Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Selasa, 26 Januari 2016
Inikah 10 Kota Terbaik di Dunia?

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahun majalah Conde Naste Traveler mengadakan poling untuk pembacanya agar mereka bisa menentukan kota mana saja yang bisa memenangkan predikat sebagai kota terbaik di dunia. Setelah mengamati ribuan ulasan dan penilaian dari kurang lebih 128.000 wisatawan yang berkunjung ke berbagai kota, majalah Conde Naste pun mengumumkan daftar 30 kota terbaik di dunia.

Melansir laman inc.com, (Senin 25/1/2016) berikut 10 kota di antaranya.

10. London, Inggris

London adalah ibu kota Inggris dan Britania Raya. Kota ini menjadi wilayah metropolitan terbesar di Britania Raya sekaligus zona perkotaan terbesar di Uni Eropa menurut luas wilayah. Berlokasi di sepanjang Sungai Thames, London telah menjadi permukiman utama selama dua milenium sejak didirikan oleh Romawi pada abad ke-1 dengan nama Londinium.

9. Kyoto, Jepang

Kyoto adalah kota yang terletak di Pulau Honshu, Jepang. Kota ini merupakan bagian dari daerah metropolitan Osaka-Kobe-Kyoto. Ibu kota istana bernama Heian-kyō ditetapkan sebagai ibu kota pada tahun 794. Sebagai ibu kota, Heian-kyō menjadi pusat pemerintahan dan budaya Jepang.

8. Bruges, Belgia


Bruges adalah sebuah kota di Belgia. Kota ini memiliki jumlah penduduk 117.327 orang pada 2005 dan luas daerah 138.40 km². Setiap sudut dan bangunan kota berada di wilayah aliran sungai sehingga jika kita mau menuju suatu bagian atau bangunan kota kita harus menggunakan perahu atau kapal. Itu menjadikan Brugge masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.


Source: liputan6.com
Masih Punya Kebiasaan Ini, Jangan Harap Jadi Orang Kaya

Liputan6.com, Jakarta Semua orang bermimpi ingin menjadi orang kaya. Namun jalan menuju kesuksesan hingga mampu memiliki asset begitu besar bukanlah perkara mudah. Jika Anda adalah salah satu orang yang selalu berpikir mengapa usaha yang dilakukan saat ini belum membuat Anda mencapai tangga kesuksesan, mungkin ini jawabannya.

Melansir laman inc.com, Senin (25/1/2016) berikut ulasannya:

1. Tidak berinvestasi

Orang kaya tidak akan pernah lupa untuk berinvestasi. Mereka tahu sangat penting untuk melakukan investasi baik dari segi finansial hingga urusan lain mencakup pendidikan, kesehatan bahkan hiburan.

2. Lupa untuk menabung demi masa depan

Orang sukses tidak hanya mementingkan kehidupan pribadinya pada saat ini. Jauh sebelum itu, mereka telah memikirkan apa yang dapat dilakukan untuk menunjang kehidupan mereka di masa yang akan datang. Untuk itu, mereka sangat fokus untuk dapat menabung.

3. Lebih memilih membeli barang ‘murah’

Mana yang Anda pilih? Membeli sesuatu yang lebih murah namun hanya bertahan dalam kurun waktu beberapa tahun atau memilih untuk membeli barang dengan harga lebih mahal namun dapat bertahan lebih lama. Orang kaya cenderung untuk mempertimbangkan pilihan yang kedua karena mereka percaya bahwa uang yang mereka keluarkan merupakan investasi jangka panjang.


Source: liputan6.com
5 Rumah Dekat dengan Kelenteng Bersejarah di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Tahun Baru China (Imlek) yang akan diadakan sebentar lagi, seluruh kelenteng di Indonesia melakukan pembersihan hingga pemugaran bangunan.

Persiapan ini dilakukan demi memberikan pelayanan yang maksimal dan kenyamanan bagi setiap jemaat yang melakukan peribadatan saat Imlek tiba.

Yoyo, Penjaga Kelenteng Kong Co Bio di Tabanan, Bali, mengatakan kepada Rumah.com, seperti ditulis Selasa (26/1/2016), rutinitas bersih-bersih kelenteng menjelang Imlek dilakukan saat ini hingga Imlek tiba. Menurut dia, upaya ini dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaat yang jumlahnya akan membludak ribuan orang.

"Ribuan orang jemaat akan datang dari dalam dan luar Tabanan. Hal ini karena jumlah kelenteng terbatas, sedangkan jemaat tidak semua tinggal berdekatan dengan lokasi kelenteng," tutur Yoyo yang juga berprofesi sebagai guru SD di Tabanan, Bali.

Memang, kebutuhan pemenuhan spiritual di rumah ibadah seyogianya menjadi kebutuhan dasar yang dipertimbangkan pada saat memilih hunian.

Banyak orang memilih hunian atas dasar lokasi yang dekat dengan beberapa tempat publik, seperti rumah sakit, akses pendidikan, tempat perbelanjaan, tempat bekerja, dan tempat beribadah.

Darwin (58) penduduk Tangerang menuturkan, dahulu ketika Ia memilih tempat tinggal, satu pertimbangan mendasar adalah dekat dengan rumah beribadah.

Meski pun Ia bukan warga asli Tangerang, baginya ada keuntungan tersendiri jika dekat rumah beribadah. Selain menghemat waktu dan biaya, ia dan keluarga bisa menikmati suasana Imlek dengan meriah.

Lantaran sulitnya mencari rumah yang bisa memenuhi kebutuhan spiritual penganut Konghucu di kota-kota besar Indonesia, berikut referensi rumah terbaik dari Rumah.com yang bisa Anda pilih sebagai rumah idaman keluarga Anda.

1. Pasadenia Residence

Bagi Anda tinggal di kawasan Jakarta, satu referensi rumah yang berdekatan dengan lokasi kelenteng adalah Pasadenia Residence yang ada di Jalan Pacuan Kuda Raya Nomor 27 Pulomas, Jakarta Timur. Lokasi perumahan ini berdekatan dengan Kelenteng Wan Ji Sie yang berlokasi di Jalan Lautze No 38.


Peta jarak Perumahan Pasedana Residence dengan Kelenteng Wan Ji Sie (source: google maps)

Jarak antara perumahan Pasadenia Residence dengan kelenteng adalah 11 kilometer, dan Anda bisa menempuh waktu sekitar 30 menit dengan perkiraan kondisi jalan tidak macet. Ada keunikan yang dimiliki pada Kelenteng Wan Ji Sie, apabila Anda melihat arsitektur bangunannya, sekilas tidak terlihat seperti kelenteng.

Dahulu, pada 1736 Frederik Julius Coyyet, seorang anggota Dewan Hindia mendirikan sebuah rumah peristirahatan dalam taman luas di luar kota.

Bangunan yang pernah menjadi tempat singgah tim CA Lons, tim pemantauan untuk reruntuhan Candi Prambanan dan patung dari Kalasan ini akhirnya berpindah tangan kepada pemilik keturunan Tionghoa pada 1888.


Perumahan Pasadenia Residence

Kelebihan lainnya jika Anda tinggal di perumahan Pasadenia Residence, Anda akan merasakan hunian yang eksklusif dengan fasilitas mewah dan lengkap. Tidak hanya itu, pemandangan hijau dari lapangan golf dekat dengan hunian menambah keasrian yang dapat memberikan kenyaman untuk tinggal.

Perumahan ini menawarkan tiga tipe rumah yang bisa Anda pilih, yakni Jasmine (luas tanah 150m2), Lavender (luas tanah 180), dan Opium (luas tanah 179).

Pengembang juga menyediakan pelayanan melalui tiga cara pembelian yang bisa dibeli melalui cash keras atau dengan cicilan selama 12 bulan dan 18 bulan melalui KPR. Harga ditaksir mulai Rp 6 miliar hingga Rp 6,8 milar.

2. Perumahan Tropicana Residence

Selain Jakarta, kelenteng bersejarah juga terdapat di daerah Tangerang. Salah satunya adalah Klenteng Boen Tek Bio yang ada di Pasar Lama Tangerang.

Ini merupakan kelenteng yang menjadi saksi sejarah kedatangan masyarakat Tionghoa yang mendarat di tepi Cisadane, Tangerang.


Kelenteng Boen Tek Bio (source: google maps)

Dilansir dari boentekbio.org dahulu masyarakat Tionghoa pertama yang mendarat di Tangerang adalah rombongan Tjen Tjie Lung (Halung) pada 1407. Namun seiring kedatangan rombongan tersebut, pihak Belanda melakukan pemberontakan dan pembantaian masyarakat Tionghoa secara besar-besaran.

Namun hal ini justru menyatukan masyarakat Tionghoa untuk membangun kembali kehidupan mereka di sana.

Kelenteng Boen Tek Bio akhirnya didirikan atas dasar gotong royong masyarakat Tionghoa pada 1684. Masyarakat Tionghoa mengumpulkan dana bersama dan memboyong para tukang bangunan asli dari Tiongkok. Hasilnya, terciptalah kelenteng yang benar-benar mencirikan keaslian Tionghoa.

Keunikan dari Kelenteng Boen Tek Bio adalah kelenteng ini memiliki tradisi yang sudah berlangsung ratusan tahun yaitu terkenal dengam Gotong Toapekong. Setiap 12 tahun sekali saat tahun Naga menurut kalender Tionghoa, di Kota Tangerang berlangsung arak-arakan Joli Ka Lam Ya, Kwan Tek Kun dan Joli Kwan Im Hud Couw.


Peta jarak perumahan Tropicana Residence dengan Klenteng Boen Tek Bio (source: google maps)

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi Imlek yang meriah setiap tahunnya, memiliki rumah di dekat klenteng adalah pilihan. Di dekat lokasi radius 4,9 kilometer terdapat Perumahan Tropicana Residence. Estimasi waktu tempuh sekitar 10 menit tanpa macet.


Perumahan Tropicana Residence

Perumahan Tropicana Residence berlokasi di Jalan Buaran PLN, Cikokol, Tangerang. Hunian ini mengusung konsep alam yang memberikan ketenangan dan kenyamanan untuk beristirahat.

Pengembang menawarkan model hunian yang cocok untuk musim tropis, seperti di Indonesia. Anda tidak perlu khawatir dengan teriknya matahari karena rimbunnya tanaman di sekitar perumahan akan mengurangi hawa panas dari matahari.

Di perumahan ini, Anda bisa memilih tiga tipe rumah yakni Tipe 90/120, tipe 50/20, dan tipe 69/60. Harga untuk mendapatkan setiap unit rumah di Tropicana Residence adalah Rp 650 juta – Rp 1,3 miliar.

3. CitraSun Garden Semarang


Perumahan Citra Sun Garden Semarang

Perumahan selanjutnya adalah CitraSun Garden Semarang. Perumahan ini berada di Semarang, tepatnya di Main Gate, Diamond Hill Road. Konsep ini merupakan kawasan residensial ekslusif yang menawarkan hunian berkualitas premium dan mengedepankan unsur green living.

Dengan luas 20 hektar dengan konsep berbentuk perbukitan ini, Anda bisa memilih 13 tipe rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dengan kisaran harga Rp 900 juta – Rp 5,5 miliar.

Selain itu, lokasi rumah ini juga berdekatan dengan klenteng bersejarah Sam Po Kong, dengan radius 12,4 kilometer dan estimasi waktu perjalanan selama 25 menit.


Klenteng Sam Po Kong (source: google maps)

Klenteng Sam Po Kong selain menjadi tempat ibadah penganut Konghuchu, juga menjadi bukti pendaratan dan persinggahan Laksamana Tiongkok bernama Cheng Ho. Meskipun Laksamana Cheng Ho merupakan penganut Islam, masyarakat Tionghoa di Semarang menganggapnya sebagai dewa yang akan hidup kembali dan akan memberi bala bantuan.

Pada tahun 1724, setelah ratusan tahun setelah Laksamana Cheng Ho meninggalkan Semarang, masyarakat mendirikan kuil-kuil yang sering mengadakan upacara-upcara persembahan. Sebagai bentuk kehormatan dan pemujaan terhadap Laksamana Cheng Ho, dibangunlah Klenteng Sam Po Kong.

Saat ini Klenteng Sam Po Kong juga menjadi tempat wisata di Semarang. Di sana terdiri dari komplek klenteng, Sam Po Kong juga terdiri dari sejumlah anjungan yaitu Klenteng Besar, goa Sam Po Kong, Klenteng Tho Tee Kong, dan empat tempat pemujaan (Kyui Juru Mudi, Kayai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi dan Mbah Kyai Tumpeng).

Di sana juga terdapat goa yang memiliki mata air yang tak pernah kering. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, mata air yang tak kering ini sebagai bukti petilasan yang pernah ditinggali Laksamana Cheng Ho.

4. Citra Grand Semarang


Perumahan Citra Grand Semarang

Masih dekat dengan lokasi Klenteng Sam Po Kong di Semarang, radius 9 kilometer dari klenteng terdapat perumahan Citra Grand Semarang. Waktu tempuh dari perumahan menuju klenteng sekitar 25 menit.

Perumahan Citra Grand Semarang ini merupakan karya apik dari pengembang ternama Grup Ciputra. Hunian ini mengusung konsep “City of Festival” dan juga bagian dari kota mandiri.

Dengan area seluas 60 hektar, Anda bisa tinggal pada kawasan hunian yang teritengrasi dengan area bisnis dan komersial. Lokasi perumahan masih asri, dengan kontur berbukit di sisi timur dari Semarang Selatan. Anda masih bisa merasakan udara yang bersih, hawa pegunungan yang sejuk dan lingkungan yang alami.

Anda bisa memilih 9 tipe rumah dengan berbagai ukuran dan luas bangunan. Harga untuk memiliki rumah Citra Grand Semarang ini dipatok sebesar Rp 600 juta – Rp 4 miliar. Fasilitas yang ditawarkan pun sangat lengkap, antara lain mini clubhouse, grandwalk, pemandangan yang indah dari danau buatan, dan kincir raksasa dan juga terbesar di Kota Semarang.

5. Aditya Sentana Residence


Peta jarak Proyek Aditya Sentana Residence dengan Klenteng Kong Co Bio (source: google maps)

Terakhir referensi rumah dekat klenteng bersejarah di Indonesia adalah Perumahan Aditya Sentana Residence yang ada di daerah Tabanan, Bali. Jaraknya hanya 5,5 kilometer dengan estimasi waktu tempuh selama 13 menit.


Klenteng Kong Co Bio (Source: klenteng.com)

Klenteng ini menjadi satu-satunya tanda bersejarah yang menyatukan penganut Hindu, Budha, Tao, dan Konghucu. Hal itu terlihat pada arsitektur bangunan yang memadukan unsur Tiongkok dan Hindu.

Menurut informasi yang didapat Rumah.com, klenteng ini sering dikunjungi oleh ribuan pengunjung yang tidak hanya dari dalam Tabanan melainkan juga dari luar Tabanan.

Selain digunakan sebagai tempat pemujaan, klenteng ini juga menjadi obyek wisata. Meskipun terbilang kecil, klenteng ini tetap ramai di hari-hari kerja atau libur.


Proyek Kavling Aditya Sentana Residence

Perumahan Aditya Sentana Residence berada di Jalan Cempaka Putih, Tabanan-Bali. Hunian ini memiliki lokasi yang strategis.

Tabanan kini sudah menjadi daerah penghubung perjalanan bisnis para investor yang melakukan perjalanan menuju Denpasar. Hal ini tak lepas dari pembangunan tol baru sepanjang 145 kilometer yang akan menghubungkan Bali Selatan dengan Bali Utara.

Dengan rencana pembangunan infrastruktur itu, Perumahan Aditya Sentana Residence juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin berinvestasi. (Kantri M/Ahm)


Source: liputan6.com
Arab Saudi Tolak Bantu Dongkrak Harga Minyak

Liputan6.com, Jakarta Salah satu produsen minyak terbesar dunia, Arab Saudi menolak untuk memangkas produksi minyaknya demi mendongkrak harga minyak dunia. Hal ini dikatakan oleh Presiden Direktur Saudi Aramco dalam perhelaan World Economic Forum di Davos

“Kami tidak akan menghentikan produksi minyak kami demi menyediakan tempat bagi produsen lain,” tutur Khalid al- Falih seperti dilansir dari CNN, Senin (25/1/2016)

Lebih lanjut ia mengemukakan bahwa selama ini Arab Saudi telah berperan sebagai penyeimbang dalam pasar minyak dunia. Negaranya telah banyak berkontribusi dalam krisis finasial dan ketika kondisi minyak bergejolak. Namun kali ini Arab tidak akan ikut andil dalam menyelesaikan permasalahan produksi berlebihan yang sedang terjadi.

“Arab Saudi tidak pernah menganjurkan akan mengambil satu-satunya peran penyeimbang pasar terhadap ketidakseimbangan struktural. Jika ada penyesuaian yang harus dilakukan untuk meningkatkan harga pasar, maka Arab Saudi akan mengikuti,” lanjutnya.

Harga minyak ambruk ke level US$ 27 per barel dari yang sebelumnya mencapai US$ 100 per barel dalam 18 bulan terakhir. Arab Saudi telah mengeluarkan dana tidak sedikit demi menanggulangi defisit yang terjadi.

Pemerintah juga terus mengumumkan serangkaian langkah-langkah penghematan untuk meningkatkan pendapatan. Negara ini bahkan menaikkan harga bahan bakar hingga 50%.

Tapi negara terus memompa kokoh produksinya demi melindungi pangsa pasarnya yang kini telah menghadapi banyaknya persaingan terutama dari Negara besar seperti Iran dan Amerika Serikat.

“Jika harga minyak terus menurun, maka kami pun akan mampu bertahan dalam kurun waktu yang lama. Namun, kami tetap berharap bahwa hal itu tidak terjadi,” tutupnya. (Vna/Zul)


Source: liputan6.com
Pemerintah Bakal Tawar Harga Saham Freeport Serendahnya

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan, pemerintah akan menawar saham PT Freeport Indonesia dengan harga terendah. Sudirman juga mengungkapkan bahwa masyarakat tidak perlu berpolemik lebih jauh mengenai proses divestasi saham Freeport tersebut.

Sudirman mengatakan, wajar jika Freeport menawarkan saham dengan harga tinggi. Pasalnya, harga tersebut akan ditawar pemerintah. Oleh pemerintah, harga yang dipatok oleh Freeport tersebut akan ditawar serendah-rendahnya.

‎"Jika pemerintah memutuskan akan mengambil kami akan memasukan asumsi serendahnya, apabila akan mengambil saham," kata Sudirman, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (25/1/2016).

Sudirman pun mengibau, agar harga saham yang ditawarkan perusahaan tambang asal Amerika Serikat tersebut tidak dijadikan polemik. Pasalnya, pemerintah akan menghitung ulang harga yang ditawarkan.

Baca Juga

  • Kegiatan Ekspor Konsentrat Tembaga Freeport Terancam Dihentikan
  • Pemerintah Tak Mau Negosiasi dengan Freeport Indonesia
  • Antam Tunggu Kepastian Pemerintah Soal Divestasi Freeport

Source: liputan6.com
Pemerintah Turunkan Bea Keluar Ekspor Cangkang Sawit

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah akan menurunkan pungutan bea keluar ekspor cangkang sawit yang selama ini dikenakan sebesar US$ 10 ton. Penurunan bea keluar ini dimaksudkan agar pengusaha sawit di dalam negeri mulai melirik pemanfaatan cangkang sawit tersebut untuk pembangkit listrik ramah lingkungan atau biomassa.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, permintaan akan usulan penurunan bea keluar cangkang sawit ini berasal dari Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) yang anggotanya menjadi pengekspor cangkang sawit ke negara lain.

Besaran tersebut bukan serta merta turun, melainkan dikenakan secara bertahap. Rapat koordinasi yang digelar di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, disepakati pungutan bea keluar tersebut akan dikurangi hingga sebesar US$ 3 per ton dan akan kembali mengalami kenaikan secara bertahap hingga kembali ke ‎US$ 10 per ton.

Baca Juga

  • Harga Anjlok, Pengusaha Minta Pungutan Ekspor Sawit Dikurangi
  • Subsidi Program Campuran Minyak Sawit ke Solar Membengkak
  • Badan Restorasi Gambut Dibentuk, Ini Kata Pengusaha Sawit

Source: liputan6.com
Harga Minyak Tekan Wall Street di Awal Pekan

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) melemah pada perdagangan saham awal pekan ini didorong saham energi. Hal itu lantaran harga minyak kembali melemah.

Pada perdagangan saham Senin (Selasa pagi WIB), indeks saham Dow Jones melemah 207,33 poin atau 1,29 persen ke level 15.886,18. Indeks saham S&P 500 susut 29,59 poin atau 1,5 persen ke level 1.877,31. Indeks saham Nasdaq tergelincir 72,69 poin atau 1,58 persen ke level 4.518,49.

Sekitar sembilan dari 10 sektor saham cenderung merosot. Sektor saham energi turun 3,2 persen, dan mencatatkan penurunan terbesar. Saham-saham energi cenderung merosot dengan saham Exxon dan Chevron masing-masing melemah hampir dua persen.

Saham ConocoPhilips anjlok 7 persen setelah Barclays menyatakan perusahaan harus memotong dividen setidaknya 75 persen.

Baca Juga

  • Standard Chartered: Premium Bisa Turun Jadi Rp 6.300 per Liter
  • Mengakhiri Pekan yang Bergelombang, Wall Street Menguat
  • Harga Minyak Melonjak 9% ke US$ 32 per Barel

Source: liputan6.com
Pasokan Iran Picu Harga Minyak Kembali Merosot

Liputan6.com, New York - Harga minyak dunia merosot lima persen pada awal pekan ini didorong pelaku pasar kembali khawatir terhadap kelebihan pasokan minyak seiring produksi Iran mencapai rekor pada bulan lalu.

Harga minyak mentah Amerika Serikat (AS) merosot US$ 1,52 menjadi US$ 30,67 per barel. Sementara itu, harga minyak Brent susut empat persen atau US$ 1,28 menjadi US$ 30,90 per barel.

Harga minyak mentah Brent sentuh titik terendah mencapai US$ 27,10 dalam 12 tahun pada 20 Januari 2016. Sedangkan harga minyak AS berada di titik terendah US$ 26,19, terendah dalam 13 tahun.

Pada akhir pekan lalu, harga minyak Brent naik 10 persen. Kenaikan harga minyak mencapai 15 persen didorong dari badai salju menuju pantai timur Amerika Serikat (AS).

Baca Juga

  • Harga Minyak Melonjak 9% ke US$ 32 per Barel
  • Standard Chartered: Premium Bisa Turun Jadi Rp 6.300 per Liter
  • Harga Minyak Tekan Wall Street di Awal Pekan

Source: liputan6.com
Bursa Saham AS Melemah Bikin Harga Emas Menguat

Liputan6.com, Chicago - Harga emas berjangka berada di level US$ 1.100 per ounce pada awal pekan ini. Harga minyak kembali tertekan ditambah bursa saham Amerika Serikat (AS) dan dolar melemah telah mengangkat harga emas.

Harga emas untuk pengiriman Februari naik 0,8 persen atau US$ 9 menjadi US$ 1.105,30. Harga emas sempat naik 0,5 persen pada pekan lalu. Sedangkan harga perak naik 19,7 sen atau 1,7 persen menjadi US$ 14.254 per ounce.

"Sejumlah permintaan baru untuk harga emas telah mengangkat harga emas di tengah bursa saham tertekan. Selain itu, harga minyak turun karena aksi jual juga mempengaruhi harga minyak," ujar Analis Senior Kitco Jim Wyckoff, seperti dikutip dari laman Marketwatch.com, Selasa (26/1/2016).

Ia menambahkan, kunci lain harga emas kembali menguat didorong dari indeks dolar AS cenderung melemah. Indeks dolar AS turun 0,26 persen terhadap sejumlah enam mata uang utama lainnya.

Baca Juga

  • Harga Minyak Tekan Wall Street di Awal Pekan
  • Standard Chartered: Premium Bisa Turun Jadi Rp 6.300 per Liter
  • Sentimen The Fed Dongkrak Harga Emas

Source: liputan6.com
Pemerintah Siap Bayar Gaji ke-14 PNS Pertengahan Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah bakal membayar gaji ke-14 atau tunjangan hari raya (THR) menjelang penerimaan siswa baru di pertengahan tahun ini, atau sekitar Juni-Juli untuk pegawai negeri sipil (PNS). 

Kebijakan THR ini diberikan pemerintah sebagai pengganti kenaikan gaji PNS yang ditiadakan pada periode 2016.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah memberikan pendapatan ekstra bagi para abdi negara di tahun ini berupa gaji ke-13 dan THR alias gaji ke-14.

"Jadi kok gaji ke-14. Kalau gaji ke-13 itu pada saat Lebaran, mungkin gaji ke-14 ini pada masa jelang masuk sekolah. Itu, kewenangannya Kementerian Keuangan," kata Tjahjo seperti dikutip dalam laman resmi Setkab,  Jakarta, seperti ditulis Selasa (26/1/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Anggarkan Gaji PNS Rp 347 Triliun Tahun Ini
  • Gaji PNS Sedot Uang Negara Rp 289,9 Triliun Selama Setahun
  • Tunjangan Kinerja PNS BKN Naik Hingga Rp 22 Juta

Source: liputan6.com
Top 3: Masih Punya Kebiasaan Ini, Jangan Harap Jadi Orang Kaya

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang bermimpi ingin menjadi orang kaya. Namun jalan menuju kesuksesan hingga mampu memiliki asset begitu besar bukanlah perkara mudah.

Jika Anda adalah salah satu orang yang selalu berpikir mengapa usaha yang dilakukan saat ini belum membuat Anda mencapai tangga kesuksesan, mungkin ini jawabannya. Artikel masih punya kebiasaan ini, jangan harap jadi orang kaya telah menyedot perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com pada Selasa pagi (26/1/2016).

Tak hanya itu saham, perbedaan kekayaan Bill Gates dan Steve Jobs juga masih menyedot perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com. Ingin tahu artikel mana saja yang menjadi perhatian pembaca di awal pekan ini? Berikut tiga artikel rangkumannya:

1. Masih Punya Kebiasaan Ini, Jangan Harap Jadi Orang Kaya

Hal-hal yang harus selalu kamu ingat agar tidak jatuh bangkrut saat membina usaha.

Semua orang bermimpi ingin menjadi orang kaya. Namun jalan menuju kesuksesan hingga mampu memiliki asset begitu besar bukanlah perkara mudah. Jika Anda adalah salah satu orang yang selalu berpikir mengapa usaha yang dilakukan saat ini belum membuat Anda mencapai tangga kesuksesan, selengkapnya baca di sini

2. Ini Perbedaan Kekayaan Bill Gates dan Steve Jobs

Banyak hal yang bisa menjadi ukuran seseorang dikatakan sukses. Lima hal ini menjadi ukuran kesuksesan bagi Steve Jobs. Bagaimana denganmu?

Steve Jobs dan Bill Gates lahir di tahun yang sama, mereka berdua memiliki sejarah pendidikan yang sama yaitu putus kuliah. Mereka berdua juga memulai berbisnis perusahaan dengan berbisnis dengan teman baiknya. Dari keduanya, Bill Gates adalah yang paling kaya. Kenapa?

Seperti lansiran dari Fool.com, Senin, 25 Januari 2016 Gates mendirikan Microsoft dengan bekerjasama dengan Paul Allen di April 1975. Sedangkan Jobs mendirikan Appple bekerjasama dengan Steve Wozniak tepat satu tahun kemudian.

Saat ini Jobs dan Gates menjadi sangat kaya raya, tetapi Jobs meninggal di 2011. Ia memiliki kekayaan bersih sebanyak US$ 11 miliar atau Rp 153,2 triliun (kurs dolar AS : Rp 13,930). Hanya sebagian kecil dari kekayaan Gates yang mencapai US$ 66 miliar atau sekitar Rp 919,5 triliun kala itu. Selengkapnya baca di sini

3. Masyarakat Bakal Jadi Korban Jika Harga BBM Diturunkan

Petugas mengisi bahan bakar jenis Premium di SPBU Cikini, Jakarta, Kamis (24/12). Jelang awal tahun 2016, Pemerintah memutuskan menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan, penurunan harga minyak dunia menjadi dilema, karena menyangkut harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Jika harga BBM diturunkan akan mengorbankan masyarakat.

Sudirman mengatakan, ‎dilema yang diciptakan dari harga minyak dunia yang merosot adalah saat ini harga BBM sudah tidak lagi disubsidi. Artinya mengikuti harga minyak dunia. Namun, harga harus tetap dijaga agar kondisi perekonomian tetap stabil. Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
Pemerintah Kaji Pembangunan Kawasan Industri Pesawat Terbang

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah mengkaji rencana pembangunan kawasan industri khusus kedirgantaraan. Hal ini ditujukan untuk mendorong pertumbuhan industri pesawat terbang di dalam negeri.

"Kemenperin sedang berupaya membuat kajian terhadap peluang terbentuknya kawasan industri kedirgantaraan yang diharapkan dapat diwujudkan di Kawasan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati," ujar Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Selain soal kawasan industri, saat ini Kemenperin juga tengah mengkaji pembentukan Aerospace Design Center di Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai sarana pusat desain pesawat udara dan komponennya.

Putu mengatakan, kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan Kemenperin selama ini dalam upaya mendukung pengembangan industri pesawat udara nasional, di antaranya yaitu mengidentifikasi industri nasional yang memiliki potensi sebagai industri komponen pesawat udara serta melaksanakan bimbingan teknis kepada industri komponen agar memiliki kompetensi dan standar dalam pembuatan komponen-komponen pesawat.

Baca Juga

  • Menperin Kagum Produsen TV Lokal Hasilkan Rp 75 Juta per Hari
  • Kemenperin Pastikan Roadmap IHT Dibahas Lintas Instansi
  • Liberalisasi Penerbangan Jadi Peluang Maskapai Nasional

Source: liputan6.com
8 Juta Rumah Tangga Belum Menikmati Listrik

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat masih ada 8 juta rumah tangga yang belum menikmati aliran listrik sampai akhir 2015 nanti. Kementerian ESDM menargetkan rasio elektrifikasi nasional mencapai 90 persen di akhir 2016.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jarman mengatakan, dalam perhitungan Kementerian ESDM, dengan masih adanya 8 juta rumah tangga yang belum teraliri listrik tersebut maka rasio elektrifikasi di Indonesia belum terlalu tinggi. 

Sampai akhir 2015, rasio elektrifikasi di Indonesia baru mencapai 88 persen. ‎"Kami hitung yang belum teraliri masih 12 persen. Dari total rumah tangga yang jumlahnya mencapai 66 juta rumah tangga, kami hitung hitung masih ada 8 juta rumah tanggal yang belum," kata Jarman, Selasa (26/1/2016).

Jarman melanjutkan, 8 juta rumah tangga yang belum menikmati listrik tersebut ‎tersebar diseluruh Indonesia. "Itu letaknya dimana-mana. Namun paling banyak memang ada di Indonesia timur," tutur Jarman.

Untuk mengatasi rumah tangga yang belum menikmati listrik‎, pemerintah menargetkan elektrifikasi di tahun ini naik menjadi 90 persen. Untuk mencapai target tersebut, Kementerian ESDM perlu menambah rumah tangga yang dialiri listrik kurang lebih 1,5 juta rumah tangga lagi. 

Baca Juga

  • Hadapi MEA, Rasio Elektrifikasi RI Terendah di ASEAN
  • Rasio Elektrifikasi Rendah Bikin Antrean Panjang Dapatkan Listrik
  • Elektrifikasi RI Kalah dari Negara Tetangga, Ini Upaya Pemerintah

Source: liputan6.com
Penurunan Harga Minyak Dunia Tekan IHSG ke Level 4.492,77

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah pada perdagangan saham Selasa pekan ini. Pelemahan IHSG karena tekanan dari bursa regional akibat turunnya harga minyak dunia. 

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Selasa ((26/1/2016), IHSG turun 16,09 poin atau 0,36 persen ke level 4.489,69. Pelemahan IHSG berlanjut pada pembukaan perdagangan saham pukul 09.00 WIB. IHSG turun 13,86 poin atau 0,29 persen ke level 4.492,77.

Indeks saham LQ45 turun 0,51 persen ke level 783,01. Seluruh indeks saham acuan kompak berada di zona merah pada pembukaan perdagangan hari ini.

Pagi ini, IHSG sempat sentuh level tertinggi 4.489,87 dan terendah 4.483,28. Ada sebanyak 83 saham melemah sehingga menekan IHSG. Sedangkan 24 saham menguat namun tak mampu mendorong penguatan IHSG dan 38 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 7.113 kali dengan volume perdagangan saham 168,6 juta saham. Nilai transaksi perdagangan saham sekitar Rp 190,8 miliar.

Investor asing melakukan aksi beli sekitar Rp 4 miliar. Sedangkan pemodal lokal melakukan aksi jual sekitar Rp 4 miliar.

Baca Juga

  • IHSG Berpeluang Naik, Cermati Empat Saham Ini
  • Harga Minyak Dunia Bikin IHSG Rawan Koreksi
  • Aksi Beli Investor Asing Picu IHSG Naik 49 Poin

Source: liputan6.com
KEIN Harus Bawa RI Seperti Jepang dan Korsel

Liputan6.com, Jakarta - Reformasi industri oleh Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) berkiblat pada rekam jejak negara lain, seperti Jepang, China, Korea Selatan (Korsel) yang sukses membangun industri nasional. Pertumbuhan ekonomi negara-negara tersebut melesat berkat kemampuan pemerintahnya menggerakkan sektor riil di dalam negeri.

Wakil Ketua KEIN, Arif Budimanta mengatakan, Indonesia perlu belajar dari pengalaman Jepang, Korsel dan Taiwan untuk menuju sebagai negara industri. Tentunya, tambah Arif, pemerintah perlu memilah sektor-sektor unggulan sehingga sanggup bersaing dengan industri serupa negara lain.

"Competitive advantage kita di mana baik di kawasan Regional (ASEAN), maupun Asia Pasifik, yang mana yang kuat dibanding negara-negara itu. Ini yang akan disiapkan KEIN," ucap Arif saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Baca Juga

  • Tugas KEIN Dorong RI Jadi Negara Industri
  • Kadin Indonesia Ingin Sinergi dengan KEIN
  • Jokowi Minta KEIN Kerja Konkret‎

Source: liputan6.com
Menteri Rini Rombak Jajaran Direksi PT KAI

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan perombakan besar-besaran di dalam manajemen PT Kereta Api Indonesia (persero). Terdapat lima pejabat baru yang menduduki kursi direksi PT KAI. 

Executive Vice President (EVP) Corporate Communication KAI Agus Komarudin menjelaskan, selaku pemegang saham pengendali, Menteri BUMN Rini Soemarno telah mengeluarkan Surat Keputusan yang ditandatangani pada 25 Januari 2016.

Dalam surat tersebut, terdapat lima direksi PT KAI yang diganti. Dari kelima tersebut, salah satunya adalah Hanggoro Budi Wiryawan yang saat ini ditunjuk untuk menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Baca Juga

  • Cek Daftar Tarif Baru Tiket Kereta Jarak Jauh di 2016
  • PT KAI DAOP 8 Surabaya Hadirkan Promo Tiket Gong Xi Fa Chai
  • PT KAI Raup Pendapatan Rp 13,5 Triliun di 2015

Source: liputan6.com
Rupiah Kembali Melemah Akibat Penurunan Harga Minyak

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali melemah pada perdagangan Selasa pekan ini. Penyebab pelemahan rupiah karena penurunan harga minyak. 

Mengutip Bloomberg, Selasa (26/1/2016), rupiah dibuka di level 13.903 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.863 per dolar AS.

Pada pukul 09.55 WIB, rupiah sempat menguat ke level 13.884 per dolar AS. Namun akhirnya kembali tertekan. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah telah melemah 0,83 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah berada di angka ke 13.904 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 13.844 per dolar AS.

Baca Juga

  • Gejolak Ekonomi Mulai Reda, BI Ramal Rupiah Stabil di 2016
  • Awal Pekan, Rupiah Menguat ke 13.844 per Dolar AS
  • Jelang Akhir Pekan, Rupiah Menguat ke 13.878 per Dolar AS

Source: liputan6.com
‎Ford Hengkang dari RI, Ini Kata Kepala BKPM

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyatakan bahwa keputusan salah satu produsen otomotif global Ford Motor akan berhenti beroperasi di Indonesia tidak mempengaruhi investasi industri otomotif di Tanah Air.

Produsen otomotif tersebut melalui website resmi PT Ford Motor Indonesia per Senin (25/1) telah mengumumkan untuk menutup seluruh aktivitas operasional mereka termasuk menutup seluruh dealership dan menghentikan penjualan dan impor resmi seluruh kendaraan Ford.

Kepala BKPM, Franky Sibarani menyatakan, daya tarik investasi sektor otomotif di Indonesia masih cukup tinggi. “Keputusan Ford Motor Indonesia untuk menghentikan kegiatannya di Indonesia, menurutnya bukan sinyal menurunnya daya tarik investasi sektor otomotif,” ujarnya dalam keterangan resmi kepada media (26/1/2016).

Baca Juga

  • Ford Indonesia Tutup, Citra Brand Dipertaruhkan
  • Ford Tak Pernah Mengeluh ke Gaikindo
  • Ford Hengkang, Pasar Otomotif Tak Bakal Terpengaruh

Source: liputan6.com
Lewat Tol Jakarta-Cikampek-Palimanan Cuma Bayar Sekali

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyatakan pemerintah akan segera mengintegrasikan sistem pembayaran ruas jalan tol Jakarta-Cikampek dan Cikopo-Palimanan (Cipali). Artinya, pengguna tol akan dipungut bayaran sekali saja demi mengurai kemacetan yang kerap terjadi di gerbang tol.

Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan, pemerintah bersama PT Jasa Marga Tbk tengah berdiskusi mengenai teknis pelaksanaan penggabungan sistem pembayaran dua jalan tol ini. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut merupakan operator jalan tol Jakarta-Cikampek, sementara pengelola Cipali PT Lintas Margaa Sedya (LMS).

"Kami sedang bicarakan dengan Jasa Marga sebagai pengelola terkait teknis pembayarannya seperti apa. Di mana titik untuk pembayarannya, karena integrasi sistem pembayaran untuk jalan tol Jakarta-Cikampek-Cipali," ujarnya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Baca Juga

  • Ini Solusi Cegah Kemacetan di Pintu Tol Cikarang Utama
  • Ini Langkah Pemerintah Urai Kemacetan Saat Libur Panjang
  • 521.722 Kendaraan Akan Padati Jalan Tol Saat Puncak Arus Balik

Source: liputan6.com
Menperin: Televisi Pak Kusrin Laku 150 Unit Sehari

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan usaha yang dilakukan perakit televisi, Muhammad Kusrin tak bisa dipandang sebelah mata. Meski terhitung industri yang belum cukup besar, televisi rakita Kusrin bisa laku 150 unit per hari.

Pemerintah mendukung Kusrin untuk mengembangkan usahanya. Presiden Joko Widodo memberi arahan agar Kusrin segera mematenkan merek televisi rakitannya. Jokowi juga ingin perbankan memberikan suntikan modal pada usaha pria 37 tahun itu.

"Kami akan percepat proses pematenan merek televisi dari Pak Kusrin ini," ujar Menteri Perindustrian Saleh Husin kala berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (26/1/2016).

Baca Juga

  • Menperin Bakal Percepat Patenkan Merek TV Buatan Kusrin
  • Presiden Ingin Perbankan Suntik Modal untuk Kusrin Perakit TV
  • Diundang Jokowi, Kusrin Perakit TV Diminta Patenkan Mereknya

Source: liputan6.com
Bloomberg Vs Trump, Kandidat Capres AS Ini Mana yang lebih Kaya?

Liputan6.com, New York - Mantan walikota New York, Amerika Serikat (AS), Michael Bloomberg berencana untuk ikut meramaikan bursa bakal calon presiden AS. Rencana dari Bloomberg ini tentu saja menuai reaksi dari berbagai kalangan. Pasalnya, sebagai salah satu orang terkaya di AS, Bloomberg bakal bersaing dengan miliarder lainnya yang sebelumnya sudah mencalonkan diri yaitu Donald Trump. 

Walaupun pencalonan dirinya belum final karena ditentukan oleh berbagai faktor, banyak pihak menilai bahwa keikutsertaannya nanti dapat memberi pengaruh besar bagi bursa kandidat presiden AS.

Melansir laman CNBC, Senin (26/1/2016), Bloomberg memiliki harta yang tidak sedikit. Hal ini pun akan menjadi ancaman tersendiri bagi bakal calon lain, khususnya Donald Trump.

Menurut dua firma independen, kekayaan Bloomberg lebih besar 9 kali jika dibandingkan dengan total kekayaan Trump. Lebih dari itu, Bloomberg juga memberikan sinyal untuk tidak main-main dalam pencalonan tersebut. Ia siap untuk mengeluarkan sebagian besar kekayaan untuk menyukseskan kampanye yang digelar.

Baca Juga

  • George Soros Tuding Donald Trump Ada di Balik ISIS
  • Terungkap! Ini Dia Mesin Pencetak Uang Donald Trump
  • 10 Fakta Perjalanan Hidup Miliarder Michael Bloomberg

Source: liputan6.com
Seberangi Pulau, Menteri Jonan Ingin Kapal Hanya Angkut Barang

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mendorong masyarakat menggunakan moda transportasi ‎udara sebagai alat penghubung antar pulau besar. Angkutan barang akan diprioritaskan menggunakan kapal laut.

Hal tersebut menjadi rencana jangka panjang pemerintah dalam mengembangkan konektivitas antar pulau. Transportasi udara diprioritaskan untuk angkutan penumpang karena persoalan waktu yang lebih efisien.

"Karena kita negara kepulauan konektivitas manusia seluruhnya kalau antar pulau besar gunakan jasa penerbangan," kata Jonan, saat rapat dengan Komite II DPD, di Gedung DPD, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Baca Juga

  • Pengusaha Ingin Ada Pusat Logistik Berikat untuk Bahan Baku Mamin
  • Penurunan Harga BBM Turunkan Biaya Logistik 2%
  • Pengusaha Logistik Protes Dilarang Beroperasi Saat Libur Natal

Source: liputan6.com
Pemerintah Tak Perlu Bayar Mahal Buat Beli Saham Freeport

Liputan6.com, Jakarta - Divestasi (pelepasan) saham PT Freeport Indonesia sebesar 10,64 persen yang ditawarkan dengan nilai US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 23 triliun menjadi topik bahasan yang menyita perhatian banyak pihak. Sebagian besar pihak meminta kepada pemerintah untuk menawar harga tersebut. 

Salah satu yang meminta agar pemerintah tidak mengambil opsi yang ditawarkan oleh Freeport adalah Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto. Anggota parlemen ini meminta kepada pemerintah ‎agar membatalkan pembelian saham Freeport Indonesia.

Saat Sidang Paripurna DPR ke-17, Yandri melakukan interupsi kepada Pimpinan DPR. Ia mengeluarkan pendapatnya soal negosiasi divestasi saham antara pemerintah dan Freeport Indonesia. Persoalan tersebut, katanya, harus menjadi perhatian DPR sebagai lembaga perwakilan rakyat.

"Menurut kami sejatinya negara tidak perlu mengeluarkan uang sebesar itu untuk membeli saham Freeport Indonesia. Karena sudah hampir 50 tahun, Freeport Indonesia mengeruk kekayaan kita," tegas Yandri di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Yandri menilai, apabila pemerintah merealisasikan pembelian saham milik perusahaan tambang emas asal Amerika Serikat itu senilai US$ 1,7 miliar, merupakan sebuah bentuk ketidakadilan bagi rakyat karena uang tersebut akan mengalir ke kantong Freeport Indonesia. ‎Selain sudah Freeport hanya mengeruk emas dan mineral di Papua, alasan lainnya, karena situasi ekonomi Indonesia sedang mengalami masa-masa sulit.

Baca Juga

  • Pemerintah Bakal Tawar Harga Saham Freeport Serendahnya
  • Kegiatan Ekspor Konsentrat Tembaga Freeport Terancam Dihentikan
  • Pemerintah Tak Mau Negosiasi dengan Freeport Indonesia

Source: liputan6.com
5 Cara Mudah Agar Cepat Kaya

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi kaya bukan sekedar menabung dan berinvestasi. Ada pula gaya hidup yang harus Anda lakukan. Selain perlu usaha yang keras, Anda pun harus mampu menyiasatinya dengan melakukan beberapa hal.

Berikut lima cara mudah untuk cepat kaya, Selasa (26/1/2015):

1. Cek kesehatan rutin

Kakek dan nenek Anda mungkin sudah menghabiskan ratusan bahkan miliaran rupiah untuk biaya kesehatan setelah mereka pensiun. Ketika masuk usia 60 dan 70 tahun, butuh banyak uang untuk tetap sehat.

Kalau menginvestasikan kesehatan sejak muda, maka Anda bisa mendapat kekayaan ketika tua. Jadi saatnya cek rutin ke dokter dan periksa gigi Anda setiap enam bulan sekali.

2. Tidur cepat

Kurang tidur mengakibatkan Anda membuat keputusan secara impulsif dan berakhir dengan menghabiskan uang. Contoh sederhana, karena lelah Anda malas berjalan kaki, maka memakai taksi.

Baca Juga

  • Ini Cara Jadi Orang Kaya dalam 5 Tahun
  • 4 Cara Instan Jadi Kaya
  • 5 Kebiasaan yang Bisa Bantu Anda Jadi Kaya

Source: liputan6.com
Melirik Portofolio Investasi Aberdeen Asset Management

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan infrastruktur Indonesia dan harga minyak dunia merosot menjadi pertimbangan PT Aberdeen Asset Management untuk memilih sejumlah portofolio investasi di saham pada 2016.

Head of Investment PT Aberdeen Asset Management Indonesia, Bharat Joshi menuturkan, pasar modal Indonesia telah mengalami jenuh jual pada 2015. Nilai tukar rupiah merosot terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sekitar 13 persen pada tahun lalu telah mempengaruhi ekonomi Indonesia termasuk pasar modal.

Selain itu, harga komoditas tertekan dan kredit melambat juga turut mempengaruhi kondisi ekonomi Indonesia. Belanja pemerintah diharapkan jadi penopang pertumbuhan ekonomi pun tak sesuai harapan.

Akan tetapi, Bharat menuturkan, kondisi tersebut mulai berubah pada tahun ini. Pasar modal Indonesia cukup menarik apalagi valuasi sahamnya sudah murah.

Baca Juga

  • Panin Asset Management Tawarkan Reksa Dana Pendapatan Berkala
  • BEI Bidik Tambahan 2.000 Investor dari Pesta Reksa Dana 2016
  • Ibu Rumah Tangga Jadi Target Investor dalam Pesta Reksa Dana 2016

Source: liputan6.com
Panin Asset Mana‎gement Incar Dana Kelolaan Rp 16 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - PT Panin Asset Mana‎gement menargetkan bisa mengumpulkan dana kelolaan senilai Rp 16 triliun pada 2016 ini. Jumlah tersebut naik 33 persen jika dibandingkan dengan 2015 kemarin yang berada di kisaran Rp 12 triliun. Selain itu, perusahaan juga menargetkan bisa mengumpulkan 10 ribu investor baru pada tahun ini.

Direktur Panin Asset Management, Ridwan Soetedja mengatakan, untuk mencapai target pengumpulan dana kelolaan serta investor baru tersebut, perseroan telah memiliki beberapa strategi. Salah satunya adalah menambah produk baru. 

"Pada Januari ini baru satu  produk yang kami keluarkan yaitu Panin Dana Pendapatan Berkala, mungkin ke depan dua lagi," kata dia di Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Baca Juga

  • Panin Asset Management Tawarkan Reksa Dana Pendapatan Berkala
  • Dubai Islamic Tambah Kepemilikan Saham di Bank Panin Syariah
  • Jurus Bank Panin Apresiasi dan Gaet Nasabah

Source: liputan6.com
Menperin: Meski Ford Tutup, Investasi Otomotif RI Masih Tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian Saleh Husin memastikan keputusan PT Ford Motor Indonesia (FMI) yang menghentikan operasinya di Indonesia tidak akan berdampak pada industri otomotif di dalam negeri. Pasar otomotif di Indonesia dinilai masih menarik.

Dia mengatakan, selama ini Ford hanya mendatangkan produknya dari Thailand dan tidak memiliki pabrik atau basis produksi di Indonesia‎. Dengan demikian, maka penghentian pengoperasian ini tidak berdampak langsung bagi industri di dalam negeri.

"Tidak berdampak pada industri otomotif di dalam negeri. Selama ini Ford mengimpor mobilnya dari basis produksinya di Thailand untuk dijual di Indonesia," ujarnya di Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Baca Juga

  • Ford Indonesia Tutup, Ini Komentar Menperin
  • Ford Hengkang dari RI, Ini Kata Kepala BKPM
  • Ford Indonesia Tutup, Citra Brand Dipertaruhkan

Source: liputan6.com
7 Mobil Kepala Negara Paling Mahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Mobil kepresidenan merupakan satu fasilitas yang seringkali dipersiapkan bagi seorang kepala Negara dalam menjalankan tugasnya. Tak heran apabila fasilitas satu ini ditunjang dengan berbagai fitur yang mampu mendukung tugas serta menjamin keselamatan dari pemimpin Negara tersebut.

Diantara banyaknya mobil kenegaraan yang dimiliki oleh para kepala ngara di dunia, terdapat beberapa mobil yang memiliki fitur sangat canggih hingga bernilai jutaan hingga miliaran dollar.

Mobil kenegaraan mana sajakah itu? Melansir laman TheRichest.com, Selasa (26/1/2016) berikut daftarnya:

7. Malaysia–Maybach 62 (Rp 5,4 miliar)

Via upload.wikimedia.org

Di urutan ke tujuh adalah mobil kenegaraan milik Perdana Menteri Malaysia. Mobil ini dilengkapi fitur canggih seperti kursi setaraf business class yang dilengkapi dengan meja piknik dan berbagai lapisan alat keamanan. Tak ayal, apabila mobil ini dibanderol dengan harga US$ 394.000 atau setara dengan Rp 5,4 miliar.

6. Inggris-Jaguar XJ Sentinel (Rp 6,31 miliar)

Via upload.wikimedia.org

Ini adalah kendaraan utama yang digunakan oleh Perdana Menteri Inggsirs. Selain dilengkapi dengan baja tembus peluru, mobil ini juga dipersenjatai degan senjata tersembunyi dan mesin super canggih V8 engine.

Walaupun detail mengenai fitur mobil ini disembunyikan, Anda sudah pasti bisa mengira bahwa mobil ini merupakan salah satu mobil kepresiden terbaik yang ada di dunia.


Source: liputan6.com
Kemenhub Siap Ambil Alih Bandara dengan Pelayanan Buruk

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan siap mengambil alih bandara dengan pelayanan buruk yang dikelola badan usaha milik‎ negara (BUMN). Selain bakal mengambil-alih, Kementerian Perhubungan juga mengancam akan melakukan pemotongan airport tax dari bandara yang memiliki pelayanan tidak maksimal.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan rencana untuk mendisiplinkan pengelola bandara tersebut telah ia sampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Langkah tersebut sengaja dilakukan untuk mendorong pelayanan yang lebih baik kepada penumpang. 

Baca Juga

  • Kemenhub Siap Bangun 15 Bandara Baru di 2016
  • Dana PMN Cair, Pengembangan Bandara Soetta Sesuai Jadwal
  • Bandara Domine Eduard Osok Selesai Januari 2016

Source: liputan6.com
Bandara Bawean Resmi Beroperasi Akhir Januari

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan meresmikan Bandara ‎Pulau Bawean, Jawa Timur, pada akhir pekan ini. Bandara ini diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh untuk menghubungkan pulau tersebut.

"Sabtu ini saya buka operasi bandara di Pulau Bawean‎," kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat rapat dengan Komite II DPD di gedung DPD, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Ia menuturkan, Bandara Pulau Bawean beroperasi dapat memudahkan akses menuju dan keluar pulau tersebut. Sebelum ada bandara, akses hanya menggunakan moda transportasi laut dengan waktu tempuh 6 hingga 8 jam.

"Kalau tidak ada bandara, orang naik kapal 6-8 jam kalau ombaknya tidak tinggi. Kalau tinggi tidak bisa," tutur Jonan.

Baca Juga

  • 3 Bandara Kecil di Jawa Timur Segera Beroperasi
  • Jokowi Minta Serapan Anggaran Kemenhub Naik pada 2016
  • Kemenhub Siap Bangun 15 Bandara Baru di 2016

Source: liputan6.com
DPR dan Pemerintah Jangan Saling Sandera Soal RUU Prioritas

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Badan Legislasi Nasional (Balegnas) DPR RI, Firman Soebagyo menyatakan Rancangan Undang-undang (RUU) Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty telah disetujui masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2016 sebagai RUU prioritas. Namun sampai saat ini, DPR mengaku belum menerima draft final RUU Pengampunan Pajak.

"Tax amnesty memang sudah masuk Prolegnas karena inisiatif pemerintah. Tapi kami belum terima draft RUU-nya. Kalau pemerintah mau cepat selesai, ya serahkan ke DPR dong," ujarnya usai Sidang Paripurna ke-17 di Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Menurutnya, DPR akan segera meminta Amanat Presiden (Ampres) kepada pemerintah untuk kembali dibahas dalam Badan Musyawarah (Bamus) DPR. Pembahasan ini untuk menentukan siapa saja yang akan mendiskusikan lagi soal RUU Tax Amnesty.

"Jadi kami masih tunggu, kan mekanismenya Paripuna dulu, dan siang ini kami langsung bekerja mendengar usulan dari masing-masing Komisi," terang Firman.

Baca Juga

  • Menggapai Mimpi Penerimaan Pajak
  • Draft Final RUU Pengampunan Pajak Siap Dibawa ke Jokowi
  • Ada Pengampunan Pajak, RI Bakal Kebanjiran Dana Rp 1.350 Triliun

Source: liputan6.com
Kisah Kusrin: TV Rakitan Dibakar Kejaksaan, tapi Dikagumi Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Muhammad Kusrin, pria asal Karang Anyar, Jawa Tengah mungkin tak pernah menyangka namanya kini banyak diperbincangkan. Bisa jadi dia juga tak pernah berpikir bisa bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Tapi nasib orang siapa tahu. Peribahasa itu cocok menggambarkan kondisi yang dialami Kusrin sekarang. Pria yang hanya lulusan SD ini sukses membuat industri kecil perakitan televisi. Karena itu juga, nama dia kini sangat terkenal.

Namun bukan itu intinya. Keuletan dan kreativitas Kusrin patut diacungi jempol. Tak ada yang menyangka, seorang lulusan SD bisa merakit televisi hingga terjual 150 unit per hari. Apakagi itu hasil otodidak. Usaha itu dilakoninya sejak 7 tahun lalu.

Raup Rp 75 Juta per Hari

Usaha perakitan televisi Kusrin tidak selalu mulus. Tak hanya berurusan hukum, ia juga sempat ditipu marketingnya. (Liputan6.com/Reza Kuncoro)


Menperin menyebut, usaha Kusrin ini sudah punya pasar yang menjanjikan. Dalam sehari, produk dari pria ini bisa laku hingga 150 unit, dengan rata-rata televisi tabung yang dijual harganya mulai dari Rp 400.000 atau Rpp 500 ribu untuk ukuran yang terkecil (14 inch).

Saleh juga menyebut, dalam sehari omzet Kusrin mencapai Rp 75 juta.

"Mungkin lewat KUR diarahkan Pak Kusrin bisa dapatkan modal untuk mengembangkan usaha sempat anak buah 32 orang dengan produksi yang lakunya 150 unit. Kalau dijual Rp 500 ribu berarti Rp 75 juta per hari, luar biasa ini. Ini bukan skala kecil lagi, menengah atau besar kalau bisa kuasai kabupaten. Saya kira bisa jadi konglomerat nanti," katanya.

Meski merupakan rakitan dan komponennya masih didapat dari limbah-limbah elektronika, Kusrin punya bekal untuk bersaing dengan para pemain-pemain elektronika besar.

Jatuh Bangun

Miliki bakat untuk rakit televisi, karya pria lulusan SD ini kok malah dibakar kejaksaan?| (via: istimewa)

Usaha Kusrin tak selalu berjalan mulus. Bagaikan disambar petir, produk televisi rakitan buatan Kusrin pada 11 Januari lalu disita Kejaksaan Negeri Karanganyar. Kala itu namanya belum populer seperti sekarang.

Dia tak menyangka produknya itu ternyata dinilai masih bermasalah.

Saat pembakaran barang bukti itu, saya tidak dikasih tahu. Tiba-tiba tahu dari pemberitaan kalau televisi hasil rakitan saya dibakar. Padahal, itu kasusnya sudah selesai," ujar Kusrin di rumahnya di Kampung Wonosari, Jati Kuwung, Karanganyar, Jawa Tengah, pekan lalu.

Kasus Kusrin terjadi sejak Maret 2015 lalu. Pemilik UD Haris Elektronik itu digerebek Polda Jawa Tengah karena usaha televisi rekondisinya dianggap melanggar Pasal 120 jo Pasal 53 ayat (1) huruf b UU RI No 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian dan/atau Pasal 106 UU RI No 7 tahun 2014 tentang Perdagangan dan/atau Pasal 62 ayat (1) UU RI No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Negara.

Kusrin harus menjalani sidang PN Semarang. Ia pun divonis 6 bulan penjara dengan masa percobaan 1 tahun dengan denda Rp 2,5 juta. Akibat kasus itu, Kusrin merugi. Ia tidak bisa melakoni usahanya karena sekitar 100 televisi dan alat-alat produksi disita pengadilan.

"Kemudian dari seratusan itu, dikembalikan 25 persen. Ini sudah mulai produksi lagi. Setelah kasus itu, sempat disuruh berhenti produksi. Baru minggu kemarin sudah bisa produksi," tutur Kusrin.

Dia juga mengaku pernah ditipu oleh Supir dan pegawainya. Uang modal ratusan juta raib digondol mereka.

"Satu tahun dengan modal Rp 200 juta-Rp 300 juta tapi habis dengan supir dan sales saya," tuturnya.

Dapat SNI

Change.org

Kisah Kusrin itu menuai banyak simpati, Termasuk dari pemerintah. Kementerian Perindustrian langsung mengambil langkah penting: memberikan sertifikat standar nasional Indonesia (SNI) bagi Kusrin.

Menteri Perindustrian Saleh Husin memuji kreativitas Kusrin dan tergerak untuk menjaga usahanya. Lebih jauh lagi pemerintah tak ingin kasus Kusrin yang punya kreativitas namun tak dikembangkan ini juga dialami orang lain.

Melalui bendera usahanya bernama UD Haris Elektronika, produk Kusrin mendapatkan sertifikat SNI dari pemerintah.

Saleh Husin menyerahkan Sertifikasi Produk Pengguna Tanda (SPPT) Standar Nasional Indonesia (SNI) kepada produsen Cathode Ray Tube (CRT) TV UD. Haris Elektronika, pada Selasa pekan lalu.

CRT TV sendiri merupakan tabung penampilan yang banyak digunakan dalam layar komputer, monitor video dan televisi.

Saleh mengatakan, pemberlakuan SNI sendiri bertujuan untuk melindungi produk dalam negeri dari serbuan produk impor, melindungi konsumen, serta meningkatkan daya saing produk.

"Pengalaman UD Haris Elektronika menunjukan bahwa edukasi tentang aturan-aturan terkait SNI yang berlaku, utamanya bagi produk yang SNInya diberlakukan secara wajib, penting dilakukan secara berkelanjutan," kata dia.

Diundang Presiden

Ketika menghadap Presiden Joko Widodo, selain didampingi Menteri Perindustrian  Saleh Husin, Kusrin juga membawa serta istrinya serta satu buah TV hasil karyanya yang diberi merk MAXREEN, Jakarta, Senin (25/1/2016). (Foto : Agus Suparto)

Kabar mengenai Kusrin pun sampai ke orang nomor 1 di Indonesia. Presiden Joko Widodo mengundang Kusrin ke Istana Negara pada Senin kemarin. Di sana, Jokowi mendengarkan kisah usaha yang dilakoni Kusrin.

Jokowi kaget bercampur kagum dengan keuletan Kusrin. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta agar Kusrin segera mematenkan 3 merek televisi tabung buatannya: Maxreen, Veloz, dan Zener.

"Beliau (Jokowi) begitu kagum Pak Kusrin bisa merakit televisi dengan kemasan yang bagus. Sudah seperti pabrikan, itu beliau cukup kaget melihat itu," tutur Saleh Husin yang ketika itu mendampingi Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga minta agar perbankan memberikan dukungan dengan mau menyuntikkan modal bagi Muhammad Kusrin agar usahanya ini berkembang.

"Beliau juga minta agar nanti pihak perbankan dapat memberikan bantuan permodalan melalui kredit usaha rakyat (KUR) kepada Pak Kusrin," jelasnya.


Menperin Percepat Proses Paten Produk Kusrin

Kusrin adalah seorang perakit televisi asal Karanganyar, Jawa Tengah.

Saleh Husin mengatakan, Kusrin akan dibantu oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah agar dapat segera mematenkan merek produknya. 3 merek yang kini dimiliki Kusrin adalah Maxreen, Veloz, dan Zener

"Kami akan membantu agar ini bisa cepat dipatenkan," ujar Saleh.

Dia juga ingin Dinas Perindustrian dan Perdagangan di daerah pro aktif untuk para orang kreatif lain yang mungkin nasibnya sama dengan Kusrin atau bahkan lebih buruk.

Pemerintah, kata Saleh mendukung penuh kreativitas yang dilakukan Kusrin. Dia juga memberikan arahan bagi dinas perdagangan dan perindustrian di daerah agar memberikan perhatian lebih bagi industri-industri semacam ini.

"Banyak pak Kusrin-Pak Kusrin lain yang seperti ini. Ini perlu perhatian dari teman-teman Disperindag untuk memantau dan mengidentifikasi warga masyarakat ini," ujarnya. (Zul/Ndw)


Source: liputan6.com
Pengurusan Hak Cipta bagi UKM Gratis dan Hanya 1 Jam

Liputan6.com, Jakarta - ‎Dalam rangka memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi usaha kecil dan menengah (UKM) dalam mendapatkan hak cipta dan hak merek untuk produk yang dihasilkannya, Kementerian Koperasi dan UKM memberikan layanan pengurusan pada kedua hak kekayaan intelektual tersebut ‎secara cepat dan gratis.

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga‎ mengatakan, selama ini UKM mendapatkan kesulitan dalam mendapatkan hak cipta dan hak merek. Pada hal ini penting agar produk-produk yang diciptakan oleh UKM tidak dijiplak oleh produsen lain.

‎"Hak cipta sudah jalan, kita sosialisasi dan kita sudah berikan banyak hak cipta pada para pengrajin kita supaya hasil karyanya bisa dilindungi," ujarnya di Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Baca Juga

  • Peran Koperasi terhadap Ekonomi RI Makin Mengecil
  • Pemerintah Kaji Kemungkinan Koperasi Jadi Penyalur KUR
  • Kemenkop UKM Luncurkan Layanan Izin Koperasi Online

Source: liputan6.com
Jaga Harga Daging Sapi, Ini Pesan Mendag untuk Bulog

Liputan6.com, Jakarta Harga daging sapi melonjak beberapa waktu belakangan ini. Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengakui tidak mudah untuk menurunkan harga komoditas ini, meski Bulog sudah masuk untuk melakukan intervensi.

Pemerintah saat ini tengah menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai penugasan Perum Bulog untuk melebarkan sayapnya dalam mengendalikan pasokan 11 komoditi dari yang saat ini hanya komoditas beras saja.

Menteri Perdagangan RI Thomas Lembong mengungkapkan, penugasan Bulog ini nantinya sebagai upaya dalam mengendalikan harga daging dari yang selama ini masih bertengger di harga yang sangat tinggi. Namun Lembong mengakui hal itu tak langsung bisa menurunkan harga daging sapi.

Baca Juga

  • GANTI DENGAN LINKKemendag: Harga Daging Sapi Rp 103 Ribu per Kg
  • Harga Daging Sapi Naik hingga Badai Salju di Pulau Jeju
  • Harga Daging Sapi Masih Bertahan di Rp 120 Ribu per Kg

Source: liputan6.com
Batas Izin Ekspor Habis, Freeport Belum Beri Tanggapan ke RI

Liputan6.com, Jakarta - Batas waktu izin ekspor konsentrat PT Freport ‎Indonesia telah habis pada 25 Januari 2016 kemarin, namun sampai saat ini Selasa (26/1/2016), perusahaan tersebut belum memberikan tanggapan untuk memperpanjang rekomendasi izin ekspor dengan memberikan tambahan dana jaminan kesungguhan pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter).

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), M. Hidayat mengatakan, ‎saat ini Freeport sedang melakukan persiapan untuk memberi tanggapan terhadap tambahan uang jaminan dan instansinya masih menunggu tangapan tersebut.

"Sedang disiapkan responnya Jadi saat ini masih disiapkan," kata Hidayat, di Kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Tak Perlu Bayar Mahal Buat Beli Saham Freeport
  • Pemerintah Bakal Tawar Harga Saham Freeport Serendahnya
  • Kegiatan Ekspor Konsentrat Tembaga Freeport Terancam Dihentikan

Source: liputan6.com
Menkeu Bambang Ingin Ada Hari Bea Cukai Nasional

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro mengusulkan perlunya Hari Be‎a Cukai Nasional bagi Indonesia. Pasalnya selama puluhan tahun, Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) berdiri, Kemenkeu hanya memperingati Hari Pabeanan Internasional di bawah bendera Organisasi Kepabeanan Dunia (World Customs Organization/WCO).

"Aktivitas kepabeanan dan cukai di Indonesia telah dilakukan sebelum organisasi pabean internasional dibentuk‎. Dengan sejarah panjang pemungutan bea dan cukai di Indonesia, saya berpendapat sudah saatnya DJBC punya Hari Bea dan Cukai Nasional," jelasnya saat Peringatan Hari Pabeanan Internasional ke-64 di Gedung DJBC Ahmad Yani, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Namun untuk menentukan hari yang tepat, kata Bambang, pemerintah harus melakukan serangkaian kajian historis. Hari Bea dan Cukai Nasional akan menggambarkan semangat seluruh insan Bea dan Cukai di Indonesia dalam mengamankan target penerimaan negara.

Baca Juga

  • Bea Cukai Sulawesi Gagalkan Barang Ilegal Senilai Rp 33 Miliar
  • 2 Instansi Gagalkan Penyelundupan Mutiara Senilai Rp 45 Miliar
  • Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Senilai Rp 3,7 Triliun‎

Source: liputan6.com
Pemerintah Diminta Hapuskan Pungutan Ekspor CPO

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah diminta menghapuskan pungutan ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) yang selama ini dikelola Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Sawit.

Mantan Menteri Kehutanan MS Kaban menilai, pungutan sebesar US$ 50 per ton untuk setiap CPO yang dijual ke luar negeri tersebut hanya menguntungkan pengusaha besar.

Pasalnya dana yang terkumpul tersebut lebih banyak digunakan untuk program mandatori pencampuran CPO ke biodiesel, di mana bahan bakar ini hanya diproduksi perusahaan-perusahaan pengolahan sawit skala besar.

"Pungutan ini seharusnya dihapuskan saja, karena ini hanya menguntungkan korporasi-korporasi besar. Jadi yang menikmati pungutan ekspor ini adalah pengusaha besar," ujarnya di Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Gelontorkan Subsidi Biodiesel Rp 113 Miliar
  • Dana Pungutan Sawit Mencapai Rp 4 Triliun
  • Tanggap Kebakaran, Dana Rp 33 Miliar Disiapkan untuk Desa Sawit

Source: liputan6.com
Mendag Lembong Geram Daging Impor Dikenai Pajak

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan RI Thomas Lembong sedikit kesal dengan kebijakan mengenai pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk daging beku yang menyebabkan harga naik. Kini kebijakan itu sudah dibatalkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution beberapa hari lalu.

Lembong menilai saat ini masyarakat tengah dihadapkan pada kondisi yang cukup sulit yaitu harga daging sapi di pasar masih bertengger di harga Rp 100 ribu per kg. Dengan adanya penambahan PPN ini otomatis akan meningkatkan harga daging sapi itu sendiri.

"‎Justru karena harga daging sapi setinggi langit, volume menciut, sehingga semua pedagang menjadi susah, tentu masyarakat menjadi susah. Ditambah lagi adanya PPN 10 persen, itu seperti menghina," kata Lembong di Hotel Borobudur, Selasa (26/1/2016).

Baca Juga

  • Jaga Harga Daging Sapi, Ini Pesan Mendag untuk Bulog
  • Kemendag: Harga Daging Sapi Rp 103 Ribu per Kg
  • Harga Daging Sapi Naik hingga Badai Salju di Pulau Jeju

Source: liputan6.com
Ekonomi China Diramal Pulih 3 Tahun Lagi

Liputan6.com, Jakarta - Ekonomi China saat ini tengah mengalami perlambatan. Dari beberapa tahun lalu selalu mengalami pertumbuhan ‎double digit, kini pertumbuhan ekonomi hanya di kisaran 7 persen.

Perlambatan ekonomi ini secara langsung mempengaruhi perekonomian Indonesia sebab sebagian besar ekspor produk Indonesia ke Negeri Tirai Bambu itu.

Salah satu pengusaha Indonesia Mochtar Riady memperkirakan perlambatan ekonomi China dalam tiga tahun ke depan kembali tumbuh.

Mochtar mengungkapkan, apa yang dialami China saat ini adalah terjadinya over investment. Hal ini terjadi karena dalam 10 tahun terakhir, China diserbu dana-dana asing yang ingin berinvestasi di negaranya.

Baca Juga

  • Ekonomi China akan Bebani Pasar Saham
  • Citigroup: Ekonomi Dunia Berada di Tepi Jurang Resesi
  • Goldman: China akan Bayangi Negara Berkembang Hingga 2020

Source: liputan6.com
4 Perusahaan Rokok Bayar Cukai Rp 125 Triliun ke Negara

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (DJBC Kemenkeu) mengaku, penerimaan negara, khususnya dari pendapatan cukai rokok dikontribusi besar oleh 4 perusahaan rokok kelas kakap yang beroperasi di Indonesia. Pungutan cukainya mencapai Rp 125,55 triliun sepanjang 2015.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi usai Upacara Peringatan Hari Pabeanan Internasional ke-64 mengungkapkan, sebanyak 4 perusahaan besar yang menyumbang penerimaan cukai terbesar, antara lain PT HM Sampoerna Tbk, PT Gudang Garam Tbk, PT Djarum Tbk dan PT Pdi Tresno.

"Makanya kami beri penghargaan kepada stakeholders termasuk 4 perusahaan rokok ini karena turut berkontribusi terhadap kinerja DJBC, terutama dalam capaian penerimaan cukai pada 2015," jelasnya di Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Baca Juga

  • Menkeu Beri Penghargaan 4 Perusahaan Penyumbang Cukai Terbesar
  • Realisasi Cukai Rokok Tembus Rp 139,5 Triliun
  • Menkeu Bambang Ingin Ada Hari Bea Cukai Nasional

Source: liputan6.com
KEN Gelar Sayembara Cari Migas Berhadiah Rp 4,5 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Komite Eksplorasi Nasional (KEN) menggelar sayembara untuk mencari cadangan minyak dan gas bumi‎ (migas) dengan total imbal mencapai Rp 4,5 miliar.

Ketua KEN Andang Bachtiar mengatakan, ‎sayembara yang bertema `Indentifikasi Play, Prospek Migas Pada Lahan Terbuka` tersebut boleh diikuti segala kalangan untuk mencari cadangan migas.

"Kita adakan sayembara untuk menemukan prospek migas di Indonesia‎," kata Andang di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Andang menyebutkan, pemenang sayembara akan mendapat hadiah pertama Rp 2 miliar, hadiah kedua Rp 1,5 miliar, dan hadiah ketiga Rp 1 miliar. Dana hadiah tersebut berasar dari anggaran yang diusulkan KEN untuk evaluasi pratersier, biogenik atau vulkanik.

"Atau dicarikan sponsornya dari pengusaha-pengusaha migas nasional,"‎ ujar Andang.

Andang mengungkapkan, selain mencari cadangan minyak baru, tujuan diadakan sayembara tersebut adalah untuk mencari potensi bakat masyarakat Indonesia yang kurang disalurkan.

"Dilakukan sayembara ini karna kami yakin bahwasannya di Indonesia, ini banyak orang pinter cuma tidak tergali saja selama ini," ‎tutur Andang.

Tugas lebih berat

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memperpanjang tugas KEN setahun, karena mendapat tambahan tugas mencari cadangan sumber energi lain.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, sebelum diperpanjang, Komite yang dikomandoi Andang Bachtiar tersebut hanya mencari cadangan migas, tetapi saat ini mencari sumber cadangan sumber daya alam lain.

‎"Pak Andang dan teman-teman melaporkan hasil kerja komite eksplorasi nasional yang selama ini fokusnya pada migas, kemudian ada beberapa temuan yang akan dijelaskan," kata Sudirman.

Sudirman mengungkapkan, KEN yang dibentuk Mei 2015, ‎diperpanjang tugasnya satu tahun ke depan, karena ada tambahan tugas mencari cadangan sumber daya alam lain.

‎"Terus saya tadi memberikan satu keputusan KEN ini diperpanjang bertambah satu tahun lagi, dengan perluasan tugas," tutur Sudirman.

Menurut Sudirman, pencarian cadangan sumber daya alam yang terkandung di dalam perut bumi seperti panas bumi, mineral dan batubara perlu digalakan, ‎karena untuk ketahanan kedepan dan pendataanya lebih akurat.

 "Jadi disamping migas juga geotermal dan mineral dan batubara. Karena, kedua isi bumi ini perlu di lihat supaya pada waktu kita mengeksploitasinya lebih punya data yang lebih akurat. Itu aja," terang Sudirman. (Pew/Ndw)


Source: liputan6.com