Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Selasa, 19 Januari 2016
Banyak Orang Lakukan Kesalahan Ini di Awal Bekerja
Mendapatkan tawaran bekerja setelah menyelesaikan studi selama bertahun-tahun tentu menjadi kesempatan yang sangat disayangkan untuk ditolak. Bahkan berbagai tawaran kerja seringkali telah menghampiri sebelum Anda lulus dari perguruan tinggi dan menyabet gelar sarjana.
Source: liputan6.com
5 Kultur Kantor yang Buat Karyawan Resign

Liputan6.com, Jakarta - Banyak alasan seorang karyawan pindah kerja. Ketika terjadi energi negatif di kantor, biasanya orang-orang terbaik di dalamnya akan memutuskan keluar.

Manusia adalah makhluk yang bisa merasakan energi secara sadar. Seperti ditulis Forbes, Selasa (19/1/2016), ketika energi di kantor menjadi gelap dan berat, semua orang pasti bisa merasakannya.

Baca Juga

  • 9 Kesalahan Bos yang Bikin Karyawan Resign
  • 5 Alasan Karyawan Memutuskan Resign
  • Tinggalkan Kesan Baik Saat Resign Lewat Cara Ini

Source: liputan6.com
8 Hal yang Dilakukan Orang Sukses di Usia 20 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Usia 20 tahunan merupakan titik terbesar dalam hidup. Setiap keputusan yang Anda buat pada masa ini menjadi dasar penting dalam kehidupan, karier, dan masa depan.

Pengalaman memang menjadi guru hidup yang terbaik. Tapi tidak ada salahnya kalau Anda mendengar langsung dari orang-orang yang telah meraih kesuksesan.

Baca Juga

  • 4 Kualitas Hidup untuk Gapai Kesuksesan
  • Punya Sifat Ini? Siap-siap Anak Anda Jadi Miliarder
  • 5 Alasan Karyawan Memutuskan Resign

Source: liputan6.com
Kisah Penjual Bumbu Sukses Ubah Nasib Jadi Miliarder

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pemuda asal India berhasil mengubah nasibnya dan sukses menjadi miliarder di usianya yang masih muda. Lahir di sebuah desa di Kerala, India, P.C Mustafa besar dari keluarga yang sangat sederhana.

Ayahnya merupakan seorang petani kopi sementara Ibunya merupakan seorang ibu rumah tangga yang bahkan tidak pernah merasakan bangku sekolah.

Namun berkat kerja keras serta usahanya yang tidak kenal menyerah, Mustafa mampu menjalankan sebuah perusahaan hingga beromset triliunan rupiah.

“Perusahaan saya mampu mencapai valuasi 1 miliar rupee (Rp 206 triliun) pada bulan Oktober tahun lalu. Saat ini kami mampu mencapai omset hingga 1,2 rupee (Rp 247 triliun) dengan produksi 50.000 sehari dan pegawai yang sudah mencapai 1.100 orang dalam 10 tahun” tutur Mustafa sambil memperlihatkan senyum terbaiknya.

Melansir halaman gulfnews.com, Selasa (19/1/2016) kisah Mustafa menuju sukses ternyata bukanlah perkara yang mudah. Pemuda ini harus rela putus sekolah saat sekolah dasar demi membantu sang Ayah mencukupi kebutuhan keluarga.

Sempat Putus sekolah

Setelah memutuskan untuk meninggalkan bangku sekolah, Mustafa pun kehilangan minat untuk belajar dan memutuskan untuk menjalani hidup dengan membantu ayahnya di ladang.

Namun ternyata takdir berkata lain. Gurunya di sekolah, Mathew Sir, menyarankannya untuk kembali masuk sekolah demi terus menuntut ilmu. Ia pun akhirnya kembali menuntut studi hingga mampu mendapat beasiswa untuk berkuliah di salah satu universitas prestigius di India, National Institute of Technology.

Setelah lulus dengan nilai memuaskan, Mustafa sempat bekerja di bank multinasional di Dubai. Akan tetapi ia akhirnya memutuskan untuk kembali ke kampung halaman demi dapat menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga dan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.


Source: liputan6.com
Siapa Sangka, Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Lelah Bekerja

Liputan6.com, Jakarta - Apakah belakangan ini Anda merasa cepat lelah, mengantuk atau lemas ketika sedang bekerja di kantor? Penyebabnya mungkin bukan karena daya tahan tubuh berkurang.

Sejumlah hal tak terduga bisa menjadi pemicu Anda mudah letih padahal hari masih siang. Mulai dari main ponsel sebelum tidur hingga meja berantakan. Kebiasaan tak terduga berikut ini sebaiknya dihindari agar kerja bisa lebih maksimal seperti dilansir dari carrerealism, Senin (18/1/2016):

1. Kurang Minum

Mengantuk saat sedang bekerja mungkin karena Anda sering begadang semalaman. Namun dikutip dari situs Dailymail, kurang minum juga bisa membuat Anda cepat lelah, terutama di musim panas.

Dehidrasi menyebabkan jumlah darah berkurang dan membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menyediakan nutrisi dan oksigen. Hal itu akan buat Anda letih dan mengantuk.

2. Main Ponsel Sebelum Tidur

Cahaya biru yang terpancar dari handphone dan televisi dapat menghambat hormon melatonin yang berfungsi mengatur siklus terlelap dan bangun.

Karenanya Anda jadi lebih sulit tidur dan mengantuk keesokan hari. Menurut studi yang dilakukan Michigan State University, sebaiknya Anda tidak aktif menggunakan ponsel melewati pukul 21:00.

3. Jarang Olahraga

Dikutip dari sebuah penelitian yang dilakukan University of Georgia, olahraga akan membuat Anda tidak mudah lelah. Studi tersebut membuktikan orang dewasa yang olahraga tiga kali seminggu selama tiga puluh menit akan merasa lebih berenergi dan menurunkan gejala kelelahan sebanyak 65 persen.

Bila Anda benar-benar tak sempat latihan, sediakan waktu 30 menit untuk jogging tiga kali seminggu.


Source: liputan6.com
Ekonomi China dan Harga Minyak Bakal Tekan IHSG

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan saham Selasa pekan ini. Sentimen regional mewarnai pergerakan indeks saham.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya mengatakan, IHSG cenderung konsolidasi. Tekanan berasal dari harga minyak yang terus melemah.

"‎Namun kita melihat kondisi nilai tukar cukup stabil sehingga membuka peluang untuk IHSG dapat mempertahankan tekanan dalam kategori terbatas," ujar dia.

Dia mengatakan, IHSG bergerak di level 4.464 dan resistance pada level 4.560 pada Selasa pekan ini.

Analis PT Reliance Securities Lanjar Nafi menuturkan, IHSG melemah 42,70 poin atau 0,94 persen ke level 4.481,28 pada perdagangan Senin pekan ini. Volume perdagangan saham sepi lebih banyak diwarnai aksi jual investor asing.

Baca Juga

  • Harga Minyak Jatuh, Bursa Asia Dekati Level Terendah Sejak 2011
  • Harga Minyak Sentuh Level Terendah Sejak 2003
  • Harga Minyak Merosot, IHSG Susut 42 Poin

Source: liputan6.com
Sanksi Iran Dicabut Bikin Harga Minyak Tertekan

Liputan6.com, New York - Harga minyak dunia merosot di bawah US$ 28 per barel di awal pekan, dan angka itu merupakan level terendah sejak 2003. Pasar mengantisipasi kenaikan ekspor minyak Iran setelah pencabutan sanksi internasional.

Iran merupakan anggora Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) menyatakan meningkatkan produksi sebesar 500 ribu barel per hari.

Kekhawatiran terhadap tambahan pasokan minyak dari Iran membuat harga minyak dunia tertekan di awal pekan ini. Harga minyak Brent merosot 29 sen ke level US$ 28,64. Sedangkan harga minyak West Texas Intermediate (WTI) merosot 48 sen menjadi US$ 28,94 per barel.

"Anda tak bisa mengatakan ini hal tak terduga, tapi sentimen Iran merupakan faktor tambahan mempengaruhi harga minyak. Ini menunjukkan kelebihan pasokan minyak global dan kekhawatiran permintaan dari China," ujar Analis TD Securities Bart Melek seperti dikutip dari laman Reuters, Selasa (19/1/2016).

Baca Juga

  • Harga Minyak Sentuh Level Terendah Sejak 2003
  • Harga Minyak Merosot, IHSG Susut 42 Poin
  • Harga Minyak Jatuh, Bursa Asia Dekati Level Terendah Sejak 2011

Source: liputan6.com
Top 3: Jadi Pilot, Keahlian Putra Menteri Susi Diakui Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga regulator penerbangan sipil Amerika Serikat atau yang biasa dikenal sebagai Federal Aviation Administration (FAA) mensertifikasi pilot asal Indonesia, Panji Hilmansyah, sebagai salah satu pilot dengan kinerja yang baik. Putra dari Menteri Perikanan Susi Pudjiastuti ini juga berhasil mendapat sertifikat prestisius FAA Airmen Certification Database.

Dalam daftar yang dikeluarkan oleh FAA dalam situsnya, Panji Hilmansyah sukses didapuk menjadi pilot yang bersertifikasi karena telah menyelesaikan pendidikan tinggi serta sukses dalam penilaian dan standar medis dari FAA.

Artikel mengenai keahliaan Panji Hilmansyah, yang merupakan putra dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyita perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com di awal pekan ini.

Tak hanya artikel itu saja yang menyita perhatian pembaca di kanal bisnis. Perbedaan pegawai negeri sipil (PNS) Indonesia dan Singapura pun bikin penasaran. Ingin tahu apa saja artikel terpopuler di kanal bisnis? Berikut tiga artikel terpopuler yang dirangkum pada Selasa (19/1/2016).

1. Jadi Pilot, Keahlian Putra Menteri Susi Diakui Dunia

Lembaga regulator penerbangan sipil Amerika Serikat atau yang biasa dikenal sebagai Federal Aviation Administration (FAA) mensertifikasi pilot asal Indonesia, Panji Hilmansyah, sebagai salah satu pilot dengan kinerja yang baik. Putra dari Menteri Perikanan Susi Pudjiastuti ini juga berhasil mendapat sertifikat prestigious FAA Airmen Certification Database.

Dalam daftar yang dikeluarkan oleh FAA dalam situsnya, Panji Hilmansyah sukses didapuk menjadi pilot yang bersertifikasi karena telah menyelesaikan pendidikan tinggi serta sukses dalam penilaian dan standar medis dari FAA.

Pilot asal Jawa barat ini berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan mampu menggapai sertifikasi dari FAA. Melansir halaman aviation-business-gazette.com, Senin 18 Januari 2016 sertifikasi pilot dari FAA merupakan sertifikasi pilot paling bergengsi di dunia yang menstandardisasi kemampuan penerbangan pilot dari seluruh dunia. Selengkapnya baca di sini

2. Ini Bedanya PNS di Singapura dengan di Indonesia

Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi faktor kunci membangun perekonomian Indonesia ke depan. Negara ini diharapkan mempunyai sistem informasi pengelolaan SDM, termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar mampu mencapai target yang telah ditetapkan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengungkapkan, sistem informasi kepegawaian di setiap instansi saat ini kurang memadai. Akibatnya kondisi tersebut menyulitkan pihak instansi ketika ingin menyaring pegawai di level paling atas sekalipun. Namun kondisi ini berbeda dengan Singapura yang lebih canggih mengatasi persoalan tersebut.

Darmin menjelaskan, di Singapura, 20 persen lebih waktu setiap pejabat di sana mengurusi soal SDM. Para pejabat Singapura memiliki mekanisme yang jelas secara reguler untuk mengevaluasi setiap orang di bawahnya. Selengkapnya baca di sini

3. Maroef Sjamsoeddin Mundur dari Presiden Direktur Freeport

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin mundur dari posisinya di perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu. Maroef mengundurkan diri seiring dengan habis masa jabatannya.

Pernyataan tersebut diungkapkan Maroef dalam secarik surat Interoffice Memorandum PT Freeport Indonesia Management dari Maroef yang ditujukan pada semua karyawan Freeport, yang dilansir Senin, 18 Januari 2016.

Maroef dalam suratnya, menyebutkan kontrak kerjanya telah habis selama setahun bekerja di Freeport dengan posisi jabatan sebagai Presiden Direktur. Selengkapnya baca di sini (Ahm/Gdn)


Source: liputan6.com
Draft Final RUU Pengampunan Pajak Siap Dibawa ke Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian terkait akhirnya merampungkan draft final Rancangan Undang-undang (RUU) Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty. Kesepakatan di level Menteri ini pun siap digiring ke meja Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk diputuskan sehingga dapat disahkan DPR RI.

Rapat koordinasi tax amnesty berlangsung sekitar dua jam sejak pukul 19.00-21.00 WIB di kantor Kemenko Bidang Perekonomian pada Senin 18 Januari 2016.

Hadir dalam rapat, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan dan Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi.

Sayangnya ketika rapat selesai, pejabat negara ini bungkam menjelaskan hasil kesepakatan poin-poin penting dalam draft RUU final tax amnesty. Namun Darmin menegaskan pemerintah sudah menyelesaikan draft RUU tersebut.

Baca Juga

  • Ada Pengampunan Pajak, RI Bakal Kebanjiran Dana Rp 1.350 Triliun
  • Pengamat Pesimistis Tax Amnesty Mampu Dorong Penerimaan Pajak
  • Tax Amnesty Positif untuk Penerimaan Pajak

Source: liputan6.com
Sementara, Bos Freeport Indonesia Dijabat oleh Robert Schroeder

Liputan6.com, Jakarta - Robert C Schroeder untuk sementara akan menjabat sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia menggantikan Maroef Sjamsoeddin yang mengundurkan diri.

Presiden dan CEO Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc Richard C Adkerson dalam pengumuman internal kepada karyawan Freeport Indonesia yang diperoleh di Jakarta, Senin mengatakan, pihaknya masih memproses pengganti Maroef sebagai Presdir Freeport Indonesia yang baru.

"Untuk sementara, Robert Schroeder akan menjalankan tanggung jawab manajemen Pak Maroef," sebutnya seperti dikutip dari Antara, Selasa (19/1/2016).

Juru Bicara Freeport Indonesia Riza Pratama mengatakan, saat ini Freeport masih dalam proses untuk mencari pengganti tetap Maroef untuk menjabat sebagai orang nomor satu di PT Freeport Indonesia. "Kami masih dalam proses‎," kata Riza, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Baca Juga

  • Maroef Sjamsoeddin Mundur dari Presiden Direktur Freeport
  • BUMN Bisa Miliki Saham Freeport Usai Kajian Tim Divestasi Keluar
  • Ini Komentar Dirut BEI Soal Harga Saham Freeport

Source: liputan6.com
Turki Gandeng RI Kembangkan Bisnis di Asia Tenggara

Liputan6.com, Jakarta - Turki akan menjajaki kerja sama pada sektor industri pertahanan dengan Indonesia. Ketertarikan Turki ini lantaran Indonesia telah memiliki industri pertahanan yang produknya juga telah digunakan negara lain.

Perwakilan Pemerintah Turki, Sahin Uruc mengatakan, pihaknya menempatkan Indonesia sebagai negara yang penting dalam kemitraan industri pertahanan.

"Kami memang ingin menjadikan Indonesia sebagai partner di Asia Tenggara, berjangka panjang dan pada pelaksanaannya melibatkan industri domestik," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Baca Juga

  • Perusahaan Turki Cari Mitra RI Kembangkan Alutsista
  • PLN Bakal Kembali Datangkan Kapal Pembangkit Listrik dari Turki
  • 5 Tahun Tegang Soal Mavi Marmara, Turki-Israel Sepakat Berdamai

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Bertahan di Rp 545 Ribu per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) tak bergerak atau tetap di Rp 545 per gram pada perdagangan Selasa (19/1/2016), jika dibandingkan dengan perdagangan sehari sebelumnya.

Demikian juga harga pembelian kembali (buyback) emas Antam yang masih di level Rp 486 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 486 ribu per gram.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Naik Rp 2.000 di Awal Pekan
  • Emas Antam Turun Rp 3.000 Jadi Rp 543.000 per Gram
  • Harga Jual dan Buyback Emas Antam Turun

Source: liputan6.com
IHSG Kembali ke Zona Hijau di Awal Sesi

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak menguat pada awal sesi perdagangan saham Selasa pekan ini.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Selasa (19/1/2016), IHSG naik tipis 0,12 persen atau 5,3 poin menjadi 4.486,58. Pada pembukaan perdagangan saham pukul 09.00 WIB, IHSG dibuka naik 0,33 persen atau 14,08 poin ke level 4.496,07. Indeks saham LQ45 mendaki 0,45 persen ke level 779,67. Seluruh indeks saham acuan kompak menghijau pada pagi ini.

Di awal sesi, IHSG sempat menguat ke level tertinggi 4.496,24 dan terendah 4.486,58. Ada sebanyak 68 saham menghijau sehingga mengangkat IHSG ke zona positif.

Sedangkan 24 saham melemah dan 38 saham diam di tempat. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 5.221 kali dengan volume perdagangan saham 185,1 juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 139 miliar.

Baca Juga

  • Ikuti Eropa, Bursa Asia Turun Tipis
  • Harga Minyak Merosot, IHSG Susut 42 Poin
  • Bursa Saham AS Libur Peringati Hari Martin Luther King Jr

Source: liputan6.com
Pasca Bom Thamrin, Investor Tetap Antre Urus Perizinan

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal memastikan peristiwa peledakan dan penembakan yang terjadi di Jalan Thamrin, Jakarta pada Kamis (14/1/2016) tidak berdampak pada jumlah pengguna layanan investasi di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pusat BKPM.

Dari pantauan tim Pelayanan BKPM, jumlah antrean pada pelayanan PTSP pusat selama beberapa hari terakhir tercatat stabil di angka 350-450 antrean.

“Angkanya menunjukan bahwa pasca peristiwa tidak terjadi penurunan yang signifikan orang yang datang ke BKPM. Ini refleksi dari kepercayaan investor terhadap keamanan di Indonesia,” ujar Franky, Selasa (19/1/2016).

Secara berturut-turut, data antrean monitor tim pelayanan BKPM mencatat pada Rabu (13/1), seharuisebelum teror Bom berlangsung, tercatat jumlah antrean yang dilayani 397 antrean.

Kemudian di hari teror bom Jakarta pada Kamis (14/1), sebanyak 397 antrean. Pada sehari setelahnya, Jumat (15/1) sedikit menurun menjadi 392 antrean dan Senin (18/1) tercatat jumlah antrean sebanyak 430 antrian.

Menurut Franky, data tersebut menunjukkan bahwa kedatangan investor atau perwakilan perusahaan tetap antusias mengurus perizinan, mendapatkan informasi non perizinan, mendapatkan informasi mengenai kementerian dan lembaga yang ada di PTSP pusat serta menyampaikan pengaduan tidak terpengaruh dengan peristiwa teror yang terjadi.

Menurut Franky, penurunan yang terjadi pada Jum’at (15/1) dinilai cukup normal dan tidak perlu dikhawatirkan. “Waktu pelayanan di hari Jum’at memang lebih pendek dari hari normal. Apalagi dengan jumlah yang dicatatkan penurunannya tidak berbeda jauh dengan hari-hari sebelumnya,” tutur dia.  

Baca Juga

  • Revisi DNI, Asing Kian Mudah Masuk ke Indonesia
  • BKPM Kaji Ubah Istilah DNI Jadi Panduan Investasi
  • BKPM Sibuk Revisi DNI, Ini Kegiatan Bisnis yang Dilarang di RI

Source: liputan6.com
Setelah Bom Thamrin, Investor Tetap Antre Urus Perizinan

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal memastikan peristiwa peledakan dan penembakan yang terjadi di Jalan Thamrin, Jakarta, pada Kamis (14/1/2016) tidak berdampak kepada jumlah pengguna layanan investasi di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pusat BKPM.

Dari pantauan Tim Pelayanan BKPM, jumlah antrean pada pelayanan PTSP pusat selama beberapa hari terakhir tercatat stabil di angka 350-450 antrean.

“Angkanya menunjukan bahwa setelah peristiwa tidak terjadi penurunan yang signifikan orang yang datang ke BKPM. Ini refleksi dari kepercayaan investor terhadap keamanan di Indonesia,” ujar Franky, Selasa (19/1/2016).

Secara berturut-turut, data antrean monitor tim pelayanan BKPM mencatat pada Rabu (13/1), sehari sebelum teror bom berlangsung, tercatat jumlah antrean yang dilayani 397 antrean.

Kemudian di hari teror bom Jakarta pada Kamis (14/1), sebanyak 397 antrean. Pada sehari setelahnya, Jumat (15/1) sedikit menurun menjadi 392 antrean dan Senin (18/1) tercatat jumlah antrean sebanyak 430 antrean.

Menurut Franky, data tersebut menunjukkan bahwa investor atau perwakilan perusahaan tetap antusias mengurus perizinan, mendapatkan informasi non-perizinan, mendapatkan informasi mengenai kementerian dan lembaga yang ada di PTSP pusat, serta menyampaikan pengaduan. Mereka tidak terpengaruh dengan peristiwa teror yang terjadi.

Menurut Franky, penurunan yang terjadi pada Jumat (15/1) dinilai cukup normal dan tidak perlu dikhawatirkan. “Waktu pelayanan di hari Jumat memang lebih pendek dari hari normal. Apalagi dengan jumlah yang dicatatkan penurunannya tidak berbeda jauh dengan hari-hari sebelumnya,” tutur dia.  

Baca Juga

  • Revisi DNI, Asing Kian Mudah Masuk ke Indonesia
  • BKPM Kaji Ubah Istilah DNI Jadi Panduan Investasi
  • BKPM Sibuk Revisi DNI, Ini Kegiatan Bisnis yang Dilarang di RI

Source: liputan6.com
Ganti Pemimpin, Freeport Tetap Harus Penuhi Kewajiban

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta kepada PT Freeport Indonesia untuk tetap menjalankan kewajibannya kepada pemerintah Indonesia meskipun terjadi pergantian pimpinan. Saat ini, Freeport Indonesia dalam proses menawarkan saham ke pemerintah sesuai dengan kewajiban dalam Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2014.

Direktur Jenderal Direktorat Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Bambang Gatot mengatakan, pergantian kepemimpinan seharusnya tidak menjadi alasan bagi Freeport untuk tidak menjalankan kewajibannya. "Mau ganti atau apapun, semuanya harus berjalan seperti yang ditentukan," kata Bambang, di Jakarta, Selasa (19/1/2015).

Saat ini, Freeport berkewajiban untuk melakukan divestasi atau melepas saham dengan besaran 10,64 persen. Batas waktu penawaran tersebut pada 14 Januari 2016 kemarin. 

Baca Juga

  • Maroef Sjamsoeddin Mundur dari Presiden Direktur Freeport
  • Sementara, Bos Freeport Indonesia Dijabat oleh Robert Schroeder
  • Bos Freeport Indonesia Mundur, Ini Reaksi Ketua Tim Ahli Wapres

Source: liputan6.com
Ekonomi China Tumbuh Paling Lambat dalam 25 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Tingkat pertumbuhan ekonomi China melambat ke level terendah dalam 25 tahun. Pertumbuhan ekonomi China tercatat 6,9 persen pada 2015.

Pada kuartal IV 2015, ekonomi China tumbuh 6,8 persen. Angka pertumbuhan ekonomi itu masih sesuai dengan perkiraan.

Berdasarkan jajak pendapat Reuters, pertumbuhan ekonomi China di kisaran 6,8 persen dari kuartal III 2015 di level 6,9 persen. Ekonom memperkirakan pertumbuhan ekonomi mencapai 6,9 persen dari periode 2014 di kisaran 7,3 persen.

"Ini adalah angka yang baik. Seperti sudah diketahui kalau selama tiga tahun terakhir pihak berwenang China melambat ekonomi. Perlambatan ekonomi ini terus berlanjut," ujar Kepala Ekonom Asia JP Morgan, Jahangir Aziz seperti dikutip dari laman CNBC, Selasa (19/1/2016).

Baca Juga

  • Ini Hikmah Perlambatan Ekonomi China bagi Indonesia
  • China Gelontorkan Rp 162 Triliun untuk Bangun Bandara Baru
  • George Soros: Krisis Ekonomi Intai Dunia

Source: liputan6.com
Pemerintah Ingin Peran BPK Bisa Lebih Menggigit

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk meningkatkan perannya sebagai lembaga audit pemerintah‎. BPK diharapkan tak hanya memberikan opini dalam laporan keuangan pemerintah.

Yuddy menjelaskan selama ini peran BPK masih sebatas penilaian kinerja laporan keuangan pemerintah yang cakupannya di kementerian dan lembaga. Seharusnya, kata dia, peran BPK tak hanya sebatas memberikan penilaian.

"Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004, fungsi BPK tidak hanya melihat hasil laporan keuangan, tapi ada output-nya," katanya dalam Sarasehan 69 Tahun BPK di gedung BPK, Selasa (19/1/2016).

Baca Juga

  • BPK Apresiasi Capaian Penerimaan Bukan Pajak Kemenhub
  • Cegah Korupsi, BPK dan KPK Sepakat Tingkatkan Kerja Sama
  • Hadapi Koruptor, BPK Harus Intensifkan Kerja Sama Lintas Negara

Source: liputan6.com
Maksimalkan Kredit Motor dengan 3 Langkah Pintar Ini

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak pertimbangan yang dilakukan oleh orang-orang saat akan mengajukan kredit motor. Alat transportasi yang satu ini telah seperti sebuah kebutuhan wajib bagi sebagian banyak orang, terutama mereka yang memiliki mobilitas tinggi dengan kemampuan ekonomi menengah ke bawah.

Memiliki sebuah sepeda motor akan sangat membantu dalam mengatasi beragam kesibukan dan keperluan yang dilakukan di luar rumah.

Sebagian orang berpendapat memiliki sepeda motor dengan cara mengajukan kredit akan lebih membantu dan mudah untuk dilakukan karena hal tersebut tidak akan membuat saldo tabungan menjadi berkurang secara drastis, mengingat harga sebuah sepeda motor berada dikisaran belasan juta hingga puluhan juta rupiah per unitnya.

Hal ini dapat dimaklumi karena uang tabungan tersebut justru bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lain, seperti membuka usaha atau memulai sebuah bisnis yang baru dan menguntungkan.

Selain pertimbangan di atas, pengajuan kredit motor juga banyak menjadi pilihan sebagian orang karena mudahnya proses yang harus dilalui serta singkatnya waktu proses pengajuan kredit itu sendiri.

Cukup hanya menyiapkan data-data pribadi dan uang muka saja, maka dalam hitungan hari motor yang diidam-idamkan akan tiba di rumah, cukup mudah bukan?.

Tidak ada salahnya memiliki sepeda motor dengan cara pengajuan kredit, namun ada baiknya untuk selalu memperhitungkan dan mempertimbangkan dengan matang keputusan tersebut, mengingat utang yang akan Anda cicil setiap bulannya tidaklah kecil dan dalam waktu yang cukup lama juga.

Karena itu cermati 3 langkah pintar berikut ini saat anda berpikir untuk mengajukan kredit motor seperti dilansir dari www.cermati.com, Selasa (19/1/2016):

1. Buat dan Hitung Skema Kredit Motor

Akan sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kemampuan bayar terhadap kredit motor setiap bulannya, jangan sampai cicilan motor akan membuat seluruh rencana keuangan menjadi buyar dan berantakan.

Jangan pernah berpatokan pada skema pembayaran kredit motor yang diberikan oleh dealer atau pihak leasing kepada Anda.

Hal ini untuk menghindari melakukan keputusan yang terlalu memaksa mengambil cicilan kredit motor di luar kemampuan bayar per bulannya.

Jangan sampai niat meringankan pengeluaran dalam jumlah besar sekaligus, justru membawa pada permasalahan keuangan yang baru selama berbulan-bulan ke depan.

Hindari juga untuk mempertimbangkan pengajuan kredit dengan melihat atau menjadikan kredit motor orang lain sebagai acuan, hal ini belum tentu cocok dan sesuai dengan keuangan yang anda miliki karena penghasilan dan kebutuhan setiap orang tentu akan berbeda.

Buat sendiri skema kredit motor, hitung dengan teliti dan sesuaikan dengan kemampuan bayar anda setiap bulannya.

Tentukan jumlah uang muka yang akan dikeluarkan karena hal ini akan mempengaruhi jumlah cicilan yang harus dilakukan setiap bulannya. Jangan lupa untuk memilih jangka waktu kredit yang pas untuk keuangan anda.

2. Jangan Tergoda Uang Muka Rendah

Semakin kecil uang muka yang dikeluarkan saat pengajuan kredit motor, maka akan semakin besar jumlah cicilan dan jangka waktu pelunasan yang akan dibayarkan.

Untuk itu perlu mempertimbangkan jumlah uang muka yang akan Anda bayarkan di awal, agar sisa cicilan selama beberapa bulan ke depan tidak akan merepotkan keuangan.

Tidak ada untungnya mengambil kredit motor dengan uang muka yang ringan karena pada dasarnya seluruh sisa dari cicilan kredit motor akan dikenakan bunga dalam jumlah yang lumayan besar. Bila Anda memilki dana yang cukup, maka sebaiknya menghindari kredit motor dengan uang muka rendah.

3. Pilih Leasing Secara Mandiri

Setiap dealer biasanya akan merekomendasikan leasing tertentu yang menjadi pilihan mereka di saat anda akan mengajukan kredit motor. Namun perlu diingat untuk selalu memiliki referensi leasing yang terbaik dan menjadi pilihan di saat Anda akan mendatangi dealer untuk pengajuan kredit motor. Hal ini akan membantu Anda memilih dan membuat keputusan terbaik yang tepat bagi keuangan secara mandiri. (Vna/Ahm)


Source: liputan6.com
5 Stasiun Paling Keren di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Kereta api, subway, mass rapid transit atau moda berbasis rel lainnya di sejumlah negara menjadi primadona transportasi. Tak heran, stasiun kereta pun dibuat sangat cantik, bagus dan terlebih lagi nyaman meski harus menunggu kereta berjam-jam.

Beberapa negara punya stasiun kereta yang paling bagus di dunia. Ada yang masih orisini, dalam artian tidak banyak berubah dari sejak pertama stasiun itu dibangun.

Situs traveltop menulis 5 stasiun kereta paling menakjubkan di dunia. Berikut daftarnya seperti dilansir Liputan6.com, Selasa (19/1/2016).

1. Grand Central Terminal

Stasiun Paling Keren di Dunia (Traveltop)

Stasiun di kota New York ini juga dikenal dengan nama Grand Central Station, stasiun bersejarah di tengah kota Manhattan, New York. Stasiun yang berlokasi di 42md St and Park Avenye iini adalah salah satu stasiun tersibuk di dunia, dan mengangkut 200.000 penumpang komuter setiap harinya.

Meski sibuk, stasiun ini mampu menampung ratusan ribu penumpang karena bangunannya luas, dan nuansa sejarahnya masih terasa kental dari struktur dan model bangunan.


Source: liputan6.com
Ekonomi China Melambat, Rupiah Diperkirakan Bakal Tertekan

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) tak banyak bergerak pada perdagangan Selasa pekan ini. Pelaku pasar belum banyak melakukan aksi setelah China mengumumkan pertumbuhan ekonominya.

Mengutip Bloomberg, Selasa (19/1/2016), rupiah berada di level 13.019 per dolar AS pada pukul 11.30. Level tersebut menguat jika dibandingkan dengan pembukaan yang ada di angka 13.932 per dolar AS namun melemah jika dibandingkan dengan 13.905 per dolar AS.

Dari pagi hingga siang hari ini, rupiah berada di antara 13.869 per dolar AS hingga 13.941 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah telah melemah 0,88 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) rupiah berada di level 13.921 per dolar AS menguat jika dibandingkan dengan perdagangan sehari sebelumnya yang ada di level 13.931 per dolar AS.

Baca Juga

  • Harga Minyak Turun, Rupiah Tertekan ke 13.974 per Dolar AS
  • Seberapa Parah Pelemahan Rupiah?
  • Investor Masih Tertarik Pegang Rupiah

Source: liputan6.com
Pemerintah Cari Harga Terbaik Beli Saham Freeport

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan sedang mencari harga terbaik untuk membeli saham PT Freeport Indonesia yang ditawarkan senilai US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 23 triliun. Perusahaan tambang emas raksasa ini akan melepas sahamnya sebesar 10,64 persen.   

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu, Sonny Loho mengatakan, pemerintah sudah membahas penawaran harga Freeport Indonesia dalam sebuah rapat internal di Kemenkeu. Rapat ini dipimpin Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro.

"Diobrolin (saham Freeport) masih terbatas, tapi belum spesifik posisi kita. Baru rapat-rapat saja," ujar Sonny usai Rapat Pimpinan di kantornya, Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Ketika dikonfirmasi perihal apakah pemerintah akan menawar kembali harga saham yang diajukan Freeport Indonesia, Sonny tidak memberikan jawaban pasti. "Belum tahu. Tapi pemerintah pasti mencari best price (harga terbaik). Berapanya mesti dilihat dulu," ujar dia.

Baca Juga

  • Ganti Pemimpin, Freeport Tetap Harus Penuhi Kewajiban
  • BUMN Bisa Miliki Saham Freeport Usai Kajian Tim Divestasi Keluar
  • Usul Mantan Menkeu Terkait Pengelolaan Tambang Freeport

Source: liputan6.com
Koruptor Merajalela, Daya Saing RI Sulit Naik

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkomitmen untuk terus melakukan pemberantasan korupsi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnand‎i mengatakan jika Indonesia masih banyak koruptor, maka jangan pernah berharap daya saing Indonesia di dunia akan mengalami peningkatan.

"Maka dari itu, pemerintah memiliki komitmen yang kuat dalam pemberantasan korupsi, tanpa keinginan kuat, maka daya saing internasional kita tidak bisa meningkat, selama itu pula juga tidak ada kejelasan bisnis di Indonesia," papar Yuddy saat menghadiri Sarasehan 69 Tahun BPK RI di Gedung BPK, Selasa (19/1/2016).

Baca Juga

  • Menteri Yuddy‎ Buka Pelatihan Perbaikan Layanan Publik di Daerah
  • Menteri Yuddy Usulkan Ada Jembatan Timbang di Pintu Masuk Tol
  • Menteri Yuddy Tegaskan Moratorium PNS Masih Berlaku

Source: liputan6.com
Kemenkeu: Tak Ada yang Bisa Ramal Harga Minyak Secara Tepat
Tekanan terhadap harga minyak dunia masih berlanjut. Bahkan, harga minyak di pasar internasional jatuh ke level terendah di bawah US$ 30 per barel.
Source: liputan6.com
Chevron Tak Teruskan Kontrak di Blok East Kalimantan

Liputan6.com, Jakarta - Chevron Indonesia Company (CICO) memutuskan tidak memperpanjang kontrak production sharing contract (PSC)  pengelolaan Blok East Kalimantan (EKAL).

Chevron IndoAsia Business Unit Managing Director Chuck Taylor mengatakan, CICO tidak akan mengajukan perpanjangan PSC EKAL dan akan mengembalikan aset tersebut kepada pemerintah Indonesia pada 24 Oktober 2018.

"Kita bangga atas kemitraan yang kuat dengan masyarakat dan pemerintah Indonesia serta berkomitmen untuk terus mendukung Indonesia mengembangkan sumber daya energi secara selamat, efisien dan andal," kata Taylor dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Baca Juga

  • Ribuan Karyawan Chevron Kena PHK, Begini Respons Menperin
  • Pemerintah Angkat Tangan Soal Pemecatan Pekerja Chevron
  • Proyek Pengeboran Gas Chevron di RI Terganjal Harga Minyak

Source: liputan6.com
Menpar Minta Pengusaha Mal Waspada Perkembangan E-Commerce

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Periwisata Arif Yahya meminta para pengusaha pusat belanja (mal) di dalam negeri untuk mulai berimprovisasi agar tidak kalah saing dengan bisnis jual-beli online (e-commerce). Menurut dia, dengan perkembangan teknologi ke depannya, bukan tidak mungkin masyarakat akan beralih dari belanja di mal ke belanja secara online.

"Harus mulai introduksi, karena lifestyle memang sudah berubah. Dulu Telkom yang buat wartel, sekarang tidak ada wartel. Kalau kita telepon kita tidak perlu datang ke suatu tempat. Anak muda sekarang kalau belanja tidak perlu datang, terutama untuk barang-barang yang sudah standar, yang sudah komoditi," ujarnya di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Arif mengungkapkan, meski saat ini belum dirasakan dampaknya, namun keberadaan e-commerce yang terus tumbuh diyakini akan mempengaruhi bisnis pusat belanja ke depan.

Baca Juga

  • Jurus Pengelola Mal Tarik Pengunjung Usai Tragedi Bom
  • Pengusaha: Mal Sudah Kembali Normal
  • Omzet Pengusaha Mal Susut 20% Usai Teror Bom

Source: liputan6.com
Buku Termahal Milik Bill Gates, Harganya Rp 400 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Microsoft Bill Gates adalah orang yang senang membaca. Perpustakaan di rumahnya terisi dengan aneka macam buku langka yang dipilih secara khusus oleh penyuplai buku kepercayaannya.

Oleh karena itu, tak mengherankan bahwa Gates yang juga merupakan orang terkaya di dunia yang rela merogoh kocek sebesar 30,8 juta dollar AS atau lebih dari Rp 427,7 miliar untuk membeli sebuah buku istimewa.

Sebagaimana dirangkum dari Business Insider, Selasa (19/1/2015), buku bernama “Codex Leicester” yang menjadi buku termahal di dunia setelah dibeli Gates itu sebenarnya bukan “buku” hasil cetakan, melainkan sebuah jurnal berisi gambar dan tulisan tangan dari Leonardo da Vinci. 

Codex Leicester dianggap sebagai bagian terpenting dari rangkaian 30 jurnal ilmiah yang pernah ditulis oleh Da Vinci semasa hidup. Di dalamnya, Da Vinci merinci hal-hal yang terkait dengan air serta hubungan planet bumi, bulan, dan matahari.

Gates biasa membuka manuskrip berharga miliknya itu agar bisa dilihat publik setahun sekali.

Dalam musim panas di AS tahun lalu, sang milirder tersebut meminjamkan Codex Leicester ke Minneapolis Institute of Arts dan dijadwalkan tiba di North Carolina Museum of Arts pada bulan Agustus.

Sebelum di Minneapolis, Codex Leicester telah lebih dulu dipajang di Phoenix Art Museum.

Isi pikiran dan ide-ide Da Vinci, seorang seniman sekaligus ilmuwan jenius di masa Renaissance, tertuang dalam ke-72 halaman buku catatan yang ditulis antara tahun 1506 hingga 1510 itu. (vna)


Source: liputan6.com
5 Rute Kereta Paling Berbahaya Sejagat, Salah Satunya Ada di RI

Liputan6.com, Jakarta - Kereta api adalah salah satu moda transportasi paling favorit saat ini. Selain nyaman dan murah, jika tak ada gangguan, naik kereta api bisa memberi jaminan waktu dan bebas macet.

Namun kadang naik kereta api juga membuat jantung penumpang berdebar, jika si ular besi itu melewati jalur rel yang berbahaya. Misalnya di tengah jurang, di laut, lintasan menggantung dan lainnya.

Sejumlah negara di dunia punya jalur rel kereta yang bahaya. Yang mengejutkan adalah salah satu jalur kereta di Indonesia masuk dalam daftar jalur kereta paling berbahaya di dunia yang ditulis wonderfulengineering.com. Berikut daftarnya seperti dilansir Liputan6.com, Selasa (19/1/2016).

1. Kuranda Scenic Railway

Kereta Paling Bahaya di Dunia (wonderfulengineering.com)

Rute rel kereta yang tak umum ini dibangun pada abad ke-18 yang menghubungkan Kuranda dan Cairns. Jika lewat jalur ini, penumpang akan disuguhi pemandangan menakjubkan.

Rasa takut karena kanan kiri jurang yang curam dikalahkan juga oleh pemandangan hutan hijau dan air terjun yang spektakuler. Ini juga dijadikan situs warisan dunia.


Source: liputan6.com
Bos Freeport Mundur karena Kasus `Papa Minta Saham`?

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi VII Ramson Siagian mengaku tak heran dengan mundurnya Maroef Sjamsoeddin sebagai Presiden Direktur (Presdir) PT Freeport Indonesia.

Ramson mengaku sudah memprediksi hal itu sejak James R. Moffet diganti sebagai Chairman Freeport-McMoRan.

"Sudah saya prediksi kalau Maroef Sjamsoeddin sebagai Presdir PT Freeport Indonesia bakal diganti," ucap Ramson di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Ramson menyebutkan gaduh terkait Freeport di Indonesia dimulai dari adanya surat Menteri ESDM Sudirman Said yang seakan-akan menyetujui perpanjangan kontrak Freeport. Namun hal itu justru mendapatkan reaksi yang kurang baik dan kritik keras dari DPR, para pengamat, dan publik.

Baca Juga

  • Maroef Sjamsoeddin Mundur dari Presiden Direktur Freeport
  • Sementara, Bos Freeport Indonesia Dijabat oleh Robert Schroeder
  • Ganti Pemimpin, Freeport Tetap Harus Penuhi Kewajiban

Source: liputan6.com
Kebijakan Tax Refund Bikin RI Kalah dari Singapura

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia hingga saat ini belum mampu menyaingi Singapura dan Hong Kong yang menjadi surga belanja bagi wisatawan asing. Padahal, selain wisata alam, Indonesia punya potensi besar menjadi negara tujuan wisata belanja.

Menteri Pariwisata Arif Yahya mengatakan Indonesia sulit menjadi negara tujuan wisata belanja karena belum baiknya sistem pengembalian pajak (tax refund) seperti yang telah diterapkan oleh Singapura dan Hong Kong.

"Kita tidak bisa bersaing karena sistem pajak kita tidak terlalu bagus. Kamu beli barang misalnya Rp 10 ribu, kena tax 10 persen sudah Rp 1.000. Bagi ibu-ibu, Rp 1.000 saja sudah jadi masalah. Mereka bisa pindah ke toko sebelahnya. Apalagi kalau uS$ 1.000," ujarnya di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Baca Juga

  • Pasca Bom, Pariwisata Jakarta Masih Berjalan Normal
  • Presiden Tegaskan Pariwisata Tak Terganggu Serangan Teror
  • Lokasi Teror Jakarta Jadi Objek Wisata Dadakan

Source: liputan6.com
BPK: Harga Divestasi Saham Freeport Tidak Wajar

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berpendapat divestasi saham PT Freeport Indonesia 10,64 persen dengan nilai US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 23 triliun‎ tidak wajar.

Anggota IX BPK RI Ahsanul Qosasi‎ mengungkapkan nilai saham tersebut tidak wajar karena tidak senilai dengan manfaat ekonomis yang diterima Indonesia jika mengambil 10,64 persen saham Freeport.

"Kalau bicara wajar atau tidak wajar, ya tidak wajar. Kan, pertimbangannya sejumlah peralihan teknologi tidak jalan. Kita itu selalu kerja sama dengan asing agar transfer teknologi jalan. Kalau 20 tahun asing terus berkuasa berarti kan tidak jalan," kata Ahsanul saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Selasa (19/1/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Cari Harga Terbaik Beli Saham Freeport
  • Dinilai Mahal, Apa Kata Freeport soal Penawaran Sahamnya?
  • Pembeli Saham Freeport Senilai Rp 23 Triliun Masih Buram

Source: liputan6.com
Pelemahan Ekonomi China Tak Bakal Pengaruhi Rupiah

Liputan6.com, Jakarta - Perlambatan ekonomi China diyakini tidak akan berpengaruh signifikan terhadap nilai tukar rupiah. Tekanan justru akan datang menghantam kurs rupiah apabila pemerintah tidak dapat menyelesaikan stabilitas keamanan di Negara ini, termasuk kasus teror bom.

Pengamat Valuta Asing (valas), Farial Anwar mengungkapkan, ekonomi China hanya sanggup bertumbuh 6,9 persen tahun lalu. Kondisi tersebut bakal menurunkan permintaan ekspor Indonesia, mengingat China merupakan negara tujuan utama ekspor komoditas Negara ini.

"Tapi dampak perlambatan ekonomi China tidak terlalu besar terhadap kurs rupiah. Karena Rupiah selama ini sulit menguat karena suply dan demand dolar AS tidak imbang. Hasil devisa ekspor dibiarkan parkir di luar negeri," ujarnya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Pergerakan rupiah saat ini, sambung Farial, sangat sensitif terhadap stabilitas keamanan di Indonesia. Sebagai contoh kasus ledakan bom Thamrin, Jakarta yang sempat membuat rupiah tergelincir nyaris ke level 14.000 per dolar AS. Namun akhirnya kembali menguat setelah pengumuman penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate).

Baca Juga

  • Ekonomi China Melambat, Rupiah Diperkirakan Bakal Tertekan
  • Harga Minyak Turun, Rupiah Tertekan ke 13.974 per Dolar AS
  • Seberapa Parah Pelemahan Rupiah?

Source: liputan6.com
Menperin Kagum Produsen TV Lokal Hasilkan Rp 75 Juta per Hari

Liputan6.com, Jakarta - Muhammad Kusrin, pemilik UD Haris Elektronika kini bisa bernapas lega dalam menjalankan usahanya. Lantaran barang yang diproduksinya yakni Cathode Ray Tube (CRT) TV telah mendapat Sertifikasi Produk Penggunaan Tanda (SPPT) Standar Nasional Indonesia (SNI).

Menteri Perindustrian Saleh Husin pun menyambut positif hal tersebut. Dengan langkah ini berarti telah melindungi produk dalam negeri, melindungi konsumen, serta memiliki produk yang berdaya saing.

Tak hanya itu, Saleh Husin juga mengaku salut atas jerih payah Kusrin. Benar saja, perusahaan tergolong Industri Kecil Menengah (IKM) itu pun memiliki omzet Rp 75 juta per hari. Saleh juga mengimbau, supaya Kusrin mengembangkan usaha melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Baca Juga

  • Produsen Televisi Lokal Dapat Sertifikat SNI
  • Kemenperin Pastikan Roadmap IHT Dibahas Lintas Instansi
  • Menperin Minta Jepang Buka Lebar Impor Barang dari RI

Source: liputan6.com
Pengusaha Tolak Pengesahan RUU Tabungan Perumahan Rakyat

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah bersama DPR tengah menyelesaikan rancangan Undangan-Undang (RUU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang saat ini telah memasuki tahap akhir. RUU tersebut ditargetkan disahkan menjadi UU pada Maret 2016.

Menanggapi aturan tersebut, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani mengatakan, para pengusaha menghargai tujuan pemerintah membentuk UU Tapera sebagai upaya untuk memberikan kemudahan kepemilikan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

"Ini dalam rangka memenuhi kebutuhan pembiayaan pembangunan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)," ujarnya di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Namun, pihaknya menolak pengesahan UU ini jika sumber pembiayaan untuk penyediaan perumahan rakyat tersebut nantinya dibebankan kepada dunia usaha.

Baca Juga

  • RUU Tapera Diminta Akomodir Pekerja Informal
  • Pemerintah Proaktif Percepat Pembahasan RUU Tapera
  • REI Tunjuk Konsultan untuk Kaji RUU Tapera

Source: liputan6.com
Pengusaha Minta BI Rate Turun Jadi 6,75%

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berharap Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan suku bunga acuan (BI rate) pada rapat dewan gubernur (RDG) mendatang. Pengusaha menilai masih ada ruang agar BI rate kembali turun.

Ketua Umum Apindo Haryadi Sukamdani mengapresiasi langkah BI yang menurunkan BI rate dari sebelumnya 7,5 persen menjadi 7,25 persen pada pertengahan bulan ini. Namun penurunan 0,25 basis poin tersebut dinilai masih kurang.

"Masih kurang penurunan BI rate yang sebesar 0,25‎ itu. Karena masih ada peluang (penurunan) yang lebih besar," ujarnya di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Dia menjelaskan, tren positif pada inflasi di 2015 yang sebesar 3,35 persen masih akan berlanjut pada tahun ini. Hal ini didukung langkah pemerintah yang menurunkan harga sejumlah jenis energi seperti BBM, listrik dan gas.‎

Jika melihat tren inflasi ini serta fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), maka‎ ada ruang bagi BI untuk kembali menurunkan suku bunga acuannya.

Baca Juga

  • BI Rate Turun 25 Basis Poin Jadi 7,25%
  • Pengusaha Ingin BI Rate Turun ke 6,5% pada 2016
  • BI Rate Turun Jadi 7,25% Beri Tenaga ke IHSG dan Rupiah

Source: liputan6.com
Jurus Indonesia Salip Singapura di Sektor Pariwisata

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah isu keamanan, pemerintah menggenjot sektor pariwisata dalam negeri dengan melakukan berbagai upaya. Indonesia menargetkan jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Tanah Air mencapai 20 juta orang pada 2019.

Angka itu naik signifikan jika dibandingkan dengan target kunjungan wisatawan mancanegara yang datang di 2015 yaitu 10 juta orang. Hingga Oktober 2015, Kementerian Pariwisata mencatat realisasinya mencapai 8,017 juta.

Sejumlah pihak menyangsikan target tersebut. Tapi pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata yakin target sebanyak 20 juta wisatawan mancanegara tersebut bakal tercapai.

Sebab, masih banyak tempat wisata belum terjamah yang lambat laun muncul ke permukaan, dikembangkan pemerintah demi mendulang devisa dari pariwisata.

Upaya yang terus dikemukakan pemerintah salah satunya adalah pembebasan visa untuk wisatawan mancanegara. Total negara yang bakal dibebaskan visanya hingga 2016 ada 170 negara.


RI kalah dari Singapura

Sektor pariwisata Singapura jauh mengalahkan Indonesia. Padahal negara itu punya luas yang tak sampai separuhnya Indonesia, atau bahkan dengan Pulau Jawa pun masih besar Pulau Jawa.

Negara tetangga itu mengandalkan pariwisatanya dari sektor konsumsi. Tak heran Singapura disebut juga surga belanja di Asia, khususnya untuk barang-barang bermerek. Aspek yang mengalahkan Indonesia juga terkait tax refund atau pengembalian pajak.

Menteri Pariwisata Arif Yahya mengatakan Indonesia sulit menjadi negara tujuan wisata belanja karena belum baiknya sistem pengembalian pajak seperti yang telah diterapkan oleh Singapura dan Hong Kong.

"Kita tidak bisa bersaing karena sistem pajak kita tidak terlalu bagus. Kamu beli barang misalnya Rp 10 ribu, kena tax 10 persen sudah Rp 1.000. Bagi ibu-ibu, Rp 1.000 saja sudah jadi masalah. Mereka bisa pindah ke toko sebelahnya. Apalagi kalau uS$ 1.000," ujarnya.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Srie Agustina mengatakan untuk mendorong wisata belanja di dalam negeri perlu ada keringanan pajak bagi wisatawan mancanegara. Penerapan kebijakan ini terbukti berhasil menjadikan Singapura menjadi surga belanja di kawasan Asia.

"Maksudnya itu kan ini supaya bersaing. Kalau misalnya orang bisa belanja ke Indonesia. Kan, kalau kita belanja di luar negeri pajaknya dikembalikan. Maunya kita bisa terapkan hal sama," kata dia.


Kawasan belanja seperti Singapura

Kabarnya, dua patung berkepala singa yang dikenal dengan sebutan Merlion akan `dimandikan` oleh pihak berwenang.

Salah satu kelemahan Indonesia jika dibandingkan Singapura dari sisi pariwisata adalah dari sisi wisata belanja. Negara ini juga disebut surga belanja bagi mereka pemburu pakaian bermerek.

Singapura punya banyak kawasan wisata, atau shopping street yang selalu penuh oleh wisatawan. Di sana mereka membeli oleh-oleh khas negara tersebut.

Nah, Indonesia masih kurang kawasan seperti itu. Menteri Pariwisata Arif Yahya mengatakan, saat ini Indonesia tidak memiliki kawasan belanja (shopping street) seperti Orchard Road di Singapura.

Padahal di negeri singa tersebut, Orchard Road menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan asing, terutama wisata belanja.

"Kita tidak ada shopping street semacam Orchard Road. Di situ kan satu jalan, kiri kanan ada tempat belanja. Di Melbourne. Juga satu jalan. Pedestriannya lebar, orang bisa belanja. Kalau mal di Indonesia cocok untuk warga. Kalau mal di Jakarta Selatan cocok untuk warga Jakarta Selatan, di Jakarta Timur cocok untuk warga Jakarta Timur, dan seterusnya. Papi kurang bagus untuk wisatawan mancanegara," ujarnya.

Menurut Arif, di Indonesia sebenarnya sangat memungkinkan untuk dibangun shopping street, seperti di Bandung dan Yogyakarta.

Pasalnya kedua provinsi ini telah memiliki ruas jalan yang terkenal sebagai pusat belanja dan wisata, seperti Jalan Cihampelas di Bandung atau Jalan Malioboro di Yogyakarta.

"Yang paling memungkinkan itu di Bandung karena sudah punya Jalan Cihampelas dan Jalan Riau. Shopping street di Jogja juga oke. Dulu di Surabaya sudah punya. Jadi daerah maka yang sudah siap akan kita dukung. Kita harus punya street shopping yang bagus," kata dia.

Sementara itu, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Srie Agustina mengatakan, pembangunan shopping street bisa dilakukan di wilayah yang pariwisatanya sudah terkenal seperti di Kuta, Bali.


Pembebasan visa 170 negara

Ilustrasi visa paspor. (auroratravel.asia)

Kementerian Pariwisata menargetkan penambahan fasilitas bebas visa bagi 80 negara pada tahun ini. Sepanjang tahun ini pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan asing mencapai 12 juta wisatawan.

Menteri Pariwisata Arif Yahya mengatakan, pada tahun ini Kementerian Pariwisata akan mengusulkan penambahan fasilitas bebas visa bagi 80 negara setelah sebelumnya ada 90 negara yang telah dibebaskan visanya hingga saat ini.

"Jadi pertama kan 15 negara, kemudian tambah lagi 30 negara, kemudian tambah lagi jadi 90 negara. Itu sudah selesai. Di 2016 kita tambah lagi 80 negara," ujarnya.

Dia menjelaskan, saat ini jumlah negara yang mendapatkan bebas visa di Indonesia masih kalah jauh jika dibandingkan dengan fasilitas bebas visa yang diberikan oleh Malaysia.

"Jadi nanti kita harapkan totalnya (negara yang bebas visa) 170 negara. Saat ini Malaysia sudah162 negara. Jadi akan lebih tinggi sedikit dari Malaysia," kata dia.

Menurut Arif, pemberian fasilitas bebas visa ini menjadi cara yang paling cepat untuk menggenjot jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Pasalnya, hingga 2015 lalu, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia baru mencapai 10 juta wisatawan, sedangkan Malaysia sudah mencapai 25 juta wisatawan dan Thailand yang mencapai 27 juta wisatawan.

"Itu (fasilitas bebas visa) memang cara paling cepat (mendatangkan wisatawan mancanegara)," tandasnya.

Sebelumnya atau pada 2015 kemarin, Pemerintah telah mengeluarkan aturan bebas visa bagi kurang lebih 80 negara. Berikut daftar sementara beberapa negara atau kebangsaan menerima bebas visa:

Australia, Ukraina, Kenya, Serbia Montenegro, Sudan, Nepal, Uzbekistan, Bangladesh, Kamerun, Senegal, Sri Lanka, Zimbabwe, Palestina, Pakistan, dan Honduras.

Kemudian ada Mongolia, Uruguay, Uganda, Bosnia dan Herzegovina, Kosta Rika, Mali, Albania, Mozambik, Makedonia, FYR, Comoros, El Savador, Madagaskar, Zambia, Moldova, dan Georgia.

Selain itu, ada Burkino Faso, Namibia, Kiribati, Trinidad dan Tobago, Guetemala, Gambia, Armenia, Bolivia, Bhutan, Cote d`Ivoire, Mauritania, Jamaica, Paraguay, Korea Utara, Benin, Tajikistan, Cuba, Dominican Republic, Somalia, serta Rwanda.

Pemerintah juga mengusulkan untuk bebas visa bagi Tonga, Andorra, Solomon Islands, Botswana, Belize, Togo, Malawi, Cape Verde, Turkmenistan, Chad, Lesotho, Burundi, Nicaragua, Saint Kitts dan Navis, Grenada, Tuvalu, Gabon, Barbados, Vanuatu, Bahamas, dan Haiti.

Kemudian ada Guyana, Swiss, Samoa, Nauru, Antigua dan Barbuda, Palau, Saint Lucia, Sao Tome dan Principe, Saint Vincent dan The Grenadines, Mauritius, Marshall Islands, Puerto Rico, dan Guinea.


Teror bom tak surutkan pariwisata

3 ledakan bom di Sarinah tak sanggup ciutkan nyali warga Jakarta.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan teror bom yang terjadi pada 14 Januari 2016 lalu tak berpengaruh pada pariwisata. Arief ingin Indonesia belajar dari teror bom di bangkok Thailand.

Kala itu Bangkok pun diguncang teror bom, namuan tak lama kondisi Thailand bisa pulih dari kegelisahan dan ketakutan wisatawan. Pariwisata di negara tersebut pun kembali normal.

"Jadi kita harus cepat recovery dan teman-teman bekerja semua. Crisis center langsung on," ungkap Menteri Arief.

Bercermin dari kejadian bom Bangkok beberapa waktu lalu, Arief Yahya menuturkan Indonesia dapat belajar dari kejadian tersebut. Pemerintah di sana langsung menyuruh beberapa orang untuk mempelajari cara kerja tim yang menangani ledakan di Bangkok itu.

"Bom yang terjadi di Bangkok itu cukup besar dan tidak sampai dua bulan sudah recovery penuh. Saya harapkan itu juga yang kita laksanakan," imbuh Menteri Arief.

Selain itu, Arief juga berharap peran semua pihak agar tidak memperkeruh dengan menyebarkan berita yang negatif mengenai kejadian ini. Hal itu bertujuan agar tidak memperkeruh suasana dan menjadikan sektor pariwisata nasional, khususnya pariwisata Jakarta anjlok.

"Bukan hanya pariwisata yang akan langsung terkena. Pariwisata itu, hubungannya linier dengan isu keamanan. Mohon mengerti kalau isu keamanan katakanlah hanya naik 10 persen pariwisatanya naik 10 persen. Kalau turun 10 persen pariwisatanya juga akan turun 10 persen," katanya menambahkan. (Zul/Ndw)


Source: liputan6.com
Menteri BUMN: Harga Divestasi Saham Freeport Terlalu Mahal

Liputan6.com, Jakarta - Pemeirntah bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah mengkaji penawaran divestasi saham PT Freeport Indonesia sebesar 10,64 persen senilai US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 23 triliun‎.

Menanggapi nilai saham yang ditawarkan Freeport tersebut, Menteri BUMN Rini Soemarno mengaku harga tersebut terlalu mahal.

"Mengenai nilainya bagaimana, memang kalau yang ditawarkan itu terlalu tinggi," tegas Rini di kantornya, Selasa (19/1/2016).

Pernyataan Rini tersebut berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan beberapa BUMN seperti Mandiri Sekuritas dan Danareksa.

Rini mengaku hingga kini pemerintah masih belum mengetahui dari mana nilai saham itu bisa muncul. Nilai saham tersebut hingga kini masih terus dikonfirmasikan ke manajemen Freeport Indonesia.

Baca Juga

  • Pemerintah Cari Harga Terbaik Beli Saham Freeport
  • BPK: Harga Divestasi Saham Freeport Tidak Wajar
  • Ganti Pemimpin, Freeport Tetap Harus Penuhi Kewajiban

Source: liputan6.com
Marta Ortega, Puteri Miliarder Zara yang Pernah Jadi Pelayan

Liputan6.com, Jakarta - Cantik, berperawakan menarik, jago menunggang kuda, dan lihai dalam berbisnis. Ia adalah Marta Ortega-Perez, puteri bungsu dari Amancio Ortega, pendiri perusahaan fashion internasional, Inditex.

Saat melihat wajah dan caranya berjalan, Anda pasti langsung mengiranya seorang super model. Tapi siapa sangka, dia adalah calon pewaris kuat Zara, salah satu industri fashion ternama di dunia.

Meski begitu, tak seperti kebanyakan anak orang kaya di mana dirinya langsung menempati jabatan tinggi di perusahaan, Marta justru memulai karir dari bawah. Dia belajar bagaimana mengatur barang-barang di toko ke rak, membantu para konsumen mencoba pakaian, mengisi kembali rak yang sudah kosong, hingga bertemu langsung dengan klien perusahaan.

Seperti apa sepak terjang Marta Ortega-Perez, wanita yang disebut-sebut sebagai salah satu anak miliarder tersukses di dunia?

Berikut ulasan singkatnya seperti dilansir dari Business Insider, The Guardian, The Richest dan sejumlah sumber lain, Selasa (19/1/2016):


Source: liputan6.com