Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Senin, 18 Januari 2016
Intip Rumah Baru John Legend

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memiliki rumah di Los Angeles, Amerika Serikat ternyata tidak mudah. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti John Legend yang baru pindah rumah ke Beverly Hills bersama istrinya Chirssy Teigen. Ia harus melalui enam syarat untuk membeli rumah di Beverly Hills.

Sebelumnya rumah tersebut dibeli Rihanna seharga US$ 6,9 juta atau Rp 95,78 miliar (kurs dolar AS: Rp 13.821) pada 2009. Rumah itu kemudian dijual lebih rendah ada 2011 seharga US$ 5,03 juta atau Rp 69,82 miliar (kurs dolar AS: Rp 13.821).

Seperti dilansir dari architecturaldigest.com, Senin (18/1/2016) rumah tersebut memiliki luas 8.520 meter. Rumah pasangan artis ini memiliki lima kamar tidur dan delapan kamar mandi, dan rumah ini sangat cocok untuk pasangan yang memiliki satu anak.

Ini dia isi rumah baru John Legend di Beverly Hills Hollywood, Amerika Serikat :

Rumah Mewah John Legend

Kamar mandi Legend memiliki jendela yang besar, bisa dibayangkan ketika sedang berendam dengan air hangat di temani dengan pemandangan indah dari luar rumah. Hal tersebut dapat membuat badan Anda menjadi relaks.

Rumah Mewah John Legend

Ruangan ini adalah tempat favorit Legend, di tempat ini terdapat sebuah sofa untuk Legend membaca buku atau bersantai. Lalu terdapat piano untuk dia berlatih vokal, di tempat yang nyaman dan sejuk ini bisa mendapatkan mendapatkan inspirasi yang baik.

Rumah Mewah John Legend

Terakhir, ini adalah kamar milik John Legend. Kamar luas ini memiliki pemandangan halaman rumahnya, lalu terdapat perapian dan sofa untuk bersantai. (Apr/Ahm)

 

 


Source: liputan6.com
Sering Telat Masuk Kerja? Ini Cara Siap ke Kantor dalam 10 Menit

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang merasa kesulitan untuk bangun di pagi hari. Tak heran banyak pekerja yang sering terlambat datang ke kantor. Meski masalah kemacetan juga bisa jadi salah satu penyebabnya.

Jika memang Anda dikerubungi kemalasan di awal hari, sebetulnya ada solusi yang bisa dilakukan. Salah satunya adanya bersiap pergi ke kantor lebih cepat namun dengan hasil maksimal.

Mengutip laman Arabianbusiness, Senin (19/1/2016), berikut adalah cara sederhana yang dapat Anda terapkan agar bisa pergi ke kantor dalam 10 menit:

1. Pakaian darurat

Siapkanlah dua pakaian menit-menit terakhir ketika Anda merasa bakal terlambat masuk kerja. Pilihkan pakaian kerja seperti kemeja dan celana jeans. Untuk wanita, dress dan jumpsuit merupakan penyelamat saat-saat kritis.

2. Sarapan di Jalan

Melewatkan sarapan bisa menurunkan produktivitas saat bekerja. Cobalah menyiasatinya dengan membeli pisang, smoothie, atau makanan ringan sehat saat akan berangkat kerja.

3. Pasang target waktu

Jika adan merasa kesulitan sampai kantor tepat waktu, cobalah membuat batasan waktu saat Anda sedang bersiap-siap. Anda akan kaget betapa cepat Anda mempersiapkan diri jika sadar betapa detik-detik waktu terus berjalan.


Source: liputan6.com
IHSG Rawan Koreksi di Awal Pekan

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan mengalami tekanan di awal pekan ini dipicu sentimen global. Hal itu lantaran bursa saham Amerika Serikat (AS) tertekan pada akhir pekan lalu dan harga minyak berada di bawah US$ 30 per barel.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan bursa saham AS anjlok pada pekan lalu ditambah harga minyak melemah akan menyeret IHSG ke zona merah. IHSG akan bergerak di kisaran 4.464-4.560 pada awal pekan ini.

Akan tetapi, pelemahan IHSG akan menjadi terbatas. William menuturkan, efek suku bunga acuan/BI Rate turun menjadi 7,25 persen masih memberikan sentimen positif ke IHSG. Selain itu, pelaku pasar juga menunggu rilis data ekonomi seperti cadangan devisa.

Baca Juga

  • Efek BI Rate Turun Berlanjut, IHSG Naik 10 Poin
  • Ledakan di Thamrin Tak Berpengaruh, IHSG Menguat ke 4.532,68
  • BI rate Turun, Intervensi Pemerintah?

Source: liputan6.com
Ekonomi China Dukung Penguatan IHSG

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi mendatar dengan kecenderungan menguat pada perdagangan saham sepekan. Indeks saham didorong oleh sentimen regional.

Analis PT Investa Saran Mandiri Hans Kwee mengatakan beberapa data ekonomi China akan keluar pada pekan ini. Hal itu membuat indeks saham bakal menguat.

"Data Cina keluar cenderung lebih baik seperti GDP, industrial production, fixed asset investment, retail sales saya perkirakan membaik," kata dia saat berbincang dengan  Liputan6.com, Jakarta, Senin (18/1/2016).

Penurunan suku bunga Bank Indonesia (BI) turut berkontribusi dalam kenaikan indeks saham. BI menurunkan suku bunga 0,25 persen ke level 7,25 persen.

Dia mengatakan, IHSG bergerak pada support di level 4.500-4.450 dan resistance di level 4.560-4.600.

Kepala Riset NH Korindo Securities Reza Priyambada mengatakan indeks saham cenderung tertekan minggu ini. Hal tersebut karena harga minyak dunia yang terus melemah. Di sisi lain, tren penjualan terus berlanjut.

Dia mengatakan indeks akan bergerak pada level support 4.450-4.478 dan resistance 4.578-4.621.

Tren volume yang terus menurun mengindikasikan pelemahan serta minyak dunia yang kini berada di bawah US$ 30 per barel turut menekan indeks untuk minggu ini.

"Net sell asing yang terus terjadi secara masif dapat dimungkinkan mendukung pelemahan IHSG untuk seminggu ke depan," ungkap dia.

Hans merekomendasikan akumulasi saham, PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Astra International Tbk (ASII), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Global Mediacom Tbk (BMTR). (Amd/Nrm)


Source: liputan6.com
4 Tanda Karyawan Mulai Kehilangan Motivasi Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang ketika baru mendapat pekerjaan baru akan sangat bersemangat dan tampil dengan baik di awal kariernya. Namun beberapa tahun kemudian, kegembiraan itu pun memudar. Tugas yang menantang awalnya bisa menjadi hal yang membosankan.

Sebagai pemimpin, Anda harus memastikan orang-orang di sekitar tetap termotivasi. Oleh karena itu, Anda harus mengenali tanda karyawan mulai kehilangan motivasi.

Seperti dilansir dari Entrepreneur, Senin (18/1/2016), berikut empat tandanya:

1. Mereka melepaskan diri

Karyawan yang punya semangat kerja pasti sering membicarakan pekerjaannya. Anda akan melihat hal tersebut dari karyawan yang mengemukakan ide dan secara konsisten melaporkan kemajuan kerjanya. Para karyawan ini tertarik untuk membuat dampak di sekitarnya.

Ketika mulai kehilangan minat, karyawan akan berhenti terlibat. Mereka cenderung terlambat masuk kerja atau sering ijin sakit. Anda perlu berbicara dan memberikan tugas baru agar mereka kembali terinspirasi.

2. Mereka kehilangan minat mengembangkan diri

Orang yang masih bersemangat dalam karier pasti terus mengikuti berita terbaru, tren industri, penemuan, dan teknologi. Mereka ingin memperbaiki diri dan belajar.

Sebagai pemimpin, Anda harus jeli melihat kebiasaan para anggota tim. Apakah mereka menghadiri konferensi, berlatih, atau belajar hal baru?

Apakah mereka memiliki akses untuk menemukan minatnya? Menjelajahi jawaban ini akan membantu Anda menentukan solusi bagi karyawan yang mulai hilang motivasi.

3. Mereka tidak mengambil insiatif

Waspadalah kepada karyawan yang tidak mau mengambil tugas baru. Hal ini menandakan mereka sudah lelah. Solusinya bisa sederhana. Beri mereka cuti untuk bersantai dan mengisi ulang energinya. Cari tahu apakah beban kerja mereka terlalu berat atau tidak.

4. Mereka menjaga ide dan pendapatnya untuk diri sendiri

Orang yang bergairah tentang sesuatu akan bersemangat mengemukakan pendapatnya. Tapi kalau ia sudah tidak peduli lagi, maka semua ide dan pendapat hanya mengendap dalam pikirannya.

Jika Anda mencurigai ada seseorang berada dalam posisi ini, lihat bahasa tubuhnya dalam rapat dan interaksinya dengan karyawan lain. Mereka yang hanya mengikuti arus sangat berbahaya bagi bisnis. (Elsa/Ndw)


Source: liputan6.com
Investor Masih Tertarik Pegang Rupiah

Liputan6.com, Jakarta - Meski tingkat inflasi Indonesia lebih tinggi dibanding Amerika Serikat (AS), investor domestik dan asing masih meminati Rupiah, termasuk di portofolio investasi di surat utang negara (SUN). Alasannya, kekuatan ekonomi Indonesia masih dipandang baik hingga jangka panjang.

Kepala Ekonom Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih mengaku inflasi merupakan salah satu faktor penyebab gejolak nilai tukar rupiah karena terkait dengan permintaan maupun penawaran dolar Amerika Serikat (AS). Permintaan atas mata uang dolar AS akan meningkat, sehingga berakibat penguatan dolar AS dan Rupiah terdepresiasi.  

"Kalau inflasi di Indonesia tinggi, maka aset dalam bentuk rupiah lebih rendah dibanding pegang dolar AS. Jadi orang tidak akan tertarik menggenggam rupiah," jelasnya saat berbincang dengan beberapa wartawan di Jakarta, seperti ditulis Senin (18/1/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Harus Pilih Jaga Ekonomi Tumbuh atau Stabilkan Rupiah
  • Penanganan Cepat Usai Teror Jakarta Bikin Rupiah Menguat
  • BI Rate Turun, Rupiah Menguat ke 13.866 per Dolar AS

Source: liputan6.com
Seberapa Parah Pelemahan Rupiah?

Liputan6.com, Jakarta - Gejolak nilai tukar rupiah ditentukan beberapa faktor. Secara teoritis, pelemahan kurs Rupiah yang nyaris ke level Rp 14.000 per dolar Amerika Serikat (AS) dinilai sudah kebablasan apabila dilihat dari berbagai teori perhitungan mata uang.

Kepala Ekonom Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih menyatakan, kurs rupiah di Indonesia menggunakan sistem mengambang meski tetap ada intervensi dari Bank Indonesia (BI) agar volatilitasnya tetap terjaga.

"Untuk ekonomi seperti kita lebih baik agak menguat (rupiah) untuk tujuan produksi, karena kita impornya tinggi untuk bahan baku. Kalau bahan baku mahal, biaya produksi jadi tinggi, perusahaan bingung mau jual ke siapa (barangnya) karena harga mahal," ujarnya di Jakarta, seperti ditulis Senin (18/1/2016).

Lana menyebut, ada beberapa faktor yang mempengaruhi pergerakan rupiah, yakni permintaan dan penawaran valuta asing (valas), kinerja neraca pembayaran, tingkat inflasi, tingkat pendapatan dan tingkat bunga serta ekspektasi dan spekulasi atau rumor.

"Spekulasi ini yang tidak bisa dihitung, seperti kemarin pas ada teror bom, rupiah langsung melemah 100 poin karena Indonesia dianggap tidak aman," tambahnya.

Lebih jauh dijelaskannya, pelemahan nilai tukar dapat diukur dari beberapa teori sehingga kurs rupiah mencerminkan nilai teori. Tapi ini bukan menunjukkan nilai fundamental rupiah. Antara lain, dari kurs efektif riil (Real Effective Exchange Rate/REER), teori Big Mac Currency dan selisih inflasi Indonesia dengan AS.

Pertama berdasarkan REER dari Bank for International Settlement (BIS). Mengacu data tersebut pada kuartal III 2015, REER rupiah berada di bawah angka wajarnya (Par) 100, yaitu 73,3. Realisasi ini lebih tinggi dibanding REER mata uang Brasil 60,1 dan Argentina 57,1. Sementara REER mata uang China masih di atas Par sebesar 126,6 di periode yang sama.

"Jadi rupiah sudah sangat undervalue, sedangkan Yuan overvalue jadi harus dilemahkan. Dari teorinya, rupiah melemah 15 persen, mungkin sekarang 11 persen. Seharusnya rupiah berada di level 11.900 per dolar AS, itu nilai teoritisnya ya, bukan fundamentalnya," kata Lana.

Depresiasi Rupiah terbilang parah apabila dilihat dari teori Big Mac Currency. Sebuah cara informal untuk mengukur paritas daya beli (purchasing power parity-PPP) antara dua mata uang. Indeks ini mengambil nama dari Big Mac, suatu produk hamburger yang dijual di restoran cepat saji.

Menurut Lana, nilai tukar dengan basis harga Big Mac. Teori ini dianggap bisa mewakili the low of one price (satu harga), ada standarisasinya yakni dianggap sebuah roti Big Mac di Jakarta dibuat sama persis dengan komposisi roti Big Mac di AS, begitupula dengan dagingnya. Jadi istilahnya, makan Big Mac di Indonesia sama dengan di AS.

"Kalau harga Big Mac di Indonesia sekitar Rp 45.000, lalu di AS 4 dolar AS, dan kita percaya the low of one price, maka bisa dipakai sebagai ukuran satu dolar dalam Rupiah. Berarti 1 dolar AS Rp 10.000 kalau pakai ukuran Big Mac," jelasnya.  

Bahkan, lanjut Lana, indeks Big Mac Curreny yang diterbitkan majalah The Economist, Rupiah dikatakan undervalue sampai hampir 50 persen. Dengan demikian, ia bilang, menurut The Economist, Rupiah seharusnya Rp 7.000 per dolar AS apabila kurs Rupiah saat ini Rp 14.000. Namun teori ini harus berlaku syarat bahwa the low of one price terjadi dalam jangka panjang, tidak ada biaya transaksi, pajak.

"Jadi dari perhitungan REER dan Big Mac menunjukkan harga satu dolar AS dalam Rupiah sudah ketinggian, terlalu mahal, mestinya menguat karena sudah undervalue atau overshooting. Untuk menguat, perlu dorongan ekonomi. Tapi tinggal tunggu waktu untuk menguat, kapannya tidak ada yang tahu," terang Lana.

Teori lain yang bisa menghitung apakah kurs Rupiah terlalu murah, sambung Lana, dengan cara perbedaan atau selisih inflasi antara Indonesia dan AS. Tahun lalu, inflasi Indonesia secara tahunan 3,35 persen dan AS sebesar 0,02 persen, sehingga selisihnya 3,33 persen.

"Harusnya depresiasi Rupiah terhadap dolar AS 3,33 persen secara teoritis. Tapi tahun lalu pelemahannya hampir 10,18 persen, berarti kita overshooting 6,85 persen, hampir 7 persen kita kebablasan nilai tukarnya. Selama inflasi Indonesia lebih tinggi dari AS, selama itupula Rupiah terdepresiasi," tutur Lana.  

Dirinya memperkirakan, kurs Rupiah secara teknikal (resistance dan support) akan bergerak pada rentang 13.721 sampai 14.125 per dolar AS. "Rupiah tidak bisa 100 persen dikendalikan masalah domestik, karena kita punya masalah demand terlalu besar dibanding suplai sehingga mendapat pasokan valas untuk stabilisasi rupiah. Perlu juga didukung perbaikan makro," papar Lana.


Source: liputan6.com
Top 3: RI Bisa Kuasai 100% Saham Freeport Gratis

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia dinilai bisa memiliki sepenuhnya saham PT Freeport Indonesia tanpa mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis.

Kepemilikan 100 persen saham Freeport Indonesia bisa terwujud, jika pemerintah tidak memperpanjang masa operasi Freeport Indonesia yang berakhir di 2021.

Informasi mengenai divestasi saham Freeport menjadi artikel yang paling banyak dicari pembaca. Lengkapnya berikut tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com:

1. Pemerintah Bisa Miliki 100% Saham Freeport Gratis

Direktur Center for Indonesian Resources Strategic (CIRUS), Budi Santoso‎ menilai pemerintah tak perlu merogoh kocek jika ingin menguasai 100 persen saham Freeport .

"Menurut saya pemerintah harus melihat benefit nasional dan kalau perpanjangan tidak disetujui maka pengelolaannya menjadi 100 persen. Kenapa harus membeli mahal kalau bisa gratis," kata Budi, saat berbincang dengan Liputan6.com.

Sebelumnya, perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut mengajukan harga US$ 1,7 miliar atau senilai Rp 23,83 triliun untuk 10,64 persen saham. Sedangkan harga untuk saham Freeport seluruhnya mencapai US$ 16,2  miliar. Baca selengkapnya di sini!

2. Anak Menteri Susi Meninggal di Florida

Kabar duka datang dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Putranya Panji Hilmansyah yang berusia 31 tahun telah meninggal dunia di Florida.

Almarhum Panji meninggal di Naples, Florida, Amerika Serikat. Sedangkan saat ini Menteri Susi tengah berada di Jakarta menunggu proses pemulangan anaknya tersebut.

Panji Hilmansyah, putra pertama Menteri Susi berprofesi sebagai pilot. Pria berusia 31 tahun ini lulusan sekolah penerbangan di Amerika Serikat. Baca selengkapnya di sini!

3. Pria Tampan Bisa Sulit Dapat Pekerjaan

Sudah bukan rahasia umum jika penampilan yang menarik dapat meningkatkan peluang seseorang dalam segala hal. Banyak penelitian yang menunjukkan penampilan yang menarik memiliki pengaruh terhadap perekrutan dan promosi.

Namun, penelitian terbaru dari UCL School of Management, London, Inggris bertentangan dengan temuan itu.

Menurut penelitian mereka, penampilan yang menarik justru dapat menghambat peluang meraih pekerjaan yang menonjolkan kompetisi atau persaingan.

Disebutkan dalam penelitian itu, pria tampan mungkin ditolak untuk pekerjaan yang mengutamakan persaingan tetapi mereka lebih disukai untuk peran yang membutuhkan kerja sama. Baca selengkapnya di sini!

(Ndw/Ahm)

perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut mengajukan harga US$ 1,7 miliar atau senilai Rp 23,83 triliun (estimasi kurs: Rp 14.016 per dolar AS) untuk 10,64 persen saham. Sedangkan harga untuk saham Freeport seluruhnya mencapai US$ 16,2  miliar


Source: liputan6.com
Anak Menteri Susi Diduga Meninggal Karena Serangan Jantung

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Putra pertamanya, Panji Hilmansyah yang berusia 31 telah meninggal dunia di Florida, Amerika Serikat (AS).

Asisten Menteri Susi Pudjiastuti, Fika Fawzia mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima informasi secara jelas mengenai penyebab kematian putra pertama dari Menteri Susi tersebut. Namun diduga kematian Almarhum Panji Hilmansyah berkaitan dengan jantung.

"Untuk waktu dan penyebab kematian kami belum dapat informasi pasti, tetapi diduga jantung," ujarnya saat dikonfirmasi oleh Liputan6.com di Jakarta, Senin (18/1/2016).

Fika menyatakan, sejak awal tahun ini anak pertama Menteri Susi tersebut memang telah mengeluh sesak nafas dan sakit pada bagian jantungnya.

"Di awal tahun ini beliau memang komplain sesak napas dan sakit jantung," kata dia.

Panji Hilmansyah, diketahui berprofesi sebagai pilot. Keberadaan pria berusia 31 ini di Amerika Serikat ini karena mengambil sekolah penerbangan di negeri Paman Sam tersebut.

"Beliau di sana karena sekolah instruktur pilot," tandas Fika. (Dny/Ndw)


Source: liputan6.com
Harga Minyak Jatuh, Bursa Asia Dekati Level Terendah Sejak 2011

Liputan6.com, Tokyo - Bursa saham Asia meluncur ke level terendah sejak 2011 di awal pekan ini menyusul data ekonomi AS dan harga minyak merosot. Pelemahan harga minyak itu tidak menunjukkan tanda-tanda mereda sehingga memicu kekhawatiran lebih lanjut terhadap bursa saham global.

Indeks saham MSCI Asia Pacific merosot 1,3 persen pada pukul 10.02 waktu Tokyo. Pelemahan itu didorong indeks saham Jepang Nikkei susut 1,9 persen.

Indeks saham Australia/ASX 200 turun 0,9 persen. Indeks saham Korea Selatan Kospi merosot 0,6 persen, indeks saham Selandia Baru/NZX 50 tergelincir 1,7 persen sehingga mendorong ke level terendah sejak 15 Desember.

Baca Juga

  • Bursa Asia Sentuh Level Terendah dalam 3,5 Tahun
  • Cemas Pasokan Iran, Harga Minyak Sentuh US$ 29 per Barel
  • Bursa Asia Positif Ikuti Penguatan Wall Street

Source: liputan6.com
Bursa Global Seret IHSG Susut 32 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengikuti bursa saham Asia tertekan di awal pekan ini. Harga minyak semakin tertekan kembali menyeret bursa saham Asia ke zona merah.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Senin (18/1/2016), IHSG melemah 32,65 poin atau 0,72 persen ke level 4.491,32. Pada pembukaan perdagangan saham pukul 09.04, IHSG merosot 24,45 poin atau 0,53 persen ke level 4.499. Indeks saham LQ45 susut 0,52 persen ke level 780,03. Sebagian besar indeks saham acuan tertekan pada awal sesi perdagangan.

Ada sebanyak 96 saham melemah sehingga mendorong IHSG ke zona merah. Sedangkan 25 saham menghijau dan 44 saham diam di tempat. Di awal sesi, IHSG sempat berada di level tertinggi 4.503 dan terendah 4.485.

Baca Juga

  • Harga Minyak Jatuh, Bursa Asia Dekati Level Terendah Sejak 2011
  • Cemas Pasokan Iran, Harga Minyak Sentuh US$ 29 per Barel
  • Wall Street Merosot, Harga Emas Naik

Source: liputan6.com
Teror Thamrin Tak Pengaruhi Bisnis Perhotelan

Liputan6.com, Jakarta - Para pengusaha hotel memperkirakan pertumbuhan bisnis perhotelan pada tahun ini maksimal kisaran 10 persen. Rendahnya pertumbuhan bisnis perhotelan tersebut bukan akibat adanya teror ledakan di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, namun lebih disebabkan karena jumlah kamar yang ada lebih banyak dibanding tingkat kunjungan wisatawan.

Ketua Umum PHRI, Haryadi Sukamdani mengatakan, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia pada 2015 lalu hanya di kisaran 10 juta wisatawan. Sedangkan jumlah kamar hotel yang tersedia saat ini di seluruh Indonesia sudah mencapai ratusan ribu unit. Menurut Haryadi, jumlah pasokan kamar hotel yang ada terlalu banyak sehingga dengan jumlah kunjungan wisatawan yang ada saat ini belum bisa mendorong pertumbuhan bisnis perhotelan.

"Jadi kondisi saat ini pasokan kamar lumayan besar. Kami punya kamar di seluruh Indonesia mencapai 270.500 unit kamar," ujarnya di Jakarta, Senin (18/1/2016).

Untuk 2016 ini, Kementerian Pariwisata menargetkan Pertambahan jumlah kunjungan wisatawan asing hanya 2 juta wisatawan atau menjadi 12 juta wisatawan. Dengan jumlah kamar hotel yang begitu besar, lanjut Haryadi, pihaknya memperkirakan pertumbuhan bisnis hotel pada tahun ini hanya di kisaran 10 persen.

Baca Juga

  • Pengusaha Hotel Tak Khawatir Teror Susulan Usai Bom Thamrin
  • Gunung Raung Meletus, Pengusaha Hotel di Bali Rugi Besar
  • Larangan Rapat Dicabut, Bisnis Perhotelan Bisa Bangkit

Source: liputan6.com
Punya Kartu Kredit? Hindari 6 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit adalah sesuatu yang tak asing dan sulit lagi untuk dimiliki saat ini. Banyak bank yang telah menerbitkannya dan mereka juga membenamkan berbagai macam fitur menarik dan menggoda bagi para nasabahnya.

Hal itu masuk akal, mengingat saat ini hampir seluruh bank di Indonesia menerbitkan kartu kredit dan tentu saja hal ini membuat sebuah lingkup persaingan yang cukup ketat.

Kartu kredit akan memungkinkan Anda untuk menikmati segala kemudahan dalam berbelanja dan melakukan transaksi keuangan lainnya dengan sangat mudah dan menyenangkan.

Baca Juga

  • Ingin Miliki Rumah Idaman? Lakukan 5 Hal Ini
  • Lakukan 5 Cara Ini untuk Mendapatkan Dana Kuliah
  • Persiapkan 4 Hal Ini Sebelum Renovasi Rumah

Source: liputan6.com
Jokowi Minta Pembangunan Sarana Transportasi Perintis Digeber

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan penandatanganan 12 paket kontrak untuk pembangunan infrastruktur di beberapa wilayah Indonesia pada Senin (18/1/2016).  Selain meminta membuka bandara di daerah perintis, Jokowi meminta untuk setiap wilayah di Indonesia harus dilalui jalur Kereta Api (KA).

Dalam pidatonya, Jokowi berpesan kepada Menteri Perhubungan Ignasius Jonan untuk memperhatikan dan mempercepat pembangunan infrastruktur transportasi di daerah-daerah terpencil (perintis). "Kesiapan pengembangan transportasi daerah berupa bandara perintis, dermaga perintis, harap diperhatikan, sehingga disparitas harga betul-betul bisa kita atasi," kata Jokowi di Kementerian Perhubungan, Senin (18/1/2016).

Menurut Jokowi, pembangunan infrastruktur transportasi daerah perintis ini menjadi kunci utama untuk menggerakkan ekonomi sebuah wilayah yang selama ini pembangunannya cukup lambat.

Baca Juga

  • Kemenhub Siap Bangun 15 Bandara Baru di 2016
  • KAI Bakal Tambah Pengoperasian 10 Kereta Api pada 2016
  • Ini Daftar Kereta yang Tarifnya Naik pada 2016

Source: liputan6.com
Ini Bedanya PNS di Singapura dengan di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi faktor kunci membangun perekonomian Indonesia ke depan. Negara ini diharapkan mempunyai sistem informasi pengelolaan SDM, termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar mampu mencapai target yang telah ditetapkan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengungkapkan, sistem informasi kepegawaian di setiap instansi saat ini kurang memadai. Akibatnya kondisi tersebut menyulitkan pihak instansi ketika ingin menyaring pegawai di level paling atas sekalipun. Namun kondisi ini berbeda dengan Singapura yang lebih canggih mengatasi persoalan tersebut.

Darmin menjelaskan, di Singapura, 20 persen lebih waktu setiap pejabat di sana mengurusi soal SDM. Para pejabat Singapura memiliki mekanisme yang jelas secara reguler untuk mengevaluasi setiap orang di bawahnya. "Misalnya kalau Eselon I bisa mengevaluasi kinerja Eselon II sampai ke bawah, lalu 3-5 kali dalam setahun, evaluasi di masukkan ke dalam sistem informasi," terangnya di Jakarta, Senin (18/1/2016).

Baca Juga

  • Menko Darmin Minta ‎PNS Punya Ambisi
  • Pemerintah Anggarkan Gaji PNS Rp 347 Triliun Tahun Ini
  • Gaji PNS Sedot Uang Negara Rp 289,9 Triliun Selama Setahun

Source: liputan6.com
Pengembang Taksir Properti Tumbuh 20% di 2016

Liputan6.com, Jakarta Real Estat Indonesia (REI) berpandangan positif terhadap perkembangan industri properti, didasarkan sejumlah indikator makro yang positif serta komitmen pemerintah dalam membenahi regulasi di sektor perumahan. Asosiasi memprediksi penjualan properti nasional pada 2016 bisa tumbuh di kisaran 10%-20% dibandingkan tahun lalu.

Ketua Umum DPP REI, Eddy Hussy mengakui angka pertumbuhan itu sangat konservatif karena berdasarkan kondisi riil sekarang.

"Namun jika seluruh kebijakan pemerintah bisa berjalan efektif, maka kami yakin angka pertumbuhan akan lebih besar lagi," kata Eddy kepada Liputan6.com, Senin (18/1/2016).

Baca Juga

  • Tips Jitu Memulai Bisnis Properti
  • MEA Berlangsung, Minat Ekspatriat di Sektor Properti Menggeliat
  • Tiga Rahasia Ini Membuat Bisnis Properti Berumur Panjang

Source: liputan6.com
Masihkah Depok Jadi Lokasi Pilihan Pembeli Rumah Pemula?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Pemerintah Daerah Kota Depok mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 13/2013 tentang bangunan dan izin mendirikan bangunan beserta produk turunannya, beberapa pengembang mulai berpikir ulang untuk membidik kawasan Depok untuk membuat proyek perumahan untuk kelas menengah.

Peraturan tersebut menjelaskan pengembang hanya bisa membangun rumah dengan kavling minimal 120 meter persegi.

Achmad Samy, Direktur PT Umawar Issabluza, pengembang perumahan Paradesa, mengakui Perda tersebut cukup memberatkan.

"Pasalnya harga tanah sudah telanjur tinggi sedangkan kami harus membuat rumah dengan minimal lahan seperti itu, otomatis ini berpengaruh kepada penawaran harga yang tinggi. Rumah dengan luas lahan 120 meter (persegi) tersebut merupakan rumah mewah, sedangkan segmentasi pembeli di Depok memiliki ciri khas tersendiri," kata Azis dikutip dari www.rumah.com (18/1/2016).

Baca Juga

  • Pasokan Perkantoran Menjamur di Asia Pasifik pada 2016
  • Inspirasi Rumah Berbentuk Bola Milik Lionel Messi
  • 3 Cluster Manis Ini Ada di Jawa Timur

Source: liputan6.com
Harga Minyak Turun, Rupiah Tertekan ke 13.974 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali melemah pada perdagangan di awal pekan ini. Pelemahan rupiah karena anjloknya harga minyak dunia dan juga imbas dari penurunan bursa saham China. 

Mengutip Bloomberg, Senin (18/1/2016), rupiah dibuka di level 13.974 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan akhir pekan lalu yang ada di level 13.909 per dolar AS. Dari pagi hingga siang ini, rupiah berada di kisaran 13.901 per dolar AS hingga 13.974 per dolar AS.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah ada di level 13.931 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan pekan lalu yang ada di level 13.886 per dolar AS. 

Baca Juga

  • Seberapa Parah Pelemahan Rupiah?
  • Investor Masih Tertarik Pegang Rupiah
  • BI Rate Turun, Rupiah Menguat ke 13.866 per Dolar AS

Source: liputan6.com
Jadi Pilot, Keahlian Putra Menteri Susi Diakui Dunia

Liputan6.com, Jakarta Lembaga regulator penerbangan sipil Amerika Serikat atau yang biasa dikenal sebagai Federal Aviation Administration (FAA) mensertifikasi pilot asal Indonesia, Panji Hilmansyah, sebagai salah satu pilot dengan kinerja yang baik. Putra dari Menteri Perikanan Susi Pudjiastuti ini juga berhasil mendapat sertifikat prestigious FAA Airmen Certification Database.

Dalam daftar yang dikeluarkan oleh FAA dalam situsnya, Panji Hilmansyah sukses didapuk menjadi pilot yang bersertifikasi karena telah menyelesaikan pendidikan tinggi serta sukses dalam penilaian dan standar medis dari FAA.

Pilot asal Jawa barat ini berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan mampu menggapai sertifikasi dari FAA. Melansir halaman aviation-business-gazette.com, Senin (18/1/2016), sertifikasi pilot dari FAA merupakan sertifikasi pilot paling bergengsi di dunia yang menstandardisasi kemampuan penerbangan pilot dari seluruh dunia.

Badan transportasi dunia dan banyak ahli penerbangan menilai bahwa sertifikasi pilot ini sangat perlu dimiliki untuk meminimalisir kecelakaan penerbangan yang belakangan ini marak terjadi.

FAA juga baru saja mengumumkan peraturan baru menyusul kecelakaan pesawat Colgan Air 3407 yang terjadi pada Februari 2009 lalu. Hasil investigasi mengungkap bahwa kecelakaan tersebut disebabkan kemampuan pilot yang tidak sesuai dengan sertifikasi FAA. Oleh karena itu, pilot bersertifikasi merupakan hal wajib yang harus ditaati oleh maskapai di dunia.

Namun, kini Panji telah benar-benar `terbang` ke pangkuan Sang Pencipta. Ia meninggal hari ini diduga karena serangan jantung. Panji merupakan anak pertama Susi dari pernikahannya dengan Yoyok Yudi Suharyo. (Vna)**


Source: liputan6.com
Pemerintah Diminta Evaluasi Cadangan Emas Tambang Freeport

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah didesak untuk mengevaluasi cadangan emas dan tembaga yang terkandung dalam tambang milik PT Freeport Indonesia di Papua.

Pengecekan bertujuan untuk mengetahui pasti harga saham yang layak perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut.

Ini sebelum pemerintah memutuskan membeli saham yang ditawarkan Freeport senilai Rp 1,7 miliar atau setara Rp 23 triliun.

Direktur Energi Watch Ferdinand Hutahaean ‎mengatakan, Freeport tidak bisa menentukan harga saham sendiri dalam penawarannya, tetapi harus mengacu pada kondisi pasar.

"Yang pas menurut pasar. Nggak boleh asumsi Freeport sendiri harus sesuai dengan harga di pasar," kata dia di Jakarrta, Senin (18/1/2016).

Baca Juga

  • Freeport Tawarkan Saham ke Pemerintah Senilai Rp 23 Triliun
  • Harga yang Ditawarkan Freeport Tidak Berdasar
  • Pemerintah Punya Waktu 60 Hari untuk Beli Saham Freeport

Source: liputan6.com
Bersaing di Global, Jokowi Minta Ini ke Menhub

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan kepada para pejabat negara Indonesia sudah masuk dalam Asean Economic Community atau pasar bebas Asean.

Namun demikian, dirinya mengakui, masih ada beberapa hal yang harus cepat dilakukan agar daya saing Indonesia terus mengalami peningkatan. Untuk itu, ada beberapa perintah dari Jokowi ke Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Perintah tersebut diucapkannya saat menyaksikan penandatanganan 12 paket kontrak infrastruktur yang dilakukan Kementerian Perhubungan sesuai anggaran APBN 2016.

Baca Juga

  • Jokowi Minta Serapan Anggaran Kemenhub Naik pada 2016
  • Jokowi Minta Pembangunan Sarana Transportasi Perintis Digeber
  • Jokowi Saksikan Penandatanganan Kontrak 12 Paket Proyek Kemenhub

Source: liputan6.com
5 Negara Ini Jadi Target Ekspor RI

Liputan6.com, Jakarta - Meski didera pelemahan nilai ekspor, neraca perdagangan 2015 sukses mencetak rekor tertinggi sejak 3 tahun terakhir pada 2015 lalu. Pencapaian tersebut diyakini akan kembali ditorehkan Indonesia pada tahun ini dengan rajin memperkuat perjanjian perdagangan bersama negara lain.

Menteri Perdagangan (Mendag), Thomas Trikasih Lembong menjelaskan, meskipun kinerja ekspor sepanjang tahun lalu sedang turun karena pelemahan harga komoditas, namun neraca perdagangan bisa mencetak surplus sebesar US$ 7,5 miliar. Surplus tersebut karena impor penurunan RI lebih besar dibanding penurunan ekspor.

Thomas melanjutkan, beberapa komoditas yang berasal dari Indonesia memang sedang tertekan pada tahun lalu. Contohnya adalah sawit, karet dan beberapa lainnya. Penurunan harga komoditas tersebut terimbas penurunan harga minyak dunia dan juga melemahnya permintaan dari China yang merupakan salah satu mintra dagang utama RI. 

"Tapi ada titik cerah, di mana ekspor non migas naik signifikan, terutama dari komoditas biji kerak dan abu logam; kopi, teh dan rempah-rempah; perhiasan dan permata yang US$ 5 miliar per tahun atau tumbuh 20 persen setiap tahun," katanya saat Konferensi Pers di kantor Kemendag, Jakarta, Senin (18/1/2016).

Baca Juga

  • Impor RI di Desember 2015 Makin Besar, Ini Daftar Barangnya
  • Impor Bengkak, Neraca Perdagangan RI Defisit US$ 235,8 Juta
  • Harga Minyak Jatuh Bakal Ganggu Neraca Perdagangan RI

Source: liputan6.com
Selain Gaji, 4 Hal Ini Bisa Bikin Karyawan Bahagia

Liputan6.com, Jakarta - Gaji yang tinggi merupakan sesuatu yang didambakan bagi banyak karyawan. Tetapi hal ini ternyata tidak secara otomatis mendatangkan tingkat kebahagiaan dan kepuasan diri.

Hal ini dikarenakan gaji yang tinggi ternyata tidak dapat memuaskan kebutuhan. Demi mampu mengeluarkan kemampuan terbaik dalam diri seorang pegawai, ternyata dibutuhkan hal-hal lebih dari sekedar gaji besar.

Baca Juga

  • Ingin Karyawan Anda Bahagia? Lakukan 4 Cara Ini
  • 8 Hal Sederhana yang Bikin Karyawan Bahagia
  • 4 Kualitas Hidup untuk Gapai Kesuksesan

Source: liputan6.com
Pembangunan Infrastruktur Dorong Kenaikan Impor

Liputan6.com, Jakarta - Peningkatan pembangunan infrastruktur dan investasi mendorong kenaikan impor di Indonesia pada Desember lalu sebesar 5,2 persen atau US$ 12,1 miliar. Dengan kondisi tersebut, pemerintah mengaku tidak terlalu khawatir dengan kinerja neraca perdagangan Indonesia pada tahun ini.

Menteri Perdagangan (Mendag), Thomas Lembong mengatakan, kenaikan impor pada akhir tahun lalu terjadi karena faktor musiman di mana pembangunan infrastruktur meningkat di kuartal IV. Impor paling banyak untuk komponen dan bahan baku.

"Saya tidak terlalu prihatin soal neraca perdagangan secara umum, karena menurut saya masih cukup menggembirakan," kata Lembong saat Konferensi Pers di kantornya, Jakarta, Senin (18/1/2016).

Baca Juga

  • Impor RI di Desember 2015 Makin Besar, Ini Daftar Barangnya
  • Impor Bengkak, Neraca Perdagangan RI Defisit US$ 235,8 Juta
  • Bahas Pajak Impor Minyak Mentah, Menkeu akan Temui SKK Migas

Source: liputan6.com
BPKP dan Jamdatun Dilibatkan untuk Evaluasi Penawaran Freeport

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengkoordinasikan pembentukan tim penyelesaian divestasi PT Freeport Indonesia. Perusahaan tersebut telah menawarkan 10,64 persen saham dengan harga US$ 1,7 miliar setara dengan Rp 23 triliun.

Kepala Biro Hukum Kementerian ESDM Hufron Asrofi mengatakan, tim tersebut terdiri dari berbagai instansi terkait yaitu Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Jaksa Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun).

"Semua instansi yang terkait dilibatkan, untuk ini (divestasi Freeport)," kata Hufron, di Kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (18/1/2016).

Baca Juga

  • Usul Mantan Menkeu Terkait Pengelolaan Tambang Freeport
  • Pemerintah Diminta Menawar Harga Saham Freeport Indonesia
  • Freeport Tawarkan Saham ke Pemerintah Senilai Rp 23 Triliun

Source: liputan6.com
Asosiasi Pusat Belanja Ingin Suku Bunga Turun Bertahap

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI)  Handaka Santosa meminta supaya pemangkasan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI)/BI Rate dilakukan secara berkelanjutan. Lantaran, dengan kondisi saat ini bunga pinjaman masih relatif tinggi.

"BI rate bersyukur turun, cuma 0,25 persen kita berharap tindakan gradual dan akan ditambah. Kenapa kita lihat pusat belanja tumbuh, tapi yang di drive modal asing pinjamannya bunga rendah. Indonesia 13 sampai 14,5 persen dibanding mereka 6 sampai 8 persen jadi berat kita untuk perjuangankan‎," ujar dia, Jakarta, Senin (18/1/2016).

Dia mengatakan, dengan bunga pinjaman rendah maka pengelola pusat belanja akan mudah berekspansi. Terlebih, ‎pengelola pusat belanja dan riteler telah berkomitmen untuk mendorong penggunaan tenaga kerja Indonesia.

Baca Juga

  • Jurus Pengelola Mal Tarik Pengunjung Usai Tragedi Bom
  • Pasca Teror di Thamrin, Pusat Perbelanjaan Sarinah Kembali Normal
  • BI Rate Turun 25 Basis Poin Jadi 7,25%

Source: liputan6.com
Beda Pendapat BKPM dan Kemendag soal Modal Asing di Ritel

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus merampungkan pembahasan revisi Daftar Negatif Investasi (DNI). Diskusi di tengah jalan, mengemuka usulan untuk membuka industri ritel bagi asing. Investasi asing dapat dimungkinkan masuk untuk bidang usaha departement store, minimarket dan supermarket dengan luasan tertentu yang saat ini hanya boleh diperuntukkan bagi investor dalam negeri.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani mengungkapkan, kepemilikan saham asing ditutup khususnya untuk pendirian departement store di bawah 2.000 meter persegi, supermarket berukuran di bawah 1.200 meter persegi dan minimarket seluas di bawah 400 meter persegi.

Baca Juga

  • Revisi DNI, Asing Kian Mudah Masuk ke Indonesia
  • BKPM Kaji Ubah Istilah DNI Jadi Panduan Investasi
  • BKPM Sibuk Revisi DNI, Ini Kegiatan Bisnis yang Dilarang di RI

Source: liputan6.com
Maroef Sjamsoeddin Mundur dari Presiden Direktur Freeport

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin mundur dari posisinya di perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu. Maroef mengundurkan diri seiring dengan habis masa jabatannya.

Pernyataan tersebut diungkapkan Maroef dalam secarik surat Interoffice Memorandum PT Freeport Indonesia Management dari Maroef yang ditujukan pada semua karyawan Freeport, yang dilansir Senin (18/1/2016).

Maroef dalam suratnya, menyebutkan kontrak kerjanya telah habis selama setahun bekerja di Freeport dengan posisi jabatan sebagai Presiden Direktur.

Baca Juga

  • BUMN Bisa Miliki Saham Freeport Usai Kajian Tim Divestasi Keluar
  • Ini Komentar Dirut BEI Soal Harga Saham Freeport
  • Pemerintah Akan Tawar Harga Saham Freeport

Source: liputan6.com