, ada tiga hal yang perlu dipertimbangkan pada saat memilih lokasi. Pertama, kedekatannya dengan tempat bekerja. Kedua, kedekatannya dengan fasilitas pendidikan yang berkualitas. Ketiga, kedekatannya dengan fasilitas kesehatan.

Lingkungan

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih rumah dengan lingkungan yang baik:

1. Setiap ruas jalannya ditanami pohon peneduh.

2. Setiap rumah dilengkapi bak sampah, dan disediakan tempat penampungan sampah sementara untuk masing-masing blok rumah.

3. Perumahan yang baik memiliki sistem drainase yang terpadu. Ada saluran primer, sekunder, dan tersier.

Bila selokan dibuat asal-asalan, selain air limbah rumah tangga akan menggenang dan akhirnya menjadi sarang nyamuk, pada musim hujan air juga akan mudah melimpah ke jalan. Akibatnya badan jalan menjadi cepat rusak.

4. Sistem keamanan yang baik. Perumahan dengan sistem cluster, lebih mudah pengelolaan keamanannya ketimbang sistem linier.

Kualitas Bangunan

Kualitas bangunan tergantung pada spesifikasi bangunan dan cara penggarapannya. Jangan mudah tergiur oleh mulut manis staf atau agen pemasaran.

Anda juga jangan mudah percaya pada spesifikasi yang tertera di brosur, karena brosur sewaktu-waktu dapat diubah secara sepihak oleh pengembang. Karena itu, lebih baik Anda memilih rumah yang sudah siap huni agar tidak kecewa di kemudian hari.

Perizinan

Jangan percaya begitu saja kepada pengembang. Pemikiran ini perlu dicamkan, agar Anda tidak menemui kesulitan di kemudian hari. Lantaran sekarang banyak pengembang yang bermasalah.

Rumah sudah dibayar lunas, tapi sertifikatnya tidak kunjung diserahkan. Oleh karena itu, sejak awal semua izin-izin pengembang harus ditanyakan, agar bisa dipastikan rumah yang dibeli tidak akan bermasalah. Lebih dari itu, supaya lebih aman, jangan segan-segan meminta duplikat surat-surat izin tersebut.

Izin-izin yang perlu diketahui adalah:

1. SK Izin Lokasi, untuk mengetahui luas area yang diberikan pemerintah kepada pengembang, dan memastikan lokasi yang dipasarkan itu benar-benar tidak dikuasai oleh pihak lain.

2. Rencana tapak yang telah disyahkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. Jika rencana tapaknya belum mendapatkan persetujuan Pemda, maka kemungkinan besar rencana tapak itu akan berubah.

3. Sertifikat. Pengembang seharusnya dapat menunjukkan copy sertifikat induk kepada konsumen.

4. Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Jika pengembang tidak bisa menunjukkan IMB yang diperoleh atau surat keterangan IMB sedang diproses dari Dinas Pengawasan Pembangunan Kota (wilayah DKI Jakarta), maka sebaiknya tunda dulu niat membeli rumah. (Anto E/Ahm)


Source: liputan6.com
5 Miliarder Ini Harus Rela Hilang Harta Hingga Rp 326,3 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Lemahnya perekonomian China dan rendahnya harga minyak dunia berimbas cukup besar pada perekonomian global, seperti juga para orang kaya dunia.

Akibat hal ini, 47 dari 400 orang terkaya dunia harus rela kehilangan harta mereka hingga US$ 194 miliar atau setara dengan Rp 2.694 triliun di minggu pertama pembukaan perdagangan saham.

Mengutip data dari Bloomberg, Bos Amazon, Jeff Bezos merupakan miliarder dengan kehilangan harta paling besar. Bezos harus rela melihat hartanya tergerus 9,9 persen sebesar US$ 53,7 miliar. Padahal, Bezos merupakan miliarder dengan kinerja paling baik sepanjang tahun 2015.

Total kehilangan harta dari lima miliarder ini mencapai US$ 23,5 miliar atau setara dengan Rp 326,3 triliun. Berikut lima miliarder dengan kehilangan harta paling besar, seperti dikutip Selasa (12/1/2016):

1. Jeff Bezos

Total kehilangan harta : US$ 5,9 miliar
Total kekayaan : US$ 53,7 miliar
Penurunan total Kekayaan : 9,9 persen

2. Carlos Slim

Total kehilangan harta : US$ 5,7 miliar
Total kekayaan : US$ 46,6 miliar
Penurunan total Kekayaan : 10,8 persen


Source: liputan6.com
Kepanikan Berkurang, IHSG Berpeluang Menguat

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan saham Selasa (12/1/2016) ini.  Indeks saham menguat lantaran kepanikan yang disebabkan anjloknya Bursa Cina mulai reda.

‎"Mungkin naik dulu, istilahnya kemarin koreksi dalam," kata‎ Analis PT Investa Saran Mandiri Kiswoyo Adi Joe kepada Liputan6.com diJakarta.

Dia mengatakan, dalam negeri sendiri masih tak ada sentimen yang berarti. Pelaku pasar cenderung menunggu pengumuman dari Bank Indonesia (BI) terkait dengan suku bunga acuan.

Kiswoyo memprediksi IHSG berada di support 4.400 dan resistance pada level 4.650.

PT Sinarmas Sekuritas memperkirakan indeks saham akan bergerak variatif. Indeks saham akan bergerak pada support 4.430 dan resistance ke level 4.525.

Baca Juga

  • Bursa Saham Asia Tertekan, IHSG Susut 30 Poin
  • Bursa Asia Seret IHSG Merosot 80 Poin
  • China Seret Bursa Asia ke Level Terendah Sejak 2011

Source: liputan6.com
Perusahaan Cabut dari Batam Karena Demo, Ini Kata Kepala BKPM

Liputan6.com, Jakarta Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) masih menyangkal sejumlah perusahaan asing angkat kaki dari Batam. Lembaga ini menilai, iklim investasi di kota Batam sangat baik sehingga masih menjadi tujuan kegiatan penanaman modal baik dari asing maupun domestik.

Kepala BKPM, Franky Sibarani menegaskan, pemerintah akan terus mengembangkan Batam, Bintan dan Karimun (BBK) sebagai kawasan Free Trade Zone (FTZ) sebagai daerah pertumbuhan ekonomi meskipun ada masalah terkait dualisme kewenangan antara BP Batam dan Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

"Batam tidak bermasalah, memang ada dualisme, tapi penyelesaiannya tidak bisa grasak grusuk, karena kita harus memberikan kepastian pada investor dan untuk meningkatkan daya saing Batam," ujarnya di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, ditulis Selasa (12/1/2016).

Baca Juga

  • Banyak Demo Buruh, Perusahaan Asing Hengkang dari Batam
  • Batam Dibangun Bukan untuk Layani Singapura, tapi Mengalahkannya
  • Pemerintah Sibuk Pikirkan Masa Depan Batam yang Mulai Suram

Source: liputan6.com
Harga Minyak Jatuh Bikin Wall Street Tertekan

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) tergelincir di awal pekan ini didorong saham bioteknologi dan energi yang tertekan. Hal itu menjelang laporan kinerja keuangan.

Pada penutupan perdagangan saham Senin (Selasa pagi WIB), indeks saham Dow Jones melemah 0,3 persen menjadi 16.398. Indeks saham S&P 500 susut 14,94 poin atau 0,1 persen ke level 1.923. Indeks saham Nasdaq merosot 0,1 persen ke level 4.637.

Penurunan indeks saham acuan tersebut didorong sektor saham energi melemah 2,8 persen lantaran harga minyak tertekan. Sektor saham kesehatan susut 2,1 persen. Sedangkan indeks Nasdaq Bioteknologi jatuh 4,8 persen.

Baca Juga

  • George Soros: Krisis Ekonomi Intai Dunia
  • China Seret Bursa Asia ke Level Terendah Sejak 2011
  • Bank Sentral China Gelontorkan Dana US$ 20 Miliar

Source: liputan6.com
Harga Minyak Sentuh US$ 31, Pertama Kali dalam 12 Tahun

Liputan6.com, New York - Harga minyak berjangka Amerika Serikat (AS) berada di bawah level US$ 32 per barel di awal pekan ini untuk pertama kali sejak Desember 2003.

Harga minyak makin tertekan dipicu permintaan energi dari China melambat. Di sisi lain Iran akan menambahkan pasokan minyak dunia sehingga mendorong harga minyak terus tertekan.

Harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) turun 5,3 persen atau US$ 1,75 menjadi US$ 31,41 per barel di New York Mercantile Exchange. Pelemahan harga minyak mencapai lebih dari 10 persen pada pekan lalu. Harga minyak tertekan itu mendorong ke level terendah sejak 5 Desember 2003.

Baca Juga

  • China Seret Bursa Asia ke Level Terendah Sejak 2011
  • Harga Minyak Dunia Anjlok 10% dalam Sepekan
  • Harga Minyak Jatuh Bikin Wall Street Tertekan

Source: liputan6.com
Cek Daftar Lengkap UMP 2016 di 31 Provinsi

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan semua provinsi di Indonesia telah menetapkan upah minimum provinsi (UMP) 2016.

Direktur Pengupahan Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemnaker Andriani menyatakan data soal penetapan UMP telah dari 31 provinsi telah tercatat di Kemenaker.

"Data sudah ada," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Berikut daftar 31 provinsi yang telah menetapkan UMP:

1. Kepulauan Riau, menetapkan UMP 2016 sebesar Rp 2.178.710 atau naik 11,5 persen dari UMP 2015 sebesar Rp 1.954.000 pada 2015 . Penetapan UMP berdasarkan SK Gubernur Nomor 1647 Tahun 2015 per 28 Oktober 2015.

2. Kalimantan Barat, menetapkan UMP 2016 sebesar Rp 1.739.400 atau naik 11,5 persen dari UMP 2015 sebesar Rp1.560.000. Penetapan UMP berdasarkan SK Gubernur Nomor 827/Disnakertrans/2015 per 29 Oktober 2015.

3. Nusa Tenggara Barat (NTB), menetapkan UMP 2016 sebesar Rp 1.482.950 atau naik 11,5 persen dari UMP 2015 sebesar Rp 1.330.000. Penetapan UMP berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 561-698 Tahun 2015 per 30 Oktober 2015.

4. Sumatera Barat, menetapkan UMP 2016 sebesar Rp 1.800.725 atau naik 11,5 persen dari UMP 2015 sebesar Rp 1.615.000. Penetapan UMP berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 562-777 Tahun 2015 per 30 Oktober 2015.

5. Jambi, menetapkan UMP 2016 sebesar Rp 1.906.650 atau naik 11,5 persen dari UMP 2015 sebesar Rp 1.710.000. Penetapan UMP berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 460/KEP/GUB/DISOSNAKERTRANS 2015 per 30 Oktober 2015.

6. Nanggroe Aceh Darussalam, menetapkan UMP 2016 sebesar Rp 2.118.500 atau naik 11,5 persen dari UMP 2015 sebesar Rp 1.900.000. Penetapan UMP berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 60 Tahun 2015 per 30 Oktober 2015.

7. Kalimantan Selatan, menetapkan UMP 2016 sebesar Rp 2.085.050 atau naik 11,5 persen dari UMP 2015 sebesar Rp 1.870.000. Penetapan UMP berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 188.44/0434/KUM/2015 per 30 Oktober 2015.

8. Banten, menetapkan UMP 2016 sebesar Rp 1.784.000 atau naik 11,5 persen dari UMP 2015 sebesar Rp1.600.000. Penetapan UMP berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 561/474-HUK/2015 per 30 Oktober 2015.

9. Gorontalo, menetapkan UMP 2016 sebesar Rp 1.875.000 atau naik 17,19 persen dari UMP 2015 sebesar Rp 1.600.000. Penetapan UMP berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 421/13/X/2015 per 29 Oktober 2015.

10. Bali, menetapkan UMP 2016 sebesar  Rp 1.807.600 atau naik 11,5 persen dari UMP 2015 sebesar Rp1.621.172. Penetapan UMP berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 61 Tahun 2015 per 06 November 2015.


Source: liputan6.com
Top 3: 7 Kopi Termahal di Dunia Bikin Penasaran

Liputan6.com, Jakarta - Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak digemari masyarakat. Kopi dibudidayakan di seluruh dunia di lebih dari 70 negara, dan dikonsumsi di ratusan negara.

Sejak zaman dahulu, kopi biasanya dihidangkan mulai pada upacara keagamaan, kepada tamu terhormat, hingga untuk dikonsumsi sehari-hari, seperti sebelum bekerja atau saat bersantai.

Ada banyak varietas dari kopi, mulai dari jenis tanaman hingga metode pemrosesannya. Jenis dan metode pemrosesan yang berbeda di berbagai daerah memberikan tekstur aroma dan rasa yang berbeda. Semakin berkembangnya metode dan teknologi yang digunakan, standar dan kualitas dari secangkir kopi pun bertambah.

Artikel tujuh kopi termahal di dunia telah menyita perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com pada awal pekan ini. Tak hanya itu saja, ingin hemat saat berbelanja juga mencuri perhatian pembaca.

Penasaran dengan artikel terpopuler di kanal bisnis? Berikut tiga rangkuman artikel terpopuler di kanal bisnis seperti ditulis pada Selasa (12/1/2016):

1. 7 Kopi Termahal di Dunia, Nomor 1 dari Indonesia

Lazimnya, kopi diminum dengan gula atau susu. Beberapa orang lebih menyukai kopi pahit. Namun di beberapa tempat kopi

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak digemari masyarakat. Kopi dibudidayakan di seluruh dunia di lebih dari 70 negara, dan dikonsumsi di ratusan negara.

Sejak jaman dahulu, kopi biasanya dihidangkan mulai pada upacara keagamaan, kepada tamu terhormat, hingga untuk dikonsumsi sehari-hari, seperti sebelum bekerja atau saat bersantai.

Ada banyak varietas dari kopi, mulai dari jenis tanaman hingga metode pemrosesannya. Jenis dan metode pemrosesan yang berbeda di berbagai daerah memberikan tekstur aroma dan rasa yang berbeda. Semakin berkembangnya metode dan teknologi yang digunakan, standar dan kualitas dari secangkir kopi pun bertambah. Selengkapnya baca di sini

2. Mau Hemat? Hindari 6 Jebakan Ini Saat Belanja

Petugas mengambil beberapa sampel makanan untuk diuji saat sidak di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Selasa (16/6/2015). Sidak memastikan bahan pangan yang dijual aman dan layak dikonsumsi jelang ramadan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Berapa kali Anda merasa terlalu banyak membeli barang yang tak diperlukan saat belanja di supermarket? Tenang, Anda tak sendiri. Sebuah penelitian terbaru mengungkap, sekitar 20 persen pembelian di supermarket memang tidak direncanakan.

Lantas, bagaimana cara berbelanja tetap hemat saat di supermarket dan tidak tergoda untuk membeli hal-hal yang tak diperlukan? Anda harus berhasil melewati beberapa jebakan yang ada di supermarket. Selengkapnya baca di sini


3. 9 Kesalahan Bos yang Bikin Karyawan Resign

Ternyata alasan kebanyakan orang ingin `resign` bukan karena pekerjaannya, tapi kelakuan `boss`-nya yang buruk.

Anda mungkin sering mendengar para manajer berkeluh-kesah soal karyawan terbaiknya yang keluar dari perusahaan atau resign. Para manajer biasanya menyalahkan semua kondisi yang terjadi dan menghiraukan masalah sebenarnya, yaitu karyawan bukan resign dari pekerjaan tapi meninggalkan bosnya.

Seperti dikutip dari Huffingtonpost, Senin 11 Januari 2016 sebenarnya masalah ini bisa dihindari kalau para pemimpin perusahaan mau berusaha lebih keras. Selengkapnya baca di sini   (Ahm/Gdn)


Source: liputan6.com
Harga Emas Kembali Turun di Bawah Level US$ 1.100 per Ounce

Liputan6.com, Chicago - Harga emas melemah di awal pekan ini, dan gagal untuk menetapkan harga di level US$ 1.100 per ounce.

Harga emas untuk pengiriman Februari melemah US$ 1,7 atau hampir 2 persen ke level US$ 1.096,20 per ounce setelah sempat di level tertinggi US$ 1.108,30. Harga emas menempatkan keuntungan 3,6 persen pada pekan lalu, dan mencatatkan keuntungan terbaik sejak 21 Agustus 2015.

Sementara itu, harga perak untuk Maret 2016 turun 5,2 sen atau 0,4 persen menjadi US$ 13.866 per ounce.

"Harga logam mungkin sudah jenuh jual. Meskipun begitu, saya pikir risiko pertumbuhan ekonomi global dan volatilitas bursa saham masih terus berlanjut sehingga mempengaruhi laju harga emas," tutur Peter Grant, analis USAGOLD, seperti dikutip dari laman Marketwatch, Selasa (12/1/2016).

Baca Juga

  • Harga Emas Melonjak Usai Permintaan Naik
  • Harga Emas Antam Turun Rp 1.000 per Gram
  • Harga Emas Terpukul Data Ekonomi AS

Source: liputan6.com
Sofyan Djalil: RI Butuh Visi Pembangunan 50-100 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Pernyataan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarno Putri mengenai pembangunan Indonesia yang maju mundur, ibarat dansa poco-poco diterjemahkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Sofyan Djalil kalau pembangunan ini perlu rencana jangka panjang.

"Maksudnya Bu Mega, Indonesia memerlukan perencanaan jangka panjang dan saya sepakat. Bagaimana perencanaan jangka panjang mengarahkan Indonesia pada visi 50-100 tahun mendatang," tegas Sofyan Djalil di Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Dengan demikian, Ia menuturkan, pemerintah akan bekerja pada koridor perencanaan tersebut meskipun berganti-ganti presiden maupun menteri. Indonesia, kata Sofyan, selama ini punya Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) 2005-2025.

Baca Juga

  • Megawati Dorong Perubahan Pola Perencanaan Pembangunan
  • Investor Jepang Punya Masalah di RI? Temui Saja Sofyan Djalil
  • Setahun Jokowi-JK, Sofyan Djalil Apresiasi Perizinan 3 Jam

Source: liputan6.com
Pemerintah Cari Solusi Atasi Tumpang Tindih di Batam

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah masih berupaya mencari solusi terbaik atas kisruh tumpang tindih atau dualisme kewenangan antara BP Batam dan Pemerintah Kota (Pemkot) Batam.

Alasannya, keputusan yang diambil akan menentukan nasib atau masa depan kota Batam sebagai salah satu tujuan investasi di Indonesia.

"Itu (keputusan) mau dilaporkan Presiden. Ini keputusan berat, jadi saya belum bisa jelaskan," tegas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution di kantornya, Jakarta, Senin malam (11/1/2016).

Pemerintah, sambungnya, akan menyusun alternatif penyelesaian masalah atas tumpang tindih kewenangan investasi di Batam. Pemerintah diakui Darmin juga akan menemukan solusi supaya Batam dapat berkembang lebih cepat dan menggeliat di masa depan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Bagaimana kelembagaannya sama sekali ada usulan supaya jangan ada tumpang tindih. Tapi lebih baik saya tidak ngomong dulu," kata Darmin.

Baca Juga

  • Perusahaan Cabut dari Batam Karena Demo, Ini Kata Kepala BKPM
  • Banyak Demo Buruh, Perusahaan Asing Hengkang dari Batam
  • Batam Dibangun Bukan untuk Layani Singapura, tapi Mengalahkannya

Source: liputan6.com
Ada Pengampunan Pajak, RI Bakal Kebanjiran Dana Rp 1.350 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah merampungkan draft final Rancangan Undang-undang (RUU) pengampunan pajak atau tax amnesty agar implementasinya dapat berjalan di tahun ini.

Dengan program tersebut, diperkirakan akan ada harta orang Indonesia yang masuk sekitar US$ 100 miliar atau Rp 1.350 triliun yang selama ini terparkir di luar negeri.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengungkapkan, pemerintah sedang berusaha merampungkan pembahasan satu dari lima poin yang masih tertunda dalam draft RUU tax amnesty.

"Tinggal satu yang masih pending, seperti masalah apa yang tidak dilaporkan selama ini. SPT tahun berapa pengurangnya, ini menyangkut mana yang lebih adil," ujar Darmin di kantornya, Jakarta, seperti ditulis Selasa (12/1/2016).

Baca Juga

  • Pengamat Pesimistis Tax Amnesty Mampu Dorong Penerimaan Pajak
  • Tax Amnesty Positif untuk Penerimaan Pajak
  • Kejar Target Pajak, Pemerintah Janji Tak Ganggu Iklim Usaha

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Kembali Turun Rp 1.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) tercatat turun Rp 1.000 menjadi Rp 547 ribu per gram pada Selasa (12/1/2016). Pada perdagangan sehari sebelumnya, satu gram emas antam dihargai Rp 548 ribu per gram.

Sementara harga pembelian kembali (buyback) emas Antam juga turun Rp 2.000 per gram menjadi Rp 490 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, maka Antam akan membelinya di harga Rp 490 ribu per gram.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Turun Rp 1.000 per Gram
  • Harga Emas Antam Naik Rp 2.000 per Gram
  • Harga Emas Antam Bertahan di Rp 546 Ribu per Gram

Source: liputan6.com
Tanggapan Ketua Tim Ahli Wapres soal Reshuffle Kabinet

Liputan6.com, Jakarta - Menteri-menteri di jajaran Kabinet Kerja bungkam soal isu perombakan kabinet (reshuflle) jilid II, bahwa itu merupakan hak Presiden. Ketua Tim Ahli Wapres, Sofjan Wanandi menangkis nama-nama baru yang dikabarkan akan menggeser posisi beberapa menteri ekonomi.

"Tanya Pak Jokowi soal reshuffle, mana kita tahu. Yang pasti reshuffle iya (ada), tapi tidak ada nama-nama dan saya tidak tahu kapan," tegas Sofjan yang ditemui di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin malam (11/1/2016).

Terkait kabar yang beredar banyak menteri yang akan dicopot dari jabatannya, Sofjan menjawab dengan celetukannya.

Dia pun menepis isu beredarnya nama-nama pengganti para menteri ekonomi Kabinet Kerja, salah satunya Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Hendrawan Supratikno yang akan menggantikan posisi Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro.

Baca Juga

  • Investor Tak Peduli Isu Perombakan Kabinet
  • JK: Yang Lakukan Reshuffle Kabinet Bukan Bu Mega, Tapi Jokowi
  • Isu Reshuffle Kabinet Bergulir, Jokowi-JK Dinilai Sejalan

Source: liputan6.com
Aksi Beli Investor Asing Dorong IHSG Naik ke 4.500

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah pada perdagangan Selasa pekan ini. Aksi beli investor asing mendorong penguatan indeks. 

Pada pembukaan perdagangan saham, Selasa (12/1/2016), IHSG naik 35 poin atau 0,78 persen ke level 4.500,50. Indeks saham LQ45 juga menguat 1,11 persen ke level 781,98. Seluruh indeks saham acuan kompak menguat pada hari ini.

Ada sebanyak 102 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Sedangkan 27 saham melemah. 43 saham lainnya diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 12.624 kali dengan volume perdagangan saham 321 juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 336 miliar. Di awal sesi, IHSG sempat berada di level tertinggi 4.504,76 dan terendah 4.486,64.

Baca Juga

  • IHSG Berpeluang Koreksi, Amati Enam Saham Pilihan
  • Kepanikan Berkurang, IHSG Berpeluang Menguat
  • Bursa Asia Seret IHSG Merosot 80 Poin

Source: liputan6.com
KPPU Bakal Perkarakan 2 Produsen Motor Akhir Januari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan memperkarakan dua produsen kendaraan bermotor roda dua karena diduga telah melakukan persengkongkolan harga. Persekongkolan pembentukan harga tersebut berimbas kepada kerugian konsumen.

Ketua ‎KPPU, Syarkawi Rauf mengatakan, saat ini proses penyidikan terhadap ‎kedua produsen motor tersebut masih berlangsung dan diharapkan segera bisa menemukan bukti ekonomi untuk memperkarakan sesuai dengan undang-undang persaingan usaha.

‎"Itu akan segera kami tindak lanjuti. proses penyidikan sudah selesai kaitan tinggal bukti ekonomi, karena bukti dokumen saja tidak cukup, saksi ahli sudah," kata Syarkawi, di Jakarta, sepeeri ditulis Selasa (12/1/2016).‎

Jika bukti-bukti sudah terkumpul, KPPU akan memperkarakan persengkongkolan yang dilakukan oleh dua perusahaan tersebut. Setelah dilakukan rapat komisi untuk mematangkan kelayakan bukti. Ia pun menargetkan akhir Januari ini perkara tersebut bisa dimulai.

"Kami akan segeran naikan menjadi perkara, setelah alat bukti cukup lapor ke rapat komisi, gelar perkara komisi akan menilai apakah ini layak jadi alat bukti atau tidak, berdasarkan alat bukti investigator," tuturnya.‎

Baca Juga

  • KPPU Sidak ke Peternakan Ayam, Cek Potensi Kartel
  • Tahun Ini KPPU Fokus Berantas Kartel Energi
  • Intip Cara KPPU Buat Tekan Harga Obat

Source: liputan6.com
Subsidi Elpiji 3 Kg Tak Akan Dicabut

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan tidak akan mencabut subsidi elpiji  3 Kilogram (Kg).  Karena itu, masyarakat diminta tetap tenang.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, jatah elpiji bersubsidi 3 kg sebesar 5,7 juta metrik ton (mt) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016. Hal tersebut berdasarkan persetujuan DPR.

"Subsidi elpij 3 kg tidak ada rencana untuk dicabut karena itu perlu diskusi dengan DPR dan sudah ditetapkan untuk 2016. Volume elpiji 3 kg sebesar 5,7 juta metrik ton,” kata Wiratmaja, di Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Atas jaminan tidak dicabutnya subsidi elpiji 3 Kg tersebut, Wiratmaja menginginkan masyarakat tetap tenang, tidak terpengaruh kabar yang dapat meresahkan.

Baca Juga

  • 3 Depo Elpiji Dibangun di Indonesia Timur
  • Jelang Penurunan Harga, Permintaan Elpiji 12 Kg Anjlok
  • Uji Coba Penyaluran Subsidi Tertutup Ditunda Hingga 2016

Source: liputan6.com
BI Tambah Jadwal Rapat Dewan Gubernur di 2016

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) akan memperpanjang waktu Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan yang dilaksanakan setiap bulannya di 2016 ini. Perpanjangan waktu RDG tersebut untuk meningkatkan asesmen.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara mengungkapkan, RDG Bulanan merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi untuk melakukan evaluasi atas kebijakan moneter yang ditempuh serta untuk menetapkan arah kebijakan moneter ke depan.

Pelaksanaan RDG BI diatur dalam pasal 43 Undang-Undang No. 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah beberapa kali. Terakhir, perubahan aturan tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2009 yang menyatakan bahwa sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam sebulan dilaksanakan RDG untuk menetapkan kebijakan umum di bidang moneter.

"Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan hanya satu hari, RDG Bulanan pada tahun 2016 dilaksanakan selama dua hari‎," kata Tirta, Selasa (12/1/2016).

Baca Juga

  • BI Wajibkan Kartu ATM Pakai Chip di 2022
  • Realisasi Inflasi 2015 Sesuai dengan Target BI
  • BI: Rapor Investasi Internasional RI Membaik pada Kuartal III

Source: liputan6.com
Panther, Tanda Cinta Termahal di Dunia Senilai Rp 161 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya menjadi penambah kecantikan wanita, sejumlah perhiasan juga ternyata memiliki sejarah yang menarik untuk disimak. Bahkan tak jarang, kisah-kisah di balik sebuah perhiasan dapat menjadikan harganya semakin tak ternilai.

Selain sejarah, mantan pemiliknya juga mampu menambah nilai jual sebuah perhiasan. Seperti gelang berlian berbentuk Panther (macan tutul) yang sebelumnya dimiliki Wallis Simpson.

Hubungan cintanya dengan Raja Edward VIII memang sangat populer. Itu lantaran sang Raja harus rela turun tahta dan kehilangan kedudukan sebagai raja demi menikahi Simpson.

Gelang berlian berbentuk macan tutul itulah yang kemudian menjadi tanda cinta keduanya. Sebagai perhiasan milik salah satu keluarga raja, gelang itu tentu tak dihargai murah layaknya perhiasan lain.

Berikut ulasan singkat mengenai gelang berlian macan tutul yang sebelumnya dimiliki Wallis Simpson seperti dilansir dari Bornrich.com, The Guardian, Dailymail dan sejumlah sumber lain, Selasa (12/1/2015):


Source: liputan6.com
2 Instansi Gagalkan Penyelundupan Mutiara Senilai Rp 45 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan berhasil menggagalkan ekspor ilegal 114 kilogram (kg) mutiara dengan tujuan ke Hong Kong. Dengan upaya ini, negara terselamatkan dari kerugian senilai Rp 45 miliar.

Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro dalam Konferensi Pers mengungkapkan, Indonesia selama ini tidak pernah menikmati keuntungan dari sumber daya alam yang dieksploitasi perusahaan asing, salah satunya mutiara yang melimpah di Maluku dan Nusa Tenggara.

"Kerjasama dan koordinasi yang baik antara Bea Cukai dan KKP telah menggagalkan upaya pengiriman ilegal 114 Kg mutiara ke Hong Kong," tegasnya di kantor Kemenkeu, Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Menurut Bambang, pencegahan tersebut terjadi di Pelabuhan Tanjung Priok dengan potensi kerugian sebesar Rp 45 miliar. Potensi kehilangan itu diukur dari harga mutiara sebesar Rp 400 ribu per gram.

"Kalau tidak dilakukan pencegahan, kita bisa kehilangan devisa yang sangat bermanfaat dan kerugian immaterial tidak berkembangnya industri mutiara nasional, karena bahan baku diselundupkan ke luar negeri," ujarnya.

Awal ekspor ilegal terindentifikasi Bea Cukai Tanjung Priok, bermula dari kecurigaan yang berawal dari pengajuan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) dari CV SBP pada 2 Desember 2015. Barang tersebut diajukan sebagai manik-manik yang dikemas dalam 5 boks kayu dengan berat bruto 116,6 Kg.

Pengiriman tersebut menggunakan konsolidator (LCL), artinya dalam satu kontainer terdapat beberapa pengiriman dengan beberapa penerima barang di luar negeri. Selanjutnya, berdasarkan informasi KKP dan hasil analisa intelijen diindikasikan adanya pelanggaran berupa pemalsuan dokumen.

"Indikasinya barang tidak sesuai dengan PEB. Sehingga Nota Hasil Intelijen (NHI) dan dilakukan pemeriksaan fisik serta uji laboratorium oleh Badan Pengujian Identifikasi Barang (BPIB). Hasil uji laboratorium BPIB keluar dan menyatakan barang itu jenis mutiara budidaya dari laut (belum diolah)," jelas dia.

Baca Juga

  • Ekspor Mutiara RI Ditargetkan Tembus US$ 30 Juta
  • Jurus Menteri Susi Bawa Mutiara RI Makin Mendunia
  • Pajak Barang Mewah Bikin Industri Mutiara RI Tak Berkembang

Source: liputan6.com
Pemerintah Diminta Tak Perpanjang Operasi Freeport Usai 2021

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Resources Studies (IRESS) menyarankan Pemerintah agar tidak memperpanjang kegiatan operasi PT Freeport Indonesia, pasca habis kontrak pada 2021.

Direktur Eksekutif IRESS Marwan Batubara mengatakan, harga saham Freeport McMoran/FCX telah mencapai titik terendah ke level US$ 4,31 per lembar sejak Desember 2015.

Harga saham Freeport McMoran tertekan itu terpengaruh kondisi harga komoditas tambang dan minyak dan gas (gas) yang terus terpuruk. Saham Freeport McMoran sempat mencapai US$ 60 per saham pada 2010-2011.

Baca Juga

  • Ini yang Didapat Negara Bila Kontrak Freeport Diperpanjang
  • RI Perlu Belajar dari Arab Saudi Soal Caplok Freeport
  • Cadangan Emas Berlimpah, Freeport Nafsu Investasi di RI

Source: liputan6.com
Meski Tertekan, Rupiah Mampu Bertahan di 13.875 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) mampu menguat di awal perdagangan pada Selasa pekan ini. Namun penguatan tersebut terbatas karena tekanan sentimen dari luar.

Mengutip Bloomberg, Selasa (12/1/2016), pada perdagangan pagi tadi rupiah sempat ke level 13.825 per dolar AS, menguat jika dibanding dengan pembukaan yang ada di level 13.898 per dolar AS. Namun menjelang siang, rupiah kembali melemah ke kisaran 13.875 per dolar AS.

Pada perdagangan dari pagi hingga siang hari ini, rupiah ada di kisaran 13.813 per dolar AS hingga 13.898 per dolar AS. Jika dilihat dari awal tahun, rupiah telah melemah 0,63 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) rupiah mampu menguat ke level 13.835 per dolar AS dari perdagangan sehari sebelumnya yang ada di level 13.935 per dolar AS.

Baca Juga

  • Tekanan Masih Tinggi, Rupiah Bertahan di Rp 13.900 per Dolar AS
  • Ini Penyebab Rupiah Terombang-ambing
  • Rupiah Masih Betah di Level 13.900 per Dolar AS

Source: liputan6.com
Kasus Pembobolan Bagasi Pesawat Tak Ganggu Bisnis Penerbangan

Liputan6.com, Jakarta - Terungkapnya aksi pembobolan tas di dalam bagasi pesawat terbang milik maskapai lokal dinilai tidak memberikan dampak besar bagi bisnis penerbangan nasional.

Ketua Penerbangan Berjadwal Indonesia National Air Carrier Assosition (INACA) Bayu Sutanto mengatakan, hal ini karena kasus pencurian tersebut hanya terjadi pada maskapai tertentu saja dan tidak terjadi di semua maskapai yang beroperasi di Indonesia.‎

"Tidak ada pengaruhnya. Itu terjadi hanya di maskapai tertentu saja, maskapai lain tidak ada masalah," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Bayu juga mengungkapkan, jika terjadi kehilangan barang berharga di dalam tas yang dimasukan dalam bagasi pesawat sebenarnya bukan sepenuhnya kesalahan dari maskapai atau otoritas bandara, melainkan juga menjadi kesalahan dari penumpang.

Baca Juga

  •  Angkasa Pura Tanggapi 10 Keluhan Pelanggan di Bandara Soetta
  • 9 Maskapai RI dengan Tingkat Keselamatan Terburuk di Dunia
  • Kronologi Penangkapan Sindikat Pembobol Tas di Bandara Soetta

Source: liputan6.com
Masih Ada 1% Korban Lapindo Belum Terima Ganti Rugi

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan masih ada 1 persen keluarga yang berasal dari wilayah terdampak lumpur Lapindo yang belum menerima ganti rugi. Oleh sebab itu, ia ingin agar hal tersebut segera dituntaskan oleh pemerintah.

"Dari Rp 783 miliar dana antisipasi itu tinggal 1 persen lagi yang belum disalurkan. Jadi ya terus kita tidak ada batasnya, pokoknya harus diselesaikan," kata Basuki, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Basuki menyampaikan, dana yang sudah disiapkan pemerintah ditujukan pada 3.300 kepala keluarga. Saat ini, tersisa 70 kepala keluarga yang belum menerima ganti rugi itu.

Sisa yang belum menerima ganti rugi itu disebabkan adanya masalah antara tanah kering dan lahan sawah. Masalah ini menjadi kewenangan pemerintah daerah untuk menyelesaikan perbedaan itu.

"Nah itu harus diselesaikan oleh daerah ya, saya minta sebetulnya Pak Bupati, karena bupati sebetulnya bisa tentukan ini tanah kering atau lahan basah. Saya tinggal kukuhkan," jelas dia.

Baca Juga

  • Ini Syarat Buat Lapindo Jika Ingin Bor Sumur Lagi
  • Warga Sambut Baik Penghentian Pengeboran Lapindo Jilid II
  • Tak Berizin, Pemerintah Larang Lapindo Bor Sumur Migas

Source: liputan6.com
Kisah Orang Terkaya Paling Dermawan Sepanjang Sejarah

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang kaya yang kini menjadi filantropis, atau dermawan yang menyumbangkan hartanya. Harta mereka disumbangkan untuk kegiatan-kegiatan sosial, pendidikan hingga kesehatan. Bill Gates, orang terkaya dunia contohnya, yang punya yayasan Bill and Melinda Gates Foundation.

Warren Buffet, Mark Zuckerberg, dan miliarder yang juga orang terkaya dunia saat ini sering menyumbangkan sebagian hartanya untuk amal.

Ternyata, tradisi tersebut tak hanya terjadi di zaman sekarang saja. Dilansir dari the Week, Selasa (12/1/2016), Orang terkaya dunia sepanjang masa Andrew Carnegie adalah miliarder pertama yang menjadi filantropis, bahkan sebelum Bill Gates lahir apalagi Mark Zuckerberg.

Zaman dahulu, tumbuhnya industri telah menciptakan pemisah kekayaan antara pekerja di bawah dan dengan pimpinan yang kala itu disebut robber baron alias perampok. Robber baron kala itu diartikan sebagai kapitalis dan orang kaya yang tidak bermoral.

Baca Juga

  • Miliader Ini Enggan Sumbangkan Harta untuk Amal
  • Sumbangkan Rp 623 Triliun, Berapa Kekayaan Mark Zuckerberg?
  • Sungguh Dermawan, Pangeran Arab Saudi Sumbangkan Seluruh Hartanya

Source: liputan6.com
Menteri Susi Gemas Banyak Pengusaha Asing Curi Mutiara RI

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tersohor sebagai salah satu penghasil mutiara terbesar di Indonesia. Kualitasnya pun sudah diakui dunia. Sayangnya, pengusaha asing hanya mengeksploitasi sumber daya mutiara yang melimpah di Timur Indonesia dan berbuat curang dengan melakukan ekspor ilegal.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dalam Konferensi Pers Penggagalan Ekspor Mutiara Ilegal, mengungkapkan, kebanyakan pembudidaya mutiara adalah perusahaan asing yang menjalani bisnisnya di Indonesia Timur.

"Perusahaan asing yang menjadi farming (pembudidaya) ini hanya sedikit mempekerjakan orang lokal, digantung-gantung saja, bahkan devisanya juga tidak di parkir di sini karena dia bukan orang Indonesia," tegas Susi di kantornya, Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Mirisnya lagi, kata Susi, Indonesia hanya menjadi tempat pengambilan atau eksploitasi sumber daya alam termasuk mutiara dengan keuntungan bagi Negara sangat minim. Perusahaan asing ini, sambungnya, terus merahasikan cara penyuntikkan kerang untuk menghasilkan mutiara budidaya yang berkualitas.

Baca Juga

  • 2 Instansi Gagalkan Penyelundupan Mutiara Senilai Rp 45 Miliar
  • Jurus Menteri Susi Bawa Mutiara RI Makin Mendunia
  • Pajak Barang Mewah Bikin Industri Mutiara RI Tak Berkembang

Source: liputan6.com
Kutukan Menang Lotre, Hidup Rusak Usai Kaya Mendadak

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi pemenang lotre dengan hadiah selangit mungkin telah menjadi impian banyak orang. Ya, siapa yang tidak ingin jadi orang kaya mendadak dan mendapat hadiah dengan nominal yang sangat besar.

Layaknya mendapatkan durian runtuh, uang tersebut bisa dimanfaatkan untuk membeli barang yang selama ini diinginkan ataupun merasakan gaya hidup serba glamor bak selebritis kelas dunia.

Baca Juga

  • Lotre Senilai Rp 6,3 Triliun Bakal Diundi, Anda Berminat Ikut?
  • Menang Lotre Rp 585 Miliar, Tukang Listrik Ini Kaya Mendadak
  • Sekali Menang Lotre, Anda Bisa Dapat Jackpot Rp 13 Triliun

Source: liputan6.com
Ekspor Ilegal Bikin Perdagangan Mutiara RI Kalah dari Hong Kong
Praktik bisnis ilegal komoditas mutiara menggerus potensi pendapatan Indonesia hingga ratusan juta dolar Amerika Serikat (AS) setiap tahun. Alhasil, negara ini hanya mampu mencatat nilai perdagangan mutiara di pasar dunia sebesar US$ 28 juta.
 
Source: liputan6.com
Lion Group Gandeng Airbus Cetak Pilot Baru

Liputan6.com, Jakarta - Lion Group melalui Angkasa Training Center (ATC) bekerja sama dengan Airbus Training Organization (ATO) menggelar pelatihan pilot bagi maskapai ini.

General Manager ‎ATC Dibyo Soesilo mengungkapkan, dengan adanya kerja sama ini, setiap pilot yang lulus dari ATC sudah memiliki standar internasional.

"Jadi kita bersaing, license pilot ATC bisa bersaing di dunia internasional, jadi kita menjadi bagian dari Airbus Training Service," kata Dibyo saat berbincang dengan wartawan di Kantor ATC, Tangerang, Selasa (12/1/2016).

Selain meningkatkan kualitas pilot, kerja sama dengan Airbus ini diharapkan mampu meningkatkan branding bagi perusahaan yang memiliki misi Lion Air menjadi maskapai utama di kawasan ASEAN.

Baca Juga

  • Polisi: Pencurian Bagasi Penumpang Tanggung Jawab Lion Air
  • Lion Air Rute Jakarta-Pekanbaru Mendarat Darurat di Batam
  • Kronologi Penangkapan Sindikat Pembobol Tas di Bandara Soetta

Source: liputan6.com
PLN Raih Tambahan Pasokan Listrik pada 2015

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menyatakan telah mengoperasikan tambahan listrik sebanyak 1.640 Mega Watt (MW) pada 2015.  Tambahan tersebut berasal dari tambahan listrik dari Sumatera bagian Utara (Sumbagut) dan Sumatera bagian Selatan dan Tengah (Sumbaselteng).

Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin mengatakan, untuk ‎Sumbagut sebanyak 580 MW. Listrik tersebut berasal dari PLTMG blok 1 dan 2 Arun sebanyak 180 MW. Kemudian PLTU Pangkalan Susu 1 sebanyak 200 MW dan PLTU Pangkal Susu 2 sebanyak 200 MW.

"Tahun lalu Sumbagut 580 MW," kata dia, di Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Baca Juga

  • Tambah Daya ke 1.300 VA Gratis, YLKI Tuding Ini Jebakan PLN
  • PLN Gratiskan Biaya Tambah Daya ke 1.300 VA
  • Pertumbuhan Penjualan Listrik PLN di 2015 Terendah dalam 10 Tahun

Source: liputan6.com
Mentan Amran Pamer ‎Indonesia Sudah Ekspor Beras ke Italia

Liputan6.com, Jakarta - Selama menjabat sebagai Menteri Pertanian, Amran Sulaiman telah mengimpor beras dari Vietnam pada 2015. Yang terbaru, telah dilakukan pembahasan impor beras lagi dari Pakistan dan India.

Amran ogah berkomentar ketika dikonfirmasi soal impor beras tersebut. "Tanya dong kapan kita ekspor. Gitu cara tanya. Di balik cara tanyanya. Kalau tanya impor seksi sehingga itu seksi kalau ditanya," kata Amran, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Amran menjelaskan Indonesia tidak melulu impor beras, melainkan juga mengekspor komoditi itu. Ia menyebutkan, Indonesia ekspor beras ke Italia, meski jumlahnya tidak banyak.

`"Ke Italia (ekspor) tapi masih kecil, baru pemanasan 134 ribu ton. Tahun ini kurang lebih 1.000 ton, ya beras khusus yaitu beras organik," tegas dia.

Baca Juga

  • Mentan, Masuk 7 Pejabat Fenomenal di Setahun Pemerintah Jokowi-JK
  • Kini RI Jadi Pengekspor Bawang Merah hingga Kacang Hijau
  • Negara Ini Masih Jadi Eksportir Beras Terbesar Dunia

Source: liputan6.com
JK: Tidak Penting Aturan, Asal Rakyat Dapat Air Bersih

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menegaskan, pemerintah tidak boleh terganjal aturan hukum untuk bisa memberikan air bersih bagi masyarakat.

Ini terkait dengan keputusan pemerintah untuk menghapuskan seluruh utang 114 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang hingga kini masih belum memiliki dasar hukum.

“Yang penting rakyat dapat air yang baik. Hukumnya nanti diatur, pasti ada. Jangan karena ada pasal sekian, keppres sekian, rakyat tidak dapat air minum, dan lain-lain. Pemerintah tidak begitu,” tegas JK di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Dengan utang yang sudah diputihkan, PDAM diharapkan dapat menjalankan tugas dengan baik dan mendapat penghasilan lebih banyak dari sebelumnya.

“Pajaknya malah akan naik. Karena kalau dia sudah bersih, dia bisa berkembang, dia bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak, pajaknya jadi lebh banyak,” harap JK.

Baca Juga

  • Pemerintah Hapus Utang PDAM
  • Investor Asing Boleh Masuk, Jokowi Hapus Utang PDAM Rp 4 Triliun
  • Pemerintah Hapuskan Utang 114 PDAM Sakit

Source: liputan6.com
Ini Proyek Pembangkit Energi Terbarukan di Sumatera

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) menyatakan berkomitmen dalam menggunakan energi baru terbarukan (EBT) sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik di wilayah Sumatera. Hal itu sesuai dengan program pemerintah untuk mencapai bauran EBT sebanyak 23 persen di tahun 2025.

Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin mengatakan, penggunaan EBT merupakan prioritas dari perseroan. Maka dari itu, perseroan bakal meningkatkan penggunaan EBT.

"EBT tetap menjadi hal yang diprioritaskan karena EBT sesuai dengan program pemerintah diharapkan tahun 2025 sebanyak 23 persen. Ada beberapa termasuk Muara Labouh, PLTA Asahan 3 Merangin itu 600 MW-an. Batang Toru 525 MW, Merangin hampir sama, Asahan 3 itu 250‎ MW banyak yang kita kejar," kata dia dia, Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Baca Juga

  • Sudirman Said Minta Pegawai ESDM Pegang Amanah
  • Danai Proyek Energi Terbarukan, IIF Suntik Rp 300 Miliar
  • Pemerintah Bakal Bentuk Badan Usaha Khusus Energi Baru Terbarukan

Source: liputan6.com
Top 3: Daftar UMP 2016 di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan semua provinsi di Indonesia telah menetapkan upah minimum provinsi (UMP) 2016.

Direktur Pengupahan Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemnaker Andriani menyatakan data soal penetapan UMP telah dari 31 provinsi telah tercatat di Kemenaker.

Informasi mengenai daftar lengkap UMP 2016 se-Indonesia menjadi artikel paling bikin penasaran pembaca. Lengkapnya berikut tiga artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com, Selasa (12/1/2015):

1. Cek Daftar Lengkap UMP 2016 di 31 Provinsi



Data UMP 2016 di seluruh provinsi telah dirilis Kemenaker. Provinsi mana yang mengalami kenaikan paling tinggi dan terendah? Cek daftarnya di sini!

2. Mau Hemat? Hindari 6 Jebakan Ini Saat Belanja



Berapa kali Anda merasa terlalu banyak membeli barang yang tak diperlukan saat belanja di supermarket? Tenang, Anda tak sendiri. Sebuah penelitian terbaru mengungkap, sekitar 20 persen pembelian di supermarket memang tidak direncanakan.

Lantas, bagaimana cara berbelanja tetap hemat saat di supermarket dan tidak tergoda untuk membeli hal-hal yang tak diperlukan? Anda harus berhasil melewati beberapa jebakan yang ada di supermarket.

Ada beberapa jebakan yang perlu diwaspadai ketika berbelanja, simak ulasannya di sini!

3. Kopi Termahal di Dunia, Nomor 1 dari Indonesia


Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak digemari masyarakat. Kopi dibudidayakan di seluruh dunia di lebih dari 70 negara, dan dikonsumsi di ratusan negara.

Sejak jaman dahulu, kopi biasanya dihidangkan mulai pada upacara keagamaan, kepada tamu terhormat, hingga untuk dikonsumsi sehari-hari, seperti sebelum bekerja atau saat bersantai.

Ada banyak varietas dari kopi, mulai dari jenis tanaman hingga metode pemrosesannya. Jenis dan metode pemrosesan yang berbeda di berbagai daerah memberikan tekstur aroma dan rasa yang berbeda. Semakin berkembangnya metode dan teknologi yang digunakan, standar dan kualitas dari secangkir kopi pun bertambah.

Berikut adalah 7 kopi termahal dunia, yang termahal ada di Indonesia, cek di sini selengkapnya!


Source: liputan6.com
Sinar Mas Pakai Batu Bara Berau untuk Pembangkit Listrik

Liputan6.com, Jakarta - Usai mengakuisisi PT Berau Coal Energy Tbk, Sinarmas Grup‎ akan memanfaatkan produksi batu bara perusahaan itu untuk memenuhi kebutuhan energi pembangkit listrik yang dibangun anak usaha Sinarmas.

Managing Director Sinarmas Gandi Sulistiyanto ‎mengatakan, pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang telah dibangun Sinarmas membutuhkan pasokan batu bara.

"Akan suplai untuk rencara power plant PLTU Sinarmas infrastruktur. Kita kan lagi giat-giatnya membangun power plant dari batubara," ujarnya di Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Dia menjelaskan, pasokan batu bara ke pembangkit listrik ini juga lantaran harga komoditas tersebut di pasar internasional ‎tengah anjlok. Perusahaan pun memutuskan untuk memakai batu bara produksi untuk pembangkit listrik.

"Karena kalau untuk diperdagangkan saat ini harganya lagi rendah. Explore dikurangi, jadi tidak full explore, jadi sesuai kebutuhan saja," kata dia.

Baca Juga

  • Berau Terbitkan Obligasi Senilai US$ 450 juta
  • Asia Coal Energy Kini Kuasai Berau Coal
  • Sinar Mas Kembali Kenalkan Proyek Ritel di Q-Big BSD City

Source: liputan6.com
Pemerintah Ingin Asing Kuasai 100% Bisnis Bioskop RI

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) tengah menggodok revisi Daftar Negatif Investasi (DNI), yang salah satunya berencana memperlonggar porsi kepemilikan asing.

Industri perfilman atau bidang usaha bioskop menjadi salah satu sektor yang diusulkan terbuka 100 persen untuk asing.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Barekraf) Triawan Munaf menuturkan, Barekraf membuka pintu penguasaan sepenuhnya bagi investor asing pada bidang usaha perfilman, mulai dari pertunjukan film atau bioskop, produksi sampai distribusi. Saat ini porsi asing dalam tayangan (konten) baru sebesar 40 persen dan lokal 60 persen.

"Barekraf mengusulkan industri perfilman dibuka 100 persen untuk asing, seperti cinema, production dan distribusi," ujar dia saat ditemui di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Triawan mengaku sudah mendiskusikan dan menyepakati revisi DNI termasuk di sektor perfilman dengan Kementerian/Lembaga terkait serta dibawa dalam rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Meski demikian, keputusan akhir tetap berada di tangan Jokowi.

"Diusulkan lebih dulu ke Presiden apakah 100 persen atau tidak. Beliau (Presiden) yang menentukan," tegas dia.

Baca Juga

  • Lolos Negatif Investasi, e-Commerce Harus Penuhi Syarat Ini
  • BKPM Tinjau Ulang Panduan Investasi Sektor KesehatanBKPM Sibuk Revisi DNI, Ini Kegiatan Bisnis yang Dilarang di RI

Source: liputan6.com
Harga Minyak Dunia Ambruk, Pendapatan Negara Terancam

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak dunia terus jatuh hingga ke level terendah US$ 31 per barel sejak 12 tahun terakhir. Kondisi ini memicu penurunan harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro, mengaku, pemerintah akan segera mengajukan APBN-Perubahan (APBN-P) tahun ini. Dipastikannya, salah satu poin yang masuk dalam revisi adalah ICP dari proyeksi sebelumnya US$ 50 per barel.

"Harga minyak (ICP masuk revisi)," kata Bambang saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Rencana revisi tersebut seiring dengan pelemahan harga minyak mentah dunia. Harga minyak berjangka Amerika Serikat (AS) seperti diketahui berada di bawah level US$ 32 per barel pada awal pekan ini untuk pertama kali sejak Desember 2003. Bahkan harga minyak dunia diperkirakan bakal ambrol ke level US$ 20 per barel di akhir tahun ini.

Baca Juga

  • Harga Minyak Sentuh US$ 31 per Barel Terendah dalam 12 Tahun
  • Terus Turun, Harga Minyak Diprediksi Bakal Sentuh US$ 20/Barel
  • 10 Ramalan Ekonomi yang Mengejutkan di 2016

Source: liputan6.com