Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Sabtu, 16 Januari 2016
3 Cluster Manis Ini Ada di Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta - Jawa Timur merupakan daerah terbesar penghasil gula Indonesia. Pembangunan pabrik gula mulai bermunculan setelah dimulainya era liberalisme pada masa penjajahan Hindia Belanda (1870), dengan diperkenalkannya Hak Sewa Tanah untuk penggunaan selama 70 tahun.

Jadi tidak heran jika sampai detik ini lahan-lahan perkebunan di Jawa Timur masih didominasi oleh komoditas tebu. Sebanyak 22 pabrik gula yang didirikan tahun 1830 telah direvitalisasi di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Kini, tak hanya memproduksi gula, bangunan-bangunan itu juga menjadi tempat wisata bersejarah.

Wisata Loko Pabrik Gula, misalnya. Dikutip dari antarajatim.com, Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN X) mengembangkan program wisata sejarah di 11 pabrik gula peninggalan Kolonial Belanda sejak 2012.

Tempat wisata ini seringkali menjadi sarana nostalgia wisawatan asing dari Belanda yang ingin melihat peninggalan nenek moyang mereka di Indonesia. Jelas ini memberikan peluang bagi masyarakat yang tinggal di daerah Jawa Timur, terutama dekat dengan pabrik gula.

Di sekitar pabrik-pabrik itu saat ini muncul perumahan-perumahan baru. Selain mengincar para staf dan pekerja di sana, hunian-hunian ini juga cocok bagi Anda yang ingin memiliki rumah getaway, tempat Anda berekreasi di saat libur panjang atau ingin menjauh dari rutinitas sehari-sehari. Lokasinya masih asri dan berhawa sejuk.

Anda tertarik? Berikut ini tiga perumahan baru yang dekat dengan pabrik-pabrik gula di Jawa Timur yang sudah dirangkum pada Sabtu (16/1/2016) oleh www.rumah.com

1. De Cassablanca Residence

Perumahan De Cassablanca Residence yang terletak di Jalan Bandara Halim Perdanakusuma, Malang, ini memiliki panorama yang asri dan berlokasi strategis, hanya 5 menit dari pusat Kota Malang. Selain itu, perumahan ini juga dekat dengan lokasi Pabrik Gula Kebun Agung berjarak 12,8 kilometer, yang membutuhkan waktu tempuh 31 menit.

Selain itu, Perumahan De Cassablanca Residence ini juga dekat dengan Pabrik Gula Krebet Baru I dan II yang berjarak 16 kilometer dan waktu tempuh 32 menit.

Selain kedua pabrik gula tersebut, Malang juga memiliki banyak lokasi wisata seperti Jatim Park, Batu Night Spectacular, Museum Angkut dan masih banyak lagi.

Lokasi ini juga berpotensi menjadi invetasi jangka panjang Anda. Kota Malang terus berkembang dari tahun ke tahun dengan banyak pembangunan dan perapihan infrastruktur.

Untuk melengkapi kenyamanan penghuninya, De Cassablanca Residence ini juga memiliki fasilitas lengkap seperti jogging track, club house dan kolam renang, dan rumah ibadah. Harga kisaran untuk rumah ini adalah Rp460 juta – Rp2.1 miliar.

2. Perumahan Bumi Papan Selaras

Bumi Papan Selaras terletak di kota yang menjadi lumbung tebu Jawa Timur, yaitu Sidoarjo. Kota ini memiliki tiga pabrik gula yang cukup terkenal yakni PG Candi, PG Krembung, dan PG Tulangan. Candi adalah pabrik gula tertua di Sidorajo. Anak perusahaan RNI Group ini sudah berdiri sejak 1832.

Jarak antara Perumahan Bumi Papan Selara dengan PG andi sekitar 16 kilometer dengan waktu tempuh 31 menit. Sedangkan jarak lokasi dengan Krembung dan Tulungan tak sampai 13 km.

Bumi Papan Selaras sendiri berada di jalan raya provinsi Kota Sidoarjo. Tidak tanggung-tanggung, perumahan ini memasarkan 694 unit rumah, dan sebanyak 425 unit habis terjual. Rinciannya 60 unit ruko, 204 unit T-40, 114 unit T-50, 108 unit T-60, 96 unit T-80.

Tak perlu khawatir kehabisan, perumahan ini akan memasarkan 91 unit baru T-120 dan 19 unit eksklusif dalam bentuk town house di 2016.

Fasilitas yang ditawarkan pun lengkap, seperti sport center, kolam renang, fasilitas keamanan 24 jam, dan fasilitas ruko. Harga kisaran untuk rumah ini adalah Rp 377 juta – Rp 677 juta.

3. Safira Garden

Safira Garden juga terletak di di Sidoarjo, tepatnya di di Jalan Raya Sepande, Kelurahan Candi, Sidoarjo, Jawa Timur. Perumahan ini tergolong dekat dibanding Perumahan sebelumnya, yaitu jarak antara perumahan dengan PG Candi adalah 3,6 kilometer, jarak dengan PG Krembung 19,2 kilometer, dan PG. Tulungan 11,3 kilometer.

Ditawarkan tujuh tipe rumah yang memiliki fasilitas sekolah di dalam perumahan, kolam renang anak-anak, club house, dan jogging track. Kisaran harga untuk rumah di Safira Garden sebesar Rp  510 juta – Rp 1,55 miliar. (Kantri M/Ahm)


Source: liputan6.com
Mau Lepas dari Jeratan Kartu Kredit? Ini Caranya!

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan kartu kredit yang berlebihan bisa membuat Anda terlibat jeratan utang besar. Untuk itu, dibutuhkan kemampuan untuk mengontrol diri saat memakai kartu kredit.

Kalau saat ini Anda sudah terlanjur ketergantungan pada kartu kredit, bukan berarti tidak bisa insyaf dan berhenti menggunakannya.

Berikut ini empat cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan memakai kartu kredit seperti dilansir dari laman cheatsheet.net, Sabtu (16/1/2016):

1. Batasi penggunaan

Idealnya, batas penggunaan kartu kredit yang maksimal adalah tiga kali gaji. Apabila lebih dari hal tersebut, maka dipastikan kita akan gali lubang tutup lubang untuk membayar tagihannya. Jadi membatasi dengan tiga kali gaji itu merupakan batas maksimal yang bisa kita bayar setiap bulannya.

2. Jangan menggunakan lebih dari dua kartu kredit

Apabila memungkinkan, hindari penggunaan kartu kredit lebih dari dua, karena Anda akan merasa kesulitan untuk membayarnya ketika jatuh tempo dengan tanggal yang berbeda.

Anda akan merasa bahwa gaji yang diterima selalu habis untuk membayar tagihan kartu kredit tanpa ada simpanan tabungan atau investasi.

3. Sedia uang tunai

Dengan mempunyai ekstra uang tunai di dalam dompet, Anda tidak harus menggesek kartu kredit yang nantinya malah akan menimbulkan hutang baru. Menggunakan uang tunai dapat menjadikan Anda lebih selektif lagi dalam berbelanja.

Belilah kebutuhan yang sekiranya memang Anda perlukan saat itu tanpa tergoda dengan cicilan 0 persen atau hadiah-hadiah menarik lainnya.

4. Buat anggaran biaya

Sebelum belanja untuk keperluan sehari-hari, buatlah anggaran belanja sehingga dapat meredam keinginan untuk membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan.

Anggaran biaya ini termasuk hal yang penting untuk dilakukan karena akan membuat kita menghitung kembali uang yang masih tersisa. (Vna/Ndw)


Source: liputan6.com
Punya Sifat Ini? Siap-siap Anak Anda Jadi Miliarder

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orangtua selalu mengidamkan anaknya meraih prestasi di sekolah, terhindar dari masalah, dan sukses di masa dewasa. 

Sampai kini memang tak ada resep khusus dalam membesarkan seorang agar nantinya dapat menjadi orang yang sukses hingga mampu menjadi seorang miliarder.

Namun para psikolog menemukan adanya beberapa faktor yang bisa memperkirakan kesuksesan seorang anak. Yang mengejutkan, faktor itu ternyata ada pada orangtuanya.

Mengutip laman businessinsider, Sabtu (16/1/2016), berikut adalah 7 karakter orangtua calon pemilik anak sukses:

1. Mengajarkan anak keahlian sosial

Peneliti dari Pennsylvania State University and Duke University menelusuri lebih dari 700 anak usia TK sampai 25 tahun dan menemukan hubungan erat antara kemampuan sosial semala TK menentkan sukses di usia dewasa dua dekade mendatang.

2. Membiasakan Anak Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Mantan Dekan Freshmen dari Universitas Stanford AS, Julie Lythcott Haims menganggap anak yang dibiasakan mengerjakan tugas rumah akan menjelma menjadi pegawai yang bisa bekerjasama dengan rekannya. Mereka juga bisa memiliki rasa empati tinggi dan mampu mengerjakan tugas secara mandiri.

3. Memiliki ekspektasi tinggi

Menggunakan data survei 6.600 anak yang lahir di tahun 2001, profesor Neal Halfon dari UCLA menemukan ekspektasi orang tua terhadap anaknya bisa berdampak pencapaian yang besar.

"Orangtua yang berharap anaknya mencapai kuliah terlihat berusaha mengatur agar anaknya bisa mencapai tujuan itu dengan pendapatan mereka atau kekayaan yang dimiliki," kata Halfon.


Source: liputan6.com
10 Tips Investasi dari Tangan Kanan Warren Buffett

Liputan6.com, Jakarta - Charlie Munger pernah berhenti kuliah sebelum bekerja sebagai meteorologis di US Army Air Corps dan lulus sarjana hukum di Universitas Harvard.

Lalu, ia bertemu dengan Warren Buffett. Sisanya adalah sejarah. Sebagai orang kedua di Berkshire Hathaway, Munger adalah tangan kanan Buffett. Ia memiliki kekayaan bersih US$ 1,19 miliar.

Seperti Buffett, Munger juga punya kecerdasan investasi yang tajam. Dilansir dari Business Insider, Sabtu (16/1/2016), berikut beberapa kutipan terbaik Munger soal investasi, bisnis, dan kehidupan:

1. Jangan berpikir Anda sangat cerdas

"Jika Anda kira IQ Anda 160 tapi ternyata 150 maka itu bencana. Ini jauh lebih baik memiliki IQ 130 dan berpikir hanya punya 120."

2. Orang pintar melakukan hal-hal bodoh

"Kami menyadari sejak awal kalau orang yang sangat pintar melakukan hal bodoh dan kami ingin tahu mengapa dan siapa supaya bisa menghindari mereka."

3. Berinvestasilah dalam bisnis yang orang bodoh pun dapat menjalankannya

"Berinvestasi di bisnis yang orang bodoh pun dapat menjalankannya. Jika tidak bisa tahan dengan sedikit kesalahan manajemen, maka itu bukan bisnis. Kami tidak mencari kesalahan tapi siapa yang bisa bertahan."

4. Hanya ada satu jalan ke atas: kerja keras

"Jika Anda ingin mendapatkan sesuaty yang kompetitif, Anda harus berpikir dan banyak berlatih. Anda harus terus belajar karena dunia terus berubah dan para kompetitor mempelajarinya.

Anda harus pergi tidur dalam keadaan lebih bijaksana daripada ketika bangun. Anda boleh bergerak perlahan tapi harus ke arah atas."


Source: liputan6.com
Pengusaha Hotel Tak Khawatir Teror Susulan Usai Bom Thamrin

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha hotel dan restoran mengaku tidak khawatir soal keamanan dan adanya teror susulan pasca terjadinya insiden ledakan bom di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat pada Kamis, 14 Januari 2016 lalu.
 
Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)‎ Haryadi Sukamdani mengatakan, belajar dari pengalaman sebelumnya di mana ancaman bom biasanya menyerang area publik seperti hotel dan ‎pusat perbelanjaan, anggota PHRI telah menerapkan standar pengamanan secara ketat untuk menghindari insiden semacam ini.

"Kita ada peningkatan pengamanan di hotel, seperti mal saja, kita kan juga area terbuka," ujarnya di Jakarta, seperti ditulis Sabtu (16/1/2016).

Haryadi menjelaskan, untuk meningkatkan standar keamanan di hotel dan restoran, bahkan ‎pihaknya telah bekerja dengan kepolisian untuk pelatihan pihak keamanan hotel dan restoran. Bahkan di daerah pariwisata yang banyak dikunjungi warga negara asing seperti Bali, ada sertifikasi khusus untuk hotel yang telah memenuhi standar keamanan.

Baca Juga

  • Pengusaha: Mal Sudah Kembali Normal
  • Efek Ledakan Bom Sarinah, 4 Mal Tutup Sementara
  • Cerita Bos Sarinah Saat Hadapi Teror Jakarta

Source: liputan6.com
OJK: RI Harus Bisa Manfaatkan Rendahnya Tingkat Inflasi

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad menyatakan Indonesia ‎masih mendapat tantangan perekonomian yang berat pada tahun ini. Mulai dari perlambatan ekonomi, penurunan daya beli masyarakat serta ketimpangan antara masyarakat kaya dan miskin.

‎Tak sekadar itu, Indonesia juga dihadapkan pada pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN) yang seperti dua sisi mata uang. Satu sisi pasar akan kian terbuka lebar, di sisi lain kompetisi juga semakin tinggi.

Oleh karenanya, Muliaman mengatakan pertumbuhan ekonomi mesti didorong secara optimal.

"Saya memandang momentum inflasi yang rendah harus dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan kegiatan produksi domestik, dengan memanfaatkan ruang ekspansi dari sistem keuangan," kata dia di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Dia menuturkan tahun lalu Indonesia berhasil menghadapi tantangan yang berat terutama dari global. Sebagaimana diketahui, Zona Eropa dan Jepang disibukan dengan inisiatif untuk keluar dari tekanan deflasi.

Baca Juga

  • Gelar Pertemuan Tahunan, OJK Beberkan Rencana Kerja Tahun Ini
  • Usai Teror Bom, Penjagaan Wapres di Acara OJK Lebih Ketat
  • KUR Rp 120 Triliun Dikucurkan, OJK Wanti-wanti Kredit Macet

Source: liputan6.com
Harga Minyak Picu Wall Street Jatuh ke Level Terendah

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) jatuh pada perdagangan saham Jumat pekan ini didorong harga minyak tertekan di bawah US$ 30 per barel. Kekhawatiran terhadap pertumbuhan ekonomi AS dan pinjaman China menambah tekanan ke bursa saham AS.

Indeks saham Dow Jones melemah 391,79 poin atau 2,39 persen ke level 15.987,26. Diikuti indeks saham S&P 500 jatuh 41,56 poin atau 2,16 persen ke level 1.880,28. Indeks saham Nasdaq merosot 126,59 poin atau 2,74 persen ke level 4.488,42.

Indeks saham S&P 500 menyentuh level terendah sejak Oktober 2014. Seluruh sektor saham di indeks saham S&P 500 melemah dan 30 komponen indeks saham Dow Jones juga merosot.
Sektor saham energi mengalami pelemahan tajam sebanyak 2,65 persen.

Baca Juga

  • Bursa Asia Sentuh Level Terendah dalam 3,5 Tahun
  • Harga Minyak Naik ke Level US$ 31 per Barel
  • Harga Minyak Jatuh Bakal Ganggu Neraca Perdagangan RI

Source: liputan6.com
PLTG Menambah Pasokan Listrik di Gorontalo

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Listik Negara (PLN) telah merampungkan pembangunan pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) Gorontalo yang mulai dibangun pada 19 September 2015 lalu. PLTG tersebut mulai diuji coba tegangan untuk masuk ke sistem kelistrikan Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo).

Direktur Bisnis Regional Sulawesi & Nusa Tenggara, Machnizon Masri mengatakan, percepatan pembangunan PLTG ini untuk menjawab kebutuhan warga akan listrik yang semakin hari semakin tinggi di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo).

Machnizon menjelaskan, saat ini beban puncak di Suluttenggo pada siang hari mencapai 325 megawatt (MW), sementara daya mampu pasok 320 MW. Bahkan khusus untuk Gorontalo daya mampu pasok listrik hanya sekitar 50 MW sedangkan beban puncak mencapai 80 MW–85 MW.

"Dengan masuknya sistem PLTG Gorontalo ini, akan menjadi jawaban akan kurangnya listrik di wilayah Suluttenggo, khusunya Gorontalo dan mampu meningkatkan rasio elektrikfikasi hingga 84,4 persen," ujar dia di Gorontalo, seperti ditulis Sabtu (16/1/2016).

Sementara itu Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie menyatakan apresiasinya kepada PLN dan semua yang terlibat dalam proyek PLTG ini. Dia berharap dengan beroperasinya PLTG tersebut bisa menambah daya mampu pasok listrik di Gorontalo.

"Terima kasih atas kerja sama yang apik dengan semua pihak serta kerja keras PLN, sehingga proyek PLTG Gorontalo bisa rampung dan diharap bisa masuk sistem sehingga bisa menambah pasokan listrik masyarakat Gorontalo," kata dia.

PLTG Gorontalo Masuk Mega Proyek 35 Ribu MW

Sebelumnya, Direktur Bisnis Regional Sulawesi & Nusa Tenggara PLN Machnizon Masri mengatakan, PLTG Gorontalo merupakan pembangkit listrik pertama yang berhasil rampung dalam mega Proyek 35 ribu MW yang ditargetkan selesai dalam lima tahun ke depan.

"Progres pembangunan PLTG Gorontalo ini terbilang cukup cepat, kami telah berhasil memasang 4 unit mesin pembangkit kapasitas 25 MW, dan hari ini kami juga telah menjalankan pengetesan panel dan trafo di gardu induk (GI) PLTG Gorontalo, dan semuanya berjalan dengan baik, jika hasilnya stabil seperti ini saya optimis proses masuk sistem akan segera terealisasi dalam 24 jam kedepan," kata dia.

Untuk keseluruhan pemasangan empat unit pembangkit berkapasitas masing-masing 25 MW telah dilakukan. Dua di antaranya dipastikan telah berhasil melalui sejumlah uji coba, mulai dari uji coba tegangan, pengecekan kabel konduktor dan isolator, pengecekan panel serta uji coba penyaluran tegangan masuk melalui Gardu Induk.

Sebanyak 700 pekerja terlibat dalam proses percepatan pembangunan PLTG yang terletak di desa Maleo, kecamatan Paguat, kabupaten Pohuwato, propinsi Gorontalo.

Pada tahap pertama, lanjut Machnizon, 2 unit masing-masing berkapasitas 25 MW telah berhasil melalui uji coba sistem dan tegangan, dengan masuknya 2 unit pembangkit berkapasitas 25 MW akan menambah 50 MW sistem kelistrikan Sulutgo.

Sementara itu untuk tahap selanjutnya atau 2 unit mesin lainnya, akan segera masuk sistem listrik Sulutgo pada akhir Februari 2016.

"Cepatnya pengerjaan proyek PLTG Gorontalo ini sebagai wujud nyata keseriusan PT PLN (Persero) untuk mengejar target pembangunan tenaga listrik 35 ribu MW yang menjadi program prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam bidang infrastruktur kelistrikan," kata dia.

Selain itu, secara bersamaan PLN juga telah berhasil merampungkan, gardu induk PLTG Gorontalo, serta pembangunan 6 tower saluran udara tegangan tinggi (SUTT) PLTG Gorontalo–gardu induk Marisa berkapasitas 150 kilo Volt (kV) dengan panjang 1,4 kilo meter sirkit (kms). (Dny/Ahm)

 

 


Source: liputan6.com
Cemas Pasokan Iran, Harga Minyak Sentuh US$ 29 per Barel

Liputan6.com, New York - Harga minyak berada di bawah level US$ 30 per barel pada Jumat pekan ini. Harga minyak telah turun 11 persen selama sepekan seiring pelaku pasar khawatir terhadap pasokan minyak Iran menambah pasokan global.

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari melemah US$ 1,78 atau 5,7 persen menjadi US$ 29,42 per barel di New York Mercantile Exchange. Harga minyak sempat sentuh level terendah di US$ 29,13. Harga minyak tersebut terendah sejak November 2003.

Sementara itu, harga minyak Brent melemah US$ 1,94 atau 6,3 persen menjadi US$ 28,94 per barel. Harga minyak Brent merosot lebih dari 14 persen selama sepekan, dan terendah sejak Februari 2004.

Baca Juga

  • Harga Minyak Jatuh Bikin Perusahaan Migas Minta Insentif
  • Harga Minyak Naik ke Level US$ 31 per Barel
  • Harga Minyak Jatuh Bakal Ganggu Neraca Perdagangan RI

Source: liputan6.com
Top 3: 4 Tipe Pegawai Paling Dicari Perusahaan

Liputan6.com, Jakarta - Mencari pekerjaan di era saat ini memiliki tantangan tersendiri. Pintar atau lulusan dari universitas ternama saja ternyata tak cukup untuk jadi modal memiliki karier yang sukses, atau mendapat pekerjaan impian.

Ada beberapa karakteristik penunjang dari diri pelamar kerja yang dilihat pihak perusahaan. Meskipun Anda sudah mendapat pekerjaan, sikap-sikap di bawah ini juga perlu dimiliki untuk perkembangan karir.

Artikel selain pintar, empat tipe pegawai paling dicari perusahaan telah menyita perhatian pembaca di kanal bisnis saat menyambut akhir pekan. Tak hanya itu, cerita Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Ira Puspa ketika menghadapi teror Jakarta juga telah menyedot perhatian.

Ingin tahu artikel mana saja terpopuler di kanal bisnis? Berikut rangkuman tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com seperti ditulis Sabtu (16/1/2016):

1. Selain Pintar, Ini 4 Tipe Pegawai Paling Dicari Perusahaan

Mencari pekerjaan di era saat ini memiliki tantangan tersendiri. Pintar atau lulusan dari universitas ternama saja ternyata tak cukup untuk jadi modal memiliki karier yang sukses, atau mendapat pekerjaan impian.

Ada beberapa karakteristik penunjang dari diri pelamar kerja yang dilihat pihak perusahaan. Meskipun Anda sudah mendapat pekerjaan, sikap-sikap di bawah ini juga perlu dimiliki untuk perkembangan karir. Selengkapnya baca di sini

2. Bos Sarinah Buka-bukaan Soal Teror di Thamrin

Bermula dari cerita yang menjadi viral di media sosial. Kisah kepahlawanan seorang satpam di pusat perbelanjaan Sarinah saat teror ledakan di Jalan Thamrin pada Kamis 14 Januari 2016 siang kemarin.

Dalam catatan tersebut, seorang satpam Sarinah mencurigai satu anak muda yang masuk seperti membawa sesuatu di dalam tubuhnya.

Karena takut memeriksa sendiri, satpam tersebut menggiring anak muda tersebut ke pos polisi terdekat dan sesampainya di depan Pos Polisi, maka meledaklah bom bunuh diri tersebut yang bukan hanya menewaskan terorisnya sendiri, tapi juga Satpam Sarinah yang menggiring teroris tersebut, dan satu wanita yang lagi menyeberang jalan.

Namun cerita tersebut tak terkonfirmasi. Kepala Pengamanan Manajemen Gedung Sarinah, Suharto, membantah berita terkait satpam yang menjadi korban tewas teror tersebut. Ia sudah melakukan konfirmasi ke polisi bahwa informasi tersebut tidak benar.

Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Ira Puspa Dewi pun mengamini apa yang diungkapkan oleh Suharso. “Tidak ada satpam Sarinah yang menjadi korban. Tidak ada korban dari Sarinah," kata Ira.  Ia melanjutkan, tidak benar ada kronologi kejadian yang menyebutkan ada upaya dari pelaku untuk masuk ke dalam gedung terlebih dahulu. Selengkapnya baca di sini

3. Tingkat Optimisme Orang Indonesia Tertinggi ke-2 di Dunia

Banyaknya peristiwa yang terjadi di seluruh penjuru dunia seringkali menarik atensi yang begitu besar dari masyarakat. Tidak jarang, hal tersebut pun dapat mempengaruhi optimisme masyarakat terhadap kondisi dunia saat ini.

Penelitian yang dilakukan oleh YouGov mengungkap bahwa China merupakan negara dengan penduduk paling optimistis. Seperti yang dilansir dari laman yougov.co.uk, Jumat (15/1/2016), 41 persen pengguna Internet di China mengaku bahwa mereka optimistis melihat dunia berkembang menjadi lebih baik. Sementara di posisi kedua ditempati Indonesia dengan presentase 23 persen.

Survei yang dilakukan kepada 18.000 orang tersebut mengungkap bahwa presentase keoptimisan warga China 10 persen lebih tinggi dibandingkan 16 negara lainnya. Selengkapnya baca di sini

(Ahm/Gdn)

 


Source: liputan6.com
China Minat Bangun Pembangkit Listrik dari Sampah

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat dua perusahaan asal China yang bergerak di sektor pembangkit listrik tenaga sampah dan industri galangan kapal telah menyatakan minatnya untuk berinvestasi di Indonesia.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, perusahaan yang menyatakan minat salah satunya adalah di bidang energi terbarukan yang mengubah pengolahan sampah menjadi energi listrik.

"Mereka menyampaikan, untuk tahap awal mereka akan membuat proyek percontohan. Nantinya diharapkan bisa membuat 3 proyek ke depan dengan masing-masing nilai investasi per proyek US$ 50 juta untuk mengolah 600 ton sampah per hari," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (16/1/2016).

Franky menuturkan, China memiliki sejumlah pembangkit listrik tenaga sampah. Salah satu lokasi pembangkit listrik tenaga sampah yang dioperasikan oleh investor di Kota Nantong, Provinsi Jiangsu.

Baca Juga

  • Investor Kurang Berminat Kembangkan Listrik dari Sampah
  • PBB Pilih Jambi Jadi Contoh Proyek Listrik dari Sampah
  • Gaet Investor Pembangkit Listrik dari Sampah, ESDM Revisi Aturan

Source: liputan6.com
China Minati Bangun Pembangkit Listrik dari Sampah

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat dua perusahaan asal China yang bergerak di sektor pembangkit listrik tenaga sampah dan industri galangan kapal telah menyatakan minatnya untuk berinvestasi di Indonesia.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, perusahaan yang menyatakan minat salah satunya adalah di bidang energi terbarukan yang mengubah pengolahan sampah menjadi energi listrik.

"Mereka menyampaikan  untuk tahap awal mereka akan membuat proyek percontohan. Nantinya diharapkan bisa membuat 3 proyek ke depan dengan masing-masing nilai investasi per proyek US$ 50 juta untuk mengolah 600 ton sampah per hari," ujar dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (16/1/2016).

Franky menuturkan, China memiliki sejumlah pembangkit listrik tenaga sampah. Salah satu lokasi pembangkit listrik tenaga sampah yang dioperasikan oleh investor di Kota Nantong, Provinsi Jiangsu.

Baca Juga

  • Investor Kurang Berminat Kembangkan Listrik dari Sampah
  • PBB Pilih Jambi Jadi Contoh Proyek Listrik dari Sampah
  • Gaet Investor Pembangkit Listrik dari Sampah, ESDM Revisi Aturan

Source: liputan6.com
Pembebasan Lahan Terhambat Proses Pencairan Anggaran

Liputan6.com, Denpasar - Proses pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur nasional sangat tergantung dengan ketersediaan dan proses pencairan anggaran negara.

Ketika proses pencairan anggaran memakan waktu cukup lama, maka pembebasan lahan akan tertunda. Hal itu berdampak kepada terhambatnya rencana pembangunan infrastruktur nasional.

"Kami memang garda terdepan dalam hal pembebasan lahan, tapi kami tidak punya kewenangan untuk approve keluarnya anggaran (pembebasan lahan) itu," kata Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Ferry Mursyidan Baldan saat seminar Hukum Agraria : Tanah untuk Kesejahteraan Rakyat, di Universitas Dwijendra, Denpasar, Bali, seperti ditulis Sabtu (16/1/2016).

Ia menuturkan, ada proses pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur nasional yang tertunda pada akhir 2015.

Baca Juga

  • Menteri Agraria Ferry Minta Bubarkan Organisasi di Rusun
  • Menteri Ferry: Pemerintah Bakal Akui Lahan Masyarakat Adat
  • Ide Kepala BPN Selesaikan Sengketa Tanah Berkepanjangan

Source: liputan6.com
5 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Saat Berbisnis

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pengusaha pasti mengalami jatuh-bangun dalam berbisnis. Kalau Anda sekarang dalam posisi ini, jangan berkecil hati.

Kesalahan dalam berbisnis bisa jadi pengalaman terbaik. Anda cukup beruntung jika pernah mengalami hal tersebut, asalkan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Seperti ditulis Entrepreneur, Sabtu (16/1/2016), berikut lima kesalahan dalam berbisnis yang sebaiknya Anda hindari:

1. Jangan terburu-buru membuat kemitraan

Anda seharusnya tidak membuat kemitraan profesional hanya karena hubungan pertemanan, rekan kerja, atau keluarga. Sangat penting mencari rekan yang sempurna untuk menjaga bisnis tetap berjalan.

Banyak orang cenderung terbawa euforia memulai sebuah usaha. Namun, ketika bisnis sudah berjalan, sangat sulit menangani realitas sehari-hari.

Pastikan Anda mendapat mitra yang terampil dan memiliki pendekatan kebalikan dari Anda. Hal ini bertujuan supaya Anda dan mitra itu bisa sama-sama mempertahankan naluri bisnis.

2. Jangan berkecil hati

Menjalankan bisnis merupakan suatu jalan yang berkelok-kelok panjang. Nikmati semua prosesnya. Anda akan mengalami jatuh-bangun. Anda mungkin mendapat klien menakjubkan atau menjengkelkan dalam sehari.

Yang perlu diingat, bisnis Anda tidak akan stabil. Selalu ada kegagalan, kekecewaan, dan keraguan. Alih-alih merasa sedih, Anda harus fokus menjadi tangguh dan belajar menangani stres yang produktif.

3. Jangan lupakan alasan Anda ingin memulai bisnis

Anda harus selalu ingat apa tujuan memulai bisnis. Apakah mengikuti gairah atau ingin menghabiskan waktu lebih banyak untuk keluarga.

Sangat mudah melupakan tujuan itu ketika waktu dan energi Anda habis untuk berbisnis.Tapi sedikit pengorbanan akan membayar Anda dengan hal yang paling diinginkan, yaitu kesuksesan.

4. Jangan melakukan semuanya seorang diri

Mungkin modal usaha Anda hanya sedikit jadi Anda terpaksa melakukan semuanya seorang diri. Hal ini hanya akan menghabiskan waktu dan energi. Padahal kedua hal tersebut sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan bisnis Anda.

Tidak ada salahnya mengeluarkan sedikit uang supaya pekerjaan yang tidak membutuhkan Anda bisa dikerjakan orang lain, misalnya urusan administrasi. Dengan cara ini maka Anda bisa fokus untuk mencapai tujuan.

5. Jangan berhenti berkembang

Strategi, rencana pemasaran, dan target pasar tidak terukir di batu. Dunia berubah cepat saat ini. Sebagai pengusaha Anda mungkin berada di posisi tidak menguntungkan karena sumber daya terbatas. Tapi Anda punya keuntungan kalau mampu mengubah arah dan beradaptasi dengan cepat.

Pasang mata dan teruslah membuka pikiran Anda terhadap ide-ide baru. Yang terpenting, jangan takut membuat kesalahan. (Elsa A/Ahm)


Source: liputan6.com
JK: RI Pakai Kekuatan Domestik untuk Menangkan MEA

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan Indonesia harus memanfaatkan kekuatannya untuk memenangkan persaingan saat pelaksanaan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

JK mengatakan, MEA merupakan persaingan yang terselubung, ditutupi dalih kerja sama. Karena itu untuk memenangkan persaingan tidak bisa menggantungkan dan mempercayai negara lain.

"Persaingan antara MEA itu persaingan dalam kerja sama, kerja sama dalam persaingan. Karena itu tidak bisa gantungkan perekonomian kita pada orang lain," kata JK, di Jakarta, seperti ditulis Sabtu (16/1/2016).

Baca Juga

  • MEA Berlangsung, Minat Ekspatriat di Sektor Properti Menggeliat
  • Dinilai Minim Ketrampilan, Pekerja RI Sulit Bersaing di MEA
  • Menaker: Tenaga Kerja Pariwisata Paling Siap Hadapi MEA

Source: liputan6.com
Orang Asia Lebih Pilih Kerja Saat Libur, Bagaimana Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi pegawai di kawasan Asia Pasifik dalam bahaya.

Lebih dari separuh atau 61 persen pekerja di kawasan ini mengaku tetap bekerja meski sedang berakhir pekan. Lebih mengenaskan lagi, para pegawai tak bisa menghentikan rutinitas kerjanya bahkan ketika waktu bersama keluarga maupun liburan.

Mengutip temuan terbaru Visa Affluent Survey dari laman prnasia.com, Sabtu (16/1/2016), 4.000 responden dari 8 negara Asia Pasifik, India merupakan negara yang memiliki penduduk dengan saat liburan paling sedikit. Lebih dari 52 persen penduduknya tetap bekerja meski hari libur.

Disusul Singapura sebesar 45 persen, dan Tiongkok 43 persen. Tercatat hanya 12 persen responden yang mengaku benar-benar menikmati hari libur atau waktu bersama keluarga selama setahun yang lalu.

Sementara di Indonesia, sebanyak 18 pegawai pria mengaku masih bekerja meski tengah berakhir pekan. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan pegawai wanita dengan porsi 17 persen dari responden.

Selama libur bersama keluarga, responden mengaku tak bisa lepas dari kiriman pesan email kantor maupun tugas-tugas tertentu.

Sebanyak 83 persen pekerja di Indonesia bahkan masih mengecek email kantor selama bekerja. Lebih banyak dari Hong Kong sebesar 79 persen dan Jepang 77 persen.

Tak heran, sebanyak 54 persen kalangan berduit di Asia Pasifik kini mulai menggunakan jasa asisten. Bahkan di Indonesia, 66 persen pekerja dengan pendapatan tinggi menggunakan jasa seperti itu.

Para asisten ini biasanya menawarkan jasa bagi orang yang tak ingin kehilangan waktu berkualitas bersama keluarga. Mulai dari pertemuan keluarga hingga reservasi restoran bisa dilakukan lewat jasa ini. (Vna/Ahm)


Source: liputan6.com
Penanganan Cepat Usai Teror Jakarta Bikin Rupiah Menguat

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani mengapresiasi koordinasi yang baik antar lembaga pemerintah menangani insiden bom di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Kamis 14 Januari 2016.

"Kadin mengapresiasi koordinasi yang baik di antara lembaga pemerintah dan antara pemerintah dengan Polri dan TNI sehingga kepercayaan masyarakat dan pasar tetap tinggi. Selama kita bisa aktif menjaga kewaspadaan dan stabilitas dengan tidak membuat pernyataan atau informasi yang spekulatif maka dampak terorisme terhadap perekonomian bisa diminimalkan," ujar dia di Jakarta, Sabtu (16/1/2016).

Rosan menuturkan, berkat penanganan yang cepat dari pemerintah dan pihak keamanan, kepercayaan investor kembali meningkat. Hal itu berdampak pada penguatan rupiah yang sebelumnya sempat melemah hampir menembus 14.000 per dolar Amerika Serikat (AS) akibat adanya insiden tersebut.

Baca Juga

  • Bos Sarinah Buka-bukaan Soal Teror di Thamrin
  • Teror Jakarta Tak Pengaruhi Minat Investasi China
  • Pengusaha: Mal Sudah Kembali Normal

Source: liputan6.com
Kapal Ini Bikin Pasokan Listrik Sulawesi Aman

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan segera mengoperasikan kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) Karadeniz Powership Zeynep Sultan yang disewa dari Turki.
Kapal berkapasitas 120 megawatt (MW) ini berada di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

General Manager PLN Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) Baringin Nababan mengatakan, pengoperasian kapal pembangkit listrik ini akan menutupi defisit pasokan listrik untuk wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo) yang mencapai 50 MW‎.

"Beban puncak yang tercatat mencapai 325 MW. Sedangkan kami mampu pasok sebesar 275 MW. Jadi ada defisit sekitar 50 MW. Dengan masuknya 120 MW ini maka defisit yang ada akan teratasi‎," ujar dia di Amurang, Sulawesi Utara, Sabtu (16/1/2016).

Baca Juga

  • Defisit Listrik RI Sudah dalam Taraf Mengerikan
  • Pembebasan Lahan Selesai, PLTU Batang Segera Dibangun
  • 2.519 Desa di Indonesia Timur Akan Nikmati Listrik di 2016

Source: liputan6.com
PLN Bakal Kembali Datangkan Kapal Pembangkit Listrik dari Turki

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan kembali mendatangkan kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) dari Turki guna menambah pasokan listrik ‎untuk sejumlah wilayah.

Sebelumnya, PLN telah mendatangkan kapal pembangkit listrik serupa untuk menambah pasokan listrik di wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo).‎

Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara PLN Machnizon Masri mengatakan, kapal-kapal tersebut akan ditempatkan di beberapa lokasi seperti Kupang Nusa Tenggara Timur, Lombok Nusa Tenggara Barat , Ambon dan Belawan Sumatera Utara.

Baca Juga

  • PLN Rampungkan Pembangkit Listrik Pertama Proyek 35 Ribu MW
  • PLN Pasok Listrik 60 MW untuk KEK Sei Mangkei Februari 2016
  • PLN Gratiskan Biaya Tambah Daya ke 1.300 VA

Source: liputan6.com
Harga Saham Terpuruk, Miliarder Dunia Kehilangan Rp 4.236 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Jatuhnya nilai saham berpengaruh sangat besar terutama bagi para orang kaya di dunia. 400 miliarder dunia dikabarkan telah kehilangan dana total US$ 305 miliar atau setara dengan Rp 4.236 triliun saat ekuitas global terpuruk di awal 2016.

Para miliarder kehilangan lebih dari US$ 115 miliar pada minggu ini, dengan 76 di antaranya kehilangan paling tidak US$ 1 miliar hartanya.

Menurut Indeks Bloomberg Billionaires, tujuh miliarder kehilangan lebih dari US$ 1 miliar pada Jumat saat saham Dow Jones Industrial Average turun 391 poin. Saham Eropa dan Shanghai Composite Index pun ikut jatuh.

Pendiri Amazon.com, Jeff Bezos merupakan miliarder yang memiliki penurunan harta paling besar. Melansir laman Bloomberg, Sabtu (16/1/2016).

Baca Juga

  • Rahasia Sukses Jadi Miliarder dari Bos Yahoo
  • 5 Miliarder Ini Harus Rela Hilang Harta Hingga Rp 326,3 Triliun
  • Gemar Berpesta, Miliarder Ini Rayakan Tahun Baru di Pulau Pribadi

Source: liputan6.com
Top 3: Menang Lotre, Tukang Bangunan Kaya Mendadak

Liputan6.com, Jakarta - Jose Sarabia, tukang bangunan asal Texas, Amerika Serikat ini baru saja menjadi orang kaya baru setelah dirinya memenangkan lotre senilai US$ 2 juta atau Rp 27,7 miliar (kurs: Rp 13.853/US$). Padahal tanpa keberuntungan yang menyertai, dirinya nyaris hanya mendapatkan setengah dari kemenangannya itu.

Melansir laman koat.com, Jumat 13 Januari 2016, Sarabia bekerja sebagai pekerja konstruksi di Loving, New Mexico dan pulang ke Texas setiap akhir pekan. Awal pekan lalu, dia menukarkan tiket kemenangannya ke pusat New Mexico Lottery Albuquerque.

Artikel tukang bangunan kaya mendadak ini masih menarik perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com pada Sabtu (16/1/2016). Ingin tahu apa saja artikel yang menyedot perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com, berikut rangkumannya:

1. Menang Lotre Rp 27,7 Miliar, Tukang Bangunan Kaya Mendadak

Menang lotre Rp 27,7 miliar, tukang bangunan kaya mendadak

Jose Sarabia, tukang bangunan asal Texas, Amerika Serikat ini baru saja menjadi orang kaya baru setelah dirinya memenangkan lotre senilai US$ 2 juta atau Rp 27,7 miliar (kurs: Rp 13.853/US$). Padahal tanpa keberuntungan yang menyertai, dirinya nyaris hanya mendapatkan setengah dari kemenangannya itu.

Melansir laman koat.com, Jumat 13 Januari 2016, Sarabia bekerja sebagai pekerja konstruksi di Loving, New Mexico dan pulang ke Texas setiap akhir pekan. Awal pekan lalu, dia menukarkan tiket kemenangannya ke pusat New Mexico Lottery Albuquerque.
Sebelum kemenangan yang mengubah hidupnya itu, Sarabia ternyata hampir tidak jadi membeli tiket lotre tersebut. Saat dia meminta pada petugas penjual tiket, sang kasir tak sengaja mencetak dua tiket. Selengkapnya baca di sini

2. Mau Lepas dari Jeratan Kartu Kredit? Ini Caranya!

Meskipun risiko kartu kredit sangat besar, tapi kamu tetap membutuhkannya.

Penggunaan kartu kredit yang berlebihan bisa membuat Anda terlibat jeratan utang besar. Untuk itu, dibutuhkan kemampuan untuk mengontrol diri saat memakai kartu kredit.

Kalau saat ini Anda sudah terlanjur ketergantungan pada kartu kredit, bukan berarti tidak bisa insyaf dan berhenti menggunakannya. Selengkapnya baca di sini

3. Kue Termahal di Dunia Ini Seharga Rp 1 Triliun, Minat Beli?

Kue Termahal di Dunia

Setiap perayaan ulang tahun atau pernikahan biasanya disajikan kue nan cantik. Kue cantik tersebut dibuat agar bisa dikenang. Tak jarang, kue-kue ulang tahun atau kue pernikahan tersebut sayang untuk dipotong dan dinikmati.

Ternyata, ada beberapa orang di dunia ini menghabiskan dana hingga triliunan agar kue ulang tahun atau kue pernikahannya tak hanya sekedar kue saja namun kue yang bisa dikenang sepanjang masa. Selengkapnya baca di sini   (Ahm/Igw)


Source: liputan6.com
Ekonomi RI Hadapi Banyak Tantangan pada 2016

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani menyatakan, ekonomi Indonesia saat ini masih belum bisa lepas dari berbagai faktor baik di dalam negeri maupun internasional.

Faktor-faktor tersebut di antaranya penyesuaian ekonomi dan sistem keuangan China, gejolak pasar keuangan dunia, disusul dengan aksi teror yang terjadi akhir-akhir ini. Hal-hal tersebut dinilai bakal mempengaruhi ekonomi Indonesia pada tahun ini.

"Kita harus menumbuhkan kembali kepercayaan investor, terus menggerakkan ekonomi Indonesia dan yang paling penting adalah menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (16/1/2016).

Baca Juga

  • Kadin: Tugas BUMN Bukan Cari Untung
  • Kadin Usulkan Mekanisme Pembatasan‎ Tipe Kendaraan bagi Ojek
  • Agus Marto Yakin Ekonomi RI Membaik, Ini Alasannya

Source: liputan6.com