Prev Januari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 01 02 03 04 05 06
Berita Kurs Dollar pada hari Minggu, 24 Januari 2016
Resep Jadi Orang Kaya ala Warren Buffett

Liputan6.com, Jakarta - Kekayaan yang dimiliki oleh Warren Buffett, CEO Berkshire Hathaway susut susut US$ 11,5 miliar atau Rp 159 triliun (estimasi kurs: Rp 13.884 per dolar AS) pada 2015 lalu. Bahkan dalam sehari, Buffett pernah kehilangan harga US$ 870 juta atau Rp 12 triliun.

Semua itu terjadi karena bursa Amerika Serikat (AS) yang volatilitasnya cukup tinggi pada tahun lalu. Di awal 2016 kemarin, kekayaan Buffett tercatat US$ 61,4 miliar atau Rp 849,1 triliun.

Meskipun mengalami penurunan kekayaan cukup besar di 2015, Buffett masih tercatat sebagai salah satu miliarder dunia. Ia berada di peringkat nomor 3 sebagai orang terkaya di dunia. 

Seperti dikutip dari laman Fool.com, Minggu (24/1/2016),  agar investor lain tak terjerumus volatilitas investasi yang cukup tinggi seperti dirinya pada 2015 lalu, Buffett memiliki beberapa pesan. Aturan yang diterapkan Buffett dalam berinvestasi sebenarnya cukup sederhana. Namun memang untuk melaksanakannya cukup sulit.

Baca Juga

  • 10 Tips Investasi dari Tangan Kanan Warren Buffett
  • Simak Cara Warren Buffett Berinvestasi
  • Intip Tempat Tinggal Miliarder Warren Buffett

Source: liputan6.com
4 Pekerjaan yang Bisa Kuras Harta Orang Lain

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda selalu ingin berbelanja namun udang di tabungan Anda tak mencukupi untuk bisa merealisasikan keinginan belanja Anda tersebut? Tenang saja. Saat ini ada beberapa pekerjaan yang bisa mewujudkan keinginan Anda untuk berbelanja tersebut. 

Seperti dikutip dari careerplaning.about.com, Minggu (24/1/2016), terdapat beberapa pekerjaan yang bisa membuat Anda berbelanja namun tanpa perlu merogok kocek sendiri. Uang yang Anda gunakan untuk berbelanja tersebut merupakan uang milik klien Anda. 

Pekerjaan tersebut sangatlah menyenangkan. Alasannya, selain Anda bisa berbelanja, Anda juga dibayar untuk melakukan tersebut. Lengkapnya, berikut pekerjaan tersebut:

1. Desainer interior

Panitia merapikan stan desain interior pada ajang Perfect Home Young Interior Desainer Award di JCC, Jakarta, Minggu (22/11). Ajang tersebut diikuti mahasiswa dari enam universitas terkemuka di Jakarta. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Menjadi seorang desainer interior, Anda akan menikmati banyak keuntungan dari rasa dan gaya. Desainer interior mendapatkan gaji yang cukup tinggi, pekerjaan ini sangat menyenangkan karena harus berkreasi dan tentu berbelanjau untuk memilih furnitur, cat dan aksesoris rumah yang unik. Pekerjaan ini akan meningkatkan daya kreatifitas Anda.

2. Arsitek

Mungkin saja arsiteknya lelah.

Berbeda dengan desainer interior, seorang arsitek bekerja merancang bangunan. Sebagai seorang arsitek, mereka harus membuat keputusan tentang gaya, bahan dan fungsi bangunan dan tentu saja bahan-bahan yang harus dibelanjakan untuk mewujdukan rancang bangun tersebut menjadi sebuah kenyataan.

Seorang arsitek juga memiliki gaji yang cukup tinggi. Namun untuk mewujudkan pekerjaan menjadi arsitek membutuhkan lulusan sarjana atau gelar arsitektur.

3. Penyelenggara acara

event organizer

Sebenarnya pekerjaan ini bisa dijadikan pekerjaan sampingan Anda, pekerjaan ini mengerjakan perencanaan dan mengatur sebuah acara perusahaan, pameran dan pernikahan. Pekerjaan ini tidak harus memiliki gelar, namun untuk menjadi seorang event planner sangat dibutuhkan lulusan perhotelan. Dalam menjalani pekerjaan ini, Anda bisa membelanjakan keperluan yang dibutuhkan dalam menggelar sebuah acara tanpa harus merogoh kocek sendiri. 

4. Pembelanja pribadi

Ilustrasi Belanja di Pusat Perbelanjaan (iStockphoto)
Jika Anda mempunyai hobi berbelanja, Anda dapat menikmati pekerjaan ini. Tentu saja karena pekerjaan ini mempunyai tugas membelanjakan kebutuhan orang lain. Namun semuanya akan bergantung pada keahlian Anda untuk membantu membuat hidup mereka lebih mudah. (Apr/Gdn)


Source: liputan6.com
Lakukan Hal Ini untuk Wujudkan Mimpi Anda

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti memiliki mimpi. Namun tak semua orang bisa mewujudkan mimpi tersebut menjadi kenyataan. Membutuhkan perjuangan atau usaha yang keras bagi seseorang untuk bisa mewujudkan mimpinya.

Memang, kadang usaha keras tersebut masih mendapat tantangan. Rasa malas kadang hinggap untuk tetap menempuh jalan demi mewujudkan mimpi. 

Seperti dikutip dari lifehack.org, Minggu (24/1/2016), sudah seharusnya mimpi untuk dikejar agar di kemudian hari tidak terjadi penyesalan.

Nah, untuk bisa menemukan gairah hidup untuk mencapai mimpi, berikut ini 5 hal yang perlu Anda ingat untuk menyadari impian Anda, dan tujuan hidup Anda:

1. Bertanggung jawab

Anda harus mengambil tanggung jawab untuk diri Anda sendiri. Tanggung jawab untuk tetap menjalankan usaha agar mimpi Anda tetap bisa terjuwudkan. Ada baiknya Anda menulis di selembar kertas, apa yang Anda rasakan dan semua tentang rencana mimpi Anda. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk mencari tahu dimana masalah Anda sehingga mimpi sulit terwujud dan bisa dengan mudah mencari jalan untuk mengejar mimpi. 

2. Membuat perubahan

Jika Anda sedang menunggu waktu yang tepat untuk membuat perubahan besar, Anda tak bakal bisa mewujudkan mimpi Anda. Perubahan harus dilakukan dari dalam diri Anda sendiri. Oleh karena itu jika menunggu waktu maka Anda akan segera tertinggal. Anda harus berubah dan segera menemukan ruang gerak untuk mewujudkan mimpi.

3. Hadapi ketakutan

Seringkali kita tidak sadar untuk menyembunyikan mimpi kita karena lingkungan sekitar kita yang tidak mendukung. Tak adanya dukungan tersebut membuat mimpi tenggelam. Oleh sebab itu, hadapi ketakutan Anda akan lingkungan yang tidak mendukung tersebut. Ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk berpikir apakah ketakutan tersebut memang perlu atau tidak Anda akan terkejut dengan energi dan resolusi yang bakal datang dengan hilangnya ketakutan tersebut. 

4. Hindari kesusahan

Jangan membuat hidup Anda menjadi stres. Banyak pengalaman dari pebisnis yang mampu menemukan stimulus untuk pertumbuhan yang dinamis dengan menghindari hidup dari stres.

5. Tetapkan tujuan

Sering kali kita menerima penolakan, untuk menetapkan tujuan kita berhasil. Jadilah orang yang memiliki kekuatan, ketika kita tahu siapa diri kita, apa yang ingin kita lakukan dan kita datang secara alami untuk tujuan hidup kita. (Apr/Gdn)


Source: liputan6.com
UANGPEDIA: Perlukah Ajukan Kartu Kredit di Tahun Baru?

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki tahun baru 2016 mungkin Anda memiliki sejumlah rencana untuk keuangan. Salah satunya mengajukan kartu kredit. Akan tetapi, apakah perlu lagi mengajukan kartu kredit di tahun baru, terutama bagi Anda yang sudah punya kartu kredit?

Lalu bagaimana bagi Anda yang belum memiliki kartu kredit, apakah perlu? Ada sejumlah pertimbangan untuk memiliki kartu kredit. Hal ini agar Anda tidak terjerat utang kartu kredit.

Ingin tahu tips menggunakan kartu kredit? Sebaiknya berapa punya kartu kredit? Berikut wawancara Liputan6.com dengan Head of Operation and Business Development Panin Asset Management, Rudiyanto. (Ahm/Ndw)


Source: liputan6.com
25 Negara Paling Aman di Dunia, Mana Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Riset lembaga Legatum Prosperity Index menunjukkan kejahatan, kriminalitas, dan lainnya semakin sering terjadi di dunia.

Sekali pun di negara maju dan berkembang, bentuk kejahatan pasti terjadi. Dari seluruh negara di dunia, ada sejumlah negara yang dikatagorikan menjadi negara paling aman sedunia, berdasarkan Legatum. Dilansir dari world atlas, Minggu (24/1/2016), negara mana saja?

Daftar negara teraman didominasi oleh negara-negara Eropa. Dari 25 negara, Eropa menyumbang 17 nama dalam daftar, dan lainnya adalah dari Asia dan Oceania. Sementara Kanada adalah satu-satunya mewakili negara Amerika.

Baca Juga

  • 25 Negara dengan Pemerintahan Terburuk Sedunia
  • 6 Negara Paling Berbahaya di Dunia
  • Negara yang Paling Gembira Saat Harga Minyak Jatuh

Source: liputan6.com
10 Serangan Teroris Paling Mahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Serangan teror yang terjadi selama ini menyisakan banyak kerugian, baik psikologis juga fisik. Selain itu, serangan teror yang bisa berupa pemboman, penembakan dan kekerasan juga bisa memakan korban jiwa atau trauma berkepanjangan.

Dampak teror untuk ekonomi juga tak kalah besar. Beberapa serangan teror yang pernah terjadi di dunia memakan biaya yang segunung. Biaya kerusakan yang harus ditanggung akibat serangan itu mencapai puluhan hingga ratusan juta dolar, atau bahkan miliaran dolar.

Dilansir dari World Atlas, Minggu (24/1/2016), ada sejumlah serangan teroris di dunia yang mengakibatkan kerusakan paling mahal.

2014 adalah dinilai sebagai tahun serangan teroris termahal di dunia. Kenapa? karena di tahun ini, kerusakan yang diciptakan dari serangan teroris mencapai 52,9 miliar dolar.

Baca Juga

  • Daging Sapi Termahal di Dunia, Berapa Harganya?
  • Ini Dia Racun Paling Mahal dan Berbahaya di Dunia
  • Bom Termahal di Dunia, Pembuatannya Telan Dana Rp 152 triliun

Source: liputan6.com
Ini yang Perlu Dilakukan Saat Developer Ingkar Janji

Liputan6.com, Jakarta - Terwujudnya impian memiliki rumah baru yang berlokasi di area klaster atau town house, akan menjadi hal terindah yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Tetapi rasa senang ini bisa saja berubah jika pengembang mengingkari janji manisnya.

Misalnya, pengembang mengungkapkan bahwa nantinya perumahan A akan dilengkapi kolam renang, taman bermain, dan mini garden.

Kenyataannya saat ditunggu hingga satu tahun lamanya, pembangunan tersebut tidak pernah ada. Atau contoh kasus lainnya, spesifikasi rumah tidak sesuai dengan konsep yang tertera di brosur. Jika hal ini menimpa Anda, langkah apa yang bisa dilakukan?

Jika tak menyediakan fasilitas perumahan

Dikutip dari tataruangindonesia.com, penghuni bisa melakukan gugatan class action jika pengembang tidak membangun fasilitas perumahan yang dijanjikan pada saat transaksi.

Berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, gugatan terhadap pengembang juga bisa dilakukan secara individu.

Pada prinsipnya, penghuni sebuah kompleks perumahan –baik klaster atau town house– adalah konsumen atau pengguna akhir dari suatu produk barang atau jasa. Maka dari itu, ia dilindungi UU Perlindungan Konsumen.

Dari mulai fasilitas yang tidak sesuai dengan brosur penawaran, sampai soal cicilan lunas tapi sertifikat rumah tidak keluar. Selain itu, masih banyak juga pengembang yang tak menyediakan fasilitas umum (Fasum) dan fasilitas sosial (Fasos) sesuai aturan.

Ancaman bagi pengembang yang tidak melakukan kewajiban membangun fasum dan fasos adalah denda hingga Rp 2 miliar atau penjara selama lima tahun. Perbandingan antara luas fasilitas dengan perumahan adalah sekitar 40 banding 60.

Meski begitu, perbandingan atau persentase tersebut tergantung besar kecilnya kompleks perumahan yang dibangun. Untuk perumahan kecil yang luas arealnya kurang dari 5.000 m2, lahan fasum-fasos bisa 20 persen atau 30 persen. Kebanyakan digunakan untuk jalan, drainase, gorong-gorong, dan lahan terbuka.

Oleh karena itu, cermatlah dalam memilih hunian yang ideal untuk Anda dan keluarga tinggali. Perumahan dengan fasilitas yang lengkap, tentu akan berdampak baik pada kebutuhan jasmani dan rohani.

Nyatanya, mencari perumahan yang benar-benar menyediakan fasilitas memadai di kawasan Tangerang Selatan sangat mudah ditemui. Antara lain The Terrace, Ciputat Residence One, dan Bhumi Amala. Jika tak percaya, Anda bisa menyimak ketiga ulasan proyeknya di http://www.rumah.com/perumahan-baru/resensi.

Jika spesifikasi rumah tak sesuai konsep

Masalah kedua yang mungkin dialami sebagian orang adalah kondisi rumah tidak sesuai dengan perjanjian awal. Seringkali isi pasal-pasal dalam PPJB (Pengikatan Perjanjian Jual Beli) lebih menguntungkan pihak developer daripada pihak konsumen.

Sebagai contoh, apabila terjadi keterlambatan pembayaran (misalnya, cicilan DP rumah yang belum lunas), konsumen akan dikenakan denda; tetapi sebaliknya bila developer tidak menepati janjinya (misalnya, serah terima kunci yang tidak sesuai jadwal) maka konsumen hanya akan mendapatkan seribu satu alasan.

Kembali pada PPJB, dalam surat tersebut biasanya hanya dilampirkan:

1) Denah rumah

2) Tampak muka

3) Spesifikasi umum

Poin 1 dan 2 relatif mudah dicek, karena merupakan bagian yang kasat mata. Sebaliknya, poin 3 mengenai spesifikasi teknis—yang merupakan penentu kualitas rumah dan umur pakainya—justru sulit diperiksa.

Konsumen perlu berhati-hati, karena biasanya developer hanya menerangkan spesifikasi yang sangat umum, misalnya pondasi batu kali dan struktur beton bertulang, tapi tidak menyebutkan berapa sentimeter kedalaman dan lebar pasangan batu kali.

Mereka juga tidak menyebutkan berapa ukuran diameter besi tulangan beton yang akan dipakai sebagai struktur konstruksi rumah yang dibeli. Padahal, hal ini lebih penting daripada sekadar tampak muka rumah (fasad). Karena percuma saja sebuah rumah terlihat indah saat dibeli, namun dalam waktu 1-2 tahun dindingnya retak karena pergeseran tanah.

Bagi Anda yang mengalami kasus serupa, terlebih dahulu Anda bisa memberikan somasi kepada pengembang. Menurut Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), untuk kasus pelanggaran perjanjian, pengembang bisa dikenakan denda atau wanprestasi. Namun ketika tidak menemui titik temu, masyarakat bisa melaporkannya ke asosiasi hingga Kementerian Perumahan Rakyat sebagai regulator.

Artikel ini diadopsi dari laman Rumah.com

Foto: pixabay

(Fathia/Ndw)


Source: liputan6.com
Daging Sapi Termahal di Dunia, Berapa Harganya?

Liputan6.com, Jakarta - Peternakan Polmard di St. Germain des Pres, Paris, yang sudah berjalan selama 6 generasi sejak 1846 ini selalu sukses menghasilkan daging sapi paling enak. Kepopuleran peternakan keluarga mereka meningkat pada 1990, saat kakek dan ayah Polmard, menemukan cara menyimpang daging dalam waktu yang sangat lama.

Melansir laman CNN, Minggu (24/1/2016), salah satu daging terbaik dari keluarga Polmard adalah vintage cote de boeuf, daging iga sapi tua yang dijual sangat mahal.

Daging iga tersebut berasal dari varietas sapi Prancis otentik bernama Blonde Aquitane, yang memang diternakkan oleh Polmard dan keluarganya di kawasan Saint Mihiel, timur laut Prancis.

Baca Juga

  • 5 Burger Termahal di Dunia, Mau?
  • Tengok Berlian Termahal di Dunia, Harganya Rp 337 Miliar
  • Bom Termahal di Dunia, Pembuatannya Telan Dana Rp 152 triliun

Source: liputan6.com
Survei: 77% Karyawan Tak Puas dengan Tunjangan yang Diterima

Liputan6.com, Jakarta - Selain gaji, tunjangan merupakan salah satu hal yang sangat diharapkan karyawan. Bahkan saat memutuskan untuk bekerja di suatu perusahaan, tunjangan juga jadi bahan pertimbangan pekerja.

Tunjangan tidak hanya berupa uang, tapi bisa berbentuk konsumsi, periode cuti berkala, liburan atau transportasi.

Hasil survei yang dilakukan oleh JobStreet.com Indonesia menunjukkan 77,34 persen karyawan dari total 4.331 responden mengaku tidak puas dengan tunjangan dan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan.

Baca Juga

  • Mau Cepat Kaya dari Bonus? Ini Caranya
  • Perusahaan Ini Tebar Bonus Rp 13,7 Miliar Saat Natal
  • Bos Twitter Beri Bonus Rp 2,7 Triliun untuk Karyawan

Source: liputan6.com
Bulu Mata Palsu RI Laku Keras di Malaysia Sampai Amerika

Liputan6.com, Jakarta - Bulu mata palsu telah menjadi bagian dari fesyen kaum hawa di dunia guna menunjang penampilannya, mulai dari masyarakat biasa hingga pejabat dan artis.

Menariknya, produk bulu mata palsu buatan Indonesia mampu menembus pasar ekspor ke berbagai negara dengan kenaikan signifikan setiap tahun.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak mengungkapkan, ekspor bulu mata palsu dari produsen lokal di Indonesia mengalami peningkatan. Beberapa negara menjadi tujuan utama ekspor bulu mata palsu buatan RI.

Baca Juga

  • Bulu Mata Buatan RI Ternyata Dipakai Katy Perry & Adele
  • Rambut dan Bulu Mata Palsu Dominasi Ekspor Kerajinan Tangan RI
  • Wig dan Bulu Mata Palsu RI Raup Rp 115 Triliun di Mancanegara

Source: liputan6.com
Bersinarkah Investasi Emas di Tahun Monyet Api?

Liputan6.com, Jakarta - Komoditi emas sempat berada di level harga tertinggi di atas 1.100 per ounce sejak dua pekan lalu terimbas dari berbagai faktor. Sebenarnya apakah investasi emas masih akan menguntungkan di 2016? Bagaimana perkiraan harga si kuning di tahun monyet api ini?

Head of Research & Analysis PT Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra saat dihubungi Liputan6.com, mengatakan, harga emas menguat karena dianggap sebagai aset atau investasi aman (safe haven) yang diminati dunia.

Kenaikan harga emas, sambungnya, dipicu karena ada kekhawatiran di pasar negara berkembang karena perlambatan ekonomi China dan anjloknya harga minyak dunia.

"Tapi kekhawatiran itu akan sementara saja, dan harga emas berpotensi tertekan atau turun kembali. Pendorongnya turunnya harga emas dari faktor perlambatan ekonomi China dan potensi kenaikan tingkat suku bunga acuan Amerika Serikat (AS) di tahun ini," ujar Ariston di Jakarta, Minggu (24/1/2016).

Baca Juga

  • Harga Emas Tertekan Reli Saham dan Penguatan Dolar AS
  • UANGPEDIA: Harga Melempem, Investasi Emas Masih Menarik?
  • 3 Fakta yang Anda Harus Tahu Seputar Investasi Emas

Source: liputan6.com
Ini Bocoran Paket Kebijakan Ekonomi Jilid IX

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) telah mempersiapkan poin-poin kebijakan yang akan masuk dalam paket ekonomi jilid ke-IX. Regulasi atau aturan terkait logistik akan mendominasi paket kebijakan yang rencananya terbit dalam waktu dekat.

Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kemenko Perekonomian, Edy Putra Irawady mengungkapkan, isi dari paket kebijakan ekonomi jilid IX lebih banyak mengupas soal aturan logistik, terutama untuk mendorong kegiatan ekonomi desa kota.

"Misalnya untuk mengambil barang dari desa ke kota itu harus ada konsolidatornya. Jadi perlu ada sinergi dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyeleksi dan ekspor ke luar negeri," jelasnya saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, seperti ditulis Minggu (23/1/2016).

Dalam membentuk sinergitas ini, lanjut Edy, Menteri BUMN Rini Soemarno akan menugaskan kepada BUMN di bidang usaha logistik dan niaga, seperti PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) (Persero), PT Sarinah (Persero), Bhanda Ganareksa.

Baca Juga

  • Pemerintah Segera Luncurkan Paket Kebijakan Ekonomi IX
  • Industri Penerbangan Sambut Baik Paket Ekonomi Jilid VIII
  • 286 Pelanggan Listrik Telah Nikmati Insentif Paket Kebijakan

Source: liputan6.com
Top 3: Racun Paling Mahal dan Berbahaya di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Zat ini merupakan cairan berbahaya paling beracun yang pernah dikenal manusia. Hanya satu sendok teh, kandungan zat di cairan ini mampu membunuh semua penduduk Inggris.

Cairan ini juga sangat berbahaya hingga proses produksinya pun dilakukan di instalasi militer. Cairan apakah itu?

Botulinum toxin atau yang lebih dikenal dengan nama botox, merupakan racun yang menjelma menjadi obat yang sering digunakan dalam industri kecantikan.

Informasi mengenai racun paling mahal dan berbahaya di dunia menjadi artikel paling bikin penasaran pembaca. Lengkapnya, berikut tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com:

1. Ini Dia Racun Paling Mahal dan Berbahaya di Dunia

Cairan yang diproduksi dari bakteri Clostridium botulinum pada awal abad 18 ini juga merupakan zat paling mahal di dunia. Produksi 1 kilo botox menelan biaya mencapai 100 triliun poundsterling.

Walaupun begitu, penggunaan zat ini memang harus diikuti prosedur dokter karena harus memperhatikan dosis yang diberikan. Dosis yang berlebihan dapat berakibat fatal bagi kesehatan, termasuk kematian. Selengkapnya baca di sini!

2. Daftar Negara Paling Berbahaya di Dunia



 Terdapat sebuah data negara-negara yang peringkat terendah di Prosperity Index Legatum dalam hal Keselamatan dan Keamanan.

Beberapa tahun terakhir terdapat tujuh negara yang paling berbahaya. Dalam tujuh tahun terakhir, telah terjadi penurunan yang dramatis dalam keselamatan dan keamanan di Afrika, Timur Tengah, dan semua daerah lain secara global kecuali Eropa. Berikut daftar negara paling berbahaya di dunia, selengkapnya baca di sini!

3. Era Jumbo Jet Bakal Berakhir



 Era pesawat jumbo jet kemungkinan besar bakal segera berakhir. Hal tersebut terjadi karena Boeing telah mengumumkan untuk memangkas separuh produksi dari pesawat berbadan lebar tersebut.

Pemangkasan produksi pesawat tersebut dimulai pada September dengan hanya memproduksi enam pesawat 747 Jumbo Jet dalam setahun dari sebelumnya 12 pesawat.

Boeing telah menyiapkan dana kurang lebih US$ 569 juta dari laba setelah pajak pada kuartal IV 2015 untuk menutupi biaya perubahan. Selengkapnya baca di sini!


Source: liputan6.com
Ekspor Bawang Merah Naik, RI Hemat Devisa Rp 299 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan realisasi ekspor bawang merah mencapai 8.323 ton sepanjang  Januari-November 2015 atau naik 93 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2014. 

Dengan adanya peningkatan produksi, impor bawang merah pun dapat ditekan menjadi 17.429 ton atau turun 74 persen.

"Prestasi perdagangan bawang merah ini berkat kerja pemerintah dan semua pihak dalam mengendalikan impor pangan dan mendorong ekspor sehingga kebijakan ini dapat menghemat devisa sekitar Rp 299 miliar, ujar Kapusdatin Kementerian Pertanian, Suwandi dalam keterangan tertulis, Minggu (24/1/2015).

Ekspor bawang merah meningkat didorong oleh produksi domestik meningkat sehingga terjadi surplus. Angka prognosa produksi bawang merah 2015 sebesar 1,24 juta ton meningkat 0,5 persen dibandingkan 2014 sebesar 1,23 juta ton.

Baca Juga

  • Cara Kementan Jaga Pasokan dan Harga Cabai di 2016
  • Setahun Menjabat, Mentan Sukses Stabilkan Harga Bawang Merah
  • Mentan, Masuk 7 Pejabat Fenomenal di Setahun Pemerintah Jokowi-JK

Source: liputan6.com
Produk UKM RI Siap Gempur Pasar ASEAN

Liputan6.com, Jakarta - Era Masyarakat Ekonomi ASEAN ‎bukan merupakan hambatan bagi produk Indonesia, khususnya dari kreatifitas pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menembus pasar ekspor. Indonesia tidak gentar dengan persaingan bebas ini karena mempunyai keunggulan produk yang tidak dimiliki negara lain.

Staf Khusus Menteri Kementerian Koperasi dan UKM, Hermawan Kartajaya mengungkapkan, pelaku bisnis di Tanah Air pantang menyerah dengan serbuan berbagai produk impor yang membanjiri Indonesia.

Bagi mereka yang kreatif, sambungnya, momentum MEA dapat dimanfaatkan untuk menyerang balik pasar luar negeri dengan berbagai produk andalan.

"Kita saja tidak takut bom, apalagi MEA tidak ada apa-apanya. Karena kita punya produk unggulan, sumber daya alam dan manusia yang melimpah, pasar yang besar," tegas CEO Markplus Inc itu saat ditemui saat acara Marketeers Creativity Day di Gedung SMESCO, Jakarta, Minggu (24/1/2016).

Baca Juga

  • ‎Bos Kadin Sebut RI Harus Ambil Manfaat dari MEA
  • MEA Berlangsung, RI Diserbu Tenaga Kasar Asing?
  • Menaker: Tanpa MEA Perdagangan Bebas Sudah Berlangsung

Source: liputan6.com
Minyak Dunia Anjlok, Harga BBM Segera Turun?

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak dunia terus tertekan hingga menembus level di bawah US$ 30 per barel. Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) diyakini akan mengevaluasi kebijakan harga bahan bakar minyak (BBM) seiring pelemahan harga minyak dunia.

Apakah pemerintah akan menurunkan kembali harga BBM?

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Sri Adiningsih ketika ditanyai mengenai hal tersebut hanya menjawab diplomatis.

Bahwa pemerintah rutin mengevaluasi harga BBM setiap tiga bulan, dengan mempertimbangkan harga minyak dunia, harga minyak di dalam negeri termasuk nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS.

"Kita akan evaluasi setiap tiga bulan, melihat beberapa indikator harga minyak dunia, harga minyak di dalam negeri dan kurs Rupiah," ujarnya di acara Marketeers Creativity Day di Gedung SMESCO, Jakarta, Minggu (24/1/2016).

Baca Juga

  • Harga Minyak Dunia Terjun Bebas
  • Harga Premium Masih Terlalu Mahal
  • Harga Minyak Anjlok Momen Tepat Hapus Premium

Source: liputan6.com
Ketua DPD dan DPR Sepakat BUMN Tak Boleh Diganggu

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Daerah dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat sepakat bahwa untuk kepentingan pembangunan seharusnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tidak menggunakan Penyertaan Modal Negara (PMN) harus didukung dan tidak boleh diganggu politik.

Ketua DPD Irman Gusman menegaskan sesungguhnya yang harus berhadapan dengan DPR adalah Kementerian BUMN yang memiliki tugas dan tanggung jawab mengatur seluruh BUMN sebagai korporasi yang bertugas mencari laba dan melayani masyarakat.

Irman melihat selama bertahun-tahun banyak waktu BUMN justru dihabiskan untuk berhadapan dengan DPR daripada berkompetisi atau melakukan aksi korporasi sehingga mampu berhadapan dengan korporasi BUMN jiran seperti Temasek dan Khazanah.

“DPR mengurus BUMN boleh saja, itu kalau BUMN-BUMN yang mendapat subsidi oleh DPR, contohnya apa? PLN, Pertamina, Pupuk. Tapi kalau di luar itu ya biarkan saja mereka bekerja, supaya berkembang dan bisa berkompetisi. Jangan sampai BUMN itu dipolitisir,” tegasnya.

Baca Juga

  • Laba BUMN Tambang dan Industri Ditargetkan Rp 33 Triliun
  • Ini Skenario Jika BUMN Caplok Saham Freeport Rp 23 Triliun
  • 18 BUMN Masih Merugi di 2015

Source: liputan6.com
Harga Premium Diusulkan Turun Jadi Rp 5.600 per Liter

Liputan6.com, Jakarta - Amblasnya harga minyak mentah dunia dengan kisaran US$ 28-30 per barel, mendorong Anggota Komisi VII DPR RI, Ramson Siagian usul agar pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dari Rp 6.950 menjadi Rp 5.600 per liter. Alasannya, harga keekonomian BBM termasuk Premium saat ini sudah terlalu tinggi.

"Jika harga minyak mentah terus turun hingga menembus US$ 25 per barel, maka harusnya harga BBM Premium Rp 5.600 per liter. Itu sudah termasuk biaya-biaya lain, seperti ongkos kilang, ongkos angkut, marjin untuk SPBU," ujar Ramson dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (24/1/2016).

Lebih jauh sambungnya, penurunan harga BBM mempunyai manfaat bagi masyarakat dan pelaku usaha, termasuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) karena biaya produksi menyusut. Pemerintah perlu mendorong industri nasional di tengah kelesuan ekonomi global dan Indonesia.

Baca Juga

  • Minyak Dunia Anjlok, Harga BBM Segera Turun?
  • Harga Premium Masih Terlalu Mahal
  • Harga Minyak Anjlok Momen Tepat Hapus Premium

Source: liputan6.com
Seramnya Bila Harga Minyak Amblas ke US$ 20 per Barel

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak mentah dunia diperkirakan menembus level paling rendah US$ 20 per barel. Kondisi ini tentu akan berdampak luas bagi Indonesia, mulai dari penurunan penerimaan negara dari sektor minyak dan gas (migas), sampai nasib PT Pertamina (Persero) dan seluruh perusahaan migas di Indonesia.

Pengamat Ekonomi Politik dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Salamuddin Daeng mengungkapkan, kondisi politik di Indonesia di tengah tertekannya harga minyak dunia akan memicu rasa egoisme masing-masing.

"Pasti pada mikirin diri masing-masing, seperti PT Pertamina (Persero) pasti akan mikir bagaimana dia bertahan di situasi seperti ini," ujarnya saat Diskusi Energi Kita di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (24/1/2016).

Menurut Daeng, Pertamina memproduksi migas dengan porsi 18 persen dari total produksi nasional, sementara keuntungan terbesar disumbang dari sektor hulu. Sehingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini pasti berpikir bagaimana sektor hulu bisa bertahan dan hilirnya bisa menopang korporasi secara keseluruhan.

Baca Juga

  • Minyak Dunia Anjlok, Harga BBM Segera Turun?
  • Negara yang Paling Gembira Saat Harga Minyak Jatuh
  • Meski Murah, Harga Minyak Belum Capai Titik Terendah

Source: liputan6.com
Pemerintah Diminta Ungkap Keuntungan dari Harga Minyak Turun
Pengamat Energi sekaligus Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS), Marwan Batubara meminta pemerintah transparan terkait harga keekonomian bahan bakar minyak (BBM) saat ini. Keterbukaan informasi lain diharapkan mengenai keuntungan pemerintah dari penurunan harga minyak dunia.
Source: liputan6.com