Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Kamis, 07 Januari 2016
Ada Rumah Mini yang Bisa Memuat 8 Orang

Liputan6.com, Jakarta - Akhir-akhir ini, rumah berukuran mungil bisa dikatakan tengah populer di kalangan masyarakat Eropa dan Amerika. Tetapi jika biasanya rumah mungil diperuntukkan satu atau dua orang saja, berbeda dengan ESCAPE Traveler XL.

Rumah mungil yang satu ini mampu menampung delapan orang sekaligus di dalamnya. Wow, Seperti apa penampakannya? Simak galeri foto yang dilansir dari laman Rumah.com  seperti ditulis Rabu (6/1/2016).

Memiliki luas sekitar 319 kaki, rumah mungil berpola kabin ini dilengkapi dua buah roda sebagai penyanggah, di sisi kanan dan kiri.

Sama seperti rumah pada umumnya, rumah mungil ini juga memiliki ruang bersantai bersama keluarga. Bisa dilihat pada gambar, di dalamnya telah tersedia TV, AC, sofa yang empuk, dan sebuah tungku perapian. Amazing!

Seluruh pondasi dan struktur bangunan dibuat dari bahan alami yakni kayu jati. Kesan sejuk dan nyaman langsung terasa bila melihat suasana kamar tidur seperti gambar diatas.

Tampilan interior kamar tidur bila dilihat dari sisi berbeda. Jika dicermati, tempat tidur queen-size ini rasanya cukup untuk dua atau tiga orang berdempetan.

Bahkan kamar mandinya pun didesain dengan pesona yang sedemikian rupa. Di langit-langit terdapat sebuah ionizer.

Jadi pada dasarnya, rumah ini dikemas menjadi satu ruang kompak yang bisa menampung delapan orang di dalamnya (secara tersebar).

Hal menarik terakhir yang harus Anda ketahui adalah rumah mungil ini ternyata telah dilengkapi dengan sistem tenaga surya, sistem pengumpulan air hujan, dan toilet yang menggunakan sistem pembakaran sehingga tidak akan menyisakan apapun. Jika Anda berminat, rumah ini bisa dimiliki dengan kocek US$ 72.800 atau sekitar Rp 1,01 miliar (asumsi kurs Rp 13.920 per dolar AS). (Fathia A/Ahm)

Foto: ESCAPE Traveler


Source: liputan6.com
4 Tips Sukses dari Donald Trump

Liputan6.com, Jakarta - Donald Trump asalah kandidat calon presiden paling populer di Amerika Serikat AS. Jika dibandingkan dengan kandidat lainnya, Trump adalah salah satu pembicara terbaik dalam pemilihan presiden.

Ia berhasil menjadi orang sukses dengan caranya sendiri. Ia mempunyai rasa percaya diri yang tinggi dan dapat menghibur banyak orang. Hal tersebut menjadi kunci keberhasilannya untuk menjadi orang sukses.

Seperti dikutip dari entrepreneur.com, Kamis (7/1/2016), ada 4 tips mengembangkan bisnis dan menjadi orang sukses dari Donald Trump:

1. Gunakan kata sederhana

Trump tidak pernah menggunakan kata-kata yang istimewa, tapi ia menggunakan kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti sudut pandangnya.

Ia menerapkan prinsip itu dalam bisninya. Ia lebih memilih tidak membicarakan fitur produk yang membosankan. Ia menggunakan bahasa yang sederhana untuk menggambarkan produk perusahaannya, sehingga target pelanggan dapat memahami dan membeli produk Anda.

2. Percaya apa yang Anda katakan

Ketika Anda meluncurkan produk baru, Anda harus menjelaskan dan meyakinkan orang lain mengapa produk ini baik. Untuk membuat orang percaya, Anda harus percaya dengan yang Anda katakan. Jangan katakan hal-hal yang mustahil terjadi dan Anda harus ambil sikap.

3. Bersenang-senang

Ketika Trump berbicara di atas panggung, dia tampak sangat senang, Anda harus menerapkan hal tersebut sebelum berbicara. Tanyakan pada diri Anda "Mengapa saya memulai bisnis ini? Mengapa ini membawa sukacita kepada saya ?" Hal itu akan meningkatkan energi dan semangat untuk berbicara di depan orang banyak.

4. Berani untuk beda

Trump adalah seseorang yang cukup berani untuk mengatakan "pemimpin politik adalah sekelompok orang bodoh". Keberaniannya membuat dia berdiri keluar dari keramaian, bagaimana menerapkan dalam bisnis Anda untuk menjadi beda. Perhatikan apa yang dikatakan pesaing Anda untuk menghindari pengulangan ide yang sama. (Apr/Gdn)


Source: liputan6.com
Dulu Kaya Raya, 5 Selebriti Ini Kini Hidup Melarat

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang berpikir menjadi artis bisa mencetak pundi-pundi uang dengan mudah. Namun satu yang harus diwaspadai para selebriti, karier jadi artis tidak mungkin seumur hidup, sehingga para selebriti sebenarnya harus pandai menabung dan menginvestasikan uangnya.

bagi selebriti yang tidak pandai mengatur keuangannya, bukan tidak mungkin harta kekayaan yang telah dikumpulkan bertahun-tahun hanya akan bisa digunakan untuk beberapa saat saja. Contohnya adalah lima orang selebriti ini. Mereka tidak mampu menabung dan menginvestasikan hasil jerih payahnya sehingga dengan sangat cepat kehilangan harta yang dimiliki.

Seperti dikutip dari foxbusiness.com, Kamis (7/1/2016) berikut lima selebriti yang menyatakan kebangkrutan Anda bisa menimba ilmu dari kesalahan mereka:

1. Stephen Baldwin

Stephen Baldwin. (Bintang/EPA)

Stephen Baldwin adalah aktor, sutradara dan juga produser. Beberapa filam yang dibintanginya antara lain Born on the Fourth of July (1989), The Usual Suspects (1995), The Flintstones in Viva Rock Vegas (2000) dan Serial The Young Riders (1989 – 1992). 

Anak bungsu dari keluarga Baldwin ini kehilangan rumahnya karena memiliki utang yang cukup besar pada 2009. Nah, untuk menghindari kehilangan rumah seperti Balwin, Anda harus tahu dari awal biaya total rumah, pajak, asuransi dan iuran warga yang harus di tanggung.

2. Willie Nelson

Willie  Nelson. (via diply.com)

Nelson mengaku berutang sebesar US$ 16,7 juta atau Rp 233,8 miliar (estimasi kurs Rp 14.000 per dolar AS) ke Internal Reveune Service (IRS)  atau dinas perpajakan di Amerika Serikat (AS).

Penyanyi country ini menyatakan kebangkrutannya karena IRS menyita rekening dan properti yang dimilikinya. Untuk menghindari kejadian seperti Nelson, Anda harus  selalu rajin membayar pajak.

3. Zsa Zsa Gabor

Kesulitan keuangan dialami artis Hollywood usai memukul rekan sesama artis Elke Sommer. Insiden pemukulan itu menyeret Gabor ke meja hijau. Tak mau kalah, Gabor pun mengajukan gugatan ke Sommer dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Aksi gugat menggugat ini telah menghabiskan uang Gabor. Jika tak ingin kehilangan uang, Anda harus menghindari bersengketa di pengadilan. 

4. Cyndi Lauper

Cyndi Lauper

Cindy Lauper kehilangan hartanya karena band yang membesarkan namanya Blue Angel gagal meliris Album. Menjadi pelajaran bagi Anda, jika ingin melakukan sesuatu hitung dahulu untung ruginya. Jangan sampai dengan perhitungan yang tidak tepat akan membuat Anda kehilangan banyak uang.

5. Johny Unitas

johny unitas

Unitas menginvestasikan bisnis bowling, perusahaan pesawat dan produsen sirkuit board. Namun semua bisnisnya tidak berhasil, Unitas harus bermitra dengan orang yang dapat dipercaya untuk menjalankan bisnis agar menjadi ahli dalam berbisnis. (Apr/Gdn)


Source: liputan6.com
Ingin Tahu Biaya Ekstra Saat Beli Rumah?Yuk Simak Ini

Liputan6.com, Jakarta - Saat Anda berencana membeli sebuah rumah, dana yang harus dipersiapkan tidak hanya seputar harga rumahnya saja. Terdapat beberapa biaya lain yang harus dikeluarkan, sehingga perlu dibuat perencanaan anggarannya secara matang.

Nah, agar Anda tak terjebak dalam permasalahan dalam hal anggaran, berikut sejumlah biaya yang harus dikeluarkan saat membeli rumah seperti dikutip dari Rumah.com , Rabu (6/1/2016):

1. Uang tanda jadi atau booking fee

Umumnya, jumlah uang tanda jadi ini ditentukan oleh masing-masing pengembang. Faiz selaku Marketing Perumahan Pondok Nurul Fikri mengungkapkan, kisarannya sekitar Rp5 juta hingga Rp 10 juta.

Bila uang ini telah diberikan kepada pengembang, selanjutnya Anda akan mendapat formulir pemesanan unit dan jadwal pelunasan uang muka.

2. Uang muka atau down payment

Biasanya beberapa developer memberikan keringanan dalam hal uang muka, yakni sistem angsuran dengan waktu tertentu. Berdasarkan peraturan Bank Indonesia, bila luas bangunan pada rumah dibawah 70m2, maka uang dp-nya hanya diperbolehkan sebesar 10 persen.

Sementara bagi rumah dengan LB di atas 70m2, dp-nya adalah 20 persen. Sebagai catatan, sebaiknya pembayaran uang muka ini dilakukan setelah akad kredit Anda disetujui bank.

3. Biaya notaris untuk mengikat kredit secara hukum

Dalam hal ini, biasanya beberapa developer sudah bekerja sama dengan kantor notaris terpercaya. Bersama pengembang, Anda akan menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) di depan notaris.

SPJB menyatakan Anda akan melunasi uang muka setelah akad kredit disetujui bank.Selain SPJB, sertifikat lain yang harus Anda urus dan dikenakan biaya pembuatan adalah AJB atau Akta Jual Beli, balik nama sertifikat, dan biaya pengikatan akad kredit. Besaran nominalnya tergantung dari masing-masing kantor notaris.

4. Biaya pengecekan sertifikat

Sebelum Anda melakukan transaksi jual beli, ada baiknya jika melakukan pengecekan sertifikat terlebih dahulu ke kantor pertanahan setempat. Langkah ini dirasa sangat penting, guna memastikan memastikan sertifikat rumah tidak memiliki catatan blokir, sita atau catatan lainnya yang bisa merugikan Anda. Besar biaya pengecekan sertifikat ini tergantung kebijkan kantor pertanahan setempat.

5. Biaya yang juga ditanggung oleh pembeli adalah asuransi jiwa dan asuransi kebakaran

Asuransi itu sangat dibutuhkan dalam proses kredit guna menjamin agar di kemudian hari tidak terjadi kredit macet.

6.Biaya pemasangan instalasi

Jika developer belum menyediakan instalasi secara lengkap, mau tak mau Anda harus merogoh kocek untuk biaya pemasangan PDAM, saluran telepon, atau penyambungan listrik. Untuk simulasi biaya yang harus dikeluarkan, Anda bisa mengeceknya di http://www.pln.co.id/simulasi/pasangbaru/.

7. Biaya tak terduga

Biaya terakhir yang harus Anda persiapkan adalah dana cadangan untuk berjaga-jaga jika ada kebutuhan lain yang muncul tiba-tiba. Seperti diantaranya biaya untuk biaya KPR, PPN, BPHTB dan lain-lain. Sebaiknya siapkan biaya 15 hingga 20 persen. (Fathia A/Ahm)

Foto: Pixabay


Source: liputan6.com
Tak Kunjung Laku, Pasangan Artis Ini Diskon Harga Rumahnya

Liputan6.com, Jakarta - Setelah enam bulan memasarkan rumahnya yang terletak di New Orleans, Brad Pitt dan Angelina Jolie akhirnya menurunkan harga dengan selisih US$ 850.000.

Pasangan ini sebelumnya memasang harga awal US$ 6,5 juta atau sekitar Rp 90,27 miliar (Asumsi kurs Rp 13.888 per dolar Amerika Serikat) untuk sebuah mansion bergaya 1830an.

Akan tetapi sekarang harganya turun menjadi U$5,65 juta atau Rp76,2 miliar. Rumah ini terdiri dari satu kamar tidur berisi empat kamar tidur dan satu rumah dua tingkat khusus untuk penginapan tamu, seperti dikutip dari LA Times dan Elle Decor dan Rumah.com,Kamis (7/1/2016)

Harga yang ditawarkan relatif terjangkau melihat rumah ini sempat historis karena menjadi lokasi tempat Brad Pitt bertetangga dengan Matthew McConaughey.

Nampaknya Brad Pitt dan Angelina Jolie sudah siap berpisah dengan rumah bersejarah tempat mereka tinggal seatap dalam sembilan tahun terakhir. Sampai pada akhirnya people.com memberitakan kalau pasangan selebriti ini resmi memasarkan rumah mansionnya untuk dijual seharga US$ 6,5 juta.

Rumah cantik ini dibangun sejak tahun 1830, menurut majalah Variety terdiri dari empat kamar tidur yang masing-masing dilengkapi oleh kamar mandi dan dua toilet bilas.

Meskipun untuk penginapan tamu masih terdapat satu kamar tidur, rumah ini terbilang cukup sederhana untuk ditempati oleh keluarga terkenal dengan delapan anggota keluarga. (Anda bisa melihat contoh beberapa rumah selebriti yang memiliki jumlah kamar tidur yang lebih dari jumlah anggota keluarga).

Pada bagian dalam rumah, terdapat beberapa fitur yang menarik untuk diamati. Salah satu contohnya adalah plester dinding bergaya Venesia, kemudian anak tangga yang berbentuk spiral berbalut keramik marbel. Rumah ini pun membentuk gaya modern yang mewah.

Berdiri di atas lahan seluas 5.920 meter kaki, fasad atau bagian muka rumah ini dilengkapi oleh balkon depan, vas bunga serta pintu melengkung bergaya Perancis yang memberikan gaya tradisional.

Selain dilengkapi oleh elevator yang terhubung dengan lantai tiga, rumah ini juga memiliki ruang laundry, dapur serta dua garasi mobil.

Pasangan Brangelina sebelumnya membeli mansion ini seharga US$ 3,5 juta pada 2009. Ketika itu Brad Pitt tengah berperan banyak dalam kampanye amal pembangunan rumah untuk korban badai Katrina. Hingga saat ini belum ada lokasi tempat tinggal yang pas dipilih pasangan dengan enam anak ini. (Isnaini K/Ahm)


Source: liputan6.com
5 Alasan Uang Bisa Rusak Hubungan Asmara Anda

Liputan6.com, Jakarta - Uang memainkan bagian penting dalam banyak aspek kehidupan, salah satunya hubungan percintaan. keharmonisan sebuah hubungan justru ditentukan dengan sikap dan ketertarikan Anda saat menggelar pembahasan mengenai uang.

Bahkan, sebuah riset membuktikan uang sebagai salah satu faktor pemicu hancurnya hubugan pasangan kekasih dan suami istri.

Seperti lansiran dari lifehack.org, Kamis (7/1/2016), berikut lima masalah keuangan yang dapat merusak hubungan Anda dengan pasangan Anda:

1. Prioritas

Jika uang menjadi prioritas utama, maka hubungan Anda dengan pasangan menjadi berantakan. Sebab ketika yang menjadi prioritas utama, Anda jadi lebih banyak menghabiskan waktu dan energi untuk mengumpulkan kekayaan.

Mungkin niat Anda baik karena Anda mengumpulkan uang demi memenuhi kebutuhan keluarga. Namun, jangan lupa hubungan personal dengan pasangan Anda juga tak kalah penting.

Jangan sampai hubungan Anda menjadi hambar karena Anda begitu terobsesi pada uang. Jangan heran, kalau nantinya Anda ditinggalkan pasangan Anda karena dia merasa dinomorduakan.

2. Memilih pasangan untuk uang

Uang akan dapat merusak hubungan yang sehat, uang juga tidak bisa membeli cinta. Buatlah pasangan jatuh cinta kepada Anda bukan isi dompet Anda.

Sebab jika dia mencintai Anda karena uang. Dia bisa meninggalkan Anda saat Anda jatuh miskin.

3. Persaingan dengan pasangan

Pasangan bukanlah pesaing Anda, tidak perlu mengklaim pasangan jika dia memiliki lebih banyak uang.Jika Anda tidak mengetahui kerja keras pasangan Anda, dia pasti tidak akan merasa dihargai dan akan menjadi benci kepada Anda. Beri dukungan untuk meningkatkan kesejahteraan masing-masing.

4. Sering memperebutkan uang

Saat Anda sudah menikah, ada banyak kebutuhan yang bertabrakan antara Anda dan pasangan Anda. Hal ini sering memicu pertengkaran.

5. Menyimpan rahasia keuangan

Jika Anda mempercayai pasangan Anda, sebaliknya pasangan harus mempercayai Anda. Maka dari itu, Anda harus lebih terbuka dan transparan kepada pasangan, termasuk soal keuangan.

Jangan menyembunyikan uang karena Anda ingin melakukan atau membeli sesuatu tanpa sepengetahuan Anda. Alangkah baiknya, jika Anda ingin membeli sesuatu, bicaralah jujur kepada pasangan Anda. (Apr/Ndw)


Source: liputan6.com
7 Televisi Termahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Televisi memang bukanlah barang baru di era serba digital seperti sekarang ini. Beragam jenis televisi dapat dengan mudahnya Anda temui di pasaran.

Namun beberapa televisi ini ternyata tidak hanya berwujud sebagai barang elektronik. Lewat desain yang unik yang dibalut dengan fitur canggih, televisi ini mampu bernilai sangat mahal.

Apa saja TV tersebut? Berikut daftarnya seperti dilansir dari laman TheRichest.com, Kamis (7/12/2015):

7. Samsung UA110S9 110-inch TV (Rp 2,1 miliar)

Via alux.com
TV ini merupakan salah satu TV terbaik yang dikeluarkan oleh Samsung. Dengan layar selebar 110 inch, TV ini dilengkapi dengan kualitas gambar menawan serta resolusi yang sangat tinggi.

Selain itu, TV ini juga dilengkapi dengan system navigasi jauh yang memungkinkan penggunanya mengontrol tayangan tanpa harus memakai remot melainkan memakai suara.

6. Sharp LB-1085 LCD TV (Rp 2,2 miliar)

Via thefutureofthings.com
TV produksi Sharp ini merupakan salah satu TV terbaik di dunia dan biasanya sering dipakai untuk keperluan komersial. TV ini dilengkapi dengan layar selebar 108 inch dan kualitas gambar yang sangat bagus.

TV besar ini juga memungkinkan Anda untuk dapat menonton acara kesukaan tanpa harus terganggu dengan masalah cahaya, karena TV ini mampu dilengkapi dengan fitur pencahayaan otomatis.

5. Panasonic 152-Inch Plasma TV (Rp 6,9 miliar)

Via derickg.com

Panasonic 152-Inch Plasma TV merupakan sebuah televisi dengan fitur yang sangat canggih. Lewat fitur 3D dan Ultra High Definition yang dimilikinya, Anda mampu untuk menonton acara favorit Anda dengan kualitas gambar 4 kali lebih baik dari TV High Definition lainnya.

Biaya yang diperlukan untuk memiliki TV ini juga tidak murah. Anda harus rela untuk merogoh kocek hingga US$ 500.000 atau setara dengan Rp 6,9 miliar untuk memiliki TV ini.

4. C Seed 201 (Rp 9,4 miliar)

Via vicespy.com

TV ini bukan hanya dapat memuaskan kebutuhan Anda untuk dapat menonton acara favorit, TV mewah ini juga dapat mempercantik sudut rumah Anda.

Dengan layar selebar 201 inch, TV ini didesain untuk diletakkan di luar ruangan karena memiliki fitur canggih yang dapat menahan cahaya matahari. Selain itu televisi ini juga dilengkapi dengan 12 speaker broadband, serta kualitas warna mencapai 281 triliun radian.


Source: liputan6.com
3 Sistem Pembayaran Rumah dan Pengertiannya

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas berkelana mencari rumah pertama bersama pasangan atau keluarga tercinta merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan.

Apalagi jika akhirnya Anda menemukan rumah idaman yang menawarkan uang muka dan harga yang sesuai dengan kemampuan.

Tinggal langkah selanjutnya yang harus dipikirkan, yakni sistem pembayaran yang dipilih. Tentunya hal ini berdasar pada dana yang Anda miliki. Pilihan pembayaran properti yang baik bisa dilakukan dengan cara tunai atau kredit.

Jika selisih suku bunga dengan deposito tinggi, lebih dari 5 persen (misalnya bunga deposito 10 persen dan suku bunga KPR 17 persen), lebih baik membeli properti secara hard cash.

Baca Juga

  • Pentingkah Konsep Green Architecture untuk Hunian Anda?
  • Ini Acara Properti 2016 yang Wajib Dikunjungi
  • SOHO, Solusi Tempat Tinggal Bagi Wirausaha

Source: liputan6.com
10 Ramalan Ekonomi yang Mengejutkan di 2016

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan investasi Blackstone Group kembali dengan daftar prediksi tahunan. Byron Wien, orang kedua Blackstone Advisory Partners, mengeluarkan kejutannya untuk tahun ini.

Seperti dikutip dari Fortune, Selasa (05/01/2016), selama 31 tahun Wien telah memberi pandangannya soal ekonomi, kondisi pasar, dan kejutan politik di tahun mendatang.

Wien telah melakukan tradisi ini sejak 1986 ketika ia masih menjadi kepala strategi investasi Amerika Serikat di Morgan Stanley. Berikut 10 kejutan yang ia berikan:

1. Demokrat akan menguasai kursi senat di November. Posisi ekstrem calon presiden dari Partai Republik pada isu-isu kunci sebagai faktor yang membuat perubahan posisi ini.

2.  Pasar saham AS akan mengalami masa sulit. Banyak saham menderita karena laba perusahaan yang lemah, tekanan margin (upah tinggi dan tidak ada kekuatan harga), serta kontraksi ratio harga per pendapatan.

Investor menjaga saldo kas yang besar karena ketidakstabilan global.

3. Setelah Federal Reserve menaikkan suku sebanyak 25 basis poin di Desember 2015, hal itu akan terjadi lagi sekali selama 2016.

Ekonomi yang lemah, kinerja perusahaan yang buruk, dan pasar negara berkembang yang terus berjuang akan berada di balik kebijkan suku bunga ini. Produk domestik bruto riil AS pada 2016 akan di bawah dua persen.

4. Perekonomian AS dan bursa saham yang lemah menyebabkan investor asing mengurangi kepemilikan sahamnya di pasar AS.

Kebijakan yang tidak menentu karena adanya pemilihan presiden semakin membingungkan prospek ke depan.

5. China gagal menghasilkan pekerjaan baru untuk masyarakat usia muda (produktif). Bank-bank China akan mendapat masalah karena kredit macet. Utang perbankan terhadap produk domestik bruto saat ini mencapai 250 persen.

Pertumbuhan turun di bawah lima persen meskipun sektor retail dan penjualan otomotif serta produksi industri naik. Yuan berada di angka tujuh terhadap dolar AS untuk merangsang ekspor.

6. Krisis pengungsi akan memecah belah Uni Eropa. Pergeseran politik terhadap kebijakan nasionalis ekstrim kanan berada di belakang perubahan suasana hati Uni Eropa.

Tidak ada keputusan yang dibuat, tapi prospek jangka panjang untuk euro dan pendukungnya saat ini terlihat gelap.

7. Harga minyak akan merana di US$ 30 per barel. Pertumbuhan ekonomi yang lambat di seluruh dunia menjadi faktor utama.

Selain itu, ada tambahan produksi dari Iran dan keengganan Arab Saudi membatasi pengiriman minyaknya semakin ikut berperan menurunkan harga minyak.

Eksplorasi dan pengembangan minyak yang berkurang dapat mengakibatkan harga lebih tinggi di beberapa negara, tapi permintaan tidak akan naik pada 2016.

8. Permintaan perumahan mewah di New York dan London akan mengalami penurunan tajam. Pembeli dari Rusia dan Cina menghilang dari kedua kota itu. Harga minyak yang rendah membuat pembeli dari Timur Tengah lebih berhati-hati.

Banyak kondominium mahal tidak terjual membuat para pengembang berada di bawah tekanan keuangan.

9. Imbal hasil surat utang AS yang berjangka waktu 10 tahun berada di bawah 2,5 persen. Investor terus menunjukkan alokasi dananya di pasar obligasi sebagai tempat yang lebih aman.

10. Harga komoditas stabil karena produsen produk pertanian dan industri manufaktur memangkas produksi. Pasar negara berkembang bakal keluar dari resesi dan peforma sahamnya bakal mencengangkan semua orang pada 2016.**

Reporter: Elsa Analet


Source: liputan6.com
Bagaimana Menyiapkan Dana dengan Bijak demi Menikah di 2016?

Liputan6.com, Jakarta Menikah tentunya menjadi salah satu resolusi di kehidupan Anda. Memang menikah tidak semudah yang dibayangkan. Biaya yang tidak sedikit seringkali membuat sakit kepala dan ingin rasanya menunda supaya tidak terasa berat.

Padahal dengan cara yang tepat, Anda tetap bisa melangsungkan pernikahan sesuai tanggal yang telah ditentukan.

Sebelum menyimak apa saja tips menyiapkan dana pernikahan dengan sehat, ada baiknya Anda mengetahui berapa seharusnya gaji ideal Anda sesuai standar pasar kerja Indonesia. Tentunya ini disesuaikan dengan posisi Anda saat ini, industri dan lamanya Anda berkarir. Tak hanya itu, Anda juga mendapatkan tips keuangan yang sesuai dengan besarnya gaji Anda.

Hal ini penting untuk mengukur berapa seharusnya alokasi dana yang perlu Anda sisihkan demi menyiapkan dana pernikahan. Selain itu, jika ternyata gaji Anda masih di bawah rata-rata pasar, Anda bisa merencanakan gaji yang lebih baik di masa yang akan datang demi kehidupan rumah tangga yang lebih sejahtera.

Lalu bagaimana solusi menyiapkan dana pernikahan dengan sehat? Yuk, simak beberapa tips di bawah ini:

1. Sisihkan Gaji Minimal 30%

Yup, Anda dan pasangan harus menyisihkan gaji minimal sebesar 30% untuk dialokasikan ke investasi. Investasi memang jauh lebih menguntungkan, karena nilainya akan terus bertambah. Anda pun bisa berinvestasi dengan membeli emas atau mata uang asing.

2. Pikirkan Konsep Kreatif

Buatlah konsep yang kreatif untuk pernikahan Anda, misalnya saja dengan menyebarkan undangan via e-mail. Selain untuk menghemat uang dan waktu, undangan via e-mail lebih bisa dikreasikan oleh Anda dan pasangan. Untuk makanan, Anda bisa membuat keunikan dengan mengundang jajanan khas pinggir jalan untuk menambah aneka makanan.

3. Tahan Dulu Kencan Malam Minggu

Kencan saat malam minggu tentunya membutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit. Anda pun bisa mengganti kencan Anda dengan berkumpul di rumah. Uang untuk kencan pun bisa mulai Anda sisihkan untuk mencicil keperluan pernikahan Anda.

4. Manfaatkan Asuransi Kesehatan

Mungkin Anda tidak tahu jika asuransi kesehatan yang selama ini Anda bayarkan bisa membantu budget pernikahan Anda. Selain memberikan jaminan kesehatan, asuransi juga memberikan jaminan investasi Anda. Uang investasi dari asuransi dapat Anda tarik untuk menjadi budget pernikahan.

Jadi, tidak usah ragu lagi untuk menikah di tahun 2016, asalkan rencana keuangan Anda bisa dijalankan dengan baik.

Untuk memaksimalkan rencana menyiapkan dana pernikahan ini, Anda perlu mencari tahu apakah gaji yang Anda terima saat ini sudah sesuai dengan standar gaji di pasar kerja Indonesia. Apakah perusahaan sudah menghargai Anda sesuai dengan posisi, industri dan lamanya Anda berkarir?

Daripada penasaran, segera cek saja dengan fitur Salary Benchmark, hasil kerja sama Karir.com dengan Kelly Services Indonesia dan Fokus Finansial.

Setelah mengetahui berapa seharusnya gaji ideal Anda, Anda akan menerima tips karir dan tips keuangan yang sesuai dengan besarnya gaji Anda. Hal ini penting untuk membantu Anda menyusun rencana karir dan gaji 2016, juga jangka panjang, tentunya tak hanya demi diri Anda sendiri namun juga pasangan dan keluarga.

Keuntungan lainnya, ajak teman menggunakan fitur ini dan raih kesempatan memenangkan 1 unit Vespa S!

Nah, selamat mencoba dan semoga mimpi menikah Anda terwujud di 2016!

(Adv/CT)

 


Source: liputan6.com
IHSG Lanjutkan Penguatan, Cermati Delapan Saham

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan bergerak variasi dengan kecenderungan menguat pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Penguatan IHSG itu didukung dari aksi beli investor asing.

Kepala Riset PT Universal Broker Securities, Satrio Utomo menuturkan IHSG berpeluang menguat didukung masih berlangsungnya January Effect. Pelaku pasar cenderung mengakumulasi saham dan ditambah aksi beli investor asing.

"Pergerakan IHSG masih didorong sentimen January Effect," tegas Satrio saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (7/1/2016).

Baca Juga

  • Aksi Beli Investor Asing Dorong IHSG ke Level 4.608
  • Menunggu Pasar Saham China Buka, Bursa Asia Bergerak di Dua Arah
  • January Effect Bawa IHSG Bertahan di Zona Hijau

Source: liputan6.com
Harga Minyak Jatuh ke Titik Terendah dalam 11 Tahun

Liputan6.com, New York - Harga minyak mentah dunia mencapai titik terendah dalam lebih dari 11 tahun. Pemicunya, dugaan terjadinya kerjasama antara Arab Saudi dan Iran selaku eksportir utama minyak dunia untuk memangkas produksi sangat tidak mungkin terjadi usai merenggangnya hubungan kedua negara dan adanya kenaikan tajam dalam persediaan bensin di Amerika Serikat.

Melansir laman CNBC, Kamis (7/1/2016), harga patokan minyak mentah berjangka Brent berada di posisi US$ 34,22 per barel, atau turun 6,02 persen. Ini merupakan posisi terendah mereka sejak awal 30 Juni 2004.

Sedangkan minyak mentah berjangka AS turun US$ 2,02 atau 5,559 persen menjadi US$ 33,96 per barel setelah tergelincir 79 sen sehari sebelumnya. Harga ini juga mencapai tingkat terendah sejak 13 Februari 2009, ketika jatuh ke posisi US$ 33,81 per barel.

Baca Juga

  • Persediaan Berlebih, Harga Minyak Terjun Bebas
  • Harga Merosot, Kegiatan Pencarian Cadangan Minyak Tersendat
  • Harga Anjlok, Penerimaan Hulu Migas Meleset dari Target

Source: liputan6.com
Pelemahan Ekonomi China Picu Bursa AS Turun

Liputan6.com, New York - Pasar saham Amerika Serikat (AS) jatuh lebih dari 1 persen pada penutupan perdagangan Rabu (Kamis pagi waktu Jakarta), dipicu kekhawatiran akan dampak perlambatan ekonomi di China terhadap perekonomian global. Serta, penurunan tajam harga minyak dan saham energi akibat kekhawatiran geopolitik dunia.

Melansir laman Reuters, indeks Dow Jones Industrial Average turun 251,88 poin atau 1,47 persen, ke posisi 16.906,78. Sementara indeks S & P 500 kehilangan 26,35 poin atau 1,31 persen, ke posisi 1.990,36 dan Nasdaq Composite turun 55,67 poin atau 1,14 persen menjadi 4.835,77.

Bursa AS melemah imbas dari penurunana saham energi. Hampir semua 10 besar indeks S & P 500 turun, dengan indeks energi memimpin penurunan.

Turunnya harga minyak, yang jatuh lebih dari 35 persen pada 2015 dan kali ini turun  4 persen ke posisi terendah dalam 11 tahun memberikan dampak.

Tercatat, saham perusahaan minyak Exxon (XOM.N) dan Chevron (CVX.N) turun lebih dari 2 persen.


Pasar saham mulai menurun pada hari Senin setelah laporan melemahnya data perekonomian dari China memicu penurunan di pasar global, di mana Dow mencatat rekaman terburuk pertama di awal tahun ini dalam tujuh tahun. 

Baca Juga

  • Hari Pertama Perdagangan di 2016, IHSG Ditutup Turun ke 4.525,92
  • Keputusan The Fed Diharapkan Perbaiki Kondisi Ekonomi Global
  • Dolar AS Jadi Ancaman Terbesar Ekonomi Global Tahun Depan

Source: liputan6.com
Lima Kawasan Perkantoran Termahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - West End London menjadi perkantoran termahal di dunia untuk kesekian kali. Posisi kedua hingga kelima ditempati Hong Kong Central, Beijing Finance Street, Beijing Central Business District, dan Hong Kong West Kowloon.

Demikian hasil riset CBRE bertajuk Global Prime Office Occupancy Costs yang dirilis akhir 2015 lalu. Dalam riset kali ini, CBRE meneliti biaya hunian (occupancy cost) ruang perkantoran di 126 lokasi di seluruh dunia. Dari 50 lokasi termahal, 19 berada di EMEA, 20 di Asia Pasifik, dan 11 di Amerika.

Dinukil dari laman Rumah.com, seperti ditulis Kamis (7/1/2016), West End London menjadi yang termahal dengan occupancy costs mencapai US$ 273 per kaki persegi per tahun (sekitar Rp 3,79 juta per meter persegi pertahun dengan nilai tukar Rp 13.903 per dolar Amerika Serikat).

Baca Juga

  • Ada Rumah Mini yang Bisa Memuat 8 Orang
  • Trik Bersihkan Dapur dalam 20 Menit
  • 6 Rumah Paling Unik di Dunia

Source: liputan6.com
Penurunan Harga BBM Tak Dirasakan Pengusaha Transportasi

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium sebesar Rp 350 dari sebelumnya Rp 7.300 menjadi Rp 6.950 per liter. Namun penurunan tersebut dinilai tidak memberikan keuntungan bagi pengusaha angkutan umum.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta Shafruhan Sinungan mengatakan, penurunan harga BBM tersebut hanya menguntungkan sopir angkutan seperti taksi dan angkutan kota (angkot), bukan pengusaha dan pemilik angkutan.

"Situasi penurunan premium tidak berpengaruh terhadap pengusaha, tetapi kepada supir," ujarnya di Jakarta, Kamis (7/1/2015).

Baca Juga

  • Ini Sebab Harga Bahan Pokok Tak Mengekor Turun BBM
  • Harga BBM dari Sampah Lebih Murah Ketimbang Premium
  • Harga BBM Turun, Pengusaha Angkutan Truk Bingung Tentukan Tarif

Source: liputan6.com
Alokasi Gas untuk Dalam Negeri Bertambah Jadi 61%

Liputan6.com, Jakarta Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi‎ (SKK Migas) menyatakan alokasi gas untuk dalam negeri pada 2016 mencapai 61 persen. Jumlah ini naik dibanding alokasi gas untuk tahun lalu.

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi mengatakan, alokasi gas 61 persen berarti setara dengan 4,144 BBTUD, sedangkan gas dieskpor hanya sebanyak 2,561 BBTUD.

"Diprediksi 2016 kebutuhan gas domestik lebih banyak dibandingkan ekspor. 61 persen penyaluran gas pada domestik," kata Amien, seperti yang dikutip dari bahan pemaparan SKK Migas, Kamis (7/1/2016).

Baca Juga

  • Revisi Aturan Alokasi Gas Diminta Libatkan Aparat Hukum
  • Menteri ESDM Diminta Tak Revisi Aturan Alokasi Gas
  • Tengok Cara Pemerintah Turunkan Harga Gas

Source: liputan6.com
RI-Korsel Lanjutkan Produksi Jet Tempur

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan RI kembali melanjutkan kerjasama program pengembangan pesawat jet tempur KF-X/IF-X dengan Korea Selatan.

Program ini ditandai dengan ditandatanganinya kontrak Cost Share Agreement (CSA) dengan Korea Aerospace Industrie (KAI). Dengan penandatanganan ini maka resmi dimulainya pelaksanaan pembangunan tahap kedua atau Engineering adn Manufacturing Development (EMD).

Dalam waktu bersamaan juga ditandatangani kontrak Work Assigment Agreement (WAA) antara Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (Persero) Budi Santoso dan President and CEO KAI Ltd Mr Ha Sung Young.

Baca Juga

  • Jumlah PNS Akan Dipangkas 1 Juta Orang di 2019
  • Bikin Jet Tempur, RI Kirim 200 Teknisi ke Korsel
  • Dubes Cho: KFX/IFX Buatan RI-Korsel Jet Tempur Masa Depan

Source: liputan6.com
PLN Minta Dikawal Pemerintah untuk Bangun Infrastruktur Listrik

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) meminta dukungan dari berbagai instansi pemerintah untuk mengawal dan mengam‎ankan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan nasional.

‎Direktur PLN Nasri Sebayang mengatakan, dalam memenuhi kebutuhan listrik di Indonesia, pemerintah  telah mencanangkan program pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35.000 mega watt (mw). Melalui program itu pemerintah menugaskan PLN membangun pembangkit 5 ribu MW sementara dari swasta (Independent Power Producer/IPP) sebesar 30 ribu MW.

"Pemerintah menempatkan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan sebagai salah satu program prioritas pemerintah tertuang dalam Program Strategis Nasional (PSN)," kata Nasri, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Sebab itu, Nasri menambahkan, pemerintah memberikan perhatian khusus dan telah memerintahkan instansi-instansi terkait untuk saling bahu membahu demi suksesnya program pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35 ribu mw.

Baca Juga

  • Pasokan Listrik Surplus, PLN Jamin Tak Ada Gangguan
  • Pertamina Ancam Hentikan Pasokan Uap Panas Bumi ke PLN
  • Bangun Pembangkit 35 Ribu MW, Ini Jaminan Negara ke PLN

Source: liputan6.com
PLN Tunggu Perpres Percepatan Infrastruktur Listrik

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menanti Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang percepatan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

Direktur PLN Nasri Sebayang mengatakan, saat ini regulasi terbaru tersebut sudah ada di meja Jokowi dan masih diteken Presiden. Jika Perpres sudah terbit, dia meyakini pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan akan lebih cepat.

"Perpres Percepatan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan masih menunggu tandatangan Presiden," kata ‎Nasri di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Kamis (7/1/2015).

Kehadiran Perpres itu dibutuhkan sebagai payung hukum bagi PLN agar proyek infrastruktur ketenagalistrikan yang digarap BUMN listrik itu berjalan dengan aman.

Baca Juga

  • PLN Tandatangani Kontrak Proyek Listrik Terbesar dalam Sejarah
  • 3 Tantangan Pemerintah Wujudkan Proyek Listrik 35 Ribu MW
  • Proyek 35 Ribu MW Terbangun, Ini Dampaknya Buat RI

Source: liputan6.com
Pengamat dan DPR Nilai Realisasi APBN-P 2015 Belum Maksimal

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah merilis realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015 beberapa waktu lalu. Rapor APBN pertama pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) ini dinilai kurang memuaskan karena berbagai pencapaian yang meleset dari target yang sudah ditetapkan.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Enny Sri Hartati menilai realisasi target penerimaan pajak yang melampaui angka Rp 1.000 triliun merupakan hal wajar lantaran setiap tahun mengalami peningkatan dari sisi nilai. Namun jika dibandingkan target APBN-P 2015 sebesar Rp 1.294 triliun, pencapaian tersebut hanya 81 persen sebesar Rp 1.055 triliun.

"Wajar kalau penerimaan negara, termasuk dari pajak meningkat dari tahun ke tahun. Tidak ada yang spektakuler atau prestasi. Tapi dari target tidak tercapai, malah belanja yang dibiayai dari utang spektakuler karena kenaikan belanja sekitar Rp 500 triliun," ujarnya saat Diskusi Kedai Kopi di Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Baca Juga

  • Defisit Anggaran 2015 Melebar Jadi Rp 318,5 Triliun
  • Realisasi Penerimaan Pajak 2015 Capai 81,5% dari Target
  • ‎Sidang Kabinet Perdana 2016, Jokowi Apresiasi Realisasi Inflasi

Source: liputan6.com
Rupiah Masih Betah di Level 13.900 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak fluktuaktif dengan kecenderungan menguat pada perdagangan Kamis pekan ini. Sentimen eksternal cenderung mempengaruhi rupiah.

Mengutip data Bloomberg, Kamis (7/1/2016) rupiah dibuka menguat 26 poin ke level 13.917 per dolar AS dari posisi penutupan perdagangan Rabu 6 Januari 2016 di level 13.943 per dolar AS. Rupiah berada di kisaran 13.872-13.973 per dolar AS hingga Kamis siang ini.

Meski rupiah menguat di pasar spot, hal itu berbalik dengan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor). Kurs jisdor melemah 83 poin ke level 13.946 pada posisi Kamis 7 Januari 2016 dari posisi Rabu 6 Januari 2016 di level 13.863 per dolar AS.

Baca Juga

  • Ini Cara Agar Rupiah Perkasa saat Pasar Bebas ASEAN
  • Turunnya Harga BBM Mampu Kurangi Tekanan ke Rupiah
  • Konflik Timur Tengah Tekan Rupiah ke 13.931 per Dolar AS

Source: liputan6.com
Ingin Produksi Jet Tempur, PTDI Kirim Pegawai ke Korea

Liputan6.com, Jakarta - PT Dirgantara Indonesia (Persero) telah menjalin kerjasama dengan Korea Aerospace Industries (KAI) dalam program pengembangan jet tempur KF-X/IF-X. Ini merupakan program kerjasama jangka panjang antara kedua perusahaan.

Direktur Utama PT DI Budi Santoso mengungkapkan program pengembangan tahap awal dimana hingga proses melahirkan prototype akan berlangsung hingga 2019. Hingga saat itu, PT DI‎ akan mengirimkan sejumlah karyawannya ke Korea Selatan.

"‎Kita lihat korea salah satu negara yang pengembangannya paling maju. Kita akan kirim 200-300 orang ke Korea, iyauntuk porgram ini," kata Budi di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Mengingat ini merupakan proyek yang sangat strategis, perseroan akan mengirimkan beberapa engineer‎ berprestasi yang akan ditempatkan di Korea untuk bebeberapa tahun tersebut.

Direncanakannya, tahun 2019 kedua perusahaan sudah menghasilkan sebuah desain dan prototype. Tahap selanjutnya  nantinya akan diproduksi 6 unit prototype untuk proses roll out dan syarat mendapatkan lisensi layak terbang.

"Nanti setelah itu mereka kembali ke sini, kemudian kita bisa aplikasikan sendiri di Bandung. Karena pekerja kita diberi peluang untuk menduduki posisi kerja di bagian apapun, jadi kita bisa tahu 100 persen," tegasnya.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan RI kembali melanjutkan kerjasama program pengembangan pesawat jet tempur KF-X/IF-X dengan Korea Selatan.

Program ini ditandai dengan ditandatanganinya kontrak Cost Share Agreement (CSA) dengan Korea Aerospace Industrie (KAI). Dengan penandatanganan ini maka resmi dimulainya pelaksanaan pembangunan tahap kedua atau Engineering adn Manufacturing Development (EMD).

Dalam waktu bersamaan juga ditandatangani kontrak Work Assigment Agreement (WAA) antara Direktur Utama PTDI Budi Santoso dan President and CEO KAI Ltd Mr Ha Sung Young.

Kontrak CSA ini mengatur kesepakatan dan ketentuan mengenai dana sharing yaitu pendanaan sebagai kewajiban yang akan diserahkan oleh RI kepada KAI berdasarkan kesepakatan pengembangan‎ jet tempur sebelumnya.

Sementara kontrak WAA mencakup partisipasi Industri Pertahanan Indonesia dalam kegiatan rancang bangun, pembuatan komponen, prototipe, pengujian dan sertifikasi serta mengatur hal-hal yang terkait aspek bisnis maupun aspek legal.

Dalam WAA ini juga mengatur peran yang akan diambil PT DI meliputi semua hak dan kewajibannya, karena WAA merupakan dokumen businness to businness antara kedua perusahaan. (Yas/Ndw)


Source: liputan6.com
Kementerian BUMN Bantu Urai Konflik Harga Uap Panas Bumi

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan memanggil PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero) untuk mengurai konflik harga uap panas bumi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang unit 1,2, dan 3.

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Edwin Hidayat Abdullah mengatakan instansinya sudah mendapat laporan ketidak sepakatan harga uap panas bumi tersebut, dengan melakukan koordinasi kepada kedua belah pihak.

"Kemarin saya sudah bicara sama PGE (anak usaha Pertamina yang mengoperatori uap panas bumi) , sudah diskusi sama Pak Sofyan Direktur Utama PLN. Tapi ini masih dalam proses. Saya sudah lapor Bu Menteri (Rini Soemarno) juga mengenai ini," kata Edwin, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Baca Juga

  • Pertamina Ancam Hentikan Pasokan Uap Panas Bumi ke PLN
  • Alasan PLN Masih Kaji Harga Uap Panas Bumi Pertamina
  • Pemerintah Lelang 3 Wilayah Kerja Panas Bumi Berkapasitas 175 MW   

Source: liputan6.com
Kementerian BUMN Bantu Urai Perselisihan Pertamina dan PLN

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan memanggil PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero) untuk mengurai konflik harga uap panas bumi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang unit 1,2, dan 3.

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Edwin Hidayat Abdullah mengatakan instansinya sudah mendapat laporan ketidak sepakatan harga uap panas bumi tersebut, dengan melakukan koordinasi kepada kedua belah pihak.

"Kemarin saya sudah bicara sama PGE (anak usaha Pertamina yang mengoperatori uap panas bumi) , sudah diskusi sama Pak Sofyan Direktur Utama PLN. Tapi ini masih dalam proses. Saya sudah lapor Bu Menteri (Rini Soemarno) juga mengenai ini," kata Edwin, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Baca Juga

  • Pertamina Ancam Hentikan Pasokan Uap Panas Bumi ke PLN
  • Alasan PLN Masih Kaji Harga Uap Panas Bumi Pertamina
  • Pemerintah Lelang 3 Wilayah Kerja Panas Bumi Berkapasitas 175 MW   

Source: liputan6.com
Jet Tempur Buatan Indonesia-Korea Lebih Canggih dari Sukhoi

Liputan6.com, Jakarta - PT Dirgantara Indonesia (Persero) telah menjalin kerja sama dengan Korea Aerospace Industries (KAI) dalam pembuatah jet tempur jenis fighter melalui program KF-X/IF-X.

Program pengembangan pesawat tempur KF-X/IF-X ini merupakan kerjasama strategis antara Indonesia dengan Korea Selatan dengan mekanisme jangka panjang. Ini dilakukan dalam upaya menciptakan kemandirian industri pertahanan dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan Alutsista TNI.

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT DI, Andi Alisjahbana mengungkapkan jet tempur yang akan dihasilkan dari kerjasama dua negara ini akan mengadopsi teknologi generasi 4.5. Saat ini beberapa produk jet tempur yang ada di dunia masih ‎generasi 4.

"Sukhoi yang kita miliki, yang katanya paling canggih itu masih generasi 4, fighter yang kita produksi nanti sudah 4.5," kata dia saat berbincang dengan wartawan di Kantor Kementerian Pertahanan‎, Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Baca Juga

  • Indonesia dan Korsel Sepakat Produksi Pesawat Tempur
  • Citilink Tambah 8 Pesawat Baru di 2016
  • Refund Tiket Pesawat Diatur, Ini Kekhawatiran Garuda Indonesia

Source: liputan6.com
‎BKPM Siap Kawal Rencana Investasi China di Sektor Otomotif

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) aktif mengawal realisasi investasi perusahaan otomotif asal China, yakni PT Saic General Motor Wuling (SGMW). Hal ini ditandai oleh kunjungan kerja yang dilakukan oleh Kepala BKPM Franky Sibarani bertemu dengan pimpinan PT Saic General Motor Wuling di Cikarang, Kamis (7/1/2016).

Pertemuan tersebut dimaksudkan sebagai upaya BKPM untuk memfasilitasi beberapa concern perusahaan terkait rencana mereka merealisasikan investasinya di Indonesia.

“Investasi Wuling tentunya memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, antara lain dalam bentuk penyediaan lapangan kerja dan memberikan rasa optimisme kepada investor RRT lainnya untuk datang berinvestasi ke Indonesia,” ujar Franky dalam keterangannya, Kamis (7/1/2016).

Menurut Franky, perusahaan pabrikan otomotif yang sahamnya berasal dari Hongkong tersebut memiliki rencana investasi hingga US$ 397,4 juta atau sekitar Rp 4,9 triliun (estimasi kurs 12.500 per dolar AS) dan telah direalisasikan secara bertahap sebesar US$ 43,5 juta. “Pemerintah saat ini terus mendorong agar Indonesia menjadi basis produksi Industri Otomotif di ASEAN,” jelasnya.

Baca Juga

  • Indonesia Jadi Tujuan Utama Investasi dari China
  • China Minat Tanamkan Rp 25 Triliun ke RI
  • Investor China Antusias Hadiri Ajang Promosi Investasi RI

Source: liputan6.com
BTN Alokasikan Rp 300 Miliar Bentuk 3 Perusahaan

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) terus mendorong pertumbuhan anorganik pada tahun ini. Perusahaan mengalokasikan dana sebesar Rp 300 miliar untuk membangun tiga perusahaan baru.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk Maryono mengatakan, adapun perusahaan yang dibentuk antara lain perusahaan asuransi, multifinance dan asset management.

Dia menuturkan untuk asuransi akan membentuk perusahaan patungan dengan PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo). Perusahaan tersebut bakal realisasi kuartal I 2016.

Baca Juga

  • Bank BTN Diminta Fokus ke Kredit Perumahan
  • BTN Beri Akad Kredit 6.600 dalam Sehari
  • SMF Berikan Pinjaman ke BTN Senilai Rp 700 Miliar

Source: liputan6.com
Dyandra Targetkan Raup Rp 2 Triliun di IIMS 2016

Liputan6.com, Jakarta PT Dyandra Promosindo bakal kembali menggelar pameran mobil Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 pada April 2016. Dyandra menargetkan transaksi IIMS tahun ini menembus angka Rp 2 triliun. Angka ini lebih besar dari transaksi pada penyelenggaran pameran tersebut pada tahun lalu yang mencapai Rp 1,6 triliun.

Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh mengatakan, peningkatan transaksi tersebut ‎akan didorong oleh perbaikan ekonomi yang diharapkan terjadi pada tahun ini. Selain itu, sejumlah produsen otomotif roda empat pada awal tahun ini mengeluarkan varian baru sehingga diharapkan menarik minat masyarakat untuk membeli mobil pada ajang pameran ini.

"Pada semester I ini karena ada beberapa merek yang mengeluarkan varian baru, seperti Mitsubishi yang keluarkan Pajero model baru, kemudian Fortuner (Toyota)," ujarnya di Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Baca Juga

  • Genjot Ekspor Mobil, Pemerintah Siapkan Kebijakan Baru
  • Indonesia Bisa Jadi Raja Industri Otomotif di Pasar Bebas ASEAN
  • Penjualan Mobil Anjlok, Industri Komponen Tercekik

Source: liputan6.com
Bursa Asia Seret IHSG Turun 78 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona merah pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Bursa saham China tertekan telah menyeret IHSG ke zona merah.

Pada penutupan perdagangan saham, Kamis (7/1/2016), IHSG turun 78,53 poin atau 1,7 persen ke level 4.530,44. Indeks saham LQ45 melemah 2,04 persen ke level 785,79. Seluruh indeks saham acuan kompak tertekan pada hari ini.

Ada sebanyak 217 saham melemah sehingga menyeret IHSG ke zona merah. Sedangkan 74 saham menghijau dan 75 saham lainnya diam di tempat.

Baca Juga

  • Dibayangi January Effect, IHSG Berpeluang Menghijau
  • Indeks Jatuh 7%, Bursa Saham China Kembali Dihentikan
  • Rupiah Masih Betah di Level 13.900 per Dolar AS

Source: liputan6.com
PLN Gratiskan Biaya Tambah Daya ke 1.300 VA

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) akan membebaskan biaya penambahan daya ‎bagi pelanggan rumah tangga golongan 450 Volt Ampere (VA) dan 900 ‎VA. Golongan pelanggan tersebut saat ini masih mendapat subsidi.

Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun mengatakan, pembebasan biaya penambahan daya tersebut merupakan buntut dari kebijakan pemerintah dalam memberikan subsidi listrik tepat sasaran bagi golongan 900 VA. Sehingga hanya masyarakat yang miskin ‎yang akan mendapat subsidi listrik.

"Kita sudah dapat data rumah tangga miskin yang dapat subsidi untuk golongan 900 VA. kalau kami sudah data kami sampaikan ke Pemerintah rumah tangga miskin," kata Benny, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Kamis (7/1/2015).

Baca Juga

  • 54.000 Rumah Dialiri Listrik Energi Baru Sepanjang 2015
  • BBM, Tarif Listrik hingga Elpiji Banting Harga di Awal Tahun
  • Penurunan Tarif Listrik Kerek Daya Saing RI di Pasar Bebas ASEAN

Source: liputan6.com
Pemerintah Bakal Bentuk Badan Usaha Khusus Energi Baru Terbarukan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan pemerintah terus mendorong percepatan pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT). Dalam percepatan tersebut, pemerintah meminta kepada PT PLN (Persero) sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk pengembangan hal tersebut. Namun ternyata, pemerintah melihat bahwa PLN belum bisa merealisasikan keinginan dari pemerintah tersebut.

"Saya ingin jelaskan, kita ingin mendorong terus pengembangan EBT. Tapi kalau dilihat perkembangan berita responsnya agak kurang positif dari PLN. Jadi kami tekankan lagi bahwa itu adalah mandat UU, mandat PP, dan mandat Perpres," tegas Sudirman, usai rapat tentang pembiayaan program kelistrikan, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Baca Juga

  • Kurangi Peran Energi Fosil, Pemerintah Ubah Sampah Jadi Premium
  • Pemerintah Tunda Pungutan Dana Ketahanan Energi
  • 54.000 Rumah Dialiri Listrik Energi Baru Sepanjang 2015

Source: liputan6.com
Bank Jatim Mampu Bukukan Laba Rp 884,5 Miliar di 2015

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM) atau Bank Jatim mampu membukukan laba sebelum pajak sebesar Rp 1,26 triliun di tahun 2015 kendati perekonomian sedang lesu. Sedangkan untuk laba bersih, perseroan mampu membukukan Rp 884,50 miliar.

Business Medium and Corporate Director BJTM, Su`udi mengatakan, laba perusahaan ditopang oleh penyaluran kredit perseroan yang tembus sebanyak Rp 28,41 triliun atau naik 8,14 persen year on year (yoy).

Kontribusi penyaluran kredit ditopang oleh kredit komersial yang tumbuh 10 persen (yoy) atau sebesar Rp 5,7 triliun. Kredit konsumer mengalami pertumbuhan 8,83 persen (yoy) atau sebesar Rp 18,19 triliun serta kredit UKM mengalami pertumbuhan 5,21 persen menjadi Rp 4,53 triliun.

Baca Juga

  • Menperin Minta Penurunan Bunga Bank Bagi Industri
  • Tanggapi The Fed, Bank Indonesia Pertahankan BI Rate di 7,5%
  • Bank Sentral AS Putuskan Kenaikan Suku Bunga Acuan

Source: liputan6.com
Beli Nomor HP, Orang Kaya Arab Habiskan Rp 3,6 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 12 orang kaya Arab Saudi rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli nomor telepon seluler (ponsel) perdana.

Dikutip dari Arabian Business, Kamis (7/1/2016), sebesar US$ 658 ribu atau sekitar Rp 8,5 miliar terkumpul dari penjualan nomor cantik dalam lelang yang diadakan Virgin Mobile.

Tak semua hasil lelang memang akan digunakan perusahaan tersebut. Uang sebesar US$ 526.600 atau sekitar Rp 6,9 miliar akan disumbangkan untuk program amal Arab Saudi.

 

Penerima sumbangan tersebut antara lain adalah beberapa organisasi non profit seperti Disabled Children Association dan the Charity Committee for Orphans Care.

Ada 11 nomor cantik yang dilelang seperti 0570 777 777, 0570 666 666, 0570 555 555, 0570 070 070. Namun nomor yang paling mahal dibeli adalah nomor 0570 000 000 dengan harga US$ 276 ribu atau Rp 3,6 miliar.

Operator telekomunikasi itu menyatakan nomor telepon itu merupakan nomor khusus yang dibuat untuk dipakai di Arab Saudi. Virgin Group tidak menjelaskan siapa yang memenangkan lelang tersebut. (Vna/Ndw)

 


Source: liputan6.com
Top 3: 6 Rumah Paling Keren di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Anda berencana merenovasi rumah tahun ini? Tapi bingung ingin merenovasi rumah dengan model seperti apa? Terkadang kebingungan menentukan desain rumah yang Anda alami kerap terjadi, apalagi di awal tahun.

memang bukan perkara yang mudah menentukan beberapa hal saat merenovasi rumah seperti, gaya bangunan, bagaimana memilih cat rumah, memikirkan bajet renovasi, hingga memikirkan memakai jasa tukang bangunan yang dapat dipercaya dan memiliki kredibilitas yang mumpuni.

Kebosanan acap kali muncul ketika beberapa model rumah sudah menjamur sehingga tidak menunjukkan sisi beda. Terutama untuk Anda yang suka terobosan baru dan menyukai anti-mainstream.

Nah, karena itu beberapa orang memiliki hunian yang unik dan aneh didasari dari kebutuhan dan daya imajiner yang luar biasa. Artikel mengenai hunian yang keren atau bisa dibilang aneh tersebut menjadi artikel yang banyak dibaca. Selain itu ada juga beberapa artikel lain yang juga menarik untuk disimak.

Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Kamis, 7 Januari 2016 sore:

1. 6 Rumah Paling Unik di Dunia

Ingin membangun rumah sendiri? Rumah mungil berdesain unik ini bisa jadi inspirasi Anda
Waterfall home (rumah air terjun) yang ada di Bear Run, Pennsylvania ini dibangun di atas waterfall yang masih aktif. Konsep rumah ini sangat aneh, dinding terbuat dari marmer dan bebatuan jelas mengamankan pondasi rumah dari tekanan air.

Namun, terbayangkah oleh Anda jika segala aktifitas yang biasa Anda lakukan seperti menonton tv, membaca buku, mandi, makan, dan semua kegiatan rumah di tengah-tengah gemericik air terjun?

Baca berita selengkapnya di sini.

2. 10 Ramalan Ekonomi yang Mengejutkan di 2016
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi
Perusahaan investasi Blackstone Group kembali dengan daftar prediksi tahunan. Byron Wien, orang kedua Blackstone Advisory Partners, mengeluarkan kejutannya untuk tahun ini.

Seperti dikutip dari Fortune, Selasa (05/01/2016), selama 31 tahun Wien telah memberi pandangannya soal ekonomi, kondisi pasar, dan kejutan politik di tahun mendatang.

Wien telah melakukan tradisi ini sejak 1986 ketika ia masih menjadi kepala strategi investasi Amerika Serikat di Morgan Stanley.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. 5 Alasan Uang Bisa Rusak Hubungan Asmara Anda
Memiliki kekasih memang menyenangkan. Namun, bagaimana kalau dia seorang playboy? Ini tanda-tandanya!
Uang memainkan bagian penting dalam banyak aspek kehidupan, salah satunya hubungan percintaan. keharmonisan sebuah hubungan justru ditentukan dengan sikap dan ketertarikan Anda saat menggelar pembahasan mengenai uang.

Bahkan, sebuah riset membuktikan uang sebagai salah satu faktor pemicu hancurnya hubugan pasangan kekasih dan suami istri.

Baca berita selengkapnya di sini.


Source: liputan6.com
Badan Usaha Khusus EBT Jembatani Keterbatasan PLN

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan membentuk badan usaha mirip dengan PLN yang akan khusus menangani listrik yang berasal dari Energi Baru Terbarukan (EBT). Hal tersebut merupakan terobosan untuk mendorong percepatan pengembangan EBT di Indonesia.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, ‎Pemerintah memprioritaskan percepatan pengembangan EBT untuk meningkatkan ketersediaan energi dalam jangka panjang, ketahanan energi, dan kemandirian energi.

Terobosan baru yang masif dan nyata di pemerintah dan semua pemangku kepentingan perlu dilakukan, baik dari sisi kebijakan, pendanaan, teknologi, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Salah satu terobosan adalah Pemerintah segera menyiapkan PLN khusus EBT.

“PLN khusus EBT ini akan menjembatani adanya keterbatasan dari PLN konvensional dari sisi anggaran untuk pengembangan energi di hulu dan sumber daya yang lebih fokus dalam mendukung target pemerintah mencapai bauran energi nasional dari EBT yang ambisius,” kata Sudirman, di Jakarta, Kamis (7/1/2015).

Baca Juga

  • YLKI Harap Pungutan BBM Tak Dibebankan ke Konsumen
  • Kurangi Peran Energi Fosil, Pemerintah Ubah Sampah Jadi Premium
  • Pemerintah Bakal Bentuk Badan Usaha Khusus Energi Baru Terbarukan

Source: liputan6.com
Tarif AKAP Turun 5% Per 15 Januari 2016

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan untuk menurunkan tarif angkutan darat antar kota antar provinsi (AKAP) untuk kelas ekonomi sebesar 5 persen. Penurunan ini terkait dengan kebijakan pemerintah yang menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada 5 Januari 2016.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah pemerintah berdiskusi dengan para pengusaha angkutan yang tergabung dalam Organisasi Angkutan Darat (Organda).

"Berkaitan dengan penyesaian harga eceran solar, maka kami sudah berdikusi dengan Organda, pemerintaha memustuskan untuk menurunkan tarif AKAP sebesar 5 persen. 5 persen ini karena kan perhitungannya per kilometer per penumpang," ujarnya di Jakarta, Kamis (7/1/2015).

Baca Juga

  • Penurunan Harga BBM Tak Dirasakan Pengusaha Transportasi
  • Harga BBM Turun, Pengusaha Angkutan Truk Bingung Tentukan Tarif
  • Tarif Angkutan Turun Jika Harga BBM Dipangkas Rp 1.300 per Liter

Source: liputan6.com
Pertamina dan PLN Sepakat soal Harga Uap Panas Bumi

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Rini Soemarno akhirnya memutuskan harga uap panas bumi yang dihasilkan dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang unit 1,2 dan 3.‎

Ini disepakati setelah dirinya memanggil direksi PLN dan PT ‎Pertamina Geothermal Energy (PGE) di Kementerian BUMN sore ini.

Usai mengikuti pertemuan tersebut, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN  Edwin Hidayat‎ mengungkapkan keputusan yang diambil Menteri BUMN Rini Soemarno sudah disetujui kedua belah pihak.

"Sudah selesai dan sudah final diterima keduabelah pihak. Tadi difasilitasi Bu Menteri langsung.‎ Harganya US$ 6 sen per kWh," kata dia di kantornya, Kamis (7/1/2016).

Baca Juga

  • Begini Teguran Menteri Rini soal Kisruh Pertamina dan PLN
  • Menteri ESDM Sebut PLN Perlu Ubah Sikap
  • PLN: Harga Uap Panas Bumi Pertamina US$ 4 Sen

Source: liputan6.com
BI Wajibkan Kartu ATM Pakai Chip di 2022

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) Nomer 17/52/DKSP mengenai kewajiban penggunaan tekhnologi chip dalam kartu debet atau kartu ATM pada 30 Desember 2015. Dalam SEBI tersebut BI juga mewajibkan perbankan untuk menerapkan penggunan PIN enam digit‎.

‎Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran‎ Bank Indonesia, Farida Peranginangin‎ mengungkapkan, keputusan ini diambil merupakan hasil revisi ketentuan BI sebelumnya dimana kewajiban penggunaan chip pada 31 Desember 2015.

"BI tanya ke Industri dan perhatikan semua kepentingan, jangan sampai ini ongkos terlalu besar, karena kalau 119 juta pengguna kartu debit itu seretak harus migrasi ongkos terlalu besar dan menjadi inefisiensi, sehingga dipetakanlah, jadwalnya diundur menjadi selambat-lambatnya 31 Desember 2021," kata Farida di Gedung Bank Indonesia, Kamis (7/1/2016).

Baca Juga

  • Batas Waktu Implementasi Teknologi Chip Buat Kartu ATM Mundur
  • Mesin ATM Bank Pundi Masuk Jaringan Asian Payment Network
  • Cek Saldo di ATM Himbara Gratis!

Source: liputan6.com