Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Rabu, 27 Januari 2016
Anda Calon Pemimpin Hebat Jika Punya Sifat Ini

Liputan6.com, Jakarta - Secara garis besar pemimpin baik adalah pemimpin yang bisa membela dan melindungi, membimbing, dan mendidik orang yang dipimpin menjadi orang yang lebih baik, hebat dan lebih baik dari sebelumnya.

Pemimpin menjadi faktor penentu keberhasilan dan kemajuan bagi suatu tim. Jika anak buah dan tim mampu maju dan berkembang hebat, maka sudah pastilah maju karena ada pembimbing yang hebat di belakangnya. Namun jika suatu tim rusak dan hancur bersumber dari ketidakcakapan seseorang pemimpinya.

Lalu apa yang harus dilakukan agar mampu menjadi pemimpin yang baik. Coba perhatikan beberapa hal berikut seperti dilansir dari Entrepreneur.com, Rabu (27/1/2016), siapa tahu Anda punya salah satu sifatnya:

1. Persuasif

Persuasif, merupakan salah satu karakteristik yang cukup penting. Apakah Anda terbiasa mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu, kemudian ia melakukannya sesuai dengan ajakan Anda?

Atau, apakah Anda ketika menawarkan suatu ide ke orang-orang, ide Anda kerap diterima?

Kalau iya, selamat. Berarti Anda memang cocok menjadi pemimpin yang baik dan hebat. Karena memang tak bisa dipungkiri, kemampuan persuasi merupakan aktivitas rutin seorang pemimpin.

2.  Inspiratif

Pemimpin yang baik dan hebat tak hanya fokus untuk menghebatkan dirinya saja. Ia juga hobi berbagi ilmu, pengalaman, pembelajaran, dan kemampuan kepada orang-orang di sekitarnya.

Itu sebabnya, orang-orang di sekitarnya kerap menghargainya, dan juga menjadikannya harapan untuk meminta bantuan pertolongan.

3. Percaya diri

Sayangnya, tak banyak orang yang percaya bahwa setiap manusia telah memberikannya potensi akal yang hebat untuk berpikir.

Beruntunglah Anda, sekiranya Anda kerap memanfaatkan akal Anda tersebut untuk senantiasa percaya diri menghadapi beraneka macam problematika kehidupan.

Selain itu, ternyata sifat pede  mampu menular. Di lain sisi, berarti, Anda sangatlah hebat, sekiranya Anda senantiasa percaya diri, kemudian orang-orang di sekitar Anda menjadi ikut percaya diri, karena Anda.

4. Konsisten

Setiap orang punya keinginan  kesibukan rutin dalam rangka memenuhi keinginannya. Sayangnya, banyak orang yang tumbang di tengah jalan. Entah karena jenuh, tidak mampu, atau perihal lainnya.

Nah, beruntunglah Anda apabila Anda mampu konsisten dengan hal ini. Anda akan cocok menjadi pemimpin, agar bisa mengontrol mereka yang kurang konsisten di bidangnya.

5. Berpegang teguh dengan objektivitas

Sangat hebat apabila Anda bisa berpegangteguh dengan prinsip-prinsip baik yang lahir dari sikap objektif. Meskipun kadang itu sulit untuk dilakukan, sifat ini sangat dibutuhkan oleh seorang pemimpin

6. Tegas membuat keputusan

Membuat keputusan, adalah salah satu pekerjaan rutin seorang pemimpin. Jika Anda kerap berpegang teguh pada kebenaran, meski sangat beresiko, maka otomatis Anda pun akan senantiasa bisa membuat keputusan yang tegas.

7. Disiplin

Kedisiplinan berasal dari pemahaman yang benar akan tujuan dan cara-cara mencapai tujuan. Tentunya, pemahaman yang benar seperti itu, hanya bisa didapat melalui cara berpikir yang baik.

Maka dari itu, sekiranya Anda terbiasa berpikir yang baik tanpa ada libatan emosional, maka Anda sangat berpotensi menjadi pemimpin yang baik dan hebat. (Vna/Ndw)


Source: liputan6.com
Wisata Keluarga Murah, Intip 5 Perumahan Dekat Danau

Liputan6.com, Jakarta - Danau buatan atau sering juga disebut waduk kerap difungsikan sebagai sarana rekreasi dan olahraga. Tidak sedikit orang yang rela berkendara jauh demi menjangkau waduk indah di sekitar perumahannya.

Selain pemandangan alam yang memberi relaksasi dan kesegaran, beberapa wisata danau juga bisa dikunjungi dengan cuma-cuma alias gratis.

Bagi keluarga muda yang memiliki buah hati usia balita, pilihan rumah dekat danau juga perlu diperhitungkan. Anak-anak bisa bermain dan belajar dari alam tanpa harus menyita banyak waktu tempuh serta biaya yang besar.

Untuk Anda yang mencari perumahan dekat danau, berikut ini lima perumahan di sekitar Jabodetabek yang direferensikan oleh Rumah.com

Pancanaka Green Leaf

Perumahan ini terletak di Jalan Taruna Jaya, Cibubur. Tidak hanya dilengkapi fitur rumah pintar saja, Pancanaka memiliki lokasi yang strategis karena dekat dengan cagar alam di sekitar perumahan. Salah satu yang terdekat ialah Danau Rawa Indah yang terletak sekitar 700 meter dari perumahan.

Tidak hanya berfungsi sebagai resapan air dan pengendalian cadangan air, tempat ini juga sering dikunjungi warga sekitar untuk melepas penat di akhir pekan. Kehadiran sejumlah pepohonan dan angin yang sejuk membuat Anda rileks menikmati keindahan danau.

Selain bersantai, sejumlah pengunjung juga ada yang memanfaatkan waktu dengan memancing.

 

Pasadenia Residence

 

(Foto: Wikipedia)

Terletak di Pulomas Jakarta Timur, Pasadenia Residence boleh dibilang perumahan mewah yang berlokasi strategis. Jika bertempat tinggal disini, Anda bisa menjangkau sekolah, rumah sakit dan arena olahraga pacuan kuda dalam radius kurang dari 2 kilometer saja.

Selain itu, perumahan ini juga dekat dengan Waduk Ria Rio (1,5 km) yang bisa menjadi titik rekreasi outdoor keluarga. Setelah dipugar, waduk ini memastikan kawasan hunian disekitarnya terbebas dari banjir.

Selain nyaman untuk tempat berkumpul, taman ini juga dilengkapi fasilitas Internet gratis melalui sambungan Wi-Fi. Karena fasilitas inilah, warga sekitar berbondong-bondong datang ke taman seluas 1,6 hektare (ha) ini.

 

Villa Kanaya


Wisata air dan budaya di Setu Babakan (Foto: https://setubabakan.wordpress.com/)

Di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan, terdapat sebuah perumahan yang jaraknya begitu dekat dengan Setu Babakan. Villa Kanaya adalah perumahan yang terletak di jalan Srengseng, berjarak sekitar 1,5 km menuju waduk yang aliran airnya berasal dari sungai Ciliwung.

Setu Babakan difungsikan sebagai salah satu cagar budaya asli Betawi. Di danau buatan seluas 32 hektare ini, banyak aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga. Mulai dari menyicipi kuliner khas betawi, memancing ikan, sepeda air, atau menyaksikan tarian Samrah khas Betawi.

Anda bisa mengunjungi setu ini secara gratis. Akan tetapi jika membawa kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, Anda akan diminta retribusi parkir mulai Rp 2.000 sampai Rp 5.000.

 

Neo Bumi Citra

Neo Bumi Citra terletak di Pengasinan, Sawangan. Di kelurahan ini terdapat sebuah danau buatan dengan nama yang sama, yakni Setu Pengasinan. Danau ini menjadi pilihan rekreasi terdekat dari perumahan ini dengan jarak sekitar 10 menit dengan motor.

Danau wisata seluas 6 hektare ini memiliki banyak fasilitas seperti sepeda air, flying fox, dan memancing. Bila ingin melintasi danau menggunakan sepeda air, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 6.000 per 15 menit. Menariknya, Situ Pengasinan dapat dikunjungi setiap hari secara gratis.

 

 Amarilys Garden


Wisata alam di danau Dora (Foto: hellobogor.com)

Wisata murah meriah sambil berpiknik bisa Anda temukan di Danau Dora. Disebut Danau Dora, konon katanya saat awal pembangunan di taman ini terdapat banyak anak kecil yang bermain sambil membawa boneka Dora The Explorer.

Danau ini merupakan taman konservasi alam yang menjadi bagian perluasan Kebun Raya Bogor, dan menjadi tujuan tempat wisata di Bogor. Ekologi Park atau yang lebih dikenal dengan nama Danau Dora ini sudah dibangun sejak tahun 2002.

Danau ini berjarak sekitar 6km dari Amarilys Garden, atau hanya sekitar 500 meter dari pintu gerbang Pemda atau Cibinong City Mall ke arah Bogor. Tepatnya ada di kawasan Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), tepatnya di Bakosurtanal (Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional). (Isnaini/Ndw)


Source: liputan6.com
Negara Pengimpor Beras Terbesar di Dunia, RI Posisi Berapa?

Liputan6.com, Jakarta - Beras merupakan salah satu bahan makanan pokok yang menjadi bahan makanan dari sebagian besar penduduk Asia. Tak heran jika banyak perekonomian negara di Asia bergantung dari harga dan kualitas dari beras yang beredar di pasaran.

Beberapa kebijakan negara pengkonsumsi beras juga terus digencarkan agar mampu mengontrol harga bahan makanan satu ini di pasaran.

Melansir data dari Worldatlas.com, Rabu (27/1/2015), lima negara terbesar pengimpor beras mempengaruhi presentase 30 persen dari total sirkulasi perdagangan beras. Smentara Negara lain yang masuk dalam peringkat 10 besar mampu mempengaruhi 50 persen dari total impor beras di dunia.

Sebagian besar negara pengimpor beras terbesar tersebut terletak di benua Asia. Lalu negara mana sajakah itu? Berikut daftarnya:

10. Malaysia 

Total volume impor: 1 juta ton

9. Senegal

Total volume impor: 1,1 juta ton

8. Irak

Total volume impor: 1,2 juta ton

7. Uni Eropa

Total volume impor: 1,5 juta ton

6. Saudi Arabia

Total volume impor : 1,5 juta ton


Source: liputan6.com
Pengembang Masih Tergoda Kawasan Padat Penduduk

Liputan6.com, Jakarta - Meski kian hari kian padat, pembangunan hunian di Jakarta Selatan masih terus berlangsung, salah satu yang menjadi incaran pengembang adalah kecamatan Jagakarsa.

Berbatasan langsung dengan kecamatan Cilandak di sebelah barat, Jagakarsa memiliki akses mudah menuju tol JORR dan kawasan perkantoran TB Simatupang.

Dikutip dari Wikipedia.org, Jagakarsa merupakan wilayah terluas ke-2 di Jakarta Selatan setelah Kecamatan Cilandak. Jumlah penduduknya kini mencapai 311.484 jiwa per kilometer persegi.

Meski sudah padat penduduk, namun Jagakarsa masih disebut sebagai lokasi favorit untuk hunian. Tak heran, sejumlah perumahan baru terus bermunculan di sini, sebut saja Adora Townhouse, Linea Haus, Akasha Jagakarsa, Villa Kanaya, hingga Griya Torina Keranji.

Baca Juga

  • Usulan Pengembang Properti Buat Jaga Harga Tanah
  • Daftar Lokasi Hunian Termahal di Jakarta
  • Kabupaten Tangerang Jadi Wilayah Properti yang Bakal Bersinar

Source: liputan6.com
Laju IHSG Menguat, Simak Tujuh Saham Pilihan

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan saham Rabu pekan ini. Penguatan IHSG itu asal ditopang oleh nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang bergerak stabil.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya menuturkan IHSG sedang menguji level support 4.445 dan resistance 4.560. Harga minyak yang sempat tertekan memberikan pengaruh pada pergerakan bursa saham, termasuk IHSG.

"Pola pergerakan naik IHSG sedikit terhambat. Namun melihat pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang bergerak cukup stabil maka rentang pergerakan dari IHSG memiliki potensi menguat," tutur William dalam ulasannya, Rabu (27/1/2016).

Baca Juga

  • Bursa Asia Tertekan Seret IHSG Naik Tipis
  • Penurunan Harga Minyak Dunia Tekan IHSG ke Level 4.492,77
  • Harga Minyak Tekan Wall Street di Awal Pekan

Source: liputan6.com
Gaji ke-14 PNS Cair di Tahun Ajaran Baru, Ini Kata Kemenkeu

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan, pencairan atau pembayaran gaji ke-14 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) pusat biasanya dilakukan saat masuk atau menjelang tahun ajaran baru, sekitar pertengahan Juni-Juli. Sementara bagi PNS daerah, kewenangan ada di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Kalau di pusat, gaji ke-14 dicairkan saat tahun ajaran baru. Tapi di daerah rezimnya dikelola daerah masing-masing, dan biasanya diatur Kemendagri. Biasanya disamakan dengan itu," ujar Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Marwanto Harjowiryono saat berbincang di Jakarta, Rabu (27/1/2016).

 

Baca Juga

  • Pemerintah Siap Bayar Gaji ke-14 PNS Pertengahan Tahun Ini
  • Pemerintah Anggarkan Gaji PNS Rp 347 Triliun Tahun Ini
  • Gaji PNS Sedot Uang Negara Rp 289,9 Triliun Selama Setahun

Source: liputan6.com
Utang RI Buat Bangun Jalan, Pelabuhan sampai Sekolah

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan terus memacu pembangunan proyek infrastruktur meskipun konsekuensinya dengan utang.

Namun pemerintah konsisten menjalankan kebijakan deregulasi demi mendorong investasi domestik maupun asing sehingga ada aliran modal besar masuk ke Indonesia guna membiayai proyek-proyek strategis.

Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Arif Budimanta mengaku, pemerintah telah melakukan reformasi fiskal sejak Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015 sehingga belanja pemerintah diarahkan untuk kegiatan produktif dari sebelumnya bersifat konsumtif.

"Dengan belanja produktif, kita juga terus menggaet investasi, menarik devisa sebanyak-banyaknya melalui program infrastruktur," tegasnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Mantan Anggota Komisi XI DPR ini menyadari akan ada perubahan terhadap asumsi makro dan pendapatan negara di APBN 2016 sehingga berpengaruh terhadap rasionalisasi belanja negara secara keseluruhan.

Arif memastikan, belanja tersebut akan diarahkan untuk bersifat produktif, seperti pembangunan infrastruktur dengan tujuan menjaga daya beli masyarakat dan meningkatkan daya saing. "Yang pasti insentif tetap diberikan, kebijakan fiskal kita tetap ekspansif," jelasnya.  

Itu artinya, kata dia, pemerintah tidak akan mengerem pembangunan proyek infrastruktur walaupun harus berutang melalui penerbitan surat utang maupun pinjaman bilateral dan multilateral. Itu karena utang pemerintah digunakan untuk kepentingan rakyat.

"Selama utang digunakan untuk produktif, jadi jalan, pelabuhan, pembangkit listrik, sekolah supaya anak-anak Indonesia pintar, tentu ada return of investment buat kita. Pada waktunya nanti manfaatnya akan kembali ke kita demi kemajuan bangsa Indonesia," kata Arif.

Baca Juga

  • Pemerintah Raup Rp 14 Triliun dari Lelang Surat Utang Empat Seri
  • Utang Luar Negeri RI pada November 2015 Tercatat US$ 304,6 Miliar
  • Defisit Anggaran dan Rasio Utang RI Lebih Rendah dari Negara Lain

Source: liputan6.com
Wall Street Menguat, Dow Jones Bukukan Kinerja Terbaik

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) atau Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta) dengan indeks Patokan Dow Jones Industrial Averange (DJIA) membukukan kinerja harian terbaik sepanjang tahun ini.

Penguatan Wall Street terjadi karena investor melakukan aksi beli di tengah tekanan di bursa saham China, volatilitas harga minyak dan juga keluarnya beberapa laporan keuangan emiten. Selain itu, pelaku pasar juga sedang menungggu kebijakan yang akan dihasilkan dalam Bank Sentral AS (The Fed) di rapat perdana pada 2016 ini.

Baca Juga

  • Harga Minyak Tekan Wall Street di Awal Pekan
  • Penguatan Wall Street Beri Imbas Positif ke Bursa Asia
  • Mengakhiri Pekan yang Bergelombang, Wall Street Menguat

Source: liputan6.com
Harga Minyak Kembali ke Atas Level US$ 30 per Barel

Liputan6.com, New York - Harga minyak kembali menguat ke atas level US$ 30 per barel pada perdagangan Selasa karena para pelaku pasar berspekulasi bahwa sebagian besar produsen minyak bersedia untuk menahan produksi sehingga mampu mengurangi kelebihan pasokan yang ada saat ini.

Mengutip Wall Street Journal, Rabu (27/1/2017), minyak mentah jenis Light untuk pengiriman Maret ditutup naik US$ 1,11 atau 3,7 persen ke level US$ 31,45 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak Brent yang merupakan patokan harga global naik US$ 1,30 atau 4,3 persen ke level US$ 31,80 per barel di ICE Futures Europe.

Menteri Energi Irak mengatakan di sebuah konferensi di negara tersebut bahwa dirinya melihat tanda-tanda Arab Saudi dan Rusia akan lebih fleksibel dalam mengurangi pasokan minyak mentah yang selama ini membanjiri dunia.

Baca Juga

  • Harga Minyak Dunia Bakal Naik ke US$ 60 per Barel
  • Harga Minyak Dunia Seret Bursa Asia ke Zona Merah
  • Arab Saudi Tolak Bantu Dongkrak Harga Minyak

Source: liputan6.com
Bursa Asia Kembali Perkasa

Liputan6.com, Tokyo - Bursa saham di kawasan Asia Pasifik (bursa Asia) kembali ke zona hijau mengikuti penguatan yang terjadi di Wall Street. Pelaku pasar sedang menunggu hasil rapat Bank Sentral Amerika Serikat (AS).

Mengutip Bloomberg, Rabu (27/1/2016), Indeks MSCI Asia Pasifk naik 1,7 persen pada pukul 10.06 waktu Tokyo Jepang. Indeks Topix Jepang juga naik 3,2 persen.

Sementara, Indeks S&P/NZX 50 Selandia Baru menguat 0,4 persen. Kenaikan indeks ini telah terjadi dalam empat hari terakhir. Berbeda, Indeks Ausrtalia S&P/ASX 200 turun 0,3 persen setelah libur pada perdagangan sehari sebelumnya.

Baca Juga

  • ECB Isyaratkan Perlonggar Stimulus Angkat Bursa Asia
  • Penguatan Wall Street Beri Imbas Positif ke Bursa Asia
  • Harga Minyak Dunia Seret Bursa Asia ke Zona Merah

Source: liputan6.com
Harga Daging Sapi Dipastikan Kembali Normal

Liputan6.com, Jakarta - ‎Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) memastikan harga daging sapi di pasar tradisional di Indonesia telah kembali normal, setelah sebelumnya mengalami kenaikan harga hingga mencapai Rp 140 ribu per kilogram (kg).

Ketua APDI Asnawi mengatakan, akibat kebijakan Kementerian Keuangan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 267 Tahun 2015 tentang pengenaan pajak pertambahan nilai (PPN) atas pakan ternak dan ternak impor yang berlaku sejak 8 Januari 2015, harga daging sapi di pasar tradisional mengalami kenaikan.

"Hal ini karena pemerintah mengenakan PPN bagi impor sapi bakalan dan sapi siap potong sebesar 10 persen jadi harga mencapai Rp 130 ribu-Rp 140 ribu," ujarnya di Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Namun setelah pemerintah membatalkan pengenaan PPN tersebut, lanjut Asnawi, harga daging sapi di pasar tradisional pun berangsur kembali normal, di mana saat ini berada pada kisaran Rp 110 ribu-Rp 120 ribu per kg.

Baca Juga

  • Mendag Lembong Geram Daging Impor Dikenai Pajak
  • Rantai Pasokan yang Panjang Bikin Harga Pangan Naik
  • Jaga Harga Daging Sapi, Ini Pesan Mendag untuk Bulog

Source: liputan6.com
Kapal Perintis Jakarta-Kepulauan Seribu Segera Beroperasi

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Kepulauan Seribu tidak lama lagi akan menikmati layanan kapal perintis. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan Kapal KM Sabuk Nusantara 46 berbobot 200 Deadweight Tonnage (DWT) untuk dioperasikan PT Pelni guna melayani rute Jakarta-Kepulauan Seribu.

Adapun rute detail yang dilayani yakni, Sunda Kelapa (sebagai pelabuhan pangkal) – Pulau Untung Jawa – Pulau Pramuka – Pulau Tidung – Pulau Kelapa (pergi pulang/pp). Kapal perintis tersebut mampu mengangkut penumpang hingga 114 orang.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata mengungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan direncanakan meresmikan pelayaran perdana kapal perintis KM Sabuk Nusantara 46 tersebut pada Kamis (28/1/2016) di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara bersama dengan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (Ahok).

"Pengadaan kapal perintis ini merupakan wujud komitmen Kementerian Perhubungan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan transportasi kepada masyarakat dan untuk meningkatkan kapasitas sarana transportasi laut di Kepulauan Seribu yang selama ini masih terbatas aksesibilitasnya," kata Barata dalam keterangannya, Rabu (27/1/2016).

Baca Juga

  • Pengusaha Pertanyakan Kebijakan Tarik Kapal Perintis dari Swasta
  • Dukung Tol Laut, Kemenhub Bangun 53 Kapal
  • Kemenhub Sepakati Pembuatan 8 Unit Kapal Perintis

Source: liputan6.com
IHSG Mampu Menguat Menyusul Wall Street dan Bursa Asia

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau pada perdagangan saham Rabu pekan ini. Penguatan IHSG ini mengikuti bursa Asia dan Wall Street.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Rabu (27/1/2016), IHSG naik 15,74 poin atau 9,35 persen ke level 4.526,21. Penguatan IHSG berlanjut pada pembukaan perdagangan saham pukul 09.00 WIB. IHSG naik 22,74 poin atau 0,50 persen ke level 4.533,21.

Indeks saham LQ45 naik 0,66 persen ke level 788,26. Seluruh indeks saham acuan kompak berada di zona hijau pada pembukaan perdagangan hari ini.

Pagi ini, IHSG sempat sentuh level tertinggi 4.537,72 dan terendah 4.526,21. Ada sebanyak 93 saham menguat sehingga mendorong IHSG. Sedangkan 5 saham melemah dan 37 saham diam di tempat.

Baca Juga

  • Laju IHSG Menguat, Simak Tujuh Saham Pilihan
  • Menanti Keputusan The Fed, IHSG Diproyeksi Menguat
  • Bursa Asia Tertekan Seret IHSG Naik Tipis

Source: liputan6.com
Kadin Indonesia Ajukan Perizinan Virtual Office ke Mendag

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran startup seperti teknologi aplikasi dan para usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dinilai harus mulai didukung pemerintah melalui regulasi yang memihak para pengusaha pemula. 

Wakil Ketua Umum Kadin bidang UMKM, Koperasi, dan Indsutri Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan hal itu karena industri kreatif sangat dibutuhan dukungan pemerintah.

“Kehadiran aplikasi dan perkembangan startup seperti GoJek, Grab, dan jasa seperti virtual office jangan dihambat karena hanya regulasi, kita harus mengejar ketertinggalan dari luar negeri, jadi pearaturan yang dibuat juga harus kondusif,”  jelas Sandi di Jakarta, Rabu (27/1/2016). 

Sandiaga Uno mengaku telah menyampaikan keinginan dari pengusaha pemula itu kepada pemerintahan pusat.

Baca Juga

  • Selamatkan UKM, Bekraf Dorong Eksistensi Virtual Office
  • Otoritas Bursa Ingin Sekuritas Aktif Gandeng UKM
  • Daftar Perusahaan Rintisan Tersukses di Dunia

Source: liputan6.com
Tips Beli Rumah Oper Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang tengah berencana untuk membeli hunian pertama kali, ada dua alternatif yang bisa dipertimbangkan. Pertama, beli rumah dalam kondisi baru, dan kedua, rumah bekas yang dijual dengan cara oper kredit.

Membeli rumah baru memang banyak keuntungannya, mulai dari kondisi yang masih terawat, ada perlindungan asuransi, harga tanah dan bangunan yang jelas, serta desain yang bervariasi. Namun bukan berarti rumah seken oper kredit tak punya benefit tersendiri.

Membeli rumah yang sedang dicicil atau take over kredit juga terbilang sangat menguntungkan, karena tak jarang si penjual sedang butuh uang sehingga harga rumah bisa lebih miring.

Pihak perbankan pun melihat ini sebagai pangsa pasar yang prospektif, sehingga biasanya memberi banyak kemudahan, terutama bagi nasabah yang dinilai bankable.

Tetapi jangan cepat tergiur dengan harga murah dan kemudahan yang ditawarkan bank saja. Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil alih cicilan rumah pemilik sebelumnya, berikut Rumah.com melansir banyak hal yang wajib ditelusuri dengan jeli.

1. Kondisi fisik

Hal terpenting dalam membeli rumah oper kredit adalah memerhatikan kondisi fisik. Cemati dengan detail bagian luar dan dalam rumah. Periksa kondisi dinding, lantai, saluran air, kayu jendela dan pintu, langit-langit, serta bukaan dan sirkulasi udara.

Perhatikan juga segi lokasi dan posisi rumah. Bisa saja, alasan pemilik mengalihkan cicilan rumahnya adalah karena lokasi yang kurang bagus, rawan banjir, dan prospek yang tidak menguntungkan ke depannya.

2. Periksa dokumen

Cek terlebih dahulu dokumen Kredit Pemilikan Rumah (KPR) asli, yang biasanya masih tersimpan di bank yang menyediakan fasilitas KPR kepada pemilik sebelumnya. Teliti juga keabsahan kepemilikan rumah, jika Anda menemukan permasalahan (sengketa) lebih baik tinggalkan saja.

3. Menghitung nilai transaksi

Bila merasa sudah sreg dengan rumah yang diincar dan melihat legalitas surat-surat, hitunglah nilai transaksi (nilai jual rumah, besaran saldo utang pokok, dan sisa cicilan kredit yang harus dibayar). Periksa pula riwayat pembayaran cicilan pemilik lama, apakah masih ada tunggakan cicilan dan denda keterlambatan.

Hitung dengan seksama berapa sebenarnya nilai transaksi dan nilai jual rumah tersebut, apakah lebih murah atau lebih mahal dari harga yang seharusnya. Anda bisa melakukan pengecekan harga pasaran rumah disekitar lokasi tersebut, dengan memeriksa Nilai Jual Obyek Pajak dalam struk tagihan PBB.

4. Buat surat pengikatan

Guna menjamin keamanan traksaksi, Anda perlu membuat Akta Pengikatan Jual-Beli atas pengalihan hak atas tanah dan bangunan dengan pihak penjual, berikut Surat Kuasa untuk melunasi sisa angsuran dan kuasa untuk mengambil sertifikat.Penjual kemudian membuat surat pemberitahuan kepada bank perihal peralihan hak atas tanah dan bangunan.

Inti surat tersebut: meski angsuran dan sertifikat masih atas nama penjual, tetapi karena haknya sudah beralih (kepada Anda sebagai pembeli), maka penjual tidak berhak lagi untuk melunasi dan mengambil sertifikat asli yang terkait bank.

5. Libatkan tiga saksi

Berbeda dengan proses jual beli rumah pada umumnya, proses resmi take over kredit harus melibatkan pihak bank pemberi kredit. Jadi, sebaiknya proses oper kredit dilakukan di hadapan pemilik rumah, bank, dan notaris.Untuk melakukan oper kredit, dokumen yang perlu dipersiapkan penjual dan pembeli antara lain:

1. Fotokopi Perjanjian Kredit
2. Fotokopi Sertifikat dengan stempel bank
3. Fotokopi IMB
4. Fotokopi PBB yang sudah dibayar
5. Fotokopi bukti pembayaran angsuran
6. Asli buku tabungan bernomor rekening untuk pembayaran angsuran
7. Data penjual dan pembeli, seperti KTP, Kartu Keluarga, Buku nikah, NPWP, slip gaji terakhir, surat keterangan kerja, surat keterangan penghasilan, foto kopi mutasi keuangan tiga bulan terakhir dari rekening, dan sebagainya.

Foto: Pixabay

(Fathia/Ndw)


Source: liputan6.com
Pluit City Bangun Rumah Pintar Buat Anak Nelayan Muara Angke

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Agung Podomoro Land (YAPL) menjalin kerja sama dengan Yayasan Rumpun Anak Pesisir (YRAP) membangun Rumah Pintar di
perkampungan nelayan Muara Angke, Jakarta  Utara. Langkah tersebut untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) anak-anak nelayan di kawasan tersebut.

"Tidak sedikit anak-anak nelayan di Muara Angke yang belum memiliki kesempatan mengenyam pendidikan yang baik akibat beratnya beban ekonomi yang dihadapi orang tuanya,” kata Noer Indradjaja, Wakil Direktur Utama Agung Podomoro Land (APL) pengembang kawasan Pluit City, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (27/1/2016).

Baca Juga

  • Begini Wujud Waduk Pluit Sekarang
  • Wika Ditugaskan Bangun Jembatan ke Pulau Buatan di Pluit
  • Warga Pluit Barat Keluhkan Pembangunan Jalan Layang Non-Tol

Source: liputan6.com
Mendag: Jangan Sedih Bila Samsung Pilih Vietnam Ketimbang RI
Kementerian Perdagangan (Kemendag) menilai perang perdagangan dan perekonomian di masa datang lebih mengarah pada sektor jasa.
Source: liputan6.com
Bankir Optimistis Ekonomi RI Mampu Bangkit di Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Meski pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2015 mengalami perlambatan, namun sektor perbankan di dalam negeri optimistis ekonomi Indonesia mampu bangkit pada tahun ini.

Direktur utama PT Bank Mandiri Tbk, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun lalu sedikit banyak dipengaruh oleh ekonomi global, salah satunya perekonomian China yang mengalami kelesuan.

Pada awal tahun ini, ekonomi negeri tirai bambu tersebut juga belum mengalami perbaikan. Namun menurut Budi, hal tersebut harusnya bukan menjadi batu halangan bagi Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pada tahun ini.

"Krisis di China, mereka sebut ini sebagai wedging (ganjalan). Karakter pertama, bahaya dalam setiap krisis, memang ada komponen bahaya. Tapi ada peluang juga. Jadi dalam setiap krisis ada bahaya, orang selalu melihat bahayanya saja. Tapi selalu ada peluang.‎ Bahkan beberapa diantara anda ada yang mendapatkan peluang dari krisis," ujarnya di Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Baca Juga

  • Kejar Pertumbuhan Ekonomi 5,2%, BI Siap Beri Stimulus?
  • Bos Kadin Sebut RI Harus Ambil Manfaat dari MEA
  • Tugas KEIN Dorong RI Jadi Negara Industri

Source: liputan6.com
Menko Darmin Bertemu Bos Freeport Pekan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian berencana menggelar pertemuan dengan Presiden Direktur sementara PT Freeport Indonesia, Robert Schroder pada pekan ini. Agenda ini untuk menindaklanjuti batalnya pertemuan kedua pejabat tersebut pada minggu lalu.

"Mudah-mudahan kalau bisa minggu ini ya(bertemu)," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Sayangnya, ia masih enggan membeberkan topik bahasan mengenai pertemuannya dengan bos perusahaan tambang emas raksasa ini. Seperti diketahui, Freeport Indonesia sedang menawarkan harga divestasi saham 10,64 persen.

Baca Juga

  • Freeport Terdepak dari Daftar Pembayar Pajak Terbesar di RI
  • Batas Izin Ekspor Habis, Freeport Belum Beri Tanggapan ke RI
  • Pemerintah Tak Perlu Bayar Mahal Buat Beli Saham Freeport

Source: liputan6.com
Menkeu Bambang: RI Harus Ubah Orientasi Ekspor ke China

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyatakan, Indonesia harus mengubah strategi dalam menghadapi kondisi ekonomi China saat ini. Salah satu yang perlu dilakukan yaitu mengubah orientasi ekspor Indonesia ke negeri tirai bambu tersebut.

"Kita harus ubah strategi ekspor ke China," ujar dia di Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Bambang menjelaskan, jika di masa lalu Indonesia hanya menikmati ekspor komoditas mentah ke China, seperti batu bara dan minyak sawit mentah (CPO), maka saat ini sudah saatnya Indonesia fokus pada ekspor barang konsumsi ke negara tersebut.

"Di masa lalu kita menikmati komoditas boom. Kita ekspor semua dari energi, batu bara, minyak sawit ke China. Kita tidak fokus kepada produk akhir atau barang konsumsi. Sementara negara seperti Thailand, Vietnam, karena mereka tidak punya sumber daya alam (SDA) yang besar, mereka sudah ekspor barang akhir kepada China," kata dia.

Baca Juga

  • Ekonomi China Diramal Pulih 3 Tahun Lagi
  • Ekonomi Dunia Sedang dalam Masalah
  • Penduduk Usia Kerja Susut, China Terancam Kekurangan Pekerja

Source: liputan6.com
Tangani Ledakan Thamrin, RI Banjir Pujian dari CEO Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong menceritakan pengalamannya bertemu dengan para pejabat negara sampai pemimpin perusahaan besar di seluruh dunia dalam Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, pekan lalu. Hal ini disampaikannya saat Rapat Kerja Kemendag 2016.

Menurutnya, Indonesia menjadi pusat perhatian di ajang internasional ini karena dianggap mampu menangani kasus teror bom Thamrin tanpa meninggalkan kesan kekerasan sedikit pun. Event dunia ini dihadiri sekitar 2.500 peserta dari berbagai penjuru dunia.

"Ada 2.500 peserta, mulai dari pejabat negara sampai CEO perusahaan besar, seperti Exxon, Nike dan lainnya. Yang langsung terpikir oleh mereka soal Indonesia adalah teror bom Thamrin lalu. Semua memberi apresiasi ke Indonesia soal reaksi kita yang tidak berlebihan dalam menangani kasus tersebut," jelas Lembong di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Baca Juga

  • Setelah Bom Thamrin, Investor Tetap Antre Urus Perizinan
  • BEI Pastikan Teror Thamrin Tak Berdampak Panjang pada Pasar Saham
  • Teror Thamrin Tak Pengaruhi Bisnis Perhotelan

Source: liputan6.com
Divisi Perkebunan Membaik Bakal Topang Indofood

Liputan6.com, Jakarta - Pemulihan bisnis perkebunan dan penguatan kinerja anak usaha PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) diharapkan dapat mendukung kinerja PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) pada 2016.

Analis PT Sinarmas Sekuritas Wilbert menuturkan, kinerja PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) hingga sembilan bulan pertama 2015 ditopang divisi anak usahanya PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) yang cukup baik. Kontribusi penjualan dan earning before interest and tax (Ebit) masing-masing 49,9 persen dan 59,2 persen.

Meski ekonomi melambat, anak usaha Indofood tersebut masih mencatatkan pertumbuhan penjualan dan Ebit masing-masing naik 6,3 persen dan 19,6 persen secara year on year (YoY).

Baca Juga

  • Indofood Tambah Saham di Salim Ivomas
  • Indofood Kantongi Laba Rp 1,68 Triliun
  • Program KUR Berlanjut Jadi Asa BRI

Source: liputan6.com
RI Negara Pertama yang Campurkan 20% Minyak Sawit dengan Solar

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mewajibkan bahan bakar minyak solar harus mengandung 20 persen minyak sawit (B-20). Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, Indonesia adalah negara pertama yang menerapkan hal tersebut.

Darmin mengungkapkan, penerapan program B20 harus tetap berjalan, meski pemerintah menghadapi tantangan yang luar biasa. Pasalnya, jika berhasil, Indonesia akan menjadi negara pelopor pengunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) pada sektor transportasi dengan kandungan Bahan Bakar Nabati (BBN) 20 persen.

"Indonesia adalah negara pertama yang mengimplementasikan B-20 ini. Sebagai yang pertama, banyak sekali tantangannya. Indonesia akan dapat menyelesaikan sekaligus menjadi pionir penggunaan biodiesel pertama di dunia," kata Darmin, dalam ajang pertemuan nasional sawit Indonesia 2016, di Kantor Kementerian Keuangan Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Baca Juga

  • BPDP Sawit Siapkan Dana Rp 15 Triliun Dukung Program B20
  • Pemerintah Gelontorkan Subsidi Biodiesel Rp 113 Miliar
  • Aturan Soal Biodiesel Belum Seragam

Source: liputan6.com
Mandiri Operasikan Anak Usaha Baru

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk secara resmi mengoperasikan anak perusahaan baru yaitu Mandiri Capital Indonesia (MCI) di tengah perhelatan Mandiri Investment Forum (MIF) 2016. Mandiri Capital akan fokus di bisnis modal ventura untuk mendukung pengembangan pengusaha perintis (startup).

MCI merupakan perusahaan patungan (modal ventura) yang dimiliki Bank Mandiri (99 persen) dan Mandiri Sekuritas (1 persen). MCI ini akan melakukan penyertaan modal pada perusahaan startup yang memiliki risiko tinggi sehingga kesulitan memperoleh pinjaman perbankan. Pada tahap awal, perseroan memiliki modal sebesar Rp 350 miliar.

Direktur Finance and Strategy Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pembentukan perusahaan modal ventura ini merupakan inisiatif Bank Mandiri untuk menangkap momentum pertumbuhan perusahaan startup di Indonesia.

Baca Juga

  • Bank Mandiri Bidik Pengguna e-Cash Capai 50 Juta di 2020
  • Bank Mandiri Tantang 800 Programmer Kembangkan e-Cash
  • Diminta Turunkan Suku Bunga Kredit, Ini Tanggapan Bank Mandiri

Source: liputan6.com
Produk Turunan Sawit Dapat Jadikan RI Negara Maju

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menginginkan kelapa sawit menjadi pendorong Indonesia menjadi negara maju, dengan menggalakkan ‎peningkatan nilai tambah produk sawit.

Bambang mengatakan, sebuah negara bisa menjadi negara maju karena hilirisasi, dan komoditas sawit menjadi salah satu andalan Indonesia, untuk meningkatkan nilai tambah produk sawit.

"Hilirisasi sawit adalah kebutuhan ekonomi kita, supaya Indonesia jadi negara maju," kata Bambang, dalam ajang pertemuan nasional sawit Indonesia 2016, di Kantor Kementerian Keuangan Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Baca Juga

  • Menko Darmin Targetkan 48 Persen Pasokan Sawit Dunia dari RI
  • Pemerintah Turunkan Bea Keluar Ekspor Cangkang Sawit
  • Petani Kelapa Sawit Bisa Manfaatkan KUR

Source: liputan6.com
Saingi Singapura, Terminal 3 Bandara Soetta Dilengkapi Monorel

Liputan6.com, Tangerang - PT Angkasa Pura II (Persero) tengah melakukan tahap penyelesaian (finishing) pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Terminal yang mengusung konsep modern ini akan menggunakan berbagai teknologi baru yang ramah lingkungan. 

Direktur Operasional AP II Djoko Murjatmojo menjelaskan, salah satu teknologi modern yang diusung oleh Angkasa Pura II di terminal III Ultimate adalah teknologi automated people mover dengan monorail (monorel).

Baca Juga

  • Garuda Siap Pindah ke Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta
  • Ditutup Juni, Pintu Masuk M1 Bandara Bakal Jadi Stasiun Kereta
  • 2 Tahun Lagi Terminal 3 Ultimate Soekarno Hatta Kelar Dibangun

Source: liputan6.com
Soetta Bakal Jadi Bandara Transit Penerbangan Internasional

Liputan6.com, Tangerang - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pada bulan Mei 2016 akan memiliki terminal baru, yaitu Terminal 3 (T3) Ultimate. Terminal berkonsep modern ini nantinya bakal meningkatkan kapasitas bandara hingga dua kali lipat.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero),  Budi Karya selaku pengelola bandara mengungkapkan, dengan dioperasikan T3 Ultimate maka Bandara Soetta tidak lagi menjadi bandara domestik, melainkan berganti sifatnya menjadi bandara transit (transit airport).

"Jadi nanti ‎kami kalau mau ke Australia misalnya, tidak harus ke Singapura dulu, bisa langsung, yang dari Jepang atau mana saja, nanti pindah ke sini," terang Budi di kantornya, Rabu (27/1/2016).

Baca Juga

  • Ditutup Juni, Pintu Masuk M1 Bandara Bakal Jadi Stasiun Kereta
  • 2 Tahun Lagi Terminal 3 Ultimate Soekarno Hatta Kelar Dibangun
  • Garuda Siap Pindah ke Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta

Source: liputan6.com
3 Emiten Masuk Anggota Baru Jajaran Saham Teraktif di Bursa

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memasukkan tiga saham sebagai anggota baru di jajaran indeks LQ45 atau indeks 45 yang sahamnya paling likuid di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode Februari-Juli 2016.

Tiga saham emiten itu antara lain PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), dan PT Hanson International Tbk (MYRX). Sedangkan 42 saham emiten lainnya merupakan anggota tetap di indeks LQ45.

BEI pun mengeluarkan tiga saham emiten antara lain PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), dan PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON).

Baca Juga

  • Sri Rejeki dan Wijaya Karya Beton Masuk Indeks LQ45
  • Saham Grup Lippo Bertambah di Jajaran Saham Teraktif di Bursa
  • Antam Akhiri Kegiatan Tambang Emas di Cikotok

Source: liputan6.com
Paket Kebijakan Ekonomi Jilid IX Dirilis Sore Ini atau Besok?

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution telah siap mengumumkan paket kebijakan ekonomi jilid IX atau ke-9. Paling cepat, rilis paket kebijakan tersebut berlangsung sore ini (27/1/2016).

"Paket IX kita mau laporkan ke Presiden Jokowi siang ini. Mungkin sore ini atau besok (28/1/2016) diumumkan," ujarnya saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu ini.

Saat dimintai poin-poin yang masuk dalam paket kebijakan tersebut, Darmin enggan membocorkannya. "Jangan dibilang dululah," ucap Darmin.

Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kemenko Perekonomian, Edy Putra Irawady mengungkapkan, isi dari paket kebijakan ekonomi jilid IX lebih banyak mengupas aturan logistik, terutama untuk mendorong kegiatan ekonomi desa kota.

"Misalnya, untuk mengambil barang dari desa ke kota itu harus ada konsolidatornya. Jadi perlu ada sinergi dari badan usaha milik negara (BUMN) untuk menyeleksi dan ekspor ke luar negeri," jelasnya.

Dalam membentuk sinergitas ini, kata Edy, Menteri BUMN Rini Soemarno akan menugaskan kepada BUMN di bidang usaha logistik dan niaga, seperti PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) (Persero), PT Sarinah (Persero), Bhanda Ganareksa.

Baca Juga

  • Apa Kabar Diskon Listrik 30% Buat Industri?
  • Pemerintah Segera Luncurkan Paket Kebijakan Ekonomi IX
  • Ini Bocoran Paket Kebijakan Ekonomi Jilid IX

Source: liputan6.com
Mendag Lembong: Sudah Rahasia Publik Data Pangan RI Berantakan

Liputan6.com, Jakarta - Lonjakan harga bahan pangan akhir-akhir ini kembali memicu perbedaan pendapat antara Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Namun Menteri Perdagangan (Mendag), Thomas Trikasih Lembong mengakui adanya kesimpangsiuran data pangan sehingga berpengaruh terhadap kebijakan.

"Saya kira sudah rahasia publik data kita simpang siur, berantakan dan akhirnya kebijakan pemerintah jadi simpang siur karena data yang tidak beres," tegas Lembong saat ditemui di Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Lembong mengambil sisi positif dari kesemrawutan data pangan di Indonesia. Itu artinya, ia bilang, pemerintah harus segera membenahi data tersebut dengan berbagai langkah dan terobosan. Yang penting adalah kejujuran mau mengaku kesalahan dan memperbaikinya.  

Baca Juga

  • Ini Cara Pemerintah Potong Subsidi Pangan
  • Klaim Tak Impor Beras, Mentan Minta Data Pangan Tak Diperdebatkan
  • Bantu Perbaikan Data Pangan, Kementan Gelontorkan Rp 49 Miliar

Source: liputan6.com
Menkeu Yakin RI Masuk 10 Negara Ekonomi Terbesar Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Meski ekonomi China pada tahun lalu mengalami perlambatan di mana hanya mampu tumbuh sebesar 6,9 persen, namun negeri tirai bambu ini masih berpeluang menjadi negara dengan ekonomi terbesar di dunia mengalahkan Amerika Serikat (AS).

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, meski ekonominya melambat, namun saat ini China masih berada di urutan kedua sebagai negara dengan Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar setelah AS.

Menurut Bambang, jika China menjaga pertumbuhan ekonominya tidak turun terlalu dalam ke depannya, maka negeri tirai bambu tersebut bisa mengalahkan AS sebagai negara dengan PDB terbesar.

Baca Juga

  • BI: Penurunan Harga Minyak Berdampak Positif bagi Ekonomi RI
  • Citigroup: Ekonomi Dunia Berada di Tepi Jurang Resesi
  • Ekonomi Dunia Sedang dalam Masalah

Source: liputan6.com
Pertamina Tambah Kapal Pengangkut Minyak Asal China

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menambah armada kapal tanker milik MT Sanggau, dengan bobot mati 40 ribu long ton dead weight (LTDW) yang akan digunakan sebagai transportasi minyak mentah di Indonesia.

Senior Vice President Shipping Direktorat Pemasaran Pertamina Mulyono mengatakan, ‎ investasi MT Sanggau senilai US$ 31 juta dibangun Newtimes Shipbuilding Co. Ltd, berlokasi di Jinjiang, Provinsi Jiangsu, China.

“Kapal ini semula direncanakan serah terima pada awal Maret 2016, namun dapat direalisasikan dengan lebih cepat hari ini yang tidak sekadar dapat dimaknai sebagai proses pengelolaan proyek yang baik, melainkan juga dapat mendukung upaya efisiensi yang terus digencarkan oleh Pertamina melalui optimalisasi pemanfaatan kapal milik,” kata Mulyono di Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Dia menambahkan, dengan diserahterimakannya MT Sanggau, Pertamina kini memiliki 273 armada kapal yang beroperasi untuk menjamin keamanan pasokan energi di dalam negeri.

"Kapal ini direncanakan bertolak dari galangan pada 29 Januari 2016 dan diperkirakan mulai beroperasi pada awal Maret 2016," tutur dia.

Baca Juga

  • Langkah Pertamina Hadapi Harga Minyak Dunia Merosot
  • Tingkatkan Pendapatan, Pertamina Sinergikan Anak Usaha
  • Pertamina Pesan 8 Kapal dari Perusahaan Galangan Nasional

Source: liputan6.com
Soal Perdagangan, Mendag Lembong Paling Takut pada Vietnam

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah persaingan ketat antar negara dalam merebut pasar, Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong paling menakuti Vietnam. Alasannya negara ini lebih agresif dalam menjalin kerjasama perdagangan (trade agreement), terutama dengan Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS).

"Saya paling takut dengan Vietnam. Negara ini ancaman paling nyata," tegas Lembong saat ditemui di Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Mantan Bankir ini mengaku, Vietnam telah memiliki akses pasar ekspor lebih luas ketimbang Indonesia. Pencapaian tersebut karena Vietnam merupakan salah satu dari 12 pendiri Trans Pacific Partnership (TPP) dan telah merampungkan kerjasama perdagangan dengan Uni Eropa, Jepang dan Kanada.

Baca Juga

  • Bos Kadin Sebut RI Harus Ambil Manfaat dari MEA
  • Pemain Lama Industri Asuransi Punya Keuntungan Saat MEA
  • MEA Berlangsung, RI Diserbu Tenaga Kasar Asing?

Source: liputan6.com
Freeport Bersedia Tambah Uang Jaminan US$ 530 Juta

Liputan6.com, Jakarta - PT Freeport Indonesia bersedia menuruti permintaan pemerintah menambah ‎uang  jaminan kesungguhan pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) sebesar US$ 530 juta atau sekitar Rp 7,35 triliun (asumsi rupiah sekitar 13.875 per dolar Amerika Serikat).

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, PT Freeport Indonesia sudah melayangkan surat tanggapan terkait permintaan pemerintah tentang penambahan uang jaminan jika perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut ingin mendapat perpanjangan rekomendasi ekspor konsentrat.

"Intinya mereka kooperatif, dan berusaha mentaati apa yang disyaratkan pemerintah‎," kata Sudirman, di Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Baca Juga

  • Freeport Terdepak dari Daftar Pembayar Pajak Terbesar di RI
  • Batas Izin Ekspor Habis, Freeport Belum Beri Tanggapan ke RI
  • Pemerintah Tak Perlu Bayar Mahal Buat Beli Saham Freeport

Source: liputan6.com
BI Beri Sinyal Kembali Turunkan Suku Bunga Acuan

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) membuka kemungkinan untuk kembali melakukan pelonggaran kebijakan moneter pada pertengahan Februari 2016. BI akan kembali gelar Rapat Dewan Gubernur pada 17-18 Februari 2016.

Gubernur BI Agus Martowadojo mengatakan, pelonggaran kebijakan tersebut bisa berupa penurunan kembali BI rate atau menurunkan besaran Giro Wajib Minimum (GWM). Namun yang jelas, penurunan BI Rate dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di dalam negeri.

"Bisa dalam bentuk berbagai instrumen, baik GWM atau policy rate. Ini bisa kami lakukan setelah mengkaji indikator ekonomi pada saat nanti RDG (Rapat Dewan Gubernur) pada 18 Februari 2016, kami lihat ada ruang pelonggaran," ujar dia di Jakarta, Rabu (27/1/2016).‬

Baca Juga

  • BI Rate Bakal Dipangkas 50 Bps pada 2016
  • Pengusaha Minta BI Rate Turun Jadi 6,75%
  • Pemerintah Harus Pilih Jaga Ekonomi Tumbuh atau Stabilkan Rupiah

Source: liputan6.com