Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Jumat, 15 Januari 2016
5 Hal yang Perlu Dihindari Agar Lebih Produktif

Liputan6.com, Jakarta - Produktif adalah mengenai bekerja dengan hasil maksimal. Semua orang bisa menjadi produktif. Hanya saja, tak mudah untuk bisa bekerja dengan hasil maksimal. Banyak gangguan yang pastinya akan menggangu sehingga hasil yang didapat tidak memuaskan. 

Untuk bisa menjadi produktif, Anda harus mengubah kebiasaan buruk. Terdapat beberapa kebiasaan yang sebenarnya menurut Anda tidak begitu mengganggu namun ternyata bisa membuat kerja seseorang tidak produktif.

Oleh sebab itu, dikutip dari businessinsider.com, Kamis, (14/1/2016), terdapat 5 hal yang harus dihentikan agar menjadi lebih produktif:

1. Multitasking

Banyak orang percaya bahwa mereka yang dapat menyelesaikan dua pekerjaan, adalah kebiasaan buruk yang menurunkan rentang perhatian. Hal ini akan membuat kita kurang produktif dalam jangka panjang.

2. Memeriksa email sepanjang hari

Dengan adanya akses internet, Anda mungkin akan mengecek email yang masuk. Sehingga Anda kehilangan 25 menit dari waktu kerja, konsultan strategi Ron Friedman menyarankan untuk menutup tab email dan mematikan telepon Anda selama 30 menit dari waktu kerja Anda.

3. Tidak berjadwal

Salah satu hal yang paling sulit adalah mengubah kebiasaan, maka dari itu buatlah jadwal kegiatan yang baru. Cobalah membuat tujuan hidup Anda, sehingga Anda dapat memikirkan diri Anda sebagai tipe orang bekerja dengan teratur.

4. Menunda pekerjaan

Seorang peneliti menemukan, kebanyakan orang mengerjakan tugas penting di awal mereka memulai pekerjaan. Sehingga mereka akan mudah meninggalkan pekerjaan lainnya.

5. Gagal membuat prioritas

Beberapa orang berpikir memiliki banyak tujuan adalah cara yang baik untuk memastikan keberhasilan. Jadi jika salah satu ide gagal setidaknya memiliki cadangan tujuan lainnya. (Apr/Gdn)


Source: liputan6.com
4 Perayaan Ulang Tahun Termahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan ulang tahun sering kali dilakukan dengan mengadakan pesta atau syukuran. Biasanya saat ulang tahun mengajak temannya untuk makan bersama. Namun berbeda dengan artis internasional yang memiliki banyak uang, mereka dapat melakukan apa saja agar ulang tahunnya berkesan.

Seperti dikutip dari therichest.com, Kamis (14/1/2016) terdapat empat artis internasional membuang uangnya untuk perayaan ulang tahun yang mewah, mereka adalah:

1. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey

Oprah Winfrey merayakan ulang tahunnya yang ke 50 dengan makan siang di Bel Air Hotel, lalu berjalan di pantai Montecito, California dengan 200 tamu undangan.

Acara ini juga diisi bintang tamu istimewa seperti Tina Turner, Tom Hanks, Dr Phil dan lain-lain. Ulang tahun Winfrey yang ke 50 ini dihiasi kue setinggi 400 kaki dan dihiasi dengan ribuan bunga.

2. Mariah Carey

sumber foto: Instagram Mariah Carey

Pesta ulang tahun Carey yang ke 40 tahun ini dilakukan bersama teman dekatnya. Carey mengajak suaminya, Nick Cannon dan 11 temannya ke Barbados dengan menggunakan jet pribadi.

3. Paris Hilton

Paris Hilton (Bintang/EPA)

Sosialita merangkap artis internasional ini merayakan pesta ulang tahun yang mengesankan. Hilton merayakan ulang tahunnya di Tokyo, London, New York dan Las Vegas.

Hilton menghabiskan uang sebesar US$ 75 ribu atau kurang lebih Rp 1 miliar per orang. Ulang tahun Hilton dihadiri oleh keluarga besar Hilton, Donald Trump, P.Diddy, Kris Jenner dan orang hebat dunia lainnya.

4. Sean Combs

Puff Daddy beberapa kali duduk di atas kursi kebesaran Games of Thrones di videoklip I Want the Love.
Sean Combs yang lebih dikenal sebagai Puff Daddy ini merupakan salah satu artis hip hop terkaya di dunia. Pada saat ulang tahunnya ke 40, ia menghabiskan uang sebesar US$ 3 juta atau Rp 42 miliar

Pesta diadakan di Plaza Hotel Grand Ballroom yang terletak di Fiffth Avenue New York, Amerika Serikat. Pesta ini menampilkan fashion show serta rekan artis yang menyanyi seperti Nelly Fortado, Jay Z, Kim Kadarshian dan lain-lain. (Apr/Gdn)


Source: liputan6.com
Mengintip Guest House Mewah Elvis Presley

Liputan6.com, Jakarta - Penggemar Elvis Presley harus bergembira. Lantaran pihak Graceland, Mansion Elvis Presley mengumumkan guest house yang berdekatan dengan mansion Graceland akan dibuka untuk umum menjelang perayaan ulang tahun Elvis Presley.

Dikutip dari www.rumah.com, Jumat (15/1/2016) perayaan ulang tahun ini memang rutin diadakan oleh pihak fans dan juga keluarga Presley yang bertujuan mengenang Sang Raja Rock and Roll semasa hidup. Para penggemar yang datang mengenakan pakaian khas Elvis Presley lengkap dengan gaya rambut dan kacamata.

Di tengah-tengah perayaan berlangsung, diumumkan guest house yang letaknya berdekatan dengan mansion membuka kesempatan bagi penggemar untuk memesan kamar dengan berbagai promo menarik.

Guest house ini terdiri dari 450 kamar dengan pelayanan hotel berkelas. Guest House Graceland sendiri akan diresmikan pada 27 Oktober 2016 nanti. Meski demikian, pihak pengelola membuka kesempatan bagi pengunjung untuk memesan kamar sejak 8 Januari.


Proses pembangunan Guest House Graceland

Pihak manajemen mengatakan, guest house ini akan menjadi guest house paling mewah. Dana Wimmer, Senior Project Manager mengatakan keunggulan pembangunan ini adalah dikerjakan oleh 95 pekerja yang sudah berpengalaman mengerjakan proyek-proyek perhotelan dan juga mesin-mesin pendukung mutakhir di abad ke-21.

Dengan demikian, penyelesaian guest house akan cepat dan memiliki konstruksi bangunan yang baik.

Melihat animo positif dari penggemar Elvis Presley, grand opening guest house Oktober nanti diprediksi oleh The Sydney Australian Morning akan menjadi grand opening paling menarik sepanjang 2016.


Maket Guest House Graceland

Wimmer juga mengatakan guest house ini memiliki lobi yang yang berkelas, yang berdampingan dengan dua restoran, ruang rapat, dan ruang untuk penyelenggaraan suatu acara.


Lobi berkelas yang dimiliki oleh Guest House Graceland


Desain interior yang terlihat elegan dan sangat nyaman


Desain interior restoran untuk indoor

Hal lain yang menjadi daya tarik di guest house ini adalah ruang pertunjukan film untuk 464 penonton.


Ruang pertunjukan musik dan film


Interior ruang tidur di Guest House Graceland

Interior ruang tidur guest house ini terdiri dari satu ranjang berukuran superior bed, karpet beludru yang hangat dan tebal. Ruangan ini sengaja didesain langsung oleh Istri Elvis, Priscilla Presley. Didesain sesuai karakteristik Elvis yang glamour dan tenang. Di sebelah kanan ranjang tidur terdapat alat pemutar mp3 digital yang tentu saja berisi lagu-lagu terbaik Elvis Presley.


Alat pemutar musik digital yang kian menambah kedekatan penggemar dengan Elvis yang didengar dari lagu-lagu di dalamnya

Tidak ketinggalan, untuk memberikan kepuasan penggemar yang ingin merasakan suasana Elvis, Priscilla juga memasang beberapa hiasan ruangan dan aksesori bertema Elvis, seperti terlihat di tirai putih.


Lukisan pakaian khas Elvis menjadi pajangan interior ruang tidur


Tirai putih bercorak Elvis sengaja didesain untuk menambah cita rasa Elvis

Kamar mandi minimalis dengan porselen terbaik akan memberikan kenyaman bagi pengunjung, sembari mendengar lagu-lagu Elvis yang mendayu.

Pengunjung tidak hanya diberi fasilitas kenyamanan interior tetapi juga mendapatkan fasilitas lain seperti akses transportasi menuju bandara, pelayanan restoran indoor atau outdoor, fasilitas olahraga seperti kolam renang, dan juga akses Mempish Tour.

Untuk merasakan tinggal di rumah bernuansa Elvis Presley, pengunjung harus merogoh kocek sebesar U$189 atau setara dengan Rp 2,61 juta (Asumsi kurs dolar Amerika Serikat sebesar Rp 13.856) semalam. Apakah Anda berminat? (Kantri M/Ahm)


Source: liputan6.com
Perumahan Rp 500 Juta di Solo Raya Patut Jadi Buruan

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Solo dan sekitarnya masih menarik minat konsumen maupun investor yang ingin menanamkan modal di sektor perumahan.

Capital gain yang bermain di angka 15 persen per tahun menjadi salah satu daya tariknya. Hal ini didukung oleh harga jual per meter persegi yang relatif rendah jika dibandingkan dengan kota besar lainnya seperti di Semarang atau Jogjakarta.

Kota yang dinilai masih asri dan hijau ini juga memiliki ragam tempat wisata dan pusat perbelanjaan yang semakin lengkap. Tak heran mengapa banyak orang tertarik membidik perumahan di kawasan ini.

Berikut ini lima alasan mengapa perumahan baru dengan harga Rp 500 jutaan beserta keunggulan yang patut Anda miliki di kawasan Solo Raya, yang ditulis Kamis (14/1/2016) dari Rumah.com

Pusat Pendidikan dan Kuliner Lengkap

Tak bisa dihindari, salah satu syarat hunian ideal adalah keberadaan beberapa fasilitas publik. Soloraya dikelilingi oleh beberapa pusat pendidikan yang baik dan pusat kuliner lengkap. Sebagai contoh bisa Anda temukan di perumahan Griya Kuantan Gonilan.

Perumahan ini terletak di jalan Rajawali Raya, dekat dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (1,8 km) dan pondok Pesantren Assalaam (1,2 km).

Karena letaknya dekat dengan jalan Ahmad Yani, tak heran banyak sekali jajanan kuliner yang bisa Anda cicipi. Salah satu yang favorit di area ini adalah Mie Setan dan Street Kitchen. Griya Kuantan Gonilan dibanderol harga jual mulai Rp 500 jutaan sampai Rp 1 miliar.

 

Dekat Bandar Udara Internasional
lingkungan taman di sekitar perumahan Taman Tiara Asri
Keberadaan bandar udara tentu jadi alasan mengapa perumahan baru di Solobaru begitu diminati oleh para pendatang. Mereka yang bekerja di luar kota bisa lebih mudah mengunjungi sanak saudara hanya dalam hitungan jam saja. Salah satunya bisa Anda temukan di perumahan Taman Tiara Asri.

Selain hanya berjarak 5 kilometer dari Bandar udara Adi Soemarmo, perumahan ini juga dekat dengan Luwes Kartosuro (500meter) jika ingin membeli sovenir baju batik khas Solo. Soal harga, Taman Tiara Asri dibanderol harga mulai dari Rp485 jutaan.

 

Harga Relatif Terjangkau

Berbeda dengan perumahan di kota besar lainnya, Soloraya menawarkan harga jual rumah yang relatif lebih rendah. Meski begitu, jangan remehkan soal investasi. Dengan pertumbuhan properti yang pesat, Anda bisa menikmati return of investment dalam beberapa tahun kedepan.

Jika Anda hendak mencari perumahan dengan anggaran terbatas, perumahan subsidi bisa menjadi pilihan contohnya adalah Paloma Citra Nguter. Rumah bersubsidi plus ini terletak di jalan Solo – Wonogiri, sekitar 1,5 km dari pasar Nguter. Cicilan perbulannya dipatok Rp 662.000 per bulan dan bersifat flat sampai dengan 20 tahun. Meski begitu Anda harus memenuhi beberapa persyaratan untuk dapat membeli rumah bersubsidi.

 

Ramai Oleh Pusat Perbelanjaan
The Park di jalan Ir Soekarno
Dalam beberapa tahun terakhir, Solo raya semakin semarak dengan kehadiran beberapa pusat perbelanjaan modern. Perbelanjaan ini juga lengkap dengan ragam tenant berkelas internasional. Hal ini tentu memberikan dampak positif untuk menarik minat masyarakat bertempat tinggal dekat mal.

Beberapa perumahan yang bisa Anda pilih untuk bertempat tinggal ialah Puri Artha Sentosa dan Safira Town House. Sama-sama berada di bilangan jalan Mangesti Raya, Gentan, perumahan ini dibanderol di harga Rp 500jutaan.

Anda bisa menjangkau The Park dan Hartono Mall dalam waktu kurang dari setengah jam. Selain itu jarak menuju Luwes Gentan Park Center juga hanya sekitar 2,6 km. (Isnaini K/Ahm)


Source: liputan6.com
Neraca Perdagangan RI Diramalkan Cetak Surplus

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia diramalkan mencetak surplus neraca perdagangan Desember 2015 dan sepanjang tahun lalu. Sayangnya, capaian tersebut belum dapat dibanggakan karena kinerja ekspor yang terus melemah.

Ekonom DBS Group Research Gundy Cahyadi, memproyeksikan kinerja ekspor pada Desember 2015 terkoreksi dalam hingga 18 persen dibanding bulan sebelumnya. Sedangkan pertumbuhan impor negatif 17,6 persen.

"Jadi neraca perdagangan Desember 2015 diperkirakan US$ 100 juta. Sementara surplus perdagangan sepanjang tahun lalu diperkirakan tercatat US$ 10 miliar dibanding total defisit sebesar US$ 8 miliar di 2012-2014," ujarnya di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Surplus tersebut, kata Gundy, dipicu dari penurunan permintaan impor yang lebih besar daripada pemulihan pertumbuhan ekspor. Kinerja ekspor, diakuinya kian melemah akibat kombinasi faktor eksternal dan internal.

Baca Juga

  • Neraca Perdagangan RI Defisit US$ 346 Juta pada November
  • Ditanya Soal Defisit Perdagangan, 2 Menteri Ini Kompak
  • Harga Minyak Jatuh Bakal Ganggu Neraca Perdagangan RI

Source: liputan6.com
Wall Street Rebound Ditopang Saham Energi

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham Amerika Serikat ditutup naik setelah melemah pada awal sesi Kamis waktu setempat. Rebound Wall Street dipicu oleh naiknya saham-saham energi juga harga minyak yang naik.

Keuntungan di Wall Street berada di seluruh papan, tapi saham energi mengungguli semua orang lain sebagai minyak mentah harga CLG6, + 2,07 persen naik 2,4 persen menjadi US$ 31,20 per barel.

Dilansir dari Marketwatch, Jumat (15/1/2015), The S&P 500 indeks SPX, ditutup naik 31,56 poin, atau 1,7 persen di 1.921.84. The S&P 500 sektor energi melonjak 4,5 persen, sementara semua 10 sektor utama pun naik. Sektor kesehatan dan teknologi naik 2,7 persen dan 2 persen masing-masing.

"Pasar saham telah jatuh banyak selama beberapa minggu dan itu baik terlambat untuk sebuah pantulan. Saham berhasil menahan keuntungan mereka, tetapi pasar masih tetap rapuh, "kata Ryan Larson, kepala perdagangan ekuitas di RBC Global Asset Management.

Dow Jones Industrial Average DJIA naik 227,64 poin, atau 1,4 persen, ke 16.379.05. Sementara itu, Nasdaq Composite COMP, melonjak 88,94 poin, atau 2 persen, ke 4.615.00.

Sebelumnya diprediksi S&P akan jatuh 75 persen dari levelnya yang tinggi akhir-akhir ini, sebuah prediksi yang dilakukan oleh SOciete Generale, bearish global strategist Albert Edwards.

"Panggilan yang dibuat oleh RBS atau SocGen mungkin berlaku. Tapi selalu ada kemungkinan bahwa Fed mungkin datang dan menopang pasar ini dan membuktikan semua salah, "kata Joseph Saluzzi, mitra dan co-kepala perdagangan ekuitas di Themis Perdagangan.

"Dalam jangka pendek, ada masalah besar dengan struktur pasar, seperti kurangnya likuiditas dalam menghadapi aksi jual tajam yang akan memperburuk penarikan apapun," katanya.


Source: liputan6.com
Harga Minyak Naik ke Level US$ 31 per Barel

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak akhirnya naik pada perdagangan Kamis, menutup posisi penurunan tajam sepanjang bulan ini, tetapi kekhawatiran tentang pembengkakan persediaan AS dan peningkatan output Iran membatasi keuntungan harga.

Light, sweet crude ditutup naik 72 sen, atau 2,4 persen, ke US$ 31,20 per barel di New York Mercantile Exchange. Brent, patokan minyak global, naik 72 sen, atau 2,4%, ke US$ 31,03 per barel di ICE Futures Europe.

Sebelumnya pada minggu ini, kedua kontrak itu jatuh di bawah US$ 30 per barel untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade. Harga telah jatuh tajam sejak awal tahun, dengan kedua benchmark masih turun lebih dari 15% saat ini year to date

"Beberapa penjual mengambil keuntungan sedikit," kata Gene McGillian, analis senior di Tradition Energy dilansir dari wall street journal.

Manajer uang, termasuk hedge fund, menambahkan taruhan bahwa harga minyak akan jatuh dalam pekan yang berakhir 5 Januari, menurut Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi. "Pasar rentan terhadap semua penjual ini yang telah melonjak pada bulan lalu menuju pintu keluar dan mengendalikan harga kembali tinggi," kata Mr McGillian.

Meski begitu, kekhawatiran dari melubernya pasokal glibal tetap menjadi perhatian. Persediaan minyak AS dan produk olahan naik cetak rekor pada pekan lalu.

Analis mengatakan, sanksi internasioal terhadap program nuklit Tehran, Iran bisa diangkat segera pada pekan ini. Yang akan membuka jalan bagi peningkatan ekspor minyak Iran, yang akan menambah kelebihan pasokan minyak mentah yang terus-menerus di seluruh dunia. (Zul/Ndw)


Source: liputan6.com
Top 3 Bisnis: Dampak Ledakan di Sarinah Terhadap Ekonomi

Liputan6.com, Jakarta - PT Freeport Indonesia telah menawarkan saham ke pemerintah Indonesia. Saham yang ditawarkan sebesar 10,64 persen dengan nilai US$ 1,7 miliar.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Bambang Gatot mengatakan, Freeport telah melayangkan surat penawaran saham sebesar 10,64 persen sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2014. Penawaran tersebut dilakukan sehari sebelum batas waktu penawaran habis, yang jatuh Kamis (14/1/2016) ini.

"Mereka telah menawarkan sahamnya sesuai dengan kewajiban dalam Peraturan Pemerintah Tahun 2014 dimana mereka harus menawarkan 10,64 persen," kata Bambang.

Berita itu menjadi berita paling dibaca di kanal bisnis Liputan6.com pada Jumat (15/1/2016) pagi. Selain itu ada beberapa berita paling populer lain di pagi ini. Berikut daftarnya seperti dirangkum dalam Top 3 bisnis.


1. Freeport Tawarkan Saham ke Pemerintah Senilai Rp 23 Triliun

PT Freeport Indonesia telah menawarkan saham ke pemerintah Indonesia . Saham yang ditawarkan sebesar 10,64 persen dengan nilai US$ 1,7 miliar.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Bambang Gatot mengatakan, Freeport telah melayangkan surat penawaran saham sebesar 10,64 persen sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2014. Penawaran tersebut dilakukan sehari sebelum batas waktu penawaran habis, yang jatuh Kamis (14/1/2016) ini.

"Mereka telah menawarkan sahamnya sesuai dengan kewajiban dalam Peraturan Pemerintah Tahun 2014 dimana mereka harus menawarkan 10,64 persen," kata Bambang.

Selengkapnya baca di sini

2. Dampak Ledakan di Sarinah Terhadap Ekonomi

Di tengah pelaku pasar keuangan menantikan pengumuman suku bunga acuan/BI Rate pada Kamis 14 Januari 2016, masyarakat Jakarta dikejutkan dengan ledakan yang terjadi di Sarinah, Jakarta Pusat.

Ada enam ledakan yang terjadi di depan Starbucks, dekat pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat. Berdasarkan surat edaran dari Polda Metro Jaya, kejadian ledakan tersebut terjadi pada pukul 10.00 WIB yang berasal dari bom rakitan.

Akibat ledakan itu membuat kondisi Jakarta dinyatakan berstatus siaga I. Status tersebut diberlakukan sejak pukul 11.00 WIB tadi. Kondisi tersebut berlangsung hingga waktu yang belum ditentukan. Hal ini tentu berdampak terhadap kegiatan ekonomi dan pasar keuangan.

Selengkapnya baca di sini

3. Ini Kalung Berlian Penuh Skandal, Harga Dibayar Nyawa

Kalung, gelang, anting-anting, dan berbagai jenis perhiasan lain selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wanita pencintanya. Namun ternayata, perhiasan tak hanya menjadi sumber kesenangan tapi bisa membawa petaka bagi pemiliknya.

Bahkan ratu Prancis yang terakhir, Marie Antoinette harus membayar kalungnya dengan nyawa. Kalung yang tercatat sempat menjadi miliknya itu memang terdiri dari berbagai batu permata dan berlian yang mewah.

Tentu saja, kala itu, kalung itu mampu menarik perhatian Antoinette yang dikabarkan sangat gila akan kemewahan dan gemar berpesta. Sayangnya, kalung itu pula yang menyeretnya pada hukuman mati.

Pada 2007, kalung yang sempat menjadi barang curian itu dikabarkan terjual seharga US$ 3,7 juta atau Rp 51,5 miliar (kurs: Rp 13.912/US$) di suatu acara lelang. Penasaran dengan kisah lengkap dibalik kalung mahal milik kerajaan tersebut?

Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
BI rate Turun, Intervensi Pemerintah?

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) telah menurunkan tingkat suku bunga acuan (BI Rate) sebesar 25 basis poin (Bps) menjadi 7,25 persen. Kebijakan tersebut diambil usai BI dan pemerintah menggelar Rapat Dewan Gubernur (RDG) selama dua hari kemarin (13-14 Desember 2016). Kali ini, pemerintah ikut rapat tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengungkapkan, kebijakan BI memangkas tingkat suku bunga acuan karena mempertimbangkan beberapa faktor indikator makro yang mengalami perbaikan, termasuk melihat kondisi sektor perbankan saat ini.

"Memang situasinya ada pelonggaran, inflasi juga sedang turun. Likuiditas tetap terjaga, kesehatan perbankan baik, sehingga ada ruang untuk melakukan pelonggaran," ujarnya di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Baca Juga

  • BI Rate Dipangkas, IHSG Berpeluang Menguat
  • BI Rate 7,25%, IHSG Melemah 23 Poin
  • BI Rate Turun 25 Basis Poin Jadi 7,25%

Source: liputan6.com
Emas Antam Turun Rp 3.000 Jadi Rp 543.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) tersungkur Rp 3.000 menjadi Rp 543 ribu per gram pada Jumat (15/1/2016). Pada perdagangan sehari sebelumnya, 1 gram emas antam dihargai Rp 546 ribu per gram.

Demikian pula harga pembelian kembali (buyback) emas Antam yang turun cukup besar, yakni Rp 6.000 per gram menjadi Rp 480 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 480 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.22, semua ukuran masih tersedia.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Naik Jadi Rp 546 Ribu per Gram
  • Harga Emas Antam Turun Rp 1.000 per Gram
  • Harga Emas Antam Naik Rp 2.000 per Gram

Source: liputan6.com
Bursa Asia Positif Ikuti Penguatan Wall Street

Liputan6.com, Jakarta Bursa saham Asia melambung pada pembukaan sesi hari Jumat (15/1/2016). Indeks pulih dari kerugian sesi sebelumnya akibat dari kegelisahan pasar global.

Dilansir dari BBC News, Indeks Nikkei 225 Jepang memimpin di area hijau positif, naik 1,5% menjadi 17.494.28 setelah kehilangan sebanyak 4 persen pada hari Kamis.

Kenaikan ini juga tak terlepas dari naiknya harga minyak dunia yang menyentuh level di atsa US$ 31 per barel. Itu mengembalikan kepercayaan investor terutama di sektor energi.

Baca Juga

  • Mengekor Bursa Asia, IHSG Dibuka Melemah
  • Bursa Asia Tumbang Mengikuti Wall Street
  • Ikuti Bursa Asia dan Wall Street, IHSG Dibuka Menguat ke 4.546,34

Source: liputan6.com
Menperin Janji Fasilitasi Perakit TV dari Komponen Bekas

Liputan6.com, Jakarta Perakit televisi, Muhammad Kusrin, pria asal Karanganyar, Jawa Tengah diperkarakan keajaksaan dan seratusan televisi rakitannya dimusnahkan. Menteri Perindustrian Saleh Husin menyatakan pihaknya akan memberikan pendampingan bagi Kusrin, juga bagi perakit barang elektronika lainnya.

Saleh mengungkapkan dirinya mengapresiasi kegigihan dan kerja keras pengusaha kecil yang melakukan perakitan barang elektronik.

"Sosok seperti Pak Kusrin merupakan pribadi kreatif dan memiliki skill. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan melakukan pembinaan pada Pak Kusrin dan pemilik-pemilik usaha serupa untuk mendapat pelatihan dan bahkan mengawal hingga mendapat sertifikat SNI," ujarnya di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Baca Juga

  • Menperin Minta Jepang Buka Lebar Impor Barang dari RI
  • Menperin Minta Penurunan Bunga Bank Bagi Industri
  • Apa Demo Buruh Ganggu Industri? Ini Kata Saleh Husin

Source: liputan6.com
Ledakan di Thamrin Tak Berpengaruh, IHSG Menguat ke 4.532,68

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau pada perdagangan Jumat pekan ini. Penguatan IHSG melanjutkan penguatan yang terjadi pada perdagangan sehari sebelumnya.

Pada prapembukaan perdagangan saham, Jumat (15/1/2016), IHSG naik 5,80 poin atau 0,13 persen ke level 4.518,98. Indeks saham LQ45 juga menguat 0,21 persen ke level 788,06.

Penguatan indeks tersebut berlanjut pada pembukaan perdagangan pukul 09.00 WIB. IHSG naik 18,20 poin atau 0,40 persen ke 4.532,68. Indeks LQ45 ikut naik 0,50 persen ke level 790,78. Seluruh indeks acuan berada di zona positif pada pembukaan perdagangan hari ini.

Ada 82 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Sementara 13 saham melemah dan 35 saham lainnya diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 4.404 kali dengan volume perdagangan saham 71,6 juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 127,7 miliar. Di awal sesi, IHSG sempat berada di level tertinggi 4.518,98 dan terendah 4.540,16.

Baca Juga

  • IHSG Berpeluang Naik, Amati Lima Saham Pilihan
  • BI Rate Dipangkas, IHSG Berpeluang Menguat
  • Teror Bom Bikin IHSG Jatuh 77 Poin

Source: liputan6.com
Dana Dekonsentrasi Buat Perumahan Kembali Diusulkan

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah diminta untuk menyiapkan dan menyalurkan kembali dana dekonsentrasi sektor perumahan untuk memperkuat peran pemerintah daerah terutama kabupaten dan kota dalam penyelenggaraan pembangunan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. 

Hal tersebut dikatakan Ketua The Housing and Urban Development (HUD) Institute, Zulfi Syarif Koto, kepada Liputan6.com, Jumat (15/1/2016). Zulfi menjelaskan, dana konsentrasi khusus perumahan ini pernah diberlakukan pada 2010 di masa Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa, namun dihentikan oleh menteri penerusnya, Djan Faridz.

Dana dekonsentrasi ini bersumber dari APBN yang disalurkan ke setiap provinsi untuk kegiatan koordinasi, pembinaan, dan pengendalian penyelenggaraan perumahan. Landasan hukumnya adalah Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Pasal 2 Ayat (4) yang menetapkan urusan pemerintah provinsi terdiri atas 31 urusan, salah satunya sektor perumahan rakyat.

"Jadi dana dekonsentrasi ini ada landasan hukumnya. Kami berharap ini bisa disalurkan kembali dengan tujuan meningkatkan peran dan kepedulian daerah mengurusi sektor perumahan rakyat sesuai amanah undang-undang," ungkap Zulfi.

Baca Juga

  • Pemerintah Klaim Bisa Bangun 800 Ribu Unit Rumah Sepanjang 2015
  • Gaji Rp 4 Juta Bisa Punya Rumah? Ini Caranya
  • 1.800 Rumah untuk Pekerja Dibangun di Cikarang

Source: liputan6.com
Ini Cara Pemerintah Alirkan Listrik di Indonesia Timur

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus akan mendorong para investor untuk mau berinvestasi ke sektor energi khususnya untuk percepatan penyaluran listrik di wilayah Indonesia Timur.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan, pembangunan jaringan listrik di Indonesia Timur penuh tantangan. Pasalnya, kondisi geografis di wilayah timur sangat beragam "Susah dijangkau. Secara individu saja susah apalagi bawa peralatan," jelas Rida,di Jakarta,Jumat (15/1/2016).

Baca Juga

  • Cara Pemerintah Atasi Harga BBM Mahal di Indonesia Timur
  • 2.519 Desa di Indonesia Timur Akan Nikmati Listrik di 2016
  • Pengusaha Dorong BEI Perbanyak Perwakilan di Indonesia Timur

Source: liputan6.com
Langkah Menteri Susi Atasi Pertumbuhan Masyarakat RI yang Pendek

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti menegaskan, pemanfaatan sektor perikanan mesti memprioritaskan konsep keberlanjutan perikanan.

Susi mengatakan, dengan konsep berkelanjutan maka anak cucu masyarakat Indonesia bisa menikmati hasil ikan dari perikanan dalam negeri.

Susi menerangkan, ikan mengandung protein tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan. Sayangnya, karena tak terkelola dengan baik anak cucu Indonesia tak mendapat ikan. Alhasil, anak Indonesia kini relatif pendek.

Baca Juga

  • Ini Cara Agar Sektor Perikanan RI Tahan Gempuran Pasar Bebas
  • Genjot Pajak Sektor Kelautan, Kemenkeu dan KKP Kolaborasi
  • BPS Ingin Konsumsi Ikan Bisa Geser Daging Sapi

Source: liputan6.com
Total Turunkan Harga, Bagaimana Pertamina dan Shell?

Liputan6.com, Jakarta - Tiga perusahaan penjual Bahan Bakar Minyak (BBM) bersaing dalam penetapan harga pada pertengahan Januari 2015 ini. Ada yang menurunkan namun ada juga yang memilih untuk mempertahankan.

Pantauan Liputan 6.com pada Stasiun Pengisan Bahan BakarUmum (SPBU) PT Pertamina (Persero) 34-12510 Jalan TB Simatupang, Jakarta, Jumat (15/1/2015), harga produk BBM Pertamina tidak mengalami perubahan sejak penurunan yang dilakukan pada harga 5 Januari 2016 lalu.

Baca Juga

  • Pertamina Turunkan Harga BBM, Bagaimana Shell dan Total?
  • Harga BBM Pertamina, Total dan Shell di Hari Pertama 2016
  • Pertamina, Shell dan Total Kompak Banting Harga BBM, Cek di Sini!

Source: liputan6.com
Surplus US$ 7,5 Miliar pada 2015, IHSG Naik 16 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau pada penutupan sesi pertama perdagangan saham Jumat pekan ini.

Pada penutupan perdagangan saham sesi pertama Jumat (15/1/2016), IHSG naik 16,59 poin atau 0,39 persen ke level 4.529,78. Indeks saham LQ45 menguat 0,16 persen ke level 787,64. Sebagian besar indeks saham acuan menguat selama sesi pertama.

Ada sebanyak 142 saham menguat sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. Sedangkan 96 saham melemah dan 62 saham lainnya diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 89.925 kali dengan volume perdagangan 2,1 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 2,2 triliun.

Baca Juga

  • Impor Bengkak, Neraca Perdagangan RI Defisit US$ 235,8 Juta
  • Ledakan di Thamrin Tak Berpengaruh, IHSG Menguat ke 4.532,68
  • BI Rate Dipangkas, IHSG Berpeluang Menguat

Source: liputan6.com
Selain Pintar, Ini 4 Tipe Pegawai Paling Dicari Perusahaan

Liputan6.com, Jakarta - Mencari pekerjaan di era saat ini memiliki tantangan tersendiri. Pintar atau lulusan dari universitas ternama saja ternyata tak cukup untuk jadi modal memiliki karier yang sukses, atau mendapat pekerjaan impian.

Ada beberapa karakteristik penunjang dari diri pelamar kerja yang dilihat pihak perusahaan. Meskipun Anda sudah mendapat pekerjaan, sikap-sikap di bawah ini juga perlu dimiliki untuk perkembangan karir.

Inilah lima karakteristik sikap penunjang karir, seperti dikutip dari BBC, Jumat (15/1/2016):

1. Penuh Rasa Ingin Tahu

Orang yang memiliki rasa penasaran yang tinggi (bukan terhadap gosip atau konflik kantor) ternyata disukai para pencari karyawan. Pelamar dengan karakteristik seperti ini dianggap akan lebih bisa mengeksplor pekerjaannya setelah nanti ia diterima di perusahaan.

Inovasi-inovasi baru yang selalu dibutuhkan agar perusahaan berkembang tidak akan tercipta jika tidak dimulai dengan rasa penasaran. Bagi Anda yang sudah bekerja, usahakan untuk selalu menggali terus bidang yang akan digeluti agar karir meningkat juga tak cepat bosan.

2. Kecerdasan Emosional

Selain kecerdasan intelektual, bijaksana dalam mengatur emosi juga dibutuhkan. Tak heran, jika hampir semua perusahaan besar menguji pula kondisi emosi seseorang melalui tes tertentu. Jika seseorang hanya pintar namun kurang bisa mengendalikan emosi diri atau mengenali emosi orang lain, orang tersebut dianggap akan sulit diajak bekerjasama.


Source: liputan6.com
Teror Bom Tak Pengaruhi Aktivitas Perdagangan dan Pariwisata

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, serangan bom di kawasan Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat diyakini tak akan menggangu aktivitas ekonomi Indonesia, seperti kegiatan perdagangan dan pariwisata.

Pemerintah mengapresiasi langkah penanganan teror bom sehingga korban yang berjatuhan lebih sedikit dibanding negara lain.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, ‎Sasmito Hadi Wibowo usai Konferensi Pers Neraca Perdagangan mengungkapkan, dampak ledakan bom tidak akan berpengaruh besar terhadap perdagangan Indonesia dengan negara lain. Dampak yang akan timbul, diakuinya hanya akan bersifat sementara.

"Diharapkan bom Thamrin tidak akan mengganggu perdagangan, jangan khawatir lah. Karena perjanjian dagang kan bukan cuma sesaat tapi ada prosesnya. Trennya paling sementara kalaupun ada gangguan, misalnya di Februari. Tapi kan Februari, bulaan pendek (jumlah hari sedikit), jadi kalaupun rendah (nilai perdagangan) bukan berarti karena bom Thamrin," ujar dia di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Baca Juga

  • BKPM: Investor Jepang Tak Khawatir Ledakan di Sarinah
  • Ledakan di Thamrin Tak Berpengaruh, IHSG Menguat ke 4.532,68
  • Dampak Ledakan di Sarinah Terhadap Ekonomi

Source: liputan6.com
Pasca Teror di Thamrin, Pusat Perbelanjaan Sarinah Kembali Normal

Liputan6.com, Jakarta - Pusat perbelanjaan Sarinah yang berada di Jalan Thamrin‎, Jakarta Pusat, kembali buka seperti biasa pada Jumat (15/1/2016). Kemarin, di depan gedung tersebut terdapat aksi peledakan yang dilakukan oleh sekelompok teroris.

Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Ira‎ Puspa Dewi mengungkapkan, semua toko dan gerai yang berada di pusat perbelanjaan di Jakarta tersebut juga sudah buka.

"Sudah buka semua, toko-toko sudah buka, kantor-kantor yang ada di tempat kami juga sudah beroperasi seperti biasa lagi," kata Ira kepada Liputan6.com, Jumat (15/1/2016).

Baca Juga

  • Bos Sarinah: Bom Bukan di Dalam Sarinah
  • Begini Cara Polisi Jinakkan Bom Sarinah
  • Lokasi Bom Sarinah Jadi Ajang Selfie Warga Jakarta

Source: liputan6.com
Cerita Menteri Susi Saat Dapat Pesta Kejutan Ulang Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini menjadi hari yang spesial Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti. Pasalnya, hari ini dia meresmikan Gedung Mina Bahari (GMB) IV yang merupakan gedung baru KKP. Tak sekadar itu, Susi juga berulang tahun ke-51 pada Jumat (15/1/2015).

Mulanya,‎ Susi meresmikan gedung halaman GMB IV. Setelah peresmian, Susi meninjau isi gedung tersebut.

Paling awal, Susi meninjau Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang terletak di lantai dasar. Susi menjajal layanan kecepatan PTSP tersebut.

Kemudian, dia berlanjut ke lantai 12 yang merupakan ruang kerja Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDP).

Baca Juga

  • Menteri Susi Gemas Banyak Pengusaha Asing Curi Mutiara RI
  • Menteri Susi Minta Ekspor Mutiara Kena Pajak, Ini Kata Menkeu
  • ABK Larikan Kapal, Menteri Susi Bakal Layangkan Surat ke China

Source: liputan6.com
Kendaraan Garuda Indonesia Berbahan Bakar Pertamina Vi-Gas

Liputan6.com, Jakarta - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, bersama dengan PT Pertamina (Persero) bersinergi dengan pemanfaatan Liqufied Gas for Vehicle (LGV) Pertamina Vi-Gas untuk kendaraan operasional crew Garuda Indonesia di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.

Peresmian pengoperasian kendaraan air crew Garuda Indonesia yang menggunakan bahan bakar Pertamina Vi-Gas tersebut dilaksanakan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo, Direkrtur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan disaksikan oleh Menteri BUMN RI Rini Soemarno, di Jakarta.

‎Direktur Utama Garuda Indonesia, Arif Wibowo mengungkapkan, penggunaan V-Gas ini akan dilakukan langsung oleh anak usaha Garuda Indonesia yaitu Aero Trans.

"2016 ini ada pasar bebas tingkat regional, sehingga sinergi ini sangat diharapkan akan jadi strategi efektif bagi perusahaan, terlebih bagi BUMN sebagai penopang ekonomi," kata Arif di Kantor Garuda Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Baca Juga

  • Ke Depan Kereta dan Kapal Laut akan Pakai Bahan Bakar Gas
  • Harga BBG Murah Bikin Pihak Swasta Ogah Bangun SPBG
  • Pertamina Bakal Terapkan Harga BBG seperti Pertamax Cs

Source: liputan6.com
Beli Saham Freeport, Pemerintah Jangan Sampai Terjebak

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah diingatkan untuk berhati-hati saat memutuskan membeli saham PT Freeport Indonesia. Ini agar pemerintah tidak terjebak dengan harga yang ditawarkan perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut.

Pengamat Mineral dan Batubara Simon Sembiring menilai jebakan yang dimaksud jika pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) setuju membeli 10,64 persen saham Freeport seharga US$ 1,7 miliar atau Rp 2,3 triliun.

"Kalau pemerintah atau BUMN sekarang beli itu (saham dengan harga yang diminta) terjebak," kata Simon, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Punya Waktu 60 Hari untuk Beli Saham Freeport
  • Pemerintah Bentuk Tim untuk Evaluasi Harga Saham Freeport
  • Freeport Tawarkan Saham ke Pemerintah Senilai Rp 23 Triliun

Source: liputan6.com
BI Rate Turun, Rupiah Menguat ke 13.866 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Sentimen suku bunga acuan atau BI Rate turun menjadi 7,25 persen dari posisi 7,5 persen memberikan sentimen positif untuk nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Mengutip Bloomberg, Jumat (15/1/2016), rupiah dibuka menguat 41 poin ke level 13.866 dari penutupan perdagangan Kamis 14 Januari 2016 di level 13.907 per dolar Amerika Serikat (AS).

Dolar AS sempat menguat ke level Rp 13.909 pada pukul 11.30. Rupiah berada di kisaran 13.866-13.909 per dolar AS.

Sementara itu, Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah melemah tipis 9 poin ke level 13.886 per dolar AS pada 15 Januari 2016 dari posisi 13.877 per dolar pada 14 Januari 2016.

Ekonom Bank Permata Joshua Pardede menuturkan pergerakan rupiah didorong berbagai sentimen. Akan tetapi, Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan/BI Rate mendominasi laju rupiah pada hari ini.

Baca Juga

  • BI Rate Turun Jadi 7,25% Beri Tenaga ke IHSG dan Rupiah
  • Rupiah Mampu Bertahan di 13.895 per Dolar AS
  • Ini Penyebab Rupiah Terombang-ambing

Source: liputan6.com
Teror Jakarta Tak Pengaruhi Minat Investasi China

Liputan6.com, Jakarta - Jalan MH Thamrin, lebih tepatnya di kantor polisi di depan pusat perbelanjaan Sarinah, kemarin menjadi pusat perhatian. Aksi pengeboman dan ‎baku tembak itu bahkan disorot dunia internasional.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengungkapkan, meski ada kejadian itu minat investasi negara lain ke Indonesia tetap tinggi, salah satunya China.

Dalam pertemuan dengan beberapa calon investor potensial di Shanghai, China, para investor mengemukakan secara umum keamanan di Indonesia masih terkendali. Terlebih investasi yang dilakukan oleh investor China tidak terpusat di Jakarta.

"Para investor juga melihat kesigapan aparatur pemerintah, baik kepolisian maupun aparat keamanan lainnya dalam menangani peristiwa yang terjadi di Jakarta tersebut. Para investor merespons positif statement dan langkah cepat yang diambil oleh Presiden," tegas Franky, Jumat (15/1/2016).

Baca Juga

  • Perusahaan Cabut dari Batam Karena Demo, Ini Kata Kepala BKPM
  • BKPM Potong Proses Izin Investasi dari 23 Hari Jadi Hanya 3 Jam
  • Kirim Mata-mata, JK Pastikan Urus Izin di BKPM Hanya 3 Jam

Source: liputan6.com
Kampanye Negatif Disebut Jadi Penyebab PHK di Industri Rokok

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha industri hasil tembakau mengatakan langkah pemutusan hubungan kerja (PHK) yang melanda industri ini bukan karena melesunya sektor industri ini. Menurut pengusaha, ini imbas dari banyaknya kampanye negatif soal rokok.

Menurut Ketua Umum Gabungan Perserikatan Rokok Indonesia (Gappri) Ismanu Sumiran, tudingan terjadinya PHK semata karena industri melesu adalah cara pandang keliru.

Dikatakan, justru dalam 10 tahun terakhir PHK makin membesar akibat kampanye negatif kelompok antitembakau dari lembaga lain. "Seperti Yayasan Lembaga Konsume Indonesia (YLKI), Komnas Perlindungan Tembakau, dan diikuti pemerintah dengan program `diversifikasi tanaman tembakau`," kata dia di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Industri juga membantah tudingan potensi kapitalisasi yang ditujukan terhadap pelaku industri hasil tembakau (IHT).

Kelompok antitembakau menuding Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 63/M-IND/PER/8/2015 tentang Peta Jalan (Roadmap) Produksi Industri Hasil Tembakau (IHT) Tahun 2015-2020 tak memperhatikan sektor kesehatan.

Dia menegaskan, dengan kontribusi IHT melalui pungutan cukai dan pajak yang sudah mencapai 65 persen masuk ke kas negara, IHT diklaim sebagai BUMN yang dikelola swasta.

"Karena itu, yang benar sesungguhnya IHT bersama pemerintah bersinergi membangun potensi," tegas Ismanu.

Baca Juga

  • Beban Industri Hasil Tembakau Semakin Berat
  • Pengesahan APBN 2016 Bebani Industri Tembakau
  • Regulasi Tekan Industri Hasil Tembakau

Source: liputan6.com
Tengok Berlian Termahal di Dunia, Harganya Rp 337 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Kilau berlian selalu mampu membuat para penggemar perhiasan terkagum-kagum hingga tak ragu mengeluarkan kocek dalam jumlah fantastis untuk memilikinya.

Tak heran, pada 2008, Laurence Graff mengeluarkan uang dalam jumlah sangat tinggi yaitu US$ 24,3 juta atau Rp 337,9 miliar (kurs: Rp 13.907/US$) dan menjadikan berlian itu sebagai yang termahal di dunia.

Perhiasan itu merupakan berlian yang berasal dari Kerajaan India Golkonda. Raja Philip IV dari Spanyol lantas membeli berlian tersebut pada 1664 untuk puterinya yang masih remaja, Margaret Teresa.

Setelah turun temurun menjadi milik kerajaan Spanyol, berlian itu sempat menghilang selama 70 tahun hingga akhirnya ditemukan kembali dan mencengangkan dunia. Berlian Wittelsbach yang asli memiliki kejernihan tipe VS2 seberat 7,112 gram, serta dikenal dengan sebutan Der Blaue Wittelbacher.

Kini berat berlian biru itu hanya sekitar 6,212 setelah mengalami beberapa perbaikan. Berlian itu juga pernah menjadi bagian utama mahkota kerajaan Bavaria dan Austria.

Penasaran seperti apa penampakan berlian termahal di dunia tersebut? Berikut ulasan singkatnya seperti dilansir dari A Lux, situs resmi Wittelsbach-Graff Diamond, Daily Mail dan sejumlah sumber lain, Jumat (15/1/2015):


Source: liputan6.com
Menengok Kantor Bahtera Menteri Susi

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti baru saja meresmikan kantor barunya yakni Gedung Mina Bahari (GMB) IV pada hari ini. Kantor baru tersebut, berbeda dengan kantor-kantor lainnya karena memiliki banyak kelebihan.

Sekretaris Jenderal KKP Syarif Hidayat menerangkan, gedung tersebut dibangun sejak 2013. Ged‎ung itu berdiri di atas lahan 5.663 meter persegi.

"Pembangunan gedung ini dibiayai oleh dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan tinggi 16 lantai. Kontraktor pembangunan adalah PT Hutama Karya (Persero)," kata dia, di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Dia menerangkan, konsep yang diangkat ialah Bahtera Layar Terkembang Berlayar di Atas Samudera. Hal ini membuat gedung GMB IV menyerupai sebuah bahtera.

Syarif mengatakan, ‎GMB IV didesain dengan konsep ramah lingkungan (green bulding). Di mana, gedung itu menggunakan pencahayaan yang hemat energi. Lalu sirkulasi air tertutup sehingga air yang keluar dapat dimanfaatkan kembali.

"Untuk menjamin keselamatan pengguna GMB IV kami telah melakukan proses sertifikasi sehingga kita mendapat Sertifikat Layak Fungsi atau SLF dari Pemprov DKI Jakarta," ujar Syarif.

Syarif mengatakan, kantor ini akan diisi oleh beberapa unit di bawah Menteri Susi seperti Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) dan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. Di dalamnya juga terdapat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

"Kemudian ada galeri, ruang pameran produk kelautan dan perikanan dan taman anak sejahtera. Kita juga ada kafetaria dan fasilitas pertemuan, rapat, dan sebagainya. Di samping kantor untuk kantor Ibu Menteri dan seluruh kantor eselon I terkait," kata dia.

Saat ditanya apakah bakal menempati kantor itu, dengan santai dia menjawab tergantung suasana.‎ "Saya kantornya di mana-mana, tergantung mood," ujar Susi. (Amd/Ahm)


Source: liputan6.com
Tolak Impor Gula, Petani Tebu Surati Jokowi

Liputan6.com, Jakarta Petani tebu rakyat menolak rencana impor gula kristal putih (GKP) yang digulirkan pemerintah. Para petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) melayangkan surat ke Presiden Joko Widodo terkait penolakan impor ini.

Ketua Umum APTRI Soemitro Samadikoen dalam surat tersebut mengatakan, saat ini petani tengah berupaya meningkatkan produktivitas tebu. Di sisi lain, kalangan petani ini kaget kala mendapat kabar rencana pemerintah mengimpor GKP sebanyak 200 ribu ton.

"Kebijakan tersebut menyebabkan menurunnya gairah petani dalam peningkatan produksi tebu yang pada akhirnya akan berdampak pada tidak tercapainya target produksi gula nasional," tutur Soemitro dalam surat tersebut yag dikutip Liputan6.com, Jumat (15/1/2015).

Baca Juga

  • Petani Tebu Tolak Rencana Impor Gula
  • Harga Gula Internasional Diprediksi Stagnan
  • RI Terancam Kekurangan Stok Gula

Source: liputan6.com
Tingkat Optimisme Orang Indonesia Tertinggi ke-2 di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Banyaknya peristiwa yang terjadi di seluruh penjuru dunia seringkali menarik atensi yang begitu besar dari masyarakat. Tidak jarang, hal tersebut pun dapat mempengaruhi optimisme masyarakat terhadap kondisi dunia saat ini.

Penelitian yang dilakukan oleh YouGov mengungkap bahwa China merupakan negara dengan penduduk paling optimistis. Seperti yang dilansir dari laman yougov.co.uk, Jumat (15/1/2016), 41 persen pengguna Internet di China mengaku bahwa mereka optimistis melihat dunia berkembang menjadi lebih baik. Sementara di posisi kedua ditempati Indonesia dengan presentase 23 persen.

Survei yang dilakukan kepada 18.000 orang tersebut mengungkap bahwa presentase keoptimisan warga China 10 persen lebih tinggi dibandingkan 16 negara lainnya.

Survei lanjutan yang dilakukan oleh Yougov mengungkap bahwa tingkat optimisme ini dapat berdampak pada tingkat kebahagiaan, pendidikan dan kesejahteraan seseorang.

Sementara itu, negara yang menempati posisi terendah adalah Prancis. Sekitar 81 persen warga negaranya mengaku bahwa mereka melihat perkembangan dunia justru semakin buruk. Hanya 3 persen yang mengaku optimistis melihat perkembangan dunia.

Australia juga menempati posisi bawah dengan presentase 70 persen warganya pesimistis bahwa kondisi dunia dapat menjadi lebih baik.

Berikut adalah peringkat hasil penelitian dari yougov terhadap tingkat optimisme warga negaranya:

1. China
2. Indonesia
3. Arab Saudi
4. Uni Emirat Arab
5. Denmark
6. Norwegia
7. Jerman
8. Swedia
9. Thailand
10. Singapura
11. Finlandia
12. Amerika Serikat
13. Inggris
14. Malaysia
15. Hong Kong
16. Australia
17. Prancis

(Vna/Ndw)


Source: liputan6.com
Pengusaha: Mal Sudah Kembali Normal

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menegaskan bahwa operasional mal-mal di Jakarta sudah kembali normal per Jumat (15/1/2016) ini pasca serangan bom di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat. Namun memang, Pengelola mal memperketat dan meningkatkan keamanan.

Ketua ‎Umum DPP APPBI‎, Handaka Santosa mengungkapkan, dari 76 mal di Jakarta, hanya mal yang berada di sekitaran lokasi pemboman saja yang tutup‎ akibat tragedi serangan bom kemarin (14/1/2016), seperti Plaza Sarinah karena masyarakat takut bepergian.

"Mal atau pusat perbelanjaan yang lain masih beroperasi seperti biasa. Manajemen mal paling hanya menutup pintu utama, karena tidak mau sembarang orang menyusup masuk membawa benda berbahaya. Tapi pengunjung masih bisa datang, belanja," katanya saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Lanjut Handaka, dengan langkah penanganan cepat dari pemerintah, aparat keamanan serta kampanye anti teroris yang marak di sosial media, kondisi ini akan pulih dalam waktu satu sampai dua hari. "Saya yakin satu sampai dua hari ini akan pulih karena hari ini saja sudah kembali normal aktivitas di mal. Jadi tidak pelu khawatir, saya lewat di kawasan Thamrin tadi pagi saja sudah seperti biasa," ucapnya.

Baca Juga

  • Efek Ledakan Bom Sarinah, 4 Mal Tutup Sementara
  • Pasca-Teror Jakarta, Pengamanan Kantor dan Mal 2 Kali Lipat
  • Ledakan Bom Sarinah Bikin Orang Takut ke Mal

Source: liputan6.com
Miliarder China Beli Perusahaan Film Hollywood Rp 48,5 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Dengan harta yang berlimpah, Anda tampaknya bisa memenuhi seluruh keinginan pribadi. Seperti halnya miliarder terkaya di China, Wang Jianlin yang begitu menggebu menjadi orang China pertama yang mengendalikan perusahaan film Hollywood.

Melansir laman Financial Post, Jumat (15/1/2015), tanpa ragu ia sepakat membeli perusahaan produsen film Godzilla itu senilai US$ 3,5 miliar atau Rp 48,5 triliun (kurs: 13.853/US$) dalam bentuk uang tunai.

Pembelian perusahaan film Legendary Entertainment yang berpusat di California ini juga sekaligus menandai akuisisi lintas negara yang terbesar di China. Selain itu, pembelian tersebut juga membuka jalan untuk menciptakan perusahaan film terbesar di dunia berdasarkan pendapatan per tahun.

Baca Juga

  • Mau Sukses dan Kaya Seperti Warren Buffet, Jalankan Hobi Ini
  • Kisah Orang Terkaya Paling Dermawan Sepanjang Sejarah
  • Orang Terkaya Ini Sumbangkan Seluruh Hartanya

Source: liputan6.com
Keputusan Pembelian Saham Freeport di Tangan Menteri Keuangan

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan akhir pembelian saham PT Freeport Indonesia berada di tangan Menteri Keuangan selaku bendahara negara.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Gatot mengaku instansinya hanya bertindak sebagai penentu kelayakan harga yang melibatkan kementerian lain terkait proses kepemilikan saham Freeport.
Source: liputan6.com
Buruh Khawatir Teror Jakarta Ganggu Kegiatan Bisnis

Liputan6.com, Jakarta - Insiden ledakan bom di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat yang terjadi pada Kamis 14 Januari 2016 kemarin dinilai akan memberikan dampak negatif bagi ekonomi Indonesia yang tengah didorong pertumbuhannya pada tahun ini.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, insiden ini berdampak besar bagi sektor usaha dan perekonomian Indonesia karena terjadi di ibu kota negara dan pusat pemerintahan.

"Walaupun jumlah korban dan daya ledaknya tidak sebesar bom Paris tapi bom ini akan berdampak kepada dunia usaha, pencapaian pertumbuhan ekonomi akan meleset, dan semakin melemahnya rupiah terhadap dolar," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Baca Juga

  • Teror Jakarta Tak Pengaruhi Minat Investasi China
  • Teror Bom Tak Pengaruhi Aktivitas Perdagangan dan Pariwisata
  • Pasca Teror di Thamrin, Pusat Perbelanjaan Sarinah Kembali Normal

Source: liputan6.com
Pemerintah Tanggung Asuransi 1 Juta Nelayan Tanah Air

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengalokasikan dana kurang lebih Rp 250 miliar yang akan dipergunakan untuk memberikan perlindungan asuransi jiwa kepada nelayan pada tahun ini. Alokasi dana tersebut diperkirakan bisa memberikan perlindungan kepada 1 juta nelayan di Tanah Air.

Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP), Susi Pudjiastuti mengatakan, asuransi jiwa sangat diperlukan bagi nelayan karena profesi tersebut memiliki risiko yang tinggi. Oleh karena itu, pemerintah berinisiatif untuk memberikan asuransi kepada para nelayan untuk melindungi para keluarganya. 

"Kalau ada risiko mereka punya perlindungan. Kalau mereka meninggal anak-anaknya ditinggali cukup dari sekolah, asuransi jiwa, kecelakaan, personal accident," katanya di Jakarta, Jumat (15/1/2016). Susi melanjutkan, asuransi tersebut murni diberikan kepada para nelayan dan bukan kepada para anak buah kapal.

Dalam memberikan asuransi ini, para nelayan tak perlu membayar premi bulanan maupun tahunan. Alasannya, premi tersebut semuanya telah ditalangi oleh pemerintah dengan dana kurang lebih Rp 250 miliar tersebut.

Baca Juga

  • 70 Ribu Kelompok Tani Bakal Terlindungi Asuransi Pertanian
  • 4 Asuransi yang Harus Dimiliki Karyawan
  • Peran Asuransi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Masih Rendah

Source: liputan6.com
Harga Saham Freeport Terlalu Mahal

Liputan6.com, Jakarta - Harga saham yang ditawarkan oleh PT Freeport Indonesia ‎kepada pemerintah senilai US$ 1,7 miliar untuk 10,64 persen saham dinilai terlalu mahal. Harga tersebut dinilai tidak sesuai dengan kinerja fundamental perusahaan. 

Direktur Center for Indonesian Resources Strategic (CIRUS), Budi Santoso‎ mengatakan, Freeport menawarkan harga US$ 1,7 miliar untuk 10,64 persen saham. Menurutnya, harga tersebut terlalu mahal jika dibandingkan dengan kinerja keuangan yang telah ditorehkan oleh Freeport dalam beberapa tahun terakhir.

Dari hitungan Budi, jika laba bersih Freeport dalam 5 tahun ke depan sama dengan laba bersih yang dibukukan pada 2014 yang tercatat US$ 500 juta, maka total laba tersebut mencapai US$ 2,5 miliar. Sedangkan jika didasarkan dengan hitungan laba bersih pada 2013 yang tercatat US$ 784 juta maka akumulasi laba bersih tersusahaan dalam lima tahun ke depan hanya US$ 3,92 miliar.

Jika ditambah dengan aset yang dimiliki leh Freeport yang sebesar US$ 9,1 miliar, maka valuasi dari saham freeport di kisaran US$ 13 miliar saja. Sedangkan dalam hitungan Freeport, valuasi untuk seluruh saham yang mereka miliki di kisaran US$ 16,2 miliar.

"Jadi nilai freeport yang US$ 16,2 miliar itu terlalu besar. Hal tersebut perlu menjadi pertimbangan pemerintah," kata Budi, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Baca Juga

  • Beli Saham Freeport, Pemerintah Jangan Sampai Terjebak
  • Pemerintah Punya Waktu 60 Hari untuk Beli Saham Freeport
  • Pemerintah Bentuk Tim untuk Evaluasi Harga Saham Freeport

Source: liputan6.com
Bursa Asia Sentuh Level Terendah dalam 3,5 Tahun

Liputan6.com, Singapura - Bursa saham Asia merosot ke level terendah dalam 3,5 tahun pada Jumat pekan ini setelah sempat menguat di awal sesi. Harga minyak dan data ekonomi China mengecewakan mempengaruhi laju bursa saham Asia lantaran dampaknya terhadap ekonomi global.

Indeks saham MSCI dari Asia Pacifik di luar Jepang turun 0,7 persen ke level terendah sejak Juni 2012. Pada pekan ini, indeks saham acuan tersebut sudah susut 3,2 persen.

Indeks saham Jepang Nikkei melemah 0,5 persen. Hal itu memperpanjang penurunan indeks saham itu pada pekan ini menjadi 3,1 persen.

Baca Juga

  • Bursa Asia Positif Ikuti Penguatan Wall Street
  • Wall Street Rebound Ditopang Saham Energi
  • Harga Minyak Naik ke Level US$ 31 per Barel

Source: liputan6.com
Efek BI Rate Turun Berlanjut, IHSG Naik 10 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu bergerak di zona hijau usai kejadian teror Jakarta pada perdagangan saham Jumat pekan ini. Gerak IHSG tersebut bahkan berlawanan dengan bursa saham Asia cenderung tertekan.

Pada penutupan perdagangan saham, Jumat (15/1/2016), IHSG menguat 10,79 poin atau 0,24 persen ke level 4.523,97. Indeks saham LQ45 melemah 0,28 persen ke level 784,21. Sebagian besar indeks saham  acuan cenderung melemah.

Ada sebanyak 129 saham menguat sehingga mendorong penguatan IHSG. Akan tetapi, 141 saham melemah sehingga membuat penguatan IHSG jadi terbatas. IHSG pun sempat berada di level tertinggi 4.542,10 dan terendah 4.516,12.

Baca Juga

  • Bursa Asia Positif Ikuti Penguatan Wall Street
  • Wall Street Rebound Ditopang Saham Energi
  • Harga Minyak Naik ke Level US$ 31 per Barel

Source: liputan6.com
Kemenhub Siap Bangun 15 Bandara Baru di 2016

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun dan mengembangkan bandara baru di 15 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun ini. Selain pembangunan bandara baru, Kementerian Perhubungan juga akan memperpanjang landasan pacu (runway) di 27 lokasi dan merehabilitasi terminal penumpang bandara di 13 lokasi.

Pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi udara ini banyak dilakukan di wilayah terluar dan perbatasan Indonesia, seperti Kepulauan Anambas (Provinsi Kepulauan Riau) ataupun Pulau Miangas (Provinsi Sulawesi Utara) yang terletak di perbatasan Indonesia - Filipina.

"Daerah timur Indonesia, seperti Maluku dan Papua pun tak luput menjadi sasaran pembangunan," kata Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan, JA Barata, Jumat (15/1/2016).

Baca Juga

  • Bandara Kertajati Bakal Punya Runway Ukuran Internasional
  • Molor dari Target, Bandara Kertajati Rampung 2017
  • China Gelontorkan Rp 162 Triliun untuk Bangun Bandara Baru

Source: liputan6.com
Bom Termahal di Dunia, Pembuatannya Telan Dana Rp 152 triliun

Liputan6.com, Jakarta - Insinyur asal Amerika Serikat (AS) telah mencurahkan energi serta fokus mereka dalam beberapa bulan ke belakang untuk mendesain dan menguji B61-21, sebuah bom atom yang dibangun di sebuah laboratorium senjata di Albuquerque, New Mexico.

Melansir halaman motherjones.com, Jumat (15/1/2016), bom ini didesain dengan teknologi sangat canggih yang memungkinkan senjata pemusnah masal ini mampu untuk melumpuhkan targetnya dengan sangat tepat.

Bom yang dibuat dengan teknologi ‘Dial-a-yield’ ini memiliki berat 300 ton, hampir 200 kali lebih kecil dibanding bom atom Hiroshima-Nagasaki yang dijatuhkan 70 tahun yang lalu.

Penyelesaian pembangunan B61-21 diperkirakan selesai pada tahun 2020. Satu hal yang menjadi daya tarik tersendiri adalah, pengembangan senjata ini menguras dana hingga US$ 11 miliar atau setara dengan Rp 152 triliun. B61-21 pun sukses didapuk menjadi bom atom termahal yang pernah dibuat.

Walaupun pengembangan senjata ini memang menuai banyak kritik, pemerintah Amerika Serikat tetap bersikukuh untuk menyelesaikan pengembangan senjata api ini. (Vna/Ndw)


Source: liputan6.com
Pemerintah Selalu Berpihak ke UKM, Ini Buktinya

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mengungkapkan bahwa pemerintah selalu terus mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah. Untuk tahun ini, pemerintah juga terus akan meningkatkan keberpihakan kepada sektor UKM. 

"Hal tersebut diikuti penambahan target penyaluran KUR sebesar Rp 100 triliun hingga Rp 120 triliun," kata Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Braman Setyo, di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM‎, Jakarta, Jumat (15/1/2015).

Selain itu, untuk semakin mendorong pertumbuhan UKM, Kementerian Koperasi dan UKM juga menurunkan suku bunga dan menambah target penyaluran KUR tersebut. Diharapkan,  dengan penurunan bunga akan semakin dapat memudahkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah‎ mengakses kredit perbankan.

Selama ini memang kesulitan bagi UKM untuk berkembang karena mereka dianggap tidak bankable oleh industri perbankan. Oleh karena itu, saat mengajukan pembiayaan ke bank biasanya pengusaha kecil dan menengah ditolak.

"Dengan ‎berbagai kemudahan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah," tutur Braman.

Baca Juga

  • Program KUR Berlanjut Jadi Asa BRI
  • Pemerintah Siapkan Rp 100 Triliun untuk KUR 2016
  • Bunga KUR 9% Sudah Dapat Dinikmati Masyarakat

Source: liputan6.com
Jika Dapat Bagian, Pertamina Cuma Mampu Kelola 25% Blok Masela

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menyatakan minatnya untuk mengelola Blok Masela yang berada di Maluku. Sayangnya, Pertamina belum bisa menguasai sepenuhnya blok migas tersebut.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto memperkirakan, Pertamina rencananya masuk ke Blok Masela dengan porsi pengelolaan 25 persen. "Saya kira kita memiliki kemampuan, seandainya kita masuk 20 persen-25 persen," kata Dwi di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Dwi mengaku sudah mengajukan ke pemerintah keinginan untuk ikut mengelola Blok Masela melalui Kementerian Energi dan sumber Daya Mineral (ESDM). Dwi mengaku itu sudah mendapat persetujuan dari Menteri BUMN selaku pemegang saham.

"Kami selalu kalau investasi itu 30 persen-40 persen dananya dari internal, dan 60 persen-70 persen itu dari pinjaman. Itu selalu kalau kami investasi‎," paparnya.

Baca Juga

  • Fasilitas Pengolahan Blok Masela Masih Dikaji
  • Kemenperin Ingin Gas Blok Masela untuk Industri Hilir
  • Fasilitas Pengolahan Blok Masela Harus Segera Diputuskan

Source: liputan6.com
Pemerintah Tugaskan Pelni Layani Angkutan Laut Perintis

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menugaskan PT Pelni untuk melayani angkutan laut perintis di 2016 ini sebagai upaya menjamin kualitas pelayanan pada angkutan laut perintis.

Penugasan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 tentang penyelenggaran kegiatan pelayanan publik kapal perintis milik negara.

Sebagai aturan lanjutan, Menteri Perhubungan (Menhub) juga telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 6 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Kegiatan Pelayanan Publik Kapal Perintis Milik Negara.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Bobby R. Mamahit menjelaskan, penugasan tersebut karena Pelni dinilai memiliki pengalaman menangani sektor angkutan laut penumpang dan barang dan memiliki manajemen serta sumber daya yang memadai.

"Pelni juga merupakan perusahaan BUMN di bidang angkutan laut nasional dalam negeri baik penumpang ataupun barang yang saat ini memiliki jaringan terbesar," kata Bobby di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Baca Juga

  • Menteri Susi: Kapal Pelni Dilarang Buang Sampah di Laut
  • Pengusaha Kritik Subsidi untuk Pelni pada Program Tol Laut
  • Pemerintah Tunjuk Pelni Layani Angkutan Barang ke Daerah Terluar

Source: liputan6.com
Cerita Bos Sarinah Saat Hadapi Teror Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Bom meledak di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, tepat di Pos Polisi depan pusat perbelanjaan Sarinah kemarin pagi. Adanya tindak teroris tersebut ternyata membuat suasana di gedung Sarinah cukup mencekam.

Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Ira Puspa Dewi menjadi salah satu orang yang merasakan kepanikan semua pengunjung dan pegawai di pusat perbelanjaan tertua di Jakarta itu.

"Kantor saya di lantai 10, saat itu saya sedang kerja, saya mendengar ada ledakan, tapi baru ledakan ke dua saya baru beranjak dari kursi saya, dan melihat ke luar," ujar Ira saat berbincang dengan Media di Gedung Kementerian BUMN, Jumat (15/1/2016).

Baca Juga

  • Teror Jakarta Tak Pengaruhi Minat Investasi China
  • Omzet Pengusaha Mal Amblas 20% Usai Teror Bom
  • Pengusaha: Mal Sudah Kembali Normal

Source: liputan6.com
Bos Sarinah Buka-bukaan Soal Teror di Thamrin

Liputan6.com, Jakarta - Bermula dari cerita yang menjadi viral di media sosial. Kisah kepahlawanan seorang satpam di pusat perbelanjaan Sarinah saat teror ledakan di Jalan Thamrin pada Kamis (14/1/2016) siang kemarin. Dalam catatan tersebut, seorang satpam Sarinah mencurigai satu anak muda yang masuk seperti membawa sesuatu di dalam tubuhnya.

Karena takut memeriksa sendiri, satpam tersebut menggiring anak muda tersebut ke pos polisi terdekat dan sesampainya di depan Pos Polisi, maka meledaklah bom bunuh diri tersebut yang bukan hanya menewaskan terorisnya sendiri, tapi juga Satpam Sarinah yang menggiring teroris tersebut, dan satu wanita yang lagi menyeberang jalan.

Namun cerita tersebut tak terkonfirmasi. Kepala Pengamanan Manajemen Gedung Sarinah, Suharto, membantah berita terkait satpam yang menjadi korban tewas teror tersebut. Ia sudah melakukan konfirmasi ke polisi bahwa informasi tersebut tidak benar.

"Jadi sudah saya konfirmasikan kepada Polda Metro Jaya bahwa berita yang tersebar tidak benar. Anggota kami yang kemarin bertugas itu 14 anggota dan kondisi mereka masih utuh, tidak berkurang," kata Suharto kepada Liputan6.com.Sejumlah korban tergeletak di jalan di lokasi tempat pengeboman di Sarinah, Jakarta, Kamis (14/1/2016). Hingga saat ini polisi kondisi di lokasi masih menegangkan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Suharto mengatakan saat kejadian ia langsung memerintahkan anggotanya mundur ke dalam gedung dan menutup semua akses masuk, mulai dari gerbang hingga lobi gedung. Begitu pun gerai-gerai di gedung Sarinah.

Suharto mengatakan saat kejadian ia langsung memerintahkan anggotanya mundur ke dalam gedung dan menutup semua akses masuk, mulai dari gerbang hingga lobi gedung. Begitu pun gerai-gerai di gedung Sarinah. 

Satpam pun tidak ada yang berani meninggalkan gedung. Sebab jika nekat, pengelola tidak akan bertanggung jawab jika terjadi hal buruk terhadap mereka.

Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Ira Puspa Dewi pun mengamini apa yang diungkapkan oleh Suharso. “Tidak ada satpam Sarinah yang menjadi korban. Tidak ada korban dari Sarinah," kata Ira. 

Ia melanjutkan, tidak benar ada kronologi kejadian yang menyebutkan ada upaya dari pelaku untuk masuk ke dalam gedung terlebih dahulu.

Keberatan Soal Sebutan Bom Sarinah
Warga berjalan di depan Gedung Sarinah yang tengah dilalap api, Jakarta, Kamis (15/10/2015). Lantai 14 gedung itu menjadi sasaran si jago merah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Ira juga menyayangkan penyebutan `bom Sarinah` dalam serangan teroris di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Dia menjelaskan sebenarnya posisi bom tidak berada di Sarinah, melainkan di depan pusat perbelanjaan tertua di Jakarta itu. Bom meledak tepatnya di pos polisi dan kedai kopi Starbucks yang berada di gedung Sky Line‎.

"Saya ingin klarifikasi bahwa itu bukan di dalam Sarinah. Orang banyak nyebut bom Sarinah, ini soal keakuratan saja," ujar Ira kepada Liputan6.com.

Ira mengaku keakuratan informasi tersebut akan membantu masyarakat untuk lebih bijak dalam beraktivitas sehari-hari, terutama bagi masyarakat yang berkantor di sekitar lokasi bom.

"Artinya kasihanlah orang yang cari rezeki di situ, pasti mereka kena banget. Itu bukan duka Sarinah atau duka Starbucks saja. Ini lebih tepat disebut sebagai insiden Thamrin karena itu isu nasional," ujar Ira.

Sebanyak 6 ledakan terdengar sampai radius 2 kilometer di kawasan Sarinah, Jalan Thamrin. Ledakan pertama terdengar sekitar pukul 10.30 WIB, ledakan kedua pukul 10.50 WIB, ledakan ketiga pukul 10.56, ledakan keempat pukul 10.58, ledakan kelima 11.00, dan ledakan keenam 11.02 WIB.

Cerita Bos Sarinah Saat Hadapi Teror Jakarta
Sejumlah kendaraan taktis Jihandak TNI AD berjaga di depan gedung Sarinah, Jakarta, Kamis (14/1/2016). Ratusan petugas penjinak bom gabungan bersiaga pasca ledakan yang terjadi di pos polisi Sarinah, Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Bom meledak di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, tepat di Pos Polisi depan pusat perbelanjaan Sarinah kemarin pagi. Adanya tindak teroris tersebut ternyata membuat suasana di gedung Sarinah cukup mencekam.

Bos Sarinah itu mengaku ikut merasakan kepanikan semua pengunjung dan pegawai di pusat perbelanjaan tertua di Jakarta itu.

"Kantor saya di lantai 10, saat itu saya sedang kerja, saya mendengar ada ledakan, tapi baru ledakan kedua saya baru beranjak dari kursi saya, dan melihat ke luar," ujar Ira.

Ruang kerjanya merupakan satu-satunya ruangan yang memiliki kaca lebar dan menghadap langsung ke pos polisi yang menjadi lokasi ledakan. "Saya melihat pos polisi sudah hancur, dan ada tiga orang terkapar dan banyak darah, salah satunya tergeletak dengan di bagian badannya itu berasap," kata Ira.

Ketika melihat kejadian itu, Ira langsung menyimpulkan saat itu telah terjadi tindak pengeboman oleh para teroris. Ketika itu juga dirinya memanggil sekretarisnya untuk ikut menyaksikan kejadian tersebut.

Dari atas, dirinya melihat reaksi warga sekitar dan polisi yang saat itu langsung mendatangi lokasi. Saat itu juga, dirinya langsung berkoordinasi dengan seluruh aparat dan karyawan di Sarinah untuk melarang seluruh karyawan dan pengunjung keluar gedung.

"Saat itu saya putuskan untuk melarang semua yang ada di situ untuk masuk ke gedung, dan tetap di dalam gedung, karena ini lokasi yang paling aman," ujar dia. "Saat itu ada yang panik, ada yang menangis, semua ketakutan, tapi dari koordinasi yang kita lakukan, kita berhasil menenangkan sama-sama," tambah dia.

Sejumlah orang di Gedung Sarinah itu sendiri‎ diceritakan Ira baru mulai keluar sekitar pukul 14.00 WIB setelah polisi menyatakan kondisi sudah aman.

Ira mengungkapkan seluruh pegawainya sudah sangat terlatih untuk mengantisipasi tindak-tindak yang diinginkan seperti kejadian kebakaran di salah satu lantai beberapa waktu lalu. Hanya dalam 15 menit, Ira menuturkan, api langsung padam dan berhasil mengatasi kepanikan.

Sarinah sudah aman


Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyambangi pusat perbelanjaan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (15/1). Kunjungan singkat  tersebut guna memastikan situasi Ibukota kembali normal pasca serangan teror. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tragedi bom Sarinah yang terjadi Kamis pagi (14/1/2016) masih menyisakan duka. Namun hal ini bukan berarti membuat aktivitas lainnya terhenti. Terlebih rutinitas yang berlangsung di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan Sarinah masih aman untuk dikunjungi.

Sarinah dikenal sebagai pusat perbelanjaan pertama di Indonesia. Meledaknya bom di kawasan ini membawa dampak yang kurang baik untuk citra wisata belanja. Namun Arief menyatakan berdasarkan hasil pemantauan tim crisis center yang dibentuk Kementerian Pariwisata setelah ledakan menyatakan Sarinah masih aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Arief juga mengharapkan masyarakat untuk bersikap kooperatif dengan tidak menyebarkan informasi yang berlebihan. Keamanan negara sangat bergantung pada kenaikan tingkat pariwisata, sehingga Arief mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan.

"Kita juga patut apresiasi pihak yang terlibat mengamankan keadaan pasca-ledakan dengan baik. Keamanan merupakan hal yang sangat vital terhadap pariwisata. Sehingga jika keadaannya sudah aman, ke depannya wisata belanja Sarinah juga sudah bisa berjalan seperti sediakala. (Gdn/Ndw)


Source: liputan6.com
Begini Jadinya Kalau Bank Sentral di Dunia Punya Utang ke IMF?

Liputan6.com, Jakarta - Pelemahan mata uang rupiah, salah satunya dipicu oleh kejomplangan antara suplai dan permintaan dolar Amerika Serikat (AS) di dalam negeri. Pemerintah dapat membantu Bank Indonesia (BI) untuk menambah pasokan dolar AS dengan berutang. 

Lalu bagaimana dengan BI? Apa Bank Sentral punya jalan keluar, selain menggelontorkan cadangan devisa (cadev) untuk menstabilisasi kurs rupiah?
Source: liputan6.com
Gelar Pertemuan Tahunan, OJK Beberkan Rencana Kerja Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar pertemuan tahunan dengan industri jasa keuangan malam ini di Hotel Kempinski, Jakarta. Acara ini dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) lalu.

Sekitar 700 pimpinan perusahaan industri keuangan, Menteri Kabinet Kerja, Gubernur Bank Indonesia (BI) serta anggota DPR ikut hadir.

‎Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan, ‎perekonomian tahun ini masih menghadapi banyak tantangan. Maka dari itu, industri keuangan diharapkan menjadi penggerak perekonomian.

‎"‎Kita harus tetap fokus untuk dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi nasional yang optimal.  Saya memandang momentum inflasi yang rendah harus dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan kegiatan produksi domestik, dengan memanfaatkan ruang ekspansi dari sistem keuangan,”‎ kata dia di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Menurut Muliaman, upaya mendorong perekonomian akan fokus pada dua hal. Pertama meningkatkan kemampuan UMKM, mendorong perekonomian daerah, penguatan sektor ekonomi prioritas.

Kedua, ‎mendorong pemanfaatan jasa keuangan untuk pembiayaan jangka panjang dan korporasi.

Baca Juga

  • Usai Teror Bom, Penjagaan Wapres di Acara OJK Lebih Ketat
  • KUR Rp 120 Triliun Dikucurkan, OJK Wanti-wanti Kredit Macet
  • Strategi OJK Dorong Perusahaan Go Public

Source: liputan6.com
Pemerintah Harus Pilih Jaga Ekonomi Tumbuh atau Stabilkan Rupiah

Liputan6.com, Jakarta - Dilema antara mementingkan pertumbuhan ekonomi atau menjaga stabilitas rupiah diprediksi masih akan menyelimuti pemerintah dan Bank Indonesia (BI) di tahun ini.

Kepala Ekonom PT Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih mengatakan, pelambatan pertumbuhan ekonomi dan penurunan rupiah cukup membuat pemerintah dan BI memutar otak sepanjang 2015.

Pemerintah dan BI kemudian memilih untuk lebih dulu menstabilkan nilai tukar rupiah. "Yang lebih urgent tentu menstabilisasi rupiah dibanding pertumbuhan ekonomi karena pergerakan rupiah lebih cepat. Kalau pertumbuhan ekonomi kan time frame-nya lebih lama. Jadi rupiah perlu diamankan lebih dulu," terang Lana saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Baca Juga

  • BI Rate Dipangkas, IHSG Berpeluang Menguat
  • BI Rate 7,25%, IHSG Melemah 23 Poin
  • BI Rate Turun 25 Basis Poin Jadi 7,25%

Source: liputan6.com
OJK: RI Harus Bisa Manfaatkan Inflasi Rendah

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad menyatakan Indonesia ‎masih mendapat tantangan perekonomian yang berat pada tahun ini. Mulai dari perlambatan ekonomi, penurunan daya beli masyarakat serta ketimpangan antara masyarakat kaya dan miskin.

‎Tak sekadar itu, Indonesia juga dihadapkan pada pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN) yang seperti dua sisi mata uang. Satu sisi pasar akan kian terbuka lebar, di sisi lain kompetisi juga semakin tinggi.

Oleh karenanya, Muliaman mengatakan pertumbuhan ekonomi mesti didorong secara optimal.

"Saya memandang momentum inflasi yang rendah harus dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan kegiatan produksi domestik, dengan memanfaatkan ruang ekspansi dari sistem keuangan," kata dia di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Dia menuturkan tahun lalu Indonesia berhasil menghadapi tantangan yang berat terutama dari global. Sebagaimana diketahui, Zona Eropa dan Jepang disibukan dengan inisiatif untuk keluar dari tekanan deflasi.

Baca Juga

  • Gelar Pertemuan Tahunan, OJK Beberkan Rencana Kerja Tahun Ini
  • Usai Teror Bom, Penjagaan Wapres di Acara OJK Lebih Ketat
  • KUR Rp 120 Triliun Dikucurkan, OJK Wanti-wanti Kredit Macet

Source: liputan6.com