Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Rabu, 06 Januari 2016
Sepanjang Hidup, Miliarder Ini Sumbang Amal Minimal Rp 138 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Riset terbaru mengungkap beberapa miliarder terkaya asal Uni Emirat Arab (UAE) rata-rata menghabiskan minimal US$ 10 juta hartanya atau setara dengan Rp 138 miliar untuk di donasikan.

Melansir halaman thenational.ae, Rabu (6/1/2016), miliarder yang rata-rata memiliki total aset kekayaan bersih senilai US$ 30 juta ini mampu menjadikan UAE sebagai salah satu negara paling dermawan di dunia.

Hasil riset tersebut dikeluarkan oleh lembaga riset independen Wealth-X, dan badan konsultan financial internasioanl, Arton Capital.

Wealthiest Emiratis donate more than $10m during their lifetime

Pada Juli, Al Ghurair, salah satu keluarga miliarder paling kaya di UAE rela untuk memberikan sepertiga kekayaannya yang ia miliki sebagai donasi. Diperkiraan total harta yang diberikan mencapai US$ 1 miliar atau Rp 13 triliun.

Al Ghurair dikenal sebagai konglomerat asal UAE pemilik Mashreq Bank dan berbagai yayasan pendidikan di semenanjung Arab.

Aksi yang sama juga dilakukan oleh para miliarder asal Arab Saudi setelah Pangeran Alwaleed Bin Talaal setuju untuk memberkan US$ 32 miliar hartanya untuk membiayai masalah kesejahteraan di Arab Saudi.

Aksi filantropi global yang dilakukan oleh para miliarder ini berhasil mengalami peningkatan 6,4 persen dibandingkan tahun lalu dengan jumlah hingga US$ 112 miliar.

Sektor pendidikan masih menjadi sektor favorit yang dituju oleh para filantropis. Disusul sektor kesehatan yang menempati posisi kedua. (Vna/Ahm)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6


Source: liputan6.com
Rupiah Diprediksi Anjlok ke 14.400 per Dolar AS di Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom Bank Permata, Josua Pardede memperkirakan nilai tukar rupiah akan terdepresiasi hingga menembus level 14.400 per dolar Amerika Serikat (AS) pada semester I 2016 ini. Ramalan tersebut dipicu karena beberapa faktor eksternal yang akan memberi tekanan pada laju pergerakan kurs rupiah.

Josua menjelaskan, ada beberapa faktor eksternal dan internal yang perlu diwaspadai pemerintah karena akan berdampak pada nilai tukar rupiah di tahun ini.

"Dari internal, fokus investor mencermati pelebaran defisit anggaran karena ada potensi lambannya penyerapan anggaran serta efektivitas paket kebijakan yang masih belum terlihat," terang Josua saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (5/1/2016).

Dari sisi eksternal, diakui Josua, sentimen negatif berasal dari kenaikan suku bunga The Federal Reserves secara bertahap, potensi Bank of Japan dan Bank Eropa untuk menambah stimulus moneter sehingga dolar AS bakal semakin super. Akhirnya menekan mata uang negara berkembang, termasuk rupiah.

Baca Juga

  • Ini Cara Agar Rupiah Perkasa saat Pasar Bebas ASEAN
  • Turunnya Harga BBM Mampu Kurangi Tekanan ke Rupiah
  • Konflik Timur Tengah Tekan Rupiah ke 13.931 per Dolar AS

Source: liputan6.com
57 Kapal Maling Ikan Siap Dibom di 2016

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP menyatakan akan mengebom dan menenggelamkan 57 kapal maling ikan (illegal fishing) di laut Indonesia pada 2016. Paling dominan kapal pencuri ikan tersebut berasal dari Vietnam.

Direktur Penanganan Pelanggaran ‎PSDKP, Fuad Himawan mengatakan, sebanyak 57 kapal pelaku illegal fishing yang berencana ditenggelamkan KKP pada tahun ini. Namun ada beberapa kapal yang masih harus menunggu proses hukum dari Pengadilan.

"Dari 57 kapal pencurian ikan, sudah inkrah 12 kapal yang siap ditenggelamkan. Sedangkan sisanya 45 kapal yang berpotensi ditenggelamkan, masih harus menunggu proses hukum Pengadilan," ucapnya saat Konferensi Pers Refleksi 2015 dan Outlook 2016 di Gedung Mina Bahari IV, KKP, Jakarta, Rabu (6/1/2015).

Baca Juga

  • RI Hukum 157 Kapal Pencuri Ikan, Terbanyak dari Vietnam
  • Maling Ikan Disikat, Banyak Pabrik Pengolahan Bangkrut
  • Ini Negara yang Paling Rajin Maling Ikan di Indonesia

Source: liputan6.com
Sebelum Jadi Miliarder, Ini Cita-Cita Bill Gates Waktu Kecil

Liputan6.com, Jakarta - Nama Bill Gates pasti sudah terdengar familiar di telinga Anda. Ya, sebagai pendiri perusahaan teknologi raksasa Microsoft, Bill Gates tidak hanya menjelma sebagai salah seorang miliarder terkaya dunia, melainkan juga sebagai salah satu tokoh yang berpengaruh dan memiliki andil besar dalam penanganan isu-isu global.

Namun siapa sangka, pria berusia 60 tahun ini ternyata pernah memiliki cita-cita ketika kecil. Melansir wawancara ayah Bill Gates, William H. Gates dengan Forbes, Rabu (6/12/2015), Bill Gates ternyata pernah memiliki cita-cita sebagai seorang astronot.

William menuturkan ketika duduk di bangku kelas 5 sekolah dasar Bill Gates pernah diminta untuk menyelesaikan sebuah tugas mengenai cita-cita yang ingin diraih di masa depan.

Dia diberi daftar mengenai beberapa pekerjaan dilengkapi dengan sebuah kotak kecil disampingnya yang bisa ia ceklis sesuai keiinginan.

Namun, diantara seluruh pekerjaan seperti pilihan tersebut Bill Gates ternyata memilih astronot sebagai pekerjaan pilihannya. Ia juga menggambar sebuah kotak tambahan dan menulis “ilmuwan” di sampingnya.

Bill Gates memang telah menunjukkan ketertarikannya pada dunia sains sejak kecil. Ia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membaca buku.

Pria berkacamata ini pun memulai pemograman komputer ketika ia baru menginjak umur 13 tahun. Lalu, Ia mendirikan perusahaan software ikonik dengan teman kuliahnya Paul Allen pada 1975, setelah Ia memutuskan untuk berhenti dari Harvard University.

Antara 1978-1981, Microsoft berkembang pesat. Karyawannya bertambah dari 25 menjadi 128 orang. Pendapatannya melesat dari US$ 4 juta menjadi US$ 16 juta.

Pertengahan 1981, Gates dan Allen mengukuhkan Microsoft sebagai perusahaan resmi. Gates ditunjuk sebagai presiden dan CEO sementara Allen menjadi wakil presiden eksekutif.

Dua tahun kemudian bisnisnya merambah pasar global seperti Inggris dan Jepang. Tak hanya itu lebih dari 30 persen komputer di dunia menjalankan software buatan Microsoft. (Vna/Ndw)


Source: liputan6.com
Mendag Yakin Harga Pangan Bakal Membaik di Akhir Januari

Liputan6.com, Jakarta - Harga kebutuhan pokok dan sayuran yang melonjak pada periode libur Natal dan Tahun Baru diyakini akan mengalami penurunan pada akhir bulan ini.

Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengatakan, hal itu terjadi karena pada akhir Januari akan ada panen raya untuk sejumlah komoditas sayuran, seperti cabai. Harga cabai pada libur Natal dan Tahun Baru mengalami kenaikan hingga mencapai Rp 50 ribu per kg.

"Lonjakan harga sementara berkaitan dengan musim libur akhir tahun dan cuaca. Cabai lebih banyak di sentra produksi. Akhir bulan ini akan mulai panen raya jadi lonjakan harga di cabai dan telur ayam sementara," ujar dia di Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Baca Juga

  • Ini Dampak Positif dan Negatif Harga BBM Turun
  • Promosi Produk Lokal, Thomas Lembong Andalkan Media Sosial
  • Mendag Lembong Sebut Pasar Tradisional Perlu Dipertahankan

Source: liputan6.com
Harga Daging Sapi Masih Tinggi, Ini Pembelaan Kemendag

Liputan6.com, Jakarta - Beroperasinya kapal khusus pengangkut sapi yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga saat ini dinilai belum efektif menurunkan harga daging sapi di Jakarta.

Padahal keberadaan kapal tersebut diharapkan dapat mempermudah pasokan dan menekan biaya logistik angkut sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT) ke Jakarta.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Srie Agustina mengatakan jika melihat dari struktur harga, harga daging di ibukota bisa ditekan hingga Rp 92 ribu per kilogram (kg) dengan keberadaan kapal pengangkut sapi itu.

"Harapan kita, pasokan sapi yang bekerjasama dengan DKI itu hitungannya tiga kali trip dengan 500 ribu ekor. Sebetulnya kalau lihat struktur harga, itu memang sampai di Jakarta bisa mencapai Rp 92 ribu-Rp 95 ribu," ujar dia di Jakarta, Rabu (6/1/2015).

Baca Juga

  • Pemerintah Diminta Berikan Insentif ke Peternak Sapi‎ Lokal
  • DPR Sayangkan Rencana Impor Daging
  • KPPU: Kapal Angkut Ternak Bakal Perbaiki Pola Distribusi Daging

Source: liputan6.com
Pasir Laut RI Diselundupkan ke Singapura untuk Perluas Wilayah

Liputan6.com, Jakarta - Selain pencurian ikan (illegal fishing), Indonesia menjadi surga bagi para penyelundup pasir timah dan pasir laut untuk diekspor secara ilegal ke Singapura. Tujuannya untuk memperluas wilayah Negeri Singa itu.

Pelaksana Tugas Direktur Pengawasan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP), Nasfri Adisyahmeta Yusar mengungkapkan, pemerintah sudah melarang ekspor pasir timah, pasir besi, pasir laut dan pasir granit ke luar negeri. Dengan pelarangan tersebut, berbagai komoditas tersebut masuk dalam pengawasan KKP.

"Bu Menteri KP Susi Pudjiastuti telah menulis surat untuk minta dihentikan penambangan pasir timah di Bangka Belitung. Karena merusak sumber daya ikan, karena pasirnya dihisap pakai mesin penyedot, kapal seukuran rumah, ya rusak semua lingkungan," ujarnya kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Baca Juga

  • Jurus Menteri Susi Bawa Mutiara RI Makin Mendunia
  • Kebijakan Menteri Susi Bikin Ekspor Ikan RI ke AS Melesat
  • Negara Mana Saja Paling Rajin Curi Ikan di Laut RI?

Source: liputan6.com
PT KAI Raup Pendapatan Rp 13,5 Triliun di 2015

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero)‎ sepanjang 2015 berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp 13,5 triliun. Jumlah ini lebih rendah jika dibandingkan dengan target yang dicanangkan awal tahun 2015 sebesar Rp 15,7 triliun.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro‎ mengungkapkan dirinya sengaja mentargetkan angka yang tinggi dengan harapan pencapaiannya tidak jauh dari target.

"Tahun 2014 kita pencapaian pendapatan Rp 10,6‎ triliun, kita langsung 2015 lompat di Rp 15,7 triliun, pencapaian kita ga jauh dari itu Rp 13,5 trilun, itu sudah luar biasa," kata Edi di Gedung Jakarta Railway Center (JRC), Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Baca Juga

  • 18 Kereta dari Jepang Tiba di Tanjung Priok Hari Ini
  • Banyak Peminat, KAI Bakal Terus Operasikan Kereta Terpanjang
  • Perizinan Proyek Kereta Cepat Harus Didukung Pemangku Kepentingan

Source: liputan6.com
Sektor Properti Bakal Bergairah pada Semester II 2016

Liputan6.com, Jakarta - Sektor properti diperkirakan masih belum bergeliat hingga semester I tahun 2016. Lantaran tantangan sektor properti di paruh pertama tahun ini disebabkan oleh jumlah pasokan yang banyak namun tidak diikuti jumlah permintaan di sektor properti.

Associate Director Konsultan Properti Colliers International Ferry Salanto mengatakan, secara umum permintaan di semua sektor menurun dari perkantoran sampai apartemen.

"Tantangannya properti 2016 akan mengalami puncak pasokan tinggi di beberapa sektor, jadi satu tantangan tersendiri memang awal ada pergerakan positif ‎tapi secara keseluruhan dilihat tingkat hunian berat walaupun ada peningkatan serapan tapi di luar itu ada supply dan demand," kata dia, Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Baca Juga

  • Pasar Properti Mencari Titik Keseimbangan Baru di 2016
  • Simak Usaha Sektor Properti Nasional Lewati 3 Krisis
  • Properti Membaik pada 2016, Bagaimana Perkembangan di Kota Ini?

Source: liputan6.com
Cek Karier yang Pas Berdasarkan Golongan Darah Anda

Liputan6.com, Jakarta - Penelitian mengenai golongan darah telah dimulai sejak tahun 1930an. Peneliti di Jepang lah yang pertama kali mempelajari dan meneliti kecocokan sifat dan karakter yang terungkap melalui golongan darah.

Fenomena ini pun menjadi sangat populer, bahkan jauh lebih populer dan faktual ketimbang ramalan kepribadian menurut rasi bintang.

Bahkan hingga saat ini, sejak diperkenalkan oleh ilmuwan Furukawa Takeji, sebagian besar perusahaan menggunakan panduan golongan darah untuk mencari pegawai yang setia, berdedikasi dan akan membawa perusahaan menuju kesuksesan.

Hasilnya memang tidak 100 persen benar menunjukkan sifat seseorang, namun setidaknya 80 persen karakternya bisa dijadikan panduan untuk mencari pegawai sesuai yang diinginkan.

Berikut karier yang cocok sesuai dengan golongan darah seperti dilansir dari laman koreatimes.co.kr, Rabu (6/12/2015):

Golongan darah A

Mereka adalah orang yang perfeksionis dan punya selera tinggi. Dalam pekerjaan mereka kelihatan pendiam, namun akan berusaha semaksimal mungkin.

Mereka juga seringkali gugup, tetapi mereka berusaha menutupi kegugupan. Golongan darah A termasuk golongan darah yang memiliki nilai artistik di antara golongan darah lainnya.

Rata-rata orang yang memiliki golongan darah A memiliki sifat pemalu, sensitif, dapat dipercaya, sangat teliti. 

Oleh karena itu karir yang cocok bagi pemilik golongan darah A adalah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian, detail kecil dan keteraturan seperti sekretaris, manajer, bagian administrasi atau akuntan.


Source: liputan6.com
Ikan Paling Mahal RI Jadi Makanan Bergengsi di Jepang

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menyatakan ikan tuna sirip biru dan sirip kuning (bluefin dan yellow fin tuna) adalah dua jenis ikan yang paling banyak dicuri kapal-kapal asing di perairan Indonesia.

Para pelaku illegal fishing tergiur dengan harga ikan tersebut yang bisa mencapai miliaran rupiah per ekor.

Direktur Pengelolaan Sumber Daya Perikanan Ditjen PSDKP KKP, Tyas Budiman mengungkapkan, Indonesia sangat kaya dengan ragam biota laut, termasuk ikan sehingga menjadi surga bagi para pelaku illegal fishing. Sasarannya adalah ikan tuna sirip biru dan kuning.

"Ikan tuna sirip biru paling mahal di Indonesia, harganya Rp 100 ribu-Rp 200 ribu per kilogram (Kg). Itu yang fresh, kalau yang frozen atau beku harganya cuma Rp 10 ribu-Rp 25 ribu per Kg. Sedangkan harga ikan tuna sirip kuning di bawah sirip biru," ujar dia di Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Baca Juga

  • Tongkol dan Tuna Jadi Ikan Paling Banyak Diburu Nelayan RI
  • Pasir Laut RI Diselundupkan ke Singapura untuk Perluas Wilayah
  • Kebijakan Menteri Susi Bikin Ekspor Ikan RI ke AS Melesat

Source: liputan6.com
Pertamina Ancam Hentikan Pasokan Uap Panas Bumi ke PLN

Liputan6.com, Jakarta - Proses penetapan harga uap panas bumi dari PT Geothermal Ener‎gy ke Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang Unit 1,2 dan 3 dengan total kapasitas pembangkitan 140 Mega W‎att (MW) yang dioperatori anak usaha PT [PLN](PLN "") (Persero) yaitu PT Indonesia Power berjalan alot. Dengan begitu pasokan uap tersebut berpotensi dihentikan.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, negosiasi antara Pertamina dan PLN mengalami kebuntuan mengenai harga jual uap untuk ketiga pembangkit tersebut.

Padahal, PT Pertamina telah menawarkan agar kedua perusahaan dapat kembali memperpanjang interim agreement harga jual uap sambil melakukan negosiasi harga sesuai dengan ketentuan yang berlaku saat ini.

"Namun, tidak ada kesepakatan yang dicapai kendati  Pertamina telah memberikan penawaran paling lunak dengan perpanjangan interim agreement dan PLN melalui suratnya 29 Desember 2015 justru menyampaikan bahwa PLN tidak akan memperpanjang kontrak dengan PGE yang artinya terdapat risiko penutupan sumur-sumur uap untuk PLTP Kamojang 1,2, dan 3," kata Wianda, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Wianda menuturkan, Pertamina terpaksa harus menghentikan pasokan uap panas bumi untuk pembangkit PLN per 1 Februari 2016. Hal itu dilakukan jika hingga waktu yang diberikan tersebut PLN belum memberikan respons yang layak.

"Tentu saja hal ini sangat disayangkan apabila harus terjadi karena dapat menjadi preseden buruk bagi upaya memacu pengembangan panas bumi dan energi baru terbarukan di Indonesia," ungkap Wianda.

Wianda menambahkan, Pertamina selalu berkomitmen mendukung pemerintah dalam penyediaan listrik yang efisien dan ramah lingkungan melalui pengembangan uap panas bumi maupun total proyek beserta pembangkit listrik panas bumi.  

Sebagai wujud komitmen nyata tersebut, Pertamina kini menggarap sebanyak 11 proyek panas bumi di tujuh wilayah kerja terpisah dengan investasi sekitar US$ 2,5 miliar hingga 2019.

"Dalam melaksanakan setiap lini bisnisnya, termasuk dalam bisnis panas bumi, Pertamina senantiasa mengutamakan kepentingan nasional. Panas bumi yang merupakan sumber energi baru dan terbarukan dapat mendukung implementasi komitmen pemerintah dalam Conference of Parties (COP) 21 untuk mengurangi emisi hingga 29 persen," pungkas dia. (Pew/Ahm)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 


Source: liputan6.com
Ini Sebab Harga Bahan Pokok Tak Mengekor Turun BBM

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) yang mulai berlaku pada 5 Januari 2016 tidak memberikan pengaruh signifikan kepada harga barang kebutuhan pokok.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Srie Agustina memperkirakan penurunan harga tersebut hanya memberikan dampak pada penurunan harga barang kebutuhan pokok sekitar 0,1 persen.

Dia menjelaskan, dalam struktur harga, porsi biaya distribusi dan transportasi yang berkaitan dengan BBM hanya sebesar 3 persen. Maka, dengan penurunan harga BBM yang sekitar 3,5 persen, maka dampaknya pada penurunan harga bahan kebutuhan pokok hanya 0,1 persen.

"Penurunan harga BBM sekitar 3,5 persen. Jadi dikalikan saja dengan 3 persen itu, maka jadinya hanya 0,105 persen," ujarnya di Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Baca Juga

  • BBM, Tarif Listrik hingga Elpiji Banting Harga di Awal Tahun
  • Harga BBM Turun, Bagaimana dengan Sembako?
  • Harga BBM Bakal Turun, Ini Usulan Buruh

Source: liputan6.com
Jumlah PNS Akan Dipangkas 1 Juta Orang di 2019

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) menyatakan akan menggunakan pendekatan negative to zero growth dalam perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pemerintah menargetkan pengurangan jumlah PNS sebanyak 1 juta sampai 2019.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN RB, Herman Suryatman mengaku, kebijakan menghentikan sementara (moratorium) perekrutan CPNS hingga lima tahun ke depan akan menggunakan pendekatan egative to zero growth. Artinya berbeda dengan zero growth.

"Kalau zero growth kan pengadaan PNS sejumlah PNS yang pensiun, tapi kalau negative to zero growth melihat situasi dan kondisi. Maksimal pengadaan PNS memang sejumlah yang pensiun, tapi ini arahnya pengadaan PNS yang baru di bawah atau lebih sedikit dari jumlah PNS yang pensiun," tuturnya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Baca Juga

  • Menteri Yuddy Tegaskan Moratorium PNS Masih Berlaku
  • Kebut Pencairan PMN, PNS Kementerian BUMN Tak Pulang
  • Menteri Yuddy Beri Sanksi bagi PNS Tak Netral Saat Pilkada

Source: liputan6.com
Kebut Proyek Infrastruktur di Awal Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini, Presiden Jokowi menyaksikan penandatanganan 644 paket proyek infrastruktur senilai Rp 8,8 triliun serentak dilakukan di lima kota, yaitu Surabaya, Medan, Manado, ‎Banjarmasin dan Jayapura.

‎Penandatanganan kontrak ini merupakan hasil dari lelang dini yang dilakukan Kementerian PUPR pada 2015. Dengan adanya penandatanganan kontrak ini maka kegiatan pembangunan bisa dilaksanakan langsung di awal tahun, sehingga penyerapan anggaran akan lebih maksimal.

“Artinya kalau hari ini sudah ditandatangani besok sudah harus bekerja," kata Jokowi di Jakarta, Rabu (6/1/2015).

Pola seperti ini, lanjut Jokowi, akan didorong dan ditekankan kepada seluruh kementerian. “Kontrak-kontrak harus dimulai di awal bulan Januari dan pekerjaan juga harus dimulai di awal Januari," kata dia.

Pekerjaan proyek yang dilakukan di awal tahun juga akan mendorong serta memberikan stimulasi pada pertumbuhan ekonomi apalagi dengan kondisi saat ini setelah bergulirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dengan segera dikerjakannya tender pada awal tahun menjadi sebuah kabar baik bagi investor dan masyarakat.

Dia meyakini dengan ditandatanganinya kontrak pada bulan Januari maka bisa menyerap pertumbuhan ekonomi sekitar 5 - 6 persen.

“Serapannya sekitar 6 persen, 5 - 6 persen pada bulan Januari. Biasanya cuma 0,24 persen, 0,25 persen atau 6 persen pada Mei-Juni ini kita coba Januari. Ini tanggal 6 besok mau kita tanda tangani, sudah mulai kontrak,” kata Basuki.‎

Proyek yang diteken

Dari 644 paket proyek infrastruktur yang diteken, sebanyak 597 paket merupakan paket kecil di bawah Rp 50 miliar yang diharapkan menjadi penggerak ekonomi di daerah.

Sementara sisanya 47 paket adalah paket besar di atas Rp 50 miliar. Nilai kontrak yang di tandatangani ini merupakan 10,84 persen dari total belanja modal Kementerian PUPR 2016.

Adapun jenis kontrak yang ditandatangani berupa pembangunan jalan dan jembatan, sumber daya air, infrastruktur permukiman, dan penyediaan perumahan rakyat.

Adapun jenis kontrak yang ditandatangani berupa pembangunan jalan dan jembatan, sumber daya air, infrastruktur permukiman, dan penyediaan perumahan rakyat.

Jokowi berharap dengan bergulirnya proyek infrastruktur oleh Kementerian PUPR dapat membuka lapangan pekerjaan yang sangat besar sekali.

Kontraktor lokal

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta Kementerian PUPR untuk mengutamakan kontraktor dalam negeri dalam mengerjakan proyek infrastruktur nasional.

Jokowi memastikan, Kementerian PUPR telah menganggarkan Rp 104 triliun untuk pembangunan berbagai infrastruktur‎ di 2016 ini. Ini menjadi peluang yang cukup bagus bagi peningkatan kapasitas dan daya saing kontraktor lokal, terlebih saat ini sudah masuk dalam MEA.

"Saya minta‎, gunakan paket kontrak yang ada, gunakan kontraktor lokal, kalau tidak bisa 100 persen ya 90 persen," kata Jokowi.

Dengan menggunakan kontraktor lokal ini, Jokowi juga berkeinginan mengubah peredaran uang dari yang semula di pusat-pusat kota kini menjadi di daerah. Hal ini disebabkan konsentrasi pembangunan infrastruktur dalam masa pemerintahannya melalui pinggiran.

Permintaan penggunaan kontraktor lokal itu merupakan salah satu titipan Jokowi kepada Menteri PUPR dalam mengerjakan proyek infrastruktur. Selain itu, ada dua titipan pesan lain juga yang disampaikan.

Kedua, Jokowi meminta kepada Kementerian PUPR untuk menggunakan skema padat karya dalam pengerjaan berbagai proyek infrastruktur. Ini diyakini mampu membantu pengurangan pengangguran di Indonesia.

"Saya tahu memang pasti menggunakan alat-alat berat atau lainnya, tapi dorong supaya ini banyak menyerap tenaga kerja," tegas Jokowi.

Sementara itu, pesan lain yang juga disampaikan Jokowi adalah pengutamaan penggunaan komponen lokal dalam memenuhi komponen proyek-proyek infrastruktur.

"‎Syukur bisa semua barang lokal, tidak ada lagi nanti beli pipa harus impor, ada di Batam pabrik pipa. Ada lagi buat jembatan bajanya impor, disini punya Krakatau Steel," paparnya.

Tingkatkan kualitas SDM

Jokowi memastikan anggaran pembangunan infrastruktur setiap tahunnya akan bertambah besar. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung program percepatan kerja terutama dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Untuk itu, Jokowi meminta kepada Kementerian PUPR untuk terus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan memiliki integritas yang tinggi.

"‎Kemeterian PUPR siap-siap, siapkan manager lapangan yang baik. Mungkin sekarang kelola dana Rp 1 triliun bisa, tapi nanti begitu naik. Rp 10 triliun, bingung, jadi siapkan SDM," kata Jokowi.

Untuk memperlancar pembangunan infrastruktur, Jokowi juga meminta kepada Menteri PUPR Basuki Hadimoeldjono untuk terus melakukan sinergi antar kementerian.

Dicontohkan Jokowi, dalam meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, pengelolan dan kegiatan promosinya dilakukan oleh Kementerian Pariwisata, namun produk yang ditawarkan dalam hal ini destinasi wisata masih kurang sarana pendukungnya.

"Toilet masih kurang, air bersih tidak ada, akses menuju lokasi wisata juga masih minim, ini Kementerian PUPR bisa lihat, bisa masuk, inilah wujud sinergi," tegas Jokowi.

Pujian dari Presiden Jokowi

Pada kesempatannya, Jokowi menyampaikan banyak pujian kepada Kementerian PUPR di bawah kendali Basuki Hadimuldjono. Pertama, dia mengacungi jempol pencapaian penyerapan anggaran Kementerian PUPR yang sepanjang 2015 mencapai 94 persen.

‎"Saya ucapkan juga terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian PUPR pada 2015 realisasi anggaran 94 persen, itu sangat tinggi sekali," tegas Jokowi.

‎Pencapaian Kementerian PUPR ini dikatakannya memiliki kontribusi yang tinggi terhadap penyerapan belanja anggaran pemerintah pusat yang sepanjang tahun 2015 mencapai 92 persen.

Ditegaskan Jokowi, apa yang disampaikan ini juga sekaligus menjawab pesimisme berbagai pihak di awal tahun yang memperkirakan penyerapan anggaran hanya di kisaran 80 persen bahkan di bawahnya.

Tidak hanya itu, pujian lain yang dilontarkan Jokowi adalah berhasilnya Kementerian PUPR dalam merealisasikan perintah Presiden di mana pengerjaan proyek harus dimulai di awal tahun. Ini ditandai dengan adanya penandatanganan kontrak 644 paket hari ini dari total paket‎ 10.649 paket yang akan ditandatangani sepanjang 2016.

"Pola-pola baru seperti ini terus akan saya dorong, akan saya tekankan pada seluruh kementerian, saya berbahagia sekali di Kementerian PUPR, sudah bisa memulai seperti yang 4-5 bulan lalu saya sampaikan," puji Jokowi.

Dengan penyerapan anggaran sudah bisa dilakukan di awal tahun seperti itu, dikatakan Jokowi mampu menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. (Ndw/Ahm)

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/976092/big/007410600_1441265154-20150903-Infrastruktur.jpg


Source: liputan6.com
Top 3: 7 Pemimpin Terkejam Sepanjang Masa Bikin Penasaran

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang sejarah umat manusia, ternyata ada banyak pemimpin kejam yang menggunakan teror untuk dapat mengendalikan wilayah dan rakyatnya. Mereka memerintah dengan tangan besi dan tak henti-hentinya haus akan kekuasaan dan pengakuan.

Artikel tujuh pemimpin terkejam sepanjang masa masih menyita perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com seperti dirangkum pada Rabu sore 6 Januari 2016.

Tak hanya artikel itu saja yang paling menyedot perhatian pembaca, miliarder yang merayakan Tahun Baru di Pulau Pribadi juga menyita perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com, ingin tahu artikel mana saja yang paling banyak dibaca? Berikut rangkuman tiga artikelnya:

1. 7 Pemimpin Terkejam Sepanjang Masa

Mereka memerintah dengan tangan besi dan tak henti-hentinya haus akan kekuasaan dan pengakuan

Sepanjang sejarah umat manusia, ternyata ada banyak pemimpin kejam yang menggunakan teror untuk dapat mengendalikan wilayah dan rakyatnya. Mereka memerintah dengan tangan besi dan tak henti-hentinya haus akan kekuasaan dan pengakuan. Selengkapnya baca di sini

2. 10 Proyek Spektakuler Termahal di Dunia

Kementerian PUPR melihat pelaksanaan kontruksi proyek-proyek infrastruktur pemerintah, tingkat implementasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) masih sangat minim, Jakarta, Selasa (20/10/2015). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Membangun sebuah proyek infrastruktur memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun, bagi sebuah negara, infrastruktur adalah sebuah syarat untuk menggerakkan ekonomi. Pada akhirnya, negara tersebut jadi negara berkembang dan maju.

Tapi lagi-lagi, tak ada infrastruktur jika tak ada uang. Semakin bagus infrastruktur baik itu sarana transportasi, jalan tol, gedung bertingkat, hingga satelit di sebuah negara, semakin berkembang pula negara itu, dan terkadang semakin banyak juga biaya yang harus dikeluarkan. Tak jarang pembangunan infrastruktur juga butuh banyak pinjaman. Bicara soal mahal, ada sejumlah pembangunan proyek konstruksi atau infrasruktur termahal di dunia. Selengkapnya baca di sini

3. Gemar Berpesta, Miliarder Ini Rayakan Tahun Baru di Pulau Pribadi

Richard Branson (Reuters)

Terkenal sebagai salah satu miliarder nyentrik dengan berbagai tingkah mengejutkan, pemilik Virgin Group Richard Branson tentu tak akan melewatkan momen malam pergantian tahun begitu saja. Dengan gaya hidup mewahnya, tak sulit untuk menebak di mana pria super kaya ini akan menghabiskan malam tahun barunya.

Pada malam pergantian tahun menuju 2014, ia menghabiskan malam tahun baru di pulau pribadinya, Necker Island. Tentu saja para selebritis Hollywood, teman pengusaha serta sejumlah miliarder lain berada di daftar tamu undangannya.

Tak usah tanya soal biaya, bisnisnya yang menggurita dapat membayar seluruh ongkos pesta tahun baru dan memuaskan seluruh tamu undangannya. Sebagai atasan, dia juga memperbolehkan para karyawan untuk mengambil cuti sesuka hati. Selengkapnya baca di sini

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 


Source: liputan6.com
Penjualan Mobil Diprediksi Stagnan di Semester I 2016

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal ‎Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) I Gusti Putu Suryawirawan memperkirakan penjualan industri otomotif di semester I 2016 masih stagnan jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

"Semester pertama sepertinya tidak banyak perubahan dari sebelumnya," ujarnya di Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Menurut Putu, secara keseluruhan dirinya tidak menargetkan pertumbuhan perjualan pada sektor ini di 2016. Namun, dia berharap penjualan produk otomotif, khususnya kendaraan roda empat pada tahun ini mampu melampaui target penjualan tahun lalu.

Baca Juga

  • 5 SUV Terlaris di Indonesia
  • Penjualan Mobil Anjlok, Industri Komponen Tercekik
  • Penjualan Mobil Bekas Turun 20%

Source: liputan6.com